Mau Buat PIN BBM Sendiri? Ini Caranya…

Ada kabar gembira bagi Anda yang rutin memakai BlackBerry Messenger (BBM) di peranti BlackBerry 10 dan Android. Mulai kemarin, 3 Maret 2015, Anda dapat membuat PIN BBM sendiri. Mau PIN cantik, PIN ganteng, maupun PIN seksi, semuanya bisa. Silakan menciptakan PIN sendiri sesuai selera Anda.

Dengan PIN kreasi sendiri, orang lain akan lebih mudah mengingat PIN Anda. Saat ditampilkan di kartu nama atau media lain, PIN yang cantik juga terlihat lebih keren. HSW9900, misalnya, lebih asyik dan gampang diingat daripada 551279C6, bukan? Kalau Anda tertarik membuat PIN BBM sendiri, inilah langkah-langkahnya.

Custom PIN-17

Masuklah ke BBM, lalu tekan profil Anda. Bila sudah ada pilihan Customize My PIN, berarti BBM Anda telah siap diajak memilih PIN secara mandiri. Sebaliknya, kalau belum ada pilihan Customize My PIN, Anda harus meng-update versi BBM yang terinstalasi di ponsel dulu. Setelah diperbarui, versi BBM di ponsel Android yang penulis gunakan menjadi versi 2.7.0.20.

Custom PIN-1

Custom PIN-2

Tuntas melakukan update, silakan masuk ke BBM, kemudian tekan profil Anda. Sekarang pilih Customize My PIN. Kini tekan tombol Subscribe di kanan atas layar.

Custom PIN-3

Pilihlah metode pembayaran. Penulis memilih Use Google Play.

Custom PIN-4

Di layar bakal muncul jumlah biaya berlangganan yang setiap bulan harus dibayarkan. BlackBerry menyatakan biaya berlangganan Custom PIN sebesar USD 1,99 per bulan. Setelah ditambah PPN sepuluh persen pun, harga yang muncul di layar ponsel masih lebih rendah daripada nilai tukar terbaru rupiah terhadap dolar AS.

Custom PIN-5

Ikuti terus petunjuk yang tersaji di layar ponsel.

Custom PIN-6

Pembayaran berhasil. Tekan tombol Every Time agar Anda selalu diminta memasukkan password setiap kali akan membeli sesuatu via Google Play.

Custom PIN-8

Saatnya memilih PIN yang diidamkan. PIN yang dipilih harus terdiri atas 6-8 karakter. Minimal harus ada satu garis bawah, tanda hubung, atau huruf antara G dan Z. PIN pilihan itu boleh memadukan angka, huruf, garis bawah, dan tanda hubung.

Custom PIN-9

Bisakah memilih PIN 1234567? Tidak bisa. Sebab, pilihan itu tidak mengandung satu garis bawah, tanda hubung, atau huruf G-Z. Mungkinkah meminta PIN 88888888 yang konon merupakan angka hoki? Tidak bisa juga. Alasannya sama dengan PIN 1234567.

Hmm… kalau M4JUJ4Y4 yang dapat dibaca sebagai “majujaya” apakah bisa? Asalkan belum ada yang memiliki PIN tersebut, Anda masih berpeluang mengklaimnya. Dalam percobaan kali ini, penulis memilih PIN HSW9900. HSW merupakan inisial nama lengkap penulis. Sedangkan 9900 adalah empat digit terakhir nomor ponsel penulis.

Custom PIN-10

Custom PIN-11

Custom PIN-12

Asyik, PIN HSW9900 berhasil didapatkan.

Custom PIN-13

Custom PIN-14

Custom PIN-15

Sekarang di profil BBM penulis terdapat dua nomor PIN. Satu PIN awal, satu lagi PIN hasil pilihan sendiri. Keduanya dapat dihubungi oleh orang lain.

Custom PIN-16

Selamat mencoba! Buat Anda yang menggunakan BBM di Apple iPhone, harap bersabar dulu. Layanan Custom PIN saat ini belum tersedia untuk ponsel Anda. Kelak bakal menyusul kok.

72 thoughts to “Mau Buat PIN BBM Sendiri? Ini Caranya…”

    1. Pak Coo,

      Mau tahu saja atau mau tahu banget nih? 🙂

      He.. he.. itu saya pakai Huawei Ascend Mate7.

  1. wah, bayar pake pulsa bisa ternyata. mantap.
    kalo nanti setelah satu bulan habis jadi kembali pake pin awal ya pak?
    btw, yang di SS pake hp apa tuh? kok ikonnya (back, Home, Recent) sudah lollipop?

    1. Pak Quddus,

      Iya, bayar pakai pulsa. Otomatis diperpanjang, kecuali kita berhenti berlangganan.

      Yang screenshot-nya saya tampilkan itu ponsel bersistem Android 4.4.2 KitKat lho, bukan Lollipop.

  2. Saya mencoba fitur baru ini dengan carrier billing indosat (kartu halo) dan berhasil..
    Total biaya dengan PPN dan biaya jasa dikenakan Rp 22.811.04,
    lebih mahal sepertinya ya koh daripada indosat?

    1. Pak Mada,

      Bayar dengan Indosat (Kartu Halo)? *bingung*

      Ini maksudnya bayar dengan nomor Indosat atau Telkomsel ya?

      Saya bayar pakai Indosat. Total kena Rp 20.367 + PPN Rp 2.037 = 22.404.

    1. Pak Mada,

      Oh ok. Sepertinya ada perbedaan perhitungan.

      Indosat: harga + PPN.
      Telkomsel: harga + PPN + biaya jasa.

      Saya kurang tahu biaya jasa itu besarannya berapa.

  3. ko herry
    ini ternyata kalau masih BBM versi lama, PIN customize tidak bisa terdeteksi
    jadi tidak bisa add

    apakah berlaku juga bagi custimize pin ko herry?

    thanks

    1. Pak Rahadian,

      Tadi ada teman yang coba-coba.

      Kalau versi BBM-nya satu versi sebelum yang terbaru, BBM itu bisa meng-add custom PIN saya.
      Kalau versi BBM-nya lebih lama lagi, BBM tersebut tak bisa meng-add custom PIN saya.

  4. BlackBerry rupanya pintar cari pemasukan setelah jualan aplikasi BBM, sekarang PINnya dijual. Lumayan juga 20ribuan tiap PIN per bulan ????

  5. Saya sudah coba buat dan sudah muncul notifikasinya custom PIN diprofile. tapi ketika coba pin custom tersebut diadd di gadget andro dan BB tidak bisa. Apakah teman2 ada mengamengalami hal yang sama?

    1. Pak Rico,

      Ini maksudnya “custom PIN itu di-add oleh gawai Android atau BlackBerry” ya? Tadi teman saya melakukan eksperimen. Hasilnya begini:
      * Kalau versi BBM-nya satu versi sebelum yang terbaru, BBM itu bisa meng-add custom PIN saya.
      * Kalau versi BBM-nya lebih lama lagi, BBM tersebut tak bisa meng-add custom PIN saya.

  6. jika pin custom kita udah tersebar, kemudian kita berhenti langganan dan balik lagi ke pin awal itu gimana? apa tetep bisa komunikasi, karena mereka kan ga tau pin awal kita 😀

    1. Pak Fauzi,

      Ini yang belum saya ketahui. Dugaan saya:
      * Yang sudah terdaftar di kontak BBM tetap bisa menghubungi Anda.
      * Kalau belum terdaftar, calon kontak baru itu takkan bisa meng-add custom PIN yang masa berlangganannya telah berakhir.

  7. pak saya lagi bingung memilih antara membeli phabet windows phone atau tablet android.
    klo menurut bapak perbedaan keduanya apa ya? aktivitas saya sehari” hanya untuk browsing, sesekali chat dan foto terkada juga kebutuhan kuliah

    ngom” pak menurut bapak bagaimana spec windows phone kedepannya?

    sama pak saya pikir mungkin lebih baik mencoba windows phone, lalu membeli tablet murah alakadarnya saja untuk gaming karena game di windows phone sedikit. lalu saya tertarik liat tablet SPC di lazada yang murah bingitzz. hehehhe..kira” spc itu merek mana ya pak apa lebih baik pilih advan saja ya?

    makasihloh pak

    1. Pak Victo,

      Hmm… bergantung kebutuhan Anda sih. Kalau Anda perlu yang masih bisa dikantongi, meskipun kurang nyaman, silakan ambil phablet. Kalau perlu layar lebih besar lagi, ya silakan membeli tablet. Windows Phone atau Android? Kalau phablet, saya akan pilih Android. Kalau tablet, bergantung kebutuhan. Tablet itu sebagai pengganti netbook atau bukan? Bila bukan, saya masih cenderung ke Android. Pilihan aplikasi tambahannya lebih banyak.

      Karena Anda berencana memakai gawai itu untuk kuliah, bagaimana kalau membeli tablet yang bisa difungsikan sebagai laptop sederhana? Silakan coba cek Acer Aspire One 10. Saya terus terang belum pernah mengujipakainya. Saya cuma pernah mencobanya selama 10-15 menit.

      Spesifikasi Windows Phone di masa mendatang pasti akan terus berkembang. Namun, soal popularitas di sini, belum tentu seiring sejalan.

      SPC itu merek Indonesia. Saya belum pernah mencobanya. Namun, seandainya harus “berjudi”, saya malahan lebih tertarik mencoba SPC daripada Advan. Alasannya sederhana, saya sudah pernah mencoba beberapa produk Advan dan secara umum kurang puas.

  8. Wah asik juga ya PIN nya bisa ganti sesuai selera, coba 20 ribu untuk setahun, hehehehe ngayal dikit 😀

  9. Pak Herry tadi sudah saya coba utk add pin custom saya dengan android yang versi bbm sudah diupgrade ke 27020 dan Q10 bbm versi 107530 sukses dan pin muncul di Q10 dan Android muncul sesuai yang saya custom. Oh ya satu lagi pak herry, jika saya custom pin bbm diandroid dan sukses trs BB ID android custom pin tersebut saya pindahkan ke BB Q10 apakah bisa? thanks

    1. Pak Rico,

      Saya tak tahu custom PIN-nya bisa ngikut atau tidak. Kalau berpindah dari ponsel Android A ke ponsel Android B, custom PIN-nya konfirm bisa ikut. Saya pernah mencobanya sendiri.

      Dugaan saya, dalam kasus Anda, custom PIN tetap bisa ikut kala Anda berpindah dari Android ke Q10. Syaratnya, BlackBerry ID yang dipakai sama.

    1. Pak BoedjaNk,

      Ponsel yang rajin beriklan di televisi belum tentu menarik saya. Belum tentu juga termasuk kategori layak beli. 🙂

    1. Pak BoedjaNk,

      Nah… ini yang susah. Seringkali bagus dan murah itu tidak dapat digabungkan. Apalagi, kalau kriterianya bagus, murah, cepat, dan aman.

  10. Pak Herry maaf nih OOT mau nanya tentang smartphone Huawei.. 😀
    Sekarang huawei indonesia sering update ngeluarin produk2 smartphone baru ke indonesia dan saya sempat kepincut beberapa model ponsel huawei dgn harganya cukup terjangkau.
    Nah pertanyaan saya smartphone huawei untuk pasar indonesia layak dibeli kah apakah kualitas hardware dan softwarenya smartphone huawei apa cukup oke pak?
    Dan service center huawei untuk sekarang apa udah bagus pak dibandingkan dgn dulu? Terima kasih itu saja pertayaan saya

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Sejak dulu sebenarnya Huawei cukup bagus. Meskipun merek itu berasal dari Tiongkok, ia sebenarnya sudah termasuk dalam kategori ponsel merek global. Masalahnya, kadang penetapan harga ponsel Huawei terlalu percaya diri.

      Layanan pusat perbaikan resminya dulu cukup mengerikan. Informasi yang saya dapatkan dari beberapa penjual, belakangan ini terjadi peningkatan yang lumayan positif.

  11. pak herry yg selalu up to date, mohon dong dimuat artikel yg mengulas ponsel three musketeer android one yg kabarnya sdh memakai android lolipop, harganya yg berada di level 1 jutaan menarik hati. terima kasih

  12. pak numpang tanya nih emang iya intel dual core lebih baik dari mediatek quad core??

    atau intel dual core ram 2 gb lebih baik dari mediatek quad core ram 1 gb??

    1. Pak Victo,

      Wah, saya tidak berani menjawab hanya dengan berdasarkan penggalan spesifikasi seperti itu. Idealnya saya mencoba langsung ponselnya dulu. Sebab, spesifikasi sama pun hasil akhirnya bisa berbeda. Firmware bawaan ponsel turut mempengaruhi kinerja.

  13. Koh Herry, di jaman serba touch screen ini ponsel candy bar dgn keypad std (bkn qwerty) yg bisa direkomendasikan apa ya?
    Kegunaan cuma utk sms, telp dan foto. Kalo bs 2-3 pilihan yg diberikan beserta ancer2 harganya. Trims

    1. Pak Hartono,

      Sejak awal saya ingatkan dulu, jangan berharap hasil foto yang bagus ya.

      Apa saja pilihannya? Saya sebutkan mulai dari yang termurah.
      * LG A230. Ini tipe lama, tetapi kalau beruntung masih bisa dapat unit baru. Saya sendiri masih menyimpan satu unit. Harga pasaran Rp 400 ribuan.

      * Samsung Lakota. Harga baru sekitar Rp 500 ribu.

      * Nokia 208. Harga baru sekitar Rp 650 ribu.

  14. sebenarnya sih itu saya lagi membandingkan speedup genius pad yag bapak review sebelumnya dengan lenovo a7 3500 pak. heheh.. kan yg satu dual core tapi ram 2 gb

    1. Pak Victo,

      Oh ok. Begitu tho ceritanya. Sayang saya belum pernah mencoba Lenovo A3500 sehingga tak bisa membandingkannya dengan tablet SpeedUp.

  15. Koh herry dari 3 type hape tsb apa ada yg pernah dreviiew disini?
    Btw kalo dibandingin dgn sony aspen, kira2 lbh unggul yg mana ya? Krn salah satu toko online msh ada yg pny stok baru aspen tsb dgn hrg bantingan.
    Makasih di depan buat inputnya.

    1. Pak Hartono,

      Ini review Samsung Lakota alias C3322: http://ponselmu.com/sesama-dual-on-tapi-beda-sasaran/

      LG A230 tidak saya review karena saya baru mengujipakainya berbulan-bulan setelah masa penjualan dimulai. Yang saya sukai dari ponsel itu:
      Yang saya sukai dari ponsel ini:

      1. Keypad-nya enak. Empuk dan membal.
      2. Konektor charger berwujud micro USB. Jadi, bisa memanfaatkan charger Android atau ponsel pintar lain.
      3. Untuk merekam percakapan telepon yang sedang berlangsung, saya cukup satu kali menekan tombol.
      4. Bisa sinkronisasi kontak dengan Microsoft Outlook di PC/laptop. Koneksi memanfaatkan kabel micro USB maupun bluetooth.
      5. Mau membaca dan membalas SMS via PC/laptop? Bisa juga. Cukup menginstalasikan LG PC Suite IV di PC/laptop. Koneksi dengan ponsel lewat bluetooth atau kabel data.
      6. Meskipun selot kartu SIM-nya berukuran mini SIM, praktiknya kartu micro SIM bahkan nano SIM dapat diselipkan dengan jitu. Cukup berlatih beberapa kali untuk mengenali posisi yang tepat.

      Terakhir, Nokia 208, saya cuma pernah mencobanya sebentar. Pada prinsipnya itu kembaran Nokia 301. Beda di resolusi kamera dan ukuran kartu SIM. Review 301 dapat dibaca di http://ponselmu.com/review-nokia-301-diam-diam-menghanyutkan/

      Soal Aspen, yang Anda cari sebenarnya ponsel candybar biasa atau smartphone qwerty? Kalau smartphone qwerty, boleh deh melirik Aspen. Kalau ponsel biasa dan cuma untuk telepon plus SMS, mending melupakan Aspen deh.

  16. Ko sorry oot, mau nanya apa sekarang semua hp android cepat panas. Kemarin saya beli asus zenfone C baru di pakai bentar untuk browsing udah panas ngak sampai setengah jam. Kalau ada hp yang sekitar 1,5jt yang kurang panasnya di pakai untuk browsing apa ya ko rekomendasinya trims.

    1. Pak Leos,

      He… he… Asus. Nggak heran deh. Apalagi, Zenfone C pakai prosesor Intel. Lain kali sebaiknya Anda tidak membeli ponsel dan tablet merek Asus deh.

      Sekitar Rp 1,5 juta ada Xiaomi Redmi 1S. Bodi kadang agak hangat sih. namun, tidak sampai panas.

  17. Iya ko aku juga pernah pakai xiaomi yang aku beli flash sale tgl 16 september kemudian rusak dan di ganti baru. Selain xiaomi ko ada yang lain ngak? Antara lg l40 atau xperia e1 bagus ngak. Trims

    1. Pak Leos,

      Saya belum pernah mencoba LG L40. Kalau Xperia E1 dual pernah coba. Ponsel itu lumayan, tetapi tidak semantap Redmi 1S.

  18. Pak kalo misal saya mau custom pin BBM dr device yg satunya bs?? Krn hape untuk kerja tp mau ganti hape biar RAM lbh tinggi. Tp pin gak mau berubah (krn customer udah tau smua) bisa gak ya pak?? Mohon bantu jwbannya. Thx

    1. Bu Livia Natalia,

      Apakah maksudnya sekarang Anda membuat custom PIN BBM di ponsel Android A, lalu dalam waktu dekat akan berganti ke ponsel Android B? Kalau iya, custom PIN BBM Anda tetap akan terbawa kok. Syaratnya hanya satu: Anda menggunakan BlackBerry ID (BBID) yang sama.

    1. Pak Leos,

      Oh di situsnya tho. Saya pikir Anda melihat demo unit ponsel itu di salah satu gerai Erafone. Saya sudah ingin langsung meluncur ke sana buat towel-towel. 🙂

  19. Bukan pak.. Di Android A blm custom pin (pin bawaan) Tp mau ganti android B dulu lalu mau custom pin (pin bawaan yg di android A). Bisa ya?? Mohon pencerahan ya pak. Trimakasih

    1. Bu Livia Natalia,

      Oh mau begitu. Jawabannya: bisa. Syaratnya, BlackBerry ID yang digunakan untuk login BBM di Android sama.

  20. Nanya yah pak

    Sy pengguna bbm di ios, pingin custom pin bbm juga tapi maklum deh ios kudu credit card dan gak punya pun????, jd sy mau pindah bbm nya ke android
    Nah setelah sy subscribe di android trus sy pindah ke ios lagi, ngikut gak custom pin nya? Thx

  21. Pak.. Yang keluar saat saya tekan “lewat Play store”.hmm apa gitu. Dan yang keluar pilihan Kartu kredit,Tukar. Kira kira pilih yang mana? Kalau kartu kredit saya tidak punya 😀 .hehehe

  22. Pagi pak, mau tanya ni..
    Kalau soal ganti simcard(nomor hp), apakah bakal ngaruh sama proses langganan custom pin bbm?
    Masalahnya pembayaran saat mau bikin pin custom menggunakan pulsa.
    Takutnya, pas sudah ganti nomer, malah langganan terhenti.
    Thx sebelumnya.

    1. Pak Elvian,

      Asalkan BlackBerry ID yang dipakai sama, Anda boleh berganti kartu SIM kok. Custom PIN BBM tetap bisa digunakan. Namun, pastikan saat perpanjangan, metode pembayaran yang dipilih tetap bisa dijalankan ya.

  23. Kalau smartphone dan tablet Asus nggak masuk rekomendasi ko Herry. Bagaimana dengan laptopnya?! Karena baru beberapa minggu ini saya membelinya.

  24. permisi pak,,,
    mo tanya.

    katakanlah kita udah bayar dan udah dapat pin custom, bulan ke 2 dan ketiga lancar pembayaran (auto debet pulsa kan ya).
    lalu pada bulan ke 4, telat isi pulsa,,, berarti g bisa auto debet kan ya,,,
    lalu apa yang terjadi dengan pin custom tersebut?

    apakah langsung hilang, atau bagaimana ya?
    mgkin pernah nyoba gitu,,,

    hehehe, makasih atas informasinya,,,

    1. Pak Kang Abet,

      Tidak langsung hilang dalam arti bisa diaktifkan lagi setelah Anda membelinya lagi. Namun, bila dibiarkan saja, saya yakin suatu saat akan hilang. Berapa lama? Nah… itu yang tidak saya ketahui.

  25. Maaf pak pake indosat kok ga bisa ya ?
    Ini bayar pulsanya 10rb
    Tulisanya “user has insufficient credit” itu kenapa ya?
    Apa ga bisa pake m3? Atau harus ganti kartu?
    Mohon bantuannya
    THANKSSS

    1. Pak Khubaib Al Ady,

      Sisa pulsa Anda tidak cukup tuh. Biaya yang dikenakan kan USD 1,99 per bulan. Dengan kurs saat ini, berarti sekitar Rp 27 ribu.

      Btw, lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Bukan seperti sekarang yang mencapai tiga kali. Dua yang lain sudah saya hapus.

  26. Pulsa indoaat saya ada 33rb tetapi setiap membuat pin baru plsa tidak tercukupi terus..trus plsa di indosat harus brapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *