Jaring Komentar “Aku dan Ponsel Lenovo”

Dibandingkan seluruh produsen komputer yang kemudian merambah ke ponsel pintar, Lenovo paling rajin mengusung ponsel terbarunya ke Indonesia. Anda sangat mungkin pernah melihat iklannya, mengamati ponselnya, bahkan memiliki ponsel Lenovo.

Apa komentar Anda terhadap ponsel Lenovo?

Kalau Anda pernah mempunyai ponsel Lenovo, bagaimana pendapat Anda mengenai ponsel tersebut? Baik maupun buruk dan kisah lucu sampai pengalaman memalukan bebas Anda ceritakan di bagian bawah halaman ini.

Sementara itu, bila Anda belum pernah memiliki ponsel Lenovo, silakan mengungkapkan alasan Anda masih enggan meminangnya. Sebutkan pula apa yang harus dilakukan Lenovo supaya kelak Anda berminat membeli ponsel itu.

Di bagian akhir cerita atau komentar Anda, jangan lupa mencantumkan data berikut ini:

  • Nama
  • Kota domisili
  • Ponsel utama yang sedang dipakai. Cukup satu tipe. Kalau Anda sehari-hari memakai lebih dari satu ponsel, sebutkan yang paling sering dipakai.

Semua komentar yang masuk akan saya teruskan kepada pihak-pihak yang terkait dengan pengembangan dan pemasaran ponsel Lenovo di Indonesia. Suara konsumen dan calon konsumen seharusnya laksana emas berlian bagi mereka.

Silakan mulai mengetikkan cerita, komentar, dan isi hati Anda. Saya menantikannya sampai Minggu, 26 Oktober 2014 pukul 20.00.

577 thoughts to “Jaring Komentar “Aku dan Ponsel Lenovo””

  1. Pak Herry, saya belum pernah punya ponsel lenovo. Kalo sekedar megang-megang & nyobain punya teman si sering. Ketika saya akan membeli ponsel (proses seleksi), hampir pasti merek lenovo punya kandidatnya. Hanya saja, dari sekian kali membeli ponsel tidak pernah sekalipun merek tersebut terpilih. Alasannya antara lain:
    1. Servis center lenovo dari info beberapa teman & media masih belum bisa diandalkan. Banyak yang kecewa dengan pelayanannya. Padahal sebenarnya pilihan devicenya cukup banyak & menarik. Jaringan servis centernya juga belum banyak, di Bogor saja (kota domisili saya) tidak ada servis centernya.
    2. Kurang suka design & user interface-nya. Terkesan murahan & belum punya karakter mau seperti apa ponsel-ponselnya.
    3. Untuk ponsel level menengah & bawah, mayoritas menggunakan prosesor mediatek. Walopun secara real performance sepertinya baik-baik saja, tapi kok rasanya lebih mantap kalo menggunakan snapdragon ya. Hehehe..

    Saran untuk Lenovo:
    Perbaiki layanan servis center, contohlah Samsung atau LG.

    Micel – Bogor – LG G3

    1. ” Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada teman2 yg bisa menyalurkan kritik dan saran kepada pihak LENOVO “.
      Pak hery, mohon bantuan.y supaya pihak lenovo meliris smarphone lenovo yoga yg berukuran 6.4 inch (tetap pada konsep yoga) arti.y ukuran agak di perkecil 6.4 inch.
      Ram 4-6 gb, kamera 16/8 mp, internal 128-256 gb, support micro sd up to 500 gb. Kapasitas baterai 5000 mah. Dan kalo bisa konsep bezelless 100%. Kalo bisa pilihan warna : gold, maroon and silver. Jujur saya suka sama design lenovo yoga 3.8 cuman kegedean.
      Price: $420

      Berharap bisa diliris awal tahun depan
      Sekian dan terima kasih.

  2. Hingga saat ini saya menggunakan Lenovo P780 8Gb sebagai handphone andalan sehari-hari. Hp ini sudah saya gunakan selama sekitar 10 bulan dan masih stabil performanya.
    Kelebihan:
    – baterai 4.000 mAh
    – built in produk rapi, kokoh
    – layar jernih
    – harga menarik
    Kekurangan:
    – notifikasi led hanya diperuntukkan sms dan miss call
    – bagian belakang atas hape sering terasa hangat hingga panas. Dalam kondisi ini, penurunan kapasitas baterai terasa cepat
    – update OS terbaru kurang dipersiapkan dgn baik. Masih banyak bug namun sdh di rilis ke konsumen

    Sebelumnya pernah menggunakan Lenovo S560.
    Saya menggunakan produk ini sekitar 6 bulan kemudian dengan terpaksa harus melakukan klaim garansi karena terdapat cacat produksi.
    Saat melakukan klaim garansi ini lah, kekecewaan sangat terasa.
    Saya harus menunggu sekitar 3 bulan.
    Respon pegawai SC Lenovo sangat baik.
    Kesediaan sparepart produk yang membuat klaim garansi harus menunggu begitu lama.

    Nama: Ervan Setiawan
    Kota domisili: Sampit, Kalimantan Tengah
    Ponsel utama: Lenovo P780 8Gb

  3. Saya seorang pengguna lenovo, tepatnya seri s930. Ponsel lenovo ini buat saya tahan banting. Selain memang sering terbanting, ponsel ini pun pernah tak sengaja jatuh ke ember penuh berisi air, dan terendamlah handphone saya ini. Ternyata setelah saya angkat, ponsel masih menyala, dan setelah saya matikan dan keringkan, ponsel masih dalam keadaan baik, padahal tidak ada sertifikasi tahan air. Selain itu baterainya juga awet. Hanya saja bagian belakang ponsel ini cukup licin (makanya jatuh) dan akhirnya stiker tulisan lenovo di belakang ponsel saya cabuti satu per satu supaya ada sedikit teksturnya hehehe

    Benedictus Adityo I.K.
    Bandung
    Lenovo s930

  4. Ada harga ada rupa. Itulah yg selalu membuat orang tertarik pada produk ponsel manapun. Tapi pepatah tersebut kini bergeser dimana konsumen memilih produk kompetitif dengan harga rasional.

    Sy membelikan istri lenovo seri A706. Gara-gara rekomendasi dan ulasan di blog ini (hehe…). Harapannya, biarpun harga murah..mudah-mudahan lebih baik daripada lenovo A309 yang saya hadiahkan untuk bapakku. Sebab lenovo yg dihadiahkan ke bapakku koneksi internetnya mantap dan secara umum performancenya relatif memuaskan. Tapi rupanya cinta bertepuk sebelah tangan.. kinerja internet hape lenovo A706 justru jauh lebih lelet ketimbang ponsel bapakku yg serinya berada di bawahnya,,dan harga dibawahnya pula. What happen?

    Semua produk besar dikenal orang karena konsistensinnya menjaga kualitas mudah-mudahan begitu pula dengan lenovo. First product..first impression..tp konsistensi akan membuat orang lebih mempercayai produk lenovo di masa depan. Tetap yang terbaik ya lenovo…make us belive..

    Dinno
    Bandung
    Lenovo A706

  5. Punya Saya Tablet Lenovo A 3000.
    Pengalaman memakai produk lenovo adalah karena pada saat peluncuran awal di indonesia khususnya kira2 2012 s/d 2013 lenovo mengeluarkan produk dg spek lumayan dan harga murah berbeda dg merk sebelah yaitu Samsul yang harganya over price. Tapi sejak produk lenovo menjadi 3 besar penjualan produk ponsel terlaris di Indonesia harganya cenderung meniru Samsul yang menjadi over price, kemudian pelayanan service centernya masih mengecewakan dan lambat dimana tablet saya mengalami mengalami mati total (matot) 3 bulan yang lalu, proses perbaikannya memakan waktu lebih dari sebulan. Saya mengharapkan agar Lenovo bisa mengeluarkan produk yang bagus dan harganya murah, serta meningkatkan lagi pelayanan service centernya menjadi lebih baik dimana jika terjadi kerusakan pada produk smartphone dan tabletnya paling lama proses perbaikannya paling lama 2 minggu saja atau lebih cepat lebih baik. Lenovo harusnya bisa mempelajari kelebihan Produk keluaran Samsul yang awalnya menggempur pasar dengan produk yang memiliki spek lumayan tapi harganya murah, serta pelayanan service center yang bagus sehingga akhirnya bisa mengusur Nokia. Walaupun sekarang Samsul menjual produknya cenderung over price tapi karena pelayanan service centernya bagus, produk samsul menjadi tetap diburu dan dibeli oleh konsumen. Poinnya adalah jika Lenovo ingin menjadi Nomor satu di Indonesia 1. Meningkatkan pelayanan service centernya. 2. Harga murah dengan spesifikasi produk tinggi atau bersaing.
    Percuma harga murah dg spek tinggi tapi service centernya jelek.
    Nama : Badawi
    Kota : Padang
    Ponsel yang dipakai : Blackberry Z10 dan Tablet Lenovo A3000.

  6. Saya memiliki handphone Lenovo A800, pembelian satu setengah tahun lalu, semuanya masih OK, kecuali satu hal, power button. Tombol powernya keras minta ampun, hingga beberapa hari lalu akhirnya gak bisa di nyalakan sama sekali, begitu dibawa ke service center divonis ganti board dengan harga hampir sama dengan pembelian baru A800. Saya saranin mending lenovo pake teknologi kaya LG, pake “knock on”, jadi kalo tombolnya rusak, bisa pakai ketuk dilayar buat nyalain handphone.

  7. Nama: Bayu F
    Domisili: Surabaya
    Ponsel: Blackberry Onyx I 9700
    Pertama sempat jatuh cinta pada keluaran pertama awal² dulu klo ga salah S880, dimana jatuh cinta karena harganya yang murmer hanya saja belum sempat meminang, setelah itu keluar P770 sempet jatuh hati pula karena baterainya yang amazepun juga ga sempet meminang. Seiring berjalannya waktu terdengar berbagai kabar miring tentang service centrenya sehingga bolak balik mengurungkan niat untuk meminang.
    Saat mendengar program trade in HP lawas saya terusik untuk mencoba menggantikan HTC Aria saya dengan Lenovo S920, yup program trade in berhasil mengantarkan saya ke pelaminan bersama Lenovo S920. Tapi itu tak berlangsung lama karena tak lama setelah berbulan madu kira² semingguan, S920 telah dipinang oleh adik ipar saya dan sampai sekarang aman² saja ?
    Kejadian aman² saja tidak berlaku pada adik saya yang meminang lenovo P780 4GB sebagai HH utamanya, kira² sebulan yang lalu HP tersebut matot, dikarenakan kesibukan yang tinggi dan nota pembelian yang terselip akhirnya memutuskan untuk mereparasi ke tukang service luar, dan diagnosanya kerusakan pada boardnya, karena harga board terlalu mahal maka dana reparasi di alokasikan untuk mencari HP lain.
    Satu waktu saat saya sempat bertanya bagaimana klaim garansi lenovo, syarat utamanya adalah nota pembelian. Yap nota pembelian, dimana kalau saya pribadi sangat jarang menyimpannya.
    Andaikan, sekali lagi kalau saya berandai² dukungan purna jual (service centre) tidak berbelit, mengkin saya akan mempertimbangkan lagi untuk membeli ato paling ga merekomendasikan Lenovo kepada teman² saya, karena harga yang dipatok saat ini kalau di komparasikan dengan dukungan service centre masih terlalu mahal. Dengan harga yang sama mendingan saya cari HP lain yang non garansi karena masih bisa dapet flagship device.
    Sekian opini saya tentang Lenovo, harapan saya ke depan semakin ditingkatkan layanan service centrenya sehingga buyer bisa merasa lebih aman dan nyaman memilih Lenovo sebagai HP utamanya dan atas sarana yang disediakan saya ucapkan banyak terima kasih.

  8. Ane pengguna lenovo p780 sudah hampor setahun… saya hanya akan mengungkapkan kekurangan LENOVO yah…. menurut saya kekurangan lenovo terutama I lini smartphone ini ada 2:

    1. Aftersales: Ini yang paling menyebalkan dari lenovo ini…. jika anda pengguna lenovo dan pernah mencoba menggaransikan lenovo ini… maka pasti anda akan tahu berapa lama ponsel anda harus menginap di service center…. paling cepat itu 1bulan, Normalnya 2 bulan, bahkan ada yg lebih dari 3 bulan…. saya berbicara ini bukan kata orang lain tapi berdasarkan pengalaman sendiri, saya pernah membawa ke p780 saya ini ke service center karena alasan dead pixel, dan mereka tidak bisa menentukan kapn selesai karena sparepartnya HARUS IMPORT dari china…. katanya paling cepat 1 bulan paling lama 3 bulan… dan pada akhirnya hp saya pun gak jadi di garansikan karena waktu yg gak jelas itu….

    2. Quality Control: alasan saya karena contohnya saja pada seri p780 SANGAT BANYAK yang mengalami dead pixel…. dan ternyata setelah saya tanya ke pengguna seri lain tepatnya s920 juga bnyak yang mengalami dead pixel ini… so menurut saya ini terjadi karena quality control yg buruk….

    Nama: Ade
    Domisili: Rancah
    HP: Lenovo P780

  9. Nama : Habibi
    Kota : Kediri – Jatim
    Model : Lenovo A800

    Saya memakai ponsel sudah 1 tahun lamanya, utk performa saya rasa cukup puas, cuman 3-4 bulan belakangan semakin lama App Android semakin rakus peyimpanan dan RAM, untuk multitasking semakin terasa berat, dan yg paling ngeselin adalah pas ada telp penting ini HP selalu hang, karena RAM penuh -_-”

    Dari sisi software, ponsel Lenovo adalah vendor yg paling pelit dalam hal update, utk update firmware aja hampir ga ada apalagi update OS, tapi untungnya utk tipe A800 ini utk Custom ROM lumayan banyak meskipun masih berkutat di ICS.

    Kamera, dng 5MP utk sehari2 sudah cukup memamadai, dan hasilnya ga jelek2 amat.

    Untuk kedepan rencana saya tidak akan membeli Lenovo lagi, karena sekarang harganya sudah relative mahal, sudah kalah dng Xiaomi, Himax,Huawai,Asus. Apalagi dng tidak ada update semakin menguatkan niat utk tidak membeli ponsel Lenovo lagi.

    Bye…bye…Lenovo ^_^

  10. Singkat saja

    Lenovo cepat rusak, p780 jatuh dikit dari tempat tidur kira-kira 25 cm langsung rusak kamera blur, touchscreen kurang responsif. HTC one X beberapa kali jatuh dari tempat yang sama tidak rusak/bermasalah. Begitu juga dengan LG G2 pernah jatuh tapi tdk bermasalah.

    HH lenovo 4 orang dari 6 orang rekan seperti didesain bukan untuk tahan lama, tiga sampai empat bulan dipake masih ok, setelah itu muncul masalah satu persatu. Jadi berpikir dua kali membeli HH lenovo.

    Untuk Laptop juga lebih tidak memilih lenovo, pernah beli netbook 10 inci lenovo s10 dipake 2 tahun sudah bermasalah keyboard, sering restart, tahun ketiga tewas. Saya juga pake tiap hari netbook asus 1000H 10 inci dari tahun 2009 sampai sekarang masih berjalan dengan baik kecuali baterenya yang hanya bertahan 10 menit.

    Btw pak HSW LG dan Lenovo minded dan anti Oppo ya :)?

    Samsul Bahri, Bandung. Ponsel sekarang: LG G2 Sprint.

  11. Saya pernah pakai Lenovo S880 yang pada waktu itu happening sebagai ponsel dengan harga murah dan kualitas baik (*bahkan mendekati terbaik). Bulan pertama dan kedua masih senang dan menikmati S880. Begitu masuk bulan ketiga….mulai ruwet karena tombol power sudah mulai harus ditekan sangat keras kalau mau menghidupkan. Ditambah ketika banyak Android sudah memakai software baru, S880 saya tidak ada perbaruan seri Androidnya. Bertahan beberapa bulan, akhirnya terpaksa saya jual karena sudah tidak tahan dengan tombol power dan software yang tak kunjung update. Dan……harganya meluncur turun drastis. Saya juga ngeri shqring dari komunitas pemakai HP ini bahwa klaim garansi lamaaaaaaa dan sering malah harus bayar. Lalu saya pindah ke merek lain.
    Beberapa tahun coba beli A369 (*berharap ada perbaikan dari Lenovo) ……dan ndak tahan karena panasnya minta ampun di body. GPS yang tak kunjung lock dan (*sekali lagi) software tak update. Akhirnya sekarang KAPOK pakai Lenovo. sempat mau coba seri lain, tapi sudah trauma. Walau sering tertarik dengan harga yang relatif murah dan fitur yang katanya sekarang lebih baik, tapi mundur lagi kalau mau beli. Adik saya yang beli Lenovo juga mengeluh. Ketika mau beli A3000 saya anjurkan untuk mundur dan mengurungkan niat demi “masa depannya”. Semoga Lenovo bisa lenoh berbenah..

    Nama :Maksi Paranggi
    Kota : Surabaya
    HP : LG L70

  12. Pak Herry, saya belum pernah pakai HP Lenovo. Tapi kebetulan kantor banyak menggunakan produk Lenovo untuk PC dan laptop. Untuk HP, saya hanya pernah megang punya beberapa teman yang kebetulan menggunakan. Saya pribadi sampai dengan detik ini belum merasa tertarik untuk menggunakan HP Lenovo karena beberapa sebab:
    1. Dari segi produk, belum ada type HP Lenovo yang benar benar menarik hati saya. Baik dari segi fitur, bentuk maupun harga.
    2. Dari segi after sales service (service centre) yang saya dengar selama ini reputasi SC Lenovo masih sangat kurang dibanding merk lain. Memang kualitas SC bukan segala nya, jika produk nya baik, SC tentunya adalah faktor yang tidak perlu dipikirkan. Tapi SC yang baik setidaknya akan memberikan ketenangan seandainya ada sesuatu yang terjadi pada HP yang kita gunakan.

    Nama Ridwan Wijaya
    Domisili Cimahi – Bandung
    HP Blackberry 9790 aka Bellagio

  13. saya belum pernah punya ponsel lenovo. pada saat akan memiliki ponsel android perdana, lenovo masih belum terjangkau oleh anggaran yang saya tetapkan. kini beberapa produk Lenovo sepertinya cukup terjangkau, tapi kalau melihat logonya yang segede gaban *lebay* di bagian depan ponsel dengan font yang tidak eye catching, saya masih enggan meminangnya *kecuali merek Lenovo sekuat Apple.
    desain Lenovo juga tidak khas, seperti asal kotak. di samping itu tidak ada kehebohan yang diciptakan lenovo seperti xiaomi misalnya, dengan MIUI yang “bukan android biasa” atau pengalaman unik kalo menggunakan ponsel lenovo, entah di softwarenya sendiri atau aplikasi tertentu.

    Arif Rakhman
    Malang
    Cross A7S *dengan berbagai cusrom yang pernah dicobakan

  14. Pertama kali tertarik dengan Lenovo ketika saya melihat P770 milik teman. Saya naksir kapasitas baterai nya. Mengingatkan ponsel Phil*ps milik saya dulu yang tahan seminggu.

    Saya ingin mengganti gadget bawaan harian saya (1 handset BB dan satu Tablet) hanya dengan hanya satu gadget. Pilihan jatuh pada Lenovo P780 8GB.

    Awalnya karena banyak ‘racun’ beredar di milis gadget yang saya ikuti. Isu yang beredar saat itu P780 8GB sangat worth to buy karena harga yang dipatok penjual sama dengan versi 4GB. Lain dari itu saya naksir kapasitas baterai nya yang 4000mH.

    Komentar miring miring tentang QC yang lemah (dengan banyaknya unit P780 dengan cacat deadpixel atau layar bocor) tidak saya hiraukan. Dan ternyata unit yang saya peroleh dengan harga 3.3 terdapat PIXEL yang bermasalah. Buat saya gak masalah “I can live with that”. Baterai yang mumpuni telah menutupi mata saya atas ketidak sempurnaan unit yang saya pakai.

    Saya menggunakannya untuk mengirim foto liputan di lapangan. Baik hasil kamera P780 maupun DSLR dengan menggunakan OTG yang tersambung ke CF card reader saya. Semua berlangsung lancar.

    Setiap minggu saya PP Jkt-Bdg-Jkt menggunakannya sebagai alat navigasi dengan applikasi Waze app sangat membantu memantau kondisi lalin yang saya lewati.

    Saya menyukai bentuk desain dan built P780. Terasa kokoh, solid dan desain yang elegan. Beberapa kali unit ini sempat terlepas dari genggaman mendarat di atas lahan parkir. Atau terlepas dari gadget holder saat di pasang di dashboard kendaraan. Terdapat tanda luka di sana sini. Still working.

    Setelah hampir setaun. Kinerja nya mulai terasa menurun. GPS tidak akurat lagi. Waze app tidak akurat mengikuti pergerakan saya di jalan.
    Pendaran sinar di layar tampak semakin tidak merata. Sangat tampak jelas ketika kita membuka blank document pada office app.

    Genap setahun saya terkena racun Lenovo lain. Bulan lalu saya beralih ke Vibe Z. bedanya terasa banget. Sangat gegas. Jauh dibanding hp sebelumnya. Navigasi Waze app, olah foto, kirim gambar, kirim video, semua dilakukan dengan waktu yang cepat. Walaupun diperlukan adaptasi sedikit karena kebiasaan mengoperasikan dengan satu tangan tidak begitu nyaman lagi.

    Kemampuan Baterai memang tidak seperti P780. Berangkat kerja pagi. Magrib tiba, Vibe Z saya harus segera tersambung ke Charger. Sementara dengan hp lama hampir 24 jam masih tersisa beberapa bar. So far tidak ada keluhan berarti dengan Vibe Z saya.

    Selain baterai. Bodi yang serba plastik pada Vibe Z memberi kesan murah. But again, I can live with that.

    Official Update OS secara OTG dari JB ke Kitkat pada P780 2 bulan lalu cukup memberi kejutan buat saya. Sementara untuk Vibe Z mah saya anggap wajar lah.

    Belakangan saya bermaksud menyervis P780 8GB saya. Tapi niat saya ciut begitu banyak (setidaknya) di milis gadget yang saya ikuti ttg kualitas layanan service center Lenovo.

    Saya tidak (atau belum) memiliki pengalaman pribadi dengan service center Lenovo. Tapi pernah dengan merk Sam**ng yang sangat memuaskan. Begitu banyak keluhan ttg aftersales service Lenovo dan banyaknya produk baru dari kompetitor saya kira akan membuat posisi Lenovo di pasar Indonesia terancam. Semoga Lenovo Indonesia bisa mendengar keluhan konsumen yang satu ini.

    Tabik
    Yogi Ardhi
    Bandung
    Pengguna Vibe Z dan P780

  15. Nama: eko
    Kota domisili: cilacap
    Ponsel utama yang sedang dipakai: LG L70

    sebetulnya setiap mau ganti hp, satu/dua thn skali, saya selalu mempertimbangkan hp2 dari merk Lenovo, akan tetapi karena saya suka mensurvei suatu produk sebelum membelinya, maka selalu saja saya tidak jadi beli hp dari merk Lenovo, karena dari hasil penelusuran saya dari review review di YouTube, kaskus, blog blog seperti milik bpk herry sw ini, dan situs situs technology di media online, mereka selalu dan selalu mengutarakan/ komplen hal yg selalu sama, yaitu; Masalah Purna Jual. misalnya kalau hp ini rusak maka harus dibawa kemana dan berapa hari menginap di service center. merk Lenovo kurang atau tidak piawai dlm menghandle masalah ini.
    itulah sebabnya saya tidak pernah beli hp merk Lenovo.

  16. Saya sudah mempunyai 4 smartphone lenovo, P700i, P770, P780, dan Vibe Z, dan semua smartphone itu baik.
    Kami tdak berharap Smartphone kami rusak, tapi jika tidak sengaja smartphone kami terjatuh baik ke lantai atau air, kami berharap lenovo punya service center dimana-mana, khususnya samarinda.

  17. Saya termasuk pengguna gadget yang sangat selektif. Saya juga tipe pengguna yang tidak suka ganti-ganti gadget. Selain malas adaptasinya, urusan dompet juga salah satu faktor 🙂 Saya menghabiskan waktu lebih dari tiga bulan sebelum akhirnya memutuskan untuk meminang Lenovo P780 8 GB. Dalam tiga bulan tersebut saya men-survey banyak smartphone melalui tabloid dan internet. Secara khusus saya sering mengunjungi blog ini dan berkonsultasi dengan Pak Herry SW.

    Pengalaman saya, dengan men-survey smartphone sebelum membeli, sense of belonging dan rasa puas ketika memiliki smartphone akan meningkat. Tahun 2009, saya membeli Nokia 5630 Xpress Music, dan sampai saat ini handphone tersebut tidak pernah mengecewakan saya dan masih saya pakai khusus untuk menemani tidur saya tiap malam dengan alunan musiknya.

    Menyadari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang makin cepat, saya memutuskan untuk membeli smartphone. Awal 2014 saya mulai men-survey smartphone apa yang harus saya beli. Prinsip saya, smartphone yang saya beli harus awet, kuat, fitur dan fungsi yang mumpuni, dan tidak ketinggalan jaman sampai minimal tiga tahun ke depan (kan saya nggak suka ganti-hanti gadget). Spesifikasi yang saya butuhkan saat itu: Android, baterai tahan lama (saya nggak suka pake power bank, ribet), OTG (on the go), kamera minimal 5 MP, dual sim card, ppi min 300, musiknya excellent, dan harganya maksimal 3 juta.

    Ketika melihat tabloid, jujur saja, banyak merk yang menggoda. Namun, yang bikin saya kepincut sama Lenovo P780 adalah smartphone ini merupakan OTG termurah yang baterainya 4000 mAh!!! Saya langsung jatuh cinta sama ini smartphone. Yang membuat saya makin suka dengan smartphone ini adalah tutup baterainya yang terbuat dari metal dan layarnya yang terkesan borderless, jadi makin kelihatan kokoh, eksklusif, dan ramping meski layarnya 5”. Fiturnya pun lengkap dan memuaskan. Sampai sekarang saya tetap bangga dengan Lenovo P780. Sama sekali tidak ada keluhan berarti. Pernah suatu ketika saya pasang kabel OTG untuk lihat video dari flashdisk, orang-orang pada heran. “Hapemu diapain?” “Kok bisa gitu?” “Punyaku kok ga bisa ya?” “Canggih ya”. Komentarnya macam-macam. Padahal smartphonenya lebih mahal. Masalah keluhan, rasanya kok gak terasa ya. Orang bilang panas lah, dead pixel lah, gampang hang lah, saya bilang nggak tuh. Jujur saja, punya saya masih bisa menandingi smartphone yang harganya 5 jutaan. Menurut saya smartphone ini sudah cukup memuaskan saya. Percuma kan beli smarphone sampai 8 jutaan tapi fiturnya tidak di-explore dan diaplikasikan secara maksimal.

    Memang tiada gading yang tak retak. Apa yang dialami Pak Herry SW soal fokus video yang kurang gegas terjadi pada Lenovo saya. Tapi, titik lemah ini tidak bisa menutupi semua kelebihan yang ada didalamnya. Lenovo P780 tetap setia menemani hari-hari saya. Two thumbs up for Lenovo!!!

    Adrian Nugraha
    Surabaya
    Lenovo P780 8 GB

  18. Pengalaman saya merekomendasikan handphone Lenovo sangat gimana gitu.

    Rekan yang akhirnya tergoda untuk menggunakan Lenovo S560, berakhir rusak hanya dalam waktu hitungan minggu (belum 1 bulan).

    Dibawa ke service center resmi @ skybee, setelah pengecekan disampaikan terkena air dan harus diganti layar + board. Harga harus menunggu dari Lenovo, setelah menunggu 2 bulan lebih tanpa kepastian, akhirnya dibatalkan (masih kena biaya loh). Akhirnya ponsel tersebut mati Suri. 🙂 saya kapok merekomendasikan Lenovo.

    Hal lain, dukungan firmware juga kalah dari merek lain. Sepertinya Lenovo lebih mementingkan menjual product baru dan melupakan after sales service.

    Saran:
    Pastikan komitmen service center untuk memperbaiki ponsel rusak.
    Dukungan firmware lebih dimantapkan.

    Terima kasih.

  19. Sebenarnya untuk laptop, saya percaya dengan lini ThinkPad dari Lenovo, bahkan sejak lini tersebut masih diproduksi IBM. Namun demikian, kepercayaan itu agaknya belum menurun ke lini ponsel buatan mereka. Bukan apa-apa, kebanyakan lini ponsel mereka masih menggunakan SoC dari Intel dan Mediatek, yang mana keduanya dikenal agak “pelit” soal kode sumber perangkat. Ketersediaan kode sumber perangkat memungkinkan para pengembang mendukung ponsel jauh setelah masa dukungan resmi dari vendor selesai (misalnya, SoftBank 003Z saya dengan SoC legendaris dari Qualcomm, MSM7227, hingga saat ini masih menerima pembaruan Android 4.4 KitKat dari komunitas). Sekalipun beberapa jenis ponsel Lenovo menggunakan SoC Qualcomm, saya merasa ponsel-ponsel tersebut di luar jangkauan dana saya, hehehe.

    Saya berharap, suatu hari kelak Lenovo menciptakan ponsel tahan banting dengan fitur berorientasi bisnis, dan dijual dengan lini ThinkPad. Tablet ThinkPad dengan Android dan Windows telah tersedia dan kualitasnya memang senada dengan laptop ThinkPad; tahan banting dan berfitur a la bisnis meski mahal. Jika seri ThinkPad tersedia dalam bentuk ponsel, saya mau meminangnya selama harganya masih masuk akal.

    Oh iya, nama saya Dai, berdomisili di Bandung. Saat ini ponsel saya SoftBank 003Z dari Jepang.

  20. saya pernah tertarik dengan lenovo, waktu itu seri s890, smartphone yg worthed to buy drpd samsulyang overprice…cuman setelah coba barangnya jadi kurang tertarik karena interfacenya kurang menarik dan aftersalenya emang kurang jelas..akhirnya pilihan jatuh ke lg l7 II dual…

  21. setahun ini saya LENOVO S880 , cukup handal ,operasinya mudah…..mudah untuk tambah aplikasi >>> bisa masuk kesistem tanpa harus di ROOT (beli di Global teleshop)
    sayangnya , layanan servis kurang (disemarang , dulu servis Lenovo SMARTPHONE beda dengan TABLET dan KOMPUTER)……..sparepart juga sulit (batere cadangan) , semoga kedepannya sistem pelayanan servis dan partnya bisa diperbanyak dan banyak.
    sekarang selingkuh 😀 dengan Redmi 1s ….tapi S880 masih tetep pendamping .

    tjipto muljono
    semarang
    Lenovo S880 dan Redmi 1s

  22. Halo Pak Herry,

    Saya pemilik Lenovo P780 8GB pembelian Desember 2013, sejak pertengahan Agustus 2014 tiba tiba LCD blank sebagian dan bersemut. Tanggal 27 Agustus 2014 saya mendatangi service center Lenovo di Gedung SkyBee One, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Customer service yang menerima HP menyimpulkan LCD HP tersebut bermasalah dan kemungkinan perlu diganti, karena Fisik HP terlihat mulus menandakan HP tersebut tidak pernah terbentur keras dan masih di garansi. Waktu service di perkirakan oleh cs tersebut adalah 14 hari kerja.

    Setelah dua minggu saya mencoba SMS service center Lenovo untuk mengetahui status HP, saya mendapatkan balasan untuk menunggu pengerjaan selama 14 hari kerja lagi. Setelah 14 hari kerja lagi, aku coba SMS ke service center, namun tidak mendapatkan balasan. Aku coba telp ke service center, namun tidak pernah diangkat. Pada pertengahan Oktober 2014 aku coba sms & telp ke service center Lenovo, namun tetap tidak ada balasan

    Pada pertengahan Oktober 2014 saya juga mendapati ada teman kantor yang memiliki tipe HP yg sama dan mengalami kerusakan, setelah bertanya2 ternyata ada 5 orang di kantor yg memiliki tipe HP yang sama dan semuanya pernah atau sedang mengalami kerusakan.

    Sebelum beli, dari media sebenarnya sudah sadar kalo Service Center Lenovo memang kurang bagus, cuma karena banyak yg beli Lenovo di kantor dan built quality untuk seri ini terlihat lebih bagus, harapannya dengan perawatan yang baik bisa awet hp ini (HP sebelumnya masih pada lumayan mulus). Tadinya karena cuma 2 dari 5 yang rusak dan ada faktor kesalahan user juga, masih okelah, namun ternyata satu per satu yang lain ikut rusak LCD/mesin,/sinyal.

    Kesimpulannya, coba dipikir berkali kali kali lah sebelom beli lenovo, Dari kejadian ini saya simpulkan Kualitas HP Lenovo sangat mengecewakan, begitu juga dengan kualitas Service Centernya. sungguh disayangkan padahal kemampuan baterenya luar biasa sekali
    jadi bingung kalo mau ganti ke tipe HP yg lain.

    Nama : Sami
    Domisili : Jakarta
    HP : SE Xperia Arc (Tadinya Lenovo P780)

  23. saya belum pernah memiliki ponsel lenovo tetapi hampir memiliki ponsel lenovo, saya sebelum meminang salah satu hp pasti cari2 info terlebih dahulu termasuk di tempat pak herry. Untuk lenovo saya tidak meragukan sama sekali, bahkan untuk masalah pc saya lebih mempercayakan lenovo atau acer (mungkin karena sreg/suka aja dan pertimbangan2 penting lainnya). Alasan saya belum meminang lenovo untuk dimiliki karena 2 hal yaitu yg pertama karena cpunya masih menggunakan mediatek (kecuali k900,k910 itu yg baru saya ketahui) mungkin untuk masalah cpu bisa beli k900 dan k910, tapi saat akan meminang k900 cari dimana-mana semua stok habis sedangkan untuk k910 budget tidak memadai dan yg kedua karena launchernya berat banget (berdasarkan penuturan teman yg memiliki dan saya mencobanya sendiri). Itulah alasan saya tidak meminang lenovo sebagai hp, tapi saya tetap percaya akan kualitas lenovo

    nama : Alfan
    kota : Sragen
    HP : LG G2 Mini

  24. p harry, ijinkan saya share dikit, pngalaman pke smartphone lenovo..,
    lenovo, merk yg lebih saya kenal sbg produsen PC, sebelumnya, sempat pgn nyoba pke lenovo awalnya, tpi blm keturutan.., hingga suatu saat, pas lgi seminar dr supplier, saya dapet sebuah smartphone yakni lenovo s660.., waktu itu saya msh pke xp. ray dan acer z3.., dan msh berharap memiliki asus zen series (barang msh superlangka, dan saya preorder, g dateng2).., lenovo s660, impresi fisik cukup lux, dgn casing metal grey, quadcore procie MTK, 1Gb RAM, 8 GB rom, diliat dr spec&tampilanny, saya berharap, ini smartphone yg special..,
    namun, kenyataan, g sepenuhny begitu..,

    sektor kamera, suer, s660 kacau bnget kl u capture image, obyek harus bner2 diam, agar didapat gmbar yg ga blur.., beda bnget sm xp ray saya. pdhl sensor sma menggunakan 8 Mp.., hadeew

    soal GPS, ntah krn karakter procie MTK ato apa, lock sinyal GPS ny, luuuuamaaaa bnget, beda bnget sm xp. ray yg pke snapdragon dan (hp sya skrg) asus zen5,

    ringtone tidak bisa dipersonalisasi

    padahal, dari segi desain, pertama kali liat lenovo s660, saya lngsung tertarik, dan berharap performance yg sebanding. hehehe
    mohon maaf, akhirnya g nympe seminggu, s660 dgn terpaksa saya lego jg.
    saran kritik saya u lenovo :
    – lenovo smartphone seharusnya memiliki desain ikonik yg merupakan brand signature corporatenya.
    – u kapasitas btre, lenovo sudah bagus, namun lebh mantab lagi jika manajemen daya perlu dioptimalkan.
    – penggunaan procie yg lebih bersaing terkait perfomanceny
    – trllu bnyk smartphone lenovo yg menyasar low class, shingga mindset konsumen cnderung miring..(opini pribadi)
    – update OS terkesan lamban
    – coba deh, u gimmick marketingnya, segmentasinya diperjelas, mungkin dibedain dri kebutuhan konsumenny, misal: audiophile smartphone, photography smartphone, navigator smartphone, allrounder(outdoor) smartphone, multimedia smartphone, gaming smartphone, highend smartphone(vibe series), superhighend smartphone dgn customisasi (macam virtu).. kok jdi ngelantur, hehehe

    sekian, terima kasih

    ari purwanto
    tangerang
    asus zen5

  25. Saya menggunakan lenovo A3000 tablet 7 inch
    Bagus sih
    Quadcore ram 1Gb sampai skrg masih berasa smooth
    Buat maen fifa, gane hd masih kuat meskipun terkadang lag dikit

    Yang ingin saya pertanyakan adalah sisi hardware apa lg screen nya
    Jatuh kira” 70-80 cm touchscreen ga bsa d pakai
    OMG!
    Sangat menyesal sih rusak tuh leny A3000
    Padahal bagus
    Oh ya bagus nya lg dia ga gampang panas..
    Di buat main cuman hangat batterynya pun juga bagus u/ daya tahannya
    Di banding tab s loh pdhal harganya 1:3 hehe

    Sekian..

    Kelvin
    Surabaya
    Galaxy S4

  26. Lenovo p780 adalah gadget saya saat ini yang cocok menemani aktifitas yg jauh dari Sumber listrik. Cukup tangguh menjalankan beberapa aplikasi, seperti 2 WA, 2 BBM, Tapatalk, aplikasi email bawaan dgn 3 akun, 5 akun gmail, DLL.

    Sudah beberapa kali update firmware lewat OTA.
    Tapi ada beberapa keluhan:
    1. Kadang suka ngelag, restart sendiri, juga saat mengetik keyboard suka hilang sendiri
    2. Notifikasi ganda. Misalnya notifikasi WA, walaupun WA sudah dibuka, Tapi notifikasi tidak hilang
    3. Walaupun blm pernah betmasalah dgn produk lenovo (ini gadget ketiga saya), Tapi saya sering mendengar cerita tentang service center yg Kurang memuaskan.

    Secara keseluruhan, saya puas dgn spec, performance VS harga

    Semoga kedepan, lenovo jadi lebih baik dan harga yg lebih bersahabat..

    Salam,
    Endang Iskandar
    Bekasi
    Lenovo P780

  27. budi, surabaya, lenovo a369
    Ini hp android saya A369, sebelum membeli saya sempat browsing cari-cari info hp yang murah tapi bagus. Akhirnya saya bertekat memilih A390, sialnya ketika akan membeli produk tersebut discontinued, akhirnya pilihan berubah ke A369. Pilihan ke hp ini ternyata diikuti oleh banyak teman yang kemudian membeli merk dan type yang sama.
    Ada kejadian 2 teman yang memiliki hp ini rusak, lcd tidak bisa nyala sehingga harus dibawa ke sc selama 3 minggu. Salut buat sc lenovo, tidak sampai sebulan hp sudah bisa normal kembali tanpa biaya apapun. Menurut saya kerusakan yang terjadi karena pemakaian yang salah, ketika hp sudah panas (minim sinyal dan lowbat) tetap dipaksa untuk bekerja dan proses charging hp tetap nyala.

    + murah,
    + tahan banting
    + performance sangat bagus (dibanding samsung core teman yg harganya 2,5)
    + mudah dicustom, root dsb

    – kamera jelek
    -battery cuma 1500mAh

    sedikit review untuk type lain punya teman,
    type K900: bodi ponsel panas luar biasa, kulit tangan bisa terbakar, itu terjadi bila digunakan untuk main game
    P770 dan P780: ponsel dengan battery terkuat yang beredar di indonesia, sayang banget yang p770 sudah discontinued

  28. Salam,

    Pernah make Lenovo A516 *sudah agak lama, maaf kalo salah type, waktu beli termasuk tidak murah lho, 1,7 jt
    Yang jadi masalah, ternyata butuh kesabaran ekstra, ingat pertama makai android dgn spec cukup jauh dibawah nya spt Proc paling hanya 600Mhz single, RAM kayanya dibawah 256MB, tp koq lebih smooth ya
    Setelah berjuang sendiri, dgn bantuan Om Gugel….berhasil di Root dan ganti ROM – Custom ROM, baru deh agak mendingan, tapi tetap saja kalo pas butuh kerja agak ekstra….ya harus copot batt lho………kaya si buah2an jadinya hahahaha

    2 apa 3 bulan yah, akhirnya nyerah kesabaran saya, sejak saat itu….koq jadi agak gimana dengan Lenovo, justru utk saya malah tambah ngeri dengan yang harga 3,4 bahkan 5 jt-an utk sebuah Lenovo

    Maaf ya Lenovo, kecuali kasih saya bukti yang sangat nyata……..hehehehe

    Semoga Lenovo kedepannya bisa lebih maju, bahkan untuk type yang harga dibawah 1 jt bisa bersaing dengan performa yang mantap

    Terima kasih

    Yustinus
    Jakarta
    Palm Treo 755p

  29. Nama : Rahadian Masaliha
    Kota domisili : DKI Jakarta
    Ponsel utama yang sedang dipaka : Lenovo A390

    Saya beli Lenovo A390 ini bulan Agustus tahun lalu, saat itu saya sedang mencari ponsel cadangan untuk menemani tablet saya, dan setelah menimang2, pilihan jatuh kepada A390 yang saat itu baru keluar.

    Spesifikasi yang ditawarkan untuk ukuran saat itu sangatlah kencang dengan harganya yang hanya Rp 1.299.000,-. Dengan harga semurah itu, saya sudah mendapat processor 1 GHz, RAM 512MB yang benar2 500MB (biasanya di ponsel dengan GPU Adreno, RAM tinggal sisa 400MB), GPU yang kuat play 720p dengan lancar, layar 4″ yang warnanya bagus dan jernih, serta bodi yang seperti ponsel dengan harga 2 juta keatas.

    Kesan2 terhadap ponsel ini, overall cukup memuaskan. Saya suka bodinya yang lebih berkesan berkualitas &l mahal dibandingkan seri A369/A316 yang sekarang. Layarnya juga jernih dan cerah. Performa juga sangat memadai sampai sekarang, untuk game agak berat juga masih sanggup. RAM pure 500MB lah yang membuat ponsel ini minim lag dibandingkan ponsel lainnya dengan RAM 512MB namun dipotong untuk memori GPU.

    Namun, terdapat juga kekurangan-kekurangan yang agak menggangu, seperti bug pada multitouch yang tidak bisa berfungsi jika tangan mencubit di posisi sejajar horizontal. Terkadang ponsel juga agak panas ketika dipakai untuk chatting/browsing, dan daya tahan baterai bisa dibilang boros. Aksesori bawaan seperti charger & kabel data juga sudah rusak semua, dan port charger pada ponsel sudah melonggar metalnya, sehingga micro USB suka terlepas dari portnya.

    Adik saya juga memakai produk Lenovo S820, namun agak kurang memuaskan. Batere boros, aksesoris seperti handsfree, kabel, charger, kualitasnya seperti milik ponsel lokal, dan baru sekali jatuh, kaca Gorilla Glassya langsung pecah. Sungguh menyedihkan, padahal baru beberapa bulan umurnya.

  30. kebetulan sekali saya salah satu pengguna ponsel merk lenovo yaitu lenovo a800..

    awal nya sih saya ragu dengan ponsel merk lenovo karena waktu itu banyak yg bilang kalo ponsel dr produsen china itu memiliki kualitas yg jelek dan gampang rusak.

    kebetulan waktu itu saya browsing dan saya agak tertarik dengan spesifikasi lenovo a800. Dan saya mencoba mencari beberapa review di beberapa situs maupun blog salah satunya di blog nya pak herry ini.

    setelah saya membaca beberapa review saya jadi kurang yakin karena ada saah satu yg mengatakan kalau kualitas pelayanan service center yg kurang memuaskan bila suatu saat ada kerusakan. butuh waktu yg lumayan lama untuk perbaikan.. tapi pada waktu itu yg lebih saya pertimbangkan adalah harga yg murah dapat spesifikasi yg lumayan akhirnya saya beli ponsel lenovo tsb.

    sejauh ini saya sangat puas dengan ponsel ini.. dan saya rasa pada saat itu lenovo a800 merupakan salah satu smartphone dengan harga yang termasuk murah dikelasnya… dan kualitas pun juga lumayan bagus… terbukti sudah beberapa kali ponsel saya terjatuh dan tidak mengalami kerusakan, paling cuma tergores sedikit tetapi masih berfungsi normal..

    kekurangannya adalah sampai saat ini pihak lenovo tidak pernah memberikan update OS untuk lenovo a800, jadi sampai saat ini os nya masih tetap ICS 4.0.4 .
    kekurangan lainnya cuman di ram nya saja yg kurang besar sehingga tidak bisa menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan… tetapi kekurangan tsb menurut saya sangat wajar mengingat pada waktu itu dengan dengan spesifikasi tsb tergolong sudah murah..
    walau dengan ram yg hanya 512 MB dan prosesor mediatek… kalo ponsel digunakan standar apa ada nya ponsel memang terasa lelet, tapi kalo kita utak atik sedikit ponsel terasa lebih enteng dan terasa lebih cepat… tapi kita harus siap kehilangan garansi karena memerlukan proses rooting..

    dari awal tahun 2012 sampai sekarang ponsel saya belum pernah mengalami kerusakan, jadi saya tidak bisa mengomentari kualitas pelayanan service centre nya lenovo.
    sangat puas saya menggunakan ponsel lenovo ini.

    nama: Sriyanto
    Kota domisili : Sukoharjo
    Ponsel utama yang dipakai: Lenovo A800

  31. Ketika membaca berbagai review gadget di banyak situs teknologi, saya selalu tertarik dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh lenovo. Namun bagi saya yang kebetulan “seorang tunanetra” lebih mengutamakan aksesibilitas pada gadget tersebut. dari sekian banyak review gadget yang saya baca, tak satupun yang mengulas mengenai hal tersebut, termasuk lenovo, padahal aksesibilitas merupakan suatu fitur yang sudah disediakan pada OS android (setting > accessibility).
    dari pada saya beli barang mahal dan tidak akses, lebih baik saya beli gadget dengan harga murah tapi aksesibel.
    suatu ketika niat saya sudah benar-benar diujung tanduk untuk membeli lenovo karena kebetulan ada rejeki lebih.
    namun tiba-tiba kawan saya (seorang tunanetra) datang ke rumah untuk minta bantuan saya mengaktifkan talkback dan mengaturnya agar enak dipakai.
    saat itu ia membawa lenovo a526 (kalau tidak salah ingat). maka itulah awal gugurnya niat saya membeli lenovo.
    saat itu talkback sudah berhasil diaktifkan. namun ketika masuk ke menu (apps) talkback tidak dapat membaca items menu yang ada.
    talkback hanya mampu membaca item menu pada home screen, namun tidak pada menu apps.
    hal ini sangat mengecewakan. agar talkback dapat membaca item-item pada menu apps, saya harus mengganti louncher-nya dengan yang lain seperti apex louncher atau nova louncher. hal demikian tidak atau belum saya jumpai pada device keluaran smartfren (andromax) dan samsung, bahkan asus dan beberapa merek lain.

    saya hanya berharap bahwa lenovo tidak mengabaikan mengenai aksesibilitas. ini berguna bagi banyak orang.
    buat apa hardware dan spesifikasi bagus selangit tetapi kalau tidak bisa digunakan oleh berbagai kalangan.

    Nama: aris yohanes elean.
    Domisili: jakarta
    device: andromax g2-qwerty.

  32. Saya memakai produk tablet Lenovo SH6000. Keuntungannya karena layar besar 10,1″ yang sangat cocok untuk mata minus seperti saya, kapasitas baterei 6000-an yg walaupun besar namun karena selalu saya pakai, dicharge 2x sehari.

    Tapi beberapa waktu lalu saya cukup kaget dengan layar depan yang menunjukkan tablet eror (dengan gambar robot android) padahal baru selesai saya charge, dan pemakaian belum cukup sebulan. Seingat saya tidak pernah jatuh. Panik, saya minta saran pada laman page Facebook Lenovo Indonesia dan disarankan untuk bawa service saja. Bingung, karena saya tinggal di kota kecil, mau service di mana?

    Akhirnya saya coba peruntungan setelah membaca artikel di google untuk hard reset. Setelah menekan hard reset, yang muncul tulisan mandarin semua. Tambah bingung, saya pilih menu secara acak. Setelah mengulang hard reset ke-3 kali, tablet berhasil hard reset dan kembali normal sampai saat ini.

    Tablet saya khususkan untuk gaming dan membaca online. OS masih Jelly Bean dan belum mendapat update, entah kapan tapi saya tidak masalah selama tablet tidak eror lagi. Info RAM sewaktu buka dos 28-an GB dan tidak saya pasangi ekternal memori. Hampir 4 bulan memakai Lenovo dan cukup puas, walau sempat mengalami eror.

    Nama : Sinta
    Kota : Parepare, SulSel
    Ponsel Utama : Sony Xperia Miro

  33. saya pengguna tablet lenovo a 3000h sudah setahun pakai ini tablet alhamdulillah gak ada erorr, intensitas penggunaan tiap hari. browsing, main game 3 real racing lancar jaya clash of clan juga, masalah service center mudah mudahan gak pernah berurusan.
    harapan lenovo punya inovasi baru dalam hal apa saja supaya menjadi pelopor, misal hp ber lte 4g murah, hehehe

    elvin prasetyo
    sidoarjo jatim
    tablet a3000h

  34. Dulu pertama smartphone Lenovo masuk Indonesia saya sangat antusias, dengan nama besar Lenovo di produk komputer jenjang. Saya dulu pernah mau meminang p770 tertarik karena kapasitas baterai, saya cari rekomendasi dan menemukan banyak yang punya masalah meng lock GPS. Urung saya beli. Pada suatu hari ada temen yang tanya pendapat saya smartphone apa paling recomend di kisaran harga 1 juta, saya langsung jawab Lenovo, akhirnya beli yg tipe A berapa gt lupa. Saya tes juga lumayan di atas sedikit performa nya daripada S*ms*ng tipe Young dan sejenisnya. Semua tertarik dan 3 teman saya membeli dengan tipe yang sama, waktu itu saya ngincer p780 dan wait and see. 5 bulan salah satu temen saya tadi bilang Lenovo nya hang dan tak bisa nyala sama sekali, saya flash dan normal. Ada yg datang lagi 1 temen saya minta bantuan , Lenovo nya ada dead piksel, tidak bisa di sentuh, saya kalibrasi juga tetap, saya coba flash dan normal kembali. Jarak 1 minggu seperti itu lagi dan saya flash lagi normal, dan di jual. Cuma 1 temen saya yang masih “adem ayem”. Walaupun jauh tipe A dengan P780 saya jadi mikir juga. Dan akhirnya saya meminang LG L90 karena dia pakai Snapdragon dan Service Center nya salah satu yang terbaik . Lenovo desain nya bagus, harga dengan spesifikasi juga menarik, apalagi ada tipe tertentu dengan memberikan baterai kapasitas besar. Saya belum pernah mencoba Lenovo secara keseharian, tapi image merk Tiongkok agag membuat saya agak sedikit ragu bukan berarti semua merk Tiongkok jelek. Andai Lenovo meninggalkan MTK, semua memakai misal prosesor Snapdragon mungkin sedikit demi sedikit memecah image itu. Walaupun Lenovo punya nama besar, image seperti itu masih ada, andai Lenovo tak hanya ber iklan spesifikasi tapi ber iklan jaringan dan kualitas Service Center nya.

    Nama : Erisfika Bahrul Hikmah
    Domisili : Jombang
    Hp sekarang : LG L90

  35. saya memiliki hp lenovo pertama yaitu Lenovo S930. pertama-tama sih nich HP sempurna banget, layar besar, tipis, speaker double dan ringan. tapi seiring berjalan waktu, sepertinya tipisnya hp ini tidak diiringi dengan teknologi yang bagus, yaitu baterai.

    removeable battery lipo yang digunakan sangat mudah sekali berubah bentuk, apabila sering kita taruh di saku celana, dimana dalam keadaan tertentu memiliki tekanan, ya, semacam “bend gate” dalam kasus iphone 6+, bisa melengkung, berubah bentuk. akibatnya layar hp menjadi terangkat karena ditekan oleh baterai yang berubah bentuk.

    saya ingin bawa ke service center, tapi saya yakin pihak service center akan menyalahkan customer karena sudah diketahui umum service center hp lenovo “buruk”. padahal ini merupakan kesalahan pabrik, dimana baterai lipo yang digunakan sangat lembek, sehingga gampang berubah bentuk.

    andaikata bisa, saya mau buktikan baterai bermasalah ini ke lenovo, dan mendapatkan perbaikan gratis dari lenovo service center.

    nama : fajar edisya putera
    domisili : jakarta
    ponsel utama : zte nubia z7 max

  36. sy pny lenovo a859. secara build quality, kamera & layar lumayan lah, kurang.y paling speaker yg keras tp sember serta volume mp3 player bawaan suka turun naik sendiri. masukan buat lenovo sih sma kya temen2 yg lain, servis centre & prosesor harus ditingkatkan lg. tolong jgn pake mtk lagi lah, katanya quadcore tp ngelag sana sini. pke snapdragon jauh lebih bagus, toh snapdragon jg skrg ada s200 & s400 yg low cost budget tp ttp powerfull. terima kasih

    nama : ilham
    kota : bandung
    ponsel utama : moto E (yg ternyata jauh lebih smooth ui & gaming.y dibanding a859, pdhal hrg.y murahan moto)

  37. Nama : Loh dengan masamasalah vemenurut
    Domisili Makassar

    Hampirbegitu uarga saya anak istri memakai smartphone Lesiapa tahuo dan beberapa kemenakan saya saya sarankan karena harganya berbanding spek. Hp yg di dapat lebih bagus dari kompetinya.
    Tapi kepercayaan saya sekarang jadi luluh karena pelayanan servis centernya di makassar.

    Lenovo S890 anak jatuh hingga port usbnya bermasalah, akhirnya saya bawa ke servis centernya dikatakan garansi tdk berlaku walaupun masih ada tapi karena jatuh akhirnya void. Oke saya tdk permasalahkan karena kesalahan anak saya. Tapi ternyata harus menunggu 1 bulan. Ok juga no problem juga. Akhirnya saya belikan sekali lagi lenovo s920 pengganti buat anak saya. Sembari menunggu barang servis. Sebulan kemudian S890 nya selesai dan ternyata masih di garansi.. Syukur.. Sampai saat itu saya kasih jempol buat lenovo pusat. Sampai sampai saya testi di teman teman mikis kalau lenovo bagus servis centernya. Tapi itu tdk berlangsung lama. S920 anak saya tdk bisa di charge. Tidak pernah jatuh dll. Tidak ada penyot dll. Saya bawa ke servis. Center lagi dan dikatakan garansi void karena usb portnya lagiii bermasalah dan biayanya 1, 8jt. dengan masalah menurut saya yang awam kok bisa begitu. Saya meminta di kirim lagi ke jakarta siapa tahu di ganti juga. Ternyata handset tersebut di simpan dan tdk ada tindakan yg dilakukan oleh petugas disana.
    Saya kecewa betuL.
    Seperti beli lenovo seperti beli barang BM saja non garansi.
    Good bye lenovo. Baru saja beli samsung buat anak saya biar lebih mahal tapi moga moga servis center tidak sekaliber lenovo yg jelek bgt. Terjelek dari servis center dari beberapa merek handset yang pernah saya kunjungi.
    Bahkan lebih jelek dari handset merek lokal walaupun hanya di counter mall di kios yang kecil.

    Lenovo mau sukses jualan? Perbaiki perfoma layanan servis center partner lokal.

    Istri : lenovo a760 – lenovo s920
    Anak : htc sensation – lenovo s 890 – lenovo s920 – samsung grand guos 2
    Kemenakan Kemenakan : lenovo s920, lenovo s850 beberapa orang – next pasti bukan lenovo kalau layanan servis centernya masih kampungan.

  38. Nama : Budiyanto
    Domisili : Jakarta
    Ponsel :iPhone 5S

    Saya pernah menggunaka Lenovo P780 versi awal. Itu pun karena urusan kantor, saya tidak dapat “feel” terhadap ponsel ini. Entah kenapa.

    Ketika Lenovo menjalankan program trade in dengan handset type high end, saya sempat tertarik. Setelah mencoba selama 5 menit di gerai, saya membatalkan niat saya ikut program trade in. High end tapi ngga kinclong, layar kurang cerah, speaker pun suaranya cempreng.
    Kalau tidak salah, type K900.

    Pengalaman yang tidak kondusif dengan layanan purna jual laptop Lenovo, menjadi nilai tambah pembatalan.

    Kalau Lenovo mau serius di Indonesia, garap segmen type middle end, perbaiki kualitas purna jual, buat service level agreement yang bisa diterima dan saling menguntungkan antara Lenovo sebagai pabrikan dan konsumen sebagai pengguna.
    Masuk ke segmen high end sebagai underdog tapi jangan berharap menjadi pemimpin pasar dalam waktu singkat. Pengalaman buruk banyak konsumen terhadap Lenovo perlu dipulihkan terlebih dahulu.

  39. Saya pengguna Lenovo Vibe Z aka K910L sejak pertama kali launching di Jogja. Buat saya perangkat ini sudah lebih dari cukup ukt melayani kebutuhan berkomunikasi sehari-hari.l, hanya saja sbg pengguna jaringan telkomsel Halo yang diberbagai lokasi flash seamless seharusnya sdh mendukung seamless connection… ternyata unit lenovo vibe z ini masih blom mendukung seamless connection via eap-sim… seharusnya tim support lenovo segera me release update rom terbaru yg di dalamnya sdh mencakup fasilitas eap-sim utk seamless connection.

    Herdianto
    0811155260

  40. Sejak keluarnya s880 saya sudah tertarik untuk memiliki hh Lenovo tersebut, tetapi karena pertimbangan harga yang menurut saya masih overpriced, saya menunda untuk membelinya sampai akhirnya keluar S890.
    Terus terang saya cukup puas dengan performa S890 (meskipun masih banyak kekurangan pada hh ini, namun mengingat saya adalah user dengan keterbatasan budget, saya mengesampingkan semua kekurangan yang ada dan menerima semua yang ada pada S890 sebagai kelebihan), bahkan karena puas dengan S890, ketika keluar s920 saya putuskan untuk membelinya bukan cuma 1 tetapi 2 unit yang akhirnya saya beli dan saya gunakan bersama isteri (kembaran), namun masalah mulai terjadi ketika salah satu unit s920 yang saya pakai tiba-tiba mati total. Mulai saat itu saya mulai akrab dengan front officer Lenovo SC Yogyakarta, meskipun mereka ramah dengan clients, saya kecewa dengan lamanya waktu yang diperlukan untuk membuat s920 kembali normal (hampir 3 bulan bokkkkkkkk). Demikian cerita saya dengan neng leny

  41. Pertama kali pake Lenovo P700i bekas teman dekat. Awalnya cukup puas dengan built quality, kamera, dan performa untuk kerja. Namun kapasitas Ram 512GB sudah sangat membatasi kebutuhan yang mengharuskan pake BBM, Line. Ram sudah benar benar ngga memungkinkan sehingga 2 aplikasi chat itu ngga bisa jalan. Dan, sempat jatuh dari ketinggian sekitar 1,6 meter. Sepertinya modul suara rusak. Sehingga suara ringtone, musik, notifikasi jadi gembret buat kuping sakit, penggunaan earphone tidak membantu, suara tetap gembret. pikir saya “sakit organ dalam” nih hape. Tapi karena masih sayang sama merek lenovo (belum move on gitu ceritanya) meminang adik istri lama -eh hape lama maksudnya P780.

    Terasa banget performa dari p700i ke p780, ya memang spek nya jauh juga sih.
    dari Ram, prosesor, memori internal, display, batrai, semuanya lebih yahud p780.

    Yang saya suka dari Lenovo p780:
    1. BATERAIII!!!!! gigantic. 4000mah. pagi bawa penuh, aktifitas seharian, malam ketiduran lupa charge, hape masih hidup sampe sekitar jam 9 pagi. teman-teman pada “Wuizzz” terkagum dengan kapasitas baterai si Vovo
    2. build quality bagus, kokoh, diremat-remat tangan ngga kreot-kreot
    3. harga ramah.
    4. ukuran dan ketajaman display sesuai kebutuhan.
    5. performa masih sesuai kebutuhan yang memang ngga terlalu doyan game. hanya ternyata walau dari pake hape dengan ram 512, saat in pake ram 1gb, baru nyadar, ternyata ram 1gb itu juga ngga gede banget. widget ram yang saya letakkan di homescreen rata-rata diatas 80%. Itu sudah disable program gak penting, wallpaper statik, efek-efek alay nonaktif semua.

    6. Kamera p780 oke, memenuhi kebutuhan saya sehari-hari. seharo-hari lho ya! kalo mau foto yang ciamik, bagi saya, ya mending bawa pocket kamera aja atau mirrorless sekalian yang profesional. tapi cukup untuk capturing moments, merekam, bahkan merekam, lalu screen shot. burst mode juga bisa. efek-efek sederhana juga sudah bisa, buat kolase standar juga bisa, buat gif juga bisa tanpa aplikasi tambahan. cukup lah. ya untuk saya.

    7. desainer p780 seakan mengerti betul kebutuhan aplikasi orang kantoran kayak saya. Aplikasi CamScanner, Cam Card, Kingsoft Office, aplikasi pdf, semuanya saya butuhkan dan semuanya sudah pre-installed dari pabrikan. Saya sueneng dapat ini semua. Karena di hape sebelumnya, kok rasanya harus bayar untuk dapat program CamScanner dan CamCard. Dengan aplikasi-aplikasi itu, saya sukses buat istri yang pake GalNote2, iri. Sambil bengong tanya “lho kok hebat?”

    ringkasnya: Lenovo p780 menjawab kebutuhan saya. Pas.

    Mengapa lenovo bisa berikan spek cukup tinggi dengan harga lebih ramah? ini beberapa pikiran saya. Secara saya awam, jelas bisa saja salah. Namun saya membaca banyak ttg lenovo, pujian beserta caciannya termasuk dari Big Bro Herry SW ini. Yah. ada harga, ada rupa.
    1. Build quality memang bagus, tapi Lenovo tidak merancang device nya (khususnya seri P) untuk menjadi device yang ringan. jadi walaupun kapasitas baterai sama, bisa jadi lenovo jauh lebih berat dari teman sebaya eh, maksudnya yang spek sebanding dari merek lain. Samsung, LG, bisa buat yang lebih ringan.

    2. Entah kenapa, sepertinya semua ponsel lenovo, memori internal nya selalu 2 partisi. 1 utk sistem, 1 utk penyimpanan, sehingga tidak segegas ponsel yang dirancang dengan 1 partisi. dan jika mau menyimpan aplikasi yang besar tidak bisa walau sebenarnya space di kedua partisi cukup jika digabung.

    4. Badan relatif Bongsor. bukan ukuran layarnya, tapi tebalnya. mungkin karena part di dalamnya ukuran lebih besar dari hape-hape yang lebih mahal harganya.

    5. Service center KATANYA, masih belum bagus. tapi saya belum pernah service lenovo saya.

    6. Prosesor Mediatek, yang katanya harga prosesornya dari pabrikan. memang lebih murah, nah , karena prosesor hape ini ngga bisa beli sendiri macam prosesor komputer, ya saya ngga tau benar begitu atau tidak.

    yah. itu aja dari saya. Saya cukup puas pake Lenovo. Ya… memang ada beberapa minnus, tapi bagi saya hanya masalah kenyamanan, tidak mengganggu fungsi utama untuk kerja dan aktifitas. Walau belum pernah incip service center nya.

    Afterall, Kalo ada kesempatan beli hape baru lagi, saya condong ke LG deh. Secara menurut Big Bro Herry Service center terjamin, dan memori tidak dipartisi, dan saya sepertinya butuh RAM 1,5 atau 2GB (lenovo kayaknya belum punya) tapi yang tetap terjangkau. hahahahahhah..

    Wassalam..

    Nama : Sastra Budiharja
    Domisili : Surabaya
    Ponsel : Lenovo P780 8GB

  42. Nama : Tresna
    Domisili : Bogor
    Ponsel : LG G2 Mini

    tertarik dengan brang “Lenovo” di notebook yg sudah terkenal, maka dulu pun saya memutuskan utk meminang Lenovo S560, dan ternyata benar saja dengan harga segitu udah dapet spek yang lumayan gahar pada masa itu. maka saya pun dengan senang hati merekomendasi merk ini hingga ke keluarga, teman, sampe pacar. mereka pun beli type S880.

    namun malang, ternyata di 6 bulan power button sudah mendelep di S880 teman & pacar saya, dan itu sangat crucial menurut saya.
    ga lama kemudian lenovo S560 saya juga ikut2an mendelep power button-nya, disusul batre yg sudah mulai drop dan gampang panas.

    singkat cerita, saya ingin membelikan batre baru, namun ternyata ga segampang membalikkan telapak tangan, saya sudah cari ke O*E Shop tempat membeli HP ini mereka tidak ada dan tidak menyamnggupi utk menyediakan batre yg saya ingin beli, saya cari di website penjualan online, website forum, dan hasilnya sama, NIHIL.
    jalan satu-satu nya adalah ke service center lenovo yang saya sendiri gatau dimana letaknya ditambah lagi mereka hanya buka di hari kerja, fiuuhhh~

    karena pusing dengan power button yg susah dipijit + batre yg mulai eror maka setelah kira2 menggunakan lenovo selama 2 tahun saya mulai mengubah mindset saya “SC dulu, baru spek, harga ngikutin” dan mencoba mencari info sana-sini salah satunya baca website bapak, ditambah pertimbangan SC-nya ada di kota saya sehingga kalo ada apa2 pun gampang sehingga saya menjatuhkan pilihan ke HP yg saya pakai sekarang.

    garis besar Lenovo menurut saya :
    (+) harga murah, merk aga bergengsi utk HP china, spek mumpuni, model ga malu2in, brand-nya cerah (deket sama google kayanya :D)
    (-) SC buruk, spare part suram, build quality payah

    sooo, Lenovo, Motorola, dan merk online yg katanya buat nyaingin Xiomay lebih baik benerin SC + ketersediaan spare part dulu kalo mau diakuin eksistensi-nya di dunia gawai indonesia =D

    IMHO!

  43. Saya termasuk penggemar brand lenovo pak herry. Lenovo pertama yg saya pakai tipe A800, kemudian ganti ke S890, lalu ke P780 dan karena kecopet sekarang ganti pake S920. Pengamalan memakai handset lenovo sejauh ini baik2 saja om, produknya bandel dan belum pernah dapet yg bermasalah. Soal garansi mungkin dy tengah2 ya, belum sebagus samsung, lg atau asus (sempet pakai asus zenfone & udh coba garansinya bagus bgt pelayanannya).
    Yg jadi keluhan dari lenovo, produknya sebenernya bagus2 & nyaman dipakai, cuma sekaran ini saya bingung liat pola jualan pemegang distributor resminya lenovo ini. Kalau dilihat produk yg baru keluar sekarang punya spek yg hampir sama semua (quadcore MTK, ram 1gb, memory 8gb, dll), sisi pembeda paling hanya desain & ukuran layar & batre. Positifnya mungkin konsumen jadi punya banyak pilihan, tapi negatifnya konsumen bakal bingung dgn penempatan posisi handset lenovo ini yg harga & fitur hmpir mirip semua, dan yg pasti krn model jualannya gitu harga handset secondnya pasti bakal cepet turun. Tapi untuk saat ini lenovo masih merupakan salah satu merek favorit saya.

    Ryan – Tangerang Selatan – lenovo S920

  44. ilik Lenovo K860 dan sudah berumur sekitar hampir 2 tahun.
    Lenovo K860 ini sering kupanggil dengan julukan “Leny”, dan merupakan gadget dengan OS Android pertama saya, bahagia sekali akhirnya bisa mencicipi OS yang pada 2 tahun yang lalu dikatakan bebas tapi bersaing dengan produk tetangga (Appl*).
    Lenovo K860 ini dulu menurut saya termasuk smartphone kelas High-End dengan pada saat itu Samsung masih dengan S3 nya yang seharga sekitar 5-6 juta, tapi dengan spek yang hampir sama bisa dapat K860 tapi “hanya” dengan harga 4 juta saja. Kinerja dewa, main game FPS dan RPG yang ratusan MB pun kuat di K860 ini. Dan battery nya juga cukup normal yaitu seharian dari pagi sampai malam masih kuat, tidak seperti HP lain jaman ini yang spek super dewa tingkat khayangan atau luar angkasa tapi battery cuma tahan sekitar 6 jam, bahkan ada seri lain yang mengutamakan fasilitas long-life battery sebagai salah satu fitur utamanya (seperti pada P series). Kamera Lenovo K860 ini juga sangat bagus dan detail sekali ketika sudah lock-on pada objek yang diinginkan, terutama untuk saya sebagai pelajar yang sering menggunakan kamera ini untuk mengambil gambar catatan-catatan dari papan tulis maupun buku, dan hasilnya sangat detail.
    Saya suka Lenovo K860 ini karena harga yang cukup mumpuni seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, spek yang cukup tinggi pada tahun rilisnya, lalu dengan design exterior yang jauh lebih “bondo” daripada merk tetangga yang sedang booming saat ini. Dan tidak hanya dilihat dari situ saja, setelah terpakai 2 tahun ini ternyata saya menemukan skill baru dari Lenovo K860 saya ini, yaitu tahan banting & tahan air ! Bagaikan S*ny Z saja. Sudah tak terhitung lagi berapa kali Lenovo K860 ini terjatuh dari ketinggian bangku mobil, hingga dari atas meja, dan masih aja nyala tuh sampe sekarang, cuma pinggiran penyok sedikit sekali. Kemudian kenapa tahan air ??? Saya pernah pengalaman waktu makan di suatu restoran di Surabaya, saya pesan teh manis tapi gula pisah. Tipikal saya ketika di restoran yaitu ketika makanan datang, HP saya taruh di meja, tidak saya masukkan kembali ke saku. Saya makan saja seperti biasa, eh ketika sesudah makan lalu mau cek Lenovo saya, ternyata punggungnya sudah tergenang dengan air gula yang terpisah tadi, cepat-cepat deh bawa ke toilet dicuci pakai sabun, lalu coba nyalain eh layar nyala seperti ga ada apa-apa padahal dah kena air gula, disabun lagi.
    Tapi di mana ada suka, tentu ada duka juga, sayangnya Lenovo sudah mencapai tingkatan hampir TIDAK MEMPERHATIKAN update OS pada perangkat-perangkat yang telah diproduksi, bahkan setahu saya hingga saat ini Lenovo K860 ini belum dapat update OS menuju KitKat, tidak usah jauh-jauh ke KitKat deh, ke Jelly bean, entah 4.1 maupun 4.2 aja belum dapat jadi hanya stuck di Icecream Sandwich 4.0 sehingga akhirnya dengan berat hati dan iseng-iseng saya root dan ganti dengan firmware lain yang menggunakan Jellybean 4.1.2 official local Cina. Kemudian entah karena masalah hardware atau kurangnya update, RAM Lenovo K860 ini benar-benar boros padahal aplikasi yang berjalan di background hanya aplikasi email, chat (tanpa cleaner, antivirus, dsb) saja sisa RAM nya HANYA tak sampai 100 MB padahal spek nya RAM 1 GB, jadi sehingga sering lag. Repotnya juga sulitnya mencari produk asesoris untuk merk-merk Lenovo ini yang tidak tersedia di toko tengah kota Surabaya, jadi harus mencari di toko-toko online dan kena ongkir. Dan sangat disayangkan dan sangat membingungkan mengapa Lenovo sekarang suka sekali membuat produk seri baru kelas High-End tapi selalu tanpa fitur external memory. Sebesar-besarnya memory internal, menurut saya masih jauh lebih nyaman menggunakan external memory karena apabila terjadi apa-apa pada handphone nya, data-data seperti gambar, file masih terselamatkan di dalam memory external. Kemudian dengar-dengar service center Lenovo (yang masih menempel dengan Global) katanya orang-orang di social media / di forum online, cukup kurang memuaskan, semoga saja Lenovo bisa meriset ulang mengenai service centernya, dan memperbanyak service center di kota-kota seluruh Indonesia (Surabaya saja masih belum punya service center smartphone Lenovo yang berdiri sendiri). Kemudian juga HP adik saya yang merupakan Lenovo P770 memiliki masalah pada partisi memory nya, padahal aplikasi hanya sedikit terinstall, kemudian file-file pribadi adik saya juga sedikit tapi P780 adik saya sudah menampilkan “Running Low on memory space” padahal sudah dipindah file-file yang ada dan meng-uninstall aplikasi yang ada tapi sama saja, tidak bisa untuk update aplikasi yang ada dari Playstore, bahkan download Sticker di salah satu merk aplikasi chat terkenal saja tidak cukup memory nya.
    Jadi mungkin sebagai penutup saya berharap Lenovo lebih peduli terhadap unit-unit yang telah diproduksi dari segi software (pemberian update) hingga dari segi hardware (service center). Untuk divisi pembuat unit baru, saya harapkan juga kelas High-End diberikan fitur yang lebih bercirikhas, dan fungsional lengkap. Sekian dari saya, terima kasih.

    Lenovo for those who do.

    Nama : Stefanus Rianto
    Domisili : Surabaya
    Ponsel : Lenovo K860

  45. Saya adalah salah satu pemilik Lenovo K860 dan sudah berumur sekitar hampir 2 tahun.
    Lenovo K860 ini sering kupanggil dengan julukan “Leny” (seperti dijulukki pada komunitas-komunitas pengguna Lenovo K860), dan merupakan gadget dengan OS Android pertama saya, bahagia sekali akhirnya bisa mencicipi OS yang pada 2 tahun yang lalu dikatakan bebas tapi bersaing dengan produk tetangga (Appl*).
    Lenovo K860 ini dulu menurut saya termasuk smartphone kelas High-End dengan pada saat itu Samsung masih dengan S3 nya yang seharga sekitar 5-6 juta, tapi dengan spek yang hampir sama bisa dapat K860 tapi “hanya” dengan harga 4 juta saja. Kinerja dewa, main game FPS dan RPG yang ratusan MB pun kuat di K860 ini. Dan battery nya juga cukup normal yaitu seharian dari pagi sampai malam masih kuat, tidak seperti HP lain jaman ini yang spek super dewa tingkat khayangan atau luar angkasa tapi battery cuma tahan sekitar 6 jam, bahkan ada seri lain yang mengutamakan fasilitas long-life battery sebagai salah satu fitur utamanya (seperti pada P series). Kamera Lenovo K860 ini juga sangat bagus dan detail sekali ketika sudah lock-on pada objek yang diinginkan, terutama untuk saya sebagai pelajar yang sering menggunakan kamera ini untuk mengambil gambar catatan-catatan dari papan tulis maupun buku, dan hasilnya sangat detail.
    Saya suka Lenovo K860 ini karena harga yang cukup mumpuni seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, spek yang cukup tinggi pada tahun rilisnya, lalu dengan design exterior yang jauh lebih “bondo” daripada merk tetangga yang sedang booming saat ini. Dan tidak hanya dilihat dari situ saja, setelah terpakai 2 tahun ini ternyata saya menemukan skill baru dari Lenovo K860 saya ini, yaitu tahan banting & tahan air ! Bagaikan S*ny Z saja. Sudah tak terhitung lagi berapa kali Lenovo K860 ini terjatuh dari ketinggian bangku mobil, hingga dari atas meja, dan masih aja nyala tuh sampe sekarang, cuma pinggiran penyok sedikit sekali. Kemudian kenapa tahan air ??? Saya pernah pengalaman waktu makan di suatu restoran di Surabaya, saya pesan teh manis tapi gula pisah. Tipikal saya ketika di restoran yaitu ketika makanan datang, HP saya taruh di meja, tidak saya masukkan kembali ke saku. Saya makan saja seperti biasa, eh ketika sesudah makan lalu mau cek Lenovo saya, ternyata punggungnya sudah tergenang dengan air gula yang terpisah tadi, cepat-cepat deh bawa ke toilet dicuci pakai sabun, lalu coba nyalain eh layar nyala seperti ga ada apa-apa padahal dah kena air gula, disabun lagi.
    Tapi di mana ada suka, tentu ada duka juga, sayangnya Lenovo sudah mencapai tingkatan hampir TIDAK MEMPERHATIKAN update OS pada perangkat-perangkat yang telah diproduksi, bahkan setahu saya hingga saat ini Lenovo K860 ini belum dapat update OS menuju KitKat, tidak usah jauh-jauh ke KitKat deh, ke Jelly bean, entah 4.1 maupun 4.2 aja belum dapat jadi hanya stuck di Icecream Sandwich 4.0 sehingga akhirnya dengan berat hati dan iseng-iseng saya root dan ganti dengan firmware lain yang menggunakan Jellybean 4.1.2 official local Cina. Kemudian entah karena masalah hardware atau kurangnya update, RAM Lenovo K860 ini benar-benar boros padahal aplikasi yang berjalan di background hanya aplikasi email, chat (tanpa cleaner, antivirus, dsb) saja sisa RAM nya HANYA tak sampai 100 MB padahal spek nya RAM 1 GB, jadi sehingga sering lag. Repotnya juga sulitnya mencari produk asesoris untuk merk-merk Lenovo ini yang tidak tersedia di toko tengah kota Surabaya, jadi harus mencari di toko-toko online dan kena ongkir. Dan sangat disayangkan dan sangat membingungkan mengapa Lenovo sekarang suka sekali membuat produk seri baru kelas High-End tapi selalu tanpa fitur external memory. Sebesar-besarnya memory internal, menurut saya masih jauh lebih nyaman menggunakan external memory karena apabila terjadi apa-apa pada handphone nya, data-data seperti gambar, file masih terselamatkan di dalam memory external. Kemudian dengar-dengar service center Lenovo (yang masih menempel dengan Global) katanya orang-orang di social media / di forum online, cukup kurang memuaskan, semoga saja Lenovo bisa meriset ulang mengenai service centernya, dan memperbanyak service center di kota-kota seluruh Indonesia (Surabaya saja masih belum punya service center smartphone Lenovo yang berdiri sendiri). Kemudian juga HP adik saya yang merupakan Lenovo P770 memiliki masalah pada partisi memory nya, padahal aplikasi hanya sedikit terinstall, kemudian file-file pribadi adik saya juga sedikit tapi P780 adik saya sudah menampilkan “Running Low on memory space” padahal sudah dipindah file-file yang ada dan meng-uninstall aplikasi yang ada tapi sama saja, tidak bisa untuk update aplikasi yang ada dari Playstore, bahkan download Sticker di salah satu merk aplikasi chat terkenal saja tidak cukup memory nya.
    Jadi mungkin sebagai penutup saya berharap Lenovo lebih peduli terhadap unit-unit yang telah diproduksi dari segi software (pemberian update) hingga dari segi hardware (service center). Untuk divisi pembuat unit baru, saya harapkan juga kelas High-End diberikan fitur yang lebih bercirikhas, dan fungsional lengkap. Sekian dari saya, terima kasih.

    Lenovo for those who do.

    Nama : Stefanus Rianto
    Domisili : Surabaya
    Ponsel : Lenovo K860

  46. Saya pengguna hp lenovo S930 baru 6 bulan lebih, lenovo saya pilih karena samsung untuk spek yang sama harganya overprice.

    Setelah pemakaian 6 bulan saya baru kali ini mengalami baterai yang dicharge cepat full & cepat sekali drop, saya berencana membawa hp ini ke service center akan tetapi setelah membaca review banyak orang saya jadi sanksi.

    Sudah mencoba membeli baterai baru & membeli charger adapter baru sampai saat ini terkadang menemui kendala juga.

    1. Bu Ester Dahlan,

      Kalau Anda sudah membeli baterai baru, tetapi ternyata juga cepat habis, bisa jadi yang bermasalah bukan baterainya. S930-nya yang mungkin bermasalah sehingga menguras baterai. Saran saya, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  47. Nama : silfia nurul
    Domisili : Yogyakarta
    Ponsel : S650

    pengalaman pertama makai ponsel dari merk lenovo. saya memilih ponsel ini karena tertarik dengan spek yg dimiliki. awalnya masih ragu, namun speknya OKE, jadi langsung dibeli dengan harga 1,9 jt. cukup mahal menurut kantong saya. awal pemakaian oke, cuman sedikit boros dg batre, maklum hanya 2000mah. namun setelah pemakaian 2 bulan, saya menemui layar ponsel ini berkedip seperti ada garisnya. saat itu pas makai kamera buat motret pemandangan dipantai. kaget ?? pasti. sebelumnya belum pernah jatuh. setelah kejadian itu, ponsel saya tak matiin, kembali tak hidupin kembali sprt sedia kala. kejadian ini sya alami berkali2 dan sy rasa sudah mulai mengganggu. akhirnya saya niatin buat ke SC terdekat. Sc nya dulu di global , tpi pindah ketempat baru jl urip sumoharjo, keadaannya sangat mengenaskan (kesan pertama masuk) panas, tdk ada ruang tunggu dan kursi yang cukup utk para konsumen. jadi harus ngantri berdiri. stelah itu sy mendapatkan giliran utk menghampiri sang CS, cukup ramah, sy mulai mengeluhkan keluh kesah sy mengenai layar ponsel sy, keluhan diterima, dan akan di cek terlebih dahulu disuruh nunggu 2 hari guys, namun jika mmg hrs ada penggantian akan diganti dg syarat hp hrs ditinggal paling lama 3 minggu. dan semua dilayani OKE. tapi agak kesel jg ketika kelengkapan utk mdptkan garansi harus FC sendiri diluar, lumayan jauh. stlah itu kmbali lagi.utk menyerahkan berkas2 itu. sudah ditunggu 2 hari tdk ada kabar, berarti mmg hrs ada penggantian. setelah 3 minggu berharap ada sms konfirmasi dari lenovo, tp tidak ada. sy tanya lwt sms, katanya masih pending part LCD karena harus ada penggantian LCD. 4 minggu berlalu,saya tanya lagi, part kosong partnya . 5 minggu, masih kosong lagi. sabar sabar, 6 minggu masih bilang kosong. AKU KUDU PIYE ??? gag sesuai dg janji yg diutarakan. tidak ada konfirmasi mengenai keadaan ponsel sya, sblm sy yg menanyakan. baru kali ini sy melakukan klaim garansi di PHP. seharusnya lenovo mementingkan kenyamanan dan kepuasan pelanggannya. kalau kyk gini, mana mungkin dia bs maju, sprti merek merek lainnya.

  48. Nama : Deni jatnika
    Domisili : Sumedang Jawa barat
    Ponsel : A859

    Saya mau komplain, hape saya baru beli hape lenovo 3 bulan udah ruksak speakernya mati
    terus saya service ke konter saya beli karena masih garansi, ektimasi selesainya 1 minngu,
    tetapi sampe sekarang 1 bulan setengah masih belum beress, gmana nih dari pihak lenovo, saya kuramg puas pelayanan nya
    mohon informasinya, terima kasih

  49. Saya pakai lenovo S930. Baik dan bagus apalago sdh jd kitkat. Tp akhir2 ini. Ketika saya sdg asyik2nya main game kesukaan saya. Tiba2 hpnya ngehang dan layarnya kayak lcd kena pelintir. Warnanya jd ????? karuan.
    Å?åª penyebabnya ya ?

    Probo Prabu
    Jember – Jawa Timur

    1. Pak Probo,

      Hmmm… kasus LCD kena pelintir itu yang aneh. Saran saya, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo untuk dicek.

    2. Pak Herry, Vibe X2 ini sebenernya sangat layak dibeli kaya modelnya anti mainstream. Apalagi buat yang modis2 atau gahul hape ini cocok lah buat dipake sehari2.
      Performancenya oke, tampilan oke, layar full HD. Cuma 3 menurut saya kekurangannya :
      1. Batre kurang gahar cm 2300
      2. Firmware belum stabil, sim 1 suka hilang sinyalnya (susah terima telp atau menelpon) dan suka hilang juga sinyal datanya.
      3. Kamera susah fokus kalau jarak dekat, makro apalagi makin susah.
      Sisanya oke banget.
      Mungkin pak herry bisa review juga vibe x2 ini atau vibe z2

      1. Pak Colis,

        Wah, poin nomor 2 kekurangan yang sangat fatal tuh.

        Saya belum berencana me-review Vibe X2 maupun Vibe Z2. Sekarang menjual Lenovo bekas dengan harga rasional sudah sulit sekali, Pak. Jadi, nggak berani iseng beli.

  50. Nama : Colis D
    Domisili : Cikarang
    Ponsel : Lenovo Vibe X2

    Saya termasuk penggemar ploduk2 Endonesia…. eh maksudnya saya merupakan penggemar produk2nya Lenovo. Mulai dari Netbook, Laptop sampe ke smartphone.
    Hape Lenovo pertama yang saya pake yaitu Lenovo S890 lalu, S920 dan terakhir Vibe X2 warna Gold.
    So far saya puas dan gak pernah ada masalah sama hape2 Lenovo saya. Cuman kok hape Lenovo saya yang terbaru Vibe X2 menurut saya ada sedikit penurunan dari segi kualitas.
    Sejak pake Vibe X2 ini yang saya rasain hasil kamera oke sih tapi untuk objek jarak dekat atau mau foto micro susah banget fokusnya. Amat sangat susah sekali banged malahan.
    Lalu untuk Sim 1, sinyal suka hilang sendiri, gak bisa ditelepon, gak bisa sms (pake XL). Kadang2 malah yang tadinya H+ tiba2 suka hilang gitu aja. Setelah di restart baru bisa lagi. Padahal Sim 2 gak ada masalah.
    Penerimaan sinyal di Vibe X2 ini agak lemah dibanding kakak2nya (S890, S920), padahal lokasi sama.
    Kalo batre boros sih relatif ya menurut saya dan wajar mengingat ini Vibe X2 sudah octacore dan ram 2GB, 421 ppi batre cuma 2300 ya nasib deh hahaha…

    1. Pak Colis,

      Terima kasih atas sharing-nya. Vibe X sering saya sebut sebagai ponsel lapis legit. Lha itu warnanya berlapis-lapis kayak kue lapis legit. 🙂

  51. Mayang-palembang-xperia m dual

    Sebenernya lg naksir vibe x2 krn designnya mirip xperia seri z :p etapi kok baca komennya Pak Colis jd galau, kalo sc nya sama aja kek sony, mending aku beli xperia c3 aja (lg ngincer hape proselfie :v) tapi yg ku dengar dr temenku (dia pake vibe x) performanya bagus. Ada juga tmnku satu lg (gak tau pk lenovo tipe apa) bilang lenovo jelek, jatuh sekali lgsg rusak :/

  52. Mbak mayang,
    Setelah diperhatikan ternyata kekurangan sim 1 yg sudah saya sebutkan bila lebetulan di lookasi yang sinyalnya jelek. Karena bila di lokasi yang sinyalnya bagus, so far saya gk ngalamin lagi.
    Overall sih ini vibe x2 enak dipakainya apalagi buat yang hobi selfie :d hasilnya bagus.

  53. Saya baru pakai lenovo dan pakai vibe x2. keluhan saya sama yaitu Sim 1 sering no service. Padahal Sim 2 OK. Pakai provider yang sama. Kalau di reboot jadi OK lagi. Trus keluhan yang lain panasnya nya Itu biking kesel. Jadi nyesel nih. Bisa di repair nga ya?

    1. Pak Robert,

      Wah, parah juga ya masalahnya. Coba dibawa ke pusat perbaikan resmi Lenovo deh. Namun, supaya tidak kecewa, jangan berharap akan dapat layanan yang cepat ya.

  54. Teo ananda
    Palembang
    Blackberry amstrong

    Saya mau komplain..
    Mengenai hp lenovo A706 saya yg tak kunjung selesai.
    Dari tgl 15 july 2014 hingga 15 feb 2015.
    Saya titipkan di Global teleshop palembang.
    Dijanjikan 3 bulan paling lambat.
    Sekarang sudah 7 bulan nihil kabar.
    Gimana mau maju, kalau after salesnya begini.

  55. Saya pengguna lenovo A3000, persis masa berakhirnya garansi, touchscreen bermasalah, saat dibawah ke service centre dinyatakan garansi VOID

    tamatlah riwayat A3000

  56. Saya pengguna Lenovo udah lama, dulu pake K900 sekarang Vibe Z a.k.a K910.
    Karna dulu sewaktu pakai K900 puas banget, ga ada masalah sama sekali bahkan jatuh berkali2 jd ada niatan upgrade ke seri yang lebih tinggi yaitu Vibe Z.
    Awalnya seneng banget, performa juara, semua aplikasi dan game berat jalan lancar.
    Tp mulai masuk bulan ke 3 timbul masalah. Lensa kamera kotor (kaya berjamur) akhirnya hasil kamera belakang jadi jelek, speaker pecah jadi njembret pelan suaranya, os belakangan sering bootloop jd factory reset terus.
    Mau tak servis males. daripada 3 bulan lebih bisa gak ada kabar.
    HH dipake hati jadi gak nyaman,malah bagus K900 yang dulu.
    Masukan buat Lenovo, PELAYANAN sama QC ditingkatkan. Jangan sampe ngbuat orang2 yg suka sama Lenovo jadi ninggalin kebanggaannya.

    1. Pak Leopold,

      Apakah Anda sudah coba memasangkan kartu operator lain dan kondisinya tetap sering kehilangan sinyal? Kalau iya, silakan memeriksakan ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  57. Salam,
    Numpang tannya,
    Saya pakai Lenovo A859, baru sehari pakai karena baru selesai dari service center. Tapi setelah saya masukan kartu im3, sinyalnya kadang ada dan kadang tidak ada. katanya sih ganti mesinnya. padahal sejak awal saya pakai im3 sinyalnya baik.

    barang kali bisa membantu.
    Terima kasih

    1. Pak Doni,

      Anda menuliskan, “baru sehari pakai karena baru selesai dari service center”. Berarti, A859 itu sebelumnya sudah rusak dan dirawat inap di pusat perbaikan resmi ya?

      Cobalah memasangkan kartu Indosat lain (tidak harus IM3). Coba pula memasangkan kartu non-Indosat. Kalau hasilnya sinyal kadang muncul dan kadang hilang, kembalikan ponsel itu ke pusat perbaikan resmi.

  58. Buat saya menggunakan a706 buat saya produk Lenovo CACAT…..saya bru beli seminggu lagsung matot ….servis center nginep slma 2bln hnya bertahan 3hri matot lgi…BUAT SAYA harga dan kualitas memang gak boong. ….fitur yg keren harga murah.. ..hak masuk akal…gak lagi” beli produk Lenovo…

    Anwar xperia m

  59. saya baru menggunakan lenovo dr november 2014. sampe maret 2015 sudah 2x masuk service centre gara2 masalah yang sama speaker dan getar tidak bisa berfungsi. saya sudah membawa ke service centre lenovo memang cepat hanya 1 hari jd. tp yg terakhir saya menserviskan tpt nya tanggal 11mrt. blm ada seminggu speaker dan getar sudah tdk berfungsi lagi. padahal hp tdk pernah jatuh. apa memang ini kelemahan lenovo?
    hanifah azhar-semarang-lenovo A859

    1. Bu Hanifah Azhar,

      Kalau dibilang kelemahan Lenovo dalam arti kualitas, mestinya tidak. Namun, kalau dalam hal layanan pusat perbaikan resmi, Lenovo memang parah. Dulu zaman Lenovo S880 baru keluar sih layanannya masih lumayan.

      Btw, saya belum pernah mencoba A859.

  60. Wah.. hampir semua komentarnya miring sama produk Lenovo.. terutama layanan SC (after salesnya)..
    ane coba berbagi pengalaman pribadi.. ane pernah pakai Lenovo A369i.. rupanya ane dapet produk cacat! keyboarnya lari2.. ane pencet a, yang muncl q atau z.. otomatis ni hape ga bisa dipake sama sekali.. akhirnya ane putuskan bawa ni hape ke SC nya di kebon sirih.. (walau banyak cerita buruk, tapi ane pikir ga apa nunggu lama, daripada ni hape baru jadi bangke). tu leny nganggur karena ane beli ACE 3.
    Rupanya diluar dugaan ane.. sampe di SC, pelayanan baik, mereka bilang 14 hari kerja akan dikabari.. pas 14 kerja ane di SMS bahwa unitnya sudah selesai dan bisa diambil.. maka ane dateng lagi ke Kb.Sirih tuk ambil tu barang.. rupanya bro.. itu leny di ganti mesin.. leny A369i ane jadi maknyos n bagus.. nyesel ane buru2 beli ACE 3.. yaudah tu hape ane dipake istri bbrapa bulan.. trus dijual ke tetangga.. pun sampe skrg tetangga ane ga ngeluh apa-apa sama hapenya..

  61. saya punya hp lenovo s920..icon bbm nya selalu ngilang..trs ada lg..trs ilang lg..bikin bbm pending semua..klo lg dimaenin bbm’a baru pada masuk bbm’a..klo lg didiemin pada ga masuk bbm nya..perlu pencerahan’a dong para master..harus digimanain ya..

    1. Pak Rizky,

      Kebetulan saya bukan pengguna rutin BBM. Saya belum bisa membantu. Dugaan sementara dari saya, sisa RAM terlalu kecil sehingga dalam kondisi tertentu BBM ditutup otomatis. Kemungkinan lain, ada aplikasi yang menghalangi BBM berjalan di background.

      Rekan lain yang membaca thread ini dan kebetulan mengetahui solusinya, silakan bantu Pak Rizky ya.

  62. Namaku Sahala. Aku tinggal di Medan. Semenjak 1 minggu kemarin batre Lenovo vibe z K910L saya boros banget. Aturannya dari 100% ke 0% bisa tahan 1 hari, agak sering buka internet sama gps. Tapi skrng cuman tahan 5 jam. Itu pun pemakaian cuman buka fb doang.
    Kamera dengan fiturnya okela. batre nya aja bekurang ketahanannya.

    1. Pak Sahala,

      Usia pemakaian Vibe Z Anda sudah berapa lama? Kalau lebih dari setahun, wajar bila kemampuan baterai mulai menurun. Namun, sebelum meyakini vonis tersebut, coba perhatikan beberapa hal ini:
      * Apakah aktivitas dan jenis pemakaian saat ini relatif sama dengan sebelumnya?
      * Apakah sinyal ponsel saat ini relatif sama dengan sebelumnya?

      Kalau mau, coba “bersihkan” ponsel dengan melakukan factory reset dulu. Berikutnya, gunakan ponsel dengan aplikasi tambahan seminimal mungkin. Perhatikan tingkat konsumsi baterai.

  63. sy pengguna lenovo s920 baru berapa bulan konektor saya tdk bisa digunakan krn sy lg tgs luar kota sy service di t4 lain alhasil blootot dan
    wifi tdk berfungsi stlah sy bawa cs hrs ganti msn fg biaya 1,750,000 saya pikir lbh baik beli baru drpd service akhir nya sy tdk jadi service..hr ini jam 12.00 wib tiba2 hp saya mati total..kacau smua gmail dan hasil kerjaan saya tersimpan di hp..sebelum mati total ada beberapa hari sering muncul kata dilayar sayang proses androit proses accore telah terhenti..boleh tau apa penyebab nya? apakah hp saya msh bisa diperbaiki dan apakah benar mesin nya yg rusak? tks

    nama: Nana
    alamat: apartemen taman rasuna kuningan jak sel

    1. Bu Nana,

      Saya coba konfirmasi data dulu ya.

      1. Saat konektor rusak, Anda memperbaiki ponsel itu bukan di pusat perbaikan resmi. Benar?

      2. Ketika Wi-Fi dan bluetooth tidak berfungsi, Anda membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi. Benar?

      Bila benar, berarti garansi resmi atas ponsel Anda sebenarnya sudah hangus sejak poin 1. Jadi, kalau pun pusat perbaikan resmi masih bersedia melayani, statusnya ponsel Anda dianggap sebagai barang non-garansi.

      Mengapa bisa mati total? Wah, ya saya tidak tahu. Bisa tidaknya diperbaiki juga tidak saya ketahui. Harus dicek langsung oleh seseorang yang paham hal teknis ponsel.

      Soal Gmail yang tersimpan di ponsel, Anda masih bisa melihatnya lewat laptop, PC, atau ponsel lain kok. Kalau data yang disimpan di ponsel memang tak bisa dilihat lagi.

  64. Mohon solusinya….
    Hp sy lenovo vibe x2, pemakaian br 3 hr langsung matot, trus kirim kemalang buat digaransikan setelah 2 minggu diopname alhamdulillah bisa sehat lg, tp yg jd permasalahan internetan jd lemot n penangkapan signal jd buruk skali, perbandingan dgn hp s**y istri sy yg spekx lebih rendah sangat beda jauh kecepatannya. Saat hp lain H+ vibe sy cm 3g dgn status bar naik turun…. Please pencerahannya…..

  65. Saya pengguna Lenovo S890, yang merasa menyesal memilih produk merk ini, saya merekomendasikan kepada teman-teman untuk tidak membeli produk ini, selain masalah dengan service nya, kualitas nya tidak bisa di andalkan baru berusia 5 bulan hp saya sudah ada masalah (Hp Cepat panas dan Boros di Baterai) bahkan kadang-kadang jaringan operator tidak ditemukan atas loss singnal, padahal pada awal-awalnya tidak seperti ini.

  66. Saya pengguna lenovo A859, boros batre dan charger lama sekali. Dari 5% smpe 96% bisa 8 jam lebih dalam keadaan mati …Apa solusinya?

    1. Pak Untung,

      Kalau masih mau bereksperimen, cobalah mengisi ulang baterai ponsel itu memakai charger dan kabel charger ponsel lain. Carilah charger dengan output 1A.

      Kalau sedang enggan bereksperimen, silakan langsung membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo.

  67. Lenovo ponsel layarnya kurang tajam, LED kurang terang, kalau dilihat dari samping warnanya pudar, bentuk kurang elegant, menu agak berantakan

  68. Saya tinggal di Kalteng. Kebetulan Saya pengguna lenovo A369i kwalitas masih mampu bersaing dengan hp yang lainny hanya saja untuk memperoleh suku cadang-nya sangatlah sulit terutama apabilah terjadi kerusakan pada batery HP.

  69. Dear Mas Herry

    says membeli vibe X2 Tgl 9 maret.. saya sudah upgrade di frimeware 122. setelah 2 minggu Tgl 21 layar vibe X2 blank tapi keadaan HP normal bisa di telp sms dan bbm pun OK, hanya layarnya saja blank….

    saya bawa ke service center di ITC kuningan Tgl 24 maret Kata cs nya ada kesalahan software dan harus di reset, dijanjikan 1 minggu tp sampai Sekarang belum selesai dan dijanjikan hari rabu besok selesai…

    yg mau saya tanyakan apa benar layar mati Karna cacat software ?
    jika Iya apa bisa kita perbaiki sendiri ?

    mohon pencerahanya..

    1. Bu Nurul,

      Saya tak berani memastikannya. Karena saya tidak memiliki kemampuan mereparasi ponsel, saya tidak berani pula memberikan jawaban atas pertanyaan kedua.

  70. Saya pemilik lenovo a3000 saya cek di website tablet ini mendukung USB OTG.tapi tablet saya ini di PC aja tidak terdeteksi.saya juga sudah coba osb OTG,tapi tidak ada reaksi apa2.Apakah teman-teman juga ada yang mengalaminya.terus solusi untuk masalah seperti ini gimana ya? Mohon bantuannya ya..Terimakasih

    1. Pak Criss,

      Saya kebetulan belum pernah mencoba A3000. Rekan-rekan pembaca blog yang memantau thread ini mungkin bisa membantu.

  71. criss htb
    Jakarta
    lenovo A3000

    Saya pemilik lenovo a3000 saya cek di website tablet ini mendukung USB OTG.tapi tablet saya ini di PC aja tidak terdeteksi.saya juga sudah coba osb OTG,tapi tidak ada reaksi apa2.Apakah teman-teman juga ada yang mengalaminya.terus solusi untuk masalah seperti ini gimana ya? Mohon bantuannya ya..Terimakasih

  72. Saya pengguna lenovo A390,tadinya bagus2 aja selama 3bulan pertama, baterai awet, walaupun jatuh ponsel tetep bagus. Tapi setelah itu, baterai sering panas, jadi lemot, baterai masih 60% tiba2 mati dan ga mau dinyalain lagi. Sudah ganti bateraipun masih sama saja,dcharge
    ge 100% plg cuma bertahan sejam padahal sambungan data tidak aktif .gimana solusinya?

    1. Pak/Bu Rida,

      Sampai sekarang apakah tetap sering mati ketika baterai masih setengah penuh? Lebih baik Anda membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo untuk diperiksa.

  73. saya memakai lenovo a3000. saya beli november 2013, saat itu saya beli di toko ponsel di padang. kata penjualnya charge dl 8 jam sebelum dgunakan.saya ikuti, krn beli udh sore, hr itu tdk saya hidupkan.besoknya saya harus keluar kota jd saya bawa. diperjlanan saya gunakan baterainya cpt skali drop, dlm setngah jam lgsg 1 persen, kaget saya matikan. nyampe d rmh mlm nya saya cas lg. pagi saya hidupkan drop jg, saya bw k tokonya lg, tp tokonya “global teleshop padang” tidak mau bertanggung jwb krn sdh 2 hari. saya disuruh ke service center ternyata bkn service center lenovo, tp kerjasama dgn lenovo. tablet disuruh tinggal, 2 minggu saya dtelp kt nya tablet udh oke. saya bw plg dan hidupin dan ternyata msh drop smentara udh diutak atik, dibongkar. besoknya saya bw lg ke service center tersebut, jwbannya baterai ga termasuk garansi. oh tuhan kesal minta ampun, 2 minggu tablet saya ditahan untuk apa, pdhl keluhannya udh jelas baterai ngedrop, saya tny in gnn donk solusinya, toko yg jual jelas ga tanggung jwb, service center abal2, jwbnya pake aja dl buk, sbenarnya saya mau mengajukan keluhan konsumen tp ga tau kmn, saya benar2 merasa dirugikan dan menyesal beli lenovo. sejak itu saya gunakan dgn charger selalu terpasang, krn jika dilepas lgsg 0 persen. sebelas bln kemudian arus ga bs masuk lg ketika di charge, saya bw lg ke service center itu, jwbnya garansi sdh hbs, saya perlhatkan kuitansi pembelian, mk saya disuruh perpanjang garansi namun dia blg tdk bs jg dperbaiki, lebih baik perbaiki di luar, saya jd putus asa, mk saya bw aja k tkg service ponsel, dan bs nyala, namun skrg balik lg ga masuk arusnya, saya capek, ga tau gmn lg, saya ingin solusi permanen, mohon pihak lenovo menanggapi dan bertanggung jwblah atas kegagalan produknya yg saya beli, kmn saya hrs perbaiki

  74. salam…saya mau bertanya, saya pemakai lenovo s850..kenapa ya jaringan nya sering hilang dan tidak stabil… mohon pencerahan nya…terima kasih..

    1. Pak Aldian,

      Ada dua kemungkinan utama:
      1. Di lokasi Anda sinyal operator yang digunakan memang lemah. Untuk mengujinya, coba pasangkan kartu SIM operator. Bila dengan nomor operator lain ternyata sinyalnya tetap lemah, berarti ke kemungkinan kedua.

      2. Ada masalah dengan ponsel. Biasanya berhubungan dengan hardware. Solusinya, bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  75. salam.. saya pengguna lenovo s850.. kenapa ya jaringan nya gak stabil, mau pakai sim apapun ttep aja gitu… jdi internetan juga leled banget… mohon pencerahan nya….

    1. Pak Aldian,

      Pertanyaan yang sama lain kali cukup dikirimkan satu kali. Pertanyaan pertama Anda sudah saya jawab. Silakan dicek.

  76. Saya memakai lenovo A859 kenapa ya suara speakernya kalo buat dengerin lagu suaranya bergelombang. Sama layarnya kayak berkedip-kedip. Padahal baru satu bulan pemakaian. Ada yg nagalamin juga ? Ada solusi mungkin? Terima kasih

    1. Pak Triyono,

      Saya kebetulan belum pernah mencoba A859. Saran saya, bawalah ke pusat perbaikan resmi Lenovo untuk dicek.

  77. saya baru 2 bulan menggunakan lenovo s650. awalnya performanya bagus tapi kemarin tiba-tiba ada beberapa touchscreen di qwerty keyboard yg tidak berfungsi yaitu huruf r,d,x,c tidak bisa di sentuh. kira-kira hp saya knp ya?

    1. Bu Mutia,

      Coba posisi ponsel diubah. Kalau sebelumnya tegak/berdiri/vertikal, sekarang diubah menjadi tidur/mendatar/horizontal. Apakah tombol R, D, X, dan C sekarang berfungsi?

      Saya menduga ada masalah di digitizer layar sentuh. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

      1. Pak, Tolong solusi ny. Saya menggunakan lenovo vibe x2. Hape saya tiba-tiba ada masalah kamera. Ketika mau memakai kamera depan, keluar tulisan kamera tidak terhubung. Kamera belakang bisa berfungsi seperti biasa. Bahkan kalau saya membuka aplikasi kamera jain seperti camera 360, kamera depan tetap tidak bisa digunakan. Mohon solusi ny. Terima kasih pak.

        Dita
        Yogya
        Lenovo vibe x2

        1. Bu Dita,

          Kemungkinan modul kamera depan Anda rusak. Silakan memastikannya dengan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  78. Wah kalo di sini gak ada service centernya om. Ada nya di luar kota. Bisa bisa lama banget selesainya.. Kayaknya gara-gara abis update frimeware jadinya eror gini. Sebelumnya juga gak ada masalah dengan layar. Batrai juga lebih boros abis update frimeware. Kok bisa gitu ya

  79. Innalillahi wainnailaihi rojiun…. Telah meninggal dunia Hape Lenovo K900 dengan umur 2 taon milik istri.
    Meninggal nya tragis, setelah maen game “getrich” and buat Video call Line . 🙁

    Yang pernah membangkitkan nie Hape dari kubur, monggo di komen.

  80. Tambahan…
    Temen2 yang pake lenny k900 and pas ngebrick, di baca ke SC.. macem2 tuh situasinya
    da yang 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan….(kategori masih garansi). *Liat tuh di kaskus..
    Dan Rata2 juga sering di vonis ganti mesin.
    Kemaren dah nguber2 matahari simpang lima semarang, komen nya para teknisi…
    ” di matahari sini, ga ada yg bisa mas ganti emmc, bawa aja ke SC.. kebanyakan ganti mesin tuh ntar”.
    Ganti mesin brapa ya duit nya ? 200 rb ato 300rb … 😀
    Kalo 1500 rban ato 1700rb an……. mending di taruh lemari ruang tamu aja…. buat nipu maling kalo pas mampir rumah :)) .
    Harga second nya ja sekarang cuman 2 jt.

    1. Pak Armana,

      Lenovo K900 bekas rasanya tak bisa lagi dijual Rp 2 juta deh. Bisa laku Rp 1,75 juta sudah bagus banget.

  81. Tambahan lagi … 🙂

    Saat nie mo cari gantine aja yang baru, and brand L*novo…. saya coret dari daftar perburuan hape baru. Cos blom nemu review yang bagus soal hape L*novo dan pelayanan purna jual nya.
    Dengan dana mepet 3 jt an…. nie nglirik asus Z*nfone 2 ( Cos di rumah ada tablet Asus Memopad, usia lebih tua dari K900, di install game 300 an ma si kecil, performa masih sehat..)
    untuk produk yang laen seperti laptop…. ane jadi waspada juga nie ( 🙂 cos ane seorang IT )

  82. Saya pengguna lenovo S 920..bulan lalu kamera mendadak tdk berfungsi..dgn tulisan aplikasi tdk terhubung coba restat ulang..meskipun sudah saya restat tetep ga bisa pake kameranya..selang berapa waktu mendadak mati sdr hpnya..(begitu di coba nyalain ga bisa nyala) tp ntar tiba2 nyala sendiri..baru mau di pake mati lagi..suka restat sdr jg..ini sudah dr awal bulan hp masuk sc lenovo..berita terakhir dah di cobain mengganti beberapa elemen di dlm tetep ga bisa normal lagi..kt cs nya klo senin bsk masih tetap ga bisa normal hp akan dikembalikan kepada saya dengan apa adanya soalnya ga ketauan masalahnya apa?garansi sudah mati dr bulan desember..selama ini blm pernah service..baru yg terakhir ini aja..masalah kedua saya terlanjur mempromosikan klo hp lenovo bagus..jd teman saya jg akhirnya membeli lenovo s 660..tp dia kecewa karena tulisannya mandarin n ga ada app store nya..jd susah untuk menggunakan hpnya..semua aplikasinya ga sama kaya hp lenovo yg S920/P780 begitu diinstal app store ga bisa ke baca di hpnya..gimana caranya biar ilang tuch tulisan mandarin n settingan bisa sama kaya hp lenovo yg lain..

    1. Bu Desi,

      1. Saya turut prihatin dengan Lenovo S920 Anda.

      2. Saya menduga S660 yang dibeli teman Anda bukan bergaransi resmi. Karena itu, ada banyak tulisan Mandarin di sana dan tidak tersedia Play Store. Solusinya, carilah tempat yang menawarkan jasa “suntik” firmware ke versi internasional. Saya tak tahu di mana tempat yang menyediakan jasa tersebut.

    1. Pak Ali Gufron,

      Barusan saya memeriksa catatan. Di Balikpapan memang tidak ada pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo.

  83. saya beli lenovo s850, 1 bulan pake gak ada sebab dan akibat tiba2 sim 2 tidak tebaca, sudah di coba ganti kartu lain, tetapi tetap saja tidak terbaca…
    mengecewakan…

  84. Saya pengguna Lenovo a516. 6 bulan pemakaian stlh beli, masih ga ada masalah, trouble, ato apalah. Tpi dri awal April ini sering kena trouble, paling sering ya aplikasinya kena force close, pdhal udh hapus data, ya tetep aja. Terus nih hp sering panas, lemotnya mana tahan, pdhal file2 udh saya pindahin ke kartu SD. Pernah kena bootloop 2 kali, sering restart sendiri. Sebenernya saya agak nyesel beli Lenovo seri ini, saya ikut2an sodara saya beli lenovo itu krena katanya hp itu bagus, canggih, segala macem, tpi gk sama sekali -_- kapasitas RAM jga kecil -_-

    tlong pencerahannya saya harus apa -_-

    1. Pak Adji,

      Setahu saya, Lenovo A516 memang lumayan lemot. Coba lakukan factory reset dulu. Bila ponsel tetap sering restart sendiri, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  85. pak saya mau tanya hp saya merk lenovo a316 tidak ada sinyalnya. kira2 apanya yg rusak?
    ubay di sumenep jawa timur.

    1. Pak Ubay,

      Kartu SIM yang terpasang sudah coba diganti dengan kartu lain dan hasilnya tetap tidak ada sinyal? Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  86. saya sudah hampir 1 tahun menggunakan lenovo P780 8GB, awal-awalnya sih peforma hp lenovo P780 8GB ini baik, tetpi lama kelaman ko sering ngga ada sinyal walaupin saya sudah pakai provaider yang di bilang kuat sinyal juga, akhirnya saya coba cek kan hp saya ke lenovo service center di BEC Bandung, sampai saat ini belum ada kabar dari pihak lenovo SC nya. ?

    Nama : Fauzi Akbar
    pengguna HP lenovo P780 8GB
    domosili Bandung, Jawa Barat

  87. saya Bagus,
    Pak saya pakai lenovo tipe A536 baru beli 2 Hari .beli tanggal 30 April 2015. terus ini tadi mau pakai sim 2,eh malah ga bisa ke baca. aku lihat pin simcardnya gak ada 1.
    kalo di garansikan ke Servis Surabaya apa bisa di tunggu?Gratis kah?

    1. Pak Bagus,

      Apakah sejak awal kartu SIM yang diselipkan di selot SIM2 tidak bisa dibaca?

      Kalau pin konektornya hilang satu, wajar bila kartu SIM tak bisa terbaca. Masalahnya, bila dibawa ke pusat perbaikan resmi Lenovo, amat mungkin petugas di sana akan menyatakan kalau pin tersebut patah karena kesalahan pengguna.

      Kondisi yang kemungkinan terjadi:
      1. Anda gagal meyakinkan petugas di pusat perbaikan resmi Lenovo bahwa pin kartu SIM2 sejak awal memang tidak utuh. Klaim garansi otomatis ditolak. Bila Anda tetap meminta penggantian selot kartu SIM2, Anda harus membayar sejumlah biaya.

      2. Anda berhasil meyakinkan petugas bahwa pin kartu SIM2 sejak awal tidak utuh. Klaim garansi diterima. Penggantian selot kartu SIM digratiskan.

      Poin mana pun yang terjadi, siap-siap saja harus menanti dengan sabar sampai hitungan bulan. Kalau ternyata bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari dua minggu, berarti Anda sangat beruntung.

  88. pak, mw tanya. saya beli ponsel lenovo seri s850. selama pemakaian 6 bulan terakhir hp tidak pernah bermasalah. kali ini saya heran, ketika saya sedang mencahrger kemudian saya tinggal beraktivitas lain dan ketika saya mw melihat batere sudah penuh apa blm hp mati total dan tidak bisa ditekan tombol powernya. sudah saya coba cabut kartu sim jg tidak berpengaruh. dan batere tidak bs dilepas karena modelnya baterai tanam gt pak. mohon saya dibantu untuk cara mengatasinya. terima kasih…

    1. Bu Aulia Dwi Utami,

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

      Kalau masih ingin coba-coba sendiri, lakukan beberapa kemungkinan berikut. Siapa tahu ada yang berhasil.
      1. Tekan dan tahan tombol power + volume ke bawah.
      2. Tekan dan tahan tombol poewr + volume ke atas.
      3. Tekan dan tahan tombol power + volume ke atas + volume ke bawah.

    2. Bu Aulia Dwi Utami,

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

      Kalau masih ingin coba-coba sendiri, lakukan beberapa kemungkinan berikut. Siapa tahu ada yang berhasil.
      1. Tekan dan tahan tombol power + volume ke bawah.
      2. Tekan dan tahan tombol poewr + volume ke atas.
      3. Tekan dan tahan tombol power + volume ke atas + volume ke bawah.

  89. permisi pak, saya pengguna lenovo s850 baru pakai sekitar 1 bulanan.
    jadi, sejak tadi pagi ponsel saya ini performanya jadi lemot, scrolling desktop juga ga secepet hari-hari sebelumnya. contoh buka galeri atau buka setting juga gak langsung kebuka tapi harus nunggu 1-2 detik dulu baru kebuka.
    lalu yg saya heran kok RAM 1GB waktu no apps running kok yg available cuma max 300mb-an aja itu kenapa kira2?
    lalu aplikasi clean up itu kalau angkanya sekitar 40% itu artinya pemakaian cpu cuma segitu atau performa yg cuma 40%?
    mohon bantuannya pak terimakasih.

    1. Bu Annisfbr,

      Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam memberikan respons.

      1. Biarpun Anda tidak membuka aplikasi apa pun, RAM available tidak mungkin bulat 1 GB. Sebab, sistem ponsel kan juga mengonsumsi RAM.

      2. Saya tak pernah memakai aplikasi Clean Up. Barusan saya coba cari di Play Store, lalu menginstalasikan dan menjalankannya di ponsel. Kok saya tidak menemukan tampilan persentase ya.

      3. Saran saya, coba hapuslah aplikasi yang tidak diperlukan di ponsel. Langkah paling jitu sih sebenarnya memulai dari awal lagi, dengan melakukan factory reset.

  90. Saya ingin menanyakan,, Saya pengguna Lenovo A526.. Bagaimana cara menghubunkan SD card slr/ flashdisk ke HP saya tersebut melalui Kabel OTG? apa memang tidak support kabel OTG??? Bagaimana cara lain biar bisa dihubungkan? tolong pak hery pencerahannya karna saya membutuhkannya:)))

    Beryl
    sidoarjo
    Lenovo A526

    1. Pak Beryl,

      Saya belum pernah mencoba A526. Kalau ponsel itu belum mendukung USB On-The-Go, ya terpaksa Anda harus menerimanya.

  91. permisi pak, saya pengguna lenovo s850, baru beli kemarin, sekarang saya menggunakan kartu simpati.saya kesulitan untuk mengkoneksikan nya ke internet? itu knapa ya pak ? mohon pencerahannya ..

    1. Bu Shofia,

      Silakan mengecek hal-hal berikut ini:
      1. Pastikan paket data sudah aktif.
      2. Pastikan mobile data/mobile connection dalam kondisi on.
      3. Pastikan pengaturan APN sudah benar. simPATI memakai APN telkomsel. Kosongkan username, password, dan parameter lain.

      Seandainya Anda masih mengalami masalah, mungkin layanan data Telkomsel di area Anda sedang terganggu.

  92. Pak Kresna,

    Saya Pengguna HP Lenovo S 930 sekitar 10 bulan. Pada 3 Bulan pertama pemakaian layar tidak bisa di sentuh sama sekali dan saya bawa ke SC di Mangga dua dengan informasi dari mereka di ganti LCD baru. Setelah 2 minggu HP bisa di ambil tetapi baru 2 hari keluar SC Layar tidak bisa di sentuh kembali dan akhirnya saya bawa ke SC yg gedung Skybee di kebon sirih. Setelah itu semua sudah normal sampai akhirnya baru seminggu ini HP tidak bisa di charge.Terkadang bisa di charge tetapi harus di goyang sedikit di USB Connectornya. Jika di service ke SC berapa yaa kisaran harganya?

    Untuk masalah pelayanan SC mangga dua karyawannya ramah tetapi yg di gedung Skybee kebalikannya.

  93. Saya beli Lenovo A6000 kemarin lewat flash sale Lazada. cuman pas saya buka, trnyata chargernya udah rusak dan setelah 2 hari saya perhatikan, ternyata ada goresan di LCD yang menggangu (bukan dead pixel). Kira2 gimana ya? apa bisa dituker ke Lenovonya atau Lazada, kalau Lazada saya takut barangnya mendem ga balik2 ke tangan saya. Atau saya langsung ke service center Lenovo buat klaim garansi. Thanks

    1. Pak Gatis,

      Karena sudah dibuka dan dipakai dua hari, tetapi belum mengajukan komplain ke Lazada, tampaknya Anda harus langsung berurusan dengan pusat perbaikan resmi Lenovo.

  94. Permisi pak, saya punya android lenovo S860 (garansi masih berlaku) beberapa minggu ini android saya sering nge-restart sendiri waktu saya menggunakan aplikasi camera ataupun yang lain dan saat saya reboot/restart selalu susah untuk masuk ke home screen tapi saya sudah mencoba untuk recovery mode dengan cara menekan tombol power dan volume up n down secara bersamaan tetapi hasilnya sama saja android saya tidak bisa masuk ke home screen dan saya mencoba cara itu berulang kali dengan jeda waktu 30 menit sekali. Kalaupun bisa itu membutuhkan waktu yang lama sekali, mohon solusi nya. Thanks.

    Satrio, Surabaya
    Lenovo S860

    1. Pak Satrio Naufal A.,

      Silakan membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Lenovo di Jl Ngagel Jaya 55.

  95. saya baru saya menggunakan Lenovo Vibe X2. Dan kesan saya buruuukk sekali. Memng antutunya tinggi dan bentuknya elegan sekali. Tetapi apalah guna itu semua kalau hp nya gampang sekali panas, baterai gampang habis dan kamera yang 13 mp nya sangat mengecewakan.

    1. Bu Isna,

      Seandainya Anda diminta memberikan nilai 1-10 (1 terburuk dan 10 terbaik), berapakah nilai yang akan diberikan untuk Vibe X2?

  96. Saya baru beli lenovo a536 baru aja 1bulan layarnya ada titik kecil hijau gitu kira2 masih garansi g y padahal hp g pernah jatuh/terbentur apapun

    1. Pak Adriyanto,

      Saya tak berani memastikan. Harus dilihat dulu titik kecil hijaunya itu kayak gimana. Saran saya, silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  97. Hallo pembaca, sayamau cerita pengalaman buruk saya (mengapa buruk?) karena saya sangat-sangat-sangaaaaat kecewa dengan HP yg saya beli 5 bulan lalu. Langsung saja ke topik cerita..

    Saya kecewa sekali dengan A859. Sebulan setelah saya membelinya speakernya tidak stabil. Mati nyala mati nyala speerti itu terus hingga bulan ke-3. Setelah itu, speaker mati total. Tidak bisa merekam, mendengarkan lagu, menelfon. Hanya suara lawan bicara saya saja yg terdengar, tp suara saya tidak bisa terdengar oleh mereka itupun sudah memakai headset. Selain itu, tidak lama dari kematian speaker, hp saya tidak bisa bergetar. Namun terkadang dapat bergetar lalu mati dan bergetar lg sperti itu terus hingga akhirnya MATI TOTAL:(. Oke, saya masih bersabar karena kerusakaannya tidak menyebabkan HPnya yg mati total. Setelah menginjak bulan ke 4, HP saya tidak mau ngecas. hingga seperti kasus sebelumnya HP saya kadang mau dicas kadang tidak dan hingga hari ini tanggal 23 Mei 2015 akhirnya HP saya sama sekali tidak mau dicas. Untuk harga yg saya keluarkan saat membelinya yakni 1.680.000 HP LENOVO A859 ini benar-benar mengecawakan saya. Mudah2an pihak lenovo mau memberikan garansi sebagaimana kerusakaan yg ada. Krn saya sudah banyak melihat forum lenovo dan membaca kekecawan pengguna lenovo yg lain mengenai lamanya waktu saat di service. Semoga lenovo mau memperbaiki kualitas HP dan pelayanan terkait garansi tentunya. Terima kasih sudah membaca cerita saya ini 🙁

  98. Hallo pembaca, sayamau cerita pengalaman buruk saya (mengapa buruk?) karena saya sangat-sangat-sangaaaaat kecewa dengan HP yg saya beli 5 bulan lalu. Langsung saja ke topik cerita..

    Saya kecewa sekali dengan A859. Sebulan setelah saya membelinya speakernya tidak stabil. Mati nyala mati nyala speerti itu terus hingga bulan ke-3. Setelah itu, speaker mati total. Tidak bisa merekam, mendengarkan lagu, menelfon. Hanya suara lawan bicara saya saja yg terdengar, tp suara saya tidak bisa terdengar oleh mereka itupun sudah memakai headset. Selain itu, tidak lama dari kematian speaker, hp saya tidak bisa bergetar. Namun terkadang dapat bergetar lalu mati dan bergetar lg sperti itu terus hingga akhirnya MATI TOTAL:(. Oke, saya masih bersabar karena kerusakaannya tidak menyebabkan HPnya yg mati total. Setelah menginjak bulan ke 4, HP saya tidak mau ngecas. hingga seperti kasus sebelumnya HP saya kadang mau dicas kadang tidak dan hingga hari ini tanggal 23 Mei 2015 akhirnya HP saya sama sekali tidak mau dicas. Untuk harga yg saya keluarkan saat membelinya yakni 1.680.000 HP LENOVO A859 ini benar-benar mengecawakan saya. Mudah2an pihak lenovo mau memberikan garansi sebagaimana kerusakaan yg ada. Krn saya sudah banyak melihat forum lenovo dan membaca kekecawan pengguna lenovo yg lain mengenai lamanya waktu saat di service. Semoga lenovo mau memperbaiki kualitas HP dan pelayanan terkait garansi tentunya. Terima kasih sudah membaca cerita saya ini 🙁

    Salam,
    Nama: Erina Ayu Lestari
    Domisili: Cimahi
    HP Utama: A859

  99. Saya pengguna lenovo Vibe X, Sore tadi habis diisi paket datanya dan saya restarat eh ternyata hape nya ngga hidup-hidup sampai sekarang, mati total, kira-kira kenapa ya ? apa harus di bawa ke tempat pembeliannya ? masalahnya disini ngga ada service center nya, baru memakai sekitar 6 bulan..

    1. Bu Sasa,

      Kalau ditanya kenapanya, saya tak tahu. Teknisi di pusat perbaikan resmi yang dapat memeriksanya.

      Saat ponsel terhubung ke charger, coba lakukan hal ini:
      * Tekan dan tahan tombol power + volume ke bawah.
      * Tekan dan tahan tombol power + volume ke atas.
      * Tekan dan tahan tombol power + volume ke bawah + volume ke atas.

      Bila langkah-langkah di atas tetap gagal membuat Vibe X itu menyala, berarti ponsel tersebut perlu dibawa ke pusat perbaikan resmi.

      “Di kota saya tak ada service center-nya nih, Pak. Gimana dong?” Silakan mampir ke toko tempat Anda melakukan pembelian. Dengan usia pemakaian enam bulan, sebenarnya mereka tidak berkewajiban membantu Anda. Namun, siapa tahu mereka bersedia membantu menyalurkan ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  100. Pagi Pa, saya mau bertanya soal lenovo s850, saya membelinya sekitar 4 bulan yang lalu, awalnya lancar-lancar saja tapi sudah dua minggu ini batrenya cepet sekali nge drop kenapa ya, padahal pemakaian wajar internet juga jika tidak dipakai saya matikan, sudah saya coba dikalibrasi batre tapi tetep saja seperti itu, mohon pencerahannya terimakasih..

    Fahmy Rodi Billah
    Cibiru, Bandung
    Lenovo s850

    1. Pak Fahmy Rodi Billah,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Coba lakukan factory reset, lalu gunakan ponsel selama 1-2 hari tanpa aplikasi tambahan dulu. Bila daya tahan baterai tetap tidak sebagus sebelumnya, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo. Sementara itu, bila daya tahan baterai ternyata membaik, instalasikan aplikasi tambahan sedikit demi sedikit dulu. Biar Anda bisa mendeteksi aplikasi tambahan apa yang ternyata menjadi biang kerok.

  101. slamat pagi…
    Saya pengguna Lenovo S850.
    Saya membelinya baru 3 baru bulan yang lalu,,namun saya sudah menemukan beberapa kerusakan dan saya sangat sangat kecewa. kerusakannya antara lain :
    1. Hp saya yg tadinya baterainya msh banyak bisa tiba2 mati dan tdk bisa saya hidupkan kembali,eh ketika saya charger batrenya sudah 0 % padahal jelas2 tadi batrenya msh byk. dan mati nya itu bsa kapan saja,saya benar2 kecewa akan hal ini.
    2. keyboardnya juga bisa tdk brfungsi tiba2.
    3. speakernya sudah mulai pecah.
    4. cepat skali panas.
    5. susah conect.
    saya benar2 menyesal membelinya,sangat2 menyesal.
    tolong bantuannya.
    trimaksih.
    dhian, Medan.

    1. Bu Dhian Octavia,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Ya silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  102. Saya pengguna lenovo a526, waktu itu saya beli 1,5 juta entah kenapa saya beli hape ini -_-beberapa jam dari transaksi hape ini saya suda curiga karena waktu itu tibatiba hape ini mati sendiri lalu terpaksa saya buka batere nyaa dan sampe sekarang malah tambah parah kalo saya lagi maen game atau telponan tautau mati sendiri hal tersebut sangat mengganggu saya tapi saya masih bisa sabar karena koneksi internet saya tidak terganggu nah beberapa hari terakhir ini tibatiba paket data indosat saya tidak bisa dipake padahal sinyal penuh dan data suda saya hidupin lalu indosat saya tukar dihape lain hasilnya jaringan lancar cepat seperti biasa , nah mohon pencerahannya kalo saya mau servis saya kemana soalnya saya bingung waktu itu saya beli hape ini di carrefour nama: msy sakinah hape: lenovo a526 tersayang -_- . . Domisili: palembang

    1. Bu Masayu Sakinah,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Di kartu garansi ponsel itu mestinya tercantum daftar alamat pusat perbaikan resmi Lenovo. Coba ke kompleks ruko Palembang Square blok B 72-73. Semoga belum pindah.

  103. Puni
    Domisili sumedang

    Hai pa hery..aku mau sharing
    Februari 2014 saya beli lenovo k900..awalnya semua lancar sampe semptember tiba2 ngblank..aku klaim garansi dan membutuhkan waktu 3 bln dengan kondisi dus yg berantakan dan slot sim card yg penyok..januari 2015 hp balik..baru saya pakai 1 minggu ehh di charge g masuk daya..saya klaim garansi lagi..dan smapai hari ini tgl 28 april 2015 ada sms dari CS harus ganti mesin dan membayar 2.6jt..wktu itu saya beli harganya msh 4jt..emngnya harus semahal itu yah buat klaim garansi..parah nih lenovo

  104. misi agan2 sya yudi dari jakim mau menannyakan knpa ya lenovo vibe x2 sya klau di cas posisi mati bsa 100% full dan stlah full sya cabut dri kondisi cas dan sya testing ga hdupkan shrian batre nya ko 0% ya pas sya hdpukan esok hri nya pdahl kan ga sya hidupkan dri kmrn pemkain bru 3 minggu mhon respon nya gan

    1. Pak Yudi Saputra,

      Maaf, harap tidak memakai kata sapaan “agan” atau “gan” di blog ini.

      Ok. Kondisi yang dialami Vibe X2 itu tidak normal. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  105. Halo, salam pak, mgk sy sdh ketinggalan untuk comment, sy dihadiahi oleh suami lenovo vibe x2, sblmnya sy pengguna berbagai merk, samsung tab 4, sblmnya berbagai type blackberry sdh pernah sy pakai, pakai lenovo vibe x2 mmg terasa banget smartphonenya, sy senang menggunakannya dan msh sdkt yg pakai, intinya sy suka lenovo type ini, tp tiba2 dia terjatuh ketika saya keluar dari mobil, dan wow sy shock melihat kerusakannya yg parah, lcdnya sprt kaca mobil yg hbs ditimpuk batu besar,tetapi msh bisa menggunakanya trmsk u mengetik comment sy ini,, kebetulan domisili sy di tanjungpinang sdngkan lenovo centre ada dibatam, melihat susahnya sparepartnya sy sdh merasa pasti mahal dan lama,hiks, hiks,

  106. Hallo pak Herry…
    Saya mau tanya, jika saya membeli hp lenovo dari lazada untuk klaim garansinya jika ke depan ada masalah dengan hp tersebut gimana? Apakah nomor imei hp tersebut sudah terdaftar atau harus didaftarkan dulu oleh pembeli?
    Terima kasih pak Herry..

    1. Pak Yudi Syarif Usman,

      Anda bisa langsung membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo. Di dalam kardus ponsel kan ada kartu garansinya.

  107. Febra yoga
    Bandar lampung

    Hallo pak herry.
    saya pengguna lenovo S560 sejak juni 2013. saya cukup puas menggunakan produk Lenovo. karena seiringnya waktu, touchscreen lenovo saya sudah setengah malfungsi. saya cari2 ditempat service tidak ada jual/tidak ada yang bisa memperbaiki lenovo s560 saya. mungkin karena produk lama. Oleh karena itu, saat ini saya ingin ganti handphone Lenovo keluaran terbaru lainnya. saya tertarik membeli Lenovo K3 Note, karena harga nya terjangkau dengan spesifikasi mumpuni. Jadi saya mohon kepada pihak Lenovo untuk segera merilis Lenovo K3 Note diindonesia. karena saya perhatikan juga sangat banyak yang menantikan hp tersebut rilis diindonesia. dan juga mohon bangun Lenovo service center di Bandar lampung. terima kasih

  108. sy baru beli hp lenovo seri P70 baru sy pakai sehari ternyata,pd papan kyboard huruf T tidak dapat di tampilkan,sy langsung keservice center ,dan cs menyarankan 30 hari kerja,akan dikabari, namun suda hampir 1bln /tgl12-6-2015 sy berharap cepat selesai namun cs sejauh ini blm memberi kabar,karna service center ini baru buka jadi belum ada no tlp ,sementara kami hanya di beri no hp dan hanya bisa by sms ,setiap kami tanya jawab bannya( maaf part belum ada) kecewa banget

    1. Pak Rahmadi,

      Kalau baru beli satu hari, mestinya Anda bisa bersikeras meminta ganti dengan unit baru. Layanan pusat perbaikan resmi Lenvoo memang masih buruk.

  109. Dear Pak Herry,

    Saya menggunakan hape Lenovo P780 8GB.
    Pada saat menerima panggilan, layar hape blank sehingga tidak bisa menyentuh layar untuk menerima atau pun menolak panggilan….
    setelah panggilan tersebut selesai,, muncul tulisan “Lenovo Launcher tidak menanggapi…Anda inging menutupnya?….Oke…Tunggu….” dengan background masih blank.
    setelah beberapa lama layar hape normal kembali….

    Kemudian,, tanda sms masuk (led indikator hijau) menyala terus padahal tidak ada lagi pesan baru yang belum dibaca…

    Saya sudah beberapa kali mencoba restart hape dengan memencet tombol merah dibelakang hape,, tetapi tidak ada pengaruh’y….

    untuk aplikasi bbm dan WA masih normal n lancar…

    mohon dibantu masukan’y apabila ada hehe…

    Joko Hariadi
    Lenovo P780 8GB
    Banjarmasin

    1. Pak Joko Hariadi,

      Launcher bawaan Lenovo Anda sepertinya tidak berfungsi sempurna. Ada dua alternatif yang boleh dicoba:
      * Silakan menginstalasikan launcher buatan pihak ketiga yang bisa diunduh di Play Store, atau
      * lakukan factory reset dari dalam menu setting. Langkah kedua ini mestinya lebih tuntas. Namun, data di memori internal hilang dan Anda harus melakukan pengaturan ulang ponsel (wallpaper, ringtone, aplikasi, dll).

  110. Sy sdh menggunakan lenovo sejak 1 tahun yg lalu. Sy menggunakan vibe Z & vibe X2. Sampai sekarang semua masih bisa beroperasi dgn baik. kemarin saya up OS vibe X2 ke Lollipop. Meskipun ada fitur yg hilang, spt shake lock, calendar, dan wallp changes on desktop, tapi menurut sy ini untuk memudahkan dan menambah kenyamanan para pengguna. Pengalaman saat menggunakan vibe Z, lg asik nge-game hape goyang dikit udah terkunci -_- , belum lagi kalo dipinjam teman, bentar2 pasti terkunci krn fitur shake locknya. Lanjut ke X2 wallp changes on desktop, klo salah swipe kan repot jg balikinnya -__-. Jd semua masih bisa saya toleransi. Kesimpulan saya Lenovo sudah memuaskan. Kalo ada masalah itu terganung dari pemakaian user sendiri tq.

    Nama : Rio
    Domisili : Makassar
    Hp Utama : Lenovo vibe X2

  111. dear pak hery

    saya baru menggunakan lenovo K 900 baru 3 bulan….sekarang hp mati total ada kesalahan yg mungkin saya lakukan …saya menghapus CACHE di lokasi penyimpanan maksud saya agar kinerja hp bisa lebih cepat…ternyata hp hang dan langsung blank …saya yakin dari sistim operasinya yang bermasalah…tetapi saya punya pengalam menggunakan hp samsung S advance apapun kondisinya selalu bisa masuk recovey….apakah ada solusi utk hp lenovo saya ini pak….mohon bantuannya ….salam.

    erry priyanto
    +6287853785767

  112. Pak Herry…
    Mau nanya nih… Apakah lenovo seri A7600 akan dijual di Indonesia? Saya tertarik dengan speknya.

    Yudi Sy U
    Bandung
    Pengguna Lenovo S920

  113. Pakai lenovo seri terbaru yang cukup menggemparkan dunia perHPan, A7000, baru dipakai kurang lebih 2 minggu sudah rusak. LCD bergaris. mantaaabbb..
    padahal dipakai wajar, tidak pernah jatuh, tidak pernah tertindih..
    kalau masuk garansi gimana yah? apakah ada kemungkinan nunggu lama, soalnya ini HP baru keluar, takutnya sparepart masih sulit..

    Danang
    Semarang
    Lenovo A7000

    1. Pak Danang Wahyu P.,

      Ya silakan dibawa ke pusat perbaikan resmi. Kalau tidak dibawa ke sana, ponsel Anda tidak bisa sembuh sendiri lho. Jangan lupa banyak berdoa kala berurusan dengan pusat perbaikan resmi Lenovo.

  114. Saya pengguna smartphone aktif untuk sosmed, entertain, dan pastinya game. Ini kali ke 2 pakai lenovo, pertama pakai lenovo adalah K900, kepincut sama body metal dan spec gahar pada jamannya, tapi apa boleh dikata baru pemakaian kurang dari sebulan hp sudah gabisa di charge, dan putuskan untuk melegonya.
    Setelah beberapa kali ganti merk dari Blackberry, Samsung, sampai LG, akhirnya awal tahun ini saya lagi-lagi harus kepincut sama body dan spec nya si Vibe X2. Dan apa mau dikata selama saya pakai merk lain ga pernah di bawa ke SC, kejadian terulang ketika Vibe X2 saya belum sebulan masuk recovery systm karna gagal update systm, saya bawa ke SC yg ada di Mampang (jak-sel), saya klaim garansi dan bertanya kenapa bisa terjadi dan kapan selesai. Akhirnya saya diberi penjelasan yg menurut saya kurang masuk akal, IMEI pun harus rela diganti dan katanya pengerjaan 1 bulan, pasrahlah.
    Tapi hal mengejutkan, wow besoknya saya di sms bahwa hp sudah selesai cuma dalam 1 hari. Singkat cerita awal bulan saya beranikan diri untuk lagi-lagi update systm OS ke Lollipop dan berhasil untuk kali ini, tak berhenti sampai disitu sampai detik ini setelah update OS data Music yg ada di Vibe X2 saya hilang semua, untung foto dan video ga hilang, tapi anehnya setelah saya download music lagi-lagi hilang, tak cuma itu ketika saya sedang main game dan ada panggilan masuk hp restart dengan sendirinya itu sering terjadi, belum lagi masalah over heat yg baru saya alami ketika di Lollipop padahal di Kitkat ga terjadi. Mungkin Pak Herry tau apa yg terjadi dan bisa beri saya masukan?

    Rifky
    Depok
    Lenovo Vibe X2

    1. Pak Ahmad Rifky,

      Saat melakukan proses update firmware yang tergolong major, misalnya dari KitKat ke Lollipop, sebaiknya asumsikan data di memori internal ponsel akan hilang. Usai update, idealnya Anda juga melakukan factory reset dulu.

      Soal file musik yang hilang dan restart, saya tak berani memastikan penyebabnya. Coba lakukan factory reset dulu deh. Kemarinnya usai update ke Lollypop belum di-factory reset kan?

  115. Sebenarnya saya suka dgn lenovo yg harganya agak mireng, saking ngefanya saya selalu iklan pada teman2 yg lain dan saya sarankan untuk membeli merk tersebut.
    Hp saya lenovo A 536, terus yg membuat saya kecewa bila untuk brosing google kadang lemot kurang maksimal. Padahal speknya sih bagus kalau di lihat. Yg ke dua kusor yg untuk nulis di bar tersebut jika belum selesai nulis dalam jangka lama selalu pindah di depan huruf paling depan. Padahal merk lain kusor selalu ada di belakang sendiri ketika belum selesai nulisnya. Mohon untuk di perbaiki buat lenovo agar orang indonesia semakin percaya dengan merek tersebut. Karena di indonesia saat ini merk2 yg lain selalu menawarkan spek yg bagus dan performa yg menarik dan murah.

  116. agan-agan yg baik hati, saya minta tolongm vibe-x saya ga bisa nyala pdhl udah menekan tombol powernya lama, tp kalo di charge lampu indikatornya nyala berwarna merah, ada solusi?

    1. Pak Bonstot,

      Maaf, mohon tidak menggunakan kata sapaan “agan” di blog ini.

      Silakan coba menekan dan menahan kombinasi tombol berikut selama sekitar sepuluh detik:
      * Tombol power + volume ke bawah
      * Tombol power + volume ke atas
      * Tombol power + volume ke bawah + volume ke atas

      Bila ponsel tetap tak mau menyala, bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  117. Mas, saya mau nanya vibe x2 saya baterainya stuck di 100% dan setelah dpakai seharian tiba2 terjadi penurunan drastis persentase indikator baterai. Dan akhirnya mati. Apa yg harus saya lakukan??

    Terimakasih

    Ayu
    Padang
    Vibe x2

  118. Saya pengguna Lenovo S960 (Vibe X),, hampir 1 tahun saya menggunakan smartphone ini. Awalnya saya merasa cukup puas dengan performa dari mesin dan hasil gambar dari smartphone ini.. Tapi akhir2 ini batre sayang mudah sekali habis dan sering nge-reboot sendiri.. Tapi karna alasan yang tidak saya tau kenapa Lenovo Vibe X saya suka reboot sendiri saya diamkan begiu saja yang penting hp masih nyala dan bisa saya gunakan. Dampaknya saat ini, Lenovo S960 saya tidak bisa nyala ketika saya tekan tombol power ataupun dicash hanya keluar tulisan “LENOVO” beserta getar nya seperti hp baru dinyalakan..Saya sudah menekan tombol power+volume secara bersamaan. Namun hasilnya sama sajaa..

    Tolong bantuannya yaa,, apa yang terjadi dengan lenovo saya..
    Terimakasih:)

    Adel,Bandung
    Lenovo S960 (Vibe X)

  119. permisi…

    saya mau tanya, hp lenovo vibe x2 stuck d 100%, jika telah di pakai seharian indikator baterainya ttp 100%. dan tiba2 ponsel saya berubah drastis mnjadi 0% dan langsung mati.
    mohon solusi nya mas. Apa yg harus saya lkukan?

    1. Bu Ayu Handayani,

      Yang harus Anda lakukan adalah segera membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

      1. Terimakasih, Pak Herry

        apakah d kota Padang, Sumatera Barat telah ada service resmi lenovo?

        jika tidak ada apa yg harus saya lakukan?

        B & R

        1. Bu Ayu Handayani,

          Maaf, saya tak tahu di Padang ada pusat perbaikan resmi Lenovo atau tidak. Coba tanyakan ke petugas di Erafone, Oke Shop, atau Global Teleshop.

  120. Saya baru pakai Lenovo A7000, secara keseluruhan oke. Hanya suara saja agak kecil, tapi kalau menggunakan headset, berasa banget dolby atmos nya 🙂
    Tetapi yang jadi permasalahannya hanya di network. Selama ini saya pakai samsung galaxy tidak ada masalah dengan network. Ada pilihan untuk 3G only. Tetapi di Lenovo ini kenapa tidak ada pilihan 3G only ya? Hanya 2G saja. jadi internet pun hanya di Edge.
    Mohon bantuannya, untuk masalah network ini. Apakah ada cara lain?

    1. Bu Mega,

      Saya belum pernah mencoba A7000. Jadi, saya tak mengetahui dalaman menu ponsel itu bagaimana.

  121. Dear Pak Herry,

    Saya pengguna LENOVO VIBE X2. Keluhan saya, mengapa tampilan foto ketika akan dijadikan profil BBM pecah gambarnya. Kedua, jika saya kirim gambar via grup bbm terlihat pecah. Mohon dibantu settingan bagaimana agar tidak pecah tampilan gambarnya. Terimakasih

    1. Bu Nanda,

      Maaf, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda. Kebetulan saya belum pernah menguji pakai Vibe X2. Saya juga bukan pengguna BBM.

  122. Saya pengguna lenovo s920 sudah hampir 1,5tahun (pembelian desember 2013).

    Sedikit masukan nih om
    1. Untuk speaker lenovo a859 yg suka naik turun, saya mengamati ini hampir di alami semua seri a859 (karena saya juga pernah mencoba seri ini), hal ini kemungkinan faktor software (seri ini kasihan krn untuk update software gak terlalu diperhatikan lenovo,jadinya sekarang mentok di 4.2.2).

    2. Untuk layar berkedip di a859,biasanya terjadi jika brightnes di set manual dibawah 4%,tp jika diset 5% tidak terjadi.hal ini jg saya alami di s920.

    3. Untuk profil bbm tampak pecah, saya coba memakai lenovo s920&lumia 630 hasilnya pecah juga. Kesimpulannya ada problem di bbm

    4. Untuk led notif, dulu waktu masih memakai os 4.2.1 hal ini sering bermasalah. Mis sms susah di bc tp led notif msh trs hidup menandakan sms belum dibaca. Tapi setelah update ke 4.4.2 hal ini tidak terjadi lagi.

    5. Soal yang suka restart,meskipun lagi didiamkan/lagi menjalankan aplikasi, kemungkinan ini dari micro sd nya. Karena ketika lagi hang,pasti ntar hp nya restart sendiri (jika seperti itu kan berarti ada problem di os/media penyimpanan)

    Oh ia,dalam 1,5 tahun penggunaan,alhamdulillah gk ada berurusan dengan sc. Tapi yang mungkin ingin saya tanyakan soal batrei :
    Banyak yang bilang batreinya boros hanya dengan melihat berapa lama hp bisa hidup setelah terakhir mencas hp. Tapi kalau saya lebih melihat ke screen on time (lama waktu layar hp hidup),karena itu menentukan seberapa sering penggunaan hp. Nah screen on time s920 saya cuma berkisar 4jam saja, apakah itu normal dengan pemakaiannya untuk game,chat,browsing&buka app berita

    1. Pak Bayu Aditya,

      Terima kasih atas komentar dan bantuan dalam menjawab beberapa pertanyaan dari pembaca blog ini.

      Wah, intensitas pemakaian Anda berarti lebih tinggi daripada saya. Saat memakai ponsel, dalam sehari screen on saya biasanya di kisaran tiga jam saja. Menurut saya, yang Anda alami normal deh.

  123. Syukur deh jika memang masih normal.

    Oh ia om, bagaimana jika dalam review itu jg menyertakan screen on time jg selain ketahanan batrei yg mis bisa dipakai sampai 12jam.
    Hal ini untuk mengantisipasi komentar ‘kok hp saya lebih boros yah’.
    Karena bisa saja seperti om bilang screen on nya 3jam,terus total kekuatan batrei hp sebelum di cas lagi 12jam.
    Terus ada user lain yg screen on timenya 4jam tp total ketahanan batreinya cuma 7jam, terus user itu mengaggap batreinya lebih boros,yg padahal penggunaannya ternyata jg lebih intens.

    *meskipun faktor kekuatan sinyal operator juga berpengaruh terhadap batrei

    1. Pak Bayu Aditya,

      Terima kasih atas masukannya. Soal penyertaan screen on time, kan tiap hari pemakaian saya belum tentu sama, Pak. Kondisi sinyal juga bisa berbeda karena saya sering keliling. Bahkan, rutin berganti-ganti operator. Menurut saya, screen on juga belum tentu bisa dijadikan patokan. Betapa pun, usulan Anda akan saya pertimbangkan.

  124. Saya pengguna lenovo s850, dengan pemakaian 6 bulan.
    Belakangan ini hp saya baru saja di cas dan sudah 100% namun begitu casan dilepas cepat sekali berkurang batrenya, kira kira bagaimana cara menanggulanginya?

    1. Bu Anita,

      Seberapa cepat berkurang (dalam hitungan jam)? Aktivitas apa saja yang Anda lakukan? Tolong sebutkan lengkap.

  125. kalau ponsel saya agak ragu menggunakan lenovo, kecuali ada lenovo nexus hehehe. tapi kalau laptop baru pertama ini saya menggunakan lenovo

  126. Lenovo vibe x2

    Saya pengguna lenovo vibe x2,baru 3 bulan.
    Beberapa hari lalau saya upgrade ke os lolipop. Dan sekarang LED notofication tidak berjalan. Selain itu saat menggunakan radio. Radio hanya bisa lwt headset tdk bisa d loud speaker. Padahal jika menggunakan music media loud speaker tdk masalah. Saya juga pernah mengalami hp restar tiba2. Dan persentase baterai yg stuck lalu tiba2 drastis turun

    Apa ada hubungan nya masalah speker dan LED karena update ke lolipop?

    1. Bu Hanna,

      Saya belum pernah menguji pakai Vibe X2.

      Seharusnya tak ada kaitan antara update firmware dan speaker. Kalau LED notification, bisa berpengaruh, bisa pula tidak. Bergantung “isi firmware”.

      Usai melakukan update ke Lollipop, apakah Anda sudah melakukan factory reset? Setelah ponsel menjalani major update (misalnya dari KitKat ke Lollipop), idealnya ponsel itu di-factory reset dulu satu kali.

  127. Saya pengguna handphone Lenovo S850. Saya ingin tanya, bagaimana cara menghilangkan keburaman di hp itu-tanpa harus mengunjungi service center lenovo. Karena saya pernah ada kasus yang sama dan untuk menyelesaikannya saya mengunjungi service center lenovo, dan itu disebabkan oleh kamera yang berembun.
    Jadi yg ingin saya tanya kan, cara menghilangkan hasil kamera yang buram tanpa harus ke service center lenovo nya dan cara mengantisipasinya untuk waktu yg akan datang.

    Raka, Lenovo s850 Bogor

    1. Pak Raka,

      Jadi, sekarang yang buram apa? Apakah kamera lagi? Kalau iya, perhatikan saja bagian dalam lensa kamera itu. Apakah ada yang mengotorinya? Bersihkan dengan perlahan. Bila ternyata berembun, angin-anginkan dulu sampai embunnya hilang.

      1. Iya Pak Herry, kamera depan lagi dan terlihat berbintik. Kan kamera depan s850 dilindungi sama casingnya pak tidak seperti kamera belakangnya yang tidak dilindungi casingnya (langsung). Dan menurut saya yg buram itu antara kaca casingnya (yg terhubung dengan kamera depan) dengan kameranya pak. Jadi kalo seperti itu gimana ya pak?

  128. Saya sudah pakai hp lenovo A526 sekitar 1 tahunan saya senang sekali tapi saya kecewa ketika saya mau pindai kode batang/QR pada bbm tidak bisa merespon seperti hp teman saya yang lain bagai mana untuk mengatasinya

    1. Pak Muhamad Danu Siswanto,

      Apakah fokus otomatis di kamera A526 Anda berfungsi normal? Kalau iya, Anda tinggal mengarahkannya ke kode batang BBM. Jarak antara kode batang dan kamera jangan terlalu dekat. Jagalah agar posisi ponsel tidak bergoyang atau bergerak.

      Seandainya masih gagal, mungkin fokus otomatis kamera Anda tidak optimal.

  129. Salam P. Herry…
    Sy pengguna lenovo a7000 yg baru beli beberapa hari lalu… Mohon masukan utk mengaktifkan “data latar belakang”, krn sdh coba ikuti langkah2 panduan tp masih kesulitan. Terutama saat down load aplikasi baru. Sblm dn ssdhny trmksh.

    1. Bu Alisa,

      Maaf, saya belum pernah mencoba A7000. Jadi, saya tak mengetahui seluk beluk ponsel tersebut.

  130. saya baru beli hape lenovo A 6000 sekira 4 hari yang lalu tapi kenapa pas di pasang sim 2 kok sinyal hape lenovo hilang semuanya. tolong penjelasannya

    eko purwanto
    Malang
    lenovo A 6000

    1. Pak Eko Purwanto,

      Apakah sudah coba memasangkan kartu SIM operator lain? Kalau sudah dan hasilnya sama, silakan langsung berurusan dengan pusat perbaikan resmi Lenovo.

  131. Ass. Eta,
    Saya pengguna lenovo s9060. menurut saya kekurangan pada hape saya itu gampang panas. pernah sesekali hape saya mati total. ketika dicharger lampu led merah nyala tapi batre tidak mau nyala. setelah itu, saya pernah masuk ke salah satu SC, tapi saya sedikit kecewa memang hp saya bisa kembali nyala tapi port usb malah rusak. entah bagaimana ceritanya setelah masuk SC. lampu led justru malah susah nyalanya. kata pegawainya sih yang bagian portnya memang sudah rusak. padahal sebelum masuk lampu led tidak bermasalah sama sekali. jadi mau tidak mau ketika mau dicharge hape harus dikaretin dulu. itupun juga susah bgt. wasalam.

  132. Nama .jhoemoeslim
    Alamat .kota depok

    Saya pengguna lenovo type s930.saat ini,saya punya msalah yaitu.
    Hp saya tidak dapat membaca memori card,dan terus keluar tulisan memori damaged,dan menyuruh format,padahal memori itu bila di masuk kan ke hp lain masih terbaca! Setelah saya mencoba format memori,tetap saja bilang format memori
    Dan akhir nya saya reset ulang hp dan memformat lgi memori.tpi hasil nya tetap sama..
    Pertanyaan saya,tempat menaruh memori di hp itu kh yg rusak pdahal memori tidak pernh dibuka..
    Bagaimana membenar kanya kembali

  133. Gannn… minta solusinya dong.., saya kemaren baru beli Lenovo A6000+ . Performa sih oke buat harga 1.75(erafone) tapi.. tombol kapasitif nya suka gk ngerespon. Saya klik malah touchscreen yg ngerespon. Tapi pas di cas langsung normal lagii.. jadi minta sarannya dong , bisa claim garansi gk? , atau ini cuman bug atau emg cacat produksi. Kejadiannya sih malem pertama pas pembelian T.T. malem pertama aka udah rusak.. T.T

  134. gaaannn… Pencerahan dong…, saya baru beli Lenovo A6000+ kemaren(Erafone), tapi tadi malem saat malam pertama tombol kapasitif-nya gk respon semestinya, saat di pencet ke3 tombol itu malah Touchscreen-nya yang ngerespon, itu masalah Bug atau emg cacat Produksi gan ?, belom pernah jatoh atau kerendem kok. jadi harus bawa ke service center atau tunggu update ?

  135. Selamat sore pak….
    Mohon ijin mengganggu,
    Mau tanya & menginfokan soal hape lenovo a706 punya saya speakernya sdh 2x ini gk bisa bunyi, yg pertama saya bawa ke servisan & sdh gnti ic speaker (kata teknisinya) lalu normal lg
    Tp baru 10 harian masalahnya muncul lg, jd kl ada telp & pesan yg masuk gk tau, di loudspeaker jg tetap gk kluar suaranya.
    Mungkin njenengan punya & saran utk masalah saya
    Trims…

  136. Saya hengki purba asal medan ,saya baru beli HP lenovo p780 seken 5hari lalu saya beli saja karna ketertarikan saya dgn batre yg super luar biasa itu . Tetapi baru 3 hari berjalan HP tiba” mati sewaktu BMan tolong saran nya yg lain pak herry slain ke pusat perbaikan resmi ?

    1. Pak Hengki Purba,

      Karena tak mau ke pusat perbaikan resmi, ya berarti silakan mencari tempat servis independen yang tepercaya. Saya tak tahu lokasinya di Medan.

    1. Pak Junaidi,

      Ya berarti ada masalah, entah firmware atau hardware. Kalau factory reset tidak menyelesaikan masalah, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  137. Mau tanya dong dari segi performa dan camera mending Lenovo K3 Note atau Xiaomi Redmi Note yah ? Mohon masukannya yah makasi 🙂

  138. Mohon bantuannya pak, saya
    Mida asal malang dan pengguna lenovo vibe x atau S960. Keluhannya akhir2 ini hape sayasuka ngehang ketika sedang dipakai, ketika saya tekan dan tahan tombolnya hanya getar dan ada tulisan lenovo aja tapi kadang2 bisa normal lagi trus beberapa hari ngehang. Pdahal kondisi masih mulus semua, bru dipakai 10 bulan. Itu kira2 kalau tdk di bawa ke pusat tambah parah gak ya? Soalnya kadang2 nyala tapi kadang2 ngehang. Trus hal kyk itu penyebabnya knpa ya?

    1. Bu Mida,

      Usia pemakaian ponsel itu sepuluh bulan. Berarti, masih bergaransi resmi. Senyampang masih dalam masa garansi resmi, lebih baik Anda segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo. Daripada kelak mati total setelah masa garansi habis lho.

  139. lenovo saya wlannya slalu aktif sndiri dan jaringan internetnya juga hidup sndiri gk bz dimatiin setiap dimatiin slalu hidup sediri saat ada pulsa slalu abis dan banyak aplikasi aplikasi yg masuk sndiri tanpa kita donload….lenovo a369i

    1. Pak Arya,

      Karena ada banyak hal yang perlu dicek, saran saya, mampir ke pusat perbaikan resmi Lenovo saja deh. Kalau tak mau, paling mudah lakukan factory reset.

  140. Saya pengguna lenovo vibe x2 selama 1 bulan lebih, mohon saran nya.
    Untuk yg pertama kenapa batrei vibe x2 sangat boros sekali untuk ukuran batrei 2300mah di banding sony xperia m2 dual, untuk tipe sony xperia m2 dalam keadaan btrei 100% full bisa bertahan sampai seharian(12jam) tapi untuk lenovo vibe x2 hanya bertahan 3-4 jam saja? Pdhl saya sudah me off kan aplikasi seperti sync. Auto rotate posisi off, kecerahaan gambar sudah paling rendah, wifi tidak pernah di pakai dan hanya menggunakan line bbm instragam path dan email saja. Bisa minta solusi nya apakah ini bawaan hp ato mungkin hp saya yg bermasalah.
    Yang kedua ketika saya posisi ngecharge dalam keadaan mati itu sudah full 100% lalu saya hidup kan 3jam kemudiam alhasil btrei menjadi 49% posisi baru saya hidupkan, tolong solusinya trims
    Pak iwan
    Sidoarjo

    1. Pak Iwan,

      Membaca dua kejadian yang Anda alami di Vibe X2, saya berani memastikan kalau ponsel itu tidak normal. Entah di baterainya atau komponen lain (zaman dulu istilahnya IC PA). Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  141. mohon masukan dan saran untuk para pengguna hp lenovo nantinya agar tidak salah memilih hp yg tidak gampang rusak atau pemakaian hp yg terbilang sangat sebentar

    1. Pak Pandu,

      Saya menyumbang satu saran ya: lebih baik tidak membeli ponsel Lenovo seri A. Mengacu kepada pengalaman pribadi, seri A biasanya kurang nendang.

  142. Saya punya pengalaman juga di lenovo a706 hpe cepat panas saat charge lama dan gaq bisa penuh penggunaan indikator baterai berkurang slalu lompat dr 100 langsung ke 80 dr 80 langsung ke 47 padahal baterai dah saya ganti ke dp itu memang dari hp nya atau ada yg korslet ya moho pencerahannya

    1. Pak Vheri,

      Kondisi itu pasti tidak normal. Apakah penyebabnya? Hmm… harus diperiksakan ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  143. Saya pengguna lenovo P70,pemakaian baru 3bulanan kurang lebih trus terjadi error pada tobol powernya,terus terang ini pertama kali saya pakai lenovo,trus saya ke service centernya pelayanan bagus estimasi kurang lebih 1 bulan,2minggu pertama saya blm ada kbr saya hubungi pihak lenovo info part blm dtang krn termasuk type baru……3minggu kemudian sama jwabannya…..sampai 1bulan lbh saya tlp lagi ternyata jawabn yg saya dpat juga sama.Saya sdkit kecewa dengan jwbn dr pihak lenovo yg tidak bisa memberi solusi atau estimasi yg pasti tentang handphone saya.Hanya berbagi aja sdikit curhat thanks

  144. hy alisa, gmna pengalamannya menggunakan lenovo a7000, bisa bagi infonya ngga ?
    aku ada rencana mau beli lenovo itu 🙁

  145. Hallo p Herry,
    Sy punya lenovo S930, dgn spek yg mumpuni, kok internet sy putus nyambung,,sbelumnya sy juga pakai lenovo a850 , internetnya kenceng bgt, pdhal sy pakai sim card yg sama

    1. Pak Dewa,

      Baik buruknya koneksi internet bisa berbeda-beda lho. Jadi. meskipun kartu yang dipakai sama dan lokasi pemakaian juga sama, tetapi kalau waktunya tidak sama, hasil akhirnya bisa berbeda lho.

  146. Siang Pak
    Saya mau tanya, saya kan pakai hp Lenovo K 910 L (Vibe Z) nah di pinggirannya itu kayak abis kena air dan bekasnya itu cuma kelihatan kalau lagi buka aplikasi dgn latar belakang gelap, kalau latar belakangnya putih bercak air nya tidak terlihat padahal hp nya tidak pernah terkena air, mohon infonya pak

  147. Saya pengguna lenovo tab a3000.. Awalnya saya merasa senang memakai tab ini, karena tidak lemot dan dapat support OTG meskipun kamera depan masih VGA dan saya merupakan seseorang yang menggemari kegiatan”selfie” tp hal tsb tdk mnjadi masalah buat saya.. Yang saya permasalahkan disini adalah sistem softwarenya pada pemakaian awal 3 bulan tdk ada masalah..semuanya berjalan normal, tp setelah 3 bulan pemakaian ada masalah dg softwarenya,, tp saya berfikir itu ksalahan saya, karena saya trlalu banyak menyimpan aplikasi yang menyebabkan kerja tab mjd berat dan stelah “Flash” saya mengurangi aplikasi saya, saya hanya menggunakan whats app, bbm, line dan beberapa aplikasi dan game yg tdk berat, setelah 2 bln softwarenya kmbali brmasalah dan hrs diflash ulang lagi,,padahal banyak sekali data penting dsana yg tdk sempat diselamatkan. Setelah flash saya mengurangi lagi aplikasi yg saya gunakan, tdk sebanyak waktu sebelumnya. Setelah satu bulan software brmasalah lagi dan harus flash ulang lagi. Setelah flash ini saya benar2 membatasi aplikasi saya, 3 bln kmudian harus di flash lagi..saya hanya sangat menyayangkan data saya yang tdk bisa diselamatkan itu..mohon tanggapannya terimakasih

    Nama : Qorina Ilmaniar D
    Domisili : sidoarjo
    Pengguna lenovo idea tab a3000

    1. Bu Qorina Ilmaniar D.,

      Flashing memang akan menghapus seluruh data. Kalau sebelum di-flash ponsel masih bisa diakses, sebaiknya Anda memindahkan data yang penting dulu. Aktivitas itu harus dilakukan secara mandiri. Petugas di pusat perbaikan resmi takkan mau melakukannya.

  148. saya pengguna lenovo a6000+, pemakaian bru jalan 3 minggu lebih hp saya sudah mengalami eror pada touch screennya (sering ngeklik screen sendiri), awal pemakaian sih sudah terasa keanehannya pas mau tahan klik pada screenya kadang” sering lepas sendiri tpi cuma pada layar bagian tengah saja begitu, yg lain tidak …!! pas 3 minggu erornya makin menjadi jadi(lebih parah) tpi klo pas matiin layar erornya hilang, tpi klo lama pakai hpnya erornya muncul lagi, ini yg masalah screenya atau ada bug pada sistemnya, mohon jawabannya …!!

  149. saya pengguna lenovo a6000+, pemakaian bru jalan 3 minggu lebih hp saya sudah mengalami eror pada touch screennya (sering ngeklik screen sendiri), awal pemakaian sih sudah terasa keanehannya pas mau tahan klik pada screenya kadang” sering lepas sendiri tpi cuma pada layar bagian tengah saja begitu, yg lain tidak …!! pas 3 minggu erornya makin menjadi jadi(lebih parah) klo pas erornya muncul dan langsung matiin layar erornya hilang, tpi klo lama pakai hpnya erornya muncul lagi, ini yg masalah screenya atau ada bug pada sistemnya, mohon jawabannya

    1. Rama, kerusakan HP kita sama y, HP aku juga lenovo a6000, klo HP kmu udh bagus boleh sharing kn sama aku bagai mama memperbaikinya

  150. saya baru2 ini beli lenovo tipe s660. pas awal pemakaian saya charge sesuai yg diperintahkan.
    satu dua hari berselang batre awet bgt. blm saya charge lg selama dua hari, krn kapasitas batre 3000 mah
    tp pada saat hp saya dicharge utk kdua kalinya, batre bnar2 cepat habis. bhkan saya diamkan pun cepat habis. saya tdk tau ada mslah apa. pda batere ato ponsel. saya ragu mau memeriksakannya k sc. setelah melihat tanggapan dan pengalaman pengguna lain bahwa sc nya kurang memuaskan.

    faizal. bandung

    1. Pak Faizal,

      Terima kasih atas sharing-nya. Kalau saran saya sih lebih baik tetap diperiksakan. Sebelumnya jangan lupa berdoa dulu supaya lancar.

      1. Pak Heri, Sudah Saya service ke SC Lenovo. dan ternyata benar, mesti menunggu 3 minggu untuk ganti spare part baru dan hp saya disimpan di SC.

        hmm… Baru kali ini ada kejadian sperti ini..

        Faizal, Bandung

  151. Kepada Bpk. Heri Yth.
    saya baru saja membeli lenovo Vibe X2 32Gb di sallah satu situs online, kendalanya yg saya hadapi skrng adalah:
    – kenapa hape tersebut saat saya shutdown saat baterai masih 30% misalnya, saat dihidupkan kembali beberapa jam kemudian baterai tersebut habis total..???
    adakah settingan tertentu di menu setting..?
    atau memang baterai saya yg bermasalah..?

    terimakasih Bpk. Heri

    1. Pak Irsan Pribadi,

      Kondisi baterai tersebut tidak normal. Apakah sudah pernah Anda charge 3-4 kali? Kalau sudah dan tetap mengalami hal serupa, coba komplain ke penjual dulu. Solusi terakhir adalah membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  152. Rendahnya kualitas lenovo
    Saya pemilik lenovo vibe z k910L
    Gk tau apa sebabnya tiba2 layar retak sedikit sh
    Gk kegencet wkt tidur atau krn apa sy gk ta. Sebelumnya normal. N saya pake. Trs sy taro di kasur 10mnt kmudian sy mau pake tiba2 tochren gk respon stelah diliat trnyata layar retak sdikit. Sy pernah pny merk sony dgn layar retak lebar tp touch tep normal trz merk htc jg prnh dgn layar retak tep bs digunakan. Pdhal lenovo ini mnurut kondisi keuangan sy. bs disebut mahal lho dgn harga 3,4 jutaan. Tp kualitas kurang memuaskan. Untuk yg pny lcd touhcren lenovo k910L di daerah bdg hub sy di 082214429222 saya butuh.second atau copotan jg gpp asal normal. Untuk harga silahkan pm dl tq.

  153. Gan,saya pakai lenovo a6000,baru sekitar 3 hari yang lalu saya upgrade dari kitkat ke lolipop hp lenovo saya jadi sering ngelag yya padahal semenjak masih kitkat tidak pernah ngelag sama sekali,ini kenapa yaa kira”??

    1. Pak Andrew,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Saya belum pernah memakai A6000. Setelah ponsel di-upgrade dari KitKat ke Lollipop, apakah Anda sudah melakukan factory reset? Usai menjalani major update seperti itu, ponsel idealnya di-reset dulu.

  154. Saya pakai Lenovo K910L. Selama ini saya menggunakan earphone yg bukan bawaan dari Lenovo dikarenakan suara yg dihasilkan dari earphone bawaan Lenovo tidak bagus. 3hari ini, saya tidak lagi bisa menggunakan earphone tsb dikarenakan suaranya malah keluar, ga masuk ke earphone. Kira2 salah dimananya yaa??? Karena, setelah saya ganti dengan earphone yg lain, hasilnya jg sama.

    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    1. Bu Lenny Mardunita,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Saat Anda memasangkan earphone, di layar ponsel apakah muncul ikon headset? Karena Anda sudah mencoba memasangkan dua earphone berbeda dan hasilnya earphone tak berfungsi, saya curiga konektor audio 3,5 mm di ponsel Anda bermasalah. Jadi, yang rusak bukan earphone-nya, melainkan konektor di ponsel.

  155. pak herry klo di service centre lenovo ada gk/ TP yg k910l bkn yg k910 udah di coba tp gk cocok klo ada brp harga nya kira2 harus inden dlu GK

    1. Pak Dany,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      GK/TP itu maksudnya apa ya? *bingung*

  156. karna tergiur spek gahar dengan harga murah saya menjatuhkan pilihan pada lenovo a6000+ .awalnya sih puas tapi dua hari kemudian baru kelihatan penyakitnya saat pake BBM tombol hurup ZXCVBNM gak pungsi dan parahnya 2 minggu kemudian tombol backnya juga ikut gk pungsi.karena di tempat saya belum ada service counter lenovo terpaksa saya titip di toko tempat membeli untuk di garansikan yang katanya butuh waktu satu sampai dua bulan.
    darmansyah
    kutai timur kaltim.

    1. Pak Darmansyah,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Terima kasih atas sharing-nya.

    1. Pak Ubaidillah,

      Boleh tolong diperjelas dulu yang dimaksud dengan “di pungkus m kaen” itu apa?

      Baterai ponsel yang disimpan, biarpun tidak dipakai, dayanya akan terus menurun. Penurunannya tentu tidak secepat kalau baterai itu Anda pasangkan ke ponsel yang sehari-hari rutin Anda gunakan. Hal itu tergolong wajar.

  157. mksud nya ada gk? .sy udah coba pake lcd seri k910 nya yg seri .doble sim tp gk cocok ternyata k910 sama k910l slain duai sim dan singel sim. lcd nya jg berbeda klo ada brp harganya? pny sy yg singel sim k910l

    1. Pak Dany,

      Biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat. Tuliskan pertanyaan dengan jelas pula.

      Ini maksudnya Anda mau cari LCD K90 kan. Maaf, saya tak tahu di mana penjualnya. Silakan langsung ke pusat perbaikan resmi Lenovo saja.

  158. saya mau menanyakan keluhan lenovo a7000 milik saya mungkin anda bisa menjawab hehe.
    kenapa ya GPS di hp lenovo a7000 saya menjadi tidak konek. setiap saya membuka aplikasi GPS / WAZE selalu saja seperti tidak ada sinyal GPS, padahal paket data aktif & kencang, dan saya juga sudah mengaktifkan GPS nya… apakah ada setingan yg salah?? padahal seblm2nya enak2 aja saya pake WAZE. kenapa tiba2 seperti sinyal GPS nya menghilang yaa…mohon jawaban nya

  159. Saya menggunakan Lenovo a6000 plus. Ponsel sangat bagus apalagi saat mendapat upgrade android lollipop 5.0.2 namun sayang setelah di upgrade baterainya menjadi sangat boros.
    Apakah lenovo a6000 plus akan mendapat upgrade ke android marshmallow

  160. Salam kenal,

    Saya penguna Lenovo K900, beberapa bulan terakhir Lenovo K900 saya sering hilang signal dan kemudian restart sendiri.
    Kejadian seperti ini terjadi berulang-ulang, dan sangat mengganggu aktivitas saya.

    Mohon kiranya diberi solusi apa yang harus saya lakukan ?
    Tambahan – K900 saya sudah habis masa garansi

    Salam,
    Agung

    1. Pak Agung Wibowo,

      Solusinya hanya dua:
      * Membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.
      * Mempensiunkan ponsel itu, lalu membeli ponsel baru.

      Alternatif membawanya ke tempat servis independen tidak saya sebutkan karena mereka amat mungkin tidak memiliki suku cadang untuk K900.

  161. 1. Nama : reza
    2. Alamat Email : rezathe8@gmail.com
    3. No. HP :083878737037
    4. Lokasi :jakarta

    Untuk keterangan product Smartphone Lenovo yang harus disertakan seperti di bawah ini :

    Model phone : lenovo S660
    IMEI :
    Software version : android 4.4.2

    Saya hanya ingin bertanya, di hp saya ada lampu led notifikasi tapi kenapa fungsinya berbeda dengan smartphone lainnya, seperti misal di hp lain led berwarna hijau jika ada notifikasi, berwarna merah jika charger/ low bat, dan biru jika charger selesai. Tetapi di lenovo ini saya tidak mengerti twntang led notifikasi yg hanya menyala merah dalam keadaan apapun, tetapi jika di cek pada pengaturan lampu led normal dengan 3 warna, merah, hijau, dan biru. Lalu jika led notifikasi ada di sebelah kanan speaker, apa yg ada di sebelah kiri speaker? Kenapa ada yg berkedip cepat warna merah. Terima kasih. Reza

  162. Salam kenal .

    Saya punya sedikt masalah dengan lenovo a526 ane ,yaitu knp GPS nya selalu menyala sudah ane matikan itu GPS tp dalam benerapa detik menyala lagi membuat risi ,mohon solusinya

    Nendy Kurniady
    BANDUNG
    LENOVO A526

  163. Saya menggunakan Lenovo S650. Batreo full kondisi hape mati tapi tidak bisa menyala, lalu keluhan lainnya tidak bosa menangkap sinyal. Mohon bantuannya dicarikan solusi.
    Terimakasih

  164. saya menggunakan lenovo a6000 saat saya update os lolipop kenapa nada getar saya hilangnya mohonbantuanya dicarikan solusinya

    Terima kasih

    1. Pak Bangkit Ardian,

      Saya belum pernah mencoba A6000. Usai menjalani major update, coba lakukan factory reset dulu. Kalau masalah serupa masih muncul, mampirlah ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  165. Saya punya masalah dengan lenovo ku “A859”
    Biasa nya kalo di cas kadang bisa kadang tidak..
    Padahal bagian untuk cas-cas an nya baik baik aja
    Lalu kalo hp nya panas sering mati tiba-tiba..
    Dan lebih parah nya lagi.. saya nggak pernah selfi- selfi tapi kamera depan nya nggak bisa di gunain…
    Dasar Hp Gila…

  166. saya mau tanya donk kepada para suhu yang sudah berpengalaman menggunakan product Lenovo. Jadi begini, saya hendak terhitung baru berniat meminang Lenovo, terkhusus lenovo S60… Mohon masukan dan saran dari para agan-agan mengenai hal ini dan apa pendapat kalian mengenai Lenovo S60 ini apakah layak untuk dimiliki atau tidak, memang secara Sepesifikasi sudah mumpuni dan tangguh… tapi ya saya belum tahu ketahanannya…. apakah akan berumur panjang atau hanya bisa bertahan beberapa bulan saja…. Terima Kasih.

    Nama: Agung
    Lokasi: Palangkaraya – KalTeng
    Hp: BlackBerry Z3

  167. Permisi mau tanyak, kenapa indikator hp lenovo vibe x2 tulisannya 100% terus sampek berjam2 sampek hape mau mati karna kehabisa baterai tetapi masih tetap tertulis 100%. Apa harus di service atau bisa di atur di bagian setting, mohon solusi makasih
    Pak iwan
    Sidoarjo

  168. Lenovo a 700 spesial edition baru seminggu, touchscreen mati yg lain keliatannya normal hanya touchscreen tak berespon…. Cara klaim garansi bagaimana ya.? Adakah service center terdekat dr Cirebon. Atau bisa diperbaiki sendiri.?

    1. Pak Eko,

      Maksudnya A7000 Special Edition ya? Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi terdekat. Daftar alamatnya tertulis di kartu garansi yang ada di dalam kardus. Saya tak hafal apakah ada yang berada di Cirebon.

      Jangan diperbaiki sendiri, kecuali Anda tak keberatan kalau garansi hangus.

  169. A 7000 .saya baru beberpa bulan memakai.sekitar bulan akhir bulan mei 2015.tp ini hp bikin ngeselinq.tiap di gunakan selalu balik dan nekan nekan sendiri.kadang kalo nulis sering loncat loncat untuk garis indikator tulisan.kadang tombol balik tertekan ..mohon solusinya..center di jogja istimewa di mana???

    1. Pak Farid,

      Solusinya ya dirawat inap di pusat perbaikan resmi. Saya tak hafal alamat pusat perbaikan resmi Lenovo di Jogja. Coba dilihat di kartu garansi. Di sana tertulis daftar alamat pusat perbaikan resmi kok.

  170. Hp lenovo p780 saya blank.. Waktu saya bawa ke service center lenovo..katannya haarwarenya harus di ganti.. Yg bikin kaget harganya Rp.1.850.000… Hampir 2jt mas broo!!!.. Sangat mengecewakan.. Sangat menjengkelkan.. Masa harga ganti hardware mendekati harga hpnya..mengesalkan.. KAPOK SAYA BELI HP LENOVO..NYESEL SAYA BELI LENOVO.. andaikata saya nemu hp lenovo di jln ga akan saya ambil.. Percuma karena harga ganti hardware sama kaya beli baru.. KAPOOOOOOOKK ……

    1. Pak Feby Harianto,

      Boleh tolong dijelaskan lebih detail? Di antaranya:
      * Kapan kejadiannya?
      * Anda membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi yang di mana?
      * Apa kata petugas di sana?
      * Dll

      Kalau Rp 1.850.000 itu sih bukan mendekati harga ponselnya, tetapi melebihi harga ponsel barunya. Saat ini harga P780 baru dan bergaransi resmi sudah Rp 1,5 jutaan. Saya mesti cek lagi untuk memastikan yang benar Rp 1.499.000 atau Rp 1.599.000.

    2. pengalaman saya juga sama seperti bapak feby lenovo saya a850 waktu saya bawa ke gerai lenovo masih dalam keadaan hidup tetapi proses android acore nya berhenti . petugas bilang kemungkinan hanya masalah software bisa diatasi tetapi besoknya saya dapat sms kalau harus ganti mainboard seharga 2jutaan pdhl waktu saya beli handphone tdk sampai harga segitu yang lebih parahnya waktu hp saya ambil kembali malah mati total saya komplainkan jawabannya yg namanya diservis pasti ada perubahan. apa memang perubahannya malah mati total seperti itu? itu saja masih harus bayar 25 ribu untuk biaya pengecekan.

      1. Bu Nita Rizki,

        Waduh… kok parah begitu. Waktu itu apakah Anda sudah sempat komplain kepada manajer yang bertugas atau mengirimkan surat pembaca?

        1. saya belum sempat komplain pak soalnya dinota perjanjian sudah tertulis perubahan yg terjadi setelah service bukan tanggung jawab gerai. jadi percuma saja saya komplain. waktu tanda tangan perjanjian di nota saya tdk membaca pak karena ketentuannya banyak sekali. kita sebagai konsumen tdk mungkin membaca tulisan tulisan sebanyak itu pada saat itu juga. itulah mungkin salah satu bentuk pembodohan pada konsumen pak.

  171. Sekarang saya memakai lenovo a7000 stelah melihat berbagai review .. Dan cukup puas atas kinerja nya ..walaupun masih ada kekurangan,

    Bagian bawah hasil foto menggunakan lampu flash dari kamera terlihat berkabut sekali di bag bawah Bila menggunakan case bening dari pembelian a7000, jadi inti nya case dari pembelian itu jadi useless, karena sangat mengganggu, masa kalo mau foto harus dibuka dulu ?

    Update software terlalu cepat bisa sebulan dapat 2x notifikasi (entah apa yg fix) karena tdk ada deskripsi jelas tidak seperti xiaomi saya terdahulu yang jelas deskripsi nya setiap mau di update ..

    Touchscreen kadang tidak merespon, jarang memang tapi kalo lagi pas buru2 suka ksel juga ..

    And terakhir setelah saya denget cerita temen2 saya yg banyak juga menggunakan lenovo saya agak ngeri melihat service center nya .. Karena walaupun rusak di bagian yg kelihatan sepele tetapi harus mengganti semua board nya yg harga nya nyaris atau sama seperti hape baru, terakhir lenovo s920 teman rusak di bagian konektor nya tidak bsa charge, ketika dibawa ke sc dengan berbagai alasan di suruh ganti board dengan harga sekitar 2juta… Akhirnya ketika dibawa ke tukang service biasa cuma kena biaya 90rb untuk ganti konektor aja.

    Malah ada teman saya yang kapok dan handphone nya dibuang ke kali karena ketika di bawa ke sc harus bayar biaya service yg mahal ..

    Tolong diperbaiki sc nya karena hampir semua user lenovo yg pernah berurusan dengan sc disarankan ganti board yg harganya sama dengan hp baru..

  172. selamat sore, saya pengguna Lenovo a3300, tapi sekarang tablet itu layarnya kedip-kedip/tidak stabil. kata service center di roxy mesti ganti mesin dengan biaya sekitar 1,8jt, tetapi mereka tidak bisa mengganti nya karena jika tablet harus ke sc yg di mangga dua. apakah benar semahal itu untuk mesin lenovo a3300? sedangkan saya membelinya saja hanya sekitar 1,5jt.. mohon bantuannya pak, terima kasih.

    1. Bu Stiffani,

      Saya tak mengetahui harga suku cadang Lenovo. Menurut saya, biaya perbaikan yang dikenakan sangat keterlaluan. Lha terakhir harga A3300 baru sudah kurang dari Rp 1,3 juta kok.

  173. saya punya lenovo A328, belinya november 2014
    selama pemakaian no prob..
    cuma sekitar 1bln terakhir ini mulai rewel..
    dr yg layar homenya blank, sampe lenovo launcher stopped..
    yg layar home itu, detailnya :
    – bgn atas, tempat notif baterai sinyal itu muncul, tp layarnya hitam
    – kalo mau masuk aplikasi, melalui setting (sliding atas tempatnya on off in wifi itu), baru masuk di aplikasi nya
    itu sdh sy bawa ke lenovonya, inep 1hr, katanya kena softwarenya..

    gak lama, selang 10hr an, aplikasi spt bbm, email, line, game green farm 3, has stopped.. frekuensinya cukup sering dlm sehari.. sy biarkan, dan akhirnya lenovo launcher nya has stopped, dan hp gak berfungsi.. restart pun tetep begitu, jd gak bisa dipakai hpnya..
    sy gak ngerti penyebabnya, krn blm sy bawa ke servis centernya lagi.. kalo mungkin ada yg tau penyebabnya, bisa tolong infonya.. makasih

    1. Bu Felicia,

      Ujung-ujungnya harus ke pusat perbaikan resmi Lenvoo lagi sih. Mintalah petugas melakukan flashing ulang.

  174. Saya pake Lenovo a6000, selamat ini lancar jaya sampai tiba2 terupgrade ke lollipop… Semua jadi aneh Dan lemot, trus pada setting camera gak ada focus mode ya? Sebelum keupgrade ada.
    Mohon pencerahan agar saya bisa menggunakan macro focus seperti sebelumnya, thanks.

    1. Bu Indit,

      Setelah A6000 itu di-update dari KitKat ke Lollipop, apakah Anda sudah melakukan factory reset?

      Update beda versi seperti itu lazim disebut major update. Pascaupdate pengguna sangat disarankan melakukan factory reset.

  175. Pengguna A7000 Special Edition

    So far cukup puas dengan kinerjanya, sering dipake nonton video di youtube, layar jernih, tapi harus sering digelapin karena kalo ngga batrenya cepet abis..
    Iya, batrenya cuma 2900mAh, sayang banget..

    Setting profile agak membingungkan, (contoh: mau matiin fitur getar di touchsreen keypad gimana caranya, mau telfon doang yang bunyi yang lain silent gimana caranya), dan alarm pagi kayaknya suka gak bunyi

    Pas memori internal sisa 300anMB ga bisa simpen foto, dll lagi
    Atasnya si hp suka panas kalau habis nonton video

    Daan, eng-ing-eng baru seminggu saya sudah menemukan bahwa tombol on/off miring sebelah (bagian sisi atas lebih jeglok masuk ke dalam)

    Trus paket ini walau dilengkapi hard case & anti-gores, emang ga dikasi earphone ya? Agak sedih sih..

    Bukannya mau bandingin, andai Xiaomi Mi4i / Note 2 ada eksternal memori & Oppo Mirror 5 layarnya full HD, kayaknya saya bakal mikir 1000x deh untuk beli Lenovo, sayangnya ndak ya, jadi ga nyesel lah, hehe..

    Ohya, sayang juga K80 ngga masuk Indonesia, kalau iya saya pasti ambil..

  176. mohon pencerahan nya pak herry. Saya pengguna vibe x2, kemarin pas upgrete gak sadar kalau battry Masih 15% lantaran sambil di cas, tiba tiba HP jadi mati sebelum selesai upgrete.
    Untuk mem flash ulang selain Di inapkan di SC apa ada cara lain ya pak. Soal nya sudah di lakukan tapi selalu gagal.
    Terimakasih pak.
    nama awi
    Dari sampang

    1. Pak Awi,

      Proses flashing mestinya tidak sampai berjam-jam. Jadi, coba saja dibawa ke service center dan Anda bernegosiasi dengan petugas di sana. Katakanlah Anda meminta ponsel dimasukkan pagi dan sore Anda ambil.

  177. hape lenovo itu ngeselin banget, belum 1 tahun sudah nge hang gak jelas padahal pemakaian aplikasi sangat minim, pada saat ada telpon, tombol sentuh untuk mengangkat telpon nya tidak muncul pada layar, bagaimana telpon bisa diangkat, pada saat ingin membuka kontak telp, loading nya sangat lama dan ujung-ujung nya muncul tulisan “manager kontak berhenti”, selalu begitu dan begitu
    hape lenovo sangat tidak recommended deh

    Dewi Wijayanti
    Kalimantan Tengah
    Lenovo S850

  178. saya makai lenovo a7000 baru pake 3 bln otgnya bermasalah saya bawa ke service center katanya harus ganti mainbord, kenapa cuma masalah otg kok ganti mainbord,padahal semua kondisi normal di cas mau…alhasil menginaplah hp lenovo saya di service center, lama saya menunggu hp saya 3 mingguan baru dpt konfirmasi dr service center lenovo katanya mainbord ku sudah di pasang tp msih trouble harus di cek ulang, dengan perasaan kecewa saya datangi service center lenovo…saya menayakan ke cs-nya, troble apanya mb tanya saya, mesinnya mas jwb csnya, kira2 berapa lama mb pengecekanya mb tanya ku lg, seperti kemarin mas jwb cs lenovo, apa jwb ku,!!! kaget dengan pernyataan cs lenovo, berarti lenovo saya bakal 2 bulan berada di servicean no mb, iya jwanya…saya benar2 kecewa dengan service center lenovo…kl untuk beli produk lenovo lg saya mikir2 lg deh…

    NB: kl csnya di tanya katnya sperpartnya kosong dr chinanya…kl g mampu menyediakan spertpart kagak usah jual tu hp kasihan yg pake, kl rusak g bs di perbaiki..dengan kata lain cuma satu kx pake hpnya….

  179. Saya pengguna lenovo a7000, baru saya pake sebulanan ini. Karena dapat recom dari temen yg pake a6000 saya memutuskan membeli a7000, meskipun ditawarin xiomay ataupun appo tetep bersikeras memilih a7000. Tolong di bantu pak herry, ada masalah dengan kondisinya hpnya maunya di charge hanya pada posisi mati aja, kalo posisi nyala tidak mau charge.
    Selain itu saya colokin ke Laptop posisi hp nyala juga ngak terdeteksi.
    sudah aku coba beberapa cara : lepas baterai udah,
    tolong di bantu ya, terima kasih.

    1. Pak Bayu,

      Maaf, saya tidak bisa membantu. Kebetulan saya tidak pernah memakai A7000. Saran saya, coba diperiksakan ke pusat perbaikan resmi.

  180. hadduuuhh.. rencana mau beli lenovo jadi ragu banyak sekali keluhan .baru sebentar udh pada bnyak yg rusak.. saya pemakai samsung galaxy star s5282 udh 2 tahun tapi masih mulus masih segel. cuma charger orinya rusak. keluhan saya cuma lemot saja. maklumlah ramnya cuma 496mb..

  181. Saya di sarani pake lenovo oleh abah,belinya di malaysia kata abah lenovo dia punya mesin bgus gk cepat panas ,karna apa kata orang tua ya nurut aja awalnya sih gak mau lenovo mau samsung tapi yauda deh akhirnya jatuh cinta sama tablet ini?.dan akhirnya tanggal 04-11-2015 rabu lenovo gua masuk parit ,posisi tablet lagi dengerin musik lampu masih nyala lespekernya langsung rusak suaranya pecah,kamera depannya jadi gelap,gua takut banget lama kelamaan rusak dan gak bisa hidup lagi? tablet gua LENOVO TAB 2A7.terus fungsinya DOLBY itu buat apa sih?terus tabletnya untuk kedepannya gapapa kan udah masuk air gini?

    Syafina
    Medan,Sumatra Utara
    LENOVO TAB 2A7

    1. Bu Syafina,

      Dolby itu berhubungan tata suara yang lebih memanjakan telinga. Biasanya baru terasa kalau Anda mendengarkan musik atau menonton video dengan menggunakan earphone/handsfree berkabel.

      Oh, ketika masuk ke parit, parit itu ada airnya ya? Kalau ada airnya dan kebetulan air itu sempat masuk ke tablet Anda, di masa mendatang tablet Anda mungkin akan bermasalah.

  182. Merk hp lenovo s660,,saya punya masalah dengan besi konektor sim card pada rontok karna pake kartu yang bisa di lepas platnya,,pas saya mau tarik eh malah nyangkut gak bisa keluar,,saya tarik pelan2 juga gk bisa terus mau gk mau saya paksa malah rontok besinya pada patah di slotnya..apakah banyak tersedia sperpart utk mengganti slot yg rusak itu?? Di tempat saya tidak ada SC resmi lenovo, lama pemakaian baru 6 bulan,,klo di bawa ke SC biasa apa bisa? Mohon pencerahanya. Terima kasih!

    1. Pak Fikry,

      Asalkan memiliki suku cadang yang cocok, tempat servis biasa mestinya bisa memperbaikinya. Tentu saja garansi resmi ponsel Lenovo itu akan hangus.

  183. Saya sudah satu bukan pakai lenovo a7000 plus . baterai lumayan bisa sampai 12 jam penggunasn biasa . kalau mau lihat video di yt ya biasanya sih fitur penghemat daya baterai . serta penghemat daya gpu saya aktifin . jadi bagian soc (diatas baterai) cuma hangat biasa . kalo gak diaktifin tuh fitur . saya pake game kualitas di fullkan panasnya minta ampun . soalnya inikan hp fhd dengan proc octa core . moga aja ni hh awet . . . . . . . dan jgn lupa untuk ngaktifin mode pesawat . matiin dolby atmos dan sweep aplikadi yang berjalan di latar belakang jika ponsel gak dipake .supaya baterai hemat . karena biasanya kalo kebanyakan aplkasi yg jalan di background bikin baterai cepat habis pada kebanyakan hp .

  184. Agus Rohman,

    Saya pakai Lenovo A6000plus karena saya tertarik dari sisi RAM 2gb dan tipisnya sesuai smartphone pada biasanya,Sebulan memakai memang menyenangkan,tetapi setelah itu ada sesuatu yang membuat saya pingin membanting HP ini,TOUCH SCREEN ERROR dibeberapa Baris dan klo di sentuh bagian tertentu,loncat kebagian lain{ada kodoknya kalee}.Saya datang ke gerai TAm{salah satu Autorized di Denpasar}ya tau sendirilah Lenovo selain tidak ada service centernya,pasti kualitas jaminan dan penanganan beda dan lamanya minta ampun,Lucunya lagi,part yang saya pesan tidak kunjung datang dan lebih lucunya lagi Customer repersentative nya menanyakan bagaimana kualitas pelayanan Servicenya{Barang belum datang dah nanya kualitas=Kecewa pastinya},ya gimana lagi klo tidak saya kasih angka 1 atau sangat buruk karena tidak mengerti keperluan dan keluhan customur,apalagi tuh hp utama saya.Klo niat buat sesuatu dan biar laris manis buatlah standart kualitas dan siapkan service centernya,jangan hanya promo jor joran tp purna jual di no 100kan,gimana bisa mau menang,cust sekarang lebih kritis terhadap barang yang akan dibelinya….semoga bisa dilanjutkan ke pihak lenovo atas keluhan saya yang mungkin bisa mewakili beberapa keluhan konsumen lainnya.Terimakasih.

    1. Pak Agus Rohman,

      * He… he… konyol banget tuh customer representative-nya.

      * Seperti telah saya sebutkan di bagian atas halaman ini, thread ini sebenarnya sudah berakhir pada Oktober tahun lalu. Namun, praktiknya masih banyak yang menuliskan di testimoni ini. Saya sih mempersilakannya. Saya yakin diam-diam ada petinggi Lenovo yang memantau.

  185. hp lenovo saya A369i mati total.udh aq flash udh ada notifikasi ok.tpi hp nya ttp gk nyala…pdhal step by step udh aq ikuti dg bnar.tpi ttp gk nyala…dicas jg gk ada indikator nya.trnyata lenovo hp murahan.harga mahal tpi kualitas gk sebanding harganya

  186. saya pengguna lenovo a859 numpang nanya dong gan keyboard android ane suka ngilang secara tiba-tiba saat mengetik dan juga saat membuka vidio suka kepause sendiri dan saat ane buka coc aplikasi cocnya membuka terus menerus gabisa dibuka dan untuk game lainnya juga suka kepause secara tiba-tiba.minta solusinya yaa gan .makasih:)

  187. Siang koh..sy pake lenovo P90 grs resmi baru sekitar 5bulanan.scr umum hp msh normal,but ada bbrp mslh,yakni:
    1.kdg2 kontak lama sekali loadingnya
    2.hp sering panas,bahkan ketika hny utk ber bbm and wa aaja.batere scr umum msh bisa digunakan dr pagi mpe malam pemakaian normal
    3.perasaan kinerja prosesornya berkurang krn kdg2 jd lumayan lelet hny utk buka2 menu aaja.
    4.bluetooth lmyn susah connect dg perangkat lain
    5.update lollipop blm tersedia utk tipe ini pdhl skrg uda padha move ke marshallow

    Menurut koh herry,perlukah saya sgr membawa hp saya ke sc lenovo resmi terdekat?or dijual saja?misal,sy jual kira2 hrg brp ya?sy beli di eraphone grs resmi dan kondisi msh mulus sgel.thx.sy sgt menanti jwbn koh herry.thx

    1. Pak Donny,

      Kontak Anda ada berapa ribu nama?

      Untuk poin nomor 1-4, coba lakukan factory reset dulu. Kalau masalah belum sembuh, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo terdekat.

      Untuk poin nomor 5, ya itu sih tergantung Lenovo.

      P90 kalau dijual harganya lumayan terjun bebas. Estimasi saya laku Rp 2 juta sampai Rp 2,2 juta.

  188. Thx koh atas infonya…maaf cara factory resetnya gmn?apa pakai kode?dan apakah all aplikasi dan kontak,juga bbm dan wa akan hilang koh?oh ya kontak sy dikit kok,gak lebih dr 300

    1. Pak Donny,

      Silakan masuk ke settings, lalu backup and reset.

      Seluruh aplikas hilang.
      Kontak hilang, tetapi otomatis akan kembali setelah Anda menambahkan akun Gmail.
      Kontak BBM hilang, tetapi akan kembali lagi setelah Anda memasukkan BlackBerry ID.
      WhatApp bisa di-backup dulu via menu di dalam alikasi WA. Biar kelak bisa di-restore.

      Hmm… kalau kontak cuma 300, mestinya tidak lambat.

  189. Sy pke lenovo yoga tablet 10″…. tdk ada masalah apapun…. Tp 3 ato 4 hr kmaren sy download emulator tuk game…. Yg tadinya, lancar pencet tombol dr controller…mlah skrang printah dr controller tdk bs k baca…..Hadeeehhhh…..
    Sdh lakukan factory reset, dan hasilnya tetap g bs baca printah dr controller sy… Kl setting ulang software d service centre bs cpet ga sih…? Krn spertinya nta shell command d software sdh k setting dr download emulator itu….

    1. Pak Christ S Baskoro,

      Kalau beban kerja di pusat perbaikan resmi kebetulan sedang rendah, mestinya bisa ditunggu. Namun, bila antrean di sana sedang banyak, ya terpaksa harus ditinggal.

  190. koh saya mau tanya,bagusan lenovo a7000 plus atau xiaomi redmi note 2,karena saya bingung 22 nya lumayan bagus,tapi setelah saya teliti dia atas komentarnya,kayaknya hp merek lenovo jelek banget ya kualitasnya,mohon sarah….hehehe

    1. Pak Haekal,

      A7000 Plus? Maksudnya A7000 Special Edition ya? Saya belum pernah coba. Saya juga belum pernah mencoba Redmi Note 2.

      Satu hal yang perlu diketahui, Redmi Note 2 bergaransi resmi belum beredar. Jadi, yang ada di pasar pasti tanpa garansi resmi.

  191. Malam koh..thx atas saran reset factory settingnya.lenovo P90 sy sdh normal,tdk lelet,kontak yg tnyta 1000an jg responsif,tdk panas,dan batere normal.pagi mpe skrg msh 44%.sptnya mslh bukan di lenovo nya but aplikasi dan background sy yg terlalu byk…so,sejauh ini sy sbg pengguna lenovo utamanya P90 menyatakan hape ini lmyn bagus kok n elegan.dl bnere ay nyarinya asus zenfone2,but stlh skrg sy bandingkan,dr model,tingkat kepanasan,dan kamera,msh bagus P90,but ngga tau klo sektor lain.finally,thx ya koh hsw atas resepnya yg jos gandos…tetap semangat berkarya.Gbu

  192. Saya sudah 1 tahun lebih menggunakan lenovo. Service udah kadarluarsa ehhh hp kena problem. Hp ku ‘leny a859’ terkendala di ic power. Sampai sekarang belum ada solusi. Kalau ada agan/sista di sini yang tau tmpat beli ic power nya tolong dishare ya…

  193. Saya punya HP lenovo a6000 say a baru pake 3 bulan tpi HP nya langsung rusak,layar nya seperti ditekan-tekan,saya udh coba reset HP nya tpi masih tetap,jadi saya bingung bagai mana memperbaikinya klo ada yg tau tolong bantuin thanks

  194. Saya baru beli hp lenovo vibe shot 2bulan lalu.. awal tidak ada masalah dengan hp saya..baru hari ini bermasalah..saat hp saya mati total kok tidak bisa di cas y..kenapa itu pak..mohon pencerahan nya

    1. Pak Andrika,

      Kondisi terakhir sisa baterai berapa persen? Kalau sampai kurang dari lima persen, coba di-charge dengan cara menancapkan kabel charger ke port USB di laptop/PC dulu selama sekitar satu jam. Berikutnya, baru diisi ulang memakai kepala charger.

      Kalau sisa daya masih banyak dan tiba-tiba mati total, bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  195. saya sekarang memakai hp LENOVO A859. kemarin hp saya tiba-tiba getar dengan sendirinya, tanpa tahu alasannya apa. Saat di charge hp getar dan saat di lepas charger nya tetap saja getar. Kemudian sekarang hp saya dipakai tlfn tidak bisa. Lawan bicara saya tidak mendengar suara saya namun saya bisa mendengar suara lawan bicara saya. Ada apakah dengan HP saya ? padahal belum ada 1 tahun

    1. Bu Aisyiyah,

      Kalau masih bisa masuk ke menu, coba lakukan factory reset dulu. Seandainya hal itu tidak menyelesaikan masalah, silakan membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  196. Katanya lenovo a7000 bagus, HP premium harga murah. Tapi kok, video call built in aja nggak ada. HP Nokia jaman dulu aja ada video call built in. Tau gini nggak bakalan aku believe
    Sang at mengecewakan!!!!

    1. Pak John,

      Mungkin karena fitur itu semakin ditinggalkan oleh konsumen, produsen akhirnya menghapuskannya. Banyak kok ponsel berharga jual jauh lebih mahal daripada A7000 yang tidak dibekali fitur itu.

  197. saya penguna lenovo a6000.. bru beli 1 minggu kok wifi ga ada jaringan dan di setting wifi nya jg ga bsa. hotspot portabell jg hilang dri daftar setting menu.jd wifi ga bsa di sett. .. apakah hardware wifi rusak ya pak?? problem lainx ga ada jaringan internet semuax bagus.

    1. Pak Aditya,

      Bisa jadi. Coba di-factory reset dulu saja deh. Kalau tetap bermasalah, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  198. Saya jga pengguna lenovo a6000 …
    Stelah diamati baik” untuk pengguna lenovo a6000 dan yg a6000 plus bnyak yang mengalami masalah pada layarnya (mencet sendiri) …!!
    klo menurut saya ini bug memang dri osnya …
    yg dikotanya ada service senter, tinggal dibawah aja kesana …!!
    klo mau perbaiki sendiri, osnya tinggal di reset ke pengaturan pabrik aja, jgn diupgrade … punya saya jga kyak gitu .. tpi bug nya msih jga muncul (kadang kadang) …!! ke dua … sering” bersihin layarnya … karna hp a6k ini ngk ada gozila glassnya jgi screennya gampang lecet …!! klo bisa screen protek pakainya yg agak tebal jgn hnya ngandelin yg udah ada di dos hp ( gratis) …!!
    penggunaan udh jln 6 bln … bugnya msih jga muncul tpi ngk terlalu sering …!!

  199. Saya pengguna lenovo a7000 Dan cuman satu kendala yang saya alami kalo data internet didupin trus di pke lama kelamaan bagian atas layarnya kok making panas ya pdhal cuma browsing biasa.. ITU aja sih, selebihnya good deh.

    Domisili : Malang
    Smartphone : Lenovo A7000 Special Edition

  200. saya pengguna A6000 plus
    masalahnya pada tochscreennya..mencet2 sendiri apalagi klu dipakai menulis kata..
    mohon bantuannya..

    1. Pak/Bu Ulla,

      Saya tak pernah memakai A6000 Plus. Silakan memeriksakan ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  201. pak herry saya bary beli lenovo vibe shot , kenapa ya setiap dinyalakan ulang kape saya selalu memulai android dgn durasi yg cukup lama untuk menyala? alasanya mengoptimalkan aplikasi ? mohon pencerahanya

    1. Pak Hafiz,

      Wah, itu sangat tidak normal. Coba lakukan factory reset dulu. Kalau hal serupa masih terjadi, bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  202. mas agan tolong bantuannya ya.
    Saya penguna lenovo S890, kendala yg sya alami menerima sms double melulu bahkan lebih dr 5 sms sya trima dan itu sms yg sama dr no yg sama jg.
    tolong solusinya ya.

  203. pengalaman sangat kecewa dan sakit hati dengan lenovo k900
    pembelian dilakukan 30 januari 2014 di bhinneka.com seharga 3.925.000
    * setelah sekitar setahun pemakaian layarnya seperti kemasukan air di pinggiran
    * sejak awal casing bagian belakang sering panas banget
    * hape tidak pernah di root atau utak atik cuma instal uninsall app dari playstore
    * trakhir sebelum matik contact sering hang
    * tepat 6 november 2015 pagi2 hp saya mengalami restart 2 kali sebelum akhirnya tidak bisa hidup lagi. saat itu saya masih santai karena belum mengira bakalan mati untuk selamanya.

    akhirnya dibawa ke service center Comtech denpasar di jalan Teuku Umar. dan selang beberapa hari sy mendapat sms seperti ini :
    “Selamat Siang, kami dari comtech denpasar, menginfokan kerusakan HP bapak pada EMMC Internal. Untuk repair harus ganti mesin. ”
    setelah ditanyakan biayanya adalah sebesar kurang lebih : Rp. 2.250.000

    sempat saya tanyakan kepada petugas di service center untuk lenovo k900 selama setahun terakhir yang mengalami masalah mati total dan tidak bisa diperbaiki ada sekitar 12 pcs.

    demikianlah keluh kesah saya semoga pihak lenovo lebih memperhatikan layanan aftersale produk produk HP nya.

    semoga bermanfaat.

    NB. setelah melihat begitu banyak keluhan dengan ciri2 yang mirip dari para pemilik lenovo K900 saya curiga produk ini merupakan produk cacat dari pabriknya.

    nama : Adi Resmawan
    kota : Denpasar, Bali
    Ponsel : samsung

  204. Kenapa nada dering lenovo s660 saya gak bisa di ganti… ada tulisan (sayangnya pengaturan telah berhenti)

  205. PAK saya ella ..
    saya mau tanya baru pake hp lenovo vibe shoot ( 1 bulan setengah ..
    tapi suka tiba2 hp mati sendiri sampai setengah jam ..
    layar mati total .. tetapi keyboard nyala terus..
    saya diemin setelah itu nyala sendiri lagi ..
    sebelumnya juga pernah seperti itu tapi tidak selama 30 menit hanya 10 menit ..
    kenapa sering mati yah..???
    saya mau tau solusinya hp baru masa seperti ini pak ..
    saya doang ?? apa semua pemilik hp lenovo vibe shoot yang lain juga kek gini ??
    thanks
    ella

    1. Bu Ella,

      Vibe Shoot atau Vibe Shot?

      Layar mati total, tapi keyboard nyala? Apakah yang Anda maksud berarti sebagian layar padam dan sebagian layar (di sisi bawah yang ada keyboard-nya) tetap menyala?

      Saya tak pernah mengalami hal itu. Keluhan seperti yang Anda ceritakan, seingat saya, adalah keluhan pertama yang saya terima. Apakah Anda menginstalasikan keyboard tambahan? Kalau mau coba langsung diatasi pakai jurus pamungkas, coba lakukan factory reset dulu deh.

      1. Dear Pak Herry …
        iya maksud saya hp LENOVO VIBE SHOT..
        sorry saya salah ketik..

        iya pak saya meng-instal aplikasi keyboard tambahan ..

        iya benar sekali pak .. layar padam ..
        hanya sebagian layar disisi bawah yang khusus keyboard menyala..
        tetapi pada hp sebelumnya memang bukan merek lenovo ..merek hp lain tapi tidak ada masalah pada instal aplikasi keyboard ..
        berarti gak bisa pake aplikasi go keyboard yah pak ??

        Rgds,
        ella

        1. Bu Ella,

          Coba aplikasi keyboard tambahan itu dihapus dulu. Lihat hasilnya bagaimana.

          Meskipun jarang terjadi, aplikasi keyboard tambahan itu kadang cocok-cocokkan. Contoh:
          * Aplikasi A dan Lenovo X: lancar.
          * Aplikasi A dan Lenovo Y: lancar.
          * Aplikasi A dan Samsung Z: lancar.
          * Aplikasi B dan Lenovo X: bermasalah.
          * Aplikasi B dan Lenovo Y: lancar.
          * Aplikasi B dan Samsung Z: bermasalah.

  206. Irma yogyakarta
    Lenovo a6000
    Mau tanya, dalam pemakaian 1,5 bulan layar hp saya tiba” muncul garis vertikal berwarna merah dan hijau berdampingan di sebelah kiri layar..Kira” apa yang salah dan apa yang harus saya lakukan?? Lalu kalau harus dibawa ke service center dan harus ganti lcd,gratis atau tidak ya? Terimakasih

  207. Rahendra
    Pemalang
    1. Saya pake A6000+, di Dus tertera memory 2 GB tapi di tentang ponsel hanya tertera 1 GB. Saya klaim ke toko, alasan mereka tidak ada garansi toko. klaim ke lenovo di kota saya tidak ada lenovo center.
    2. Saya sering gagal install aplikasi, misal COC dan SNIPER with Jason STatham selalu gagal jika saya intsall. dan itu terjadi berkali-kali.

    apa ada solusi?

    1. Pak Rahendra Anda Setia,

      1. Kalau usia pembelian kurang dari 1 x 24 jam, silakan kembalikan ke toko. Mereka yang harus memberikan solusi. Kalau sudah lewat dari 1 x 24 jam, mau tak mau Anda memang harus ke pusat perbaikan resmi terdekat dari kota Anda.

      Coba cek nomor IMEI ponsel yang tertera di kardus. Apakah sama dengan nomor IMEI yang tercetak di stiker belakang bodi ponsel?

      2. Maaf, yang ini saya tak tahu. Kebetulan saya belum pernah memakai A6000 maupun A6000 Plus.

  208. Alexandre Yudha, Jakarta.

    Lenovo Vibe Z

    kenapa ya konektor chargernya sering rusak? udh ganti charger ori juga tapi ttp aja error terus. 1 minggu udh ganti 2x. adakah yang tau caranya biar awet?

  209. Saya pake lenovo vibe z k910.
    Ingin bertanya. Apl apa yg tercanggih buat hp ini. Yg blom pernah saya tau. Yg seakan2 jadi banggan buat saya ketika memegang nya. Saya menggunakan hp ini tidak lebih sperty menggunakan android biasa. Jadi saya ingin tau hal yg tercanggih buat lenovo vibe z k910 ini. Tidak hanya dri tampilan nya saja.
    -ada tmn bercerita. Hp ini jika hilang kita dapat melacak nya dengan gps.. mengagumkan..!! Tpy bagi mana cara mengaktifkan nya…??
    -dan apa yg terjadi apabila vibe z ini saya root..??
    saya tunggu balasan nya.. karna tidak sabar dengan kecanggihan hp ini.. trimksh.
    Beni-duri,riau-lenovo vibe Z K910.

    1. Pak Benny,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Silakan install ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.adm&hl=en

      Root itu intinya membuka akses ke file system yang seharusnya tidak dibuka. Bila Anda sudah merasa nyaman dengan ponsel Anda sekarang, tak usah bingung-bingung root segala deh.

  210. Masih setia ama P780, batre udah agak menurun cuma kuat 15 jam aktif chat, email, medsos, tlp sms, dual sim, kadang main game bola. Yah segitu mah masih lumayan lah performa batrenya. Selain itu kameranya juga bagus, detil sama fokusnya oke punya.

    Kelemahan: Kalo pake apps yang datanya ditaro di sdcard, dia suka cepet panas, apalagi kalo main game.

    Dicky, Bandung.
    Lenovo P780.

  211. Saya pengguna Lenovo.

    Hp Lenovo saya belum sampai 1 tahun. tapi sudah rusak. Terutama batrenya. Jujur saya sedikit kecewa sama performa batrai Lenovo. Cepet banget soaknya. >_< 2-3 bulan pertama masih oke. namun saat masuki bulan ke 4 batre cepat soak. Ga lama setelah 100% pengecasan, ee batre langsung turun drastis. ga lama setelah itu. tiba tiba hp lenovo saya batrenya langsung low secara tiba tiba. Dari yang 100% langsung turun ke 5% tanpa sebab. Why!!!!!!!. saya atur ulang setelan pabrik alhamdulillah bisa sembuh, cuma perform makin menurun. Dan ini, barusan. kejadian aneh lagi terjadi. hp lenovo saya tidak bisa mengisi saat di charger dengan menggunakan charger bawaan. tetapi pakai charger lenovo adik saya bisa masuk. namunnnn bukannya ngisi malah menurun. padahal tidak sedang menghidupkan aplikasi apapun. -_-

    Jujur saya sedikit kecewa sama performa batrai lenovo. namun untuk kualitas RAM, Kamera cukup oke, meskipun kekurangan di kamera Lenovo tidak adanya auto foccus.

    Chitra M. Utami
    Lenovo A6000i

    1. Bu Chitra,

      Terkait dua masalah yang Anda alami, apakah Anda sudah pernah membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Lenovo?

  212. Malam pak herry, beberapa hari yg lalu saya beli lenovo a6000, baru saja saya sadari ada satu bercak putih yg sangat mengganggu, saya coba perbaiki dgn apl dead pixel detect n fix ternyata tdk bisa, saya berkeinginan ke servis centernya yg berjarak 4jam dari lokasi saya tp terkendala dgn jam kerja saya. Menurut pak herry bercak putih dilayar itu apa dan bagaimana memperbaikinya?

    1. Pak/Bu Asta,

      Satu bercak putihnya seberapa besar? Kalau kecil banget dan hanya 1-2 titik LCD, kemungkinan itu bright pixel. Coba dihitung ada berapa banyak dan letaknya persis bersebelahan atau tidak.

  213. Cuma 1 bercak pak herry, kira- kira berdiameter 0,25 cm, bercaknya akan kelihatan jelas saat layar menampilkan warna putih.

  214. Malam Pak Herry,

    Saat ini saya pakai Lenovo Vibe Shot.. Sebelum nya hp saya tidak bermasalah sama sekali, berkali-kali jatuh pun, hp saya masih sehat.. Tapi hari ini, tiba-tiba hp saya langsung low baterai ke 0% dan countdown selama 30 detik u/ matikan hp nya, pdhl sblm nya baterai msh dg kapasitas 70%.. Setelah saya colok charger, baterei kembali ke keadaan semula yaitu 70%.. Kira-kira problem apa di hp saya, dan gimana solusi nya.. Sebelumnya saya sempat download lagu dari internet.. Terima kasih atas masukan nya..

    1. Bu Utami,

      Terlalu dini untuk menebak masalahnya karena baru terjadi satu kali. Silakan ponsel coba dipakai seperti biasa dulu.

  215. Eko prasetyo
    Metro,lampung
    Pengguna asus zenfone c.

    Awalnya saya puas dengan performa lenovo A536 yang saya beli 4bln yang lalu. Seketika lenovo saya mati total dan tidak bisa di flaz ulang saya telusur apa kerusaknnya dan ternyata kerusakan terdapat di IC EMMCnya. Ketika saya ingin mengganti IC EMMC lenovo saya. Sangat sulit sekali menemukannya terutama di domisili saya (metro,lampung) dan saya cari di google twrnyata harganya pun tidak sembanding dengan harga bekas lenovo A536. Harga IC EMMCnya sekisaran 500-600 ribu. Dan saya urungkan memperbaiki lonovo saya. Dari pada saya memperbaikinya lebih baik saya membeli hanphone baru. Alhasil saya membeli asus zenfone c.
    Saran saya tolong di tingkatkan penyebaran sperpart lenovo dan, harga seperpartnya pun harus sesuai dengan harga jual kembali. Sejian dari saya
    Terimakasih.

  216. 1 tahun yang lalu aku beli HP Lenovo A859, terus setelah beberapa bulan tiba tiba hpku notif bar nya naik turun sendiri, terus aku off in hp nya sekitar seminggu. Waktu itu masih masa garansi jadi hari itu rencana akan aku bawa ke service center jogja, tapi anehnya tiba tiba hp ku bener sendiri. Nah waktu bulan februari kemaren hp ku error lagi kasus nya sama seperti itu waktu mau aku bawa ke service malah bener lagi, terus pas awal maret kemaren eror lagi lalu aku bawa ke service sekitar tempat tinggalku katanya TC nya eror & sempet mau diganti pas mau diganti malah hp nya bener lagi. Terus ga jadi diganti tapi setelah beberapa hari di tempatku hp itu eror lagi dan tadi siang aku flashin hp ku itu aku berharap hp ku bakalan pulih. Tapi ternyata? Tidak ada perubahan.
    Padahal Hp ku itu tidak pernah jatuh sama sekali & gak pernah kena air juga.
    Aku bingung mau gimana… Ada yang tau solusi nya?

    1. Bu Sekar,

      Solusinya ya dibawa ke pusat perbaikan resmi lagi. Namun, karena garansi sudah habis, Anda akan dikenakan biaya.

  217. nama : ibnu khasan
    domisili : padang
    pengguna: lenovo vibe x2

    keluhan ku hp yang saya gunain rusak gara-gara tas aq basah dan hp dalam keadaan nyala dan spekernya bunyi”….terus saya matiin habis itu saya nyalain lagi cuma lambang lenovo trs mati…aq nyalain lagi cuma lambang leno terus berhenti….
    menurut pak herry SW gmna,,…
    minta solusi pak…
    soalnya sampai sekarang kaya gitu terus….
    aq bawa ke servis center lenovo y suruh ganti mesin….
    apa bnr pak…
    terima kasih

    1. Pak Ibnu Khasan,

      Kalau terkena air lalu bla… bla… bla… seperti yang Anda ceritakan, menurut saya, mending beli ponsel baru deh. Ponsel lama Anda tak usah diperbaiki.

  218. Nama : kristin j
    Domisili : jakarta
    Pengguna : lenovo vibe s1

    Saya baru membeli lenovo vibe s1 tanggal 12 maret 2016 di salah satu store di mall area jakarta barat.
    Tapi saya sungguh kecewa atas handphone tersebut. Baru 6 hari di pakai..tanggal 17 maret handphone nya tiba tiba ngehank..ngeblank hitam.. apa yg di jual barang yg sudah di obrak abrik trus di jual lagi? Beli barang baru berasa beli barang second.. sungguh kecewa mendapat barang yg seperti itu..kalo di katakan human error..sangat lah tidak mungkin.. masa baru di pake 6 hari bisa rusak.. sunggug mengecewakan sekali dengan produk lenovo.

  219. saya penikmat lenovo A859 sudah 2tahun lebih tidak pernah di servis sma sekali saya sangat puas dengan bandel’a hp ini jatuh berkali” dari loker tinggi 120cm tidak berpengaruh apapun. dan skrng beranjak 2thn lebih 5bln baru ini ada keluhan dengan batrai dan colokan carger’a saja yg gak masuk atau kendor . .
    saya niat mau ganti lenovo apah yah yg bagus kualitas’a . .

  220. Nama : Riza
    Domisili : Bekasi
    Pengguna : Lenovo A859

    Saya tertarik menggunakan lenovo karena spesifikasinya yang lumayan dan harganya yg murah, daripada beli produk sebelah yang spesifikasinya sama tp harganya lebih mahal karena menang brand saja. Waktu itu saya punya beberapa pilihan (pilihannya lupa), akhirnya saya memilih lenovo A859. Sudah 1 tahun lebih (hampir 2 thn mungkin) saya memakai lenovo A859, tapi ada beberapa keluhan saat saya memakainya.
    1. Saat hampir 1 tahun pemakaian, speakernya sudah mulai tidak berfungsi dengan baik, kadang mati, kadang nyala, terkadang harus saya pukul2 pelan speakernya agar mau nyala. Dan sekarang, sepertinya speaker sudah mati total. *kecewa*
    2. Baru-baru ini hp nya tidak mau ngecas, perkiraan saya mungkin colokan cas nya kendor (tadi saya liat juga diatas ada yg seperti itu).
    3. Tombol power on-off sudah tidak berfungsi dengan baik, kadang harus ditekan berulang kali supaya bisa nyala.

    Ada yg bisa kasih penjelasan + solusi keluhan saya?

    1. Pak Riza,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Solusinya ya cuma satu, silakan membawanya ke tempat servis, entah pusat perbaikan resmi atau tempat servis milik perorangan.

  221. baru beli sebulan HP lenovo a1000, tak sengaja jauh tapi tidak ada kerusakan hanya bagian pinggir (sudut hp bawah sebelah kanan) tak bisa lagi tertutup rapat, ahhhh… menyebalkan padahal jatuhx g tinggi amat. mgkin bahan hp ini mmg murahan..
    padahal designnya bagus dan bis dibilang di atas dari samsung sehargax melihat spesifikasinya
    tapi buktinya baru sekali jatuh sudahseperti itu. ada solusi g guys??

    dewi
    sulteng, kota Palu
    A1000

  222. helooo,,, saya pengguna lenovo A3500 (tablet), beli pada 02 Agustus 2014. Pertama untuk produk lenovo ini,, saya tergiur harga serta performa. Saya lalu membeli produk tablet ini. setelah 1 minggu berjalan, tablet ini terasa janggal pada bagian layar. saya cerahkan layarnya,,, ternyata ada bright pixel dibagian tengah layar dan shadow pixel di setiap ujung layar. Apa2an ini kataku. lalu saya browsing, ternyata untuk aftersales memang lama. saya muncul niatan tetep mamakai tablet ini dengan konsekuensi seperti diatas. setelah 1 tahun memakai tablet ini, masalah muncul lagi. wifi dan bluetoth g bisa nyala. sengaja tidak saya service. biarin se mokadnya nih tablet. genap 1,4 tahun dengan kerusakan yang menyedihkan, saat chatting,, tiba2 nih tablet bener2 ngambek. MATI TOTAL BOS…………ngelus dada nih. Kesimpulannya, saya sekarang akan pindah produk. thanks to LENOVO.

    Fandy Solo A3500

  223. Nama : Ayu Puspitasari
    Domisili : Yogyakarta
    Pengguna : Lenovo A6000

    Saya baru saja membeli lenovo A6000 (atau A6000 se saya lupa) sekitar 3 hari yang lalu, tetapi pada hari ketiga casnya kadang masuk kadang tidak, dan pada saat di charge dalam keadaan mati, tiba tiba hp hidup sendiri. Dan untuk memori internalnya tertulis 16GB tetapi yang Free hanya 4GB. sebenarnya itu sungguh menyebalkan.
    Untuk solusi pengecasan baterainya bagaimana ya?

    Thanks.

    Ayu Jogja A6000

  224. Nama : Ayu Puspitasari
    Domisili : Yogyakarta
    Pengguna : Lenovo A6000

    Tipe lenovo saya ternyata A6000, tetapi kenapa di luar kardus tepatnya di plastik pembungkusnya yang ada gambar TAM.nya terdapat tulisan “se” yang ditulis menggunakan spidol warna hitam, sebenarnya “se” itu second atau apa?

    Thanks.

    Ayu Jogja A6000

    1. Bu Ayu Puspitasari,

      Sepertinya Anda mendapatkan Lenovo A6000 Plus. Coba periksalah kapasitas RAM dan ROM (memori internalnya). Kalau 2 GB dan 16 GB, berarti konfirm Anda memperoleh A6000 Plus yang spesifikasinya lebih tinggi daripada A6000 biasa.

  225. Nama : Pande Heri Sukwanta
    Domisili : Denpasar
    Ponsel : Lenovo vibe z K910L
    No IMEI : 862872027028520

    Sekitar bulan November 2014 saya membeli Lenovo Vibe Z K910L, saya cukup puas dengan kinerjanya, semuanya lancar, aplikasi berjalan mulus walaupun boros baterai, toh ada power bank yang bisa menutupi kelemahan boros baterai nya. Tanggal 2 Februari 2016 sore tiba2 hp stuck di logo, hp terus bergetar tidak mau booting, penyebabnya karena lupa matiin aplikasi senter dalam waktu relatif lama, coba tekan tombol kombinasi dengan maksud di hard reset juga gagal total. akhirnya di bawa ke toko tempat beli hp, karena alasan peralatan tidak memadai akhirnya saya diarahkan untuk service ke service center TAM ( satu gedung dengan Erafone jl teuku umar denpasar). walaupun garansi tidak berlaku lagi pihak TAM tetap menerima order service saya karena nota pembelian masih ada. sebagai tanda jadi service saya di berikan bukti service order dari pihak TAM dengan No. RO/MBX01/16/02/000049 dengan estimasi perbaikan 30 hari kerja. pada tanggal 22 Februari 2016 saya menerima konfirmasi pesan SMS dari pihak TAM denpasar bahwa hp saya hanya perlu ganti baterai saja dengan harga baterai Rp 262.000, merasa agak sedikit lega karena hanya ganti baterai, Namun setelah ditunggu 3 minggu tidak ada konfirmasi lagi dari pihak TAM, mau tidak mau tgl 21 Maret 2016 saya menanyakan kejelasan reparasi hp saya, karena terlalu sore costumer service TAM denpasar tidak bisa menghubungi TAM pusat Jakarta dan menjanjikan keesokan harinya akan memberikan info kejelasan repair hp saya. keesokan harinya saya terima pesan SMS dari TAM bahwa proses reparasi di cancel karena stock spare part baterai kosong dan pihak TAM harus import part baterai tersebut dengan estimasi 2 – 3 bulan. waduuh parah…kalo info ini benar adanya lenovo bisa ditinggal nih sama pelanggannya…service nya tidak memuaskan, saya akhiri cerita saya dengan tetap tidak bermaksud menyinggung atau menyudutkan instansi / orang yang saya sebutkan dalam forum ini, terima kasih sudah menyimak cerita saya. I am sorry my Leny K910L kayaknya aku pindah ke lain hati…..

  226. ama : Ayu Puspitasari
    Domisili : Yogyakarta
    Pengguna : Lenovo A6000

    RAMnya hanya 1GB, dan layarnya sering gerak” sendiri. Kadang mengisi hampir 100% kembali lagi ke 98%, dan misal sedang membuka aplikasi snapchat, saya sentuh tombol kembali, bukannya kembali tapi malah masuk aplikasi lain, dan saya sentuh di tombol kembali lagi, masuk lagi ke snapchat dan begitu seterusnya.

    Thanks.

    Ayu Jogja A6000

    1. Bu Ayu Puspitasari,

      Berarti, ponsel Anda adalah A6000, bukan A6000 Plus. Kalau membaca paparan Anda, sepertinya ada masalah di layar. Silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  227. Nama : Ayu Puspitasari
    Domisili : Yogyakarta
    Pengguna : Lenovo A6000

    Dan layarnya sering redup dan terang sendiri, apakah karena pengaturan kecerahan layarnya sudah otomatis?

    Thanks.

    Ayu Jogja A6000

  228. Nama : Ayu Puspitasari
    Domisili : Yogyakarta
    Pengguna : Lenovo A6000

    Mau tanya lagi pak, ini hpnya saya taruh dan tidak saya apa apakan, tetapi pada saat saya lihat lagi belum ada 5 menit senternya menyala sendiri, dan bahkan bisa masuk ke googe crhome dengan sendirinya.

    Ayu Jogja A6000

    1. Bu Ayu Puspitasari,

      Ok. Intinya ponsel Anda tidak normal. Tak usah menunda-nunda lagi. Segeralah membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  229. saya pake lenovo A6000, pemakaian 3bulan bermasalah di lcd bagian tengah tidak respon. akhirnya saya bawa ke service center mangga dua square untuk claim garansi. sampai hari ini, udah masuk minggu kedua hp saya belum beres juga. agak menyesal di bawa ke service center, karena kebetulan saya punya teman buka counter service hp, seandainya diperbaiki sama dia pasti udah beres! hp ini saya pakai untuk komunikasi, terlalu lama bagi saya jika harus menunggu sampai 2minggu, dan hari ini statusnya masih menunggu sparepart! logikanya sederhana aja sich… masa service center kaga ada stok sparepart!?? memang seri yang saya beli ini tidak tll mahal, tp tidak menjadi alasan untuk tidak berkualitas dalam penanganan dll. mau pindah ke lain hati aja… thx Lenovo

  230. Saya ikhwan hanif asal palembang saya menggunakan lenovo A526 di situ tertera internalnya 4gb tapi yang saya lihat disitu hanya ada 2gb padahal sudah di update tp masih saja 2gb saya cukup kecewa tp untuk fitur fitur di lenovo ini bagus (y)

    1. Pak M Ikhwan Hanif,

      Kapasitas 4 GB itu kan kondisi awal saat belum dipotong sistem operasi dan aplikasi bawaan. Setelah dipotong keduanya, wajar kalau tersisa sekitar 2 GB.

  231. Herlin – solo – lenovo a6000 plus

    saya baru beli hp lenovo a6000 plus sekitar 2 minggu awalnya cepat panas, serng hang, kalau dinyalahkan hanya ada logo lenovo kemudian mati lagi, dan akhirnya mati total. saya bawa ke SC Solo di notosuman, dijanjikan 1 bulan selesai, tapi ketika saya tanyakan lagi, sudah 1 bln ternyata belum juga selesai dan dibilang harus ganti mesin. saya jadi kecewa beli lenovo a6000 plus, belum ada 1 bulan beli tapi sudah matot.

  232. tegar

    lenovo P780 saya ko senternya ga nyala pas dinyalahin malah hpnya mati
    saya masih kelas1 sma

  233. dear admin.saya pakai hp lenovo P70. baru 6 bulana.baru semalem hp saya cas dengan keadaan batre lobet sampai 0%.trs saya carjer, waktu pagi hari saya cek.tidak ada batre yg keisi.sudah say cas bebrapa jam.tettap g ada lambang/ warna mwerah yg menyala.saya juga sudah coba pakai carjeran teman2 saya tp batre tidak angkat2.jadi kaya mati total.
    sedangkan kartu ganransi saya lupa taro dimana.sudah dicari2 tidak ketemu.
    kira2 perbaikannya gm,na ya?
    terimakasih

    1. Bu Winda,

      Silakan tetap ke pusat perbaikan resmi. Kalau sampai ditanya kartu garansi, pura-pura bilang saja tertinggal di luar kota. Siapa tahu berhasil.

  234. lenovo k900 kapan ya ada update os ke kitkat atau lollipop?.. padahal gpu cpu ram setara dengan asus zenfone 5 yg sudah terima update loli… padahal lebih unggul lenovo k900. apa hanya stuck di jellybean?…

  235. Selamat malam pak Herry
    Nama : syahrul
    Domisili : malang
    Hp utama : Lenovo a7000 special edition

    Mau sharing aja, ini hp sdh saya pakai 1 bulan, menurut pemakaian pribadi saya cukup puas , mulai dari user interface, sinyal, touchscreen, pokoknya top deh gag ada lemot2nya, hnya lemot pas saat batere mau abis, & yg paling ciamik itu layarnya,,hehe udh full hd kali ya..

    Tapi, nah ada tapi nya.. Ketika akhir2 ini ada kendala yg saya alami & sangat menggagu aktivitas saya, yaitu layar bagian kanan hp ini toucscreen nya sering tdk respon, misal buat nulis huruf P,L, tombol Backspace, itu susah, dan untuk menggeret notif bar dari sisi kanan susah. Kondisi demikian tdk selalu saya alami, tapi sering sekali. Saya gk tau ini masalah karena apa, karena selama pemakaian jg gk saya apa apain. Mau ke sc ragu bingit pak herry hehe

    1. Pak Syahrul,

      Lakukan klaim garansi di pusat perbaikan resmi Lenovo saja lho. Masalah seperti itu termasuk dalam klausul garansi kok.

  236. Saya punya lenovo a7000 plus, baru 3 bln LCD nya fudar di bagian atas bawah dan samping nya , padahal hp saya gk pernah jatuh , dan saya rasa hp saya ini cepat panas bahkan panas sekali … lalu saya berencana untk membawa nya ke service senter, tpi saya ragu krna bnyk orang yg mengatakan kurang bagus dgn pelayanan nya ..

    Ada yg tau gk ya knp hp saya bisa seprti itu …???

    1. Pak Bharost,

      Ya silakan dibawa ke pusat perbaikan resmi untuk dicek. Kalau Anda tak mau membawanya ke sana, ya gimana bisa dicek.

  237. Galuh G.
    Lenovo a 7000 plus

    Haloo
    Saya user lenovo a7000 plus, baru pakai kurang lebih 2 bulan. Saya punya keluhan di sinyal sama jaringan. Hp saya selalu susah sinyal, malah sampai ngga ada sama sekali. padahal kartunya dipasang di device lain oke2 aja. Awalnya saya belum mau klaim garansi karena saya pikir ini pengaruh dari kartu. Tapi setelah ganti provider sampai 4x ternyata penyakitnya masih sama. Apa ada yg punya keluhan sama seperti saya? Mungkin boleh share untuk dibawa ke service center yg dimana yg di bandung, dan makan berapa lama untuk klaim garansi? Thanks min 🙂

    1. Pak Galuh,

      Ok. Silakan bawa ke pusat perbaikan resmi Lenovo saja.

      Di Bandung coba ke alamat ini:
      Istana Bandung Electronic Center Lt 3A/8, Jl Purnawarman 13-15

      Estimasi waktu perbaikan tidak saya ketahui.

  238. s860 saya,ngehang lampu tombol menyala tetapi layar gag nyala sama sekali hitam pekat,sepekat hati gue…sdh sy coba tekan tombol volume naik dan power bebarengan tetap aja gag nyala,lampun menu hidup layar mati…
    tolong solusinya………

  239. Sya punya lenovo a 6000 plus.tpi kaca luar nya pecah retak retak.gara gara di banting sama istri.ke beton.tpi touch screen masih pungsi dan tidak ada yang error.normal aja.kalw menurut sya merk lenovo bagus banget.kalau mau ganti berapa ya???
    Kalau ada harga nya tolong whatsap ke no 08787055**** terima kasih

    1. Pak Saman,

      Silakan langsung ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

      Tanya jawab hanya saya lakukan via blog dan Twitter @herrysw. Saya tidak melayani permintaan jawaban via WhatsApp, email pribadi, SMS, maupun telepon.

  240. Nama: tria annisa
    Asal :pasaman barat

    Saya pemakai ponsel Lenovo A600, saya tertarik untuk memiliki ponsel ini karena kamera nya yang lumayan bersih,tetapi body nya bgtu licin,sehingga sering terjatuh. Yang saya tidak suka dari ponsel lenovo A6000 ini adalah sering heng begitu saja,dan saat menjalankan media sosial sering heng dan tidak bisa d gunakan,dan parahnya lagi saat mndengar mp3 sering terhenti begitu saja,dan sering tersendat seperti kaset rusak pada saat mendengar mp3.
    Itu hal yg paling saya tidak suka.

  241. saya pemakai lenovo vibe X2 sejak 2015 , tapi entah kenapa karena terlalu over heat atau masalah lainnya, touchpanel bagian tengah mati, tapi di bagian lainnya tetap normal, sudah di coba reset tetap tidak kembali normal, apakah itu masalah hardware nya, dan untuk ponsel sekelas vibe x2 baterainya kapasitas baterainya “terlalu kecil” sehingga agak mengganggu pemakaian .

    apakah ada cara mensiasati touch panel yang mati sebagian dan baterai yang cepat habis itu?

    n.b : service centre lenovo di cirebon sulit dicari

    1. Pak Don Omar,

      Saya belum pernah memakai Vibe X2 sehingga tak bisa berkomentar terlalu dalam.

      Satu-satunya saran saya, bawalah ke pusat perbaikan resmi Lenovo. Masalahnya, di Cirebon memang tak ada pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo.

  242. Please help mee..
    Hp saya lenovo a6000+ kaga bisa lock gps segala cara ud saya coba sampe downgrade ke kit kat lagi ttkt pas upgrade ke lolipop ada bug mangkana gps kaga lock pas downgrade ke kitkat masalah tetap sama ga bisa lock gps coba pake fastergps +setting n pake ygps juga ga bisa sekali lock gps lsng ilang lagi gmna mkn ada tmn yg tau mslh saya

  243. Saya memakai lenovo k900..
    lenovo saya ,ati alias deadboot…
    sewaktu saya bawa ke servis centre lenovo………
    mmmm,,,,jawaban pihak cust service dan tukang servicnya..sangat Mengezutkan saya……
    begitu saya tanya kerusakan hp saya bagaimana ?apakah bisa di perbaiki( SERVICE)..
    Jawaban pihak customer ?? +++>> ‘ GA BISA PAK….BISANYA CUMA DENGAN GANTI MESIN’??
    saya tanya lagi ke mereka…’Lho? kok ganti mesin..yangrusak apanya ya???
    mereka jawab===>> ya mesinnya??
    * HERAN SAYA DENGAN JAWABAN MEREKA ??
    — SERVIS CENTRE KOK HANYA BISA GANTI MESIN?DAN BUKANNYA MEN SERVICE???
    ## Sama aja dengan saya beli baru dong? harga nya selangit##

    ## lalu hp saya bawa pulang dengan kecewa thd service lenovo##

    SETELAH SAYA BROWSING…
    TERNYATA KERUSAKAN HP SAYA YG TERLETAL PD IC-MMC / EMMC..
    SEBENARNYA BISA DI PERBAIKI DENGAN MENGGANTI IC EMMC…
    LALU SAYA BAWA KE SERVIS ,,,PINGGIR JALAN…DAN ALHASIL…..
    HP SAYA HIDUP LAGI,,,
    ### BAGAIMANA LENOVO?? BS PNY SERVICE POINT YG HANYA BISA MENGGANTI SAJA??BUKAN MENSERVICE??

    ITU PENGALAMAN SAYA DENGAN LENOVO SAYA…
    MOHON LENOVO DAPAT MEMBERIKAN TRAINING THD PARA TEKHNISI NYA?
    TERIMA KASIH

    1. Pak Setya el bayu,

      “Bisa” kadang berbeda dengan “boleh”. Pusat perbaikan resmi harus mengikuti prosedur yang ditetapkan kantor pusat. Kadang ada kerusakan tertentu yang sebenarnya bisa diakali. Namun, bila prosedur yang ada melarang hal itu, maka teknisi dilarang keras melakukannya. Nekat melakukannya bakal dipecat.

      Hal serupa tak berlaku untuk tempat servis non-resmi. Mereka bebas melakukan teknik apa pun. Misalnya, kanibal komponen dan melakukan jumper.

  244. Saya pengguna lenovo vibe p1m. Saya beli tgl 11 may 2016 di blibli.com kemudian skrng lampu flash tidak menyala. Kira2 saya bisa klaim pkai karty garansi tidak ya Pak? Terlebih lagi nota pembeliannya hilang… Saya belum ke service center sih soalnya takutnya sia2 klau tidak bisa.

    1. Bu Mita,

      Bisa diklaimkan garansi.

      Anda beli via Blibli kan? Kalau notanya hilang, silakan masuk ke akun Anda di Blibli, cara histori transaksi Anda untuk pembelian P1M itu, kemudian cetaklah.

  245. Saya pengguna lenovo tab A3000. Awalnya saya tertarik karena teman saya juga menggunakan tablet yang sama dan cocok untuk saya, terutama karena saya bisa menyimpan banyak aplikasi tanpa harus takut kekurangan memori. Penggunaan tablet sudah hampir 2 tahun dan belum mwndapatkan masalah yang serius. Sekarang memang terkadang terasa bahwa baterai mulai cepat habis namun bagi saya masih dalam kenormalan saja. Untuk pemakaian normal, tablet di charge pagi hari dan baru di charge lagi saat malam hari (Ketika tablet sedang tidak dipakai saya mengaktifkan mode penerbangan). Penggunaan aplikasi yang banyak juga tidak menimbulkan masalah yang berarti. Koneksi internet juga lancar dan tidak mwngalami kendala. Mungkin permasalahannya yaitu terkadang muncul notofikasi untuk pembaharuan/update frimware tapi selalu tidak bisa.
    Bagi saya yang utama untuk gadget adalah dengan harga yang didapatkan namun bisa dimaksimalkan penggunaannya. Saya menggunakan tablet ini lenovo a3000 untuk keperluan kuliah dan sosial media. Untuk keperluan komunikasi saya masih mengandalkan HP low end dengan keypad biasa.

    Yayan
    Yogyakarta

  246. saya tertarik dengan spesifikasi lenovo k4 note yang sangat baik dan sudah cukup memenuhi kebutuhan saya, akan tetapi saya masih ragu untuk membelinya karena harga yang bisa dibilang cukup terjangkau untuk kelasnya, saya takut hp tersebut dapat cepat rusak.
    aulia-malang-samsung galaxy fame (pemakaian sudah 2 tahun lebih dan kondisi masih baik)

  247. Saya memakai lenovo A7010a48 sejak 8 July lalu, saat pertama saya operasikan dengan masih menggunakan OS Lolipop baterenya tidak terlalu boros walaupun spot saya terhitung minim sinyal,, nah setelah saya upgrade system ke marshmallow terjadi pelonjakan volume RAM cukup banyak kemudian saya melihat koneksi wifi menjadi konsumtif sekali dengan arus listrik batere, saat meng upgrade dari lolipop ke marshmallow saya melihat notif bahwa besar marshmallow adl 1.6GB tapi setelah proses upgrade selesai saya cek ternyata sangat konsumtif dalam pemakaian RAM,, pertanyaan saya apakah saat upgrade ada system operasi dari lolipop yg tersimpan pada RAM?? Apakah bisa di downgrade kan kembali,ke versi lolipop dan berapa lama? Walaupun saya lebih memilih mematikan wifi saat memainkan game online akan tetapi batere tetap saja buoooros, bagaimana cara menanggulanginya? Apakah Service Center Lenovo ada di mangga dua mall? Selebihnya untuk produk A7010a48 tidak ada masalah. Terimakasih

    1. Pak Djoko Buntoro,

      * Usai update ke Marshmallow apakah Anda sudah melakukan factory reset? Kalau belum, silakan lakukan factory reset dulu.

      * Asalkan Anda memiliki bekal teknis yang memadai, jawabannya bisa. Saya sendiri belum pernah melakukannya.

      * Saya tak hafal di Mangga Dua Mall ada service center Lenovo atau tidak. Satu hal yang pasti, pusat perbaikan resmi tak melayani permintaan downgrade.

  248. Assalamualaikum…saya beberapa hari lalu beli hp lenovo a6000.beberapa hari kemudian (belum ada se minggu) hp saya tidak merespon rotasi layar saat bermain game coc,dll dan aplikasi_aplikasi, dan Saat di matikan layar nya kerap hanx setengah..padahal saya memakay nya dengan wajar…
    Apakah saya bisa meng klaim garansinya.?
    Apakah untuk mengganti mesin_mesinya lewat garansi kita harus bayar atau tidak .?
    Lokasi saya di surakarta (solo) servis center lenovo terdekat ada dimana ya..?
    Minta bantuannya,terimakasih.

    Hananto Seno
    Dari surakarta..

    1. Pak Hananto Seno,

      Bisa klaim garansi.

      Kalau garansi telah habis, tentu Anda akan dikenakan biaya.

      Dulu sih di sini, tetapi saya tak yakin masih buka atau tidak.
      Comtech Solo
      Jl. Moh Yamin No. 8B RT 06/02, Surakarta, Jawa Tengah
      62 (271) 641676

  249. Baru aja beli HP Lenovo vibe k5 plus, baru lima hari udah bingung dan cemas.

    Soalnya hpnya mudah panas dan sering keluar sendiri
    Ini kali pertama pakai lenovo. Saya bingung harus bagaimana soalnya udah pakai aplikasi pendingin juga masih panas.

    Kalau ke servis center bisa memperbaiki dan tukar tambah tidak? Terima kasih.

  250. sudah saya factory reset sampai 5 kali sehingga kondisi saat ini lah yang terbaik dari pada yang lalu, pak hery terima kasih banyak atas penjelasannya dan sukses selalu

    1. Pak Djoko Buntoro,

      Ok. Kalau pas ada waktu senggang, mending diperiksakan di pusat perbaikan resmi Lenovo deh.

  251. saya pengguna lenovo a7000, selama pemakaian tidak ada masalah, performa bagus,apalagi untuk bermain game HD.. no problem, no lag.. gragis oke… kekurangan yang saya rasakan mungkin hanya lock gps nya lama… susah nge lock. mungkin karna shipset mtk sering d sebut sering bermasalah dengan lock gps…

  252. lia
    palopo
    lenovo s860

    pak saya beli lenovo s860 tahun 2014 awalnya baik setelah 5 bulan saya pakai tombol on/offnya lama-lama harus ditekan dengan keras baru bisa menyala, dan berapa bulan kemudian koneksi ke jaringan internet susah sekali????

    1. Bu Lia,

      Apakah Anda sudah membawanya ke pusat perbaikan resmi? Kalau belum, silakan coba membawanya ke sana.

  253. Le?ovo mantap….kantor saya mengunakan hp lenovo P70 dan P1turbo dan vibe shot
    Setiap akhr tahun bonus hp selalu lenovo..dan hsilnya istimewa…di bnding samsul yg super lemot…

    Rifai
    Di bekasi…

    1. Pak Rifai,

      Boleh tahu nama kantor Anda? Siapa tahu ada orang Lenovo yang membaca komentar ini, trus memberikan “penghargaan” kepada kantor Anda. 🙂

  254. Mohon Informasinya, hp saya kalau lagi di pakai kadang layarnya menjadi hitam selama sepersekian detik (tidak lama) kemudian normal kembali, contoh ketika saya lagi buka aplikasi (semua aplikasi) / browsing kadang layar tiba2 menjadi hitam kemudian nyala lagi. kira2 faktor apa yah? mohon bantuannya.

    Bagus
    Mojokerto

    Lenovo VIBE Shot

  255. Adhe
    Kupang
    Lenovo A7000

    merk lenovo adalah merk favorit aku, tapi kali ini aku mengalami kendala …
    knapa yah kalo aku ganti wallpaper ga mau ,,, ada solusiinya ?

    1. Pak Adhe,

      Apakah Anda menggunakan launcher buatan pihak ketiga? Kalau ternyata pakai launcher bawaan, tetapi nggak bisa ganti wallpaper, terus terang ini kasus pertama yang saya dengar. Bila tetap ingin menyembuhkan hal itu, terpaksa silakan cooba melakukan factory reset.

  256. Gan mau tanya nih, sy pengguna Lenovo A6000 SE yg RAM 1GB ROM 16GB baru beli beberapa minggu yg lalu, masalahnya susah lock gps nya, lama banget apakah ini kesalahan hpnya atau emang gini hpnya?

    Yudha
    MADIUN

  257. Pak herry
    Saya baru aja minang Lenovo k4 note. Overall hh bgus, spek tinggi harga rendah. Cuman yg agak mengganjal suara ringtonenya, baik panggilan masuk atau keluar pelan sekali. Padahal udah saya set volume full semua. Klo utk musik, video normal. Sesuaikan aja sama volumenya. Ada solusi pak?

    1. Pak M. Prayudi,

      Sementara tak ada solusi. Kalau mau akal-akalan, carilah file nada dering yang volume aslinya keras banget. Masukkan ke Vibe K4 Note lalu aktifkan sebagai nada dering.

  258. Novi
    Jakarta
    saya pengguna lenovo a328
    pertama kali liat spesifikasi ramnya 1gb, saya tertarik karena kakak saya juga memakai lenovo, namun yang mengecewakan yaitu internalnya yang hanya terbaca 2gb padahal di spesifikasi tertera 4gb. dan juga masalah software setelah penggunaan kurang lebih setahun, software atau android sistemnya sudah tidak dapat di gunakan secara baik dan semua aplikasi mengalami crash karena sistem yang tak mendukung,dan juga sudah di bawa ke service counter lenovo sebanyak 2 kali. namun lenovo ini sugguh tahan banting karena sudah terjatuh beberapa kali tidak retak sedikitpun.

    1. Bu Novi,

      Soal memori internal, 4 GB itu kan saat masih kosong total. Sistem operasi akan mengonsumsi memori internal. Jadi, wajar kalau seolah hanya terbaca 2 GB.

  259. Pak tanya dong,,Lenovo k5 saya dapat notifi pembaruan sistem,,ini maksudnya pembaruan os ke masmallow ato apa ya? Mksh..

  260. saya baru beli lenovo a6000+ tp koq baru 5hari baterai dah ngedrop dicas bukannya tambah malah berkurang…qu coba cas dlam keadaan mati tp sama saja malah bukannya nambah malah berkurang yg tadinya 15% dicas 1jam malah jd 5%..pusing saya kadang berpikir mending beli smsung aja kemarin…yg saya mw tanyakan apa penyebab baterai trsbut…apakah harus ganti baterai atau gimana?mohon penjelasannya….

    1. Pak/Bu Lintang,

      Sudah coba mengisi ulang ponsel itu memakai charger dan kabel charger lain? Untuk sementara saya mencurigai salah satu di antara dua aksesori tersebut.

  261. Dear Support Service Lenovo Smartphone,

    Nama saya Aulia. Saya melakukan pembelian atas Lenovo A7000+ di bulan awal Juni 2016 di Eraphone Kota Kasablanka dengan IMEI 867626026787659.
    Seminggu setelah pemakaian handphone ini ternyata ghost touch (layar bisa gerak-gerak sendiri ataupun berganti2 program tanpa disentuh).
    Pada waktu itu saya tidak ada cukup waktu untuk kembali ke Eraphone maupun Service center.
    Ghost touch ini selalu ada dan mengganggu selama saya masih menggunakan handphone ini. Sekembalinya dari pulang lebaran, akhir Juli 16 saya mencoba googling dan mencoba hard reset (tekan tombol on dan volume bersamaan). Ternyata tidak dapat menangani masalah ini.
    Akhirnya saya mencoba ke service center. Waktu itu saya mencoba ke service center cibubur junction, saya melakukan panggilan berulang-ulang dan tidak ada yang menganggkat nya. Saya ambil inisiatif untuk langsung kesana dan menurut informasi tidak ada service center Lenovo disana. (Jujur saya sempat geram dan marah karena yang menginformasikan sendiri bahwa ada service center oleh customer service Lenovo di nomor 007 xxxx).
    Beberapa hari kemudian saya bawa handphone ini ke service center di ambassador. Menurut informasi dari petugas service center di Ambas bahwa Lenovo A7000+ ini sering ada masalah di LCD nya. LCD nya menjadi produk gagal di Lenovo A7000+. Setelah seminggu kemudian, ternyata saya dikabari bahwa handphone ini void garansi. Saya dikabari bahwa handphone tersebut karena mesinnya ex air dan jika ingin selesai mengharuskan membayar perbaikan senilai Rp 1,9 juta. Dimana saya membeli barang tersebut senilai Rp 2,5 juta. Bagaimana bisa void garansi? Padahal saya baru beli belum sampai 2 bulan. Dan juga itu sudah rusak baru pemakaian seminggu. Bagaimana bisa seperti itu? Bagaimana bisa handphone yang baru dipakai tidak sampai 2 bulan sudah karatan? Saya juga meyakini bahwa handphone ini tidak pernah kena air.

    Mohon solusinya atas masalah ini. Karena saya ingin menyelesaikan masalah ini baik-baik dan ingin meyakini bahwa ada itikad baik dari Lenovo.

    1. Bu Aulia,

      Keluhan Anda mungkin takkan dibaca pihak Lenovo kalau hanya Anda ketikkan di sini. Sebab, blog ini kan bukan milik Lenovo. Pejabat Lenovo juga tidak selalu memantau blog ini.

      Saran saya, kirimkan surat pembaca ke media cetak yang terkemuka. Misalnya, ke koran Kompas. Setelah muncul di sana biasanya permasalahan Anda akan memperoleh perhatian lebih dari pihak terkait.

  262. Saya baru beli lenovo A6010 tp baru satu minggu sinyal di kedua kartu gak muncul sama sekali… gimana gan cara memperbaikinya.. terima kasih

  263. Pak ko saya pake hp Lenovo vibe k5+ yang ram 3 susah keluar sendiri ya pas liat video di instagram, kalo nonton YouTube tiba-tiba berhenti sendiri dan kalo maen game seperti(COC,SLITHER IO) suka keluar sendiri. Itu solusinya seperti apa ya pak?padahal saya baru beli HP ini belom ada 1mingguan. Makasih pak sebelumnya

    1. Pak FarukSC,

      Saya kebetulan juga memakai ponsel yang sama. Susah keluar sendiri? Maksudnya gimana?

      Saya pakai buat nonton YouTube baik-baik saja sih. Saya tidak menggunakan Instagram maupun bermain game yang Anda sebutkan.

  264. Mau tanya Ko..

    1. Apa di lenovo K5 / K5+ ada aplikasi ketuk2 layar yang kalau nyalain tinggal ketuk layar aja?

    2. Bagi yang sudah punya K5/K5+ minta corat-coretnya donk kelebihan dan kelemahan yang dirasakan..

    3. Apa Ko Herry tidak berniat merieview K5+..??

    Terimakasih..

  265. Kenapa saya belu hp lenovo a7000 plus battery cuma 2900 mAh seharusnya 3000??? Tolong di jawab terimakasih.
    Kota: pandeglang,banten

    1. Pak Regy Septivar,

      Setahu saya, kapasitas baterainya memang 2.900 mAh. Hal itu tertulis di lembar spesifikasi resmi Lenovo.

  266. :V pengalaman saya make ponsel lenovo mantap gan! Hapenya kuat, tahan banting, EMMC nya kuat (berkali kali bootloop berkali kali ane flash ulang, hape masih normal jaya), water resistant walaupun gak ada tulisannya water resistant :v , harga cukup terjangkau, sparepart cukup mudah dicari. :’v tapi ya ada kelebihan pasti ada kekurangan, dari segi desain agak kurang stylish, User Interface agak membosankan (:v sebenernya ini tantangan buat orang kreatif, biar bikin ROM yang bagus buat hapenya), yang di hape ane sewaktu ane pencet tombol power buat nyalain hapenya dari sleep LCD sering gak nyala tapi pas dipencet pencet layarnya hape masih getar getar (agak mengganggu menurut ane), agak nge-lag kalau main game berat (:v eh kayaknya pasti, soalnya hape yang ane beli termasuk low-end dengan RAM 512 MB), udah itu aja.
    ANE RECOMEND BANGET HAPE LENOVO BUAT ORANG-ORANG YANG SUKA NGOPREK ANDROID! :v
    :v saran saya buat anunya Lenovo, banyakin lagi service centernya biar ane mudah ngebenerinnya, lagi rusak nih hapenya.

    Muhammad Novan-Lenovo a316i-Martapura Kalimantan Selatan

  267. Pengalaman pake HP Lenovo Vibe X2 dan laptop Lenovo G400s. Untuk segi laptop, saya suka sekali, murah tapi nggak murahan. Kebayang laptop usia 2th dengan kebutuhan game setiap hari tapi masih saja awet. Tapi masalah pada HP. Sebenernya HP Lenovo cukup bagus dari segi design. Tapi saya mengeluhkan pada HP saya yg minim sekali sisa RAM, dari 2gb cuma sisa 500mb kebawah, pernah sampai 100mb pas multitasking, dan akhirnya lag. Itu sangat mengganggu sekali. Ditambah VibeUI yang kekurangan tema, dan tidak bisa download tema seperti vendor lain. Kekurangan lain pada kamera yang terbilang lambat. Dan lagi dari pihak Lenovo yang sepertinya males buat ngasih update softwarenya. Tolong Lenovo perbaiki sistem buat HPnya biar saya kembali percaya sama produknya.

    Budi Utomo-Lenovo Vibe X2 & Lenovo G400s-Surabaya

  268. Maaf mengganggu..langsung aja..sya punya hp lenovo tpe a369i hpnya sya sudah reset menggunakan 3 tombol vol atas vol bawah n tombol power tpi setelah sya reset reset semua malah hp sya ngga bsa msuk k lyar utamanya n yg tampilan nya hanya tertulis lenovo for those who do..gitu terus. Tolong g mna solusinya

  269. saya punya hp lenovo s920 penyakitnya gini saat hpnya ga d pasangkan kartu sim hp normal tapi saat d pasangkan kartu sim hpnya malah sayangnya ponsel telah berhenti gimana yah solusinya

    1. Pak Wildan,

      Sudah coba pakai kartu lain dan masalah yang sama masih muncul? Kalau iya, reset ponsel Anda. Coba pasangkan kartu lagi.

      Kalau problem yang sama lagi-lagi muncul, berarti Anda perlu mampir ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  270. Pengalaman saya dengan HP lenovo banyak pahitnya mending jgn beli HP Lenovo deh. Paling parah HP lenovo Vibe X2 setelah update software malah touchscreennya langung bermasalah mulai dari koordinat y=0 sampai y=223 dan y=922 sampay y=1089 tidah responsif terhadap beberapa aplikasi saja seperti yg bagian atas kelompok y=0 -y=223 tidak ada respon untuk bar notifikasi tetapi jalan normal buat aplikasi belanja online, di fonis harus ganti lcd set tetapi anehnya tidak berfungsi hanya buat aplikasi bawaan Lenovo sedangkan aplikasi lainnya normal.

    kalau dipaksa factory reset akan jalan normal semua tetapi beberapa saat kemudian akan timbul penyakitnya lagi, demikian sekedar sedikit share saja. sat ini saya ganti pakai Leeco letv one pro x800 dgn spec tinggi dgn harga 2,5jt

  271. Hari ini 15 oktober 2016, coba claim garansi. Ke service center lenovo jln ahmad dahlan no 7. Semarang. Tepat jam 14.34 ada sms dari service center.
    ” Selamat siang kpd ibu Afifah kami dr comtech care ahmad dahlan memberitahukan bahwa unit lenovo A1000 terindikasi void (conector charger dalam patah). Jika dilanjutkan repair estimasi biaya mesin/pba 1,825jt. Namun apabila cancel unit bisa dipickup hari ini sebelum jam 3 sore atau besok senin. Terima kasih”
    Saya berpikir hp lenovo sy kan A7000+ . Wah salah barang punya orang ni pst. Kemudian saya konfirmasi kalo hp msh dlm kondisi hidup dan sy mau cancel aja. Lalu… Sms datang lg..
    ” Betul A7000+ kondisi masih menyala ,Mohon maaf salah ketik model handphone. Kami perinci lagi kerusakan pd pin conector charger dalam patah jika ingin direpair pergantian pada sparepart mesin/pba yg hrs diganti estimasi 1,825jt.

    Saya bingung yg russak itu mesinnya apa port chargernya kok yang mau di ganti mesinya. Dgn biaya 1.825 jt kan mending sy beli baru merk laen. Lha emange saya bangga pake lenovo. Gila ya lenovo tu…

    1. Bu Afifah,

      Waduh… mestinya jangan dibawa ke Comtech Care. Ongkos perbaikan yang dikenakan di sana memang sering menggetarkan jiwa.

      Coba Anda bawa ke pusat perbaikan resmi Lenovo yang berada di sini:
      Lenovo Smartphone Service Center – M-CARE [ALFA SEL] Semarang
      Jl. Jendral Sudirman 256, Semarang
      024 – 70148778
      Working Hours:Mon-Sat (10.00-17.00 WIB) , Sun ( closed )

  272. Saya pengguna vibe p1 turbo baru sekitar 1 bulan di pakai saya upgrade dari lolipop ke marsmallow.Tpi kenyataan sangat buruk setelah upgrade.Batray boros sering mati sendiri dan notif panggilan/sms ngk muncul & lebih parah’nya lagi hp gua dikatain hp banci karna di depan nya ngk ada merek seperti hp2 lain bagi saya hp lenovo adalah hp banci & pengecut kenapa kok ngk dikasih merk seperti hp2 lain.

    1. Pak Erwan,

      Usai di-update dari Lollipop ke Marshmallow, ponsel itu apakah sudah di-factory reset? Kalau belum, coba lakukan hal itu.

      Soal tidak ada tulisan merek di sisi depan, itu sih bergantung selera konsumen. Ada konsumen yang justru lebih senang kalau sisi depannya polos lho.

  273. Saya mau beli lenoovo lemon 3,t pi katanya temen touscreen lenovo itu gc enak ( suka loncat2 ) …….. permasalahannya. Mending saya beli lenovo lemon 3 atau beli hp merk Xiaomi resmi 3/yang lainnya …..

    Demak,kamis 27 oktober 2016 pukul 05.28

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Lenovo Lemon 3 masuk resmi ke Indonesia dengan nama Lenovo Vibe K5 Plus. Redmi 3 tak ada yang bergaransi resmi. Jadi, mending beli Vibe K5 Plus deh.

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Hmm… bergantung tipe, anggaran, dan kebutuhan Anda.

    1. Pah Ahmad Yahya,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Biasakan mengirimkan pertanyaan yang lengkap. Jangan sepotong-sepotong, tapi berkali-kali.

      Lemon 3 masuk resmi ke Indonesia sebagai Vibe K5 Plus. Redmi 3, 3x, dan 3s tidak beredar resmi di Indonesia. Kalau Redmi 3 Pro di sini masuk resmi sebagai Redmi 3 Prime.

      Kalau Anda perlu fitur 4G LTE, ambillah Vibe K5 Plus. Kalau tak perlu 4G LTE, silakan membeli Redmi 3 Prime.

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Ehmm… maksudnya gmana apa ya?

  274. Saya mohon maaf sebelumnya……..saya perlu info .kalau hp xiaomi yang resmi masuk ke Indonesia 2016 itu apa aja…..xiaomi resmi 3 resmi gc

  275. Jadi kesimpulannya saya harus beli lemon 3 …soalnya bergaransi resmi

    Makasih pak Herry atas Infonya………makasih pak

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Sekali lagi, biasakan memakai nama resmi di Indonesia. Lemon 3 di sini pakai nama Vibe K5 Plus. Spesifikasinya lebih tinggi daripada Vibe K5. Beda di resolusi layar, prosesor, memori, dan kemampuan VR.

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Karena Anda masih menuliskan tipe ponsel dengan tidak baku, ini jawaban saya: di pasaran tidak ada ponsel bernama Lemon 3.

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Paling-paling Lenovo A2010 ya. Namun, itu termasuk entry level lho. Jangan mengharapkan kinerja yang istimewa.

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Pertanyaan pertama tadi sudah saya jawab. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

      Harga sekarang? Rp 0. Lha ponsel itu sudah lama banget diskontinyu. Tidak beredar lagi.

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Tak jelas pasaran harga bekasnya. Saran saya, jangan beli ponsel itu deh. Sudah ketinggalan banget lho.

  276. Liana
    pengguna lenovo a1000

    Mo tanya donk knp y hp’y sering ngehang trs klo dh ngehang kontak tlp , wa , n yg laen pun ilang gha k baca hrs d nonaktif dlu dngan ckup waktu yg lumayan ru d aktif kn lg ru k baca .. trus klo d pake lom trlalu lama body belakang deket kamera panas klo d pegang , masalah’y lg klo hp’y d taruh dlm dompet jaringan’y hilang pdhal k baca d hp H tp gha ngerespon klo lg browsing internet n yg laen .. tlg donk ksh solusi’y!!!!! pa d bawa k service center’y?????

    1. Bu Liana,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Mata saya berkunang-kunang membaca pertanyaan Anda. Terlalu banyak singkatan, tanda seru, dan tanda tanya. Jawabannya, tak tahu. Saya belum pernah mencoba A1000.

  277. Saya pengguna lenovo vibe p 1 m hp ini memang betul betul hebat br pemakaian 2 minggu aja sudah crash layar tiba2 hitam lalu reboot ulang..jujur saja selama saya beli hp baru ini yang saya alami .padahal dulu samsung baik baik aja tuh.oleh sebab itu saya kapok beli lenovo lagi.

  278. Arlingga
    Pengguna Lenovo P70A

    Gamepad apa yg cocok dan support untuk lenovo p70a ?
    Karna kan kebetulan lenovo p70 tidak support NFC hanya OTG

  279. saya mau bertanya
    nama:muhammad fadhil alamsyah
    kota : bandung
    hp : lenovo vibe p1ma40

    saya kejadian crash tadi pagi hp saya jatuh ke lantai lalu pecah tetapi saya masih ada garansi
    apakah hp itu bisa di klaim untuk garansi penggantian lcd atau tukar baru dengan hp yang sama
    mohon jawabannya secepatnya

  280. terima kasih pa.
    kira kira kalo service untuk penggantian layar lenovo p1ma40 di service centernya berapa ya kira kira
    dan kira kira bisa berapa lama untuk penggantian laya
    apakah setelah di ganti layar di cervice center garansi hp langsung hilang??

    1. Pak Muhammad Fadhil Alamsyah,

      Saya tak mengetahui harga suku cadang dan biaya perbaikan.

      Kalau stok tersedia dan tidak sedang ramai, mestinya bisa ditunggu.

      Tanyakan kepada petugas yang melayani.

  281. Bos,,ane mau tanya nieh,,,,kenapa klo sms( pke im3)ketika data seluler (simpati) diaktifkan,,,susah bahkan tidak terkirim,,,tappi klo data di nonaktifkan bisa/ lancar gmna ya?
    Trims

    1. Pak Andri F,

      Coba cek pengaturan di ponsel Anda. Ada ponsel tertentu (saya tak hafal tipenya) yang memungkinkan pengguna memilih memprioritaskan koneksi internet atau voice call. Kalau pengguna memilih memprioritaskan koneksi internet, kadang SMS pun jadi susah terkirim.

  282. Nama :rian
    Domisili: sukabumi jawa barat
    Hp lenovo vibe k5+ 3gb
    Saya bru 2hri pkai lenovo vibe k5+ ram 3gb,tp udah ada keluhan tiap buka aplikasi psti kluar sendri,trus setiap sambungan data aktif sinyal nya lngsung hilang.solusinya gmn yah? Trus apakh tipe trsebut gagal produk? Jdi agak nyesel beli.mksh

    1. Pak Rian,

      Anda menuliskan, setiap kali membuka aplikasi pasti keluar sendiri. Boleh tahu aplikasi apa? Bisa jadi aplikasi itu tidak kompatibel.

      Kalau sambungan data aktif, sinyal langsung hilang. Nah… ini tidak normal. Anda memakai operator apa? Saran saya, coba mampir ke pusat perbaikan resmi Lenovo terdekat untuk dicek.

  283. HP saya Lenovo Vine K5.
    Kenapa yah mas sering error sering mengulang.
    Misalnya KLO saya lagi buka YouTube sering pause sendiri. Atau KLO lagi search google pilih ke laman bawan nanti kembali lagi ke laman atas.
    KLO buka Instagram jga grup liat postingan ke bawah bawah ntar kembali lagi ke atas. Kya mengulang ulang sendiri padahal belum ada seminggu saya pakai.

  284. Selamat sore pak Herry SW.
    Kebetulan sy pengguna setia produk Lenovo mulai Dr A859, A7000a & yg terbaru K4 Note. Untuk 2 produk Lenovo yg lama sy sngt puas bahkan Smpai detik ini masih lncr d pakek Ibuk&Ayah sy. Tapi problem baru muncul ketika sy pakai Lenovo K4 Note yg sy beli tgl 14 Des kmrn d Blitar, setelah saya pakai 1 hari (tgl 15 Des) ketika conect wifi, Lenovo sy ada pemberitahuannya utk uprage k OS 6.0 Marsmellow. Sy pun donwload OS tsb & anehnya proses upgradenya berlangsung lama (5 jm lebih). Masalah baru muncul pada tanggal 16 Des ketika HP sy matikan untuk mengganti kartu perdana Internet. HP saya bootloop TDK bisa menyala, seketika sy bawa k Toko tmpt sy bli HP (stlh d factory reset ternyata tetap bootloop) akhirnya disarankan untuk mengklaim garansi d Lenovo service Malang. Rencana besok Minggu tanggal 18 Des sy bw ke Malang pak semoga bisa d garansi ulang. Pertannyaan apakah HP sy termasuk cacat produk dari pabrik pak??
    Sekian terima kasih atas tanggapannya

    Erwin Purna
    Lenovo K4 Note

    1. Pak Erwin Purna,

      Kalau membaca kronologisnya, saya menduga proses update tidak berlangsung dengan sempurna. Mestinya bisa sembuh dengan flash di pusat perbaikan resmi Lenovo. Itu bukan cacat produk.

  285. Selamat malam Pak Herry,

    Saya pengguna Lenovo vibe x2, awalnya saat saya beli tahun 2015 masalahnya banyak, sering restart sendiri, signal sering hilang, simcard tidak terbaca, sering restart sendiri dan hang. saat itu juga saya langsung upgrading ke lolipop dan masalah yang sama tetap terjadi tapi setelah di factory reset semua kembali normal dan tak pernah ada masalah yang sama lagi sampai sekarang tapi ada masalah baru yaitu ketika saya menelpon ke teman saya sangat jelas mendengar respon suara dari lawan bicara tapi lawan bicara yang saya telpon mendengar suara saya itu hampir tidak terdengar. mohon dibantu apakah ada yang harus dilakukan mengenai case ini?

  286. Saya baru sebulan pake Lenovo K5 plus masala saya sama seperti pak arbain YouTube pause sendiri buka Instagram sama google sama FB slalu naik keatas lagi kalo rekam video cuma maksimal 30 detik.Salah pengaturan atau apa ya pak?tq

    1. Pak Ransah,

      Saya tidak mengalami hal tersebut saat menguji pakai Vibe K5 Plus – RAM 3 GB.

      Yang terjadi di teman saya, setelah aplikasi BBM di ponsel itu dihapus, aneka masalah seperti yang Anda sebutkan langsung sembuh.

  287. Saya pakek lenovo A 700 sudah satu taun lebih dan saya sangat suka dengan lenovo.
    Tapi sayangnya hp saya setelah di restat ulang atau kembali ke pengaturan pabrik kok mala setiap saya kasih memori selalu terbaca memori rusak tapi anehnya kalo memori saya masukkan ke hp lain itu bisa.bahkan 3 memori selalu terbaca rusak kalo saya pasang ke lenovo.saya bawa ke servisnya lenovo jawabnya harus di sover tpi resikonya kalo g berhasil hp bisa mati ples alias g bisa di pakek.
    Mungkin ada solusi dengan masalah hp saya ini.
    Trimakasih atas perhatianya.

    1. Pak Arip,

      Lenovo A700? Apakah tidak salah tipe?

      Soal solusi, lha itu sudah dapat alternatif solusi dari pusat perbaikan resmi gitu lho.

  288. pengguna lenovo k5 2gb
    Baru pake sebulan, kamera hp tiba tiba berubah jadi warna pelangi, kaya tv klo ga ada siaran.. klaim ke service center katanya kameranya mesti di ganti, padahal pemakaian kamera jarang, dan pemakaian hp dibatas normal (chatting, browsing). saya juga cari di grup lenovo k5 di internet, ternyata bnyk masalah serupa, ada yg bisa normal hanya dengan restart saja, ada yg tidak bisa meski sudah di factory reset.

    1. Pak Fariz,

      Ya berarti harus ganti komponen. Masih garansi kan? Klaim garansi saja di pusat perbaikan resmi Lenovo.

  289. Saya pemakai Lenovo a7000 selama 1.5 thn ini dan tidak ada masalah….2 minggu lalu hape tidak bisa membaca memory….sudah tukar memori baru pun masih tidak bisa terbaca…saya telp servis center untuk tanya kenapa dan berapa biaya perbaikan…..mereka bilang klu hanya rusak software hanya sekian ratus ribu (masih terjangkau) tapi klu hardware yg rusak perbaikan mencapai jutaan karena harus ganti mesin (alamaakkk) ….akhirnya saya coba factory reset dan ternyata….masih tetap tidak terbaca ……pertanyaan apakah kerusakan software bisa langsung diperbaiki dengan ‘factory reset’ atau ada software khusus untuk perbaikan memory ? Apakah memang perlu ganti mesin untuk perbaikan slot memory ?

    Manto
    Jakarta Barat
    Lenovo a7000

    1. Pak Manto,

      Kerusakan firmware biasanya tidak bisa diperbaiki hanya dengan factory reset. Ada tindakan khusus yang harus dilakukan petugas di pusat perbaikan resmi.

      Kalau membaca kronologisnya, tampaknya ada komponen yang rusak. Mungkin hanya selot pembaca kartu memorinya, mungkin lebih dari itu. Kalau yang rusak hanya selot pembaca kartu memori, tak perlu sampai ganti mesin.

  290. saya memakai vibe k5 plus baru 6bulan tetapi belakangan ini agak eror, seperti tidak bisa ganti tema (bahkan icon themenya ilang entah kemana) , suara notif ringtonenya udah di setting besar kembali ke kecil lagi, ada logo audio jacknya (padahal tidak terpasang headset), notifikasi suka terlambat masuk, bahkan yg parah sekarang layarnya tdk bisa disentuh. apakah saya bisa claim garansi ato tidak?

    Subandi, Malang

  291. Sore pak herry. Saya mamakai lenovo a5000 udah lebih 2 thn sejak pertama kali keluar saya memilih nya karna seri ini mempunyai batrai berkapasitas besar dan cocok utk bermain game..kebetulan saya senang bermain game online coc tp beberapa hari ini timbul permasalahan, setiap saya memainkan game ini setelah lebih dr 1 menit tiba2 layar nya bergoyang lalu menghitam dan mulai samar gambar nya tp setelah saya keluar dr game itu dan mematikan hp lalu dihidupkan lagi semua berjalan normal kecuali klo mamainkan game lagi..dan kemaren tu udah di upgrade ulang kepengaturan pabrik tp hasil nya sama..mohon solusi nya pak..

    Hendra
    Batam

  292. Setelah saya servis ke tempat resminya kok kamera sama spiker saya jadi jelek, sensor saat ada telpon kadang mau kadang tdk. Kalo saya bawa kesana lagi apakah garansi masi berlaku? Atau cuma bisa dipakai 1x saja?

    1. Pak Subanndi,

      Bawa kembali ke pusat perbaikan resmi deh. Garansi masih berlaku, bukan hanya bisa dipakai satu kali.

  293. pak mau saya mau nnya….saya kan pengguna hp lenovo A806
    tpi gk tau knapa tiba hp saya mati trus restart beberapa x…hingga akhirnya hp saya di nyalakan cuman bisa tmpil tulisan lenovo dan restar age dan trus kayk gni age….tpi kalo saya di caskan
    sambil buka bisa hidup age seperti biasanya tpi kalo casger di lepaskan hp nya restasrt sndri
    dan cuman bisa tampil tulisan lenovo terus

  294. pak, hp saya lenovo k5 plus, kalau di sms itu ndak ada pemberitahuan dan tidak dengar nadanya, padahal suara nada dering sudah maksimal, tapi kalau pemberitahuan bbm, WA, FB, bisa semua, kira2 apa ada yang salah dalam pengaturannya?
    terima kasih.

  295. Pak saya mau tanya, kalo ada pilihan membeli vivo y55 atau samsung j5, menurut bapak lebih bagus yang mana ?
    Hp vivo kan baru beredar di indonesia, apakah hpnya bisa awet ?

    1. Bu Tanti Eka,

      Galaxy J5 silakan dicoret deh. Untuk ukuran saat ini sudah tergolong jelek. Y55 saya belum pernah coba.

      Secara umum sih ponsel Vivo cukup oke.

  296. hai nama saya pengguna Lenovo Vibe K5 kamera depan saya bermasalah freeze ketika switch ke kamera depan dan tidak bisa menampilkan apa dilayar ketika layar depan diaktifkan saya cob factory reset tak berhasil; nah saya mau bawa ke sc hanya takut waktu yg cukup lama untuk menunggunya kalau boleh tahu lama waktu perbaikan di sc berapa lama ya untuk perbaikan kamera ? lokasi saya di cirebon

    1. Pak Anonymous,

      Belum ada setahun = kurang dari setahun. Berarti, masih dalam masa garansi, bukan? Lakukan klaim garansi saja deh.

  297. Pak, saya mau tanya
    Saya menggunakan lenovo Vibe Shot belum sampai satu tahun ini. Dan hp saya pernah terjatuh beberapa kali. Setiap hp nya panas, layar hp saya sering error, sering masuk ke aplikasi yg tidak saya sentuh. Kadang tombol kembalinya tidak berfungsi.
    Apa sistem hp saya bermasalah? Itu gimana ya pak solusinya? Makasihh sebelumnya

    1. Bu Sintia Permata Sari,

      Entah problem itu ada hubungannya dengan ponsel terjatuh beberapa kali atau tidak. Saran saya, periksakan ke pusat perbaikan resmi Lenovo deh. Mumpung usia pemakaian belum sampai setahun.

  298. Pak, ada solusi tidak buat Lenovo vibe K 5 plus nada notifikasi BBM& WhatsApp kok kecil ya? Padahal volume udh besar & cek di menu ganti nada notifikasi normal tapi masih kecil saja, semoga ada solusi selebihnya saya puas sama Vibe k5 plus

    1. Pak Rizqi Permana,

      Soal BBM saya tak tahu karena tidak memakainya. Kalau WhatsApp, seingat saya, normal-normal saja.

  299. Halo min, Salam kenal..
    Saya pengguna lenovo A859 sejak setahun lalu, sebelumnya speaker hp sering eror, suara saya tidak terdengar di speaker yg mnghubungi saya, namun suara orang terdengar jelas oleh saya. Solusinya saya bawa ke servis hp di sekitar rumah, dan untungnya suara speaker sudah kembali normal.
    Namun justru setelah dibongkar kamera hp jd ga bisa fokus seperti sebelumnya. Sudah coba saya bersihkan dalam kamera namun tetap masih ga bisa fokus.
    pertanyaannya, apakah ada cara lagi dengan pengalaman-pengalaman yang telah dirasa oleh rekan-rekan pengguna lenovo (terutama yang sesuai type)??
    Terimakasih dan ditunggu saran dan solusinya atas permasalahan lenovo A859 saya..

    1. Pak Zulfan Pratama,

      Saat ganti speaker mungkin bagian kamera tanpa sengaja terkena sehingga fokus otomatisnya menjadi bermasalah. Karena telah dibongkar di bukan pusat perbaikan resmi, mau tak mau Anda harus mencari tukang servis independen yang diduga bisa deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *