Infinix Zero 5 Resmi Meluncur di Indonesia

Infinix Zero 5 hari ini (25/1) resmi meluncur di Indonesia. Dibekali kamera belakang berlensa ganda, RAM 6 GB, dan baterai tanam 4.350 mAh, ponsel itu dijual via Lazada dengan harga ritel resmi Rp3,499 juta.

Bersamaan dengan Zero 5, Infinix menghadirkan Quiet X, headphone yang dibekali penyaring derau (noise cancellation). Ada pula sepasang earphone berpenyaring derau, Quiet 1 dan Quiet 2.

Zero 5 diposisikan sebagai ponsel flagship yang menyasar penggemar fotografi. Kamera belakangnya berlensa ganda dengan resolusi 12+13 megapiksel, 2x optical zoom, dan 10x digital zoom. Sedangkan kamera depannya sanggup menghasilkan foto beresolusi hingga 16 megapiksel. Baik kamera depan maupun kamera belakang dibekali pilihan mode yang dapat menghasilkan efek bokeh.

Ponsel berkonektor charger USB tipe C itu memakai prosesor delapan inti (octa core) MediaTek Helio P25 MT6757CD dengan kecepatan hingga 2,6 GHz. Spesifikasi lainnya, pemindai sidik jari, ROM 64 GB, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS. Zero 5 tersedia dalam dua pilihan warna: merah (bordeaux red) dan hitam (sandstone black).

Tidak menganut sistem hybrid, dua kartu micro SIM dan sekeping kartu microSD dapat dipasangkan bersamaan ke Zero 5. Nomor yang digunakan berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya masih bisa menduduki jaringan 3G, bukan “dikandangkan” di jaringan 2G.

Berdimensi fisik 166,38 x 82,38 x 7,95 milimeter, Zero 5 dibekali layar IPS 5,98 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Layar itu relatif lebih tahan terhadap goresan karena telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3.

Masih terkait layar, selain garansi satu tahun yang lazim tersedia, Infinix memberikan garansi ekstra untuk layar. Bila dalam enam bulan pertama sejak pembelian layar Zero 5 pecah, apa pun penyebabnya, konsumen berhak mendapatkan penggantian layar secara gratis sebanyak satu kali.

Di acara yang sama Infinix juga memperkenalkan tiga aksesori, yaitu Quiet X, Quiet 1, dan Quiet 2. Quiet X merupakan headphone dengan peredam derau untuk penggemar audio yang sangat memedulikan kualitas. Bila terus-menerus digunakan, baterai headset nirkabel itu disebut sanggup bertahan sampai 25 jam. Dijual Rp1,149 juta, performa Quiet X diklaim setara dengan headphone nirkabel bermerek termuka yang dipasarkan dengan harga jual tiga kali lipat lebih tinggi.

Sementara itu, pengguna yang menginginkan earphone dengan peredam derau, tetapi memiliki anggaran terbatas dapat memilih Quiet 1 atau Quiet 2. Quiet 1 dijual Rp199 ribu, sedangkan Quiet2 Rp249 ribu.

Quiet 2 sebenarnya sama dengan Infinix Earphone Noise Cancelling XE02 yang telah dipasarkan di sini sejak pertengahan 2016. Agar lebih mudah diingat, sekaligus diseragamkan dengan tipe lain, kini namanya diubah menjadi Quiet 2.

367 thoughts to “Infinix Zero 5 Resmi Meluncur di Indonesia”

  1. Pak Herry, mau bertanya tentang pertanyaan klasik. Untuk budget maksimal 3,5 juta menurut bapak gawai apa yang paling bapak rekomendasikan, apakah IZ5 ini atau ada yg lain? Terima kasih.

    1. Pak Erka Wahyu Kinanda,

      IZ5 itu apa ya? Saya baru dengar ada ponsel dengan nama aneh seperti itu.

      Dengan anggaran maksimal Rp3,5 juta, Infinix Zero 5 boleh dilirik. Ada pula Moto G5s Plus Rp3,333 juta.

          1. Mau nanya lagi pak, dari segi kegegasan dan ketahanan baterai lebih baik mana antara Infinix zero 5 bila dibandingkan Asus Zenfone Zoom S?

          2. Pak Erka Wahyu Kinanda,

            Relatif berimbang. Untuk hasil foto, Zenfone Zoom S masih lebih unggul.

    1. Pak Adi,

      Kalau perlu kamera bagus dan baterai taham lama, Zero 5.

      Free RAM awal Zero 5 sebesar 4,5 GB. Kalau Mi A1 2,5 GB.

        1. Pak Zaki,

          Tanpa melihat harga, Zenfone Zoom S di peringkat pertama, disusul Zero 5. Mi Note 3 dicoret karena ponsel itu pasti tanpa garansi resmi.

    1. Pak Evnx,

      Hmm… ya belum tahu. Lha ini masih Januari 2018. Daftar ter-… yang rutin saya buat itu mengamati ponsel yang berada pada Januari-Desember.

  2. Layak beli ga Pak Herry utk infinix ini atau overprice utk spek spt itu? apakah update OS-nya bagus vendor infinix ini?

    1. Pak Joe,

      Walaupun review belum saya ketikkan, saya sudah menguji pakai Zero 5. Ponsel itu layak dibeli.

      Terkait pembaruan OS, Infinix tidak serutin Xiaomi dan beberapa merek lain dalam menghadirkannya.

  3. Om Harry saya lihat unboxing smartphone dgn RAM 6GB merk umi plus e di YouTube apakah sdh masuk pasaran Indonesia? Jika sdh ada di pasaran Indonesia tolong diriview ya om 🙂
    Matur nuwun

  4. Dengan kisaran harga yg hampir sama di Rp. 3 jutaan, menurut Ko Herry mana urutan yg terbaik antara Infinix Zero 5, Moto G5s Plus, Zenfone 3 ZE 552KL & Xiaomi Mi A1 jika ditinjau dari sisi kamera, performance & kegegasan?

    1. Pak Lucky Luke,

      Dimulai dari yang terbaik: Infinix Zero 5, Xiaomi Mi A1, Motorola G5s Plus, dan Zenfone 3 ZE552KL.

      1. Ko Herry, kalo Infinix Zero 5 ini apakah mendukung Native Volte-nya Smartfren? Atau harus install aplikasinya dulu? Terimakasih sebelumnya.

  5. Saya mau tanya nih pak HERRY

    Kalo disandingkan dgn infinix zero 4 plus dengan infinix zero 5 mana yang lebih unggul koh?

        1. Pak Juni Wahyudi,

          Zero 5. Sebab, sudah dibekali kemampuan dual SIM 4G-3G simultan dan dibekali memori yang lebih besar.

  6. dear ko Herry
    thanks atas infonya, akhirnya muncul juga ponsel yg sesuai keinginan saya (baterai besar, kamera bagus, memory diatas 3gb dan tidak hybrid sim card)
    mohon tanya, kalau misal saya beli, apakah ada rekomendasi/ info
    1. kalau yg garansi resminya itu oleh siapa ya? apakah TAM? (takut dpt barang BM atau garansi disti lokal)
    2. untuk service center nya, apakah sudah ada yg resmi di sby?
    3. jika ada brand dan tipe lain yg menjadi “rival” dgn spek dan harga hampir sama itu apa ya?

    thanks 🙂

    1. Pak Raha,

      1. Garansi Infinix Indonesia.
      2. Ada. Lokasinya di Plasa Marina lantai 3.
      3. Kalau bukan hybrid, yang terdekat Moto Z2 Play.

  7. Tanpa mempedulikan harga. Anggap beli kucing dalam karung ( hahaha istilah Pak Herry beberapa waktu lalu ) , Pak Herry pilih infinix Zero 5 atau Asus Zenfone Zoom S nih?

    1. Pak Sofy,

      Kalau tanpa memedulikan harga dan ponselnya beli sendiri, saya pilih Zero 5. Kalau ponselnya dikasih oleh Pak Sofy, saya pilih Zenfone Zoom S. Ha… ha… ha….

      1. Numpang ketawa om hahaa, saya jg mau klo do kasih zenfone zoom s, mumpung lgi masuk komentar saya mau tanya. Apakah asus zenfone zoom s ini sdh discontinue om, sebab sdh 2 minggu saya muter² cari zenfone zoom di daerah saya ( jember, jatim) gk satupun tko yg punya, katanya sdh tdk keluar lg. Mnt tlong ke promotornya untuk menghubungi dustributor tam jember jg gk ada stok. Mau beli oline gk berani, jd skarang rencananya mau melirik nova 2i, tp gk 4G 3G simultan dan btrainya cenderung agak boros di tambah kartu simnya 3 pilih 2. Klo mnurut om herry..diantara huawei nova 2i dng infinix zero 5 lebih baik mana om, untuk kebutuhan saya kamera muka belakang, ketahanan btrai dan akurasi gps

        1. Pak Cahyono Ningrat,

          Yang Anda cari Zenfone Zoom atau Zenfone Zoom S? Kalau Zenfone Zoom memang sudah lama diskontinyu. Kalau Zenfone Zoom S masih ada kok.

          Kalau Anda memperhatikan ketahanan baterai, Zero 5 lebih cocok dibeli daripada Nova 2i.

          1. Maaf om herry. Maksud saya zenfone zoom s, yg gk ada stok di jember, untuk infinix zero 5 saya kemaren sempat mampir di tko² besar jg blm masuk ke jember, agar lbh jelas tentang spesifikasinya saya nunggu reviewnya om herry dulu. Trmaksih om

          2. Pak Cahyono Ningrat,

            Oh Zenfone Zoom S. Hmmm… begitu lariskah ponsel itu di Jember sampai stok kosong? Penasaran nih.

            Kalau Zero 5, ponsel tersebut saat ini memang dipasarkan secara online saja via Lazada.

    1. Pak Djunaedi,

      Hingga saat ini belum ada pembicaraan ke arah penjualan luring (offline). Kalau pun kelak dijual luring, harganya pasti lebih mahal. Infinix sampai sekarang masih menerapkan dual-price: harga daring (online) dan luring.

  8. Pak Herry ,
    Apakah tidak minat towel towel oppo f5 ? Harganya ditokopedia 3,5 jt an buat yg ram 4 rom 32. Menurut saya dah worthed utk dibeli.
    Tadinya Saya sdh mau beli oppo f5 eh keluar infinix zero 5 , bikin bingung pilih yg mana ?
    Layarnya Saya suka oppo f5 yg kekinian hehehe

    1. Bu Rika,

      * Tidak berminat.
      * Zero 5 sih layak beli. Review-nya memang belum keluar, tetapi saya sudah menguji pakai ponsel itu.

  9. Tanya om..sama² menganut hybird antara huawei nova 2i, asus zenfone 3 ze520kl, infinix zero 4 plus lbh baik mana mnurut om herry. Kebutuhan saya kamera depan belakang dengan led flash, karena cenderung di pakai malam hari,( kamera belakang lebih utama), kegegasan, ketahanan baterai, tampilan layar dan akurasi gps. Dananya mentok 4jt om, atau ada saran lain terkait kebutuhan saya

    1. Pak Andi Sucahyono,

      Karena ada kriteria “ketahanan baterai”, berarti yang paling cocok untuk Anda adalah Zero 4 Plus. Saran saya, mending ambil Zero 5 sekalian deh. Itu penerusnya Zero 4 Plus. Kinerja umumnya lebih mantap lagi. Harga Rp3,499 juta.

  10. Bpk Herry, coba berikan kelebihan dan kekurangan : infinix zero 5 vs xiaomi mi a1, jika bisa 3-5 alasannya masing-masing? Trims

    1. Pak Lolot,

      Zero 5:
      * Kamera bagus.
      * Baterai tahan lama.
      * Bisa simultan 4G-3G.
      * Selot kartu bukan hybrid.
      * Lumayan bongsor dan berat.
      * Tidak ada fitur remote control.

      Mi A1:
      * Kamera bagus.
      * Ada fitur remote control.
      * Baterai tak bisa bertahan mulai pagi sampai tengah malam.
      * Bisa simultan 4G-3G.
      * Tak ada fitur double tap to wake up.

  11. Selamat sore Pak Herry.
    Mau tanya ya, secara keseluruhan dalam hal kamera (foto dan video), bagus mana dibanding dengan Huawei Nova 2i?
    Terima kasih Pak.

    1. Pak William,

      Boleh dibilang berimbang. Nova 2i unggul di pilihan menu kamera bawaan yang lebih komplet, sedangkan Zero 5 unggul di daya tahan baterai dan kemampuan simultan 4G-3G.

  12. Selamat Sore Pak HSW,

    Sekarang saya pakai nova 2i, rencana mau ganti ke nubia m2 atau V7 plus tdnya, tp setelah baca ini, saya jadi galau, kira2 ini bisa menjadi pilihan terbaik dr 2 pilihan saya sebelumnya?
    Terkait review Pak HSW yg nova 2i, mengenai lemot pada saat pakai aplikasi SwiftKey, apakah d zero 5 tidak ada masalah yg sama?

    Thanks

  13. Om Herry, gawai yg simultan 4G 3G jika berada di area yg belum tercover 4G (mentok 3G) apakah jadi 3G 3G atau 3G 2G?
    Matur nuwun n terima kasih

  14. Dear Pa Herry,

    Ponsel apa saja selain Infinix Zero 5 & Xiaomi Redmi 5A yang bisa simultan 4G / 3G atau 3G / 3G?

    1. Pak Tedi Setiadi,

      Saya tak hafal satu per satu ya, Pak. Beberapa yang saya ingat:
      * Xiaomi Redmi 4A (setelah update firmware terbaru), Redmi Note 5A, Redmi Note 5A Prime, Redmi 4X, Redmi Note 4, dan Mi A1.
      * LG V20, G6, Q6, dan V30 Plus.
      * Samsung Galaxy S8, S8+, dan Note 8.
      * Asus Zenfone 3 ZE520KL, Zenfone 3 ZE552KL, Zenfone 4 Max Pro, Zenfone 4 Selfie Pro, dan Zenfone Zoom S.
      * Motorola Moto Z, Moto Z Play, Moto Z2 Play, dan Moto G5s Plus.

      1. setelah melihat daftar ini, iseng saya cek redmi note 3 saya, ada keterangan WCDMA untuk simcard yang tidak digunakan di 4G

        seingat saya WCDMA ini adalah nama lain dari 3G, apakah ini berarti redmi note 3 sudah mendukung 4G-3G secara simultan om?

          1. cara untuk mengetahui dia bisa simultan bagaimana? baru saja saya cek lagi, sim1 di 4G, sim2 di UMTS dengan layanan Internet nyala di sim1
            terima kasih

          2. Pak Jaiko,

            Nah… itu Anda sudah bisa mengecek gitu lho. Kalau kondisinya seperti itu, berarti bisa simultan 4G-3G. Itu Redmi Note 3 tanpa garansi resmi?

        1. Sekilas info, setelah hp mertua saya Redmi Note 3 Pro 2/16 GB saya update ke versi 8.5.6.0, dan fitur 4G nya saya kembalikan, ternyata SIM card 1 3G, dan SIM card 2 bisa 4G.

      2. Om Herry,

        Saya pake xiaomi redmi 4A 2/32, update firmware nya gimana ya? Agar bisa simultan 4G / 3G? Saat ini masih menggunakan versi MIUI global stabil 8.5.7.0

        Mhn penjelasan. Terimakasih ya om.

    1. Bu Ulfa,

      Ada Xiaomi Redmi 5A, Motorola Moto E3 Power, dan Xiaomi Redmi 4X. Eh… ada juga Lenovo Vibe P1 Turbo. Silakan pilih sesuai kebutuhan.

  15. om Herry, saya ada bugdet 3 jtan, minta saran om, saya tertarik dg dua hp Xiaomi redmi note 4 dan Xiaomi Mi A1, kasih saran om buat saya, Terima kasih 🙂

    1. Pak Syarif,

      Dua ponsel itu sama-sama menarik. Cara memilihnya sederhana:
      * Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, ambil Redmi Note 4.
      * Kalau Anda mementingkan performa kamera, ambil Mi A1.

    1. Pak Hendri Prasetyo,

      Saya lebih memilih Mi A1 karena buat saya tersedianya fitur remote control lebih penting daripada NFC.

  16. Om Herry,

    Saya pernah nonton video perbandingan antara Moto G5S plus vs Mi A1. Di video tersebut terlihat perbedaan kecepatan internet antara kedua hp tersebut dan hasilnya Moto G5S plus lebih baik kecepatannya dibanding Mi A1.

    Yg saya mao tanyakan, kira-kira apa penyebab kecepatan internet Mi A1 lebih lambat dibanding Moto G5S plus? Apa karena kurang optimal software nya atau memang kualitas antena Mi A1 lebih buruk?

    Thanks om

    1. Pak Luky,

      Dalam perbandingan itu, apakah kedua ponsel menggunakan kartu jenis yang sama dengan kelompok produksi sama (misalnya sama-sama simPATI Telkomsel dengan nomor 0812****1234 dan 0812****1235), berlangganan paket yang sama, dan berada bersebelahan? Kalau seluruh kriteria itu tidak terpenuhi, aneka kemungkinan berpeluang terjadi sih.

      1. Om Herry, kedua ponsel dites bersebelahan, operator sama, paket data sama, bahkan sampai kartu SIM dipindah antar kedua ponsel dan hasilnya tetap sama (konsisten), Mi A1 selalu lebih lambat.

        Om Herry pernah menjadikan Mi6 sebagai daily driver kah? Apa ada kendala dikecepatan internet atau kekuatan signal? Karena sy tdk pernah menggunakan ponsel flagship dr Xiaomi, sy lebih sering menggunakan Redmi series dan kelemahannya itu setelah pemakaian setahun, ada aja kendala nya mulai dari signal sering timbul tenggelam, perpindahan aplikasi mulai lambat, dll.

        1. Pak Luky,

          Ok. Berarti, hasilnya seharusnya valid. Agak unik nih. Sebab, chipset dua ponsel itu sama.

          Pernah dong. Tak ada kendala di akses internet maupun penerimaan sinyal. Oh, usia pemakaian Mi 6 saya tak sampai setahun. Saya lalu berpindah ke ponsel lain lagi.

          1. Nah itu dia yg jd pertanyaan saya jg. Karena blm ada yg membongkar kualitas antena, emmc, dll diproduk xiaomi sehingga timbul asumsi dalam pikiran saya kalau xiaomi mengurangi kualitas part lain yg tidak tertera spesifikasi nya untuk menekan ongkos produksi.

            Om Herry selama ini apa pernah mereview Oppo atau Vivo lagi? Oppo A83 terlihat cukup menarik dari spec dan harga nya. Cm sayang masih 3gb RAM.

          2. Pak Luky,

            Sudah lama saya tidak me-review Oppo dan Vivo lagi. Alasannya, ngeri dengan harga jual bekasnya.

  17. Om Harry,

    Saya lagi cari HP yang mantap dipakai gaming untuk adik saya.
    Temen saya merekomendasikan infinix zero 4 (biasa atau plus tergantung saya).
    Kemudian saat saya cari-cari di O*X, sy menemukan beberapa iklan yang dia menyertakan pilihan made in Indonesia dan made in China. Dari segi harga, yang made in China memiliki harga yang lebih mahal.
    Yang mau saya tanyakan, apa perbedaan dari kedua made in tersebut, dan apa pengaruh untuk HPnya? Apakah berpengaruh ke kinerja, garansi, atau apa?
    Kemudian saya nemu artikel ini https://ponselmu.com/waspadai-ponsel-infinix-jadi-jadian-dan-palsu/. Pertanyaan saya lagi, apa ada ciri-ciri ponsel infinix zero 4 yang palsu?
    Nah terakhir, posisi saya di Surabaya, dimana saya bisa membeli ponsel infinix asli?

    Terimakasih sebelumnya.

          1. Dear Om Herry,

            Ini jenis conversation paling “menarik” sepanjang sejarah ponselmu kayanya hahahahaha..

        1. Bu, audri.
          Ada saran dari Saya untuk anda.
          1, jangan salah panggil nama untuk admin di blok ponselmu. Anggap saja anda salah memanggil nama di tempat umum, yg menoleh ke arah anda pasti orang lain. Nama pemilik blok ponselmu herry sw.
          2, di larang menggunakan kata sapaan agan dan bos.
          3, jangan menyingkat nama merk ponsel.
          Saran saya ketik ulang pertanyaan anda untuk om herry, bukan harry.

          1. Pak Cahyono Ningrat,

            Ponselmu.com ini blog lho, bukan blok. 🙂

            Kata sapaan “bos” masih diloloskan kok. He… he… he….

            Terima kasih sudah membantu memberikan pencerahan.

  18. Maaf ko Herry, untuk hasil kamera coba dibuat indikator deh ko..ya meski bukan profesional tp setidak nya pembaca bisa sepaham,bisa dlm satu jalur yg benar. Klo cuma kamera bagus dikelasnya itu subjektif bgt, atau misal dibanding G5 bagusan G5, lha kita yg belum pegang G5 ya bingung..setidaknya kasihlah indikator dr ko Herry sendiri, kan tidak semua pegang laptop juga, jd ga bisa pelototin sampai zoom max,atau mmg kitanya tertipu dr layar hp kita..

    1. Pak Ndemik,

      Terima kasih atas masukannya. Sayang hal itu belum bisa diwujudkan karena saya tak memiliki alat ukur yang terkontrol.

        1. Pak Wahid,

          Di Semarang baru ada collection point. Ini alamat dan waktu operasionalnya:
          Alfa Selular
          Jl. Jendral Sudirman 256, Semarang
          Phone : 024 – 7610911 / 085104648778
          Business Hours : Mon – Sat (10.00 – 17.00), Sun (Closed)

  19. Pak Herry,

    Mau tanya antara Xiaomi mi 6, Samsung Galaxy A8/8+ dan Samsung Galaxy Note FE lebih baik mana ya? atau ada alternatif pilihan lain selain itu?

    1. Pak Adi,

      Mi 6 bagus dan memuaskan, tetapi sayang tidak beredar resmi di sini.

      Galaxy A8, A8+, dan Note FE belum pernah saya uji pakai. Namun, saya pernah towel-towel ketiganya. Menurut saya, dengan penampakan fisik seperti itu, Galaxy A8 dan A8+ kok terasa nggak pantas dijual Rp6,499 juta dan Rp8,099 juta ya. Note FE lebih menarik.

    1. Bu Aulia,

      Ada Infinix Hot 4 Pro Rp1,299 juta. Namun, saya tidak mengetahui bagus tidaknya karena belum pernah mencoba ponsel itu.

  20. Pa Herry,

    Terima kasih informasinya. Saya minat banget ganti Infinix Zero 3 yang saya gunakan ke Infinix Zero 5.
    Saya punya masukan buat petinggi Infinix, buat promo tuker tambah dong dari Infinix lama. Soalnya Infinix Zero yang lama susah dijual nih, harganya turun banget dan gak banyak counter yang mau terima.

    Terima kasih.
    Marvin
    Bandung

    1. Utk Pak Marvin

      Saya numpang komentar ya Pak.

      Kalau begitu cerita pak Marvin, saya siap menampung infinix zero 3 (second) dari bapak nih, walaupun lokasi saya berada di kota Medan. Tapi saya mohon izin juga dari Pak HSW, bolehkah saya menyebutkan alamat email saya di kolom komentar di blog bapak?
      Saya tertarik karena performa Infinix Zero 3 di luar ketahanan baterai menurut saya bagus sekali, terutama kamera nya. Kebetulan saya sedang mencari unit yang second, namun kondisinya cukup prima (tidak terlalu banyak goresan, kaca tidak pecah, hehehe).

  21. Pak Herry,

    Saya lihat di situs resminya infinix ada Zero 5 dengan Zero 5 Pro. Apa perbedaannya yang detil diantara dua varian ini?

      1. Terima kasih Pak Herry atas infonya. Untuk yang Zero 5 Pro apakah ada kemungkinan masuk Indonesia dan di kisaran berapa harga yang mungkin ditawarkan?

  22. Mau tanya koh, antara infinix zero 5,Asus Zenfone zoom s,lg g5se kameranya mana yang paling bagus?, terutama untuk urusan detail dan lowlight.

  23. Pak Herry , saya tertarik dgn infinix zero 5 ini, tapi agak kurang suka dgn rasio layarnya yg blm 18:9.Kira kira dlm 1atau 2bln kedepan, adakah smartphone baru yg sepadan dgn zero 5 ini, ttp dgn rasio layar yg sdh 18:9 (dari segi harga dan spesifikasi).

    1. Maaf, satu lagi. Infinix zero 5 untuk kamera belakang apakah memakai sensor sony imx seperti infinix zero 4 plus?
      Selanjutya, infinix zero 5 untuk kamera depan memakai sensor apa?
      Terima kasih.

  24. Dear Ko Herry.

    Saat ini saya punya wish list : Huawei Nova 2i, Xiaomi MI A1 dan Infinix Zero 5. Saya sangat menyukai fotografi.

    a. Menurut Ko Herry mana urutan yg terbaik hasil kameranya (depan, belakang dan bokeh) dengan mengesampingkan performa dan batterai.

    b. Urutan yang terbaik hasil kamera serta performa dan batterai.

    c. Alternatif HP lain dengan range harga 3 jt – 4 jt. Utk keperluan fotografi , sosmed dan sesekali main game. HP apa yg Ko Herry bisa rekomendasikan.

    Thanks Ko Herry atas jawabannya.

    1. Pak Sony,

      a. Nova 2i, Zero 5, Mi A1.

      b. Zero 5, Mi A1, dan Nova 2i.

      c. Moto G5s Plus. Namun, saya lebih memilih Zero 5 sih.

  25. Ko Herry, saya sudah beli infinix zero 5 sekalian saya belikan Flexible Glass Protector, tapi setelah saya buka dari bawaannya kq sudah tertempel seperti tempered glass dan mau saya lepas kok eman sekali karena sudah bagus. Mohon pencerahannya ko Herry apa benar yang sudah terpasang itu sejenis tempered glass?

  26. Pak Herry SW,

    Pak untuk hasil kamera dan kegegasan Infinix Zero 5, jika dibandingkan dengan Mi6 dan Mi5 kira-kira mana yang lebih baik sebagai ponsel Flagship?

    Terima kasih.

  27. Koh Herry, butuh rekomendasi hape utk kakak cewek saya. Budget maksimal 3 juta pas kalo bisa dibawahnya hehe, kebutuhan : kamera depan belakang ok utk selfie, sosmed, browsing2,baca ebook.

  28. Misi koh herry mau nanya nih. Skrng kan harga zenfone zoom s dan motorola z2 play sudah turun sampai 5jt kebawah, dan kebetulan kedua hp diluncurkan pas tahun lalu, nah apakah kedua hp itu masih layak dibeli untuk sekarang?
    Kalau iya, secara keseluruhan koh herry lebih memilih zenfone zoom s atau moto z2 play? Terima kasih koh herry

  29. Selamat malam pak Herry.
    Mohon sedikit review untuk Nubia M2 play. Apakah bisa djadikan pilihan selain produk Xiaomi. Thx pak

  30. Pak herry apakah tidak tertarik ponsel yang baru baru ini muncul seperti sharp & fujitsu karena akhir2 ini di tempat saya ponsel tersebut sedang booming disamping harganya yang sangat murah speknya pun juga termasuk tinggi pada rentang harga tsb
    Lalu pak herry apakah ada kemungkinan review LeTV X800?
    Sekian terimakasih

    1. Pak Rian Permana,

      Fujitsu dan LeTV takkan saya review karena pasti tanpa garansi resmi.

      Sharp tipe apa? Masa depan ponsel Sharp di Indonesia lumayan meragukan.

  31. Mau tanya pak Herry, rencana mau beli Sharp Z2 atau Sharp R1.
    1. Untuk pelayanan servis center sharp khusus nya di jogja apakah sudah tergolong baik pak?
    2. Apa saja kelemahan prosesor Mediatek dibanding snapdragon?
    3. Untuk Xiaomi redmi 5A, kenapa penjualanya selalu dengan flash sale,? apakah stok dari pabrik nya masih terbatas sedangkan permintaan tinggi? Atau mungkin cuma strategi pemasaran saja?
    Terima kasih

    1. Pak Damar,

      1. Spesifik di Jogja saya tak tahu. Secara keseluruhan layanan purna jual merek itu masih misterius.

      2. Sekarang sih sudah relatif berimbang, Pak. Kalau dulu banget, ponsel dengan MediaTek GPS-nya butuh waktu lama untuk mengunci lokasi.

      3. Yang harga Rp999 ribu memang dibuat flash sale sebagai bagian dari strategi pemasaran.

  32. Dear Pak Herry
    Kabarny infinix zero 5 pro (6/128) akan mndarat jga d indonesia ya pak, jika iya apakah wajib dtggu kdatanganny? Seri redmi 5 plus ad bocoranny pak ????

    1. Pak Danar,

      Kabar dari mana, Pak? Kalau Anda perlu memori internal besar, Zero 5 boleh ditunggu.

      Redmi 5 Plus konfirm akan beredar resmi di sini.

  33. Pak,
    Mau nanya, istri mau pake hp ke 2 utk online trading saham (ga tau bener ga istilahnya).
    Dia pikir mau paai Samsung A5 2015 yang tidak terpakai, apa masih bisa dipakai utk trading? Soalnya dipakai main game Clash of Clans aja suka tersendat2.
    Seandainya Samsung A5 2015 tidak memenuhi minimum requirement, hp seperti apa yg bisa?
    Processor, RAM, dll.
    Thank you, pak.

    1. Pak Aming,

      Saya tak pernah ber-online trading saham sehingga tidak mengetahui kebutuhan idealnya seperti apa. Kalau di rumah ada Galaxy A5 (2015) mengangggur, ya coba dipakai dulu saja deh. Bila ternyata tidak memadai, baru coba mencari ponsel lain.

      1. Boleh sy bantu jawab pertanyaannya pak Aming?
        Kebetulan sy juga trading saham secara online.
        Sy menggunakan Xiaomi Redmi 5A untuk keperluan tsb dan sangat lancar.

  34. Dear Pak Herry
    Kebetulan sekali saya lagi nabung buat beli handphone dan infinix zero 5 ini salah satu incaran saya, tapi saya kepincut juga sama Huawei Nova 2i, kebutuhan saya kamera sama multimedia. Menurut pak herry dari segi kamera lebih baik mana pak? Lalu UI ya lebih enak atau user friendly yang mana pak antara XOS sama EMUI.

    1. Pak Nazril,

      Kalau dicermati, kamera Nova 2i memang unggul tipis atas Zero 5. Namun, kalau kemudian membicarakan daya tahan baterai dan kegegasan, Zero 5 menang telak atas Nova 2i. Zero 5 juga sudah mendukung dual SIM 4G-3G.

      Soal tampilan antarmuka, hal itu lebih dipengaruhi oleh selera sih.

      1. Makasih pak atas jawabannya. Menurut bapak lebih baik rekomendasikan yang mana ya pak dengan sesuai kriteria saya yaitu, Kamera, Multimedia, Sosmed, Game (tidak terlalu sering)?

        Oh iya infinix yang versi pro ya apakah bakal masuk ke indonesia juga pak?

    1. Pak Brema,

      Kalau Anda akan lebih sering memotret, ambil Mi A1. Kalau Anda akan lebih sering merekam video, ambil Zenfone 3 ZE552KL yang berlayar 5,5 inci.

  35. Sore Pak Herry,

    Mau tanya lagi :
    1. Untuk HP harga dibawah 3 juta, lebih baik mana pilihannya Mi A1, Redmi Note 4, Zenfone 3 ZE552KL? Atau ada pilihan lain diantara mereka. HP akan sering dipakai untuk main game (ketahanan dan performa atau meminjam istilahnya pak Herry lebih gegas).
    2. Untuk HP harga dibawah 2 juta apakah Infinix Note 4 X572 bisa dipertimbangkan untuk spek pemakaian diatas (game) atau ada saingan yang lebih baik?

    Terima kasih

    1. Pak Ridwan,

      1. Berarti lebih mengutamakan daya tahan baterai ya. Silakan membeli Redmi Note 4.

      2. Saya nggak suka main game. Jadi, dalam kasus ini, saya lebih memperhatikan daya tahan baterai ya. Ada Lenovo Vibe P1 Turbo yang lebih menarik.

  36. Koh Herry, kalo untuk pemakaian ala koh Herry baterai Infinix Zero 5 bisa bertahan berapa lama? Sama lamanya waktu ngecharge baterai Infinix Zero 5 sampe full? Terima kasih.

    1. Pak Sandi,

      Minimal 17 jam. Itu Zero 5-nya sambil difungsikan sebagai mifi. Kalau tidak difungsikan sebagai mifi, lebih lama lagi.

      Sekitar dua jam.

  37. Halo pak Herry, boleh minta rekomendasi smartphone yang memiliki dual camera terbaik di range budget maksimal 4 juta?

    1. Pak Irwan,

      Maaf baru hari ini (lima hari kemudian) saya sempat membalas pertanyaan Bapak.

      Kalau hanya berfokus di kamera dan mengabaikan kinerja lain, Huawei Nova 2i Rp3,999 juta.
      Kalau memperhatikan kamera dan kinerja lain, Infinix Zero 5 Rp3,499 juta menjadi pilihan terbaik. Performa kamera Zero 5 hanya kalah di kelengkapan menu dan bokeh selfie dibandingkan Nova 2i kok.

  38. Selamat siang P.herry….
    Clock speed zero 5 ini lumayan tinggi juga ya, harganya pun terjangkau, aih jadi pengeeeeeennn, tapi saya kudu bersabar dulu nih nunggu review dari P.herry agar semakin mantap memilih.
    Mohon Maaf pak, saya usul, kalo P. Herry tidak keberatan mohon sertakan juga GPU yg digunakan pada setiap ponsel yg bapak review..
    Last…
    Berapa harga zero 5 ditoko offline ? .

    Makasih pak P.herry.

    1. Pak Doni,

      Maaf, baru hari ini (lima hari kemudian) saya sempat membalas pertanyaan Bapak.

      Review Zero 5 belum sempat saya ketikkan. Intinya, ponsel itu layak beli kok. Kamera bagus dan baterai tahan lama.

      Terima kasih atas usulannya tentang GPU.

      Resminya Zero 5 baru dijual secara daring/online via Lazada. Kadang ada pemilik toko luring/offline yang beli dari Lazada, kemudian dijual lagi. Mereka biasanya mematok harga sekitar Rp3,8 juta.

  39. om Herry, minta rekomendasi dong smartphone untuk orang tua bugdetnya 2jt kebawah : layar besar, kamera belakang lumayan. “Bermerek”, tapi xiomi boleh sih.

    salam super.

    1. Pak Djuna,

      Xiomi? Saya malahan belum pernah mengetahui ada ponsel bermerek tersebut.

      Hmmm… perlu cepat atau bisa menunggu sebentar lagi? Kalau perlu cepat, ada Infinix Note 4 Rp1,799 juta.

      1. Siang om herry, itu xiaomi maksud saya he..hee.

        tidak terburu buru kok, asalkan ada servis center nya. oiya Infinix belum tersedia serviscenter di bogor jadi ada opsi lain om?

        1. Pak Djuna,

          Oh, maksudnya Xiaomi. Kalau bersedia menambah anggaran menjadi Rp2,1 juta, silakan membeli Redmi Note 4.

  40. Pak Herry,
    Jika saya memiliki dana tidak lebih dari 3-4jt, kira kira hp apa yg cocok untuk saya yang lebih mengedepankan ketahanan batre dan kamera? Minimal akan saya pakai selama 2th kedepan. Apakah lebih baik Infinix Zero 5 (baru) atau Asus Zenfone Zoom S (bekas) ? Atau ada rekomendasi hp lain.

    1. Pak Djuinda,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Dengan kriteria seperti itu, membeli Infinix Zero 5 baru dengan harga Rp3,499 juta merupakan pilihan terbaik.

    1. Pak Yudi,

      Maaf, dengan kebutuhan sangat spesifik seperti itu, saya tak berani menjawab. Lha saya sangat jarang bermain game di ponsel.

  41. Om Herry, mohon pencerahannya. Diantara redmi note 4, mi A1, lenovo P2 turbo, infinix zero 5, yg paling rekomended apa ya Om? Terutama kamera dan ketahanan batre, selain kegegasan tentunya. Atau ada saran hp lain? Terimakasih banyak Om

    1. Pak Ahmad Doyo Susilo,

      Saya belum pernah mencoba Lenovo P2 Turbo.

      Di antara tiga tipe yang tersisa, Infinix Zero 5 paling sesuai dengan kriteria yang Anda sebutkan.

  42. Pak Herry , mohon masukan dan bantuan pertimbangan. di toko online zenfone zoom s 4,5 jutaan, sedang infinite zero 5 3,5 juta. Budget saya 4,5 juta. Mana yang lebih bapak rekomendasikan? Saya selama ini pakai asus, sangat tidak suka bloatwarenya, tapi suka kameranya. Zoom s unggul di baterai, zero 5 unggul di RAM. Kalau perbandingan kegegasannya bagaimana, pak? Terima kasih

    1. Pak Agus,

      Kalau anggaran Anda Rp4,5 juta dan ada penjual online yang menawarkan Asus Zenfone Zoom S baru di harga segitu, sikat deh. Segeralah membeli karena ada gejala Zenfone Zoom S mulai kosong di pasar.

  43. Jadi tergoda juga nih, sama Infinix Zero 5. Sayangnya belum ada OIS di kameranya ya Pak Herry?
    Tapi mau nunggu dlu rilis Redmi 5 Series, Honor View 10, Honor 7x sama Meizu M6s baru nentuin pilihan, plus kepastian ‘The Real Redmi Note 5’. 😀

  44. Halo selamat pagi Pak Herry mau tanya ni?
    1. kira2 infinix zero 5 ini dengan honor v10 yg akan masuk di indo bagus mana ya?
    2. Saya mau beli samsung galaxy s7 edge dual. Mengingat yg saya butuhkan dual sim, kamera bagus dan bisa twin app sprt punya xiaomi, kemaren saya lihat di wtc s7 edge dual harganya 5,5 juta menurut Pak Herry sepadankah dengan harga segitu?
    3. Oh ya satu lagi Pak, bila kita beli xiaomi yg tidak resmi apakah aman sofwarenya (mudah terkena virus misalnya atau tidak aman) mengingat nanti saya pakai hp juga untuk transaksi perbankan dan data2 film kerjaan saya Pak?

    Terimakasih Pak sebelumnya 🙂

    1. Pak Zein,

      1. Belum tahu. Saya belum pernah mencoba Honor View 10 yang Anda sebut sebagai Honor V10 itu. Dua ponsel tersebut mestinya kurang cocok dibandingkan deh. Harga jualnya pasti berbeda jatuh. Zero 5 Rp3,499 juta, sedangkan View 10 amat mungkin hampir dua kali lipatnya.

      2. Harga segitu berarti bekas ya? Kalau mulus, lengkap, normal, dan masih bergaransi resmi, boleh diambil deh.

      3. Mending beli yang bergaransi resmi deh. Yang tanpa garansi resmi sering memunculkan aneka iklan dan mungkin tidak aman. Soal keamanan saya tak berani memastikan karena bukan pakar keamanan.

  45. Pak Herry,
    Apakah ponsel sharp layak beli? Saya tertarik sharp R1S yg baru aja keluar krn baterai besar dan yg penting nih support native VoLTE (dari keterangan speknya). Kl dibandingkan moto e4plus secara speksifikasi pilih yg mana ya? Pusing saya memilih ponsel yg support native volte,saya coba tanya ke galeri tp tidak pernah mendapat jawaban yg memuaskan.
    Terima kasih.

    1. Bu Lala,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba ponsel Sharp generasi terkini. Kualitas layanan pusat perbaikan resminya juga masih misterius.

      Yang support native VoLTE? Ada Moto G5s Plus yang menarik dibeli.

  46. Mau nanya mas Herry, HP yang memiliki kamera bagus dengan microphone yang bagus apa ya mas? Karena saya sering merekam Video dan membutuhkan hasil suara yang bagus…

    Makasih mas ?

  47. Om Herry
    kalau hp dengan budget 3,5 -4,5 yang kamera bagus dan baterai tahan lama apa ya om?
    suka zenfone zoom s , tapi goyah karena liat infinix zero 5 ini om, harga lebih murah juga
    zenfone zoom s atau infinix zero 5 ?

    1. Pak Rika Eka P,

      Kalau anggaran tak masalah, ya Zenfone Zoom S. Masalahnya, harga ritel resmi ponsel itu Rp4,999 juta.

      Bila anggaran tidak bisa ditambah, berarti pilihan terbaik adalah Infinix Zero 5.

  48. Ko Herry apakah sudah tau di lazada ada [Pre-Order] Infinix Hot S3 X573 – 3GB/32GB – Black.
    Harga Rp.1.899.000,- layar sudah 18:9 tapi sayang gak 6″ cuma 5,7″

  49. Tes kamera zoomnya dong Om… Sebab berbeda dg dual camera hape lain, tipe ini seperti zoom s yg pakai lensa tele.. Bukan wide..
    Terima kasih.

  50. Maaf OOT, Koh Herry, bila nantinya MIUI 10 sudah tersedia maka saya ingin upgrade namun saya kepikiran dengan video youtube yg pernah saya download sehingga bisa saya putar dalam keadaan offline. Apakah video yg telah saya download tsb akan hilang / terhapus semuanya. Bagaimana cara untuk memindahkan file video tsb ke laptop sebab saya tidak tahu file video tsb ditaruh di directory mana oleh youtube. Kekhawatiran saya tsb timbul karena adanya saran untuk selalu melakukan factory reset setelah dilakukan major upgrade. Oh ya kalau dilakukan factory reset apakah Micro SD sebaiknya dilepas dulu agar tidak ikut terhapus? Selama ini biasanya saya lepas, cuma memang terasa kurang praktis, maka saya konfirmasikan lebih dulu ke Koh Herry agar aman.

    Internet Speed Meter Lite yg biasa koh Herry pakai maupun yg bawaan dari Xiaomi kenapa tidak real? Ada angka terpampang namun kadang tak ada internet sama sekali sekali, bahkan saat saya test dengan Speed Test akan keluar tulisan “Jaringan Bermasalah”. Dipakai membuka situs ringanpun juga tetap tidak sanggup. Bila cara kerjanya tidak real seperti itu maka adakah kegunaan lain, ataukah harus saya hapus saja daripada mubazir. Makasih, saya tunggu jawabnya.

      1. Halo pak hery sy mau nanya nih,, tanpa ngukur harga, smartphone android dg kamera bgs, gegas, & baterai tahan browsing seharian. Paling rekomended apa yah??

        1. Pak Forenger,

          Asus Zenfone Zoom S. Kameranya memang tak sebagus flagship ponsel merek global lain. Namun, saat ini pilihan terbaik ponsel dengan kamera bagus dan baterai tahan lama ya Zenfone Zoom S itu.

  51. Pak Herry,

    Maaf menyimpang dari topik, soalnya saya lihat Ponselmu.com tidak ada direct message. 🙂

    Apa ada rencana mereview Nokia 8 ya? Kemarin sudah masuk Indonesia dengan harga Rp. 6,499.000.

    Terima kasih.

  52. Yth. Pak Herry
    1. infinix zero 5 ini apakah sudah mendukung NFC ?
    2. infinix zero 5 ini apakah cendrung panas karena memakai processor mediatek ? karena beberapa smartphone processor mediatek yang saya pakai cenderung panas, padahal tidak dipakai main game.
    3. untuk rentang harga antara 2.5 juta – 3.5 juta di rekomendasikan smartphone merek dan tipe yang mana ya kalau di lihat dari gegas, kamera, dan daya tahan baterai serta mendukung NFC ?
    demikian Pak Herry, terima kasih bantuannya.

    1. Pak Agung,

      1. Tidak.
      2. Tidak.
      3. Karena Anda mencari yang ber-NFC, ya berarti Moto G5s Plus. Baterainya tidak sangat awet, tapi masih lumayan.

  53. Pak Herry SW, mau tanya sebaiknya pilih mana Redmi Note 5A (2GB/16GB) Atau nunggu REDMI 5(2GB/16GB) yang akan lonching dengan harga relatif sama 1.7 juta? Apakah redmi 5 akan direview? trima kasih

  54. Salam, Pak Herry. Tolong diulas pula Infinix Hot S3 X573 jika ada kesempatan. Atau jika tidak, sekedar menimbang fitur di atas kertas (dan mungkin dengan variable lainnya), tolong dibandingkan dengan Samsung Galaxy J7 Prime. Terima kasih sebelumnya.

    1. Mohon maaf repost, maksud saya: tolong dibandingkan antara Infinix Hot S3 X573 dengan Samsung Galaxy J7 Prime.
      Terima kasih dan sekali lagi mohon maaf atas komentar yg berulang.

      1. Pak, kalau foto/video tiba-tiba hilang kira-kira kenapa ya? Kebetulan lokasi foto/video yg hilang tersebut di memori internal.
        Oh ya, tolong minta preview-nya Xiaomi Redmi 5/ Xiaomi Redmi 5 Plus juga ya, Pak.
        Terima kasih banyak.

        1. Bu Novy,

          Dengan asumsi Anda yakin tidak salah menghapus, mungkin eMMC ponsel Anda mulai rusak.

          Dua ponsel itu belum saya uji pakai. Yang Redmi 5 Plus kelak akan saya review.

    2. Bu Novy,

      Saya belum bisa mengulas Hot S3 karena belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Ah… beli ponsel jangan berpatokan spesifikasi di atas kertas.

      1. Terima kasih banyak, Pak. Untuk permasalahan file foto/video yg hilang, kemarin saya sudah ke Service Center dan oleh mereka nampaknya dilakukan reset software, karena mereka menduga kemungkinan kerusakan ada di software, entah karena virus atau hal yang lain; padahal saya sangat menginginkan mereka untuk mengecek kondisi hardware-nya, tp hal itu tidak dilakukan. Oh ya, hp-nya Infinix Hot 3 X553, Pak.

  55. Pagi menjelang siang om herry

    Numpang tanya om, klo mnurut om scara umum mana yg lbh baik antara redmi 5 plus 3gb\32gb ama infinix hot s3 x573 3gb\32gb, bimbang antara 2 ini

    Makasih atas masukannya om

  56. Izin nanya pak , Kalo di enak enakin mending ambil redmi 5+ ato nungguin redmi note 5 pro ya? secara speknya sih enggga terlalu jauh bener sd 625 sama 636 unggul di kamera doang seinget ane

    mohon bantuannya pak

  57. hai pak herry,
    sebelumnya maaf kalo di luar topik pertanyaanya
    dari pengalaman pak herry selama ini dari segi penggunaan sehari2 sebenarnya apa sih yang membedakan smartphone flagship dengan middle (jika benar istilah saya) terlepas dari brand adakah sesuatu yang signifikan dari produk flagship ini apa cuma sekadar spesifikasi yang di lebihkan

    1. Pak Samuel Sappa,

      Dengan asumsi flagship-nya keluaran sama-sama baru, terasa banget perbedaannya. Kamera ponsel flagship biasanya lebih bagus. Ponsel flagship biasanya juga lebih gegas kala dipakai menjalankan banyak aplikasi.

  58. Koh HSW, mau tanya kalo smartphone ram 3-4gb, baterai besar dan kamera bagus yg recomended apa yah? Yang rentang harga 1-2,5jt? Tq

    1. Pak Akel,

      Hmmm… tidak ada. Anda harus memilih mau baterai besar atau kamera bagus.

      Kalau dua kriteria itu wajib terpenuhi, yang paling mendekati Infinix Note 4 Rp1,799 juta.

  59. Mau nanya nih mas Herry…

    Lebih bagus mana, sekali beli Smartphone High End yang mahal namun dipakai dengan waktu yang lama, atau beli Smartphone Mid End yang tak terlalu mahal tapi di ganti secara berkala?

    1. Pak Frendy,

      Saya lebih condong menyarankan membeli ponsel yang harga jualnya Rp2 juta sampai Rp4 juta dan diremajakan setiap 1-1,5 tahun.

      1. Kalau boleh tau alasannya kenapa ya pak?

        Kemudian, kalau membeli HP Bekas tapi punya garansi yang oke bagaimana ya pak? Contohnya di L*ku6.com
        Apakah worth it atau sebaiknya jangan?

        1. Pak Frendy,

          * Karena dari waktu ke waktu muncul ponsel baru yang menggiurkan. Dengan menerapkan hal yang saya sebutkan, Anda akan terus mengikuti perkembangan dan mendapatkan baterai yang segar. Kemampuan baterai ponsel biasanya mulai menurun setelah di-charge 500 kali.

          * Tak tahu. Saya belum pernah mencoba berbelanja di Laku6.

          1. Mengenai baterai, apa perbedaan antara li-ion dan li-po ? Mana yang lebih baik?
            Terus gmna caranya menjaga peforma baterai agar lebih tahan lama?

            Terus mau nanya lagi nih bang, apa perbedaan peforma pada Processor dan RAM? Kalau harus di pilih, lebih baik pilih prosesor yang lebih tinggi atau RAM yang lebih tinggi?

          2. Pak Frendy,

            Hmmm… Anda ini sebenarnya mau beli ponsel atau komponen ponsel ya?

            Nggak perlu dirisaukan deh Lithium Ion atau Lithium Polymer. Sama-sama oke kok. Yang polymer biasanya lebih tipis dan ringan.

            Yang paling bagus, tetapi terasa merepotkan, lakukan pengisian ulang ketika daya baterai masih sekitar 60 persen.

            Ehmm…. prosesor itu otaknya, sedangkan RAM itu ruang geraknya. Nggak bisa asal pilih salah satu gitu deh. Banyak faktor yang mempengaruhi.

  60. Pak herry saya mau minta saran. Sudah nabung budget 3,5an

    Saya tertarik redmi 5 plus atau moto g5s plus, tapi saya juga tertarik dengan rumor moto g6 plus yang kabarnya diuumumkan 25 februari.

    Bisa kasih pencerahan koh?

    1. Pak Hapsara,

      Redmi 5 Plus baru saya uji pakai mulai awal Maret. Jadi, saya belum bisa menjawab sekarang.

      Moto G5s Plus boleh dibeli sih. Moto G6 Plus mustahil dijual di Indonesia secepat itu.

  61. Pagi om HERRY

    Maaf ni oot, minta masukan dong om, kl mnurut om antara xiaomi redmi 5 3gb\32gb ama infinix hot s3 scara umum mana yg lbh unggul?

    Trima kasih atas masukannya om

  62. Maaf kok mau nanya kamera dengan Infinix zero 3 bagus mana? Perbedaan apakah kalah telak atau sedikit saja.. Makasih kok

  63. Infinix Zero 5 ini bakalan direview lebih dalam lagi atau cuma artikel ini aja Pak? Sy mau segera ganti hp yg uda lemot karna spek rendah. Sy punya budget maksimal 3.5 juta. Mending beli infinix zero 5 ini atau redmi 5 plus yg bakal rilis 22 Feb ini? Kalo bapak jadi saya? Sy tau si kalo misal pak Herry blm mencoba redmi 5 plus. Cuma minta saran aja, kalo bapak jadi saya gimana? Thanks pak

    1. Pak Vicky,

      Yang di atas itu kan bukan review. Cuma berita singkat deh. Kelak akan ada review-nya.

      Belum tahu. Redmi 5 Plus baru mulai saya uji pakai pada awal Maret 2018. Lha kalau belum coba, gimana bisa memberikan saran.

  64. Pak Herry,

    Secara umum perhitungan waktu awal dimulainya masa garansi , itu seperti apa?
    Misal, saya beli HP secara online bulan Februari, kemudian karena sesuatu hal HP tersebut saya buka kardus dan saya nyalakan pada bulan Agustus.
    Garansinya start bulan Februari atau Agustus?

    1. Pak Ade,

      Normalnya dimulai pada awal aktivasi (tanggal dimulainya pemakaian ponsel), asalkan jaraknya tidak terlalu jauh. Namun, dalam kondisi tertentu mungkin berbeda.

      Misalnya, Anda membeli ponsel A secara offline pada 20 Februari 2017. Pedagang tempat Anda bertransaksi telah kulakan ponsel tersebut sejak 15 Agustus 2016. Ponsel A itu baru Anda gunakan mulai 10 Juli 2017.

      Dalam kondisi seperti di atas, bukan mustahil garansi dianggap telah berlaku mulai 15 November 2016. Rentang waktu sejak 15 Agustus 2016 sampai 15 November 2016 merupakan masa toleransi untuk menjual ponsel A.

    1. Pak Arman,

      Belum tahu karena masih proses uji pakai. Sejauh ini sih terasa menarik. Dengan harga Rp5,999 juta boleh langsung disambar.

  65. Selamat malam Pak Herry, apakah Infinix Zero 5 ini juga ada fitur setting High-Performance seperti halnya di Infinix Zero 3 ya?

  66. Malam Pak Herry.
    Rencana saya mau beli hape kedua, kebutuhannya gegas, kamera bagus, bisa simultan 4G 3G, baterai lumayan awet. Ingin cari yang flagship meskipun keluaran lama. Ada pandangan untuk meminang LG G4 atau moto Z. Kira2 masih worth kah beli LG G4 atau moto Z ?, masih ready kah unit barunya atau sudah discontinyu ?. Atau Pak Herry punya pandangan lain (kalau bisa merek global dan bergaransi resmi). Sekarang saya pegang LG V20. Terimakasih.

    1. Pak Ali,

      G4 baterainya boros lho. Seingat saya juga belum bisa dual SIM simultan 4G-3G. Kameranya sih bagus.

      Kalau Moto Z, kamera tak semantap G4, tetapi baterai lebih hemat (walaupun tergolong boros juga). Ponsel itu juga bisa dual SIM simultan 4G-3G.

      Dua ponsel itu sudah diskontinyu, tetapi masih ada yang jual dalam kondisi baru.

      Hmmm… bagaimana kalau melirik LG V30 Plus?

      1. Mantaps V30 plus Pak Herry, harganya kadang bikin iritasi hati, beli sekarang eh besok sudah terjun bebas…. Wait n see dulu deh Pak nunggu harganya agak2 stabil.
        Kalau nokia 8 worth gak Pak ?. Maturnuwun.

  67. Maaf oot,
    pak Herry,mohon saran, bingung pilih yang mana
    1.Asus Zenfone 3 ze 520 kl sekarang 2,4 jt
    2.LG G4 3,2 jt,
    3.Moto Z play 3,6 jt
    Pertimbangan saya karena
    No 1 spek bagus, audio lumayan, harga murah
    No 2 , kamera dan audio bagus
    No 3 , spek lumayan dan tampilan layar super amoled
    Mana yang masih layak beli,
    Terima kasih

    1. Pak Abu Hafsoh,

      Nomor 3 saya belum pernah coba. Saya condong ke nomor 1. Membeli yang nomor 2 terlalu berisiko karena suku cadang sudah terbatas.

  68. Pak herry, menurut bapak apakah worth it saya nambah 250.000 untuk Asus Zenfone Max dengan hape saya Galaxy J5 2015?
    Dengan catatan hape saya dan dia sama2 fullshet dan tipe Zenfone Max dia yang memiliki kapasitas memory internal sebesar 32gb

  69. Pak Herry, kapan mau di review lengkap infinix zero 5 nya ? Saya pengen tau pendapat lengkap Pak Herry tentang kamera nya dll secara detail. Dan kalau ada yang jual bekasnya hp ini kira kira di hargai berapa ya?

    1. Pak Djuinda,

      Secepatnya deh, tapi saya tak berani memberikan kepastian tanggal. Uji pakai sih sebenarnya sudah selesai lama banget.

      Sekitar Rp3 juta.

  70. Pak Herry kalau gak salah punya chargeran hape yg ada timer nya ya? Boleh tau itu merk nya apa? Saya mau cari juga….

  71. Koh, kalau harga diabaikan, lebih baik nova 2i atau moto z2play secara keseluruhan? Kalau soal kamera, lebih baik yang mana? Atau, kalau rekomendasi gawai lain di rentang s/d 4jt menurut Koh Herry apa ya? Thankyou

    1. Pak Fransiskus,

      Kalau harga diabaikan, ya mending Moto Z2 Play deh. Bila Anda tak memerlukan efek bokeh, foto yang dijepret pakai Moto Z2 Play terasa lebih menggigit.

      Sampai Rp4 juta ada Infinix Zero 5 yang boleh dilirik.

  72. Pak Herry, boleh minta rekomendasinya….saya mau beli hape tapi ragu mana yang bagus dan lebih baik…..kira2 mana yang bagus dan lebih baik menurut pak herry antara : Oppo F5 Youth, Vivo V7, Motorola G5s Plus, Huawei Nova 2i atau Infinix Zero 5…..tks pak herry…..

  73. Pak herry, saya numpang tanya OOT nih pak.
    Saya kan 31 januari 18 kemarin beli infinix zero 4 plus. Terus baeu 1 minggu yg lalu ada masalah di pengisian dayanya. Di notif bar nya kalo lagi di charge cuma ada lambang 1 petir (tidak flash charging lagi) alhasil pengisiannya lama sekali. 8 jam isi daya dari 0% cuma dapet 19%
    Ada solusinya kah pak?
    Terima kasih
    Nb. Chargeran tidak ada masalah karena saya ada 2 hp infinix, chargerannya di coba ke hp yg satu lagi tidak ada masalah.

  74. Om HSW, kalau ponsel di bawah 2 jt yang paling gegas apa ya?

    Sama 1 lagi, kamera hp untuk lowlight terbaik di bawah 4 jt selain infinix.
    Saya pakai seri hot dan note punya infinix agak kapok si.

    1. Pak Hasanun,

      * Coba cari Xiaomi Redmi 4X. Siapa tahu ada yang masih punya stok.
      * Hmmm… ya paling-paling Xiaomi Mi A1.

  75. Semoga sukses selalu Blog bapak, saya ada pertanyaan di luar topik pak. Mohon saran provider yg sinyal 4g nya stabil, saya selama ini pengguna smartfren pak, mulai kemarin kecepatan akses saya mulai menurun. Terima kasih

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Ehmm… ini yang ditanya “sinyal 4G stabil” atau “layanan internet cepat”? Kalau sinyal 4G stabil, ya Smartfren, Pak.

        1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

          Cepat, tapi tidak stabil dan reliabel: XL. Kalau pas bagus, wah mantap banget deh. Namun, kalau sedang mabuk, asli hancur lebur banget.

  76. Maaf OOT pak Herry
    Saya lagi cari ponsel dengan batre besar dan saya sudah memilki kandidatnya….tetapi saya bingung memutuskan pilih yang mana, yaitu Asus Zenfone Max yang varian 32gb atau Lenovo Vibe P1 Turbo?
    Dengan harga second yang tidak terlalu terpaut jauh….si zenfone max dengan harga 1,3 dan lenovo vibe p1 turbo dengan harga 1,6.
    Kira2 menurut bapak, saya harus pilih yang mana?
    Mohon dijawab dan terima kasih banyak pak.
    Semoga sukses selalu

  77. Maaf pak HSW oot. Sekarang saya pakai LG G5 SE, kemampuan kameranya dan hasilnya sudah memuaskan bagi saya,kalau mau upgrade ponsel dengan kualitas dan hasil kamera yang setara atau lebih baik dari LG G5 SE apa ya pak? Boleh dari keluarga LG atau selainnya.

  78. Saya blm pernah beruntung flash sale Xiaomi.
    Baik redmi 5A, redmi 5 plus. Yah, mungkin blm rezeki. Gak apa apa. Sy mau beli offline atau online nya aja, uda ada yg jual belum Pak? Yang penting garansi resmi. Kalo bapak tahu ya, kenapa si kesannya unit mesti dibatasin. Kaya sistem flash sale itu. Apakah Maret uda banyak yg jual resmi pak Herry? Makasih ya. Ni maaf ya kalo saya double post. Internet lamban

    1. Pak/Bu Vicky,

      Sudah ada. Namun, harganya tentu lebih mahal daripada harga flash sale.

      Xiaomi kan menerapkan strategi hunger marketing. Orang dibuat penasaran.

      Dua hari setelah flash sale pertama pun sudah banyak yang jual dan bergaransi resmi kok.

  79. Ko Herry,

    Saya mau meremajakan smartphone Mi4i yg sdh berumur 2 tahun dengan smartphone keluaran 2017/2018. Kriteria yg saya utamakan:
    1. Ketahanan baterai.
    2. Mendukung 4G
    3. Akurasi GPS
    4. Internal minimal 32
    5. NFC

    Kira2 ke depannya akan muncul tidak ya smartphone yg sy butuhkan? Tolong rekomendasi smartphone & harga aktualnya.

    Oh iya, sembari saya menunggu smartphone yang baru sebenarnya saya ingin mengganti baterai Mi4i saya yg telah uzur. Tp ketika saya telp ke pihak service center resmi ternyata baterainya telah diskontinyu. Apakah rekan2 di sini punya saran di mana tersedia baterai original Xiaomi Mi4i? Terima kasih.

    1. Pak Kirjcv,

      Yang paling cocok diduga Lenovo P2 Turbo. Harga Rp2,999 juta. Saya bilang diduga karena saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Ya, baterai Mi 4i sudah sulit didapatkan. Kalau Mi 4i baru (stok lama) malahan masih ada toko yang punya.

    1. Pak Kevin,

      Iya nih, kebetulan ada beberapa kendala. Salah satunya, jumlah pertanyaan masuk setiap hari ada banyak banget. Usai menjawabnya, saya sudah lelah.

  80. Om reviewnya kapan hp ini om? Gak sabar pengen baca, galau juga si begitu ada redmi 5 plus resmi di indo. Bingung pengen ambil hp yg mana, mengingat aku juga bosenan orangnya dan katanya aksesoris infinix ini jarang ya klk xiaomi kn mau ganti2 case juga pilihannya banya om.

  81. Pagi pak herry maaf oot tolong tanya kalau pak herry dari pengalaman pakai infinix zero 5 sama nokia 8 mending ambil mana makasih

  82. Nokia 6 (2018),Nokia 7 plus dan keluarga Motorola Moto G6 kira2 bakal di jual resmi gak pak? barangkali bapak punya bocoran hehe..

    1. Pak Baselo Indonesia,

      Itu sih masalah selera masing-masing individu ya. Nggak ada satu merek tertentu yang paling saya sukai sih.

  83. Selamat malam Om Herry, mohon maaf pertanyaan yang saya ajukan ini diluar topik postingan.
    1. Om tahu pada ponsel Android merk apa saja yang pada sistemnya terdapat fitur matikan/hidupkan ponsel otomatis di jam tertentu?
    2. Apakah Om memperhatikan ponsel Android merk apa saja yang dapat menghidupkan alarm ketika ponsel sedang mati?
    3. Apakah benar kedua fitur diatas umumnya ada pada ponsel Tiongkok? Karena saya pandang begitu adanya, sedang seperti LG dan Samsung tidak ada.
    Terima kasih.

    1. Pak Ega_32,

      1. Saya sering melihat fitur itu, tapi tidak saya ingat-ingat di ponsel apa saja. Rasanya kebanyakan ponsel merek global asal Tiongkok dan ponsel merek Tiongkok memilikinya.

      2. Tidak saya perhatikan.

      3. Poin 1 seingat saya iya. Poin 2 tak tahu.

  84. Ko Herry,setelah sy ikuti baca dari awal sampai akhir comment,blm ada yg tanya yg msh saya ingin tahu yaitu :
    1. Apakah infinix zero 5 ini ada LED notifikasi di atas layar seperti samsung galaxy note 3?
    2.build quality & hasil foto camera di banding moto g5s plus,lbh baik mn?
    3. Apakah hasil gambar low light infinix zero 5 ini msh tergolong baik menurut ko Herry?

    Saya sdh pernah mencoba brg display Huawei nova 2i & Xiaomi redmi 5 plus (punya sendiri),msh lbh terasa premium Moto G5S Plus.
    Hasil kamera xiaomi redmi 5 plus msh kalah sedikit dibanding Moto G5S plus dlm ruang terbuka gelap tanpa ada lampu nyala. Kekuatan LED flash redmi 5 plus menurut hasil foto saya,setara dgn LED flash lenovo K5+ tapi msh kalah sedikit bila dibanding dgn andromax R.

    Saya suka mengambil gbr dgn compare kamera hp pada mlm hari di lantai 3 utk menguji kekuatan LED flash masing2 hp karena punya pengalaman pahit thn 2010 saat menjelang mlm bw keluarga jln2 ke GI JKT tapi flash ( hp SE K770i & nokia 5800 EM) tdk terang sehingga byk noise.

    Yang sdh pernah saya coba : Xiaomi redmi note 4 (4/64 GB),Xiaomi redmi 5 plus (4/64 GB),lenovo K5+ (3/16 GB), Moto G5S+ ,Samsung Galaxy note 3, Andromax R, Samsung A5 2016,dsb.

    Terima kasih.

    1. Pak Chely Sutio,

      1. Saya tak memperhatikannya. Buat saya, LED notifikasi itu tidak diperlukan karena sehari-hari toh ponsel sering dilihat.

      2. Built quality lebih mantap Moto G5s Plus. Kamera lebih oke Zero 5.

      3. Ya.

  85. Om saya baru kenal blog ini barusan
    Langsung ubek2 baca yang saya mau
    Akhirnya pengen ikutan nimbrung

    Saya sedang berencana beli hp baru
    Karena mahasiswa, dan buru2 pengen ganti, budget max cuma 2,5 aja om

    Saya suka HP yang lebar, ram mendukung, batre awet, performa prima, lalu kamera mendukung.
    Saya juga suka hp yang tidak cepat panas.
    Kalau ada fast chargingnya, saya lebih suka lagi.
    Saya suka dapur hp xiaomi, namun kalau ada yang sesuai dan tidak xiaomi pun saya juga mau.
    Intinya asal jangam oppo dan vivo aja.
    Soalnya baru pegang punya kawan aja udah gak pengen.

    Makasih om

    1. Oh iya om, saya juga suka hp yang kameranya bagus buat rekam video.
      Fokusnya ga goyang2 pas buat rekam di tengah2 jalannya merekam.

      1. Pak/Bu Azka,

        Dengan kriteria sebelumnya saja tak ada ponsel yang memenuhi syarat kok. Apalagi, Anda menambahkan kriteria lagi.

    2. Pak/Bu Azka,

      Dengan kriteria seperti itu, jawabannya tidak ada deh. Maaf, itu ibarat Anda ingin menginap di hotel bintang lima, tetapi tarifnya hotel bintang dua.

  86. Pagi pa Herry,
    Apakah Bentar infinite zero 5 INI tidak Ada fitur NFC nya pa? Penting kah fitur NFC INI pa kedepannya Karena mengingat banyak pembayaran yg menggunakan fitur INI?

  87. Pak Herry kalau misalnya suatu smartphone tidak mendukung bands frekuensi 4G smartfren B5(850) ataupun B40 (TDD 2300) apakah masih bisa menggunakan wifi berkecepatan 4G dari mifi nya smartfren ?

    Terimakasih..

  88. Dear Pak Herry,
    Saya pengguna infinix zero 5, ketika sedang di dalam ruangan yg cukup pencahayaan, saya membuka aplikasi kamera, sentuh layar untuk memfokuskan ke objek tertentu (bukan sumber cahaya atau lampu), hasilnya menjadi gelap pak. Menurut teman-teman pengguna infinix zero 5 hal itu memang wajar. Apakah benar begitu pak? Terima kasih.

  89. Pagi pak Herry,
    Apakah Infinix zero 5 ini sudah native volte Smartfren?

    Mohon info nya untuk hp yg sudah native volte smartfren, diluar samsung yah pak.

    Terima kasih pak atas jawabannya

  90. Pak Herry,
    Saya mau beralih dari hp dengan layar ips ke layar amoled ,dari kedua jenis layar tersebut mana yang lebih baik mmenurut bapak untuk kesehatan mata .saat ini saya memakai xiaomi redminote 2 mata saya terasa ngilu walau sudah pakai mode baca, terimakasih pak.

    1. Pak Arion,

      Untuk kesehatan mata, menurut saya, kok sama saja ya. Yang penting jangan menatap layar ponsel terlalu lama, apalagi di tempat gelap.

  91. Koh…mw tanya…rekomen hp yg tepat. Batre besar, fast charging, finger print, ram up to 3. Dana sy sekitar 3.3an. Sbnny kl dr lubuk hati yg paling dlem…pengen bgt nyobain LG. Tp ko LG skr lg gt ya…
    Mohon pncerahanny koh…

  92. Boleh tahu sensor kamera infinix zero 5 dr mna dan detail spesifikasi .
    Untuk alternatifnya service redmi (garansi) selain Surabaya di plaza Marina . Bagaimana dg ketersediaan sparepart dikemudian hari.
    Terimakasih

    1. Pak Wong Banyurip,

      Maaf, saya sedang cuti mengomentari Infinix Zero 5 karena telah terbukti nakal dalam pemasarannya.

  93. Pak Herry, ponsel dengan tampilan stock android yang resmi di Indonesia selain xiaomi mi a1 apa aja ya? Terima Kasih

    1. Pak Muhammad Isa,

      Ponsel Motorola dan Nokia terbaru cenderung ke stock Android kok. Hanya ada sedikit tambahan aplikasi.

    1. Pak Erzon,

      Sebenarnya Zero 5. Namun, karena terbukti nakal dalam memasarkan Zero 5, sampai 26 September 2018 saya memasukkan Infinix ke dalam daftar hitam.

  94. Selamat siang koh Herry..

    Maaf oot, kebetulan sy mw kasih kado Hp utk suami sy dgn budget 4jtan..beliau hobi nyanyi pake app smule,. Kira2 Hp apa yg koh Herry bs rekomen?
    Thanks

    1. Bu Merly,

      Waduh… maaf. Saya kurang tahu kalau kebutuhannya spesifik untuk Smule. Lha saya tak pernah memakai aplikasi tersebut.

      Dengan mengabaikan Smule, di harga Rp4 jutaan ada Zenfone Zoom S yang bisa didapatkan dengan dana sekitar Rp4,6 juta.

  95. Selamat malam pak Herry.
    Saya sudah pegang Infinix Zero 5 ini, connector charger nya agak aneh, apa namanya? Tidak bisa menggunakan charger Android biasa seperti yang lain. Tetapi dalam box, dilengkapi juga konektor untuk menggunakan charger yg biasa. Saya agak khawatir dg konektor ini, mudah2an gak hilang….hehehe
    Terima kasih

    1. Pak Kamdan,

      Itu konektor USB tipe C. Bukan aneh kok. Konektor tersebut sesuai standar internasional.

      Oh, mungkin maksud Anda kok bukan pakai micro USB ya. Ponsel-ponsel keluaran terkini, terutama yang membidik segmen atas, biasanya memakai USB tipe C.

  96. selamat Pagi Koh Herry,
    Saya barusan beli infinix zero 5 lewat lazada, baru tiba hari minggu 1 April 2018. tapi pilihannya jaringannya tidak ada 4G, tertulis hanya seperti ini :
    Jenis jaringan yang dipilih
    3G/2G (mode otomatis)
    3G
    2G

    mohon bantuannya siapa tau ada yang pernah mengalami seperti ini, kartu saya pake kartu halo yang sdh terdaftar 4G

    1. Pak Syarifuddin,

      Perhatikan stiker di sisi belakang kardus. Tertulis “made in China” atau “dibuat di Indonesia”? Kalau “made in China” dan barang baru diterima pada 1 April 2018, tampaknya takkan bisa menikmati jaringan 4G.

      Btw, sertifikat ponsel tersebut telah resmi dicabut. Silakan baca https://www.kominfo.go.id/content/detail/12851/siaran-pers-no82hmkominfo042018-tentang-pembekuan-sertifikat-perangkat-telepon-seluler-merek-infinix-type-x603-3g/0/siaran_pers

  97. Pagi pak ..maaf mengganggu…saya lg cari hp ram 6gb mini internal utk kebutuhan 1.edit video..2.multitasking..3.gaming…yg “murah” dngan ” kamera tdk terlalu bagus” tapi sdh ada NFC dan OS yang up to date ke oreo maupun android P
    NB: krn kadang kamera yg buat mahal hehe…
    mohon saran dan masukan nya pak herryy

  98. Maaf pak komen sebelum nya saya ralat…
    Ni komen lengkapnya y pak
    Your comment is awaiting moderation.

    Pagi pak ..maaf mengganggu…saya lg cari hp ram 6gb min external 64 up to 256gb dan baterai minimal 4500+mah
    utk kebutuhan
    1.edit video..
    2.multitasking..
    3.gaming…
    yg “murah” dngan ” kamera tdk terlalu bagus” tapi sdh ada NFC dan OS yang up to date ke oreo maupun android P
    NB: krn kadang kamera yg buat mahal hehe…
    mohon saran dan masukan dan pencerahan nya pak herryy

    1. Pak Dili Lubis,

      Definisi murahnya berapa nih? Mengacu kepada spesifikasi yang Anda harapkan, belum ada ponsel bergaransi resmi yang memenuhi syarat.

  99. Malam pak Herry SW, Kalau merekam video pada infinix zero 5 ini apakah bisa di zoom ya pak?
    Makasih buat wkt nya pak

    1. Bu Carmensita,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Wah, kebetulan saya tak pernah mencoba melakukan zooming saat merekam video. Saran saya, lupakan Infinix saja deh. Di rentang harga yang sama, bahkan lebih murah, ada Xiaomi Redmi Note 5 yang lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *