Kini Tersedia Konsultasi Ponsel via WhatsApp

Mulai 10 Oktober 2020 tersedia layanan konsultasi ponsel via WhatsApp yang dijawab sendiri oleh Herry SW alias HSW. Layanan ini merupakan layanan berbayar dengan tarif Rp50.000 untuk tanya jawab sepuasnya selama 15 menit. Perhitungan waktu dimulai ketika kedua pihak telah menyatakan siap.

Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke rekening BCA, Dana, Go-Pay, Ovo, atau Shopee Pay. Klien bebas memilih jalur pembayaran yang diinginkan.

Berminat? Inilah langkah-langkahnya:

  1. Kirimkan pesan WhatsApp ke 0811 70 9900. Sampaikan kalau Anda ingin menggunakan layanan berbayar konsultasi ponsel.
  2. Tuliskan pertanyaan Anda dengan detail dan lengkap. Mohon tidak menggunakan singkatan, termasuk menuliskan tipe ponsel tanpa mengindahkan nama bakunya. Misalnya, Zenfone 6 disingkat ZF6 atau Redmi Note 9 disingkat Reno 9.
  3. Tunggulah balasan dari HSW. Bila HSW menyatakan bersedia menjawab pertanyaan, Anda dipersilakan mentransfer pembayaran. Bukti transfer lalu dikirimkan via WhatsApp.
  4. Sebaliknya, jika karena alasan tertentu HSW menolak menjawab pertanyaan, transaksi langsung dinyatakan berakhir. Misalnya, isi pertanyaan di luar kompetensi. Anda tidak perlu membayar biaya apa pun.
  5. Setelah kedua pihak menyatakan siap, konsultasi berupa percakapan teks dua arah dimulai. Durasi tanya jawab maksimal 15 menit.
  6. Bila durasi waktu konsultasi berakhir, tetapi Anda masih ingin mengajukan pertanyaan, silakan membeli sesi tambahan dengan tarif sama. Yaitu, Rp50.000 per maksimal 15 menit.

Andaikata Anda memiliki masukan terkait layanan berbayar konsultasi ponsel, silakan mengetikkannya di kolom komentar.

Terima kasih.

135 thoughts to “Kini Tersedia Konsultasi Ponsel via WhatsApp”

  1. Pak kalau konsultasi tapi bukan menanyakan rekomendasi pilihan smartphone apakah bisa juga? Saya memiliki masalah terkait pesanan online melalui website resmi sebuah brand smartphone namun belum menemukan solusi hingga 2 bulan lebih.

    1. Pak Raihan,

      Bisa. Kalau ternyata yang Anda tanyakan di luar kompetensi saya, saya akan jawab “maaf tak bisa menjawab” dan konsumen tak perlu membayar.

    2. Konsultasi yg free lwt web ponselmu apa msh bs pak?
      Mau tnya smartphone hrga max 4jt an (klw ada yg 3jt an)
      Ram minimal 8Gb internal 128.
      Fast charging minimal 30watt.
      Layar amoled.
      Gegas dipakai.

      Ada rekomendasi apa tidak pak?

    1. Pak Agus Banjar,

      Terima kasih atas komentarnya.

      Konsultasi gratis tetap tersedia di blog ini kok. Kalau ingin lebih dua arah dengan cepat, silakan memanfaatkan layanan berbayar via WhatsApp.

  2. Pak kalo menurut Bapak secara kualitas dan ketahanan handphone antara redmi dan realme bagus mana karena keduanya seperti musuh buyutan bikin bingung pembeli, terimakasih

  3. Pak Herry, disebutkan diatas bahwa ..”Percakapan teks dua arah secara berkesinambungan dan real time bukan mustahil terjadi.”. Berarti bisa saja dalam chat tsb setelah dijawab, nanya lagi, dijawab, nanya lagi (chatnya jadi panjang). Apakah tidak lebih baik tarifnya dihitung per 5 menit Rp 10.000 misalnya? Sebab jika ada orang bawel, chatnya nggak kelar2 masa tetap bayar Rp 10.000 ?

    1. Pak Raden Mas,

      Per lima menit Rp10.000? Hmmmm… mungkin bisa dipikirkan skema tarif durasi, tetapi tidak semurah itu. Misalnya, Rp100 ribu per 30 menit. Selama setengah jam konsumen boleh bertanya sepuasnya.

  4. Pak Herry, adakah ponsel brand lain yang memiliki fitur yang sama kayak ponsel #coret itu yaitu autofill pass ? yakni penggunaan pin/password yang bisa disave dengan fingerprint, jadi masukin pin/password bisa digantikan dengan fingerprint saja. Fitur apa namanya kalau di brand lain ?

    Thankyou

    1. Pak Purwodani,

      Saat ini saya sedang memakai Realme 7 Pro dan Poco X3 NFC. Untuk login ke Ovo, membayar memakai Shopee Pay, dll saya cukup menyentuhkan jari ke sensor sidik jari. Tidak usah mengetikkan PIN lagi.

      Sepertinya tidak ada nama khusus atas fitur tersebut di ponsel ini, Pak.

  5. Ko Herry mau tanya rekomendasi hp utk istri saya, hp lama istri saya oppo f1 plus yang telah 5 tahun menemani hingga kemarin akhirnya menyerah karena mesinnya mati. Nah bingung mau cari pengganti hp dengan budget sekitar 3 jutaan dengan kriteria : kapasitas penyimpanan besar, kamera oke (karena terkadang utk foto luka atau part tubuh krn kerjaannya dokter), tidak lemot dan kapasitas baterai cukup besar.
    Terima kasih ko

    1. Pak William Ardhana,

      Rp3 jutaan ini maksimal berapa ya? Sebab, Rp3,999 juta pun masih termasuk Rp3 jutaan.

      Kalau semurah mungkin, ya berarti Redmi Note 9 Pro 6/64. Kalau anggaran sampai Rp3,999 juta, silakan meminang Realme 7.

    1. Pak Dondochakka Birstanne,

      Belum ada ponsel bernama Xiaomi Note 8 Pro dan Xiaomi Note 9 Pro.

      Kalau yang dimaksud Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 9 Pro, saya lebih merekomendasikan yang kedua. Sebab, kameranya jauh lebih bagus daripada Redmi Note 8 Pro. Proses pengisian daya juga lebih cepat. Kinerja lain minimal setara Redmi Note 8 Pro.

  6. Siang ko herry,

    Happy long weekend.
    Ko mau tanya soal smartwatch nih, huawei watch gt 2 pro.
    Apakah worth to buy ko ? Saat ini masih punya amazfit stratos 2 sih ko.

    Thanks ko Herry.

    Waem regards,

    Indra

  7. Om Herry, saya ada anggaran 1jutaan kira kira HP yang kameranya bagus dan cukup ngegas juga untuk anggaran segitu apa Om, terimakasih

      1. Pak Djauhari Amin,

        Tidak bisa menghasilkan foto deh. Lha tidak ada Poco X3 NFC dan Redmi Note 9 Pro dengan varian 4/64.

        Anggap varian yang lebih tinggi ya. Untuk low light dan swafoto, Poco X3 NFC saya nilai lebih bagus. Selain dua poin itu, kamera Redmi Note 9 Pro lebih prima.

        1. Sore Pak Herry, saya bingung dalam memilih antara Samsung A51 atau Reno 4f. Penggunaan lebih ke videografi/pembuatan konten dan sedikit produktifitas.

          Mana yang lebih bisa diandalkan untuk waktu yang lama. Terimakasih pak

  8. Koh Herry mau tanya,

    Tersedia budget maksimal Rp1,5 juta. Untuk orang tua yang first time user android lebih baik beli yang mana? Redmi 9A, Redmi 8A Pro, atau Redmi 9C? Atau ada rekomendasi ponsel lain?

    1. Pak Rizal Prasetya,

      Langsung lupakan Redmi 9A dulu ya.

      Kalau boleh tanpa sensor sidik jari, silakan beli Redmi 8A Pro. Kalau harus ada sensor sidik jari, ya berarti Redmi 9C.

      1. Koh mau tanya lagi,

        Kalo ponsel Realme seri C termurah menurut Koh Herry yg recommended apa ya? Asumsinya budget bisa menyesuaikan. Kebutuhan hanya pemakaian standar untuk orang tua.

        1. Pak Rizal Prasetya,

          Minimal C15. Namun, kalau sudah menyentuh harga Rp1,999 juta seperti itu, mending nambah sedikit sekalian dan beli Redmi Note 8. Varian 4/64 baru dan bergaransi resmi maksimal Rp2,15 juta. Performa umumnya jauh lebih baik.

  9. Selamat siang Pak Heri,

    Pak mau tanya Xiaomi Redmi 9 4/64 dengan Realme C15 4/64, rencana digunakan ibu saya yg setiap hari untuk medsos dan streaming video. Menurut Pak Heri dari 2 produk diatas lebih baik yang mana ya?. Terima kasih.

  10. Selamat malam koh Herry, saya mau bertanya mengenai massa penggunaan ponsel yg ideal, saya pengguna ponsel redmi 9 dan saya mau memakainya dalam waktu lama, tips utk ponsel tetap awet utk 3 atau 5 tahun kedepan bagaimana ya? Tks

    1. Pak Gilang,

      Saran yang akan saya berikan kelihatan konyol, tetapi ya memang caranya begitu, apalagi bila yang dibeli ponsel sekelas Redmi 9.

      Bagaimana? Gunakan ponsel dengan intensitas rendah dan harus sabar. Sebab, jangankan 3-5 tahun, tahun depan pun spesifikasi Redmi 9 sudah mulai terasa ketinggalan.

  11. Om herry. Saya minta rekomendasi smartphone yang layak dibeli dengan dana maskimal 2 juta om.
    Saya mau beli 2 smartphone buat hadiah keponakan saya yang kembar om.

  12. Selamat Malam Pak Heri.

    Untuk ponsel di rentang harga 3 juta sampai 3,999 juta, ponsel apa yang terbaik dikelasnya?
    Inginnya yang buat main game, gegas multi tasking, battery besar tahan lama, cepat ngecashnya, kamera bagus, ada NFC, ada sidik jari.

    Kalau Redmi Note 9 Pro 8/128GB dengan Realme 7,mana yang lebih bagus?

    1. Pak Wahyudi,

      Silakan melirik Realme 7. Harga ritel resminya Rp3,999 juta. Namun, di loka pasar daring Anda bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp3,5 juta.

      Saya lebih condong ke Realme 7.

      1. Selamat Malam Pak Heri,

        Kalau Redmi Note 9 Pro 8/128GB dengan POCO X3 NFC 8/128GB, mana yang lebih bagus?
        Dengan kriteria yang sama : Inginnya yang buat main game, gegas multi tasking, battery besar tahan lama, cepat ngecashnya, kamera bagus, ada NFC, ada sidik jari.

        1. Pak Wahyudi,

          Di berbagai poin kriteria yang Anda sebutkan, dua ponsel itu boleh dibilang imbang. Khusus di poin kamera, cara memilihnya begini:
          * Lebih sering memotret low light atau memakai kamera depan: beli Poco X3 NFC.
          * Lebih sering memotret di tempat terang dan luar ruangan: beli Redmi Note 9 Pro.

  13. Pak Herry,

    Apakah kamera belakang redmi note 9 pro baiknya diberi lapisan pengaman, kalau ya mungkin ada rekomendasi?

    1. Pak Basio,

      Kalau lapisan pengaman yang dimaksud adalah melekatkan pelindung tambahan ke permukaan lensa kamera Redmi Note 9 Pro, menurut saya, sebaiknya tidak dilakukan. Merujuk kepada pengalaman pribadi, penggunaan pelindung tambahan semacam itu bakal mengurangi kualitas foto yang dihasilkan.

      Saran saya, untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kamera ponsel, lebih baik carilah case yang:
      1. permukaan di sekitar kamera belakangnya cukup tinggi, atau
      2. menutupi area di sekitar kamera belakang. Permukaan case sedikit menonjol. Hanya lensa kamera yang terbuka.

      Berikut saya berikan satu contoh https://www.tokopedia.com/droidcaseid/case-xiaomi-redmi-note-9-pro-rugged-shield-armor-hitam?whid=0

  14. Halo pak Herry
    Lama ga ada artikel review ponsel lagi, saya termasuk pengunjung setia blog ini
    Kalo boleh tau alasannya pak?

    Sedang bimbang antara poco x3 atau redmi note 9 pro.

    Harga mirip namun yang saya ingin tanyakan dari sisi kamera dan daya tahan baterai

    1. Pak Rizki,

      Reviu ponsel kini lebih banyak saya lakukan di Twitter @herrysw dan Instagram @herrysw. Untuk mempermudah pencarian, mulai Oktober 2020 di setiap reviu baru saya tambahkan tagar dengan format #HSW. Misalnya, #HSWPocoX3NFC dan #HSWRealme7Pro. Penulisan huruf besar kecilnya bebas.

      Poco X3 kan tidak beredar resmi, Pak. Jadi, ya langsung Redmi Note 9 Pro saja.

      1. Wah maaf kurang NFC dalam penulisan poco x3 nya (jadi maksudnya poco x3 NFC berbanding redmi note 9 pro)

        Dari sisi kamera dan daya tahan baterai.

        Ig dan twit? Wah kedua medsos itu bikin tidak fokus membaca sebuah review pak, karena tidak tersaji gamblang layaknya blog (artikel akan terpotong atau terpisah dalam beberapa postingan)

        1. Pak Rizki,

          Baterai sedikit lebih awet Redmi Note 9 Pro.

          Untuk kamera, Poco X3 NFC unggul di kamera depan dan low light. Selain dua hal itu, kamera Redmi Note 9 Pro lebih menarik.

        2. Menurut prediksi om herry merger antara indosat dan 3 yang jadi pemilik utama nanti siapa om ?
          Indosat atau 3

  15. Selamat Pagi Pak Herry.

    Saya sedang mencari handphone dengan rentang harga 1-2 juta untuk istri saya. Paling mentok di angka 2.5.
    Pemakaian standard saja (untuk sosial media, youtube, ambil foto sesekali). Apakah Pak Herry ada saran? Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Faiz,

      Redmi Note 8 (bukan Redmi Note 9). Varian 4/64 bisa didapatkan dengan dana maksimal Rp2,15 juta.

  16. Pak Herry, mau tanya dong. Saya kan baru saja pindah rumah. Ternyata di tempat baru ini sinyal hampir semua operator buruk. Dan belum ada “perwifian” yang masuk. Memang desa sih, tapi sebenarnya tidak pelosok lho. Masih dekat dengan jalan raya utama. Yang paling mending itu Telkomsel dan kebetulan saya memang pakai itu. Untuk Telkomsel, jika mendapat sinyal 4G meski hanya 1 bar, saya masih bisa buka youtube dengan lancar, tapi begitu sinyal pindah ke 3G, yang padahal ada beberapa bar, koneksinya seperti mati. Tidak bisa sama sekali. Jangankan youtube, kirim Whatsapp saja ada lambang jam.

    Anehnya, keadaantersebut hanya terjadi jika ponsel berada di separuh rumah bagian depan. Jika ponsel berada di separuh rumah bagian belakang, sinyal 4G stabil lancar jaya dan 3G pun masih bisa akses internet. Saya sudah sambat ke Customer Service di twitter, dan disuruh menyebutkan beberapa data spesifik. Katanya akan ditindaklanjuti, tapi sampai saat ini tidak ada hasil.

    Yang ingin saya tanyakan, saran dari Pak Herry, langkah apa yang bisa saya tempuh untuk mengubah keadaan ini, kalau lapor ke CS di Twitter sepertinya masih kurang?

    1. Pak Argha,

      Kuncinya di belanja pulsa Telkomsel Anda per bulan nih. Berapakah tagihan atau konsumsi pulsa Telkomsel per bulan?

      Kalau jutaan rupiah per bulan, peluang segera dibenahi akan jauh lebih besar daripada jika pemakaian Anda hanya beberapa puluh ribu per bulan. Sebab, optimasi jaringan seperti yang Anda butuhkan menganut skala prioritas. Prioritas itu salah satunya ditentukan oleh besaran pemakaian pulsa atau tagihan pengguna.

      1. Pemakaian saya hanya antara 100-200 ribu sih, Pak. Tapi warga di sini hampir semua pakai Telkomsel. Wah, minim kesempatan untuk dibenahi ya.

        Tapi, Pak, internet lambat itu hanya terjadi di rumah bagian depan. Di bagian belakang lancar sekali. Kenapa bisa begitu ya? Apakah tembok yang tebal bisa menghalangi sinyal?

        1. Pak Argha,

          * Iya, Pak. Apalagi, dalam kasus Bapak, saya lebih condong menduga karena masalah kontruksi rumah Bapak atau (jika ada) terhalang bangunan di sebelah/dekat rumah.

          * Ya, tembok tebal tentu bisa menghalangi sinyal.

  17. Om saya ada rencana mau beli realme c17 tertarik karena kapasitas ram & memorinya yg besar.
    Apa realme c17 termasuk layak d harga segitu ? Atau ada pilihan ponsel yg lain ?

    1. Bu/Pak Aulia,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Realme C17.

      Harga Realme C17 di kisaran Rp2,7 juta. Hmmm… pilihan lain yang mendekati (mesti tambah dana sih), pernah saya coba, dan saya rekomendasikan adalah Realme Narzo 20 Pro.

  18. Koh saya mau tanya, antara Redmi Note 9 atau Redmi Note 8 pilih yang mana? Dan mengapa?

    Terima kasih.

    1. Pak Rizal Prasetya,

      Redmi Note 8. Jangan beli Redmi Note 9 walaupun keluaran lebih baru. Di luar dugaan, ponsel itu ternyata lemot dan kameranya buruk.

  19. Om herry.
    Kucing di rumah nya om herry
    di kasih makanan kucing merk apa ?
    Kok katanya enggak doyan
    Kalau saran dari saya coba di kasih makanan kering
    Merk BOLT tapi yang bentuk ikan kecil.
    Kucing pada demen..
    Harganya masih lumayan terjangkau 20rb/kg.
    Sama di sediakan minum 1 ember kecil aja om diteras
    Kalau menurut orang dulu nanti om herry,
    om herry di doain sama kucing nya
    supayabanyak rejeki amin.

    Soalnya terbukti om di bakul sayur mlijo.
    Yang biasanya bakul e ngasih betetan ikan
    Bakul e ramai om pembeli.
    Ada juga bakul mlijo yang ngusir kucing karena
    Takut dagangan e dicuri..tapi akhire yo sepi..
    Begitu juga dengan warung warung om..

    1. Pak/Bu Delkaty,

      Karena tak paham perkucingan, saya ke toko makanan kucing dan minta rekomendasi dari penjual.

      Yang pertama kali diberi makanan kucing kering warna cokelat. Tak ada mereknya. Satu bungkus ukuran sedang (perkiraan saya beratnya setengah kilogram) harganya Rp10 ribu. Para kucing lumayan suka memakannya, walaupun mereka lebih suka kalau diberi roti lemper atau nasi krengsengan.

      Ketika makanan itu habis, saya beli lagi di toko berbeda dan disarankan merek My Pet. Warna cokelat, bentuknya seperti ikan. Harganya Rp20 ribu satu kilogram. Nah… kali ini para kucing kurang suka. Saat saya beri makan, kadang mereka hanya mengendus sebentar lagi meninggalkannya. Beberapa jam kemudian (mungkin saat itu merasa lapar sekali) mereka datang lagi dan baru memakannya.

      Btw, kalau berusaha masuk ke rumah atau menggigit sepatu/sandal di teras, duet kucing itu saya usir juga sih.

      Oh ya, saya sekalian tanya. Barangkali Bapak/Ibu tahu. Usai kucing bermain-main atau tidur, seringkali teras atau halaman rumah saya berbau amis. Apakah memang begitu?

      1. Pada dasar nya kucing kan omnivora om
        Nasi, tempe ya doyan kan om hahaha.

        Kalau saya pakai bolt karena real 1kg om
        Ada beberapa merk lain bilang 1kg
        tapi isi nya cuma 800gr-900gr.

        Tapi bolt ada 2 versi berat om
        1kg 20rb, 800gr 17rb
        jadi jangan salah pilih om
        Biasanya ada petshop nakal
        sing 800gr di jual dengan harga 1kg.

        Bolt itu ada untuk kucing sama anjing juga om.
        Juga semerk sama makanan ikan takari

        Kalau bau amis enggak sih om.
        Soalnya aku juga punya kucing ras sama
        kucing kampung.
        Yang kampung saya lepas.
        Tapi kalau ngasih makan kampung
        biasanya kucing kampung yang lain
        pada datang dan nimbrung om minta makan.

        Iya om diteras aja jangan sampai masuk rumah om.
        Kadang ada juga type kucing yang nakal masih mencuri padahal sudah di kasih makan kayak manusia om.
        Di kasih hati minta ampela hahaha

        1. Pak/Bu Delkaty,

          Terima kasih atas pencerahannya.

          Hmmm… jadi bau amis ini kira-kira dari mana ya? Dugaan terbesar saya sih dari si kucing.

          Sejak mereka sering mampir, teras rumah yang biasanya disikat dan disabuni seminggu sekali menjadi harus dibersihkan paling lambat dua hari sekali.

          1. Om kucing nya cowok apa cewek ?
            Lek cowok biasanya pipis buat ngasih tanda.
            Biasanya bau e pesing om.
            Kalau cewek bau amis itu biasa e kucing yang baru melahirkan atau kucing nya menstruasi

  20. Koh, Untuk anggaran 4-4.5jt apakaah masih layak beli Realme 7 Pro, atau lebih baik menunggu beberapa saat dulu?

    apakah dari Koh Herry ada rekomendasi lain?

    1. Pak/Bu Icha Rakhma,

      Masih layak dong. Silakan membeli Realme 7 Pro. Harga ritel resmi Rp4,599 juta. Harga di pasar daring di bawah itu.

        1. Bu Icha Rakhma,

          Daripada menunggu dalam ketidakpastian, kalau memang perlu sekarang ya beli yang ada dulu saja.

  21. permisi, saya mau tanya rekomendasi penggunnan HP untuk jangka lam 3 tahun ke atas, dengan pemakain Game sekali-kali, dan aplikasi, dengan pilihan Samsung m31 vs oppo a92 yang mana pak? atau bapak ada rekomendasi hp lain dengan harga 3.5 juta ke bawah
    terima kasih.

    1. Pak Nizom,

      Kalau pemakaian tiga tahun atau lebih lama lagi, carilah ponsel flagship. Tentu saja harganya lebih dari Rp3,5 juta.

      Kalau anggaran Rp3,5 juta ke bawah, ponsel itu cocoknya dipakai selama maksimal dua tahun.

        1. Bu Yuni Saraswati,

          Baik-baik. Mereka setiap hari masih mampir ke rumah.

          Saya yang malahan mengurangi intensitas berinteraksi dengan mereka karena alergi bulu kucing saya kambuh. Kalau dulu usai memberi makan kadang mereka saya ajak bermain-main, kini setelah memberi makan langsung saya tinggal masuk rumah.

    2. Om.herry kira kira jaringan 2g masih bertahan sampai kapan om herry ?
      Saya mau membelilakan hp baru buat ortu saya buat menggantikan nokia 100 om, sebenarnya nokia nya masih bagus. Cuma LCD nya udah banyak garis garis nya. Mau saya ganti LCD banyak yang menolak karena tidak melayani hp lawas om,
      Rencana mau saya belikan Nokia 105 om herry.
      Takut nya nanti habis beli jaringan 2g mati belum sampai pemakaian 2 tahun..
      Pakai operator XL om herry.

      1. Bu Ria Ninast Margono,

        Regulator belum menerbitkan tanggal vonis mati 2G. Sampai dua tahun mendatang mestinya masih aman.

  22. Om herry saya di kasih lengsuran
    hp nokia 3110c sama kakak saya.
    Yang saya tanyakan kalau dulu
    nokia resmi itu kan yang ada stiker nokia yang bentuk nya lingkaran kan om ? Apa benar om ?
    Oya om apa ada recomendasi merk baterai
    BL 5C untuk Nokia 3110c ?
    Soalnya cari yang ori pasti udah punah.

    1. Bu Elsa Oktavia,

      * Iya, seingat saya ada stiker bundar warna putih biru.
      * Cobalah mencari merek Wellcomm atau Hippo.

      1. Iya om untuk hp keluaran 2006 keatas seingat saya ada stiker lingkaran putih biru nokia,
        Kalau 2006 kebawah seperti N70. 7610. 3220 seinget saya kalau yang resmi ada tulisan postel + tahun.
        Benar kan om herry .?

  23. Koh minta rekomendasi hp antara realme narzo 20 pro dan poco x3 nfc, atau lebih baik menambh anggaran untuk hp yang harganya sedikit diatas dua tersebut tapi spek yang didapat naik sangat signifikan? Mohon petunjuknya koh herry terimakasih

    1. Pak Spermanologhy,

      Kalau Anda bisa mendapatkan Poco X3 NFC dengan harga normal dan tidak memerlukan kecepatan pengisian daya supercepat, silakan ambil Poco X3 NFC.

  24. Ko Herry,
    kalau misalnya HP Poco X3 NFC saya sekarang support 33 Watt pengisian dayanya dan kalau saya mengantinya dengan cas xiaomi pengisian daya 10 Watt untuk ditinggal tidur saat cas apakah bisa merusak baterai HP saya ?

    dan menurut ko Herry utk cas 33 watt dan 10 watt di cas ke hp Poco x3 NFC mana lebih awet untuk jangka panjangnya biar baterai tidak cepat drop atau rusak ?
    Terima Kasih..

  25. Om kalau beli hp nokia fitur phone. Enaknya yang distributor erajaya apa parastar om herry.?

  26. Selamat pagi, Pak Herry.

    Izin bertanya, saya punya dana 3 – 4 juta. Kira-kira handphone apa yang cocok di range harga tsb? Saya butuh handphone yang gegas, kamera bagus, baterai awet, kalau bisa ada NFC. Apabila ada yang harganya di atas budget saya (misal: 4.2 juta), tidak apa-apa.

    Mohon sarannya. Terima kasih banyak.

    1. Pak/Bu Gin,

      Tergantung tipe sih. Kualitas ponsel sebenarnya tidak buruk. Namun, harganya memang seringkali di atas rata-rata.

      Jika Anda tertarik membeli ponsel Oppo, saran saya, mending tunggu sekitar sebulan setelah peluncuran. Carilah di pasar daring. Biasanya bakal dapat harga yang lebih bagus.

    1. Pak Haris,

      Yang satu sepertinya agak sakit. Dua hari ini tidak mau makan. Bahkan, walaupun kemarin sengaja saya belikan makanan kucing merek Whiskas yang konon sangat disukai kucing.

    1. Pak Okii Yokawa,

      Redmi 8A:
      * Kamera belakang hanya satu.
      * Hanya tersedia varian RAM 2 GB.
      * Saat ini sudah diskontinyu.

      Redmi 8A Pro:
      * Kamera belakang ada dua.
      * Tersedia varian RAM 2 GB dan 3 GB.
      * Hingga saat ini masih tersedia di pasar.

  27. Om herry sekarang kan baterai hp sudah gede gede dan support pemgisian cepat.
    Dan effect nya sekaramg saya tidak pernah pakai powerbank.
    Saya Boleh minta tips merawat powerbank yang nganggur om ? Supaya umur baterai e panjang.

    1. Pak Bondan Priambodo,

      Iya, Pak. Powerbank yang saya miliki kini juga lebih banyak menganggur. Biasanya baru terpakai bila listrik di rumah padam. Powerbank itu lalu saya padukan dengan lampu LED USB untuk memberikan penerangan.

      Perawatan yang saya lakukan sederhana. Secara berkala sisa daya powerbank saya periksa. Jika sisa daya kurang dari 25 persen, maka powerbank tersebut akan saya charge.

  28. Iya, om itu sudah 4-5 bulan lebih tidak pernah saya pakai indikator nya masih penuh om, apalagi sekarang whf kerja dirumah saja om,

    1. Pak Basio,

      1. Xiaomi mengambil profit margin rendah. Maksimal 5%.

      2. Layar bukan memakai AMOLED, melainkan IPS.

  29. Om herry.
    Saya kan pakai xiaomi redmi note 8.
    Charger bawaan nya kan 2A. (10watt)
    Itu mau saya belikan charger yang 18 watt.
    Tapi kata teman saya lebih baik pakai 10w saja.
    Supaya umur baterai bisa panjang.
    Karena 18w lebih panas dari 10w.
    Apa benar om herry kalau pakai 10w vs 18w.
    Umur baterai lebih panjang yang 10w ?
    Kata nya musuh terbesar baterai panas om herry.

    1. Bu Dwi Vita Lestari,

      Ya. Slow charging akan lebih bagus untuk usia baterai dalam jangka panjang. Namun, seiring mobilitas dan meningkatnya intensitas penggunaan ponsel, tak jarang pengguna membutuhkan kecepatan pengisian yang lebih tinggi. Produsen ponsel pun terus mengembangkan teknologi pengisian daya sehingga proses charging bisa lebih cepat tanpa menimbulkan panas yang berlebihan.

      Kalau Anda memerlukan pengisian daya yang lebih cepat, menurut saya, silakan lanjut membeli pengisi daya yang mendukung Quick Charge 3.0.

  30. Om herry selama ini sudah menguji aneka ponsel.
    Kira kira ponsel apa yang baterai nya paling irit ala pemakaian om herry ? Boleh minta saran rekomendasi nya om yang dana nya maksimal 3-3.5 juta ya om terima kasih ?

    1. Bu Belda Avisa Dewanti,

      Di antara berbagai tipe ponsel yang saya coba pada 2020, Nokia 5310 memiliki daya tahan baterai terbaik. Di tangan saya, sekali charge bisa bertahan sepuluh harian. Harga barunya Rp600 ribuan.

      Bila smartphone, di kisaran harga yang Anda sebutkan, saya merekomendasikan Redmi Note 9 Pro.

  31. Koh Herry, ponsel merek oppo / redmi yang spesifikasi dan harga nya mirip2 dengan Realme 7 pro apa ada?

    Makasih.

  32. Ko Herry, Realme watch S Pro apakah dijual di toko-toko ponsel offline? (spt di toko ponsel di wtc,marina) atau hanya di toko realme online offline?
    terima kasih.

    1. Pak Sutoyo,

      * Lebih mengutamakan kegegasan: Redmi 9 4/64.
      * Lebih mengutamakan kamera dan daya tahan baterai: Poco M3 4/64.

  33. Om herry. Kalau di hp samsung ada fitur nonaktifkan pengisisan daya cepat. Kalau di hp xiaomi redmi note 9 apa ada fitur itu om ? Saya mau ganti ke hp tersebut om

    1. Pak Dachar Amirul Hamzah,

      Oh ada ya?

      Di Redmi Note 9 tak ada. Namun, pengisian baterai di Redmi Note 9 kan memang tidak terlalu cepat. Kalau belum terlanjur beli, saran saya, jangan beli Redmi Note 9. Jelek.

      1. Jelek nya apanya om herry redmi note 9 ?
        Sebenarnya saya tertarik redmi note 8.
        Soalnya baterai nya mirip yang di pakai redmi 7 pakai baterai type bn46. Jadi paling tidak sparepart batrrai nya masih ada temen nya jadi gampang di cari.
        Kayak bb 8520 gemini baterai nya sama 9300 kepler.
        Bb 9320 armstrong sama dengan davis 9220

        Gimana menurut om herry ?

        1. Pak Dachar Amirul H.,

          Lemot dan kamera jelek.

          Ya, mending beli Redmi Note 8 daripada Redmi Note 9.

  34. Halo om herry.
    Saya dapat lengsuran hp nokia 5130 xpress music 2010
    dari paman saya. Tanpa baterai dan charger.
    Yang saya mau tanyakan.
    -hp ini apa bisa di charger dengan charger android yang micro usb. Soalnya di hp nya ada colokan micro usb sama colokan yang charger jarum kecil.
    -rekomendasi baterai BL 5C yang bagus merk apa ya om.
    Terima kasih om herry

    1. Pak/Bu Adek Setya Pratiwi,

      * Saya sudah lupa. Coba saja tancapkan charger micro USB 1-2 menit. Kalau proses pengisian daya bisa berjalan, berarti bisa di-charge pakai pengisi daya dengan konektor micro USB.

      * Kalau tak bisa menemukan yang orisinal Nokia, silakan melirik merek Wellcomm atau Hippo.

  35. Pak Herry,
    Antara Redmi 9, Realme Narzo 20, dan #SamsungCoret A12 🙂 secara performa overall mending mana? Dan kalau dari segi kamera saja mending mana ya pak?

    1. Pak Tio,

      Saya tak pernah memakai realme Narzo dan tentu saja si #SamsungCoret. Jadi, saya tak bisa menjawabnya.

      Redmi 9 sih lumayan bagus di kelasnya.

  36. Koh Herry,

    Apakah sudah ada ulasan tentang Poco M3? Secara keseluruhan bagaimana performa, kegegasan, dan kualitas hasil kamera dibanding Redmi 9? (asumsikan varian yang sama 4/64)

    Terima kasih.

    1. Pak Rizal Prasetya,

      Wah, kalau Redmi 9 4/64 vs Poco M3 4/64, saya tak bisa menjawabnya. Sebab, Poco M3 yang saya pakai varian 6/128.

      Dengan asumsi Redmi 9 4/64 vs Poco M3 6/128:
      * Performa keseluruhan: unggul Poco M3.
      * Kegegasan: nah… ini yang di luar dugaan saya. Poco M3 ternyata berkali-kali terasa tersendat ketika dipakai berpindah-pindah beberapa aplikasi.
      * Kamera: unggul Poco M3.

  37. Om herry masih pakai charger multiport antec nya ? Gimana om performa nya?
    Saya mau beli charger multi port kayak gitu
    Dengan dana 250rb saya berminat
    Vivan xq 4 (ada PD) atau vivan xq 5.
    Kira kira ada rekomendasi yang lain om herry ?

    1. Pak Menara Pamgestu,

      Sudah lama sekali charger Antec-nya pensiun, Pak.

      Vivan? He he he. Mending beli yang pasti-pasti deh. Kalau kebutuhan Anda cuma seperti charger Antec yang dulu saya pakai, beli saja charger Anker PowerPort yang ada embel-embel Lite. Yang lima colokan USB harga barunya kurang dari Rp300 ribu. Carilah di lokapasar (marketplace) favorit Anda dengan kata kunci “anker powerport lite”.

  38. Koh Herry,

    Saya mencari HP di kisaran budget 4 jutaan (maks 4,9juta). Boleh minta rekomendasinya koh? Penggunaan normal saja , baterai yang cukup memadai , kamera cukup bagus dan gegas.
    kalau bisa 2/3 model untuk rekomendasinya.
    terima kasih.

  39. Koh herry, ada rekomen ga HP budget 5jt lebih dikit (asal jangan kurang dari 5jt)
    Condong ke camera dan game, makasih koh

    1. Pak Unyil,

      Tadi saya langsung berpikir ke Xiaomi Mi 10T. Namun, harganya Rp5 juta lebih banyak ya. Tepatnya Rp5,999 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *