Memahami Aturan Garansi Ponsel

Saat membeli ponsel yang beredar resmi di Indonesia, konsumen akan mendapatkan garansi. Seandainya ponsel rusak saat masih dalam masa garansi, konsumen dapat mengajukan klaim. Sederhana dan mudah dimengerti? Sepintas begitu. Namun, praktiknya ternyata belum tentu demikian.

Percaya atau tidak, sampai saat ini sebagian konsumen masih belum memahami aturan garansi. Penulis alias HSW rutin menemukannya. Sebagian di antara mereka kebetulan pernah berkonsultasi. Padahal, konsumen itu berada di kota besar, tidak buta internet, dan memakai ponsel berharga jual mahal.

Kini saatnya Anda lebih memahami beragam hal yang berhubungan dengan garansi ponsel. Berikutnya, tularkan pengetahuan itu kepada orang-orang di sekitar Anda. Mau? Ayo kita mulai!

Biasanya setahun. Masa garansi resmi ponsel biasanya berlaku selama 12 bulan alias setahun. Selama rentang waktu tersebut, segala kerusakan yang timbul bukan karena kesalahan pengguna dapat digaransikan. Pengguna tidak perlu membayar sama sekali. Biaya pemeriksaan, perbaikan, dan—bila diperlukan—penggantian suku cadang seluruhnya digratiskan. Perlu diketahui, garansi tidak berlaku untuk kerusakan kosmetik. Misalnya, warna casing pudar dan permukaan tombol mengelupas.

Sebagian ponsel memiliki masa garansi lebih dari satu tahun. Ada yang dua tahun, ada pula yang tiga tahun. Klausul garansi yang berlaku seringkali dibuat berbeda. Pada satu tahun pertama, konsumen dibebaskan dari biaya atas jasa perbaikan dan penggantian suku cadang. Sedangkan pada tahun kedua dan—jika ada—tahun ketiga, yang digratiskan hanya biaya perbaikan. Kalau diperlukan penggantian komponen, konsumen diharuskan membayar.

Meskipun sepintas terlihat agak setengah hati, garansi yang lebih lama dari setahun itu tetap lebih menarik. Sebab, biaya jasa perbaikan kadang tidak murah lho. Bisa lebih dari Rp 100 ribu per transaksi.

Bukan satu kali pakai. Poin ini yang paling sering disalahartikan oleh konsumen. Anggaplah Anda membeli satu ponsel baru dan bergaransi resmi. Dua bulan kemudian ponsel rusak dan Anda membawanya ke pusat perbaikan resmi. Setelah ponsel tuntas diperbaiki, sebagian konsumen menganggap garansi resmi sudah habis. “Lha jatahnya kan sudah saya pakai,” kata konsumen yang salah paham itu.

Aturan garansi yang benar bukan seperti itu. Garansi resmi tidak menganut prinsip satu kali pakai, lalu tak bisa digunakan lagi. Garansi resmi itu ibarat kunjungan sepuasnya ke pusat perbaikan resmi. He… he… he… penulis tahu Anda tentu tidak mengharapkan ponsel Anda bermasalah. Namun, seandainya hal itu kebetulan terjadi berkali-kali selama masa garansi, berkali-kali pula Anda boleh mampir ke pusat perbaikan resmi. Mudahnya, silakan servis sepuasnya deh.

Dapat dinyatakan hangus. Garansi resmi bisa dianggap hangus bila kerusakan ponsel terjadi akibat hal-hal yang lazim dianggap sebagai kesalahan pengguna (misuse). Misalnya, layar pecah karena ponsel terjatuh dan bodi retak.

Normalnya gratis. Ini masih berhubungan dengan satu poin di atas. Selama masa garansi, segala jenis perbaikan dan penggantian suku cadang normalnya gratis. Pengguna sama sekali tak perlu membayar. Namun, bila kerusakan itu terjadi akibat kesalahan pengguna sehingga garansi dinyatakan hangus, pengguna akan dikenakan biaya perbaikan dan penggantian suku cadang.

Praktik tak selalu sesuai dengan yang tertulis. Silakan mengambil kartu garansi ponsel yang Anda miliki. Di sebagian kartu garansi, tertulis bahwa garansi ponsel hanya berlaku untuk pemilik pertama. Agar garansi dinyatakan sah, kartu garansi juga wajib dikirimkan ke alamat tertentu.

Bila Anda tidak memenuhi kriteria di atas, tak usah panik dulu. Teori tidak selalu sama dengan kenyataan kok. Meskipun Anda adalah pemilik kedua, ketiga, bahkan keempat dari suatu ponsel, Anda tetap berhak mendapatkan garansi. Demikian pula bila kartu garansi tidak Anda kirimkan ke alamat yang tercantum di kartu garansi.

661 thoughts to “Memahami Aturan Garansi Ponsel”

    1. Pak Trayan Tanggana,

      Ada dua alasan:
      * Penjual nggak mau repot.
      * Toko paham kalau ponsel itu belum tentu dipakai sampai rusak oleh pembeli.

      Kalau Anda meminta kartu garansi diisikan sekalian, penjaga toko biasanya akan dengan senang hati membantu mengisikan kok.

        1. Mas saya mau tanya kan hp saya ken phone r7 lcd dalemnya rusak karna tidak sengaja jatuh dari jaket saat naik motor sedangkan bsru dipakai 2 bulai kira kira garansinya bisa dipakai tidak y ? Sekian terima kasih

          1. Gan hp saya samsung beli second.lcd nya kedip2 khas amoled cuma hp nya kalo gak salah udah setahun lebih.apa masih garansi

    2. Hari ini Selasa 8-11-2016 jam 8:30 Witeng..sy menerima telpon dari toko ponsel LA Sangatta Kaltim memberitahu bahwa hp yg sy titipkan selama sebulan lebih utk di service (garansi) karena kamera depannya rusak di kembali kan dari LA karena kemasukan bahan cair (menurut temuan mereka)..kataNya garansi tdk menanggung hp rusak karena kemasukan sat cair..pertanyaannya apakah betul aturan garansi seperti itu..?? Mohon pencerahannya bro..

      1. Pak Herman Minggu,

        Ponsel yang rusak karena terkena cairan memang tak bisa diklaimkan garansi. Boleh tahu ponsel yang rusak merek dan tipe apa? Apakah bergaransi resmi?

    3. gan,

      saya mau tanya. saya baru beli hp lenovo k4 note. sewaktu mau tidur jam 2 pagi saya cas dlm keadaan mati, kemudian saya terbangun jam 5 paginya. saya nyalakan hp nya. akan tetapi ketika nyala hp saya layar lcdnya warna putih garis2 dan kadang2 brubah warna putih blank. apakah bisa digunakan garansi yang ada dari TAM di hp lenovo k4 note saya itu. trus apakah bs ganti unit atau diganti lcd oleh pihak TAM nya.

      thanks

    4. Hp saya iphone 6 tapi touchscreen nya tidak bisa di gerakan kadang-kadang kepencet sendiri
      Saya beli hp itu belum ada sebulan saya ke tokonya pemilik tokonya bilang kalo touchscreen itu tidak termasuk garansi
      Apa benar kalo touchscreen tidak termasul garansi?

      1. Pak/Bu Ocaa,

        Layar sentuh seharusnya termasuk dalam jaminan garansi. Ehmm… iPhone 6 yang Anda beli bergaransi resmi atau tidak? Jangan-jangan bukan bergaransi resmi, melainkan garansi toko atau distributor independen.

        1. Hallo ko selamat malam, saya mau tanya ko hape asus zenfone 3 max saya gatau knp tiba” tidak bisa disentuh touchscreennya padahal tidak terkena air atau apa, itu termasuk bisa di claim garansi atau tdk ya ko? Terus kalau nota pembelian hilang apakah tetap bisa di claim garansikan?
          Terimakasih ko.

          1. Pak Rio Herdiyanto,

            Bawa saja ke pusat perbaikan resmi. Asalkan saat dicek tidak ada tanda-tanda pernah terkena air, bisa klaim garansi kok.

            Bisa, dengan cara mengaku kalau ponsel itu Anda dapatkan sebagai barang hadiah. Misalnya, hadiah ulang tahun.

    5. TDK MASALAH MBAK YANG PENTING ADA BON PEMBELIANNYA JADI BISA DICEK TGL PEMBELIAN DARI BON. MULAI TGL ITULAH GARANSI BERLAKU

  1. Menarik Pak, lantas bagaimana ‘perhitungan’nya bilamana ponsel bergaransi resmi tsb dibeli via online? Apakah dimulai ketika kita mulai pelunasan atau ketika ponsel sudah diterima? Kebetulan baru kali ini saya beli ponsel via online, terima kasih.

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Normalnya garansi resmi dihitung berdasarkan tanggal pembelian yang tercantum di nota pembelian. Namun, kalau yang Anda beli adalah ponsel stok lama banget, masa garansi resmi mengikuti yang tercatat di database pusat perbaikan resmi.

      Contoh: kemarin Anda membeli Nokia 103 yang masih berlayar hitam putih. Barang dalam kondisi baru dan kardus masih tersegel. Meskipun demikian, kalau Anda membawanya ke pusat perbaikan resmi, garansi ponsel tersebut akan dinyatakan telah berakhir. Lha 103 itu ponsel keluaran 2012 dan sudah lama berhenti diproduksi.

  2. Dan sampai saat ini xiaomi belum menyertakan kartu garansi untuk produk resmi nya… cuma bawa gawainya saja ke SC nya

    share cerita ya om, dulu di tahun 2012, pernah samsung galaxy mini q gagal update via OTA, kebetulan lagi dinas di medan saat itu, sehingga kelengkapan ga di bawa… lalu ke SC nya samsung,… walau tanpa kartu tetap di layani karena di database mereka kode produksi saya masih masuk dalam tahun garansi (beli awal tahun 2011), pengerjaannya pun tidak sampai satu jam.

    kejadian yang mirip terulang di tahun 2013 akhir, kali ini di samsung galaxy tab 2 (update ke jellybean kl ga salah)… tapi karena kondisi di rumah, jadi saya bawa kartu garansi,… SC palembang malah seperti setengah hati dan bilang kl mau bisa ditinggal dengan estimasi waktu satu minggu…. alhasil saya bawa pulang lagi dan kerjakan sendiri

    entah SOP yang berubah (sudah setahun berlalu) atau memang faktor oknum SC saja

    1. Pak Yuda,

      Xiaomi sempat menyertakan kartu garansi kok. Ada yang hanya ditempelkan di sisi luar kardus, ada pula yang dimasukkan ke dalam. Namun, tanpa kartu garansi pun, petugas di pusat perbaikan resmi sebenarnya bisa mengecek status garansi.

      Untuk Samsung, sampai saat ini layanan pusat perbaikan resminya masih pantas dikategorikan bagus. Namun, dibandingkan beberapa tahun lalu, memang terlihat ada penurunan.

  3. waktu saya beli ponsel di konter ITC, di kartu garansi gak ditulis datanya, atau nama toko tempat saya beli ponsel.. apa saya bisa klaim garansi ketika hp saya rusak?

  4. Saya pernah komen di artikel mi4i, garansi tp ttp ngeluarin duit lebih dr 1jt..jasa bongkarnya klo g salah 80rb, itu mi4i baru instal fb & WA doang,3bln meleduk krn kepanasan..

  5. Ane dulu waktu garansiin Lumia 620 ane di nokia center katanya sekali pakai gitu koh. (sekitar 3 bulan pemakaian dari baru
    Sampe ane ditawarin buat perpanjang garansi dgn bayar 150rban.

    Wah dikibulin dong ane -___-

  6. bung HSW

    apakah produk bergaransi distributor berkwalitas buruk?
    seumpama terjadi kerusakan kemana harus mengklim garansi distributor tersebut?
    trimakasih.

    1. Pak Yoobee,

      Bisa ya, bisa tidak.

      Klaim ke tempat servis yang tercetak di kartu garansi.

      Intinya, kalau tetap akan nekat membeli ponsel bergaransi distributor, Anda harus siap menghadapi kemungkinan berikut ini:
      * Ponsel tak dapat beroperasi optimal karena firmware yang dipakai bukan untuk pasar global.
      * Ponsel tak dapat beroperasi optimal karena ada perbedaan spesifikasi dengan kondisi di Indonesia.
      * Aksesori yang didapatkan bukan orisinal.
      * Anda akan kesulitan melakukan klaim garansi saat ponsel itu mengalami masalah. Ada banyak alasan yang disodorkan untuk menghanguskan garansi.
      * Ini jarang terjadi, tetapi pernah terjadi: mendapatkan ponsel replika alias palsu.

      1. Koh nemu mi3 bergaransi resmi PT GMT (Global Mobile Technology) 1 tahun
        Itu termasuk resmi beneran resmi atau distributor ya koh?

        1. Bu Anita,

          Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

          Tidak resmi. Jangan dibeli.

        2. Sepertinya ponsel Refurbish atau stok ngga laku dr negara lain terus dijual di indonesia.. karena mi3 dan mi4 ngga akan pernah resmi di indo

          Beli ya gpp asal inget2 point diatas aja heehe

  7. pak saya minta masukannya.jadi saya mau beli redmi note 3 32 gb,disini tersedia garansi distributor (bless,dan berindo) atau asus zenfone 2 ram 4 gb dengan garansi tam.sebaiknya ambil yg mna dengan pertimbangan garansi dan spek hp…terima kasih masukannya

    1. Pak Nyoman,

      Waduh… jangan beli ponsel tanpa garansi resmi gitu deh. Ngeri lho membeli produk bergaransi distributor.

      Zenfone 2 juga tidak layak beli.

      Boleh tahu kriteria ponsel yang Anda inginkan seperti apa? Biar saya bisa memberikan rekomendasi.

      1. Ko zenfone 2 ga layak di beli kenapa pak,saya bukan fanboy pak,cm user zen 2 aja cm kecewa aja bpk blng zen 2 ga layak di beli mksd nya apa yach pak,mhn pencerehan nya….mkasih

        1. Pak Tomo,

          Performa kameranya jauh lebih buruk daripada yang digembar-gemborkan. Bodinya relatif mudah panas, meskipun memang tak separah Zenfone generasi pertama.

  8. Tambahan nih Pak. Kadang ada yang mengcover aksesoris dengan masa garansi yang sama dengan devicenya, ada yang mengcover aksesoris dengan tenggang waktu yang lebih singkat daripada device’nya (misal 6 bulan) dan ada yang tidak mengcover aksesoris dalam garansi yang diberikan. Aksesoris yang dicover juga bisa bervariasi tergantung kebijakan dari vendor ponsel.

    1. Pak Roti Goreng,

      Terima kasih atas tambahannya. Btw, merek apa yang masa garansi aksesorinya sama dengan masa garansi ponsel ya, Pak?

  9. Aturan garansi paling “menjebak” yang pernah saya tahu adalah brand Himax. Dulu dalam promonya selalu tertulis dengan jelas “satu-satunya yang berani garansi tukar baru selama 3 bulan”.
    Ponsel teman saya Himax Polimer Li mengalami masalah di bulan ke 4, dengan asumsi masih ada garansi maka dibawalah ke SC. Sampai SC langsung kena biaya yang tidak masuk akal untuk sebuah harga sparepart + biaya service.
    Ketika kami mendebat bahwa ponsel teman saya masih garansi karena baru 4 bulan alias belum lewat 1 tahun, ternyata pihak SC membuat pernyataan yang mengejutkan, bahwa garansi Himax memang hanya 3 bulan replace, dan pihak SC mempersilahkan untuk mengecek di website Himax soal ketentuan garansi.
    Saat saya cek webaite, memang tidak ada 1 pun tulisan yg menyatakan Himax menggaransi 1 tahun (walaupun itu cuma Service & Sparepart saja), yang ada adalah tulisan “Garansi 3 bulan ganti baru”.
    Itu Himax dulu, entah sekarang, yg saya baca di forum kaskus sih sangat parah, hampir semua keluhan dianggap void.

      1. Soal hampir semua klaim dianggap void, serta proses klaim ribet dan waktu service yang lama, saya sih tidak terlalu terkejut karena itu “khas” dari brand / distributor lokal.
        Yang jujur bikin saya terkejut ya itu tadi, garansi replace 3 bulan dan ternyata cuma itu garansinya. Dalam pandangan saya dan teman2 saya (dan mungkin juga pembeli himax lainnya), garansinya standar 1 tahun dengan garansi replace 3 bulan pertama, ternyata tidak ada yang namanya garansi 1 tahun service & sparepart, garansinya ya cuma 3 bulan itu saja.
        Ini bisa menjadi info buat HSW, atau mungkin HSW mau mencari info buat garansi “3 bulan” ini.

  10. xixixi saya termasuk yang sering cuek pak, bahkan misal kartu garansinya sudah disimpan pas ada masalah kadang akhirnya beli baru produknya bukan menserviskan (untuk barang lain).
    Btw saya baru tau kalo arti garansi bisa berkali2, bukan satu kali.
    Matur sembah suwun untuk informasinya.

  11. Koh. Ponsel merk huawei gmana. Kualitas nya n purnaservice nya. Berencana meminang honor 4x.
    Atau ada masukan dan pengalaman teman2. Yg udah pake.
    Trimakasih

    1. Pak Ahmad,

      Kualitas ponselnya sih biasanya minimal lumayan.

      Kalau layanan pusat perbaikan resmi, sampai sekitar dua tahun lalu tergolong jelek. Tahun lalu mereka melakukan kampanye soal layanan prima pusat perbaikan resmi. Namun, saya belum pernah menerima testimoni langsung dari konsumen.

  12. BTW pak, mau menambahkan, soal rooting atau unlock bootloader, beberapa vendor (semisal HTC atau Samsung) akan menghanguskan garansi kalau HP ketahuan di-root atau di-unlock bootloader. Tapi pada prakteknya, kalau HP dikirim dalam keadaan bricked/mati total, terkadang garansi masih bisa diklaim karena status “root” tidak bisa dicek. Beberapa vendor lain (seperti ZTE, Axioo) tidak menghanguskan garansi, malah dulu saya pernah menemukan HP ZTE yang sudah ada aplikasi Superuser-nya begitu keluar dari dus.

  13. Saya malah pernah mengalami, service tanpa ditanya kartu garansi sama sekali, dan ada suku cadangnya yg rusak langsung diganti. Puas dengan pelayanan seperti itu, sebab kartu garansi kan tidak dibawa, kalau ada kerusakan dan kita sedang di luar kota bisa langsung diservice di kota tsb.

    1. Bu Layla,

      Anda jangan rancu dengan garansi distributor dan garansi resmi ya. Di Indonesia, yang dibilang garansi distributor itu biasanya bukan bergaransi resmi.

      Infinix yang beredar di Indonesia sejauh ini pasti bergaransi resmi.
      Xiaomi yang beredar di sini ada yang bergaransi resmi, ada pula yang tanpa garansi resmi (garansi distributor).
      Alcatel biasanya bergaransi resmi.
      Mizu? Wah, merek baru ya. Saya baru tahu ada merek itu.

  14. siiip
    terimakasih pencerahannya mas Herry, semoga banyak membantu pemakai ponsel (dan barang elektronik yang lain)

    salam, ekosusila

  15. Pantas saja koh, teman saya kebetulan HPnya jatuh saat hujan sampai berembun cukup banyak di bagian dalam. Dibawalah ponsel tersebut ke SC keesokan harinya, dan mbak2 nan manis berkata “Nggak bisa digaransikan mbak, malah karena jatuh garansi untuk ponsel ini hangus untuk seterusnya, kalau mau tetap servis bisa tapi semuanya tidak ditanggung oleh garansi”

    Saya baca tulisan koh HSW sekarang jadi paham, deh ternyata memang bisa hangus. Sebagai masyarakat awam memang taunya simple “Garansi setahun, kalau ada apa-apa masih garansi” hehehe

    Ngomong2 koh, sedikit OOT, saya penasaran sekali, dan jadi memberanikan diri untuk kepo, kalau koh herry lagi review ponsel, dapet darimana koh ponselnya? Beli semua? Kalau udah beres diapain koh itu ponsel yang udah ke review?

    Dan dari semua ponsel yang dipake koh Herry, ponsel apa yang dipake sama koh Herry sekarang? Atau ganti2 terus? hahaha

    1. Bu Anita,

      Tidak semuanya saya beli karena tabungan saya bisa terkuras. Entahlah kalau suatu saat saya memiliki kantong Doraemon. 🙂

      Sumber ponsel yang saya uji pakai bermacam-macam:
      1. Beli sendiri. Biasanya saya membeli lewat pre-order resmi karena ada promo ini itu.
      2. Pinjam. Entah meminjam teman, toko, distributor, atau produsen.
      3. Diberi.

      Kalau sudah selesai di-review dan ponsel itu berstatus milik pribadi, biasanya dijual. Di rumah disisakan 2-3 unit saja.

      Ponsel apa yang sekarang saya pakai? Wah, ganti-ganti terus. Ponsel yang sedang diuji pakai biasanya dijadikan ponsel utama.

  16. Pakh Herry maaf OOT,
    Apakah setiap update firmware pertaruhannya adalah ponsel itu sendiri? Maksudnya, ketika mesin tidak kuat, apakah lantas dapat membuat ponsel tersebut mati total? Teman saya mengalami hal seperti itu ketika mau upgrade xiaomi nya ke miui 7.1 pak. Jika benar demikian berarti besar juga ya resiko nya update firmware 🙁

    1. Pak Lukman,

      Tidak. Kalau saat dicek di ponsel dibilang ada update firmware, berarti update-an itu diyakini sesuai dengan ponsel.

      Lain halnya kalau di ponsel dibilang tak ada update firmware, kemudian Anda cari-cari update-an sendiri di internet.

  17. pagi pak HSW
    hmm.. baca artikel bpk ttg garansi saya jadi mikir 2x mau beli LG L1 II E420 DUAL yg lagi sale di konter hp di kampung saya. konter tsb sedang sale semua produk LG DAN NOKIA. LG G3 Stylus cuma 2 juta pak., dan LG G4 Stylus diskon jadi 2.3juta.

    Kembali ke laptop. saya sebenernya pengen bgt beli LG L1 II E420 tsb pak (500rb) tapi jadi ragu, khawatir klo ada masalah jadi ribet dan mahal servisnya.
    Bgaimana mnrut bpk?

    1. Pak Eko,

      Status garansi LG L1 II kemungkinan sudah “berulang tahun” alias telah habis. Kalau G3 Stylus dan G4 Stylus sih masih aman.

      Kalau ragu, ya jangan beli. Apalagi, spesifikasi L1 II untuk ukuran saat ini sudah ketinggalan banget lho.

  18. satu pertanyaan lg yg dari dulu bikin saya penasaran, soal servis center nokia sebentulnya milik nokia atau microsoft?

    kalau produk microsoft lumia rusak harus dibawa kemana?

    lalu menurut kabar berita, nokia akan memproduksi ponsel lagi di 2016 ini, jika produk nokia mulai dijual apakah servis centernya menggunakan servis center yg sekarang?

    1. Pak GM,

      Kondisi saat ini, pusat perbaikan resmi ponsel Nokia maupun Microsoft ditangani oleh Microsoft Mobile.

      Iya, Nokia Finlandia dikabarkan akan masuk ke bisnis ponsel lagi. Seandainya kelak benar terwujud dan beredar resmi di Indonesia, service center-nya pasti beda dengan yang sekarang.

  19. Sielamat Siang Pak Herry

    Mengenai garansi, kalo harus memilih dalam membeli hape, merk apa yang banyak service centernya ya untuk di Indonesia? dan menurut pengalaman pak herry merk apa ya yang paling bagus dalam urusan klaim garansi. Karena takutnya kalau beli hape tapi ternyata setelah rusak tidak tempat untuk memperbaikinya.

    1. Pak Kusairi,

      Kalau jumlah pusat perbaikan resmi, saya tak hafal.

      Untuk layanan terbaik, juara I LG, disusul Samsung dan Acer.

  20. Dear Pak Herry,

    Pak, andaikan saya beli LG G4 di bulan Desember tahun ini (menunggu bonus dan THR natalan, siapatahu juga sudah turun diangka Rp 4 juta ?), apakah saya masih bisa mendapatkan garansi resmi LG? Yang saya tangkap dari penjelasan Bapak adalah mendapat garansi resmi tuh kalau masih kurang dari setahun sejak tanggal rilis atau produk tsb masih diproduksi. Begitukah?
    Penjelasan, saran dan masukan berharga Anda sangat saya harapkan.
    Satu lagi biar sekaligus ya Pak, andaikan tidak mendapatkan garansi resmi lagi, lantas apes kata bila dalam pemakaian kurang dari setahun, LG G4 tsb rusak, yang tentu saja murni bukan karena kesalahan selaku pengguna. Apa yang harus saya lakukan?

    Hatur Nuhun Pak.

    1. Pak Vicky,

      Dugaan saya, masih bisa dapat garansi resmi. Namun, kalau harga Rp 4 juta, saya agak ragu.

      Dapat garansi resmi kalau kurang dari setahun sejak tanggal rilis atau masih diproduksi? Tidak sepenuhnya benar. Masih diproduksinya sih benar. Namun, kurang dari setahun sejak tanggal rilis itu yang tidak benar. Biarpun sudah tidak diproduksi dan usia edarnya lebih dari setahun, kalau “lonceng kematian” belum dibunyikan ya garansi resmi masih bisa berlaku. Contohnya, LG G3.

      Andai sudah tidak ada garansi resmi, lalu ponsel rusak, apa yang harus dilakukan? Anda bisa membawanya ke pusat perbaikan resmi atau ke tempat servis biasa. Keduanya sama-sama berbayar.

  21. Kepada Mas Herry SW
    Mau nanya nih saya mahasiswa dan butuh hp :
    1. Kamera yang ciamik , karna saya orang yg suka travelling
    2. Saya sering menggunakan media sosial Instagram, Line, BBM, Whatsapp, dan game Clash Of Clans
    3. Karna mahasiswa saya juga sering menggunakan aplikasi pendukung seperti ( Excel , pdf dan word ) di hp saya
    Aplikasi2 di atas lumayan berat ya pak jadi saya butuh ram dan prosesor yang lumayan untuk menjalankan itu semua
    4. Batrai cukup untuk seharian
    Lirik Oppo r7s harga 4,99 jt , tp prosessor nya harga hp 2 jutaan , lirik iphone 5s tapi untuk claim garansi sulit.
    Lebih prefer ke brand besar seperti samsung
    Budget saya 5-6 jutaan menurut pak herry hp apa ya yang baik untuk keseharian saya (brand samsung ) dan selain samsung ?
    Makasih sebelumnya , dan kasih alasan ya pak maaf merepotkan.:)

    1. Pak Alfy Resta Bachtiar,

      Jangan membeli ponsel Oppo deh. Buang jauh-jauh rencana membeli merek itu.

      Wah, kriteria yang Anda sebutkan berat banget. Idealnya Anda memakai ponsel dengan RAM 3 GB dan baterai berkapasitas besar. Masalahnya, Anda juga mencari yang kameranya ciamik. Nggak ada deh.

      Anda mau tak mau harus memilih:
      * Kamera ciamik, tetapi baterai kurang awet, atau
      * baterai awet, tetapi kameranya kurang ciamik.

      Nah, Anda pilih yang mana dulu?

  22. Salam kenal Om Herry. Saya merasa tertarik dengan tulisan bapak,baik mengenai review gawai maupun mengamati perkembangan yang selular di Indonesia. Mungkin sedikit keluar dari topik,kalau saya amati di perkembangan smartphone sekarang beberapa vendor menurut saya terkesan ‘pelit’ dalam memberi kapasitas baterai. Apalagi smartphone sekarang terkenal spesifikasi mumpuni dan juga sudah dual sim. Contohnya Hisense PureShot (kapasitas baterai 2200 mAh,Asus Laser 2070 mAh). Kalau menurut om Herry bagaimana?apakah sepadan antara spesifikasi dengan daya tahan baterai yang ada?

    1. Pak Azis,

      Tadi pagi rasanya saya sudah menjawab pertanyaan serupa. Silakan membaca jawaban saya di tempat Anda mengetikkan pertanyaan pertama.

      Btw, pertanyaan yang sama lain kali tolong dikirimkan satu kali saja ya. Jangan dobel-dobel.

  23. Kepada Mas Herry SW
    Mau nanya nih saya mahasiswa dan butuh hp :
    1. Kamera yang ciamik , karna saya orang yg suka travelling
    2. Saya sering menggunakan media sosial Instagram, Line, BBM, Whatsapp, dan game Clash Of Clans
    3. Karna mahasiswa saya juga sering menggunakan aplikasi pendukung seperti ( Excel , pdf dan word ) di hp saya
    Aplikasi2 di atas lumayan berat ya pak jadi saya butuh ram dan prosesor yang lumayan untuk menjalankan itu semua
    4. Batrai cukup untuk seharian
    Lirik Oppo r7s harga 4,99 jt , tp prosessor nya harga hp 2 jutaan , lirik iphone 5s tapi untuk claim garansi sulit.
    Lebih prefer ke brand besar seperti samsung
    Budget saya 5-6 jutaan menurut pak herry hp apa ya yang baik untuk keseharian saya (brand samsung ) dan selain samsung ?
    Makasih sebelumnya , dan kasih alasan ya pak maaf merepotkan.:)

    1. Pak Alfy Resta Bachtiar,

      Pertanyaan yang sama tolong dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel seperti sekarang.

      Jawaban telah saya ketikkan di bawah pertanyaan pertama Anda.

  24. Mas Herry SW
    Yaudah tak apa batre kurang awet setidaknya ada asupan tambahan powerbank.
    Jadi hp apa mas? Budget 5-6 jt yaa 🙂

    1. Pak Alfy Resta Bachtiar,

      Kalau tak keberatan dengan ponsel bekas, silakan melirik LG G4.

      Kalau harus ponsel baru, Lenovo Vibe Shot.

    1. Pak Faizal Akbar,

      Kalau dual SIM dan hanya 3G, memang ada yang bergaransi resmi. Kalau bisa 4G, pasti tanpa garansi resmi.

  25. Satu lagi pemahaman orang Indonesia: hp premium kalau ada kerusakan harus ganti baru, karena beliau keluar uang banyak servisnya pun harus lebih baik.

    Saya jadi bertanya-tanya uang banyak, pakai smartphone, mahal pula kenapa tidak ngerti bahwa garansi ponsel adalah kerusakan akan diservis/perbaiki bukan hpnya diganti baru!

    Dan tentunya seperti pak HSW sebut diatas, harus tahu bedanya garansi dan asuransi. Hp jatuh jadi matot atau kena air? Garansi tidak laku tapi asuransi bisa membantu. Cuma masalahnya berapa banyak gadget yg kita beli di cover sama asuransi.

    1. Pak Azis,

      Anda dua kali mengirimkan pertanyaan yang sama.

      Yang pertama Anda ketikkan di http://ponselmu.com/daftar-ponsel-ter-2015-versi-hsw/. Saya menjawabnya di sana.

      Satu lagi Anda ketikkan di http://ponselmu.com/memahami-aturan-garansi-ponsel/. Di situ saya tak mau lagi menjawabnya. Saya meresponsnya dengan mengetikkan kalimat:

      “Tadi pagi rasanya saya sudah menjawab pertanyaan serupa. Silakan membaca jawaban saya di tempat Anda mengetikkan pertanyaan pertama. Btw, pertanyaan yang sama lain kali tolong dikirimkan satu kali saja ya. Jangan dobel-dobel.”

  26. Kalo garansi resmi dr SONY itu bisa dikatakan beli hp tanpa garansi. Lah saya pernah nganterin temen cuma update software SONY XPERIA E3 di Xperia Care marina kena biaya 50rb. Padahal bru beli saat itu juga di konter Ap*ll* trus lsg dibawa biar ga ribet klo updt sendiri via pc companion (soalnya hny bisa updt via pc klo Xperia E3)
    Apalagi klo klaim garansi misal ada kerusakan lain, bisa darah tinggi klo urusan sama Xperia Care.

  27. Maaf, oot pak HSW,

    Saya bisa minta rekomendasi smartphone di harga 1,5 hingga 2 jt untuk kado di akhir bulan februari nanti? Kalau bisa yg RAM 2GB / ROM 16 GB. Penggunaan lebih banyak utk sosmed karena yg akan menggunakan hobby nulis (blogger) dan juga aktivis kegiatan sosial yg sering mobile, sehingga daya tahan baterai juga perlu dipertimbangkan. Sebelumnya dia pakai Zenfone C 1/8 namun mengeluh karena lemot dan baterai cepat habis. Saya sudah pernah tanya, katanya dia tertarik dengan smartphone temannya, Xiaomi Redmi Note 2 dgn prosessor Helio X10. Saya di Pekanbaru, Riau, harga smartphone tersebut 1,9 juta, namun masih garansi distributor. Atau apa ada smartphone lain dgn spesifiksi mendekati dgn range harga tsb? Mohon saran dan rekomendasinya pak, terimakasih.

    1. Pak Najih,

      Silakan melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta dan Asus Zenfone 2 Laser – LTE (ZE500KL) Rp 2,099 juta.

    1. Pak Anto,

      Normalnya tak ada aturan tukar unit. Itu bergantung kebijakan masing-masing produsen. Biasanya tidak lebih dari satu kali.

    1. Pak Adi,

      Definisi compact phone versi Anda apa dulu nih?

      Versi saya, ukuran layar kurang dari 5 inci. Silakan melirik Xiaomi Redmi 2 Prime.

        1. Bu Uhty Maesyaroh,

          Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

          Redmi 2 Prime bergaransi resmi di mana-mana sedang kosong nih. Di “Rumah Xiaomi” yang berada di Pondok Indah Mall Jakarta pun stok ponsel itu habis total.

          1. Per hari ini, saya mendapat info dari akun Line milik Erafone kalau Redmi 2 Prime garansi resmi sudah kembali masuk pasar.
            Dan saat saya cek toko langganan saya di Bukalapak, benar bahwa mereka sudah kembali menyediakan Redmi 2 Prime garansi resmi dengan harga Rp. 1.849.000,-, tetapi stok tidak banyak.

            Demikian info yang bisa saya sampaikan bagi pembaca yang sedang mencari Redmi 2 Prime.

  28. Soal garansi ponsel. Saya pernah pakai nokia lumia 620 .pak Herry SW aktu lupa pasword lalu k servis center nokia di benerin tanpa bayar.dimana masa servis masih jalan 6 bulan .padahal itu hp beli seken. Juga waktu punya saudara juga nokia lumia 625 dimana masa servis kurang dari 6 hari habis masa garansi .waktu komplin karena layar lcd tidak respon terhadap sentuhan juga tidak bayar.padahal jadinya hp setelah masa servis habis.

    1. Pak Teguh,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Untuk kasus Lumia 625, ponsel kan dimasukkan saat masa garansi masih berlaku (walaupun kurang dari 6 hari). Jadi, biarpun baru selesai setelah masa garansi habis, ya tetap gratis.

  29. Komen lagi ya Pak Herry..

    Sekedar sharing aja, dari judul ini Saya jadi inget kalo taun lalu kira2 akhir Agustus 2015 handphone kakak Saya Samsung Grand Duos nya bermasalah. HP sering ngrestart sendiri dan selalu keluar tag ‘Aplikasi telah terhenti’. Sudah beberapa kali di utak-atik (di soft restart/restart pabrik) tetep gabisa. Trus dibawa deh ke Samsung center nya, tunggu sebentar kata CS nya hp nya ada troble di sistemnya cuman perlu di software sebentar saja.

    Setelah pulang sampai rumah, benar dugaan Saya, hp nya kembali bermasalah sama seperti sebelum di servis. Nggak pikir lama, Saya sama kakak Saya balik lagi ke service center Samsung dengan menjelaskan permasalahan yg sama kpd cs yang sama pula. Kemudian disuruh menunggu lah kita agak lama karena hp sedang di cek oleh teknisi di dalam. Setelah selesai, benar lagi dugaan Saya, si mbak nya CS bilang katanya ini perlu diganti hardware nya. “Waduh, pasti mahal ya mbak buat ganti hardware”, tanya Saya. Lalu beberapa saat mbak CS tsb ngecek masa garansi nya, dan syukurrlah, ternyata di hari itu adl masa garansi terakhir persis satu tahun dari tanggal pembeliannya. Mbak CS juga menambahkan lagi, katanya, “Ini hp nya masih bisa utk claim garansi, smua biaya servis dan ganti hardware freee alias totally gratisss.!”

    Coba deh kalo misalnya Saya tidak ‘mbalik’ lagi ke SC Samsung nya di sore itu juga (sore2 persis sebelum SC samsung tutup) atau nunggu keesokan harinya buat nyervisin, bisa jadi 600rb musti keluar buat ongkos servisnya. (kata mbak nya sih sekitar 600rb gitu).

    Hikmahnya:
    1. Jgn pernah menunda2 sesuatu, bisa jadi yg skrg adl jatah rejekinya kita.
    2. HP nya kembali normal seperti semula, malah seperti baru lagi. Niatan buat njual gak jadi deh, kkkke.

    Terima kasih SAMSUNG ! ~

    *Maap Koh agak panjang dan luebay* 🙂

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons komentar Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan maupun komentar yang masuk.

      Terima kasih atas sharing-nya. Untung banget ya. Telat sehari bisa bikin kepala pening tuh.

  30. Kebetulan saya pengguna ponsel yang belum pernah berurusan dgn SC/klaim garansi. Pakai sampai rusak sendiri habis garansi/hilang/dijual,, hehe.
    Merek yg dipakai juga selalu berganti dari merk finlandia, korea, taiwan, lokal, jepang, tiongkok.
    Btw, Pa Herry, kenapa tidak coba memasang iklan di blog ini, kan lumayan untuk tambah2 beli gawai yang akan direview,, saya merasa blog Bpk ini sangat bagus dan informatif, saya yakin kalau hanya satu dua iklan, pengunjung tidak akan keberatan, mengingat banyak situs gawai lain yang bahkan sekedar tulis ulang spesifikasi, review alakadarnya/copy paste saja iklannya bejibun.

    1. Pak Dodo Nandito,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Terima kasih atas usulannya soal iklan. Ada dua hal yang membuat saya memutuskan blog ini masih tanpa iklan.

      1. Khawatir mengganggu pembaca.
      2. Saya belum bisa memodifikasi theme blog supaya dapat menampung iklan. 🙂

  31. permisi koh…
    redmi 3 yg garansi resmi, kpn masuk indo ya koh?
    di deket rumah saya ada toko yang jual redmi 3, Rp 2.395.000. pas saya tanya, garansi distributor.

    1. Pak Rohman,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya belum mengetahui jadwal pasti Redmi 3 beredar resmi di sini.

      Iya, di pasar memang sudah ada banyak toko yang menawarkan Redmi 3. Namun, ya pasti tanpa garansi resmi. Saya tidak menyarankan Anda membelinya.

  32. Salam kenal om Herry, saya pembaca setia artikel2 om herry sejak masih menulis di salah satu tabloid jaman dulu. Mau tanya aja, sy mau cari hp dengan budget maksimal 2 juta, dengan layar dan kamera oke, plus RAM minimal 1,5gb. Second nya pun ga masalah.. kira2 ada saran kah?
    Dan kalo second nya Galnote II vs S3 Big, lebih prefer ke mana?
    Terimakasih banyak..

    1. Pak Bennylie,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      S3 Big itu apa ya?

      Dengan kriteria yang Anda sebutkan, saya merekomendasikan Hisense Pureshot. Harga baru Rp 1,999 juta. Ini review-nya http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

  33. Maaf OOT ko herry…
    Orang tua saya pengguna smartfren Andromax C2S (RAM 512)
    kebetulan saat ini ada promo mendapatkan Andromax R (RAM 1G)dengan harga 749.000.
    Karena layar dan RAM Andromax R yang lebih besar saya berniat menggantinya.
    Mungkin Ko Herry belum pernah menguji pakai ponsel tersebut.
    Tapi apakah ko Herry bisa memberikan saran apakah ponsel dengan RAM 1G masih layak beli?
    (kebetulan orang tua saya hanya menggunakan aplikasi pesan instan saja)
    Atau ada bocoran akan ada ponsel keluaran smartfren dengan RAM diatas 1G?
    terima kasih ko…

    1. Pak Andrey,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya belum pernah menguji pakai Andromax R. Beberapa rekan saya yang memakai ponsel itu rata-rata mengeluh Andromax R sering terasa kurang gegas.

      Ponsel dengan RAM 1 GB apakah masih layak beli? Bergantung kebutuhannya dulu deh. Kalau hanya BBM tanpa grup BBM, ponsel dengan grup BBM masih boleh dilirik.

      Smartfren barusan memperkenalkan Andromax R2 dengan RAM 2 GB.

  34. Wah, baca komentar ttg garansi xiaomi diatas saya jadi punya pengharapan nih, kebetulan saya punya hp infinix hot 2 koh herry, tapi saya belinya kondisi 2nd baru seminggu (saya juga belinya diawal2 rilis jd saya percaya kalau pembelian memang br beberapa mggu), nah sayangnya pemilik pertamanya ga menyertakan nota krn dia beli ke penjual yg resell dr hasil beli online (lazada), krn saya awam soal jual beli online saat itu, jadi saya gak terlalu menghiraukan kondisi tanpa nota itu, hgg akhirnya sy merasa butuh nota krn siapa tau kedepannya sy mau jual lg hapenya, apalagi nota bs menaikan harga krn bs jd bukti tgl pembelian, jadilah saya menagih invoicenya (setelah tahu proses jual beli online), nah sayangnya pembeli pertama itu malah bingung krn dia beli dalam kondisi tnp invoice, malah diawal2 dia menyarankan saya pakai akun googlenya dia aja, lah ya kan sulit krn sy kaitkan semua perangkat google ke hp saya (drive, photos,dll), jadilah, krn sy ngeyel jd saya factory reset sejak hapenya ditangan saya. Nah pertanyaan saya, jika kondisi demikian, apakah infinix saya diperlakukan spt xiaomi yg tdk terlalu mementingkan invoice krn bs dilacak? Jujur deh saya bingung aturan klaimnya gmn, krn seumur2 jg ga pernah klaim garansi, bahkan infinix sy juga tdk pernah sakit parah smp perlu masuk bengkel, hehehe. Jadi ini murni untuk amunisi jualan aja, hehehe.

    Oiya, mau tny lagi, sebenernya sy ada keinginan ganti hp di harga sepantaran, sayangnya sy kadung cinta sama performa baterai infinix yang tahan lama dan ga cpt panas, semisal sy ganti hape, kr2 apa y pengganti yg tepat? Maaf pertanyaannya puanjaaang

    1. Bu Diana,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya belum tahu pusat perbaikan resmi Infinix mewajibkan ketersediaan nota pembelian atau tidak. Kalau ternyata wajib, ya Anda bikin nota jadi-jadian saja.

      Hmm… di harga sepantaran dengan Hot 2 (Rp 1,299 juta), belum ada alternatif ponsel lain lagi sih. Kalau Anda bisa menambah anggaran sampai Rp 1,899 juta, ada Infinix Note 2 yang baterainya lebih mantap lagi.

  35. maaf OOT pak Herry..
    Kalau misalnya anda disuruh memilih berbelanja online pilih di Bukalapak atau Tokopedia? Atau mungkin ada yang lebih baik layanannya yang minim kasus yang merugikan konsumen, terima kasih.

    1. Bu Lianxing,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Beli apa dulu nih? Soal keamanan mestinya dua tempat itu relatif setara. Namun, saya lebih suka berbelanja di Tokopedia karena tampilan situsnya terasa lebih nyaman daripada Bukalapak.

  36. Asik nih mau direview Vibe P1 turbo. Penasaran nih sama speksifikasinya apa layak dipinang nih hp? ditunggunya pak. Kira-kira kapan mulai mereviewnya?

    1. Pak Rudi,

      Kabar terakhir kemungkinan batal nih. Mulai bete karena sampai hari ini Vibe P1 Turbo belum datang. Padahal, barang hasil pre-order itu jadwalnya dikirimkan 12 Februari 2016.

  37. Dear Pak HSW

    Saya masih dilanda kebingungan, apakah masih worth it untuk membeli Hp Xiaomi mi4i ?
    Karena banyak beredar tentang keluhan menggunakan Hp Xiaomi mi4i .
    Untuk Claim garansi Xiaomi apakah semudah claim garansi brand ternama ?
    Satu lagi Pak pertanyaan saya, seandainya budget saya kurang dari 3juta, Hp yg lebih baik saya pilih antara Xiaomi mi4i, Xiaomi Redmi 2 Prime atau Samsung Galaxy J5 ?

    Namaste

    1. Pak/Bu Ditamard,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Mi 4i untuk ukuran saat ini sudah tidak menarik. Layanan garansi Xiaomi belum sebagus LG, Samsung, dan Acer.

      Dengan anggaran dan pilihan yang tersedia, lalu dikaitkan dengan kesepadanan antara harga dan kinerja, saya sebenarnya condong ke Redmi 2 Prime. Masalahnya, Redmi 2 Prime bergaransi resmi di mana-mana sedang kosong. Jadi, saya menyarankan Anda sebaiknya membeli Hisense Pureshot saja. Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta.

  38. Maaf OOT koh herry 🙂
    Apakah koh herry akan review salah satu ponsel dari seri Samsung Galaxy A ( 2016 ) ?

    1. Pak Kevin Naufalizar,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya sempat berencana membeli satu unit Galaxy A5 untuk di-review. Namun, harga yang diiklankan di sebuah media cetak nasional ternyata salah tulis. Jadi, saya belum bisa memastikan kelak akan mencoba seri A – 2016 atau tidak. Peluangnya terus terang telah mengecil.

        1. Pak Kevin Naufalizar,

          Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

          Wah, kebalikan dengan saya deh. Waktu melihat harga Galaxy A3 2016, lalu membaca spesifikasinya, saya langsung tidak tertarik. Lha ponsel Rp 3,999 juta kok RAM-nya cuma 1,5 GB.

  39. Dear Pak Herry,

    Walaupun bete karena telat datang barangnya, kelak bila direview, tidak akan mempengaruhi penilaian Pak Herry bukan atas barang ini? Bagus dibilang bagus, jelek dibilang jelek. Sebab karena integritas Pak Herry dalam menilai suatu produk, yg membuat sy setia membaca blog Anda ini. Dan saya yakin, ini menjadi panduan penting bagi para pembaca blog ini dalam memutuskan membeli suatu smartphone.

    Hatur nuhun Pak Herry…

  40. Pak Herry SW yang terhormat,
    kalau hp di oprek softwarenya garansi gugur tidak ya pak?

    Saya penasaran dengan smartphone sekarang yang spek hardwarenya sudah setara notebook kelas bawah (contohnya pros sudah 1,6Ghz 4 inti, ram 4 GB DDR3, dll) berarti sdh dapat menjalankan os windows 7 dg lancar donk.

    Saya berniat ngoprek asus zenfone 2 punyaku, osnya kuganti windows 7, apakah garansinya gugur atau tidak ya?

    1. Bu Lusi,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Mestinya garansi akan gugur.

    1. Pak Willson,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      TAM adalah distributor resmi aneka merek ponsel. Jadi, ya barangnya barang resmi.

  41. Salam Pak Herry, lama ga ketemu lagi nih pak.
    Kebetulan kalo ga salah Sabtu / Minggu kemarin Pak Herry nongkrong di Starb*ck Ciputra World kan ? Saya ga sengaja keliatan bayangan bagaikan Pak Herry tapi saya lagi buru-buru jadi ga sempat mau menyapa. Hehehehe.
    Mau OOT nih pak. LG G3 saya yang RAM 2GB tiba-tiba mati sendiri pak, udah 2 hari ini dicoba nyalain tapi malah restart sendiri berulang-ulang. Muncul lambang LG lalu mati, lalu muncul lambang LG lagi, mati lagi gitu seterusnya selama 2 hari ini. Kemudian iseng-iseng saya coba nyalain sambil saya tancap di powerbank, ternyata bisa nyala normal tapi begitu lepas dari powerbank, langsung mati lagi G3 saya.
    Gejala begini kena apa ya kira-kira pak ? Apa battery nya perlu diganti, kalo iya perkiraan harga battery ori berapa ya ?
    Oh iya sebelum ini juga G3 sudah tidak bergejala “Home is not responding” lagi seperti dulu sejak update firmware Januari 2016 ini, tapi malah sempat sering panas sendiri padahal tidak sedang dipakai, tidak ada background proses samasekali & saya rajin tutup app di task managernya hingga akhirnya harus saya restart agar temperaturnya kembali normal.

    Sebagai bahan referensi aja nih, kalo misal G3 saya harus “tutup usia”, HP mana ya yang lebih bagus antara Asus Zenfone MAX atau Lenovo Vibe P1 ? Saya soalnya prioritas sekarang cari yang battery tahan lama aja daripada spek yang tinggi-tinggi amat, tapi juga yang firmware dan kualitasnya yang bagus juga si.

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Iya, Minggu malam saya di Starbucks CW.

      Kemungkinan paling ringan, baterai G3 Anda perlu diganti baru. Ada dua teman yang mengalami hal serupa. Setelah dibawa ke pusat perbaikan resmi LG dan diperiksa petugas, ponselnya tidak bermasalah. Namun, arus yang dikeluarkan baterai sudah tidak stabil. Solusinya, beli baterai baru. Saya tak ingat harganya. Minggu lalu stok baterai G3 di pusat perbaikan resmi LG Surabaya sedang kosong. Kondisi saat ini saya tidak tahu.

      Kemungkinan terburuk, perlu ganti mainboard. Gratis kalau G3 Anda masih dalam masa garansi. Kalau sudah melewati masa garansi, biaya penggantian Rp 1,8 juta. Menurut saya, mending beli ponsel baru deh.

      Lebih bagus Zenfone Max atau Vibe P1? Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Khusus Vibe P1, yang beredar di sini adalah Vibe P1 Turbo, bukan Vibe P1. Hanya beda di RAM, 3 GB vs 2 GB. Spesifikasi lain sama.

      1. Gak apa pak, saya juga dah baca pengumuman Pak Herry kok di kanan atas blog nya.

        Nah ternyata benar prediksi Pak Herry battery G3 nya yang bermasalah, saya beli di tempat dulu saya beli di LG Center Marina lantai 3 (atau nama toko aslinya Peace Cell) itu dia jual katanya ori sih 300k. Tapi apa benar ya kalo battery ori itu dijualnya tanpa box / packing gitu melainkan cuma dalam plastik bersegel ?

        Wah begitu ya pak. Saya kalo nyari sekarang sih yang penting harga, battery & kamera deh pak. Soalnya HP sekarang saya cuma full chatting, browsing dan yang terbesar makan battery (dan kuota) Fesbuk-an aja jadi butuh battery banyak aja & sebisa mungkin kamera yang bagus setara G3 saya ini minimal yang bisa fokus cepat seperti fitur laserfocus begitu. NAh dari liat GSMarena kok yang muncul di filter dan memikat hati kok Zenfone Max & Vibe Turbo. Tapi keduanya belum sampai di Indo ya ?

        Sekalian tanya pak daripada 2 posting ya, ayah saya mau cari HP qwerty (entah OS Android / BB / apapun) yang paling murah tapi keyboardnya bagus apa ya ? Yang kondisi baru, bukan second cuma untuk telpon SMS, menemani S4 nya. Dia pakai Galaxy Chat tapi keyboardnya katanya ga cocok selama ini. Saya coba cari ev*rcr*ss seri apa gitu, tombolnya “mengenaskan” (bukan mengesankan).
        Lalu terakhir pak, teman saya HPnya sekarang Note 2. Nah Note 2 nya dia tuh dah mulai bermasalah & mau cari HP baru yang ada stylus / S pen gitu. Saya terpikir Note 3 / Note 3 Neo tapi kan dah barang jadul, apa Pak Herry tau ya di mana bisa belinya tapi yang masih kondisi baru & terpercaya ? Jangan yang mahal-mahal pak kayak Note 5, ga ada budget soalnya. Hehehehe.

        Terima kasih, maaf post panjang daripada bertanya berulang-ulang.

        1. Pak Rianto,

          1. Jadi, apakah kini Anda sudah memasangkan baterai baru ke G3 dan terbukti berfungsi normal?

          Saya tak tahu kemasan ritel baterai LG saat ini seperti apa. Kalau mencari baterai, saya selalu membeli di pusat perbaikan resmi. Alasannya, pasti orisinal dan lebih murah daripada di toko ponsel. Terakhir saya membeli baterai orisinal untuk LG A275, harganya cuma Rp 62 ribu. Saya sampai kaget waktu mengetahui harganya. Dari rencana semula membeli satu baterai, akhirnya spontan beli dua deh. 🙂

          Baterai baru yang dibeli di pusat perbaikan resmi LG memang tanpa kemasan. Namun, buat saya tak masalah. Yang saya perlukan kan baterainya, bukan kemasannya.

          2. Lenovo Vibe P1 Turbo bergaransi resmi sudah tersedia di pasar, sedangkan Asus Zenfone Max bergaransi resmi dijadwalkan beredar bulan depan. Kalau Zenfone Max tanpa garansi resmi sejak sekitar 10 hari lalu sudah mulai muncul.

          3. Soal ponsel qwerty, nah… ini yang sulit. BlackBerry Classic Q20 sebenarnya cukup nyaman. Namun, mengingat harga jualnya tidak bisa dikatakan murah, rasanya sayang banget kalau hanya dipakai untuk telepon.

          4. Ini maksudnya Note 2-nya Samsung kan? Kalau perlu stylus, ya ujung-ujungnya cari seri Galaxy Note lagi deh. Note 3 dan Note 3 Neo baru rasanya sudah sulit sekali ditemukan. Bagaimana kalau Note 4? Harganya kan pasti di bawah Note 5.

          1. Maaf baru sempat balas, pak.

            1. Iya saya takutnya kalo tanpa packing itu bukan battery ori gitu, mungkin battery KW atau gimana yang bukan asli dari produsennya.

            2. Apa Vibe P1 Turbo & Zenfone Max pak Herry ada rencana untuk mereview ya ? Kalo ada mohon request dikasih keterangan available RAM waktu baru buka dari box serta lifetime battery & durasi charge nya ya pak.

            3. Nah ya itu pak, saya juga bingung ini. Atau Pak Herry mungkin bisa memberi tips cara mengetahui HP blackberry misalnya yang benar-benar asli baru dan yang disegel ulang ?

            4. Note 4 kena berapa ya pak ? Battery nya dibanding note 3 / note 3 neo gimana juga ya ? Nyari barang di mana pak yang terpercaya gitu ? Entah toko di Surabaya sini atau mungkin Pak Herry ada kenalan toko online gitu.

            Terima kasih.

            4.

          2. Pak Rianto,

            1. Kalau belinya di pusat perbaikan resmi, pasti orisinal deh.

            2. Ya. Vibe P1 Turbo sedang dalam masa uji pakai. Kalau Zenfone Max kan memang belum muncul yang bergaransi resmi.

            3. Kalau belinya bergaransi resmi dan di toko tepercaya sih pasti baru deh.

            4. Saya tidak update dengan harga detail Note 4. Masih Rp 6 jutaan deh.

  42. Dear Pak HSW

    Saya Dita,
    saya masih mengalami kegundahan, apakah masih worth it untuk membeli Ponsel Xiaomi Mi4i ?
    Sedangkan banyak review negatif mengernai kerusakan dan kendala lain dalam mengoperasikan Ponsel tersebut.
    Saya mempunyai budget kurang dari 3juta, menurut bapak Ponsel yang lebih baik saya pilih antara Xiaomi mi4i, Samsung Galaxy J5, Samsung Galaxy J7, Ataukah Xiaomi Redmi 2 Prime ?
    Nuhun Pak

    1. Pak/Bu Ditamard,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Hmm… rasanya saya sudah pernah menjawab pertanyaan senada. Namun, saya tak ingat siapa pengirimnya.

      Mi 4i untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik. Di antara pilihan yang Anda sebutkan, saya lebih condong ke Redmi 2 Prime. Alternatif lain Hisense Pureshot yang harga barunya Rp 1,999 juta.

  43. pak Herry, saat ini saya memakai samsung ace 3. Yang aku instal adobe pdf, uc mini browser, wa, bbm, qq player. Yang mau ditanyakan, saat ini ada 38 pemberitahuan update yang tidak biaa saya update krn kehabisan memori. Solusinya apa pak Herry?
    Suwun.

    1. Bu Anna,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Yang Anda alami termasuk wajar.

      Solusinya:
      1. Hapuslah aplikasi yang tidak diperlukan. UC Browser itu lebih baik dihapus deh.
      2. Ganti ponsel lain yang spesifikasinya lebih tinggi. Pesan saya, ayo coba merek lain. Jangan Samsung terus.

    1. Pak Dhan,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Sabar dulu ya. Antre. 🙂

  44. Permisi pak Herry SW
    Saya mw tanya ciri” dari iphone 6 garansi internasional apa aj ya?

    Sama kira” beli iphone garansi internasional (singapore) di Indonesia di jamin asli atau ga ya? Toko nya bilang kalau ada rusak bisa dibantu garansi lewat toko
    Terima kasi pak herry

    1. Pak Indra Putra,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Tidak ada iPhone bergaransi internasional. Itu cuma istilah yang dipopulerkan pedagang biar iPhone yang dijualnya laku.

      Tak ada jaminan.

      Anda kenal dekat dengan penjual nggak? Kalau tidak, mending jangan deh. Khawatirnya itu cuma janji manis saat Anda akan beli.

  45. Sharing sedikit ttg garansi distributor nih,
    kemarin juga saya ada pakai Asus Zenfone 2 ZE500CL, seperti yg kita tau, hp tersebut tdk ada yg bergaransi resmi di Indo,
    Well, teman-teman saya juga ada yg pakai hp tersebut, tapi ga ada yg sesial saya,
    Tepatnya bulan keempat kurang sehari, hp saya freeze, stlh dipaksa matikan malah jadi bootlop,
    dibawa lgsg ke tmpt pembelian esok harinya, dan disuruh tunggu 2 bulan,
    Akhirnya stlh menunggu 1 bulan 28hari, hp tersebut balik ke rumah, tpi baru 10 hari pakai, hp tersebut freeze ketika akan dibuka bluetooth, bljr dari kesalahan lama, saya ga berani paksa matikan hp tersebut, didiamkan sampai mati (batere habis),
    setelah itu di cas, untunglah masih selamat, tapi setelah di cas, 2 hari kemudian lgsg jual..
    Well, memang bener sekali kata pak Herry, garansi distributor itu bahaya banget,
    sekarang saya gantung pake hp cross a7s yang ram nya 512mb,
    rencana mau beli xiaomi redmi 3,
    tapi nunggu yang resmi dulu, lagi-lagi karena belajar dari kesalahan yang lama.
    hehehehe..

  46. Maaf oot nih pak herry. Sekarang kan udah keluar tuh andromax r2. Dengan spek yang 11-12 dengan hisense pureshot namun dengan harga yang lebih murah plus dukungan usb otg. Berminatkah bapak untuk mereviewnya? Kalau bisa sekalian bikin artikel head to head dengan hisense pureshot pak hehe

      1. Oke pak ditunggu reviewnya. Oya, denger2 bapak mau review p1 turbo nya lenovo ya? Saya mau nanya nih. Chipset yg digunakan p1 turbo snapdragon 615 atau 616 ya? Terus apakah menggunakan dualsim hybrid atau benar2 dual sim? Soalnya saya lagi galau antara mau beli zenfone selfie atau p1 turbo. Dan apa p1 turbo mendukung sensor gyro?

        1. Pak Ahmad Ali Subagjo,

          Awalnya saya memang berencana me-review Vibe P1 Turbo. Saya malahan sudah melakukan pre-order. Namun, karena pengiriman terlambat, hasrat saya mencoba ponsel itu mulai berkurang nih.

          Kalau mengacu kepada lembaran spesifikasi sih Snapdragon 615.

          Pertanyaan Anda berikutnya belum bisa saya jawab. Sebab, saya belum mencobanya.

          1. Ayo dong paak direview P1 Turbo nya. Saya penasaran banget sama ketahanan baterai 5.000 mAh nya

  47. Pagi pak Herry, maaf OOT, Saya mau minta saran, saya punya budget dibawah 2.500.000, dengan kebutuhan smartphone min. RAM 2 GB, Kamera apik, dan masa pemakaian yang bisa awet, kira kira smartphone apa yang cocok ya? Terimakasih pak

  48. share pengalaman dikit ko. siapa tau bermanfaat.
    sekitar bulan oktober 2015 saya ke bandung buat praktek disalah satu RS. tiba tiba samsung tab saya mendadak mati ga jelas. saya kemudian mmbawa tab tsb ke samsung disalah satu mall di bandung tanpa bawa kartu garansinya krn ada di makassar. cuman bayar 50rb, nunggu 30 menitan tab saya kembali hidup kembali.
    sebulan kemudian akhir november di makassar, giliran samsung galaxy saya yang rusak. saya kemudian membawa samsung galaxy yang rusak tersebut beserta kartu garansi dan dos dosnya sekalian ke samsung. tapi sesampainya disana malah disuruh simpen dalam jangka waktu yang tdk bisa ditentukan katanya, mau pake kartu garansi atau mau bayar aja, tetep sama. harus disimpen hpnya. akhirnya saya bawa pulang tuh hp. di service di counter deket rumah, sehari beres. mungkin beda kota beda SOP kali yah-_-

  49. Ko herry, menurut ko herry lebih bagusan sony xperia c3 atau samsung galaxy A3 ko? atau ada rekomendasi smartphone yang harga 2 gb, os min kitkat. makasih sebelumnya ko

  50. Halo pak Henry,
    Saya berencana beli iphone6 second.. apakah pak Henry atau teman2 bisa bantu share info bagaimana cara utk check imei? dan apakah dari nomor imei bisa di check dimana iphone tsbt dimanufactured?

  51. Saya menonton video Pak Herry SW di youtube yg mewawancarai narasumber ttg Nfc “ponsel pengganti dompet” dan Bb “kiat hemat pemakaian baterai blackberry”, sekedar ingin mengetahui suara dan seperti apa Pak Herry ini. hehe 😀

    Menurut saya pribadi Pak Herry cocok utk tampil di layar seperti itu, jadi apa tidak ada rencana review atau berbincang-bincang gadget lewat video youtube gitu pak?

  52. Pak herry maaf oot, saya baru pakai os blackberry. Klo cara aktifin emailnya bagaimana ? Saya ke email terus “aktifasi interprise “. Tapi loading dan not found. Kalo pak herry tau mohon info pak. Terima kasih

    1. Pak Rudi,

      Jangan masuk ke yang ada “enterprise”-nya. Itu akan mengarahkan Anda ke layanan BlackBerry Enterprise Service.

      Masukklah dari menu (kalau saya tak salah ingat namanya) email setup atau setup email. Pastikan sebelum melakukan hal itu Anda sudah berlangganan paket data BlackBerry Internet Service.

  53. pak herry maaf oot, saya baru pakai os blackberry. kalo cara mengaktifkan emailnya bagaimana? saya ke emai, terus ada “aktivasi enterprise” terus saya coba loading dan not found. solusinya mohon info kalo tau pak. terima kasih

    1. Pak Rudi,

      Sudah saya jawab di tempat Anda kali pertama mengetikkan pertanyaan ya. Pertanyaan yang sama lain kali tolong dikirimkan satu kali saja.

  54. Om hsw aku berencana membeli samsung xcover550 tolong reviewnya ya om tuk garansi resmi samsung wilayah cirebon di mana ya om ? Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Koddrat,

      Saya belum pernah mencoba Samsung Xcover 550 sehingga tak bisa memberikan review-nya. Ponsel itu tidak beredar resmi di sini. Jadi, biarpun Anda mencari di seluruh Indonesia, takkan ada yang punya stok dalam kondisi baru dan bergaransi resmi deh.

  55. Assalamualaikum,wr.wb
    Halo pak herry,saya mau bertanya tapi diluar topik judul tersebut hehe,

    Saya minat dengan xiaomi mi5 rilisnya tanggal 24 feb,kira2 rilis resmi di indonesia nya kapan? Apakah rilisnya sama seperti di beijing dan di barcelona? Terimakasih salam hangat

    Wassalamualaikum wr.wb

  56. apapun ponselnya yang garansi resmi yang diambil ya koh. dan barang distributor itu sekarang banyak beredar terutama ponsel xiaomi (karena minatnya sangat tinggi)..
    oh ya koh herry udah dapat info terbaru produk trio xiaomi akan resmi ke indonesia??
    iseng iseng saya lihat powerbank merk changhong dengan garasi Rusak ganti baru, koh herry pernah coba powerbank tsb??

    1. Pak Arief,

      Ya. Meskipun layanan bergaransi resmi belum semuanya bagus, minimal masih lebih tenang gitu deh.

      Sampai saat ini belum ada kabar soal jadwal edar aneka ponsel terbaru Xiaomi di Indonesia. Saya juga menantikannya.

      Saya belum pernah mencoba power bank merek Changhong.

  57. dear Ko Herry,

    saya mau tanya nih terkait garansi hp. hp saya (redmi 2) rusak karena kehujanan dan waktu saya bawa ke service center-nya TAM mereka bilang kerusakannya gak bisa dicover pake garansi karena kesalahan pengguna. Nah, jadi saya terpaksa serviskan di tempat service lain yang tidak resmi. Pertanyaan saya, kan itu udah ketauan ya ko kalo udah kebuka segelnya dan pernah diservis, apakah garansi yang saya punya masih bisa dipake ya ko? Soalnya saya masih belum setahun juga pakenya. mohon pencerahannya. thank you 🙂

    1. Bu Merry,

      Benar. Kerusakan akibat kehujanan tidak termasuk dalam garansi dan otomatis akan menghanguskan garansi.

      Garansi resmi yang Anda miliki telah hangus. Jadi, untuk kerusakan apa pun Anda tidak bisa lagi melakukan klaim garansi di pusat perbaikan resmi ponsel.

  58. Hp saya samsung Ace4 keluaran 2015. hp nya retak karna terjatuh. namun masih bisa dipakai. garansi nya masih ada. apakah bisa di perbaiki menggunakan kartu garansi?
    oh ya perbaikan & penggantian apa saja yg masih bisa di ganti menggunakan kartu garansi ?

    1. Pak Udin,

      Ponsel yang retak karena terjatuh tidak bisa diklaimkan garansi.

      Contoh perbaikan dan penggantian yang bisa digaransikan:
      * Ponsel tiba-tiba tidak mau menyala.
      * Speaker padam.
      * Kamera macet.

      Masalahnya, kini ponsel Anda sudah retak dan hal itu biasanya membuat garansi Anda dinyatakan hangus. Jadi, seandainya seminggu lagi speaker ponsel Anda tiba-tiba tak mau mengeluarkan suara, Anda tetap tak bisa mengajukan klaim garansi.

  59. Saya punya hp lenovo a7000plus, sudah dipakai 6 bulan dan masih ada garansi 6 bln lagi, kondisi hp ketika dipakai layarnya sering freeze/beku g bisa dipencet apa2, jd terpaksa sering congkel baterai, udah gitu kalo maen game berat g ada 1 menit hp udah panas banget. Dengan kondisi demikian apa saya bisa klaim garansi hp lenovo bergaransi TAM milik saya, oh iya, saran SC yang bagus di surabaya dimana ya? Hitech ato mastech ato globalindo?

    1. Pak Archie,

      Bisa diklaimkan garansi.

      Di Hitech, setahu saya, tak ada pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo. Globalindo itu di mana ya?

      Saran saya, bawalah ke Jl Kusumabangsa 92 D.

  60. Pak herry

    Saya mau nanya, kan hp saya sudah habis masa garansinya, tapi saya berniat untuk menservice hp saya karena flexible tombol volume hp saya rusak, apakah masih bisa service di tempat service resminya walaupun garansi telah habis??

    1. Bu Mutia,

      Nah… itu dia. Jadwal edarnya nggak jelas. Padahal, perizinan sudah beres.

      Paling gampang rajin-rajin memantau http://www.mi.com/id/. Kalau Redmi 3 sudah muncul di sana, berarti ponsel itu sudah beredar resmi di Indonesia.

    1. Pak Nizar,

      Jadi, misalnya, Anda membeli ponsel di Jakarta, tetapi klaim garansi dilakukan di Surabaya? Jawabannya, bisa banget.

  61. Mau nanya nih pak herry
    Ko sekarang hp samsung gak ada segel seinnya yah gak kaya dulu dulu gitu,selalu ada segel sein sama buku garansi
    Ini sodara ane beli samsung j1 terus juga gak ada segel sama kartu garansi
    Terus ane mau beli samsung jadi ragu nih
    Mohon penjelasannya yah pak hehe…

    1. Pak Dimas,

      Saya terakhir kali membeli Samsung pada beberapa bulan lalu. Masih ada segelnya kok.

      Kartu garansi pasti ada. Kalau tak ada, aneh banget tuh.

      He… he… ayo move on dari Samsung deh. Masih banyak ponsel lain yang bagus dan dijual dengan harga lebih murah daripada Samsung.

  62. Kebetulan beberapa hari ini ada berita tentang One Plus x yang ‘mengakali’ aturan TKDN di Indonesia dan nama pak Herry disebut-sebut dan juga saya ingin bertanya mengenai garansi internasional.

    Jika saya punya garansi internasional LG, apakah bisa diservis disini?

    Terima kasih

    ———————
    Out of topic
    ———————
    Belakangan ini makin marak perangkat yang tidak memiliki izin postel, alasannya ya karena aturan TKDN. Saya sendiri menunggu-nunggu Nexus terbaru yang tak kunjung keluar disini, dan setelah mengetahui tentang aturan tersebut, maka pantas saja perangkat tersebut tidak bisa masuk kesini.

    Perangkat 4G yang masuk kesini juga ‘mengakali’ dengan cara menonaktifkan modul 4G. Saya bingung apa maunya mentri kita, apa mentri kita itu tidak ingin 4G berkembang?

    Tentu sebagai produsen ponsel perlu menimbang-nimbang apakah membuat komponen disini menguntungkan atau tidak, ditambah banyaknya model ponsel dan spare part yang tidak ada disini, saya rasa aturan TKDN akan tetap terus ‘diakali’.

    1. Pak/Bu Tanya,

      Boleh minta tautan berita tentang OnePlus X yang menyinggung nama saya? Jadi penasaran baca nih.

      Garansi internasional tidak berlaku di sini. Namun, kalau suku cadangnya sama, biasanya pusat perbaikan resmi LG di sini masih bersedia membantu. Konsumen akan dikenakan biaya tertentu dengan tanda terima pembayaran resmi.

      Soal menteri dan TKDN, saya yakin Pak Menteri juga ingin 4G berkembang. Namun, dia juga ingin industri dan SDM dalam negeri berkembang. Dia tak mau Indonesia cuma dijadikan tempat jualan. TKDN tidak harus membuat komponen di sini lho.

  63. Saya lihat beritanya di okezone. Nama bapak tidak ada di berita One Plus X tapi di berita-berita lain mengenai TKDN dan black market. Belakangan nama bapak keluar trus di artikel-artikel okezone lho 🙂

    Maaf untuk linknya saya tidak simpan..

  64. Pak herry..saya mash bingung dengan perhitungan garansi samsung…jadi bgni kasusnya..saya punya hp samsung s5 kebetulan saya tangan kedua beli dr teman..dan nota pembelian sudah tidak ada alias hilang..tp kelengkapan lain mash ada(dus..kartu garansi kosong..segel SEIN mash ada alias ponsel blm pernah diservice..no imei cocok dengan dus)..tapi saya tidak tau kapan garansi hp ini brakhir..jadi saya coba cek via online dan masuk web samsung..cek garansinya dengan sn hp yg saya punya..dan didata base web samsung dinyatakan bahwa garansi hbs tgl 21 may 2016…yg brarti hp saya ini mash ada garansinya sampe 31 may 2016..itu asumsi saya…jadi saya bwa ke SC samsung kebetulan saya di kota jogja dan ketika saya menceritakan hal tentang hp saya dan saya bilang bahwa hp saya mas garansi sampai 31 may 2016..mereka akhirnya cek data base mereka…dan saya terkejut ketika mereka bilang hp saya sudah hbs masa garansi setahun yg lalu..dan mereka membenarkan klo cek web samsung memang benar 31may 2016 di web tersebut…yang saya mo tanyakan ke pak herry bagaimana perhitungan garansi samsung seperti yg mereka bilang sudah hbs dr setahun yg lalu..klo bukan dr web samsung sendiri sebagai patokan saya untuk cek garansi untuk kasus seperti saya yg tgn kedua dan nota pembelian sudah hilang…dr mana lg saya bisa tau kapan garansi hp saya brakhir..dan mereka bisa seenaknya bilang klo garansi sudah hbs dr setahun yg lalu itu dasarnya drmana…tolong penjelasannya pak herry…terimakasih byk sebelumnya

    1. Pak Iggor,

      Boleh tahu apakah alamat situs tempat Anda melakukan pengecekan status garansi ponsel Samsung tersebut? Saya malahan baru dengar ada situs seperti itu.

      Bila tidak ada nota pembelian, petugas di pusat perbaikan resmi biasanya akan mengacu kepada tanggal yang tercatat di database.

  65. Pak herry..saya mau tanya.hp samsung saya note 5 baru 3 bulan.di layar depan atas kiri..ada bagian seperti terkelupas dari dalam.padahal tidak pernah jatuh.tapi mau di garansikan kok gak bisa ya.katanya itu kesalahan pemakai.padahal pakainya juga sudah hati hati.mohon infonya.terimakasih

    1. Bu Evi,

      Masukkan ke surat pembaca media cetak terkenal deh. Saya perhatikan belakangan ini Samsung memang makin belagu.

  66. Ass saya mau tanya
    Hp xiaomi saya digaransi sudah 3 bulan tdk ada kabar…saya sering ke penjualnyy tapi penjualnya gak bisa membantu katanya…lalu saya minta no telp pusat malah penjualnya bilang no.nya ada di kardusnya, saya cari di kardus tdk ada…sebelumnya si penjual itu dulu pernah bohong katanya xiaominya redmi note 2 ternyata redmi note 1 dan saya tdk nuntut apa”…apa ini penipuan dari penjual kenapa hp saya gak balik” atau memang pelayanan xiaomi center itu sangat lama?
    Kerusakan cuma ada pada speaker

    1. Bu Lili,

      Apakah Xiaomi Redmi Note generasi pertama yang Anda miliki bergaransi resmi? Siapakah yang membawa ponsel tersebut ke tempat servis?

      Ditinjau dari sisi garansi, Redmi Note generasi pertama yang beredar di Indonesia ada dua macam. Ada yang bergaransi resmi, ada pula yang tanpa garansi resmi. Unit bergaransi resmi diimpor oleh Erajaya dan Trikomsel. Masing-masing lazim disebut sebagai bergaransi TAM dan bergaransi Trikom.

      Redmi Note bergaransi resmi hanya terdiri atas satu varian spesifikasi: dual SIM dan maksimal mendukung konektivitas 3G. Alamat pusat perbaikan resmi Xiaomi di seluruh Indonesia bisa Anda lihat di http://www.mi.com/id/service/repair/.

      Sementara itu, Redmi Note yang bukan diimpor oleh Erajaya dan Trikomsel dikategorikan Redmi Note tanpa garansi resmi. Variannya ada banyak dan cukup membingungkan. Ada yang 3G, ada yang 4G LTE. Ada yang single SIM, ada yang dual SIM. Redmi Note tanpa garansi resmi tak bisa dibawa ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

      Saya perlu mengetahui siapa yang memasukkan ponsel itu ke tempat servis. Bila yang mengurus klaim garansi si penjual, mintalah penjual menyerahkan bukti tanda terima dari tempat servis. Di lembaran itu pasti tercantum nomor repair order yang bermanfaat untuk menindaklanjuti proses perbaikan.

      Langkah selanjutnya sederhana. Kalau ponsel Anda bergaransi resmi, segera dapatkan nomor repair order, lalu tanyakan perkembangannya lewat http://goo.gl/Sui6Uo atau https://goo.gl/GhQT08. Bila ponsel Xiaomi Anda ternyata tanpa garansi resmi, hmmm… terus terang Anda tak bisa berharap banyak. Itulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi.

      Saya tak berani menyatakan penjual menipu Anda lagi. Pelayanan di pusat perbaikan resmi Xiaomi memang tidak terlalu cepat. Namun, seharusnya tak sampai tiga bulan.

  67. Pak mau nanya.. kalau layar lcd hp gak berfungsi krn terkena air. Masa pakai hp baru 4 hari. Lama sercivenya 1 bulan 2 minggu. Tapi kena biaya lumayanlah. Trus waktu ambil hp saya kembali kartu garansi saya tidak di ikut sertakan. Itu brarti kartu garansi saya hangus yah ?? Gak bisa dipake lagi dong ??

  68. Maaf mau tanya, awal bulan ini saya beli hp xiaomi 9 hari pke kameranya mati alias gak bisa di buka..saya gak tau knp apakah kesalahan saya atau dr pabriknya..karena saya sempat bawa lari waktu gerimis..klo yg seperti itu apakah bisa klaim sevice..kalaupun tidak bisa..berpa biaya service di s.c

    1. Pak Kharik,

      Bergantung hasil pengecekan awal. Kalau rusaknya bukan karena kena air, Anda bisa mengajukan klaim garansi. Bila kerusakan terjadi akibat terkena air, garansi otomatis hangus. Saya tak hafal dengan biaya perbaikan yang harus Anda tanggung.

  69. Numpang tanya gan,saya baru beli hp xiaomi redmi note 2 garansi Distributor(GMT),baru 3 hari,
    Waktu mau upgrade MIUI 6 ke MIUI 7 malah lupa backup trus hpne jadi versi cina,trus lgsung saya bawa ke pihak konter untuk digaransikan,tp udah 1 bulan lebih kok nggak jadi2 hpnyaa,biasanya,mohon pencerahannya

    1. Pak Fandy,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Kita nantikan jawaban dari Pak Gan ya.

  70. Mau tanya ni bang gua baru saja beli iphone 4s 32gb pada tanggal 22april2016 Tetapi di buku garansi sudah ada cap tanggal 14april2016 apakah hp saya ini sudah di gunakan sbelum saya membeli hp tersebut ?

    1. Pak Denny Pratama,

      Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      iPhone 4s-nya garansi apa? Saya curiga Anda telah membeli iPhone 4s rekondisi alias barang bekas yang dipermak menjadi seolah baru.

  71. Ko HSW, mungkin tidak selain toko erafone,global teleshop &OK shop bisa jual Xiaomi Redmi 2 Prime bergaransi resmi berstiker importir Erajaya atau Trikomsel, apa cuma 3 toko itu yang bisa jual xiaomi garansi resmi. trims ko HSW.

    1. Pak Win,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Oke Shop lho, bukan Ok Shop.

      Toko-toko biasa juga ada yang menjual ponsel Xiaomi bergaransi resmi kok. Namun, semakin jarang yang punya stok. Sebab, unit bergaransi resmi tinggal tipe-tipe lama. Yang tipe baru kan belum masuk resmi.

  72. Mas mau nanya , hp acer liqued z220 baru beli 2 minggu yg lalu, tiba-tiba hp nya mati total setelah dimatikan daya, setelah dihidupkn gakbisa lagi,
    Kira-kira masuk garansi gakya?

  73. mas kalau belinya hp di sulawesi terus kalau rusaknya di semarang gimana garansinya mas? apakah disemarang bisa? dan ini yg rusak layar depannya akibat jatuh… itu gratis apa byar mas?

    1. Pak Hendi Widya Arta,

      Klaim garansi resmi bisa dilakukan di mana pun, asalkan di Indonesia.

      Oh, layar rusak karena jatuh tidak termasuk dalam jaminan garansi.

  74. Pak, saya mau tanya..
    Saya berncana membeli samsung galaxy note 3 neo melalui online.hanya saja mengingat hp ini tipe lama…apakah saya msh bs mendapatkan garansi?
    sementara kan beli via online susah untuk cek mslh garansi…
    Terima kasih

    1. Pak Deny,

      Kemungkinan garansi sudah habis. Namun, masih bisa diperdebatkan di pusat perbaikan resmi Samsung, asalkan Anda memperoleh nota resmi dari penjual.

  75. Om HSW,
    Saya beli HP asus dengan garansi resmi via online di tokopedia (toko offlinenya ada d itc cempaka mas)
    Apa hp kita terupdate otomatis di sistem asus ketika saya beli? Soalnya saya g dapat struk normal yg biasa kita dpt di toko offline
    In case nanti ada apa2 dgn HP saya *ketok2 meja* saya ke asus center tgl bawa HP ajakah spt layaknya kita beli hp di toko?
    Terus terang saya blm paham sistem cara update no imei kalo barang tsb di beli tgl x jan 2016 dan berakhir pd tgl xx jan 2017

    1. Bu/Pak Rena,

      Kalau nggak dapat struk/nota pembelian normal, Anda tinggal mencetak bukti transaksi di Tokopedia.

      Cara update nomor IMEI? Maksudnya gimana ya? #bingung

  76. pagi gan saya mau tanya apakah setiap pembelian hp oppo penjaual wajib mengambil kartu garansi berwarna merah dan kuning?

    terimakasih gan…

  77. pak,saya mau nanya.saya beli hp xiaomi redmi 2 di jogja 6 bulan yg lalu.domisili saya di brebes.hp saya mengalami kerusakan,saat dicas bisa tapi tidak bisa diaktifkan.apa saya harus servis dg garansi resmi di tempat saya membeli?

  78. Saya beli blackberry baru dan segel resmi yg sebenarnya sdh diskontinyu (discontinue)…apakah msh bisa di klaim garansi nya?

    1. Pak Roni,

      Asalkan Anda memiliki nota pembelian, soal klaim garansi masih mungkin diperdebatkan. Namun, kalau Anda tak mempunyai nota pembelian, otomatis Anda takkan bisa melakukan klaim garansi.

  79. Mas Herry, begini saya punya keluhan dengan kamera depan samsung galaxy A3 saya, kamera depannya bergaris-garis gitu.
    Nah pertannyaannya, nih hp kan baru 5 bulan ane pakai, untuk masalah kerusakan tersebut apa bisa diklaim garansinya. Mengingat saya tidak overload menggunakan kamera.
    Terimakasih.

  80. Assalamualaikum pak Herry
    Saya termasuk pecinta xiaomi. Karena harga relatif murah dengan spek yang tak kalah saing. Mulai dari redmi1, redmi note2 dan yang terakhir ini redmi3. Semuanya garansi distributor, meski sudah ada redmi2 prime yg sudah resmi. masalah yang sering muncul adalah layar lcd yang bergaris garis. Pertama risih dan takut, setelah di restart sambil berdoa. Alhamdulilah sembuh sendiri. tinggal yg terakhir ini pak yg sampai sekarang tidak hilang hilang. Saya mau tanya apa sih penyebab utamanya. Saya baru 3hari beli. Baru download cm sosmed saja. Saya mau claim garansi, setelah baca tulisan bapak saya jadi ragu kalo nantinya bisa di claim. Belum juga nakal nya para distributornya.
    Saran bapak gimana? Apa harus tetap saya claim? Dan apakah ada kemungkinan bisa kembali normal?
    terimakasih

    1. Pak Sufyan,

      Pernah jatuh, terbentur, atau terkena tekanan yang cukup kuat bisa menjadi pemicu.

      Saran saya, tetap coba diklaim. Kembali normal sih kemungkinannya kecil banget. LCD-nya perlu diganti dengan yang baru.

  81. Selamat pagi pak, saya mau tanya,

    Saya ingin buka usaha toko hp,
    misalnya saya beli hp baru dari distributor bulan januari 2016 dan distribtor memberikan garansi selama 1 tahun (misal expired bulan desember 2016), dan saya mau jual lagi ke pembeli.
    Tetapi terjual pada bulan juni 2016. Nah, itu berarti pembeli hanya mendapat garansi selama 6 bulan dong, bagaimana cara mengatasinya, agar konsumen juga dapat garansi selama 1 tahun?

    Terimakasih

    1. Pak Zen,

      Benar, garansi resmi ponsel biasanya setahun. Hanya sebagian kecil ponsel yang dibekali garansi resmi lebih dari setahun.

      Garansi biasanya dihitung sejak ponsel itu diaktifkan kali pertama. Tentu saja ada batas toleransi yang diberlakukan. Kalau Anda kulakan pada Januari dan barang terjual pada Juni 2016, garansi masih memungkinkan dihitung utuh setahun terhitung sejak Juni 2016. Yang penting, jangan lupa berikan nota pembelian kepada pembeli. Itu dijadikan bukti.

      Hal berbeda akan terjadi bila ponsel itu baru terjual pada Juni 2017. Pembeli mungkin takkan memperoleh garansi utuh setahun.

  82. pak xiaomi redmi 3 saya icon sinyal nya ada tanda silangnya. terus saya pergi ke toko tempat saya beli, mereka bilang kirim garansi saja. tpi kta mereka kemngkinan dikenakan biaya karena slot kartu sim card ny sdkit ada kerusakan. itu bagaimna pak??? dan berapa lama masa perbaikannya itu??

    1. Pak Agus,

      Kalau selot kartu SIM-nya rusak karena ada kaki konektor yang patah, wajar Anda akan dikenakan biaya. Sebab, kerusakan seperti itu lazim dianggap sebagai kesalahan pengguna. Namun, kalau kaki konektor baik-baik saja, Anda seharusnya tak dikenakan biaya.

      Ponsel Anda pasti tanpa garansi resmi. Lama perbaikan tak bisa saya pastikan. Berurusan dengan tempat servis ponsel tanpa garansi resmi seringkali mengesalkan. Lha yang garansi resmi pun belum tentu memuaskan kok.

    1. Pak Fajar Budi,

      Setahu saya, belum pernah ada ponsel merek Xioami yang beredar resmi di sini.

      Kalau yang Anda maksud ternyata Xiaomi Redmi 3 Pro, ponsel itu juga belum beredar resmi di sini.

  83. Misi pak mau tanya, knp hp samsung yg sekarang kok ga ada segel sein nya ya, 2 teman saya beli samsung j5 di tmpat berbeda tp sama2 ga ada segel seinnya, atau memang skrg ga ada garansi dari samsung atau bagaimana ya?

  84. Selamat malam pak herry, saya mau minta saran ini. HP saya Asus Zen Go ZC500TG itu micro SDnya tiba2 gak kedetect padahal dia masih terpasang d hp, terus file2 dan appnya jg ikut gak kedetect, kadang2 hp mati sendiri. Sudah saya bawa ke asus center 2 kali tp masih sama aja. Waktu service pertama katanya diflash, trz saya masukin asus center lagi service kedua katanya sudah di ganti mesinnya gitu. Nah ini masih kayak gitu lg. Micro SD dan app tiba2 ilang sendiri. Misal saya ngajuin tukar unit kira2 bisa gak ya pak? Kan repot misal besok2 kayak begitu terus, ini untung masih ada garansi. Kalau besok sudah habis saya yang tekor..hehe
    Terima kasih

    1. Bu Juni Wulan,

      Ada dua hal yang patut dicurigai:
      1. Kartu microSD-nya bermasalah, atau
      2. ponselnya yang bermasalah.

      Saran saya, coba pasangkan kartu microSD lain ke ponsel itu. Sebaiknya yang mereknya berbeda. Gunakan selama beberapa hari. Apakah masih bermasalah?

      Kalau tidak bermasalah, berarti yang menjadi pemicu adalah kartu microSD lama yang Anda miliki. Belilah kartu microSD baru.

      Kalau tetap bermasalah, berarti yang problem ponselnya. Silakan ke pusat perbaikan resmi Asus lagi. Kalau tukar unit kemungkinan tidak bisa. Yang bisa adalah mengajukan penggantian komponen.

  85. pak mau nanya, hp saya oppo joy 3 saya beli pada pembeli pertama tapi pada waktu itu masih garansi 11 bulan. saat ini hp saya mengalami kerusakan pada mesin dan servis center oppo bilang ini diganti hp baru. tapi saya gak bilang kalau saya pembeli tangan kedua. apakah nanti saya bisa mendapatkan hp baru itu ketika identitas nama dikartu garansi brbeda dengan tanda terima yang saya dapatkan itu.

    1. Bu Martha Agusti,

      Petugas di pusat perbaikan resmi Oppo biasanya takkan mempermasalahkan hal itu. Jadi, saat melakukan klaim garansi, jangan menyinggung tentang ketidaksesuaian nama itu ya.

  86. Kalo kartu garansi sudah hangus terus kita mau service hp ke pusat samsung itu dikenakan pemmbayaran yah mas

  87. Gan mau nanya, saya baru saja beli zenfone 2 ze551ml. Pembelian hari selasa 21 juni. Saat pertama kali charge hp saya mentok di 50%. Tidak bisa full 100% Saat saya komplain ke toko.. pihak toko terkesan angkat tangan. Apakah saya bisa menukarkan dengan hp yang baru. Ini jelas sangat mengecewakan.. mohon bantuannya..

  88. Slamat malam pak, 1 bulan lalu istri saya membeli samsung j2 di temannya dg harga 1,8. Barang datang kondisi berbungkus plastik box bersegel hologram, pd saat dibuka, hp siap digunakan alias simcard sdh tertanam didalamnya dan paket internet sd on. Asesoris lengkap hanya tdk ada kartu garansinya. Yg ingin saya tanyakan, apakah memang j2 tdk disertakan kartu garansi? Krn teman istri saya bilang j2 dan j1 tdk ada kartu garansinya dan jika ada kerusakan nanti bisa menghubungi teman istri saya, gitu katanya. Apakah hp istri saya itu BM? Jika memang hp resmi jika ada kendala, apakah bisa diserviskan di servise resminya jika tdk ada kartu garansinya? Mohon pencerahannya pak dan trima kasih atas balasnya.

    1. Pak Robby,

      Ponsel Samsung bergaransi resmi pasti ada kartu garansi atau buku lembaran garansinya. Kalau sampai tidak ada, patut dicurigai ponsel itu tanpa garansi resmi.

      Dulu pengguna ponsel Samsung bergaransi resmi bisa melakukan klaim garansi tanpa membawa kartu garansi. Namun, terakhir sepertinya ada kebijakan baru yang masih tidak seragam. Kartu garansi, bahkan nota pembelian, harus dibawa.

  89. Mau tanya…
    HP saya jatuh dan masuk ke selokan….
    HP trus mati total karena kena air…
    apakah hal tersebut membuat garansi hangus..???
    terima kasih sebelumnya…

  90. Saya mau tanya, hp saya baru jatuh, layarnya pecah, tp hp masih bisa beroperasi seperti biasa. Apakah bisa diservice dengan garansi ?? sedangkan kartu garansinya tidak diisi oleh penjual dan note pembeliannya sudah tidak ada. Kira2 berapa biaya perbaikan tanpa kartu garansi??

    1. Bu Amel,

      Layar pecah tidak termasuk dalam jaminan. Kejadian itu otomatis menghanguskan garansi resmi yang awalnya tersedia untuk ponsel Anda.

      Anda bisa memperbaiki ponsel itu di pusat perbaikan resmi, tetapi akan dikenakan biaya. Saya tak mengetahui biayanya.

  91. mas saya mau tanya.. saya baru kemarin hari rabu tgl 6 pas lebaran jam 5 sore beli hp asus zenfond selfie .. tetapi belom lama hari kamisnya lebaran ke 2 di jam 12 siang tiba tiba hp saya ga bisa nyalah… itu kenapa sebabnya?? saya lalu larikan hp saya ke toko tempat saya beli kemarin… tapi dia malah ngoper saya untuk ke Pusat ASUS nya langsung.. sedangkan cust service nya beroperasi kembali di hari senin tgl 11.. itu gimana ya mas?? saya berhak minta yang baru atau di benerin aja hp nya?? masalahnya ini Belum Sampai 24jam Hp itu ditangan ku masa gak kenapa” udah rusak aja…. saya kecewa sekali mas… mohon penjelasan nya…. terimakasih ya..

    1. Bu Wiwin Fitriani,

      Kalau Anda tanya penyebabnya, saya tak bisa menerawang dari jarak jauh. Mesti dicek oleh teknisi tuh.

      Ponsel Asus yang Anda beli bergaransi resmi? Kalau iya, tidak ada bekas terjatuh atau kena air, dan usia pembelian belum sampai 1 x 24 jam, seharusnya Anda bisa meminta ganti baru. Prosesnya dilakukan di toko tempat Anda membeli ponsel itu. Hal tersebut lazim dilakukan oleh toko offline kok. Lain halnya bila Anda bertransaksi online.

  92. pak saya mau tanya, kalau kamera depan Samsung J5 tiba2 buram dan garis2 kira2 bisa masuk garansi tanpa dikenakan biaya gak ya? karna kebetulan masa garansi masih ada.

    dan apakah saya harus ke toko tempat saya membeli hp ini dulu atau langsung saja ke SC Samsung nya ya? mohon bantuannya terimakasih..

  93. Maaf pak mau tanya kl hp penah diflash ke counter terus sekarang minta flash lagi itu kalau klaim garansi bisa tidak?dulu diflash ke counter karena tidak tahu kalau bisa klaim garansi ,makasih atas jawabannya

    1. Bu Fitri Yuliani,

      Asalkan tidak diketahui oleh petugas di pusat perbaikan resmi, Anda masih bisa melakukan klaim garansi.

  94. Xiami redmi note saya tombol tombolnya rusak pak padahal baru bebereapa bulan dan masih ada garansi apakah garansi itu jiga mengganti auku cadangnya pak?

    1. Pak Alfian,

      Saya malahan baru kali ini mendengar ada ponsel merek Xiami. Itu buatan mana? Anda beli di mana?

      Sekadar info tentang garansi, kerusakan tombol biasanya masih termasuk dalam cakupan garansi. Penggantian suku cadang gratis.

  95. Oh saya mau nanya nie kan hp Asus zenfone 5 tombol kembali nya dan yg lain tk bsa di gunakan tp touchscreen nya msih bgs cuma 3 tombol di bwah tk bisa di gunakan dan aku tak tau rusak nya gmn tp kronologi nya pas lg main coc tba2 ada sms ma tlp trs ketika mau msuk main game lg tombol tk bsa digunakan dan 1pertanyaan saya beli dibulan mei tahun 2015 dan tk ada masa berlaku garansi apakah bisa di perbaiki menggunakan jasa garansi tersebut.. Tolong pencerahan nya donk

    1. Pak Purwanto,

      Lha masa garansi sudah habis. Ya otomatis tak bisa klaim garansi tho.

      Anda masih bisa memperbaikinya di pusat perbaikan resmi Asus, tetapi akan dikenakan biaya.

  96. Pak mau tanya ni. Kalau Xiaomi Mi4i sama Mi4c kira-kira lbh prefer kemana menurut garansi (resmi/distributor) karena spec dan harga nggak jauh beda.
    Terimakasih sebelumnya

    1. Pak Dyan,

      Mi 4i untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik.

      Mi 4c tak ada yang bergaransi resmi. Jadi, ya langsung saya coret.

  97. Hallo pak herry,

    Saya mempunyai kendala dengan asus zenfone 2 saya. Hp saya itu mengalami flickering led atau apa istilahnya lupa saya,saya check di youtube dan source lainny,bnyak yg mnegalami kendala yg sama,
    Hp ini bru sekitar 7 bln saya beli dri toko dan saya yakin bergaransi resmi.
    Namun saya pernah melakukan install ulang ke tmpt service lain,karena stuck logo,pertanyaannya nih,apakah garansinya angus ,atau bagaimana ? Lalu jika harus gnti LED bru apakah worth ? Atau lbih wort gnti hp bru ? Kalo ga worth kira2 hp apa yg kira2 bisa gnttin zenfone 2 saya ini ? ram 4gb ?
    Teima kasih pak herry .
    ps :saya suka gelii pak herry tdak suka dipanggil gan ? Kenapa yah pak ? :v,

    1. Pak Aprian Rachmansyah,

      Langsung coba lakukan klaim garansi resmi dulu saja deh. Anda sambil berharap teknisi tidak mendeteksi ponsel pernah dibawa ke tempat servis tidak resmi.

      Kalau lolos, biaya perbaikan dan penggantian suku cadang bisa gratis. Kan lumayan banget.

      Soal “gan” itu kan bukan panggilan universal, melainkan panggilan khas komunitas tertentu. Ya jangan dipakai di sini.

      Saya kebetulan juga ikut di sebuah komunitas yang memakai kata sapaan “bos” untuk anggota pria dan “bis” untuk anggota wanita. Di luar komunitas tersebut, saya tidak akan menggunakan kata sapaan tersebut.

      Gunakanlah kata sapaan yang lebih universal. Misalnya, pak, bu, mas, mbak, kak, om, dan tante.

      1. Terima kasih pak herry atas jawabannya,semoga bisa lolod dri uji klinis teknisi sc asus palembang :v

  98. Permisi pak, say mau nanya. Seandainya saya beli gadget yang belum resmi rilis di indonesia itu garan sinya bagaimana? Trimakasih

  99. Pak Herry ada yang ingin saya tanyakan.tanggal 14 juli 2016 saya claim garansi ke asus center karena touchscreen nya suka flickering,kan masi dalam masa garansi, tetapi tanggal 18 juli zenfone 2 saya habis garansinya, itu apakah masi dalam garansi ya pak herry?

  100. Pak saya mau menanyakan ,,, pada saat carger memang posisi itu saya tinggal agak lama tpi posisi hanpone di matikan/off tiba tiba saya melihat hanpone keadaan retak dibagian dalam layar tidak di luar dan juga posisi hanpone tidak nyala lagi dan hapone pemakaain kitang lebih 3 bulan ,, kira2 bagaimana ya pak apa itu bisa di bilang kelalaian atau bagaimana ,,, mohon informasi pak herry . Trims ?

    1. Pak Rahmat Zinesza,

      Boleh tahu merek dan tipe ponsel Anda?

      Dugaan saya, fungsi cut-off otomatis di ponsel dan charger Anda tidak berfungsi dengan baik. Baterai ponsel menggembung, mendesak ponsel sampai layarnya retak, dan ponsel akhirnya tewas.

  101. Pak, saya mau tanya nih, sebelumnya saya beli HP asus zenfone C di salah satu Mall di kota medan tanggal 21 Juli kemarin, nah pagi ini sebangun tidur saya terkejut, HP asus saya mati total, saya coba lepas batrai, lalu pasang lagi hp nya tidak bergetar (karena asus biasanya saat batrai di pasangkan HP langsung bergetar gitu) bener saja saya coba hidupkan, tidak hidup2 . Saya bingung nih pak, sarannya dong, kira2 saya bawa ke toko tempat beli untuk klaim, atau ke SC asus langsung yah ? masalahnya HP cuman satu ini dan saya baca2 di artikel lain kalau bawa ke SC memakan waktu yang cukup lama, Mohon sarannya, Trimakasih pak..

    1. Pak Kurniawan,

      Anda beli tanggal 21 Juli dan sekarang sudah 27 Juli 2016. Berarti, silakan langsung membawanya ke pusat perbaikan resmi Asus.

  102. Sambungan,

    Bukan hanya HP tidak bergetar saat batrai di pasangkan (karena seharusnya bergetar saat Baterai dipasangkan) tetapi saat saya coba charge, Lampu notifikasi nya tidak menyala (biasanya meskipun dalam keadaan mati, saat di charge lampu led akan menyala warna merah menandakan proses charging)

  103. Tgl 16 saya beli lenovo k5 plus. Saya tdk mmperhatikan detail ponselnya. Ternyta kmrin pas saya lht2 ada cacat yakni kasing sma ponsel ga rapot. Nah apk seperti ini dpt garansi? Dan berpa lama waktu yg dbthkn untuk klaim? Dan apabila penggantian unit bth brapa lama?

    1. Pak Fauzan,

      Seharusnya bisa klaim garansi. Soal estimasi waktu, yang lebih tahu petugas di pusat perbaikan resmi.

      Mestinya nggak bisa minta ganti baru deh. Jarak antara pembelian dan klaim garansi sudah terlalu lama untuk kasus yang Anda alami.

  104. pak saya mau tanya nih.
    apakah lg g3 msh layak di beli di tahun2016.
    soal nya ada reviewer yg menyatakan udh tdk layak.

  105. Maaf pa, Awalnya asus zenfone2 mengalami panas yg tidak wajar sampai touch screen loncat looncat, kamera depan tau tau hilang, dan kamera belakang kalo di mode video gambar jd buram, akhirnya saya bongkar sendiri untuk menambah aluminium foil di belakang baterry, berhasil panas sudah normal tapi kamera depan masih tidak bisa video masih buram.
    Apakah garansi masih berlaku pa, ada satu baut yg hilang dan pernah di bongkar sendiri.

  106. Pak herry saya mau nanya nih…
    Saya mau jadi reseller hp xiaomi..
    Tetapi bergaransi distributor…
    Terus jika saya jual ke konsumen
    Untuk masalah garansi nya bagaimana ya ???
    Apakah saya lepas begitu saja atau saya bantu klaim kan garansi nya yg harus di kirim ke jakarta…

    1. Pak Teguh Dwi Ramadhan,

      Anda akan berjualan online atau offline?

      Kalau online, minimal 1 x 24 jam terhitung sejak barang diterima mestinya Anda masih bersedia menguruskan klaim garansinya. Ongkos kirim dari konsumen ke tempat Anda menjadi tanggungan konsumen. Jelaskan hal ini di deskripsi iklan.

      Kalau Anda jualan offline, lazimnya sih selama masa garansi Anda tetap bersedia menguruskan klaim garansinya. Tidak bisa dilepaskan begitu saja.

  107. Mas mau tanya kalo misalkan garansi , bisa berlaku buat batery gk ? Soalnya batery saya sudah drop dan garansi saya masih berlaku , kira2 bsa di garansikan gk baterynya mas ? Thanks .

    1. Pak Michael,

      Ya, berlaku. Tinggal Anda lihat klausul garansinya. Beda merek bisa beda. Ada yang menggaransi baterai selama enam bulan, ada pula yang satu tahun.

  108. Mas mau tanya…
    Keluahan ku..
    Tombol kembali kgk bisa di klik alias erorr
    Tpi layar sentu masi normal
    Tombol volume juga masi normal..
    Tpi klou di servis kira2 kenak biaya gk ya mas..
    Soalnya hp ku bru uda 3 bln ini
    Sekali ini aja erorr
    Gransi 1 thn belum kepakai…
    Trimakasih

    1. Pak Ari Anto,

      Kalau masih dalam masa garansi resmi, klaimkan saja. Itu termasuk dalam jaminan garansi kok.

  109. saya mengalami problem, di mana saya beli hp android samsung galaxy j2 bulan april 2016 lalu, kemarin saya sempet telfonan dengan teman saya, stelah telfonan saya memasang head set. Ketika saya pasang headset tiba2 layar jdi blank,tetapi saya coba telfon ke hp tsb dengan menggunakan hp kakak saya masih bisa di slide dgn keadaan layar blank. Esokan hari nya saya bawa ke SC samsung ternyata pihak teknisi mengclaim screan touch rusak! (Padahal saya cek dgn seksama di layar hitam tsb tidak ada retak atau pun pecah) dan di kenakan biaya yg cukup lumayan mahal. Jadi yg saya mau tanya apakah kejadian tersebut di kategorikan sbg kesalahan pengguna? Dan kenapa garansi tidak bisa di klaim??

    1. Pak Alfaberto,

      Kalau membaca kronologis yang Anda sampaikan, mestinya bukan termasuk kesalahan pengguna. Tinggal pintar-pintarnya beradu argumen dengan petugas di pusat perbaikan resmi Samsung deh. Solusi terakhir, masukkan ke surat pembaca.

  110. Permisi pak Herry saya mau tanya, saya ingin beli smartphone lenovo tp pada box nya terdapat stiker TAM yg ingin saya tanyakan apakah garansi tsb resmi & apakah bisa klaim garansi langsung ke lenovo resmi tanpa harus ke TAM? Terima kasih.

    1. Pak Aldy,

      Adanya stiker TAM menunjukkan bahwa ponsel Lenovo itu bergaransi resmi dan didistribusikan oleh TAM.

      Selain TAM, ada Trikomsel, SCM, dan SentraPonsel/Parastar yang menjadi distributor resmi ponsel Lenovo.

      Ya, klaim garansi bisa langsung dilakukan di pusat perbaikan resmi Lenovo. Saya menganjurkan Anda melakukan hal itu.

  111. saya mau nanya apakah emang klo hp rusak di service itu lama ya saya sudah nunggu 19 hari kerja gk ada kabar pdahal bru bel sony c5 ada sosuli gk

  112. Koh mau nanya nih, saya beli hp baru beberapa hari dan saya baru ngeh lupa minta nota pembelian karna di luar kota. Nah kalau suatu saat saya mau klaim garansi apakah masih bisa?

  113. Salam kenal pak..mau tanya kalau service layar hp samsung j7 berapa lama ya? Ada garis melintang dipojok kanan layar kadang ada kadang hilang permasalahan di software atau hardware ya,trims

  114. Maaf pak herry, kalo beli hp baru 2 minggu terus hpnya kebanting di bezelnya lecet apa masih bisa dibawa ke service garansi resminya? Terimakasih

  115. Permisi pak herry, kalo beli hp baru 2 minggu terus hpnya kebanting di bezelnya lecet apa masih bisa dibawa ke service garansi resminya? Terimakasih

    1. Pak Dwi Yanto,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Tak perlu berulang-ulang.

      Silakan cek jawaban saya di tempat pertama Anda mengetikkan pertanyaan serupa.

  116. Salam kenal mas, apakah slot sim car hybird yg rusak bisa di samsung s7 saya bisa d claim dan tanpa biaya?.. Soalnya masih garansi.

    1. Pak Mufid,

      Bergantung hasil diagnosa teknisi Samsung. Kalau mereka menyatakan cacat pabrik, bisa diklaim gratis. Kalau mereka menganggap kesalahan pengguna, harus bayar.

  117. Selamat malam om maaf mengganggu saya mau tanya saya baru beli xiaomi note 3 pro di erafone sewaktu di toko chargernya dicoba dan bisa. Ketika saya coba di rumah charger bisa tetapi tidak ada kenaikan persentase. Padahal sudah saya charge 2 jam tetapi tetap di 10%. Apakah saya akan dapat penggantian produk karena belum 1×24 jam? Lalu apa kira” penyebab permasalahan saya? Jika saya bawa ke sc apa termasuk kesalahan pengguna? Terimakasih pak mohon infonya

    1. Bu Fida,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      Hmmm… setahu saya belum ada ponsel Xiaomi bernama Note 3 Pro. Jadi, yang Anda beli sebenarnya ponsel apa ya?

      Kalau beli di Erafone dan masih kurang dari 1 x 24 jam, biasanya bisa minta ganti unit baru.

      Penyebab pastinya ya harus dicek dulu. Bisa klaim garansi sih . Kalau membaca cerita Anda, itu bukan termasuk dalam kesalahan pengguna.

    1. Bu Aniza,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      Kerusakan terjadi berapa bulan sejak pembelian? Kalau kurang dari enam bulan, masih bisa coba digaransikan.

  118. Permisi mas numpang nanya,hp saya xiaomi redmi 2 prime,kemarin saya update miui 6 ke 7 tp ada kegagalan di berbagai fiturnya,apa itu bisa di bawa ke sc?tp saya beli hpnya di itc garansi the one 1thn apa terkena biaya saat kita ke sc?mohon dibantu mas.mksh

    1. Pak Rangga,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Waduh… garansi The One. Mungkin akan kena biaya.

  119. Misi gan
    Sy sempat beli htc desire 826 online garansi the one
    Tapi sama pihak penjual gak dikasih nota ato faktur pembelian,ketika dicoba ternyata gak bisa detect sim card,saya cb hub. Penjual tapi ga ada respons
    Gimana ya kira2 cara ngegaransiinnya
    Thanks

    1. Pak Joefred Sumarjo,

      Waduh… garansi The One. Harus banyak berdoa dulu nih.

      Ada kartu garansinya? Coba langsung ke lokasi yang tercantum di kartu garansi itu.

  120. Punten pak, saya mau nanya bagaimana jika hp terjatuh dan mengalami keretakan pada layar sehingga layar hp menjadi blank, tapi mesin hp tetap menyala seperti biasa btw hp saya samsung seri j1 ace. Apakah hal tersebut bisa di claim garansi atau tidak ya pak? Terima kasih

    1. Pak Indra Fabian,

      Anda tak bisa mengajukan klaim garansi. Anda tetap bisa membawa dan memperbaikinya di pusat perbaikan resmi Samsung, tetapi Anda wajib membayar biaya perbaikan dan penggantian suku cadang.

  121. Pak mau nanya, saya baru beli iphone 5s sekitar 2 minggu yang lalu. Saya beli di itc. Lalu setelah seminggu pemakaian hape saya tiba tiba sering mati nyala dan sekarang mati total. Padahal aplikasi yang saya download tidak banyak, saya juga tidak pernah men charge sampai semalaman, memori saya masih banyak yang kosong.
    Kira kira gimana solusinya ya pak? Apakah kalo saya servis akan kena biaya? Tapi hapenya masih ada garansi karna baru dibeli dua minggu yang lalu.

    1. Bu Farah,

      iPhone 5S Anda bergaransi apa? Dugaan saya sih bukan garansi resmi dan itu barang rekondisi. Kalau benar demikian, ya banyak-banyak berdoa saja deh.

  122. Bergaransi the one, kira kira bagaimana ya agar iphone saya bisa di servis tanpa mengeluarkan biaya? Karna saya rugi juga kalau harus membayar servisnya karna masih ada garansi

  123. Bagaimana agar si penjual ini mau ngeganti&menservis nya ya pak? Saya ngeri hape saya nggak bisa dipakai karna gabisa diservis

    1. Bu Farah,

      Ya itulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi. Makanya, lain kali pastikan membeli ponsel yang bergaransi resmi.

    1. Pak Permana,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan diulang tiga kali seperti sekarang.

      Garansi toko? Ya anggaplah tanpa garansi gitu deh.

    1. Pak Fachri,

      Tergantung kerusakan layarnya seperti apa, dialami ponsel merek apa dan tipe apa, lalu terjadi berapa lama sejak tanggal pembelian.

    1. Pak Brata Noviandy,

      Tergantung rusaknya berapa bulan sejak tanggal pembelian. Kalau kurang dari enam bulan biasanya bisa diklaimkan.

  124. Gan gw tadi baru beli sansung j2 tapi sampek rumah hp itu saya bukak pas saya liat hp saya ini baut nya no segel, kebanyakan hp baru kan salah satu baut pasti ada segel….. Klo kayak gini gi mn ya gan apa nanti nya bisa garansi apa gk.. Dan yang penting apa yang yg harus saya lakukan?

  125. saya baru beli hp 3 pada tggl 1 oktober dan hp saya cek pas awal beli bagus dan keesokan hari nya saya tinggal tidur hp tiba2 mati sendiri dan tidak bisa di cash atau ditekan tombol power
    dan untuk menghidupkan nya kembali harus ditekan tombol power sama volume baru bisa dihidupkan saya lihat batre masih ada 60 % dan saya belom bawa ke tempat saya beli hp pada keesokan hari nya lagi hp mati lagi dan cara menghidupkan nya sama tekan tombol power volume saya bawa ke tempat saya beli hp kata suruh bawa ke service center saya tidak mau karena hp masih 2 hari saya pakai udah bermasah dan dia pun mencoba reset ulang hp saya kalau masih mati lagi bawa ke service center aja kata tempat saya beli hp
    dan hari itu juga saya bawa ke service center juga dan kata service center softwere nya ada corupt dan di install ulang hp saya .
    saya bawa pulang ke rumah hp saya dan saya coba gak mengiinstall aplikasi saya diamkan saja ponsel saya dan pada saat ada yg nelpon saya angkat dan hp restart sendiri
    saya biarkan juga pada keesokan hari nya hp mati juga dan saya bawa langsung ke service center hp saya suruh tinggal 1 minggu katanya ada spare part yg di dalam ada yg rusak untuk di ganti
    apakah wajar hp baru berapa hari udah ganti spare part ?
    brand hp samsung garansi resmi sein

    1. Pak Risky,

      Membeli HP 3? Ehm… maksudnya Anda telah membeli ponsel tipe apa ya?

      Karena Anda baru kembali ke penjual setelah lebih dari 1 x 24 jam, penjual tidak salah. Anda harus langsung berurusan dengan service center.

      Masalahnya, sekitar setengah tahun terakhir kualitas layanan pusat perbaikan resmi Samsung memburuk signifikan. Jadinya ya seperti yang Anda alami itu deh.

      Saya tak tahu yang Anda beli ponsel tipe apa. Seorang teman yang membeli ponsel Samsung berharga Rp 10 jutaan pun sedang kecewa berat kok. Layarnya bermasalah, tetapi sudah berminggu-minggu tak ada solusi.

  126. Blum sebulan saya mmbeli samsung galaxy note 5 trus ada masalah pada pengisian batereinya lalu saya bawa ke servis center samsung dan mnurut info dri pihak service samsung katanya hp saya akn di ganti dngn yg baru tpi harus mnunggu selama 2 sampai 3 minggu.. Apkh ada jln lain untuk mmpercepat pngmbilan hp saya dan apkh nantinya hp yg baru itu tetap yg original.. Makasih

    1. Pak Real Grhol,

      Tak ada cara mempercepat. Anda mau tidak mau harus bersabar. Ponsel Samsung memang tidak selalu bagus. Kualitas layanan pusat perbaikan resminya pun sedang memburuk signifikan. Ponsel pengganti sih seharusnya orisinal.

  127. saya rencana mau beli smarphone xiaomi note 4 yg sekarang belum banyak tersedia saya tau garansi pasti rumit tapi saya suka dgan note4 yg jadi pertanyaan bila mana baterai atau yg lain nya terjadi kerusakan,harus dibawa kemana (selain garansi distributor)..?

    1. Pak Andre,

      Ya ke tempat servis independen milik perorangan, Pak. Itu pun dengan catatan, kalau mereka punya suku cadangnya.

  128. Saya ada rencana mau beli HP dikisaran harga 2jt-3.5jt. iseng2 liat BL dan Lazada, ada HP samsung A5 dengan harga miring padahal kondisi barang baru. setelah saya baca dgn seksama, ternyata barang tsb tidak bergaransi. Mohon penjelasan dan sarannya dong pak.. terima kasih sblmnya.

    1. Pak Jajang Sudrajat,

      Lha kan sudah jelas tho. Murah karena tanpa garansi. Saya sih tidak menyarankan Anda membelinya.

  129. Gan saya mau beli oppo f1s bagaimana garansi spek dllnya?
    Kalo rekomendasi di harga 2-3,8 rekomendasiin apa gan?

  130. hp saya samsung s7 dri tgl pembelian 3 hari rusak panas tiba tiba. apakah hal ini bisa diganti unit langsung apa mmg harus di reparasi? setahu sy kalo bei biasanya ada garansi ganti unit langsung sebelum satu bulan trims

  131. 5 hari lalu aku bli hp niat nya si beli xiomi redmi 2a dy bilang ga keluar,trs aku nanya lagi lenovo 6000 jwabanya pun sama,lalu sya di tawarkan hp APLUS GEN5 dngan harga 1,2 ram 2gb sya pun akhirnya beli dan 5 hari itu sy pakai hp nya cepat panas,rencananya gini pa sya pngen di tuker hp nya,kira2 bisa ga ya??

  132. Saya mau tanya pak, hp saya samsung galaxy j7 kaca kamera belakangnya tiba-tiba pecah. Padahal tidak saya tindih pake benda apapun itu, dan setiap saya taruh di meja selau saya kasih alas untuk ngelindunginya (karena kameranya agak menonjol). Saya beli bulan juli 2016, apakah itu masuk garansi atau tidak? Terima kasih.

    1. Bu Shafira Pratiwi,

      Normalnya tidak digaransi. Tinggal pintar-pintarnya Anda beradu argumen dengan petugas di pusat perbaikan resmi deh.

  133. pak saya mau pakek garansi tapi kotaknya udah hilang isi masih lengkap, karna saya pisahan sebelumnya hp baru 8 bulan..masih bisa berlaku garansinya?

    1. Pak Rauza,

      Boleh tahu Anda memakai ponsel merek apa? Ada pusat perbaikan resmi yang mewajibkan pengguna membawa kartu garansi, ada pula yang tidak.

      Kalau wajib membawa kartu garansi, berarti Anda tidak bisa melakukan klaim garansi. Lha kardus berisi kartu garansinya kan hilang. Namun, tak ada salahnya tetap mencoba mampir ke pusat perbaikan resmi sih.

  134. Hape saya pecah, tiba2 jatuh gara2 ada telp. Karena getar terus jatuh waktu di charge . bisa di klaim kan kah ke servis center oppo?? Hape saya oppo R5

    1. Pak Zzz,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Kalau yang Anda maksud adalah klaim garansi dan meminta perbaikan gratis, saya yakin tidak bisa. Anda harus membayar biaya perbaikan dan penggantian suku cadang tersebut.

  135. Hp Saya samsung galaxy j1 2016 Baru beli juli lalu. Kira2 2 minggu lalu layarnya tiba2 berkedip2 sendiri seperti lampu disko. Begitu juga ketika layar meredup akan berkedip2 kembali. Dan ketika layar terkunci, ketika ingin membuka kuncinya layarnya hitam dan perlu dipencet berkali2 atau hp direstart jika saya sudah hilang kesabaran. Padahal hp saya tidak pernah terjatuh sejak dibeli. Apakah ini bisa diklaim garansi? Saya beli hp di erafone. Dan biasanya kalau klaim garansi diterima bisa berapa lama hp akan dikembalikan kepada kita? Trims

    1. Pak Ulil,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Bisa klaim garansi. Perlu waktu berapa lama? Teknisi di pusat perbaikan resmi Samsung yang bisa menentukan.

  136. Pak mau nanya. Saya rencana mau beli samsung s7 edge. Saya liat d tokopedia ada yang jual lebih murah 1,8 juta dari harga resmi sperti yg d jual d erafone, oke shop nll. Tapi dsana dinyatakan garansi internasional ( singapura). Claim garansi dibantu penjual katanya. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah agak terlalu berisiko membeli samsung s7 edge yg tidak pakai garansi sein? Berhubung masalah samsung yg sering terbakar sprti note 7 dan saya liat d berita jg ad yg terbakar d s7 edge.
    Mungkin saran dr bapak bagusnya hp flagship untuk skrg apa y tp ad slot kartu sd nya?

    1. Pak Ares,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Sangat berisiko. Jangan dibeli deh.

      Hmmm… mending wait and see dulu. Menjelang akhir tahun setidaknya ada dua ponsel flagship yang diduga keras menarik.

  137. 2bln lalu bli j1 mini di topedia,lyarnya ngeblank pth,kdang smbuh,nti blank lg..trakhr ngeblank ga smbuh lg ,knp ya bos..apakh bsa klaim garansi..oy Minta recomend bos ,android dbwah 1,5 jt ram minimal 1gb..tks

    1. Pak Judika,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Ponsel Samsung selain seri S dan Note kan memang jelek. Lakukan klaim garansi deh.

      Beli Infinix Hot 3 X553 saja deh. Harga Rp 1,499 juta.

  138. pak mau tanya,,

    saya pake redmi3 ,,dan sekarang layar hp gak respon garansi 1 tahun,,pemakaian baru 6 bulan,apa bisa pake garansi ?

    dan kira bayar gak?

    1. Pak Yobie Irfandi,

      Redmi 3 tidak masuk resmi ke sini. Berarti, punya Anda tanpa garansi resmi ya. Coba saja digaransikan. Seharusnya sih nggak bayar. Namun, karena ini unit tanpa garansi resmi, seringkali ada kebijakan yang ajaib.

  139. Saya baru beli hp xiaomi redmi note 3 , baru engeh karena mau download line di play store , nah trus di play store nya bisa nya download make wifi terus gak mau make data .pdhal kouta lg banyak. Itu kenapa ya? Tolong info nya dong

    1. Pak Erin,

      Coba masuk ke menu Download. Berikutnya, tekan tombol hamburger (tiga titik) di kanan atas. Lalu pilih settings, download size limit, dan ubahlah ke unlimited.

  140. Saya pakai oppo f1 plus charger hpnya hilang apakah bisa diganti kalau pke kartu garansi? Kartu garansi saya belum ada 1 tahun. Saya mau beli baru ternyata 1 set charger harganya 600 rb mahal bgt

    1. Bu Kiki Hellen,

      Kalau charger hilang ya mesti beli sendiri. Nggak bisa minta baru secara gratis dengan alasan masih dalam masa garansi resmi.

  141. bismillah

    pak, saya mau tanya
    kalau sensor sidik jari tidak berfungsi, apakah termasuk garansi?
    hp saya xiaomi redmi 3 pro garansi bless

    1. Bu Indana,

      Ya, termasuk dalam jaminan garansi.

      Waks… ternyata ponsel Anda tanpa garansi resmi ya. Semoga bisa diklaimkan deh.

    1. Bu Rita,

      Biasanya tidak. Namun, khusus baterai tanam, kadang masih bisa diperjuangkan untuk klaim garansi, asalkan terjadi pada enam bulan pertama.

  142. Hp sy asus zenpad c.70, sy baru dibeliin juni kemarin, dan sekarang layarnya pecah karena jatuh tp masih berfungsi karna pecahnya hanya dibagian ujung layarnya. sy baca diatas garansinya hangus. apa tidak ada harapan lg ?? apa kalo sy tetap g ganti layarnya hpnya masih bisa jalan tanpa kendala dikemudian harinya ?? mohon pencerahaannya. terimakasih.

    1. Pak/Bu Qwsle Ramora,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Ya, layar pecah tidak termasuk dalam jaminan garansi.

      Kalau Anda melakukan penggantian layar, tablet itu akan kembali berfungsi normal seperti sediakala. Btw, sekarang pun masih berfungsi kan? Kalau iya dan pecahnya tidak terlalu mengganggu, lebih baik tak usah diganti dulu deh.

    1. Pak Garid,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Apakah yang Anda maksud screen bleeding? Biasanya tidak bisa. Kecuali, hal itu terjadi massal pada banyak pengguna dan produsen kemudian mengeluarkan kebijakan khusus.

  143. Pak Herry,

    kalo misal saya mau beli ASUS ZENFONE 2 LASER yg masih seri ZE500KG hari ini atau bulan depan apakah garansinya juga 1 tahun Pak? Mengingat yg seri tsb termasuk ponsel lawas yg setahu saya tanggal rilisnya pertengahan 2015

    terimakasih

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Ya. Namun, ponsel itu sudah nggak menarik karena tidak mendukung layanan 4G LTE lho. Dengan harga jual berbeda Rp 100 ribu saja dibandingkan ZE500KL, mending beli yang ekor KL deh.

  144. selamat pagi pak, senang membaca tulisan dan komentar2 di halaman bapak ini karena menambah pengetahuan saya 🙂

    pak saya mau tanya, saya punya hp andromax ec, tiba2 touchscreen tidak respon, apakah ini pasti kerusakan hardware touchscreen itu sendiri? atau ada kerusakan bagian lain?
    seingat saya tidak pernah kena air sih…
    apakah bisa diatasi sendiri atau harus dibawa ke servis center?

    masalahnya hp andromax ec saya itu sudah saya root, apakah garansi masih berlaku?

    mohon pencerahannya

    terima kasih banyak pak..

    salam

    1. Pak Rianto,

      Tidak bisa dipastikan sebelum dicek oleh teknisi. Biasanya sih karena kerusakan hardware.

      Kalau ketahuan pernah di-root, garansi bakal hangus.

  145. gan saya punya Hp Xiaomi Note 3 pro pemakain belum sebulan tetapi saya mengalami kecelakaan yang membuat hp saya rusak casing dan layarnya walaupun kerusakanya gak parah..kalau kasus saya bisa garansi tidak ya?

    terimaksih

    1. Pak Asep,

      Setahu saya, Xiaomi malahan belum pernah mengeluarkan ponsel bernama Note 3 Pro.

      Apa pun tipe sebenarnya dari ponsel Anda, kalau casing rusak biasanya tak bisa diklaimkan garansi. Layar rusak? Pecah atau gimana nih? Kalau pecah, hal itu juga tidak dapat diklaimkan garansi.

  146. Pak Herry,

    Adik saya baru aja beli redmi pro dengan garansi WII,
    pertanyaannya apakah kartu garansi harus dikirimkan ke WII agar garansi dapat digunakan dikemudian hari?

  147. Pak herry saya lagi binggung mau beli xioami redmi pro 2,6 jt dengn garansi distributor atau xiaomi redmi note 3 2/16 2,3jt dengan garansi resmi,kasih pencrhan dong,.,dan kalau buat bajet 3jt hp apa yang bagus??

    1. Pak Wandes,

      Saya malahan baru dengar ada ponsel bermerek Xioami. Sudah beredar resmi ya?

      Dengan anggaran Rp 3 juta, ponsel jagoan saya Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta.

  148. Mas hp saya rusak karena jatuh! nah saya kan mau service di resmi , saya cari service center sony tapi tertetra TAM,nah di box hp saya ga tertera nama garansi apapun!!
    apa bisa saya tetap service di service center tersebut ?? ga apa” walaupun kena biaya

    1. Pak Herman,

      Ponsel Anda aslinya bergaransi resmi kan? Kalau iya, bisa dibawa ke pusat perbaikan resmi Sony, baik yang dikelola TAM maupun Teleplan.

  149. konsumen sering dibohongi “engkoh engkoh”, bilang nya garansi tapi garansi apaan tau , padahal bukan garansi resmi

    1. Pak Mahrez,

      Bukan hanya engkoh engkoh sih. Bisa juga tacik-tacik, mas-mas, mbak-mbak, om-om, dan tante-tante. 🙂

  150. Pak saya mau tanya

    Semisal kita beli hp, udah digunain 7 bulan dan hp itu tidak rusak sama sekali,,,, berarti tidak ada kerusakan dari pabrik,,,,, nah fungsi kartu garansi buat apa ya pak?

    Mohon di balas terimakasih 🙂

    1. Pak Raka,

      Untuk jaga-jaga kalau lima bulan berikutnya rusak tho. Masa garansi ponsel kan biasanya 12 bulan alias setahun.

  151. Pak mau tanya keluhan hp saya lcd pinggir hp bergaris jika dimatikan agak lama ,lcd pinggir sudah hilang ,trus saya coba browsingan bentar,lcd nya kembali bergaris.Itu masih brgaransi tidak pak?…mohon dibalaz

    1. Pak Ganang Widodo,

      Coba Anda klaimkan garansi dulu. Kalau tidak ada tanda-tanda pernah terjatuh, tertekan, atau terbentur, masih ada peluang bisa digaransikan.

    1. Pak Ganang Widodo,

      Asalkan tidak terlihat bekas jatuh, Anda masih bisa beradu argumen untuk mengajukan klaim garansi.

  152. Pak, saya mau tanya jadi awal tahun 2016 saya beli iphone 5s, dan garansi 1 tahun, tapi setelah kira2 7bulan memakaian hp nya mati tiba-tiba saat saya charge, pas saya coba nyalakan lagi hanya muncul logo apple saja, dan itu berlangsung lama hingga berjam2, kemudian saya bawa iphone saya ke toko tempat saya pertama membelinya, dengan menggunakan kartu garansi, mereka bilang proses perbaikannya kira2 1-3 bulan, dan sekarang sudah 3 bulan lebih, kemudian mereka malah mengatakan akan membeli iphone saya dgn harga yg lebih rendag dr awal saya membelinya karena iphone tsb tidak datang juga (saya di kalsel dan katanya hp dikirim untuk di service di jakarta) , saya harus bagaimana?

    1. Bu Brendha Qualani,

      Boleh tahu dulu iPhone 5s tersebut bergaransi apa? Sebab, jawaban itu menentukan rekomendasi yang akan saya berikan.

  153. Mau tanya nih pak herry,, mi4i saya tiba2 hardbrik (mati total). Di charger nggk mau, di mode recovery/fastboot gk mau juga,, tpi kadang klo di tekan tombol power cukup lama, bisa muncul icon “mi” cuma nnti mati lagi.
    Itu jenis kerusakan apa ya? Dan apakah bisa di perbaiki di SC soalnya dlm keadaan HP doang, kardus dan kartu garansinya ketinggalan di desa, kalau pun bayar gk masalah, soalnya aq ragu untuk servis di tukang servis biasa

    1. Pak Najib JP,

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi untuk dicek dan dicarikan solusi terbaik. Eks-garansi resmi ya?

  154. Permisi pak.., hp Xiomy saya layarnya pecah.., karena kesalahan sendiri …, Apakah bisa sya mengklaim garansi..?? btw hp nya merek Xiomy note 1 w baru beli sekitar 1 bulan yg lalu

    1. Pak Fajar,

      Saya malahan baru dengar ada ponsel bermerek Xiomy.

      Ponsel yang layarnya pecah karena kesalahan pengguna biasanya tak bisa digaransikan.

  155. mas saya mau nanya.. hp saya kan xioami redmi 2 prime.. baru saya pakai 1 bulan sudah rusak.. terus saya garansikan,, kata selesnya nggk lebih dari 2 bulan sudah jadi.. tapi sampai sekarang sudah 4 bulan hampir 5 bulan nggk jadi jadi kenapa ya mas… ketika saya tanyakan terus . jawabnya belum jadi terus…

    1. Pak Reza,

      Saya malahan baru tahu ada ponsel merek Xioami. Berarti, itu pasti tanpa garansi resmi ya. Ya begitulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi.

    1. Pak Najib JP,

      Benar. Gawai yang masa garansi resminya sudah habis tetap bisa diservis di pusat perbaikan resmi. Namun, konsumen akan dikenakan biaya.

    1. Bu Brendha Qaulani,

      Kalau benar bergaransi resmi, klaim garansinya seringkali membutuhkan waktu 3-4 bulan. Jadi, ya terpaksa harus bersabar deh. Untuk mempercepat, tak ada salahnya mengeluh lewat surat pembaca koran paling terkenal di kota Anda.

  156. Pak Herry, saya mau nanya nih.
    Tanggal 4 november kn saya beli hp xiaomi redmi 3 pro wktu itu saya beli 1,8 jt dan itu saya tawar, harga aslinya 1,85 jt. Kemudian saya beli dan bawa pulang. Kemudian saya cek pengaturannya, di pengaturan tersebut ada tulisan MODE MUDAH dan MODE ANAK-ANAK. Ya karena saya sudah tahu mode anak-anak itu apa, kemudian saya penasaran dan mencoba mode mudah tadi. Saya mikirnya mungkin tampilannya akan terlihat lebih simpel. Tetapi setelah saya coba hpnya lngsung restart sendiri. Oke saya tungguin tapi lama bnget cuma stuck di bagian simbol MI kemudian saya reset berulang-ulang tetap begitu. Akhirnya saya mau claim garansi. Stelah di periksa mbaknya, katanya hpnya itu ngeupgrade. Lah padahal saya ga ngeupgrade. Terus kata mbaknya tunggu besok soalnya mau dihabiskan dulu baterainya kemudian di nyalakan. Besoknya saya datang lagi. Kata mbaknya tetep ga bisa. Akhirnya saya claim garansi. Tapi mbak itu ngasih alternatif lain. Katanya si mbak itu udah nanya ke tempat servis hp sebelah katanya data xiaomi redmu 3 pro nya ga ada, nah mbak ini ngasih saean buat ke tempat servis lain. Tapi karena saya ga punya uang lagi gara” beli hp itu, akhirnya saya claim garansi. Tapi mbak itu mengungatkan kalo garansi xiaomi lama satu bulanan katanya. Oke satu bulan masih bisa saya nunggu. Terys saya yakin buat claim garansi dan kata mbak itu ada biaya ongkir 50rb. Yaudah saya iyakan saja. Tetapi sampai hari ini hpnya belum ada. Saya sms mbak itu katanya mungkin bisa jadi 2 atau 3 bulan. Yg mau saya tanyakan.
    1. Mode mudah pada xiaomi itu apa sih?
    2. Kira” garansi hp xiaominya emang 2 atau 3 bulan ya?
    3. Garansi hpnya itu dari Bless, apakah itu garansi resmi?
    4. Menurut pak Herry, apakah itu kesalahan saya sehingga harus membuat saya membayar? Kalo pun harus membayar, kira” berapa yg harus saya bayar?
    5. Dan ongkir itu, saya curiga itu saya di curangin soalnya saya nawarnya hpnya kurang 50. Apakah memang ada ongkir untuk garansi?
    6. Apakah saya bisa protes dan minta kembalian uang? Atau bisa protes agar dipercepat atau pun protes dengan biaya ongkitmr tsb?

    Saya jadi kecewa dengan pelayanannya. Saya tau tugas mbak itu memang untk meyakinkan konsumen agar membeki produk tsb. Tetapi mohoj untuk tidak hanya meyakinkan tpi hrus berbohong.
    Terimakasih pak herry, maaf ya agak panjang. Mohon pencerahannya. Sukses terus pak!

    1. Pak Saka Pahleza,

      Setelah membaca paparan Anda, ponsel yang Anda beli pasti tanpa garansi resmi. Bakal capek deh kalau sampai terjadi sesuatu dengan ponsel itu.

      1. Mengubah tampilan home screen menjadi lebih sederhana. Cocok dipakai oleh lansia yang sebelumnya tak pernah memakai ponsel pintar.

      2. Lha ponsel Anda tanpa garansi resmi. Waktu yang dibutuhkan untuk klaim garansi serba tak pasti deh.

      3. Tidak. Bless bukanlah mitra resmi Xiaomi.

      4. Bukan kesalahan Anda. Seharusnya gratis total.

      5. Kalau di kota Anda tidak tersedia service center, wajar petugas toko minta ongkos kirim. Namun, kalau ada service center, seharusnya Anda tidak dipungut ongkos kirim.

      6. Tergantung poin nomor 5.

  157. Pak herry, setelah saya tanyakan iphone 5s saya itu katanya garansi resmi, lalu bagaimana rekomendasi pak herry?
    .terimakasih

    1. Bu Brendha Qaulani,

      Tadi saya sudah menjawab pertanyaan serupa deh. Silakan cek jawaban saya di pertanyaan Anda sebelumnya.

  158. kalau barang yg dibeli online gimana?
    ada yg dikirim kondisi tersegel dan ada yg dibuka dulu buat pendaftaran garansi dan cek kelengkapan. berarti yg tersegel kartu garansinya kan tidak diambil buat didaftarkan.
    bagaimana barang yg dikirim tersegel? apa garansinya tetap berlaku?

    1. Pak Ian,

      Ponsel yang dibeli online seharusnya Anda terima dalam kondisi masih segel. Tak boleh dibuka dulu dengan alasan apa pun.

      Kalau kardus masih segel, bagaimana dengan kartu garansinya? Tak masalah sih. Garansi tetap berlaku. Nomor IMEI ponsel itu kan terdaftar di sistem. Jadi, tetap bisa dikenali saat Anda membawanya ke pusat perbaikan resmi ponsel tersebut.

  159. Pak saya mau tanya.
    Saya baru setengah tahun beli hp coolpad, la sekarang LCD nya rusak karena terjatuh. Apakah hal itu bisa masuk dalam kategori garansi?
    Trima kasih.

  160. Saya mau tanya, saya baru beli hp samsung j5 prime tgl 2 desember kemarin tapi gak sampe 2 minggu jaringan sinyal hilang ada tanda lingkaran di coret. Saya sudah reset ke pengaturan pabrik sampe 4 kali, tapi tetap tidak bisa. Coba saya bawa ke SC samsung,sudah 4 hari tidak ada kabar dari teknisinya. Apa mungkin teknisinya tidak bisa mengatasi kerusakan atau gimana ya pak,atau apa jika tidak bisa di perbaiki di SC apa bisa minta ganti unit? Padahal hp nya tidak jatuh ataupun kemsukan cairan. Mohon pencerahannya

    1. Pak Risky,

      Karena masih bergaransi resmi, tak peduli teknisi bisa mengatasi atau tidak, harus ada solusi jelas yang diberikan oleh pusat perbaikan resmi Samsung. Entah dengan penggantian mesin atau satu unit utuh.

      Coba ditunggu sampai genap satu minggu baru Anda mampir ke pusat perbaikan resmi Samsung lagi. Solusi terakhir adalah mengirimkan surat pembaca. Belakangan ini kualitas layanan pusat perbaikan resmi Samsung memang menurun cukup signifikan.

  161. Pak Herry, problem nya hp saya Lenovo zuk z1 sudah di klaim dan saat ini posisi nya sedang di service Center.. kabarnya sih lama selesainya, karena tunggu spareparts dari China nya datang dulu mereka bilang. Garansi nya habis bulan April tahun depan. Yang saya khawatirkan service nya belum selesai, dan masa garansi nya habis. Bagaimana jika garansi habis tapi barang belum juga selesai di perbaiki oleh sc nya, apakah ada pergantian hp yg baru atau kah saya harus membayar biaya lagi.. mohon bantuannya pak Herry.

    1. Pak Nugraha,

      Saya sering mendapatkan keluhan terkait service center Zuk. Jadi, kayaknya memang harus punya stok kesabaran yang banyak.

      Hal yang perlu Anda ketahui, di Indonesia Zuk sama sekali tidak ada kaitannya dengan Lenovo Indonesia. Lenovo Indonesia tidak terlibat dalam proses impor, distribusi, penjualan, dan penyediaan layanan purna jual Zuk.

      Terkait kasus Anda, ponsel saat ini masih menginap di service center Zuk kan? Kalau iya, biarpun barang baru selesai setelah garansi habis, Anda masih berhak mendapatkan klaim garansi. Seharusnya tak ada biaya yang akan dikenakan kepada Anda.

  162. Hallo pak,
    sy mau bertanya, hp sy bru dibeli sudah 1minggu pemakaian.. hp nya sih lancar dan oke oke saja.. tipenya zen 3 max dg uk batrei 4100mah..
    bergaransi tam 1thn..

    masalahnya adalah, krn ini hp batre nya bsar, makanya jarang lowbat, krn baru pake 1mnggu, charger nya baru 4x.. pas mau nge charge hp tadi, eh 3detik awal charging,lepas dri 3detik charging lagi, begitu seterusnya..

    sya jadi bingung, apa sya harua lakukan??
    ini kesalahan sy atau dri charger nya?

    krn wkt sya men charger hp ini pke charger samsung yah lancar saja..

    berikan saya info yah pak..
    trims

    1. Bu Ninie,

      Anda menuliskan “tiga detik awal charging” lalu “lepas dari tiga detik (saya terjemahkan sebagai setelah tiga detik) charging lagi”. Berarti, kan charging terus dong. Sudah benar kan?

      Atau, ternyata yang Anda maksud adalah proses charging-nya putus nyambung? Kalau iya, sumber masalah kemungkinan di kepala charger atau kabel charger. Dugaan ini muncul karena ponsel bisa di-charge dengan baik kala Anda padukan dengan charger Samsung.

      Solusinya, bawalah ponsel dan semua kelengkapannya ke pusat perbaikan resmi Asus. Lakukan klaim garansi atas kepala charger dan kabel charger. Biarkan teknisi di sana yang menelusuri sumber masalahnya di mana.

  163. Siang pak herry
    Hp saya lenovo a2010 mati total, saya bli hp tanggal 7-11-2016, rusak tanggal 14-11-2016, awal kejadian d tempat saya tinggal listriknya padam sampai 2 hari lamanya jd hp saya baterainya kosong, setelah listrik menyala saya carhger hpnya setelah menunggu 30 menit kok ngak ada tanda² kehidupan pikir saya, setelah menunggu sekian lama tanda² kehidupan pun tak kunjung datang, akhirnya tanggal 15-11-2016 saya kembali ke toko hp saya masuk garansi untuk d perbaiki, trus keesokan harinya saya cerita sama teman,
    Trus temen saya bilang menurut pengalamannya klo garansi tam jika kerusakan kurang dari 2 minggu seharusnya d ganti dengan unit baru.
    Pak herry apa iya garansi tam itu klo kerusakan kurang dari 2 minggu di ganti dengan unit baru.
    Terima kasih

    1. Pak Dan Dika,

      Kalau membaca kronologisnya, ponsel Anda mestinya tak perlu sampai diserahkan ke toko untuk diklaimkan garansi. Kemungkinan besar baterai ponsel Anda terlalu kosong sehingga charger tak mampu “mengangkatnya”.

      Solusinya, Anda cukup mampir ke tempat servis milik perorangan, serahkan baterai ponsel, dan bilang “tolong baterainya dikejutkan”. Ongkosnya maksimal Rp 10 ribu dan tuntas dalam 5 menit. Usai dikejutkan, baterai itu tinggal Anda charge lagi seperti biasa.

      Namun, karena kini sudah terlanjur dibawa ke service center, berarti Anda mesti mengikuti prosedur resmi yang berlaku di sana.

      Garansi TAM kalau rusak sebelum dua minggu akan diganti baru? Tidak benar. Garansi yang ditangani oleh TAM, dalam pantauan saya, malahan cenderung buruk. Untungnya pusat perbaikan resmi Lenovo dikelola oleh beberapa mitra. Selain TAM, ada mitra lain yang lebih bagus.

  164. Pak herry, saya sblumnya ingin bertanya stelah di bingungkan akan 2 pilihan smartphone yaitu samsung S6 edge dan samsung S7..
    Saya ingin membeli diantara 2situs belanja online yaitu BUKALAPAK dan TOKEPEDIA, hrganya pun bervariasi, dan hal yg saya bingun dan mmbuat penasaran, knpa Samsung bergaransi SEIN lebih mahal ketimbang Samsung bergaransi Internasional?? Apkah ada perbedaan kemungkinan barang KW kah?? Seandainy saya membeli Samsung bergaransi Internasional,,bilamana masa garansi sudah lwat ataupun kerusakan ponsel dri pihak pengguna sndiri, apakah ada suku cadang dan bisa diperbaiki di SC yg trsebar di indonesia??

    1. Pak Agus Daryanto,

      Ini yang Anda maksud Bukalapak dan Tokopedia (bukan Tokepedia) kan?

      Tidak ada ponsel Samsung bergaransi internasional. Itu cuma istilah yang dipakai pedagang agar barang dagangannya cepat laku. Padahal, status garansinya sebenarnya tidak berlaku di Indonesia. Biarpun Anda bersedia membayar, pusat perbaikan resmi Samsung di Indonesia takkan bersedia melayani Anda.

      Jadi, kesimpulannya, pastikan membeli ponsel Samsung bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Jangan beli yang dibilang bergaransi distributor, bergaransi internasional, atau istilah lain.

  165. maaf pak mw tanya,hape xioami saya kacanya retak,di klaim bisa apa tidak,kemaren sdh saya coba,apa benar xioami itu garansinya cuman mesin

    1. Pak Muji,

      Xioami atau Xiaomi?

      Kaca retak memang tidak termasuk dalam jaminan garansi. Kebijakan itu berlaku untuk garansi resmi aneka merek ponsel, bukan cuma Xiaomi.

      Garansi resmi Xiaomi bukan hanya mesin kok. Anggaplah layar ponsel Anda tiba-tiba padam total dan tidak ditemukan bekas benturan, jatuh, atau cairan. Layar itu bisa diklaimkan garansi kok.

  166. Saya mau tanya ponsel saya iphone 4s terjatuh dan bagian headsetnya itu udah nggak bisa dicolokin lagi soalnya mendelep gitu. Saya belinya masih garansi sampai juli 2017 nanti. Bisa nggak ya kalau saya claim garansinya?

    1. Bu Mutia Choirul Nisa,

      Seharusnya tak bisa diklaimkan. Itu termasuk klausul kerusakan karena kesalahan/kecerobohan pengguna.

  167. Pak Herry, saya ingin bertanya lagi nih?? Kan saya melihat salah satu seller di situs online shop (tokopedia) mnjual hp samsung galaxy S7 edge dngan harga 6.5jtaan, saya lihat ulasanya sih *Samsung garansi SEIN* dan barang msih BNIB* 100% Original* pdhal kan saya liat2 di pelapak lain harga samsung galaxy S7 di Indonesia msih kisaran 9jtan.
    setelah saya telusuri dri pihak sellerny dan saya tanyakan ke seller ny langsung trnyata alsan knpa brang saya(sller) bisa lbih murah dri hrga plapak lain dikarenakan barang kami tdk mengantongi surat izin bea&cukai..apaitu bsa jdi alasan alsan sller untk berani mnjual hrga smurah itu untk ponsel skelas premium…??
    >mohon pencerahany mas herry:)

    1. Pak Agus Daryanto,

      Ha… ha… ha… ada ya penjual yang berkilah seperti itu. Saran saya, abaikan penjual tersebut. Penjelasan awalnya saja sudah nggak logis, apalagi kalau Anda nekat bertransaksi dan bermasalah.

  168. Om mau tanya nih, saya baru beli hp oppp neo 7, dan hasilnya saya kecewa berat, dikarenakan charger saya yang tiba2 rusak tidak mau mengirim daya padahal tidak ada jatuh atau masuk ke air, saya pergi ke tempat saya beli katanya kalau charger itu tidak termaksud dalam asuransi, padahal di buku asuransi saya baca kalau asesoris termaksud charger bisa di asuransikan.untuk selanjutnya gimana dong om herry? Saya beli di pematang siantar, di graha seluler, apa saya mesti ngotot karena merasa ditipu atau memang saya yang salah?
    Saya gak suka ditipu seperti ini. Om Bagaimana caranya biar itu graha seluler tidak boleh/laku jualan lagi?

    1. Pak Koko,

      Asuransi? Mungkin yang Anda maksud adalah garansi ya. Charger juga digaransi kok. Namun, jangka waktunya tidak selama garansi ponsel.

      Saran saya, Anda lebih baik langsung datang ke pusat perbaikan resmi Oppo dengan membawa kartu garansi, nota pembelian, dan charger yang rusak.

      Cara agar Graha Seluler tidak boleh jualan lagi? Wah, saya tak tahu.

  169. Saya tidak mau datang ke graha seluler lagi, apakah saya bisa datang ke toko lain yang memang toko resmi oppo di daerah siantar ini, untuk mengambil hak garansi saya, kebetulan saya baru beli 2 minggu tapi charger saya rusak, penjual selalu bersilat lidah, pertama dia bilang kalau charger tidak masuk dalam garansi, tapi setelah saya jelaskan yang saya ketahui, kemudian dia bilang kalau kerusakan yg alami itu dapat digaransikan, sementara itu memang rusak alami, saya tidak gila merusakkan charger saya sendiri kemudian saya minta garansi, tapi penjual selalu bersilat lidah, om bisa dijelasin kenapa graha seluler selalu berbelit, padahal kan itu tidak merugikan dia karena itu memang garansi resmi, bukan garansi toko.
    Saya juga mau tanyak ni om, kebetulan teman saya juga mengalami hal yang sama di graha seluler, saya baru kenal kemarin kebetulan dia juga ingin charger hp samsung j1 yang rusak digaransikan juga, charger dia rusak karena kesamber petir, apakah itu juga tidak masuk dalam kategori garansi?
    Dia baru beli 3,5 bulan
    Terimakasih om herry maaf banyak tanya dan jadi curhat,

    1. Pak Koko,

      Klaim garansi, baik merek Oppo maupun Samsung, dilakukan dengan datang ke pusat perbaikan resmi ponsel tersebut. Bukan dengan datang ke toko tempat Anda melakukan pembelian.

  170. Selamat siang ,mohon pencerahannya,apakah garansi masih berlaku untuk andromex yg sudah di unlock,terimakasih.

  171. pak. garansi star mobile itu bagus tidak ya, soalnya td diskusi kl garansi yg di kasih dr win, tp ternyata yang datang dari mobile star. krn jg baru dengar mobile star itu.
    trmksih

  172. Om numpang tanya,, sy beli galaxy j5 2016 kmrin bulan 9 thun 2016,, bru 2-3 bln pake,,, ini layar luar/toucshcreenys retak,,tp lcd yg dlm gak apa2,,, apakh ini bs digaransikan ke SS center,, dan bila tdk bs digaransikan,,apakh galaxy J5 Bs diservice diganti Touchscreenya saja ,,tanpa mengganti LCD amolednya,,, trmkasih

    1. Pak Darto,

      Tidak bisa.

      Pusat perbaikan resmi Samsung dapat membantu memperbaikinya, tapi Anda harus membayar biaya perbaikan dan penggantian suku cadang. Saya tak tahu harus diganti satu paket atau bisa terpisah.

  173. Om herry terimkasih banyak ya atas pencerahanya, terimakasih atas infonya, om herry banyak membantu orang tampa pamrih, layak dipuji 🙂

  174. Halo pak, slam kenal. Mhon bantuanya pak, sya baru sja membeli iphone5s beberpa hari yang lalu disalah satu distributor iphone di kota sya.naun hnya berselang dua hari iphone sya mengalami kerusakan tiba2 mati stngah lcd dlam artian gak ngerespon touch screen nya. Stlah dibawa kembali kedistributonya malah hanya dapat service sdangkan saya berharap iphone sya di replace krna iphone yg sya beli bergaransi international. Bagaimna sharusnya klaim garansi berdsarkan aturan yg sebenarnya pak, mhon bantuanya pak.tks

    1. Bu Dsinta,

      Kalau membaca paparan Anda, saya yakin unit yang Anda beli bukan bergaransi resmi. Jadi, klaim garansinya ya suka-sukanya penjual deh. Anda sebagai konsumen harus banyak berdoa.

  175. Sore ko, ko mau tnya, ini saya ditawarin temen, hp samsung j7 prime, cuman garansinya kok TAM y ko, minta pencerahannya ko. Makasih

    1. Bu Elsa Ardianasari,

      Normalnya tidak. Namun, ada ponsel tipe tertentu yang memberikan garansi atas kerusakan layar selama jangka waktu tertentu. Boleh tahu merek dan tipe ponsel Anda?

  176. Misi pak, berbagi pengalaman & numpang tny, sy pake sony e4 dual msh dlm ms garansi, hp sy nyemplung ke air & akibatnya touchscreen mati, awalnya smpt ragu mau klaim, sy kira ttp kena biaya krn kesalahan pengguna, akhirnya smpe tinggal H-1 hari jelang hbs ms garansi sy coba klaim ke sc sony solo, kmdian hp hrs nginep dl -/+ 3 minggu krn hrs dikirim ke sc sony pusat di jkt. 3 minggu kmdian sy dihub sm sc sony solo bhw hp sdh jd&siap diambil, pas tny ongkosnya dijawab free, legaaa hehe, rupanya nggak hny diganti touchscreenya aja tp diganti unit baru, sy tahunya pas drmh sy cocokkan imeinya beda dgn yg di dus book. Kira2 itu bnr2 asli unit br apa hny semacam refurbish gt ya? Terimakasih sblmnya

    1. Pak Radiet,

      Wah, mantap banget. Padahal, seharusnya klaim garansi Anda ditolak tuh.

      Tak bisa dipastikan unit baru atau refurbished. Biasanya sih unit baru. Kalau pun refurbished, kualitas refurbished pabrikan bagus kok. Beda dengan refurbished abal-abal yang lebih mengarah ke rekondisi.

  177. Maaf mau tanya, saya baru beli hp J7 prime pertengahan bulan desember 2016, beli di daerah kuningan jabar, sekarang saya ada di tangerang, nota pembelian ada di kuningan dan kartu garansi blm di isi sama tgl pembelian dan cap toko nya. Hp saya ada masalah di layar nya, ada titik putih pada layar nya. Saya yakin itu bukan kesalahan penggunaan, karena saya jarang peke dan jarang di bawa keluar, saya mau tanya, jika di lihat dari masalah seperti itu, kira2 bisa di klaim dan prosedur nya gimana, apa bisa di perbaiki di service center yg ada di tangerang, dg tanpa ada isi tgl pembelian dan cap di kartu garansi nya, terima kasih

    1. Pak Ije,

      Bisa. Tak masalah tidak ada cap di kartu garansi. Silakan ke pusat perbaikan resmi Samsung terdekat dengan membawa ponsel, nota pembelian, dan kartu garansi.

  178. Bang saya baru beli hp samsung galaxy j2 prime, tapi kok hp saya aksesorisnya tdk lengkap ya,
    Hp temen saya aksesorisnya lengkap seperti carger, hadsat, memory, case, dan anti gores. Tpi kok saya cman carger dan hadset, kekurangngan iru bisa digaransikan gak

    1. Pak Ardian,

      He… he… tidak bisa. Garansi itu menjamin bila terjadi kerusakan, bukan ketidaklengkapan paket penjualan.

  179. Assalammualaikum pak herry.. saya membeli hp samsung J1 2016 di konter,setelah 1 bulan di pakai saya menggaransikan hp saya ke konter tersebut di karenakan hp saya ada yang konslet, hp saya setelah di ambil kembali, kenapa tidak bisa cek kode rahasia samsung. Kata si engkohnya sih itu kaga masalah, tapi saya curiga itu hp replika(super coppy) .
    Intinya apakah bisa hp saya di garansikan lagi

    1. Pak Angga,

      Intinya Anda ragu dapat ponsel replika kan. Silakan datang sendiri ke pusat perbaikan resmi Samsung. Mintalah petugas di sana untuk memeriksanya. Kalau Anda kebetulan memiliki lembaran bukti servis (berupa formulir atau tanda terima), itu sebaiknya juga dibawa.

  180. mas mau tanya kalo mau pake garansi oppo kan pake faktur pembelian dan kartu garansi,kalau faktur pembeliannya hilang masih berlaku nggak ya garansinya?

    1. Pak Farikha Aulia,

      Masih bisa disiasati dengan bilang kalau ponsel itu barang hadiah. Jadi, cuma ada kartu garansinya. Tak ada nota pembelian.

  181. maaf pak, saya mau tanya, saya baru beli hp xiaomi 3s, saat itu saya belum mengerti tentang garansi resmi dan garansi distributor, baru 1 minggu hp saya tidak bisa di cas, satiap saya pasang kabel selalu terputus, saya bawa kembali ke toko dan mas nya menyarankan untuk garansi dikirim ke pusat di Jakarta, sudah 1 bulan tapi belum tahu kapan jadi
    apakah kerusakan seperti itu masuk dalam garansi atau nanti ada biaya tambahan?
    karena belum jelas kapan hp selesai diperbaiki, mas konter nya menawarkan untuk ganti xiaomi 4a, tapi tombok 300rb, bagaimana menurut Bapak?
    terimakasih

    1. Bu Anita N.,

      Masih termasuk dalam jaminan garansi (dalam hal ini tentu garansi tidak resmi).

      Ehmm… jangan mau nambah. Bilang saya ke pengelola toko kalau Anda memberikan batas waktu sampai, misalnya, dua minggu lagi. Kalau masih belum beres, Anda akan memasukkannya ke surat pembaca.

  182. Hp saya ainyal hilang total… dulu wktu 2 minggu perrtama beli hilang sinyal di satu sim card… nah abis itu saya otak atik deh…. ehh jadi…. tpi ini eror lagi setelah 6 bulan pemakain sih… mau nanya klo msih garansi apa itu gratis ya??

  183. Pak sy mw tanya HP sy samsung j7 prime ada retak tipis di layarnya tp msh berfungsi normal. Kira2 apanya yg rusak? Bisa diganti sm garansi gk ya?

    1. Pak Radithya,

      Anda menuliskan “ada retak tipis di layarnya”. Berarti, sudah jelas tho mana yang rusak.

      Mestinya tak bisa digaransikan.

  184. Mau tanya sy kan beli samsung s7edge belum setahun pernah jatuh akhirnya sy bawa ke samsuhg centre ganti lcd bayar 2,6 jt,okelah sy mau bayar krna sy tau itu ksalahan sy sndiri.,yg sy mau tanyakan apakah stelah d perbaiki masih berlaku garansinya buat kedepanya sampai 1 tahun pemaikan??trus yg kedua apakah stelah d perbaiki hp itu harus sperti sblumnya mksdnya anti air soalnya stelah ganti lcd hp kemasukan air dan mati total,,mohon penerawanganya y hhe

    1. Pak Patrick,

      Nah… dua pertanyaan itu mestinya Anda tanyakan ke petugas di pusat perbaikan resmi. Mereka yang mengetahui pasti kebijakannya.

  185. Selamat malam pak Herry,dua Minggu yg lalu saya beli HP di salah satu counter di daerah Sumbar,p ada saat membeli HP tsb sudah dalam keadaan segel terbuka.pertanyaan saya apakah ada dampak yg ditimbulkan dari hp yg dibeli saat segelnya sudah terbuka ?

    1. Bu Merisa,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Ponsel yang dibeli merek dan tipe apa? Tidak semua ponsel kardusnya disegel. Kalau seharusnya disegel, tetapi telah terbuka saat dibeli, ada risiko itu ponsel bekas yang diakui sebagai ponsel baru.

  186. hp saya samsung j5 2015. bulan desember kemarin sempet ada perbaikan di karenakan lcd pecah kesalahan saya sendiri otomatis kan di luar garansi. biaya yg saya keluarkan untuk perbaikan sebesar 606 ribu di service centernya samsung. lah hari ini hp tersebut seperti lcdnya mati setengah atau separuh padahal hp tersebut tidak ada yg menggunakan. sedangkan nota dari perbaikan sudah saya buang dan garansi masih ada 6 bulan lagi. apakah nanti saya akan di kenakan biaya lagi? padahal kan hp tidak di pergunakan

    1. Bu Iin,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Kemungkinan akan dikenakan biaya. Untuk pastinya, kunjungi pusat perbaikan resmi Samsung terdekat.

  187. Permisi pak numpang tanya, sy bru beli hp s6 edge bekas tp sy cek garansi online msh sampai juli 2017 sedangkan hp cmn batangan trus seri hpnya G529F apa seri itu seri SEIN pak atau bukan n masalahnya layar/LCDnya Burn in, apabila diurus garansinya bisa nd pak pingin ganti LCDnya mksh.

    1. Pak Akbar,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      G529F? Apakah tidak salah ketik? Mungkin G925F ya?

      Galaxy S7 Edge bergaransi resmi SEIN memiliki kode tipe SM-G935FZDUXID. Mudahnya, disingkat saja menjadi G935.

      Kesimpulannya, Anda tidak bisa menggaransikannya di sini.

  188. Permisi pak Herry, jika saya meng Klaim Garansinya ke toko yang saya beli, apakah akan di kenakan biaya juga atau tidak? , hp saya evercoss baru saya 2 bln pakai sudah mati secara tiba tiba , menurut bapak apakah itu kerusakan yg bisa di klaim secara garansi ? Thx

    1. Pak Irvandi Farhansyah,

      Selama masih dalam masa garansi resmi, seharusnya tidak dikenakan biaya. Namun, setelah 1 x 24 jam sejak pembelian, toko sebenarnya berhak menolak membantu menguruskan garansi. Itu sudah menjadi urusan antara Anda dan pusat perbaikan resmi.

      Ya, yang Anda alami bisa diklaimkan garansi.

  189. Kalo HP yang masuk air , bisa digaransikan gak? atau karena kesalahan pengguna?
    Hp saya Samsung J5….
    setelah itu bagaimana dengan Hp yg LCDnya retak?

  190. Pak Herry, ada kah cara lain kita bisa mengetahui bahwa sebuah ponsel masih masuk garansi resmi atau tidak (sudah hangus melewati tanggal) selain nge-cek atau melihat dari nota pembelian ponsel tsb? Buat jaga2 aja barangkali mau beli ponsel second milik orang lain, yang kita tdk tau jujur/tidaknya orang tsb, terimakasih.

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Bawa ponselnya ke pusat perbaikan resmi dan minta tolong ke petugas untuk mengecek status garansinya.

  191. Maaf nih mas Herry saya punya HP andromaxR2 waktu itu saya pernah ke SC di galery Smartfren Bogor mah waktu itu saya memperbaiki batrenya yang sudah bodoh alhasil kartu garansi diterima nah saya punya kendala lagi tombol back,home sama menu saya tidak berfungsi dan kartu GSM saya tidak muncul/terdeteksi apakah bisa menggunakan kartu garansi untuk servis bila lebih dari satu kali?

    1. Pak Rizkyramdani,

      Usia pemakaian terhitung sejak tanggal pembelian belum sampai setahun kan? Kalau belum sampai setahun, Anda masih boleh melakukan klaim garansi lagi.

      Masa garansi setahun itu ibarat “makan sepuasnya selama setahun.” Mau tiap hari datang ke service center pun boleh. Namun, kan ya melelahkan. 🙂

    1. Pak Rifky Wulan,

      Bisa, tapi biasanya perlu sedikit memberikan alasan yang masuk akal. Misalnya, ponsel itu didapatkan sebagai hadiah ulang tahun. Jadi, ya nggak ada notanya.

  192. Pak Herry, terus service center bisa tahu hp itu masih dalam masa 1 tahun sejak dipakai dari mana ya sekiranya ga ada nota pembelian (kasus beli online misalnya) ? Trims, Pak

    1. Pak Erfa,

      Ada metode tertentu yang diterapkan mereka. Salah satunya, ada informasi tertentu yang bakal mereka terima ketika pengguna memasukkan kartu SIM untuk kali pertama.

  193. Pak Herry Ysh.,

    saya ingin membeli HP Oppo F1s via online.
    apakah garansi akan berlaku bila transaksi dilakukan via online?
    apakah harus ada kwitansi atau notanya? mengingat toko2 online biasanya tidak memiliki toko offline.

    mohon pencerahannya, terima kasih.

    1. Bu Ajeng,

      Batal membeli Oppo merupakan langkah yang lebih baik. Saya menyarankan Anda membeli Huawei P9 Lite saja. Harga lebih murah, kinerja lebih baik. Saat ini P9 Lite dijual Rp 3,299 juta.

    1. Pak Dwi Setyo Budi,

      Asalkan yang Anda beli ponsel bergaransi resmi, charger biasanya juga digaransi, tetapi dalam jangka waktu lebih singkat. Misalnya, enam bulan. Silakan cek klausul garansi yang tercantum di lembaran kartu garansi.

  194. Pak,saya mau tanya saya beli hp oppo neo5 dan setengah tahun saya pakai batrenya bocor,saya mau membetulkan ke tokonya.tapi bisa gak ya kalo pakai kartu garansi ditukar hp saya dengan hp oppo diatas nya neo
    Trimakasih.

    1. Bu Cici,

      Ini maksudnya Anda akan melakukan klaim garansi dengan minta ditukar ponsel lain yang spesifikasinya di atas Neo 5? Jawabannya, ya jelas tidak bisa.

  195. Bos saya mau tanya, saya beli handphone Sony m5 tetapi baru beberapa hari handphone saya memiliki panas yang berlebihan,dan saya ingin menukarnya dengan Sony m5 yg baru,,bisa atau tidak bos??
    Terimakasih!!

  196. Mau tanya Bossa kalo servis konektor charger di tokonya pas masa garansi itu apa buka segel??
    Trus apa nota pembelian diganti dengan nota servis?

    1. Pak Danger,

      Service konektor charger di toko? Ehm… setahu saya, kalau servis ya dilakukan di pusat perbaikan resmi. Segel ponsel akan terbuka.

      Nota pembelian akan dikembalikan kepada Anda. Anda juga akan menerima selembar tanda terima bukti servis.

  197. gini mas herry , gw mau beli iphone 6 cuman bnyak toko online yg menjanjikan ex garansi inter. , garansi inter. buat iphone resmi gk sih ? atau garansi inter. itu sendiri jga sama halnya dgn rekondisi dari luar negeri ? trus barang2nya aman gak ?

    1. Pak Irfan,

      Garansi internasional = bukan bergaransi resmi. Mungkin rekondisi, mungkin tidak. Saran saya, coret deh. Jangan dibeli.

  198. Mau tanya donk.. saya baru beli hp samsung J2 prime garansi resmi SEIN lewat online baru aj kmrn tgl 23feb saya terima dan lgsg saya program yah.. dan hari ini tepatnya tgl 24feb saya mau ngercharge hpnya ternyata gk bs masuk. Saya coba pake batok charger saya yg lama dg usb kabelnya yg baru ternyata bisa masuk loh.. jadi batok charger hp saya yg baru rusak kan yah.. terus itu bagaimana ya? Bisa saya reture atau claim garansi? Barangkali ada yg punya pengalaman gini. Thanks

    1. Bu Intan Liana,

      Langsung klaim garansi saja deh. Bawalah kelengkapan ponsel Anda dan bukti pembelian ke pusat perbaikan resmi Samsung terdekat. Prosesnya akan lebih cepat daripada bila Anda melakukan klaim via toko online tempat Anda melakukan pembelian. Dengan langsung ke pusat perbaikan resmi, bukan mustahil saat itu juga Anda langsung memperoleh charger pengganti.

  199. pak sy ini pny keluhan sama hp saya yang baru sy beli sekitar 26 des 2016 lalu yakni huawei y3ii lte. hp sy ini kalo buat video di beberapa aplikasi. maksudnya kalo buat ngrekam itu tiba2 lang dung gelap pak. itupun bukan karna salah pemakaian. garansi masih berlaku gk.m? dan tolong bantu cari solusi dan juga pengarahan apa yang harus sya lakuin y pak.. terima kasih

    1. Pak Putra,

      Tergantung pemilik toko. Kalau pun bisa, hal itu tidak efisien. Sebab, toh mereka akan mengirimkannya ke pusat perbaikan resmi juga. Tahapannya akan lebih panjang dua langkah.

  200. kak mau nanya dong .. kan hp saya rusak gara2 hp adek saya jatoh trus kena layar hp saya… trus hap saya nya mati total… tapi hp sayanya masih ada garansi 1 tahun.. apakah garansi nya masih berlaku

  201. kak.. saya mau nanya… hp saya samsung galaxy j3 2016… trus sya beli hp itu belum ada 1 tahun… pas kemaren hp adek sya jatoh trus kena layar hp sya.. trus hp sya nya rusak dan mati total ngga bisa hidup.. tapi hp sya masih ada garansi 1 tahun… apakah garansi nya masih berlaku kak?? kak.. saya mau nanya… hp saya samsung galaxy j3 2016… trus sya beli hp itu belum ada 1 tahun… pas kemaren hp adek sya jatoh trus kena layar hp sya.. trus hp sya nya rusak dan mati total ngga bisa hidup.. tapi hp sya masih ada garansi 1 tahun… apakah garansi nya masih berlaku kak??

    1. Bu Sonia Putriana Dewi,

      Lah… apalagi Samsung. Garansi tidak berlaku.

      Btw, lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Kali ini pertanyaan Anda masuk tiga kali lho. Sebagian sudah saya hapus.

  202. iya kak maaf… iya nih kak tadi pagi hp sya dibawa ke semacam galeri samsung gitu kak dikota serang… katanyaa LCD nya harus diganti trus disuruh bayar 1.100.000 nah…. apakah itu saran yang bagus apa gimna kak????

    tapi kalo saya ketoko tempat mmbeli hp tersebut apa bisa dibenerin ditoko nya itu kak???
    kak kalo LCD samsung j3 2016 diganti yg KW itu gmna kak????

    1. Bu Sonia Putriana Dewi,

      Itu maksudnya pusat perbaikan resmi Samsung? Kalau iya dan Anda bersedia membayar, silakan saja dieksekusi. Melakukan perbaikan di pusat perbaikan resmi merupakan langkah terbaik. Kualitas layanan dan orisinalitas suku cadangnya lebih jelas daripada di tempat servis biasa.

      Tidak bisa dong.

      Ya takkan sebagus orisinal.

  203. kalo kerusakannnya pada jaringannya gamau mendeteksi . nah padalah paenya baru dipakai 7 bulan dan seumpama buku sy ada di wilayah A namun saya sedang ada di wilayah B apakah pidhak service centernya tetap menerima garansi ?
    respon plis

    1. Bu Nofi,

      Buku ada di wilayah A, tetapi Anda sedang di wilayah B? Apakah yang Anda maksud dulu beli di wilayah A, tetapi sekarang Anda berada di wilayah B? Kalau iya, tetap bisa diklaimkan garansinya kok. Garansi itu berlaku se-Indonesia Raya. Silakan datang ke pusat perbaikan resmi terdekat.

  204. Saya beli hp samsung j1 ace udh hampir 7 bulan.
    Trs kena air katanya kena lcd .sedangkan saya punya kartu garansi 1 tahun.
    Apa bisa diganti baru

  205. ko herry,

    ada pengalaman beli hp di marketplace misal tokopedia,etc?
    kalo misal mau beli lewat online kan ya kudu ada garansi resmi dong, misal kalo di oppo/samsung kan ada garansi resminya bisa dibuat benerin ponsel harus ada faktur pajak
    lah kalo misalnya sama seller ga dikasi faktur penjualan toko dan hp hanya segel tanpa ada keterangan apapun gimana? trs hp masih segel dong, secara kartu garansi masih di dalam box hp. kita sebagai pembeli kan juga waswas kalo gaada faktur penjualan. apa invoice marketplace bisa dijadikan acuan untuk garansi? mungkin ada solusi koh? thanks

    1. Bu Ratih DC,

      Ya, saya pernah beli ponsel di marketplace.

      Harus hati-hati kalau belanja di marketplace. Ada banyak barang tanpa garansi resmi. Jadi, sebelum transaksi idealnya tanya detail deh.

      Ya, invoice marketplace bisa difungsikan sebagai pengganti nota ala toko konvensional. Betul, barang harus diterima dalam kondisi segel.

    1. Pak Joko,

      Karena saya bukan gamer, saya tidak berani memberikan rekomendasi.

      Dengan anggaran Rp 3 juta, rasanya Anda takkan bisa menemukan ponsel yang memenuhi kedua syarat itu. Harus pilih salah satu deh.

    1. Bu Adinda Putra Madhani,

      Berarti satu tahun lebih dua hari ya. Normalnya tidak bisa. Namun, kalau mau coba, silakan tetap mampir ke pusat perbaikan resmi. Siapa tahu dapat “bonus masa aktif”. 🙂

  206. Selamat siang pak Herry, saya rina wijayanti di Denpasar. Pak saya mau tanya Hp saya oppo f1 plus masih dalam masa garansi hilang di bandara saat perjalanan dari jawa menuju Denpasar, apakah bisa mengajukan klaim kehilangan? Kalau bisa mohon penjelasannya pak. Terima kasih ?

    1. Bu Rina Wijayanti,

      Klaim kehilangan? Apakah ada klausul tersebut di jaminan garansi F1 Plus? Setahu saya, tidak ada.

  207. Mlm pak, mau tny
    Singkat cerita nih, tgl 28 feb lalu sya beli samsung j7prime di Sc botani square bogor
    Pas beli terlihat bagus2 aja smpe akhrnya nota pembelian keluar, pas smpe rmh di cek lg ternyata pada bagian case bawah ada noda2 seperti bercak jamur sudh coba d bersihkan ga ilang2, itu bisa terlihat kalau di tmpat terang atau pke senter seperti cat yg ga rata gt
    Memang klo sepintas ga keliatan tp klo dilihat lbh detail itu kelihatan belang2, klo kejadian sepertu itu bisa di claim utk tuker unit baru ga ya?
    Sya ragu mau balik kesna, krna posisi sya di cicurug sukabumi, agk lmyn utk ke bgor krna macet n hanya pny wkt plg kerja itu psti jg ud cape
    Sya liat di nota memang tertulis brg yg sudh d beli tdk dpt ditukar atau di kembalikan
    Sya sedih bgtt akhrnya sy mutusin utk ga balik lg ke sc botani krna sya pkir mgkn mereka jg g akan bisa ganti dgn brg yg baru

    Sebenernya klo kejadian seperti itu bisa di claim kah?

    1. Bu Mey,

      Kalau sudah lebih dari 1 x 24 jam, biasanya tidak bisa minta tukar ganti unit baru.

      Ponsel Samsung memang terkenal, tetapi kualitasnya nggak selalu bagus. Apalagi, selain seri S dan Note.

  208. Selamat sore pak herry, saya beli hp samsung second masih bergaransi dari toko online,seller di jakarta. Pertanyaan saya, apakah saya bisa claim garansi di daerah saya, saya di Riau. Thanks

    1. Pak Matt,

      Apakah ponsel bekas itu bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia (SEIN)? Kalau iya, bisa diklaimkan di kota mana pun, asalkan masih di Indonesia.

  209. Tp pak apakh soal cacat pd casing seperti itu dpt di claim? Soalnya sy prnh bca artikel yg blg bru beli hp samsung, trnyata cacat software ky eror gt, pihak samsung mlh menyarankan utk prg ke samsung center

    1. Bu Mey,

      Karena jarak pembelian sudah lama, plus belakangan ini layanan pusat perbaikan resmi Samsung cenderung memburuk, saya tak yakin bisa diklaim deh.

  210. Tp kalo cacat case seperti itu memang bisa di claim, pak?
    Krna sya prnh bca artikel tntg keluhan org yg beli hp blm smpe 24 jam, cacat di software pas claim ke samsung tmpt belinya mlh di suru ke service centre

  211. Oh iyaa maaf pak td mlm ga muncul, sya pkir blm terkirim mknya sya ketik ulang
    Oke makasi pak sudh mnjwb pertanyaan sya
    Sedikit mengurangi rasa kecewa sya sih heheh mgkn memang rejekinya sesuai porsi, sya dpt yg sy pgn tp sedikit cacat ehheh

  212. Mau nanya ni kalo hp bru di beli trus tanpa sengaja di kembalikan ke setelan pabrik atau biasa di sebut soft reset dan hard reset, apakah garansinya masi berlaku???
    Mohon bantuannya

  213. Hari ini abang sy membeli HP xiomy second dgn harga 800rb, tp kondisi kardus tidak ada, charger nya merk Asus dan keyboard nya tidak bisa di gunakan. Sy bilang kemahalan, krn pasarannya xiomy kurang lebih 500rb. Apalagi itu seperti membeli HP batangan. Nah sy ke konternya hari ini juga dgn maksud complain dan ingin uang kembali. Tp di kwotansi nya tertera “barang yg sudah dibeli tidak dapat di kembalikan”, gimana enaknya ya?? sy merasa abang sy sudah merasa di rugikan sekali. Mohon jawabannya saat ini juga ya, sy lagi di TKP tempat beli HP itu soalnya. Terimakasih

    1. Bu Cahyati,

      Saya malahan belum pernah mengetahui ponsel bermerek Xiomy.

      Hmmm… kalau sudah sepakat bertransaksi, mestinya tak bisa dikembalikan, apalagi alasannya karena terlalu mahal.

    1. Pak Michael,

      Normalnya tidak bisa, kecuali Anda mempunyai bukti yang kuat dan bisa menunjukkan kalau retaknya layar itu karena cacat produk.

  214. Gini mas, kemarin saya lagi main hp, trus tiba tiba muncul garis vertilal warna kuning di layar, saya restart hp saya, masih aja garis itu (cuma 1 garis) , kira kira garansi nya berlaku gak? Masa garansi nya masih panjang, hp saya Samsung. Makasih ?

    1. Pak NopriAndika,

      Seharusnya masih berlaku. Namun, Anda harus bisa meyakinkan petugas bahwa garis di layar itu bukan terjadi karena ponsel terjatuh atau terbentur.

  215. Numpang tanya om herry,,,
    Saya mau brli hp di lazada, merknya samsung, trus dari survey harga yang saya lihat ada yang murah, trus ada juga yang mahal, padahal satu tipe. Setelah liat speknya, yg murah tertulis garansi internasional, trus yang mahal tertulis garansi lokal. Itu yang resmi yang mana ya om? Tolong sarannya ya…
    Trus satu lagi, pada waktu kita membeli hpnya nanti garansinya dihitung pertanggal dibeli ya? Gimana caranya kita nge cek kalo hp kita sudah dihitung mulai garansinya ke sistem? Makasih duluan om…

    1. Pak Daniel,

      Garansi internasional = pasti bukan garansi resmi.
      Garansi lokal = mungkin resmi, mungkin bukan.

      Intinya, Anda harus berhati-hati saat belanja di Lazada deh. Itu termasuk tempat yang tercantum dalam daftar hitam versi saya.

      Ya, normalnya dihitung per tanggal beli. Untuk mengecek status garansi, silakan datang ke pusat perbaikan resmi Samsung.

    1. Pak Panji,

      Saya tak tahu pasti kebijakan Samsung seperti apa. Coba diklaimkan deh. Sebab, setahu saya, pengelupasan itu termasuk kasus masal.

  216. Kalau si kartu garansinya sudah diisi di toko memangnya d ambil juga ya kartu garansinya sama penjualnya?
    Waktu saya beli iphone trus trouble mesin saya tuker dengan Oppo di gerai biasa dan kartu garansi yg hp Oppo sama si seller d ambil itu wajar gak ya?

    1. Bu Karina,

      Sebagian potongan kartu garansi akan diambil, sebagian lagi diberikan kepada konsumen.

      Kalau diambil semua, tentu saja tidak wajar.

  217. hp saya samsung j5 2015
    nah tombol home, tombol recent, sama tombol back nya gk bisa alias gk fungsi.. itu bisa klaim garansi gk ya?

      1. Saya tanya pak
        Hp saya xiaomi redmi3s rusak lampu kamera n kamera depan n pecah touchscreen nya juga…akibat terjatuh..apakah garansi berlaku unutk kerusakan itu….trima kasih

  218. Saya mau taya pa hp saya tiba2 lcd nya mati gara2 saya naruhnya dibawah bantal apakah bisa digarasi

    1. Pak Fandi,

      Sekadar meletakkan ponsel di bawah bantal mestinya takkan membuat layarnya mati. Kecuali, saat berada di bawah bantal, ponsel itu mengalami tekanan yang berlebihan.

      Kalau mati dan tak ditemukan adanya tanda-tanda terkena tekanan atau benturan, mestinya bisa digaransikan.

  219. Mau tnya pak hp saya udh saya masukin garansi tpi udh 1 bln lbih blm ada penjelasan hp saya xiaomi red 4a

    1. Pak Fandi,

      Tak ada ponsel bernama Xiaomi Red 4A. Jadi, yang benar apa ya? Garansi resmi atau bukan?

  220. Gan saya mau bertanya
    Kaka saya punya hp samsung j7 prime baru 1 bulan pakai dari beli baru, tpi dilayarnya ada 1 titik putih kecil banget.
    Yang jd pertanyaan saya, apa bisa di klaim ke SC pake kartu garansi nya? Garanai resmi samsung gan.. Terimakasih ?

  221. Siang gan, sy punya hp oppo , garansi selama 1 tahun, pemakaian belum sampai setahun, trus garansi saya sempat hilang, jdi saya melakukan perbaikan di tempat yg bukan sy membeli hp tersebut tetapi di tempat oppo juga sih sy perbaikinya, trus sy d minta ganti mesin, dikarenakan hp gak berjalan dgn semestinya (suka mati dengan sendirinya) setelah ganti mesin, setelah seminggu lebih pemakaian , begitu lagi hp saya gan, setelah sy cari” sy dpt lagi garansi yg sempat hilang itu, apakah garansi sy msh berlaku atau udah hangus

    1. Maaf pak sahrul saya mau bertanya,,mksudnya anda mmperbaiki oppo trsebut di counter yg berbeda? Dan untuk biaya ganti mesin kena biaya brp ya? Blh saya minta kontak whatsapp atau bbm,saya mau sharing2.
      Trims

  222. Pak mau tnya kalo garansikan hp bukan di kounter pas awal beli bisa kah? Hp saya vivo v5,dan kbtulan saya di kota berbeda dr yg dlu saya beli hp tsbt

  223. malam pak herry, saya niat mau beli merk xiaomi redmi 3s prime, saya niat beli melalui online erafone dan web resmi xiaomi indonesia, stok kosong, dan telpon ke xiami store di PIM juga stok sdg kosong menurut CS nya. kemudian saya coba hunting di tokopedia, ada 2 toko yg menjualnya dgn garansi TAM, dan mmiliki stok yg byk katanya. yg sy bingung mnurut pak herry gmn ya, ko di tmpt resmi jual xiaomi kosong, sdgkn di toko2 biasa byk.. mohon pncerahannya. mkasih pak

    1. Bu Dewi,

      Setahu saya, tipe itu sudah diskontinyu. Kalau ada yang masih jual, mungkin saja mereka kebetulan punya stok lama. Kalau memang ingin ya silakan dibeli. Saya pribadi tak pernah mencoba tipe tersebut.

    1. Pak Fathir,

      Dengan kata lain Anda usai berusaha melakukan modifikasi ya? Kalau tidak ketahuan masih bisa digaransikan. Kalau ketahuan, ya bubar jalan.

  224. Mas mau tanya..
    Misal kartu sim 1 rusak dn kartu sim 2 normal..
    Itu kalo d prbaikin , masuk dlm kategori garansi / gak..??
    Makasih mas..

    1. Pak Koms,

      Bergantung merek dan tipe ponsel Anda. Normalnya sih tidak termasuk dalam jaminan garansi.

  225. Pak hp saya xiaomi redmi 4x , hp saya jatuh ke air dan layarnya menjadi tidak bisa disentuh , apakah bisa saya memakai garansi?

  226. Selamat siang mas herry sebelumnya trimakasi atas info diatas

    Saya pakai samsung A5 2016 backdoornya ke angkat, batrainya ngedrop apakah garansinya bisa diklaim untuk mengganti batrai?,

  227. Pak herry
    Saya pengguna samsung galaxy s8 , masalah saya disini lcd/layar saya agak kemerahan seperti kebanyakan masalah yg terjdi dikorea selatan padahal pemakaian belum 1 bln. Kira kira apakah saya bisa klaim garansi samsung untuk tukar unit baru?

    1. Pak Ahmad,

      Mengacu kepada kondisi terkini pusat perbaikan resmi Samsung, nggak yakin deh. Saran saya, coba lakukan klaim garansi dulu.

  228. Pak Herry, mau tanya umpama saya beli hp samsung model terbaru nih pada saat itu, lalu waktu berlalu katakanlah setahun, kan garansi udah habis yah, lalu saya akalin bikin nota palsu seakan akan saya baru membeli hp tsb bulan lalu, bisa ketahuan gak Pak Herry seumpama hp saya mau klaim servis di samsung service center? Dengan catatan saya belum pernah service selama setahun lebih itu, makasih Pak Herry.

    1. Pak Wibowo,

      Ketahuan. Sebab, saat ponsel Samsung itu untuk kali pertama diisi dengan kartu SIM, ponsel seolah melapor, “Hai… aku menyala nih. Perhitungan masa garansi dimulai ya.”

  229. Permisi hp saya iphone
    Saya baru sadar setelah hampir 3bulan pakai kalau hp ini layarnya agak kuning gak kelihatan kalau hanya dipandang sekilas tpi kalo dibandingkn dengan iphone krbat yg typenya sama kok lyar mereka putih ? dan kameranya juga sperti out auto fokus padahal hp saya ori apakah itu bisa di bantu dengan menggunakan kartu garansi ?
    Terimakasih

  230. Maaf mau tanya,kalau hp matot(mati total),tapi tidak mati terkena air,matinya karena habis di flash,apakah masih bisa digaransikan..

    1. Bu Nanda,

      Bergantung kebijakan petugas di pusat perbaikan resmi. Melakukan flashing sendiri bisa dianggap sebagai tindakan yang menggugurkan garansi.

  231. Saya punya samsung j3pro. Baru dipake 5hari udah kedip2 pak. Padahal ga pernah jatuh apa lagi kena air. Karna hp baru jadikan lebih hati2 makenya. Trus saya kesamsung center udah diperbaiki. Diganti lcd.nya. tapi baru tak pake sehari kok udah kedip2 lagi malah tambah sering.kalo misal ini nanti tag service yang k2 masih kedip2 lagi apa boleh tuker hp ya pak. Soalnya kalo saya bolak balik nyervice tapi ttep bermasalah kan saya yang repot sendiri. Tolong infonya pak. Suwun

    1. Bu Nia Kurniati,

      Kebijakan tukar ponsel itu bergantung kepada petugas di pusat perbaikan resmi. Saran saya, silakan ke pusat perbaikan resmi lagi dan langsung sampaikan permintaan ganti unit karena ponsel mengalami masalah yang sama dalam waktu berdekatan.

  232. Halo, selamat sore maaf sy ingin bertanya, mohon jawaban nya karena ini sedikit mengganggu di pikiran sy, jd cerita nya teman sy membeli sebuah iPhone 5s yg menurut pengakuan penjual iPhone tsb memiliki garansi resmi (padahal setahu saya iPhone belum memiliki garansi resmi di indo) sy tanyakan katanya pemberi garansi atas nama Plat**** yg biasanya memberi garansi distributor di beberapa merk handphone di indo, lalu suatu hr iPhone tsb rusak dengan keluhan tdk bisa di charge, dibawalah kembali ke penjual oleh teman sy, disana di cek katanya akan dimasuk kan di service center apple (dimana lagi ini sy semakin curiga) setelah lama menunggu diberitahukan bahwa yg rusak dr iPhone tsb adalah software nya, dan teman sy pun diminta sejumlah uang, yang kata penjual kerusakan sofiware tdk ditanggung oleh garansi, pertanyaan nya, apakah benar garansi yg dikatakan sebelumnya adalah garansi “resmi” tidak menanggung untuk kerusakan software? Mohon penjelasan nya, terima ksh.

    1. Pak/Bu Tria Laksana,

      Ada dua hal yang perlu saya tegaskan:
      1. Garansi Platinum bukan garansi resmi.
      2. Garansi resmi juga menanggung kerusakan software, asalkan bukan karena kesalahan pengguna.

  233. Kenapa speaker hp saya tidak sebesar waktu pertama kali beli,pdh di pengaturan volume medianya sdh full,dan alhamdullilah hp saya tdk pernah jatuh,apakah saya bisa klaim garansi ?

  234. Gan klo hp kemasukan air dikit (tapi entah air darimana sya juga bingung. Soalnya hp nya lg di charge. Pas diliat mau dipake malah tiba2 bgitu) trus lcd jadi ada abu2nya gtu bentukannya kyk gambar peta. Bisa garansi gak? Makasih.

  235. Selamat Pagi pak,

    Mohon pencerahannya. Saya bicarakan mengenai samsung JPrime7 saya , msh masa garansi hingga Desember 2017 ini. Bbrp bulan terakhir ini, sejak Juni hingga skrg hp tersebut sering sekali bolak balik saya repair perbaikan di Samsung Service centre resmi di Bekasi. Ada saja kendala kerusakannya, history lengkapnya saya yakin bisa terbaca di data Samsung Customer mungkin ya. Mulai dari set hp berbunyi kemeresek halus, konslet lampu Torch yg tdk bisa on/off dgn lancar, rusak slott utk charge, hingga seringnya konslet flash light camera (menyala terus).

    Hal yg paling menjengkelkan dan membuat saya khawatir adalah temperatur hp menjadi sangat TINGGI saat konslet torch ataupun Light camera. Dan sy tdk tau cara penanganan cepatnya shg selalu panik saat krndala itu muncul (tercatat 3x) .sangat panik karna memang suhu hp yg sy pegang meningkat sangat cepat per detik nya.

    Sejauh ini perbaikan memang free. Tetapi per kendala konslet yg terakhir di oct lalu saya sampaikan ke Samsung centre tersebut bahwa sy mohon solusi yg lebih lagi ( minta penggantian produk) ketimbang hanya perbaikan dan perbaikan.

    Maaf jika agak panjang ya pak. Saya mohon pencerahan yg sebaiknya bisa sy lakukan . Sebab sampai detik ini belum ada jawaban lg dr pihak SEIN terkait permohonan saya. Kerugian sdh sangat jelas. Rugi waktu dan hilang file2 penting setiap kali proses perbaikan.

    Terima Kasih banyak sebelumnya. GBU.

    1. Bu Sounia Salim,

      Ya, dengan membaca kronologisnya, Anda sudah sangat pantas mendapatkan unit pengganti dalam kondisi baru. Mintalah dipertemukan dengan supervisor atau manajer pusat perbaikan resmi Samsung yang selama ini rutin menangani ponsel Anda.

      Skenario terburuk, masukkan kasus di atas ke kolom surat pembaca di media massa terkemuka.

      Kalau Anda tidak keberatan, mohon informasikan data berikut kepada saya:
      * Nama lengkap
      * Nomor HP yang mudah dihubungi
      * Nomor IMEI ponsel yang bermasalah
      * Nomor repair order terakhir

      Data di atas takkan saya tampilkan di blog. Saya coba teruskan kepada pihak terkait.

  236. Selamat Siang Herry SW

    Hp saya samsung j7 pro, hp saya baru sebulan pemakaian sudah boot loop dan tidak mau di wipe atau factoy reset. sepertinya kena emmc. apakah termasuk dalam garansi samsung. terima kasih

  237. Terima kasih pak Herry untuk jawabannya. akhirnya saya sore sepulang kerja ke samsung fatmawati. lalu ditunggu sebentar. sekitar satu jam. akhirnya cs menelpon kalo ini sudah pernah diroot. akhirya saya langsung ke tkp. jadi berdasarkan cs menunjuk ke hp saya menunjukan status=custom. akhirnya saya berdebat kalo saya tidak pernah root. yang akhirnya cs akan menanyakan ke atasannya. oke saya tinggal pulang.

    sesudah pulang saya sempat tanya-tanya keberapa komunitas, kebanyakan pendapat sih eemc. karena dari samsung sendiri sudah menginsatal 2 kali. dan saya juga pernah mengalami flash ulang zenfone 5 saya. yang ga bisa juga di flash. setelah dicek mmg bener emmcnya kena.

    lalu akhirnya sesudah sampai rumah cs nya menelpon kalo kena emmc akibat binari. akhirnya dikenakan biaya 1 juta sekian, saya berdebat akhirnya kalo itu hardware dan masuk garansi. dia tetap ngotot. ya uda besok atau hari ini sepulang kerja saya minta ketemu manajernya.

    setelah saya pikir samsung sepertinya mau lepas tanggung jawab. tapi ya sudah sy coba dulu hari ini.

    kalo tidak bisa mohon dibantu pak Herry bagaimana berjuang sebagai pembeli yang dilepas tanggungjawabkan. terima kasih ya

    1. sory pak ada yang kelupaan, kalo misalnya mereka tetap tidak mau tanggung jawab. lalu saya tulis ke kolom surat pembaca apakah bakalan kena undang-undag ite. atau tips an trik nya spaya aman. terima kasih banyak pak

      1. Pak Elminor,

        Tipnya, tuliskan dengan sopan, singkat (jangan lebih dari tiga paragraf), tetapi tetap menohok. Di bagian akhir, gugahlah pertanggungjawaban dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN).

        1. Baik Pak Herry Sw, terima kasih buat jawabannya. Tapi nanti saya ketemu dulu dengan manajernya semoga ada solusi yang baik dari samsung

    2. Pak Elminor,

      Kalau Anda yakin tidak pernah melakukan root dan Samsung lepas tangan, masukkan ke surat pembaca media terkemuka deh. Anda di Jakarta ya? Masukkan ke Kompas dan Detik.com.

  238. Pak Herry Selamat Siang. akhirnya saya bertemu cs nya kembali. kalo mereka ttp selalu berpedoman pada sistem di hp saya. tertulis custom. yang artinya custom itu sudah di root kata cs nya. jadi sehingga hardware rusak tidak diganti oleh mereka, ini pak link video hasil percakapan dengan csnya. mohon kiranya ada saran.

    https://youtu.be/7iCM58Kwmag

    1. Pak Elminor,

      Saya belum sempat memutar rekaman video yang relatif panjang itu.

      Intinya begini, kalau mereka tetap menganggap ponsel telah di-root sehingga garansi hangus, padahal Anda yakin tidak pernah melakukan root, saatnya melangkah ke tahap lanjutan. Maksukkan ke surat pembaca media terkemuka.

  239. Pak Herry akhirnya hasil finalnya, bahwa dari pihak samsung mengacu dari sistem pengecekan mereka distatus hp saya menyatakan bahwa hp sy sudah pernah di root. jadi ototmatis garansi batal dan saya harus mengganti biaya emmc. saya akhirnya bilang mengecewakan dan akan membawa ini ke media umum. bisa dibantu pak bagaimana caranya ke surat pembaca. terima kasih banyak

    1. Pak Elminor,

      Ok. Berarti, masukkan ke surat pembaca deh.

      Cara menulisnya sederhana:
      1. Paparkan kronologis masalah dengan singkat, jelas, dan padat. Maksimal tiga paragraf. Kalau bisa dua paragraf lebih baik.

      2. Cantumkan nama lengkap dan kontak yang bisa dihubungi, entah berupa alamat email atau nomor HP. Kalau nomor HP, saya menyarankan Anda membeli kartu perdana baru khusus untuk kepentingan surat pembaca itu. Mengacu kepada pengalaman pribadi, nomor yang usai tampil di surat pembaca bakal jadi sasaran SMS spam dan telepon penawaran ini-itu.

      3. Kirimkan surat pembaca di atas dengan dilampiri foto/scan KTP/SIM yang masih berlaku.

  240. Mass saya ingim bertanya..
    Begini mass saya pernah ngeklaim(garansi) hp saya yang rusak dengan masalah kameranya tidak berfungsi..
    Pengeklaiman sudah saya lakukan 2 kali dengan masalah yang sama(kamera tidak berfungsi).. dan sekarangg hp saya bermasalah lagi ( dengan masalah yang dama juga)… dan ini terhitungg suda 3 kali kalau saya klaim lagi…. nah jadii yg ingin saya tanyakan apakah bisaa daya meminta untuk pergantian unit baruu ?
    Mohon solusinya

    1. Pak Rayhandie,

      Karena masalah yang sama sudah terulang tiga kali, Anda bisa mengajukan permohonan penggantian unit. Istilahnya, minta swap/replace unit.

  241. Permisi pak saya masih kurang paham soal garansi, misal ponsel beli baru belum ada setahun tp charger/headset rusak apa itu juga tercover garansi? dan satu lagi pak , bagaimana cara meyakinkan teknisi agar yakin betul kalau ponsel yang digaransikan rusak karna murni karna cacat pabrik dan bukan kesalahan pengguna? terimakasih pak.

    1. Pak Rizki D.,

      Charger dan headset/handsfree berkabel juga bergaransi, tetapi tidak sepanjang masa garansi ponsel. Cobalah membaca detail klausul garansi ponsel yang Anda beli.

      Ya dengan menunjukkan bukti penguat. Misalnya, bodi ponsel tidak tergores atau bocel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *