Membuka Kardus Huawei Nova 2i

Huawei Nova 2i kemarin (6/11) resmi diluncurkan di Indonesia. Ponsel dengan empat kamera–dua di depan dan dua di belakang–itu dibanderol Rp 3,999 juta. Apa saja isi paket penjualan ponsel tersebut? Mari kita membuka kardusnya.

Sama dengan aneka merek ponsel 4G LTE, bukan hanya Huawei, Nova 2i dirakit di Indonesia.

Inilah isi paket penjualan Nova 2i. Sebuah hardcase semitransparan juga disertakan di dalam kardus.

Selembar pelindung layar yang bening telah terpasang dengan rapi. Konsumen disarankan melepaskan satu lapisan teratas sebelum mulai menggunakan ponsel.

Nova 2i yang penulis alias HSW unboxing merupakan edisi ratu kabel. Nama Herry SW digrafir laser dengan rapi di sisi belakang bodi yang berbahan logam.

Ratu kabel? Itu singkatan dari ora tuku, kagak beli. 😀

Nova 2i dibekali layar IPS 5,9 inci beresolusi FHD+ 2.160 x 1.080 piksel.

Kalau Anda menyangka ia berukuran bongsor karena berlayar 5,9 inci, dugaan itu terbukti salah. Dengan rasio layar 18:9, dimensi fisik bodi Nova 2i setara dengan kebanyakan ponsel berlayar 5,5 inci. Ukurannya 156,2 x 75,2 x 7,5 milimeter dan berat 164 gram.

Di kanan atas layar terdapat dua kamera. Satu beresolusi 13 megapiksel, satu lainnya dua megapiksel. Kamera 13 megapiksel bertugas merekam objek yang dijepret, sedangkan kamera dua megapiksel menangkap kedalaman objek untuk menciptakan efek bokeh.

Beralih ke sisi belakang ponsel. Selain sensor sidik jari, terdapat kamera ganda beresolusi 16 megapiksel dan dua megapiksel. Cara kerja dua kamera itu sama dengan kamera depan.

Tersedia mode profesional yang mengizinkan pengguna mengubah parameter pemotretan secara manual. ISO dapat diatur mulai 50 sampai 3200, sedangkan kecepatan rana (shutter speed) antara 1/4.000 detik dan delapan detik.

Nova 2i memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) HiSilicon Kirin 659 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 2,36 GHz dan empat inti 1,7 GHz. Wi-Fi, GPS, bluetooth, RAM 4 GB, ROM 64 GB, dan baterai tanam 3.340 mAh merupakan spesifikasi lain ponsel tersebut.

Ponsel 4G LTE bersistem operasi Android 7.0 Nougat dengan EMUI 5.1 itu menganut dual SIM hybrid. Pengguna harus memilih akan memasangkan dua nano SIM bersamaan atau satu nano SIM dan satu kartu microSD.

***

Contoh aksesori tambahan untuk Nova 2i. Pemasoknya sekarang masih dalam tahap penjajakan pasar. Mungkin kelak dipasarkan di sini.

***

Berikut beberapa hasil jepretan kamera Nova 2i.

Kini menjajal mode bokeh. Diawali dengan pemotretan memakai kamera belakang. Mode normal.

Mode bokeh diaktifkan.

Saatnya mencicipi kamera depan. Mode normal.

Mode bokeh diaktifkan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

139 thoughts to “Membuka Kardus Huawei Nova 2i”

      1. Saya Mau ganti hape dr Sony Xperia Z5 Compact ke hape ini worth it kah? saya agak bingung karena dr segi sensor Z5C cuman minus temperature, dan sudah ada NFC.

        1. Pak Daniel,

          Harap menantikan uji pakai saya selesai dulu ya, Pak. Sekarang saya belum bisa menjawabnya.

          Nova 2i tanpa NFC lho.

  1. Sayang batere cuma 3.300 . . .
    Menurut pak herry, baterenya termasuk boros gak? Trus apakah kameranya termasuk kategori bagus gak?

    1. Pak Tris,

      Belum tahu. Judul naskahnya kan masih “membuka kardus”, bukan “review”. Harap menanti uji pakai selesai dulu ya.

  2. nunggu ulasan lebih lengkap saja deh, kelihatannya menarik.
    pasar ponsel pintar di kelas 3 – 4 jtan jadi rame.
    antara beli bekas flagship 1-2 tahun lalu atau baru tapi kelas mid-end.

    kalo memang bakal keluar ulasan saya titip ya om, perbandingan kamera dengan Mi A1 dan G5s plus 😀

  3. Waduh racun terbaru ini Pak Herry. Apakah benar ini tipe Huawei Mate 10 Lite? Kalau benar mengapa namanya diganti untuk pasar Indonesia?
    Hasil mencoba singkat apakah cukup memuaskan untuk harga 3.999juta?

    1. Pak Fiqto,

      Saya kurang tahu mengapa Huawei memakai nama yang berbeda-beda. Nova 2i, Mate 10 Lite, Maimang 6, dan Honor 9i sebenarnya merujuk kepada ponsel yang sama.

      He… he… belum tahu. Kan statusnya baru “membuka kardus”. Kesan pertama sih cukup oke. Harap menanti sampai uji pakai selesai dulu ya.

  4. mantap koh. ditunggu review nya.
    menurut koh herry worth it tidak untuk mengganti iphone 6 saya dengan huawei nova 2i ini?
    terima kasih koh

    1. Pak Septian Risqi,

      Belum tahu. Lha kan saat ini baru sebatas towel-towel. Apalagi, saya tak pernah memakai iPhone 6.

  5. Sore Om Herry,

    Saya ada beberapa pertanyaan :
    1. Apakah Huawei Nova 2i ini sepertinya lebih baik dari LG G5 SE dan Mi A1? dari segi performa, kamera,batre.
    2. Mi A1 saya beberapa kali stuck di layar, jd ada telp masuk tp layarnya tetep stand by dan gak bisa diapa2in harus di restart dengan menekan tombol power selama -+ 10detik. Kenapa ya om kira2?
    3. Kalo saya ganti Mi A1 dengan Nova 2i apakah layak?
    Terima kasih Om Herry dan Ponselmu..

    1. Pak Nicho,

      1. Belum tahu. Proses uji pakai belum dimulai.
      2. Hmmm… kasus pertama yang saya dengar nih. Sudah update firmware terbaru?
      3. Cek jawaban nomor 1.

      1. Om herry,

        Sebelum update firmware udah sempat ngeblank gt, abis update yang terbaru juga 3 hari kemarin blank lagi. Ntah kenapa soalnya aku browsing2 di web juga ga ada problem kayak gitu.
        Menunggu review lengkapnya Nova 2i ini deh sebelum beli hehee..

        1. Pak, apakah fitur ambient displaynya diaktifkan? Jika iya mungkin itu penyebabnya, saya juga menggunakan mi a1 dan mengalami hal yg sama, setelah mematikan ambient display semuanya normal kembali

          1. Pak Rian Fajar,

            Saat memakai Mi A1, ambient display saya aktifkan dan ponsel tetap baik-baik saja. Di unit Anda bermasalah ya?

  6. Wah, kayanya bisa jadi HP Best Buy dengan harga kisaran 4 jt ya Ko Herry, hehehe…
    Kalo seandainya performance processor dan kamera dibandingkan dengan Mi A1, kira-kira Ko Herry lebih pilih yg mana?

  7. Bisa aja Pak HSW bikin akronim, ratu kabel. Senyum2 sendiri saya dibuatnya.
    Pak HSW, sepertinya bokehnya rapi juga, apa betul pendapat saya. Untuk hasil swafotonya, mengapa wajah Pak HSW jadi dua warna, ada bagian yang putih, ada yang kehitam-hitaman. Hasil swafoto dengan kamera beberapa ponsel sebelum ini nggak seperti itu.

    1. Pak Yose,

      Kayaknya begitu. Belum berani saya pastikan karena saya baru sebatas towel-towel. Proses uji pakai belum saya mulai. Masih antre.

      Jadi dua warna mungkin karena saya berada di samping jendela. Jadi, cahaya dari jendela hanya mengenai sebagian wajah saya.

  8. misi koh, mau nanya.
    maaf sebelumnya out of topic. kalo menurut koh herry, hp yg kamera depan belakang bagus, dengan spec standar juga gapapa dan budget 2 jtan, kira kira hp apa ya koh?

    terimakasih banyak koh.

    1. Pak Andre Kurniawan,

      Coba cari Asus Zenfone 3 ZE520KL harga promo. Kemarin di Blibli dijual Rp 2,499 juta, tetapi dalam hitungan jam sudah habis.

  9. Ko herry, kalau nova 2i ini bisa dibandingkan dengan mi max 2 kah? Kira2 bagus yg mana yaa? Untuk pemakaian kamera dan sound nya. Trims

  10. Kira-kira mengapa produsen menulis rasio layar 18:9? Bukankah di pelajaran matematika SD rasio tersebut bisa disederhanakan menjadi 2:1? ?

    1. Pak Arie,

      Saya tak mengetahui alasan pastinya. Mungkin agar terlihat bedanya dengan ukuran layar lebar yang sebelumnya memiliki rasio 16:9 ya.

  11. 4 jutaan gak ada gyroscope? Apakah worth koh? Apalagi prosesornya buatan sendiri, kalo dibandingin sama kompetitor yg rata2 pake Snapdragon 625 mending mana koh?

  12. Koh, mau tanya kalo mau beli ponsel budget 2-4 juta, ada FNC nya dengan kamera depan bagus, bisa dipakai sosmed buat kerjaan dan service centernya lumayan enaknya merek apa ya?

    1. Bu Lia,

      Sebenarnya ada LG G5 SE. Namun, untuk sementara, jangan membeli ponsel LG dulu. Lebih baik mengambil posisi “tunggu dan lihat”.

      1. Mengapa jangan beli LG G5 SE dulu om. Apa harus nenunggu kepastian apakah LG akan tetap bertahan di pasar ponsel Indonesia ataukah ia akan hengkang?

        1. Pak Muhtahida,

          Ya. Sekarang saya sudah mendapatkan kepastian. Silakan beli G5 SE, asalkan harganya tidak lebih dari Rp 3,5 juta dan telah termasuk battery kit.

      2. “tunggu dan lihat” itu maksudnya apa om Herry ? kebetulan saya mau beli LG G5 SE tapi ngeliat Huawei Nova 2i jadi “tunggu dan lihat” juga jadinnya.

        1. Pak Alwi,

          “Tunggu dan lihat” itu karena ada rumor dan gejala bahwa LG akan keluar dari pasar Indonesia. Saya sudah mendapatkan konfirmasi kalau tahun depan mereka masih akan eksis di sini.

        1. Pak Zuzu,

          Sekarang silakan lanjut ambil G5 SE, Pak. Kemarin itu ada sesuatu yang mengkhawatirkan. Saya sudah memperoleh konfirmasi kalau mereka takkan menyerah. Jadi, lanjut deh.

  13. Kesan pertamanya gimana pak setelah memegang hapenya secara langsung lalu gimana dengan build quality ya apakah bagus dan terlihat premium atau terlihat biasa saja. Dan sektor layar apakah sangat jernih warnanya dan view anglenya mantap gak pak?

  14. pak hsw, saya booked bekas nya, bangga sekali bisa pake hp ada gravir herry sw nya, serius, tawarkan ke saya dulu sebelum di lepas kepasar, makasih pak, GBU

  15. Pak hsw saya membutuhkan ponsel selfie, kamera gak bagus bagus amat juga gak papa yg penting fotonya gak malu maluin di pajang di socmed. Dana 2,7 jt nambah dikit tak masalah. Mohon saran dari pak hsw

      1. Terima kasih banyak pak, saran dari pak hsw sangat membantu anak kuliahan dgn budget terbatas seperti saya, hari minggu besok saya berencana membeli asus zenfone 3 ZE520KL . Satu lagi nih, setelah mereview berbagai macam hp, ponsel merek dan tipe apa yg pak hsw nilai memiliki kamera depan terbaik untuk selfi ?.

        Keep up the good work ponselmu.com .
        semoga pak hsw selalu sehat dan terus memberikan ulasan menarik untuk pembaca ponselmu.com

  16. Saya sudah lama tidak pakai ponsel merk huawei, semenjak rekan senegaranya invasi ke pasar ponsel Indonesia.
    Menurut Pak Herry apakah Huawei termasuk merk yg rajin memberikan update software untuk produk ponselnya, terutama yg beredar di Indonesia sekitar 2 tahun terakhir? Krn salah satu alasan saya pindah ke lain hati adalah tidak adanya update tersebut, entah itu update ke versi android terbaru atau sekedar perbaikan bug. Jadi dibiarkan saja apa adanya, itu yg membuat saya kecewa dgn brand ini.
    Kalau huawei sudah berubah dan sering memberikan update, saya sangat tertarik dgn nova 2i ini.

    1. Pak Fiqto,

      Tidak serutin, misalnya, Xiaomi yang sama-sama berasal dari Tiongkok. Namun, secara berkala Huawei masih menghadirkan pembaruan kok.

  17. Yah sayang banget nggak ada sensor Gyroscope.. Tapi diluar itu kayaknya bakal jadi calon pinangan yang menarik. Hahaha

    Apakah hp ini sudah bisa face unlock? Dan apakah kita bisa melihat screen on time di Huawei? Oppo F1s saya gabisa lihat screen on time soalnya

    Ditunggu reviewnya pak.

    1. Oh iya kelupaan. Apa bisa pakai USB OTG? Mengingat di Huawei P9 Lite yang harga rilisnya hampir 4 juta fitur ini masih absen. Makasih pak.

    2. Bu Arifah Nur,

      Belum saya eksplorasi nih. Baru sebatas towel-towel. Aneh juga ya kalau sampai nggak bisa melihat screen on time.

      1. Iya nih pak haha. Kalau bisa nanti tolong sertakan screen on time nya juga di review. Saya masih galau mau ngambil ini, Oppo F5 atau Vivo V7+

        1. Bu Arifah Nur,

          Screen on time takkan saya sertakan dan perhatikan. Sebab, buat saya, screen on time tak bisa mencerminkan daya tahan nyata baterai.

  18. Selamat pagi pak herry, semoga kesehatan selalu menyertai bapak. Pertanyaan saya di luar topik pak. Saya melihat di blibli.com bahwa harga iphone 5s sekitar 2 jutaan. Akan tetapi ada keterangan refurbished. Bisakah pak herry menjelaskan apa yang dimaksud dengan refurbished? dan layakkah barang tersebut dibeli ? Terima kasih, saya tunggu penjelasannya

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Definisi refurbished yang sebenarnya, suatu ponsel bekas diuji layaknya sebuah ponsel baru. Komponen yang tidak optimal diganti dengan komponen baru. Setelah itu unit menjalani serangkaian tes lagi untuk memastikan performanya baik seperti standar ponsel baru.

      Masalah, refurbished versi pedagang seringkali bukan seperti di atas. Aktivitas rekondisi dan kanibal sering dikategorikan sebagai bagian dari refurbished pula. Pemakaian komponen bukan orisinal amat mungkin terjadi.

      Jadi, saran saya, jangan dibeli deh.

  19. yahh ga ada gyroscope nya ya koh herry, harga 3,99 itu harga preorder atau kalau sudah ready stock beda harga lagi?

    1. Pak Nanda,

      Harga pre-order dan harga ketika ready stock sama kok. Bedanya, peserta pre-order dapat satu paket gift box.

  20. om kirin 659 ini kelasnya mirip snapdrgon seri brpa y om ? seri 6xx atao 8xx?

    sma ukurannya gedan mana sma redmi note4? kayaknya bagusnih d harga 4jtan? moga ada review d bandingin sma mi a1?

  21. Dear pak Herry,

    Maksudnya “tunggu dan lihat” untuk LG G5 SE, apakah ada kemungkinan turun harga lagi (signifikan) dalam waktu dekat? Ataukah maksud bapak LG V20 juga bakal turun harga atau ada hp lain yg lebih bagus dgn harga lebih memikat? Thanks Pak

    1. Pak Vicky,

      Bukan. Kemarinnya saya menyarankan “tunggu dan lihat” karena ada sesuatu yang sangat mencurigakan dengan LG. Saya akhirnya konfirmasi langsung dengan petinggi LG asal Korea. Hasilnya, konfirm aman. Jadi, silakan melanjutkan beli V20 atau G5 SE.

      Yang V20 harganya maksimal Rp 5,5 juta ya. Sedangkan G5 SE maksimal Rp 3,499 juta dan wajib dapat battery kit. Bila harga segitu tanpa battery kit, lebih baik dilupakan.

  22. Malem koh herry,,, langsung aja nih koh,, pengen sarannya smartphone 2juta ke bawah yang layak beli untuk penggemar game dan browsing seperti saya,,, kalau ada sih baterai besar dan layar enak untuk di pakai nonton video

      1. Oh gitu yah koh,, kalo selain redmi 4x ada yang lain kah?
        Salah satu teman saya menyarankan infinix note 4 kepada saya, bagaimana menurut koh herry?

          1. Om Herry,

            Bantu jawab dikit, di Lazada Infinix Note 4 tinggal 1.799rb plus bisa di-voucher 50rb jd tinggal 1.749rb. Murah banget kayanya kalo dibanding speknya.

          2. Pak Nicho,

            Lah… ternyata diperpanjang ya. Harga segitu seharusnya hanya berlaku pada 11 November 2017. Terima kasih atas informasinya, Pak.

  23. seandainya dibekali NFC, usb type-c, dan sensor gyroscope, walau “cuma” pakai kirin, ponsel ini bakal berhasil memaksa saya melengserkan redmi note 3 pro

  24. “Namun, untuk sementara, jangan membeli ponsel LG dulu. Lebih baik mengambil posisi “tunggu dan lihat”… Huaduh ada apa ini ko?? Padahal lagi pengen ganti LG

    1. Pak Michael,

      Status “tunggu dan lihat” sudah dicabut. Saya telah mendapatkan konfirmasi bahwa LG tahun depan takkan angkat kaki dari Indonesia.

  25. Hrganya 4jt ya ko, mmmm.. Nunggu 4bulanan lg deh ko siapa tau harganya turun? hp bagus unik nih 4 kamera + full display.
    Ohiya ko apa menurut koh herry nokia 6 cukup menarik kah ko jika di lihat dr segala sisi?

  26. Om Herry maaf diluar topik.
    Ada rencana review Wiko Upulse dan Wiko View?
    Wiko Upulse saya tertarik soalnya layar lumayan gede dan harga lumayan murah, di pasaran sekitar Rp1,8juta.
    Wiko View tertarik soalnya konfigurasi layar yang 18:9.

  27. Bapak HSW

    Apa yang dimaksud dengan pernyataan bapak mengenai jangan ambil ponsel LG dulu? Lebih baik tunggu dan lihat?

    Memang sekarang banyak ponsel LG banting harga, apa karena rumor LG mau keluar dari Indonesia?

    Mohon sarannya karena rencana ingin sekali membeli gawai LG V20 yang sudah turun harga ke angka 5jt an sekarang. Atau bapak HSW mempunyai rekomendasi lain di rentang harga yang sama untuk saat ini?

    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Ary,

      Ya, ada kaitannya dengan rumor itu. Sekarang saya sudah mendapatkan konfirmasi kalau LG belum akan menyerah dengan kondisi pasar Indonesia.

      Asus Zenfone Zoom S boleh dipertimbangkan.

  28. Koh herry,lihat nouva 2i,keren modelnya lbh modis spertinya bezel less banget jg seperti LG G2 yg sy pakai sekarang, sy lg tunggu nih bagusnya mana antara kirin 659 nouva 2i atw snapdragon 652 yg di G5 SE,mohon pencerahannya ya koh di tunggu reviewnya.

  29. Maaf pak OOT nih.. saya beli hp lenovo K6 note, saya setting jaringannya dengan opsi prefer network LTE/ WCDMA/GSM auto.. pd daerah2 trtentu yg blm ddukung 4G saya ganti ke WCDMA/GSM auto tp tetap tidak ada sinyalny pak.. gimana y pak seharusnya? Kartunya kah yg salah karna hanya bisa sinyal 4G atau ada pengaturan tertentuny pak? Btw, saya makenya telkomsel pak.. makasih bnyak pak atas jawabannya..

    1. Bu Icha,

      Pengaturan Anda sudah benar. Sudah coba memasukkan kartu Telkomsel lain atau kartu operator lain? Bagaimana hasilnya?

  30. Dear pak Herry,

    O gitu toh Pak, tentang si LG. Duh jangan sampe tutup ya di Indonesia. Bapak tahu gak, selain di Korsel, LG smartphone berjaya di negara mana lagi?

    Dimana di Jakarta penjual yg menjual LG G5 SE dengan harga maximal 3.5 jt (sy bulatkan) plus dapat battery kit?

    Thanks Pak

  31. Pak HSW yg saya hormati.
    Saya sangat tertarik dengan tulisan2 yg ada di blognya bapak. Saya merasa sangat terbantu setelah membacanya. Tlg pendapatnya dong Pak antara
    Antara Huaweei Nova 2i, Zenfone 3, dan Moto GS5 Plus dari segi kegegasan dan layanan dervice, maupun aftersalenya .
    Terima kasih

    1. Pak Noel Tidung,

      Nova 2i belum bisa saya komentari karena masih antre diuji pakai.

      Kegegasan lebih unggul Moto G5s Plus daripada Zenfone 3. Layanan device itu maksudnya apa ya? Kalau layanan pusat perbaikan resmi, Motorola unggul tipis atas Asus.

  32. Halo pak Herry,
    ijin meminta pendapat. Untuk handphone yang ada pada kisaran harga 5 – 6 juta, menurut pak herry apa yang layak untuk dibeli? saya mengutamakan kamera belakang dan daya tahan baterainya
    mohon sarannya ya pak Herry

    1. Pak Putra,

      Di rentang harga segitu kosong. Turun seribu rupiah ya. Ada Asus Zenfone Zoom S yang harga ritel resminya dipatok Rp 4,999 juta.

  33. Mas herry mau nanya nih , kalo menurut mas meding motog5s,mi a1, mi max2, lg g5se atau infinix zero 4 plus , tolong diurutkan dan diberikan penjelasan mohon dijawab

    1. Pak Gemuruh,

      Pertanyaan yang sama sudah Anda kirimkan tiga kali lho. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  34. Pak… maaf ya kalau oot
    mau tanya antara Oppo F5 dan Vivo V7+ bapak lebih pilih yg mana ?
    Apakah kedua hp itu harganya over price tidak ?
    Makasih Pak sebelumnya

  35. Koh,saya ada beberapa pertanyaan nih
    1. Apa hisense pureshot msh bisa diservice di galeri smartfren?kalau dijual bekas kisaran harganya berapa ya?
    2. Saya minta rekomendasi 5 ponsel terbaik di bawah 2 juta plus kelebihan-kekurangannya koh hehe

    Makasih

    1. Pak Rafiedingdong,

      1. Saya tak yakin. Kemungkinan sudah tak bisa. Dengan asumsi mulus, normal, dan komplet sekitar Rp 900 ribu.

      2. Infinix Note 4, Xiaomi Redmi 4X, Infinix Zero 3, Motorola Moto E3 Power, dan Xiaomi Redmi 4A. Kelebihan dan kekurangannya bisa dibaca di naskah review yang telah saya unggah ke blog ini. Kalau dijelaskan satu per satu bakal panjang banget.

  36. Om Herry,

    Di situsnya Infinix ada teaser kalo mau keluarin flagship terbaru Infinix Zero 5. Rumor yg beredar di beberapa situs luar negeri spesifikasinya RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Om Herry sudah ada infokah berkaitan dg Infinix Zero 5? Kapan kira2 masuk Indonesia dan kisaran harganya? Seandainya sudah keluar bakal diulas nggak om?

    1. Pak Padmo,

      Kemarin ponsel itu telah diluncurkan di Dubai. Ya, RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

      Belum tahu akan masuk resmi ke sini atau tidak. Kemungkinan besar sih iya. Entah di harga berapa. Apakah bakal diulas? Kita lihat saja kelak ya.

  37. Saya lihat sewaktu googling, ternyata ada sedikit perbedaan antara Huawei 10 mate lite dan Huawei Nova 2i, yaitu untuk Nova 2i ternyata tidak ada LED notificationnya, apakah betul ?
    Mohon Pa Herry mengetest juga apakah dua SIMnya bisa 4G dan 3G bersamaan? Atau yang satunya terkunci di 2G?
    Terima kasih.

    1. Pak Marvin,

      Saya belum bisa menjawab karena Nova 2i-nya setelah di-unboxing belum saya uji pakai. Silakan menanyakan lagi pada akhir November 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *