Sayembara Bentuklah Kata Ponselmu, Raihlah Ponsel Gratis

Ponsel lama Anda mulai usang dan sesekali mogok bekerja? Segera membeli ponsel baru merupakan langkah bijak. Sebab, tanpa ponsel komunikasi akan terganggu. Anda yang memanfaatkan ponsel sebagai sarana penunjang pekerjaan juga berpotensi kehilangan kesempatan meraup rupiah.

Kalau sekarang Anda kebetulan belum mengalokasikan dana untuk berbelanja ponsel baru, tak ada salahnya mencoba berburu ponsel gratis. Caranya, ikuti saja sayembara ala blog Ponselmu yang sederhana ini. Tersedia tiga unit ponsel yang siap diserahkan kepada majikan baru. Baca terus halaman ini sampai habis!

Sayembara-1

Sayembara, kontes, lomba, atau apa pun namanya ini berawal dari sebuah chatting singkat antara saya dan seorang teman. Sehari-hari ia mengelola toko ponsel Peace Cell di Plasa Marina lantai 2 blok H237, Jl Margorejo Indah, Surabaya.

Toko ponsel yang sehari-hari dikenal sebagai Peace Cell Marina Surabaya itu barusan menjadi diler ponsel Wiko. “Buat rame-ramean, saya sediakan tiga ponsel Wiko untuk follower Pak Herry. Biar sekali-sekali mereka tidak hanya bisa bertanya dan berkomentar, tetapi juga mendapatkan hadiah,” kata sang pemilik Peace Cell Marina Surabaya.

Dua hari lalu, 28 September 2015, dalam sebuah pertemuan tatap muka di sebuah gerai yang namanya mudah Anda tebak, mekanisme lebih rinci didiskusikan. Deal! Sayembara sepakat dijalankan.

Apa saja hadiahnya? Tiga unit ponsel yang fotonya telah saya tampilkan di bagian atas halaman ini. Juara I akan memperoleh satu unit Wiko Rainbow, juara II satu unit Wiko Lenny, sedangkan juara III satu unit Wiko Sunset.

Hadiah Wiko

***

Untuk mengikuti sayembara berhadiah ponsel itu, berikut syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi peserta:

  1. Follow akun Twitter @herrysw.
  1. Lakukan retweet terhadap informasi sayembara yang dicuitkan oleh akun Twitter @herrysw. Frekuensi retweet maksimal satu kali per tiga hari. Ingat, ini bukan kontes adu banyak retweet. Terlalu banyak melakukan retweet berpotensi membuat follower Anda merasa tidak nyaman.
  1. Bentuklah tulisan/kata Ponselmu dengan menggunakan benda-benda di sekitar Anda. Tidak ada batasan mengenai bahan, media, dan teknik yang digunakan. Yang penting, tulisan Ponselmu itu terlihat cantik, keren, unik, dan mudah dibaca. Misalnya, Anda menggunakan butiran beras berwarna-warni yang disebarkan ke lantai dan membentuk tulisan Ponselmu. Mungkin pula Anda membuat tulisan Ponselmu memakai tusuk gigi yang ditata sedemikian rupa.
  1. Fotolah tulisan Ponselmu yang telah Anda buat, kemudian unggahlah ke Twitter. Gunakan tagar alias hashtag #ponselmu dan #peacecellmarina. Tambahkan kalimat sesuai kreativitas Anda.
  1. Foto yang mengandung tulisan Ponselmu itu selambat-lambatnya telah ditwit pada 14 Oktober 2015 pukul 20.00 WIB.
  1. Dalam sayembara ini, saya bertindak sebagai juri tunggal. Penilaian dititikberatkan pada kreativitas Anda dalam merangkai tulisan Ponselmu. Tingkat kesulitan pembuatan juga amat diperhatikan.
  1. Saya akan memilih tiga pemenang. Pengumuman pemenang dilakukan selambat-lambatnya pada Minggu, 18 Oktober 2015. Hadiah wajib diambil dalam jangka waktu tujuh hari terhitung sejak tanggal pengumuman. Korespondensi dengan pemenang akan dilakukan via email atau direct message Twitter.
  1. Sayembara ini terbuka untuk umum. Peserta boleh berada di kota atau negara mana pun. Pemenang harus datang ke gerai Peace Cell Marina Surabaya untuk mengambil hadiah. Bila pemenang sehari-hari tidak berdomisili di Surabaya atau Sidoarjo, pemenang boleh menunjuk perwakilan untuk mengambil hadiah yang didapatkan. Pemenang atau perwakilan pemenang wajib menunjukkan KTP, SIM, atau surat identitas diri lain yang sah.
  1. Saat serah terima hadiah, pemenang atau yang mewakilinya wajib berfoto bersama dengan petugas di Peace Cell Marina, lalu mengunggah foto tersebut ke akun Twitter yang dimilikinya.
  1. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Dengan mengikuti sayembara ini, peserta dianggap telah mengetahui sekaligus menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku.
  1. Tanya jawab mengenai syarat dan ketentuan sayembara hanya dapat dilakukan di halaman ini. Silakan mengetikkan pertanyaan Anda di kolom komentar.

Terima kasih. Selamat beradu kreasi!

Update 19 Oktober 2015: Sayembara telah berakhir. Para pemenang saat ini sudah menerima masing-masing satu unit ponsel baru. Siapa saja dan seperti apa karya mereka?

Joko @Jokosisw1580. Demi mengikuti sayembara, ia membeli banyak sabun mandi yang kemudian dipahatnya sampai membentuk tulisan Ponselmu. Atas prestasinya, ia diganjar satu unit ponsel Wiko Rainbow.

Sayembara-2

Sayembara-3

Soleh @Solehoptikcokro. Memanfaatkan kamera ponsel dengan shutter speed lambat, ia membuat satu per satu huruf. Sebagai pemenang kedua, ia berhak mendapatkan satu unit Wiko Lenny.

Sayembara-4

Sayembara-5

Grace Novita @rhu_bing. Gulungan kertas HVS dirangkainya dengan penuh kesabaran. Hasilnya, tulisan Ponselmu yang berwarna-warni. Predikat pemenang ketiga diraih, satu unit Wiko Sunset pun boleh dimiliki tanpa biaya.

Sayembara-6

Sayembara-7

Bila Anda ingin melihat seluruh karya partisipan, silakan masuk ke sini.

96 thoughts to “Sayembara Bentuklah Kata Ponselmu, Raihlah Ponsel Gratis”

  1. Maksud Dari pertanyaan nomer 3 & 4 membentuk tulisan ponselmu apa ya Pak? Apakah menulis review tentang ponsel yg saya miliki di media kertas? Lalu tulisan tadi difoto kemudian di kirim ke @herrysw?

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Intinya, prakarya membentuk tulisan Ponselmu gitu deh. Misalnya, Bapak membuat merangkai tusuk gigi sampai membentuk tulisan Ponselmu. Bisa pula mengajak beberapa orang untuk berdiri bersama, lalu melekukkan tubuh dan lengan hingga terbentuk tulisan Ponselmu.

      Nah, tulisan Ponselmu yang terbentuk itu kemudian difoto dan di-twit. Jangan lupa menyertakan hashtag yang sudah saya jelaskan.

  2. Om Herry, maksudnya tulisan Ponselmu itu mendekor atau membuat kreasi tulisan/font dengan kata ‘Ponselmu’ tersebut kah atau bagaimana?

    1. Pak Alvin,

      Iya, menyusun tulisan Ponselmu. Bahannya bebas, sesuai kreasi masing-masing orang. Boleh pakai sedotan, tusuk gigi, bunga mawar, lembaran uang Rp 100 ribuan, atau benda lain. Boleh benda mati, boleh pula benda hidup.

  3. wah sayang ya gak bisa ikutan, bukan orang surabaya soalnya,.. dan kurang paham tentang twitter..
    semoga saja persainganya hebat,.
    jangan lupa nanti wikonya di review soalnya itu pemain baru

    1. Pak Arief,

      Bukan orang Surabaya tetap bisa ikut kok. Kan pengambilan hadiah boleh diwakilkan.

      Soal Twitter, ya memang harus pakai Twitter.

      Wiko-nya ya jelas takkan saya review, Pak. Kan ponsel itu diberikan kepada pemenang.

  4. Mau ikutan tapi ga bisa ke Surabayanya kalau menang Pak … ga ada siapa yg bisa ditunjuk juga buat ambilkan … kalau menang sih πŸ™‚

  5. Awalnya saya juga sedikit bingung dengan, “tulisan Ponselmu”… Coba postingannya diedit biar yang lain ga ikutan bingung… Kata Ponselmu ditambah tanda petik jadi, “Ponselmu”… Menegaskan kalau yang ditulis adalah kata “Ponselmu”, bukan tulisan/karangan bertemakan ponselmu…

    *semoga komen saya bisa terbit…

    1. Pak Ardiantoyugo,

      Kemarin saya sempat akan menambahkan tanda petik. Namun, saya mengurungkannya karena sebenarnya sudah cukup jelas. Kata Ponselmu saya tulis dengan huruf P kapital (Ponselmu), bukan ponselmu.

      Terima kasih atas masukannya. Pagi ini poin nomor tiga sudah saya perjelas dengan memberikan contoh.

  6. Yahh sayang banget nih koh herry, hadiah tidak bisa dikirim, dan tidak punya kenalan juga disurabaya haha, sukses deh buat sayembaranya koh ?

  7. Wah….mantap sekali pak heri…saya mau ikut sayembara ny.hehehe kebetulan hp adik saya baru hilang,klo menang hp nya buat adik saya.hehehe.sukses terus untuk ponselmu.com

    1. Pak Andy,

      Tak ada teman juga di Surabaya?

      Boleh ikut sih. Namun, kalau ternyata menang dan hadiah tak diambil sampai batas waktu yang ditentukan, ya hangus.

  8. kalo nanti posting foto kreasinya ada ide dan gambarnya yang sama dengan kontestan lain, bagaiman koh penilainnya

    1. Pak Elvinpras,

      Katakan ada dua peserta yang hasilnya sama persis, ya tinggal dilihat tanggal postingnya tho.

  9. Pengen ikut…tapi tidak punya teman/saudara di surabaya….apa klu menang titip di ambilkan om herry saja ya….biar di review sekalian ….

  10. Wah,nggak bisa ikutatn kebetulan teman yang di surabaya sudah selesai kuliahnya jadi balik ke daerah deh..oh ya pak OOT, hp nokia kan mass pabrikan nya di tiongkok seperti merk xiaomi.pertanyaan saya apakah infinix kualitas dan well builtnya sebagus nokia.kebetulan saya pakai feature phone nokia dan ada budget 1,4 jt mentok.saya pakai nokia x202 sudah 3 tahun dan itupun diservice karna kelalaian tapi sejauh ini awet.hp android tiongkok apa saja yang berkualitas tidak perlu luar biasa canggih yang penting sesuai budget dan sebagus nokia.terimakasih pak

    1. Pak Jefri,

      Build quality Infinix cukup bagus kok. Memang belum semantap Nokia di kelas yang sama, tetapi sudah pantas dibilang cukup bagus.

      Dengan anggaran segitu, saran saya, tambahkan anggaran Rp 100 ribu dan belilah Xiaomi Redmi 2.

  11. Kalau ternyata ada dua kontestan yg katakanlah persis fotonya, berarti yang menang siapa yang duluan memposting, begitu pak?

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Logikanya tidak mungkin persis sama. Sangat mirip sih mungkin. Dalam kondisi seperti itu, yang dapat skor lebih tinggi adalah yang mengirimkannya kali pertama. Asumsinya, dia yang jadi sumber ide.

  12. Boleh tidak foto yg saya unggah dari perpaduan antara foto hasta karya sendiri dengan foto pihak ketiga?

    1. Pak Ali Sutiyo,

      Tadi pagi saya sudah melihatnya via Twitter dan saya nyaris pingsan melihat koleksi Anda yang banyak banget. Ternyata hasil pinjam milik para siswa tho. Mantap. Btw, Anda guru di kota mana?

    1. Pak Joko,

      Iya, tadi saya sudah lihat. Itu berarti satu huruf pakai satu sabun ya?

      Retweet-nya maksimal satu kali per tiga hari. Kalau Anda hanya melakukan retweet satu kali dalam empat hari pun diperbolehkan kok. Intinya, saya ingin sayembara yang diadakan ini diketahui oleh banyak orang. Namun, jangan sampai retweet-nya terlalu sering sehingga malahan mengganggu orang lain.

  13. Pak sudah dilihat unggahan foto saya yg pertama? Berbahan gabus astro dan kertas bufalo. Dan ponsel lawas yg sy sertakan, pak Herry pasti tahu. Dulu atas saran pak Herry saat acara di radio JJFM, LG Viewty saya beli pada bln desember 2009. Sudah 6 tahun ponsel ini menemani saya. πŸ™‚

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Sudah lihat dong. πŸ™‚

      Tadi saat melihat ponsel yang disertakan, saya malahan agak lupa itu ponsel apa. Oh, Anda ternyata dulu pendengar acara Bincang Seluler di radio JJFM ya?

  14. betul pak herry 1 huruf 1 sabun,yg di butuhkan 8 sabun,saya tambahin 2 sabun buat cadangan soalnya ada huruf yg agak sulit buatnya

  15. Betul pak dulu saya pendengar setia Bincang Selular di JJFM. Saya masih ingat dulu ketika tema bincangnya tentang Operator Flexi ( yang saat ini Flexi tinggal kenangan alias meninggal) saya pernah dapat hadiah pulsa Flexi sebesar Rp. 50.000, bagi 5 orang pertama yang mengajukan pertanyaan. Senang banget waktu itu pulsa 50.000 gak habis-habis πŸ™‚

  16. Mohon ijin pak Herry, sayembara ini saya share kan secara offline ke siswa saya yang jurusan multimedia. Biar makin rame pesertanya

    1. Pak Ali Sutiyo,

      Silakan. Pastikan sebelum kirim hasil karya, siswa Anda sudah memenuhi persyaratan lain ya (follow, retweet, dll).

  17. betul pak herry pake pisau kecil,jadi sabunnnya di lurusin dulu/di buat datar,kan rata rata sabun melengkung,kemudian di buat pola hurufnya,baru di ukir/di bentuk pake pisau

  18. Apakah boleh hasil karyanya di foto pakai kamera DLSR bukan kamera ponsel pak? Agar hasilnya kelihatan lebih bagus.

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Boleh saja. Yang dinilai kan bukan bagus-bagusan fotonya. Yang diperhatikan adalah keunikan, kecantikan, dan tingkat kesulitan karyanya.

    1. Pak Ali Sutiyo,

      Tidak. Satu peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya. Namun, dengan alasan pemerataan hadiah, satu peserta hanya bisa memenangkan satu hadiah.

  19. Aduh, sulit ya kalau tidak berdomisili di Surabaya . Kalau ikutan dulu boleh kan ya, syukur2 sih si teman mau disuruh ambilin, wkwk. Oiya, untuk kartu ID, bisa versi scan-scanan tidak ya, saya ngarep menang nih, dan sudah ada ide, wkwk

    1. Bu Diana,

      Ikut dulu saja. Kan pengambilan hadiah bisa diwakilkan.

      Bila pengambilan hadiah diwakilkan, kartu identitas Anda malahan tidak diperlukan. Anggaplah Anda menunjuk Mr Bean untuk mengambil hadiah. Yang diperlukan adalah kartu identitasnya Mr Bean.

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Maaf, setiap kali usai mengunggah foto baru, Anda tak perlu memberitahu saya. Saya selalu memantau kok.

  20. Punyaku udah 3 hari belum selesai, semoga bisa jadi tepat waktu deh.
    Saya mau tanya pak herry, untuk penilaian poin di titik beratkan ke aspek apa aja ya pak?
    Biar bisa menjadi pertimbangan dalam membuat karya.
    Mkasih pak

    1. Pak Rizky,

      Silakan baca penjelasan di atas. Baca pula jawaban saya atas pertanyaan yang dikirimkan. Pertanyaan Anda sudah terjawab komplet di sana.

  21. Pak Herry boleh usul? Bagaimana kalau foto yang sudah dilihat pak Herry di mention/ dibalas dengan kata “oke”, agar peserta mengetahui kalau fotonya sudah dilihat pak Herry. Sebab peserta kan tidak tahu sudah dilihat atau belum. Terimakasih sebelumnya.

  22. Sebetulnya saya masih penasaran kenapa koh Herry tidak bisa mereview hp ini hanya karena hapenya akan berpindah tangan ( semoga sih nyasar di saya, hihi ), kan ponselnya gak hanya satu unit, hehhee
    Kalau sekilas pandang menurut koh Herry HPnya ini seperti apa, dan jika di bandingkan dengan merk lain yang sudah masuk Indonesia, kira2 sepadan kelasnya dengan merk apa ya ? ( Asus, Meizu, Opp – ah jangan disebut deh ndak bad mood, wkwk

    1. Bu Diana,

      Ponselnya ada tiga unit dan seluruhnya berbeda tipe. Pemenang berhak mendapatkan ponsel dalam kondisi baru. Kalau saya coba dulu, jadinya pemenang sayembara dapat ponsel bekas dong.

      Tak tahu. Lha belum pernah mencoba kok. Kalau merek Wiko-nya secara umum kelihatan lumayan serius menggarap pasar Indonesia.

  23. Jika melihat hasil karya yang sudah masuk, banyak sekali yang unik dan bagus. Mungkin bisa dipertimbangkan untuk tambahan hadiah hiburan pak πŸ™‚

  24. Pak herry , jika semisal . Pemenang tidak bisa mengambil hadiahnya . Apakah akan dilempar ke peserta dibawahnya ?

    1. Pak Nugiembul,

      Saya malahan tidak berpikir sampai ke sana karena saya yakin pemenang pasti akan mengambil hadiahnya.

      Setelah membaca pertanyaan Anda, saya jadi berpikir sejenak. Saya putuskan tidak akan dilempar ke peserta di bawahnya karena teknisnya akan rumit. Misalnya begini:
      * Juara II dan III sudah mengambil hadiah. Namun, juara I ternyata tidak mengambil hadiah sampai batas waktu yang ditentukan.
      * Kalau juara II kemudian dinaikkan jadi juara I, lalu juara III jadi juara II, teknisnya akan kompleks sekali. Juara II harus datang untuk menukarkan hadiah. Demikian pula juara III. Padahal, ponsel yang sudah diambil amat mungkin sudah dibuka dan dipakai.

      Seandainya ada pemenang yang tidak mengambil hadiahnya, maka hadiah itu akan saya buatkan sayembara lain saja.

    1. Bu Dita,

      Bergantung Anda lebih memprioritaskan apa.
      * Lebih mengutamakan daya tahan baterai dan ketersediaan memori eksternal: P70.
      * Lebih mengutamakan performa kamera: Mi 4i.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *