Kenapa Servis di Tempat Resmi Mahal dan Lama

Setelah berinteraksi dengan pusat perbaikan resmi ponsel, seringkali muncul pertanyaan di benak konsumen. Mengapa biaya perbaikan di pusat perbaikan resmi lebih mahal daripada di tempat servis biasa? Mengapa proses perbaikannya lama? Mengapa ponsel yang rusak harus dikirimkan ke Jakarta?

Supaya terang benderang, mari kita membahasnya satu per satu. Kita mulai dari yang pertama. Mengapa biaya perbaikan di pusat perbaikan resmi lebih mahal daripada di tempat servis biasa? Dalam kasus ini, anggaplah masa garansi resmi ponsel telah berakhir dan diperlukan perbaikan plus penggantian suku cadang.

Penyebab utamanya ada dua. Pertama, suku cadang yang digunakan oleh pusat perbaikan resmi pasti dalam kondisi baru dan orisinal. Di tempat servis biasa, teknisi tak segan-segan menggunakan suku cadang bekas atau baru, tetapi bukan orisinal.

Kedua, teknisi di pusat perbaikan resmi ponsel wajib tunduk dengan prosedur baku. Mereka dilarang keras melanggarnya. Misalnya, yang rusak sebetulnya hanya satu komponen kecil. Kalau prosedur baku menyatakan komponen yang rusak itu wajib diganti baru, teknisi harus mematuhinya.

Batasan serupa tidak melekat pada teknisi di tempat servis biasa alias tempat servis milik perorangan. Awalnya teknisi mungkin akan berusaha memperbaikinya. Bila gagal, teknisi mungkin melakukan langkah kanibal komponen dari ponsel lain. Bukan mustahil pula mereka melakukan jumper atau semacam bypass. Yang penting ponsel bisa berfungsi lagi, meskipun tindakan itu sebenarnya mengabaikan faktor keamanan.

Mengapa proses perbaikannya lama? Panjang pendeknya antrean ponsel yang harus diperbaiki memang turut menentukan cepat tidaknya proses perbaikan. Namun, hal itu sebenarnya tidak memberikan kontribusi signifikan.

Ketersediaan suku cadang menjadi penyebab utama lamanya proses perbaikan ponsel. Contohnya, modul kamera ponsel Anda rusak. Stok modul kamera kebetulan habis dan harus didatangkan dari luar negeri. Alhasil, pusat perbaikan resmi mesti menanti proses impor yang mencapai hitungan bulan. Ketika suku cadang telah siap, penggantian modul kamera bisa dituntaskan dalam waktu satu jam saja.

Mengapa ponsel yang rusak harus dikirimkan ke Jakarta? Tatkala mengetahui ponsel yang rusak tidak bisa diperbaiki di tempat, melainkan mesti dikirimkan ke Jakarta, tak sedikit pengguna yang kesal. Mereka mempertanyakan fungsi pusat perbaikan resmi yang beroperasi di kota tempat tinggalnya. “Apa gunanya buka service center di sini kalau ponsel tetap harus dikirim ke Jakarta?”

Jawabannya, pusat perbaikan resmi setiap merek ponsel biasanya dibagi dalam beberapa service level. Ponsel dengan kerusakan tertentu mau tidak mau harus dikirimkan ke Jakarta. Sebab, pusat perbaikan resmi di Jakarta biasanya memiliki service level tertinggi. Teknisi andal, peralatan yang tersedia juga paling komplet.

270 thoughts to “Kenapa Servis di Tempat Resmi Mahal dan Lama”

  1. Ada yang terlewat pak.
    Baiknya dijelaskan terlebih dahulu definisi servis resmi.
    Soalnya banyak garansi distributor yang ngaku nya resmi, bahkan sebagian rekondisi

  2. maaf ni ko herry, saya masih mengungkit,,,
    ya saya mengerti betul dan bisa menerima bila di kirim ke jakarta dengan waktu yang agak lama asalkan barang kita terima benar-benar di perbaiki. tapi dari pengalaman yang saya kemarin hanya service jack audio dan itupun di kirim ke jakarta, saya oke aja. setelah 4 minggu akhirnya barang kita genggam tapi keadaan barang masih sama jack audio suaranya sember bila memakai earphone atau semacamnya dan terdapat beberapa bekas goresan pada casing, yang membuat tambah jengkel untuk sony xperia z2 mempunyai spesifikasi tahan air setelah service keesokan harinya terkena hujan saya masih cuek saja sampai besok pagi baru menyadari di lensa kamera berembun. karna sebelum di service mau hujan seperti apa juga sehat-sehat saja.
    dan sempat saya komplen langsung ke center pusat sony melalui email awal tanggapannya positif, meyakinkan, dan cepat, tetapi setelah melakukan pengisian data sampai saat ini tak ada kabar.
    bila mengacu pada sony care yang 14 hari harusnya hp saya sudah di ganti baru dan ini jelas kegagalan service. jika seperti itu harus bagaimana ko herry ?
    minta petunjuk, karna masa garansi tinggal 3 bulan lagi, sangat disayangkan hangus begitu saja.
    dan untuk pihak tidak bertanggungjawab saya harap bisa lebih teliti dan benar-benar dalam menjalankan tugasnya.
    sama-sama kerja.
    terima kasih ko herry.

      1. Sekedar numpang bertanya Pak, berdasar informasi terbaru yang berhasil dihimpun oleh bapak, apakah SC Sony masih “seperti yang dulu”?
        2014 Sony mengatakan mereka korban black campaign, tahun 2015 waktu peluncuran M5 lagi-lagi Sony mengatakan mereka masih jadi korban black campaign, jadi saya menangkapnya tulisan-tulisan di surat pembaca maupun sosial media itu oleh petinggi Sony dianggap sebagai black campaign belaka.
        Sekarang sudah terlihat semakin jarang orang melirik Sony karena Sony “kurang tanggap” dengan masalah ini, semoga Lenovo yang menurut informasi terakhir Pak Herry agak membaik bisa juga segera diikuti oleh Sony.

  3. Punya pengalaman servis hp di servis biasa , awalnya cuma lcd ganti , pas udah di ganti lcdnya baru seminggu ada garis2hitam akhirnya di servis lagi , abis di servis lagi 1 bln kemudia mati total :’) Tergantung konsumen juga milih kualitas atau kuantitas , kalo milih kualitas ya wajar aja mahal tapi udah pasti terjamin

    1. Pak Tanpo Jeneng,

      Bisa ulah oknum, bisa pula pengelola servis center-nya yang nggak becus. Biasanya lebih condong yang kedua.

  4. Pak hery lg g5 dan samsung s7 sudah meluncur nih kapan di riview
    Sdgkn sony ngeluncurin seri x ntah flagfsip ato bukan soalnya speknya beda tipis dg z5

    1. Pak Bambang Hermanto,

      Lha gimana bisa review. Ponselnya beredar resmi di sini saja belum kok. Kalau pun sudah beredar, saya juga belum tentu me-review dua-duanya.

  5. pak herry,
    info yang berguna dan bermanfaat …….
    numpang pertanyaan OOT nih he he he
    1.butuh masukan dari pak herry, saya lagi cari feature phone utk istri…sekedar sms dan telp saja
    2.merk yang disarankan utk TG buat dipasang di Redmi 2

    thanks before

    1. Pak Josef Nday,

      1. Nokia New 105. Yang di sudut kiri atas kardus ada tulisan Microsoft.

      2. Saya tak hafal Tyrex mengeluarkan untuk Redmi 2 atau tidak. Kalau ada, pakai merek Tyrex saja.

  6. pak Herry, kalo sampe awal tahun 2016 ini, menurut bapak bagaimana peringkat kualitas service center merk ponsel yang ada di Indonesia?
    apakah Samsung dan LG masih memimpin kualitas SC? lalu bagaimana dengan SC milik distributor seperti TAM, dsb?
    Thanks

    1. Pak Rizzal,

      LG masih nomor satu, dibuntuti Samsung.

      Service center TAM? He… he… saya sih menganggapnya lokasi tepat untuk menguji kesabaran.

        1. Pak Rido,

          * Antrean lebih sedikit.
          * Unit yang garansinya sudah berakhir pun kadang masih bisa dilayani dengan gratis. ๐Ÿ™‚

          1. Betul, kejadian dengan HP mertua yang kena banjir. Udah lewat garansinya diservis gratis dan kembali menyala normal ^_^

  7. bung HSW

    Apa benar ponsel yang pernah mengalami perbaikan (servis) usia pemakaian tidak akan awet (gampang rusak)?
    lalu ada orang nih yang menawarkan LG G2 tanpa ear phone harga 1,8 juta kira-kira saya ambil atau tidak ya bung?
    trima kasih.

    1. Pak Yoobee,

      Tergantung sebelumnya mengalami kerusakan apa. Kalau pernah tercelup ke air, apalagi air laut, biasanya memang takkan awet. Namun, contohnya, kalau speaker rusak tanpa pernah terjatuh atau kena air, mestinya masih bisa tahan lama.

      Dari harga sih tergolong murah dan layak beli. Asalkan kondisi mulus dan berfungsi normal, boleh dilirik tuh.

      1. Mlm pak hery.. Hp saya coolpad fancy 3 .. Speaker music sama telpnya ga ada suaranya.. Apakah bsa garansi dan apakah byr

  8. Masih bagus cuma ke Jakarta dulu apa-apa mesti ke SG. Semoga ke depannya tempat perbaikan resmi makin ramah kantong…..terutama untuk kerusakan cacat produksi yg sudah lewat masa garansi.

  9. Selamat Malam Pak Herry SW

    1. Menurut bapak aplikasi apa saja ya yg wajib dipasang di gawai?
    2. Seperti cleaner, antivirus apakah perlu pak?
    3. Dengar-dengar kalau memasang aplikasi tersebut justru mengurangi kinerja gawai apakah benar seperti itu?

    Terimakasih ๐Ÿ™‚

    1. Pak Arya DP,

      1. Bergantung kebutuhan deh. Kalau saya biasanya menginstalasikan:
      * Internet Speed Meter untuk mengetahui kecepatan koneksi. Kalau mau yang gratis, namanya Internet Speed Meter Lite.
      * Swiftkey Keyboard untuk menggantikan keyboard bawaan.
      * Screen Off untuk memadamkan layar tanpa menekan tombol power.

      2. Tak perlu.

      3. Ya, memang bisa begitu.

  10. Pengalaman saya ketika gawai pacar saya Sony Xperia C4 masalah di touchscreennya yang suka loncat-loncat ga karuan. Akhirnya saya memutuskan untuk membawanya ke SC di Jakarta, karena gawai masih berusia 4 bulan dari waktu pembelian dan masih garansi.

    Setelahnya saya mendapatkan selembar kertas nota garansi yg di berikan pihak SC. Ekspektasi saya akan selesai kurang dari 14 hari (Merujuk perwakilan Sony Indonesia yg bilang “Jika tidak selesai 14 hari, maka diganti unit baru). Sudah 14 hari lamanya, saya mencoba menghubungi Cust Service tapi tidak pernah diangkat, di minggu2 berikutnya pun begitu. Setelah menunggu 2 bulan lamanya, saya mendapat notif SMS bahwa gawai saya telah selesai dan dapat diambil di jam kerja. Akhirnya gawai kembali (14 hari yg cuma ucapan belaka).

    Setelah digunakan kembali sebulan lamanya, gawai kumat lagi dengan masalah yang sama (Padahal pemakainan normal wanita). Iseng2 cari2 forum tentang Xperia C4 ini, tak sedikit diluar sana yang mengalami masalah yang sama (Apa mungkin ” bug” yaa?) Dan akhirnya memutuskan dijual setengah harga (Beli baru 4.5jt, jual kembali 2.5jt) beralih ke Samsung (lagi).

    Kesimpulan,
    1. Kualitas dan pelayanan Service yang kurang, karena tidak lama sejak perbaikan gawai kumat lagi padahal dengan pemakaian normal.

    2. Sayang disayangkan purna jual yg buruk dengan memandang nama besar Sony. Kapok deh beli Sony.

  11. Untuk mempersingkat masa service saya pribadi lebih memilih mengirim langsung ke service pusat yang di jakarta, to pada akhirnya kalau saya antar ke service center di kota tempat tinggal akan di kirim juga ke jakarta dan akan lebih lama.

  12. Maaf OOT pak Herry,,, lagi butuh ponsel dengan budget 1,3 juta
    Ada saran produk terbaik?
    Sebelumnya terimakasih,sukses terus ponselmu.com

  13. mas Herry SW.. saya ingin berbagi cerita tentang Servis Resmi / Service Center
    – Ketika hp Lenovo bermasalah… susahnya cari alamat servis resmi (di Surabaya dan sekitar). Alamat yg tercantum di buku servis (kartu garansi) setelah didatangi sudah tutup, servis resminya tablet dan laptop berbeda dengan servis resmi hp.
    – Pernah kecewa dengan servis resmi Acer, karena konektor baterai hp hilang (part kecil dan sederhana) perbaikannya: harus ganti mesin dengan biaya lebih dari Rp. 600.000 (hampir seharga hp-nya)
    – Pernah menunggu dengan cemas, ketika servis Xiaomi Redmi 2 ke TAM Jogja. Satu setengah bulan tanpa kepastian, “masih dalam proses antrian” jawab petugas TAM. Tetapi akhirnya Xiaomi Redmi 2 diganti dengan mesin Xiaomi Redmi 2 Prime… proses penantian yang tidak sia-sia.
    – Salute dengan servis resmi Huawei di Plasa Marina. Hp Huawei Y520 bermasalah dan habis masa garansi Senin 8 Peb 2016, hari Sabtu sore 6 Peb 2016 dibawa anak saya ke servis resmi Huawei Plasa Marina; dilayani petugas dengan baik dan tidak sampai 1 jam hp selesai diperbaiki dengan ganti mesin. “sampeyan benar-benar bejo mas.. 2 hari lagi garansi hangus” kata petugas servis resmi Huawei.

    salam, ekosusila

      1. mas Herry.. agak membingungkan yaa… maaf
        untuk yang di TAM Jogja, saya biasanya tanya lewat telepon dan kadang dibantu anak saya yang berdomisili di Boyolali untuk datang (secara fisik) ke Jogja…

        1. Pak Ekosusila,

          Oh ok. Begitu tho ceritanya. Membaca kata Boyolali, saya langsung teringat dengan keripik paru dan soto yang terkenal di sana. Ehm… Soto Rumput ya kalau nggak salah.

  14. beberapa waktu lalu Andromax E-s saya sempat bermasalah di layar sentuhnya..
    ketika di tekan di sisi bawah, malah sisi atas seperti ikut tersentuh bahkan terus berkali kali
    sehingga ketika digunakan untuk membuka aplikasi chat, belum selesai mengetikkan sudah langsung terkirim

    mengingat masih garansi, akhirnya saya bawa ke Smartfren Galery di Ambarrukmo Plaza, namun ternyata di sana hanya melayani penjualan dan layanan non perbaikan

    akhirnya disarankan ke Galery yang di Timoho dengan diwajibkan membawa box dan kartu garansi

    pukul 12 siang sampai di galeri, dapat antrean nomor 54, akhirnya dua jam kemudian baru berhasil dipanggil menghadap customer service-nya, hehee

    setelah dicek, akhirnya diminta untuk ditinggal (hanya gawainya saja, cover belakang, batere, ruimcard dan SD card dikembalikan) dan mendapat selembar kertas sebagai pengganti tanda terima, kelak akan diberitahu via SMS dalam 1-2 hari lagi

    2 hari kemudian SMS pemberitahuan bahwa gawai sudah dapat diambil, ketika barang sudah saya terima, langsung ditinggal melayani customer lain (saya harus memasang batere, ruim dan sd card sendiri untuk memastikan apakah gawai tersebut berfungsi) padahal saya sudah terlebih dahulu diminta menandatangani bahwa barang tersebut sudah dikembalikan kepada saya dalam kondisi OK (fait acomplit)

    untungnya setelah semua berhasil saya rangkai, gawai tersebut berfungsi normal kembali

    memang sih Pak Hery, waktu menebus hanya dengan harga 349 ribu saja, tapi kok pelayanannya sangat minimalis sekali, hehee..

    sampai saat ini galeri smartfren tersebut masih disibukkan dengan “cuci gudang” Andromax Q dengan harga 449 ribu (karena ternyata sudah keluar Andromax R2 dan E2) sehingga SDM mereka habis tersita untuk promo dan migrasi tersebut

    begitu pengalaman saya, Pak Hery

  15. Pak herry

    Maaf sedikit menyimpang..
    Saya mencari baterai pengganti original untuk redmi 2 saya pak, namun saya sudah mencoba mencari ke toko aksesoris, dan tokopedia, dan selalu ditawarin untuk membeli baterai “ori 99%”, OEM, dsb…
    Saya juga sudah mencari ke service center resmi, namun mereka tidak menjual baterai original 100%.
    Menurut pak herry, kemana saya bisa mencarinya? Kalaupun pak herry punya kenalan toko belanja online saya juga nggak papa, asalkan benar2 asli..

    Makasih sebelumnya

    1. Pak Andri,

      Setahu saya, memang tak ada yang menjual baterai orisinal Redmi 2 di sini. Jangan membeli yang dibilang ori 99%, OEM, atau sejenisnya. Itu cuma istilah yang digunakan pedagang di sini supaya barang yang ditawarkan terlihat bagus. Padahal, sebenarnya ya palsu.

      Kalau mau, beli baterai orisinal untuk Redmi 1s saja. Bisa dipakai di Redmi 2 kok. Hanya beda di kapasitas baterai. Bila berminat, coba kontak Pak Yusuf via email Yusufsutanto@gmail.com. Hingga minggu lalu dia masih punya stok baterai dan external charger orisinal.

  16. Dear Pak Herry,
    Kapan review HP lagi? Bulan ini sepertinya Bapak belum ada review HP ya? Saya penggemar review dari Bapak nungguin nih, sampai hampir tiap hari buka ponselmu.com hehehe… Terima kasih.

    Salam,
    Cahyo

    1. Pak Cahyo,

      Sabtu mendatang akan muncul review Andromax R2.

      Bulan ini kebetulan ada beberapa kendala sehingga proses pengetikan review terhambat. Maaf ya.

  17. Semua tombol fisik hp LG Magna saya gk berfungsi, kalau saya bawa ke servis resminya apakah durasi perbaikan bakal memuaskan? Dulu beli LG karna penasaran sama service centernya, dan sekarang malah rusak beneran ini hp. Saya kira pak Heri dapat undangan ke Barcelona.Hihi

    1. Pak Likhin,

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi LG dulu untuk dicek. Mengacu kepada pengalaman pribadi, selama ini layanan pusat perbaikan resmi LG memuaskan. Ada kerusakan yang perbaikannya bisa ditunggu, ada pula yang harus dirawat inap.

      He… he… saya nggak dapat undangan ke Barcelona, Pak.

  18. Malam
    Numpang tanya pak. Maaf oot menurut anda alcatel flash 2 bagus gak buat browsing cepat dan main game..
    Dan apa yg harus saya install aplikasi setelah baru beli… hp alcatel flash..2. menurut p.herry apa aja terserah aplikasi ttg apa ja pak

    1. Pak Thoriq,

      Menurut saya, Flash 2 termasuk kategori lumayan saja. Bukan jelek, bukan bagus.

      Aplikasi apa? Ya bergantung kebutuhan Anda. Saya sih biasanya menginstalasikan aplikasi Internet Speed Meter untuk memantau kecepatan koneksi.

  19. Pak herry sori oot. Boleh rekomendasi android pak? Budget 4-5 jutaan. Saya pingin android yang baterai hemat, kamera jernih, kemampuan multitasking dan gaming yang baik. Bisa kasih rekomendasi pak? Makasih

    1. Pak Arie,

      Nah… ini yang susah. Yang kameranya bagus biasanya baterainya tidak terlalu hemat.

      Kalau mau bekas, beli LG G4 bekas saja. Kalau harus baru, silakan melirik Lenovo Vibe Shot.

      1. Vibe shot menarik juga nih pak. Tapi apakah baterainya seboros g4? Saya liat g4 temen saya boros juga ya pak. Mirip2 zenfone 2 daya tahannya

  20. pak herry, tolong dong,review di bagian operator atau tips dan trik. tentang pengaktifan kartu perdana yang pakai id outlet itu looh.

    1. Pak Syahrullah Herdiansyah,

      Lah… kalau itu sih nggak perlu diberikan tip khusus. Anda tinggal datang ke outlet terdaftar atau kantor layanan operator seluler. Selesai deh.

  21. menurut p.herry SW alcatel flash 2 hp yg bagaiman dan cara merubah tampilannya agar gak sederhana gt gimana.. kan android murni tampilannya..

    1. Pak Thoriq,

      Ya silakan unduh launcher buatan pihak ketiga di Play Store. Coba cari dengan kata kunci Nova Launcher atau Z Launcher deh.

  22. mau tanya pak recomendasi hp dibawah 2 jutaan .. buat main game.lancar. internet cepet. kamera bagus. batrai awet khusu ukuran dibawah 5inci pak.. hp merk apa ya

  23. Maaf Pak HSW yg saya hormati, sedikit melenceng dari pokok pembahasan. Dana kira2 1.5 jt dpt gawai apa ya pak? yg menurut pendapat bpk baik. trimakasih.

  24. Maaf pak mau tanya kamera lg g4 sama sony z5 dual mode manual bagusan mana?
    Dan kalo untuk kamera keseluruhannya bagusan mana?
    Tanpa memandang harga pak , lagi bingung milih ponsel berkamera bagus soalnya pak,
    Terimakasih

    1. Pak Anwar,

      Untuk mode manual, G4 mengungguli Xperia Z5 Dual.

      Untuk mode otomatis, hasil jepretan G4 warnanya lebih vivid (menyala) sedangkan Xperia Z5 Dual lebih natural.

      Secara keseluruhan saya masih lebih condong ke G4.

  25. pak Herry.. saya mau membelikan ortu android.. beliau blm prnh pakai android.. rencana mau beli max 1jt.. nah d artikel TER- sebelumnya pak Herry menulis kalau d bawah 1jt yg terbaik adalah Acer Z205.. nah bagaimana perbandingan antara Z205 dgn Acer Z320.. krn saya lihat Z320 sekarang harga sudah 1jt kurang sedikit..

    mksi..

  26. Sekedar sharing
    Temen saya beberapa minggu yang lalu service tabletnya windroid 8 di detos kerusakan androidnya ga bisa booting,keyboard error,charger rusak/mati ga sampe 2 minggu kerja sudah selesai keyboard diganti baru ,charger diganti baru tanpa bayar/gratis ga tahu axio bagus ato lagi beruntung .menurut pak HSW sc ini gimana rekam jejaknya?

    1. Pak Anto,

      Rekam jejak service center Axioo memang bagus kok. Daya tarik produknya saja yang dari waktu ke waktu cenderung menurun.

  27. Tp oknum servis center mash mungkin jg ada yg “nakal”. Krn sy pernah alami jg, advan saya kena virus, solusi nya ganti mesin.

  28. pak herry,
    hp saya lg L80 android kit kat seumpama diupgrade ke marsmallow apakah menghanguskan garansi…?
    trimakasih atas jawabannya

    1. Pak Sukamto,

      Update itu resmi dan Anda dapatkan dari notifikasi ponsel atau bukan? Kalau resmi, mestinya tidak menghanguskan garansi.

  29. pak herry,
    saya dapatkan dari notifikasi dari ponsel,tapi setelah selesai download muncul notifikasi bahwa update mengandung unsur rooting.jadi gak bis saya upgrade.apakah penyebabnya itu pak….???

    1. Pak Sukamto,

      Oh ok. Berarti, ponsel Anda sudah pernah di-root sehingga tidak bisa lagi mendapatkan update secara over the air (OTA).

  30. sekedar share…

    dahulu…
    di salah satu brand servis center resmi di surabaya,
    pemilik hape bisa melakukan inden (dengan membawar uang muka) dan tetap membawa pulang handsetnya,
    setelah selang waktu (kalau cepat bisa 3 hari dikirim dari jakarta) sparepart tiba, pemilik hape dihubungi, datang kembali ke servis center membawa handset,
    lalu handset diperbaiki saat itu juga di depan pemilik (bisa dari hanya 10 menit – 20 menit saja),

    tetapi fitur ini belakangan sepertinya sudah tidak diterapkan lagi
    (atau mungkin tiap2 cabang beda saya juga tidak tahu)
    sekarang lebih banyak hape harus diinapkan
    (penasaran juga lalu kenapa di meja penerimaan cust servis itu dipasangi peralatan servis kalau pada akhirnya diubah harus diinapkan)

    sangat sayang sekali, padahal fitur ini bagus

    tadi baca di atas, waduh, servis center sony masih parah ya,
    sayang sekali, padahal deretan device2 barunya cukup mumpuni,
    tapi belinya harus sambil berdoa tidak kena barang cacat

    1. Pak Budi,

      Pusat perbaikan resmi yang Anda ceritakan itu Samsung atau LG ya?

      Soal Sony, saya berharap Sony Mobile Communications Indonesia berani memutuskan kerja sama dengan TAM sebagai mitra dalam pengelolaan service center. Rasanya itu satu-satunya jalan untuk memperbaiki layanan purna jual Sony.

  31. Slmt mlm pak . Ada yg ingin sya tanyakan . Hp saya seminggu yg lalu kecebur ke air laut . Bila ganti mesin + lcd apakah akan kembali berfungsi seperti semula atau lama kelamaan akan ada kerusakan lg akibat korosi air laut ? saat ini hp saya berada si service center dan menunggu proses perbaikan . mohon jawabannya terimakasih

    1. Bu Elsa Riana,

      Menggunakan ponsel yang pernah tercebut di air laut, menurut saya, Anda ibarat menyimpan bom waktu. Sewaktu-waktu akan rusak lagi. Hal itu tetap berlaku walaupun ponsel sudah Anda perbaiki.

      Biaya penggantian mesin dan LCD tidak murah lho. Saran saya, mending ponsel tersebut Anda ambil dari service center dan dijual sebagai bangkai. Untuk penggunaan sehari-hari, belilah satu unit ponsel baru.

    1. Pak Yoga Chandra,

      Kalau ada yang memberikan pinjaman atau menjual unit bekas dengan harga gila, saya akan me-review-nya. Namun, kalau harus beli baru dengan harga normal, nggak deh. Bakal susah banget menjual bekasnya dengan harga rasional.

  32. Sony dong yg paling terkenal service centernya lol :)))))) hapenya bagus2. Tapi kalo mikirin sc nya aduuuhh waswas ?

  33. Oh begitu pak tp saya sayang bgt klo hp itu djual sbg bangke :'( apalagi blm ada sebulan . makasih ya pak sarannya . kemana ya pak sya hrs menjual kalo k konter2 saya ragu ditolak krn pergantian mesin + lcd yg mahal terimakasih

  34. Salam pak Herry,
    Saya baru saja menservice centre tablet saya dari Lenovo. Waktunya sekitar 14 hari karena kata pegawainya setiap tablet Lenovo yang diservice harus dikirim ke Singapura, take bisa dibuka oleh teknisi di Indonesia (kebijakan ini khusus tablet saja). Ketika saya sudah menerimanya kembali, ada beberapa hal yang bikin saya penasaran Dan saya harap pak Herry bisa jawab, yaitu:

    1. Tablet itu bawaannya memakai Android KitKat, Dan kemudian sudah saya update OTA ke Lollipop. Namun, ketika saya menerimanya kembali Tablet itu menjadi KitKat lagi. Pengalaman saya, ketika OS sudah diupdate sekalipun factory reset tetep akan ke OS hasil update, bener kan pak Herry?

    2. Setelah saya update ke Lollipop via OTA lagi, muncul beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak ada (bahkan ketika saya update OTA yang Pertama-tama juga tidak ada) menggunakan bahasa Jepang, Korea, Tiongkok Dan Rusia.

    Apa pak Herry tahu mengapa bisa terjadi demikian? Apakah Tablet yang dikembalikan ini benar-benar Tablet saya? Sebagai info, Tablet saya sudah memasuki umur 8 bulan garansi dan saya tidak membayar sepeser pun untuk perbaikan speakernya di mana sebelumbya tidak berfungsi sama sekali Dan sekarang sudah benar. Saya tidak ada masalah dengan tablet ini, namun saya hanya penasaran saja Hehe :3

    Terima kasih pak Herry
    Salam,

    1. Pak Leo,

      Saya tak mengetahui langkah perbaikan apa yang telah dilakukan.

      Dugaan saya saat ini, mainboard alias mesin tablet Anda diganti baru. Penggantinya kebetulan alokasi untuk negara lain dan masih memakai OS lama.

  35. Pak Herry

    ip 5s saya mengalami masalah di dock connector. menurut bapak apakah saya lebih baik servis di sc dengan garansi platinum atau di konter servis biasa? Mohon sarannya pak. Terima kasih.

        1. Bu Rina,

          Benar. Namun, bukankah membeli ponsel bergaransi distributor itu sebenarnya serasa membeli ponsel tanpa garansi?

  36. Pak. Saya mau minta saran dong. Hape yang spesifikasinya 4G, Dual Sim dan harga dibawah 3jt sarannya apa yaa?.

  37. oiya saya baru ingat menuliskan disana pak. makasih banyak ya pak herry:)
    saya masih ragu untuk membeli Hisense Pureshot+ mungkin karena merk Hisense yang jarang terdengar ya pak. oiya kalo spesifikasiny saya tambah menjadi 4G, Dual SIM, OS Lollipop, Kamera dpn-blkg bagus, Corning Gorilla Glass 4, RAMnya 2 GB/3GB, Baterai bagus tdk merepotkan, Harga dibawah 3Jt. Kira-kira hp apa yang memenuhi kriteria saya ini ya pak? makasih sebelumnya pak herry:)

    1. Bu Angela,

      Hisense sebenarnya perusahaan besar. Dia sudah lama memasok ponsel untuk merek lain. Namun, memang baru kali ini berjualan ponsel dengan menyodorkan merek sendiri.

      Hmm… dengan kriteria seperti yang Anda sebutkan, jawabannya tidak ada deh.

  38. sebenernya saya sedang menggenggam hp LG G2 pak herry. namun rusak dikarenakan layarnya seperti tv rusak berwarna abu-abu. kata cs LG nya biaya perbaikan sekitar 2,2 Jt. kalo saya pikir2 lebih baik saya membeli baru dari pada harus service ulang yang garansinya pun hanya 1 bulan.
    apakah benar tidak ada pak? kalo dibandingkan antara
    Asus Zenfone Selfie ZD551KL dan Hisense Pureshot lebih baik yang mana ya pak? makasih sebelumnya pak

    1. Bu Angela,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Benar, mending beli ponsel baru. Saya belum pernah mencoba Zenfone Selfie. Kalau Pureshot sih layak beli.

  39. aduh saya pun bingung sendiri skrg pak herry. bigung memilih yang mana yang terbaik. boleh saran tdk pak dari masing2 merk yang sesui keriteria saya diatas?

    1. Bu Angela,

      Lah sejak awal kan sudah saya sebutkan: Hisense Pureshot. Kalau nggak mau, ya silakan cari Xiaomi Redmi 2 Prime.

  40. Vivo Y35
    Asus Zenfone Max
    Infinix Note 2
    Hisense Pureshot+
    Infinix Note 2
    Andromax R2
    Infinix Zero 3

    Dari semua tipe HP diatas menurut Pak Herry yang sesuai dan hampir mendekati dengan 4G, Dual SIM, OS Lollipop, Kamera dpn-blkg bagus, RAMnya 2 GB/3GB, Baterai bagus tdk merepotkan, Harga dibawah 3Jt. yang mana ya pak? Atau ada saran HP lain? mohon bantuan nya pak. terimakasih:)

    1. Bu Angela,

      Saya belum pernah mencoba Y35. Zenfone Max dan Zero 3 baru akan dicoba.

      Di antara yang sudah saya coba, yang paling mendekati sih Pureshot+. Namun, menurut saya, daripada membeli Pureshot+, lebih baik membeli Pureshot tanpa plus. Spesifikasi umumnya sama kok. Harga lebih murah Rp 500 ribu.

  41. Bagaimana klo speaker belakang hp vivo y35 saya tidk ad suara x bila mendengarkan musik. Tapi ad suara nya klo ad tlpon masuk???
    Mohon masukan nya spaya lebih memahami x.

  42. Pak herry mau tanya , kalo touchscren suka kepencet sendiri itu kenapa yaa . Jika di betulkan di SC sony berapa lama waktu pengerjaanya ya . Maksih

    1. Pak Fendi,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Apakah yang Anda maksud “touchscreen suka kepencet sendiri” itu adalah seolah layar ponsel disentuh, padahal Anda tidak menyentuhnya? Masalah itu harus dicek dulu oleh teknisi untuk menentukan penyebabnya. Dengan memperhatikan reputasi pusat perbaikan resmi Sony, terus terang saya tak berani memastikan pengerjaannya perlu waktu berapa lama.

  43. pak herry

    saya mau tanya hp vivo y15 saya kecebur air kemudian saya bawa ke conter biasa setelah 1 minggu pegawai conter bilang hp saya tidak bisa di perbaikin padahal katanya sudah diganti lcd,touchscren,dan IC nya tpi ttp gak bisa jalan tochscren nya…..
    jika saya bawa ke conter resmi apakah mereka menerima reparasi hp saya pak ???
    walaupun sudah di bongkar di conter lain ????
    mohon jawabannya ya pak…. terima kasih

    1. Pak Ray Novaldo,

      Pusat perbaikan resmi akan menolak melayani karena telah dibongkar di tempat lain.

  44. tdak ada kejelasan tentang service hp nya nunggu nya lama udah 16 hari kerja katanya dalam proses muluh giliran di telfon gk di angkat, diemail gk di bls kecewa ama sony dan tam harga mahal aspek nya gk bagus,pokok nya service di tam itu gk bagus.

  45. Pak saya mau tanya, hp saya sony c5 ultra tidak bisa konek ke kamera. Sudah melakukan berbagai cara seperti wipe cachenya, factory reset, tetap saja tidak bisa. Sebelumnya hp jatuh dari ketinggian semeja kantor. Apakah ada kemungkinan hardware kameranya yang rusak? Terima kasih pak

    1. Pak Arin,

      Ya. Hardware-nya yang bermasalah, entah hanya sekadar kurang terpasang dengan sempurna atau memang rusak. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  46. Pak Heri, saya mau tanya.. saya pakai ponsel Vivo y15 selama setahun.. sekitar 4 hari yang lalu ponsel saya baik2 saja, tidak ada masalah.. namun 4 hari yang lalu sensor lcd yg biasanya bisa menyala jika hanya diusap tidak lagi berfungsi.. terus kalau dicharge selalu menolak, jadi tidak bisa diisi.. menurut bapak apa yg bermasalah dengan ponsel saya? lalu bagaimana reputasi SC Vivo? terima kasih pak atas responsnya

    1. Bu Vidya Evenangelia,

      Untuk memastikan penyebab masalahnya, ponsel perlu dicek dulu oleh teknisi.

      Reputasi service center Vivo sampai saat ini masih misterius.

  47. Selamat Siang pak Herry, maaf sebelumnya saya ingin bertanya.
    Misalkan ada HP Sony Xperia yang tidak bergaransi resmi (Garansi Internasional), apakah masih bisa di servis di service center resmi sony jika terdapat masalah pada Handphone, meski biaya ditanggung pelanggan?
    Terima kasih atas responnya, dan mohon penjelasan dari Pak Herry.
    Salam

      1. Jika kalaupun bisa, apakah tempat servis nya itu terindikasi bukan servis center resmi kh pak?
        Soalx ada hp sony xperia C4 sy yg seblum nya di servis di konter servis hp biasa, kemudian di terima saat servis di tempat servis sony. Dan sekarang barang nya sedang di kerjakan di jakarta pak.

        1. Pak Rahmat Hidayat,

          Saya masih belum paham dengan kalimat ini “Jika kalaupun bisa, apakah tempat servis nya itu terindikasi bukan servis center resmi kh pak?” Maksudnya gimana ya?

          Wah… itu si pemilik ponsel sungguh beruntung. Petugas di pusat perbaikan resmi kebetulan tidak teliti. Seharusnya langsung ditolak oleh service center resmi.

          1. Maaf pak, Mksdnya, jika HP tersebut di terima untuk diservis, apakah tmpt servis hp sony tsb merupakan tmpt servis center abal” bukan servis center resmi sony?
            Terima kasih

  48. permisi saya mau tanya berapa lama proses penggaransian hp
    Soalnya saya udah garansiin hp lenovo saya 4 bulan lebih gak jadi”

    1. Pak Gandungvetza,

      Ini maksudnya proses pengajuan klaim garansi kan? Bergantung kasusnya. Namun, empat bulan sih terlalu lama. Jangan-jangan Anda mampir ke pusat perbaikan resmi Lenovo yang dikelola oleh TAM. Pusat perbaikan resmi ponsel apa pun yang dikelola TAM memang mengesalkan.

  49. Pengalaman dan mungkin sbg media keluhan kpd service resmi… hp saya sam*ung s3 krusakan hanya patah tutup batre dan colokan power seblah kanan lepas… total 150rb, saya cek 100rb biaya service bongkar pasang, 50rb spare part tutup batre dan colokan power on off(tutup batre dan colokan power on off jasa pasang 100rb) bisa pasang sendiri kalesss…dan service center memaksa tidak bisa beli spare part tanpa jasa pasang… service center sa*sung BEC

  50. mau tnya ko
    1.untuk service center advan playanan gmn yg sekarang??
    2.kalo smartphone tnpa gorila glass itu mudah retak atau gmn?? thank u ko

    1. Pak Ari Yusuf,

      1. Tidak diketahui pasti.

      2. Gorilla Glass itu lebih tahan terhadap goresan. Jadi, kalau tidak pakai Gorilla Glass atau jenis kaca tahan gores lainnya, permukaan layar akan lebih mudah tergores.

  51. di tegal juga sama Saya beli advan i5a yang glassy gold baru 6bln rusak. Saya ke service center advan di tegal. Smp 2 bulan gak ada kabar. Saya datang ke sana katanya hpnya ilang dan belum diganti. Katanya minta waktu seminggu lg mau dicari. Sangat mengecewakan..

  52. Apa mungkin sebaiknya saya laporkan ke pihak berwajib yah.. pencurian.. penipuan.. saya merasa dibohongi.. smp skrg disuruh nunggu2 trz..

    1. Bu Arin,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Masukkan ke surat pembaca dulu deh.

  53. sebagai teknisi non brand saya pribadi boleh ikut curhat kan bung..

    service lama karena keberadaan sperpart yang kurang bersahabat.sangat jarang sekali mengkanibal kecuali dari type yang sama.

    apa lagi hape merek yang tidak terkenal. kadang bingung mau kasih tarif..harga hape nya lebih mahal service nya..

    resiko ganti lcd toucscreen hp yang kurang ber merk.. kami beli tidak ada garansi dari penjual sperpart sekali tidak sukses.masuk kantong sampah..
    original , bisa di bilang lucu klo hp merek belakang minta sperpart ori kecuali kanibal..
    hape bermerek sperpart sangat mahal. modal besar untung sedikit resiko besar.

    softwere. file frimware sekarang big size rata rata diatas 1GB tidak semua hape sama frimware nya biarpun type sama tapi sery frimware beda.

    service center kalo yang bawa user biasa bisa ber bulan2 tapi kalo yang bawa konter.paling lama seminggu. samsung paling bagus service senter nya.

  54. Pak herruy saya mau tanya nih ,kan kemarin saya baru beli xiaomi redmi 3s baru 1 minggu pemakaian wajar ,belum pernah jatuh atau kena air ,pemakaian juga wajar, riba tiba tombol on/off sama volume bawah itu enggak bisa digunakan
    Kira kira servise kayak gitu berapa lama ya ? Soalnya saya balikan ke toko saya membeli dan dikirim ke jakarta

    1. Bu Wita,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Sambil menanti kemunculan Pak Herruy, saya coba bantu jawab ya. Redmi 3S berarti pasti tanpa garansi resmi. Lama perbaikan tidak bisa diprediksi deh.

  55. Hay pak mohon pencerahanya, saya memiliki hp vvo y51 baru 4bln saya beli namun kemarin hp saya terjatuh dan kenapa sekarang layarnya ada garis2nya dan saat mau selvi garis2 nampak sekali. Tapi hp masih normal cuma layarnya tok bergaris.. Tolong jwb ya pak

    1. Bu Tika,

      Pemicunya ya ponsel terjatuh itu. Hal tersebut membuat layar ponsel Anda tidak berfungsi normal lagi. Bisa jadi LCD-nya perlu diganti.

  56. akhirnya saya jadi juga punya hape baru. huawei gr3. yang saya tanyakan, apakah track record SC Huawei bagus? makasih.

  57. Pak heri hp saya vivo y35 kemaren jatuh dijalan dan yang belakang itu baret dalam, itu bisa diganti ga ya pak?? Soalnya ini hape pemberian takut kalo yg ngasih tau..
    Soalnya hp vivo y35 kan ga bisa dibuka bagian belakangnya

    1. Bu Ria Sindu,

      Mungkin bisa diganti, tetapi Anda harus membayar biaya perbaikan dan penggantian suku cadang. Anda tak bisa melakukan klaim garansi.

  58. kalo konter servis hp evercoss di plaza marina Surabaya ada ngga ya pak?
    hp sepertinya sdh di root.. apakah bisa di perbaiki pak?

  59. Pak. Maaf mau tanya
    Saya punya hp samsung galaxy note 4
    Semenjak upgrade k marsmellow hp nya jd sering restart sendiri dan nge hang
    Saya sudah bawa k service centre bdg, tp di tolak karna hp tsb keluaran singapura, bukan asli indonesia
    Saya mau tanya, kemana saya bisa perbaiki hp nya? Soalnya kalau harus ke singapura biayanya pasti malah, dan cukup konyol juga . Hhe

    1. Bu Puspa,

      Iya, service center Samsung di sini memang tak mau melayani konsumen yang membawa ponsel Samsung non-garansi resmi. Biarpun konsumen bersedia membayar, mereka tetap menolak.

      Paling-paling ya dibawa ke tempat servis independen.

  60. Assalamualaikum pak. Maaf agak nyleneh, disini kebanyakan nanya tentang hape. Maaf kalau saya nanya mengenai netbook saya.
    Sekitar sebulan yang lalu saya beli netbook asus eepc, terus pas saya pakek kemarin malem tiba tiba layar mati padahal kondisi leptop hidup. Saya tekan lama tombol power terus leptop mati. Saya idupin lagi leptopnya, berharap bisa idup lagi eh tetep aja layarnya gak mau idup padahal lampu led idup, dicas juga masuk. Kira kira kenapa ya pak? Terus kalau dibawa ke asus sc, berapa lama pengerjaanya? Terima kasih banyak pak.

  61. Maaf saya mau menceritakan pengalaman saya. Saya membeli HP Smartphone Xiaomi Redmi Note 3. Baru saya pakai sekitar 5 bulan tiba tiba layarnya rusak. Tidak bereaksi apapun. Saya sudah coba restart dsb dsb tetap tidak bisa. Teman saya menganjurkan saya untuk mengganti screen nya di service center dan membayar sejumlah uang. Tetapi karena masih dalam masa garansi, saya memilih membawa ke penjuall dan menunggu sarannya. Kemudian pada tanggal 18 Desember 2016 saya bawa HP saya ke tempat saya membeli Hp tsb di Semarang. Dan penjual mengatakan bahwa memang screen nya harus diganti. Karena masih dalam masa garansi saya minta diperbaiki di service center resmi. Sang Penjual mengiyakan dan mengatakan bahwa HP saya harus dikirim ke Jakarta.
    Hari ini, 5 januari 2017 saya mendapat kabar bahwa HP saya bisa diperbaiki dan memakan waktu minimum 4 bulan. OMG.. kenapa begitu lama?
    Menurut Anda apa yang sebaiknya saya lakukan?
    menunggu kira kira 4 bulan (bisa lebih) atau meminta HP saya dikembalikan (dikirim kembali tanpa diperbaiki) dan diperbaiki di service center yang lain?
    Terima kasih sarannya.

    1. Pak Ferdy Saputra,

      Redmi Note 3 Anda benar bergaransi resmi kan? Kalau iya, proses klaim garansi seharusnya tidak selama itu.

      Begini saja. Penjual menyatakan ponsel sedang menguruskan klaim garansi ke service center resmi, bukan? Sekarang hubungi penjual dan tanyakan nomor repair order-nya. Kalau benar sudah dimasukkan ke service center resmi, pasti dia bisa menyebutkan nomor repair order-nya. Lebih baik lagi kalau Anda bisa meminta penjual mengirimkan foto formulir repair order.

      Proses klaim garansi resminya seharusnya tak selama itu. Bila Anda bisa mengirimkan foto formulir repair order-nya kepada saya, mungkin saya bisa bantu cek.

      Btw, Anda berada di kota mana tho?

  62. Maaf ingin bertanya, biasanya harga service hp samsung j5 yang kehujanan (touchscreen tidak berfungsi dan lensa kamera serta flash berembun) berapa?
    Terimakasih

    1. Pak/Bu Firda,

      Untuk biaya perbaikan dan penggantian suku cadang, silakan langsung menanyakannya dengan datang ke pusat perbaikan resmi Samsung.

  63. maaf pak mau bertanya, sebelumnya saya takut pak hp saya kalo di servis di ssc itu bakal lama enggak balik seperti pengalaman orang yang sudah-sudah, menurut pendapat bapak kalo battery sony experia z1 saya rusak lebih baik di tetap ganti di ssc apa beli battery sendiri terus di pasang di jasa servis ya? kalo misal beli sendiri boleh kasih tau beli battery sony yang ori enggak?
    terimakasih

    1. Pak Ega,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Kalau ingin cepat ya beli baterai sendiri lalu pasang di gerai servis independen. Namun, ada dua risiko yang harus Anda sadari dari awal.
      * Baterai yang diperoleh amat mungkin bukan orisinal. Saya tak tahu siapa yang jual.
      * Kemampuan kedap air akan hilang.

  64. Mas saya mau nanya, saya punya hp lenovo a 6000, kondisi hp agak rusak, mau saya bawa ke sc lenovo, rekam jejaknya gimana ya? Itu hpbsatu2nya soalnya, gamau nunggu waktu lama buat beres, makasih mas

    1. Pak Hafidh,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Sejak awal tahun lalu terasa ada perbaikan kualitas layanan sih.

    1. Pak Ammy,

      Pertanyaan awal Anda apa ya? Saya cari nggak ketemu. Kalau masih dalam masa garansi resmi dan petugas di pusat perbaikan resmi menyatakan demikian, ikuti saja deh.

  65. Permisi Pa, saya mau tanya, saya pakai HP vivo y35, terus layarnya tergores jadi ada penampakan garis gitu, cuman layarnya pakai antigores. tapi hp vivo y 35 layarnya tipe IPS LCD , bisa di ganti anti goresnya aja ngga ya kira2 pa? atau harus sama LCD nya? soalnya ada yg blg kalo layarnya tipe IPS harus ganti sama layarnya, anti goresnya pake gorilla glass 3, jadi gimana Pa?

    1. Bu Utamiinggit,

      Ini maksudnya yang tergores kaca layarnya ya? Saya tak mengetahui konstruksi detail Y35 seperti apa. Di ponsel tertentu, LCD menyatu dengan kaca layar. Sedangkan di ponsel lain, LCD dan kaca layar terpisah.

      Kalau Y35 kebetulan memiliki konstruksi yang kedua, Anda bisa mengganti kaca layarnya saja.

      Untuk memastikannya, silakan datang ke pusat perbaikan resmi Vivo.

      1. Iya Pa, jadi hp saya touchscreen nya udh pake anti gores gorilla glass 3, nah kalo ke gores bisa di ganti gorilla glass nya aja atau harus sepaket sama LCD touchscreen-nya? Terima kasih Pa sebelumnya

  66. Pak saya mau bertanya, hape saya j5 prime belum ada seminggu kena air di kolam renang. Awalnya normal aja. Lama lama tombol power tidak berfungsi dan tombol back sempet ngambek. Saya tidak bisa melepas batrai karena batrai tanam. Jadi alhasil saya biarkan. Besok paginya layarnya garis garis dan kotak kotak tidak bisa di touch jg. Langsung saya bawa ke service center nya, ganti lcd 500 ditambah bayar teknisnya karena diluar garansi.. apakah semua hape yg pernah diservice mending dijual saja? Atau sebenarnya tidak apaapa tergantung pemakaian penggunannya? Apakah service mempengaruhi kenerja hape tersebut pak? Maksihh sebelumnya

  67. Selamat sore Pak Herry, saya ingin bertanya beberapa hal berikut.
    1. Handphone saya Samsung A3 3016 terjatuh menubruk lantai dan LCD nya pecah. Dari pengalaman Bapak atau pengalaman para pengguna Samsung yg pernah sharing cerita ke Bapak, kira2 biasanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk penggantian LCD di Service Center Resmi Samsung?
    2. Berapa lama waktu tercepat dan terlama untuk penggantian LCD?
    3. Apakah ada ‘keanehan berikutnya’ jika LCD dari handphone tsb sudah pernah diganti?
    Sekiranya segala ilmu pengetahuan yang Bapak ketahui tentang penggantian LCD handphone Samsung bisa Bapak sharing ke saya. Terima kasih Pak.?

    1. Bu/Pak Andary S.W.,

      1. Kalau suku cadang tersedia, pengerjaan bisa ditunggu. Jadi, ponsel Anda tak perlu dirawat inap.

      2. Tercepat sekitar 30 menit (tidak termasuk waktu saat menanti antrean dipanggil). Terlama tidak bisa diprediksi. Dalam dua minggu belum tentu selesai, kalau stok LCD-nya sedang kosong.

      3. Kalau yang diganti LCD, ponsel akan kembali berfungsi normal sih. Tak ada efek negatif terpendam yang sewaktu-waktu bisa muncul.

  68. Baru saja membeli evercross a75a winner y.. Tapi layar Touchscreen nya copot bagian bawah, baiknya bawa ke servis senter atau cukup lewat servis biasa ? Mengingat hp masih baru banget bahkan blm dipakai.

  69. Saya mau nanya apabila layar lcd pecah dan ingin diperbaiki. Apakah saya harus servis di konter resmi atau di konter yang lain. Dan kira2 berapakah tarif yang diberikan pada konter resmi dan yg bukan.
    Terima kasih

    1. Pak Aqiel,

      Sebaiknya di pusat perbaikan resmi agar pasti mendapatkan suku cadang yang orisinal.

      Tentang tarif, tak bisa saya pastikan karena saya tidak mengetahui harga suku cadang per tipe/merek ponsel.

  70. Ternyata ada penggantian mesin juga dan LCD nya masuk garansi ( saya gak paham maksud garansi yg ini). Kalo penggantian mesin apakah harus dijual jg? Bukan kah sudah aman jika diganti mesinnya?

    1. Bu Dini Aristiya,

      Nggak masalah. Tak perlu dijual. Yang perlu segera dijual itu ponsel yang sempat rusak karena terkena air.

  71. Klo hp sudah di software/flash apakah masih garansi?terus untuk perbaikan kamera Xiaomi mi max butuh waktu brp lama?tema kasih

    1. Pak Joko,

      Asalkan memakai firmware resmi, mestinya garansi tidak hangus.

      Lho, ini kasusnya untuk Mi Max? Berarti, tanpa garansi resmi dong. Wah, untuk kasus seperti itu, saya tak tahu.

      Tak tahu. Berurusan dengan klaim garansi tidak resmi itu ibarat berjudi. Bisa tuntas dalam satu minggu, mungkin pula baru beres setelah 3-4 bulan.

  72. Saya mau bertanya pak..
    Hp saya vivo y55 basah terkena air, baru beli 3 bln yg lalu. Hp masih bisa berfungsi normal, tapi setelah satu minggu sejak terkena air, tidak bisa menangkap sinyal 3g maupun 4g, hanya bisa sinyal E. Wifi masih bisa. Saya sudah bawa ke service center katanya harus ganti mesin karena bagian utk sinyal ada bercak putih jamur sehingga tdk bisa dpt sinyal 4g. Harga ganti mesinnya cukup mahal sktr 844rb. Menurut bapak, apakah hp saya perlu diganti mesin baru sementara hp msh berfungsi baik hanya tdk bisa 3g/4g?. Apabila dibawa ke service biasa apakah bisa diperbaiki dgn baik pak? Terimakasih

    1. Bu Fitri,

      Apakah perlu ganti mesin baru? Ya itu terserah Anda. Menurut saya, ponsel itu mending dijual selakunya sekarang daripada kelak mati total.

      Saya tak yakin.

  73. Halo, pak.
    Saya mau tanya, hape saya jatuh di jalanan screen nya hancur, sepertinya kena LCD nya karna layarnya gelap tapi masih terdengar bunyi notifications dari hape.

    Kira2 ditanggung gak ya biaya perbaikannya di SC? Masih ada garansi nya sih..

    Thanku.

    1. Bu Angel,

      Normalnya tidak dapat digaransikan. Kecuali, untuk merek dan tipe tertentu yang tergolong flagship. Itu pun hanya dalam rentang waktu tertentu. Boleh tahu merek dan tipe ponsel Anda? Kapan Anda membelinya?

      1. Hape saya SG A316
        Beli september 2016
        Hape nya sih masih nyala sebenernya, cuma layarnya mati.
        Gimana baiknya ya, pak?
        Itu berarti lcd nya kan yang kena? Kira2 harus bayar berapa ya pak kalo gabisa klaim garansi?
        Thanku.

        1. Bu Angel,

          Ya kalau mau normal lagi silakan ganti LCD. Soal biaya, saya tak tahu. Tanyakan saja ke pusat perbaikan resmi ponsel itu.

      2. Hape saya SG A316
        Beli september 2016 lalu.
        Flagship itu maksudnya gimana ya, pak?
        Itu berarti LCD nya kena kan ya, pak?
        Kira2 berapa ya pak harga ganti LCD di SC?
        Penggunaan tempered glass itu membantu gak ya pak? Terimakasih.

        1. Bu Angel,

          Harap diperhatikan. Pertanyaan yang sama tolong jangan diulang-ulang.

          Kalau LCD pecah, pengguna tempered glass ya takkan membantu.

  74. Sore, pak.
    Hape saya SG A316 layarnya retak seretak2nya.
    Sebenernya sih hapenya masih nyala, tapi layarnya gelap/mati.
    Gimana baiknya ya pak?

    1. Bu Angel,

      Wah, merek ponsel Anda aneh. Saya baru dengar. Kalau ponsel masih menyala, tetapi layar mati, kemungkinan yang rusak adalah LCD-nya.

      Gimana baiknya? Ada dua alternatif:
      1. Ganti LCD, atau
      2. Beli ponsel pengganti.

  75. Permisi nih, mau tanya. Hp saja samsung galaxy j5. Pecah touch screennya. Kmrin saya bawa kekonter tp kata orang konter harus diganti satu set sama lcd nya. Kok gitu ya. Kn yg rusak touch screennya kok lcd nya jg hrs diganti. Mohon infonya.

    1. Pak/Bu Enal,

      Konstruksi tiap ponsel berbeda. Ada ponsel yang beberapa komponen menyatu. Kalau kondisinya seperti itu, ya penggantian mesti dilakukan satu set.

  76. pk.herry saya mau tanya solusi hp samsung not 2 yang hilang imei tanpa beli mesin?? saya udah muter2 ke jasa servis masih blum ketemu solusi.. thanks

    1. Pak Nampus,

      Pernah diperbaiki di tempat lain itu maksudnya “pusat perbaikan resmi Samsung di lokasi lain” atau “tempat servis non-resmi”?

      Kalau yang pertama, masih bisa diterima. Kalau yang kedua, bakal ditolak.

  77. Pa’ membobol mi-cloud yang lupa sandi trus buka ke servis hp biasa ,garansi masih berlaku ga?terima kasih

  78. Pak ponsel saya Lenovo k4 note, itu setiap buka kamera langsung ngeclose sendiri sudah factory reset tatap tidak membuahkan hasil apakah itu dari modul kameranya atau softwarenya kalaupun itu masalah dari hardware itu harus ke SC resmi ya. dan kalau SC resmi di luar kota apakah bisa lewat toko awal beli ponsel tanpa harus datang secara fisik ke luarkota ,tambahan ponsel saya belum pernah terjatuh maaf kalw kepanjangan?? terimakasih

    1. Pak Arsha,

      Kalau sudah di-factory reset tetap begitu, ya berarti perlu dibawa ke pusat perbaikan resmi. Teknisi di sana yang bisa menentukan sumber masalahnya hanya software atau hardware.

      Normalnya pengguna yang harus berhubungan sendiri dengan pusat perbaikan resmi. Namun, kalau toko tempat Anda membeli ponsel itu kebetulan bersedia membantu, boleh saja lewat mereka.

  79. butuh pencerahan,
    saya servise hp HUAWAI y6,tapi saya titipkan ke sales HUAWAI.huawai memberi janji kalau tidak jadi 3 hari akan di ganti yang baru.tapi saya sudah tunggu selama 1 Minggu kok belum jadi.
    apakah penyebabnya ???

  80. Ini pemilik akun orang sony kah? Kalau iya saya mau tanya berapa harga penggatian mesin untuk Z5 dul….HP saya mati gak bisa dia apa2in padahal masih tergolong baru sekitar 1,5 tahunan

    1. Pak Anas,

      Bukan. Saya bukan orang Sony.

      Untuk biaya penggantian mesin, silakan langsung datang ke pusat perbaikan resmi Sony.

  81. Saya ingin bertanya, hp saya asus zenfone 2 ZE551ML kemarin ga sengaja jatuh ke lantai, padahal tidak terlalu tinggi, lalu retak bagian atas layar, sedangkan gorilla glass ngga retak. Lcd dan semua masih bisa dipakai, menurut ko herry ini perlu perbaikan di bagian apanya ? Dan lebih baik dikounter biasa atau di service center asus resmi ? Kalaupun di SC resmi kira2 berapa lama ? Terima kasih mohon pencerahannya.

    1. Bu Kiki Nurhidayati,

      Retak bagian atas layar? Berarti, di bodi alias casing-nya ya? Sebab, Anda menuliskan LCD dan kaca Gorilla Glass masih baik-baik saja.

      Saya sih termasuk aliran yang lebih mempercayakan perbaikan ponsel di pusat perbaikan resmi. Terkait biaya dan perkiraan waktu, tanyakan langsung kepada petugas di sana.

  82. Bukan di casing ko, maksud saya di layar bagian atas dekat dengan kamera depan dan keretakan sudah menjalar ke bawah. Anehnya gorilla glass saya lepas masih utuh. Apa ini ada hubungannya dg touchscreen, tapi sampai sekarang pun masih berfungsi semua. Ohya untuk asus zenfone 2 ini antara kabel touchscreen dg kabel lcd apakah menyatu ? Terima kasih.

    1. Bu Kiki Nurhidayati,

      Layar bagian atas dekat dengan kamera depan? Ya berarti itu kaca Gorilla Glass.

      Kabel touch screen? Kabel LCD? #bingung Saya tak tahu komponen LCD dan digitizer di ponsel itu menyatu atau tidak. Langsung konsultasi ke pusat perbaikan resmi Asus saja deh.

  83. benarkah service center samsung diluar jawa cukup buruk? saya punya kenalan dari sumatera bisa sampai berbulan bulan padahal hanya software

    1. Pak/Bu Titi,

      Maaf, saya tak tahu. Di Pulau Jawa pun kualitas layanan pusat perbaikan resminya menurun kok.

        1. Bu Titi,

          Pemicu turunnya saya tak tahu. Namun, realita di lapangan menunjukkan hal itu, bahkan terhadap klaim garansi produk flagship seperti Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

    1. Pak Rama,

      Bergantung penyebab kerusakannya. Silakan langsung berhubungan dengan pusat perbaikan resmi.

  84. Pak herry slmt mlm .. Saya ingin brtanya, hp saya lenovo a2010 baterainya sudah menggembung & harus diganti tp saya bingung hrs beli baterainya di service center lenovo atau tdk krna saudara saya yg punya counter hp bilang lenovo tdk menjual btrai ori apakah betul pak ? Sdgkan tmpt servisnya jauh di smg, dia menyarankan utk membeli btrai di tmptnya saja yg kw krna dia bilang sma saja jg. Mhn srannya pak saya bngung ? Trma ksh slmt mlm

    1. Bu Yuki,

      Baterai orisinal jelas berbeda dengan baterai KW tho.

      Saran saya, belilah baterai baru di pusat perbaikan resmi Lenovo. Mereka menjualnya kok.

  85. maaf pak komen di post lama, saya pake lg g3 dan sekarang lcd dan touchscreen ga berfungsi lagi, saya bawa ke service center lg katanya biaya 1,3jt itu udah 1 set sih semuanya. apakah masih worth it untuk di service? ato lebih baik saya beli baru, tapi budget skrg cuman 2jtan hehe
    kalo nggak tolong rekomennya ya
    makasih pak

    1. Pak Dzakky,

      Mending beli ponsel baru deh. Alternatif yang tersedia, antara lain, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL sekitar Rp 1,9 juta; Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta; dan Xiaomi Redmi Note 4 Rp 2,399 juta.

  86. Trma ksh pak herry atas srannya ๐Ÿ™‚ kira2 kisaran hrga brpa ya pak utk btrai ori ? Bagaimana cra membedakan btrai yg ori & tdk ?

    1. Bu Yuki,

      Soal harga, silakan langsung tanya ke pusat perbaikan resmi. Saya tidak update.

      Biasanya kehalusan cetakannya beda.

  87. Pak henry sya mw nanya, klo service pke garansi, karena stlah update ke versi andorid bru, tiba2 g ada id fingerprint di pengaturan hp, sya bwa ke tmpat gransi platinum bless, ktanya hrus ganti software klo g tembus gnti mesin, itu makan waktu brpa lama ya? Dan katanya di kirim ke pusat. Hp saya huawei honor 5c. Dan gmna garansi platinum bless yg di itc roxy itu, bagus atau tidak.mnurut pak henry terimakasih

    1. Pak Enda,

      He… he… Platinum Bless ya? Anda harus banyak berdoa deh.

      Pesan saya, lain kali belilah yang bergaransi resmi atau tidak beli sama sekali. ๐Ÿ™‚

  88. kamera belakang hp samsung A5 2016 saya rusak, jika di bawa ke SSC , berapa biaya perbaikannya ya?

    1. Pak Muhammad Fadhila,

      Maaf, tak tahu. Untuk harga suku cadang dan biaya perbaikan, silakan langsung menanyakannya ke pusat perbaikan resmi.

  89. Maaf mas mau tanya nih, saya punya sony xperia z1 compact.. hp nya jatuh dan casing belakangnya pecah/retak.. saya tanya ke sony centernya, waktu perbaikanya bisa nyampe 3-4 minggu, apakah waktu tersebut tergolong lama atau standard ?

    1. Pak Firman,

      Tergolong cepat. Lha berurusan dengan pusat perbaikan resmi Sony biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan.

  90. Maaf mas Herry mau tny ..
    Smartphone saya Samsung C9Pro baru saja saya gunakan sebulan terkena tumpahan air susu hangat (energen) krn adik saya . Tindakan sy hanya digoyangkan handphonenya agai air keluar . Saya cek usb (untuk charge) kondisi baik . Headset kondisi baik . Tp speaker suaranya nampak seperti suara serak . Lebih baik langkah yg saya lakukan jual handphone tersebut (saya sudah tny2 dan mau d jual 4.7 (pdhl sy beli 6.9 hiks) atau lbh baik d servis k samsung langsung?
    Saya sbnrny takut utk mnservis . Slny tkt makin rusak . Slny sy jg seorang pekerja . Tau kondisi lelah . Dan sprti yg mas herry bilang sblmny . Asal idup kembali hapenya tp pdhl dtanganinya asal2an . Nah saya tkt dg hal itu . Slny ini hape bru sy beli . Blm ada stgh taun . Bru sebulan . Tp tar seusai d servis malah makin parah . Kira2 saya hrs bgmn kalo hrs d jual lg ato jk hrs d servis ? Blhkah saya mminta jaminan hape saya tdk akan brmslh seusai d prbaiiki? Slny tkt tar byk alesan . Bkn mksd suudzon . Tp ya hny takut sj .
    Lalu jika kasus sprti yg sdh sy utarakan . Trkena susu dan yg trkena bagian speaker jika saya tdk melakukan servis kira2 bahaya ga ya? Saya galau mas . Terima kasih jwbnny

    1. Oia tindakan sy ssudah d goyangkan . Saya timbun ddlm beras . Slny ada notif tulisan check port. Tp stlh sy timbun ddlm beras, sudah tdk ada notif tsb lg

    2. Bu Parmanwati,

      Biarpun sudah digoyang-goyang dan direndam beras, bukan mustahil sebenarnya ada air yang sempat masuk. Anda kan menuliskan bagian speaker juga terkena susu.

      Jadi, langkah terbaik sebenarnya membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi untuk dicek. Namun, memang tak ada jaminan bahwa ponsel Anda takkan bermasalah.

      Bila Anda memiliki rencana menjualnya, lebih baik langsung dijual sekarang tanpa membawanya ke pusat perbaikan resmi dulu deh. Memang rugi banyak. Namun, lebih baik rugi banyak sekarang daripada rugi lebih banyak lagi di kelak kemudian hari.

      Setelah menjual ponsel itu, lebih baik membeli ponsel merek lain deh. Jangan Samsung terus.

      1. Oh begitu ya ..
        Kl udh sempet k servis bakalan keliatan udh d rombak engga sh mas ? Trus daya jualnya baalan lbh turun kira2 brp persen ? *mgkn tau
        Kl saya beli lg dg kbutuhan yg sy butuhkan itu baterai mAh , memori , RAM bsr dan suara dan kamera cukup baik , kmdn layar ckup baik untuk main games dan nntn film *krn bagi sy hp itu ada gadget pngganti leptop hehe . Terima kasih sblmny

  91. Pak, saya sempat menanyakan via online ke pihak xiaomi kalau baterai xiaomi mi4i stoknya masih kosong. Kondisi hp saya saat ini baterainya bocor harus dicharge supaya hidup terus. Kalau ngga dicharge bisa nyala 5 menit tapi tiba2 mati. Ada solusi Pak?

    Oh ya, android dengan baterai besar dan service center memuaskan kira2 apa saja? Harga kira2 1-3 juta.

    1. Bu Meli,

      Maaf baru merespons. Entah mengapa, pertanyaan Anda ini dianggap sebagai spam. Saya menemukannya saat iseng melihat folder spam.

      Ya berarti Anda perlu inden di pusat perbaikan resmi Xiaomi deh.

      Hmmm… silakan melirik Xiaomi Redmi Note 4 varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Harga Rp 2,599 juta.

      1. Mungkin saya kebanyakan komentar kali ya, maaf ya Pak misal mendapatkan pertanyaan maupun pernyataan yang sama lagi dan dianggap sebagai spam.

        Jadi kata pusat service center, baterai mi4i sudah tidak diproduksi lagi dan mereka menyarankan untuk dibawa ke konter2 biasa.

        Makanya saya ragu misal dibawa ke konter2 nanti malah tidak bisa mendapatkan baterai ori dan misal sudah diganti baterainya keesokan harinya ada kejadian yang tidak diinginkan seperti bagian yang lainnya malah bermasalah. Apakah service center masih bisa menerima Hp saya dengan kondisi tsb?

        Selain Xiaomi apakah ada rekomendasi dari merk lain seperti LG? LG X Power/LG Q6. Kalau Lenovo bagaimana?

        Jadi ragu beli Xiaomi lagi karena sparepartnya yang sudah tidak diproduksi padahal garansi resmi. Ini yang membuat saya bimbang, masih tetep setia di Xiaomi atau pindah ke merk lain.

        Mohon pencerahannya.

        1. Bu Meli,

          Terus terang saya nggak tahu mengapa dianggap sebagai spam. Saya sih yakin bukan karena dianggap terlalu banyak mengirimkan komentar/pertanyaan. Lha yang baru sekali kirim pun kadang dianggap sebagai spam kok.

          Kalau ponsel pernah dibongkar di tempat non-resmi, pusat perbaikan resmi seharusnya tak bisa melayani lagi. Saran saya, coba mampir ke pusat perbaikan resmi dan bilang mau inden baterai Mi 4i. Semoga mereka mau melayani.

          LG X Power saya nggak pernah coba. LG Q6 dengan harga segitu (Rp 3,199 juta) mending jangan deh. Hmm… Lenovo yang kelas menengah saya belum pernah mencoba tipe-tipe terbaru.

  92. Ko herry saya mau nanya tindakan setelah mengganti ic lcd yang terkena air gimana yaa? Saran dari ko herry penanganannya gimana ya? Apa didiamkan terlebih dahulu 1×24 jam agar benar2 kering dan bersih?? Bukannya tidak percaya kepada servis center resmi tapi biar tidak ada efek lanjutannya aja.. terima kasih koh

    1. Pak Handoko Fincensius,

      IC LCD? Ini maksudnya ganti IC atau ganti LCD tho? Kalau proses penggantian dilakukan di pusat perbaikan resmi, ya silakan langsung dipakai.

  93. Selamat pagi pak herry,saya mw tanya..
    Hp samsung a5 2015 Touchscreenny retak,tp LCD normal..
    Kira2,bisa ga pak kalo cuma TC nya aja yg d ganti?
    Apa hrus 1 set? LCD+touchscreen?

  94. Assalamuallaikum Wr.Wb
    Mau tanya nih,kira kira klau menggaransikan hp samsung ke pabriknya,paling lama sampai berapa hari ya kemungkinan bisa jadi

    1. Bu Nanda,

      Anda tidak bisa langsung menggaransikan ponsel Samsung ke pabriknya. Klaim garansi dapat dilakukan di pusat perbaikan resmi. Berapa lama? Bergantung hasil pemeriksaan.

  95. Assalamualaikum
    Selamat sore Pak Herry,saya mau tanya klo menggaransikan hp samsung ke pabriknya kira kira kemungkinan jadinya sampai berapa hari ya…

    1. Bu Nanda,

      Rasanya saya pernah menjawab pertanyaan serupa, tetapi entah dari Anda atau bukan.

      Anda tidak bisa melakukan klaim garansi dengan datang langsung ke pabrik. Silakan melakukan klaim garansi dengan membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Samsung. Berapa hari? Bergantung hasil pemeriksaan.

  96. Koh herry,
    Meizu m5 sy mati total, dah sy sudah terlanjur memasukannya ke garansi platinum. Sudah masuk 16hari. .
    Kira” bisa selamet ga yah meizu sy . Yg baru sy pakai 1ยฝbulan …
    Apa ada pengalaman baik dari platinum by blees?

  97. Sy juga sbnernya udah tau sih bakalan lama and ga tau balik apa engga hehe.
    Karna gda pilihan lain aja, ganti sparepart gda yg jual hp itu ..
    Mau ga mau ke sc deh . .

  98. Ko Herry
    Mau tanya dong, hp Sony z3 saya kan jatuh dan layar sentuhnya retak. Kondisi hp sih masih bisa nyala, hanya touchscreen nya yg tidak bisa. Menurut ko Herry lebih baik saya service di service center atau saya service di tempat biasa aja? Mohon sarannya…

    Terima kasih
    Selvy

    1. Bu Selvy,

      Sebenarnya lebih bagus dibawa ke pusat perbaikan resmi. Namun, selain lama, biaya perbaikannya bisa setara dengan harga Xperia Z3 bekas tuh.

  99. Asus Zenfone Go ZB450KL saya bermasalah bootloop berulang, hang, macet, kemudian saya serviskan ke service center resmi Asus Jl Ronggowarsito Solo sampai dua kali servis tidak memuaskan, masalah tidak teratasi, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan cukup cepat, kurang dari 7 hari kerja, tapi ya itu, penanganannya seperti di reset pengaturan awal, tidak bongkar mesin. Hari ini saya masukkan kembali, karena kondisinya makin parah, sementara garansi habis tanggal 5 Desember 2017. Service center resmi tapi pelayanannya kok bisa seperti itu ya pak? Dalam 1 bulan masuk keluar servis sampai 3x.

    1. Pak Surya,

      Keluhan bootloop memang gampang-gampang susah. Kadang saat ponsel dibiarkan siaga di pusat perbaikan resmi baik-baik saja, tetapi setelah diserahkan kepada konsumen dan mulai aktif dipakai, eh… kumat lagi.

      Btw, tidak tertutup pula kemungkinan teknisi yang menangani kebetulan kurang teliti.

  100. ko Herry mau nanya..
    kalo hp kita baru dipake selama 15 hari, garansi masih panjang dan kita rawat tapi pas dibersihkan ada layar nya terdapat seperti ada goresan sedikit lebih baik di claim garansi atau tidak? untuk hp Asus..

    1. Pak Hanif,

      Goresan di permukaan layar? Kalau iya dan ponsel sudah dipakai 15 hari, nggak bisa klaim garansi deh. Masalah itu bakal dianggap sebagai kesalahan pengguna.

    1. Pak Thomas,

      Ini Anda ceritanya hanya akan membeli suku cadang atau memperbaiki ponsel sekaligus mengganti suku cadang di pusat perbaikan resmi?

      Kalau hanya beli suku cadang, jawabnya: tidak boleh.

      Kalau servis sekaligus penggantian suku cadang, hal itu sangat bisa. Syaratnya ya ponsel dicek, diperbaiki, lalu Anda melunasi pembayaran.

  101. Ko Herry. Mau nanya nih kan saya baru beli samsung s5 second masih mulus. Nah ada masalah tiba tiba muncul nih pas buka kamera malah warning: camera failed. Udah coba wipe cache, factory reset, lepas batre sama aja ga work. Misal ke service centre bakal kena brp ta ko? Garansi dah habis juga

    1. Pak Steven Ham,

      Kemungkinan yang bermasalah hardware-nya. Sudah coba diketuk-ketuk di sekitar kamera? Solusi yang aneh, tetapi kadang manjur. ๐Ÿ™‚

      Entah berapa biaya perbaikan di pusat perbaikan resmi. Langsung saja tanyakan ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *