Layanan 4G LTE XL Resmi Komersial di Surabaya

Layanan 4G LTE XL resmi komersial di Surabaya sejak 22 September lalu. Sebelumnya, meskipun sudah bisa dinikmati konsumen, XL menyatakan layanan 4G LTE tersebut masih berstatus uji coba.

Saat ini XL tidak lagi membedakan paket layanan 4G LTE dengan non-4G LTE. Asalkan pengguna minimal berlangganan paket HotRod Rp 60.000, kuota data yang diperoleh bisa dipakai di jaringan 2G, 3G, maupun 4G.

XL LTE Surabaya

Area layanan 4G LTE XL di Surabaya mencakup Gubeng, Manyar, Pakuwon City, Margorejo, Tambaksari, Wiyung, Kenjeran, Manukan Kulon, dan Kenjeran. XL mengklaim layanan serupa juga dapat dinikmati di Sidoarjo. Seluruh layanan 4G LTE XL memanfaatkan frekuensi 1.800 MHz.

 

37 thoughts to “Layanan 4G LTE XL Resmi Komersial di Surabaya”

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Belum. Di lokasi yang relatif tengah kota pun kemarin “bobok manis” kok, Pak. Kecepatan rata-rata kurang dari 100 kbps (kilobit per second). Pada hari peluncuran, di XL Pemuda sih bisa dapat 30-an Mbps.

  1. Ko Herry,

    Kualitasnya masih kalah kalau dibandingkan Telkomsel, baik itu speed dan coverage areanya.
    Dulu saya pengguna setia XL tapi sejak era 4G saya cerai dan semua gawai saya memakai telkomsel hehehe

    Oot redmi 2 kualitas 4G sim 1 dan sim 2 berbeda, memakai kartu yang sama untuk berinternetan pada redmi 2 ternyata speed yang saya dapat terpaut cukup jauh, sekitar 50% lbh lambat pada sim2. Sekedar sharing saja ko hsw 🙂

    Salam

    1. Pak Herry,

      Benar sekali. Malam ini saya malahan cuma dapat EDGE. Jangankan 4G, 3G pun tak dapat.

      Soal Redmi 2, oh ya? Kelak saat mencoba Redmi 2 Prime saya coba perhatikan.

  2. Kalo menurut Pak Herry kenapa penyediaan Layanan 4G di Indonesia ini kok lambat amat sih padahal sdh digembar gemborkan dari akhir th 2013 tapi smp saat ini setiap operator besar hanya bisa menyediakan utk kota2x tertentu saja , kenapa kita tertinggal oleh Singapore

    1. Pak Harry M.,

      Ada banyak sekali faktor. Di antaranya:
      1. Menggelar jaringan di Indonesia tidak semudah di Singapura. Luas wilayahnya saja berbeda sangat jauh.

      2. Operator tentu harus menghitung dari sisi kelayakan bisnis. Sebab, mereka adalah perusahaan swasta yang mencari untung, bukan yayasan atau lembaga nirlaba.

      3. Perlu dilakukan penataan ulang frekuensi 1800 yang sampai sekarang masih berlangsung.

  3. Om, mau Tanya, di lenovo saya kok banyak iklan bermunculan letika main game atau browsing, apa ada tips untuk menghilangkannya

    1. Pak Chepinkend,

      Saat main game kok banyak iklan muncul? Ada dua kemungkinan.
      1. Pengembang aplikasi memang “agak nakal”. Jadi, iklan pun sering banget muncul.
      2. Pengembang aplikasi baik-baik saja dan Anda menginstalasikan game versi gratisan. Munculnya iklan merupakan suatu konsekuensi logis. Kalau Anda ingin bebas iklan, belilah lisensi game tersebut.

      Saat browsing muncul banyak iklan? Situs apa? Bisa jadi web designer situs itu memang merancangnya begitu karena iklan-iklan tersebut menjadi sumber penghasilan mereka.

  4. Padahal sebelumnya gak pernah seperti ini sudah saya factory reset, tetep muncul iklan seperti 9aplikasi gambar doraemon, ad mob, po***lub, dll. Oh ya perlu gak sih anti virus di android ?, kapan² dishare di blog Om biar nambah pengetahuan tentang anti virus

    1. Pak/Bu Chepinkend,

      Anggaplah ponsel Anda memang bermasalah. Bawalah ke pusat perbaikan resmi ponsel dan kepada petugas, katakan kalau Anda minta flashing ulang. Kalau ditanya alasannya, bilang saja ponsel sering force closed. Sudah coba di-factory reset, tetapi masalah yang sama tetap muncul.

      Untuk saat ini, tak perlu menginstalasikan aplikasi antivirus. Yang penting jangan sembarangan menginstalasikan aplikasi tambahan. Setiap kali akan menginstalasikan aplikasi tambahan, cermati permission yang diminta.

    2. Ikut komen :v

      Masih iklan kan? Ato malah download aplikasi secara otomatis&tidak diinginkan? Klo download aplikasi, ada kemungkinan itu malware dari salah satu aplikasi yg Bpk instal baru- ini. Klo cuma iklan bisa kok pake adaway(root perrmision) buat singkirkan iklan,ato pakai aplikasi yg “pro” supaya tidak ada iklan.

      Kalau bicara antivirus android sih saya rasa belum perlu lah. Karna kernel android sebenarnya juga tahan terhadap virus(kecuali anda suka main ke situs perjudian,dan sejenisnya)

      Semoga bisa membantu.

  5. Pak harry,,
    Bagi pelanggan baru, Kartu 4G tsel apakah dijual bebas di counter counter? Atau hanya dijual di graphari pak??

  6. Pak Hendra W, untuk pelanggan baru dan lama kartu 4G Telkomsel setahu saya baru bisa diperoleh di Grapari kl pelanggan lama SIM Card nya hrs di upgrade ke SIM Card 4G , maaf ini yang saya tahu smp saat ini

  7. Pak Herry SW, yaa betul koment bapak, kondisi geografis negara kita yg terdiri dari kepulauan memang cukup menyulitkan buat operator membangun jaringan 4G mereka, apalagi kalo tidak disupport oleh Pemda setempat , pengurusan ijin pembangunan infrastruktur , BTS dsb sangat menentukan investasi setiap operator, padahal market pengguna telpon selular di negara kita sangat potensial besar nya but bussines is bussines operator ingin ROI nya bisa kembali dgn cepat tdk mau lama2x he he

  8. Pak Herry sw.awal desember ’15 sy beli samsung j2 bonus kartu perdana smartfren 4G . kap 4.5 gb .tapi tdk bs brosing sm skli.apa tdk ada sinyal di lokasi sy.sby utara padahal sinyal mifi andromax bagus.terpaksa pakai mifi akhirnya.mhn info kok bs bgt

  9. Pak Herry SW.sy tambahkan infonya .logo 4G diatas layar hp muncul.sinyal hanya 1 strip.kalo buat bbm sangat lambat.didisplay bbm terkoneksi.tapi di youtube tidak terkoneksi dg internet.
    sy blm coba di daerah lain.hanya kalo pakai mifi kok jadi cepat.mohon pencerahan.tks

    1. Bu Nurul,

      Jawaban atas dua pertanyaan Anda saya gabungkan di sini ya. Sinyal 4G LTE Smartfren di ponsel sudah muncul kan. Berarti, ini yang perlu dicermati:

      1. Pastikan kartu 4G LTE Smartfren diselipkan di selot kartu pertama.

      2. Lakukan pengecekan pengaturan internet. Pastikan parameter berikut ini sudah benar:
      * APN: smartfren4G
      * Username: smartfren
      * Password: smartfren

      3. Ada satu hal lagi yang saya curigai. Di lokasi Anda berada, yang bagus adalah sinyal 4G LTE Smartfren di frekuensi 850. Padahal, Galaxy J2 tidak mendukung LTE 850. Ketika kartu 4G LTE Smartfren Anda pasangkan, ia akan masuk ke LTE 2300. Karena itulah, di mifi lancar jaya, tetapi di ponsel terasa lambat sekali.

  10. Pak Herry SW.settingan sdh sesuai apa yg bpk sampaikan.hanya tombol apn tdk bisa difungsikan disitu.ada pilihan aktifkan/nonaktif kan Apakah ditempat lain J2 hanya bisa di frekwensi 2300 sj ? Kalo begitu.kartu apa yg cocok dg J2 pak.agar bs masuk ke 4G LTE.
    Tks infonya. Pak Herry.semoga ponselmu.com tetap eksis

    1. Bu Nurul,

      Tombol APN tidak bisa difungsikan. Maksudnya tak bisa ditekan atau gimana nih?

      Kalau dipadukan dengan Smartfren, Galaxy J2 hanya cocok dengan layanan LTE 2300. Kalau ponsel itu Anda padukan dengan XL, Indosat, atau Telkomsel, Anda bisa menikmati layanan LTE di frekuensi 1800 MHz. Nah, tinggal Anda cek, lokasi Anda sudah termasuk dalam area layanan LTE operator apa saja.

      Terima kasih atas doanya.

  11. Pak.Herry SW.J2 sy sdh pakai perdana XL 4G LTE.hasilnya lancar jaya.harga 40 rb .beli di konter pulsa dkt rmh.mungkin kalo di wtc ato outlet resmi xl bs lebih murah.
    Sdh dpt kuota 4.5 gb bonus tambahan 300 mb semua bs di 4G selama 24 jam.
    Terima kasih atas infonya.Maju terus Ponselmu.com

  12. Ko Herry, mau nanya nih… Berdasarkan data yang saya dapat dari OpenSignal, kinerja secara keseluruhan (4G, 3G, 2G), XL menempati peringkat 1. Ke 2 Telkomsel. Ke 3 Indosat. Ke 4 Smartfen. Ke 5 baru Tri. Kalo yang saya tangkap sih (mencakup kinerja 4G nya), XL unggul di Download Speed, Smartfren Unggul di Coverage.

    Hal yang mau saya tanyakan, apa Ko Herry setuju dengan hasil itu? Lalu yang jadi pertanyaan saya, kenapa Bolt sebagai trendsetter 4G di Indonesia malah tidak ada?

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Saya sangat tidak setuju. Mengacu kepada pengalaman pribadi, layanan 4G LTE termasuk yang terburuk dibandingkan Telkomsel, Indosat, dan Smartfren. Versi saya, download speed saat ini dipegang Indosat, sedangkan cakupan area dimenangkan oleh Smartfren.

      Mengapa Bolt nggak masuk? Lah… saya tak tahu. Coba tanyakan ke pengembang Open Signal.

      1. Oooh begitu ya… Ko Herry, “Layanan 4G LTE termasuk yang terburuk” maksudnya 4G XL ya?

        Kalau tidak salah Ko Herry berdomisili di Surabaya ya? Kalo di Bandung sih, Indosat malah tergolong buruk… Mengacu ke pemakaian sehari hari, masalah sinyal full tapi ‘connection timed out’ atau loading halaman yang sering sekali bengong dan di load kosong sudah biasa. Untungnya dengan lock di WCDMA Only, cukup membantu walau tidak signifikan.

        Nah saya jadi terpikir satu pertanyaan lagi. Apa download speed yang tinggi selalu berbanding lurus dengan kestabilan jaringan (didapat dari PING latency, semakin kecil semakin baik)? Nah kalau dari penilaian Ko Herry, operator mana yang memiliki kinerja jaringan terstabil baik 4G saja maupun secara umum (4G,3G,2G)? Terima kasih sebelumnya…

        1. Pak Bernardus Leonardo,

          Ya, XL.

          Berarti, kondisinya terbalik dengan Surabaya. Di sini, layanan 4G LTE Indosat sedang bagus-bagusnya nih.

          Tidak selalu berbanding lurus.

          Versi saya, saat ini urutannya Smartfren, Indosat, Telkomsel, lalu XL.

          1. Oooh gitu ya…

            Btw saya masih pake sinyal 3G Ko Herry… Belum LTE… Kebetulan saya lagi cari operator lain untuk backup nomor Indosat Ooredoo saya… Saran Ko Herry apa ya yang cakupannya luas dan stabil? Kecepatan sih saya gak terlalu masalah, asal jangan lambat banget aja…

            Btw punya pengalaman bagus dengan Indosat, di mana operator ‘Biru’ mentok di EDGE dan sering hilang sinyal, sedangkan Indosat masih dapet di 3G, hehehe… Daerah Rancabuaya waktu itu…

          2. Oke… Makasih sarannya Ko Herry…

            Maaf nih mau tanya lagi, berdasar pengalaman pribadi, kalau di rangking, operator selular yang paling jarang mengalami gangguan bagaimana urutannya? Terus secara umum, jika dirangking, bagaimana urutan tingkat keandalan kinerja operator jaringan?

          3. Pak Bernardus Leonardo,

            Paling jarang mengalami gangguan: Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren.
            Paling bisa diandalkan untuk berinternet: Smarfren, Indosat, Telkomsel, dan XL.

            Btw, urutan itu berdasarkan pengalaman pribadi dan dari waktu ke waktu bisa berubah.

          4. Wah mantap nih… Makasih banyak Ko Herry atas kesediaan menjawab pertanyaan (gak penting) saya…

            Iya saya tahu itu… Setidaknya cari referensi untuk sekarang hehehe…

  13. Pak Herry SW
    Apakah kecepatan internet jika saya menggunakan XL prabayar vs XL pasca bayar kualitasnya akan berbeda? (Lokasi penggunaan sama di surabaya). Mana yang lebih unggul? Jika berbeda apakh perbedaan nya signifikan? Terima kasih

    1. Pak Jeffry,

      Saya sudah lama tidak memakai nomor XL Pascabayar. Zaman dulu masih pakai, kinerjanya terbukti berbeda dengan XL Prabayar. Yang pascabayar lebih bagus lumayan signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *