Lepas Baterai serasa Bongkar Ponsel

Layar sentuh yang lebar memberikan beragam kenyamanan ekstra. Lebih enak digunakan untuk browsing, membaca komik, hingga menyaksikan video. Bagi penulis yang berjari tangan besar, layar sentuh yang lebar juga mempermudah penggunaan papan ketik qwerty virtual.

Hal itu telah penulis buktikan di HTC Sensation XE. Ponsel tersebut dibekali layar sentuh 4,3 inci beresolusi 540 x 960 piksel. Saat ponsel dalam posisi tegak alias vertikal pun, penulis tetap leluasa menggunakan papan ketik qwerty virtual. Apalagi, bila ponsel bersistem operasi Android 2.3 alias Gingerbread itu diposisikan horizontal. Sangat nyaman.

HTC mengklaim Sensation XE merupakan ponsel pintar pertama di dunia yang mengadopsi teknologi Beats Audio. Teknologi itu mengombinasikan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghasilkan audio berkualitas tinggi layaknya di dapur rekaman.

Penasaran dengan klaim tersebut, penulis yang sebenarnya bukan “bertelinga emas” alias penikmat audio memadukan Sensation XE dengan earphone Beats yang disertakan dalam paket penjualan. Hasilnya, lagu yang diputar terdengar prima.

Kualitas audio menurun signifikan bila lagu yang sama didengarkan via speaker ponsel. Hal serupa terjadi ketika earphone biasa dipasangkan ke ponsel berdimensi fisik 126,1 x 65,4 x 11,3 mm dan berat 151 gram itu.

Sepasang kamera dibenamkan ke Sensation XE. Kamera utama berada di sisi belakang. Ia beresolusi 8 megapiksel, autofocus, dan dilengkapi dual LED flash. Untuk ukuran ponsel, performa kamera itu tergolong cepat dan bagus. Kamera tersebut dapat pula menghasilkan video berdefinisi tinggi full HD 1080p.

Satu kamera lagi terdapat di sisi muka atas ponsel. Ia hanya mampu menghasilkan foto dan rekaman video beresolusi VGA. Tidak tersedia fungsi autofocus maupun lampu kilat.

Slogan I Hate Slow yang gencar ditampilkan oleh salah satu operator CDMA tampaknya tepat pula disematkan ke Sensation XE. Sebab, selama penulis uji pakai, ponsel berprosesor dual core 1,5 GHz itu selalu trengginas. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tak sampai membuatnya lemot.

Kapasitas memori internal ponsel itu 4 GB. Ketika ponsel usai diformat, tersedia 1,09 GB ruang kosong yang bebas dimanfaatkan oleh pengguna. Slot microSD, RAM 768 MB, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan mendukung layanan HSPA 14,4 Mbps adalah sebagian spesifikasi lain Sensation XE.

Tenaga ponsel yang dibanderol Rp 5,999 juta itu berasal dari baterai lithium ion 1.730 mAh. Saat hendak memasangkan atau melepaskan baterai, pengguna bakal mendapatkan sebuah pengalaman unik. Desain casing yang berbeda membuat pengguna tak sekadar melepaskan penutup baterai, melainkan seolah membongkar ponsel. Satu bagian berwujud cangkang ponsel, satu bagian lain berupa bodi ponsel yang “telanjang”.

Penulis tak menjumpai kelemahan vital di Sensation XE. Namun, penulis sempat mengalami dua hal aneh. Pertama, 14 Desember lalu, layar sentuh ponsel itu tidak berfungsi sempurna. Ada area di tengah layar, kira-kira seluas 4 cm2, yang tidak merespons sentuhan. Layar kembali normal setelah ponsel dimatikan beberapa detik.

Kedua, suatu malam baterai ponsel telah diisi penuh. Ponsel kemudian dibiarkan padam. Keesokan paginya, kala ponsel dinyalakan, ternyata daya baterai tinggal tiga persen sehingga harus di-charge lagi.

12 thoughts to “Lepas Baterai serasa Bongkar Ponsel”

  1. Benar Om, serasa bongkar hp, jadi agak2 risih/ngeri “kecelakaan” saat buka casing. Skrg jd seminimal mungkin lah buka casing, kl tdk perlu sekali, lbh baik tidak usah.

    Untuk beats sy speechless deh, baru kali ini ngerasain audio ponsel (via ear buds) suaranya muantaab gini,

    Overall, buat saya pribadi ini belanja ponsel paling berhasil..! (walaupun kredit, hehehe…)

    Nice review om, thanks a lot.

  2. minta rekomendasinya pak, pilih android harga 3jutaan. Ini pilihan saya sementara beserta keunggulanya(dimata saya) :

    HTC SENSATION XE
    -layar enak buat ngetik
    -kamera 8mp stereo HD
    -full hd
    -OS 2 versi GB dan ICS

    GALAXY S ADVANCE
    -s amoled
    -loudspeaker kenceng
    -OS 2 versi GB dan JB

    GALAXY S III MINI
    -layar s amoled
    -ram 1 gb
    -ready jelly bean

    LG OPTIMUS L9
    -video HD
    -ram 1gb
    -layar besar

    Mohon bantuannya ya pak. trims

  3. Pak Mifta,

    Saya pribadi memilih HTC Sensation XE dengan alasan layar lebar dan nyaman, bodi keren, dan kamera tergolong bagus. Biarpun keluaran lama, spesifikasi umumnya belum ketinggalan zaman.

  4. Pak Mifta F,

    Jauh lebih bagus yang warna putih. Perpaduannya dengan warna silver membuatnya lebih cantik dan elegan.

  5. Ada beberapa pertanyaan terkait HTC Sensation XE ini
    1. Bagaimana kejernihan musik yg diputar??? Apa setingkat dengan Iphone?
    2. Bagaimana kulaitas suara menggunakann headset diluar bawaan dari HTC sensation xe ini??? Apa kualitasnya sama kayak headset bawaannya?
    3. Kalau dipasang paket internet baterainya kuat berapa lama???
    Terima kasih

    1. Pak Fadli,

      1. Asumsinya iPhone 4 ya. Sebab, saya belum pernah menguji pakai generasi berikutnya. Dengan kondisi standar, iPhone 4 terasa sedikit lebih jernih. Sedangkan bass-nya menang Sensation XE.

      2. Kalau memakai earphone biasa, bukan Beats bawaan, kualitas suara merosot jauh.

      3. Bergantung operator yang digunakan, kondisi jaringan, dan perilaku pemakaian. Bisa cuma setengah hari, bisa pula mulai pagi sampai malam.

  6. Terima kasih pak atas jawabannya.. saya mau bertanya lagi
    1. Untuk mendengarkan musik dan memutar video tahan berapa lama???
    2. saya dengar ada isu “death grip” pada htc sensation xe. Apa pengaruhnya??? Apa itu akan membuat sinyal jaringan menjadi tidak stabil?
    3. Apa hape ini cepat panas?

    1. Pak Fadli,

      1. Maaf, tak tahu. Saya tak pernah mencoba menyalakan Sensation XE, lalu memakainya hanya untuk mendengarkan musik atau memutar video sampai baterainya habis.

      2. Ya, saya sempat membaca soal hal itu. Namun, selama menggunakan Sensation XE, kebetulan tak mengalami hal terebut.

      3. Panas sih tidak. Kalau hangat iya. Seberapa cepat hangat? Bergantung kondisi jaringan dan perilaku pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *