Kompak Tawarkan Dual On Murah

Memasuki pengujung tahun 2011, vendor ponsel merek global maupun lokal seolah kompak menawarkan ponsel dual on GSM-GSM dengan harga semakin murah. Tak sampai Rp 300 ribu untuk merek global dan kurang dari Rp 200 ribu untuk merek lokal.

Wajah Nokia 101 bakal mengingatkan pencinta ponsel dengan Nokia 1280 yang sampai saat ini masih tersedia di pasar. Kalau 1280 berlayar hitam putih, 101 telah dibekali layar TFT 65 ribu warna. Dua slot kartu SIM tersedia di bagian belakang ponsel itu. Sedangkan di sisi kanan bodi, terdapat slot microSD.

Selain kemampuan menyiagakan dua nomor secara bersamaan, ada dua fitur menarik lain di 101. Ia dilengkapi penjadwal pengiriman SMS. Ketikkan SMS sekarang, namun ponsel baru mengirimkannya otomatis beberapa jam atau berhari-hari kemudian. Ada pula penyaring panggilan telepon maupun SMS masuk.

Spesifikasi lain 101, di antaranya, lampu senter, radio FM, buku telepon 500 nama multiple entry, dan pemutar musik. File MP3 dapat difungsikan sebagai nada dering telepon maupun SMS. Ponsel itu tidak mendukung akses internet. Kamera dan bluetooth juga tak tersedia.

Tampilan fisik yang terkesan murahan plus suara yang kurang mengesankan saat memainkan musik menjadi sisi minus 101. Tetapi, mengingat harga jualnya hanya berkisar Rp 295 ribu, kondisi tersebut masih pantas ditoleransi.

Beralih ke Venera Aktiv 107. Tampilan fisik ponsel yang dijual dengan harga maksimal Rp 199 ribu itu sepintas memadukan antara Nokia C1-02 dan 101. Baterainya sama dengan Nokia, demikian pula konektor charger-nya.

Dual on GSM-GSM, lampu senter, slot microSD, radio FM, dan buku telepon seribu nama multiple entry merupakan sederet spesifikasi Aktiv 107. File MP3 bisa digunakan sebagai nada dering telepon dan SMS. Namun, berbeda dengan 101, nada dua nomor yang terpasang tak dapat dibedakan.

Ponsel bermemori internal 169 KB itu mendukung layanan GPRS maupun MMS. Ia juga dibekali bluetooth dan kamera VGA. Konektor charger yang terletak di bagian bawah bodi ada dua macam. Satu ala konektor Nokia dua milimeter, satu lagi konektor khas yang sepintas mirip konektor mini USB, namun berukuran lebih kecil.

Terkait kamera, lebih baik pengguna menganggap Aktiv 107 tanpa kamera. Sebab, performa kamera ponsel itu pantas diberi predikat sangat buruk. Jangankan menghasilkan foto yang tajam, pada resolusi terbesar, sekadar merekam bentuk objek dengan akurat pun tak mampu. Orang, botol minum, atau benda lain yang dijepret bakal terlihat lebih penyet daripada aslinya.

Kesimpulan versi penulis, biarpun murah meriah, kinerja 101 maupun Aktiv 107 cukup andal. Keypad sepasang ponsel itu relatif empuk dan nyaman. Keduanya layak dipertimbangkan oleh pengidam ponsel dual on GSM-GSM murah yang tidak memedulikan kemudahan transfer kontak.

Bila kemudahan transfer kontak menjadi persyaratan, 101 dan Aktiv 107 bukan pilihan tepat. Silakan melirik ke ponsel lain. Misalnya, Nokia C2-00, Samsung C3322, dan Alcatel one touch 813D. Harga tiga ponsel itu minimal Rp 535 ribu dan maksimal Rp 599 ribu.

43 thoughts to “Kompak Tawarkan Dual On Murah”

  1. Android dual SIM-nya perlu 3G atau tidak? Kalau tak perlu, silakan melirik Alcatel one touch 890D. Kalau perlu 3G, Axioo Vigo 350 boleh dipertimbangkan.

  2. Saya Udah Pake Nokia 101 selama 2 bulan ini. Layar Jenih, Keypad Empuuuk Poooollll, Tulisan Besar (Jelas Kebaca), Nada Dering + SMS dari SIM1 dan SIM2 Bisa Dibedakan, Baterai Awet (Khas Nokia), Menu Gampang, mp3 Top Habis 16GB, Awet dipakai Bertahun-tahun, Gampang diJual Lagi (terutama ke Agen2 Pulsa Pinggir Jalan= Cuma Butuh SMS Doang) …..
    Terlihat Nokia Serius walaupun untuk Pasar Kere ke-Bawah
    Lebih Bagus daripada HP China yang Kelemahan Klasiknya= Dsplay Kurang Cerah, Keypad Keras+ gampang Jebol, SIM2 gak bisa Cek Saldo, mp3 Cempreng, Telpon bikin Sakit Kuping, baterai BOROS, Paling 1 tahun udah RUSAK ….
    Jika Pengin Telpon+ SMS+ mp3+ baterai Awet ….. NOKIA 101 Sangat di-Recomendasikan
    Saya Pribadi Puas Memakai Nokia 101 (Saya Bukan Karyawan Nokia ini murni Pendapat Pribadi)
    Terima Kasih kpd ponselmu.com atas dimuatnya Komentar ini …..

  3. Bila dibandingkan dengan HP China …. Nokia 101 Jelas Lebih Bagus
    Apalagi saya membelinya cuma 270rb ….. Pas Hypermart lagi Promo Disc 10% untuk Beli HP Nokia (Price List 300rb – disc 10% = 270rb jadinya)

    Bandingin aja Beli MP3 Player China 2GB/4GB doang sekarang udah 200rb
    …. 270rb dapet HP Ber-Merk NOKIA Dual Sim CARD + mp3 Player 16GB …. Sangatlah Murah Menurut saya ….. he he he he

  4. Wow… Rp 270 ribu murah banget. Di pasar saya lihat harga terendah masih Rp 295 ribu.

    Ya, itung-itungannya rasional sekali.

  5. Pak Alfin, yang promo diskon 10% dari Hypermart itu masih berlaku? Untuk tipe apa aja itu promonya? Pake syarat or CC tertentu nggak?

  6. Mohon bantuannya pak heri, ni saya mau beli hp yang spesifikasinya kartu 2 gsm+gsm atau gsm+cdma ga masalah, ada radio dan bisa direkam, radio bisa di speaker, ada blutooth, kualitas speaker mantap (nyaring) dan utk perekam suaranya peka, maaf ya pak kebanyakan ttpi ini kbutuhan yg saya butuhkan, mohon masukannya sy harus beli hp apa ya? terimakasih…..

  7. Pak Erwin, maaf saya baru sempat balas pertanyaan Bapak pada pagi ini.

    Kalau GSM-CDMA tidak ada yang memenuhi syarat. Sedangkan untuk GSM-GSM, yang paling mendekati adalah LG A230. Ia merupakan ponsel candybar dual on GSM-GSM. Siaran radio bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree. Siaran tersebut dapat direkam.

    Tersedia bluetooth. Suara speaker dan kepekaan perekam suara sih biasa-biasa saja. Layar yang tidak tajam dan bagian belakang ponsel yang terlalu polos murahan menjadi sisi minus A230. Harga barunya saat ini Rp 400 ribuan. Saya tak hafal tepatnya, namun maksimal Rp 425 ribu deh.

  8. Pak HSW,
    Saya ke marin ke WTC, bermaksud membeli Axioo vigo 350, kok gak ada ya ? Toko apa yg menjual dan sekarang harga berapa ? Trimakasih

  9. Malam, Pak. Saya kurang tahu siapa toko di WTC yang saat ini masih mempunyai stok Axioo Vigo 350. Saya coba carikan info dulu.

    Kalau mau coba ke Hi Tech Mall, coba cari di dilernya laptop Axioo. Andaikan mereka tidak ready stock, minimal mereka bisa membantu mencarikannya. Sebab, mereka kan tahu tempat kulakan Axioo.

    Harga terkini setahu saya Rp 1,499 juta.

  10. Terimakasih pak atas masukannya, tetapi saya cari di balikpapan tidak ada counter hp & distributor hp untuk penjualan hp merek lg, kalau boleh mohon bantuannya lagi ni pak herry apakah punya alamat untuk pembelian online ? mohon bantuanya ya pak….

  11. Pak Erwin,

    Lho… di Balikpapan tak ada penjual ponsel LG ya? Wah, malang sekali nasib ponsel Korea yang satu ini. 🙂

    Untuk pembelian online/jarak jauh, coba masuk ke http://www.garudateknik.com, Pak. Dia salah satu yang rutin berjualan ponsel LG di Surabaya. Kalau tipe yang dicari tak ada, coba kontak saja pengelolanya. Amat mungkin sebenanrya ada stok, tetapi belum diunggah ke web.

    Saya sendrii belum pernah bertransaksi online di http://www.garudateknik.com. Namun, saya sudah berkali-kali bertransaksi di toko nyata Garuda Teknik di WTC Surabaya. Barusan saya juga sudah konfirmasi kalau http://www.garudateknik.com benar milik mereka.

  12. iya nih pak sebenarnya sy tertarik sama hp ht gc30 karena melihat hasil review pak herry eh..ternyata jga tdk ada yang jual di bpp. terimakasih pak herry atas infonya, oh iya pak herry klo lenovo recomendded gak? sya baca postingan pak herry katanya recorder utk suaranya terbilang peka? terimakasih

  13. Waks.. di Balikpapan juga tak ada penjual HT Mobile? Padahal, Balikpapan kan kota besar tho. Saya pernah 3-4 kali ke sana untuk menghadiri acara atau menjadi pembicara seminar.

    Lenovo-nya yang tipe apa, Pak? Q350 dan A125 menarik. Kalau Q320 lebih baik dilupakan.

  14. Oh E156. Saya sendiri belum pernah menguji pakainya. Cuma memainkan sebentar milik seorang teman. Perekam suara E156 memang cukup peka. Seorang reporter radio bisnis di Surabaya memakainya saat wawancara dengan narasumber. Kata dia, rekaman yang dihasilkan lebih bagus daripada BlackBerry.

  15. Kabarnya Nokia 101 dan Nokia S30 lainnya punya ‘masalah’ di speakernya ya. Speakernya di back casing sehingga kalau kita pakai, suara lawan bicara kita bisa didengar orang lain. Benar ga bung Herry?

    Saya lagi tertarik beli Nokia 101 soalnya. Kalo cocok mau beli besok, rencana penggunaannya lebih sebagai backup phone. Saya biasa bawa 2 hp kemana-mana kebetulan keduanya saat ini adalah hp Android yg boros setengah mati. Jadi Nokia 101nya sehari-hari taruh di tas aja tanpa SIM Card, kalau salah satu atau salah dua (alias kedua hp Android) tewas karena kehabisan baterai tinggal pindahkan sim cardnya ke 101. Tentunya kalau 101nya ga lobat juga

  16. Pak Liat2aja,

    Kalau speaker phone diaktifkan, orang lain memang bisa dengar. Namun, kalau tanpa speaker phone, orang lain nggak dengar pembicaraan kita kok.

  17. pak herry, mau nanya dong. kalo nokia 101 ini sebenernya dual sim card dual on ga sih? di beberapa forum ada yg bilang dual sim card tapi ga dual on. yg bener yg mana ya pak?
    satu lagi, saya lagi cari hp dual on gsm-gsm cuma untuk telp & sms. ga butuh fitur lain. rekomendasi bapak merk & tipe apa?
    makasih ya pak…

  18. Pak Ari, Nokia 101 beneran dual on dual standby kok. Ia boleh dicoba untuk memenuhi kebutuhan Bapak.

    Kalau ingin yang suaranya lebih empuk dan berfitur lebih lengkap, bisa melirik Nokia C2-00, C2-03, dan Alcatel one touch 813D.

  19. Pak Herry, saya baru baca tulisan bapak tentang LG A190. saran bapak, lebih bagus beli LG A190 atau Nokia 101 pak? ini cuma untuk telp dan sms aja pak.
    oh iya, ijin follow di twitter ya pak…

  20. Pak Ari, perlu ketersediaan slot kartu memori atau tidak? Kalau tak perlu, saya lebih menyarankan LG A190. Harga lebih murah, suara earpiece juga lebih enak daripada 101.

  21. om herry mau nanya
    nokia gsm yang isi menunya mirip dengan nokia cdma 1255 apa ya?
    maklum hpnya untuk orang tua yang biasanya pake nokia cdma 1255, ortu minta dibeliin hp gsm karena kalo isi ulang pulsa lewat voucher elektrik sering trouble gak masuk2, selain itu, kerabat juga udah pada jarang yang punya nomor cdma
    kalo saya lirik nokia 1280, menunya udah beda banget dengan nokia cdma 1255
    terima kasih tanggapannya

  22. Pak Heidy,

    Terus terang saya sudah lama tampilan menu 1255 seperti apa. Coba cek Nokia 2330 Classic, Pak. Itu tampilan menunya masih ala Nokia lama. Siapa tahu ternyata mirip dnegan 1255.

  23. Oh ya, harga baru 2330 Classic saat ini Rp 299 ribu. Sebagian toko masih jual di rentang harga Rp 310 ribu sampai Rp 320 ribu.

  24. Maaf mau tanya, apa benar kalau nokia 101 bermasalah saat menerima telepon? katanya bnyk yg blg nokia 101 kalau terima telpon otomatis masuk ke loudspeaker? apakah benar seperti itu?

    Terima kasih…

  25. Pak Darus,

    Selama berminggu-minggu memakai 101, saya tidak sekali pun mengalami panggilan telepon otomatis masuk ke loudspeaker. Dua unit 101 yang berbeda pernah saya pakai dan hasilnya sama.

  26. Saya lagi nyari Lenovo Q350, mohon rekomendasinya di mana saya bisa beli secara aman. kmrn sempat hampir ketipu di kaskus, untungnya uang dibalikin.

  27. Pak Sakakiwa,

    Lenovo Q350 sudah lama diskontinyu. Jadi, sudah sangat sulit menemukan penjual ponsel tersebut.

  28. saya mau tanya pak.
    saya sedang mencari hp yg fungsinya hanya untuk tlp dan sms saja tpi baterai nya tahan lama klau bsa awet berminggu2, namun harganya murah. sekitar 200rb an ..
    hp apa yang bisa pak herry recomendasikan untuk saya ?

    Terimakasih.

  29. maaf pak herry mengganggu waktu bapak .
    saya mau tanya pak kalau hp polytron W8570 itu harga sekarang di bulan april 2016 berapa ya kira2 pak? terimakasih

  30. Salam kenal pak Herry.
    saya ingin membeli hp candybar dualsim dibawah 300rb. yang menurut bapak paling recomended apa pak? terimakasih.

    1. Pak Fajar A.P.,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Hmm… kalau di bawah Rp 300 ribu saya belum punya rekomendasi. Kalau sekitar Rp 400 ribu, ada Nokia 215.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *