Memahami Ketentuan Bonus Setengah Hati ala Esia

Berawal dari sebuah posting di Facebook yang menginformasikan kuota paket data Esia Max-d berubah menjadi lebih besar, saya memutuskan iseng mencoba paket tersebut. Selain untuk menguji performa terkini layanan internet Esia, saya ingin mengetahui perkembangan kejujuran operator CDMA tersebut.

Ya, merujuk pada pengalaman sebelumnya, operator yang identik dengan warna hijau itu berkali-kali terkesan hanya memberikan sepenggal informasi kepada konsumennya. Penggalan lain informasi seolah sengaja ditutupi atau baru diungkapkan ketika ada konsumen yang bertanya maupun komplain. Salah satu contoh nyatanya pernah saya bahas di tautan ini http://goo.gl/Kae74r.

Bonus Esia-2

Silakan mengklik gambar di atas untuk melihatnya dalam ukuran berkali-kali lipat lebih besar. Kita ambil satu contoh: Paket Super Mega. Bertarif Rp 50 ribu, pelanggan paket itu akan memperoleh kuota internet 6,5 GB dengan masa aktif 30 hari.

Saat membaca tablet di atas, saya tidak menemukan penjelasan tambahan mengenai pemakaian kuota 6,5 GB itu. Hal serupa terjadi ketika saya mencermati tabel di bawah ini yang juga terpampang di situs resmi Esia. Untuk melihat tabel dengan ukuran jauh lebih besar, silakan klik gambar berikut ini.

Bonus Esia-3

Kala saya kemudian mengklik FAQ, barulah ada informasi yang sedikit lebih lengkap. Klik gambar untuk melihatnya dengan lebih jelas.

Bonus Esia-1

Bila saya berlangganan Paket Super Mega, maka saya akan mendapatkan kuota internet 6,5 GB. Kuota itu dibagi dua, yaitu kuota utama 2 GB dan kuota bonus 4,5 GB. Hingga saya tuntas mengetik dan mengunggah tulisan ini, di situs Esia tak ada penjelasan mengenai cara pemakaian masing-masing jenis kuota.

Nah, melalui tulisan singkat ini, saya coba memberikan pencerahan. Tujuan akhirnya supaya para calon konsumen tidak seperti membeli kucing dalam karung. Pemakaian kuota bonus itu memiliki aneka persyaratan. Apa saja?

1. Kuota bonus sebesar 4,5 GB itu dibagi rata dalam 30 hari. Setiap hari pengguna memperoleh kuota bonus 150 MB saja. Kuota bonus tidak bisa diakumulasikan. Kalau tersisa otomatis hangus, sedangkan kalau kurang tak dapat mengambil jatah kuota bonus hari lain.

2. Kuota bonus hanya bisa digunakan pada pukul 02.00 hingga 02.59. Ya, mudahnya, cuma satu jam per hari. Jauh lebih singkat daripada masa pemakaian kuota bonus operator lain.

3. Kuota bonus baru muncul dan dapat dipakai kalau kuota utama masih tersisa. Seandainya kuota utama telah habis pada hari kedua aktivasi, misalnya, berarti pada 28 hari berikutnya pengguna takkan bisa menikmati kuota bonus.

Moral cerita ini, sekali lagi, Anda tetap harus cermat dalam memahami aneka penawaran yang disodorkan oleh Esia alias Bakrie Telecom. Sikap serupa juga wajib Anda pertahankan saat mendapatkan promo menarik dari operator lain.

Dulu, setelah saya “berteriak” di dunia maya, Esia memperbarui informasi yang ditampilkan di situs resminya. Informasi yang disajikan berubah menjadi lebih jelas dan transparan. Akankah hal serupa terulang? Kita lihat saja nanti. Umpama tidak diubah pun, usai membaca tulisan ini minimal Anda takkan menjadi keledai yang terperosok ke lubang.

Tulisan ini boleh Anda sebarkan kepada orang lain. Supaya mereka dapat mengamati tabel-tabel penunjang dalam ukuran lebih besar, sebaiknya Anda juga memberikan tautan http://goo.gl/VWCYDD kepada mereka.

54 thoughts on “Memahami Ketentuan Bonus Setengah Hati ala Esia

  1. Ingat Lapindo = Ingat Bakrie
    Ingat Jebakan Esia = Ingat Bakrie ….
    Kalo ARB jadi Presiden …. Jebakan Lebih Maut Lagi ….

  2. Tinggal nunggu bangkrutnya ini Esia… Sudah ga murah (apa masih ada yg pakai Esia selain sales?) dari dulu banyak akal2an tarifnya.

    1. Pak Bambang Suriawan,

      Turut berduka.

      Promonya lebih menarik dan sedikit lebih jujur yang sebelumnya. Kalau pengguna melakukan upgrade atau perpanjangan sebelum masa aktif berakhir, maka pelanggan itu mendapatkan tambahan kuota.

  3. Bonus data hanya bs dipakai antara jam 02:00-02:59 itu sih bs pakai browsing brp lama dgn kuota yg dijatah cuma 150 MB/hr/60 mnt?
    Utk pemakaian di HP,mungkin msh cukup2an kalo pake ke Laptop,kayaknya jauh dari cukup.

    Di kota Pematang Siantar (Sum-Ut),kantor Esia (ex Bank BTN) sudah lama ditutup setelah beroperasi kira2 2 tahun karena sulit bersaing dgn “Flexy” dan “Smartfren”.

    Kalo utk bonus data,sepertinya Indosat masih lebih baik dimana cuma Rp 25.000/bln dapat kuota bonusnya 5,4 GB utk jam 01:00-09:00 (7 Jam) & 600 MB utk jam 09:01-00:59.
    dibandingkan operator lain seperti 3 (Tri) kuota++ Kenyang Download Rp 10.000 (1,5 GB) dpt dipakai mulai jam 00:00-06:00 (6 Jam).

    1. Pak Chely Sutio,

      Kalau pun bonus kuotanya dianggap cukup, masak tiap hari harus bangun subuh satu jam. πŸ™‚

      Setelah kantor Esia tutup, layanan tetap berjalan atau ikutan gulung tikar, Pak?

      Dalam pantauan saya, meskipun ada aneka bintang, durasi pemakaian bonus kuota di operator lain biasanya minimal enam jam. Baru Esia ini yang hebat banget. Satu jam sajaaaaaaaaaa.

      *jadi teringat lagu lama berjudul “Satu Jam Saja” yang ditariksuarakan oleh Asti Asmodiwati. Ini tautan YouTube-nya http://youtu.be/A24Q6g_Ihwk*

  4. Setuju dgn pak Herry. Emang Esia kira org kurang kerjaan hanya buat browsing 1 jam (bangun jam 2,tidur lagi jam 3). πŸ˜€
    Disarankan ke Satpam ronda pakai jg,saya rs mereka jg pilih operator yg laen.

    Setelah kantor Esia tutup,tidak tahu lagi apakah sinyalnya msh mengudara atau tdk karena tdk ada kenalan saya yg memakai Esia di P.Siantar.(Rata2 memakai GSM,Flexy & Smartfren).
    Sejak awal hadirnya Esia di kota,signalnya msh kalah dgn Flexy tapi msh bs saya maklumi karena msh baru. setelah 3-6 bln tak ada perubahan,saya tdk pakai lg.
    Kantornya hampir tiap hari sepi pengunjung. Berbeda dgn kantor Smartfren yg tiap hari penuh. (mungkin beli HP/kartu perdana atau pengunjung yg mau komplain πŸ˜€ ??)

    Kerabat saya di JKT jg sudah ngak pake Esia lg (ada yg pake Smartfren). Kalo 3 thn lalu zamannya tren Esia Gogo,mrk msh ada pakai Esia saat saya sekeluarga liburan ke Ciwidey (Bandung).

    Menurut pengamatan saya sih….Esia mulai surut sejak kasus lumpur Lapindo. Mungkin biayanya byk dipakai Bakrie grup utk ganti rugi sehingga bisnis di bidang telekomunikasi (Esia) kurang mendapat perhatian sehingga peluang ini menjadi kesempatan Smartfren menguasai pasar operator CDMA yg wkt itu mungkin msh blm merger (“Smart” ataupun “Fren”).

    1. Pak Chely Sutio,

      Esia memang terlihat menurun. Namun, saya yakin bukan karena kehabisan uang gara-gara kasus Lapindo. Dari pengamatan jarak jauh, saya melihat kondisi internal mereka sempat kurang kondusif.

  5. Masih mending XL…cuma 25 ribu bisa dapat 5,5 GB

    5 GB dari jam 12 malam sampai jam 12 siang

    dan

    500 MB dari jam 12 siang sampai 12 malam

    πŸ™‚

    1. Pak Iwan,

      Tidak ada yang terbaik deh. Beda lokasi, beda waktu, bisa beda prestasi. Saya sendiri sehari-hari minimal berlangganan paket data dari dua operator berbeda. Kadang bahkan sampai empat operator.

  6. Pak Herry

    kalau ditempat saya malah XL stabil di 3G.kalau indosat ga stabil.kadang 3G kadang Edge.kalau Tsel juga lola,belum lagi mahal tarif net-nya.pengalaman pake Tsel yg 10 MB yg kuota kecil2.sudah dapat sms net aktif,buka net lambat loadingnya belum terbuka2 pas cek pulsa sudah Rp 0 alias ludes.dilaporin ke CS ya cuma diterima saja pengaduan tanpa tindak lanjut.bagi saya pribadi utk penggunaan internet yg paling berbahaya adalah Tsel πŸ™‚

  7. trims tulisannya.. membantu sekali
    saya pengalaman makai yg sekali pakai terus buang hehehe
    untuk daerah surabaya
    esia parah banget deh πŸ˜€ dlu pernah makai sekali trus sudah kapok
    telkomsel lumayan
    m3 bagus

    kini makai
    3 hemat mski lemotnya waw :D.. setahun 5gb aon.. untuk sosial chat saja kebutuhannya jd q ga protes… ga habis2 kayaknya tiap bulan ada bonusan kuota juga.. sampai sekarang masih 5gb lebih.. pdahal tiap hari dipakek dan sudah 3 bulan ini πŸ˜€

    untuk modem makai yang fl*ksi 80ribu unlimit 2 bulan
    gila banget deh itu.. menggantikan smart yg kena FUP setelah 500mb

  8. Billingnya Telkomsel memang paling ngeri. Padahal mereka punya fasilitas *888#, *887# dan *889# yg sangat membantu. Tapi sering bgt baca di internet kasus mengenai paket internet, terima sms paket sudah aktif tapi begitu dipakai malah kena di pulsa. Jadi dobel, pulsa kepotong biaya pengaktifan paket dan pulsa yg kepotong kadang sampai 0 karena paketnya dianggap tidak aktif. Dan saya sih ga heran karena pernah mengalami banyak masalah billing pada Kartu Halo saya.

    Untuk XL ada Jamannya sejak HotRod cukup baik. Tapi belakangan tiap saya ke Jakarta pengalaman saya XL mengecewakan, lelet dan tidak bergerak. Di daerah saya masih baik. Cuma kemarin saya sempat aktifkan paket Super Ngebut di Note 2 saya gila lelet sampai ga bergerak. Akhirnya posisi kartu saya tukar, XL pindah ke Lumia 520 dan Note 2 pakai Kartu Halo. Ternyata di Lumia saya lancar bgt Internet XL nya.

  9. Ada yg sudah coba Axis, saya 3 thn pake axis utk modem paket 50 rb kuota 2GB + bonus 500MB utk 30 hari full Speed (pernah sampe 3,6 MBPS), kalo kuota habis masih bisa internetan walo kec turun 128 Kbps. posisi karawang.

    saya sendiri pengguna Esia sejak ada nomor karawang thn 2006, dan digunakan utk layanan BB, ambil paket max 30. Cuma memang utk paket DAta yg dipromokan sekarang, unsur akal2an nya bombastis, banyak yg kecele.

  10. wah ternyata soal pulsa jebol Tsel sudah umum ya..tp knp pihak Tsel ga ada upaya pembenahan ya?

    kalau Axis di daerah saya sudah out sejak agustus 2012 tadi. Axis masuk tahun 2010. Jadi cuma bertahan 2 tahun.

  11. kebetulan saya terdaftar di paket SUPERGIGA yang telah dibonuskan dari quota 7GB menjadi 16GB
    tetapi terlihat hari ini ter-cek limit quota telah diturunkan kembali ke 16GB. Berarti pembohongan publik ya pak HSW?

    1. Pak Suyatmo,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      He… he… silakan disimpulkan sendiri deh. πŸ™‚

  12. Operator di indo brengsek semua…andalan saya selama 2 thun pkai smartfreen,kena kebijakan terbaru fup sama brengseknya.. .masak 49ribu cuma di kasih kuota 2gb,setelah habis kuota cuma bs ol tpi ya gtu lemottnya bikin emosi.udah jelas semua operator di indo brengsek.peran ylki terasa mandul.konsumen byk yg di rugikan oleh operator.moga2 pemerintah di thun depan kebijakannya lebih fear dn tidk menjebak konsumen lgi.amienn…

  13. Bener bener gila bro si bakrie telecom ini, aku kena jebakan sekali, hampir kedua kalinya baru nyadar dan teriak” ke CSnya, baru deh dijelasin.

    terus untuk paket bonusnya jam 2-3 malam, apa gak gila itu nungguin malem” cuma 150 MB, hahaha

  14. sialan saya hari senin lalu isi pake super giga.
    dan entah kenapa saya pada saat maen game online . biasanya 7gb bisa bertahan 2 minggu. ini 3 hari langsung habis.
    padahal di game tersebut tidak ada update dan di pc sayapun tidak ada update driver or anything. what happen ? i really hate this bakrie . like fat boy jump to trash .

    saya minta pendapat bagus nya saya ganti modem apa. dan juga di daerah saya hanya sinyal 3 , smart , esia saja di karnakan sinyal nya di karnakan di rempas oleh gedung gedung.

    1. Pak Rizal Fadhillah,

      Kalau di daerah Anda yang sinyalnya bagus hanya Tri, Smart, dan Esia, saran saya, cobalah Tri dulu. Asalkan dapat sinyal 3G, performa layanan Tri biasanya lumayan.

  15. ternyata esia atau aha atau bakrie ini mahal sekali yaa..
    2GB bisa dibilang 6,5GB. ckckck…
    Yakin mau pake bonus yg 150MB jam 2 PAGI? 1 jam doang pula.. Mau ronda?
    ahh dasar cameuh!

  16. Saya pengguna esia Jakarta, baru tau ternyata ketika berkunjung ke kampung saya Siantar Esia sudah tutup. Keliatan dr Sinyal yng tidak ada padahal 2 tahun lalu sy masih bisa gunakan.

    1. Pak Edo,

      Penutupan itu kira-kira diberitahukan lebih dulu kepada pengguna rutin di daerah tersebut atau tidak ya? Kalau tanpa pemberitahuan, kan kasihan konsumennya.

  17. menurut saya, lebih mending dengan bonus kuota yang seperti dulu, paket supermega dapat 2 giga, bonusnya 1 giga tapi bisa digunakan kapan saja, jadi akumulasi 3 giga, biasanya saya cukup 3 giga untuk 1 bulan, cuma buat browsing dikit sam cek email aja. tapi dengan paketan bonus yang sekarang, gak cukup untuk 1 bulan. kesimpulannya, esia mengecewakan.

  18. wah,,, esia max d…
    peraturan macam apa itu bukan nya memperbaiki
    malah mengurangi,,,, padahal 6,5 gb cukup menggiurkan,,,
    cuma 1 jam 150 mb pagi pagi pula…

    yang ky gnih troublenya
    mirip ky makanan…..,,
    kayak dulu s*kro yang gope an bungkusnya gede,,,
    isi nya banyak…

    sekarang,,, gope isinya se cuill,,,dikit banget,,,

    thank for share…

    perdagangan desia

  19. 1.Speed esia max d ngehe ya, maks di saya cuman 1,20 mb. Itu cuman 1-2 jam sisanya bertahan di 70kb. Ane posisi di bandung timur.
    2. Kalo anak kos kere kaya ane sih, enaknya pake paket POL 2rb per jam, lumanya lah bisa youtube-an sejam.
    3. Ane sempet nyengir2 baca quota 2g jadi 6.5g, eh dasar marketing, bonus quota 4,5g itu dibagi 30 hari, yang perharinya cuman bisa dipake 1 jam dari jam 2 subuh – 3 subuh. Bt juga sih makenya, daripada gak dapet bonus ya kepaksa dipake aja sekalian solat tahajud.
    4. Ngakalinya ngehemat quota, caranya di off-in image (gambar jpg, gif,png dll) di browser google chrome-nya, bisa mempercepat buffering. Kebetulan suka surfing artikel, tulisan2 dll, jadi setelah beres loading pagenya, langsung ctrl+s, save pdf. Biar nanti dibaca kalo ada waktu.
    5. Pernah 2x ilang 100rb, jadi total 200rb. Gara2 nya paket SUPER GIGA gak masuk, malah non paket, eh… abis tuh 100rb dalem 2 menit. Coba lapor Costumer Service. Setelah lapor lewat mail, CSnya bilang β€œmaaf pulsa anda sudah habis, setelah dicek anda tidak pernah terdaftar memasukan isi ulang sebesar 100rb”. Gatung diri dah bacanya. Tapi tetep setia make. Dengan isi ulang 10rb lagi.
    6. Semenjak itu dapet trik. Sms paket sampe beres. Baru klik β€œconnected”.
    7. Udah 1 tahun 8 bulan tetep setia pake Esia max d. Males banget beli modem baru, males ikut trend provider laen yang bilang quotanya lebih banyak, bonusnya lebih tapi tetep aja pasti ngeselin, daripada beli modem baru/ganti provider baru mending duitnye dipake buat beli pulsa esia max d. Mau modem apapun juga tetep aja ngehe, banyak temen ane juga gitu apapun mereknya. Lagian bonus, quota, kecepatan cuman akal2 marketing doang.
    8. Mau koneksi cepet pake provider indonesia mah ngeselin, Kecuali kecepatan internet di indonesia udah kaya korea, lagian modem usb kaya gini bukan harapan terbaik buat kecepatan. Harusnya pake modem kabel sih pasti cepet.
    9. Kesimpulan Bakrie ngeselin, Provider indonesia ngeselin, pada jago marketing sama penipuan publik aja. Ane pasrah pake esia max d, udah bisa nikmatin keberengsekan quota, cs yang berkelit gak bisa balikin duit 100rb ane, bonus 1 jam dini hari.

  20. mas/mbak, saya pelanggan modem esia juga.
    menurut pengalaman saya minggu lalu, kan quota utama saya yang 2GB habis, kemudian ada sms dari esia sbb:

    “Pelanggan Yth, quota utama Anda telah habis. Untuk mengaktifkan quota bonus Anda, ketik KLAIM kirim ke 242 atau melalui website Esia Max-D.Terima kasih”

    saya mengklaim bonus saya pada pukul 8 pagi. ternyata kuota itu tetap BISA DIGUNAKAN pada pukul berapapun, 24 jam TANPA KETENTUAN JAM KHUSUS. πŸ™‚
    mengenai bonus pada midnight, saya juga sebelumnya pernah coba kok. intinya, esia tidak berbohong mengenai bonus kuota ini. hanya untuk info. terimakasih πŸ™‚

    1. Bu Ambar Kholida Zahra,

      Terima kasih atas komentar dan sharing-nya.

      Paparan saya di atas merujuk ke kondisi pada November 2013. Program bonus setengah hati itu kini sudah tidak ada lagi. Seingat saya, mulai 1 April 2014 berlaku program baru seperti yang Anda ceritakan.

  21. Untuk berimbangnya informasi aja, saya juga sudah hampir 2 tahun pakai esia (BIS, Modem Cyrus, Telp), perasaan nggak ada mslh kaya yang saya baca ini semua ya?!?!

    1. Pak Hen DJ,

      Mungkin Anda saat itu kebetulan tidak memantaunya. Sebab, setahu saya, memang tidak dipromosikan lewat iklan besar-besaran di media cetak. Hanya diinformasi di situs Esia. Kini bonus setengah hati itu sudah dihapuskan.

  22. ehmmmm, saya ikut nimbrung nggih. Saya baru sekali ini membeli super mega. Sebelumnya hanya Fantastis 1 dan ekstra 50, pemakaian seperlunya. Tapi karena sekarang perlu pakai internet lebih sering akhirnya beli super mega. Pengalaman yang belum 1 thn ni membuktikan bahwa saya sedikit sama nasib dengan mas Asep Quota. SMS pengaktifan lama tak kunjung selesai, begitu buka internet pulsa habis, hehe. Habisnya Smartfren tidak konek sama sekali di kamar saya, coba provider lain pun urung. Sekarang quota saya tinggal 249MB, beli kemarin lusa. Harap-hrap cemas, semoga apa yang dialami Bu Ambar dapat pula saya alami, heheh

    Nuwun infonya Pak Herry

  23. oiya bu Ambar, sebelum habis kuota itu, kita harus punya sisa pulsa senilai paket yang digunakan tdk? Saya dapat warning begini

    pastikan saldo cukup untuk perpanjangan, jika ganti paket quota hangus

    gimana tuh

    1. Bu Ines,

      Ini ibarat mobil berbahan bakar premium ingin diisi solar. Jadi, jawabannya tidak bisa.

  24. wah…memang *** esia..sekarang saya yang tertipu..kok isi 50rb paket supermega langsung habis..ternyata cuma 2gb yang dipake..pake bonus klo cuma 150mb per hari ya gimana rasanya…baru browsing tiba2 mati karena kuota habis dan harus nunggu besok..ya tai..ini pembohongan public yang se ***-***nya…

    1. Pak Oyi MS,

      Harap tidak mengirimkan komentar berisi makian ke blog ini. Komentar Anda saya loloskan, setelah kata-kata yang kurang pantas saya samarkan dengan tanda *.

  25. Akhirnya saya temukan komentar atas pelayanan Esia/Bakrie Telecom. Memang betul sekali di tahun 2013 (saya lupa bulannya) kalau Esia Max-d membuat paket setengah hati seperti yang di posting pak Herry. Paket yang tidak pantas dibuat menurut saya. Kebetulan saya pengguna Esia Max-d sejak produk ini di release oleh Esia dan puas dengan kecepatan download dan uploadnya tanpa terlalu memperdulikan bonus yang diberikan. Dengan menggunakan paket Super Giga/Mega, sudah dapat mengakomodir keperluan saya ber-internet. Setelah paket Super Mega sudah berubah kebijakan penggunaan bonus kuotanya yg 4,5 GB (bisa digunakan kapan saja setelah kuota utama habis) maka saya tidak pernah berlangganan Super Giga lagi, cukup dengan Super Mega. Walaupun bonus kuotanya juga hanya berlaku selama 7 hari saja sejak pengaktifan.

    Sayangnya, sekarang kualitas sinyal/bandwidth Esia sudah tidak sebaik dulu dan semakin parah. Info yang diterima dari SMS selalu menuliskan “Saat ini sdg dilakukan peningkatan kualitas & penambahan jaringan. Mhn maaf bila terjadi gangguan dlm komunikasi anda”. Apanya yang ditingkatkan dan ditambah?? Wong makin terseok-seok. Dari rata-rata kecepatan download yang dulu saya dapatkan di 1,6 – 2 Mbps sekarang hanya 0,13 – 0,18 Mbps. Fantastis sekali….. dropnya.

    Sudah tidak ada gunanya menghubungi CS Bakrie Telecom baik lewat telpon maupun email, karena sepertinya Bakrie Telecom sudah menyiapkan produk terbaru mereka, HIDUP SEGAN MATI TAK MAU. Nasib perusahaan yang jadi sapi perahan Holding/owner.

    1. Pak Ridzky,

      Iya, sekarang Esia parah.

      Dua bulan terakhir, performa layanan voice call-nya sangat buruk. Layanan akses data juga menurun, tetapi masih bisa dapat 1 Mbps. Seminggu terakhir, kinerja layanan akses data merosot super tajam. Kalau Anda dapat 0,13 – 0,18 Mbps, berarti Anda masih lebih beruntung daripada saya. Saya cuma dapat 0,06 – 0,1 Mbps.

      Terus terang saya berpikiran negatif, jangan-jangan ini salah satu jurus yang diterapkan mereka untuk “mengusir” pelanggan. Biar pelanggan lari. Jadi, bila akhir tahun ini nomor FWA Esia dimatikan dan pelanggan harus hijrah ke nomor seluler, jumlah pelanggan yang mesti diberikan ganti rugi tinggal sedikit.

  26. thanks buat artikel nya, td nya sih niat cobain kuota yg supermega karna ngeliat bonus quota nya yg sampe 4,5gb..tp ya setelah tau klo bonus nya ga bisa di pakai bebas kapan saja jd ga pernah mau lagi buat pke operator 1 ini..huffhh

  27. masa sih?
    sy pk modem max-d dan HP max-fun.. 2-2’a ok2 aja sampe skrg stlh lbih dr 2 tahun berlangganan..
    sy pk yg paket SUPER MEGA 50rb sebulan.. kuota utama 2GB, bonus 4,5GB bs lgs di klaim stlh yg utama habis..
    full 24jam 7hari tanpa ada pembatasan waktu n kuota.. bonus bs dipakai selama masa aktif kartu.. ngenet lancar jaya.. lokasi sy di depok-jabar..
    puaslah pk esia selama ini πŸ™‚
    just sharing aj..
    makasih pak herry ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *