Kini Dibekali Layar

Memang tak ada data resmi yang dirilis oleh produsen maupun lembaga riset tertentu. Namun, andaikan disurvei, dapat dipastikan Huawei E5830 adalah mifi alias mini Wi-Fi router dengan populasi terbanyak di Indonesia. Sebab, selain menjadi salah satu mifi pertama yang beredar di Indonesia, selama berbulan-bulan penjualannya mendominasi di banyak toko gadget.

Saat itu, mayoritas E5830 yang beredar tidak bergaransi resmi. Ia tidak memiliki layar. Hanya ada lampu berwarna-warni di bagian atas mifi. Lampu itu memberikan informasi umum tentang sinyal, koneksi, dan baterai.

Kini varian terbaru E5830 telah mudah dijumpai di pasar. Perbedaan yang dengan gampang dikenali pengguna adalah tersedianya layar OLED. Layar monokrom itu menginformasikan kondisi sinyal, koneksi, dan baterai kepada pengguna.

Tak seperti E5830 keluaran lama, layar OLED di E5830 terbaru memberikan informasi yang lebih detail. Misalnya, terkait sinyal, pengguna tak sekadar mengetahui berada di jaringan 2G atau 3G. Kekuatan sinyal yang ditunjukkan dalam bar alias baris sinyal pun dapat diketahui.

Hal lain, kegunaan utama mifi adalah berbagi akses internet via Wi-Fi dengan beberapa peranti sekaligus. Nah, di E5830 terbaru, hanya dengan melihat layar OLED, pengguna bisa mengetahui jumlah peranti yang terkoneksi secara bersamaan. Hal tersebut tak dapat dinikmati oleh pengguna E5830 keluaran lama.

Peranti yang memiliki nama singkat Huawei E5 itu juga memungkinkan pengguna berbagi file lewat Wi-Fi. Caranya, simpanlah file yang hendak dibagikan ke sebuah kartu microSD. Kemudian pasangkan microSD itu ke slot yang tersedia di E5830. Dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi, file yang tersimpan di microSD dapat diakses oleh pengguna peranti Wi-Fi yang berada di sekitar peranti mifi tersebut.

Ingin ber-SMS? Bisa! SMS masuk dapat dibaca dengan mengakses halaman manajemen E5 via Wi-Fi, lalu masuk ke menu SMS. Hal serupa juga dilakukan kalau pengguna akan mengirimkan SMS. Untuk mengetikkan pesan, pengguna bisa mendayagunakan keypad ponsel atau keyboard komputer.

Asalkan didukung oleh layanan operator GSM, pengguna E5830 dapat menikmati kecepatan unduh hingga 7,2 Mbps dan kecepatan unggah sampai 5,76 Mbps. Sumber tenaga peranti berdimensi fisik 95,5 x 48,6 x 13,7 mm dan berat 90 gram itu berasal dari sebuah baterai lithium polymer. Kapasitasnya 1.500 mAh. Sekali diisi ulang sampai penuh, ia mampu digunakan tanpa henti selama sekitar empat jam.

E5830 varian terbaru sekarang dijual di kisaran harga Rp 1,1 juta. Baru dan bergaransi. Paket penjualan termasuk kartu perdana Tri yang menawarkan internet gratis sepuasnya selama enam bulan. Pada satu gigabyte pertama per bulan, pengguna bisa menikmati kecepatan akses data sampai 3,6 Mbps. Setelah kuota terlewati, kecepatan bakal merosot menjadi maksimal 64 kbps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *