Istri Tidur pun Terbangun

Perlahan namun pasti, tren ponsel qwerty terus menurun. Sebaliknya, ponsel candybar dan berlayar sentuh kian menggeliat. Meskipun demikian, vendor ponsel merek lokal buatan Tiongkok tetap rutin mengeluarkan ponsel qwerty terbaru. Speaker keras atau televisi masih menjadi andalan. Duet ponsel Extreme X5 dan X8 menjadi contoh nyata.

X5 yang bertampilan fisik menyerupai Samsung Corby Txt dibekali speaker bersuara lantang. Kejadian pada dua hari lalu bisa menjadi bukti. Saat itu, seorang teman penulis menyalakan X5 di dekat istrinya yang telah tidur lelap. Terusik oleh suara yang sangat keras, istri teman penulis spontan terbangun.

Di home screen ponsel dual on GSM-GSM itu terdapat beberapa ikon. Salah satunya, ikon huruf F yang sepintas sama dengan logo Facebook. Padahal, ikon huruf F tersebut sebenarnya shortcut untuk mengakses radio FM. Siaran radio bisa direkam secara spontan maupun terjadwal. Syaratnya, pengguna memasangkan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan.

Konektor charger micro USB, memori internal 250,5 KB, slot microSD, dan buku telepon 500 nama multiple entry adalah sebagian spesifikasi lain X5. Ada pula black list 20 nomor, kamera 0,8 megapiksel, perekam video, bluetooth, dan kalkulator penghitung zakat.

Ponsel yang dijual Rp 349 ribu itu dibekali dua aplikasi berbasis Java. Yaitu, eBuddy dan Opera Mini. File MP3 dapat digunakan sebagai nada dering telepon, tetapi tak bisa ditambahkan sebagai nada SMS.

Untuk mengatur nada dering, pengguna harus masuk ke menu user profiles, bukan ringtone setting. Bila pengguna mengakses ringtone setting, ponsel akan menghubungkan diri dengan server sebuah penyedia konten alias content provider.

Beralih ke Extreme X8. Suara yang dihasilkannya tidak sekeras X5. Bahkan, kalau dicermati, suara terdengar sember pada volume tinggi. Tampilan menu ponsel yang dibanderol Rp 369 ribu itu juga kurang sempurna. Ketika pengguna menyorot suatu ikon, nama menu tidak tertulis tepat di ikon tersebut, melainkan bergeser satu kolom.

Dua sisi minus itu ditambal dengan ketersediaan televisi yang cukup peka dalam menangkap siaran televisi. Layar yang cukup tajam dan keypad yang relatif empuk menjadi nilai tambah X8.

Fitur lain ponsel dual on GSM-GSM itu, di antaranya, buku telepon 500 nama multiple entry, kamera VGA, perekam video, dan video chat. Ruang penyimpanannya terdiri atas memori internal 250,5 KB dan slot microSD.

X8 juga memiliki fitur black list 20 nomor, bluetooth, dan radio FM. Opera Mini menjadi satu-satunya aplikasi Java yang sudah diiinstalasikan. Gemar mengganti nada dering? Pengguna dapat melakukannya dengan leluasa. Sebab, file berformat MP3 bisa ditambahkan dalam daftar pilihan nada dering telepon maupun SMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *