Mampu Siaga Nyaris Dua Minggu

Di beragam materi promosi, baterai ponsel Smartfren Enduro diklaim mampu siaga selama 700 jam. Sedangkan talk time-nya konon sampai 350 menit. Karena itu, langkah pertama yang penulis lakukan kala menguji pakai Enduro adalah menyelipkan kartu RUIM dan mengisi ulang baterai ponsel sampai penuh. Berikutnya, mengaktifkan ponsel itu terus menerus.

Hasilnya, Enduro mampu bertahan selama 12 hari 8 jam 55 menit sebelum padam sendiri karena kehabisan daya. Selama hampir dua minggu itu, ponsel tersebut sempat menerima 12 SMS, mengirimkan satu SMS, dan satu kali melakukan panggilan telepon selama sekitar satu menit. Sisanya, duduk manis di meja kerja penulis.

Kalau dikonversi ke satuan jam, dengan sedikit pembulatan, daya tahan baterai Enduro mencapai 297 jam. Lebih rendah daripada klaim awal yang 700 jam. Namun, kalau dicermati, ketidaksesuaian itu sebenarnya relatif wajar. Merujuk pada pengalaman penulis, waktu siaga yang tercantum di lembar spesifikasi ponsel tak pernah sesuai dengan realita di Indonesia.

Kok bisa? Waktu siaga yang diklaim produsen biasanya merujuk pada kondisi yang sangat optimal dan sempurna. Padahal, kalau mau jujur, jaringan seluler di Indonesia belum menyentuh tataran itu. Untuk membuktikannya, dengan ponsel dan perilaku bertelepon yang sama, cobalah beraktivitas di Singapura dan Surabaya atau Jakarta. Konsumsi baterai ponsel di Singapura pasti lebih hemat.

Selain hemat baterai, Enduro yang bernama asli Haier C330 itu dibekali beberapa fitur menarik. Di antaranya, penyaring panggilan telepon maupun SMS, radio FM, dan pembatas akses ke menu tertentu.

Ada pula buku telepon 500 nama multiple entry, alarm, scheduler, kalkulator, dan stopwatch. Hanya tersedia sepuluh pilihan nada telepon dan lima nada SMS. Pengguna sama sekali tak dapat menambahkan nada baru.

Satu unit Enduro kini dibanderol Rp 179 ribu, belum termasuk PPN. Rentang harga jual nyata di gerai penjualan ponsel mulai Rp 190 ribu hingga Rp 195 ribu. Dengan persyaratan tertentu, pengguna bisa menikmati gratis akses Facebook, Twitter, Smartfren Messenger, dan M-Story. Pengguna dapat pula menelepon tanpa biaya ke nomor Smartfren Lokal Plus, Hepi, Fren, dan Smart.

Bisakah diisi dengan nomor Flexi atau Esia? Tidak. Ponsel CDMA 800 MHz dengan konektor charger mini USB itu berstatus locked. Ia hanya dapat dipadukan dengan kartu RUIM keluaran Smartfren.

7 thoughts on “Mampu Siaga Nyaris Dua Minggu

  1. Pak Herry, apakah hp smartfren enduro itu kartunya bisa diganti selain smartfren? misalnya, telkom flexi , bisa tidak?

  2. Pak Budi,

    Smartfren Enduro tidak bisa dipadukan dengan kartu Flexi, Esia, maupun StarOne. Kalau diisi dengan kartu Mobile-8, yang kemudian “menikah” dengan Smart dan menghasilkan Smartfren, terbukti bisa.

  3. syarat dan ketentuan berlaku untuk telpon, twiter, facebook, yang dimaksud seperti apa pak ? apa layanan terebut langsung bisa digunakan saat pertama membeli ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *