Layanan Service Center LG Tidak Memuaskan

Setelah lama tidak berurusan dengan pusat perbaikan resmi alias service center ponsel LG, hari ini saya harus ke sana. Ternyata, layanannya tidak memuaskan. Posting ini akan menceritakan pengalaman pribadi yang tadi pagi saya alami saat mengunjungi pusat perbaikan resmi LG di WTC Surabaya.

Saya mendapatkan nomor antrean 005. Saat itu, petugas masih melayani pemegang nomor antrean 001. Sambil menanti giliran, saya menyaksikan tayangan film Up yang diputar di televisi berlayar lebar merek Sam eh… LG.

LG Mati-3

Mengapa saya mesti berkunjung ke pusat perbaikan resmi LG? Cerita bermula pada kemarin pagi. Jumat, 20 Desember 2013. Karena ingin merasakan Android KitKat, saya antre membeli LG Nexus 4 yang dijual dalam acara clearance sale di atrium Tunjungan Plaza II Surabaya. Ketika lampu di atrium tersebut belum dinyalakan pun, calon pembeli telah mengular.

LG Mati-4

Singkat cerita, setelah mengantre plus berjalan bolak-balik antarstan yang dipicu oleh lemahnya koordinasi panitia, saya melakukan pembayaran. Satu kardus berisi Nexus 4 saya dapatkan.

LG Mati-2

Sejak awal saya telah mengetahui bahwa stok barang yang dijual terbatas dan dengan kondisi khusus. Yaitu, barang yang ditawarkan tidak bergaransi. Setelah transaksi, pembeli tidak boleh menukarkan atau mengembalikan barang. Pembeli juga tidak dapat memilih warna.

Tidak hanya itu. Pembeli wajib melakukan cek fisik dan kelengkapan. Cek fisik bermakna barang yang dibeli, entah ponsel atau tablet, dapat dinyalakan dan memperoleh sinyal. Sedangkan cek kelengkapan berarti isi paket penjualan diperiksa.

Usai menerima Nexus 4 dari kasir, seharusnya saya menuju ke meja pengecekan fisik dan kelengkapan. Saya memutuskan melewatkan tahapan itu karena dua alasan. Pertama, saya harus menghadiri acara di lokasi yang berjarak tempuh sekitar satu jam perjalanan.

Kedua, saya terus terang dalam kondisi cukup “bertanduk dan bertaring”. Lantaran disuruh bolak-balik antarstan, dengan informasi yang layak dikategorikan simpang siur, saya sempat emosi.

Saya sadar, bila tidak dicek lebih dulu dan ternyata Nexus 4 yang dibeli bermasalah, saya tak bisa mengajukan komplain kepada penyelenggara clearance sale. Saya siap dengan risiko itu. Dalam hati, saya berkata, “Tak apa-apa. Toh barangnya barang baru dan masih segel. Kemasan tidak mulus dan kotor yang saya dapatkan tak perlu dipermasalahkan. Lha namanya saja clearance sale alias cuci gudang.

Kebetulan, saya juga yakin bila masa edar Nexus 4 di Indonesia belum sampai setahun. Ponsel itu mulai dijual di sini pada 12 atau 13 Januari 2013. Entah mana yang benar. Saya lupa. Jadi, kalau pun penyelenggara menyatakan tidak ada garansi, tak masalah. Saya tinggal melakukan klaim ke pusat perbaikan resmi LG. Minimal masih ada sisa garansi sekitar tiga minggu.

Matahari telah terbenam ketika saya tiba di rumah. Kardus berwarna hitam saya keluarkan dari selongsongnya. “Lho, segel LG-nya kok sudah sobek?” gumam saya dalam hati. Penutup kardus saya buka. Lho? Ponsel saya angkat dari kardus. Lho? Semakin saya memeriksa, saya semakin yakin kalau Nexus 4 yang berada di hadapan saya adalah barang bekas.

Hmm… padahal selama proses mengantre maupun transaksi, tak ada pemberitahuan kalau barang yang dijual adalah barang bekas. Kalau mengenai stok terbatas dan barang tidak bergaransi, hal itu sudah diumumkan. Saya memahaminya.

Ponsel saya coba nyalakan. Sama sekali tak ada respons. Saya menduga daya baterai telah sangat lemah. Proses charging dilakukan. Hanya ada lampu merah yang berkedip-kedip di bawah layar. Tidak ada indikator yang menunjukkan proses pengisian ulang baterai sedang berlangsung. Upaya menekan tombol “penyelamatan” tak membuahkan hasil.

Tinggal satu usaha terakhir: membiarkan ponsel itu terhubung dengan charger mulai malam sampai pagi.

Tadi pagi, Nexus 4 kedua yang pernah saya miliki itu tetap gagal diaktifkan. Berarti, saatnya saya menuju ke pusat perbaikan resmi LG. Ketika nomor antrean saya dipanggil, saya bergegas datang ke meja petugas. Wanita muda di meja itu adalah customer service sekaligus teknisi.

Saya mengungkapkan keluhan yang terjadi. Dengan cekatan, teknisi wanita itu membongkar Nexus 4. Andaikan disuruh beradu cepat membongkar ponsel melawan dia, saya pasti kalah. Saya baru mungkin menang bila disuruh menginjak atau menduduki ponsel sampai retak. Ha… ha… ha….

Hasil pemeriksaan yang dilakukan membuahkan kesimpulan: bagian dalam ponsel saya pernah terkena air. Ada bekas basah. Bahkan, di cover belakang Nexus 4 itu masih terlihat ada setitik air. Pemeriksaan lanjutan dilakukan. Baterai ponsel saya dinyatakan rusak.

Dalam pengamatan visual saya, tulisan di permukaan baterai ada yang luntur. Sedangkan di sisi belakang baterai ada bercak-bercak seperti karat.

LG Mati-1

Pfff.. komponen lain untungnya diduga keras masih selamat. Sebab, ada semacam sekat pengaman yang memisahkan baterai dengan bagian lain.

Sebuah kejutan terjadi. Karena bisa membuktikan bahwa Nexus 4 itu baru berumur sehari, petugas di pusat perbaikan resmi LG memutuskan baterai ponsel tersebut diganti. Gratis dan bisa ditunggu! Terus terang ini di luar dugaan saya.

Baterai diganti, ponsel coba dinyalakan. Nyala. Coba di-charge, indikator baterai juga menandakan adanya proses pengisian ulang baterai. Ponsel dimatikan lagi, kemudian diserahkan kepada saya. “Sampai di rumah harap di-charge dulu sampai penuh ya, Pak,” tutur teknisi wanita yang melayani saya.

Sejak datang mengantre sampai ponsel tuntas diperbaiki, waktu yang dibutuhkan kurang dari satu jam. Karena tidak iseng mengaktifkan stopwatch, saya tak mengetahui tepatnya berapa menit. Pasti lebih dari 30 menit, tetapi kurang dari 45 menit.

Mengacu pada pengalaman di atas, menurut saya, layanan pusat perbaikan resmi LG ternyata tidak memuaskan. Ya, tidak sekadar memuaskan. Pusat perbaikan resmi itu lebih pantas diberi predikat SANGAT MEMUASKAN. Umpama dituliskan dengan kalimat hiperbola yang pasti menyalahi kaidah bahasa Indonesia, saya akan menyebutnya superduper memuaskan, sangat memuaskan sekali, atau memuaskan kuadrat pangkat dua.

Apakah Nexus 4 saya akhirnya bisa berfungsi normal? He… he… he… ponselnya masih di-charge. Semoga saja normal.

91 thoughts to “Layanan Service Center LG Tidak Memuaskan”

  1. Parah ya barang bekas dijual. Tp bravo LG atas tanggung jawabnya, padahal ada tc yg bilang harus diperiksa dll dsb.

    Ga rugi deh beli nexus 4 minggu lalu walau harganya masih 3.99jt .anggep aja beli garansi yg bisa dipertanggung jawabkan.

    1. Pak Allfreed,

      Sebenarnya LG boleh tidak bertanggung jawab lho. Alasannya:
      * Yang melakukan clearance bukan LG, melainkan Erajaya/Erafone. Mereka mengobral aneka merek dan tipe ponsel.
      * Kemasukan air termasuk misused alias kesalahan pengguna, bukan cacat produk atau kesalahan produsen.

  2. Hahaha pak harry ini, pake jurus “judul yg bombastis”… saya sempat tertipu pakk… syukurlah ternyata -mudah2an ding- happy ending… πŸ™‚
    Oiya pak, kapan reviu-nya lenovo p780?? Segera ya pak, pliss…

    1. Pak Doni F.,

      He… he… he… sepertinya judul bombastis membuat orang tertarik membacanya ya.

      Belum ada jadwal review P780 karena saya belum pernah mencobanya. Dulu cuma pernah towel-towel.

  3. Ha ha…Pak Herry bisa aj ngasih judul.
    Sempet menduga yg nggk nggk. πŸ™‚

    Ngomong2 clearence sell yg di jakarta kmrn, ternyata temen saya beli Nexus 4 dengan “bonus” tanpa kamera depan pak. Baru ketahuan setelah cek mendalam ketika sudah dirumah. πŸ™‚

    Ha ha… hati hati aj deh.Intinya cek sangat teliti sebelum beli.

    Tp mmg sangat menggiurkan prog clearence sell tsb. Moga Huawei Mediapad saya bs sehat sehat aj deh. πŸ™‚

    Salam.

  4. Mas Herry, sebelumnya kami mohon maaf utk kondisi barang yg anda beli dalam keadaan tidak layak pakai. Oleh sebab itu, kami akan menggantikan nya dgn Nexus 4 lain, atau jika ternyata tdk ada stok yg memang layak kami kembalikan uang nya. Saya akan menghubungi anda melalui WA secepatnya yah.

    1. Pak Andre Tan,

      Ini sebenarnya adalah kesalahan dan risiko saya. Sebab, saya tidak melakukan pengecekan fisik di tempat usai menerima barang.

      Terima kasih atas alternatif solusi yang diberikan. Untuk penggantian dengan unit lain, saya perlu konfirmasi dulu dengan seorang teman. Sebab, sejak kemarin ia telah mereservasi ponsel itu. Serah terima baru dilakuan setelah barang tuntas saya coba. Teman saya mengetahui kronologis detail transaksi ponsel tersebut dan tetap memutuskan untuk meminangnya karena membutuhkan Nexus 4 murah meriah untuk suatu uji coba.

  5. kapan hari kena redlight.. dicek ternyata kena air dalamnya.. mungkin keringat yg masuk waktu tertindih badan pas tidur.. alhasil ganti baterai dan mesin… GRATIS!! Mesin plus baterainya!!.. kaget dah… emg mantap service center lg πŸ˜€

  6. Pak HSW… Ada gak service centre hp yg mau ganti unit baru? Misal kita beli hp, ternyata ada fungsi yg tidak bisa dipakai,contoh kamera. Kita bawa ke service centre trus mereka tawarkan unit baru, karena masih garansi. Kira2 ada gak pak?

    1. Pak Nunoz,

      Jawabannya, ada. Biasanya hal itu berpeluang terjadi bila ponsel pengguna mengalami salah satu kondisi berikut ini:
      1. Ponsel baru dibeli satu hari, tetapi ternyata mati total atau fungsi tertentu tidak berjalan. Ponsel masih sangat mulus, pembeli bisa menunjukkan nota pembelian, dan tidak ada tanda-tanda bekas terjatuh, terbentur, maupun terkena air.

      2. Ponsel sudah berusia agak lama, tetapi masih mulus dan bergaransi. Ponsel mengalami kerusakan yang sangat berat. Tidak ada tanda-tanda bekas terjauh, terbentur, terkena air, atau kekerasan fisik lain.

      3. Ponsel sudah berusia agak lama dan masih bergaransi. Bodi sebenarnya sudah tidak bisa dibilang mulus. Tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ponsel rusak karena kesalahan pengguna. Ponsel itu mengalami kerusakan berat dan setelah dirawat inap selama 1-2 bulan, ternyata gagal diperbaiki atau suku cadang pengganti belum tersedia.

  7. Wah untung pihak LG mau memberi garansi y pak πŸ™‚
    Tgl 23 besok kmungkinan saya kesana pak,berarti,harus beli HP yang masa edarnya kurang dari 1 tahun y pak??
    Kira2 selain nexus 4 ap y pak handphone yang menarik dengan masa edar kurang dari 1 tahun??

    1. Pak Buds,

      Iya, untungnya begitu. Padahal, jelas-jelas kena air tuh.

      Hari ini mau ke Erajaya Clearance Sale di TP? Ya, untuk amannya cari yang masa edarnya kurang dari satu tahun. Jadi, kalau pun penjual tak menggaransi, minimal kita masih punya pegangan garansi resmi. Pesan saya, jangan melewatkan tahapan cek fisik.

      Penawaran yang kelihatan menarik dan masa edar produk seharusnya masih kurang dari setahun:
      * Acer Liquid Z1 (Z120) Rp 499 ribu.
      * Nokia Lumia 520 Rp 1,25 juta.

  8. Sempat shock lihat judulnya Pak Herry, karena saya termasuk pengguna baru LG. Tapi setelah lihat ulasannya jadi adem ayem, nggak salah pilih beli LG… He he he…

  9. hehehe saya tertipu tadi baca ini kirain tidak memuaskan dalam konteks negatif πŸ˜€

    terus sekarang HP LG nya bagaimana pak? apakah normal?

    sudah 2 tahun pake brand sony yang terkenal Service center nya amburadul, untungnya belum pernah berhubungan sama sekali dengan SC nya πŸ™‚
    tapi tetap saja was2 kalo suatu ketika terjadi apa2 dengan hp saya πŸ™‚

    setelah membaca pengalaman pak herry di service center LG yang ternyata sangat memuaskan, jadi berpikir kelak kalau ganti hp coba melirik ke LG πŸ™‚

  10. Pengalaman ke SC-nya TAM buat klaim garansi iphone 3GS yg take over dari temen trus tempat simcard-nya rusak, setelah ngantri lumayan lama trus keputusannya disuruh tinggal. Diambil 3 minggu kemudian, rupanya ganti unit baru. Lumayan, beli second 6 bulan kemudian malah jadi baru gres

  11. wah..pak Herry bisa dapet ya…Saya jg ngantri di hari pertama clearence sale. Pengen beli Nexus 4, tapi udah kehabisan…
    Btw, Nexus 4 apa masih layak beli untuk saat ini atau ada HP lain yg pak Herry lbh rekomen dengan range harga yg sama?

    1. Pak Iwan,

      Saya datang menjelang pukul 09.30. Di antara sekian banyak pengantre yang lebih dulu datang, kebetulan saya adalah pembeli pertama Nexus 4.

      Apakah Nexus 4 masih layak beli? Meskipun keluaran lama, ponsel itu masih menarik dilirik, apalagi bagi pengguna yang penasaran dengan Android KitKat.

    1. Pak Iwan,

      Saya belum pernah menguji pakai Ascend P6.

      Kalau Nexus 4 versus Xperia SP, pemilihannya seperti ini:
      * Pilih Nexus 4 kalau ingin cepat dapat update (kini sudah Kitkat 4.4.2) dan bodi mewah.
      * Pilih Xperia SP kalau ingin yang baterainya tahan lama dan memiliki lampu iluminasi yang mudah dipersonalisasi.

  12. saya suka ulasan njenengan pak Herry..suroboyoan tenan..untung saya baca tuntas kalo nggak bisa haduhhh..hehehe..sekedar saran aja pak..judulnya yg positif aja deh..kalo ada pembaca yg kurang teliti bisa2 mindset nya belok duluan..dipangan mentah itu judul..kasihan ntar..hehehe..cuman usul loh pak..

    1. Pak Endri Eka,

      Terima kasih atas komentar dan masukannya. Supaya bervariasi, kadang saya memang menggunakan judul yang bombastis atau menyesatkan.

  13. Pak, tolong tanya kalo misal pake garansi gitu seharusnya jika battery bermasalah seperti itu kira-kira apa servisnya gratis juga nda ya ?
    Terima kasih.

  14. Biaya mengganti battery nya sendiri, pak. Jadi jika misal beli HP nya bergaransi, lalu tiba-tiba battery nya rusak begitu apakah gratis juga penggantiannya ?

    1. Pak Rianto,

      Baterai ponsel LG juga digaransi selama enam bulan. Jadi, bila dalam rentang waktu tersebut baterai bermasalah, penggantian baterai dan ongkos bongkar pasangnya tetap gratis.

  15. Pak Herry

    Pernah ada pengalaman dengan service center tam nggak? Saya baru beli iphone 5s di erafone, garansi TAM, 2 minggu dipakai mulai muncul titik2 hitam di layarnya (dead pixel), ada 1 yg keliatan jelas, ada 6 lain yg samar. Kalo spt itu kira2 bisa di claim nggak ya? Atau pak herry bisa mencoba membantu mengclaimkan, sekaligus untuk diulas hpnya dan di bahas mengenai service centernya? Hehehe… Thanks sebelumnya

    1. Pak Andri,

      Kebetulan belum pernah.

      Anda di Surabaya? Kalau iya, boleh deh saya bantu klaimkan garansinya dengan melewati jalur normal. Namun, bila sudah selesai, iPhone 5s-nya saya pinjam selama dua minggu untuk review ya. πŸ™‚

  16. Pak herry…

    Sayangnya saya di jambi pak hehehehe…

    Sebetulnya dengan senang hati saya ingin pinjamkan ke pak Herry, karena saya senang dengan gaya review bapak, saya juga kebetulan tidak bawa box nya karena saya tinggal di jogja (saya merantau disini), jadi takut kalo saya kirimkan malah tergencet.. Disini repot pak kalo mau claim kudu ke medan yang paling dekat.

    Saya baru tau ternyata kalo erajaya itu grupnya. Kalo policy mengenai dead pixel di grup erajaya (tam / ses) kira2 pak Herry pernah dengar? Saya agak takut jg kalo dead pixel ternyata nggak ke cover garansi.

    1. Pak Andri,

      Terima kasih sebelumnya.

      Iya, kalau jauh begitu, mending jangan deh. Untuk kirim-kiriman gawai di Indonesia, saya biasanya menggunakan jasa FedEx/RPX dan sedapat mungkin menghindari JNE. Sebenarnya saya cocok memanfaatkan jasa Tiki dan Pandusiwi. Masalahnya, Tiki sudah cukup lama tidak lagi melayani pengiriman ponsel bekas. Sedangkan Pandusiwi menetapkan tarif khusus untuk pengiriman gawai yang nilainya cukup bikin ciut nyali.

      Iya, Pak. Erajaya itu “kepala”-nya. Anaknya ada Erafone, TAM, SES, iBox, dll.

      Kebijakan yang sangat spesifik terkait deadpixel tidak saya ketahui. Kalau kebijakan yang berlaku umum biasanya begini:
      * Ada tiga deadpixel berjajar, atau
      * lima deadpixel di lokasi yang terpisah
      baru bisa diklaim. Kalau kondisinya lebih ringan daripada yang saya sebutkan di atas, dianggap masih dalam batas toleransi.

  17. Pak Andri,

    Setahu saya, prosedur dari pihak Apple, selama masih masa garansi dan iPhone mengalami kerusakan di hardware maka iPhone akan diganti unit baru, walaupun itu hanya kerusakan hardware tahap ringan (tidak diservis).

    Kebetulan dulu saya sempat mengalami kejadian iPhone 4 yg mati mendadak dan garansi SES. Saat saya bawa ke servis resmi SES di Jakarta, mereka mengatakan hanya diijinkan melakukan perbaikan terkait masalah software saja. Sehingga iPhone saya kemudian diganti unit baru oleh SES

    1. Pak Ori Widianto,

      Terima kasih atas sharing-nya. Proses penggantian dengan unit baru saat itu membutuhkan waktu berapa lama, Pak?

  18. Mau ikut berbagi. Soal hape rusak diganti uang, saya pernah mengalami di Samsung Service Center, BEC Bandung. Jadi waktu itu, hari Sabtu sekitar jam 2 saya beli hape Samsung di salah satu konter BEC. Waktu dicoba segalanya normal, tapi setiba di rumah, jadi engga bisa dicas. Bahkan dinyalakan pun engga bisa. Besok paginya (hari Minggu) saya datangi konternya. Ternyata dicoba di sana pun tidak nyala. Saya pikir konter akan bertanggung jawab, berhubung hape yang dibeli belum 24 jam. Ternyata mereka lepas tangan dan sama sekali tidak membantu, malah menyuruh saya ke service center di lantai atas. Sempet kesel karena penjual yang tidak bertanggung jawab itu (saya masih ingat konternya, dan sudah diblack list engga beli di situ lagi).

    Di samsung service center saya diterima baik. Melihat bon pembelian yang belum 24 jam, petugas sempat menyarankan untuk minta ganti di tempat pembelian. Tp saya ceritakan kondisinya. Lalu petugas yang saya duga supervisor di situ, menelepon konter tempat saya membeli. Entah apa yang dibicarakan. Namun setelah menelepon dia memberikan alternatif. Pertama diservice sekitar 2 mingguan, dua diganti baru, tapi perlu waktu karena mereka tidak menyimpan hape model yang saya beli. Ketiga, diganti uang senilai pembelian yang tertera dibon. Saya pilih yang ketiga: ganti uang.

    Kurang dari 15 menit, uang penggantian (kontan) saya terima. Memang sih banyak berkas yang harus ditandatangi, tapi saya maklum. Perkara uang,setiap orang memang harus hati2.

    Meski pernah dapat hape samsung rusak, tapi tidak bikin saya kapok. Justru makin sayang sama Samsung he he he.

    1. Pak Yeddy,

      Terima kasih atas sharing-nya. Ini testimoni kedua yang pernah diterima tentang Samsung membeli kembali ponsel yang telah dibeli konsumen.

  19. Saya user baru handphone dengan brand LG G2, saya pny pglaman tentang service center LG yg sangat memuaskan, sngkat crtany hp ksayangan saya g2 yg saya beli dgn hasil tabungan (yg trkumpul slama 1 periode) krn krg kehati2an saya trjtuh dan mngalami retak layar di bgian sudut kiri bwh shngga mnybabkan layar tdk dpt berfungsi dgn baek,kmdian saya pun mmbwa hp saya ke service center LG pusat di slh 1 jln bsar di kota medan, saya memperlihatkan kondisi hp saya,beserta dgn nota pmblian n krtu garansiny, cs yg mnrma lngsng mengecek dan mnytakan hp saya masi bs diklaim. Wah, jujur saja saya sgt senang, krn shrsny layar retak adlh murni kslhan user, dan saya jg sdh siap akan sgla konsekuensiny jk dikenakan biaya utk pnggantian parts yg saya iseng2 tny shrga 1,8jtaan. Trima kasih LG, playanan LG adlh terbaek dr yg terbaek, utk urusan hp sptiny kedpn saya dh cinta mati trhdp produk LG. Trims LG.

    1. Pak Darwin,

      Terima kasih atas bagi-bagi informasinya. Wah, mantap ya.

      Btw, lain kali bila berbagi informasi lagi tolong penulisan kalimatnya jangan disingkat-singkat ya. πŸ™‚

  20. Saya punya pengalaman HP lenovo K900 masih dalam garansi., Problemnya : Hp panas dan Boros (Cepat drop) dan kalau recharge lama +/- 6-8 jam baru Full, menurut tekhnisinya mengatakan ada kesalahan pada mesin dan bateray, …. singkat cerita Hp saya nginap alias dirawat di intalasi UGD selama 14 hari kerja (mulai tgl. 13/3/2015), katanya akan diganti dengan mesin dan bateray yang baru …..eh…. setelah melewati 14 hari kerja, kata servive centrenya lagi dipesan di Pusat LENOVO…. waduuh….. pusing nggak teman2….? masih menunggu p e s a n a n a n…..!!! entahlah sampai kapan akan selesai, yang jelas sampai saat ini saya belum dapat kabar, kapan Hp saya keluar dari UGD tsb….. wallahualam……..

    1. Pak Irsal,

      Terima kasih atas sharing-nya. K900 memang bodinya cepat panas. Semoga ponsel Anda segera sembuh.

  21. sempet kaget pas pertama baca he he he… soalnya hp LG l90 saya masih nginep di SC LG bekasi nih sekitar satu minggu yg lalu, katanya sih softwarenya ada yg harus di ganti. dan barangnya itu belum tersedia, alhasil masih harus menunggu diperbaiki. untungnya masih bergaransi

  22. Maaf pak herry…Saya mau tanya service centre LG dibekasi mungkin pak herry tau. di comment atas juga pak Zufar sedang perbaiki hp LGnya di Bekasi. Bisa info pak service centre LG dibekasi? Terima kasih

  23. Renny,
    Untuk service centre di bekasi ada di jl. komp comersial center disamping BCP yang banyak ruko-ruko itu.. nanti masuk aja ke dalamnya. untuk nomer telp. 88856133

    1. Pak Zufar,

      Terima kasih atas bantuannya menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pembaca lain blog ini.

  24. Sekarang masih kayak gitukah pelayanan LG? Lagi mau beli LG G3 nih tapi mikirin kesiapan pelayanan servisnya juga.

  25. Kemarin tanggal 4mei saya ke CS LG di solo, kemudian saya membawa garansi tapi tidak membawa nota pembelian karena nota pembelian saya hilang, hp saya L70. hp saya tiba2 mati ketika dihidupkan tanpa memencet power dan ketika baterai dimasukkan sudah bisa nyala tanpa memencet power. kata CS yg disolo hp saya dibawa ke jogja tgl 6mei untuk diperbaiki. apakah masih bisa bergaransi?itu termasuk gagal booting kah?apakah harus ganti mesin?jika ganti mesin berapa biayanya?terimakasih

    1. Pak Anggit,

      Saya tak bisa mengetahui ponsel Anda masih bergaransi atau tidak. Lha saya kan bukan pengelola pusat perbaikan resmi LG.

      Yang bisa menjawab pertanyaan Anda adalah petugas di pusat perbaikan resmi LG.

  26. layanan servisnya sih memuaskan, tapi layanan jual nexus 4 nya itu yang tidak memuaskan.. menipu pembeli seperti itu ckck

  27. Pelayanan Service center LG WTC memang benar” memuaskan,
    ramah, nyaman, cepat dan tanggap, tapi sayangnya aku uda gak pakai HP LG lagi

  28. wah ternyata review anda benar Pak,saya habis klaim garansi earphone LG G2 saya yg mati sebelah di LG center tegalsari ,gak sampai 15 menit tanpa basa basi,Cs nya langsung bilang ganti unit baru pak..bener2 memuaskan

  29. Kl saya punya pengalaman lain dgn service center Lg,saya baca disini dan bnyk yg ngomong kl pelayanan service center Lg no 1 dibanding samsung.kok bisa yaa???kl nurut saya kagak soalnya ini saya minggu lalu benerin Lg g3 saya yg cover cameranya masalah shg hsl kameranya jadi berkabut(foggy)dan dijanjiin spartpartnya 2 minggu krn lagi kosong.E hr ini saya iseng2 telpon lagi dijanjiin 2 minggu lagi,padahal smpai hr ini sdh jln 1 minggu lho.Bandingkan dgn samsung saya pernah serbice S3 saya cm butuh 3 hari spart part sdh ada pdhl S3 sdh launching lama drpd G3 yg baru 1 thn.Mknya ane heran jg kok bisa lho plynn serv center Lg no 1 dibnding samsung drmnnya ya???

    1. Pak Teguh,

      Maaf, biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat. Untuk pengalaman yang mengandung keluhan seperti ini, akan lebih baik bila Anda juga menyertakan informasi yang lebih detail. Misalnya:
      * Lokasi service center yang dikunjungi.
      * Nomor repair order yang Anda dapatkan.

  30. Dear Pah herry Sw

    Untuk lokasi service center Lg yang saya kunjungi di service center Lg wtc lantai 2,dan untuk no repair ordernya saya tidak mendapatkannya karena handphone masih saya bawa karena sparepart masih belum ada dan harus menunggu 2 minggu.Pihak service center Lg menjanjikan bahwa kalau nanti sparepart sudah ada saya akan dihubungi lewat telepon.Jadi cuma disuruh tinggalin nama dan no handphone.Tapi anehnya saya kemarin coba telepon lagi ingin tahu perkembangannya tapi malah disuruh nunggu 2 minggu lagi dari hari kemarin,jelas saja saya jengkel dan sempat marah.saya bandingkan dengan samsung tidak seperti ini barusan saya ganti part galaxy s3 cuma butuh 3 hari sudah ada partnya kok dibanding Lg payah harus nunggu 2 minggu itupun nggak pasti padahal itu saya ganti partnya untuk Lg g3 yang merupakan masih keluara baru.

  31. Dear Pak Herry

    Iya Pak belum sampai menginap soalnya sama pihak service center disuruh bawa pulang dulu nunggu sparepartnya datang saja.Jadi saya dicatat nama dan no handphone saya.

  32. Kalau nurut Pak Herry gimana ya,soalnya untuk cari spart part Lg kl diluar service center susah juga.Tapi nunggu service center seperti ini?Bingung saya jadinya

  33. Ok Pak terima kasih atas sarannya.Kalau begitu saya lebuh baik menunggu ketersediaan spart part dari service center resmi saja.

    1. Pak Teguh.

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Ok, Pak.

  34. Dear Pak Herry

    Update lagi perkembangannya.Kemarin saya telpon lagi service center handphone LG yang di wtc lantai 2 dan hasilnya tetap suruh nunggu karena partnya masih belum ada dan masih diimport dari korea karena diservice center LG lain kosong.Tapi parahnya saya tanyai kapan kira kira adanya mereka jawab nggak tahu,padahal ini saya sudah nunggu 2 minggu seperti yang mereka janjikan.Pusing sekarang saya Pak Herry disuruh menunggu tanpa ada kepastian yang jelas.

    1. Pak Teguh,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Ok, gini deh. Silakan kirimkan email lengkap ke milis@hsw9900.com. Paparkan dengan lengkap kronologisnya. Yang komplet ya. Jangan lupa sertakan nama lengkap dan nomor HP yang bisa dihubungi. Saya akan coba bantu sebisanya.

  35. Dear Ko Herry

    Nggak apa-apa Ko Herry.Update:Sudah selesai ko akhirnya sudah ada sparepartnya dan kemarin tanggal 17 september 2015 sudah saya ganti sparepartnya di Lg service center resmi wtc lantai 2.Begini ko akhirnya kok bisa cepet,padahal minggu lalu seperti yang saya ceritakan sama ko herry kalau pihak Lg nggak bisa beri kepastian kapan datangnya sparepartnya.Tapi akhirnya saya langsung kirim email ke situs Lg.com dan ceritakan semua keluhan saya pada sabtu tanggal 12 september 2015 dan manjur juga selang berapa jam kemudian saya langsung ditelpon sama Lg service center wtc lt2 surabaya kalau sparepartnya sudah ada di jakarta dan minggu depan sudah sampai surabaya.Dan akhirnya kemaren tanggal 17 september sudah datang dan langsung diganti.Dari sini saya bisa simpulkan service center Lg sebenarnya bagus cuma kurang cepat pro aktif nunggu kita sampai negur via email baru gerak cepat,soalnya mereka kemarin juga cerita kalau sudah ditegur pihak Lg pusat kalau suruh cepat sediain partnya.

  36. Saya juga agak heran dengan HP LG G2 saya, jatuh memang sudah 2x kira2 ketinggian
    30-40cm (dari kasur), layarnya retak. Datang ke service centre pelayanan sangat ramah namun memiliki banyak tanda tanya. Saat itu stock kaca untuk LG G2 Hitam kosong, saya disuruh menunggu 1-4 minggu, dan saya diberikan nomer untuk menghubungi salah satu CS disana apa bila sudah ada barangnya ( bukankah seharusnya saya/ customer yang dihubungi? ) dan mengapa sistem pembayaran harus tunai atau cash? mengapa tidak disediakan mesin debet atau transaksi elektronik semacamnya.

    Batre LG G2 milik rekan saya bisa tahan sampai 1 1/4 hari, sedangkan saya hanya bertahan 20 Jam (pemakaian normal). Tapi untuk performa LG G2 sendiri saya sangat puas.

    1. Pak Andrew,

      Kadang konsumen diminta proaktif menghubungi untuk antisipasi kalau petugas lupa menelepon karena ada banyak konsumen yang harus dilayani. Praktiknya, yang selama ini terjadi dengan saya, petugas LG yang menelepon duluan.

      Soal pembayaran, kebetulan saya sudah menyiapkan uang tunai. Jadi, saya belum pernah menanyakan bisa membayar pakai kartu debet dan kartu kredit atau tidak.

      Mungkin teman Anda memiliki intensitas pemakaian lebih rendah dengan G2-nya.

  37. Ko mau nanya
    Jika ingin membeli ponsel baru LG untuk mengetahui garansi resmi gmana ya ko ? Rencana mau ambil LG magna tapi yang saya liat stikernya TAM apakah itu garansi resmi ?

  38. Mungkin kalau di kota besar servicenya memuaskan ya pak?
    saya membeli hp LG Magna tanggal 23 desember 2015, sekitar 3 minggu hp tiba-tiba tidak bisa nyala dan layar hanya berupa garis- garis berwarna yang berubah- rubah. langsung saya bawa ke service center di solo tanggal 16 januari 2016, agak kaget pas ke tempatnya saya kira hanya untuk hp ternyata untuk produk-produk LG yang lain juga dan disana tidak ada nomor antrian. pas saya masuk masih ada yang membenarkan tv saya akhirnya duduk dulu untuk antri, tiba- tiba ada yang baru masuk eh langsung aja ke petugas LGnya dan dua kali seperti itu saya yang harusnya sudah awal malah belum dilayani. setelah giliran saya, petugas bilang kalau hp saya kena lcdnya dan harus nunggu 1 minggu dan petugas bilang kalau nanti akan dihubungi. karena sudah 1 minggu tidak ada telpon dari pihak Lg dan di nota untuk pengambilan juga tidak ada nomer yang bisa dihubungi. saya cari nomer telpon service di solo akhirnya dapet saya telpon, petugas bilang kalau yang rusak pcbnya dan barang sedang kosong saya diminta nunggu 2 minggu.

  39. Pak HSW
    dan pembaca yg lain,, mau tanya apakah bisa klaim HP lg tanpa nota pembelian? Nexus 5 sy pembelian desember 2015, tp nota hilang. Ya meskipun kondisinya skrg normal.
    Terimakasih

    1. Pak Syah,

      Sangat bisa. Andaikan Anda diminta menunjukkan nota pembelian, bilang saja Anda mendapatkan ponsel itu sebagai hadiah ulang tahun. Nggak mungkin dong meminta notanya.

      Namun, dalam kasus ini, saya melihat ada satu poin yang potensial terjadi. Anda membeli Nexus 5 itu pada Desember 2015. Kalau tidak membawa nota pembelian, petugas di pusat perbaikan resmi LG akan mengacu kepada catatan di sistem sebagai tanggal pembelian. Nah, amat mungkin garansi atas Nexus 5 Anda di sistem sudah dianggap habis.

      Jadi, saran saya, lebih baik Anda membuat nota pembelian sendiri bertanggal Desember 2015.

  40. Pak, terimaksih responnya
    Nah terkait itu, adakah web yg bisa ngecek cover garansi ponsel LG layaknya apple?
    Trus membuat nota sendiri bagaimana caranya ya?

  41. numpang tanya bos hary..! dimana bisa beli batre LG G3 dimakassar? & berapa harga makassar ? trims rais

  42. pak herry apakah rooting membatalkan garansi LG? kebetulan LG saya di LCDnya terdapat Bubble. soalnya kalo di samsung rooting itu membatalkan garansi karena terdeteksi oleh pihak samsung lewat recovery mode.

    1. Pak Dimas,

      Normalnya menghanguskan garansi. Namun, saya pernah melihat sendiri, ada konsumen yang mengajukan klaim garansi atas ponsel yang jelas-jelas ketahuan di-root. Eh, saat itu petugas tetap bersedia melayaninya.

    1. Pak Help,

      Asalkan masih dalam masa garansi, tinggal Anda bawa ke sana. Petugas siap membantu meng-upgrade-kan. Btw, upgrade sendiri langsung dari menu ponsel sebenarnya mudah lho.

  43. Sore Pak HSW,

    Saya sedikit frustasi dengan service center LG di wtc, perihal saya mau menservicekan LG V20 saya yang burn in, tapi tanpa meninggalkan HP. Oleh pihak mereka dijanjikan dalam waktu 2 minggu akan dikabari bila layar sudah tersedia. Nah oleh mereka bila perangkat ditinggal di sana makan layar akan lebih cepat datang. Saya hanya heran apa beda nya? karena memang masih tercover garansi kan ini, karena cacat. Apakah bila saya ke tegalsari akan tetap sama yah responsnya yah? Karena saya telpon ke tegalsari tidak dijawab oleh siapa pun…
    Total saya telah menanti hampir 3minggu. nih pak hahaha…
    Apakah bapak ada pengalaman di LG service center di tegalsari…

    Sekian pak HSW, Terimakasih. Salam, kepin.

    1. Pak Kepin,

      Bisa berbeda kok. Lebih baik unit ditinggal. Dulu sih kalau dalam 16 hari kerja suku cadang belum tiba, bisa ada “perlakuan khusus” yang diperoleh konsumen.

      Untuk klaim garansi ponsel, membawanya ke pusat perbaikan resmi LG di WTC atau Plasa Marina lebih tepat. Mereka spesialis ponsel. Kalau yang di Tegalsari kan bukan spesialis ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *