Inilah Aplikasi Lokal Terlaris di Windows Phone

Pernah memakai celana jin Lea, handuk Terry Palmer, sepatu Buccheri, atau tas Sophie Martin? Pernah menikmati ayam yakiniku di gerai Hoka Hoka Bento, donat J.CO, atau secangkir kopi di Excelso? Kalau Anda menyangka merek-merek tersebut berasal dari luar negeri, berarti Anda telah salah besar.

Ya, salah besar! Sebab, seluruh merek itu sebenarnya berasal dari Indonesia. Ternyata bagus atau enak, bukan? Kreasi anak bangsa memang tidak kalah kok. Kalau Anda memakai ponsel Windows Phone, di Store-nya juga ada aplikasi buatan pengembang lokal yang berhasil mendunia lho. Inilah tiga aplikasi terlaris asal Indonesia. Buat mayoritas pengguna di sini, informasi tambahan berikut sangat penting: semua bisa dinikmati gratis.

Momento-1

Momento. Bila Anda melakukan pencarian dengan kata kunci Momento, bakal muncul tiga aplikasi berjudul sama. Pilihlah yang buatan Madina Technologies. Ikon aplikasinya berupa lensa kamera.

Berbekal aplikasi Momento, pengguna dapat menyunting foto supaya terlihat lebih cantik. Pengguna leluasa menambahkan keterangan, bingkai, dan stiker. Lokasi dan waktu kejadian pun bisa disertakan secara otomatis. Momento juga menawarkan aneka efek foto yang bebas dipilih pengguna. Hasil akhir utak-atik boleh sebatas disimpan, boleh pula langsung diunggah ke media sosial.

Momento-2

Kalau dicermati, pengembang aplikasi ini cukup rutin mengeluarkan update. Misalnya, belum lama ini mereka menambahkan pernak-pernik yang berhubungan dengan Hari Batik. Bila ingin berkenalan dengan pembuat Momento, silakan berjalan-jalan ke Cibubur, Bekasi.

Galactic Rush-1

Galactic Rush-2

Galactic Rush. Nama pengembangnya Simpleton. Seolah dari luar negeri ya? Padahal, aslinya buatan kera Ngalam alias orang Malang. Cara bermainnya sangat sederhana. Pemain diminta terus berlari seraya melewati berbagai rintangan. Ambillah benda-benda yang bisa memberikan kekuatan tambahan.

Bendera Indonesia berkibar di permainan ini. Oh ya? Iya. Serius nih. Kalau tak percaya, silakan segera unduh, instalasikan, dan jalankan. Lewat akun Twitter @herrysw, sebutkan di bagian mana bendera merah putih itu berkibar. Jangan lupa cantumkan tagar #Ponselmu. Orang pertama yang menjawab dengan tepat berhak mendapatkan kiriman pulsa Rp 25.000.

Save The Hamsters-1

Save The Hamsters. Bila Anda memiliki persepsi bahwa Madura terbelakang dan tidak canggih, mulai sekarang buanglah jauh-jauh anggapan itu. Kalau Madura terbelakang, mana mungkin tim Solite Studio dari Universitas Trunojoyo Madura berhasil membuat aplikasi ini.

Hal yang paling membanggakan, berbekal Save The Hamster, Solite Studio sukses merengkuh predikat sebagai runner up Imagine Cup 2013 Worldwide Finals yang diadakan di Russia. Kompetisi itu berkelas dunia. Pesertanya berasal dari 71 negara. Hebat!

Skenario cerita Save The Hamster jauh dari kata rumit. Empat ekor hamster tersesat. Pemain ditugaskan membantu mereka pulang ke rumah atau lebih tepatnya masuk ke lubang yang tersedia. Para hamster itu tak boleh asal masuk lubang. Di tubuh setiap hamster tertera angka. Setiap hamster harus dimasukkan ke lubang yang tepat sehingga operasi matematika yang tersaji di layar menjadi benar.

Save The Hamsters-2

Contohnya, ada hamster dengan angka 3, 4, dan 12. Di bagian bawah layar ada tanda x alias perkalian. Tugas pemain adalah memasukkan seluruh hamster tersebut sehingga tampilan akhirnya menjadi 3 x 4 = 12 atau 4 x 3 = 12. Semakin tinggi level, semakin sulit rintangan yang harus dihadapi pemain. Bukan sekadar balok kayu, melainkan gerigi besi yang siap membunuh hamster.

Buat penggemar Angry Birds, Cut The Rope, Where’s My Water, dan Amazing Alex, ayo sekarang mencoba Save The Hamster. Amat mungkin Anda bakal ketagihan. Bila versi gratis sudah berhasil dituntaskan, tak ada salahnya membeli versi penuhnya (full version). Harganya murah, Rp 10.000 saja. Hitung-hitung mendukung pengembang lokal.

5 thoughts to “Inilah Aplikasi Lokal Terlaris di Windows Phone”

  1. Wah cukup keren sekali aplikasi buatan lokal ini pak. sudah diunduh oleh pengguna windows phone diseluruh dunia. kira-kira ada enggak pengembang lokal yang membuat screen reader untuk windows phone ya? karena banyak para disabilitas netra ingin menggunakan ponsel pintar dengan OS windows phone ini.

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      Maaf, saya tidak mengetahui apakah sudah ada aplikasi semacam screen reader untuk Windows Phone.

  2. Saya pengguna Lumia 520 dan sudah nyoba Momento dan game Save the Hamsters, keren… Developer lokal sebenarnya tak kalah dengan developer luar, tapi kok jarang ya yang bisa sukses seperti Rovio misalnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *