Inilah Ciri Power Bank Xiaomi Asli

Meskipun ragam power bank di pasaran sangat banyak, di mata penulis, power bank Xiaomi 10400 memiliki kelebihan tersendiri. Tampilan fisiknya cantik, dimensi fisiknya juga tidak terlalu besar. Kapasitas baterainya yang 10.400 mAh sangat memadai untuk aktivitas sehari-hari. Dalam pantauan penulis, Xiaomi 10400 menjadi satu-satunya power bank yang memiliki aksesori tambahan. Yaitu, silicon case berwarna-warni yang dijual terpisah.

Berminat membeli Xiaomi 10400? Silakan. Produk itu memang bagus, berharga jual rasional, dan layak beli. Namun, hati-hati! Saat ini Xiaomi 10400 adalah power bank yang paling sering dipalsukan. Belajar dari pengalaman membeli dua Xiaomi 10400 palsu dan tiga Xiaomi 10400 asli, ditambah informasi tambahan dari aneka sumber, penulis memiliki tip sederhana untuk mengenali keaslian Xiaomi 10400. Tip ini dapat diterapkan meskipun Anda belum pernah melihat Xiaomi 10400 asli dan palsu.

Xiaomi 10400-1

Selubung kemasan sulit disobek. Xiaomi 10400 memiliki dua macam kemasan. Pertama, plastik keras transparan atau akrilik. Power bank dan kabel charger dimasukkan ke kotak akrilik itu, lalu diselubungi kertas berwarna putih. Kedua, kemasan kardus.

Xiaomi 10400 palsu biasanya menggunakan kemasan akrilik. Jadi, berikan kewaspadaan ekstra saat menghadapi Xiaomi 10400 dengan kemasan seperti itu. Ada cara mudah untuk meminimalkan kemungkinan tertipu. Cobalah menyobek kertas yang menyelubungi kotak akrilik. Biarpun tipis, selubung Xiaomi 10400 asli sulit disobek. Sedangkan selubung Xiaomi 10400 palsu sangat mudah disobek. Semudah Anda menyobek karcis parkir.

Konektor berwarna putih beras. Di bodi Xiaomi 10400 terdapat satu konektor micro USB dan satu port USB. Perhatikan bagian dalamnya. Konektor di dalam dua colokan itu seharusnya berwarna putih seperti beras. Kalau konektor di bagian dalam tersebut berwarna putih bersih, apalagi hitam, hmm… bukan power bank orisinal Xiaomi tuh.

Kabel charger tanpa logo Mi. Paket penjualan Xiaomi 10400 termasuk satu buah kabel charger. Kepala kabel itu berwarna putih polos dan tanpa logo Mi. Konektor di bagian dalam colokan USB berwarna hitam. Penampakan fisik kabel charger palsu berbeda. Kabel itu biasanya dilengkapi logo Mi dan bagian dalamnya berwarna putih.

Langsung mulai charging. Saat dihubungkan dengan ponsel, Xiaomi 10400 asli akan langsung memulai proses charging. Pengguna tak perlu menekan tombol power. Di Xiaomi 10400 palsu, tombol power biasanya harus ditekan dulu.

Dua kabel ditancapkan, lampu LED tetap padam. Salah satu ujung kabel charger yang disertakan dalam paket penjualan Xiaomi 10400 berwujud konektor micro USB. Satu ujung lainnya berupa konektor USB. Tancapkan semuanya ke dua konektor yang terdapat di bodi power bank.

Perhatikan respons Xiaomi 10400 yang ada di hadapan Anda. Kalau empat lampu LED di bodi power bank tetap padam, selamat, Anda mendapatkan Xiaomi 10400 orisinal. Sebaliknya, bila lampu LED di bodi power bank menyala, tampaknya Anda sedang kurang beruntung.

Itulah aneka langkah yang dapat Anda lakukan untuk menguji keaslian power bank Xiaomi 10400. Kalau masih penasaran, silakan membongkar power bank itu. Jeroannya pasti sangat berbeda. Xiaomi 10400 menggunakan sel baterai bermerek LG atau Samsung. Rangkaian komponennya cukup banyak. Sementara itu, Xiaomi 10400 palsu biasanya memakai sel baterai tanpa merek dengan rangkaian komponen ala kadarnya.

Catatan: tip ini tidak berlaku untuk Xiaomi 10400 dengan bodi berwarna abu-abu tua.

***

Agar memperoleh gambaran lebih jelas, silakan memperhatikan beberapa foto berikut ini.

Xiaomi 10400 dengan kemasan akrilik saat selubungnya masih terpasang.

Xiaomi 10400-2

Penampakan setelah selubung dibuka.

Xiaomi 10400-3

Xiaomi 10400 dengan kemasan kardus.

Xiaomi 10400-4

Isi paket penjualan Xiaomi 10400 sangat minimalis. Hanya power bank dan kabel micro USB.

Xiaomi 10400-5

Tersedia silicon case dalam berbagai warna yang dijual terpisah. Seperti ini wujud Xiaomi 10400 setelah dipadukan dengan silicon case berwarna biru.

Xiaomi 10400-6

Perhatikan warna konektor di dalam bodi ini. Konektor di Xiaomi 10400 orisinal berwarna putih beras.

Xiaomi 10400-7

Xiaomi 10400-8

Beginilah bagian dalam Xiaomi 10400 asli bila dibongkar.

Xiaomi 10400-9

Xiaomi 10400-10

Kalau yang palsu, dalamannya seperti ini. Perhatikan perbedaan komponennya.

Xiaomi 10400-11

698 thoughts to “Inilah Ciri Power Bank Xiaomi Asli”

    1. Pak Leos,

      Ya, memang harus daftar dulu. Model penjualannya lagi-lagi rebutan.

      Saya belum pernah pakai power bank Cozmo.

    2. Permisi mau nanya… Saya liat dari lazada powerbank silver 10.000 mah harga aslinya 300 rb tapi didiskon jadi 150.000, kira kira origin ngak ?

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Mulai sekitar Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu. Hitung-hitungan kasarnya mampu nge-charge tiga kali sampai penuh.

  1. Tambahan, khusus Powerbank warna dark grey, koneksi usb dan Micro nya berwarna hitam, juga platform tipis penutup atas dan bawah warnanya abu2x dengan tulisan hitam cukup tinggi kontras nya, jadi ciri-ciri nya terbalik dengan versi warna lainnya.

  2. Nice info pak, thanks….salam dari saya…oya pak kalau mau cari yang asli di surabaya di mana yaa pak ? Kalau boleh nama tempat atau tokonya….thanks

    1. Bu/Pak Yusmin,

      Coba telepon 0818 57 7800. Sampai kemarin siang saya tahu penjual itu masih punya stok Xiaomi 10400 asli.

  3. wah. makasih infonya.
    sangat membantu nih…
    hari kamis besok saya mo berjuang buat dapetin power bank di la**da. harusnya yang dijual disana asli. mudah2an saja.

    1. Pak Qudsbeat,

      Ya. Yang dijual di Lazada seharusnya asli. Kalau sampai palsu, berarti Lazada telah menggali lubang kuburnya sendiri.

  4. Sip infonya pak HSW..
    Asli dan palsu kalau dari segi harga apakah terpaut jauh pak?
    bedanya yang bapak coba dengan yang berwana abu-abu tua apa pak?
    thanks

    1. Pak Adank,

      Soal harga asli dan palsu, itu yang jadi masalah. Tak bisa jadi patokan.

      Kalau ada yang jual Xiaomi 10400 dengan harga Rp 150 ribu, mudah ditebak kalau itu palsu. Masalahnya, beberapa kali saya jumpai Xiaomi 10400 palsu dijual sampai Rp 275 ribu alias setara dengan yang asli.

      Saya belum pernah memiliki Xiaomi 10400 abu-abu tua. Teman saya yang sudah punya menginformasikan kalau konektor di bodi berwarna hitam, bukan putih beras. Xiaomi 10400 abu-abu tua miliknya konfirm asli karena sudah dibongkar olehnya.

    1. Pak Leos,

      Ya bergantung kebutuhan. Kapasitas berapakah yang Anda perlukan, lalu sesuaikan dengan dua pilihan itu. Biarpun merek lokal dan eksistensinya kurang populer karena jarang beriklan, power bank Delcell terbukti bagus.

  5. Powerbank branded dengan harga bersahabat dan performance ciamik. Saya pakai yg 10400, batre hape saya 3140mAh, bisa 2x full charge dari kondisi lowbatt dibawah 10% dan masih sisa 1bar.

    1. Pak Alfan,

      He… he… he… tua maupun muda kalau pria di sini saya panggil Pak. Kalau wanita, saya panggil Bu. 🙂

  6. Kemarin barusan dpt di lazada dpt yg warna silver untungnya ciri2 yg disebutkan koh herry sama ma pb xiaomi 10400 mah saya…thanks koh herry

  7. pak mau tanya kira” klo yang harganya 125 apa bisa dijamin ke asliannya. karena liat di tokopedia.com ada yg harga segitu tapi kok jadi ragu.

  8. hore, saya dapat yang palsu. :((. sudah coba saya cancel tapi barang sdh keburu sampai depan pintu. thanks infonya ya :). very helpful

  9. mau tanya lagi nih pak, besok kamis di l*z*d* membuka penjualan xiaomi, saya mau order xiaomi 10400, di sesi sebelumnya harganya 195rb (kalau nggak salah), trus saya coba cari review tentang lazada dan banyak menemukan komplain dan ada yg bilang kalau l*z*d* sering kasih harga yg salah. yg jadi pertanyaan saya apakah harga 195rb itu memang harga yg benar atau salah harga? adakah pengunjung blog disini yg membeli xiaomi 10400 lewat l*z*d* dengan harga segitu?

    1. Pak Alfan,

      Nama situs silakan disebutkan lengkap. Tak perlu disensor. Dengan menyebutkannya secara lengkap, informasi yang dipaparkan akan berguna pula untuk orang lain.

      Kondisi Kamis minggu lalu, harga power bank Xiaomi-nya benar Rp 195 ribu kok. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim. Masalahnya, perhitungan ongkos kirimnya cukup ajaib. Lebih mahal daripada tarif yang berlaku di JNE dan jasa kurir lain. Selisihnya ada yang besar, ada yang kecil, bergantung alamat tujuan.

      Bukan hanya itu. Ongkos kirim bukan dihitung berdasarkan berat atau volume, tetapi dipukul rata satu item dianggap satu kilogram. Misalnya, ada konsumen yang membeli satu power bank dan satu earphone. Ia berada di Surabaya. Maka, konsumen itu akan dikenakan ongkos kirim 2 x Rp 19.040 = Rp 38.080. Anggaplah barang dikirimkan via JNE yang memang bekerja sama dengan Lazada. Untuk pengiriman dua benda itu ke Surabaya, ongkos kirim sebenarnya hanya Rp 17.000.

  10. kenapa kurang recomment klo ke lazada ya pak kira” tapi stock nya habis nih pak di lazada. klo tidak secara online juga tidak ada yang jual. jadi pak kira” klo harga normalnya yang bisa tidak palsu itu dikisaran berapa saja ya pak?
    makasiihh 🙂

    dan ngom” pak saya lagi cari note xiaomi tapi gak ada juga di lazada punya situs yang bisa bapak rekomendasikan dan terjamin? terima kasih

    1. Bu Meia,

      Mengapa saya tidak merekomendasikan Lazada? Ada beberapa alasan. Sebagian di antaranya:

      1. Pembeli tak bisa memilih akan dikirimkan via jasa kurir apa. Ada empat jasa kurir yang dipakai Lazada. Tiga di antaranya lambat banget. Hanya satu yang lumayan. Lumayan lho ya, bukan bagus.

      2. Bila karena alasan tertentu pembeli membatalkan transaksi, proses pengembalian dana yang sudah dibayarkan lama dan sangat berbelit-belit.

      Di pasaran ada yang jual. Sebagian sebenarnya kulakan dari Lazada. Harga jual tentu lebih mahal. Redmi 1S eks-Lazada bisa menembus Rp 2 juta, sedangkan power bank Xiaomi 10400 eks-Lazada sekitar Rp 300 ribu.

      Xiaomi Redmi Note yang beredar di pasar pasti tidak bergaransi resmi. Silakan berburu di pusat penjualan ponsel.

    1. Pak Erfan,

      Beli online, Pak. Silakan cari via Google dengan kata kunci (tanpa tanda petik) “jual case power bank Xiaomi”.

  11. pak hsw saya baru saja beli Pb xiaomi warna dark grey dg ciri ciri seperti brkut:
    1.pake box..
    2.kabel paketan warna pth polos tnpa logo MI
    3.KOonektor di body dan dikbl warna hitam
    4.begitu ditancapkan ke hp langsung proses charging
    5.konektor usb dan micro usb jika saya colok ke body PB lampu indikator ttp padam
    6.Harga 250rb+bonus silicon case
    Berdasarkan ciri diatas apakan PB saya asli ya pak..makasih

    1. Pak Rency,

      Membaca poin 1-5, seharusnya asli. Namun, saat membaca poin 6, saya jadi agak bimbang karena harga paket penjualan seperti itu mestinya lebih dari Rp 250 ribu.

  12. Pak hsw..mang ce agk murah. Btw di box pb xiaomi ada hologram saat kita gosok akan muncul 20 angka..kemudian saya masukan angkat tsb ke web yg tertls di box itu..hasilx ad tanda centang…ap itu bisa jd bukti ke aslian pb xiaomi..pb in dah saya gunakan cas lg g3..sdh 2x full dr 20% dan lampu indikatorx masih 2 yg berkedip..mnrt pak hsw aslikah pb saya?jadi agk galau ni pak

    1. Pak/Bu Rency,

      Lain kali kalau mengetikkan pertanyaan atau komentar tolong jangan disingkat-singkat ya. Saya pening saat membacanya nih.

      Saya tak berani memastikan stiker hologram menjadi jaminan keaslian. Namun, kalau membaca paparan Anda di kalimat berikutnya (kondisi power bank setelah dipakai mengisi ulang G3), saya yakin asli. Berarti, Anda beruntung memperoleh power bank Xiaomi asli dengan harga miring. Boleh tahu beli di mana? 🙂

  13. Saya nemu dikaskus..agk lupa alamatnya..tp pin bbm ad koq pak kalau mau…oh ya di group Fb xiaomi mi3 malah ada yg jual 225rb..katax dpt flash sale dari lazada..garansi erajaya 6 bln

    1. Pak/Bu Rency,

      Oh ok, begitu tho ceritanya. Saya tidak ber-BBM.

      Wajar kalau hasil flash sale Lazada dijual Rp 225 ribu. Namun, warnanya pasti silver dan tanpa silicon case. Kalau yang Anda beli kan warna gold + silicon case. Kombinasi seperti itu harga pasarnya bisa sampai Rp 325 ribu.

  14. sepertinya lazada banyak belajar dan berusaha mendengarkan konsumennya pak…
    kamis kemarin saya ikut flashsale powerbank, dari hari rabu sudah woro2 di fans page mi Indo kalau flash sale asesoris bakal gratis ongkir, dan benar adanya

    yang kedua, saat flash sale, ada tambahan diskon 10% entah dalam rangka apa… jadi total yg saya bayarkan untuk 1 unit powerbank 5200 dan 1 unit 10400 gak sampe 300rb dan free ongkir

    yg lebih ajaib, kurir yg biasa dia pakai untuk antar ke alamat saya, tumben2nya cepet bener
    dari yang sudah2, lazada selalu pakai ONS service, tapi paket selalu baru bisa saya ambil hari senin/selasa
    tapi kemarin hari sabtu sudah bisa saya ambil…
    ekspedisi kantornya di pondok candra

    mengenai ciri, sama seperti yang disebutkan, hanya kemasan cuma berupa kardus dengan segel erajaya yang dibungkus ulang plastik oleh lazada

    1. Pak Shino,

      Terima kasih atas sharing-nya. Lho, paketnya tidak diantarkan ke rumah, melainkan harus diambil? Pakai perusahaan pengiriman apa, Pak?

      1. @ pak Herry : kalau menunggu diantar, mungkin selasa/rabu baru saya dapat barangnya, padahal jarak rumah ke kantor ekspedisi tersebut cuma 10 menit include macetnya

        pan-du logistic namanya, yg makin bikin jengkel, pas saya iseng nanya arti ONS di resi pengiriman, ada pegawainya yg jujur bilang klo itu layanan sehari sampai, tapi kemudian direvisi bahwa gak berlaku di Sidoarjo setelah satu temannya melotot ke arah dia sambil ngasih kode… parah…

        dan mungkin cuma ekspedisi ini yg hari minggu gak beroperasi alias libur, jadi paket yang sampai di hari minggu gak bisa diambil saat itu juga