Kapan dan di Mana Bisa Beli Xiaomi Mi A1 Garansi Resmi?

Setelah diperkenalkan secara global di India pada awal bulan ini, dua hari lalu (20/9) Xiaomi Mi A1 resmi diluncurkan di Indonesia. Ponsel Android One pertama Xiaomi itu dibanderol Rp 3,099 juta. Spesifikasi dan deretan daya tarik Mi A1 dapat dibaca di tautan berikut.

Ponsel dengan kamera belakang berlensa ganda itu akan dijual melalui flash sale di Lazada pada 2-5 Oktober 2017. Mulai 25 September 2017 sampai 30 September 2017 peminat dapat melakukan pendaftaran lebih dulu.

Bersamaan dengan hari pertama flash sale Lazada, Mi A1 bakal tersedia dalam jumlah terbatas di Mi Store Pondok Indah Mall Jakarta dan Summarecon Mall Serpong. Berikutnya, mulai 6 Oktober 2017, ponsel itu dapat ditemukan gerai Erafone dan toko-toko ponsel yang selama ini rutin kulakan produk ke jaringan distribusi TAM.

Dimulai dari Mi A1, Xiaomi memperpanjang masa garansi resmi dari sebelumnya 12 bulan menjadi 15 bulan. Klaim garansi dapat dituntaskan pada hari yang sama bila pengguna datang langsung ke Mi Exclusive Service Center. Pusat perbaikan resmi eksklusif kini telah beroperasi di Jakarta dan Jogja.

Sementara itu, kalau konsumen melakukan klaim garansi di pusat perbaikan resmi non-eksklusif, Xiaomi memberikan jaminan selesai dalam tujuh hari kerja. Seandainya lebih, konsumen berhak mendapatkan unit pengganti baru secara gratis.

Saat ini Xiaomi mempunyai 42 layanan pusat perbaikan resmi yang tersebar di 34 kota di Indonesia. Daftar alamat lengkapnya bisa diakses di sini. Sebelum 2017 berakhir, ditargetkan ada penambahan 14 pusat perbaikan resmi, termasuk empat Mi Exclusive Service Center. Tahun ini pula Xiaomi total akan memiliki 15 Mi Store di Indonesia.

Eksistensi Mi Fans

Dibandingkan acara peluncuran aneka merek ponsel yang rutin digelar di Jakarta, seremonial peluncuran Mi A1 agak berbeda. Xiaomi bukan hanya mengundang mitra bisnis, perwakilan media, blogger, dan YouTuber. Sebanyak 350 di antara 600 undangan adalah Mi Fans (sebutan untuk anggota komunitas penggemar Xiaomi) yang berasal dari 22 kota.

Xiaomi tampak memandang penting keberadaan Mi Fans. Dalam presentasinya, dua petinggi Xiaomi menyinggung eksistensi Mi Fans di Indonesia. Steven Shi Yan, Head of Xiaomi South Pacific Region sekaligus Country Manager Xiaomi Indonesia, mengungkapkan Mi Fans terpantau aktif di berbagai regional di Indonesia.

Sedangkan Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, malahan sempat berinteraksi singkat dengan Anwar Jaeni, Presiden Mi Fans Jakarta. Begitu menginjakkan kakinya di panggung, Anwar berpelukan erat dengan Donovan. Suatu hal yang mustahil terjadi di acara pabrikan ponsel merek lain.

***

Ingin tahu contoh hasil jepretan kamera Mi A1? Ini dia. Agar lebih ringan diakses, sebelum diunggah seluruh foto menjalani resize dan kompresi file. Tidak ada olah digital lain yang dilakukan.

Watermark di sisi kiri bawah foto merupakan menu bawaan kamera ponsel. Pengguna dapat memilih mengaktifkan atau menonaktifkannya.

182 thoughts to “Kapan dan di Mana Bisa Beli Xiaomi Mi A1 Garansi Resmi?”

  1. Unik memang… kemaren serasa nonton konser bukan kayak peluncuran produk

    Suasana nya juga santai bahkan ada momen berpelukan antara direktur n fans

  2. Saya jadi ingin datang ke Mi Store di Summarecon Mal Serpong pada tanggal 2 nanti, tak jauh dari rumah saya. Semoga masih kebagian! ?

  3. Harga nya bisa banget menyaingi brand-brand yang banyak iklan nya Koh, kayaknya kompetitor harus sedikit berpikir memberi harga ke ponsel mereka.

    1. Pak Ren,

      Ha… ha… di pasar sudah terbukti kok. Ada yang harga pre-order-nya jadi miring banget. Konsumen yang diuntungkan sih.

  4. Koh Herry, kapan Mi A1 nya di Full review ?
    Saya penasaran dengan perang comment ( manajemen ) antara Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1, yg kebetulan punya banyak kesamaan .
    Moga moga bisa di review juga Moto G5S Plus ya .
    Supaya ketahuan yg mana yg mendekati kebenaran pernyataannya, hahaha
    Thanks

    1. Pak Victor,

      Menanti saya agak senggang ya, Pak. Sedang harus sering ke luar kota nih.

      “Perang comment (manajemen)” itu maksudnya gimana ya? Dua ponsel itu sebenarnya kurang tepat diadu karena harga normalnya berbeda jauh.

      1. KOMPAS.com – Pekan ini, Motorola meluncurkan smartphone Moto G5S Plus yang menjadi andalan baru di segmen menengah Tanah Air. Hanya berselang sehari setelahnya, giliran Xiaomi menghadirkan Mi A1 di segmen yang sama.
        Baik Moto G5S Plus maupun Xiaomi Mi A1 mengincar “kue” yang sama di papan tengah yang semakin penuh oleh tawaran-tawaran baru dari aneka pabrikan gadget.
        Harga keduanya hanya berselisih Rp 100 ribu. Mi A1 dibanderol Rp 3,1 juta, sementara Moto G5S Plus dihargai Rp 3 juta, setidaknya selama masa pre-order selama 9 hari dari 20-29 September 2017.
        Spesifikasi Moto G5S dan Mi A1 pun mirip. Keduanya memiliki layar 5,5 inci full-HD berlapis Gorilla Glass 3, ditenagai chip Snapdragon 625, RAM 4 GB, dan baterai di kisaran 3.000 mAh. Bahkan sistem operasinya pun sama-sama menjalankan Android 7 Nougat versi stock alias tanpa tambahan custom UI.
        Ini yg saya maksud banyak persamaan Koh Herry.

        Sedang perang comment nya sbb :

        Kamera ganda Mi A1 diklaim Xiaomi serupa dengan milik iPhone 7 Plus, namun harganya jauh di bawah. Melihat kesamaan spesifikasi dan kisaran harga antara Mi A1 dan Moto G5S Plus, wajar jika banyak yang membanding-bandingkan kedua lini itu.
        Kendati begitu, Donovan Sung bersikukuh kamera ganda kedua lini anyar itu tak bisa sebanding. Dalam pernyataan resminya, Donovan Sung mengatakan jenis lensa Mi A1 dan Moto G5S Plus berbeda.
        Mi A1 memadankan lensa wide (lebar) dan tele (portrait), sementara Moto G5S Plus mengawinkan lensa RGB dan monochrome. Selain itu, ada indikator lain yang disebut tak apple-to-apple.
        “Itu (Moto G5S Plus) kamera gandanya lebih murah. Punya kami lebih mahal, konfigurasi yang dipakai,” kata dia.

        Ini tanggapan dari Motorolla

        Menanggapi tudingan Xiaomi bahwa produknya lebih “murah”, Country Manager Lenovo Mobile Business Group and Motorola Mobility Indonesia, Adrie R. Suhadi, mengatakan tidak mengetahui teknologi kamera ganda mana yang biaya produksinya lebih tinggi.
        “Itu rahasia dapur masing-masing ya. Tidak etis cara marketing menjatuhkan lawan dengan black marketing,” jawab Adrie ketika dihubungi oleh KompasTekno, Rabu (20/9/2017) malam.

        Terima kasih

  5. Pak HSW,
    apa setiap beli ponsel di erafone di wajibkan dengan asuransi yang seharga 149rb ya? Soalnya dulu jaman saya beli xiaomi redmi note 4 pengen beli di erafone bawa uang pas , spgnya bilang barangnya g ada di tawari merk lain akhirnya gue pergi lalu di panggil lagi,kemudian bilang barangnya ada harganya 2,399,000 sama seperti di web xiaomi indonesia tapi belum termasuk asuransi , dan itu di wajibkan apa benar seperti itu? Saya tanya ke ig erafone maupun email mereka tentang pemaksaan dan pengusiran yang saya alami tidak ada respon dari mereka. Big thanks ?

    1. Pak Ferry Setiawansyah,

      Tidak diwajibkan. Kalau Anda mengalami kejadian diwajibkan, tolong tuliskan kronologisnya dengan lengkap di sini. Data yang wajib ada:
      * Lokasi dan waktu kejadian,
      * nama petugas yang melayani,
      * dan cerita komplet.

      Ada rekan dari Erafone yang lumayan rutin memantau blog ini.

      1. Nama spg : kurang tau yang pasti pertama seorang cowo promotor vivo ketika dia bilanng xiaomi habis dan saya pergi di samperin lagi lalu bilang ada terus di lempar ke sales promotor toko kayaknya cewe kok
        Tanggal kejadian : 13 juni 2017 sekitar jam 12.00-13.00
        Kronologi pengusiran : setelah mereka menjelaskan produk garansi eksternal mereka dan saya bilang cuman bawa uang pas trus saya bilang “mbak uang saya pas segini kalau gak pake ini ga bisa ta?soalnya ini buat adek saya”. Mbaknya bilang ini wajib walaupun gak pake asuransi harga di sistem sudah otomatis 2,399.000 + 149,000 tak bisa di hapuskan (Nada sinis + jutek). Trus spg vivo lewat belakang saya bilang gini “wajib iku mas lak kurang duekke tuku toko liane ae seng distributor ojok nag kene” sakit hati kena omongan gitu saya pamit trus pergi dan akhirnya beli distributor dengan harga 2,030,000 di toko benly lt.2 tapi sayang g garansi resmi T.T

        1. Pak Ferry Setiawansyah,

          Terima kasih atas informasinya. Ada satu informasi yang sepertinya lupa Anda ketikkan. Hal itu Anda alami di Erafone mana ya, Pak? Mungkin nama malnya gitu deh.

        2. wah sama nih..gua juga kayak gitu di Erafone Makassar parah banget..katanya harus ambil garansinya juga kalo tidak di ambil gak bisa di beli hp nya…
          Lokasi erafonenya di jalan jendral M yusuf makassar nama SPG saya gak tau

      2. Nama spg : kurang tau yang pasti pertama seorang cowo promotor vivo ketika dia bilanng xiaomi habis dan saya pergi di samperin lagi lalu bilang ada terus di lempar ke sales promotor toko kayaknya cewe kok
        Tanggal kejadian : 13 juni 2017 sekitar jam 12.00-13.00 erafone wtc lantai 1 sebelah apollo deket atm bca deket eskalator
        Kronologi pengusiran : setelah mereka menjelaskan produk garansi eksternal mereka dan saya bilang cuman bawa uang pas trus saya bilang “mbak uang saya pas segini kalau gak pake ini ga bisa ta?soalnya ini buat adek saya”. Mbaknya bilang ini wajib walaupun gak pake asuransi harga di sistem sudah otomatis 2,399.000 + 149,000 tak bisa di hapuskan (Nada sinis + jutek). Trus spg vivo lewat belakang saya bilang gini “wajib iku mas lak kurang duekke tuku toko liane ae seng distributor ojok nag kene” sakit hati kena omongan gitu saya pamit trus pergi dan akhirnya beli distributor dengan harga 2,030,000 di toko benly lt.2 tapi sayang g garansi resmi T.T

  6. salam kenal om
    saya bingung mau ganti hape mau minta pencerahanya. HP yg harga di bawah 2.5 apa ya o yang bagus?? merk oppo lenovo asus atau xiaomi lagi?
    Nyari nya yang 5.5 sama kamera ok om .
    skarang sy pake xiaomi redmi note 3 pro.
    makasih banyak..

    1. Pak Harold,

      Dengan anggaran segitu sih nggak bisa dapat ponsel berlayar 5,5 inci yang kamera dan performa umumnya bagus. Yang paling mendekati sih Xiaomi Redmi Note 4. Namun, kameranya kurang mantap.

    2. oh begitu. kalau dr tipe hp ini paling bagus yg mana om?
      1.vivo Y69
      2.vivo V5 lite
      3.asus zenfone 3 max.
      4.xiaomi redmi note 4.
      dr segi kamera. sama ketahanya bagus mana om?
      trimakasih ya om.

      1. Pak Harold,

        Nomor 1 dan 2 saya belum pernah coba.
        Nomor 3 dan 4 kameranya sama-sama tergolong kurang mengesankan. Performa keseluruhan lebih bagus Redmi Note 4.

  7. Pak HSW,
    1.Apakah kamera Mi A1 hasilnya bagus utk memfoto presentasi(slide powerpoint) di acara seminar? (Minta tolong direview ya Pak)
    Kan kita duduk nya agak jauh, bisa >15 meter.
    Maklum budget nya hny 3 jtan utk ganti HP.
    2.Kl dibandingkan dgn Moto G5s Plus, bagus mana ya Pak hasilnya? Mengingat kamera nya ga ada tele nya.

    Trims Pak.

    1. Pak R. Indra,

      1. Lah… kalau jaraknya lebih dari 15 meter, mau pakai ponsel yang harganya tiga kali lipat Mi A1 pun hasilnya takkan bagus.

      2. Belum tahu. Saya belum menguji pakai Moto G5S Plus.

  8. Maaf om herry, saya pernah mengalami kejadian serupa seperti pak ferry di atas, tepatnya 12 agustus 2017 jam 17.29 wib (kalau diliat dari nota pembelian). Awalnya saya ngaterin adik saya yg mau beli xiaomi redmi 4x dan saya kira dengan harga Rp. 1.999.000 sudah included garansi resmi tanpa ada tambahan biaya. namun setelah bayar, sang SPB langsung nawarin garansi seharga Rp.149.000 utk 12 bulan, langsung saya tanya “bukannya sudah garansi resmi ya?” dan SPB jawab “garansinya hanya utk softwarenya saja, tidak dengan hardware” di situ saya binggung dan berfikir “loh ko gini ya? Bukannya dimana mana garansi resmi selama ini itu mencangkup semua yg di kardus? Wah banyak hal yg terselubung”. Mungkin utk kedepannya pihak erafone bisa menginformasikan diawal terutama di websitenya tentang yg garansi “resmi” itu mecangkup apa aja dan jika ingin menawarkan garansi dari pihak ke-3 bisa di cantumkan di websitenya supaya jelas

    1. Pak Arif PU,

      Boleh tolong infokan kejadian lengkapnya? Di Erafone mana dan (mungkin ingat) dilayani petugas bernama siapa.

    2. Saya juga pernah mengalami nih. Kejadian di Erafone gerai Mall Ciputra Cibubur. Kalau liat dari nota toko ITC biasa tempat saya akhirnya beli HP, tanggal 1 Mei 2017. Saya tidak sempat menanyakan nama SPG nya, karena setelah dibilang wajib beli asuransi kalau beli offline di gerai erafone langsung saya tinggal.

      Kalau memang tidak diwajibkan sebaiknya erafone memberi peringatan ke SPG2 nya untuk tidak membohongi/membodohi konsumen seperti itu. Saya sebenarnya lebih sering beli offline untuk HP dan langganan beli di Erafone Store dan jaringan group nya. Tapi semenjak kejadian 1 Mei tersebut saya lari ke toko ITC biasa lagi walaupun agak challenging karena saya tetap kekeuh beli yg garansi resmi/TAM hehehe

  9. Menurut koh herry apakah mi fans Indonesia terlihat kampungan tidak? Kalau menurut saya iya soalnya hanya peluncuran hape seperti menonton pertandingan olahraga

    1. Pak Akfariz,

      Tidak. Itu bagian dari antusiasme mereka. Saat presentasi berlangsung, mereka tenang kok. Kalau selama presentasi mereka tetap berteriak-teriak, nah… itu baru kampungan.

  10. Mohon maaf om, kalau ternyata saya posting ulang pertanyaan nya.. Soalnya saya tunggu kok ndak muncul2.. (mungkin saya yang salah input atau bagaimana..)
    Yang mau saya tanyakan terkait kebingungan saya memilih antara Mi A1 atau zenfone 3. Soalnya secara harga mungkin setara. (didaerah saya yang ZE552KL malah “cuma” 3,4jt).
    Gini om :
    1. Dari segi hasil kamera bagus mana?
    2. Untuk ketahanan baterai lebih awet mana?
    3. Terasa lebih gegas yang mana?
    4. Apakah keduanya mendukung fast charging ataukah “hanya” quick charging?
    5. Apakah keduanya mendukung 4G-3G secara simultan?
    6. Setahu saya zenfone 3 mendukung CAT 6. Apakah Mi A1 juga mendukung? Atau malah lebih baik lagi?
    Mungkin itu om. Sekali lagi mohon maaf kalau terposting 2 kali.
    Terimakasih.

    1. Pak Doni F,

      Seingat saya, sebelum ini belum ada pertanyaan serupa dari Anda. Jadi, pertanyaan Anda tampaknya memang tidak saya terima.

      1. Kamera utama lebih bagus Mi A1. Kamera depan lebih bagus Zenfone 3.
      2. Mi A1 sedikit lebih awet.
      3. Sama saja.
      4. Fast charging standar, bukan Qualcomm Quick Charge.
      5. Ya.
      6. Sama.

        1. Pak Heart,

          Tak ada saran khusus. Silakan mencari di WTC atau Plasa Marina.

          Mi 5X pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung coret deh. Belilah Mi A1.

  11. Om herry,

    Apa rekan media, blogger, dan YouTuber atau mungkin anda ada yang menyinggung/menanyakan tentang kemungkinan menghadirkan xiaomi mi 6 atau seri flagship lainnya secara resmi ke indonesia?

    1. Pak itaufan,

      Pernah ditanyakan. Kayaknya belum akan terwujud dalam waktu dekat. Saya pribadi menduga hitung-hitungan bisnisnya belum masuk. Anggaplah ada ponsel flagship Xiaomi dengan harga lebih dari Rp 6 juta yang beredar resmi di sini. Berapa puluh ribu orang yang bersedia membelinya? Lha wong di sini masih banyak konsumen yang brand minded.

      1. Om Herry,

        memang konsumen sini kebanyakan brand minded, tapi harusnya xiaomi harus lebih berani penetrasi pasar di Indonesia, apa lagi sering kali petinggi xiaomi bilang kalo Indonesia pasar yang penting bagi mereka, mungkin mereka bisa lihat Oppo atau Vivo yang bisa dikatakan sukses jual produk/brand meski over priced sekali,

        Maaf jadi curhat..habisnya gemes nungguin xiaomi seri flagship versi resmi ga muncul, hanya bisa melirik non resmi..,pada akhirnya memakai ungkapan dari om Herry “lebih baik menyesal karena beli daripada menyesal karena tidak beli” hehehehe

        1. Pak Itaufan,

          Lha Xiaomi kan bukan yayasan atau lembaga nirlaba. Sebelum memasukkan ponsel flagship, mereka tentu harus memperhitungkan kelayakan bisnisnya.

  12. Kalau bapak sendiri secara pribadi lebih condong dan tertarik ke Xiaomi mi A1 apa Motorola g5s plus? Dan apa alasannya?

  13. Saya bulan lalu membeli ponsel Asus dan terkejut melihat kartu garansinya tertulis 15 alias 15 bulan, ternyata Xiaomi juga mengamati benefit yang ditawarkan merk lain yang cukup menguasai pasar dan akhirnya mengikutinya dengan menawarkan garansi 15 bulan.

  14. Bagaimana durability/life cycle baterai dari ponsel Xiaomi setelah/diatas 2 tahun Pak? Apakah ada penurunan drastis (drop)? Saat ini saya menggunakan LG L7 II sudah hampir 4 tahun dan kondisi baterainya masih sangat baik, akan tetapi hardware nya sudah kesulitan dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada saat ini karena Storagenya hanya 4GB & RAM 700MB an. Saya berencana menggantinya dengan Xiaomi Redmi 4a.

    1. Pak Bagus,

      Terus terang saya tak pernah membuktikannya sendiri karena sebelum dua tahun telah berganti ponsel. Ada teman saya yang memakai Redmi 1S dan sampai sekarang masih baik-baik saja. Usia pemakaian pasti lebih dari dua tahun.

    2. boleh bantu jawab y om hsw

      saya salah satu pemakai pertama xiaomi redmi 1s, dan sampai sekarang smartphone saya baik-baik saja. walau ada penurunan dari segi daya tahan banterai (sekitar 80% dari pembelian pertama),
      kendala kedua, sama seperti smartphone kebanyakan, keterbatasan mengunakan berbagai aplikasi karena kapasitas penyimpanan, serta kurang supportnya beberapa aplikasi yang sudah tidak mendukung androind jelly bean.

      saya kira cuma itu yang bisa saya katakan mengenai Xiaomi redmi 1s yang saya pakai,
      tapi semuanya balik lagi tergantung cara pemakaian pribadi..
      Trims..

  15. Koh Herry, maaf OOT
    Anggaran saya ada 1,5 juta, yg secara keseluruhannya terbaik apa ya koh? Antara Lenovo Vibe K5 yg ramnya 2GB, Moto E3 Power, atau Xiaomi Redmi 4A 32GB…

    Makasih koh jangan lupa jaga kesehatan koh

  16. dengan anggaran 3 jutaan, saya ingin beli hp yg bagus performa kamera dan awet batereinya. mohon rekomendasi Pak Herry hp

      1. saya ibu ibu paruh baya pak Herry, baterei awet paling nggak 6 jam . saya tertarik Mi A1 tapi juga pingin infinix zero 4 plus

    1. Pak Billy,

      Tak ada fitur bawaan dual apps dan second space di Mi A1. Saya belum tahu bisa diakali pakai aplikasi tambahan di Play Store atau tidak.

      Split screen yang dimaksud apakah multiwindows? Kalau iya, sepertinya bisa dilakukan tanpa perlu menginstalasikan aplikasi tambahan. Saya tak bisa langsung mengecek karena Mi A1 saya tinggalkan di rumah.

  17. malem Ko Herry
    antara ASUS ZenFone 4 Max Pro (ZC554KL) dan Xiaomi Mi A1
    pilih mana ya?
    seringnya dipakai untuk foto, main game, sosmed, ama pantau saham dan forex

    terima kasih banyak.

  18. Menyinggung komen Koh Herry sblmnya, bukannya sangat tepat jika Mi A1 diadu dengan Moto G5s Plus? Kalau di adu soal harga memang tidak pas (karena beda MSRP)…tapi ini kan menyinggung soal spesifikasi, target pasar dan fitur2 nya yg kurang lebih mirip Koh….apalagi harga pre-order (semoga bukan trik marketing Motorola) jg hampir sama dengan Mi A1

    1. Pak Mi A1 vs Moto G5S Plus,

      Menurut saya, harga idealnya juga diikutsertakan dalam perbandingan karena itu turut menentukan status kelayakan beli.

  19. Koh Herry, butuh infonya nih…..

    Kamera hp yang paling bagus buat vlog/bikin video apa ya sekarang?
    Budget 4 jt (lebih dikit lah)
    Trims buat jawabannya koh

    1. Pak Aziz,

      Hmm… kebetulan saya jarang melakukan perekaman video nih. Jadi, saya tak berani memberikan saran yang spesifik.

  20. Om Herry, mengingat Xiaomi sudah cukup banyak mempunyai service center di Indonesia apakah kira-kira mereka mau menerima perbaikan smartphone Xiaomi yang dijual secara tidak resmi seperti Xiaomi Mi 6 atau Xiaomi Mi Mix?.

    1. Pak Ibel Soe,

      Seharusnya tidak. Pusat perbaikan resmi merupakan bagian dari layanan untuk pembeli ponsel bergaransi resmi. Mi 6 dan Mi MIX pasti tanpa garansi resmi tho.

  21. Loh, ini acara peluncuran Mi A1 kan? Tapi Pak Herry meliput pake hape Mi A1? Saya salah baca artikel sepertinya atau gimana ya…..?

  22. Pagi pak herry
    Saya ingin bertanya,untuk harga xiaomi mi A1 nanti saat dimulainya preorder dan setelah masa preorder selesai,apakah harganya sama,tetao 3.099.000?atau lebih murah saat masa PO?mksh

    1. Pak Choky,

      Maaf baru bisa balas pada malam ini.

      Sama. Harga online dan offline juga sama-sama Rp 3,099 juta.

  23. Maaf OOT Ko Herry SW
    Boleh rekomendasiin hp dengan anggaran maks 4,5 jt lebih dikit ok, pengen ganti Galaxy S4 yang mau dipensiunkan.
    Kebutuhan nya cuma standar / pemakaian biasa,kira-kira yang bagus apa ya koh?
    Sempat pengen ngambil Galaxy A5 2017 tapi inget pernah baca comment ko Herry kurang recomend ngambil Galaxy seri A,kalo ngambil merk Samsung mending ambil yang Flagship sekalian.
    Kalau bisa saranin 2 atau 3 hp ko buat dibandingin.
    Terima kasih sebelum nya Ko Herry Sw

    1. Pak Riadiko,

      Di kisaran harga segitu tak ada. Yang ada turun ke bawah Rp 4 juta atau naik sekalian mendekati Rp 6 juta.

      Di bawah Rp 4 juta, ada LG G5 SE yang kamera dan performa keseluruhannya bagus. Yang kurang mantap hanya di daya tahan baterai. Namun, paket penjualan ponsel itu biasanya sudah termasuk battery kit. Jadi, total Anda mendapatkan dua baterai.

      Kalau lebih dari Rp 4,5 juta dan mendekati Rp 6 juta, ada Asus Zenfone Zoom S. Harga pasarannya Rp 5,6 juta. Kameranya bagus, baterainya juga awet.

  24. pak maaf ott.
    Mau minta pencerahanya
    kalau smartphone harga 900rb ke bawah bagus yang mana ya? uk layar jangan yang terlalu kecil. makasih pak

  25. Pak Herry, semoga sehat selalu. Mi A1 ini spesifikasi hardwarenya (CPU dan GPU) sama persis dengan redmi note 4 ya? Yg membedakan cuma konfigurasi dual kamera ya pak? Atau ada perbedaan lain yg lebih drastis antara keduanya?

    1. Pak Yosi,

      CPU sama. GPU saya kurang memperhatikan. Beda di konfigurasi dual kamera, kapasitas baterai, dan OS yang dipakai.

  26. om herry, rekomendasi om herry mending beli xiaomi mi a1 atau Asus Zenfone 3 ZE552KL ?
    kelebihan dan kekurangan masing2 apa ?

    1. Pak Rully Galuh,

      Tergantung kebutuhan.
      * Untuk foto-foto, kamera belakang lebih bagus Mi A1, sedangkan kamera depan lebih bagus ZE552KL.
      * Untuk merekam video, ZE552KL lebih bagus.
      * Mi A1 termasuk Android One dan dijamin dapat update sampai Android P.
      * Daya tahan baterai lebih unggul ZE552KL.
      * Harga Mi A1 lebih murah daripada ZE552KL.
      * Mi A1 dibekali remote control.

  27. Om, mau tanya.
    Kabel USB Android yg kuat dan baik untuk transfer data dan charger cepat merk apa y? (Seperti anker) tp yang rada murah.
    Kira-kira merk apa y om?
    Dan belinya dimana?

    Terima kasih om..

    1. Pak Leno,

      Seperti Anker, tapi agak murah? Silakan mencari merek Aukey atau Tronsmart. Di Blibli dan Bukalapak banyak yang jual deh.

  28. Pak HSW saya pemakai Xiaomi redmi Note 4 ram 4GB resmi TAM syukurlah saya cukup puas
    Karena baterai super awet
    Dan barangnya langka sekarang tambah puas lagi batin saya hehe

    Kalau MiA1 cuma menang di kamera., dibanding xiaomi redmi note 4
    Baterai kalah juga.

    Makasih pak

    1. Pak Wahyu Solo,

      Cara memilihnya memang seperti yang Anda sebutkan. Lebih mengutamakan kamera, ambil Mi A1. Lebih mengutamakan baterai, ambil Redmi Note 4.

  29. Saya pengguna aplikasi Strava yang mencatat history kecepatan dan rute saat saya bersepeda. Saat ini saya pakai iPhone 5 untuk aplikasi tersebut dan puas, tidak ada jalur yang hilang atau loncat atau keluar dari jalan yang saya lewati, dan speed juga akurat. Yang saya tanyakan, saya bingung memilih antara Xiaomi A1 atau G5s, mengingat G5s absen dalam hal kompas. Apakah kompas sangat berpengaruh untuk aplikasi seperti Strava? Sebagai gambarannya Strava seperti Endomondo atau Nike Run. Saya takut kalau beli G5s nanti malah kurang akurat untuk data di Strava, sebab saya suka sekali bersepeda dan Strava sebagai app untuk monitoring latihan saya.

    Kemudian yang saya sayangkan tidak ada di A1 adalah NFC. Tapi suka dengan A1 karena pure Android (saya pengguna iOS dari tahun 2009 sehingga suka dengan update dan originalitas).

    Mungkin bisa dibantu saya untuk menentukan pilihan?

    1. Pak Arya,

      Belum ada ponsel bernama Xiaomi A1. G5s yang dimaksud ini ponsel apa ya? Mungkin yang Anda maksud adalah Xiaomi Mi A1 dan Motorola Moto G5s Plus ya?

      Saya tak pernah memakai Strava atau aplikasi sejenis. Jadi, tak tahu kalau dipadukan dengan ponsel tanpa kompas akan bermasalah atau tidak.

      Kalau melihat kebutuhan Anda, mestinya Mi A1 lebih cocok deh.

    2. Bantu kasih saran aja pak. Kebetulan saya juga dulu lama pake iOS. Kalau suka pakai iOS pasti suka pakai Xiaomi, karena MIUI walaupun based nya android tapi UI nya sendiri malah condong ke iOS style (Tidak ada dedicated app drawer, ada touchball seperti assistive touch di iOS, dsb). Untuk update juga stabil karena update mereka biasanya ada weekly yg developer version, sebelum yg stable release secara periodik. Sebagai gambaran Xiaomi Redmi 1S release an 2014 masih dapat MIUI update sampai sekarang. Update MIUI sendiri belum tentu naik base Android, tp biasanya ada penambahan fitur dan bug fix selain security patch update.

      Saya sendiri baru tertarik pakai android setelah pakai MIUI. Kalau stock android sebenarnya justru kelihatan sangat plain pak kl dibanding ke MIUI. Memang minim bloatware dan update jg lbh cepat release. Semoga membantu pak.

  30. Pak Herry, mau nanya kalo disuruh milihi Xiaomi Mi A1 sama Zenfone 4 Max Pro milih mana? dr segi kamera da performa..makasi

    1. Bu Niken Ayuningtyas,

      Cara memilihnya sederhana. Kalau Anda mengutamakan kamera, ambil Mi A1. Kalau Anda lebih mementingkan daya tahan baterai, pilih Zenfone 4 Max Pro.

    1. Pak Abdil,

      Harga mirip itu kan terjadi saat Moto G5s Plus masih pre-order. Harga normal ponsel itu belum dirilis. Kemungkinan akan berbeda signifikan.

      Btw, dua ponsel itu akan saya review sih.

      1. Padahal launching nya sendiri heboh sampe disiarkan di 9 TV nasional (menurut artikel ini: https://www.droidlime.com/artikel/vivo-v7-plus.html). Udah pake layar fullvision spt Samsung S8 dan LG Q6, procie yg dipake udh yg terbaru (snapdragon 450), dan merknya udh jadi sponsor utama piala dunia sampa dua edisi kedepan.
        Btw saya bukan sales ataupun promotor Vivo lho ya, karena launching heboh itu tadi jadi saya bertanya ke koh Herry tentang itu.. :D:D

        1. Pak You,

          Peluncurannya asli heboh banget. Di beberapa kota juga ada acara nonton bareng di hotel berbintang lho.

          Pada 8 Oktober 2017, Agnez Mo akan datang ke WTC Surabaya.

  31. Pak Herry, gmn perbandingan secara umum antara Xiaomi Mi A1 dengan Lenovo P2 Turbo? Perbandingan antara harga dan apa yg didapat. Mn yg lbh worthed?

  32. koh.. mau tanya
    kalau hape di bawah 1jt yang bagus kira2 apa ya? layar 5inc.

    kemudian hape:
    1. lenovo k6 note.
    2, xiaomi redmi note 4
    mana lebih layak beli?
    hehehe makasih banyak ko..

    1. Pak Rey,

      * Saya tak berani memberikan rekomendasi.

      * K6 Note saya tak pernah coba. Asalkan tidak membutuhkan kamera bagus, Redmi Note 4 layak banget dibeli.

  33. Om HSW, mau minta saran..
    Saya pakai mi4i udh 2th lebih dikiit.. so far puasss bgt meski sekarang ngrasanya udh berasa tdk segegas dulu padahal aplikasi udah saya kurangi sesuai kebutuhan aj yg saya install. Kebutuhan saya ukt kelola olshop dan kerjaan lewat medsos dan media chat (grup wa yg saya ikuti banyak bgt n aktif semua).
    Kalau saya berganti ke mi A1 ini apa akan lebih gegas lg ya dr mi4i?

    Makasih om pencerahannya,

  34. Maaf Pak OOT denger denger Nokia HMD Global sudah resmi beredar di Indonesia ya? Berarti Seri Nokia 3,5&6 tapi kok sepi sepi aja ya? Apakah termasuk dalam daftar antrian yang diuji? Terimakasih sehat selalu Pak HSW

    1. Pak Al,

      Terus terang saya agak bingung dengan strategi Nokia. Pada 14 September lalu mereka mengadakan acara peluncuran. Namun, di acara itu, mereka cuma menyebutkan kalau akan memasarkan Nokia 3, 5, dan 6 di Indonesia. Nokia 3 disebutkan akan dijual mulai Oktober 2017 dengan harga Rp 1,899 juta. Sedangkan Nokia 5 dan 6 berstatus segera. Tak ada informasi harga.

      Sudah. Itu saja. Sampai detik ini, Nokia 3 bergaransi resmi belum bisa ditemukan di pasar.

      Jadi, kalau sepi-sepi saja, ya itu wajar. Saya tertarik menguji pakai yang Nokia 6.

  35. Pak HSW,sesuai dengan saran bapak saya beli LG G5 SE sampai sekarang lebih dari satu minggu pemakaian saya merasa puas dengan kinerja hp tersebut juga kameranya walau baterainya relatif kecil tapi dengan pemakaian saya yang hanya brosing dan sosmed serta kadang foto foto,baterainya bisa bertahan sampai seharian apalagi fitur fast chargingnya bikin cepat pengisian baterai.terima kasih pak atas sarannya.saya mau tanya berapa lama kita harus ganti hp lagi?apa ada jangka waktu tertentu bagi sebuah hp?kl bikin foto bokeh di LG G5 SE gimana pak?maaf kalau kebanyakan

    1. Pak Taufiq,

      Kapan harus ganti ponsel lagi? Bergantung kebutuhan Anda. Kalau Anda merasa ponsel lama masih memadai, tak perlu ganti ponsel.

      Untuk menghasilkan foto bokeh di G5 SE, pastikan jarak antara kamera dan objek yang akan difoto cukup dekat, sedangkan jarak objek yang difoto dengan latar belakangnya relatif jauh. Semakin kecil objek yang difoto, tetapi jangan superkecil ya, peluang mendapatkan bokeh akan lebih besar.

  36. Koh Herry, kira2 apa ada rencana untuk mereview hp NOKIA 5, MOTO E4/E4 POWER, MOTO G5S PLUS dan LG Q6?
    O iya, akhir2 ini knp Koh Herry agak jarang nulis review, gak seperti dulu yg relaltif cukup sering setidaknya 1x seminggu pasti ada tulisan baru. Hehehe

    1. Pak Roni,

      Nokia 5: belum diputuskan.
      Moto E4: pasti tidak.
      Moto E4 Power: memangnya ada ponsel bernama itu?
      Moto G5s Plus: ya.
      LG Q6: ya dan sudah saya unggah ke blog.

      Benar. Akhir-akhir ini saya jarang mengunggah naskah baru. Kebetulan sejak pertengahan Agustus sampai akhir September 2017 jadwal saya ke luar kota sangat banyak. Seperti biasa, saat di luar kota, jadwal tergolong padat sehingga tak sempat menguji pakai dan mengetikkan ulasan ponsel.

      Bulan ini seharusnya review dan tanya jawab mulai kembali normal.

    1. Bu Prita,

      Hmm… tak ada ponsel bernama Xiami Mi A1 deh.

      Mungkin yang Anda maksud Xiaomi Mi A1 ya? Kalau iya, fitur perekam videonya kalah mantap dibandingkan ZE552KL. Kalau F3 saya tak pernah pakai.

    1. Pak Ancas,

      Yang pernah saya uji pakai: belum ada yang benar-benar pas. Yang paling mendekati sih Xiaomi Redmi Note 4.

      Sepertinya Lenovo P2 Turbo memenuhi kriteria Anda. Saya bilang sepertinya karena saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

  37. Reviewnya akan meluncur kapan nih koh penasaran nih.
    Sama selama pemakaian sudah ada update belum koh kan xiaomi terkenal akan update romnya yang berkala bahkan untuk tipe keluaran lamanya.

      1. Ditunggu koh untuk reviewnya
        Kalau tanpa melihat dari kualitas kameranya lebih baik pilih mana koh antara mi a1 atau redmi note 4?
        Apakah redmi note 4 versi 4/64 juga resmi koh yang dipasaran

        1. Pak Deka,

          Kalau tanpa melihat kamera, ya mending Redmi Note 4. Harga lebih murah dan daya tahan baterai lebih lama.

          Ya, Redmi Note 4 varian 4/64 beredar resmi di sini.

          1. Kalau redmi note 4 versi 4/64 yang resmi bisa dibeli dimana ya koh?
            Soalnya di webnya xiaomi sama di lazada adanya yang versi 3/32.
            Saya posisi di Jakarta

          2. Pak Deka,

            Di Erafone dan toko ponsel biasa. Namun, stok sering sekali kosong. Seandainya ada, pemilik toko perorangan biasanya mematok harga di atas harga ritel resmi.

  38. Pak herry SW
    sebenarnya sistem atau software seperti xiaomi ini rawan atau tidak ya?
    maksud saya kebetulan saya sudah memakai mi4i selama 3th, kemudian karena kmrn gagal update hp sudah tidak bisa digunakan lagi (walaupun masih nyala dengan tulisan update failed *kayaknya) dan kemarin saya bawa ke service center ternyata kena mesinnya
    rencana saya mau cari hape lain drpd beli mesin untuk mi4i, nah apakah hape seperti itu rawan ataukah juga bisa terjadi di hape2 yang lain?
    walaupun hp jenis xiaomi termasuk hape murah dengan kualitas bagus, klo dibanding dengan samsung yang harga jauh lebih malah apakah lebih aman dari kerusakan software / gagal update nya?
    saya dapat info dari petugas CS Xiaomi klo sebaiknya dihindari untuk pembaharuan sistem karena memang resiko bisa terjadi kerusakan software atau gagal update.
    padahl saya tidak pernah update semenjak pake xiaomi, kemudian hp saya mulai hang dan saya terpaksa update lalu normal kembali, lalu untuk kedua kalinya update lagi dan gagal..

    1. Bu Noor Puspita,

      Gagal update adalah hal yang biasa terjadi di ponsel. Hal itu bukan hanya dialami ponsel Xiaomi. Merek lain juga kok.

      Kalau Anda gagal update, lalu setelah dibawa ke pusat perbaikan resmi ternyata divonis mesinnya kena, menurut saya, kondisi tersebut bersifat kebetulan semata.

      Apakah Samsung lebih aman? Nggak juga deh.

  39. Kapan Review Mi A1nya pak Herry SW? Saya sudah lama menunggunya. Oh ya, nanti review hasil fotonya jangan lupa ditempat yang minim cahaya ya pak? Penasaran soalnya.

  40. Koh herry, maaf OOT, saya pny buget 6jt, kmrn lihat di situs online LG V20 dijual 5,9 jt. Kira2 lebih baik saya ambil LG V20 atau Xiaomi Mi 6 ya mengingat Mi 6 jg dijual segitu, klo soal garansi resmi saya abaikanlah?
    Trus adakah rekomendasi lain dr ko herry di rentang harga segitu?

    1. Pak Okta Tjoa,

      Karena saya tak mau merekomendasikan ponsel tanpa garansi resmi, ya berarti LG V20 menjadi pilihan terbaik.

  41. Maaf keluar topik pak herry. kira kira dengan dana maksimal 2,5jt hp apa yg layak beli .
    Kamera bagus terutama kamera depanya hehe .
    Ram minimal 2gb , memory internal lega dan yg paling penting tahan banding . Tahan banting dalam artian hp nya sering di pake maen game sama anak balita nya . Otomatis sering ke jatuh lah walopun dalam ketinggian rendah .
    Kira kira hp apa yah pak herry ?
    Yang agak jadul juga gapapa kok , biar murah tapi dapet spek nya bagus hehe .
    Makasih ya pak , sukses selalu .

    1. Pak Pardo,

      Tak ada yang berani saya rekomendasikan. Selain suka menjatuhkan bahkan melempar ponsel, anak balita tak jarang mengulum (Jawa: mengemut) ponsel. Nah… itu yang repot, Pak.

        1. Pak Pardo,

          Silakan melirik Asus Zenfone 3 ZE520KL bekas. Dengan harga segitu, mungkin akan dapat unit yang garansi resminya sudah habis dan kondisi fisik tidak sangat mulus.

  42. Koh saya cari info ttg mi a1 di erafone seluruh sby kenapa ga ada penjelasan tgl 6 tersedia apa ngga, udah 4 hari saya usaha telpon erafone sana sini sampe ke erafone Kediri dan malang, knp susah bgt ya koh untuk sekedar cari info nya ?

    1. Pak Henry Hill,

      Mungkin petugas belum mendapatkan update dari kantor pusat.

      Pada 6 Oktober 2017 Mi A1 akan tersedia di Erafone Surabaya, tetapi:
      * jumlah persediaan sangat terbatas, dan
      * mungkin tidak semua gerai mendapatkan alokasi stok.

      Saran saya, pagi-pagi lebih baik meluncur ke Erafone yang berada di Mal Galaxy Surabaya.

  43. Koh HSW, kapan xiaomi mi a1 di jual di toko erafone? (Misal erafone WTC). Saya bingung, karena d blog ada yg bilang tanggal 6, trus ada juga yg bilang tanggal 9/10. Mana yg benar koh?
    Misal beli, terus ada biaya tambahan gimana koh? Itu pungli apa memang harus bayar buat garansi? (Takut sama seperti kasus kasus di atas)

    1. Pak Robbimanto,

      Mungkin petugas belum mendapatkan update dari kantor pusat.

      Pada 6 Oktober 2017 Mi A1 akan tersedia di Erafone Surabaya, tetapi:
      * jumlah persediaan sangat terbatas, dan
      * mungkin tidak semua gerai mendapatkan alokasi stok.

      Saran saya, pagi-pagi lebih baik meluncur ke Erafone yang berada di Mal Galaxy Surabaya.

      Oh ya, harganya Rp 3,099 juta dan jangan mau diminta membeli apa pun yang berakibat kepada penambahan harga. Kalau sampai karyawan yang melayani Anda melakukan hal itu, catatlah nama karyawan itu. Jangan lupa catat pula waktu dan lokasi Erafone yang Anda kunjungi.

  44. misi pak HSW, mau tanya perbedaan yg signifikan antara Xiaomi redmi note 4 dan xiaomi miA1 apa ya? kox kyak sebelas duabelas keduanya

    1. Pak Agung P,

      Sederhana saja. Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, ambil Redmi Note 4. Kalau Anda lebih mementingkan performa kamera, ambil Mi A1.

  45. Selamat sore om herry sw
    Sedikit curhat tentang si mi a1 , “barang flash sale rasa offline”
    Knapa saya bilang gitu , karena saya hingga saat ini mi a1 yang saya beli di flash sale lazada tak kunjung datang , dengan status tracking yng mulai tanggal 2-5 ini masih sama ,, yaitu received at sorting center (jakarta) sedangkan posisi/alamat tujuannya kab.pasuruan , belum di berangkatkan ke kota tujuan ,,
    Sedikit cerita yang menyebalkan ini ,

  46. Ok koh Ty for advice, ini lg mau balik ke sby skr, sy kerja di luar kota, moga2 dpt mia1 nya yg Black besok di galaxy mall,hehehe

  47. Pak Heri, mohon petunjuknya..dengan budget 2 jutaan bagusan mana Xiaomi redmi note 4 3/32 atau Lenovo vibe P1 turbo? Kok harga P1 turbo sekarang turun banyak banget ya? Masih layakkah dipinang? Makasih sebelumnya pak Heri…

    1. Bu Retno Tri,

      Bergantung kebutuhan Anda apa dulu. Secara umum saya lebih condong ke Redmi Note 4.

      Vibe P1 Turbo kan ponsel keluaran lama. Wajar bila turun harga. Apakah masih layak dipinang? Tergantung Anda dapat harga berapa dulu.

  48. Pak Herry, saya mau tanya dong.
    Sebenernya perbandingan pembelian melalui flash sale dan offline itu apa ya Pak?
    Lalu keuntungan dari pembelian secara flash online itu apa? Apakah sudah termasuk garansi resmi?
    Bingung mau beli Mi A1 melalui flash online atau offline

    1. Bu Tessa Widya,

      * Flash sale: biasanya dilakukan secara online. Keuntungannya beragam, bergantung kondisi saat flash sale. Ada yang dapat potongan harga, ada pula yang dapat bonus barang tertentu. Anggaplah tak ada diskon dan bonus pun, flash sale mungkin masih menguntungkan karena bisa mendapatkan barang lebih awal daripada saat penjualan normal.

      * Offline: ya berarti pembelian dilakukan di toko-toko biasa, baik yang di tepi jalan, mal, atau pusat penjualan ponsel. Keuntungannya, usai transaksi Anda langsung menerima barang yang dibeli. Tak perlu menunggu kiriman tiba.

      Asalkan aslinya memang bergaransi resmi, ponsel yang dibeli via flashsale maupun offline ya tentu termasuk garansi resmi.

  49. Baru beli. 3hari, pas coba telpon kaga bisa.. Produk guagal… Nyesel dee gw…. Harus bawa ke tukang siomay servis centre….. Hadehhhh

  50. Bung HSW, mohon infonya
    1. Berdasar pengalaman & testimoni, urutan service center dari yang terbaik dari produsen berikut: Asus, Infinix, Lenovo, Huawei, Oppo, Vivo, Coolpad, Smartfren, Xiaomi, Blackberry, Nokia?
    2. Rekomendasi ponsel layak beli dengan harga saat ini tanpa promo tuk kategori harga 1,5 – 2 juta, dan 2,1 – 2,49 juta, serta 2,5 s/d 3 juta apa ya?
    Terima kasih banyak & sukses selalu

    1. Pak Adrian,

      1. Kalau diurutkan banyak merek begitu bingung deh. Saya kelompokkan jadi empat ya:
      * Lapis pertama (bagus sampai bagus banget): tak ada. Yang ada di sini LG dan Samsung.
      * Lapis kedua (cukup bagus): Asus, Infinix, Lenovo, Huawei, Oppo, Vivo, Smartfren, dan Xiaomi.
      * Lapis ketiga (harus banyak berdoa): Coolpad.
      * Masih misterius karena usai ada pergantian prinsipal atau perwakilan pemegang merek: BlackBerry dan Nokia.

      2. * Xiaomi Redmi 4X.
      ** Xiaomi Redmi Note 4.
      *** Motorola Moto G5s Plus.

      1. Wah, responnya cepat sekali
        1. Artinya tidak ada service center ponsel merek China yang bisa mengimbangi merek Korea ya
        2. Artinya bagi segmen middle-low Xiaomi Redmi 4X adalah pilihan terbaik ya
        OK, terima kasih Bung HSW & semoga ponselmu.com selalu menjadi rujukan bagi penikmat gawai
        Salam sukses

        1. Pak Adrian,

          1. Ya, belum ada.

          2. Ya, di harga kurang dari Rp 2 juta saat ini Redmi 4X menjadi pilihan terbaik. Umpama kameranya juga bagus, wah… komplet banget deh.

          Terima kasih. Amin.

  51. Menyambung pertanyaan sebelumnya, menurut bung HSW diantara produsen berikut: Asus, Infinix, Lenovo, Huawei, Oppo, Vivo, Coolpad, Smartfren, Xiaomi, Blackberry, dan Nokia, manakah yang memiliki komitmen jangka panjang untuk mengelola pasar Indonesia secara berkelanjutan, misalnya ber-aliansi dengan produsen, dan distributor lokal, membangun service center, layanan purna jual, dan sebagainya? Trima kasih

  52. Pagi pak heri. saya ingin beli xiaomi a1 via lazada namun di deskripsi situslazada tertulis layanan garansi tidak berlaku. saya ingin beli namun ragu dengan deskripsi tersebut krn faktor garansi amat penting. mohon masukan nya pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *