Mencegah Munculnya Materi Telkomsel di Ponsel LG

Sebagian pengguna ponsel LG Stylus 2, G5 SE, atau V20 belakangan ini mungkin sempat jengkel. Sebab, saat ponsel mulai diaktifkan maupun dipadamkan, terdengar nada khas Telkomsel. Wallpaper berubah ala Telkomsel. Kalau dicermati, di daftar aplikasi yang diinstalasikan juga ada aplikasi yang berhubungan dengan Telkomsel. Biarpun di-factory reset, problem yang sama kembali muncul.

Sederet keluhan dari konsumen penulis alias HSW terima. Demi kenyamanan pengguna, HSW pun untuk sementara merekomendasikan pengguna Telkomsel jangan membeli ponsel LG tertentu. Asalkan bersedia melakukan factory reset, jurus untuk mencegah munculnya materi Telkomsel telah tersedia. Inilah langkah-langkahnya.

Bacalah dan ikuti baik-baik panduan berikut. Kiat ini berlaku untuk seluruh ponsel LG. Selamat mencoba!

  • Lepaskan kartu Telkomsel dari ponsel LG. Selipkan kartu operator lain.
  • Aktifkan ponsel, kemudian lakukan factory reset.
  • Gunakan ponsel seperti yang sehari-hari rutin Anda lakukan. Sekitar 30 menit kemudian seharusnya muncul notifikasi update. Tolaklah tawaran update
  • Setelah menolak penawaran update, kartu Telkomsel baru boleh Anda selipkan lagi ke ponsel LG tersebut. Aneka materi yang berhubungan dengan Telkomsel seharusnya takkan “menyerang” ponsel Anda lagi.

22 thoughts on “Mencegah Munculnya Materi Telkomsel di Ponsel LG

  1. sepertinya ini solusi sementara dhe… yang terlibat tetap 2 pihak itu… jika ada update tolak terus kapan bisa update misalnya security patch bulanan… selama masih ada kerjasama iklan paksa kayak gini…

    1. Pak EnWui,

      Betul sekali. Ini seharusnya solusi sementara. Kalau solusi finalnya kayak gitu, ya keterlaluan banget.

  2. Mending kalau paket bundling jadi separuh harga dengan kontrak.. ini hape beli sendiri malah kena…

  3. Siang Pak Herry, berarti yang menyerang masuknya dari aplikasi bawaan LG nya atau dari aplikasi dari Playstore seperti My Telkomsel dll?

  4. Ko Herry, seputar operator saya mau menanyakan beberapa hal:

    1. Bagaimana dengan rapor operator dengan jaringan terbaik versi Ko Herry?

    2. Sempat ada isu bahwa XL dan Indosat akan merger. Apakah itu benar?

    3. Dari sudut pandang Ko Herry, bagaimana dengan kemungkinan operator untuk merger? Dan operator siapa dengan siapa yang paling memungkinkan untuk di merger? Apa alasannya?

    Itu saja Ko pertanyaan saya. Terima kasih banyak sebelumnya…

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      1. Di area saya biasa berkeliling, kondisi saat ini yang terbaik masih XL. Dibandingkan beberapa bulan lalu performa 4G LTE XL sebenarnya menurun. Namun, kebetulan masih lebih bagus daripada operator lain. Urutan berikutnya Smartfren, Indosat, dan Telkomsel. Ya, Telkomsel kebetulan sedang merosot dan Indosat membaik. Keduanya berbeda tipis saja.

      2. Lha kan masih isu. 🙂

      3. Sangat mungkin. Kalau skemanya merger, saat ini sebetulnya belum ada operator yang pantas dicurigai.

      Penyebab merger bisa beragam, antara lain:
      * Menyatukan kekuatan untuk menantang operator lain.
      * Mempercepat ekspansi.

  5. Di V20 saya, baru beli seminggu kena kasus ini. Berhasil saya reset tapi sampai skrg masih sesekali muncul. Gara2 kerjasama LG dan Telkomsel nih.

  6. sewaktu2 nanti gak akan dikirimi notif utk update lagi..?
    semua jenis update perlu ditolak.., atau update tertentu saja..
    trims om HSW

  7. Setelah langkah terakhir itu apa akan ada permintaan update lagi pak? Kalau sekiranya ada itu harus ditolak atau update saja? Terima kasih.

  8. Kalau HP nya disubsidi Telkomsel sih tidak apa apa menurut saya, kalau beli sendiri kena inject, keterlaluan menurut saya sih…

    1. Pak You,

      Yang ada sih kesepakatan di atas meja bahwa LG dan Telkomsel bekerja sama memberikan benefit khusus kepada pengguna ponsel LG tipe tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *