Layar Tajam, Penyaring Komplet

Meskipun mempunyai nama julukan Gladiator, ponsel Extreme X9 tidak dibekali pedang atau senjata tajam. Jadi, apa hubungan antara ponsel candybar itu dan petarung pada zaman Kekaisaran Romawi? Entahlah. Mungkin pemilik merek Extreme hendak menjadikan X9 sebagai ponsel petarung untuk bersaing dengan aneka ponsel merek lokal buatan Tiongkok lain yang beredar di pasar.

Kalau pesan tersirat di balik nickname Gladiator ternyata benar seperti dugaan di atas, hal tersebut tidak berlebihan. Pasalnya, ponsel dual on GSM-GSM yang dibanderol Rp 299 ribu itu memang memiliki sederet kelebihan dibandingkan ponsel lain berharga jual setara.

X9 dibekali layar sentuh 2,4 inci dengan tampilan warna yang tajam dan cemerlang. Untuk menekan layar sentuh resistif itu, pengguna bisa menggunakan ujung jari atau stylus yang disertakan dalam paket penjualan. Kali pertama melihat stylus bawaan X9, penulis spontan teringat dengan plectrum stylus Nokia 5800 XpressMusic yang diperkenalkan pada akhir 2008. Bentuknya mirip dengan pick alias pemetik senar gitar.

Di bagian atas ponsel terdapat dua lampu mungil yang sewaktu-waktu dapat difungsikan sebagai senter. Pengguna cukup menggeser tombol di sisi kanan bodi untuk menyalakannya. Sementara itu, di bagian bawah X9 terdapat konektor mini USB yang berfungsi sebagai penghubung kabel data, charger, maupun handsfree berkabel.

Fitur unggulan yang mestinya bisa ditonjolkan oleh penjual X9, ponsel itu dilengkapi fitur penyaring yang komplet. Ia bukan hanya mampu menghadang panggilan telepon. Menendang SMS masuk dari nomor yang tak dikehendaki pun bisa dilakukan X9 dengan mudah.

Sebanyak 20 nomor telepon dapat dimasukkan ke dalam daftar hitam. Bila fungsi black list lantas diaktifkan, semua panggilan masuk dari nomor yang tercatat otomatis akan ditolak. Ponsel tetap sunyi sehingga pengguna tak terganggu.

Untuk fitur SMS black list, pengguna bisa menyimpan maksimal sepuluh nomor telepon. Pastikan nomor tersimpan dengan awalan + dan diikuti kode negara. Kalau pengguna ingin memblokir SMS dari nomor ponsel 08412345 asal Indonesia, contohnya, berarti nomor itu harus disimpan sebagai +628412345.

Ketika nomor yang tercantum dalam daftar hitam mengirimkan SMS, SMS tersebut takkan muncul kotak masuk SMS. Entah menghilang ke mana, raib bak ditelan bumi. Di seberang sana, pengirim SMS tetap mendapatkan notifikasi delivered.

Menghapus riwayat percakapan SMS dengan nomor tertentu bisa dituntaskan dengan cepat. Sebab, X9 memiliki pilihan menu the same number remove. Kalau pengguna memilih menu itu, seluruh SMS yang melibatkan nomor yang sedang disorot langsung dihapus bersih.

Baterai berkapasitas 1.500 mAh, buku telepon 300 nama single entry, memori internal 45 KB, dan slot microSD adalah sebagian spesifikasi lain X9. Tersedia pula bluetooth, kamera VGA, perekam video, dan radio FM. Untuk mendengarkan siaran radio FM, pengguna harus menancapkan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan. Kalan mau, pengguna bisa merekam siaran radio yang sedang didengarkan.

Nada dering telepon dua nomor yang siaga dapat dibedakan. Bila pengguna merasa kurang cocok dengan pilihan nada bawaan, pengguna tinggal mengopikan lagu berformat MP3. Kemudian, aktifkan file MP3 itu sebagai nada dering telepon. Hal serupa dapat dilakukan terhadap nada SMS.

Seperti kata peribahasa tiada gading yang tak retak, ponsel itu tidak luput dari kekurangan. Poin yang paling menonjol, kapasitas buku telepon dan memori internal X9 tergolong sangat minim. Tombol pengatur volume kala menjalankan pemutar audio (audio player) juga kurang lazim. X9 tidak memakai kombinasi tombol * dan #, melainkan justru memanfaatkan tombol angka 2 dan 8.

Kesimpulan akhir versi penulis, X9 layak dipertimbangkan oleh pemilik uang tunai Rp 300 ribu yang ingin membawa pulang ponsel dual on GSM-GSM merek lokal buatan Tiongkok berfitur cukup komplet. Harga jual, fitur, dan kinerja X9 pantas diberi predikat sepadan.

4 thoughts to “Layar Tajam, Penyaring Komplet”

  1. ko herry, belum ada review untuk galaxy S3 yaa ? Kalau menurut ko herry, lebih cocok mana antara galaxy s3 dengan iphone 4s ? Oiaa, saya butuh ponsel dg kamera yg ciamik, koneksi internet yang cepat, pemutar musik yg apik, dan aplikasi beragam. FYI, saya menggunakan nokia E71 sedari 3 tahun yg lalu . Kamshia ko, dijawab yaa 🙂

  2. Bu Lena,

    Saya memang belum menulis review Samsung Galaxy S III. Sebab, belum pernah mencoba ponsel itu dalam jangka waktu yang memadai untuk sebuah review.

    Kalau kebutuhannya seperti yang disebutkan di atas dan pilihannya dua ponsel itu, iPhone 4s seharusnya memenuhi syarat. Soal koneksi internet yang cepat, hal itu sangat dipengaruhi oleh operator seluler yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *