Layar Tajam di Bodi Tipis

Sebulan setelah kehadiran LG Optimus 2X, produsen asal Negeri Ginseng itu memasarkan LG Optimus Black. Sistem operasi yang digunakan sama-sama Android 2.2 alias Froyo. Ia juga dibekali dengan bluetooth, Wi-Fi, GPS terintegrasi, dan mendukung layanan HSDPA 7,2 Mbps.

Mending Optimus 2X atau Optimus Black? Pertanyaan itu berulang-ulang penulis terima. Jawabannya, Optimus 2X kurang tepat diadu langsung dengan Optimus Black. Sebab, keduanya membidik segmen konsumen yang berbeda.

Menurut penulis, Optimus 2X layak dipilih oleh pengguna yang menomorsatukan performa dan konektivitas. Keindahan bodi bukan menjadi prioritas. Sementara itu, Optimus Black pantas dilirik oleh pengguna yang lebih memprioritaskan ketajaman layar dan kecantikan fisik.

Layar Optimus Black menggunakan Nova display yang diklaim lebih tajam daripada LCD biasa. Warna hitam dapat ditampilkan dengan lebih hitam, sedangkan warna putih bakal tersaji lebih jernih. Gambar, ikon, dan huruf di layar Optimus Black masih mudah dibaca biarpun pengguna berada di bawah terik sinar matahari. Demikian pula kala pengguna melihat layar beresolusi 800 x 480 piksel itu dari berbagai sudut.

Ditilik dari spesifikasi teknis, tingkat pencahayaan layar Optimus Black mencapai 700 nits. Nit adalah satuan unit intensitas cahaya yang biasanya dipakai untuk menentukan tingkat kecerahan LCD. Sekadar pembanding, LCD PC dan notebook biasanya memiliki tingkat pencahayaan 200-300 nits.

Menyangkut penampakan fisik, Optimus Black berpotensi memikat pengguna yang mendambakan peranti canggih, tipis, sekaligus ringan. Dengan tebal 9,2 mm dan berat 109 gram, ia nyaman diselipkan ke dompet atau tas tangan wanita.

Optimus Black dibekali dua kamera. Kamera utama beresolusi lima megapiksel, autofocus, dan dilengkapi lampu kilat. Sedangkan kamera kedua yang berada di sisi muka beresolusi dua megapiksel. Kamera yang terutama bermanfaat kala pengguna melakukan video call itu tanpa lampu kilat maupun autofocus.

Prosesor TI OMAP 3630 1 GHz, radio FM, RAM 512 MB, dan slot microSD merupakan sebagian spesifikasi teknis lain Optimus Black. Saat baru diformat, memori internal yang dapat dioptimalkan pengguna tercatat 1,05 GB.

Sisi minus Optimus Black, penutup baterainya cukup licin dan kental dengan nuansa plastik. Kamera peranti itu juga kurang andal bila dipakai memotret objek secara berturut-turut dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *