Langkah Mudah Memilih Headset Bluetooth

Kalau Anda sering bertelepon, apalagi durasinya tergolong lama, tak ada salahnya Anda melengkapi diri dengan sebuah headset alias handsfree bluetooth. Beragam keuntungan akan Anda dapatkan. Anda tak perlu terus kelelahan memegang ponsel selama percakapan berlangsung. Selama bertelepon, Anda bisa melakukan aktivitas ringan lain secara simultan. Misalnya, menulis di kertas, mengetik, dan membaca email.

Berbekal headset bluetooth, Anda juga dapat bertelepon sambil bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih nyaman. Bayangkan Anda harus bertelepon dengan memegang ponsel seraya berjalan kaki atau berlari. Terasa merepotkan, bukan? Dengan headset bluetooth pula, bila terpaksa, Anda dapat bertelepon sambil berkendara secara lebih aman.

Bluetooth-1

Saat ini di pasar tersedia beragam merek headset bluetooth. Pabrikan ponsel biasanya juga memproduksi headset bluetooth. Misalnya, LG, Motorola, Nokia, Samsung, dan Sony. Hewlett-Packard alias HP yang lebih dikenal sebagai produsen laptop dan PC pun kini menawarkan headset bluetooth.

Masih ada lagi. Pernah mendengar merek i.Tech, Jabra, Jawbone, dan Plantronics? Deretan merek itu mungkin terasa asing di telinga pengguna ponsel yang belum pernah membeli headset bluetooth. Padahal, aneka merek tersebut adalah pemain lama di bisnis headset bluetooth. Tiga merek terakhir malahan sangat familiar di telinga para pengguna headset bluetooth berharga jual premium.

Jadi, Anda harus membeli headset bluetooth yang mana? Langkah pertama untuk menjawab pertanyaan itu, tentukan dulu bentuk umum headset bluetooth yang diinginkan. Secara umum wujud headset bluetooth ada dua macam. Pertama, sama sekali tanpa kabel. Kedua, dibekali kabel yang relatif pendek.

Kita mulai dengan yang pertama, headset bluetooth tanpa kabel. Bentuknya batangan dengan ukuran setara jari manusia dewasa. Ada yang mungil, ada pula yang agak tambun. Warnanya beragam. Yang paling mudah ditemukan sih warna hitam dan putih. Beberapa tahun terakhir, produsen headset bluetooth mulai gencar menawarkan pilihan warna lain. Contohnya, merah, oranye, hijau, dan biru.

Bluetooth-3

Kala ingin menggunakan headset bluetooth batangan seperti itu, pengguna tinggal memasangkannya ke telinga. Masukkan saja ke lubang telinga. Jangan khawatir, telinga takkan sakit kok. Selain tidak terlalu dalam menancap ke telinga, headset bluetooth dilengkapi busa atau gel.

Bluetooth-4

Ada pula headset bluetooth batangan yang dilengkapi pengait. Saat terpasang, pengait itu akan menempel di belakang daun telinga pengguna. Headset bluetooth berpengait biasanya kurang nyaman untuk pengguna yang sehari-hari mengenakan kacamata.

Bluetooth-6

Beralih ke headset bluetooth yang dibekali kabel pendek. Cara termudah untuk membayangkannya, lihatlah handsfree berkabel bawaan yang Anda dapatkan saat membeli ponsel. Bentuk dasarnya seperti itu, tetapi tanpa kabel dan colokan yang wajib ditancapkan ke bodi ponsel. Hanya ada earphone untuk telinga kiri dan kanan yang disambungkan dengan seutas kabel. Di antara earphone kiri dan kanan itu kadang ada peranti tambahan yang memiliki fungsi khusus.

Bluetooth-6

Wujud headset bluetooth berkabel tidak selalu seperti itu. Di pasar juga ada headset bluetooth berkabel dengan satu earphone saja. Peranti tersebut biasanya dibekali klip untuk dijepitkan ke jaket, kaus, atau kemeja.

Headset bluetooth dengan bentuk seperti apa yang Anda inginkan? Setelah menentukannya, barulah Anda melangkah ke tahapan berikutnya. Yaitu, adakah fitur tambahan tingkat sederhana tertentu yang Anda butuhkan?

Maksudnya begini. Fitur dasar semua headset bluetooth seharusnya sama. Peranti itu dihubungkan ke ponsel, lalu dipakai untuk bertelepon. Tak sedikit headset bluetooth yang memiliki fitur tambahan tingkat sederhana. Misalnya, dapat dipakai untuk mendengarkan musik yang sedang dimainkan di ponsel secara nirkabel.

Sebagian headset bluetooth juga memungkinkan pengguna memberikan perintah suara. Contohnya, ketika ada panggilan masuk, pengguna cukup berkata accept untuk menerima panggilan atau reject untuk menolak panggilan.

Fitur tambahan tingkat sederhana lain yang bisa ditemukan di headset bluetooth, antara lain, radio FM, vibrate, dan multipoint devices. Satu fitur tambahan pertama tak perlu dijelaskan lagi. Vibrate yang dimaksud di sini adalah fitur getar. Headset bluetooth akan bergetar kala ada panggilan masuk.

Terakhir, multipoint devices. Headset bluetooth dengan kemampuan tersebut dapat tersambung ke dua ponsel pada saat bersamaan. Anggaplah sekarang Anda memakai satu headset bluetooth, ponsel A, dan ponsel B. Bila ada panggilan masuk ke ponsel A, Anda bisa menerimanya via headset bluetooth. Lain waktu, kalau ada panggilan masuk ke ponsel B, Anda dapat menerimanya memakai headset bluetooth yang sama.

Semakin Mahal, Semakin Canggih

Berapakah dana yang harus disiapkan untuk membeli sebuah headset bluetooth yang andal? Asalkan hanya membutuhkan fitur dasar untuk bertelepon, Anda cukup menyiapkan anggaran Rp 200 ribuan. Dengan dana sebesar itu, Anda sudah bisa memperoleh headset bluetooth bermerek global dalam kondisi baru dan bergaransi resmi. Misalnya, Jabra BT2046, Nokia BH-112, Sony MBH10, dan HP H3200.

Semakin banyak anggaran yang Anda miliki, semakin banyak pula pilihan yang tersedia. Semakin mahal headset bluetooth, biasanya semakin canggih fitur yang tertanam di dalamnya. Misalnya, headset bluetooth itu dilengkapi fitur noise cancellation.

Bluetooth-5

Dalam bahasa yang sederhana, noise cancellation adalah kemampuan untuk menyaring suara di sekitar pengguna headset bluetooth. Anggaplah Anda sedang bertelepon di tepi jalan yang ramai. Suara kendaraan bermotor cukup keras. Klakson bersahut-sahutan.

Kalau Anda bertelepon memakai headset bluetooth dengan kemampuan standar, ramainya lalu lintas akan terdengar oleh lawan bicara. Demikian pula suara klakson. Lawan bicara mungkin takkan terlalu jelas menangkap kalimat yang Anda ucapkan.

Sebaliknya, bila Anda memanfaatkan headset bluetooth berfitur noise cancellation alias active noise control, suara di sekitar Anda akan disaring. Suara yang dominan diterima oleh lawan bicara adalah suara Anda. Klakson dan derum mesin kendaraan bermotor hanya terdengar sayup-sayup, bahkan nyaris hilang.

Fitur headset bluetooth premium terus berkembang. Tahun lalu, contohnya, muncul headset bluetooth yang dibekali dengan sensor pemantau detak jantung. Peranti bernama Jabra Sport Pulse Wireless itu juga mengantongi sertifikat IP55 sehingga boleh dipakai sambil berhujan-hujan. Tentu saja harga jualnya bukan Rp 300 ribu atau Rp 500 ribu. Peminat harus siap mengeluarkan dana Rp 2 jutaan.

 

256 thoughts to “Langkah Mudah Memilih Headset Bluetooth”

  1. Mas Herry, saya tertarik dengan headset bluetooth LG Tone yang bisa dikalungkan dileher. Harganya berapa sih mas? Saya dengar harganya cuma 200rb kurang lebih. Tapi saya takut itu palsu, lha kan headset bermerek gitu. Masa murah?

    1. Bu Yanti,

      Yang Anda maksud yang tipe HBS730 atau HBS800?

      Mana pun tipe yang Anda maksud, kalau harganya Rp 200 ribu pasti palsu deh. Harga HBS730 sekitar Rp 400 ribu, sedangkan HBS800 dua kali lipatnya.

      1. Pak Mau tanya, Saya pakai Handset Bluetoot Samsung, pas di Charge nyala bisa dengerin musik juga nlpn, tp pas charge nya dicabut kok Mati? Padahal udh full batrenya dan nyoba ke hp lain sama aja
        Mohon bantuannya

        1. Bu Mimi,

          * Kalau headset bluetooth-nya asli Samsung, kemungkinan baterai sudah drop.
          * Kalau headset bluetooth-nya palsu, ya… begitulah yang sering terjadi.

  2. Wah pas banget, kebetulan lagi nyari nih.
    Fitur dasar untuk tlp, tapi bisa pairing min 2 handset dan gak cepat drop kira2 suggest nya apa? Saya pakai BlackBerry Z3 dan Lumia 730

  3. Halo pak Herry.

    Mau tanya sedikit ya.
    Saya punya handsfre bluetooth merk nokia, tp sdh lama skali ga dipake ternyata ada password utk bisa connect ke hp. Tp passwordnya lupa. Apa ada solusi ya?

    Thanks pak

  4. Koh, saya semenjak berhenti kerja kantoran (jadi pedagang) sering telepon, dan headset bluetooth udah jadi andalah teleponan sambil berkendara. Karena kualitas lbh baik dr kabel, suara jernih dan lawan bicara pun mendengar jelas apa yang kita katakan. Baterai pun ternyata kuat, bisa seminggu sekali charge dan harga pun okay. Sy pakai merk plantronic hanya 200rb-an konek 2 device.

    1. Pak/Bu Dhika,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Yang Anda gunakan bermerek Plantronic atau Plantronics? Kalau yang kedua, reputasinya selama ini memang oke.

  5. Ko HSW,
    Saya pernah beli Jabra 2046, saya pikir bisa untuk dengar musik, ternyata tidak..
    Akhirnya putar akal untuk googling, nah, ketemu tips untuk mendengarkan musik via headset bluetooth yang non music.
    Download aplikasi “mono bluetooth router”, ada di playstore, dijamin bisa mendengarkan musik deh..

  6. Pak Herry, saya pernah beli headset Bluetooth merk Xiomi setelah pake bbrp hari lalu gak saya pake lagi krn saya browsing di google katanya radiasi headset Bluetooth berbahaya buat tubuh terutama otak (seingat saya gt) , kl menurut pengalaman bapak bagaimana?

    1. Pakdhe Ery,

      Headset bluetooth Anda bermerek Xiaomi atau Xiomi?

      Saya tidak dalam kapasitas memberikan penjelasan dari sisi kesehatan. Sebab, pengetahuan saya di bidang itu sangat tidak memadai.

      Menurut saya, setiap hari kita pasti bersentuhan dengan radiasi. Anda menggunakan ponsel pun ada radiasinya. Kita mustahil sama sekali menghindar dari radiasi. Nah, asalkan dipakai dalam batas wajar, bagi saya ya jalan terus saja.

  7. Kalau headset bluetooth yg bisa denger musik dan tlp ada ya? Bagi saran dong merk apa beli di mana? Saya pernah beli di wtc. Nyesel bgt sbtr drop .gak ada garansi merk nokia. Hrg 350 ribuan mana gak ada garansi lagi

    1. Pak Yudi,

      Headset ini memenuhi kriteria Anda. http://ponselmu.com/review-jabra-sport-pulse-wireless-headset-bluetooth-dengan-pemantau-detak-jantung/

      Paling mudah, mampir ke toko penjual aksesori dan pilih yang kira-kira cocok. Kepada penjual bikin kesepakatan di muka dulu. Kalau bisa dipakai untuk telepon dan mendengarkan musik, Anda jadi ambil. Sebaliknya, kalau tak bisa, Anda batal beli.

      Headset bluetooth Nokia tipe apa, Pak? Apakah bukan terkena barang palsu? Sebab, headset bluetooth Nokia termurah pun biasanya lumayan oke. Baterainya bisa bertahan sekitar setahun, sebelum kemudian drop atau rusak.

  8. Dear Pak Herry,

    Saya ingin sharing pengalaman menggunakan bluetooth headset. Setelah membeli Redmi 1, saya juga membeli headset Sony MBH-20 kalo nga salah, karena memang tuntutan pekerjaan. Ternyata Redmi tidak bisa bekerja dengan sempurna. Noise Cancellationnya nyaris tidak berfungsi untuk pihak yang saya hubungi (tapi di pihak saya, suara mereka terdengar nyaris tanpa cela). Setalah mencari informasi lewat internet, kemungkinan yang kuat bagi saya adalah karena jenis headset itu baru mendukung Bluetooth v.3 sedangkan Redmi sudah di V.4 dan low energi.

    Kompresi suara dilakukan oleh bluetooth v 4. untuk menghemat energi ternyata berimbas pada headset dengan dukungan v.3 alias tidak backward compatible. Tapi, solusi ini baru berdasarkan pengamatan sementara saya dari beberapa sumber internet yang juga mengalami masalah yang sama. Jika ada saya keliru dan ada yang bisa menjelaskan atau memberikan solusi atas masalah ini, saya akan sangat berterima kasih sekali.

    1. Pak Anwar,

      MBH20 itu apakah yang harga barunya Rp 200 ribuan? Kalau iya, seingat saya, headset bluetooth itu memang belum mendukung noise cancellation.

      1. Ah ya benar Pak…bisa jadi itu juga jadi penyebabnya. Sayangnya saya nga punya headset lain yang bisa dijadikan perbandingan. Thanks

  9. Pak Herry,

    apakah bapak pernah mencoba All – New Mi In-Ear Headphones (info detail http://www.mi.com/en/headphones3/) karena berdasar info di website resmi, perangkat tersebut berhasil menjadi Winner of the 2015 Red Dot Design Award. bagaimana review bapak?
    kalo berkenan, mohon bapak mau me-review nya.
    Thanks

  10. Malem pak hery. Ternyata yang saya beli bukan headsetbluetooth merk nokia. Tapi merk blackberry. Model nya kayak bando.warna merah hitam. Pake bluetooth.review anda yg headseth bluettooth yg bisa pake detak jantung,kayak nya berlebihan pak herry. Kemahalan. Butuh nya cuman buat musik dan tlp aja pak hery. Bapak bisa kah bantu? Sekalian kalo bapak lagi ngadain seminar di surabaya atau daerah jatim di info dong di sini. Kan seminar bapak byk membantu org yg membutuh kan pak.

    1. Pak Yudi,

      Terus terang saya curiga itu headset bluetooth BlackBerry jadi-jadian alias palsu.

      Ok. Coba cari headset bluetooth yang mendukung A2DP. Namun, sebelum membeli, sebaiknya Anda tetap mencobanya dulu di tempat.

      He… he… saya tidak pernah mengadakan seminar, Pak.

    1. Pak Yudi,

      Yang tautannya Anda berikan bukan merek Plextor. Baik Plextor maupun yang Anda berikan tautannya, saya belum pernah coba. Jadi, tak tahu layak beli atau tidak.

  11. Just share..
    Klo mo coba headset bluetooth coba punya samsung type hm1000 suara n model gag jelek2 amat koq..bisa dnger musik n tlpon jga bisa..

    ?

  12. pagi pak,

    artikelnya bagus sekali.. saya jadi ingin konsultasi

    saya sudah menggunakan Headset Nokia BH503 yg harganya 200an sekitar setahun. kualitasnya cukup baik, namun yg bikin saya ingin ganti adalah fisiknya yg sangat menarik perhatian (wujudnya seperti bando yg melingkari belakang kepala, dan bagian telinganya juga lumayan besar karena bertipe on-ear)

    saya menggunakan headset ini lebih dominan untuk mendengarkan musik, dibanding telepon.

    kira-kira kalau saya punya modal 500-an, headset bluetooth apa yang paling bagus? tentunya yang ukurannya kecil, menutupi kelemahan nokia saya diatas.

    terima kasih banyak pak.

    1. Pak Hari,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Frekuensi saya mencoba headset bluetooth jauh lebih rendah daripada menguji pakai aneka tipe ponsel. Dengan memperhatikan kriteria yang Anda sebutkan, saya mengusulkan Anda melirik Sony Stereo Bluetoooth Headset SBH20. Harga barunya saat ini maksimal Rp 400 ribu.

  13. Saya pernah menggunakan beberapa merk bluetooth headset, sehingga mungkin pengalaman saya ini bisa menjadi bahan diskusi.

    Pengalaman pertama saya menggunakan bluetooth headset, adalah dengan Jabra easy go pada tahun 2010 an. Hasilnya memuaskan, karena kualitas audio yang dihasilkan sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan. Awet, tahan lama, baterenya pun tidak mengecewakan. Membuat saya berpikir bahwa brand ini cukup baik dalam membuat gadget bluetooth.

    Saya kemudian memberanikan diri membeli Jabra Sport, karena saya berpikir untuk mulai memiliki wireless headset yang bisa dipakai berolahraga. Sayang sekali, hasilnya mengecewakan. Bila kita berlari menggunakan headset ini, setiap ayunan tangan saya akan menghasilkan terputusnya suara/audio yang saya dengarkan. Bayangkan, artinya setiap lari, saya mendengar lagu yang terputus-putus setiap saat. Apalagi menelepon. Akhirnya saya mengurungkan niat untuk membeli lagi Jabra sampai saat ini.
    Apakah ada yang pernah menggunakan Jabra Generasi terbaru? Bagaimana kah kualitasnya?

    Berikutnya saya mencoba Sony MBH10. Hasilnya setara dengan easy go, bisa mendengar musik, dan bisa pairing dengan 2 HP. Sayangnya, keawetannya tidak seperti nama besarnya. Sekitar satu tahun pemakaian, batrenya menjadi mudah sekali drop. Dan akhirnya sekarang hanya bisa menyala bila di charge, dan mati 5 menit kemudian bila dilepas.

    Pilihan berikut jatuh pada Plantronics. Saya mencoba Marque 2, edge, dan voyager. Milik kawan. Percayalah bila saya katakan, kualitasnya diatas Jabra. Baik suara, batre, kemudahan pemakaian, serta kenyamanan dipakai. Harga? Jangan ditanya. Jelas 2 yang terakhir itu cukup mahal. Atas dasar biaya, pilihan dijatuhkan ke Marque 2.

    Terakhir, saya mencari lagi bluetooth headset untuk olahraga. Saya mencoba plantronic backbeat go. Bentuknya melingkar di belakang telinga. Hanya saja kualitas suara yang masuk kedalam telinga tidak istimewa.

    Saya berpindah ke backbeat fit. Namun setelah saya membaca sebuah artikel, saya menemukan bahwa backbeat fit ini memiliki pesaing yang serupa, tapi tak sama bernaman Jaybird Bluebuds X.
    Setara, namun dengan kelebihan aksesoris.

    Dan singkat kata saya membelinya.

    Apa hasilnya? Suaranya bagus. Kualitas ok. Hanya saya lupa, ternyata backbeat ini tidak mendukung untuk aktif menerima suara dari 2 device. Jadi bagi yang ingin pairing bluetooth ini dengan 2 HP/device, maka sayang sekali, tidak bisa.

    Maaf. Panjang lebar. Hanya senang sharing.

    Siapa tau ada yang punya pengalaman lain dengan bluetooth head set ini.

    1. Pak Arga,

      Terima kasih atas kesediaannya berbagi pengalaman. Anda tampaknya sangat rutin mencoba aneka headset bluetooth.

      Spesifik ke Jabra Sport, saya belum pernah mencoba peranti itu. Yang pernah saya coba Jabra Sport Pulse. Waktu itu saya tidak mengalami masalah suara terputus-putus kala saya gunakan sambil berjalan cepat (bukan berlari).

  14. mantapnih infonya mas.
    tapi mau tanya nih. Saya ada 2 HP, smartphone android dan satu lagi Nokia tipe lama 2730 c. Saya lagi cari headset bluetooth yg bisa konek ke 2 hp saya itu, baik musik ataupun panggilan. Dan Headsetnya juga punya sambungan untuk kiri dan kanan. Kira2 yg mana y mas? dengan spec seperti di atas dan harga lumayan terjangkau. hehe.. ( maaf terlalu bnyak spec nya.., ) tq mas.

    1. Pak Day,

      Ponsel Nokia generasi lama biasanya tidak mau poligami. Maksudnya, headset bluetooth yang sudah terkoneksi dengan ponsel itu tak bisa dihubungkan dengan ponsel lain secara bersamaan.

  15. Salam kenal pak hery
    HM1000 dan HM 3500 made in Samsung menurut pendapat bapak mana yang lebih bagus ya ???
    Saya minta pendapat pak hery sekiranya yg cocok dg Samsung galaxy note 3 itu hands free bloethod merk apa dan type berapa ya ada penyaring suara bising disetarakan kira saat berkomunikasi

    1. Pak Surya,

      1. Lain kali pertanyaan yang sama tolong dikirimkan satu kali saja ya. Kali ini masuk dobel lho.

      2. Saya belum pernah mencoba HM1000. Kalau HM3500 pernah coba dan terasa tidak nyaman. Suara yang keluar juga kurang jernih.

      3. Handsfree alias headset bluetooth biasanya bersifat universal. Kalau ponsel Anda bermerek Samsung, headset bluetooth yang dipakai tidak harus bermerek Samsung. Bila Anda mencari yang ada penyaring suara bisingnya, cobalah mencari headset bluetooth premium bermerek Jabra, Plantronics, dan Jawbone. Namun, harga barunya tentu berkali-kali lipat lebih mahal dibandingkan Samsung HM1000 dan HM3500.

  16. Salam kenal pak….
    Saya sedang tertarik dgn plantronics voyager legend,trus nyoba2 nyari di olshop.
    Yg bikin saya bingung ada bbrp seller yg jual voyager legend di bwh 500rb.
    Dr pengetahuan bpk,apakah plantronics kususnya yg bertipe voyager legend ada barang palsunya? Kl ada palsunya gmn kiat2 membedakannya.
    Termikasih sblmnya pak….

    1. Pak Andy,

      Terus terang saya kaget saat membaca pertanyaan Anda. Voyager Legend adalah barang keluaran lama banget. Masih ada yang jual dalam kondisi baru?

      Saya belum pernah mengetahui dan melihat Voyager Legend palsu. Namun, kalau sampai harganya di bawah Rp 500 ribu, saya kok ragu dengan keaslian dan tingkat kebaruannya ya.

      1. Voyager legend ms ada kok pak keluaran baru,di web olshop spt bukalapak dan lazada bnyk yg jual.
        Btw thx pak uda luangkan wkt bales,saya akhirnya beli jg brg palsu mirip voyager legend dgn hrg 188rb.
        Dr keterangan penjual speknya menggiurkan,nanti stlh dtg brg nya dan uda saya oprek2 saya tambahi info di sini y pak.

  17. maaf saya mau tanya apakah handset bluethoot bisa digunakan jika merk handset dan merk hp nya berbeda.
    misalnya merk handset bluethoot nya samsung dg merk hp nya lenovo, apakah bisa terhubung/terkoneksi

    1. Pak Andik,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Silakan membaca buku panduan pemakaian. Sebab, cara men-charge headset bluetooth berbeda-beda.

  18. Pak Herry, mohon bantuannya, saya berencana membeli Jabra Talk, disitu tertera spesifikasinya :
    Bluetooth v3.0, handsfree profile support dan headset profile support
    Sedangkan HP yg akan sy gunakan Xiaomi Redmi yg versi bluetoothnya 4.0.
    Apakah compatible? Trims

    1. Pak Elzaf,

      Dugaan saya kompatibel. Sebab, bluetooth versi terbaru bisanya memiliki backward compatibility dengan versi sebelumnya. Tidak demikian sebaliknya.

    1. Pak Joel,

      Ini maksudnya kabel yang menjulur dari bagian kotak ke earphone kan? Kalau iya, Anda tinggal menggantinya dengan earphone lain.

      1. Iya, kebanyakan earphone yg lain kabelnya trlalu panjang, saya mau ganti dengan yg panjangnya sama dengan yg standar. Apa ad d jual khusus earphonenya saja.
        Tq

  19. Mas saya mau nanya saya beli headset bluetooth merk samsung .. tapi ko pas saya dengerin musik itu 5detik sekali mati lagunya terus idup lagi terus udh 5 detik mati lagi idup lagi itu kenapa ya mas?

    1. Bu Ajeng,

      Apakah Anda sudah mencoba menghubungkan headset bluetooth itu dengan ponsel lain? Bagaimana hasilnya?

      Apakah headset bluetooth Samsung yang Anda beli pasti orisinal? Mengacu kepada pengalaman mencoba headset bluetooth Samsung palsu, suaranya kurang jelas dan sering putus.

  20. Selamat malam pak…mohon info yang mana yang lebih baik dr segi kualitas suara antara jabra stealth dengan plantronics marque 2? Terima kasih

  21. Mau nanya lagi nih pak, saya mau beli Sony Mdr 1 abt, kalau toko online yg recommended menurut pak Herry apa, kira2 barangnya original gak.
    Tq

    1. Pak Joel,

      Toko online yang selama ini menjual barang pasti orisinal, di antaranya, Erafone.com dan Wellcommshop.com. Masalahnya, saya tak tahu mereka menjual Sony MDR-1ABT atau tidak.

  22. Koh mau tanya binggung mau beli yang mana antara Jabra BT204 atau Sony MBH10 bagus yang mana yah koh..

    Selain antara dua itu mungkin koh harry punyabrekomendasi pa di harga kisaran 200 an
    Blz ya koh

  23. Buat hp alcatel flash 2 support gak Headset Bluetooth merk apa yang cocok.? Harga murah

    Dibantu ya koh herry mntak saranya..
    Trims.

    1. Pak Thoriq,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Headset bluetooth biasanya bersifat universal. Peranti itu kompatibel dengan beragam merek ponsel. Definisi harga murahnya berapa dulu nih?

  24. saat ini saya ingin beli jawbone era.. tapi kesulitan.. beberapa olshop juga stocknya kosong… dimana saya bisa mendapatkannya

  25. Saya beli hs royal batman .. Tapi ditekan tombol multification cmn kedip warna merah .. Udh dicas 1-3 jaman trss gmn makeny yaa ??

    1. Pak Reza,

      HS Royal Batman itu tipe headset bluetooth? Saya belum pernah memakainya. Tidak adakah panduan pemakaian yang disertakan di dalam paket penjualan?

  26. Salam kenal. Sy mau tanya handsfree bluetooth yg ada voice guidance sebutin no telp yg masuk merk apa ya? Misalnya call from +6281xxxx gtu. Krn sy sudah pakai merk plantronics marque 2 M165 ternyata tdk ada voice guidance nya…

  27. Pa Hery yg baik.. Sy menggunakan hp Xiaomi Redmi HM Note 1W sedangkan blutooth saya menggunakan Jabra BT 2046. Untuk penerimaan suara lawan bicara yang saya dengar sangat jelas dan jernih akan tetapi suara saya ternyata terdengar putus2 dan tidak jelas di lawan bicara saya. Hal ini terjadi sejak saya beli. Tadinya saya kira krn kondisi batere yg sudah lemah, tetapi setelah di chargepun hasilnya sama saja. Yang ingin saya tanyakan apakah penyebabnya? Apakah masih bisa diperbaiki? Dengan cara apa?
    Kalo memang tidak bisa dibetulkan, sy lihat di wellcome shop ada Plantronics yang harganya dibawah Rp. 500 rb, apakah kwalitasnya sudah bagus? Atau sama dengan Jabra BT 2046? Terima kasih, maaf kalo banyak pertanyaannya

    1. Pak Rachman TS,

      Apakah Jabra BT2046 milik Anda pasti asli dan bergaransi resmi (ada stiker Axindo)? Sebab, BT2046 cukup banyak yang palsu. Kualitasnya beda jauh dengan yang asli.

      Plantronics yang harganya di bawah Rp 500 ribu biasanya kurang oke.

    1. Pak Fiki,

      Ini maksudnya headset bluetooth merek LG kan? Silakan membaca panduannya di buku manual yang disertakan. Btw, pastikan Anda mendapatkan unit yang orisinal sebab di pasaran ada banyak sekali produk palsu.

  28. Hallo pak herry. How are you?? Always busy.and sucseees
    just asking say pakai hp iphone 5s dan samsung note A5.. kira2 yg cocok bluetoth earphone apa ya. Bisa ada tel in coming…

    Thx for advise
    ishma

    1. Bu Ishma,

      Terima kasih atas doanya.

      Samsung Note A5? Tidak ada ponsel Samsung dengan kode tersebut. Yang ada Galaxy Note 5 atau Galaxy A5.

      Headset bluetooth biasanya bersifat universal. Mereknya tidak harus sama dengan ponsel Anda. Saran saya, lebih baik Anda mampir ke toko yang menjual aneka headset bluetooth. Berikutnya, pilih sesuai selera dan anggaran.

  29. Hai pak herry.

    Saya pengguna asus zenfone 5 bermaksud ingin menggunakan headseat bluetooth yang menggunakan kabel yg bisa dilingkarkan di leher. Bisa untuk telpon dan mendengarkan musik.
    Apakah ada rekomendasi yg bagus dngan budget 200ribuan.
    Bagaimana dengan produk bluedio pak? Apakah produk tersebut bagus.

    1. Pak Frans,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Hmm.. kalau Rp 200 ribuan, saya tak berani memberikan rekomendasi. Saya belum pernah menjajal produk Bluedio.

      Kalau Rp 400 ribuan, silakan melirik LG HBS-730. Jangan tergiur dengan barang murah ya. Yang jauh lebih murah biasanya palsu.

    1. Pak/Bu Vheren Wala,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Kalau ponsel Evercoss-nya dilengkapi bluetooth, seharusnya bisa.

  30. Mau tanya pak hp saya merk oppo F1.kira2 bagusny pakai bluetooth headset merk apa ya…
    Dan harganya berapa

    1. Pak/Bu Sharkan,

      Silakan mencari headset bluetooth merek Jabra, Nokia, Plantronics, atau Sony. Harga mulai Rp 250 ribuan, bergantung tipe.

    1. Pak Joe,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan berulang-ulang.

      Silakan cek jawaban saya di tempat Anda kali pertama mengirimkan pertanyaan.

  31. Saya udh 2x beli headset bluetooth krn sy suka joging tapi dr 2x sy beli headset bluetooth ini pasti masalahnya di daya tahan baterainya yg g tahan lama
    Apakah baterainya sudah drop/bocor?
    Ada ga rekomendasi headset bluetooth khusus olahraga yg daya tahan baterainya lama

  32. Hai Pak Herry

    Bagaimana dengan kualitas headset bluetooth sport merk Roman Type S 530?
    Apakah bagus dan awet Pak Herry?

    Terimakasih.

    1. Pak Frans,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba tipe tersebut. Headset bluetooth tipe apa pun bermerek Roman pun belum pernah saya coba.

  33. Pak heri
    Saya beli Sony mbh20… Saya gunakan untuk dua hp ga bs
    Untuk hp Sony tersambung bluetooth nya Tapi untuk samsung wonder ga terdetek.. Mohon informasinya
    Terima kasih

  34. Dear Pak Herry,

    Saya mau beli Mi bluetooth headphone, dan Handphone saya Xiaomi Redmi Note 4G (yg seri pertama, bukan yg Xiaomi redmi note 2). Kira-kira cocok tidak? Kompatibel tidak? Dalam kualitas yg ditawarkan, bagaimana juga kualitas headphone tsb? Thanks pak kalau sudah meluangkan waktu untuk menjawab

    1. Pak Fitra Muhammad,

      Ehmm… maksudnya Xiaomi Mi bluetooth headset ya? Saya belum pernah mencobanya sehingga tidak mengetahui kualitasnya.

      Dugaan saya sih kompatibel dengan Redmi Note 4G.

  35. Dear Pak Herry,

    Mau tanya Jabra BT2046 bisa dibuat dengerin musik ? dan apakah bisa digunakan untuk PC atau HP? kebetulan HP saya merk Lenovo tipe S

    Mohon info nya. trims

    1. Bu Amanda,

      Maaf, saya tak ingat BT2046 bisa dipakai untuk mendengarkan musik atau tidak. Saya juga tak pernah coba memadukannya dengan PC.

  36. Dear Pak Herry,

    Saya pakai plantronics voyager legend, tetapi saya coba hubungan ke Samsung Galaxy S6 edge tidak mau terbaca blue toothnya,

    Voyaget legend ini saya coba ke HP Sony Experia bisa terhubung dan dipakai,

    Ada masukan pak apa yg harus dilakukan?

  37. pak herry
    kalo hp advan s5e pro kitkat .cocoknya pakai headset bluetooth merk apa ya?yanng harganya sekitaran 200 ribuan

    1. Pak Sufani,

      Saya belum pernah mencoba ponsel Advan tersebut. Headset bluetooth mestinya bersifat universal. Silakan coba mencari Jabra BT2046. Harga baru sekitar Rp 250 ribu. Pastikan membeli yang ada stiker Axindo di kardusnya ya. Sebab, ada barang palsu yang beredar di pasar.

  38. Pak herry maunanya saya punya hensfree bluetoot.. Merk nokia BH-102 KAN udh lama saya beli sekitar 2tahun yg lalu baru pakai 2x.. Nah pas saya cas muncul led warna biru tapi suka mati lednya.. Terus saya coba hidupin tapi gk nyala.. Gimana solusinya pak..?

    1. Pak Aria,

      Mungkin baterai sudah drop. Karena tak bisa diperbaiki, ya sebaiknya beli headset bluetooth baru.

  39. Pak herry, mau tanya kalo utk samsung note 5 blue tooth headset yg compatible merk apa yah? Terima kasih.. versi note 5 kalo ga salah v42 utk bluetoothnya..

    1. Pak Ade Candra,

      Bebas saja sih. Headset bluetooth itu biasanya bersifat universal. Anda bebas menggunakan headset bluetooth merek apa pun.

    1. Pak Adi Nugroho,

      Kalau yang orisinal sih lumayan, meskipun bila dipakai lama, lubang telinga akan terasa agak sakit. Kalau Anda sampai mendapatkan yang palsu, wah… suaranya parah banget deh. Kebetulan saya pernah merasakannya saat berbelanja di Hargahot.com.

  40. pak hary saya mau tanya, kmren saya beli headset bluetooth samsung bsh 5030, pas dicoba bagus suaranya ga ada masalh dipke tlp juga, slemaa sehari itu stlh pmbelian, krna sering dipake btreny abis say charger malem nympe besok sore ko ga penuh2 ya lmpu led ny masi merah aja, ktya klo uda penuh bkal mati sendiri, ini ko egk, maximal brp jam karo charger gtu apa nynpe seharian?

  41. Mas herry saya mw tanya, saya sempat beli headset bluetooth samsung d situs belanja online, disana d kasih keterangan kompetibel dengan handphone lain seperti asus, setelah batang sampai n saya coba headsetnya tidak terbaca oleh bluetooth hp saya, maaf hp yg saya pake asus zenfone 2. Supaya bisa dimanfaatkan ada saran supaya bluetoothnya bisa conneted k hp saya? D situ kita liat bluetot d haetsetnya v2.1, mohon infonya, trimakasih

    1. Pak Budi Tami,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Apakah headset bluetooth-nya orisinal Samsung? Sebab, di situs belanja online banyak headset bluetooth Samsung palsu yang kualitasnya sangat buruk. Peranti itu seringkali gagal dikoneksikan ke ponsel.

  42. Pak Herry saya mau tanya berapa lama men charge headset bluetooth yang standby time nya 4.30/ 240 hour ya?

    1. Bu Devani,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Ya tergantung headset bluetooth itu mampu menerima input maksimal berapa mA dan berapakah kapasitas baterainya.

  43. mas sy pnya headset buetod roman R535 tp d hp LG sy bs koneks tp dhp android sy 1 kok gk bs ya mas..mohon penjelasannya

    1. Pak Fandy,

      Beda peranti beda cara. Bacalah buku panduan pemakaian yang disertakan dalam paket penjualan headset bluetooth Jabra tersebut.

  44. Saya punya headset asus HBS730 yg ditaruh dileher…berapa lama tahan baterainya dan berapa lama menge casenya

    1. Pak/Bu Revna,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba peranti itu. Saya malahan baru tahu kalau Asus menawarkan headset yang bisa ditaruh di leher.

  45. Lom dapet yg pas dan aman saat pake helem. Yang perna ada selalu di telinga sakit. Kalau ada yang aman saat pake helem bagi2 info nya.

  46. Pak saya mau tanya. Kalo lg hbs 730 dengan hbs 800 itu lebih bagus yang mana ya? Dan saya liat postingan di atas kalo harga nya 200rbuan iti palsu tapi saya baru beli yang hbs 800 harganya 250rbuan soalnya saya lihat di online shop harganya 250an le atas harganya. Tetoma kasih

    1. Bu Yhulia,

      Lebih bagus HBS800.

      Kalau Anda beli dengan harga Rp 250 ribuan, saya kok curiga palsu ya. Harga termurah HBS800 orisinal terakhir masih Rp 400 ribuan.

  47. Terus kalo mau beli yang original itu lebih bagusdan terpercaya juga terjamin itu dimana ya pak? Terima kasih

  48. Iya saya cari di lg shop ga ada lagi pak. Lalu kalo ada seri terbarunya itu apa nama serinya dan harga berapa ya pak?

    1. Pak Rifaldi,

      Tak tahu karena saya belum pernah memakai Zenfone Selfie. Asalkan headset wireless-nya memakai koneksi bluetooth, mestinya sih bisa.

  49. pagi pak. saya mau tanya kalo lg tone hbs 750 itu kok suaranya kadang tersendat ya itu kenapa ya penyebabnya? dan kalo harganya 550rbuan itu lg tone original kan yah pak?
    terima kasih

    1. Bu Yhulia,

      HBS-750 tidak beredar resmi di sini.

      Kalau membaca deskripsi Anda soal suara kadang tersendat, saya kok curiga Anda dapat barang bukan orisinal. Dan… kebetulan Anda dapat penjual yang “kreatif”: jual barang aspal dengan harga tinggi.

  50. pak herry, mau tanya kalo utk hp himax y11 bluetooth headset yg kompatibel merk apa yah? terimakasih…..

    1. Pak Dika,

      Saran saya, jangan membeli yang harganya kurang dari Rp 200 ribu karena biasanya kurang bagus. Anda takkan bisa memakainya dnegan nyaman.

  51. Salam kenal pak,, saya baru beli samsung headset hm 3500, baru sekitar 5 hari lalu,, sekarang sudah 2 hari tdk bisa di pakai,, setiap saya charge lampu indikator merah dan sekitar 20 detik mati dan terus berulang2,, tetap tdk bisa digunakan pak, mohon info untuk solusinya,, terima kasih

    1. Pak Aria,

      Boleh tahu Anda beli HM3500 itu dengan harga berapa? Headset bluetooth tersebut dipasarkan Samsung 5-6 tahun lalu. Jadi, seharusnya sudah tidak tersedia di pasaran.

      Kalau Anda baru membelinya lima hari lalu dan harganya Rp 100 ribuan, mestinya barang palsu deh.

      1. Salam kenal pak.
        Kejadiannya sama nih sama pak aria.
        Beli baru 1minggu itupun karena teman jualan.
        Terakhir dipakai nyala terus pas di charger lampu indikatornya berkedip warna merah terus.
        Apakah masih bisa dipakai/diperbaiki?

        1. Pak Iswanto,

          Kalau baru beli satu minggu lalu, kemungkinan sih Anda dapat barang palsu yang kualitasnya amburadul. Tak bisa diperbaiki.

    1. Pak Budi,

      Ini Anda menanyakan headset bluetooth kan? Setahu saya, tidak ada headset bluetooth LG dengan nomor tipe S740t. Terus terang saya curiga Anda telah membeli headset bluetooth abal-abal yang dberi merek LG.

  52. Selamat malam.mohon inbox yg sudah pakai plantronics voyager dunk ke 082223666 665,mau tau review nya detail.trus mohon compare antara jabra stealth dan planteonics voyager.tq pak herry dan semua.

  53. Pak Herry,
    saya pengguna sepeda motor. Dengan adanya motor holder untuk smartphone, saya aman menggunakan GPS, tapi kesulitan pada saat telepon masuk, harus lepas dr holder untuk terima telepon.
    Apakah ada saran bluetooth earphone yang nyaman digunakan saat menggunakan helm, suara jelas (input maupun output) meskipun menggunakan helm, dan pastinya butuh noise cancellation.

    Terimakasih

  54. Dear

    Gimana caranya mengaktifkan /koneksi bloetooth ke 3 perangkat hp, jam tangan dan headset secara bersamaan

    1. Pak Yusran,

      Ponsel silakan Anda pairing-kan dengan jam tangan dulu. Berikutnya, pairing-kan ponsel dengan headset bluetooth. Urutan tersebut boleh dibalik.

  55. hp aq bb 9780……aq pnya handsead bluetooth samsung…supaya dpat trsambung ghimana y gan …udah aq coba brkali kali gk bisa…mhon infonya

    1. Pak Bagus,

      Aktifkan bluetooth di 9780 dan headset bluetooth Samsung. Pastikan headset sudah dalam mode discoverable. Berikutnya, lakukan pencarian dari ponsel. Setelah ketemu, lakukan pairing. Selesai deh.

    1. Pak Brillian,

      Saya tak tahu pasti. Namun, sepintas terlihat seperti ada kabel yang nyambung ke radio komunikasi. Jadi, kemungkinan bukan bluetooth.

  56. sarannya dong, merek dan type mana yang recomended di beli, untuk saya yang blm pernah beli headset bluetooth sebelumnya.
    yang jelas, harganya ga terlalu mahal, dan penggunaan utamanya buat dengerin musik, tlp jarang2. jadi mungkin yg spesifikasinya suaranya cukup jernih untuk musik, dan batre aga tahan lama…

    1. Pak Fauzi,

      Tidak ada rekomendasi tipe khusus. Kalau kriterianya seperti itu, siapkan anggaran sekitar Rp 1 juta dan pertimbangkan melirik merek global seperti Sony dan Jabra.

  57. share:
    klo bt hp anda sudah ber versi 4.0 baiknya gunakan headet bt minimal 4.0

    entah karena apa ver 4.0 tu kaya ga compatible dengan ver di bawahnya jadi sebelum beli hf bt pastikan dulu tu hp anda bt ver berpa? klo ver 4.0 jgn coba beli hf nya di bawah ver by di hp

    tp klo bt di hp anda 2.0 2.1 dan 3.0 Ini saling compatible di cross
    tp jika ver 4.0 jgn coba2 cross ke ver yg di bawah nya

    saran saya headset nya ngikutin ver bt hp anda

  58. Saya punya headphone merek samsung.pada pemakaian pertama lumayan lama durasinya. Tp setelah dicharge hanya bisa dipake 5 menit,bahkan dipake saat tercharge malah gak bisa nyala. Solusinya gmn ya?

    1. Pak/Bu Helmy Widyastuti,

      Dulu Anda membelinya dengan harga berapa? Saya menduga headset (bukan headphone) yang Anda miliki itu palsu. Kebetulan saya pernah iseng membeli headset bluetooth palsu merek Samsung. Harganya murah sih. Tak sampai Rp 100 ribu. Hasilnya, mirip dengan yang Anda ceritakan itu.

  59. Salam kenal..
    Mohon info kalau mini bluetooth yg model sperti setengah nya yin yang itu gimana?
    Mkasih buat senior n yg mau share..

  60. Mau tanya nih pak
    Saya mau cari headset bluethoot
    Krna pengalaman udah prnh bli 2 kali saya kena tipu
    Prtma samsung hm1000 yg kedua samsung jg
    Bgitu saya pake buat tlp kok suara saya gk trdengar di lawan bicara… di tmpelkan di mulut pun masih trdengar pelan
    Itu saya tlp dengan whatsapp dan line tlp biasa juga sama pelan suarnya
    Wktu itu harganya sekitar 350rb

    Nah saya smpt mau cari lagi
    Tpi masih ragu
    Ada sih yg recomen buat bli vivan x live b210
    Harga cuma 150
    Dan ragu mau bli takut gk fungsi lagi
    Menurut bapak bgaimana apa ada saran untk merk yg lain harga di bawah 500rb

    1. Pak David,

      Dengan anggaran kurang dari Rp 500 ribu, mending cari merek Jabra atau Sony deh. Pastikan membeli yang bergaransi resmi.

    1. Pak Deny,

      Saya belum pernah mencoba peranti itu. Silakan membaca buku panduan yang disertakan dalam paket penjualan.

  61. Sya mau tanya kenapa Headset bluetooth LG HBS 740 sya ini untuk isi daya lampu indicator gak nyala. Apa memang seperti itu atau gimana?
    Dan sya juga udah coba isi daya dlm keadaan on tp digunakan gak sampe sejam habis & sya coba dlm keadaan off jg sama aja.
    Mohon solusinya.
    Terima kasih

    1. Pak Dhani,

      Seingat saya, tak ada headset bluetooth LG dengan kode tipe tersebut. Jangan-jangan Anda membeli barang palsu nih. Boleh tahu Anda membelinya dengan harga berapa?

    1. Pak Bang Boy,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Beda headset bisa beda. Ada yang satu jam sudah penuh, ada pula yang sampai tiga jam.

  62. Saya mau tanya hands free bluetooth saya suara putus2 klo d buat gerak merk roman pemakaian skitar 6bln jarang d pakai kira2 masalahnya apa ya. Mohon infonya thx

    1. Pak Cecep,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tak tahu. Saya belum pernah memakai headset bluetooth merek Roman.

  63. Malam Pa Herry SW saya mau tanya headset bluetooth yg Bentuknya mungil yg tinggal dimasukin telinga ga ada pengaitnya Itu saya cari di tokopedia n aplikasi jual beli yg lain adanya cuma satu..satu maksudnya bukan sepasang cuma bisa dipake telinga kanan atau kiri…ada ga yg kanan n kiri Pa?mgkin Pa Herry tau headset yg jenisnya gitu mohon infonya.
    Trimakasih

    1. Pak Umar Andi,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Apakah yang Anda maksud seperti ini?
      http://www.samsung.com/global/galaxy/gear-iconx/

      Itu sepasang. Satu dipakai di telinga kanan, satu lagi di telinga kiri. Tidak ada kabel di antara keduanya. Masalahnya, saya belum pernah mencobanya. Jadi, tak tahu bagus atau tidak.

  64. Pak Herry,

    Mohon bantuannya untuk membrikan solusi.
    Saya sudah sering dan banyak lihat lihat merk headset bluetooh, tapi yg saya masih bingung itu kualitas yg abal abalnya juga banyak. Saya udh sering juga beli headset bluetooth, dan akhirnya semua headset bluetooth yg saya beli hasilnya sama aj kaya yg sebelumnya. Nah saya ga mau kekecewaan saya berlarut larut, saya mau menanyakan mengenai headset bluetooth yg bisa digunakan sebagaimana fungsinya(support untuk telpon dan mendengarkan musik) dan daya tahan baterainya lama, kira kira headset apa yg cocok?
    Saya orangnya ga neko neko, mau headset yg ada kulkasnya, headset yg ada kamar mandinya, headset yg ada tempat tidurnya bla bla bla. Tolong bantu untuk memberikan solusinya ya pak.
    “Headset bluetooth merk apa yg daya tahan baterainya lama(bila perlu daya tahan baterainya seumur hidup), bisa untuk telpon dan denger musik, gps, dll?”
    Mohon maaf apabila bahasa yg saya gunakan tidak sebaik guru bahasa indonesia dan terimakasih.

    1. Pak Awandri Alamin,

      Coba cari merek Jawbone atau Plantronics yang harganya lebih dari Rp 1 juta, Pak. Soal suara saat dengar musik dan jalankan GPS, hal itu perlu dicoba langsung dengan ponsel Anda dulu saat bertransaksi.

  65. Pak Herry,

    Terimakasih banyak atas jawaban dan solusi yg diberikan.
    Apakah pak Herry punya referensi toko yg menjual produk Jawbone original dan Plantronics original?

  66. Iya benar Pa .iconx tapi merk lain ada ga? Soalnya gear iconx super mahal…sebenernya ada yg kisaran 100-200 rb tp jenisnya beda ada yg pake pengait,ada yg mirip Kya iconx tapi bukan sepasang,ada yg sepasang tp ada kabelnya antara kanan n kiri…waw. mohon infonya

  67. saya berpikiran mau mengganti Sony MBH10 sy yg sdh agak rusak, krn pernah 2 x masuk mesin cuci. Umurnya pemakaian hampir 2 tahun. baterei bisa 4-6 hari tergantugn pemakaian.

    Saya berpikiran mau ganti dengan MBH20 tapi sy baca tidak ada Noise cancellation (wind noise cancellation). Ada opsi Jabra Boost atau Plantronics Explorer 500? Mana yg bagus ya?

  68. Brp harga jabra stealt lalu knp harga online lbh murah dr pada di axindo distributor tunggalnya di indobesia

    1. Pak Faiz Marasabessy,

      Saya tak mengetahui harga Jabra Stealth (bukan Stealt).

      Harga jual Axindo lebih mahal karena:
      * Yang dijual pasti baru, asli, dan bergaransi resmi. Kalau yang dijual online non-Axindo belum tentu memenuhi tiga poin itu.
      * Axindo sengaja menjual sesuai harga ritel resmi karena mereka juga melayani pedagang yang kulakan. Supaya Axindo tidak memakan pasar mereka, harga sengaja dipatok lebih mahal (dalam hal ini sesuai harga ritel resmi).

  69. Saya masih bingung cara pakainya headset ini koh harry, apa bluetooth hrs selalu on jadi pas ada telpon masuk tinggal pasang headset di telinga ?
    Atau pas ada telpon masuk baru bluetooth dinyalakan dan headset dipasang?
    Mulai melirik device ini karena belakangan ini sibuk terima telpon dan tangan mulai capek pegang hp. Tq koh harry

  70. Halo pak saya ingin menanyakan tentang headset bluetooth saya. Klo dengerin musik suara ny lumayan. Tp jika di pakai untuk call suara nya kadang ada kadang hilang. Kira kira pnyebab nya ap ya pak. Headset saya samsung csr 4.1

    1. Pak Gielang,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Saya belum pernah mengetahui headset bluetooth yang Anda sebutkan. Apakah pasti orisinal? Suara timbul tenggelam sering ditemukan di headset bluetooth palsu atau bermerek abal-abal.

  71. Maaf saya mau nanya
    Saya baru beli headset lg tone hbs-730, tapi ko pas dicoba enak, ehh pas abis baterai nya ko malah ga mau masuk di cas
    Apakah ada yg salah? Yg saya atau sih kalo ngecas lampu led nya nyala merah, kenapa punya saya engga yah?
    Yg bisa jawab minta bantuan nya dong
    Makasih

  72. Maaf pak mau tanya..
    Saya baru pertama kali ingin menggunakan headset bluetooth, saya tertarik dengan produk Jabra type Jabra Motion & Jabra Stone 3. Sy ingin bapak membantu merekomendasikan untuk saya di antara dua produk yg saya sebutkan tadi, dan keunggulan masing-masing. Terakhir, toko online yg terpercaya dan menjual barang tersebut original disebutkan ya, pak.
    Terimakasih

  73. Selamat siang pak Herry,,

    Saya mau bertanya antara Plantronics Bluetooth Headset Explorer 10 dengan Plantronics Voyager Legend Mobile Bluetooth mana yang lebih Bapak rekomendasikan ya? Dan kedua headset tersebut apa kompatibel untuk pc juga?
    Saya pernah baca comment Bapak sebelumnya bahwa Plantronics Voyager Legend Mobile Bluetooth sudah keluaran lama sekali dan diragukan apa masih ada diproduksi saat ini. Tetapi saya lihat produk tersebut masih banyak beredar di toko2 online dengan harga rata-rata dibawah 200rb, apa itu berarti palsu ya? dan bagaimana cara membedakan produk palsu dengan asli?

    Terima kasih sebelumnya atas jawaban Bpk…

    1. Pak/Bu Fifa,

      Saya belum pernah coba Explorer 10.

      Tak tahu. Saya tidak pernah menghubungkan headset bluetooth dengan PC.

      Ya, amat mungkin itu palsu. Kalau sudah memegang barangnya, kelihatan banget yang palsu kualitas finishing-nya kurang bagus. Suaranya juga tidak jernih.

  74. Pa maaf sy mo tanya,hp sy Lenovo A6000 ,sy pngen bli hadsfre blotooth bjet sy 200-250 ,kira2 yg cocok mrek apa N tpe y???? Terimakasih,!

  75. Bagaimana menurut bapak tentang HS Bluetooth Xiaomi harga 270k memiliki 3 earbud?
    Apakah ada Tips mengetahui asli atau palsu barang tersebut?
    Saya melihat salah satu postingan dari OLX, harga 200k 1 minggu pemakaian katanya.
    Apakah kualitas suara bagus (mic) untuk lawan bicara?
    Pengalaman membeli HS Roman 100k+ kualitas mic buruk dan juga bikin sakit telinga.
    Tolong respon cepat karena saya janji COD. Sekian, Terima kasih sebelumnya

  76. .,Pak nanya dkit,.. Handset bluetooth bisa digunakan olh segala hp android ta pak,..

    .,Dan handset bluetoothnya itu sama aja ta, sama yg handset bluetooth yg lain,nya,..

    1. Pak F Rozaqul A,

      Headset bluetooth biasanya bersifat universal alias kompatibel dengan segala merek ponsel. Namun, dalam kasus tertentu yang baru diketahui setelah mencobanya langsung, bukan mustahil headset bluetooth A tidak optimal saat dipadukan dengan ponsel B. Kalau headset bluetooth A itu dipadukan dengan ponsel C, dia bisa berfungsi dengan baik.

  77. Om bole tau ga cara aktifkan perintah suara atau menjawab otomatis buat bluetooth headset xiaomi? Buku petunjuk tulisan cina semua soalny ?

    1. Pak Raka,

      Paling mudah sih cari yang bergaransi resmi. Soal harga terjangkau, itu sih sifatnya relatif. Beda orang beda anggaran.

  78. Pak herry sw. Waktu pengecasan hadset blutooht untuk merek ms-771A Yg paling baik itu berapa jam ya pak???

    1. Pak Airil 107,

      Tak tahu. Saya malahan baru kali mendengar merek tersebut. Coba baca keterangan di buku panduannya.

  79. wah sangat membantu nih ada forum spt ini..
    saya skedar sharing aja ya, mungkin ada yg sedang cari headset bluetooth, dan faktor harga memang ga bisa dipungkiri sangat mempengaruhi pilihan..

    dan pilihan pertama saya jatuh pd plantronics m70, belinya bln februari tahun lalu dgn harga +/- 400rbuan. yg saya suka dari headset ini adalah ketahanan baterai dan devicenya (pernah ga sengaja jatuh dr tangga but still works). Dgn talktime 11 hours, ini lama banget mnurut saya untuk headset BT seharga dbwh 500rbuan (CMIIW).. Kalo kualitas suara menurut saya standar, cukup buat aktivitas telp tp utk pecinta musik mungkin kurang.. πŸ™‚

    pernah coba jabra steel punya teman, buat yg suka dengar musik mungkin bisa jd pilihan, suaranya jernih, sudah dilengkapi caller id (jd tahu siapa yg telp). yaa harga emang ga boong lah ya.. πŸ™‚
    but minus-nya menurut saya desainnya agak kaku (terkesan robotic gitu mungkin yah) maklum saya wanita sih.. hehe πŸ™‚

    pernah coba jg jabra talk, kalo ga salah harganya +/- 400rbuan di web original-solution.com, kualitas suara buat telp tergolong ok. buat dengar musik suaranya kencang tp menurut saya kurang jernih. (mungkin sesuai judulnya ya ‘talk’)

    dan sekarang lg pakai plantronics explorer 500, beli seharga +/- 700rbuan di bukalapak, suaranya ok bgt, buat noise reductionnya lumayan, buat dengar musik ok, lebih jernih dan efek bass terasa dibandingkan m70, Menurut saya worth it dgn harga segitu. dan satu lg yg saya suka adalah desainnya yg simple but still elegant.. πŸ™‚

    overall kalo saya pribadi masih prefer plantronics dari sisi kualitas, kejernihan suara, dan tentunya desain (point yg 1 ini memang jd nilai plus buat saya)

    sekian dari saya,
    oya Pak Herry Yth, dr comment diatas sepertinya bapak sempat bilang ada plantronic dan plantronics ya.. bedanya apa ya pak?

    Terima kasih

  80. Pak, headset bluetooth saya samsung sn16 gak mau mati pak terus aja kelap kelip biru kuning terhubung tapi gak dengar apa2, biasanya oke aja.
    kira2 knpa ya pak?

  81. Hadset saya kok sambungan blututnya putus nyambung terus. Jadi ngk enak denger musik/telponan.kira2 kenapa ya , oy HP saya xiomi.

    1. Pak Hengki,

      Boleh tahu merek dan tipe headset bluetooth Anda?

      Setahu saya, belum ada ponsel bermerek Xiomi. Mungkin yang Anda gunakan merek Xiaomi.

    1. Pak Vice,

      Bergantung tipe headset bluetooth-nya. Btw, sudah lama saya tidak mencoba produk Plantronics keluaran terbaru.

  82. Saya pengguna headset bluetooth yang terbilang masih sangat awam, mau beli yang pas dikantong tapi bingung merk dan jenis apa yang benar2 bagus. Sudah googling sana sini tp masih blm dpt jawaban πŸ™
    Saya mencari yang harganya dibawah 500rb, dengan spesifikasi battery dan talk time tahan lama, yang bisa noise cancellation (karna akan sering digunakan pada saat berkendara), yang jenisnya tidak ada pengait ditelinga namun tetap nyaman dan tidak mudah terlepas (karna saya berkacamata).
    Mohon bantuan apakah ada referensi produk murah namun kualitas bagus seperti yang saya butuhkan?

  83. maaf pak saya mau tanya sekitar hari sabtu minggu kemarin saya beli headset bluetooth merk abal abal, saya tidak tau kalau harus di cas dulu headsetnya. terus langsung saya pake sampai batre nya low dan mati sendiri. setelah saya coba cas ternyata batre nya tetap low pak. nah pertanyaan nya itu batre nya bisa normal lagi ga ya pak dan apakah bisa di perbaiki.?

    1. Pak Egi,

      Biasanya tidak bisa normal lagi dan tak bisa diperbaiki. Solusinya, buang dan beli baru.

      Sebelum melakukan hal itu, coba di-charge sekali lagi deh. Kali ini sumber listriknya bukan dari kepala charger, melainkan port USB di PC/laptop.

  84. Mlm mas Herry .. saya mau tanya headset Bluetooth yg tipe LG tone HBS 800 itu harga a kira2 brp yg ori.. trs biasanya lama waktu penggunaan brp jam.. trims

    1. Pak/Bu Mujiyanti,

      Terakhir sekitar Rp 800 ribu.

      Daya tahan baterai tidak saya ketahui. Saya belum pernah mencobanya.

  85. Assallammu’allaikum
    Mohon maaf pak mau tanya

    Hedset bluetooth saya tipe hbs-730 pertama kalau dicas lampu indikatornya itu nyala tapi lama lama lampu indikatornya itu mati pak

    Apakah batrei telah terisi penuh atau bagaimana ? Terima kasihh ….

    1. Pak Fadlan Kamal,

      Saya sudah lupa indikator baterai penuh di headset bluetooth itu seperti apa. Boleh tahu HBS-730 itu Anda beli dengan harga berapa? Sebab, banyak banget barang palsu yang beredar.

  86. Pak saya pake hippo h3 menurut bapak itu speknya gmn? Saya ngerasa si lawan bicara saya berisik. Trus masalah di hape saya xiaomi redmi 3s selalu panas saat menggunakan earphine bluetooth ini. Dan yg anehnya volume suka masih lock ke volume bicara saat saya naik turun kan volume. Ada solusi kah? Trims.

  87. Saya mau bertanya. Saya hendak membeli wireless headphone, tapi jenis bluetooth yg digunakan oleh headphone tsb adalah bluetooth versi 3 sedangkan HP Saya menggunakan bluetooth versi 4. Apakah headphone tsb bs connect dengan HP Saya atau justru malah tidak bisa ?. Terimakasih

  88. Pak Herry,
    Saya punya iphone 6 plus dan samsung..apa kira2 merk headset bluetooth yg bisa pairing keduanya.
    Mohon bantuannya terima kasih

    Salam
    Bambang

    1. Pak Bambang,

      Kalau keduanya secara simultan, saya tak tahu.

      Kalau bergantian, headset bluetooth merek apa pun mestinya bisa.

  89. Selamat malam pak, saya mau tanya kalo untuk pake smule ko headphone bluethooth hasil nya malah jadi lari2 yaa musik sama yg nyanyi, pdhal pake wifi dan kalo pake headset biasa stabil.
    Itu dari headphone nya atau gmna ya ?
    Terus bagus mana headphone Beats sama JBL?

    Satu lagi mending pakai yg ada kabel nya atau tidak ?

    Yg saya gunakan JBL 010S

    1. Bu Eva,

      Tak tahu. Saya tak pernah coba Smule.

      Tergantung tipe sih.

      Ya itu bergantung selera. Lebih enak yang tanpa kabel.

  90. Selamat malam pak kenapa hendset blotoot saya merek oppo,blotootnya tidak terbaca di hp saya advan ya pak,itu saja terima kasih.

    1. Pak Capt Irada,

      Pengaturannya mesti dicek detail sih. Coba mampir ke pusat perbaikan resmi Advan deh. Minta tolong petugas di sana untuk membantu mem-pairing-kan.

  91. Selamat malam om hsw boleh tanya ga ngebedaan plantronics voyager legend asli dengan yang kw dari segi fisik yang kualitas dll. Soalnya harga jauh bgt yang asli dengan yang kw..

    1. Pak Angga,

      Mohon maaf karena baru malam ini saya sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Silakan coba mencari merek Jabra. Tak ada rekomendasi tipe secara khusus.

  92. Pak hery
    Bagaimana kalau headset bluetooh vivan pak apakah bagus ?
    Bagusan bt 200 bt 300 bt 500 atau bt 520 ya pak
    Dari segi kualitas dan kenyamanan pakai
    Terimakasih pak hery

    1. Pak Budianto,

      Ada beragam kemungkinan. Misalnya, jarak terlalu jauh dan baterai terlalu lemah. Koneksi “bawaan” yang buruk dari ponsel atau headset bluetooth juga bisa menjadi pemicu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *