Maaf, Ponselmu Sempat Macet

Teman, sejak Sabtu, 20 Agustus 2016 malam Anda pasti kesulitan mengakses blog Ponselmu.com ini. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Mulai sore ini, 22 Agustus 2016, akses ke Ponselmu berangsur-angsur pulih. Memang belum sepenuhnya lancar. Saya pun masih cukup sering gagal mengaksesnya. Semoga segera benar-benar normal. Bila Anda masih mengalami kendala, silakan menuliskannya di bagian bawah halaman ini.

Mengapa akses ke Ponselmu sampai macet? Alkisah, pada awal bulan ini saya memindahkan “tempat siaran” alias hosting Ponselmu dari perusahaan Q di Bandung ke perusahaan R di Jogja. Dengan perpindahan itu, saya berharap Ponselmu lebih stabil dan mudah diakses.

Karena terus terang masih awam dengan manajemen web, selama proses perpindahan itu ada satu hal yang belum saya lakukan. Yaitu, mengganti nameserver domain Ponselmu.com. Awalnya kondisi tersebut tak membuat akses ke Ponselmu macet. Sebab, layanan di perusahaan Q belum saya hentikan.

Akhir minggu lalu, layanan berlangganan di perusahaan Q resmi saya hentikan. Tak lama kemudian Ponselmu tidak bisa diakses. Saat berkonsultasi dengan technical support perusahaan R, baru diketahui kalau pemicunya nameserver belum saya ganti. Saya pun bergegas mengganti nameserver itu. Sejak penggantian sampai kembali lancar, ada waktu tunggu maksimal 48 jam yang mau tak mau harus saya nanti dengan sabar.

Nah… sore ini Ponselmu sudah mulai lancar diakses lagi. Selamat menikmati aneka ulasan di blog sederhana ini!

115 thoughts to “Maaf, Ponselmu Sempat Macet”

  1. Pak boleh tanya tentang asus zen 2 laser yang dulu pernah bpk review? kata bapak dulu itu recommended, nah itu yg bapak review dulu dari faktor apa saja ya?
    Saya mau ganti hape ada beberapa yg saya pilih, redmi 3 s, andromax r2 sama asus zen 2 laser ini, saya cari yg ram 2 gb. Sebenarnya lebih cenderung tertarik sama redmi 3 s yg spek nya bagus bgt. mohon pencerahannya pak.. hhe rada bingung dan galau.

  2. Pak hsw

    Mungkin ini penyebab koment sya macet
    1. Akses menggunakan andro busuk (samsung j1)
    2. Indosat sabtu sedang gangguan
    3. Ponselmu sedang macet

    1. Pak Seto,

      Barusan saya iseng menghitung, dalam beberapa hari terakhir ada sepuluh komentar yang dikirimkan atas nama Seto. Jadi, komentar Anda sebenarnya masuk dan sudah dijawab lho.

  3. Hahaha saya kira Hp n jaringan saya yg bermasalah..

    Pak HSW kok jd jarang nulis di blog? πŸ™‚
    Sangat ditunggu ulasan2nya..

    Thanks

    1. Pak RL,

      He.. he… belum bisa unggah naskah baru. Lha blognya macet dan saya bingung mengobatinya. πŸ™‚

  4. Waaahhh… klo sampe ponselmu.com ga bs d akses lg, mau cari dimana review2 ponsel yg super ajib spt ini…
    Krn saya jg pnggemar pak HSW sjk nongol d st tv lokal d sby….

    1. Pak Farid Green,

      Wah, sudah lama ya berarti. Ehmm… tahun berapa ya saya siaran di televisi. Kayaknya 2009.

    1. Pak Arief Rahman,

      Iya. Kadang lancar, kadang macet. Tadi pukul 15.00 sukses saya akses. Namun, berikutnya macet. Baru pukul 23.50 bisa saya akses lagi.

  5. pantesan,tak pikir isp saya spt biasa sedang trobel,harus pakai vpn biar terbuka,ini tanpa vpn sudah bisa,rumah**b ya,pernah hosting disana,kena hack,recovery gagal

    1. Pak Mas Widi,

      Tidak. Itu produk lama kok. Namun, dikemas ulang dengan nama baru dan harga baru (jauh lebih murah daripada sebelumnya).

  6. Iya pak, saya kira penyebabnya hp saya, entah browser atau bahkan saya sempat mencurigai theme baru saya penyebabnya (walaupun mustahil) karena habis ganti theme kok ga bisa ke ponselmu.com hahaha… oke selamat berkarya lagi Pak di blog review yang paling independen dan paling dinanti di Indonesia!!!!

  7. Saya pengguna ponsel Wiko, tepatnya Wiko bloom 2. Harga 1.4jt, cukup puas. Hanya saja belum 4G, lha di Majalengka jaringan 4G belum seluas ‘samudra’ . . Hahaha..
    Nah itu Wiko Jerry OS Marshmallow, tapi layar 5 inch gak HD ya? Cuma 480 x 850 kalau tdk salah. Kalau di adu sama ponsel Wiko saya, saya rasa relatif seimbang / beda tipis. JERRY kalah di kamera belakang cuma 5MP, kalau Bloom 2 kalah di OS.nya, layarnya cuma 4,7 inch, tp ada smart awake loh. Kesimpulannya kdua hp ini belum 4G , betul kan?

  8. Wah website-nya macet ya ternyata. Pantas kok makin jarang ngulas/update-an tentang dunia smartphone-nya. Tapi yang PENTING pak Herry SW tetap semangat.

    Pak Herry SW apa tahu pak, gimana caranya kalau mau belanja di e commerce luar negeri yang menggunakan mata uang dolar, namun si Pembeli hanya punya rekening bank dalam negeri, contohnya rekening BCA dan tidak punya kartu kredit.

  9. om hsw..akhir akhir ini di kota saya banyak yang jualan hp blackberry Z3 . baik itu di konter atau lewat online (olx ) yang harganya murah cuma 975rb . dan katanya itu resmi dari transel/mts.. saya sempat tertarik untuk membelinya.. tapi juga agak ragu kok bisa masih ada blackberry Z3 kondisi baru dengan harga yang kurang dari 1juta. menurut om hsw apakah itu benar barang resmi baru..atau barang rekondisi.. mohon pencerahannya .

    1. Pak Widhie Aryamada,

      Itu barang baru dan bergaransi resmi kok. MTS sebagai distributor ceritanya sedang cuci gudang.

  10. Pak maaf OOT. pak Herry kira-kira Xiaomi Redmi Note 3 Pro versi ram 3gb bakal masuk Indonesia gak yah? Masih penasaran nih pak hehehe
    Pak saya punya budget 3.5 jt dan di harga segitu saya melihat ada Hp Samsung Galaxy J7 (2016) kira-kira menurut bapak recomended tidak untuk dibeli. Atau pak Herry punya pilihan lain di harga segitu?
    Terima kasih. Semoga blognya semakin lancar kedepannya.

    1. Pak Rudi,

      Belum ada kabar. Yang dalam waktu dekat akan hadir kemungkinan besar justru Redmi 3 Pro.

      He… he… jangan beli ponsel Samsung selain seri S dan Note deh. Dengan anggaran segitu, silakan melirik Lenovo Vibe Shot.

  11. Ya ampun bru brhasil akses ponselmu.com ni Om, aku kira browser di hp udah ga bisa akses lagi krna msih pake browser lawas..

    Smoga cpat lancar ga ada yg nmanya macet2 lagi, krna ini blog satu2nya yg pling sering d’kunjungi

    Mau pindah k lain ga mau krna kbanyakan promosi bkannya ngulas jujur tntang hp..

    Aku doakan apapun aktivitas yg Om Herry SW lakukan d’buat Tuhan lancar dan berhasil.. Amin..

  12. kirain blognya pensiun πŸ˜€ padahal reviewnya bagus dan obyektif.

    kalo di blog motor sekarang mulai banyak yg jadi corong pabrikan. semoga kalo blog yg bahas hape masih aman

      1. haha bener itu pak herry . kemarin komplain ke salah satu blog kok isi artikelnya si oppo dewa banget . eh dia ngaku memang itu content placement dari oppo πŸ˜€

        kalo udah gitu bakal gak enak hati nyari kekurangan merk yg masang content itu πŸ˜€

  13. Ah kebetulan sekali, saya iseng2 buat artikel (semacam renungan dsb) di Kompasiana kemudian saya coba salin ke wordpres. Kalau boleh, saya mau tanya koh Herry, sebab sy gaptek banget nikh.
    1. Kalau hosting begitu harus bayar berapa ?
    2. Kenapa harus hosting, bukankah di wordpress sendiri kita dapat peroleh β€œtempat” secara gratis, apakah karena keterbatasan space yg diberikan gratis oleh wordpress ya, padahal blog ini khan banyak sekali foto ?
    3. Blog koh Herry khan tak pakai embel2 tulisan wordpress padahal yg spt itu setahu saya harus bayar ke wordpress. Nah dg pakai hosting tersendiri, bukan hosting dari wordpress, apakah kita tak perlu bayar sama sekali ke wordpress ?
    Mohon jawab, biar saya gak binggung. Thanks a lot GBU

    1. Pak Hengky Fanggian,

      1. Bergantung kapasitas yang dibutuhkan dan trafik kunjungan ke blog. Untuk awal Rp 1 juta per tahun sudah aman deh.

      2. Kalau hosting sendiri kan bisa bebas iklan.

      3. Ya, tak perlu bayar ke WordPress. Saya bayarnya ke perusahaan hosting.

  14. Review lenovo vibe k5 plus kapan diposting ya pak herry? Sejauh ini apakah worth to buy? Dan mending ambil mana antara k5 plud dan flash plus 2? Makasih

    1. Pak Rio,

      Kemungkinan awal minggu depan. Besok saya rencananya mengunggah review Wiko Jerry.

      Secara umum sih oke. Tunggu review lengkapnya deh.

  15. Siang pak herry
    Kalau boleh tahu Q apa ya ?
    Saya juga pake rumahw*b, sementara lancar sih, daripada mast*rw*b yang sering down,
    Kalau boleh dan berkenan review juga donk hostinger

  16. Siang Pak Herry,
    mohon bantuannya Pak, kalo untuk charger dengan banyak port nya (4 atau 5 port) yang beredar di pasaran sekarang yang mana yang kira kira recomended ya.
    merek sekarang kayak xiaomi, welcomm, orico, micropack, vivan dll.
    apakah semakin mahal harga semakin bagus ? soalnya ada yang kisaran 100 ribuan, 200 ribuan dan diatas 300 ribuan.
    ini juga ada ulasan Pak Herry tahun 2013.
    http://ponselmu.com/review-charger-multiport-antec-dan-wellcomm-wajib-dimiliki-peternak-acang/

    terima kasih Pak infonya.

    1. Pak Agung,

      Silakan melirik Aukey PA-T11. Harga baru sekitar Rp 450 ribu.

      Ya, normalnya makin mahal makin bagus.

  17. koh saya tertarik sama hisense f20 n pureshot lite menurut koh hsw lebih worth mana asus zenfone 2 laser sama hisense ini ??

  18. Siang Ko HSW,

    Saya bingung memilih antara Oppo R9 Plus – Asus Zenfone 3 Max ZC520TL – Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL – Asus Zenfone Max ZC550KL (2016) – Lenovo Vibe P1 Turbo. Yang Lenovo memang sudah diulas disini, tapi hasil kameranya bagi saya mengecewakan. Terus terang saya kapok dengan kualitas kamera 8 MP Lenovo P780 milik saya. Semenjak update factory manjadi Kitkat kinerja kamera makin lemot dan sulit fokus. Entah ada kaitannya atau tidak dengan Kitkat atau masalah RAM, tapi kinerja kameranya makin lelet. Lenovo Vibe X2 milik istri saya pun demikian, kualitas gambarnya kurang memuaskan. Kalo boleh saya generalisasikan, kamera HP Lenovo kurang bisa dibanggakan (kecuali Lenovo Vibe Shot kali ya, mungkin).
    Jadi, kali ini saya pengen cari HP dengan spek sbb:
    – Baterai min 4000 mAh – Dual SIM – OTG – Corning Gorilla – RAM 3 GB – dan hasil jeperetan/videonya bagus – harga 4-6 Jt.
    Masalahnya 4 dari 5 produk diatas kok rasanya blm ada di Indo. Menurut Ko HSW, selain Lenovo P1 Turbo, HP mana yang sesuai spek saya diatas?

    Trims

  19. Pak Herry, ada niat untuk review produknya leeco/letv kah?
    Saya minat sama letv le one pro x800..
    Cuma masih mikir dikit kalo beli HP yg gak keluar di Indonesia

  20. Kenapa yah pak lazada sudah tidak jadi distributor utama untuk produk xiaomi redmi 3 pro? Untuk pre order xiaomi redmi 3 pro ini mana saja yah pak selain blibli dan dinomarket?
    Saya lihat di dinomarket 2.5an yah pak 3 ram/32 rom
    Dan apa 4G nya dikunci juga?
    Terima kasih

    1. Pak Dani,

      Saya justru bersyukur kalau Lazada tidak diajak kerja sama lagi. Buat saya, Lazada adalah market place besar yang paling berantakan.

      Soal Redmi 3 Pro atau Redmi 3 Prime, kita nantikan pertanyaan resmi dari Xiaomi ya.

  21. Pak Hery,
    Mohon maaf kalau salah taruh komen di artikel ini.
    Saya sebetulnya hanya berencana minta alamat Email Pak Hery, mau mengirimkan proposal kerjasama. Siapa tau Pak Hery tertarik πŸ™‚
    Terima kasih.

  22. Hello Pa Herry, mau sedikit bertanya ttg Hp :
    1. Hp Acer yang paling baru merk apa?
    2. Zenfone max dan zenfone laser lebih gegas mana dan hasil foto yg lebih baik ?
    3. Mnrt anda zenfone 3 / pegasus apakah akan launching di Indonesia ?, Tq

    1. Pak JFC,

      1. HP Acer yang paling baru merek apa? Ya merek Acer deh.
      2. Lebih gegas Zenfone 2 Laser (bukan Zenfone Laser). Hasil foto setara.
      3. Ya. Saya sudah dapat undangan untuk menghadiri peluncurannya kok. πŸ™‚

  23. Pak Herry, mau tanya ttg Blackbery DTEK50 apakah sudah resmi hadir di Indonesia? Soalnya saya dapati di beberapa toko online.
    Tolong jelaskan perbedaan antara garansi resmi, internasional dan distributor?
    Terima kasih, semoga sehat selalu

    1. Pak Mulyadi,

      Dtek50 belum dan kemungkinan memang takkan beredar resmi di sini. Kalau yang tanpa garansi resmi sih sudah banyak.

      Garansi resmi: digaransi oleh produsen atau mitra yang ditunjuk oleh produsen.
      Garansi internasional versi pedagang di sini itu sebenarnya barang tanpa garansi resmi. Demikian pula dengan garansi distributor. Yang menggaransi pihak ketiga yang tak ada hubungan dengan produsen.

  24. pak herry saya mau tanya kenapa jarang meriview produk samsung? kalau menurut anda jajaran A series samsung layak tidak untuk dibeli? kemarin sudah coba a3 2016 ternyata juga bagus pak walau memang tak sebagus seri s dan note.

    1. Pak Green,

      Alasannya sederhana. Yang menarik buat saya hanya Samsung seri S dan Note. Masalahnya, harga jual dua ponsel itu mahal banget. Btw, saya berencana uji pakai Galaxy Note 7 kok. Semoga yang warna biru segera masuk.

      Tidak. Dengan dana yang sama bisa dapat merek lain yang jauh lebih bagus.

  25. Selamat Sore Pak Herry SW

    Ia beberapa kali saya juga buka ada tulisan opps, di browser ponsel saya. Pak bolehkah saya bertanya untuk rekomendasi ponsel adik saya, untuk ponsel dibawah 2 juta? saya lihat redmi 2 sepertinya bagus atau mungkin Pak Herry SW ada rekomendasi yang lain, untuk kebutuhan browser dan sedikit kamera. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga tidak gangguan lagi ya Pak blognya.

    1. Pak Kusairi,

      Redmi 2 untuk ukuran saat ini sudah kurang menarik.

      Dengan anggaran di bawah Rp 2 juta, silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Harga baru maksimal Rp 1,8 juta.

  26. Pak Herry

    Saya sedang mempertimbangkan beli Samsung Galaxy A3 (2016) yang saat ini harganya sekitar Rp 3,2 jutaan.
    Apakah di kisaran harga segitu ada alternatif lain yang lebih baik ?

    Terima kasih

  27. om HSW sya mau tanya nih…
    akhir2 ini banyak bermunculan HP docomo itu apa ya…? hp bundlingan atau apa…?
    Trus maksudnya Japan set & Korea set itu apa…?

    1. Pak Kian,

      Docomo itu nama operator di Jepang. Mungkin ponsel dengan embel-embel Docomo yang dijual di sini adalah barang bekas dari Jepang. Spesifikasinya belum tentu sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.

      Japan set bermakna sesuai paket penjualan standar di Jepang. Kalau Korea set, ya berarti paket penjualan di Korea.

  28. Pak Herry sepertinya tahu banyak tentang Smartfren, … ada hal-hal yang ingin saya tanyakan.

    1. Saat membuka aplikasi “My Smartfren” atau membuka website “smartfren.com” kok sepertinya relatif lebih banyak menghabiskan kuota, dibandingkan membuka website lainnya yang relatif “serupa”.
    Saya pengguna paket bulanan Volume Based 100.000. Semakin sering saya membuka aplikasi “My Smartfren” atau membuka website “smartfren.com” semakin cepat habis jatah “kuota utamanya”.
    Sebaliknya, jika saya menahan diri untuk nyaris tidak membuka sama sekali “My Smartfren” atauΒ  “smartfren.com”, jatah kuota saya bisa bertahan jauh lebih lama.
    Di website Smartfren, ada keterangan yang sedikit banyak “nyerempet” masalah ini.
    “Bonus serta Kuota Internet Malam tidak berlaku untuk akses ke http://www.smartfren.com serta seluruh sub domainnya. Informasi lengkap, hub : 888″ (SYARAT & KETENTUAN LAYANAN INTERNET MALAM, nomer 3).
    Ini sebenarnya ketentuan yang berbeda sama sekali dengan kasus saya tersebut, tetapi seolah terkesan memberi “peringatan” agar berhati-hati mengakses website Smartfren. Kenyataannya, “sisa pulsa” saya malah tetap nilainya, sedang “jatah kuota” paket utama berkurang relatif cukup besar, saat membuka website Smartfren di “siang hari”.

    2. Di paket bulanan Volume Based 100.000 selalu ada bonus kuota “internet malam”, dan ada ketentuan sebagai berikut.
    “Pastikan anda melakukan pemutusan & penyambungan kembali (ON/OFF) koneksi Internet Anda sebelum mulai menggunakan atau mengakhiri layanan Internet Malam” (SYARAT & KETENTUAN LAYANAN INTERNET MALAM, nomer 3).
    Yang dimaksudkan dengan “ON/OFF” tersebut apakah cukup dengan mematikan dan menghidupkan kembali fitur pengaturan “mobile data”, ataukah harus me-“restart” ponselnya?
    Kenyataannya, saya belum pernah melakukan “ON/OFF” itu dan langsung saja mendownload data yang besarnya melebihi kuota utama di waktu berlakunya layanan internet malam. Kuota utama saya tetap tak berkurang, yang berkurang hanya kuota malamnya saja. Apakah ini berarti “ON/OFF” itu tidak perlu sebenarnya, karena semuanya telah diatur secara otomatis?

    3. Benarkah jika menggunakan paket internet “volume based” yang “diperpanjang otomatis”, asalkan tersedia jumlah pulsa yang cukup saat waktu perpanjangan tiba, sisa kuota utama maupun sisa kuota bonus akan diakumulasikan pada paket perpanjangan berikutnya?
    Ini merujuk pada ketentuan berikut ini.
    “Volume dari layanan Internet Volume Based berlaku akumulasi dan akan berlaku masa aktif paling lama” (Syarat & Ketentuan Layanan Internet Volume Based, nomer 1).
    Karena “kuota utama” saya selalu habis sebelum masa aktifnya berakhir, saya tidak mengetahui ada tidaknya “akumulasi” di sisa kuota “utama”. Yang benar saya alami sendiri, adanya “akumulasi” di sisa kuota “bonus”. Jika saat perpanjangan otomatis tidak ada pulsa yang mencukupi, semua sisa yang ada akan hangus dan kembali nol.

    Terima kasih Pak Herry.

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      1. Terus terang saya tidak memperhatikan pemakaian kuota saat membuka halaman itu. Selama ini saya merasa pemotongan kuotanya baik-baik saja sih.

      2. Mengacu kepada pengalaman pribadi, biarpun tidak melakukan hal itu, yang akan terpotong otomatis beneran kuota malam. Saran itu sepertinya diberikan untuk mengantisipasi kondisi terburuk: tidak refresh sehingga masih mengonsumsi kuota utama.

      On/off-nya tak perlu sampai me-restart ponsel. Cukup pindah ke mode airplane sebentar, lalu kembali lagi ke mode normal.

      3. Yang ini saya juga tak tahu. Lha sebelum masa aktif paket berakhir saya sudah beli paket baru lagi. πŸ™‚

  29. Pak Herry, saya bisa buka ponselmu.com di kantor pakai mozilla, tapi di rumah tidak bisa buka pakai mozilla ataupun chrome. Kira-kira kenapa ya?

    Semenjak liat review + harga Lenovo Vibe K4 Note malah jadi lebih tertarik itu daripada Andromax R2, Infinix hot 3 X553 saya cek stok kosong.
    Lenovo Vibe K4 Note bisa untuk VoLTE tidak ya? Nomor Smartfren masih mau dipakai soalnya.

    Aplikasi yang saya biasa pakai : bbm, wa, line, gojek, grab, uber, maps ( bisa google maps ato waze ), yoga ( butuh aplikasi youtube untuk buka video ), opera mini, aplikasi traveling, aplikasi penghasilan tambahan, clean master ( kadang-kadang ), game keknya mo saya non aktifkan.
    Menurut Pak Herry mending Andromax R2 / Hisense Pureshoot / Lenovo Vibe K4 Note ini? Atau HP merek lain. Range harga 1,5 – 2.3 juta. Kalau kamera sih buat saya no 2 karena saya gak suka selfie, tapi kalau bisa jangan jelek-jelek banget.

    Maaf ya Pak kalau saya banyak tanya, masih galau antara kebutuhan & budget.
    Terima kasih banyak ya Pak.

    1. Bu Nining,

      Browser yang Anda gunakan di rumah coba di-clear cache dulu. Kalau masih gagal, apakah koneksi internet Anda memakai Speedy/Indihome?

      Kalau ingin ber-VoLTE via Vibe K4 Note, silakan menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE dari Play Store.

      Mending Vibe K4 Note sih. Namun, harganya lebih dari Rp 2,3 juta lho.

  30. Pak HSW, antara Pureshot plus, A7000 plus dan huawei P8 lite lebih bagus mana? ditinjau dari kamera, kemampuan 4G dan performa baterai?

    1. Bu Rafidah Mia Andina,

      Saya belum pernah menguji pakai A7000 Plus alias A7000 SE dan P8 Lite. Pureshot Plus kinerjanya bagus, tetapi untuk ukuran saat ini sudah tidak menarik.

      1. jadi pureshot sudah ga menarik ya koh ? trs kira2 yg recomanded dgn anggaran hp pureshot apa ya koh ? trs boleh tau knpa pureshot sudah tidak menarik menurut koh herry ?

        1. Pak Rizal,

          Ya, kecuali harga jualnya diturunkan. Mengapa sudah tidak menarik? Sebab, ponsel-ponsel yang harga jualnya dulu setara atau mirip dengan Pureshot kini telah turun harga, sedangkan harga Pureshot belum berubah.

          Beli Asus Zenfone 2 Laser saja deh.

          1. jadi pada intinya yg jd masalah utama knpa pureshot sudah ga menarik krn harga yg masih trlalu tinggi itu ya koh ? selain asus zenfone laser blom ada yg recomended lg om ?

          2. Pak Rizal,

            Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

            Ya. Intinya ketika yang lain sudah turun harga, Pureshot belum melakukan penyesuaian harga.

            Kalau kamera boleh kurang bagus, tetapi daya tahan baterainya mantap, ada Infinix Note 2.

  31. Pak Herry, di rumah pakai speedy. Kemarin coba buka lagi sudah bisa.

    Iya harganya 2.5 juta++, tapi kl sepadan mau gimana lagi.

    Wah, Pak Herry mau review Lenovo Vibe K5+ RAM 3GB. Asyik, ditunggu reviewnya.
    Mau lihat perbandingannya, secara harga beda tipis. Di web Smartfren K5+ ini ada tertera dengan VoLTE + ada gratisan VR Controller.

    Terima kasih banyak ya Pak.

  32. Pak Herry, saya mau mendengar pendapat anda sebelum saya memutuskan untuk membeli hp baru, jika anda jadi saya apa yang anda beli dari 3 pilihan hp antara iPhone 5S, Samsung galaxy A5 2016, dan Samsung Galaxy C5, atau jika memungkinkan menambah sedikit budget untuk membeli samsung galaxy A7 , bagaimana menurut anda ?
    dan dimana tempat membeli ponsel yg terpercaya karena untuk iphone 5s saja saya lihat bnyak yg tidak memiliki garansi resmi/iternasional

    1. Pak Imam,

      Saya belum pernah mencoba ponsel-ponsel yang Anda sebutkan. Dengan dana yang dimiliki, saya sih takkan membeli semua pilihan itu. Alasannya begini:
      * iPhone 5S dicoret karena saya perlu ponsel minimal dual SIM. Andai ada triple SIM atau quad SIM, lebih asyik lagi deh.
      * Samsung yang bagus cuma seri S dan Note.

      Kalau tetap ingin beli iPhone 5S, paling aman beli di Erafone, iBox, dan gerai resmi lain.

    1. Pak Nandhez,

      Nah… itu masalahnya. Tidak ada. Lha belum ada ponsel triple SIM baru lagi. Yang tipe lama sudah diskontinyu semua.

  33. koh rekomendasi hp dgn maksimal dana 2jta, desain bagus,camera cukup bagus dan batrai cukup awet apa kira2 koh ?? makasi koh

  34. Pak herry,
    Di batre hp saya tertulis kapasitas sbb:
    3000 mah (typ)
    2900 mah (min)
    Yg d dalam kurung itu maksudnya apa ya? Mohon pencerahannya. Thanx.

    1. Pak Ah Rie,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      Kapasitas baterai tidak mungkin persis sama. Anggaplah ada 20 baterai berkapasitas 3.000 mAh. Kapasitas setiap baterai tidak mungkin benar-benar sama dan tepat 3.000 mAh. Pasti ada penyimpangan sedikit. Mungkin ada yang 2.950; 2.980; atau justru 3.050 mAh.

      Tertulis 3.000 mAh (typ) itu bermakna kapasitas baterai tersebut secara umum 3.000 mAh. Sedangkan 2.900 mAh (min) bermakna paling sedikit kapasitas nyatanya 2.900 mAh.

  35. om HSW saya mau beli hp tp msih bingung mau pilih yg mana…
    dr 3 hp berikut mana ya yg lebih baik :

    1. sony xperia Z3, LG G4 atau Samsung galaxy note 4
    kebutuhan saya jaringan harus 4G, kamera OK, baterai tahan lama, & tentunya kecepatan saat digunakan krna hp tsb nnti buat mendukung pekerjaan saya, mengingat pkerjaan sya sering mnggunakan office, kirim email, kirim foto, internet & sya jg selalu mobile hampir tiap hari.

    2. LG G3 sama G4 perbedaan nya apa aja ?

    3. Mengenai hp docomo apa itu hp bundling operator Japan yg di lock atau open ? lalu apa kekurangan hp docomo dg hp biasa bkn docomo ?
    sya berencana beli diantara hp 3 tipe diatas dg embel2 docomo krna harga nya cukup murah & katanya bs d gunakan di Indonesia plus sudah ada bhs Indonesia nya.

    mohon penjelasannya om, terima kasih.

    1. Pak Kian,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      1. Note 4 berarti silakan langsung dicoret karena belum bisa 4G. Terkait kamera, saya lebih menjagokan G4. Namun, daya tahan baterai G4 tidak selama Xperia Z3.

      2. Beda banyak banget dan sangat signifikan. Ini perbedaannya di atas kertas http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone1=6294&idPhone2=6901

      Dalam pemakaian sehari-hari, G4 jauh lebih memuaskan daripada G3.

      3. Ya, itu barang dari DoCoMo. Entah gimana ceritanya kok bisa masuk ke sini. Saya tak tahu aslinya locked atau unlock. Hal lain, barang yang dijual di sini ada kemungkinan sudah direkondisi. Saran saya sih jangan dibeli.

  36. Selamat siang koh Herry
    1. Punya rekomendasi merk kabel data atau kabel cas yang cukup berkualitas namun tidak menguras dompet, diluar OEM pabrikan ponsel?
    2. Bagaimana kualitas craftmanship Lenovo VIBE K5 Plus? Apakah solid, bebas gripis (sperti kasus Zenfone koh Herry dulu), dan nyaman disentuh-gulir layarnya? Jika belum punya gambaran, jawab saya pertanyaan ini nanti, setelah kokoh selesai menguji pakainya.
    3. Apakah koh Herry berencana menguji pakai Redmi 3 Prime garansi Indonesia?
    Terima kasih, sukses selalu koh HSW

  37. kalau G4 dg G5 apa perbedaan nya om…?
    apa perbedaan nya sangat jauh atau hnya ada sedikit pembaruan ?
    dg harga saat ini & perbedaan kedua ponsel tsb apakah G5 layak beli ?

    1. Pak Kian,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Beda prosesor, ketersediaan sensor sidik jari, dll. Banyak deh bedanya.

      Layak. Masalahnya, G5 tidak beredar resmi di Indonesia. Jadi, Anda harus beli barang tanpa garansi resmi.

  38. To mr.Herry SW
    Gan mau tanya nih kenapa xiaomi cepat banget ngerilis smartphone terbarunya kan jadi bingung milihnya udah gitu yang garansi resmi masuknya lama banget Contoh xiaomi redmi note 3 prime resmi tapi 4gnya di lock Kenapa xiaomi gak menyelesaikan TKDN kan kalau TKDN selesai jadi gak ribet soal garansi resmi
    Sorry gak pake titik koma

    1. Pak Mr Awwesome,

      1. Harap tidak menggunakan kata sapaan Gan di blog ini.
      2. Kalau sudah tahu nggak pakai titik koma, sebaiknya tambahkan dua tanda baca itu. Biar yang baca nggak pening kepala.
      3. Tentang mengapa Xiaomi tidak menyelesaikan TKDN, bisa jadi itu merupakan hasil akhir dari studi kelayakan bisnis yang mereka lakukan. Xiaomi kan perusahaan swasta yang mencari profit. Mereka bukan lembaga nirlaba.

  39. Selamat malam pak Herry, saya Asto di Manado.
    Mau nanya nih, saya berencana membeli Lenovo Vibe Shot . Dikaskus ada yg nulis bahwa tampilan kamera bawaan VS terlihat seperti VGA dan hasil fotonya dan video kurang bagus. Apa itu benar ?
    Direntang harga VS, apakah ada smartphone lain yg kameranya lebih bagus ? Mohon fast respon pak Herry, karna saya berencana membeli gadget ini secepatnya . Terimakasih.

  40. Terimah kasih pak Herry, atas saran bapak Vibe Shotnya udah saya beli.
    Ada yg ingin saya tanyakan. Sejak saya hidupkan, muncul notif upgrade android M. Saya pengen upgrade, tapi apakah ada bug di android M ini ? Juga kualitas kameranya sesudah upgrade gimana pak?

    1. Pak Asto,

      Saya belum pernah memakai Vibe Shot dengan sistem operasi Android Marshmallow. Jadi, saya tak tahu akan menjadi lebih baik, sama saja, atau malahan lebih buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *