Kali Ini Lokal Ungguli Global

Sebagian orang sampai detik ini masih mendewakan ponsel merek global. Mereka meremehkan ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Sikap itu sebenarnya dapat dimaklumi. Sebab, secara umum, kualitas ponsel merek global memang lebih bisa dipertanggungjawabkan. Demikian pula dengan layanan purna jualnya.

Namun, ada satu hal yang tak bisa dipungkiri. Sesekali ponsel merek lokal justru lebih menarik dan dapat diandalkan ketimbang ponsel merek global. HT Mobile GC30 yang dibanderol Rp 440 ribu menjadi salah satu contoh nyata. Dengan memperhatikan kesepadanan antara harga jual, spesifikasi, dan kinerja, ponsel itu lebih layak beli daripada ponsel dual on GSM-CDMA Samsung W139.

W139 memiliki beragam sisi kurang menarik. Ia menggunakan konektor charger proprietary khas Samsung. Ponsel yang kini dijual di rentang harga Rp 600 ribu hingga Rp 625 ribu itu tanpa kamera dan tak dapat digunakan untuk ber-mobile banking via operator GSM. Fitur bluetoothnya juga tidak bisa dipadukan dengan handsfree bluetooth.

Di GC30, sederet keterbatasan itu seolah telah dimusnahkan. Ponsel tersebut dibekali dua konektor charger sekaligus. Yaitu, mini USB dan colokan dua milimeter ala Nokia. Tersedianya dua konektor yang populer itu memudahkan pengguna yang hendak memakai satu charger untuk beberapa ponsel secara bergantian.

Sebuah kamera VGA bisa dijumpai di sisi belakang ponsel. Karena mendukung SIM tool kit, pengguna GC30 dapat melanjutkan kebiasaannya ber-mobile banking. Bluetooth di ponsel itu bukan sekadar mampu melakukan transfer file dan dipasangkan dengan handsfree bluetooth. Koneksi “gigi biru” tersebut juga memungkinkan pengguna memanfaatkan ponsel layaknya tetikus alias mouse bluetooth.

Masih ada beberapa keleluasaan lain yang bisa dinikmati pengguna GC30. Handsfree ponsel itu memanfaatkan konektor 3,5 mm yang universal. Sedangkan baterainya kompatibel dengan baterai BL-5C Nokia.

Asal tahu, baterai BL-5C sangat populer dan mudah ditemukan di gerai penjual aksesori ponsel. Harga baterai orisinal Nokia pun relatif terjangkau. Sebuah jaringan penjualan ponsel besar di Indonesia sempat menawarkannya hanya Rp 99 ribu.

Dua slot kartu di GC30 relatif fleksibel. Satu slot kartu di antaranya harus dipadukan dengan nomor GSM. Sedangkan satu slot kartu lainnya boleh dipadukan dengan nomor GSM atau CDMA. Singkatnya, GC30 dapat difungsikan sebagai ponsel dual on GSM-CDMA maupun GSM-GSM, bergantung kebutuhan pengguna.

Lampu senter, buku telepon 1.000 nama multiple entry, black list 20 nomor, GPRS, MMS, dan radio FM merupakan sebagian spesifikasi lain GC30. Untuk mendengarkan siaran radio, pengguna harus menancapkan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan. Kalau mau, pengguna bisa merekam siaran radio yang sedang dinikmati.

Fitur lain GC30, di antaranya, perekam video, perekam suara, Java, dan pembatas akses ke menu tertentu. File MP3 dapat difungsikan sebagai nada dering telepon maupun SMS.

Memori internal yang berkapasitas 250,5 KB saja menjadi salah satu pengurang daya tarik ponsel itu. Pengguna mesti menyelipkan kartu microSD bila ingin menikmati GC30 dengan maksimal. Sisi minus lain, pengguna hanya dapat berinternet via nomor GSM. Nomor CDMA praktis cuma bisa dipakai bertelepon dan ber-SMS.

22 thoughts to “Kali Ini Lokal Ungguli Global”

  1. Her, utk save to old kontak ada nggak? dan replay sms tersimpan nggak? Krn rata2 hp cina replay sms tidak tersimpan. Lalu keypadnya empuk ato kaya mencet jerawat batu.

  2. Save to old kontak gimana nih?

    Reply SMS tersimpan nggak? Wah, saya tidak memperhatikannya.

    Keypad empuk atau kayak mencet jerawat batu? Relatif empuk kok.

  3. Pak Gst, GC30 dan i8200 relatif setara sih. Masing-masing ada plus minusnya.

    GC30 unggul di keypad yang sedikit lebih empuk, buku telepon yang lebih besar (1000 vs 500 nama multiple entry), dan ada tombol khusus untuk senter.

    i8200 unggul di tersedianya fitur pengubah suara dan bisa berinternet pakai nomor CDMA.

  4. maksud pengubah suara di i8200 utk apa yach ?

    kedua hp ini bisa ganti casing palsu (spy casing original masih utuh) ?

    GC30 ada fitur blacklist (sms dan telpon) spt di i8200 ?

  5. Pak Gst,

    Pengubah suara ya untuk mengubah suara penelepon. Misalnya, Bapak kan aslinya pria dewasa. Nah, suara Bapak bisa diubah jadi suara anak-anak.

    Casing non-orisinal setahu saya tidak ada.

    Black list telepon tersedia, namun black list SMS tidak ada. Seingat saya di i8200 juga tak ada black list SMS.

  6. Maaf baru sempat balas lagi.

    Harga terkini i8200 saya tidak update. Sebab, sejak pulang dari London, belum keliling memantau harga ponsel.

    Baterainya bisa pakai BL-5C Nokia.

  7. pak herry,sesuai rekomendasi anda saya sudah beli HT GC30 di HT SHOP plasa marina. secara keseluruhan memang lumayan bagus.cuman untuk SIM kedua yang hybrib ketika saya coba pakai kartu CDMA Flexi kok tidak bisa kirim sms ya?apakah error di HPnya atw memang seperti itu?

  8. Pak Duwan,

    Tampaknya ada masalah di kompatibilitas antara ponsel dan kartu RUIM. Pasca-review dimuat, saya dapat info dari seorang pengguna Smartfren. Ia lancar bertelepon via GC30, tetapi selalu gagal mengirimkan SMS.

    Ada pula pengguna Esia yang kalau pakai kartu A, sebut saja begitu, tak bisa berfungsi normal di GC30. Sedangkan kalau pakai Esia kartu B, lancar jaya.

    Saran saya, coba ke Plasa Telkom dan minta dilakukan penggantian kartu RUIM dengan nomor sama. Lebih baik minta kartu RUIM keluaran lama, Pak.

  9. Iya pak,permasalahan saya sama persis dengan teman anda pengguna smartfren. Kartu RUIM Flexi saya ini kartu lama, saya juga telah mencoba pakai RUIM Flexi yang baru tapi dengan nomer yang berbeda hasilnya juga sama. saya pakai smartfren lokal plus juga sama. Semua kartu bisa terima sms, bisa telpon dan menerima telpon namun tidak bisa mengirim sms. Saya cek di sms setting untuk CDMA tidak ada profile settings untuk set sms center seperti halnya GSM. Kesimpulannya mungkin ini salah satu kelemahan dari ponsel HT GC30 ini namun secara keseluruhan sudah OK. Semoga info tambahan saya ini bisa bermanfaat bagi orang lain.

  10. Pak, saya lagi cari hp dual on gsm-cdma neh…
    yang saya butuhkan cuma yang lancar sms, lancar telpon, ama mendukung SIM Tool Kit, sama harga murah… (gk terlalu perlu sama kamera, tv, radio, dan sebagainya)
    yang lancar, brarti gk nge-hang2, wlaupun cuma spersekian detik, pengalaman di cdma ZTE saya, sering nge lag setengah hingga 1 detik…
    saya tertarik sama HT Mobil GC30 ini, apa hp ini gk nge lag?? selain ini ada yg lebih bagus gak yaa??

    website nya bagus neh pak, sekedar saran, mungkin bisa di tambahkan kategori2 di samping jadi orang2 bisa lebih mudah mencari…
    terima kasih.

  11. Pak Irwan, dengan mengabaikan fitur SMS dulu, GC30 seharusnya relatif mampu memenuhi kebutuhan Bapak. Namun, ada catatan terkait fungsi SMS keluar. Saya dapat laporan dari beberapa pengguna kalau mereka gagal mengirimkan SMS via nomor CDMA. Hal itu terutama terjadi pada kartu RUIM keluaran baru. Untuk kartu keluaran lama, ada yang berhasil (saya pernah coba pakai kartu Mobile-8 keluaran sangat awal), ada pula yang gagal.

    Terima kasih masukannya tentang web. Kebetulan saya masih sangat awam dengan desain web. Blog Ponselmu.com ini pun saya buat dengan trial and error. Untuk sementara saya perkuat di isi alias tulisannya dulu.

  12. HT Mobile GC30 boleh dipertimbangkan. Untuk nomor CDMA, lebih baik dianggap tidak bisa mengirimkan SMS ya. Sebab, GC30 tampaknya kurang akur dengan sebagian kartu RUIM CDMA.

  13. pak, mau tanya neh, dulu pengalaman pake ht mobile + tv dual sim gsm, kalo kartu gsm nya saya ganti2 gak lama hp nya error, di taruh di ruangan yang agak panas juga error, akibatnya saya jadi agak trauma pake hp lokal, sekarang lagi butuh gsm cdma yang ada senternya, saya baca review bpk koq keliatannya oke, kalo boleh share dr temen yang udah pake, si gc30, kalo kita dah pake xl, terus ganti ke mentari atau gsm yg lain, kira2 gimana? atau gonta ganti kartu cdma, gonta ganti mc ?

  14. Pak/Bu Kamaswari,

    Saya kebetulan pernah pakai beberapa tipe HT Mobile selama beberapa bulan. Jadi, bukan sekadar untuk review. Seminggu bisa ganti kartu 2-3 kali. Kadang dibawa ke ruang ber-AC, kadang keliling kota naik motor sehingga kena sengatan sinar matahari. Hasilnya, ponsel tetap baik-baik saja. Mungkin yang dialami Bapak/Ibu bersifat kebetulan.

    Beberapa teman yang pakai GC30 tak pernah mengeluh ponselnya bermasalah kala berganti-ganti kartu. Keluhan yang saya terima, kala ponsel dipadukan dengan kartu CDMA tertentu, mereka tak bisa ber-SMS.

  15. Lebih baik dianggap tidak bisa. Kalau pun bisa diakali, caranya panjang dan berbelit.

    Intinya, untuk ponsel merek lokal, seyogianya dianggap tidak bisa sync buku telepon.

  16. pak, saya punya HT Mobile GC30, tapi ga bisa bwt nerima MMS. padahal sudah disetting GPRS ma MMS dari SIM operatornya.
    apa HP ini bisa dipakai bwt MMS??
    kalo bisa, gimana cara settingnya
    makasih sebelumnya

  17. Pak Nasr,

    HT Mobile GC30 seharusnya bisa MMS. Namun, seperti yang terjadi di banyak ponsel merek lokal, fitur MMS-nya lebih baik dianggap tidak ada.

    Ketika pengaturan sudah benar pun, pengiriman maupun penerimaan MMS seringkali tak berjalan mulus. Pengaturan yang sebelumnya wajib dilakukan juga mesti manual dan ada unsur trial & error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *