Ini Alasan Xiaomi Garansi Distributor Cepat Beredar

Sejak Xiaomi Mi 4i dan Redmi 2 Prime beredar, belum ada ponsel Xiaomi tipe terbaru yang dijual resmi lagi di Indonesia. Padahal, selama rentang waktu tersebut, Xiaomi sebenarnya sudah meluncurkan berbagai tipe ponsel anyar. Misalnya, Redmi Note 2, Redmi Note 3, Redmi 3, Mi 4S, dan Mi 5.

Anehnya, ketika kemunculan ponsel Xiaomi terbaru dan bergaransi resmi tersendat, unit tanpa garansi resmi justru cepat memasuki pasar Indonesia. Penjualan dilakukan secara offline maupun online. Konsumen dan pedagang lazim menyebutnya sebagai ponsel Xiaomi dengan garansi distributor. Mengapa bisa begitu?

Alasan Xiaomi-7

Penulis alias HSW sebenarnya sudah memiliki dugaan. Untuk membuktikan dugaan itu, sekaligus supaya ada produk yang bisa difoto, HSW membeli satu unit Xiaomi Redmi 3 di Blibli.com.

Alasan Xiaomi-8

Inilah penampakan Redmi 3 yang HSW terima. Kardus dibungkus dengan plastik tipis seperti yang lazim digunakan oleh penjual buah dan makanan. Tidak ada stiker segel yang melekat di kardus.

Alasan Xiaomi-1

Alasan Xiaomi-2

Alasan Xiaomi-3

Stiker bertuliskan nama importir melekat di sisi belakang kardus. Demikian pula stiker bertuliskan nomor sertifikat SDPPI atau lebih sering disebut sebagai sertifikat Postel. Di situ tercetak nomor sertifikat 36078/SDPPI/2015. Sah? Legal? Ya, sepintas tidak ada sesuatu yang janggal.

Alasan Xiaomi-6

Alasan Xiaomi-5

Alasan Xiaomi-4

Masalahnya, buat HSW, nomor sertifikat yang tercantum tetap janggal. Kok bisa? Alasannya sederhana. Kebetulan HSW masih menyimpan foto kardus Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi. Ada dua importir sekaligus distributor resmi Xiaomi di Indonesia: Erajaya Swasembada dan Trikomsel Oke. Redmi 2 yang diimpor Erajaya memiliki nomor sertifikat 38978/SDPPI/2015, sedangkan Redmi 2 Trikomsel bernomor 38908/SDPPI/2015.

Sekarang saatnya mengutak-atik penggalan informasi itu. Xiaomi lebih dulu memperkenalkan Redmi 2 atau Redmi 3? Redmi 2 dong. Satu pertanyaan lagi. Nomor sertifikat biasanya dikeluarkan urut dimulai dari nomor yang lebih kecil atau lebih besar? Normalnya lebih kecil ya. Jadi, rasanya mustahil sertifikat SDPPI Redmi 3 justru dikeluarkan mendahului sertifikat SDPPI Redmi 2.

Penelurusan lebih lanjut dilakukan dengan masuk ke https://sertifikasi.postel.go.id/berlaku.php. Nomor sertifikat 36078 HSW ketikkan ke baris pencarian. Inilah hasilnya….

Alasan Xiaomi-9

Alasan Xiaomi-10

Alasan Xiaomi-11

Alasan Xiaomi-12

Sertifikat itu dikeluarkan pada 2014, bukan 2015. Stiker yang melekat di kardus Redmi 3 terbukti tidak akurat. Berikutnya, nama pemohon Wisma Inkopad Indonesia. Poin ini cocok dengan stiker yang menempel. Hal terakhir, sertifikat itu dikeluarkan untuk ponsel Xiaomi Mi 3W yang pasti bukan merupakan kode tipe Redmi 3.

Jadi, kini Anda sudah mengetahui alasan ponsel Xiaomi bergaransi distributor bisa cepat beredar di Indonesia, bukan? Ayo jelaskan! Lima menit lagi kumpulkan. πŸ™‚

Silakan mencari “keajaiban” lain saat berjalan-jalan ke pusat penjualan ponsel. Perhatikan nomor sertifikat Redmi Note 2, Redmi Note 3, Mi 4S, dan Mi 5. Tak ada salahnya Anda juga mencermati stiker yang melekat di kardus BlackBerry Priv.

***

Update 17 Maret 2016 pukul 20.35: Cerita masih berlanjut. Tadi sore HSW mendapatkan kiriman foto @rifqifaqihy, salah satu pengikut Twitter @herrysw. Ia mengirimkan foto Redmi 3 yang dimilikinya. Ponsel itu bergaransi distributor The One. Nomor sertifikat yang tercantum 35981/SDPPI/2014.

Hanya dengan melihat angka tahunnya dapat dipastikan bila nomor sertifikat itu bukan milik Redmi 3. Sebab, pada 2014 Redmi 3 belum lahir dari “rahim” Xiaomi. Setelah dimasukkan ke situs SDPPI, sertifikat itu ternyata diajukan oleh PT Triagung Perkasa Jaya untuk ponsel MI – 2013029 alias Xiaomi Redmi 1S. Satu “keajaiban” lagi. πŸ˜€

Alasan Xiaomi-14

344 thoughts to “Ini Alasan Xiaomi Garansi Distributor Cepat Beredar”

  1. Kalo nomor postel saya udah nyadar sejak artilel Bapak yg terkait Zuk Z1
    Ah, sekalian mau nanya, Pak
    Kok bisa tembus ya? Maksudnya, bea cukai kan masa gak liat dulu barangnya/dusnya aja deh pas masuk ke Indonesia?
    Kenal orang dalam?

    1. Pak Rizky Edric,

      Apakah saat ini Anda memakai ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi?

      Soal detail alur saat barang masuk ke Indonesia, terus terang saya tak mengetahuinya. Dengan demikian, saya juga tidak dapat menebak kira-kira celahnya ada di tahapan mana.

    1. Keren, om HSW hanya mau mereview HP bergaransi resmi….
      Saya mendukung pak, karena hasil review bapak digunakan sebagai acuan saat akan membeli ponsel. Klo garansi resmi jika terjadi sesuatu tinggal bawa servis resmi, klo tetap bermasalah reviewer tidak kena beban moral.
      Beda dengan garansi distributor yang kondisi 1 barang bisa beda dengan yg lain

      1. Pak Priyo,

        Dengan pertimbangan tertentu, sesekali saya sebenarnya bersedia me-review ponsel tanpa garansi resmi. Misalnya, ponsel yang unik dan tidak beredar di sini. Mungkin pula ponsel bermerek tertentu yang baru akan beredar di sini.

  2. Pak Herry,
    ini info yang sangat menarik, setidaknya untuk saya pribadi lho ya. saya baru mengetahui singkatan WII ya dari tulisan ini. setelah berselancar di Paman Google dengan kata kunci “Inkopad” dan “Wisma Inkopad Indonesia” saya menjadi mengerti dan hanya bisa mengelus paha kenapa ponsel bergaransi distributor ini dengan mudah beredar di indonesia.
    Sukses selalu Pak Herry!

    1. Pak Edy,

      Jadi, ceritanya tadi pagi saya mau mengetik review Vibe P1 Turbo. Trus, saya perhatikan sudah seminggu saya tidak mengunggah naskah baru ke blog. Kalau menanti naskah Vibe P1 Turbo selesai diketik, pasti akan lama.

      Nah, saya punya bahan Redmi 3. Waktu yang dibutuhkan untuk mengetik tulisan itu pasti lebih singkat. Jadi, saya putuskan ngetik tulisan Redmi 3 dulu sebentar, lalu langsung mengunggahnya. Setelah selesai, saya baru melanjutkan mengetik review Vibe P1 Turbo.

  3. Melihat kenyataan itu…jadi ragu membeli Redmi 3 padahal saya sangat tertarik, melihat spesifikasinya yang lumayan tinggi dengan harga yang murah, so…apakah Pak Herry akan tetap me review ponsel Redmi 3 ? harapan saya tetap direview saja pak..jangan dijual dulu, minimal supaya pembaca tahu kualitas ponsel tanpa garansi resmi, saya juga tertarik dan ingin mengetahui tentang ROM yang bukan resmi mendapat dukungan dari XIAOMI ( Juga berlaku untuk merk lain tanpa garansi resmi ), maksudnya siapa yang membuat ROM tersebut dan seluk beluknya…Terima kasih Pak Herry.

    1. Pak Slamet,

      Redmi 3 tanpa garansi resmi itu takkan saya review. Kalau Redmi 3 kelak beredar resmi di sini, saya baru akan me-review-nya.

      Waktu menerima dan kali pertama coba menyalakannya, saya lihat ROM yang digunakan adalah ROM distributor, bukan ROM stable. Entah siapa yang membuatnya. Saya kemudian mengubahnya menjadi ROM stable.

      1. Pak Herry,
        Review singkat saja pak Redmi 3 nya! Saya pengen tahu ketahanan baterai dan kamera saja. Terima kasih

  4. Maksudnya apa Ko? Apa kasusnya kayak Lenovo Zuk Z1? Apa produk ini tidak resmi? Ko HSW pasti tau status produk ini resmi atau tidak kan? Apa karena beli via online terus gak tau keaslian postelnya? Kalo sudah seperti ini rasanya ga jadi di-review ya? Padahal saya tunggu review untuk produk ini.
    Ko, saya yang kenalan waktu di Juanda akhir Feb lalu, sebelum berangkat ke Sarinah, Jakarta. Waktu itu aku request Lenovo Vibe P1 Turbo untuk di-review. Sebenarnya aku pengen punya Xiaomi Redmi Note 3 ini, tapi belum2 sudah ada berita kayak gini. Yaa jadi nunda beli dulu. Lenovo punyaku, P780, baterainya memang besar, tapi setelah saya pakai hampir 2 tahun jadi sering lemot. Padahal memori internal yang 8 GB sudah saya longgarkan space-nya, baik yang penyimpanan internal maupun penyimpanan USB. Tapi sampai sekarang sering kurang gegas dan gampang nge-lag.
    Jadi pengen beli Xiaomi cuma gara2 ini.
    Berhubung ada kasus seperti Ko HSW utarakan, dan juga saya masih cinta hape berbaterai super, maka saya request Lenovo P1, semoga bisa ya Ko.
    Oya, hape saya di rumah sambungan internetnya pake Wifi, waktu keluar rumah lupa pindah paket data. Akhirnya hape mati sendiri. Memang bisa gitu ya Ko? Padahal baterai nggak drop/habis.

    Thx Ko

    1. Pak Adrian,

      Silakan Anda baca lagi kata demi kata deh. Tadi saya juga memberikan update atas tulisan ini. Berikutnya, tangkaplah makna tersirat yang ada.

      Redmi 3 tanpa garansi resmi itu tidak saya review. Saya baru me-review Redmi 3 kalau ponsel itu beredar resmi di sini.

      Review Vibe P1 Turbo sudah saya unggah. Silakan membacanya.

      Mati sendiri karena tak dapat Wi-Fi? Wah, saya baru kali ini menjumpai cerita seperti itu.

  5. Ini lahan bisnis yg sangat menggiurkan, bayangkan saja redmi 3 yg harga di china 1,5 jutaan ketika awal-awal penjualan di Indonesia beberapa bulan lalu dijual s/d 2,5 jutaan. Anehnya laku kayak kacang goreng. Meskipun sekarang sudah dikisaran 1,7-1,8 mereka masih untung banyak. Mana ada konter/penjual hp bisa untung lebih dari 25 ribu untuk penjualan hape baru? Tidak ada, kecuali penjualan hape xiaomi tidak resmi tersebut.

  6. Kenapa hape xiaomi tidak bisa masuk lagi Pak ke Indonesia padahal peminatnya masih banyak , Redmi Note 2 aja berhasil terjual ribuan unit dengan garansi distribotor , tapi belum ada juga tanda-tanda hape xiaomi yang resmi masuk .

    1. Pak Humaidi,

      Untuk beredar resmi di sini, ponsel terbaru Xiaomi yang semua telah mendukung 4G LTE terkendala dengan aturan TKDN. Karena itu, sempat beredar rumor kalau Redmi 3 tetap jadi beredar resmi di Indonesia, tetapi fitur 4G LTE-nya dimatikan.

  7. Aduuuh, lihat nama importirnya kok jadi serem, itu betulan atau cuma sekedar catut nama. Kalau sungguhan sebaiknya koh Herry hati2, meski tidak sesakti di zaman OrBa namun tetap aja bagi rakyat jelata spt kita ini tetap masih menyeramkan. Semoga aja itu sekedar catut nama doang. Tq GBU

  8. Kalo uda kebelet dan tau resiko ngambil barang distro ya sikat aja. Kalo nungguin yg resmi keburu jamuran..

  9. Kualitas kira kira gimana ya koh garansi distributor itu,.itu asli dari perusahaan xiaomi atau cuma keponakannya koh Hery SW?

    1. Pak Eko,

      Menurut saya, ini kita bicara Redmi 3 yang saya dapatkan ya, itu ponsel asli Xiaomi.

      Keponakan Xiaomi siapa nih? πŸ™‚

  10. Masih aja kecolongan ya koh, bisa2 nya beredar barang tidak resmi
    klo gini ceritanya berarti kebanyakan xiaomi distributor barang BM ya koh krn gk mendapatkan sertifikat yg secara otomatis tidak dpt izin berjualan di Indonesia
    atau sebenarnya mereka jualan secara legal (bayar pajak) namun krn syarat yg tidak dipenuhi di dirjen postel mereka memasang stiker palsu, klo bener. Kok bisa tanpa adanya pengawasan ?

  11. Maaf sebelumnya OOT, Sy punya budget 2jt lebih sedikit, tidak terlalu butuh kamera bagus, yg penting baterei tahan lama, gegas, dan butuh sensor magnetik. Satu lagi sy tidak fanatik merk, tp jgn sampai Service center menguji kesabaran ? kira2 smartphone apa saja yg masuk kriteria ini, sebelumnya terima kasih Om Herry

    1. Pak Dit,

      Kalau service center tak sampai menguji kesabaran, berarti pilihannya cuma LG, Samsung, dan Acer. Masalahnya, dengan kriteria yang Anda sebutkan, tak ada ponsel yang memenuhi syarat.

  12. PT WII ya? Bisa dibilang salah satu importir yang barangnya banyak bertebaran di pasaran Indonesia, yang entah bagaimana bisa begitu jika melihat kasus yang selama ini menjeratnya.

    Pada tahun 2013 kasus penyelundupan ilegal ponsel http://nasional.news.viva.co.id/news/read/391453-kapolda-ntb–toko-ponsel-jual-blackberry-ilegal-di-jakarta-tutup
    Ijin impor PT WII sudah dihentikan sejak akhir 2014 http://www.merdeka.com/uang/kemendag-cabut-izin-24-importir-ponsel.html

    Mengapa distributor yang ijinnya sudah dihentikan sampai saat ini masih eksis impor barang dan bahkan barangnya beredar sangat banyak di Indonesia? Mengapa pihak Kominfo dan Polisi diam saja melihat banyaknya ponsel dengan sertifikat palsu / ilegal beredar di Indonesia (untuk keseluruhan distro, bukan cuma WII)?

    Entahlah, mungkin Pak Herry mau menjawab walaupun pertanyaan ini sangat berbahaya. πŸ˜€

  13. Pak apakah TKDN di indonesia ini persyaratannya sangat berat yah untuk diikuti? Kok Xiaomi kayaknya sangat kesusahan sekali ngeluarin produk – produknya untuk diresmikan di negara ini kalah sama brand tiongkok lainnya dimana rentan 2-3 bulan sekali selalu ada aja barang resmi yg masuk ke indonesia. Kalau xiaomi kayak yg keteteran gitu.

    1. Pak Nazriel,

      Cukup kompleks. Silakan Anda cari Peraturan Menkominfo RI nomor 27 tahun 2015. Ada pula peraturan dari menteri perdagangan dan menteri perindustrian. Namun, saya tak tahu nomornya.

  14. Berarti redmi 3 yg pak herry beli itu sertifikat xiaomi seri mi3 ya?

    oh iya pak saya juga sudah beli redmi 3 sepertinya lebih tua 35981/SDPPI/2014

    1. Pak Rifqi Faqihy,

      Mi 3W. Saya belum cek detail itu sama dengan Mi 3 atau tidak.

      Sertifikatnya pasti ngaco. Tahun 2014 Redmi 3 belum lahir. Dari hasil pengecekan, itu nomor sertifikatnya Xiaomi Redmi 1S.

  15. Pak Herry, kenapa Xiaomi sepertinya tidak serius berjualan di Indonesaia? Produk Xiaomi yg resmi sangat sulit didapatkan, padahal jika digarap serius angka penjualan Xiaomi mungkin bisa jauh lebih tinggi dibanding saat ini. Apalagi Indonesia termasuk pasar yg menggiurkan bagi produsen ponael manapun

    1. Pak Dony Nov,

      Menurut saya, Xiaomi berusaha patuh dengan regulasi yang berlaku di sini. Karena banyak hal, mereka belum berhasil memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan pemerintah.

      Buat kita, pasar Indonesia memang terlihat besar. Namun, di mata produsen, belum tentu pengamatannya sama lho.

  16. setelah baca ini,jadi ingat banyak hp xiaomi banyak masalah yang distrobutor,tapi jujur aja daripada “paksa” beli hp garansi distrobutor,mending beli hp keluaran tahun lama,tapi resmi. BTW,ijin POSTEL bisa dipalsukan juga?
    BTW,Xperia ZR recommend gak? soalnya da yg jual 1.850 jt,tapi resmi.

    1. Pak Alam Sandi Wijaya,

      Soal palsu memalsu, mestinya lembaga terkait yang lebih berkompeten menjawabnya.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Xperia ZR.

  17. Ko Herry, Mau tanya, bagaimana kesannya setelah menggunakan Xiaomi redmi 3 garansi distributor? apakah layak dibeli?
    Trims

    1. Bu Shely,

      Lah… Redmi 3-nya kan tidak saya pakai.

      Prinsip saya sih masih sama. Jangan beli ponsel tanpa garansi resmi.

    1. Pak Romero,

      Hmm… silakan disimpulkan sendiri deh.

      Ada alasan lain yang lebih mengerikan, yang membuat saya tak mau membel ponsel tanpa garansi resmi.

          1. cuma info: gan itu kata sapaan kaya koh, pak, dsb, merupakan singkatan dari juragan. sumber: kas**s

            gitu pak.

          2. Pak You,

            He… he… iya. Namun, “tradisi” di sini, kalau menggunakan kata sapaan gan, pertanyaannya bakal diabaikan.

  18. samsung susah payah bkin pabrik disini demi memenuhi syarat tkdn sementara hp2 beginian melenggang bebas dgn sertifikat daur ulang. memprihatinkan

  19. koh hsw mau tanya .. xiaomi redmi 3 gold vs alcatel flash 2 bagus mana ya… dr segi apa saja perbandingan. makasih

  20. pak herry, kalo gitu kenapa ya xiaomi susah masuk resmi di indonesia? apa memang ada kendala tertentu.. lain halnya dengan ponsel merek lain seperti lenovo, asus, huawei , oppo dan merek baru infinix dll… saya yakin jika xiaomi setiap produknya keluar resmi diindonesia, pasti laku keras dan bisa menyaingi pasar besar seperti asus dan samsung contohnya…

    1. Pak Wahyudi,

      Ya, ada aneka kendala.

      Lenovo, Asus, Huawei, Oppo, dan Infinix kan sudah mendirikan pabrik atau menggandeng mitra perakitan lokal.

  21. Gak paham pak Herry….pemalsuan data atau selundupan ?

    Konsumen dirugikan gak pak kalo gini caranya

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Silakan dibaca lagi dengan perlahan mulai dari atas sampai bawah deh. Tadi saya juga memberikan satu update di naskah.

  22. Saya berniat untuk mengganti mi4i saya ke redmi 3 . apakah redmi 3 cukup bagus untuk menggantikan mi4i saya ?

  23. Redmi note 2 saya juga 36078/sdppi/2014
    2674 PT.wii
    Ijin impor nya menggunakan ijin impor type hp sebelumnya .

  24. koh Herry, opini aja, sebenarnya ini akal2an Xiaomi pengen hemat biaya opersional di Indonesia, karena dengan beredarnya barang distributor Xiaomi tidak perlu menyediakan layanan purna jual. Xiaomi tahu kalau di Indonesia barang bisa dijual meskipun tidak resmi dan penjualannya tidak kalah dengan barang resminya. Sama spt Apple yg sampai saat ini ngga perwakilan resminya di Indonesia. Iphone 6s udah banjir di Indo sekian bulan tapi tetap aja belom ada produk resminya. Artinya bila ada kerusakan yah bukan tanggung Jawab Apple dan menjadi resiko pembeli. Intinya kalau bisa hemat kenapa tidak πŸ˜›

  25. Salam Mas HSW,

    Menarik ditelusuri, adakah hubungan Importir PT Wisma Inkopad Indonesia dengan Induk Koperasi TNI Angkatan Darat (Inkopad)? Seandainya ada hubungan atau setidaknya beking dari oknum aparat TNI, wah, ini bisa jadi isu nasional yang besar di tengah gencarnya TNI mereformasi internalnya….

  26. Saya masih belum mengerti pak herry maksudnya seperti kejadian zuk z1 kah ? atau mksdnya penggunaan sertifikat lama yg di tempel pada produk baru artinya pihak distributor tidak mengajukan sertifikat baru utk produk tertentu ? saya jg msh bingung sampe skrg knp hp xiaomi lbh banyak yg distri ketimbang resmi ditambah lg… vendornya jg spertinya tidak peduli mgkn yg pntg laku hp nya begitukah ? hmmmm nggu jawaban yg lebih paham aja deh…

  27. Ko Herry, kebetulan lagi bahas redmi 3. Karena sudah tidak bisa menahan diri, ditambah hape yg saya pake sebelumnya sudah membosankan, akhirnya saya memberanikan diri meminang salah satu redmi 3 ini, dgn segala konsekuensi garansi distributor. Saya jg sadar betul dgn stiker2 yg menempel di handheld ini, ingin rasanya utk memeriksanya spt tulisan Koko sebelumnya ini. Tapi saya memutuskan utk tidak melakukan. Disatu sisi saya mendukung kebijakan pemerintah, tapi disisi lain jadi boomerang jg buat konsumen, ga bisa menikmati barang yg berkualitas dgn harga yg merakyat. Utk bbrp hari saya menggunakan handheld ini saya cukup terkesan. Saya berharap Koko mau review handheld yg sudah di tangan Koko sehingga saya Dan temen2 yg lain yg sudah punya bisa tau hal2 penting maupun resiko2 terkait “barang distributor ” khususnya redmi 3 ini.
    Terimakasih.

    1. Pak Patra,

      Saya takkan me-review Redmi 3 tanpa garansi resmi itu. ROM bawaan distributor yang terasa agak lemot saat dioperasikan telah saya ganti dengan ROM stable.

  28. wah.. jadi ragu ini koh herry utk membeli ponsel garansi distributor wkwkwk..
    lebih baik saya tunggu versi yang resmi-resmi aja deh daripada belakangnya jadi kurang “enak”

    btw sorry oot koh Herry, mau tanya dikit soal fitur fastcharging di LG G4..
    LG G4 kan udah support qualcomm quick charge 2.0, sedangkan charger bawaan G4 sendiri adalah berupa charger konvensional (tanpa embel2 quickcharge, sesuai dengan outputnya sendiri yakni 5V, 1.8A) pertanyaan saya,
    1. apakah benar-benar aman fitur fastcharging ini ? karena beberapa sumber, akan berimbas pada umur baterai walaupun sebenarnya ponsel sudah support quickcharge sekalipun..
    2. biasanya saya charge G4 dari kondisi 0% s/d full memakan waktu Β±2jam.. sedangkan sekarang, saya bisa menghabiskan waktu Β±2,5-3 jam dari 0% hingga 100%.. apa yang mempengaruhi kecepatan charge saya ya koh ? apa baterai/charger saya sudah mulai rusak ?

    terima kasih koh Herry atas jawabannya..

    1. Pak Willykurniawan,

      1. Seharusnya aman, asalkan Anda memakai charger Qualcomm Quick Charger yang sesuai standar.

      2. Kondisi kepala charger, kabel charger, dan kelistrikan di lokasi pengisian bisa mempengaruhi cepat tidaknya proses charging. Kondisi baterai justru dapat diabaikan. Baterai yang sudah mulai drop malahan cepat penuh, bukan lebih lama penuh.

  29. Salam sejahtera koh herry….salam kenal juga
    Sy kebetulan punya redmi note 4g distributor
    Wktu sy cek hasil nya redmi sy juga seri mi3w…

  30. Selamat malam Pak Herry
    semoga kasus seperti ini cepat menyebar dan para calon pembeli supaya lebih mengerti, miris juga ya pak di satu sisi harga Handset kalau melewati prosedur perijinan harga relatif mahal, di sisi lain pembeli ingin handset berkualitas dg harga murah,
    Saya mendukung Pak Herry agar tidak mereview unit yang tidak melalui prosedur resmi, seandainya terjadi hal2 yang tidak di inginkan agar kita mendapatkan dukungan yang layak terutama dari produsen handset.

  31. Salam sejahtera ko HSW…
    Kebetulan sy punya redmi note 4g distributor
    Waktu cb sy cek hasilnya sama seri yg tertera xiaomi mi3w…

  32. Pak Herry,
    Apakah maksudnya seperti ini :
    1. W** belum memiliki sertifikat postel utk Redmi 3.
    2. W** menggunakan sertifikat MI3 utk menjual Redmi 3.
    Kalau benar, berarti masuk kategori pelanggaran regulasi, betul ga pak herry?

    1. Pak Choi,

      Saya tak tahu WII sudah memiliki sertifikat SDPPI/Postel untuk Redmi 3 atau belum. Satu hal yang pasti, menjual ponsel B dengan menempelkan stiker sertifikat ponsel A jelas-jelas merupakan pelanggaran.

  33. Ko Herry, boleh bagi caranya agar bisa diganti ke ROM stable? Saat saya coba utk checking updates, tertulis MIUI 7.1.1.0.0|Stable. Apakah itu berarti sudah stable beneran?
    Terimakasih.

  34. kalo terkendala aturan TKDN yg 4G, kenapa Redmi 2 bisa keluar resmi, secara ponsel tersebut sudah mendukung 4G..

  35. bung HSW

    Selain diRepulik tercinta kita ini
    apakah diNegara lain ada yang nama-nya garansi distributor?
    terima kasih

    1. Pak Yoobee,

      Di Singapura ada garansi resmi dan tidak resmi. Namun, kalau sampai detail per negara, saya tak tahu.

  36. di luar segala macam stiker ilegal dan backing oleh pihak tertentu,,,,,, saya baru memahami ternyata Xiaomi belum menggandeng pihak lokal dan waktu produk2 Xiaomi sebelumnya belum terkena regulasi baru,,,, ini aturannya yang ribet atau Xiaominya sendiri yang gak mau rugi?

  37. ijin nya prematur, bahkan mungkin ketika teknologi yg dibenamkan dalam produk itu juga masih dalam angan angan, heheee

  38. Rata rata no postel importir erajaya di box nya selalu ada akhiran angka 2766. Di rumah ada 3 box importirnya erajaya, nokia 110, xiaomi redmi 2 p, dan asus zenfone 2 saya di belakang no postel ada 4 angka itu. 2766 ini maksudnya apa koh?

    1. Pak Pram,

      Saya lupa istilah bakunya apa. Intinya, 2766 itu nomor “SIM (surat izin mengimpor)” milik Erajaya.

  39. ponsel xiaomi itu terlalu banyak yang ngincer ya koh, sampe barang disrtibutor pun laris manis dr berbagai seri…
    bahkan sampai erajaya pun curhat….
    oh ya koh gak ikut pre order samsung j3?? hehe

  40. Sekedar sharing koh, adik saya membeli xiaomi redmi note 3, kan itu menggunakan garansi distri platinum.. Ada SDPPInya dan ternyata yang didaftarkan milik zenfone 5

  41. Pak Herry, saya ada 2 pertanyaan:

    1. Setelah towel-towel Redmi 3 sepintas impression nya bagaimana? Worth it ga pak (tanpa mempedulikan garansi resmi atau distributor)?
    2. Sinyal Evercoss Winner T3 bagaimana pak, Baik-baik sajakah atau ada masalah? Dengan harga 700 ribu kayak beli tidak? Adalah gyroscopenya?

    Terima kasih pak Herry,
    Salam

    1. Pak Leo,

      1. Saya cuma towel-towel sebentar ya. Kartu SIM pun tidak pernah saya masukkan ke sana. Waktu masih pakai ROM bawaan terasa lemot. Begitu saya ganti dengan ROM stabil, jauh lebih gegas.

      2. Sinyal 2G dan 3G oke. Sinyal 4G parah. Di mana tuh harga Rp 700 ribu? Belum sempat cek lebih detail soal sensor.

      1. 1. Hmm jadi harus diotak-atik dulu ya Pak supaya gegas

        2. Ada di Tokopedia pak, saya tak jadi beli baru saja sold. Worth Winner T3 di harga berapa kalau Pak Herry yang kasih harga?

        Terima kasih banyak pak,
        Salam,

        1. Pak Leo,

          1. Yup.

          2. Kalau mau, Winner T3 bekas milik saya silakan Anda beli Rp 550 ribu saja deh. Harga sudah termasuk ongkos kirim ke Jakarta atau Surabaya. Kalau ke kota lain, tambahkan selisih ongkos kirimnya.

  42. garansi distri juga original kan barangnya..bukan super copy atau kw… permasalahannya cuma masalah perijinan…

    1. Pak Anonim,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Meskipun jarang terjadi, pernah ditemukan ponsel bergaransi distributor tidak resmi ternyata barang replika alias bukan orisinal. Spesifikasi dan firmware juga mungkin berbeda lho.

  43. Kalau xiaomi yang gak resmi aja laku ngapain harus ngedarin xiaomi garansi resmi repot2 harus ngasih layanan garansi Gratis setaun & itu inih,
    Seperti xiaomi yi yg laku banget pak dipasaran tapi sampai sekarang belum ada tanda yg bergaransi resmi mau beredar di indonesia malah yang amerika version beredar,
    Mungkinkah itu sebuah xxxxx

    1. Pak Gugun,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Kamera mungil Xiaomi Yi kan memang tidak direncanakan dijual resmi di sini.

  44. masih meraba2, tp ada 2 kemungkinan… jadi ragu juga…

    btw, utk evercoss winner t3 nya ke malang berapa koh ?

    1. Pak Lutwin,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Maaf, Winner T3-nya sudah laku.

    1. Pak Ndflink,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      He.. he.. Anda kalah cepat. πŸ™‚

    1. Pak Adi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Saya tak tahu.

  45. Jdi kesimpulannya gawainya asli, tapi paperworknya siluman. Secara teknis kenapa sebagai brand besar berani besikap demikian ya. Atau mungkin lagi-lagi hanya oknum indonesia yg berkreasi dan mengcustom peraturan. Tp seperti kata tukang rujak di pojok gang, bahwa jaman sekarang semua barang tuh hanya sekali pake. Kalo ga diganti karena rusak, ya diganti karena ada model baru. πŸ™‚

  46. Berarti kesimpulannya ada oknum yang nakal ya koh.. kok bisa dapet stiker no.ijin postelnya ya?? apa stiker itu bisa dibuat manual oleh para ditributor yang “nakal”…

    1. Pak Bayu,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Hmm… yang bisa jawab pihak terkait nih.

  47. Huh payah, malah sudah hands on, postel payah orang jualan xiaoyi terang2an kok, versi distributor gak ada tindakan pelarangan klu belum sesuai itukan melanggar undang2 . kasian konsumen klu HP rusak servis dimana. Mana konsumen tau embel2x…… Asus seri kl butuh waktu 4 bulan d postel untuk jualan versi resmi.

  48. Kalo nunggu sampai resmi ya gak akan bisa bisa pakai xiaomi terbaru…lagipula apa salahnya beli yg distributor toh barangnya original. Garansi resmi apa untungnya juga?? Sy service gadget xiaomi di tam sampai 2 bulan lebih ga kelar kelar jga..ini cuma masalah perijinan..toh redmi 3 nya saya yakin itu 100% barang original

    1. Hm… Klo misalnya ada yang melanggar hak anda, ngegarap tanah atau sawah milik Anda dengan tetap menanami padi, apakah Anda akan rela …? Kan hanya masalah perizinan saja… ANEH….

  49. Mas Herry
    Artikel yang menarik, dilengkapi juga cara membuktikannya, jadi sangat membantu untuk orang awam, terima kasih

    Saya beli Mi 4s grs BCell/GMT dapat nomor 35661/SDPPI/2014 kok tidak ketemu ya di Web post el?
    Bahkan saya sudah urutan pakai kode PLG-ID mereka yaitu 3756

  50. jadi dimana kita bisa beli xiaomi yang resmi, klo nunggu lama tar keburu xiaomi keluar ponsel baru lagi..

  51. Sebenernya saya seneng pake Xiaomi, tapi yang resmi tak kunjung hadir sekarang saya coret nama Xioami dari daftar hape saya. Mending nunggu yg resmi. Saya punya pengalaman buruk pake Xiaomi garansi Distributor, Redmi Note 2 anak saya ga bisa dipake maksimal, selain ga bisa dipake 4G-nya, banyak menu dan aplikasi berbahasa tionghoa jadinya ga bisa mubazir. Mudah2an segera keluar Xioami yang resmi.

  52. Diatas pak herry komentar kalau romnya diubah ke rom global.
    Boleh tau caranya ubah rom distributor ke rom global?
    Btw saya pake redmi 2 prime garansi distributor.

  53. Yth. P Herry,

    Saya ada bbrp pertanyaan perihal xiaomi yg garansi distributor ini:
    1. kalau hrs memilih, garansi distributor mana yg disarankan,karena byk sekali macamnya ?
    2. dari distributor/penjualnya mengklaim kalau ROM nya sdh di custom menjadi rom global sehingga sdh ada playstore dan bahasa indonesianya, nah sbnrnya bagus mana sih ROM global atau ROM china yg lebih baik ?
    3. utk rom global tsb apakah bisa di automatic update utk MIUI nya ? atau karena custom ini jd tidak bs update gt ?
    4. Kalau boleh tau utk yg masih ROM asli bawaannya (ROM china), ada bahasa English tidak ? apakah bisa install playstore manual ?
    Terima kasih sudah berkenan menjawab P. Herry.

    1. Pak/Bu Dwi,

      1. Sama-sama nggak pilih sih. Bila tetap akan nekat beli, anggaplah Anda membeli ponsel tanpa garansi sama sekali.

      2. Ponsel bergaransi distributor biasanya menggunakan ROM hasil modifikasi. Jadi, bukan ROM Tiongkok, bukan pula ROM global. Saya menamakannya ROM distributor. Secara umum itu seperti ROM Tiongkok yang aplikasi berbahasa Tiongkoknya dibuang, lalu ditambahkan aplikasi Google.

      Bila kondisinya benar-benar ROM global, ya mending pakai ROM global daripada ROM Tiongkok.

      3. Kembali ke poin nomor 2, berarti kita berbicara soal ROM distributor ya. Saya tak tahu bisa otomatis update atau tidak.

      4. Ada. Bisa.

  54. Pagi pak Herry

    Ada alasan lain yang lebih mengerikan, yang membuat saya tak mau membel ponsel tanpa garansi resmi.

    Masih penasaran sama pernyataan bapak yg itu, alasan yang lebih mengerikan itu apa ya pak kalo boleh tau?

    1. Pak Ramdan,

      1. Ada peluang dapat ponsel palsu/replika.
      2. Mungkin dapat ponsel yang spesifikasinya tidak sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.
      3. Aksesori yang diperoleh mungkin tidak orisinal.
      4. Dll…

  55. senin sore (29.03.2016) saya ke wtc ada salah satu gerai yg memasang harga redme 3 Rp 1,850,000.- langsung saya masuk ke gerai tsb dan ternyata barang kosong, Tapi di Apollo barang ada harga Rp 2,100,000.- , nah saya baca tulisan p.herry jadi sedikit punya pandangan apakah gawai yg dijual lebih murah itu diimpor oleh pt.wii ya pak? sedangkan kalo di Apollo yg saya ketahui selama ini importirnya pt.trikomsel. apakah benar seperti itu pak?

    1. Pak Andi,

      Kemarin sore saya juga di WTC.

      Redme 3? Maksudnya Redmi 3 ya. Yang dijual di salah satu gerai dan Apollo itu pasti sama-sama tanpa garansi resmi. Yang dijual Apollo pasti bukan diimpor oleh Trikomsel.

      Saran saya, jangan beli deh.

      Soal harga, kadang ada penjual yang “kreatif” merusak harga pasaran. Mereka memasang harga yang miring banget, tetapi saat dikunjungi, dibilang barang habis atau kosong.

  56. Selamat pagi om HSW. Saya baru menemukan situs keren ini beberapa hari yang lalu. Saya suka reviewnya karena tidak melulu membahas tingginya spek atau benchmark minded gitu, tapi lebih ke pengalaman menggunakan hapenya. Saya mau tanya nih, dan mungkin agak OOT sedikit..

    1. Dengan harga yang sekarang, mana yang lebih layak beli, Xiaomi mi4i atau zenfone 2 laser, karena keduanya mendapatkan banyak nilai plus di review om HSW. Atau ada alternatif yang lain?

    2. Saya sekarang pengguna xiaomi redmi 2. Di awal dulu, hapenya memang mumpuni. Tapi setelah dipakai setahunan, penggunaan normal, pasang copot aplikasi, dsb.. Hape ini serasa lemot sekali untuk multitask (2-3 aplikasi), bahkan kadang untuk ngetik pesan pun ngelag. Waktu saya clean recent app, ram yang tersisa cuma di angka 200-250. Kira-kira masalahnya apa ya? Pernah mengalami permasalahan yang sama nggak dengan produk xiaomi resmi?

    1. Pak Chandra Novian,

      Terus terang saya malahan agak tak peduli dengan skor benchmark. Hasil pengukuran Antutu saya tampilkan di review semata-mata untuk memenuhi permintaan pembaca.

      1. Zenfone 2 Laser varian LTE (ZE500KL). Alternatif lain, Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

      2. Redmi 2 sisa RAM 200-250 MB? Masih tergolong wajar sih. Biar ponsel kembali segar, lakukan factory reset deh.

  57. Pak Herry. Terimakasih atas pemaparan nya yang sangat jelas
    Saya mau bertanya pak. Adik saya setahun yg lalu membeli Xiaomi Redmi note 4G garansi B-Cell. Secara keseluruhan kinerja nya masih OK hingga sekarang. Rom yg didapat pun tidak dihiasi oleh aplikasi aplikasi “tidak jelas” dan hingga sekarang belum pernah terjadi lagi atau apapun yg berarti.

    Yang mau saya tanyakan

    Apa bila terjadi nanti terjadi kerusakan dan harus diservice, apakah proses service oleh distributor tersebut akan “menguji kesabaran” saya pak?
    Terimakasih sebelumnya

    1. Pak Lukman,

      Hmm… dengan anggaran segitu, kalau perlu 4G LTE ya paling Xiaomi Redmi 2. Kalau tak perlu 4G LTE, ada Infinix Hot Note.

  58. pak herry,
    terima kasih infonya sangat membantu,
    saya cuma ingin menanya misalnya beli hp xiaomi dari distributor jaringan 4G juga tidak akan bisa digunakan di indonesia y pak? karena jaringan frekuensi 4G berbeda dengan yg tersedia di indonesia?
    terima kasih..

    1. Pak Hendri,

      4G-nya mungkin bisa digunakan, mungkin pula tidak. Hal itu bergantung spesifikasi ponsel yang Anda beli.

  59. Pak Herry,
    kakak saya baru beli xiaomi redmi note 3 garansi distributor, sekilas saya coba sih bagus ya tapi saya tidak tanya beli dimana & harga berapa, padahal dia sudah punya samsung galaxy note 5, saya tanya alasannya kenapa beli note 3 dia bilang pengen coba HP yg harganya lebih murah 3x nya Note 5 dan dia puas pake note 3, padahal awal dulu saya ingat waktu saya beli redmi 1s & redmi note di flash sale Lzd dia ketawain, sekarang memang Xiaomi sdh dikenal jadi banyak peminatnya, di kantor kakak saya saja katanya banyak yg beli redmi 3 grnsi distributor.

  60. Selamat siang pak Herry,

    3 minggu yang lalu saya beli xiaomi redmi note 3 via olshop kebetulan saya dapat garansi distributor WII. Nomor sertifikat yang tercantum sama persis dengan yang Pak Herry pos yaitu 36078/SDPPI/2015. saya cek nomor IMEI nya sama antara yg ada di kotak dengan yg di handphone. tetapi untuk nomor SN berbeda antara kotak dan handphone. yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah memang seperti itu (nomor SN beda antara kotak dan handphone)
    2. apakah nomor SN ini penting ?
    3. apakah xiaomi yang saya beli ini original ?
    4. bagaimana cara cek apakah handphone ini original atau tidak ?
    terima kasih.

    1. Pak Edy,

      1. Seharusnya sama.
      2. Dari sisi kegunaan ponsel sih sebenarnya tak berpengaruh. Namun, dari sisi keabsahan/legalitas, mestinya penting.
      3. Saya tak berani memastikannya.
      4. Sulit dipaparkan dan ditunjukkan tanpa memegang ponselnya langsung nih.

  61. “Update 17 Maret 2016 pukul 20.35: foto @rifqifaqihy”
    wah seru, distro The One πŸ™‚ saya punya pengalaman unik dengan distro ini, service center ada di Roxy Mas Jakarta, layanan sih baik dan ramah, barang diselesaikan dengan baik dan kembali normal, tapi….waktu pengerjaan adalah 45 hari kerja

    Ya, 45 hari kerja (tidak bisa lebih cepat, itu standar mereka), alias 2+ bulan hehehe
    mereka juga cuma buka senin-jumat, dijamin menyulitkan mereka yang bisa ke sana hari Sabtu

  62. Selamat malam pak Herry, saya mau tanyak ini, ponsel redmi 3 yang dijual di LAZADA itu termasuk resmi atau tidak? (Maaf kalo ada pertanyaam yg sama, soalnya internetnya eror waktu post pertanyaan)

  63. Selamat malam koh herry, saya awalnya ingin meminang antara Asus Zenfone2 ZE551KL Ram4gb atau Xiaomi Redmi note 3 pro…menurut koh herry saya harus memilih yg mana ?
    Terimakasih koh herry..

    1. Pak T. Sandi Wiranata,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Redmi Note 3 yang memang belum beredar resmi di sini.

      Btw, yang Anda maksud itu Zenfone 2 atau Zenfone 2 Laser ya? Kalau ZE551KL itu Zenfone 2 Laser.

  64. Kalau redmi 4i sudah masuk indonesia kan? Jika sudah harganya sekitar berapa ya? Dilazada 1.9 jt soalnya saya googling sekitar 2,5 jutaan

        1. Pak Adjie,

          Oh, Xiaomi Mi 4 tidak beredar resmi di sini. Yang ada di pasaran pasti tanpa garansi resmi. Jangan dibeli.

  65. Biasa nya kalo hp xiaomi redmi 3 distributor itu suka ada aplikasi yg gak jalan atau macet kira kira apa aja ya

  66. maaf sebelumnya,
    saya baca” tulisan anda kok sepertinya anda sangat melarang sekali untuk tidak membeli ponsel tanpa garansi resmi. Kalau menurut saya asalkan ponsel itu original bukan replika masih layak utk di beli walaupun ponsel tersebut berbahasa china sekalipun toh kita bisa flash/custom sendiri.

    Saya rasa itu keputusan yg bijak bagi yg memiliki dana terbatas namun tetap ingin merasakan sebuah smartphone canggih dengan performa maksimal

    1. Pak Andrew,

      Benar. Kalau Anda memiliki kemampuan flashing atau custom ROM dan mengetahui segala kemungkinan terburuknya sih tak masalah. Namun, mayoritas konsumen kan tidak memiliki kemampuan secanggih Anda.

  67. Saya pake Redmi 3
    Kodenya juga sama 35981/SDPPI/2014 4168
    trus coba email ke Xiaomi Indonesia kasih foto sama kode IMEI.. fast respon sama operatornya dan di bilang klo itu Asli Redmi 3 tapi sebenarnya tipe itu belum di jual di Indonesia.
    Yang penting asli πŸ˜€

  68. Melihat spek Resmi 3, sy tertarik sekali untuk membelinya tp membaca ulasan-ulasan sebelumnya jadi ngeri juga membeli ponsel tidak resmi, mohon dibantu bung Herry, sy punya bugdet 2 juta, kira-kira ponsel apa yang bisa dibeli,minimal mendekati spek Resmi 3. Terimakasih.

    1. Pak Arya,

      Kalau mendekati sih tidak ada. Sama dengan kebanyakan ponsel Xiaomi, harga miring, spesifikasi tinggi. Agak jarang ada padanannya di ponsel lain.

      Dengan anggaran Rp 2 juta, saya menyodorkan Hisense Pureshot kepada Anda.

  69. Pak herry
    Saya mau comment jg .
    Kan kemarin lusa saya beli hape xiaomi redmi 3 pro .
    Garansi distributor PT.WII (inkopad)
    36078/SDPPI/2015
    2674 PT.WII
    Saya mau pertanyakan klau barang garansi distributor itu barang replika yah.

    1. Pak Indra Loly,

      Belum tentu replika. Namun, pengendalian kualitas dan uji kompatibilitasnya seringkali kurang oke. Sertifikat SDPPI-nya seringkali juga abal-abal.

  70. Koh Herry mau tanya, kemarin saya baru beli Xiaomi redmi note 2 prime.
    kapasitas internal memory 32Gb.
    Dengan garansi The One.(PT.Triagung Perkasa Jaya)
    No postel 35981/SDPPI/2014/4168

    Pas saya cek MIUI 7.0 stabil
    7.0.5.0 (LHMMICI)

    Apakah itu sudah versi yang sesuai ?

    Terima kasih koh Herry.

    1. Pak Wahyu,

      Maaf, tak tahu. Saya belum pernah mencoba Redmi Note 2 Prime karena belum ada yang bergaransi resmi.

  71. Apakah maksudnya ponsel dengan garansi distributor itu ilegal sama halnya dengan handphone Blackmarket (BM) yang masuk tanpa membayar pajak bea cukai?

  72. Semangat pagi pak herry !
    pak saya mau nanya nie redmi note 1 (3G) garansi resmi apa tersedia pilihan bahasa indonesianya dan xiaomi type apa saya yang memiliki garansi resmi yang ada di indonesia ? terima kasih sebelumnya dan mohon bantuannya !

    1. Pak Muhammad Melbin,

      Terus terang saya tak memperhatikan ada tidaknya pilihan bahasa Indonesia.

      Yang sudah beredar resmi (sebagian di antaranya kini telah diskontinyu):
      1. Redmi 1S
      2. Redmi 2
      3. Redmi 2 Prime
      4. Redmi Note 3G Dual
      5. Mi 4i
      6. Mi Pad
      7. Power bank 5.000, 10.000, 10.400, dan 16.000 mAh
      8. Mi Band
      9. Redmi Note 3 –> mulai 30 Mei 2016.

  73. Salam pak HSW mau tanya apakah kalo untuk masalah iklan yang sering muncul di redmi 2 sya itu krna produk tdk ori, atau krna aplikasi pihak ke 3, saya sudah faktory reset dan tidk lgi instal aplikasi ke 3 , namun setelah 2 minggu iklan selalu muncul lagi.

    1. Pak Apple,

      Redmi 2 Anda bergaransi resmi atau tidak?

      Kalau resmi, kemungkinannya dari aplikasi tambahan yang Anda instalasikan.

      Kalau bukan bergaransi resmi, ada satu faktor lagi yang perlu dicurigai: ponsel itu menggunakan ROM hasil modifikasi yang disusupi macam-macam.

  74. Om Herry,
    Redmi Note 3 Pro udah ada resmi nya ya? Kapan review nih?
    Udah lama nih Xiaomi resmi nggak muncul, krn kebijakan TKDN, akhirnya muncul jg walaupun sepertinya agak memaksa / terpaksa ….
    Kehebohan iPhone-nya China kalah sama kebijakan TKDN

    1. Pak Nanang,

      Sudah resmi sejak 30 Mei lalu.

      Kapan review? Nunggu kiriman datang dulu lalu ditambah 3-4 minggu.

  75. berarti belanja di on line transparan dengan kepalsuan ya.padahal ane baru mulai tertarik dengan cara belanja on line.terutama ane taru kepercayaan belanja pada media belanja resmi yang sudah berani menjamin kepastian transaksi,tapi…ngeri juga ya belum ada media belanja yang bisa menjamin bahwa di bisa masuk dijual atau diiklan kan lewat sensor keaslian,atau dengan bahasa lain .APAPUN BELANJA ANDA KAMI JAMIN ORIGINAL.MAAF DIMEDIA ONLINE INI TIDAK MELAYANI YANG TIDAK ASLI.itu baru bisa mengobati keraguan belanja on line lagi

  76. Wah cilaka, dari awal saya sudah curiga, hrg 1.750.000 tp ada embel2 hrs instal aplikasi, instal aplikasinya hrs nambah ongkos 200rb, aplikasinya sbenarnya semuanya bisa di unduh secara gratis di Play Store. Kalo bli kosongan (tanpa aplikasi tambahan) hrg 2.100.000. Tambah aneh lagi kartu garansi ditahan 2 minggu baru bisa diambil padahal bayar cash 100%.

    Saya pikir garansi distributor sama dengan garansi resmi. Sayangnya baru nemu ulasan bpk setelah jadi beli redmi 3, saya jadi lebih ngerti, teryata parah banget ya ijin postel aja dipalsukan dan tidak ada yg menindak..

    Mudah2-an redmi3 saya awet deh.

    Ohya pak, gimana caranya bedain Rom-distributor dan Rom-resmi, dua2nya ada tulisan stable.

    Dan Gimana cara ngecek masa pakai hp redmi (sudah berapa lama dipakai). Trims Pak infonya.

    1. Pak Yudi,

      Waks… penjualnya aneh banget.

      Salah satu cara aneh, tetapi sering cocok, adalah melihat versi ROM-nya. ROM distributor ekornya seringkali banyak mengandung angka 8 atau 9 kembar. Misalnya, 888.

      Cara lain, ROM distributor biasanya mengandung empat titik. Misalnya, 7.1.1.0.5. Sedangkan ROM stable yang beneran seringkali mengandung tiga titik saja. Contohnya, 7.1.1.0.

      Cara ngecek masa pakai? Hmm… rasanya tak bisa deh.

  77. Saya coba analisa saya yang ngawur ini..

    Dengan kasus Black Market/Selundupan berbalut Garansi Distributor ini ditambah peraturan TKDN yang mengharuskan membangun pabrik Software atau Hardware di Indonesia yang baru diperbarui, otomatis brand sebesar Xiaomi ragu untuk membangun pabrik. Kenapa?

    Jika Xiaomi membangun pabrik di Indonesia, otomatis biaya produksi akan naik karena biaya import lebih murah dibanding membangun pabrik sendiri di Indonesia seperti pernyataan Lee Kang Hyun, Wakil Ketua Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia (AIPTI) : http://inet.detik.com/read/2016/06/15/114158/3233773/317/skema-tkdn-ponsel-4g-tak-lagi-picu-resistensi?i992202105

    Nah, jika kasus seperti ini berlanjut, konsumen yang ga tau bakalan beli yang termurah ga peduli itu BM atau BM berbalut Distri, karena “si resmi” ini pastinya lebih mahal. Kata Xiaomi mungkin begini kira-kira : “Ngapain gua bangun pabrik di mari kalau lu beli produk dari pabrik gua yang di Cina”

    Juss maka terjadilah seperti OnePlus yang hengkang dari Indonesia (Tp yg distri msh lanjut). Haha.. mohon maaf ini ngawur..

  78. Pak Herry,

    Jadi tipe Xiaomi apa yang berteknologi 4G telah bergaransi resmi diIndonesia? apakah aplikasi 4G tersebut bisa optimal digunakan?

    Untuk Saat ini kalo mau beli Hp xiaomi yang bergaransi resmi beli dimana pak Herry ?

    1. Pak Abenk,

      Redmi 2, Redmi 2 Prime, dan Mi 4i. Ya, bisa dipakai optimal.

      Paling mudah sih carilah di Erafone, Oke Shop, atau Global Teleshop.

  79. Pak Herry ,

    apakah hanya Erajaya dan Trikomsel yang masih pemegang garansi resmi Xiaomi ?

    berarti selain 2 nama itu garansi tidak resmi ??

    1. Pak Abenk,

      Sampai Mi 4i dan Redmi 2 Prime, Erajaya dan Trikomsel masih menjadi distributor resmi Xiaomi. Sedangkan untuk Redmi Note 3, yang menjadi distributor sekaligus importir resmi hanya Erajaya.

      Service center ditangani oleh TOM (khusus untuk satu lokasi di Jakarta) dan Unicom (selain satu lokasi yang ditangani TOM).

      Kalau bukan yang saya sebutkan di atas berarti bukan bergaransi resmi.

  80. saya dengar redmi note 3 sudah resmi, apakah bisa dibeli di service center di wtc lantai 4 dengan rom stablenya?
    terimakasih Pak Herry…

    1. Pak Rizal,

      Saya jadi penasaran. Di WTC lantai 4 apakah ada pusat perbaikan resmi Xiaomi?

      Ya, Redmi Note 3 bergaransi resmi sudah muncul. Barang baru didistribusikan dari Jakarta ke berbagai kota mulai kemarin sore. Jadi, perkiraan saya, Jumat minggu ini atau Senin minggu depan baru bisa ditemukan di Surabaya.

  81. mau tanya apakah xiaomi redmi note 3 pro sudah ada yg garansi TAM ? bisa dibeli dimana? katanya di lazada ada tp kok saya cari gaada?

    1. Bu Sheyla,

      Benar. Redmi Note 3 dengan prosesor Snapdragon (sering disebut sebagai Redmi Note 3 Pro) sudah ada yang bergaransi resmi. Barang itu didistribusikan oleh TAM/Erajaya. Garansinya sih bukan garansi TAM. Lha wong TAM sudah tidak lagi dipercaya sebagai pengelola pusat perbaikan resmi Xiaomi.

      Paling mudah sih silakan mencarinya di Erafone. Kalau Anda berada di Jakarta, hari ini Anda sudah boleh mulai mencarinya. Kalau Anda berada di luar Jakarta, sebaiknya baru mulai mencari dua hari lagi. Lebih amannya sih Senin minggu depan.

  82. saya juga pernah membeli ponsel dengan nomor sertifikasi 36078. namun bedanya ponsel yang saya beli adalah redmi 2 prime.

    1. Pak Derma,

      Masih lama. Setelah Lebaran. Yang saya usahakan selesai sebelum Lebaran adalah review G5 SE.

  83. pagi pak ~
    saya sudah browsing sana sini mengenai produk xiaomi ini . dan saya pernah melihat disalah satu web yang mengatakan jika imei dari hp itu sama dengan yang ada di dus nya (kalo gasalah disuruh gosok dulu ato gimana lupa) hehe , itu berarti produknya ori ? bagaimana pendapat bpk ?? thx

    1. Pak Sdr Sigit,

      Itu bukan jaminan. Stiker sih mudah dibuat. Barang palsu pun dengan mudah bisa dibuat nomor IMEI-nya sama kok.

  84. Nomor sertifikat yang tercantum 35981/SDPPI/2014.

    Hanya dengan melihat angka tahunnya dapat dipastikan bila nomor sertifikat itu bukan milik Redmi 3. Sebab, pada 2014 Redmi 3 belum lahir dari β€œrahim” Xiaomi. Setelah dimasukkan ke situs SDPPI, sertifikat itu ternyata diajukan oleh PT Triagung Perkasa Jaya untuk ponsel MI – 2013029 alias Xiaomi Redmi 1S

    Berarti hp tersebut tidak bergaransi yah?? lalu saya harus bagaimana?

  85. Selamat Malam Pak.
    Maaf OOT.
    Saya mau tanya seberapa besar perbedaan harga sebuah handphone garansi resmi antara di Jakarta dengan daerah lain di luar Jawa?
    Apakah signifikan?
    Dengan catatan dibeli di gerai yang memiliki nama yang sama (mis. antara erafone Jakarta dengan erafone Medan)
    Terimakasih

    1. Pak Franklyn Samuel Sitorus,

      Kalau sama-sama di Erafone sih harganya sama, Pak. Harga yang ditetapkan biasanya berlaku nasional.

  86. koh herry ane suka banget ulasan anda, tapi kemarin tepatnya 1bulan yg lalu saya sudah terlanjur beli redmi note 2 dengan distributor diatas. dan sekarang ada kendala bahwa HP saya touch ghost ( layar bergeser dan tekan dengan sendirinya ). mohon bantuan saranya ?

    terima kasih
    ari f

  87. pak herry, apakah pernah ditemukan xiaomi versi KW seperti yg sebelumnya sering ditemui pada merk lain?

    1. Bu Nisrina,

      Pernah, baik terhadap unit yang sama sekali tanpa garansi maupun unit yang bergaransi tidak resmi (alias garansi distributor).

  88. pak heri sya jga kena tipu dari pt WII ini,,sdah 1 blan handphone d krim k servis center d jakarta tpi sampai sekarang tidk dikembalikan no telp yang tercantum d kartu garansi d telp tidak pernah diangkat ankat memang penipu WII ini,,

  89. Pak Herry , ada yg menawarkan xiaomi redmi note 3 snapdragon 16GB , ( harga memang lebih murah 300rb) dg menambahkan garansi resmi TAM 1tahun . Apakah ini benar-2 resmi atau memanfaatkan nama TAM ?
    Trims.

  90. Met Sore Pak Herry
    Saya ingin menggunakan Redmi Note 3 Pro
    1. Distributor resminya apa ?
    2. Jika saya membeli Merk Oppo/Assus, Oppo/ Assus type apa yang selevel.
    Terimakasih atas bantuannya

    1. Pak Bambang SA,

      Ponsel yang oleh pedagang lazim disebut Redmi Note 3 Pro itu nama resminya hanya Redmi Note 3.

      1. Erajaya.

      2. Wah, jangan membeli ponsel merek Oppo deh. Kalau merek Assus, saya belum pernah pakai ponsel itu. Di Indonesia apakah ada yang jual?

  91. Saya mau update from xiaomi note 2, karena banyak sekali pop up. Yg keluar meski tidak lagi browsing, saya sudah mencoba download. Dan update ROM. Tapi gagal terus kira” ada yg bisa tujukan step nya. Mungkin saya ada yg terlewati. Thanks om hws

  92. Pak Herry , maksud saya, ada yg menjual xiaomi redmi note3 dg sticker TAM pada dus yg belum di buka . Pertanyaan : apakah ini garansi resmi atau distributor ? apalagi harga yg di bandrol sama dengan Erafone , malahan kadang-2 lebih mahal 100rb.

    1. Pak Flohmark,

      Redmi Note 3 dengan stiker TAM? Itu sih pasti nggak benar. Sebab, Redmi Note 3 belum beredar resmi di sini. Jadi, unit yang dijual pasti tanpa garansi resmi.

      Boleh tahu Anda menemukan penjualnya di mana? Saya penasaran.

  93. xiaomi garansi distributor semuanya barang palsu/ fake/kw karena xiaomi gak jual secara offline, termasuk yang dari import TAM itu juga gak jelas, soalnya di china sendiri gak ada satu tokopun yang jual xiaomi asli secara offline semua dijual secara online kalo mau dapat yang asli

    1. Pak Imel,

      He… he… Anda selesai mencari wangsit di mana nih? Paparan Anda di atas tidak akurat lho.

  94. Pak Herry, xiaomi redmi 1s saya garansi resmi, untuk miui nya sekarang dah update sampai versi 7, apakah klo saya factory reset update miui akan hilang dan kembali ke versi pertama saat hp masih baru (miui versi 5 klo gak salah). Matur nuwun.

  95. om Herry… ada hp nya om 4g yg dijual ga??? yg masih bagus & speknya lumayan hehehe..
    tadi ada yang jual redmi 2 prime 1.5 jutaan.. tapi ternyata garansinya distributor, saya jadi ragu ga jadi beli..
    kalo hp 4g yang kisarannya 1 jutaan yang RAMnya 2 gb dan kameranya bagus sarannya apa om??

    1. Bu Aina,

      He… he… tak ada.

      Iya, jangan beli yang tanpa garansi resmi.

      Boleh tahu dulu kisaran Rp 1 jutaan itu maksimal berapa? Sebab, Rp 1,999 juta pun masih termasuk Rp 1 jutaan.

  96. Sore, Pak Herry SW..
    Salam kenal ya,
    Tadi awalnya lg baca-baca tentang Powerbank zenpower yg Bapak review, jd merembet ke xiaomi hihihi.. Dan spertinya bpak tahu betul ttg xiaomi. Nggak tau kenapa pak, saya suka Xiaomi. Nah, hp sya skrg pgn saya jual dan ganti Xiaomi.. tp msh menimbang-nimbang, lebih baik Xiaomi Redmi 3, Xiaomi Redmi 3, atau Xiaomi Mi4c ya pak kalau dilihat dr segi kekurangannya yg paling sedikit mana ya pak? ??? Trimakasih, pak Herry ?

    1. Bu R. Amelia N.A.,

      Salam kenal juga.

      Redmi 3-nya Anda tulis dua kali tuh. πŸ™‚ Saya belum pernah menguji pakai ponsel itu. Alasannya sederhana, belum ada Redmi 3 bergaransi resmi.

      Alasan yang sama berlaku untuk Mi 4c.

  97. Hihihi maaf pak.. Maksudnya, Xiaomi Redmi 3, Redmi Note 3, dan Xiaomi Mi 4C ??
    Brrti alasan yg sama jg untuk Xiaomi Redmi Note 3 yaa, Pak? Baiklah.. nungguin reviewnya Pak HSW dulu deh ya, hihihi.. *Ngarep

    1. Bu R Amelia NA,

      Untuk Redmi Note 3, ponselnya sedang dalam masa uji pakai nih. Kan sudah ada Redmi Note 3 bergaransi resmi.

  98. Hallo P. HSW, agak sedikit melenceng dari topik nih, habis saya cari2 email bpk ga nemu, jadinya curhat disini nih.

    Gni nh saya kan beli tab advan vandroid i7 dari Laz*** nah hasil jepretan kamera tab tersebut agaak buram dan kemerahan apakah itu normal ya?, saya cari kontak advan juga ga nemu pak. Mohon inpohnya, terima kasi..

    1. Pak Yudi,

      Langkah Anda sudah tepat. Saya memang tidak melayani konsultasi ponsel via email. Hanya tersedia dua jalur: lewat blog ini dan Twitter @herrysw.

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba tablet tersebut. Perasaan gawai Advan itu kalau jelek justru terasa normal deh. Kalau bagus, nah… itu baru abnormal. πŸ™‚

  99. pak saya mau nanya kalau harga sekitar 5-6 jutaan apa rekomendasi dari bapak. saya maunya ram 4gb dan rom 64gb/ lebih. terima kasih pak.

  100. Mau tanya pak herry
    Apakah Xiomi not 3 pro ram 2/16 4g garansi tam.
    Apakah bener garansj tam nya itu pak….

    1. Pak Walgianto,

      Setahu saya, TAM tidak pernah menjual ponsel merek Xiomi, termasuk tipe yang Anda sebut sebagai Xiomi Not 3 Pro.

  101. Pagi koh herry.
    kalo regulasi xiaomi bukan resmi alias distro tapi imei original (xiaomi asli) apa rom custom distronya bisa di ganti yg asli?
    Dan miui nya bisa mengikuti update kedepan setelah ganti rom stable?
    Terimakasih.

    1. Pak Dell,

      Bisa, asalkan Anda punya file mentahannya dan memiliki kemampuan teknis yang memadai. Usai diganti dengan ROM asli, ponsel bisa menjalani update rutin secara over the air (OTA).

  102. Malam pak. Pak klo boleh kasih 1 alasan paling besar yang tidak ada solusinya dari beli ponsel dengan garansi distributor (saya baca di forum sebelah klo soal rom gitu bisa flash sendiri). Saya tergiur dengan harganya pak, dengan budget saya (2,5 jt) bisa dapat note pro 3 3/32 garansi distributor, yang kalo garansi resmi cuman dpt yg 2/16. Atau mending beli mi41 garansi resmi aja ya pak? mohon sarannya

    1. Pak Ramadhan Kadar,

      Dapat barang palsu atau barang bekas yang disulap jadi baru.

      Mi 4i untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik.

  103. dengan budget segini (max 2,8) hp yang bapa sarankan apa?
    saya tidak muluk2, yg penting 4g, batre awet sama ram minimal 2gb
    makasih pak sebelumnya

  104. Pak Herry, saya ingin beli ponsel xiaomi redmi note 3 pro, dari kemarin googling d erafone adanya redmi note 3. lalu saya lihat spek nya sama dgn milik ReNo 3 pro. itu bgaimana pak apakh sama, dan apa benar kalau beli distributor, bahasanya tidak ada yang indonesia? teman saya nawarin harga 2 jt untuk ReNo 3 Pro yg dia jual garansi distri, katanya hanya beda di charger sj. thnks b4

    1. Bu Novi,

      Nama baku dari Xiaomi sebenarnya Redmi Note 3. Karena ponsel itu tersedia dalam dua varian chipset, di pasaran kemudian muncul dua istilah.
      * Redmi Note 3 untuk ponsel dengan chipset MediaTek
      * Redmi Note 3 Pro untuk ponsel dengan chipset Qualcomm Snapdragon

      Redmi Note 3 yang beredar resmi di sini hanya versi Qualcomm Snapdragon atau lazim disebut sebagai Redmi Note 3 Pro oleh pedagang. Kalau Anda membeli di Erafone, itu pasti unit bergaransi resmi dan sebenarnya sama dengan yang sering disebut sebagai Redmi Note 3 Pro.

      Wah… jangan beli garansi distri. Ngeri.

  105. selamat malam pak,

    untuk smartphone budget max 2 juta, itu yang bagus apa ya?

    saya lagi cari smartphone baru karena yang lama rusak, tadinya kepikiran untuk beli xiaomi mi4c garansi distributor, namun setelah obok obok gugel nemu situs ini
    dan sekarang jadi mikir lagi mau beli apa hehe

    1. Pak/Bu Fitra Qurota,

      Silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser.

      Jangan beli Mi 4c tanpa garansi resmi. Selain layanan purna jual tidak jelas, belakangan ini banyak beredar Mi 4c rekondisi. Barang bekas disulap jadi baru.

  106. pak kebetulan sy membeli hp garansi distro ini. terjebak wakakak. mau dijual lg sayang udah beli case sama tempered glassnya. yang mau saya tanyakan saya baca diatas sudah di flash dari rom distributor ke rom stable oleh bapak. gmn caranya ya? apakah ada linknya? makasi sblmnya pal.
    btw sy beli redmi 3s bergaransi sakti diatas sama seperti bapak

  107. makasi infonya pak Henry, ada 1 lagi yang mau saya tanyakan , dari awal beli begitu handphone di nyalakan muncul notif ” your device has failed verification and may not work properly”
    pres volume for other menu
    wait 5s for boot
    nila dibiarkan boot ke dalam handphonenya biasa saja berfungsi normal rasanya hahaha

    apakah ponsel yang bapak beli juga seperti itu? apakah itu tandanya saat ini terinstal room abal2 yang support bahasa indonesia dan yang playstorenya?

    atau handphonenya eror dan saya harus minta replace sama penjualnya?

    makasi sblmnya pak Henry

  108. Sebenarnya beli garansi distributor gk salah..cuma yg terpenting rom nya di ubah ke yg rom aslinya aja..produk jamin ” baru ” apalagi untuk tipe yg releasenya baru2 ..so..hrg murah gpp asalkan belinya ditoko yg langganan atau terpercaya…itu menurut saya..karena saya pake xiaomi dari dulu grsi distributor OK2 aja…hehehh

    1. Pak Edysonray,

      Masalahnya, tak semua pengguna memiliki kemampuan ganti ROM, Pak. Hal lain yang patut diwaspadai adalah:
      * Kemungkinan dapat barang bekas disulap baru.
      * Kemungkinan dapat barang baru, tetapi replika.
      * Kemungkinan dapat aksesori tidak orisinal.
      * Kemungkinan memperoleh layanan purna jual yang tidak jelas.

      Salah satu kunci untuk meminimalkan hal-hal di atas telah Anda sebutkan. Saya setuju. Yaitu, belilah di toko langganan atau yang tepercaya.

    1. Pak Aries,

      Seharusnya tak boleh ada tampilan seperti itu. Mungkin ROM yang disuntikkan ke ponsel Anda ROM abal-abal yang tidak optimal. Coba kembalikan kepada penjual atau minimal minta mereka memperbaiki software-nya.

  109. Brarti,xiomi redmi 3 yg distributor adalah xiomi redmi 2 taw xiomi redmi lain nya yg tlh bredar d indonesia.
    Bukn bgitu pak??
    Brarti anjuran nya,jangn ambil ponsel yhg garansi distrubutor..

  110. Pak herry saya ada pertanyaan?

    1. Apakah REDMI 3 diatas ponselnya ASLI namun ada permainan untuk merubah identitasnya oleh importir (dan orang dalam bea cukai atau dari SDPPI) agar bisa cepat masuk pasar indonesia?

    2. Ponsel REDMI 3 diatas apa sudah dicoba cek keasliannya di jd.mi.com ? kalau sudah apa hasilnya pak?

    Terimakasih

    1. Pak Saki,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      1. Ya.

      2. Tidak. Sejak awal memang nggak berminat coba kok.

      1. ohh berarti asli ya pak.

        kalo boleh, coba dong pa di cek keasliannya ke website jd.mi.com πŸ™‚ saya pengen mastiin aja.

        1. Pak Saki,

          Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

          Lha gimana bisa ngecek. Saya sudah lama berpisah dengan ponselnya kok.

  111. Selamat siang pak…
    Pak saya mau tanya dmna saya bisa beli hp xiaomi redmi note 3 pro yg garansi wii, tetapi yg bisa belinya online sl nya dekat kabupaten bangka ngk ada jualnya. mohon bantuannya pak….

  112. Sekedar pengalaman, saya br beli redmi note 3 pro kemarin, ponsel pertama (dist. Br*nd n*w) yg dibuka oleh pegawai toko ternyata tdk dpt membaca sim card saya, maupun pemilik toko. Saya mulai dag dig dug.
    Kemudian lanjut k ponsel xiaomi kedua (dist. Pl*tinum) ternyata dpt berjalan lancar, dan mampu menangkap sinyal 4g dg baik. Tp saat melihat buku panduan, ternyata malah berisi panduan xiaomi note 1. Tp so far tdk ada kendala, batre awet, dan performa lebih tangguh dr ponsel saya sebelumnya.
    Saran saya, klo ingin membeli xiaomi garansi dist., pahami dulu resikonya. Sprti, garansinya, klo anda lebih mendewakan garansi, lebih baik cari yg resmi, krn saat saya beli hape ini, saya anggap sdh tak bergaransi. Pasrah aja.
    Kedua hrs tahu rom yg dipakai, sperti yg saya pakai saat ini 7.3.2.0 yg psti 4g nya
    Ketiga, tergantung nasib anda.
    Menurut saya, xiaomi adalah smartphone yg bagus, handal n bandel, skrang tinggal bagaimna pelayanan distibutor yg bersangkutan
    Terima kasih atas ruang sharingnya pak herry, klo ada kesalahan harap maklum, masih newbie, hhehe

  113. boleh tanya ga? kalo xiaomi redme 2 ga bisa baca simcard setelah reboot itu yang error mesinnya atau software nya? (maaf aga’ menyimpang)

    1. Bu Anita,

      Tidak boleh. He… he… saya bercanda.

      Mungkin yang Anda maksud Redmi 2 ya, bukan Redme 2. Sebelum reboot, hal apakah yang Anda lakukan? Kartu di kedua selot sama-sama tidak bisa dibaca atau hanya salah satu?

  114. hehe…jarinya kebesaran….jd salah pijit….hehehe..
    sebelum reboot hpnya baik2 saja…kedua simcard bisa terbaca…..permintaan reboot selalu muncul awalnya dicuekin..cuma karena terlalu sering dan mengganggu sekali maka saya coba pijit OK…eehhhh..taunya malah simcard jd ngga kebaca dua2nya…pas dibawa ke SC katanya hpnya garansi distributor WII jd ga bisa di SC resmi dan itu si WII susah sekali dihubungi…
    btw sekalian tanya info kalo WII ada ga di daerah Bandung?

    1. Bu Anita,

      Lah… ternyata ponsel tanpa garansi resmi tho. Ya begitulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi. Makanya saya rutin melarang pembaca blog ini untuk membeli ponsel tanpa garansi resmi.

      Saya tak mengetahui alamat WII di Bandung. Apakah di kardus tidak disertakan kartu garansi dan daftar alamat?

      1. sebetulnya dapet hadiah sih..dari undian salah satu perusahaan ternama….dan di kardus ada kartu garansi dr WII…yang sangaaaaaatttt…sulit sekali dihubungi…(punya dosa kali ya)….kalo ke SC resmi katanya bisa tp bayar..kataku ya..ga pa2 lah…kalo cuma software yg rusak..phi kalo mesin yang rusak mesti ganti mesin harganya 1.3….kataku yaa..mending beli baru lah….phi jangan merek yang sama….ntar bisa2..ketiban yang sama juga…

        1. Bu Anita,

          Kalau WII mudah dihubungi, itu tergolong keajaiban. πŸ™‚

          Pusat perbaikan resmi Xiaomi tidak bersedia melayani ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi, walaupun konsumen mau membayar.

  115. Maaf pak,
    Kalau boleh minta pendapat bapak, memilih smartphone brand XIAOMI untuk jangka panjang apa tindakan tepat ?

  116. Pak mau nanya xiaomi redmi note 3 pro kira2 untuk jangka panjang itu recomended apa tidak
    Dan garansi ditributornya bl*ss

  117. Pak ini hp saya kan redmi 3 yaa, tapi kok gaada pengaturan buat ngrubah 4G nyaa ? cuma ada prioritas 3G sama 2G saja ?

  118. caranya mudah…..*#06#….keluar imenya …..samakan dengan ime di hp sama dikardus….klo beda berarti tah siapa yg buat…slesai

  119. Terlanjur beli redmi 3 garansi distributor alhasil mengecewakan lcd nya cacat padahal baru 1 minggu di tangan. Mau klaim takut gk di respon dan saya gulingkan meja CS nya.

    1. Pak Riyan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      He… he… itulah salah satu risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi.

  120. 35838/SDPPI/2014

    Itu yang tertera di dus xiaomi redmi note 2 saya..
    Bgmn menurut bpk?

    Dimna sy bs mengecek nya?

  121. Terimakasih Pak Herry, awalnya saya mau beli xiaomi mi 4s jadi batal setelah lihat website ini.
    Kalau boleh saya tanya dengan budget 3 juta, smartphone merek apa yang bisa VR ?
    Terimakasih pak.

  122. Pak minggu besok saya mau beli hp, tp ragu antara xiaomi note 3 dan oppo a37.
    Baiknya gimana ya pak? Yang kiranya gak gampang rusak (internal)nya.

    1. Bu Tasya,

      Xiaomi Note 3? Tak ada ponsel bernama itu deh.

      Oppo sih langsung coret saja. Apalagi, dengan memperhatikan kriteria Anda.

  123. Pak mw tanya nie, apa semua xiomi meragukan ya?
    Saya baru beli xiomi resmi 3 garansi bcell, td siang setelah d buat foto tiba” mati dan sampai sekarang ngga mw menyalah lagi,kira” knp ya?

    1. Pak Ryan,

      Xiomi? Mungkin yang Anda maksud Xiaomi ya. Asalkan bergaransi resmi sih biasanya baik-baik saja.

      Oh, Anda membeli barang bergaransi Bcell. Itu bukan garansi resmi. Coba saja klaimkan ke pusat perbaikan yang tertera di kartu garansi.

  124. Kapok beli produk distributor abal – abal

    saya beli xiaomi redmi note 3 pro di toko hp JVC season city. si penjual nawarin dengan iming2 harga lebih mahal dikit daripada beli online, karena kalo rusak lebih enak dan gampang, tinggal bawa ketoko.
    setelah 29 hari, hp tiba2 mati saat dipakai.
    si penjual bilang barang akan di bawak ke distributor Wisma inkopad indonesia alias Wii, dua minggu awal mereka bilang cuma masalah software, 4 minggu kemudian mereka bilang ganti mesin, sekarang sudah hampir 2 bulan hp saya masih belum beres2 juga. saya kapok beli hp di counter jvc season city dan barang garansi wii.

  125. Pa Herry mau tanya nih. Rencana sih mau beli xiaomi redmi 2 di mi.com, klo beli di situ dijamin bergaransi resmi gak ya pa?

  126. Pak herry, hp apa yg speknya sama kaya xiaomi mi4c cuz sy binggung ama beli hp apa sedangkan naksir xiaomi mi4c cuma blm beredar yg bergaransi resmi? Mohon sarannya, makasih

  127. Just FYI pak, hape tipe ini dari distributor nakal skrg beredar juauh lebih murah lagi, berkisar antara 1jt-1.2jt. Bahkan permintaannya makin banyak. Ya miris sih, tp mau gimana lg, menurut saya permintaan makin bnyk krn blm ada tipe hp yg speknya “perfect”, maksud saya “perfect” adlah tipe hp yg dijual di Indonesia skrg speknya selalu saja ada minus nya, ntah capacity baterai kecil, 4G cuma FDD doang, ram cm 1 giga bahkan kurang, kec proci dibawah 1ghz, maupun layar kegedean segede talenan(5.5-6.1″)

  128. Hallo pak
    Saya mau cerita nih
    Kan september kemarin saya beli xiaomi redmi 3s. Sejak pembelian sudah ada 9apps dan aplikasi dark horse. Waktu itu hpnya belum saya beri kartu perdana yg ada kuotanya.
    Nah pas saya kasih kartu perdana yg ada kuotanya dan saya pasangin apps kayak bbm, wa, line . Kok hpnya muncul iklan”.
    Dan iklannya banyak bgt. Itu di home. Setiap tersambung internet pasti di main menu ada iklannya. Iklan kayak nyuruh buat download app (app bukan dari playstore)
    saya itu belinya di mack**do j*ya. Nah terus desember sayaa datengin konternya. Tapi jawaban penjualnya tidak memuaskan. Bahkan bilang kl itu karena penggunaan pemiliknya yg tdk berhati hati, bilang kalau itu pasti ada salah pencet pas ada iklan di bbm. Padahal tidak.
    Dan katanya xiaomi saya harus balik ke gudang.
    Kalau balik ke gudang harus nunggu lama tidak ya? Terus apa semua xiaomi ringkih seperti itu?

    1. Bu Anisand,

      Saya menduga keras Redmi 3S yang Anda beli tanpa garansi resmi. Ya itulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi. Seandainya Anda membeli yang bergaransi resmi, problem aneh-aneh seperti itu biasanya takkan muncul.

      Btw, saya tidak bisa menebak nama penjual yang Anda tuliskan dengan tanda *.

      Balik ke gudang? Itu sih jurus penjual untuk mengelak. Jangka waktunya tak bisa dipastikan.

  129. Halo Ko HSW. Pacar baru beli Redmi Note 4x. Jelas garansi distributor. Nah, pas ditanya ROMnya apa dia bilang MiUI 8,1,15,0 Stable. Saya yakin kalau itu versi global. Tapi anehnya, apakah dari MIUI versi tersebut ada aplikasi bawaan ‘ngga penting’ seperti Xender, bahkan Bigo Live?

    1. Pak Troy,

      Dugaan saya sih itu ROM abal-abal. Mengacu kepada kebiasaan Xiaomi, nggak ada Bigo Live segala deh.

  130. Permisi pak Herry

    Kebetulan saya ada rncana baru akan membeli XIAOMI REDMI NOTE 2 melalui salah satu Toko yg ada d Tokopedia.
    Kebetulan hrganya cukup Murah hnya Rp.1.179.000,- namun Garansinya msh Garansi Distributor selain itu menurut si Penjual dgn terangΒ²an mngatakan klo barang tersebut adalah HP REFURBISH. Tpi sudah ada Playstore dan Bahasa Indonesia.
    Yg ingin saya tanyakan sama pak Herry adalah kalo nanti saya tetap akan membeli hp trsebut apakah aman gak ya utk saya pakai bermain Game HD dan Internetan ( Facebook, Browsing dll ????
    Terima Kasih sdh mau menjawab ….

    Salam

    1. Pak Cimberly,

      Redmi Note 2 memang tak pernah beredar resmi di sini.

      Hmm… jangankan untuk main game dan internetan, sekadar untuk telepon dan foto-foto pun belum tentu aman kok. Mending jangan dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *