Matikan GPRS agar Pulsa Telkomsel Tak Terpotong

Pagi menjelang siang ini, 30 Juni 2015, saya mendapatkan informasi dari salah satu customer service di GraPARI Telkomsel. Informasi yang berwujud tip aliat kiat tersebut, menurut saya, sangat penting. Karena itu, saya bergegas menuliskannya di blog ini.

Tip yang diberikannya sederhana. Kalau Anda tidak berencana berinternet memakai nomor Telkomsel yang siaga di suatu ponsel, idealnya Anda melakukan satu langkah tambahan. Hubungi call center Telkomsel atau kunjungi kantor layanan Telkomsel. Mintalah petugas yang melayani untuk mematikan fitur GPRS/data nomor Telkomsel yang Anda miliki.

Bila Anda tak melakukan satu hal di atas, biarpun koneksi data di ponsel dalam kondisi tidak aktif, amat mungkin pulsa di nomor simPATI atau Kartu As Anda bakal berkurang. Sebab, nomor tersebut sesekali akan dianggap telah melakukan akses data. Sementara itu, kalau nomor Telkomsel yang dipakai adalah nomor pascabayar alias kartuHalo, “biaya pemakaian” tersebut akan ditambahkan ke dalam tagihan bulanan.

Sedikit informasi tambahan, pemilik ponsel yang sama sekali tidak memiliki kemampuan akses data boleh mengabaikan tip ini. Anda tak perlu melakukan langkah-langkah di atas.

Tak tahu nomor telepon call center Telkomsel? Ini dia:

  • Dari kartuHalo: 133
  • Dari simPATI dan Kartu As: 188
  • Dari PSTN: 08071811811

109 thoughts to “Matikan GPRS agar Pulsa Telkomsel Tak Terpotong”

  1. Om,saudara saya malah ngalami pulsanya berkurang dikit dikit padahal lagi gak ngaktifkan koneksi. Kata CS nya telkomsel itu dari hapenya? Tapi saya tes pake AS saya ya gak masalah malah. Trus saya ke grapari & katanya itu tetap karena HP nya. Trus buat nelp ke sesama telkomsel malah ada prmberitahuan kalo pulsa tidak cukup trus putus deh teleponnya padahal masih sekitar 4000. Kata pelayan telkomselnya,pulsa berkurang akibat dari sinkron padahal gak koneksi mati.
    NB : saudara saya pake redmi 2.

    1. Pak Harrys,

      Yang saya ceritakan itu memang koneksi di ponsel tidak aktif, tetapi pulsa bisa berkurang karena dianggap melakukan akses data dengan tarif ritel/normal.

  2. iya bener banget, udh banya kasus dg telkomsel yg kubaca di kaskus. Makanya aku cuma pakai telkomsel buat telpon dan sms aja, mau ganti no tapi udh tersebar krn udh pake dari 2004. utk android aku pake tri. lho bukannya mematikan gprs bisa sms ke 3636 ketik GPRS OFF

    1. Bu Lusi,

      Petugas Telkomsel menyarankan tindakan mematikan GPRS itu dilakukan via telepon ke call center atau datang ke GraPARI. Ia tidak merekomendasikan jalur SMS.

  3. Saya sdh pernah mengalami kejadian ini, petugasnya tdk beritahu kalau gprs hrs jg dimatikan akibatnya tagihan kartu halo jd bengkak

    1. Bu Adele,

      Boleh tahu Anda menggunakan ponsel tipe apa? Pengaturan koneksi data di ponsel apakah sudah dalam kondisi tidak aktif?

  4. Saya pakai kartu Halo dan tidak pernah merasakan hal seperti itu, kalo pun ada pasti terlihat di tagihan bulan berikut nya, saya rasa yg pakai kartu halo tidak perlu khawatir, saya pakai lenovo P70…

    1. Pak Solikin,

      Saya menggunakan dua kartuHalo. Yang fitur GPRS-nya aktif terkena masalah tersebut. Sedangkan yang fitur GPRS-nya nonaktif aman-aman saja.

    1. Pak Androw,

      Terima kasih atas informasinya. Saran dari CS Telkomsel, tindakan menonaktifkan GPRS sebaiknya dilakukan via call center atau GraPARI. Supaya bisa langsung dieksekusi dan dilihat hasilnya di sistem.

  5. Pak Herry,

    Tapi no simpati saya dulu th 2014 saya matikan gprsnya dg cara sms tsb. Dan tadi barusan saya coba utk akses internet tidak bisa. (kartu terpasang di lumia 520) Apakah artinya saya sdh aman atau masih harus. menghubungi grapari lagi utk menonaktifkan gprs?

    1. Bu Lusi,

      Untuk memastikannya, lebih baik Anda tetap menghubungi call center atau mampir ke GraPARI.

  6. oh ya, simpati saya yg satunya di nokia 5000 (kartu jadul dari 2004) juga dulu saya matikan gprsnya dg sms, krn dulu pulsanya juga sering berkurang sendiri utk pemakaian data tak jelas. Setelah dimatikan pulsa sdh tak berkurang dg sendirinya. kok bisa ya operator beaar pelayanannya spt itu?

  7. Kalo menurut saya sih om,ini berhubungan dengan suatu fitur yang namanya ‘location service’. Secara default bagi pengguna android, location service ini dipakai untuk google service (semua app google yg memakai location). Akan tetapi operator itu juga sebenarnya juga bisa mengambil data perangkat yang kita gunakan dari location ini.
    Mungkin dulu sebelum adanya internet, operator hanya bisa mengetahui IMEI hp yang kita gunakan, posisi hp dr kalkulasi 3 bts terdekat yg membentuk segitiga. Dengan adanya location service ini,operator juga bisa mengetahui jenis hp, os yg dipergunakan, posisi hp dgn lebih presisi.
    Tapi itu menurut saya om.

    1. Pak Bayu Aditya,

      Dengan asumsi koneksi data di ponsel sudah dinonaktifkan, apakah “location service” masih bisa melakukan akses data?

    1. Pak Juragan Tengkleng,

      Terima kasih atas informasinya. Untuk nomor prabayar Telkomsel, setahu saya kini tak tersedia lagi paket internet unlimited.

  8. Wah kayaknya saya tau kenapa Pulsa Indosat saya hilang.
    Padahal saat itu simcard saya cabut dan tidak digunakan di hp manapun.
    Ketika mau mengaktifkan paket internet ternyata pulsa sudah berkurang sangat banyak.

    1. Pak Tedi Wijaya Pratama,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi, kalau pulsa Indosat tiba-tiba berkurang, biasanya nomor kita dianggap berlangganan layanan konten. Hal itu terjadi tanpa kita sadari. Saya sudah berkali-kali mengalaminya.

  9. wah.saya pakai 2 as flexi.telkomsel sangat payah.saya kena stroke malah ada lagi dari telkomsel

    1. Bu Nita,

      Kalau yang saya alami, sekali potong hanya Rp 6. Namun, kejadiannya berkali-kali. Kalau ditotal ya bisa mencapai ribuan rupiah.

  10. Pak herry saya sudah mnghubungi call centernya, kata mereka jika saya menonaktifkan GPRS-nya maka saya sama tak bisa berinternet lagi
    Bagaimana pak jika sprti itu pak?

    1. Pak Qashmal,

      Lha ya memang. Kan saran itu ditujukan kepada pengguna yang tidak berencana berinternet.

  11. Salam om

    ane jg pernah kena kasus seperti ini
    Ditagihan ada biaya gprs..
    Komplain di gerai gandaria siti
    Gprs off…oleh csnya
    en then ujug2
    3 bulan kemudian hidup lagi….
    Komplain lagi….
    baru dinon aktifkan
    …4 bulan kemudian on lagi …tanpa pemberitahuan
    Ane grebeg lg tuh tkomsel
    Baru di off lagi sekitar 3 bulan lalu…
    n sampe sekarang blm pernah cek n ricek lg…
    #pemakai halo dr th 99

    1. Pak/Bu Rafka,

      Advance? Mungkin yang dimaksud Advan ya?

      Saran saya, lebih baik jangan membeli produk Advan maupun Mito deh. Pilihlah tablet bermerek global. Kalau mau yang merek Tiongkok, silakan melirik Xiaomi.

  12. Saya mau cerita pengalaman saya. Selama ini pakai kartu halo. Dilimit di 300rb. Jd setiap kali kurang sekitar 3 -4 hari sebelum jatuh tempo memang sudah over limitnya. Jd cuman bisa trima tel. Akhirnya minta di tambah ke 500 limitnya. Pada bulan itu jg. Seperti biasa. Lsg overlimit kurang bbrp hari dr jatuh tempo. Padahal selama saya abonment halo. Selalu sama pemakaian rata2. Ngga pernah kaya telp international dll yg mahal. Jd agak aneh bin curiga. Masa bln pertama minta naik limit. Lsg over limit secara pemakaian sama aja

  13. Saya juga pernah ngalami seperti itu , saya datangi grapari lalu gprs dioffkan. telkomsel sekarang tarif telpon sesama mahal sekali kwalitas masih sama saja seperti berhubung nomor simpati saya nomor utama jd buat standby saja. skema tarif telpon simpati mahal sekali daripada operator lain.

  14. Malam Pak Herry tks utk info dan konfirmasinya nya dan sekedar berbagi pula mmg kartu halo sy kondisi gprs off dan syukurlah charge hanya terbatas pada pulsa telepon dan sms saja. Salam,

  15. Pak Herry, pernahkah membanding-bandingkan kualitas layanan data Telkomsel? Maksud saya begini, saya menduga dari mencoba sendiri beberapa jenis paket internet, sepertinya Telkomsel melakukan “skala prioritas”, semakin relatif “mahal” paket data yang kita beli, semakin lebih diprioritaskan soal kestabilan dan kecepatannya.

    Misal, saya beli paket internet Simpati 3G Champion seharga Rp 77.500,- (harga untuk Zone 4) dengan kuota 3GB lokal+1GB nasional, ini paket lebih sering terputus sendiri (diskonek) dan lebih lambat dibandingkan dengan paket Rp 60.000,- dengan kuota 500 MB (non 3G)+ 1,5GB (3G)+1GB (24:00-9:00) yang jauh lebih stabil dan lebih cepat, ketika saja uji selama berbulan-bulan di satu lokasi yang persis sama dan menggunakan perangkat yang sama pula.

    Saya sudah bertanya ke CS-nya Telkomsel, jawaban resmi mereka tidak ada itu skala prioritas, tapi yang saya rasakan sendiri kok sepertinya ada, … ada yang dianakemaskan ada yang dianaktirikan sesuai dengan mahal murahnya paket yang kita beli.

    Dan kayaknya, … ini baru dugaan saya, … hal ini terjadi juga pada jenis SIM-card-nya, pengguna kartu Halo jauh lebih diprioritaskan, pengguna kartu Simpati nomer dua, kartu Loop nomer tiga, dan paling dianaktirikan adalah kartu As.

    Saya belum pernah menggunakan kartu Halo maupun Loop, tapi saya pengguna Simpati dan As-Flexi sekaligus dan terasa sekali bedanya seperti bumi dan langit ketika digunakan untuk layanan data. Bagaimana menurut pak Herry?

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Ya, saya pernah coba membandingkannya lebih dari setahun lalu. Waktu itu saya pakai tiga produk:
      1. Paket internet Rp 50 ribu dengan kartuHalo.
      2. Paket internet Rp 50 ribu dengan simPATI.
      3. Paket internet Rp 1 juta dengan kartuHalo.

      Kalau nomor 1 dan 2 dibandingkan, lebih unggul nomor 1. Lebih stabil dan lebih cepat.

      Namun, yang paling sakti adalah nomor 3. Ketika internet nomor 1 dan 2 mabuk, eh… yang nomor 3 masih lancar jaya.

      1. Terima kasih infonya pak Herry, … berarti sepertinya bisa disimpulkan di Telkomsel itu berlaku, “beda harga, beda kartu, beda pula kualitas dan prioritas layanan datanya”.

  16. masi bingung klo GPRS off brarti ga ada koneksi data sama sekali atau masi bisa pake edge/3g?
    jadi kalao cuman di off kan datanya dari fitur hp ga cukup ya?
    takut kena juga kalau pas paket data abis, data di off kan

    1. Pak Dharmawidhi,

      * Sama sekali tak bisa berinternet.

      * Mengacu kepada pengalaman pribadi saya, tak cukup. Buktinya, masih muncul tagihan misterius di lembar tagihan.

  17. Selamat sore….

    Saya pemakai Hp Dual Xiaomi mi4i lewat pembelian di website resminya. Nah…sebagai pengguna Hp dual merk lain sebelumnya (Samsung/Sony), saya set settingannya SIM 1 (SIMPATI) untuk Internet (SAya memberli FLASH 130RB/perbulan) dan SIM 2 (Corporate HALO) dimana saya pikir karena tdk saya set internet…pastinya tidak bakal pengaruh dengan internet GPRS dll. Selama ini pakai HP Dual Merk lain aman…tidak pernah ada tagihan GPRS di Tagihan HALO saya.
    Nah…MInggu lalu saat saya iseng check pemakaian Kartu Simpati di *888#…tanpa sengaja saya memencet Sim 2 (Kartu HALO) di fitur tersebut…dan tertera pemakaian sampai dengan detik ini Rp5……(7 digit)…yang berarti sudah jutaan terpakai. Selama ini tagihan HALO saya 200an saja…dan walaupun 2 bulan terakhir ada muncul tagihan GPRS, tapi hanya 66.000an saja. Pemakaian saya normal…ada sesekali streaming…tapi ya tidak lama karena saya pikir memakai SIM 1 untuk internetan dll. Nah sudah saya kontak Caroline/CS…disarankan mematikan GPRS…HALO lewat mereka langsung by phone…dah sudah saya setujui. Saya mencoba Kontak representative coorporate Telkomsel tempat perusahaan saya berlangganan…dan setelah dilakukan pengecekan katanya pemakaian itu normal dan tagihan valid seharusnya….itu murni kesalahan user mengatur slot kartu Hp dualnya. Malah ada disarankan juga sbb:
    Kedepan, utk lebih aman nya, ada 2 (dua) hal yg bisa dilakukan utk kartuHALO nya yaitu :
    a. Mengaktifkan Credit limit , dari mulai Rp.50.000 s/d 1 juta , tergantung kebutuhan. Sehingga apabila ada penggunaan diluar kewajaran bisa ter limit/di batasi
    b. dalam hal device dual sim, sebaiknya kedua nomer nya juga di daftarkan paket data , sehingga bisa lebih ter control. Pilihan paket data (internet) kami sediakan di website

    Ini sebenarnya membuat shock tapi bagaimana lagi sudah terjadi…dan apa mau dikata…harus bertanggungjawab dah….

    1. Bu Naomi,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Saran customer service Telkomsel, terutama untuk poin B, menurut saya kurang bijak. Saran poin A lebih masuk akal.

      Saya sendiri Juni lalu memutuskan menutup satu nomor kartuHalo karena mengalami tagihan misterius untuk pemakaian GPRS. Kartu itu memang saya pasangkan ke ponsel yang mendukung layanan internet. Namun, mobile data telah saya nonaktifkan. Di depan customer service, saya langsung mendemokan kalau ponsel itu tak bisa dipakai untuk aktivitas internet apa pun. Namun, realitanya tetap ada tagihan pemakaian internet.

      Karena tak ada solusi atas tagihan misterius itu, saya memutuskan menutup nomor kartuHalo itu.

  18. Saat ini saya sedang bingung. Mau untung jadi buntung. Saya menukarkan halo poin dengan paket internet 7 hari. Dan yang saya sesalkan Telkomsel mencoba mencari keuntungan dengan melanjutkan pemakaian dengan tarif normal yang sangat mencekik leher. Pengalaman menggunakan operator lain jika sudah melewati jam-jam paket maka akan otomatis diputuskan. Saat ini saya harus menghadapi masalah besar untuk membayar tagihan sebesar lebih dari Rp 500.000 untuk koneksi tidak sengaja selama 1 setengah jam dari pkl 00.00 – 01.30. Padahal tidak sengaja hanya ada 1 messenger yang menyala. Saat telpon ke caroline, mereka tidak bisa membantu. Permasalahan ini menambah beban pikiran saya berhari-hari untuk membayar tagihan yang gila-gilaan ini. Apakah ada kira-kira bisa minta dispensasi. Ini namanya mau untung jadi buntung

    1. Pak Aswin,

      Kalau membaca cerita Anda, saya yakin di sistem pemakaian Anda akan dianggap valid. Sah. Jadi, Anda takkan bisa meminta dispensasi.

  19. Ahaithanks banget infonya..
    Punya mama aku udah 100ribu ludes 1 minggu..
    Padahal data di off, ga ada paket.
    Tapi dapat sms 3636 kalo ada pemakaian gprs.
    Wah menjebak banget telkomsel, karena pelanggan ga tau harus di matiin manual gprsnya.
    Ckkckcjc

      1. Bu Ika Rahma,

        Sudah coba ke kantor layanan Telkomsel dan menanyakan pulsa Anda terpakai untuk aktivitas apa? Dari situ baru bisa dicarikan solusinya.

  20. Ya ampun, pantesan aja pulsa saya dikit-dikit abis melulu di’colong Telkomesl. Padahal semua browser, WA, BBm saya matikan semua (saya uninstall). Ternyata tetap harus ke GraPari juga ya. Nggak heran deh Telkomsel banyak duitnya. Atau baiknya saya ganti ke HP model jadul yang tidak mendukung GPRS saja ya?

  21. Pembiaran begini tidak bisa dibiarkan… Harus di laporkan ke Grapari Telkomsel spy ditangkap operator yg nakal dan suka mencari keuntungan ini sama saja merugikan konsumen. Kasihan org yg mau berinternet dipotong dgn tagihan yg tidak jelas dan tidak masuk akal.

  22. Gila memang telkomsel ini, sy tiap kali isi pulsa 10rb langsung habis pada 5menit setelahnya dg pemberitahuan bahwa sy pake internet dg tarif biasa! Tiap kali begitu jd isi pulsa hanya utk mengakhiri masa tenggang saja krn pulsa terusss kepotong gak jelas Pdahal ga pernah akses apa2 sm sekali! Provider yg aneh!

  23. Telkomsel ITU ***. Pulsa says 10 ribu habits sendiri,padahal TDK says lake.

    Catatan: dilarang memaki di blog ini. Sebagian tulisan Anda terpaksa saya sensor (HSW)

  24. Telkomsel ***, pidana. *** berkedok Operator. Harus dibawa ke meja hijau.

    Catatan: dilarang memaki di blog ini. Sebagian tulisan Anda terpaksa saya sensor (HSW)

  25. saya baru saja ludes 40rb-an gara2 kepotong paket GPRS
    sebenernya sudah kejadian beberapa kali tapi sebelumnya 10rb-an dan hanya saya lakukan dengan mematikan paket data di settingan telpon yang ternyata tidak cukup.
    Saya Telpon ke Caroline minta dinonaktifkan selamanya:
    saran : *363*212# —->untuk mematikan GPRS

  26. Kepotong pulsa yang tidak diinginkan rasanya kesel dan dongkol. Tapi mau gimana lagi?
    Akhirnya cari cari setelah berselancar di om gooogle. hari ini aku coba seperti saran teman2 di atas dengan mematikan GPRS Off melalui sms ke 3636 dan di jawab. Paket internet anda telah di non aktifkan terimaksih telah menghubungi kami. Jawabnya. Belum juga puas aku hubungi Grapari careline dengan bu debra. dan di sarankan untuk memanggi ke no *363*212# —->untuk mematikan GPRS. dan di jawab : Maaf, untuk sementara permintaan Anda gagal diproses, silahkan coba beberapa saat lagi.
    Yang jadi pertanyaan apakah dengan jawaban seperti di atas ini otomatis paket internet sudah terputus. walau saya berulang ulang mengirimkan hal yang sama.

    1. Pak Masgit,

      Paling enak, hubungi call center Telkomsel lagi, trus mintalah petugas mengecek di sistem apakah fitur GPRS nomor Anda sudah dinonaktifkan. Kalau sudah nonaktif, aman deh.

  27. pagi om,
    kmrn GPRS sy sudah di matikan lewat telkomsel tapi kenapa pulsa saya kesedot trs tiap 10 kb / 30 Rp.tolong info solusinya om saya bingung tiap isi pulsa pasti kesedot terus dan gak bisa kirim sms atau telp.paling klo mau telp atau sms sy restart dulu br bisa setelah itu tidak bisa lagi.

    1. Pak Edy,

      Silakan hubungi call center atau kunjungi GraPARI terdekat. Mintalah petugas mengecek di sistem, pulsa Anda terpotong untuk pemakaian apa.

  28. Wooow, ngeri sekali baca artikel ini. Untung saya belum aktipkan Simpati saya sebagai yg utama untuk internetan. Semula saya memang mau pakai simpati dg pertimbangan sinyalnya paling bagus. Koh Herry, kalau misalkan data conection di Hp kita seting pakai yg indosat, apakah pulsa / paket data Simpati akan tetap tersedot. Jika benar demikian, bukankah bila fisik sim card simpati kita lepaspun, jangan2 masih tersedot sampai habis nikh… lebih dahsyat dari Vampire nikh.

    Yg seperti ini sebetulnya cacat program Telkomsel atau memang ada unsur kesengajaan, apapun jawabnya bila masyarakat luas tahu –> bukankah ini sama saja memvonis diri sendiri agar tidak dipakai masyarakat ?

  29. Koh Herry, tanya lagi … penasaran nikh. 1. Kalau Data Conection On pada Indosat misalnya, namun wifi juga kita aktipkan. Apakah mutlak semua koneksi internet selalu memakai wifi (jadi wifi sbg preferred conection gitu ?).

    2. Saya pernah alami saat baru beli, wifi belum saya aktipkan, namun Data Conection On. Pulsa jadi habis padahal saya tak melakukan aktivitas internet sama sekali, hanya terima telpon & terima SMS. Petugas indosat bilang memang begitu, kalau tak ambil paket internet maka yg digerus adalah pulsa, meski tak pernah internetan sekalipun namun google & juga aplikasi di back ground akan selalu konek ke internet. Betulkah demikian ? Tq

    1. Pak Hengky Fanggian,

      1. Ya. Namun, kalau koneksi Wi-Fi terputus, ponsel akan memanfaatkan akses internet Indosat.

      2. Benar. Ya memang begitu. Ada sinkronisasi kecil-kecil yang akan terjadi. Pulsa pun terpotong.

  30. Sebenar nya sudah banyak mengeluhkan masalah biaya GPRS yang makan pulsa tanpa seizin 10kb rp30.ini membingungkan pengguna telkomsel.bahkan saya pernah kehilangan sehabis isi pulsa 5000.hp blum sempat digunakan pulsa berkurang drastis rp4500.
    kenapa kok bisa begitu ya fikir saya padahal dulu pakai hp java aman aman saja walau jaringan gprs nya selalu aktif. sekarang pakai android kok sering ngalami pengurangan pulsa dengan sendirinya.
    akhirnya boros pulsa seperti bak bocor air nya.apa harus ganti bak atau gimana nih saya sebagai pengguna sangat mengeluhkan ketidak nyamanan ini.
    menurut teman teman yang pada hanti ke indosat aman katanya. masa saya pindah ke indosat sedangkan saya internetan nelpon pakai telkomsel dan saya cuma punya satu hp. dan saya tidak mau ribert menghubungi grapari.sebab di daerah saya sinyal yang kuat telkomsel.dikarenakan tower operator lain nya jauh.

  31. Saya pun mengalami hal yang sama sebelum mengajukan komplain…
    Pun sudah ada notifikasi sms bahwa gprs sudah non aktif… masih dinyatakan saya menggunakan gprs sebesar 50ribu… super sekali.
    Total 150 saya di tagih biaya GPRS dimana saya tidak menikmati atau mengaktifkan aplikasi yang ada di gadget yang saya pakai padahal data service sudah di non aktifkan

    Setelah saya komplain, petugas customer service online hanya meminta saya melihat ke call summary….??????^:@/’@”:@&^!]*&!#&,:!¡#^’!(#&¡??????? dan diminta datang ke grapari tanpa ada solusi lain
    Tidak heran bila flagship provider telkomsel ini untung trilliunan, mereka melakukan trik licik seperti beberapa keluhan diatas

  32. Yang paling aman khusus internet, beli paket yang biasanya bila top up ada lebih pulsa tidak pernah genap, sisa pulsa langsung habiskan untuk telp atau sms

  33. saya coba sms ke 3636 dengan format: GPRS (spasi) OFF , ternyata berhasil… pulsa sudah tidak kepotong lagi..

  34. Pagi Pak Heri,

    Saya pengguna baru dari kartu halo. baru kemaren saya daftar langsung di grapari. ikut paket halo•fit. setelah 1 hari temen nawarin injek paket pak. 8GB/bulan selama 6bulan. jadi 48GB/6bulan dengan harga 300k. yg saya tanyakan emg bisa pak? apabila ikut injek dari temen saya otomatis paket yg saya aktifkan di grapari nonaktif. dan masalah tagihan hanya grapri hanya limit tlpn dan sms. takutnya kartu saya di block oleh pihak tsel krna tidak ikut paket nya.

    Terima kasih

    1. Pak Rifqi,

      Saya tak berani memastikannya. Sebab, beda paket bisa beda perlakuan/kebijakan. Agar lebih pasti, hubungi call center Telkomsel atau kunjungi GraPARI Telkomsel terdekat.

  35. Alhamdulillah karena keluhan saya terdengar anak saya yang melek IT, dan menghentikan GPRS saya…Mulanya saya hanya bisa pasrah karena sering menerima sms dari 3636 yang katanya ” saat ini anda menggunakan internet dengan tarif normal. Untuk lebih hemat, beli paket Flash melalui *3636# atau http://tsel.me/n1s“. sms itu sudah berlangsung tahunan. Terlebih jika baru beli pulsa. Yang saya heran, saya tidak pernah sedetikpun menggunakan HP saya buat internet, saya tidak pernah mendaftar internet, tidak pernah mengakses atau me reg paket apapun…Lho Kok bisa HP saya tau-tau terdaftar GPRS.Sampai saat ini (saat mengetik tulisan inii) Apa itu GPRS ? kepanjangannya pun saya tidak tahu. dan saya nyatakan juga bahwa saya tidak ingin tahu apa itu GPRS… Mohon telkomsel berbisnislah dengan fair, Jika mau jual produk tawarkanlah pada yang membutuhkan saja, dengan cara berlangganan dan dalam jangka waktu mingguan atau bulanan. Hentikan produk jika pelanggan tidak mendaftar atau memperpanjang produk tersebut, bukan dengan cara memperpanjang secara otomatis. Saat ini saya nyatakan bahwa jika kedepan telkomsel menggunakan HP saya atau nomor HP saya untuk keuntungan sepihak buat telkomsel, tanpa saya memakai produk tersebut, saya nyatakan akan menghentikan memakai fasiitas telkomsel, saya akan gunakan produk non telkomsel. Semoga suara saya bisa di pedulikan… terima kasih..

  36. Hp saya hp jadul bangett..nokia C3. Dan ternyata kejadulan itu tidak menghalangi telkomsel utk memotong pulsa saya utk akses internet pdhl saya tidak mengunakan internet di hp tsb. Akses gprs di hp sudah saya matikan tapi ternyata hp jadul dan mematikan akses lgsg dr hp tidak menghalangi telkomsel utk terus mengirim sms dan memotong pulsa saya. Sebentar2 ada sms dr 3636 bahwa saya memakai internet dgn tatif normal. Saya sdh kirim sms utk mematikan gprs. Jd skrg lg nunggu gmn hasilnya. Makasih info nya ya.

  37. wah…kejadian ini jg baru saja saya alami menggunakan kartu telkomsel, yg hebatnya lg hal ini terjadi di hp jadul yg blm bisa gprs…sempet bingung jg tiap hri dpt sms “saat ini anda menggunakan tarif normal blablabla…” lama2 hbs juga pulsa klo dipotongin terus tiap hri…kacau nih telkomsel cara nyari duitnya

    1. Pak Roby,

      Ponselnya nggak bisa GPRS, tetapi pulsa terpotong karena dianggap pakai internet? Wah… saya ikutan bingung deh.

  38. Pak Herry SW,

    Pak kalau GPRS dimatikan apa paketan internet tetap bisa jalan/dipakai? Saya masih belum begitu mengerti tentang GPRS & data internet ini. Thanks Pak Herry.

    1. Pak Erico,

      Logikanya sih internetnya tak bisa dipakai. Namun, di Telkomsel, kadang bisa tetap terkena charging kecil-kecil seperti yang saya ceritakan di atas.

  39. Saya kan baru ini pake AS untuk internetan di iphone.. Dan saya gunakan bonus 10GB untuk di jaringan 4G sdgkn dsni msih blum stabil jd suka balik lg ke 3G akhirnya pulsa saya yg ke makan terpotong akses gprs. Yg saya mau tanyakan bisakah walau kuota habis tanpa menyedot pulsa?? Seperti kartu THREE kuota dan pulsa beda.. Komitmen dia, walau hbis kuota ya ttap gak motong pulsa, apa telkomsel bisa jg bgitu?? Di sim card nya dimatikan akses gprs nya, tpi tetap bisa berinternet sesuai kuota???

    1. Bu Nelly,

      Tidak bisa, kecuali Anda menggunakan kartuHalo. Itu nomor pascabayar Telkomsel.

      Kalau GPRS dimatikan ya malahan tidak bisa berinternet sama sekali.

  40. Cara menonaktifkan gprs yg efektif melalui sms (khusus telkomsel prabayar)
    Ketik GPRS_OFF kirim ke 3636

    Untuk mengaktifkan kembali:
    Ketik GPRS ON kirim ke 3636

  41. Permisi pak, saya mau tanya berkaitan dengan hal nya bapak post
    Begini, kartu saya kan datanya masih aktif, tapi pulsanya terkuras juga solusinya bagaimana pak?
    Mohon bantuan infonya

    1. Pak Syukrika Ryzki,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Solusinya:
      * Ubah pengaturan mobile data di ponsel sehingga ponsel tidak aktif mengakses internet.
      * Matikan layanan data di nomor ponsel yang Anda gunakan.

  42. cara mematikan akses internet pada kartu telkomsel cukup ketik *363*212#
    atau ketik sms GPRS OFF kirim ke 3636

    untuk tindakan itu tak perlu ke grapari atau telpon cs karena jawabannya pasti mengecewakan

  43. Simpati lama saya sebelumnya digunakan pada Smartphone Dual Sim, tidak pernah mengalami pengurangan pulsa karena akses internet, tapi ketika nomor dipindah (smartphone) tapi datanya dimatikan, tiap selalu menerima sms pemberitahuan tarif penggunaan internet adalah tarif normal. Coba di cek via *887# ternyata memang ada akses GPRS senilai 20 Rupiah, lumayan juga terpotongnya karena sehari bisa 4 kali sms pemberitahuan (yang artinya pulsa di potong Rp. 20).
    Barusan mencoba matikan fitur akses ineternet via *363*212#, sudah dapat notifikasi sms bahwa fitur GPRS non aktif, mudah mudahan benar benar berhenti.

  44. Ternyata proses penutupan akses internet ini tidak berhasil, sudak berbagai cara, namun pulsa tetap terpotong karena akses internet yang tidak saya lakukan. Benar-benar aneh ini telkomsel

  45. pak saya mau tanya, kalo misalnya salah kirim pulsa itu gimana ya? Jadi saya beli pulsa malah salah nomor, nah sedangkan nomer yg salah itu sudah saya hubungi untuk mengirimkan pulsanya kembali namun tidak aktif. gimana ya solusinya?
    nominal pulsanya besar soalnya pak. terima kasih sebelumnya…

  46. Pak saya mau tanya kan saya kmrn hbs garpi saya ganti no telkomsel saya saya jadiin 4G tadinya kan blm 4G. Nah skrngasak tiba2 berkurang katanya potongam gprs gt pak. Padahal paketan internetnya masih. Gmn solusinya ya pak.

    1. Bu/Pak Lesi,

      “hbs garpi” itu maksudnya apa ya? Saya tak paham.

      Intinya pulsa berkurang karena Anda dianggap memakai internet, padahal sebenarnya Anda telah berlangganan paket internet. Benar begitu? Solusinya ya komplain via customer services.

  47. Sy baru ganti hp ke android 4g,dan membeli kartu simpati 4g,paket data 10 gb,kemudian krn pulsanya hnya 2500 sy mengisi lg sebesar 10 rb,tp keesokan hrnya ketkka sy hendak tlp sy cek pulsa sy tinggal 0 rupiah,sy jd bingung kemudian sy isi lg krn hendak menelpon,br dipakai 2000 sorenya sy cek lg ternyata pulsanya tgl 0 rupiah,haduh klo bgini gmn,mohon bantuanya…

  48. Saya baru beli hp samsung j7 2016, pakai simpti, karena hp minta pembaruan sistem, maka saya connect wifi telkomsel flash, ternyata selesai pembaruan, paket data saya berkurang sesuai yang saya download, padahal sambungan data saya off, padahal di hp grand prime saya tidak ada masalah pada saat connect wifi.

  49. Pak Herry SW,

    Saya ingin bertanya seandainya gprsnya sudah dimatikan ke grapari, apakah layanan internet masih bisa dijalankan jika memakai wifi?
    terima kasih.

  50. Saya mengalami tagihan kartu Halo sangat gila, pemakaian bl pebruari Rp.523.186,- karena saya tak merasa pemakaian tak wajar saya komplin ke GRAPARI Ponorogo,ternyata saya harus
    membayar GPRS yang saya tak merasa menggunakannya, karena kesal saya langsung putus kartu Halo saya,Ternyata yang lebih mengejutkan lagi saya harus membayar untuk bulan Maret sebesar Rp.699.492,-Total yang harus saya bayar Rp.1.222.628,-Karena saya tidak ingin dirampok tiap bulan saya bayar ,padahal saya pakai yang langganan Rp.35.000,- Sunguh saya menyesal memakai kartu Halo. Sampai sekarang bukti pembayaran saya yang lewat sms belum dikirim oleh TELKOMSEL.

  51. Maz hery.. sy mau solusi ni.. kmrin tgl 15.08.2017 sy upgrude krtu ke 4g kartu lool sy. Tp stlh sy plng bbrp hr skema tarif sy udh jd skema trif as mz. Smua sy mau beli paket internet g bs it bgmn ya. Udh capek jg hub call center tp g ada solusi jitu ny

  52. saya juga lg urus hal yang hampir mirip nih, tagihkan misterius. 6199 dan unknown no. nominal Rp. 250 sebanyak 116 trasaksi.
    #baru ngeeh sekarang, biasanya ada tapi gk seaneh ini.
    #sy ikut pake unlimited Rp.120K/bulan
    #asli paraaaah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *