Kuning Satu, Hijau Dua

Setelah Optimus Dual SIM P698, Samsung Galaxy Y Duos, Motorola Defy Mini, HTC Desire V, dan Lenovo S880, kini ada satu lagi ponsel Android dual on GSM-GSM bermerek global yang memasuki pasar. Ia bernama lengkap Sony Xperia tipo dual. Sesuai yang tersirat pada namanya, ponsel itu dilengkapi dua slot kartu SIM.

Sepasang nomor GSM dapat disiagakan sekaligus di ponsel berlayar sentuh 3,2 inci beresolusi 320 x 480 piksel itu. Sampai salah satu nomor dipakai beraktivitas, dua nomor yang terpasang siap menerima panggilan telepon maupun SMS masuk. Satu nomor di antaranya bisa digunakan untuk menikmati layanan 3G dan HSDPA.

Selama siaga, dua indikator sinyal bakal terlihat di bagian atas layar Xperia tipo dual. Hanya dengan mencermati indikator sinyal itu, pengguna dengan mudah bisa mengetahui nomor mana yang sedang berfungsi sebagai default SIM.

Bila ikon SIM1 berwarna kuning, berarti saat itu SIM1 menjadi default SIM untuk panggilan telepon dan SMS. Langkah tercepat untuk mengubahnya, pengguna cukup satu kali menekan tombol pengubah SIM yang berada di sisi kanan bodi. Maka, ikon SIM1 spontan berubah warna menjadi putih, sedangkan ikon SIM2 menjadi hijau. Hal itu bermakna SIM2-lah yang kini bertugas sebagai default SIM.

Aneka personalisasi lain leluasa dilakukan pengguna terhadap dua nomor yang siaga. Misalnya, pengguna bebas menentukan nomor mana yang hendak dipakai berinternet. Pengguna juga bisa membedakan nada dering telepon dan nada SMS masing-masing nomor.

Xperia tipo dual memanfaatkan prosesor Qualcomm Snapdragon MSM7225AA dengan kecepatan 800 MHz. Memori internal ponsel itu berkapasitas 2,9 GB. Kalau dicermati, memori internal tersebut dibagi dua: phone memory sebesar 754 MB dan internal storage 2,15 GB. Saat ponsel baru dinyalakan untuk kali pertama atau usai diformat, sisa phone memory yang dapat dioptimalkan sekitar 483 MB. Kalau mau, pengguna bisa menyelipkan kartu microSD ke slot yang tersedia.

Radio FM, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan aplikasi Office Suite untuk membaca dokumen adalah sebagian spesifikasi lain Xperia tipo dual. Ponsel yang sekarang dibanderol Rp 1,649 juta itu mendapatkan tenaga dari baterai 1.500 mAh yang dapat dibongkar pasang. Ada satu hal unik yang penulis temukan. Merek yang tercetak di baterai tersebut masih Sony Ericsson, belum Sony.

Sebuah kamera tersedia di sisi belakang ponsel berdimensi fisik 103 x 57 x 13 mm dan berat 99,4 gram tersebut. Kamera tanpa autofocus maupun lampu kilat itu mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 2.048 x 1.536 piksel atau setara dengan 3,2 megapiksel. Kamera tersebut sanggup pula memproduksi klip video beresolusi VGA.

Selama sekitar seminggu penulis memakai Xperia tipo dual untuk berbagai keperluan. Di antaranya, mengecek email, memantau akun Twitter, dan membagikan koneksi internet ke peranti lain via Wi-Fi. Secara umum penulis merasa puas. Betapa pun, tiada sesuatu yang sempurna dalam segala hal. Layar yang mungil dan performa kamera yang tidak mengesankan adalah dua hal yang tak penulis sukai dari ponsel itu. Sesekali ponsel bengong sesaat ketika dipakai untuk menerima ratusan email per hari.

Kalau Anda tertarik dengan Xperia tipo dual, namun sebenarnya tak memerlukan fitur dual on GSM-GSM, silakan melirik Sony Xperia tipo. Ponsel itu dijual Rp 1,499 juta atau Rp 150 ribu lebih murah daripada Xperia tipo dual.

Perbedaan di antara dua ponsel tersebut praktis hanya pada jumlah kartu dan pilihan warna bodi. Xperia tipo merupakan ponsel dengan satu slot kartu kartu SIM. Bentuk fisiknya bak cermin pinang dibelah dua dengan Xperia tipo dual. Fitur dan spesifikasi lainnya juga persis sama. Xperia tipo tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, merah, dan biru. Sementara itu, Xperia tipo dual hanya memiliki dua pilihan warna: hitam dan perak.

36 thoughts on “Kuning Satu, Hijau Dua

  1. Dari berbagai merk & tipe ponsel yang Pak Herry sebutkan maupun yang sudah pernah Pak Herry uji coba, ponsel merk global apakah yang menjadi rekomendasi Pak Herry untuk dual sim on GSM-GSM dengan rentang harga di kisaran Rp 1 – 2 juta? Terima kasih.

  2. Pak Budi,

    Ini asumsinya Android merek global yang mendukung fitur dual on GSM-GSM ya?

    Kalau mau yang mungil, ambil Sony Xperia tipo dual. Kalau mau yang berlayar lebih lebar, silakan melirik Lenovo S880.

    Lupakan Samsung Galaxy Y Duos.

  3. terimakasih pak herry akhirnya aku menemukan review tipo dual disini,
    baru ini ada site yg mereview, kaskus aja belum loh(komen ini ditulis)
    selamat bung herry, setidaknya anda sudah mendapat 1 award dari saya -angkat topi-

  4. Pak Andi,

    Di WTC ada di lantai 1. Kalau di Plasa Marina berlokasi di lantai 3. Btw, untuk beli ponsel Sony bisa pula di toko-toko biasa lho.

  5. pak herry saya mau tanya, ko sim 2 sya ga bisa buat sms, cara mengaturnya bagaimana agar sim 2 jg bisa mengirim sms.?
    sim 1 saya juga tidak bisa untuk mengakses data. kenapa.?

  6. Pak Asep,

    1. Indikator sinyal di bagian atas layar saat ini berwarna apa? Kuning dan putih?

    Kalau iya, saat ingin mengirimkan SMS memakai nomor kedua, tekan tombol mungil di bawah tombol volume dulu.

    2. Sekarang berarti akses datanya pakai SIM2 ya, Pak? Untuk berinternet memakai SIM1, masuk ke setting, lalu pilih Dual SIM card dulu, Pak. Berikutnya, ubahlah SIM card for data traffic menjadi SIM1.

  7. P’ Herry saya mau tanya,

    1. Gimana cara meng-akses Internal Memori (ROM) pada Sony Xperia Tipo sepenuhnya, sehingga saya dapat mengatur penempatan semua aplikasi pada ponsel saya, (via Ponsel langsung dan via PC)?

    2. Kata P’ Hery “Kalau dicermati, memori internal tersebut dibagi dua: phone memory sebesar 754 MB dan internal storage 2,15 GB. Saat ponsel baru dinyalakan untuk kali pertama atau usai diformat, sisa phone memory yang dapat dioptimalkan sekitar 483 MB”.
    a. Apa beda nya phone memory dan internal storage?
    b. Apa itu berarti memori internal tipo di”PARTISI” menjadi 2 drive?
    c. Bagaimana menginstal aplikasi dengan pilihan Ditempatkan di phone memory atau dengan pilihan ditempatkan di internal storage?

    (Maaf klo pertanyaan saya berbelit2, tp itu karna saya memiliki masalah dalam mengelola internal memori ponsel Sony Xperia Tipo saya)
    THX.

  8. Pak x.r3y,

    1. Ketika menginstalasikan suatu aplikasi, aplikasi itu otomatis akan masuk ke ROM. Jadi, tak ada pengaturan tambahan lagi.

    2. a. Phone memory untuk instalasi aplikasi, sedangkan internal storage untuk menyimpan file multimedia.

    b. Ya, boleh dibilang seperti itu.
    c. Aplikasi yang diinstalasikan otomatis masuk ke phone memory. Tak ada pilihan saat proses instalasi.

  9. salam pak herry. mau tanya utk pembuatan grups di contact number dpt menampung brp nama/no hp?dan utk sekali mgirim sms dg tujuan ke grup apkh nama/no hp sesuai jumlah di grup ato dibatas?trims

  10. pak herry, saya mau tanya…
    dual sim saya koq ngga bisa diotak-atik ?ya…
    padahal saya udah bolak2 setting. sampai restart dan reset setting jg..
    mohon penjelasan.

    hanya sim 1 yang aktif.

  11. pak herry, saya mau tanya…
    dual sim saya koq ngga bisa diotak-atik ?ya…
    padahal saya udah bolak2 setting. sampai restart dan reset setting jg..
    mohon penjelasan.

    hanya sim 1 yang aktif.

  12. Pak Nandy,

    Mari kita pastikan dulu dua selot kartu SIM di Xperia tipo dual Anda berfungsi normal atau tidak. Caranya:

    1. Pasangkan satu kartu SIM saja di selot pertama. Nyalakan ponsel. Dapat sinyal? Kalau dapat, lanjut ke langkah kedua.

    2. Pindahkan kartu SIM yang terpasang ke selot kedua. Selot pertama biarkan kosong. Nyalakan ponsel. Dapat sinyal? Kalau dapat, lanjut ke langkah ketiga.

    Sebaliknya, kalau tidak dapat sinyal, coba gantilah kartu SIM di selot kedua dengan kartu SIM lain. Bila ternyata tetap gagal memperoleh sinyal, mungkin selot kartu SIM kedua bermasalah.

    3. Bila satu kartu SIM yang dipasangkan di selot pertama dan kedua (dipasang bergantian ya) sama-sama mendapatkan sinyal, berarti kedua selot kartu SIM mestinya tak bermasalah. Sekarang pasangkan dua kartu SIM. Satu di selot pertama, satu lainnya di selot kedua. Nyalakan ponsel.

    Berikutnya, masuklah ke menu settings. Carilah menu untuk memanajemen SIM. Saya lupa di Xperia tipo dual diberi nama apa. Intinya berbau “SIM management”. Di situ pengguna bisa memilih hendak mengaktifkan nomor yang mana. Pilih nomor pertama dan kedua.

    Selamat mencoba!

  13. layar tipo dual saya jadi gak responsif lagi padahal baru beli 1,5 bulan yang lalu.kadang gak bisa swipe buat nerima telepon.kenapa ya Pak Herry? Apa bisa diperbaiki?

  14. Pak Gatot,

    Apakah sisa memori internalnya tinggal sedikit? Karena baru beli 1,5 bulan, berarti masih bergaransi. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony, Pak.

  15. Saya jg pernah mengalami sony tipo tidak responsif padahal memory msh cukup.

    Solusiny yg tidak sengaja wkt itu hp saya scan dgn AVG antivirus, stelah itu hp responsif kembali. Dan setelah saya cek tnyata proses scanning telah menTurn off smua accounts&sync agar hp bisa responsif kembali. Selama accounts&sync dlm keadaan off tidak akan mempengaruhi kinerja hp, email&whatsapp tetap masuk scara otomatis.

  16. Pak Hery yg terhormat, saya mau tanya. Dulu saya memakai kartu 3 dan bisa mendapatkan sinyal 3G di sony xperia tipo dual saya. kemudian saya ganti kartu 3 itu dgn axispro. permasalahannya, kenapa kartu axispro saya itu tdk bisa mendapatkan sinyal 3G ?

    anehnya kakak saya yg juga menggunakan axispro dgn hp Acer Z110 bisa mendapatkan sinyal 3G di tempat yang sama dgn hp saya.

  17. Bu/Pak Vio Dwi,

    Ponsel Acer kakak Anda mendapatkan sinyal 3G berapa garis/bar? Kalau cuma satu bar, kita patut mencurigai penerimaan sinyal di Xperia tipo dual tak sepeka Acer.

    Namun, bila sinyal 3G di ponsel Acer itu ternyata banyak, nah… itu baru aneh. Coba ubah pengaturan jaringan Xperia tipo dual ke “WCDMA only”. Bisa dapat sinyal 3G? Kalau tak bisa, coba bertukar kartu Axis dengan kakak Anda.

    Masih tidak berhasil memperoleh sinyal 3G Axis? Hmm… saatnya Anda singgah ke pusat perbaikan resmi Sony.

  18. Pak mau nanya,hp saya sony experia tipo dual sim,baru dua bulan dipake tapi sim 1 tidak terbaca,saat dmasukin kartu sim di slot 1 tidak ada respon,gmana itu pak?

  19. Pak Ari,

    Apakah sudah coba ganti kartu SIM lain dan tetap tak dikenali? Kalau iya, selot kartu SIM1 kemungkinan rusak. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi ponsel Sony.

  20. Mohon maaf sebelumnya,mau tanya pak hp saya sony tipo dual kenapa saat menekan menu telepon dan kontak kadang bisa kembali sendiri?
    Terimakasih

    1. Pak Hery,

      Untuk menjawab “kenapa”, silakan bawa ke pusat perbaikan resmi Sony. Satu hal yang pasti, kondisi itu tidak normal. Mungkin ada masalah di bagian softkey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *