Membuka Kardus alias Unboxing Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi 6 resmi diluncurkan di Beijing, Tiongkok, pada 19 April lalu. Di sana, ponsel itu akan dijual secara daring (online) maupun luring (offline) mulai 28 April 2017. Penulis alias HSW kebetulan memperoleh kesempatan memilikinya lebih dulu.

Sekadar berbagi kebahagiaan, ehmm… tepatnya sekaligus menebar “racun”, inilah ritual membuka kardus alias unboxing Xiaomi Mi 6. Semoga Anda menikmatinya. Berikutnya, mari kita bersama-sama memanjatkan doa agar Xiaomi tergerak mendistribusikan ponsel tersebut ke Indonesia.

Aktivitas buka kardus dilakukan terhadap satu unit Mi 6 varian ceramic (keramik). Kardusnya berwarna hitam. Sekadar informasi, Mi 6 warna reguler (hitam, biru, dan putih) dibekali kardus berwarna putih polos dengan logo Mi berwarna oranye di bagian tengah.

Kapasitas memorinya terdiri atas RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Sisi belakang kardus.

Penggalan spesifikasi tertulis di sana. Tentu saja bukan berbahasa Indonesia, melainkan aksara Tiongkok.

Mari kita nyalakan Mi 6.

Ini sisi belakangnya.

Karena permukaan belakang Mi 6 mengilap, ia mudah sekali memantulkan objek. HSW yang sedang memotret, contohnya, terlihat jelas di sana. Jadi, bila berniat memotret dengan pantulan seminimal mungkin, diperlukan sedikit perjuangan ekstra.

Di sisi kiri ponsel terdapat selot yang siap menampung dua kartu nano SIM. Selot tersebut bukan selot kartu hybrid sehingga pengguna takkan bisa menambahkan kartu microSD.

Tombol volume dan power berada di sisi kanan ponsel.

Mi 6 memanfaatkan konektor USB tipe C. Selamat tinggal micro USB.

Selain ponsel, paket penjualan Mi 6 menyertakan aneka item. Apa saja?

Buku panduan pemakaian singkat dan alat tusuk untuk mengeluarkan selot kartu SIM.

Ada pula charger, kabel USB tipe C, dan konverter dari USB tipe C ke konektor audio 3,5 milimeter. Asal tahu, di bodi Mi 6 tidak lagi tersedia konektor audio 3,5 milimeter. Bila ingin menggunakan earphone, pengguna perlu memanfaatkan konverter tambahan yang disertakan di dalam paket penjualan Mi 6.

Dengan memperhatikan spesifikasi yang tercetak, charger bawaan Mi 6 tampaknya sudah mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0.

Sebuah jelly case berwarna hitam transparan juga disertakan. Jelly case berwarna sama bakal ditemukan di dalam kardus Mi 6 warna hitam. Sedangkan di dalam kardus Mi 6 warna biru dan putih, konsumen akan menjumpai jelly case bening.

Mi 6 saat dipadukan dengan jelly case bawaan.

Tampilan menu about phone di Mi 6.

127 thoughts to “Membuka Kardus alias Unboxing Xiaomi Mi 6”

  1. Wah, bulan ini entah kenapa saya sudah mulai dapat email ponselmu beberapa kali.. Sudah tidak error sepertinya.

    Tidak bisa menambah microSD? Apa semua seri Mi sama Pak?

    Sangat di sayangkan, tidak ada lagi jack 3.5mm. Lebih nyaman pakai headset dengan dedicated port daripada harus pakai converter.

  2. Wah, keren sekali gawai XiaoMi Mi6-nya, Ko Herry, jadi pengen beli tapi terasa berat buat kantong, hehehe. Thanks banget atas reviewnya, Ko…tapi ngomong-ngomong, kok Ko Herry sering kali diundang ke acara begituan. Apakah Ko Herry kerja di bagian telekomunikasi? Satu hal lagi yang ingin ditanyakan, gawai ini bisa pakai memory external enggak ya? Terima kasih banyak atas semuanya.

    1. Pak Toni,

      Saya tidak bekerja di perusahaan telekomunikasi.

      Tidak bisa. Pengguna hanya bisa menyelipkan dua nano SIM. Namun, dengan memori internal 128 GB, mestinya sudah nggak perlu kartu microSD deh.

  3. Pak herry itu mi6 tidak disediakan port jack 3.5.. memangnya bodynya setipis apa smpai tidak ada jacknya? Dan lebih tipis mana dibanding iphone 7 yg juga tidak menyediakan jack audio.? Txs

    1. bukan masalah tebal atau tipis sih, tapi lebih kepada kemampuan tahan percikan air, karena mi6 adalah ponsel pertama xiaomi yg diklaim tahan percikan air oleh pabriknya, sehingga lubang 3.5 mm akan sangat merepotkan untuk dibuat kedap tanpa adanya penutup karet

    1. Pak Ariel,

      Yang saya unboxing berbahan keramik, bukan kaca. Kalau yang biru dari kaca.

      Tidak mudah tergores, tetapi pasti bisa tergores.

  4. Apakah saat launching mi6 kemarin tidak disebutkan apakah bakal masuk indonesia? Maaf mau oot, saat ini saya pengguna redmi 3 prime, ingin upgrade kamera sgt buruk, namun jangan korbankan lifetime baterai brgkali ada saran? aq nunggu zen 3 zoom tapi sptnya lama launching disini dan garansi distributor wes menjulang 8jt 😮 aq keep ze552kl yg ze520kl sudah koh review tp batere lbh gede, tp aq mau compare dg gawai saran koh. Thx

    1. Pak Roy Agustinus,

      * Tidak disebutkan. Pada sesi diskusi terpisah, saya diberitahu kalau sampai saat ini Xiaomi belum berencana memasarkan Mi 6 ke luar Tiongkok.

      * Infinix Zero 4 Plus boleh dilirik.

      * Pertengahan bulan depan akan ada ponsel baru Asus yang meluncur. 🙂

      1. wah saya segmennya mirip seperti kak roy ini kayanya mas herry.
        Sangat tertarik sama Zenfone 3 Zoom. Jika dibawah 6.5 akan jadi deal yang sangat menarik

        Jika ada pilihan infinix zero4/ zenfone3 ZE520KL menurut mas herry bgmn?
        oiya kira kira bulan apa yg pas untuk beli hp ya mas? mengingat perkembangan skrg sangat cepat

        Oiya satu pertanyaan lagi mas
        Jika beli hp di china itu kekurangan2ny yg utama apa mas? soalnya ada temen kuliah di sana. kalo harga murah di sana jadi minat beli di sana titip kesini heh
        Terima kasih mas. Sukses ponselmu

        1. Pak Komang Adi,

          Tak tahu. Lha saya belum pernah dan memang tak berencana mencoba Zero 4. ZE520KL sih layak beli.

          Sekarang sudah tak bisa berpatokan bulan deh. Kalau memang perlu ganti ponsel, ya langsung hajar.

          Kekurangannya:
          * Tidak ada Google Play dan aplikasi bawaan yang berhubungan dengan Google.
          * Spesifikasi mungkin tidak kompatibel dengan kondisi di Indonesia.
          * Tanpa garansi resmi.

          1. Kalau budget max 5.5 juta. Sebaiknya mempertimbangkan hp apa ya om herry? apakah ada hp menarik yang akan masuk bulan bulan depan yg kompatibel dengan budget saya?
            garansi resmi tentunya

          2. Pak Komang Adi,

            Yang saat ini tersedia, LG G5 SE. Harganya Rp 5,999 juta dan dapat bonus speaker bluetooth JBL Flip 3. Speaker itu silakan dijual Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta dan jadikan sebagai pengurang harga.

            Bulan depan? Hmm… belum bisa komentar.

          3. terima kasih atas masukannya koh herry.

            di erafone P9 leica malah sudah 5.499k wiii turun hampir 1,5 juta.
            kira kira dari overall pengalaman koh herry lebih baik mana daily use antara p9 dengan LG g5 SE?

            saya memutuskan untuk bersabar koh herry. jika banyak banget hp yang datang kuartal pertama ini, semakin banyak yang turun harga. mungkin belinya bulan depan nunggu zenfone zoom

          4. Pak Komang Adi,

            Eh… iya, ternyata barusan turun dan hanya berlaku di Erafone. Overall sih saya lebih puas dengan G5 SE.

  5. Wah, android pertama yg ikut jejak apple nih eliminasi port 3.5 mm. Sebagai pecinta Xiaomi cuma bisa ngiler. Seri Mi pertama dan terakhir yg masuk sini resmi cuma M4i. Ditunggu review detail nya koh herry.

    1. Pak Erik,

      Bukan Android pertama deh. Sebelumnya sudah ada ponsel Android lain yang menghilangkan konektor audio 3,5 milimeter kok.

  6. Pak hsw
    Saya Mau beli powerbank xiaomi mi pro 2, daya outputnya 2 A, sedangkan hp ane bisanya dicas pake 1 A, kira2 kalau saya akalkan pakai kabel usb bawaan bisa outputnya 1A?

  7. untungnya masih di kasih konverter jack 3,5mm ya,Om.tapi bakal memang buat yg suka dengar lagu pakai headset kayak saya.

  8. pak herry, mau tanya kalau xiaomi redmi note 4 sama Asus Zenfone 3 Max ZC553KL lebih milih yang mana?
    makasih

    1. Pak Ulul,

      Tak bisa jawab nih. Redmi Note 4 masih dalam antrean uji pakai. ZC553KL saya belum pernah dan belum berencana mencobanya.

  9. Pak, untuk Mi 6 Plus bagaimana? Kapan rilisnya? Apakah bakal ada atau cuma isu hoax? Karena dari yang saya baca2 ada mi 6 plus juga (dimana memiliki performa yg lebih bagus terutama kamera)
    Takutnya bulan depan beli Mi 6 eh taunya keluar yg plus

  10. Lihat koh Herry di channel youtube sobat hape….mantaf koh..kenapa ga buat channel di youtube koh?btw suaranya merdu juga koh nyanyi lagu tanda tandannya..he..he..

    1. Pak Arif,

      Sejak lama saya sudah punya channel. Namun, tujuannya lebih untuk mengamankan nama saja sih. 🙂

  11. Maaf oot Ko Herry, smartphone xiaomi dengan ukuran layar 5.5 inch yg menggunakan prosesor Qualcomm, ram min 3gb dengan kapasitas baterai yg besar agar awet min seharian dan sudah beredar resmi di Indonesia apa ya. Trims

    1. Pak Yakuza,

      Jadwal edar resmi belum diketahui. Yang tidak resmi sih bulan depan paling sudah ada. Tahap awal sih dari harga di Tiongkok tambahkan beberapa juta rupiah deh.

  12. Pak Herry SW
    1. Jika tidak ada niatan untuk menjual resmi di Indonesia. mengapa Xiaomi mengundang anda ke Beijing dan memperoleh kesempatan memilikinya lebih dulu ?
    2. jika memang nanti akhirnya tidak dijual resmi di Indonesia, apakah anda tetap menulis review ? Mengingat anda biasanya tidak mereview ponsel yang tidak bergaransi resmi

    1. Pak Bram,

      1. Mungkin Xiaomi ingin menunjukkan kalau mereka juga punya ponsel flagship yang menarik. Hal serupa juga dilakukan Xiaomi terhadap jurnalis dari AS kok. Padahal, di AS Xiaomi malahan belum memasarkan ponsel.

      2. Ya. Seperti biasa, ada perkecualian untuk kondisi khusus. Misalnya, saya termasuk sekelompok pengguna pertama ponsel tertentu di dunia.

  13. Pak HSW

    Boleh minta tolong pecahkan 1 misteri terbesar ini buat saya mengenai mi6? Kameranya pake sensor bikinan apa sih pak? Dan serinya apa? Apakah imx 378 buatan sony? Bisa di cek menggunakan aida64 pak… Makasih banyak

  14. koh lebih nyaman noel s8 atau mi 6 ini???
    dan lebih suka exynos atau SD 835??
    dan apa unit yang diberikan itu koh herry yang pilih atau di acak secara random?? soalnya beruntung sekali koh herry dapat seri termahal mi 6 😀

    1. Pak Arief,

      Di tangan saya lebih enak Mi 6.

      Soal lebih suka Exynos atau Snapdragon 835, jawabannya belum tahu. Lha belum uji pakai.

      Semi-random.

  15. kecepatan dalam mensimpan data setelah ambil foto gmana om? biasanha xiaomi internalnya gak bisa cepat dalam sekali jepret.
    apakah ada fitur blast foto yg sekali tekan bisa save banyak foto?

  16. Mas,sy rencana nitip mi6 ini pas bsk jumat launching..smg ga ada mslh dgn softwarenya..mending dari china kan ya drpd yg versi distri?tp ya pasti ga ada garansi..hiks..hiks

    1. Pak Trayan Tranggana,

      Ya, mending beli di sana. Benar, tentu saja garansi tak berlaku bila dibawa ke sini.

  17. Habis lihat video Koh Herry di salah satu channel Youtube reviewer gadget ;D
    Logat nya Surabaya banget ya Koh.. hehehe

  18. Om HSW apakah nanti launching penjualan perdana di 28/04/17 akan dilaksanakan di China lagi ? senada dengan pak Trayan di atas, apakah bisa nitip mi6 juga ya? hehe
    Lalu, apakah dengan software bawaan china tidak diperlukan lagi flash rom ya ?

    1. Pak Adi PDC,

      Iya, di Tiongkok. Kalau Anda punya teman di sana, ya bisa saja titip.

      Tak perlu. Siap digunakan di Indonesia kok. Namun, tidak ada layanan yang berhubungan dengan Google ya.

  19. Ko Herry, untuk xiaomi apakah ada kendala di google map nya? Pernah liat bbrp teman punya jika map sering lama dan kadang salah… tidak spt ando lain ..tidak ngitutin juga kursornya spt ando… ( saya sering liat di mi 5 )
    Thx

    1. Pak Djonni,

      Di Mi 6 ini tidak ada layanan yang berhubungan dengan Google, termasuk Google Maps.

      Kalau Xiaomi-nya bergaransi resmi Indonesia, tak ada kendala dengan Google Maps. Saya sudah berkali-kali membuktikannya.

      Mi 5? Itu pasti tanpa garansi resmi.

  20. Lo mau nanya
    Apa perbedaan seri Redmi dan seri Mi dari Xiaomi. Sekaligus kekurangan dan kelebihannya
    Thnx ko

    1. Pak Royyan,

      Redmi itu untuk seri bawah, sedangkan Mi seri atas. Nah, dari situ bisa ditebak kekurangan dan kelebihannya kan.

  21. Yang bikin kecewa cmn port audio dihilangkan. Krn suara yg dihasilkan kalau pake headset bluetooth ataupun usb audio g bakal sejernih port jack audio. dan seharusny kalau memang dihilangkan hp ini udh bersertifikasi ip67/68 bkn cmn anti cipratan aja. Itu aja sih, selebihnya hp ini menang banyak. Top

  22. Ko Henry, mau tanya beberapa hal.

    1. untuk layarnya itu uda 2.5d (pinggirannya melengkung) atau rata seperti hp biasa?
    karena klo yg 2.5d susah pake tempered glass

    2. untuk varian yg glass apakah kelengkapannya sama? dapat jeli case jg?

    3. untuk varian ceramic apakah hanya ada warna hitam?

  23. Pak Herry maaf oot , mau tanya untuk Xiaomi Redmi 4A apakah bisa dipakai kartu Smartfren ? Bisa utk telpon & SMS juga kah dgn Smartfren ?
    Thanks utk penjelasan nya nanti.

  24. Cuma bisa baca2 tulisan pak HSW …
    Untuk beli , mundur teratur deh .., sekarang pake redmi 4 prime sdh mantap

  25. Pak Herry mau tanya, bukankah snap 835 sudah support quick charge 4.0, tapi kenapa rata2 ponsel yang pake sd 835 belum ada yang quick charge 4.0 termasuk mi 6 ini ya pak?

  26. Pak Herry seandainya tanpa memperdulikan garansi, apa ada smartphone lain yang spek dan segi harganya beda2 tipis (tandingannya begitu) selain xiaomi mi 6 ?

    Update terus Pak kalau ada bocoran xiaomi mi 6 ke indonesia hehehe
    terimakasih..

    1. Pak Stefi94,

      Saya tidak mengamati ponsel-ponsel tanpa garansi resmi. Kayaknya belum ada pembanding yang pas buat Mi 6 deh.

  27. Pertama kali tau suara merdu nya koh herry itu dulu waktu ada video ko herry nipu balik si penipu pake “stanchart” terus si penipu bilang “apa itu stanchart?” Wkwkwk
    Eh sekarang nongol lagi suaranya koh herry di channel sobathape..

      1. Nah yg itu koh videonya.. tapi mengapa sekarang jarang melakukan review di youtube lagi ya? Video terakhir yg pernah diupload malah HTC one M8 vs Lumia 920 :v

    1. Pak Dinar,

      Rp 1,5 juta: Xiaomi Redmi 4A. Kalau cari yang kameranya bagus, Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta.

  28. ditunggu full review MI6 ny Om HSW–yg paling utama utk main/front cam masing² pke sensor apa? untuk OIS

    sendiri apakah berkerja secara optimal? berikut hasil capture pict (night mode – 4s shutter speed). apakah

    benar utk video mode, opsi zoom msh menjadi kendala(mengacu pd sebuah artikel). terima kasih bnyk Om

    HSW atas pencerahan nya

    1. Pak Adhit,

      Nama masing-masing komponen takkan saya bahas detail.

      Intinya, karena beragam faktor, tidak semua permintaan bisa saya penuhi deh.

  29. koh, itu hapenya masih rom china kan? selama pake di indo ada masalah ga? atau harus nge-root dulu? thx koh

    1. Pak Sean,

      Betul. ROM China dan beta.

      Asalkan dipakai untuk menjalankan aplikasi yang tidak berhubungan dengan Google, lancar jaya. Tanpa root dll.

  30. Om hsw waktu membawa hp ini dari tiongkok , apakah di indonesia waktu imigrasi kena periksa dan harus bayar bea masuk/pajak ?

    1. Pak Hadi,

      Yang kardus hitam itu Mi 6 ceramic. Kalau Mi 6 yang akan dibeli berwarna hitam, biru, atau putih, kardusnya pasti berwarna putih.

  31. Pak Herry,

    Mau tanya mengenai ROM :
    1. Bagaimana nantinya cara install aplikasi2 yang biasa digunakan d android kebanyakan (google play, line, WA, path, dll) apakah ada caranya atau kena blokir seperti web2 yg tidak bs masuk Tiongkok kebanyakan.

    2. Saya pernah dengar kalau ROM china, akan muncul iklan atau advertisement pop up. Apakah benar dan bagaimana cara menanggulanginya?

    1. Pak Chris,

      1. Unit yang saya uji pakai memakai global ROM. Jadi, cara unduhnya ya sama dengan ponsel Android lain.

      2. Lebih tepatnya, itu terjadi kalau Anda membeli Xiaomi tanpa garansi resmi dan yang disuntikkan kebetulan ROM abal-abal. Pastikan membeli ponsel Xiaomi yang bergaransi resmi. Masalah serupa takkan terjadi. Anda nggak perlu bingung ganti ROM dll.

      1. Pak maaf mau tanya lagi…. Saya pegang xiaomi mi6 beli langsung di counter resmi di china dengan versi MIUI stable 8.2.23.0 (NCACNEC)
        Tapi saya kesulitan untuk menggunakan playstore, apakah ada masukan bagaimana cara install aplikasi secara resmi??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *