Kejutan saat Tukar Kartu 4G LTE Indosat

Kunjungan ke Indonesia Cellular Show (ICS) 2015 di Jakarta Convention Center, kemarin (11/6), sekaligus saya manfaatkan untuk berurusan dengan tiga operator GSM. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Di stan Telkomsel, saya memproses stiker Tcash Tap. Stiker itu normalnya harus diurus di GraPARI, tetapi sepertinya belum tersedia di Surabaya. Masih di stan Telkomsel, saya menikmati segelas minuman racikan Coffee Bean & Tea Leaf yang ditawarkan supermiring. Minuman yang biasanya dibanderol puluhan ribu rupiah itu cukup dibayar Rp 1 via Tcash.

Ketika berada di stan XL, saya menukarkan kartu nano SIM menjadi kartu micro SIM. Selain lebih cepat daripada bila antre di XL Center, penukaran kartu di stan pameran tersebut bebas biaya. Biasanya, penukaran kartu SIM prabayar milik pengguna dengan pemakaian pulsa “rakyat jelata” dikenakan biaya Rp 10.000.

Berikutnya, saya meluncur ke stan Indosat. Niat hati meminang ponsel Wiko Highway 4G yang di dunia maya disebutkan sedang didiskon 50 persen. Namun, sesampai di sana, ternyata promo itu tidak tersedia. Kata penjaga stan, promo yang benar adalah diskon dari Rp 4.499.000 menjadi Rp 3.999.000. Batal deh.

Di salah satu meja, terlihat ada informasi tentang kartu perdana seharga Rp 69.000 yang sudah termasuk paket data 3 GB. Saya pun iseng membeli satu buah. Kepada penjaga stan, saya menanyakan apakah stan Indosat juga melayani penggantian kartu SIM. “Maksudnya replace SIM card ya? Bisa. Silakan ke sana,” jawabnya sambil mengarahkan jarinya ke meja di ujung stan Indosat.

Singkat cerita, saya menukarkan micro SIM lama ke kartu USIM yang sudah mendukung 4G LTE. Saya mengeja nomor Matrix saya. Sebut saja, Matrix A. Petugas bergegas memprosesnya.

Sekitar sepuluh menit kemudian, petugas menghampiri saya dan menyerahkan kartu baru. Ia menyebutkan kalau kartu baru itu akan aktif dalam 1-3 jam. “Kalau sinyal di kartu lama sudah hilang, silakan memasangkan kartu baru,” jelasnya.

Sampai berjam-jam kemudian, sinyal di kartu lama Matrix A itu tetap muncul. Sambil menikmati sepiring nasi capjay dan setengah porsi pangsit goreng di Bakmi GM, saya melepaskan kartu lama, kemudian memasangkan kartu baru. Di layar Xiaomi Mi 4i yang saya gunakan muncul notifikasi kalau aktivasi kartu baru telah sukses. Saya pun memakai ponsel seperti biasa. Dengan paket data bulanan yang aktif, saya memanfaatkan Matrix A itu untuk berinternet.

Adik saya yang berada di Surabaya menghubungi via WhatsApp. Ia melapor kalau nomor Matrix yang dipakainya, sebut saja Matrix B, kehilangan sinyal. “Kenapa ya Indosatku kok sinyalnya hilang sama sekali. HP sdh kumatikan 2x masih begitu,” tulis adik saya di WhatsApp.

Laporan itu saya abaikan. Sebab, buruknya layanan Indosat bagi saya bukanlah hal baru. Memang sering begitu. Kalau layanan Indosat masih prima, Matrix A yang bertahun-tahun saya jadikan nomor utama takkan saya campakkan. Layanan buruklah yang membuat saya menurunkan status Matrix A itu dari nomor utama menjadi nomor cadangan ketiga. Ya, nomor cadangan ketiga. Nomor cadangan pertama dan kedua bukan nomor Indosat.

Waktu panggilan naik ke pesawat masih lama. Dengan menggunakan ponsel Infinix Hot Note X551, saya iseng menelepon nomor Matrix B yang sehari-hari digunakan adik saya. Siapa tahu bisa tersambung. Ponsel berdering. Namun, lho kok yang berdering Mi 4i saya? Padahal, ponsel itu berisi nomor Matrix A dan kartuHalo yang menjadi nomor utama saya.

Eksperimen singkat saya lakukan. Kesimpulannya, telah terjadi kesalahan penggantian kartu. Saya sebenarnya meminta penggantian kartu untuk nomor Matrix A, tetapi proses itu justru dilakukan untuk nomor Matrix B. Dua nomor Matrix tersebut kebetulan atas nama saya.

Setidaknya ada dua dampak dari kejadian tersebut. Pertama, nomor Matrix B telah saya gunakan untuk berinternet. Padahal, di nomor tersebut tidak ada paket data yang aktif. Berarti, saya sempat terkena tarif data ritel alias eceran.

Kedua, adik saya yang sehari-hari memakai nomor Matrix B sebagai nomor utama tak bisa dihubungi selama berjam-jam. Lha kartu fisik Matrix B kan berada di tangan saya. Saya di Jakarta, adik saya di Surabaya. Padahal, nomor Matrix B itu dipakainya untuk urusan pekerjaan.

Adik saya mustahil langsung ke Galeri Indosat untuk meminta kartu baru. Sebab, nomor Matrix B atas nama saya. Untungnya, kemarin tengah malam saya telah mendarat di Surabaya. Seandainya kejutan ala Indosat ini terjadi ketika saya belum segera pulang ke Surabaya, betapa pusingnya adik saya.

 

Menghubungi Call Center

Cerita belum selesai. Karena penasaran dengan kejadian yang merugikan saya dan adik saya itu, saya menelepon call center Indosat di 111. Saya sengaja tidak mengungkapkan kesalahan proses tersebut. Saya ingin mengetes seberapa hebat sistem Indosat.

Kepada petugas yang melayani, intinya saya mengatakan kalau usai menukarkan kartu dan tadi diberitahu kartu lama akan hilang sinyal dalam satu jam. Namun, sampai berjam-jam kemudian, ternyata kartu lama masih bisa dipakai. Petugas kemudian meminta saya menyebutkan ICCID alias nomor kartu SIM (bukan nomor Matrix A) yang saya dapatkan. Petugas itu mencatat informasi yang saya sampaikan dan menyatakan segera menindaklanjutinya.

Berselang satu jam 14 menit, saya menerima panggilan masuk dari +62111. Ya, dari call center Indosat. Penelepon menjelaskan kalau pergantian kartu masih dalam proses. Saya diminta menanti. Seandainya tetap bermasalah, saya dipersilakan datang ke Galeri Indosat.

Saya mencoba menggali informasi tambahan. “Boleh tolong dilihatkan di sistem, apakah yang tercatat ganti kartu benar nomor Matrix A? Sebab, saya memiliki beberapa nomor. Saya khawatir minta ganti kartu untuk Matrix A, tetapi yang diproses justru Matrix B,” tutur saya.

Dengan cepat petugas menjawab, “Yang tercatat sudah benar penggantian kartu untuk Matrix A.”

Ketika saya mengetikkan tulisan ini, nomor Matrix A berfungsi normal dengan kartu lama. Sedangkan nomor Matrix B juga berfungsi normal dengan kartu baru, yang di sistem Indosat tercatat dialokasikan sebagai kartu baru untuk Matrix A.

Luar biasa! Indosat benar-benar sukses memberikan kejutan kepada saya. Kejutan yang sungguh tidak saya harapkan.

70 thoughts to “Kejutan saat Tukar Kartu 4G LTE Indosat”

  1. Oalah pak Herry,klo indoshit mah gak heran..andai nomor saya belum nyebar kemana-mana selama 17 tahun mah dah saya tutup nomer indoshit saya..
    Masih lumayan si merah,tapi kok ya tarif paket datanya mahal..

  2. bisa begitu ya pak? Jadi yang salah sistemnya atau petugas yang menginputnya? Kalau dengan indosat saya pernah punya pengalaman lucu, waktu itu pulsa im3 saya tiba-tiba hilang entah kemana, coba hubungi cs nya malah saya yang disalahkan, katanya ” kalau bapak mau mengisi ulang pulsa kartunya harus dalam masa aktif jangan sesudah masuk masa tenggang, kalau sudah masuk masa tenggang otomatis sisa pulsa hilang ” sebuah jawaban yang cukup cerdas bukan? he,he,he.

    1. Pak Tree,

      Entah kesalahan ada di tahapan mana.

      Soal isi ulang pulsa, zaman dulu banget Mentari memberlakukan aturan seperti itu lho. Ketika masuk masa tenggang, seluruh sisa pulsa lenyap.

  3. Wahh lagi sibuk kencan sama infinix hot note nih, pertanda review bisa lebih cepat dr dugaan? šŸ™‚

    1. Pak Amunes,

      Jadwal review sesuai rencana semula. Kemarinnya itu saya towel-towel Infinix sambil menanti panggilan naik ke pesawat kok.

  4. pengalamn luar biasa mas,
    sy sempat jg pake kartu indosat utk internet.
    tp akhir sy singkirkn krn sinyal ny tak bersahabat. skrng sy pake xl dan telkomsel, lumayan utk kantong pas-pasan.
    xl unlimite 49000 dan as telkomsel paket TAU.

    1. Pak Anggiat,

      XL Unlimited Rp 49 ribu sudah tidak ada lagi lho. Pelanggan baru tak bisa memilih paket itu. Kalau pelanggan lama sepertinya masih bisa melakukan perpanjangan otomatis, asalkan sisa pulsa mencukupi.

  5. Nah, Indosat, masih bisa mengelak? Ayo dong lebih baik lagi. Dan seperti biasa Matrix yang pelanggan setia jadi korban.
    Belum ada tangkisan dan sanggahan Pak?

    1. Pak BeYe,

      Kemarin saya sudah dihubungi oleh petugas Indosat. Masalah saya anggap sudah selesai. Kalau kelak saya ke Jakarta, saya tinggal menghubungi contact person yang disebutkan. Kartu LTE pengganti akan diantarkan kepada saya.

    1. Pak Joko,

      Waks, padahal mengurus revisi e-KTP itu pasti ribet ya. Di KTP saya pun pekerjaan saya masih tertulis Pelajar/Mahasiswa. Padahal, di kartu keluarga tertulis swasta.

  6. Ko herry, mi4i nya di review donk ko..
    kira2 layak beli nggak? Kalau dengan mi note mending beli yg mana ya ko? Hehehe

    1. Pak Hengky,

      Mi 4i memang akan saya review kok.

      Layak beli. Wah, saya belum pernah mencoba Mi Note. Menyentuh pun belum pernah.

  7. kalimat terakhir sangat ‘berkelas’ Pak Herry … hehehe . Setiap membuka blog ini selalu menambah pengalaman… terima kasih Ko šŸ˜€

  8. kebiasaan memindahtangankan barang tanpa balik nama,
    padahal barang tersebut sudah tercatat atas nama,
    itu bisa menjadi dalih indosat Pak Herry

    hehehe

  9. XL unlimited 49k sudah tidak ada benar om, diganti dengan paket worry free 50k yg unlimited juga tapi tidak jelas FUP berapa

    Untuk mi4i sementara ini dengan Firmware terbaru masih dibawah ekspetasi saya, lag nya lumayan kerasa dan beberapa App mengalami anomali saat dipake, bahkan keyboard bawaan SwiftKey rajin FC berkala malah lebih smooth dan lancar lenovo a7k. Semoga ke depan diperbaiki lagi

    1. Pak Daniel Vincent,

      Oh, sekarang ada paket Worry Free ya.

      Ya, Swiftkey masih ruti force closed sendiri.

  10. Saya pakai nomor Mentari Indosat sejak tahun 2002. Tetapi sejak tahun 2010 saya menjadikannya nomor kedua karena kinerjanya yang melorot drastis di tahun itu, nomor utama saya menjadi operator merah.

    Ternyata sejak tahun 2014 saya memilih operator biru sebagai nomor utama karena menurut saya lebih murah dan lebih bagus kinerjanya, sedangkan nomor merah jadi opsi kedua, dan nomor Mentari melorot lagi jadi opsi ketiga.

    Memelihara 3 nomor sungguh melelahkan, namun setidaknya saya punya lebih banyak opsi untuk menghubungi orang lain dengan ketiga nomor tersebut. Huehueheu…..

  11. pengalaman serupa berupa kejutan itu pernah saya alami juga bertahun yg lalu karena waktu itu nomor utama saya dari si kuning yg akhirnya bikin saya benar2 kapok dan segera berganti warna menjadi merah memang sih paket datanya paling mahal tp jg bisa diandalkan dari yg lain oya skrg iklannya jg menggila lewat sms,mms jg di web hmm…

  12. Wah..jadi ingat pengalaman saya dengan indosat juga pak..
    Beberapa waktu lalu saya membeli kartu perdana yang ada kuota internet 3gb nya dan tidak langsung dipakai karena kuota kartu yang lama masih ada..
    Waktu saya mau pakai kartunya, ternyata selalu gagal diregistrasi.. Saya mendatangi indosat ccs dan setelah diperiksa sekitar 10 menit katanya kartu saya sudah hangus tidak bisa dipakai..
    padahal jelas tertera di belakang kalau paling lambat diaktifkan 30 juni 2015..Petugas ccs nya saat ditanya tidak tahu alasannya dan bilang kalau program kartu perdana 3gb sudah tidak berlaku lagi..aneh..

  13. Kalau nomer indosat belum nyebar ke temen dan kolega sudah saya buang juga ini. Meski nomernya cantik (6 digit terakhir sama). Pernah iseng beli perdana im3 yg paket 6 GB, baru kepakai 200 MB sudah saya buang kartunya. Soalnya BBM, WA, dll pendingnya ndak ketulungan. Akhirnya balik pakai si merah. šŸ™‚

  14. Saya sering baca blog ini krn bermanfaat sekali menurut saya..&saya anggap ko herry sdh berpengalaman sekali mengenai ponsel,jadi Saya butuh saran dari ko herry.
    Saya lagi cari smartphone android harga dibawah 1juta yg bisa dipake fb,bbm,browsing&line yg tidak lemot&kapasitas bateraix bertahan lama minimal 8jam dgn pemakaian aktif coz saya pedagang online jadi paket data hrus sering on.
    Skrg saya pake mito fantasi selfie a18 tapi ampun deh coz harus sering dicolok charger krn dipake 2jam aja uda low.
    Saya bingung milih antara sony experia E1 single sim,LG(yg harga dibwh 1juta,saya lupa tipex),nexian journey 1,acer liquid z205&acer liquid z4..tolong kasih masukan ya ko.terima kasih sebelumx šŸ™‚

    1. Bu Nurafni,

      Dengan kebutuhan seperti itu, idealnya Anda memakai ponsel berspesifikasi tertentu yang harga jualnya mulai Rp 2 juta. Namun, karena anggaran mungkin belum tersedia, tak masalah. Saya coba berikan saran maksimal berdasarkan anggaran yang tersedia. Kelak bila dagangan online Anda sudah laris manis, Anda baru melirik ponsel yang spesifikasinya lebih mantap.

      Di antara aneka tipe ponsel yang Anda sebutkan, menurut saya, Nexian Journey 1 sebenarnya yang paling tepat. Masalahnya, harga Journey 1 baru dan bergaransi lebih dari Rp 1 juta. Kalau Anda bisa menambahkan anggaran, silakan ambil ponsel itu.

      Sebaliknya, bila Anda tetap mencari ponsel Android dengan harga kurang dari Rp 1 juta, pilihannya ya berarti Acer Liquid Z205.

  15. Kebetulan saya pelanggan indosat, ikutan urun opini alias numpang curhat ya pak..
    Saya sendiri merasa akhir-akhir ini indosat semakin payah.. Mulai dari pulsa terpotong padahal kuota paket internet masih banyak (walaupun setelah komplain akhirnya di refund.. tapi gak tau deh yg nggak komplain pulsanya dikembalikan jg atau tidak), kasus kuota internet jadi minus (ajaib luar biasa), kuota paket disunat (seumpama dibarengi dengan perbaikan kualitas layanan masih oke lah, lha ini layanan tambah parah..)

    Oh iya satu lagi, kapan hari pas saya browsing tiba-tiba dialihkan ke halaman iklan (saya cek ip address nya punya Indosat) yg sangat berpotensi menguras pulsa pelanggan.. Mungkin karena sekarang orang sudah semakin aware dan hati-hati dengan layanan premium content yg menggunakan SMS / USSD (kode *angka#) jadi sekarang modusnya ganti lebih canggih.

  16. Terima kasih saranx ko herry šŸ™‚
    Kualitas nexian,sama g dengan mito yg sering memancing emosi krn kan sama2 ponsel lokal šŸ˜€
    Saya trauma dgn ponsel lokal gara2 mito ini blm sampai setengah tahun uda byk minusnya.
    Saya agak tertarik dgn sony e1 tpi ram nya msh 512mb sdgkan motorola sayangnya produk zion*s
    šŸ™

    1. Bu Nurafni,

      Masih mendingan Nexian daripada Mito deh. Selama pakai Nexian, saya belum pernah mengalami ponsel rusak dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam. Kalau selama pakai Mito, saya tiga kali mengalami ponsel bermasalah dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam.

  17. kesimpulannya, CSO Indosat tsb ‘ter-la-lu’ šŸ™‚
    klo cuma diminta ganti kartu utk produk A, masa pake acara ‘ngelirik’ produk B juga?
    ya ga heran jadi salah masuk kamar itumah…
    yg harusnya dicomot nomor-seri kartu SIM produk A (yg mana juga tercantum di fisik kartu SIM-nya), koq malah nyomot yg cuma tercantum di database? dan milik produk B lagi!

    yg jadi pertanyaan, apakah pak herry juga menyerahkan fisik kartu produk B tsb juga ke tangan si CSO? kalau ya, berarti salah comot dia. BTW, Matrix itu pasca-bayar ya? koq bisa nomor anda yg lain utk produk yg berbeda tercantum dlm satu database, kec. anda terlalu jujur isi info utk registrasi prabayar (kalau pasca bayar emang wajib jujur spt daftar ke TELKOM layaknya).maka sulit percaya provider bisa ngumpulin nomor2 Matrix anda dlm satu tempat, kec. layanan pasca-bayar.

    FYI, nomor seri SIMcard hanya nunjukkin nomor seri SIMcard tsb, bukan nomor telpon yg melekat/assigned ke SIMcard tsb. ini sebabnya anda masih bisa ganti kartu baru dgn nomor lama kesayangan anda, krn ini cuma soal “sotware relinking” semata. Nomor seri kartu yg baru (jauh lebih panjang jumlah digitnya drpd nomor telpon yg terkait dgnya) akan di-relink ke nomor telpon lama anda, shg reference ke no telpon favorit anda akan menggunakan nomor seri kartu SIM baru tsb, bukan ke nomor seri kartu SIM yg lama.

    Di jewer aja ko Herry CSO tsb, koq nekat nyomot produk yg lain, padahal perintahnya sudah jelas. Jadi yg disimpan di kartu SIM itu cuma nomor seri kartu SIM dan no telpon relasinya dan bisa diubah relasinya scr software oleh siapapun, ga harus providernya sendiri. Yg penting sistem mereka tau ada perubahan relasi akibat pergantian kartu dan diijinkan mereka. shg mereka bisa update database mereka dan relinking dgn kartu baru yg anda dapatkan – Karena ketika anda melakukan call yg terjadi adalah anda cuma mengirimkan nomor seri kartu SIM anda ke provider dan database mereka akan menunjukkan no telpon yg terkait dgnnya .dan meneruskannya ke ponsel target shg yg terbaca adalah no telpon asal bukan nomor seri kartu SIM-nya. Klo ga ada sistem /fitur’relinking’ nomor seri kartu SIM ini maka kartu yg hilang akan otomatis menghilangkan no telpon anda sekalian dan ga bisa itu yg namanya “ganti kartu dgn nomor telpon lama yg sama” dan recycle kartu2 SIM yg ‘hangus’.

    Hope it’d help!

    1. Pak FlippinSide,

      Kartu lama Matrix A tetap di tangan saya. Petugas Indosat lalu memberikan kartu baru untuk Matrix A, yang ternyata isinya Matrix B.

      Kalau kartu lama Matrix B sama sekali tidak diminta oleh petugas. Bahkan, kartu lama Matrix B saat itu berada 700-an kilometer dari tempat saya duduk.

      Nomor prabayar yang rutin saya gunakan memang saya registrasikan dengan benar. Identitas saya isikan dengan tepat dan akurat.

  18. Hehehe parah juga ya ternyata.
    Berarti mito saya lumayan lama bertahan walaupun sdh byk minusx.kalo nexian,saya kurang sreg krn ade saya pernah pake nexian,g bertahan lama.
    Oya ko kalau sony xperia e1 dibanding acer liquid z250,yg mana lebih bagus?dari segi gegas&baterainya.
    Sekedar info,untuk aplikasi saya cuma butuh facebook,line&bbm(ada 4 grup)

    1. Bu Nurafni,

      Liquid Z250? Wah, saya tak tahu. Kalau yang dimaksud Liquid Z205 vs Xperia E1, keduanya relatif setara. Liquid Z205 sedikit lebih oke.

      Nah, dengan kriteria yang Anda sebutkan: Facebook, Line, dan BBM (ada empat grup), idealnya Anda membeli ponsel dengan spesifikasi minimal prosesor quad core dan RAM 2 GB.

  19. Ralat,maksud saya acer liquid z205 vs sony xperia e1 ko herry..selain dri segi gegas&baterai,diatara 2 merk tersebut,mana yg lebih tahan lama ko?
    Oya saya browsing2 di google,katanya sony xperia e1 II bakal masuk ke indonesia ya ko?
    Spesifikasinya mantap banget saya lihat.
    Jadi tertarik pengen nunggu itu aja,tp tentunya harus nabung dulu šŸ˜€

    1. Bu Nurafni,

      Pertanyaan pertama sudah terjawab ya. Relatif imbang kok. Karena Liquid Z205 lebih murah, ambil itu saja.

      Xperia E1 II? Wah, saya malahan baru dengar.

  20. ko Herry,sekedar info atas percakapan komentar di atas. Barusan saya cek internet unlimited XL di no XL saya,bahwa internet Unlimited Rp 50rb/30 hr msh ada. Sebelmnya (1-2 bln lalu) mmg saya pernah cek & yg ada unlimited Rp 100-150rb/bln. Tapi mungkin karena mendapat respon,akhirnya kembali Rp 50rb/bln.
    Demikian info yg ingin saya sharing utk pembaca ko Herry.

  21. Pak Chely, paket unlimited 50rb itu namanya paket Worry-Free, saya barusan cek di kartu XL saya. Hanya saja ketentuan FUP nya masih belum diketahui. Kalo paket unlimited yg lama harganya 49rb dg kuota FUP 2 giga sebulan, dan kuota FUP hariannya 200 Mb, info ini saya dapat dari CS XL dulu ketika paket unlimited 49rb itu masih ada.

  22. Salam kenal Ko. Saya mau tnya , baru pakai android nih asus zenfone 2, enaknya pakai kartu apa ya untuk langganan inet unlimited dan harga terjangkau? saya sih ada 2 nomer, 1 indosat, 1 three . Ada ide Ko?

    terimakasih sebelumnya Ko..

    1. Pak/Bu Era,

      Salam kenal juga.

      Beda lokasi bisa beda prestasi. Nah, saya tak tahu di area Anda beraktivitas yang bagus layanan internet operator apa. Hal lain yang perlu diketahui, saat ini tak ada layanan internet unlimited yang benar-benar unlimited. Setelah melewati batas pemakaian tertentu, kecepatan data akan dicekik menjadi jauh lebih rendah, bahkan kadang nyaris tak bisa dipakai (hanya 1 kbps).

  23. Om Herry,
    kalo boleh tahu, daftar 3 besar Om Herry untuk operator yang digunakan sehari-hari apa ya Om? Telp murah, internet murah, cs OK. Kan katanya Indosat masuk daftar no. 3 ke no cadangan Om.. Cadangan aja udah sedih Om, ini nomor 3 lagi.. aduuhh.. hehe..

    1. Pak Bayu,

      Wah, kalau mau yang telepon murah, internet murah, dan CS juga oke, jawabannya nggak ada yang sesempurna itu deh.

      Pemakaian saya biasanya begini:
      * Untuk menerima telepon: Telkomsel. Area layanan yang luas menjadi pertimbangan utama saya. Layanan Telkomsel biasanya relatif stabil. Buat cadangan, saya pakai XL dan Indosat.

      * Untuk berinternet: 4G LTE Telkomsel.

      * Untuk telepon keluar: Tri.

  24. koq saya sebaliknya ya… indosat itu paketnya murah dibadingkan telkomsel, yang tarif paket data di bandrol dengan tarif saat membeli bisa berbeda, suka2nya aja dan selama saya pakai indosat baik-baik aja.

    1. Pak Trihayya,

      Bisa jadi lokasi Anda belum termasuk area layanan 4G LTE Indosat. Sama dengan yang terjadi di rumah saya.

  25. Pak , apakah kartu im3 4g lte bisa bwat smsan atau telepon , mohon balasanya mksih pak .
    Trus saya mau usul apakah kelak paketan kartu 4glte akan mahal sperti 3g pak .?

    1. Pak Imam,

      Bisa.

      Paket 4G LTE sejauh ini masih sama dengan 3G. Dengan berbagai hitung-hitungan, mestinya operator lebih berpeluang menawarkan tarif internet 4G LTE yang lebih murah. Syaratnya, wajib selalu berada di jaringan 4G LTE dan dibundel dengan konten tertentu.

  26. Mahal paketnya, mending beli mentari yang 3gb/ bulan selama 6 bulan.

    Kalo beli m3 baik itu 3g/ 4g harganya mahal. Misal, paket 2gb sudah termasuk paket super wifi. Jadi kalo kita gak pake super wifi sama juga rugi. Yang kita dapat bukan 2gb tapi malah kurang dari itu, soalnya dipotong kuota super wifi.

    M3 4g memang lebih cepet larinya, tapi juga sering rto. Kalo urusan data memang lebih condong ke mentari daripada m3. Buat apa bisa lari lebih cepat kalo nantinya malah gas pol rem blong.

    Ini saya juga lagi pake m3 4g. Aduh… nyai…larinya letoi ihh…

  27. Kok saya kebalikan ya? Saya pakai M3 prabayar sejak Januari 2012, tadinya nomor ke-2 karena nomor pertama Halo. Kebelakangnya Sinyal telkomsel gampang putus, di dalam rumah sinyal telkomsel menghilang… padahal biasanya ada 2-3 bar. Akhirnya naiklah M3 jadi nomor utama tapi internet saya tetep pake XL.

    Setelah era 4G saya coba ganti kartunya dan gunakan indosat 4g sebagai jalur data di handphone, wah terasa sekali nikmatnya ga pakai bengong bengong RTO ala Halo dan XL šŸ˜€

    Entah kenapa… yang pasti kalo ditanya puas apa nggak pake Indosat? saya jawab puas banget šŸ˜€

  28. Numpang tanya nih ko herry, saya pake im3 prabayar kalo upgrade u-SIM 4G paketan SMS saya ilang gak ya? Soalnya sayang klo ilang banyak banget masih sisa paket smsnya di *555*1#

    1. Pak Muhsin,

      Berarti, data kontak Anda tersimpan di kartu lama.

      Kartu lama Anda apakah diminta oleh petugas di kantor layanan? Kalau iya, tidak ada solusi lagi.

      Kalau kartu lama Anda masih Anda pegang, pasangkan kartu itu ke ponsel, lalu copy-kan data kontak dari kartu SIM ke memori ponsel.

  29. Ya sekedar share minggu lalu sempat ke gerai indosat kayun dengan mengantri hampir 1/2 hari mau apply matrix pascabayar dengan paket double quota 6GB disemua jaringan dan bonus 20GB di jaringan 4G only. awalnya saya request 10 digit atau 11 digit. diinfokan 11 digit habis dan sisa 12 digit dan 10 digit. Akhirnya pilih 10 digit dengan nomer 081-652-1334. selesai mengisi formulir dan fotocopy ktp serta data-data yang lain dijanjikan akan dihungi pihak CS indosat untuk pengaktifan nomer tersebut. Besok sore dihubungi CS indosat kalau nomer tersebut tidak bisa dipakai diaktifkan dengan alasan nomer tersebut hanya khusus untuk paket internet dengan kuota corporate. Padahal waktu apply halo dan xplor lancar-lancar saja dan mulus. jadi kapok pakai indosat.

  30. Pak HSW,
    Jadi kartu Pak HSW pascabayar semua ya termasuk halo, matrix dan xplor. Apakah benar kartu pascabayar mendapat prioritas dalam konektifitas jaringan internet dan kejernihan pangilan voice dibandingkan prabayar baik itu operator telkomsel, indosat dan xl. karena saya pernah coba pakai halo dengan gagdet samsung note 4 jaringan 3.5G update aplikasi bisa mencapai speed 2.3Mb/s di lokasi babat-lamongan. Dan speed tertinggi selama pakai internet mobile waktu di kawasan mirah tanjung perak mencapai angka 5.7Mb/s dengan modem smartfren M2S. semua angka speed tersebut diukur pakai internet speed meter yang berbayar.

    1. Pak RC,

      XL saya prabayar. Indosat dan Telkomsel yang pascabayar.

      Secara resmi tak pernah ada jaminan kalau nomor pascabayar mendapatkan semacam prioritas. Namun, dari hasil pengujian pribadi, realitanya terasa ada prioritas, terutama terkait layanan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *