Inilah Maksud Dual On

Chica kecewa dengan ponsel dual on GSM-GSM yang dipakainya. Saat ia sedang bertelepon memakai nomor pertama, nomor kedua di ponsel itu ternyata tak bisa dihubungi. “Dibilang tidak aktif. Padahal, saya membeli ponsel kelas dunia, bukan merek abal-abal,” ujarnya.

Kekecewaan Chica seharusnya tak perlu terjadi kalau ia memahami karakteristik ponsel dual on GSM-GSM yang saat ini beredar di pasar. Ponsel dual on GSM-GSM yang kini dijual, baik merek lokal buatan Tiongkok maupun merek global, menganut sistem single connection.

Maksudnya begini. Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan. Sinyal keduanya tersaji di layar ponsel. Sepasang nomor itu sama-sama siap melakukan panggilan keluar atau menerima panggilan masuk. Tetapi, ketika salah satu nomor sedang dipakai bertelepon, satu nomor lainnya otomatis tidak aktif.

Di sebagian ponsel, sinyal satu nomor lain yang sedang tak dipakai bakal menghilang dari layar. Sedangkan di sebagian ponsel lain, sinyal kedua tetap muncul di layar. Mana pun yang berlaku, nomor tersebut pasti takkan bisa menerima panggilan masuk. Penelepon akan mendengar pemberitahuan bahwa nomor tidak aktif atau berada di luar area layanan. Ketika pengguna tuntas bertelepon, dua nomor yang terpasang spontan kembali siaga. Keduanya siap dipakai bertelepon lagi.

Hal berbeda berlaku untuk ponsel dual on GSM-CDMA. Ketika salah satu nomor sedang dipakai bertelepon, satu nomor lainnya tetap siaga. Bila kebetulan ada panggilan masuk, pengguna akan menerima notifikasi panggilan tunggu. Selanjutnya terserah pengguna, ingin membiarkan panggilan itu atau menerima panggilan baru tersebut.

8 thoughts to “Inilah Maksud Dual On”

  1. Pak Herry apakah kendala ini bs diatasi dgn mengaktifkan fitur call forwarding? jd jika sim 1 sdg menerima telf, dan ada telf yg masuk ke sim 2 akan otomatis diforward ke sim 1. Mohon pencerahannya.

    dan gmn mnrt pak Herry mengenai fitur dual hybrid nya samsung?

    soalnya sy lg mencari@ HP andorid dual gsm mid-range
    Thanks

  2. Pak,saya memakai nokia 301. Namun saya hanya menggunakan 1nomer saja. Kemudian masalahnya,kenapa banyak yg bilang susah menghubungi nomer saya,dan dibilang hp saya tidak aktif. Padahal hp sya menyala dan tdk sedang bertelpon? Mohon pencerahannya pak

    1. Pak Arief,

      Apakah Anda memakai 301 itu untuk aktif berinternet di jaringan non-3G? Kalau iya, hal tersebut berpeluang membuat nomor Anda sulit dihubungi. Bila Anda tidak melakukan hal itu dan kebetulan nomor yang terpasang adalah Indosat, hmm… maaf, sepertinya pemicu masalahnya operator yang Anda gunakan.

  3. Terima kasih atas informasi ini karena ternyata saya juga mengalami hal yang sama.
    Apakah di pasaran sekarang terdapat phablet yang dual on yang kedua nomor bisa aktif menerima telpon? Dengan kata lain jika nomor yang satu sedang digunakan, nomor yang lain tetap bisa menerima panggilan, setidaknya nada deringnya tetap menyatakan bahwa nomor tersebut aktif.
    Terima kasih sebelumnya Pak Herry.

    1. Pak Heri,

      Yang sudah pernah saya coba, ada Andromax Z yang harga barunya Rp 2,799 juta.

      HTC One DS yang dijual Rp 7 jutaan konon juga bisa. Namun, saya belum pernah membuktikannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *