Kiat Belanja Ponsel Android di Bawah Sejuta

Ingin membeli ponsel Android, tetapi anggaran yang tersedia tak sampai sejuta rupiah? Tenang saja. Di pasar kini tersedia beraneka merek dan tipe ponsel Android yang harga jualnya di bawah Rp 1 juta.

Ya, dengan anggaran terbatas, calon pembeli tentu tak pantas mengharapkan ponsel berspesifikasi ekstratinggi. Mereka juga pantang memimpikan fitur serbakomplet. Namun, asalkan pintar memilih, peminat setidaknya bisa membawa pulang ponsel Android berkategori lumayan. Ini panduan singkatnya.

Lupakan ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Alasannya sederhana. Pertama, harga ponsel merek global sekarang semakin terjangkau. Kedua, secara umum kinerja dan daya tahan ponsel merek lokal kini cukup mengerikan. Ponsel merek lokal yang laris, gencar beriklan, dan rutin menjadi sponsor aneka acara di televisi bukanlah jaminan mutu. Produk merek lokal yang kalah populer bukan mustahil justru lebih andal dan bandel. Penulis telah membuktikannya.

RAM minimal 512 MB. Mencari ponsel Android di bawah sejuta dan memiliki RAM 1 GB ibarat menggantang asap mengukir langit. Sampai sekarang masih sulit, bahkan mendekati mustahil. Karena itu, Anda cukup mencari yang kapasitas RAM-nya 512 MB. Jangan membeli yang RAM-nya cuma 256 MB, kecuali Anda sekaligus ingin berlatih mengendalikan emosi.

ROM minimal 4 GB. ROM seringkali disebut sebagai memori internal ponsel. Saran penulis, belilah ponsel Android dengan kapasitas ROM minimal 4 GB. Bila lebih kecil daripada itu, Anda akan tidak leluasa menginstalasikan aplikasi tambahan. Padahal, salah satu sisi menarik Android adalah mempunyai banyak sekali pilihan aplikasi tambahan yang bisa diunduh dari Play Store.

Dual SIM. Dengan membeli ponsel Android dual SIM GSM-GSM, Anda bisa lebih fleksibel dalam berponsel dan mengoptimalkan promo yang ditawarkan oleh operator GSM. Untuk bertelepon dan ber-SMS, selipkan satu kartu SIM yang merupakan nomor utama.

Sementara itu, untuk berinternet pasangkan satu kartu SIM lain. Pilihlah yang kinerja layanan akses datanya sedang bagus dan bertarif rasional. Jangan ragu untuk berpindah ke lain hati. Anggaplah kini Anda memakai operator A untuk berinternet. Kalau bulan depan kinerja operator A memburuk, kartu SIM-nya tinggal Anda buang. Selanjutnya, Anda beralih ke operator B atau C.

Wajib 3G. Pastikan membeli ponsel Android yang sudah mendukung layanan 3G. Berinternet di jaringan 3G biasanya lebih menyenangkan daripada berinternet dengan hanya memanfaatkan layanan GPRS/EDGE. Poin ini tidak berlaku kalau kebetulan Anda tinggal di daerah yang belum termasuk dalam area layanan 3G.

Lebih baik kamera autofocus. Anggaplah terdapat dua pilihan. Pertama, kamera dengan fokus otomatis (autofocus), tetapi tanpa lampu kilat. Kedua, kamera tanpa fokus otomatis yang dilengkapi lampu kilat. Penulis lebih menyarankan Anda memilih yang pertama. Sebab, selain biasanya lebih bagus, kamera dengan fokus otomatis membuat Anda lebih leluasa melakukan pemotretan jarak dekat maupun jauh.

Sebenarnya masih ada dua kriteria tambahan saat hendak membeli ponsel Android yang dibanderol tak sampai Rp 1 juta. Keduanya membuat pemilihan lebih sempurna. Namun, keduanya membutuhkan sedikit pengetahuan teknis. Penguasaan produk petugas yang melayani Anda di toko juga sangat menentukan. Apa saja?

Bisa dikunci di jaringan 3G. Ponsel yang tak bisa dikunci di jaringan 3G akan berpindah-pindah jaringan mencari sinyal terkuat. Kadang masuk ke jaringan 3G, kadang di jaringan 2G. Padahal, saat berada di jaringan 2G, kecepatan internet seringkali sungguh memantik emosi. Nah, umpama Anda memiliki ponsel yang dapat dikunci 3G only atau WCDMA only, tentu lebih asyik, bukan? Sebab, peluang menikmati akses data yang kencang lebih terbuka.

ROM digabung dalam satu partisi. Penjelasan gampangnya begini. Di laptop atau PC, Anda mungkin pernah mengenal ada drive C dan D. Drive C dipakai untuk menginstalasikan Windows, Microsoft Office, dan aplikasi lain. Sedangkan drive D untuk menyimpan foto, file Word, Excel, PowerPoint, dan beragam file dokumen. Partisi di ponsel memiliki penjelasan serupa.

Anda sebaiknya memilih ponsel dengan ROM yang digabung dalam satu partisi. Mengapa? Asal tahu, kapasitas ROM ponsel berharga jual murah meriah biasanya tergolong kecil. Bila memori yang kecil itu masih dibagi lagi menjadi dua, satu untuk aplikasi dan satu lagi khusus file multimedia, pengguna bakal kurang bebas menginstalasikan aplikasi tambahan.

Sebaliknya, bila ROM disatukan, pengguna akan lebih leluasa menambahkan aplikasi yang dibutuhkan. Umpama ruang untuk menyimpan foto dan video dianggap kurang, ya tinggal selipkan kartu microSD.

109 thoughts to “Kiat Belanja Ponsel Android di Bawah Sejuta”

    1. Pak Harnanto,

      Saya sudah sempat mengetikkan poin itu. Namun, akhirnya saya putuskan dihapus karena untuk ponsel dengan harga jual perdana kurang dari Rp 1 juta, kemampuan OTG termasuk barang langka.

  1. la yg termasuk dlm kriteria diatas hp apa aja om. emang ada ya? kasih bocorannya donk..
    krn di tempat ane susyah. kecuali merk tiongkok.

    1. Pak Agus,

      Saya sebutkan beberapa contoh ya. Satu ponsel mungkin tidak dapat memenuhi semua kriteria, tetapi minimal mendekati.

      1. Acer Liquid Z4.
      2. Huawei Y330.
      3. Lenovo A316i.

  2. Saran yang bagus sekali Pak Herry,
    tambahan sedikit, usahakan Androidnya minimal sudah 4.1 (Jelly Bean).

    Kalo dari segi prosesor seharusnya memilih yg bagaimana untuk android di bawah sejuta?

    1. Pak Amaris,

      Ah iya, saya setuju soal kalau bisa minimal Jelly Bean.

      Soal prosesor, minimal dual core deh. Jangan yang single core. Kalau quad core masih belum dapat.

  3. Ko herry salam kenal, saya selalu baca review ko herry. Ko mau nanya kalo hp di bawah 1 juta kebanyakan pakai processor mediatek. Apakah kualitasnya bagus ya ko? Dan dibandingkan dengan qualcomm bagaimana?trims

    1. Pak Leos,

      Salam kenal juga.

      Prosesor MediaTek saat ini sudah jauh lebih bagus daripada dulu. MediaTek memang sering dianggap buruk oleh pengguna di sini gara-gara prosesor MediaTek sering dipakai di ponsel murah meriah merek lokal buatan Tiongkok.

      Kalau MediaTek memang jelek, produsen merek global tentu takkan meliriknya. Praktik di lapangan, semakin hari semakin banyak produsen ponsel merek global yang memakai prosesor MediaTek.

  4. Maaf pak herry bisa reques review ZTE kiss 3. Klo lihat spek nya spertinya memenuhi kriteria yang bapak sebutkan.

    1. Pak Sukoco,

      Request sih boleh-boleh saja. Namun, karena saya belum pernah mencoba ZTE Kiss 3, permintaan Anda belum dapat saya penuhi.

    1. Pak Akhmad,

      Benar, A369i juga oke. Saya tidak menyebutkannya karena ponsel itu sudah dikontinyu dan digantikan oleh A316i. Sebelumnya, A369i bertugas melanjutkan kiprah A390.

  5. kalau xperia e1 bagus tidak menurut pak herry, saya memerlukan hh untuk chating dan telpon, kamera urusan kedua

    1. Pak Rizal,

      Bisa dimasukkan juga sih. Dengan catatan, tidak keberatan dengan selot CDMA yang standarnya dikunci Smartfren.

  6. Ko herry, kalo antara sony xperia e1 dual, lg l40 dual dan lg l5 II dual menurut ko herry mana yang lebih layak di beli?trims

    1. Pak Leos,

      Saya belum pernah mencoba L40 dan L5 II dual. Jadi, belum tahu bagaimana perbandingan performanya. Kalau Xperia E1 pernah coba. Review-nya bisa dicari di blog Ponselmu.com ini. Tinggal ketikkan tipe lengkap ponsel pada baris pencarian.

  7. Sorry nih P Herry sedikit OOT, sy baru beli BlackBerry Z3, tertulis Ram nya 1,5 GB dan Rom nya 8 Gb, klu menginstall aplikasi, itu tersimpan di memori mana dan apa fungsi dr Ram tersebut? mohon penjelasannya dan terima kasih!

    1. Pak Alwi Wahab,

      Pasti terinstalasi di ROM. RAM itu bukan untuk tempat instalasi, melainkan digunakan untuk ruang menjalankan dan “ruang gerak” aplikasi.

  8. Koh herry kalo merk global hrg 1jt-2jt lebih dikit rekomendasi apa ya? Pengen yg quadcore ram 1 gb. Sukur2 dpt rom 8 Gb hehehe….trims koh herry

    1. Pak Arry,

      Merek global, quad core, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan harga maksimal Rp 2 juta? Hmm… saya tak bisa memberikan rekomendasi deh. *mengibarkan bendera putih*

  9. saya baru beli 2 hp k-touch w700 untuk ganti hp blade cdma flexi saya yang dilock.beli di lazada.co.id harga 699.000. tegra 2 dualcore rom 8 giga bebas 5,7 giga.ram 512 mb.lumayan saya pakai cukup memenuhi kebutuhan saya

    1. Pak Budi Wiryo,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Kalau boleh tahu, Anda berada di kota mana? Sejak bertransaksi di Lazada sampai barang diterima, butuh waktu berapa hari?

  10. oh ya.apa bapak tahu dimana saya bisa unlock zte blade flexi.saya ke flexi center di kayun.malah disuruh unlock.saya disuruh terima nasib oleh customer service flexi kalau akhir 2015 pulsa flexi saya 2,6 juta hangus saat dipaksa pindah ke kartu as telkomsel.pulsa flexi saya dihanguskan.ya saya mengelus dada mendengar omongan customer service flexi.maksud saya isi pulsa flexi supaya tak ribet otomatis perpanjangan paket.tapi jadi begini makan ati

  11. Iya saya pernah baca review ko herry tentang xperia e1 dualnya. Menurut aku lumayan menarik cuma disisi ram yang masih 512mb. Dengan harga yang tidak jauh dari samsung ace 3 jadi bimbang memilih. Ko apa ace 3 bisa upgrade ke kitkat ya?trims

    1. Pak Leos,

      Saya tak berani memastikan apakah Galaxy Ace 3 bisa di-upgrade ke KitKat. Anda sekarang memakai ponsel itu? Coba saja cek di software update. Kalau tersedia update, biasanya akan muncul notifikasi.

  12. Yawda koh herry ga usah muluk2 deh. Merk global kisaran 1jt-2jt yg penting jelly bean. Rekomendasi apa koh herry? Trims

    1. Pak Budi Wiryo,

      Wah, cepat juga ya. Belum lama ini saya membantu teman beli modem di Lazada. Alamat pengiriman ke Surabaya. Pesanan baru tiba dalam seminggu.

  13. saat pertama pesan tgl 27 juli karena libur jne baru dikirim tgl 4 agustus.saya kira tak dikirim jadi tgl 3 pesan lagi .oh ya saya beli dengan cod.jadi bayar saat barang sampai

  14. wah.error terus.tadi pakai zte blade flexi.sekarang pakai k-touch w700 dengan kartu three.apa bisa komen.saya sering beli di lazada biasanya 5 hari baru sampai.saya beli 3 tablet dan powerbank semua cod.kalau modem malah beli di 3 tempat berbeda modem option dijakartanotebook mengerikan layanannya.lebih baik beli di hitech mall saja deh bisa di tes langsung

    1. Pak Budi Wiryo,

      Kecepatan pengiriman Lazada kian lama kian menurun. Dulu transaksi ke Surabaya sudah saya terima dalam dua hari, lalu mundur tiga hari, dan terakhir seminggu. Padahal, penjual dan stoknya ada di Lazada lho, bukan lewat supplier.

      Soal Jakarta Notebook, saya setuju.

  15. tadi saya baca ada yang cari android dibawa 2 juta.sebenarnya disurabaya ada jackerstore.com jual asus zenfone 4 3 hari lalu saya lihat naik dari 1099.000 sekarang jadi 1.400.000 mungkin cocok atau lazada menawari saya preorder huawei 3c katanya satu jutaan atau motorolla g 8 giga dibawah 2 juta.mungkin cocok

  16. Mau sharing pengalaman beli di Lazada aja nih pak, saya transaksi hari sabtu pagi, dan barang yg saya beli ada langsung dari supplier di jakarta, bukan ready stock Lazada. Kirim ke Kediri hari selasa pagi sudah nyampe kok, jadi ga sampe 2hari kerja

    1. Pak Habibi,

      Wah, kok cepat banget ya. Transaksi terakhir saya, barang baru diterima dalam seminggu. Padahal, penjual dan stok ada di Lazada.

      Beberapa bulan lalu, saya beli ponsel juga baru tiba dalam seminggu. Penjual adalah supplier, bukan Lazada langsung.

  17. Klo dri merk smartfren gimana pak? Secara mereke kan banyak yg harganya dibawah 1 juta tp spek lumayan. Gimana menuru bapak?

    1. Pak Hendra Yo,

      Layak beli sih. Syaratnya, tidak keberatan dengan selot CDMA yang standarnya dikunci Smartfren.

  18. Ko, kalau ada budget maksimal Rp 2 jt, ingin membeli ponsel Android dengan kapasitas internal minimal 4 atau 8 GB ada saran Ko, yang penting internalnya?
    Seperti LG L70 internalnya 4 GB apa benar yang free tinggal 2 GB ya?

  19. Wah, kiat-kiatnya lumayan juga, tapi susah kalau mengecualikan HP cina/Smartfren. Mungkin HP cina yang kualitasnya lumayan bagus (semacam K-Touch, Nexian, atau Evercoss) bisa dimasukkan dalam pertimbangan.

    Kemudian soal jeleknya MTK, menurut saya secara kinerja sih prosesor MTK lumayan bagus, best bang for the buck lah istilahnya. Tapi sayangnya, MTK nggak ngasih source code buat perangkat-perangkatnya (seperti DSP, prosesor dll). Kalaupun ngasih, dia nggak lengkap sehingga nggak bisa dipakai nge-build kernel/versi Android baru, atau sekalinya lengkap, itu buat tipe SoC yang menengah keatas seperti MT6589 dan MT6592. Ini lumayan menyebalkan karena masa depan HP langsung tidak terjamin sejak hari pertama; HP (hampir bisa dikatakan) stuck dengan versi Android bawaannya. Beda dengan HP ber-chipset Qualcomm dan atau ST-Ericsson dan atau nVidia (meskipun nVidia juga melakukan kesalahan yang sama dengan Mediatek di Tegra 2, makanya perangkat berjeroan Tegra 2 stuck di Froyo/GB rata-rata), adanya source code menyebabkan pengguna bisa nge-build kernel/versi Android baru sendiri, atau kalau pengguna malas, bisa juga mengharapkan vendor meng-update versi Androidnya. 😉

    1. Pak Dai-Kun,

      Yang saya minta dilupakan adalah ponsel merek lokal buatan Tiongkok, bukan ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok.

      Beberapa ponsel asal Tiongkok, contohnya Huawei dan Lenovo, saya anggap sebagai merek global. Ponsel itu boleh dilirik.

  20. Pengen acer liquid e3 atau motorola moto g 16gb tapi kata temen baterai gak bisa dilepas kalo hang susah benerinnya?? Apa bnr koh herry? Gmn cara ngatasinnya kalo hp hang pada type baterai tanam?? Trims

    1. Pak Arry Saputra,

      Ponsel dengan baterai tanam bila hang tetap bisa di-restart kok. Caranya dengan menekan kombinasi tombol tertentu yang sudah disiapkan produsen. Untuk Acer Liquid E3, misalnya, cukup menekan tombol power dan volume ke bawah selama sekitar sepuluh detik.

  21. Pak Herry,

    Sekadar saran kalau beli di lazada sebaiknya pakai metode COD, mungkin karena uang belum ditangan biasanya cepet dianter barangnya :D. Saya juga sempat kecewa sama layanan lazada, pre order moto g saya dibatalkan sepihak dengan alasan belum transfer dalam waktu kurang 12 jam, padahal jelas2 sistem mereka yang telat verifikasi.

    Kalau Jakartanotebook saya cukup sekali beli online di situ deh, pesen powerbank barang baru kok casingnya sudah baret2.

    Di Bhinneka malah lebih parah barang display sama yang diantar kok bisa beda tipe dan bentuk, mau dikirim balik juga males, beratnya hampir 20kg soalnya, dan satu barang lainnya sudah penyok di salah satu sisinya, nanya cs nya cuma dijawab minta maaf.

    Maaf jadi curhat di sini, saya kok malah lebih cocok ke dagangan online yang sistemnya personal, seperti kaskus, tokopedia atau bukalapak (termasuk beli di Pak Herry juga), kalau ada apa2/komplain ga berasa ngomong sama mesin.

    1. Pak Rizqyaf,

      Angka tepatnya seperti yang ada di naskah review. Sisanya dipakai untuk sistem operasi KitKat.

  22. Harga andro baru di bawah sejuta vs BlackBerry bm/refub gimana? Soalnya pernah liat di online shop ada javelin 650rb an….

    1. Pak Yuwono,

      Kalau saya mending beli Android baru di bawah sejuta daripada BlackBerry refurbished.

      Asal tahu, kalau mengacu pada standar refurbished yang benar, saya takkan melarang Anda membeli BlackBerry refurbished. Masalahnya, definisi refurbished ala pedagang di sini sudah salah kaprah. Barang hasil kanibal pun dibilang refurbished.

    1. Pak Anto,

      Saya belum pernah towel-towel V-Gen A1. Yang pernah saya towel-towel V-Gen S1 yang harga barunya Rp 3,888 juta. Terus terang saya langsung ilfil. Ponsel semahal itu kondisi fisiknya kayak ponsel berharga jual maksimal Rp 1,5 juta. Padahal, ponsel merek lokal, pemain baru, dan rekam jejaknya belum diketahui.

  23. @Pak Arry yg tanya Smartphone merk global, ROM 8 GB, RAM 1 GB, Quad Core, maks 2juta…

    Ada yang mepet pak harganya… Lenovo A859. Saya pake itu skr. Kalo beli di toko besar, 2.2 jt. Saya ambil di Global karena bisa nyicil pake BCA 🙂

    Kalo di pasaran dan belinya tunai bisa sekitar 2.050… Overall mantap banget untuk harga segitu. Tidak (belum :P) menemukan masalah berarti.

    @Pak Herry
    Yang kapan hari Zenfone 4 harga d bwh 1 juta udah dilupakan ya Pak? 😀 😀 Kayaknya udah naik harganya skr…

    1. Pak Nicko,

      Harga ritel resmi A859 saat ini Rp 1,999 juta. Saya tak berani merekomendasikannya karena belum pernah coba.

      Zenfone 4? Harganya nggak pernah di bawah Rp 1 juta deh. Sampai batas waktu yang belum ditentukan, lebih baik lupakan tablet dan ponsel merek Asus.

  24. wah salah lagi.yang benar.jackerystore.com ,saya kok salah melulu mengetiknya.saya sedang lihat di lazada.co.id 1,5 jam lagi huawei honor 3c dijual preorder.mungkin bapak heery tertarik.saya juga baca xiaomi hanya jual redmi saja akhir agustus

    1. Pak Budi Wiryo,

      Terima kasih atas informasi situsnya. Ini saya sedang coba lihat-lihat.

      Lazada masih termasuk dalam daftar hitam saya. Hasil pengujian terakhir pada beberapa hari lalu menunjukkan kalau Lazada belum layak saya keluarkan dari daftar hitam.

    1. Pak Alwi Wahab,

      Jurus pertama yang bisa dicoba: tekan dan tahan tombol power selama sepuluh detik.

      Masih gagal? Pakai jurus kedua. Tekanlah tombol volume ke atas dan ke bawah secara bersamaan. Pertahankan kondisi itu selama sepuluh detik.

  25. Pak Herry,

    Sedikit berbagi cerita ttg layanan lazada, saya mengorder moto g melalui lazada pada tgl 28 juli malam sekitar jam 9. Verifikasi order tgl 29 dan tanggal 30 barang sudah dikirimkan, akhirnya barang diterima tanggal 2 Agustus siang, menurut saya cukup baik dengan memperhitungkan saat itu masih dlm suasana liburan hari raya dimana kantor2 saja masih banyak yang belum buka.
    Sebagai catatan pembelian COD ternyata tidak bisa dilakukan untuk lokasi di luar Jakarta, untungnya saya bertransaksi pada hari senin karena saat itu ada promo diskon 10% payment by mastercard (kalau tidak salah tiap senin ada promo ini, tapi harap di cek ulang) sehingga moto g 16GB jatuhnya tdk sampai 2025rb.
    Semoga informasi ini bermanfaat. Trims

  26. Pak herry, caranya agar ROM bisa jadi satu bagaimana? HP saya oppo clover. ROM 4gb tapi dipisah yg satu utk aplikasi yg satu utk multimedia. Tolong pencerahannya ya pak. Makasih

  27. Pak Herry,
    bisa tolong disebutkan merek2 smartphone lokal beserta serinya yang kalah populer dan justru lebih andal dan bandel daripada yang laris, gencar beriklan, dan rutin menjadi sponsor aneka acara di televisi ? Terima kasih.

    1. Pak Yopie,

      Saran saya, coret merek lokal deh. Mending beli merek global yang harga jualnya kini sudah semakin terjangkau dan sama atau mendekati merek lokal.

  28. ternyata di jackerystore.com jumlah hp asus sudah berkurang.mungkin laris kali.saya sempat naksir zenfone 4 hitam tapi sekarang sudah tak ada.saya pilih k-touch karena teman saya pernah jatuh k-touch dan nokia digot waktu hujan.yang nokia almarhum dan k-touch masih hidup tanpa keluhan sampai sekarang meski langsung dia jual pada orang lain.
    saya tadi baca xiaomi mi4 sudah dijual dihongkong harganya tinggi 4,2 juta padahal katanya resmi.
    juga mengenai lei jun pemilik xiaomi juga pemilik antutu.wah kaget saya bacanya

    1. Pak Budi Wiryo,

      Sudah deh lupakan Zenfone. Jangan beli tablet dan ponsel merek Asus dulu, sampai mereka memperbaiki diri.

      K-Touch tipe apa? Titan S100 menarik dilirik.

      Soal Mi4, harga pasar memang jauh di atas harga resmi. Di Indonesia pun sudah ada yang jual kok. Harganya tembus Rp 8 juta.

  29. Untuk rekomendasi HP dibawah 2 juta sudah quadcore, 3G, dual sim, RAM 1GB ROM 8GB, layar HD IPS pilihannya jatuh ke Motorola Moto G 8 GB yang harganya 1.9 jutaan. Prosesornya pun tidak main main, Qualcomm Snapdragon 400 dengan GPU Adreno 305 sanggup memainkan game HD kelas berat dengan lancar di layar 720p nya. Androidnya juga sudah KitKat 4.4.4 seperti Nexus 5, namun ada baiknya pembeli Moto G bertahan dulu di Android 4.4.2, terutama bagi yang gemar memakai WiFi. Sebab setelah update 4.4.4 sinyal WiFinya agak bermasalah, kurang kuat.

    1. Pak Wida Ganteng,

      Tidak tertarik. Dilihat dari tipenya, spesifikasi ponsel itu seharusnya tidak akan maksimal bila digunakan di Indonesia.

  30. Ko aku lht diokeshop samsung young s6310 999rb. Kalo dibanding dengan acer liquid z4 dan lenovo A369i mendingan ambil mana ya ko?trims

  31. Pak herry numpang bertanya ke pak leonard putra, hasil upgrade moto g ke kitkat 4.4.4 bgmn utk daya tahan baterai dan kualitas kameranya? Trims

  32. Pak Herry, apakah Advan, Venera dan Himax adalah murni merk lokal? Dari pandangan Pak Herry untuk ketiga merk tersebut mana yang performa dan rekam jejak produknya paling baik?

    1. Pak Adrian,

      Advan dan Venera murni merek lokal buatan Tiongkok. Maksudnya, pemilik mereknya orang Indonesia, sedangkan produksi dilakukan di Tiongkok.

      Untuk Himax, statusnya tersamar dan sepertinya memang sengaja dibuat begitu. Menurut saya, Himax lebih condong ke merek lokal buatan Tiongkok.

      Saya tidak menyarankan Anda membeli ketiganya. Lebih baik melirik merek global. Namun, bila harus memilih, Venera saya lihat mempunyai rekam jejak lebih bagus.

  33. Terima kasih responnya Pak, 3 merk itu saya lihat strategi pemasarannya gencar. Advan menggandeng Barcelona, Venera dibawah kelola PT. TAM dan Himax dengan penjualan online terbatasnya

    1. Pak Mierza,

      Lenovo Indonesia tidak pernah memasarkan A388T. Kalau Anda sempat melihatnya di pasar, berarti pasti bukan bergaransi resmi. Ponsel itu takkan bisa dipakai optimal di sini karena ada spesifikasi tertentu yang tak cocok.

  34. Sekedar berbagi pengalaman aja. Saya pernah membeli Venera Prime 812 di Erafone, sekitar setahun yang lalu. Saya pilih Venera karena nama besar TAM. Merk lain yang cukup besar seperti A***n atau E******s pernah saya lirik tapi ragu.
    Pada saat mau mencoba unit yang akan dibeli, ada yang tidak bisa menyala, ada yang terkena boot loop. Setelah mencoba semua fitur, akhirnya ada 1 yang kelihatannya berfungsi normal. Tapi ternyata setelah semalaman di-charge, batere tidak terisi.
    Waktu esoknya saya hubungi pihak Erafone, mereka menyarankan untuk membawa unit kembali ke toko karena ada garansi 24 jam.
    Akhirnya unit diganti dengan yang baru.
    Meski harus menghabiskan banyak waktu untuk mencoba dan memastikan semua fitur berfungsi normal (hal yang belum pernah saya lakukan selama 10x membeli ponsel merk global), namun saya cukup puas dengan pelayanannya.
    Sampai sekarang ponselnya berfungsi normal meski indikator baterenya kadang aneh (kadang bisa sampai 100% kadang cuma di kisaran 98%).

    1. Pak Danny,

      Terima kasih atas sharing-nya. Nama merek lain kali tak perlu disensor. Yang Anda maksud Advan dan Evercoss ya.

  35. pak apakah lenovo a316i bekerja dengan baik? katanya sich sering panas…
    kalau dibandingkan acer liquid z4 tanpa melihat kameranya, bapak lebih menyarankan saya membeli lenovo a316i atau acer z4?

    1. Pak Kurniawan,

      A316i baik-baik saja kok. Tidak panas. Namun, kinerjanya jangan dibandingkan dengan ponsel kelas lebih tinggi ya.

      Tanpa memperhatikan kamera, saya tetap lebih merekomendasikan Liquid Z4 daripada A316i. Apalagi, bila sudah berbicara kamera. Liquid Z4 jelas menang mutlak.

    1. Pak Raka,

      Saya malahan belum pernah mengetahui ada Huawei Honor 3C dengan RAM 1 GB dan harga Rp 1,6 juta.

      Yang saya tahu, Honor 3C memiliki RAM 2 GB dan harga jualnya lebih dari Rp 1,6 juta.

    1. Pak Andi,

      Saya belum pernah melihat, apalagi mencoba, Lenovo A388T. Kalau melihat embel-embel T di nomor tipenya, ponsel itu memang tak bisa dipakai untuk menikmati layanan 3G di Indonesia. Ponsel Lenovo dengan nomor tipe berakhiran T seharusnya dijual di Tiongkok. 3G-nya menggunakan jaringan TD-SCDMA, bukan WCDMA. Kalau dipakai di sini, internetannya hanya bisa lewat layanan GPRS/EDGE dan Wi-Fi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *