Jangan Mencoba Sony Xperia Z1

Daripada kelak menyesal, sebaiknya Anda tidak mencoba Sony Xperia Z1. Saya tak ingin Anda ikut menyesal seperti yang saya alami. Sebab, apa yang saya duga ternyata tidak sesuai dengan kenyataan.

Awalnya, saya menyangka secara umum Xperia Z1 sama dengan Sony Xperia Z. Perbedaan nyata di antara keduanya hanya di resolusi kamera yang lebih tinggi. Plus, daya tahan baterai yang sedikit lebih awet karena kapasitasnya memang lebih besar.

Kenyataannya ternyata tidak seperti itu…

Jangan Z1-1

Biarpun sedikit lebih lebar, berbeda sekitar tiga milimeter, Xperia Z1 justru lebih nyaman digenggam. Penyebab utamanya, tepi bodi ponsel itu dilengkapi lekukan, bukan siku-siku seperti di Xperia Z.

Saya belum mengeksplorasi kamera Z1 dengan mendalam. Namun, sebuah jepretan iseng membuat saya mulai menduga, kemampuan kamera Z1 kala dipakai memotret di lokasi berpencahayaan terbatas lebih bagus daripada Xperia Z.

Jangan Z1-2

Itu foto ransel saya yang dijepit oleh kaki. Saya sedang berada di dalam taksi yang melaju. Dengan hanya mengandalkan sedikit cahaya dari luar yang menerobos masuk, saya memotret ransel tersebut. Hasilnya, lumayan.

Pada kesempatan berbeda, saya bermain-main dengan titik fokus kamera Xperia Z1. Di foto ini, titik fokus saya arahkan ke merek air minum.

Jangan Z1-3

Berikutnya, titik fokus saya geser ke atap bangunan.

Jangan Z1-4

Sekarang kita membahas baterai. Kali ini terjadi ketidaksesuaian perhitungan matematis dengan realita.

Berbulan-bulan silam, ketika saya menggunakan Xperia Z, daya tahan baterai ponsel itu maksimal hanya bertahan 12 jam. Kadang baru delapan atau sepuluh jam, si ponsel sudah meminta suapan daya listrik.

Xperia Z menggunakan baterai tanam berkapasitas 2.330 mAh, sedangkan Xperia Z1 dibekali baterai tanam 3.000 mAh. Secara matematis, baterai Xperia Z1 akan lebih awet sekitar tiga jam ketimbang baterai Xperia Z.

Praktiknya ternyata tidak seperti itu. Dengan perilaku pemakaian yang sama, di tangan saya, sekali diisi ulang Xperia Z1 setidaknya dapat bertahan 6-7 jam lebih lama. Power bank boleh saya lupakan saat memakai Xperia Z1 sebagai ponsel utama.

Suatu sore, di sebuah kolam renang, saya iseng mencelupkan Xperia Z1 seperti ini.

Jangan Z1-13

Ternyata, aktivitas saya diperhatikan oleh seorang pria yang sore itu berenang bersama anaknya. Ia tampaknya penasaran kala melihat saya dengan santai berkali-kali mencelupkan ponsel ke kolam renang.

“Ponsel apa itu, Pak? Apakah tidak rusak?” tanya dia.

“Sony Xperia Z1. Tidak rusak kok. Ponsel ini memang boleh dicelupkan ke air tawar selama 30 menit. Sampai kedalaman 1,5 meter masih aman,” jawab saya.

Kami akhirnya mengobrol tentang aneka tipe ponsel Xperia yang siap diajak berbasah-basah, mulai Xperia go yang harganya saat ini termurah sampai Xperia Z1 yang terbaru sekaligus termahal.

Pria itu terlihat kembali penasaran saat saya menyatakan Xperia Z1 bisa dipakai memotret atau merekam video di dalam air. Saya langsung berinisiatif mendemonstrasikannya, sedangkan ia bergegas menyuruh anaknya untuk menyelam. Jadi model! Silakan klik gambar di bawah ini untuk menyaksikan hasil rekaman video amatir ala HSW.

Sebagai penutup, hati-hati ketika menggunakan kamera Xperia Z1 yang dilengkapi menu AR effect. Anda bisa digigit dinosaurus seperti yang dialami kaki pria tak dikenal ini. 🙂

Jangan Z1-5

Dinosaurus itu memang nakal. Ia bahkan berjalan-jalan santai di dekat laptop saya.

Jangan Z1-6

Lho… ngapain para kurcaci itu?

Jangan Z1-7

Percayalah, mobil yang terlihat di foto bukan tenggelam di dasar laut atau sungai.

Jangan Z1-8

Sekali lagi, jangan mencoba Xperia Z1 karena ia terbukti bisa me-make over wajah Anda. Ini empat buktinya. Tiga foto terbawah mungkin terlihat kurang tajam karena saya jepret secara mandiri menggunakan kamera depan yang spesifikasinya tidak segahar kamera belakang.

Jangan Z1-9

Jangan Z1-10

Jangan Z1-11

Jangan Z1-12

Jadi, pesan saya, jangan sekali-kali iseng mencoba Xperia Z1 daripada Anda menyesal. Menyesal mengapa tidak sejak dulu mencicipi ponsel tersebut. Padahal, live demo unit-nya dengan mudah bisa ditemukan di Xperia Corner. Di pusat-pusat penjualan ponsel Anda juga tinggal mencari promotor berseragam Sony, lalu meminjam Xperia Z1 dari mereka.

Catatan:

* Naskah ini bukan merupakan review, melainkan sekadar ketikan iseng. Review Xperia Z1 akan saya unggah ke sini sekitar dua minggu lagi.

* Buat yang bertanya-tanya mengapa saya tidak menyebutkan kelemahan Xperia Z1, sabar ya. Sisi minus Xperia Z1 bakal saya sebutkan di naskah review yang kelak muncul kok.

81 thoughts to “Jangan Mencoba Sony Xperia Z1”

  1. Lumayan fitur kameranya. Ditunggu reviewnya lebih mendalam,pak Herry. Termasuk yg lagi ditunggu saya reviewnya pak Herry ttg Smartfren Andromax Tab 8.0 & Haier Maxx.

    Ada yg saya ingin tanyakan,apakah foto pada launching tablet Advan Vandroid T3C pada http://www.tabloidpulsa.com bln lalu,adalah pak Herry sendiri ?
    Terima kasih.

    1. Pak Chely,

      Review Xperia Z1 akan saya unggah 2-3 minggu lagi. Dua acang lain yang Anda sebutkan belum tahu akan saya coba atau tidak.

      Awal Oktober lalu saya memang menjadi narasumber di peluncuran tablet Advan T3C. Oh, ada fotonya di tabloid Pulsa ya?

  2. Haha judulnya provocative sekali. Kayaknya good buy ya Z1 ini. Tapi harganya gila, ikutan gila kayak iPhone dan produk2 Samsung.

    Kemarin sempat tertarik ambil produk Sony lainnya, Xperia M Dual. Tapi akhirnya ngambil Nokia Lumia 520 pas ada promo di Hypermart jadi 1.5 juta saja. Coba2 WP untuk gantiin BB yg pensiun dini setelah ada BBM di Android

    1. Pak Liat2aja,

      Wah, menarik tuh kalau Lumia 520 dijual Rp 1,5 juta. Terakhir saya lihat harga jualnya masih Rp 1,65 juta, itu pun sudah dengan embel-embel cash back.

  3. Ya,benar gambarnya pak Herry ada dimuat di tabloid pulsa dgn gaya sedang mau menerima/memegang tablet advan tsb dari CEO Advan. (Kalo saya tdk salah ingat,karna saya ada menyimpan launching tablet Advan tsb di laptop,sedang saya bls email ini dari tablet Cyrus.)

    Kalo pak Herry ada mendapatkanya, saya akan menunggu reviewnya.
    Terima kasih & semoga pak Herry dlm keadaan sehat selalu.

    1. Pak Chely Sutio,

      Saat itu tidak ada momen penyerahan tablet Advan dari petinggi Advan kepada saya. Yang ada:
      * Saya berdampingan dengan petinggi Advan. Masing-masing memegang acang sendiri.
      * Saya menyerahkan acang Advan kepada pemenang doorprize. Mungkin foto ini yang Pak Chely lihat.

  4. selamat pagi pak Herry.
    saya baru liat review pak herry ini kebetulan saya mau membeli hp sebelumnya saya mau membeli samsung note III tapi pas liat z1 jadi.tertarik namun saya bingung.. pak herry bisa kasih review untuk note 3 tersebut sebagai.bahan perbandingan.. maaf kalau permintaan berlebihan.
    terima kasih pak herry.

    1. Pak/Bu Shelha,

      Saya belum pernah menguji pakai Samsung Galaxy Note 3. Namun, minggu lalu kebetulan saya sempat towel-towel Note 3 milik seseorang yang berkonsultasi. Saya kok merasa Note 3 agak lemot ya. Padahal, Note 3 yang saya coba itu relatif masih kosong. Tak banyak aplikasi tambahan yang diinstalasikan.

      Hal lain, saat itu saya dan si pemilik Note 3 terkoneksi ke Wi-Fi gratisan yang sama. Saya bisa berinternet dengan lancar, sedangkan pemilik Note 3 itu mengeluh karena berkali-kali gagal berselancar di dunia maya.

    1. Pak Benedictus,

      Biarpun saya tulis “jangan mencoba”, bukan berarti Xperia Z1 tidak layak beli lho. Silakan dibaca ulang dengan perlahan, lalu diresapi. 🙂

  5. Pak/Bu Oki,

    Saya pernah menguji pakai Xperia Z1 alias Honami, sekadar towel-towel Galaxy Note 3, dan belum pernah menyentuh iPhone 5S.

    Review Xperia Z1 akan saya unggah ke blog ini pada minggu depan.

    Untuk Galaxy Note 3, minggu lalu saya sempat towel-towel Note 3 milik seseorang yang berkonsultasi. Saya kok merasa Note 3 agak lemot ya. Padahal, Note 3 yang saya coba itu relatif masih kosong. Tak banyak aplikasi tambahan yang diinstalasikan.

    Hal lain, saat itu saya dan si pemilik Note 3 terkoneksi ke Wi-Fi gratisan yang sama. Saya bisa berinternet dengan lancar, sedangkan pemilik Note 3 itu mengeluh karena berkali-kali gagal berselancar di dunia maya.

  6. Pak Herry, apa performa xperia z berbanding jauh ya dgn xperia z1 ini? Masih layak belikah xperia z dg harga yg terpaut 2-3 juta-an dg xperia z1?

    1. Pak Erfan,

      Ya, performa dua ponsel itu berbeda cukup signifikan. Kalau memang mengejar kamera dan ketahanan baterai, boleh saja melirik Xperia Z1. Namun, bila daya tahan baterai mulai pagi sampai maksimal sore sudah dianggap memadai, Xperia Z pun sebenarnya sudah memadai. Kinerja kameranya nggak buruk kok.

    1. Pak Erfan,

      Ya belum tahu. Lha saya belum pernah menyentuh Nexus 5. Harga Nexus 5 bergaransi resmi Indonesia juga belum diketahui.

  7. Pak Herry
    Apakah fungsi fitur touch focus pada kamera ponsel seperti yang bapak buat pada botol air mineral diatas ?

  8. terima kasih, berarti tinggal menyingkarkan galnote3, sekarang tinggal iPhone 5S dan honaminya saja, saya sangat menantikan reviewnya.

    pengen sekali rasanya punya acang paling worthed di akhir tahun ini, saya akan baca websitenya om herry setiap hari.

    terima kasih sebelumnya

    1. Pak Oki,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Review Honami alias Xperia Z1 akan saya unggah besok sore.

      Sekadar info, karena blog saya ini lebih mengarah ke review produk dan saya harus benar-benar mencobanya dulu, tidak setiap hari saya bisa mengunggah naskah terbaru. Rata-rata saya mengunggah dua naskah per minggu.

      Terima kasih.

  9. terima kasih, berarti tinggal menyingkarkan galnote3, sekarang tinggal iPhone 5S dan honaminya saja, saya sangat menantikan reviewnya.

    pengen sekali rasanya punya acang paling worthed di akhir tahun ini, saya akan baca websitenya om herry setiap hari.

    terima kasih sebelumnya, saya jg sering mengganggu om herry di twitter hhe

  10. Saya mau bertanya om. katanya Z1 tahan air,, sementara ada lubang untuk Colokan Heandset.. apakah itu perlu ditutup juga ?

    1. Pak Nilwan,

      Lubang headset di Xperia Z1 tak perlu ditutup. Meskipun ponsel dicelupkan ke air, air tidak akan menerobos masuk. Sebab, di bagian dalam lubang tersebut ada semacam katupnya.

  11. prmisi pak mw tnya ni, di xperia z, bkn z1 loh, da tombol shutter kamera gk y kira2, jdi pas motret kyk kamera digital gtu, gk usah tkan layar
    makasih

  12. Mau tanya kak bagusan s4 mini apa experia zr ???
    Apakah experia zr awet ??
    Apakah experia zr bagus untuk bermain game ???
    Apakah pelayanan service sony baik ???

    1. Pak Juli,

      Kebetulan saya belum pernah mencoba Galaxy S4 mini dan Xperia ZR. Jadi, saya tak bisa memberikan komentar.

  13. oya, maaf pak sebelumnya. sekedar saran, jgn pernah sekali2nya lempar z1 ke dalam kolam meskipun kedalamannya belum mencapai 1,5 m. krn saudara saya sempat jd krban, sok2an lempar z1 dan hanyut ke kolam (belum kedalaman 1,5 m) terus bisa dipake foto2 + video sebentar dalam air, lalu ga lama kemudian tiba2 mati dan rusak parah alhasil beli baru lagi, sbab biaya servisnya saja sudah di atas 1 juta 🙁

  14. bisa banget nih ulasannya pake gaya bahasa satir dan sarkasme. bilangnya ga bagus padahal sebenernya maksudnya bagus XD

  15. Pak,jika tutup cas z1 hilang bisa di ganti dan tak tahan air lagi? Dan apakah harus di ganti full set ? Mohon dibalaa pak ?

    1. Pak Ananda Pratama,

      Kalau Anda melakukan penggantian di pusat perbaikan resmi, ponsel bisa tetap tahan air. Tak perlu diganti fullset. Masalahnya, suku cadang tersebut biasanya harus inden.

  16. Mas kalau penutup tidak rapat apa masih bisa nyelam ga ya hpnya. Soalnya z1 saya setelah service ganti batre. Belakangnya tidak terlalu rapat. Seperti ada celah terbuka. Jadi takut dibawa nyelam lagi.

    1. Pak Nur,

      Kalau kondisinya tidak rapat, Xperia Z1 itu sebaiknya tidak diajak bermain air lagi deh. Jangankan menyelam, dicuci di wastafel pun sebaiknya tidak dilakukan.

      Dulu Anda melakukan penggantian baterai di mana?

  17. Zperia Z1 saya, setia buka kamera, tertulis kamera harus didinginkan dahulu. Bagaimana cara mengatasinya? Teeima kasih

    1. Pak Airia,

      Sebelumnya Anda melakukan aktivitas apa? Kalau Anda usai menggunakan kamera untuk aktivitas yang berat, notifikasi itu memang bisa muncul. Solusinya didiamkan dulu beberapa menit.

  18. saya pny Z1 tapi kualitas hasil fotonya kok masih kalah dg xperia M4 ??
    Padahal resolusinya Z1 itu 20 Mp dan M4 cuma 13 Mp.

    Trus klo suhunya panas kameranya gak bisa dipake (harus didinginkan dulu).

    1. Pak Prasetyo,

      Saya belum pernah mencoba Xperia M4 sehingga tak tahu kondisi nyatanya.

      Satu hal yang perlu diketahui, besar kecilnya resolusi kamera itu tidak menentukan baik buruknya hasil foto. Anggaplah tukang jepretnya orang yang sama, bagus tidaknya foto lebih ditentukan oleh lensa, sensor, dan pemrosesan yang terjadi.

  19. permisi bg
    saya pengguna sony expria z1,
    saya mengalami masalah dikamera belakang karena berembun karena saya masukan keair,
    setelah itu beberapa hari kemudian saya kehujanan dan ponsel saya terkena hujan( tetapi kondisi pada keadaan rapat semua. Alhasil kamera belakang saya hitam semua dan tidak ada gambar sama sekali

    tolong solusinya

    1. Pak Harry,

      Ehmm… ini maksudnya Sony Xperia Z1 kan?

      Dugaan saya, tanpa Anda sadari ada air yang sempat masuk ke ponsel Anda. Kini kameranya rusak.

      Solusinya ya dengan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi. Biaya perbaikannya saya duga akan mahal (lebih dari Rp 1 juta).

  20. bagus mana sony xperia z1 dan sony xperia z1 docomo ?
    Terus minus nya apa ya pak xperia z1 ?
    Kebanyakan ?

    memang sony lebih elegan bahanya, karena saya
    awal beli ada 3 pilihan note 3, samsung galaxy s5
    Terima kasih.

    1. Pak Brian,

      Saya belum pernah mencoba Xperia Z1 Docomo. Mestinya sih sama ya. Bedanya, yang ada embel-embel Docomo adalah barang yang dijual via operator.

      Sisi minusnya:
      1. Permukaan belakang agak mudah tergores.
      2. Bodi ponsel cukup mudah terasa hangat mendekati panas.

  21. bagaimana cara mengembalikan aplikasi kamera depan sony xperia m4 aqua, tiba2 hilang aplikasi kamera depan nya, tlg info nya

  22. Xperia Z1 saya kalo udah nyalain kamera 5mentan hp langsung mati dan nyala logonya aja dan mati lagi berulang2 kali sampai batre habis dan xperianya lelah saya cas alhamdulillah bisa lagi
    Tapi ini belum memecahkan masalah kenapa setiap ke kamera selalu begini :'( mau diservice bugdet tipis haduh
    Pencerahannya om

    1. Pak Renren,

      Ketika kamera sudah menyala, aktivitas apakah yang Anda lakukan? Memotret atau merekam video?

  23. Pak hery harga kamera blakang xperia z1 Docomo brapa ya??
    Xperia z1 Docomo punya q lensanya retak duwikit seukuran anak semut, tpi masi normal dan masih bisa di pakek

    1. Pak Erick,

      Maaf, saya tak tahu. Karena ponsel itu tidak beredar resmi di sini (DoCoMo kan berarti dari Jepang), Anda harus mencari tempat servis independen deh.

  24. Pak.. saya mau tanya.. hp saya experia z1.. kemaren masuk air dan mati total.. trnyata blakang ny udah gk rapat lagi.. apakah bisa betul kembali hp saya itu pak??
    Saya udah bawa ke konter hp terdekat.. port tempat charger ny juga udah rusak.. gk bisa rapat lagi.. apakah itu akan mati total selamanya pak? Mohon bantuan nya

    1. Bu Rahmi Namira,

      Mungkin masih bisa diperbaiki, tetapi biasanya akan sangat tinggi. Tidak sebanding dengan harga Xperia Z1 (bukan Experia Z1 lho) bekas. Jadi, menurut saya, lebih baik Anda membeli ponsel pengganti.

  25. berapa biaya nya kira2 pak?
    Itu biaya untuk membetulkan hp yg masuk air pak?
    Saya tidak bisa membeli ponsel pengganti pak :'(
    Harus di bawa ke sony center kah pak?

    Saya sangat kebingungan

    1. Bu Rahmi,

      Pasti lebih dari Rp 1 juta.

      Hal yang menjadi masalah, Anda sudah terlanjur membawa ponsel itu ke tempat servis biasa. Dengan demikian, petugas di pusat perbaikan resmi Sony berhak menolak melayani perbaikan ponsel tersebut, biarpun Anda bersedia membayar.

  26. pak..saya mau tanya….sinyal 4G di xperia z1 kok tidak keluar ya..keluarnya h+ trs..pdhl settingan sdh LTE prefered…simcard sya jg sdh 4G…simcardnya sya pasang di hp lain dan 4G nya keluar…tp di xperia z1 tdk mau keluar..itu gimana ya pak??

    1. Pak Eddo,

      Boleh tahu ponsel lain yang Anda maksud merek dan tipe apa?

      Analisa sementara, sinyal 4G LTE di lokasi Anda jauh lebih lemah daripada 3G (termasuk H+). Karena itu, ponsel lebih memilih masuk ke 3G.

  27. Pak, kalau z1 compact docomo sy kenapa di cas nya lama banget 7jam baru penuh, sy pake cas an yang biasa, sy udah coba pake cas an lain jg sama hasilnya pak ,Atau apa harus saya ganti sama cas an magnetik? Mohon pencerahannya pak. Terima kasih

    1. Pak Jumen,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba ponsel dengan embel-embel DoCoMo. Itu berarti ponsel eks-operator Jepang. Saya tak mengetahui kualitas dan orisinalitas produk yang dijual di sini.

  28. Sony z1 compact saya dari dulu gak berani masukin ke air… takut rusak
    Itu daerah paling sensitiv klo boleh tanya sebelah mana si pak?? Mau coba nyemplungin pak

    1. Pak Birrulw,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Anda melakukan penggantian di pusat perbaikan resmi atau tidak? Kalau tidak, kemungkinan kemampuan tahan airnya sudah lenyap.

  29. bos, saya berniat meminang z2 d6503 seken kelengkapan hp cas, n lecet pemakaian di pojok kiri bawah seharga 2.150. apa masih worthed? sebenarnya ada juga tawaran m4 single fulset, berani adu renang seharga 2k. pilih yang mana ya?

    1. Pak Ripalge,

      Kalau usia pemakaian lebih dari satu tahun dan selama setahun pertama cara pemakaiannya kasar, peluang port tidak bisa tertutup rapat memang lebih terbuka.

  30. Pak , kenapa hp sony xperia z1 sol 23 saya, kalau pakai krtu tlkomsel jaringan data ga muncul yah, sdngkan klau pake kartu lain muncul..

    1. Pak Arighi,

      Saya tak tahu Gan sedang pergi ke mana. Kalau Gan sudah muncul, mungkin dia akan menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *