Mengenal Jenis Garansi Ponsel

Meskipun sama-sama bergaransi, status garansi ponsel yang Anda beli belum tentu sama. Di pasar ada beragam status garansi lho. Anda perlu mengetahuinya satu per satu supaya lebih cerdas kala bertransaksi ponsel.

Garansi resmi. Istilah garansi resmi biasanya ditujukan kepada ponsel yang mendapatkan garansi dari produsen atau pemegang merek. Istilah garansi resmi juga lazim dipakai untuk ponsel yang digaransi oleh mitra resmi produsen.

Misalnya, Anda membeli ponsel merek Acer. Saat ini di Indonesia ada dua mitra resmi yang ditunjuk menjadi distributor ponsel Acer. Yaitu, PT Teletama Artha Mandiri (TAM) dan PT Bangun Persada Tata Makmur (BPTM). Ponsel yang didistribusikan oleh dua distributor itu sama-sama resmi. Kalau ada kerusakan, Anda tinggal membawanya ke pusat perbaikan resmi Acer Indonesia.

Oleh pemilik toko, ponsel Acer yang memenuhi kriteria di atas biasanya disebut sebagai bergaransi resmi Acer. Karena nama TAM relatif sudah dikenal pembeli ponsel, ada pula penjual yang menyebut garansi ponsel Acer itu sebagai bergaransi TAM.

Garansi distributor independen. Sering juga disebut sebagai garansi distributor (saja) atau garansi lain-lain. Layanan purna jual atas ponsel bergaransi distributor independen bukan ditangani oleh produsen, pemegang merek, atau mitra resmi produsen.

Lokasi pusat perbaikan ponsel bergaransi distributor independen tidak sama dengan pusat perbaikan resmi yang dimonitor oleh produsen. Tak jarang sebuah gerai pusat perbaikan ponsel bergaransi distributor menangani banyak merek sekaligus. Tidak perlu heran pula kalau tampilan fisik pusat perbaikan ponsel bergaransi distributor terlihat sangat sederhana.

Kalau Anda pernah membeli ponsel Xiaomi dan dibilang bergaransi WII atau WIN, misalnya, garansi itu termasuk garansi distributor independen. Demikian pula bila Anda bertransaksi BlackBerry dan penjual menyatakan bergaransi T-Cell.

Garansi toko. Dari penyebutannya, garansi toko, sudah bisa ditebak siapa yang memberikan garansi. Jadi, seandainya ponsel yang dibeli suatu saat bermasalah, Anda harus membawanya kembali ke toko tersebut. Bagaimana bila toko tempat Anda berbelanja ternyata sudah bubar jalan saat dikunjungi? Ya itu menjadi risiko Anda.

Satu informasi tambahan, garansi toko biasanya jauh lebih singkat daripada garansi resmi maupun garansi distributor independen. Jangka waktu garansi toko biasanya 1 x 24 jam, tiga hari, atau satu minggu. Hanya segelintir toko yang berani memberikan garansi dua minggu sampai satu bulan. Penulis belum pernah menemukan penjual yang menawarkan garansi toko hingga setahun.

Garansi personal. Garansi ini diberikan oleh individu atau perorangan. Sangat sering ditemukan dalam transaksi di komunitas atau forum tertentu di dunia maya. Transaksi ponsel bekas antarteman sering pula mengadopsinya. Masa garansi personal biasanya 1 x 24 jam atau 3 x 24 jam saja.

Bagaimana contoh penerapannya? Anggaplah Anda membeli ponsel Xiaomi Redmi 2 dengan RAM 2 GB dari teman sekantor. Ponsel itu minggu lalu dibelinya di Malaysia. Teman Anda menyatakan ponsel dalam kondisi mulus dan berfungsi normal. Supaya Anda lebih yakin, ia memberikan garansi personal 1 x 24 jam terhitung sejak barang diserahkan kepada Anda. Bila dalam rentang waktu tersebut ditemukan masalah, Anda boleh mengembalikan ponsel itu. Dana yang telah Anda bayarkan akan dikembalikan utuh.

Garansi 1 x 24 jam. Jangka waktu garansinya sepintas mirip dengan garansi personal, padahal realitanya berbeda. Garansi ini biasanya berlaku untuk pembelian ponsel baru maupun ponsel bekas yang dilakukan di toko. Penjual seringkali tidak menyampaikan kebijakan garansi ini. Kendati demikian, nyaris semua pemilik atau pengelola toko sebenarnya mengadopsinya.

Penerapannya sederhana. Misalnya, tadi siang Anda membeli sebuah ponsel baru di Toko Halo Hola. Malam hari, sesampai di rumah, Anda baru sadar kalau nada dering ponsel itu kadang tak mau berbunyi. Padahal, nada dering telah diatur aktif pada tingkat volume tertinggi.

Seandainya mengalami hal itu, Anda jangan langsung menuju ke pusat perbaikan resmi merek ponsel tersebut. Sebelum 24 jam, silakan datang kembali ke toko tempat Anda bertransaksi dengan membawa ponsel dan seluruh kelengkapannya. Nota pembelian pantang dilupakan.

Sampaikan keluhan yang terjadi kepada penjaga toko. Hampir pasti Anda akan diganti dengan ponsel baru bertipe sama. Sedapat mungkin berwarna sama. Namun, bila warna yang sama kebetulan kosong, biasanya Anda akan ditawari pilihan warna lain.

Kondisi serupa, tetapi tidak persis sama berlaku untuk ponsel bekas. Karena penjual belum tentu mempunyai stok ponsel bekas bertipe sama, biasanya Anda dipersilakan memilih tipe lain. Bila ponsel yang dipilih lebih mahal, Anda harus menambahkan sejumlah dana. Sebaliknya, bila ponsel pilihan Anda lebih murah, penjual akan mengembalikan kelebihan dana.

309 thoughts to “Mengenal Jenis Garansi Ponsel”

  1. Pak mohon sekalian dibahas beda garansi vs asuransi. Sepertinya banyak yg salah paham di Indonesia, akibatnya saat smart phone nya bermasalah ribut2 minta klaim garansi.

    Contoh yg saya baca di forum:
    1. Smartphone nya jatuh, layarnya retak atau pecah, ngotot cerita di forum bagaimana cara “menggaransinya”
    2. Beli hp sudah 2 bulan, baru sadar ada dent di body smartphone nya, atau ada kasus baru sadar ada dead pixel di hpnya, nanya “kira2 tokonya mau ganti baru tidak?”

    Makanya beberapa retailer seperti Oke pernah nawarkan asuransi dgn tambahan biaya saat pembelian ponsel, tapi belakangan jarang yg menawarkan, mungkin karena banyak customer yg tidak mengerti benefitnya.

    1. Pak Liat2aja,

      Terima kasih atas usulannya. Masalahnya, saya tidak memiliki klausul asuransi dari berbagai perusahaan yang menawarkan asuransi ponsel tersebut.

      Intinya sih begini: asuransi ponsel akan menanggung kerusakan yang tidak dijamin oleh garansi resmi. Misalnya, ponsel rusak karena terjatuh, terlindas, dan tak sengaja tercuci di mesin cuci. Namun, tentu saja ada syarat dan ketentuan tertentu.

  2. Pagi Om Hery .
    Saya mau tanya neh ,
    apa ya perbedaan garansi resmi sama distribotor terutama pada hapenya apakah dibuat sama atau ada sejumlah perbedaan dalam komponen..?
    Terima kasih.

    1. Pak Humaidi,

      Selain status garansi yang tentu berbeda, normalnya barang yang dijual sama-sama baru dan orisinal, meskipun mungkin ada perbedaan spesifikasi.

      Praktik di lapangan tidak selalu seperti itu. Barang bergaransi distributor independen bisa saja bukan 100 persen baru, melainkan barang bekas yang disulap supaya menjadi seperti baru. Baterai, charger, dan aksesori yang disertakan dalam paket penjualan bukan mustahil produk non-orisinal dengan kualitas ala kadarnya.

      Kadang juga ada perbedaan spesifikasi yang membuat ponsel bergaransi distributor itu tak bisa berfungsi optimal di sini. Yang paling parah, ponsel bergaransi distributor tersebut ternyata kumpulan ponsel rusak yang dikanibal sedemikian rupaya supaya bisa menjadi sebuah ponsel yang menyala.

      Sekarang saatnya membicarakan layanan pusat perbaikan alias service center. Tidak semua pusat perbaikan resmi ponsel mempunyai layanan yang bagus. Namun, pusat perbaikan garansi distributor biasanya lebih parah. Hal-hal konyol bisa terjadi. Misalnya, klaim garansi ditolak karena konsumen memasangkan screen protector ke layar ponsel yang dianggap sebagai telah memakai aksesori bukan orisinal dari pabrikan.

  3. Daripada repot2 mengurus garansi yang bisa nunggu waktu servis sampai berbulan-bulan dari membeli Smartphone asal Tiongkok. Lebih baik pecinta Gadget Indonesia sudah wajib mulai bijak membeli gadget yang punya kualitas. Kumpul aja dulu uangnya dibanding beli produk abal2. Tiongkok saja kalau lihat difilm2 artisnya pada banyak pakai Iphone.

  4. pak herry mo nanya nich klo beli hp xiaomi garansi distributor mudah ataw tdk mengurus klaim garansi.ny.
    skrg kan sdh bnyk yg jual xiaomi redmi note 2 tp msh bergaransi distributor.
    mnrut pak herry lbh baik tggu redmi note garansi resmi tau beli skrg dgn garansi distributor.
    mksi

    1. Pak Ncak Nardi,

      Bila nekat membeli ponsel Xiaomi bergaransi distributor independen, sejak awal lebih baik Anda menganggap ponsel itu tanpa garansi.

      Hal lain, bersiaplah menghadapi kemungkinan tidak lancarnya layanan yang berhubungan dengan Google. Misalnya, Play Story dan sinkronisasi kontak dengan Gmail.

      Saya pribadi lebih memilih menantikan kehadiran Redmi Note 2 dengan garansi resmi.

      1. Setuju pak, kemarin saya ingin beli Redmi Note 2, akhirnya ngga jadi, ‘terpaksa’ beli Infinix… karena embel2 garansi resmi-nya dan kemampuannya ya beli Infinix. Paling tidak menurut pikiran saya dengan garansi resmi saya tidak ‘pasrah’ bila ada apa2 dengan hape saya, walaupun saya berjudi dengan kelayakan distributor resminya Infinix.

  5. pak herry, ni infinix hot note x551 saya beli di lazada, disitus lazada tercantum garansi . Garansi 1 Tahun PT. Bintang Cemerlang , apa ini termasuk garansi distributor atau mitra resmi? terima kasih pak herry

      1. Pak, saya ralat sedikit ya πŸ™‚

        Pengalaman saya ‘iseng’ ke SC nya Infinix dan Meizu ( Sama2 PT.Bintang Cemerlang) , sebenarnya ‘kurang layak’ untuk disebut Garansi Resmi.

        Kenapa?
        1. Karena PT.Bintang Cemerlang = Garansi Distributor Bless,B-Cell,Platinum ( Seperti Bapak sebut diatas,ya begitulah pelayanannya)

        2. Service Center ASLI nya hanya di Jakarta ( Roxy) .
        – Jogja : SC cuma konter kecil,yang jaga cuma mas2 1 orang saja ,mirip Konter Pulsa.
        – Jakarta Timur : SC-nya TIDAK ADA… Alamat tsb. Saat dikunjungi yang ada Konter Service HP Independen ( servisan pribadi) . Bahkan, mereka ditanyai merk Meizu dan Infinix,atau PT Bintang Cemerlang bahkan mereka tdk tahu.
        – Makasar : Beneran ga ada sangkut pautnya dengan Teknologi,Komunikasi,bahkan Tentang Smartphone. Yang ada hanya butik fashion. Ha ha ha

        3. Garansi Bless,B-Cell,Platinum SAMPAI SEKARANG SC nya masih di Alamat yang sama dengan Garansi Star ( Meizu dan Infinix) .

        Pengalaman Pahit dengan Garansi Bless, Saya pernah beli BB CDMA dulu,tiba-tiba mati total sampai 6 bulan tidak ada kabar.

        Jadi kesimpulannya menurut saya, Mereka ( PT.Bintang Cemerlang) diberi mandat untuk mengurus Purna Jualnya Meizu dan Infinix. ( Pernah disebutkan saat peluncuran Meizu,kalau mereka ‘titip’ garansi ke Distributor ) .

        Oh iya, Di Lazada ( Exclusive Gain Inc. ) yang merupakan PT.Bintang Cemerlang itu sendiri juga menjual Ponsel Meizu M1 Note ( seri sebelum M2 yang tidak masuk Indo) dengan ’embel-embel’ Garansi Distributor . Padahal,kenyataannya saat dicek,didalam dus kartu garansinya Sama Persis dengan milik Infinix dan Meizu M2 Note Resmi ,pak.

        Sekian Curhatan saya Pak Herry,kalau ada salah kata dimaafkan ya pak πŸ™‚

        1. Pak SobatDroid,

          Untuk Infinix, saya tetap menyatakan sebagai garansi resmi. Prinsipal terlibat langsung dalam pemasaran dan pengaturan layanan purna jual di sini. Kebetulan saja mereka menggandeng Bintang Cemerlang sebagai mitra.

          Kalau Meizu, saya belum tahu pasti statusnya seperti apa. Sebab, tampaknya saat ini ada dua pihak berbeda yang berlomba mengklaim dirinya resmi.

          1. Iya,benar sih pak.
            Kalau Infinix tidak 100% bergantung ke PT Bintang Cemerlang. Yang masalah meizu itu,hape bagus ( beneran bagus) ,sayang ngakunya garansi resmi tapi nyatanya 100% diserahin ke PT Bintang. Rasa sama kaya Bless dong.haha

        2. Saya baru beli xiaomi redmi 3 baru 1 minggu lcd nya ada garis kuning vertikal mau klaim garansi distributor bbm. Bisa d percaya gk sih?

          1. Pak Riyan,

            Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

            Hmmm… ya harus banyak berdoa sih. Namun, tak ada salahnya coba diklaimkan.

  6. Mlm pak herry
    Saya membeli xiaomi dengan garansi distributor PT.GMT. bagaimana dgn distributr tsb?apakah bisa dipercaya..

    1. Pak Maryo,

      Wah, sudah terlanjur beli ya. Hmm… sejak sekarang, anggaplah ponsel Anda tidak bergaransi.

      Sebaiknya Anda juga berdoa semoga ponsel Anda tidak mengalami masalah dengan layanan yang berhubungan dengan Google. Misalnya, Play Store dan sinkronisasi kontak dengan akun Gmail.

      1. Pak Herry,kalau masalah Layanan Google itu sebenarnya bukan salah di Distributornya pak. Lebih tepat kepada ROM nya ( Software)

        Mengapa?
        Karena barang Distributor rata-rata barang untuk Pasar China ,shg memakai ROM MIUI China ( xiaomi) .

        Kalau untuk Indonesia,Malaysia,Singapore,India,Brazil,dll memakai ROM Official MIUI Global .

        Karena pakai ROM Official untuk Cina yang sudah pasti tdk ada Layanan Google,biasanya kan distributor menambahi Aplikasi Google ( PlayStore,Gmail,maps,google play service,dll) memakai aplikasi Google Installer. Jadi,memang seringnya bermasalah.

        Sebenarnya xiaomi resmi Indo kalau pakai ROM China ( Developer ROM) juga dari bawaan tdk ada Playstore.

        1. Pak SobatDroid,

          Yang perlu dicermati, kalau konsumen membeli Xiaomi bergaransi resmi, maka ponsel itu pasti menggunakan ROM yang sesuai dengan pasar Indonesia dan lengkap dengan Google services. Spesifikasi ponselnya juga cocok. Tak ada ceritanya Xiaomi bergaransi resmi, tetapi hardware-nya ternyata TD-SCDMA.

          Jadi, saran saya tetap, belilah Xiaomi bergaransi resmi. Konsumen awam takkan dipusingkan dua hal di atas. Plus, layanan purna jualnya lebih terjamin. Minimal service center resmi masih lebih takut terhadap surat pembaca.

          1. Iya,betul pak. Cuma kayanya xiaomi skrg lebih lengkap ya pak. Dulu device lokal cina cuma Jaringan cina aja. Sekarang jaringan global ada semua. ( redmi note 2 saya semua kartu 3G ataupun LTE bisa semua).

  7. Benar pak,
    saya sudah terlanjur punya ponsel xiaomi (Redmi note) yang bergaransi distributor, saya kira perbedaan garansi hanya terletak di klaim garansinya saja, menurut saya sih tidak masalah kalau hanya di klaim nya saja, tapi saya pun mulai curiga pak, masa baru di unboxing aja keliatan tulisan/logo MI di cover belakang hilang/copot entah kemana, trus pas Booting pertama langsung ke Home, tidak seperti hp baru yg ada pengaturan2 awal gitu… trus ada juga aplikasi2 gk resmi lah, seperti baidu, kuaipan bla bla bla… Sayapun mau gk mau harus nerima, kan udah dibeli… tapi devicenya orisinil pak, karna sudah saya cek di alat/aplikasinya xiaomi yang buat verivikasi device tsb, hasilnya langsung dan terdaftar disitu… sy agak lega, ternyata devicenya ori… Tapi ada masalah sama baterai nya yg mulai ngedrop gk wajar, setelah +- 3 bulan sy pake, akhirnya tuh baterai hamil… sy putuskan beli batre yang pasti original, dan pas dipake langsung kerasa banget performa baterainya, tampak fisik si batre juga beda, menurut saya baterai tsb palsu/ tidak orisinil, begitu juga chargernya yg seharusnya 2A, disitu tertera hanya 1A… performanya juga agak kurang memuaskan, di kamera belakang banyak noisenya, dan masih ada masalah lain yg bikin kecewa….

    Pokoknya kapok deh, Enggak lagi beli HP yang garansi Distributor…
    Makasih buat postinganya pak Herry…

    1. baidu biasanya ciri firmware china, meski di xiaomi jarang ada, kalau kuaipan selalu ada di rom china xiaomi
      sial atau apesnya kalau beli dari distributor gak jelas, salah satunya ya baterai atau charger yang diganti dengan kualitas busuk
      praktik ini sudah ada sejak jaman Nokia masih berjaya
      soal playstore atau Gmail masih bisa diatasi dengan menginstal gapps.apk
      yang susah kalau xiaomi yang dibeli gak pakai wcdma tapi td-cdma khas tirai bambu πŸ˜€

      1. Pak Shinosuke Nohara,

        Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

        Ya, itulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi.

    2. Itu dari distributornya pak. Mereka memodifikasi ROM Miui Bawaan dengan tambahan playstore dan aplikasi2 ‘nyampah’ ( kuaipan,du battery,dkk) supaya dapat ‘komisi’ dari developer aplikasinya.

      Solusinya tinggal Install MIUI Global yang resmi dipakai di Indonesia dengan Layanan Google secara bawaan dan 100% resmi dari Xiaomi.

  8. Untuk xiaomi garansi distributor sebaiknya lakukan flashing dengan rom miui yg ori pak. Kl bawaan hape biasanya miui abal2 (ada aplikasi pihak ke 3 yg gak bisa dihapus). Langsung aja donlot rom di en.miui.com.

    1. Pak Corneds,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab posting Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Iya, bila pengguna memiliki kemampuan teknis memadai, sebaiknya memang diganti pakai ROM global. Masalahnya, tidak semua pengguna mempunyai kemampuan tersebut. Paling enak sih membeli unit bergaransi resmi karena unsur kompatibilitas pasti sudah dipikirkan oleh produsen.

  9. tambahan
    garansi resmi biasaya “sudah lulus” di Ditjen Postel dan di anggap resmi dan cocok dengan frekuensi di negara Indonesia
    garansi distrobutor biasanya ambil hh dr luar negeri,seperti xiaomi yang garansi distrobutor biasanya dari China dan di modif oleh distobutornya. pengalaman kakak ane beli redmi note 4g distobutor

    pengalaman (cerita 6 bulan) kecewa ane kan mau beli T2 Ultra yg single sim,beli di Sony Mobile Shop di Roxy Mas Lantai 3,malah kata spg nya yg single sim kagak ada ( bukan stock kosong) ,cuman ada yg dual sim doank,dalam hati sudah mau emosi sama spgnya. yah sudah ambil yg dual sim. pas dah beli ane cek ke konter biasa malah ada stocknya (single dan dual ada) ane berpikir
    1. T2 Ultra yg single sim dipegang sama SCM (Surya Citra Multimedia)
    2. T2 Ultra yang dual sim di pegang sama Sony Indonesia sama SCM (Surya Citra Multimedia)

    kesimpulan ane,katanya toko resmi masa cuma distrobutor sampai kagak jual? kalau di Sony Mobile Shop kebanyakan yg distrobutor Sony Indonesia sama Erajaya (TAM)
    maaf agak flame

    1. Pak Alam Sandi Wijaya,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Wah, penjaga gerai resmi Sony yang Anda ceritakan berarti sedang “mabuk”. πŸ™

  10. Ko Herry,

    kalau mau beli redmi2 distributor resminya apa? Service centre xiaomi dimana ya?
    Saya yg bertanya d twitter kmrn, redmi2 vs a6000

    Thanks

    1. Pak Herry,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Ada dua distributor resmi: Erajaya (kadang ada yang menyebutnya sebagai garansi TAM atau Erafone) dan Trikomsel (kadang juga dibilang garansi Trio atau Comtech).

      Ini daftar service center resmi Xiaomi: http://www.mi.com/id/service/repair/

  11. Pak Herry, maaf oot lagi.. Mohon sangat rekomendasi ponsel yg bisa digunakan untuk video call, entah menggunakan jaringan operator atau menggunakan aplikasi semacam Line, budget sekitar 1.5 juta, atau jika tidak ada, budget dibawah 2juta Pak, mohon maaf jika kesannya agak maksa, karena dalam beberapa waktu kedepan ibu saya sangat membutuhkan ponsel yg bisa digunakan utk video call, matur suwun sanget sebelumnya Pak..

    1. Pak Ahmad,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Terus terang saya kurang memperhatikan fitur video call. Coba mampir ke toko yang memajang live demo unit ponsel. Coba cek Acer Liquid Z500 dan ponsel Lenovo di kisaran harga itu. Saya tak hafal tipe apa yang bisa. Namun, ponsel yang saya sebutkan itu mungkin bisa.

  12. Om HSW,

    Bagaimana mana cara tahu garansi resmi atau tidak nya? Apa ada ciri2 khusus nya?
    Soalnya tidak jarang, penjual nya sering ” nakal” dalam menerangkan masalah garansi apalagi kalo beli nya tidak di show room resmi nya.
    Minta tip & trik nya utk masalah di atas, mengingat sekarang ini mulai banyak type2 HP yg beredar, baik dari China ataupun dr negara lain.
    & bagaimana mengantisipasi utk garansi toko / distributor? Jika waktu klaim bermasalah?

    Btw om Humaidi menulis nama om dgn Hery tapi di jawab juga ( yg mana tempo hari saya pernah salah ketik nama om yg seharusnya Herry saya ketik Harry tapi ngak di jawab) – bukan protes loh om, tapi berharap, tidak pilih kasi aja, apalagi kalo menggunakan Gagdet smartphone yg auto text nya lupa di matiin.

    1. Pak Santoso,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Termudah dengan melihat kartu garansinya. Karena kartu garansi baru ketahuan setelah kardus dibuka, di awal transaksi tegaskan kepada penjual bahwa Anda meminta ponsel yang bergaransi resmi. Anda tak mau garansi distributor tidak resmi.

      Kalau bermasalah dengan garansi toko atau distributor, biasanya cenderung tak ada harapan sih. Sebab, mereka biasanya juga tidak peduli, bahkan meskipun konsumen mengirimkan surat pembaca di media terkemuka. Mereka seolah memiliki prinsip, biarkan deh satu orang tak puas, toh masih banyak pembeli yang mau.

      Herry saya tulis menjadi Heri atau Hery memang masih dijawab. Namun, kalau menjadi Harry, Henry, Hari, dan sejenisnya, pasti takkan dijawab. Demikian pula kalau ada yang pakai kata sapaan “gan”.

  13. Pak. Mohon informasinya tentang garansi LG G4. Soalnya kemarin tanya beberapa toko ada yang menjual lebih murah,tapi garansi TAM. Apakah garansi TAM itu garansi resmi atau garansi distributor,terimakasih sebelumnya pak.

    1. Pak Tri Handayanto,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Garansi TAM itu bergaransi resmi.

      Jadi, ceritanya distributor resmi ponsel LG di Indonesia ada dua:
      1. TAM. Kadang juga disebut sebagai garansi Erajaya atau Erafone.
      2. SUD. Kadang disebut pula sebagai garansi Telesindo.

      Keduanya sama-sama resmi dan sebenarnya bergaransi resmi LG Electronics Indonesia. Karena TAM dipersepsikan pasti bagus, padahal kenyataannya belum tentu begitu, penjual seringkali menonjolkan garansi TAM. Bahkan, harga ponsel yang ada stiker TAM-nya dijual lebih mahal. Saran saya, saat akan membeli LG G4, tak usah peduli dengan TAM atau SUD. Toh sama-sama resmi dan ditangani oleh pusat perbaikan resmi yang sama. Mana yang lebih murah, itulah yang sebaiknya Anda ambil.

      Agar Anda mendapatkan gambaran lebih jelas, silakan membaca tulisan ini:
      http://ponselmu.com/jangan-lagi-mendewakan-stiker-tam-atau-garansi-tam/

  14. Pak Herry,

    Maaf out of topic, apa Pernah dengar prosessor Spreadtrum SC7731, Quad Core 1.3GHz CortexTM-A7? Kalau boleh tahu itu kwalitas dan kemampuannya diatas kertas bagaimana? Trims,

    1. Pak Lukman,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Pernah dengar, tetapi tak pernah mencobanya. Beberapa ponsel Samsung memakai prosesor Spreadtrum.

  15. Malem pak. Saya ada budget 1 juta doang. Terus pengen beli ponsel yg ram nya 1 giga. Layar dengan ppi yg agak rapat. Diatas 200 an. Enak nya beli ponsel apa ya pak herry?

    1. Pak Yudi,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Silakan mencari Xiaomi Redmi 1S bekas.

  16. Ko baterai hp samsung core 2 mending beli kw1 atau double power ya ko?double power yg kapasitasnya lebih besar merusak hp nga ko?karena di tempat ku tidak ada service center samsung. Fonel.com juga nga ada baterai tersebut. Atau ada rekomendasi online shop lain ko? Trims

    1. Pak Leos,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Kalau saya sih tidak membeli keduanya. Mending membeli baterai non-orisinal yang bermerek dan berani memberikan garansi minimal enam bulan. Misalnya, merek Wellcomm, Hippo, dan Delcell. Untuk Core 2, Delcell sepertinya tak ada. Coba cek dua merek yang lain.

      Baterai double power yang kini beredar di pasar mayoritas adalah double power abal-abal. Ngakunya double power, padahal kenyataannya berkapasitas sama, bahkan lebih kecil daripada baterai orisinal.

      Ehm… tak ada rekomendasi penjual online untuk baterai tersebut.

  17. Pak Herry, teringat saya dulu beli nokia 6100 garansi distributor, harga selisih 10% atau 100 rb waktu itu. saya tidak sadar battery, earphone dan chargernya gak ori, baru tahu ketika pinjam charger nokia teman, beratnya kok beda. tapi handphone nya awet kok.
    saya sih lebih suka beli garansi resmi buat hape. apalagi kalau niatnya dipakai lama. awet gak nya hape sih sebenernya untung untungan juga sih tapi kalau garansi resmi masih bisa klaim soalnya pernah 2 hari sebelum garansi habis malah rusak hapenya…

    1. Pak Yuwono,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Kondisi garansi distributor zaman dulu berbeda dengan sekarang lho. Yang sekarang lebih mengerikan.

  18. pak Herry.. sy mau tanya.. sy sangat penasaran dgn Windroid terutama yg windroid 9.. apa pak herry ada niat review.? atau minimal apa pak herry pernah otak atik punya teman pak herry.?

    1. Pak Deko Andre,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Saya tidak berencana me-review Windroid 9. Saya pernah towel-towel di sebuah toko. Tampilan fisiknya terkesan murahan banget. Built quality-nya kurang bagus.

  19. Numpang sharing, garansi distributor iPhone yg platinum, bcell, dsb tuh jg patut di blacklist. iPhone nya rekondisian semua, mending kalo awet, ini mah baru juga seminggu-sebulan pasti ada aja masalahnya (layar renggang, tombol home bisa muter2 sendiri ga kokoh, tombol jd alot, touch ngaco, ga bisa dicharge, batre kw yg super boros, dsb) …
    Klaim garansi? Lha wong garansinya abal2 jg…
    Mending cari iPhone bekas mulus ex resmi daripada beli baru tapi boong ginian … πŸ˜€

    1. Pak Rahadian Masaliha,

      Saya setuju banget. Intinya, pastikan membeli iPhone bergaransi resmi atau maksimal iPhone bekas eks-garansi resmi yang dapat dibuktikan kebenarannya.

  20. Ko powerbank delcell performa dan kualitas terbaik diantara 6000-12000 mah tipe apa ya ko?karena banyak banget tipenya.trims

    1. Pak Leos,

      Kalau yang khusus berjualan Hippo, setahu saya, belum ada. Di Tokopedia saya lihat ada beberapa penjual baterai Hippo. Namun, saya tak mengetahui kredibilitasnya.

  21. Ko sorry banyak bertanya, ko aku barusan lihat powerbank pillow di delcell.com. kabelnya pendek ya. Bagus nga di ganti dengan cable zaxti delcell. Trims banyak

    1. Pak Leos,

      Kabel bawaan Delcell Pillow itu kabel Zaxti yang 20 sentimeter kok. Boleh saja kalau mau Anda ganti dengan kabel Zaxti yang lebih panjang.

  22. Pak saya mau minta saran karena saya sudah terlanjur membeli iphone dg garansi distributor dari b-cell, setelah sebulan pemakaian tiba tiba iphone saya mati total setelah batrai habis, jdi tidak bisa di charge ataupun di hidupkan, karena sblmnya saya masih blm tau perbedaan garansi distributor dan resmi saya kira sama saja, mohon pencerahannya pak lebih baik saya garansikan ke b-cell atau service di isolution, namun jika service independen brrti garansi dari b-cell hangus, karena niat saya ingin menjual nya setelah di service
    Mohon pencerahannya ya pak thanks

    1. Bu Hilya,

      Isolution itu apa ya? Karena masih bergaransi, saran saya, coba klaimkan ke B-Cell dulu saja. Sekalian biar Anda memiliki pengalaman berhubungan dengan tempat servis ponsel tanpa garanasi resmi.

  23. Pak Herry SW,
    maaf kalau out of topic.
    saya mau bertanya, apakah Bapak tahu saat ini dimana saya bisa membeli Xiaomi Redmi Note 4g yang single sim dan Xiaomi Mi4 ?
    khususnya di Jakarta. toko online tapi yang terpercaya juga tak mengapa.

    1. Pak Dickey,

      Di pusat penjualan ponsel seperti Roxy pasti ada sih. Namun, saya tak tahu toko mana yang tepercaya.

      Satu hal yang perlu diketahui, dua tipe ponsel itu pasti tanpa garansi resmi. Saya sendiri cenderung tidak merekomendasikan Anda membeli ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi. Kecuali, Anda sudah siap dengan segala risiko terburuk.

    1. Pak Dickey,

      Ok. Jawaban saya tetap sama. Kalau nekat mau beli yang tanpa garansi resmi, harus siap dengan segala risiko terburuk ya. Termasuk, kemungkinan mendapatkan ponsel palsu atau replika.

  24. Ko minta saran. Samsung core 2 saya pk baterai kw. Masalahnya setelah pemakaian dati 100 persen menjadi baterai 28 persen tiba2 baterai menjadi 6persen dan tampilan dilayar kacau tidak responsif. Setelah itu hp langsung mati. Menurut ko herry masalahnya di hpnya atau baterai nya ya. Bingung trims

  25. maap sebelumnya koh Herry OOT ini.. saya mau hubungi koh Herry langsung tapi tdk tau mau email ke mana hahaha..
    saya mau tanya tentang penggunaan powerbank koh..
    powerbank saya inputnya 5v/2A sedangkan outputnya 5v/2,1A

    nah yang mau saya tanyakan, untuk mengecas gadget ( LG G4 )
    apakah memiliki efek samping ? seperti yang dijelaskan pada beberapa blog milik orang lain, menurut mereka mengecas hp dgn menggunakan powerbank bisa membuat baterai dan hp cepat afkir/rusak.
    jadi perlu info dan penjelasan dari koh Herry yang (jauh) lebih meyakinkan, karena koh Herry pastinya udah pengalaman bgt buat beginian hehehe..

    terima kasih koh

    1. Pak Willy Fredrick,

      Jalur tanya jawab memang lewat blog ini dan Twitter @herrysw. Tidak ada jalur konsultasi via email.

      Asalkan power bank yang dipakai bukan bermerek abal-abal dan orisinal, mestinya aman kok.

  26. isolution itu retail apple dan menerima juga jasa maintance (service), kemarin sudah saya coba claim kan di garansi b-cell pak yang berada di wtc surabaya lantai 4, namun dalam pelayananya saya rasa kurang baik, orang saya mau mengclaim kan kok malah disuruh beli hp baru saja. mereka cuma bisa menampung dan tindakan pemeriksaan hardware tetap harus dikirimkan ke jakarta, namun waktu hp saya dicek, mereka mengatakan kalo hp saya segelnya sudah tidak ada, mereka cuma minta nomor saya buat dikabarin masih bisa digaransi atau enggak ke jakarta, saya juga bingung segel bagian mana, entah itu alasan klasik buat mempersulit claim garansi atau gimana saya juga tidak paham. Terus bagian receptionist nya bilang “kalo mau diservice ya bisa tapi diservice sendiri oleh kita, bisa dikenakan biaya sekitar 500 – 700rbu ” terus saya jawab “kalo habis segitu kira-kira diservice apanya mbak batrainya kah atau apanya, soalnya kan ini hp baru sebulan masa udah rusak gitu”
    mbaknya: ” ya mungkin bisa lcd, atau batrai mbak kan kita juga gatau permasalahannya di bagian apa makanya perlu dibongkar dulu”
    intinya saya rasa pihak b-cell ini terlalu bertele tele dalam menjawab pertanyaan saya, orang kerusakannya aja belom tau kok sudah memberi harga service
    bagaimana ya pak enaknya karena saya bingung, semisal claim garansi saya tidak diterima oleh pihak bcell? apakah lebih baik saya service seperti di isolution atau tetap di b-cell saja tapi sama sama bayarnya?
    mohon sarannya pak thanks

    1. Bu Hilya,

      Oh ok. Jadi, Isolution itu toko yang khusus jualan produk Apple dan menawarkan jasa perbaikan ya. Itu pasti bukan gerai resmi Apple kan?

      Soal servis B-Cell, ya begitulah berurusan dengan pusat perbaikan ponsel bergaransi distributor independen. Bikin makan hati. Makanya, saya tidak merekomendasikan membeli ponsel tanpa garansi resmi.

      Kalau sama-sama bayar, ya mending ke Isolution. Itu pun dengan catatan Anda sudah tahu benar reputasinya. Lebih cepat selesai, trus buruan dijual deh.

      1. saya sih juga niatnya begitu pak, gara-gara masalah begini jadi tau pentingnya beli elektronik yang bergaransi resmi, terima kasih pak herry sarannya sangat membantu

  27. Pak Herry, saya mau bertanya :
    1. Apakah ponsel Vivo yg dijual di WTC lantai dasar dekat eskalator itu bergaransi resmi ?
    2. Apakah ponsel Vivo secara umum layak beli ? terutama untuk Quality Control, Build Quality dan Service Center berdasarkan uji pakai Xshot dan X3s
    3. Apakah ada rencana untuk menguji pakai Vivo Y28 ?
    Terima kasih Pak Herry

    1. Pak Bram,

      1. Yang di dekat eskalator naik (bersebelahan dengan Oppo) atau yang di dekat eskalator turun? Dua-duanya resmi kok.

      2. Mengacu kepada hasil uji pakai Xshot dan X3S, kualitas dan built quality oke. Soal layanan service center belum diketahui.

      3. Tidak.

  28. Pak hsw, mohon berikan pendapat tentang beberapa smartphone ini jika melihat spesifikasi diatas kertas
    1. Huawei honor 4c
    2. Oppo mirror 5
    3. Alcatel one touch flash plus
    4. Lenovo a7000

    1. Pak Jem,

      Saya sih biasanya nggak mau berkomentar berdasarkan spesifikasi di atas kertas. πŸ™‚

      1. Honor 4C. Pernah towel-towel sebentar. Hasil kameranya tak sebagus yang saya bayangkan semula.
      2. Mirror 5. Bodi yang warna ungu terlihat lebih mewah daripada yang putih. Namun, buat saya Oppo masih big no-no. Lha cara jualannya masih nggak jujur.
      3. Flash Plus. Ponsel paling mengecewakan yang pernah saya beli tahun ini deh. Jangan beli.
      4. A7000. Saya belum pernah coba.

  29. wah sudah lebih 2 minggu koh herry ga review ponsel nih….
    ayo koh, reviewnya mana koq ndak nongol…
    bikin penasaran wae….

    1. Pak Roni,

      Iya, saya sempat cuti agak lama. Kebetulan ada jamur nakal yang membuat telinga buntu dan ternyata mengganggu konsentrasi. Saya sempat pula harus bepergian ke luar kota.

      Namun, penantian Anda tak perlu diperpanjang kok. Kemarin saya sudah mengunggah naskah review baru. Silakan dicek.

  30. Terima kasih sebelumnya untuk respon nya pak hsw
    Hhmmm
    Sebenarnya saya cukup tertarik dengan huawei honor 4c dan oppo mirror 5
    Hanya saja resolusi layar oppo mirror 5 ternyata lbh rendah dari mirror 3.
    Paling menarik huawei honor 4c karena saya baca2 kameranya bisa dikatakan bagus.
    Cm terganjal memori yg cm 8gb meskipun bisa micro sd
    Klo xiaomi mi4i saya sangat terganjal karena tdk ada slot micro sd
    Memori internal 32gb saja menurut saya kurang

    Jika menurut bapak, hp baru (bukan second) yang memori internal min 16gb + eksternal, ram minimal 2gb, jaminan after sales, os lolipop ato klo bisa dengan jaminan update android 6.0, kamera belakang dan depan bagus, resolusi layar mendekati retina display (minimal 5 inch dengan resolusi HD, jika diatas 5 inch saya berharap itu FHD) dengan harga best buy apa ya pak ?
    Sempat melihat asus zenfone 2, tetapi kok melihat review camera ada yang mengatakan tidak sebagus huawei honor 4c.

    Terima kasih untuk responnya pak

    1. Pak Jem,

      Saya saring dari kriteria “jaminan after sales” yang saya terjemahkan sebagai layanan pusat perbaikan resmi yang prima ya. Dari kriteria itu, berarti hanya ada tiga pilihan merek: LG, Samsung, dan Acer.

      Kini kita tambahkan kriteria lain yang sudah Anda sebutkan. Menurut saya, best buy-nya adalah LG G4. Silakan membaca review-nya di http://ponselmu.com/review-lg-g4-tak-perlu-lagi-kantongi-kamera-saku/

      Ya, untuk pemotretan selain di tempat gelap, hasil jepretan Zenfone 2 memang tak sebagus Honor 4C. Namun, untuk pemotretan di tempat gelap, Zenfone 2 mengungguli Honor 4C.

  31. Pagi ko Herry, wuaduh ko saya sudah terlanjur beli Redmi note 2 yg baru garansi distributor. Ternyata memang ada masalah dengan Google nya. Setelah barang saya terima dan coba, ada notifikasi update, dan saya update. Nah masalah mulai terjadi setelah update, muncul banyak aplikasi bawaan dari China dan fungsi keyboard ga bisa muncul. Akhirnya saya reset ke setelan awal. Lha ini masalahnya Play Store dan bahasa Indonesia nya jadi hilang. Mohon petunjuk cara menginstall kembali Play Store dan bahasa Indonesia. Terima kasih.

    1. Pak Victor,

      Silakan bawa ke tempat perbaikan yang tertera di kartu garansi saja. Alternatif lain, kalau Anda membeli ponsel itu di toko langganan, mintalah tolong ke pemilik toko. Biar mereka yang menguruskan.

    2. Bantu jawab.memang saat ini kan redmi note 2 baru dijual di Cina. Jadi ROM nya belum ada yg global ( dengan playstore)

      Kalau butuh playstore,update aja di miui.com/download cari rom terbaru ( saran,MIUI 6 Stable) caranya tonton aja videonya bang mouldie sobathape. Terus pasang playstorenya via aplikasi Google Installer ( di videonya juga ada ) .

      Tapi sabar aja pak,sebentar lagi MIUI untuk Redmi Note 2 kan akan keluar versi global dengan playstorenya.

      NB : Sangat TIDAK direkomendasikan memakai ROM Abal-abal khas distributor. Karena ga stabil, banyak aplikasi nyampah, performa tidak stabil. Saran saya ,buka dus,download romnya,langsung update klao beli hp xiaomi garansi distributor.

      Saya juga pakai Redmi Note 2 kok. Main2 aja ke grup FB nya pak. Disana sudah banyak tutorialnya, dijamin seru deh.hehehe

  32. Malam pak Herry..

    Saya mau tanya ttg garansi asus pak.. Awalnya sudah yakin mau beli asus sampai browing ttg garansi jd ragu.. Saya tertarik beli asus zenfone 2..

    Klo garansi asus kurang memuaskan, apa anjuran hp untuk harga kurang lebih 2-3 juta dg spek ram 2gb memory 8/16? Trims.. Selamat malam

    1. Bu Putri,

      Kalau cari ponsel yang garansinya bagus, saat ini baru ada tiga: LG, Samsung, dan Acer. Dengan anggaran segitu, silakan melirik Acer Liquid Jade. Harga barunya Rp 1,999 juta.

  33. Maaf pak harry saya mengganggu lg krna di twitter gak bisa banyak bertanya hehe, saya bingung nih pak pengen beli iphone 5s tp di grnsi resmi nya masih mahal dan ada yg udh sold jg, trs ada yg nawarin ip 5 dengan garansi MTS pak, dan menurut bpk sony z3 itu spek nya bagus gak pa? Trims pak

    1. Pak/Bu Rheniok,

      * Untuk iPhone di sini, pesan saya jangan sekali-sekali membeli yang bukan bergaransi resmi.
      * Xperia Z3 cukup bagus kok.

  34. pak sama mau tanya rencana mau beli moto x di salah satu oneline store di Indonesia tapi yang ingin saya tanyakan apakah garansi startel itu aman? mohon solusinya soalnya harganya miring bgt

    1. Bu/Pak Nami,

      Garansi resmi mencakup kerusakan yang terjadi karena kesalahan pabrik atau cacat produk. Kerusakan yang terjadi akibat kecerobohan pengguna, misalnya, layar pecah karena terjatuh dan ponsel mati total karena karena ikut berputar di mesin cuci, tidak ditanggung oleh garansi resmi.

  35. pak sya mau tanya, setelah beli meizu bergaransi PT.BINTANG CEMERLANG apakah untuk klaim garansi ,saya harus kirim kartu garansinya?

  36. Pak Herry,

    Distributor resmi untuk Infinix di Indonesia siapa?
    Lalu, apakah bisa diterangkan ciri ciri Infinix garansi resmi.

    Terima kasih

    1. Pak RE Prasetyo,

      Bintang Cemerlang.

      Sampai saat ini, ponsel Infinix yang beredar di Indonesia pasti bergaransi resmi. Jadi, tak perlu susah-susah mengeceknya.

  37. Dear Pak Herry,

    Saya ingin beli hp sony xperia z3 compact garansi resmi SUD, apakah garansi tersebut benar2 reami garansi sony Indonesia?
    Mohon infonya
    Terima kasih

  38. garansi personal & garansi 1×24 jam itu tambahan bapak sendiri ya? garansi resmi, distributor, toko itu udah cukup kok pak.

    1. Pak Munir Hafizi,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Lokasinya di Jakarta, tetapi saya tak tahu alamat lengkapnya.

  39. Pak Herry SW, saya mau tanya atau minta review’nya mengenai HP ASUS Zenfone Selfie. Apakah HP tersebut performanya bagus..?? dan Untuk HP ASUS pakai garansi resmi apa saja ya pak..?, mohon penjelasannya. πŸ™‚

    1. Pak Okky,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Tak tahu karena saya belum pernah menguji pakai Zenfone Selfie.

      Garansi resmi ponsel Asus hanya satu macam, yaitu bergaransi resmi Asus Indonesia. Distributornya sih ada beberapa. Di antaranya, TAM, Metrodata, dan Datascrip.

  40. Pak mau tanya kalau garansi infinix itu resmi kira” kalau garansi itu nunggu sampai berbulan_bulan atau beberapa minggu saja

    Terimakasih pak ….?

  41. Pak herry saya baru beli nokia 3315 dgn garansi Platinum, terus waktu saya mau download bokep kenapa tdak bisa pak ?
    Apkah ini gara2 garansi distributor atau gmana pak..mhon penjelasannya

  42. Aku beli xiaomi renot 3 baru sehari nyoba child mode mlh eror .
    Dr tmp aku beli software hrs ke distributor the.one .
    Info distributor nya dong . Yg pernah atau yg tau .
    Testimoni apa.info dong bagi .

    1. Pak Anjr,

      Saya malahan baru tahu kalau ada ponsel Xiaomi bertipe Renot 3. Seperti yang rutin saya paparkan, jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi. Risikonya terlalu besar.

  43. Pak Herry SW,
    Saya mau membeli Xiaomi redmi note 2, apakah bisa dicheck keasliannya dengan Mi-Verification? sekalian mohon saran garansi resmi untuk redmi note 2 apa saja ya pak? terimakasih.

    1. Pak Dino,

      Redmi Note 2 yang saat ini beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi. Saran saya, jangan beli karena potensi bermasalahnya besar.

  44. heloo pak hery . saya baru sekitar 2 bulan beli invinix hot note . lagi di cas tiba-tiba gak nyala-nyala gitu aja . udah hubungin call center bnyak yg udah ga kerja sama ama invinix. masih garansi 1 th. terus saya benerin kemana ini pak ??? respon please!

    1. Bu Nur Aini Fajar Sutra,

      Invinix Hot Note atau Infinix Hot Note?

      Anda menyatakan sudah menghubungi call center dan banyak yang sudah nggak kerja sama dengan Infinix. Pertanyaan saya:
      1. Berapakah nomor telepon call center Infinix? Saya malahan baru tahu kalau mereka mempunyai call center.
      2. “Banyak yang sudah nggak kerja sama”. Berarti, masih ada “sedikit yang masih kerja sama” dong? Ya sudah, dibawa ke sana saja.

      Sekadar informasi, sejak Desember 2015 Infinix memang melakukan penggantian mitra kerja sama dalam pengelolaan pusat perbaikan resmi. Mitra yang sekarang lebih bagus. Anda di kota mana tho?

  45. Pak Hery.Saya mau tanya.. Saya tinggal di solo, nggak ada service center xiaomi.. Adanya infinix.. saya pingin beli redmi 2.. Tp takut nggak ada yg resmi dan klo kenapa2 servisnya musti ke jogja..
    kira2 lebih baik saya beli:
    1. xiaomi redmi 2, atau
    2. infinix hot note?

    pertanyaan ke dua, klo dr sisi kualitas & spek kedua hp di atas mana yg lbh bagus?

    pertanyaan ke 3, bagaimana pndapat pak hery ttg xiaomi redmi 3 dan lenovo lemon 3? lebih bagus mana?

    terima kasih

    1. Pak/Bu Muti,

      Jawaban pertanyaan nomor 1 dan 2 saya gabung ya. Intinya sederhana. Kalau Anda memerlukan fitur 4G LTE dan baterai tidak harus ekstratahan lama, belilah Redmi 2. Sementara itu, kalau Anda tidak membutuhkan 4G LTE dan lebih memerlukan daya tahan baterai, pilihlah Hot Note.

      Jawaban pertanyaan nomor 3, tidak tahu. Lha belum pernah coba.

    1. Pak Manan,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Bukan garansi resmi. Jangan dibeli.

  46. Pak herry, saya bingung nih pak, Ceritanya Saya beli xiaomi redmi 2 nih pak, lha spgnya bilang tuh pak garansi resmi, tam katanya. Sudah saya cek tu pak di dus box sudah saya cek erajaya, imeinya pun sesuai. Tapi masih bingung sama kartu garansi aslinya tam itu yg seperti apa? Cuma dapat nota saja itu pak. Dan kalau memang tidak apa2, bila nanti ada apa2 dengan hp saya apakah bisa langsung ke service centernya tam langsung atau harus ke tokonya dulu ya pak. Sebelumnya terimakasih pak herry..

    1. Pak Wisnu Nugroho,

      Tidak ada kartu garansinya tak masalah kok. Cukup bawa nota pembelian dan ponsel Anda. Nomor IMEI (nomor seri) ponsel Anda sudah tercatat di database pusat perbaikan resmi Xiaomi.

      Langsung ke service center, bukan ke toko.

  47. O iya Maaf pak herry tambahan sedikit nih pak biar jelas mengenai gambaran notanya, seingat saya di notanya tertulis “garansi toko 1×24 jam, bila lebih dari 1×24 jam akan masuk garansi resmi” kurang lebih seperti itu pak kata2nya. Terimakasih pak herry

  48. pak hery, maaf mau bertny berti saat ni hp xiaomi tu belom bergaransi resmi yah? brti msh tentang yh kalo saat kejadian rusak dll.

    kalo boleh tau garansi resmi tu apa aja ya pak hery?

    nah kan tu meizu n infinx sm2 bergaransi PT bintang C, itu apakah remsi atau tidak

    makasih pak hery

    1. Pak Pras,

      Ponsel Xiaomi yang beredar di sini ada yang bergaransi resmi, ada pula yang tidak. Cara termudah untuk mengenalinya adalah melihat nama importir yang tercetak di sisi belakang kardus. Kalau nama importirnya Erajaya atau Trikomsel, itu bergaransi resmi. Selain dua perusahaan itu berarti tanpa garansi resmi.

      Infinix konfirm bergaransi resmi. Kalau Meizu, terus terang saya masih samar-samar itu sebenarnya resmi atau bukan.

    2. HP sekarang jarang rusak si pak, kecuali anda apes banget atau beli SONY (defect ratenya mayan tinggi). Setahu saya service center kayak meizu dan infinix itu kurang bagus dan profesional, biasanya cuma kerja sama dengan service center “seadanya”. Jika takut membeli hp karena garansi, mending beli yang perusahaannya sudah besar kayak xiaomi (dibeking erajaya), terus sony, samsung, lenovo. Kalau saran saya, kalau beli hp BM, ada baiknya menunggu 3 bulan setelah keluar, 5 bulan lebih baik, sambil ikut grup atau forum hape yang bersangkutan.

    1. Pak Risky,

      Normalnya tidak bisa. Namun, dalam kasus khusus bisa termasuk dalam klausul garansi. Jadi, ceritanya ada ponsel high end merek dan tipe tertentu yang layarnya digaransi selama sekian bulan. Layar yang retak atau pecah, tak peduli penyebabnya apa, bisa diganti baru secara gratis.

      1. Oot pak maaf.

        Kalau harga layar touchscreen dan lcd buat redmi 2 prime original itu kisaran brp ya pak?
        Makasi

  49. Pak henry saya udah terlanjur 6 bulan lebih membeli Xiaomi Redmi Note 4G dengan garansi The One..
    Awal pembelian berjalan normal semuanya ya cuma goggle doang tapi masih bisa diakali..
    Lanjut pertengahan saya merasa ada yang aneh dengan Xiaomi saya,baru sadar ternyata lubang buat masukin kabel itu cuma bisa dipakai hanya pakai kabel bawaan saja dan kalopun dicharge gabisa dimainin kalo dimainin malah ga ngecharge,saya bingung kemaren temen saya bawa xiaomi sama powerbank bisa charge dengan powerbanknya sedangkan saya tidak padahal sama sama brand xiaomi..
    Takut salah sama bagian lubang buat charge kalo saya claim garansi bisa ga ya soalnya kan udah berbulan-bulan dan sisa garansi tinggal beberapa bulan lagi
    yang saya tanyakan :
    1. Apakah Distributor The One baik dalam soal garansi? Soalnya kalo misalkan saya claim bagian yg buat chargenya sudah error dari awal,takutnya dia bilang ini salah pengguna jadi kaya gini padahal mah tidak..
    2. Kerusakan dari bagian dalam hape saya atau bagian lubang aja yg rusak?
    3. Kalo kita bawa sparepart yg kita beli ke service center resmi,bisa dibantu ga dipasanginnya? + ada biayanya ga?

    1. Pak Mufidz,

      Kita coba nantikan jawaban dari Pak Henry ya.

      Setahu saya, Herry, layanan ponsel bergaransi tidak resmi yang sering pula disebut garansi distributor itu rata-rata mengerikan. Sejak awal lebih baik dianggap tanpa garansi sama sekali. Meskipun Anda membawa suku cadang sendiri, pusat perbaikan resmi Xiaomi akan menolak melayani Anda.

  50. Pak herry
    Saya punya hp meizu m2 note tapi belinya 2nd, pas sudah serah terima dan dibawa pulang ternyata ada akun pemilik sebelumnya yg blm di log out, tanya ke pemilik awal hasilnya nihil soalnya ga ngerti apa”, tulisannya sih meizu garansi PT. Bintang cemerlang nah kalau masalah seperti ini bisa termasuk garansi atau tidak pak ? Memang jika dilihat dari nota pembelian awal masih garansi 10 bulan lagi.

  51. pak mohon maaf, saya tahun kemarin tepatnya mau lebaran beli hp xiaomi redmi 2, nah kebetulan hp saya rusak mau klaim garansi, cuma tadi saya datang ke TAMnya harus ada nota pembeliannya sedangkan notanya ilang, kalo saya datang ke tempat beli hp kemaren terus minta nota pembeliannya kira2 dikasih ga ya pa? trimakasih

    1. Pak Robby Ibrahim,

      Kemungkinan tak dikasih. Pusat perbaikan resmi Xiaomi mestinya bisa mengecek status garansi tanpa konsumen perlu menunjukkan nota pembelian kok. Datanya sudah ada di sistem.

      Hmm… kalau tetap disuruh menunjukkan nota pembelian, bilang saja kalau ponsel itu Anda dapatkan sebagai hadiah. Nggak mungkin dong meminta nota dari pemberi hadiah.

  52. permisi pak. saya mau beli xiaomi redmi note 2 prime. garansi yang resmi nya apa? kalo garansinya wii mending beli atau nggak? soalnya saya bingung kalau garansi bukan resmi itu takut bermasalah dan malah cepat rusak. mohon infonya

  53. Saya mau tanya, hp saya sedang di servise di wii shop, dan kertas kwintansi servise nya hilang itu bagaimana yah

    1. Pak Rifaldi,

      Anda menuliskan ponsel sedang diservis di WII Shop. Berarti, ponsel sudah diterima dan terbukti dilayani kan? Kalau iya, ya tak perlu bingung dengan nota pembelian.

      WII biasanya meminta kartu garansi dan nota pembelian. Tumben nih bersedia menerima tanpa konsumen menunjukkan nota pembelian.

  54. Pak hery.
    Barusan saya lihat harga smartphone iphone 5s di salah satu toko online, disitu tertulis garansinya resmi tapi harganya termasuk murah. Apakah kualitas barangnya original baru atau palsu ?

    1. Pak Tontowi,

      Berapakah harganya?

      Harga iPhone 5S 16 GB baru dan bergaransi resmi saat ini Rp 4,499 juta.

  55. wah wah banyak informasi bermanfaat nih …
    terima kasih banyak ya …
    dan saya mau bertanya siapa saja pemain di Indo yg bergaransi resmi dan tidak ?
    mohon penjelasannya … terimakasih πŸ™‚

    1. Pak Jay,

      Pemain bergaransi resmi, contohnya, SCM, Datascript, BPTM, TAM/Erajaya, Trikomsel, dan SUD. Yang bukan bergaransi resmi, misalnya, WII, Platinum, B-Cell, The One, dan Bless.

  56. khususnya brand Xiaomi , samsung , meizu dan infinix …
    karena bnyk peminat nya dan sekaligus agar dapat berhati2 dalam membeli hape

    1. Pak Jay,

      Untuk Xiaomi, perhatikan saja nama importir yang tertulis di sisi belakang kardus. Yang resmi harus Erajaya atau Trikomsel.

      Kalau Samsung, perhatikan saja identitas SEIN (Samsung Electronics Indonesia).

      Meizu dan Infinix ditangani Pelangi Mas/Bintang Cemerlang.

  57. terimakasih banyak ya …
    pengen curhat aja nih , saya pengen beli redmi note 2 tapi sekarang belum ada resminya … lalu saya tertarik dengan Infinix note 2 tetapi masih ragu dgn kualitasnya dan kebetulan speknya dibawah redmi note 2 dan harganya lbh mahal. jadi makin tambah bingung antara nunggu R.note 2 resmi atau infinix note 2 hehehe ..
    kalau beli distributor R.note 2 resikonya tambah besar, jadinya tidak berani beli. Bahkan garansi resmi pun layanan purna jualnya tidak tentu baik, tergantung dari org2 yg melayani ditempat service center nya juga kan …

    ohh iya mau tanya lagi nih. sekarang kan lagi booming nya 4G, dan ada 4G TDD dan FDD . pertanyaan saya misalnya kita membeli HP yg spek nya TDD , apakah tetap bisa menggunakan operator Telkomsel atau Indosat yang FDD ?
    lalu misalkan kita beli HP garansi distributor yang katanya belum sesuai dengan frekuensi 4G Indo, apakah suatu saat nanti pasti bisa menggunakannya ?
    sebelumnya maaf karena banyak berbicara dan bertanya ..
    Terima kasih

    1. Pak Jay,

      Ok. Total ada tiga pertanyaan ya.

      1. Saya sih mending pilih Infinix Note 2. Alasannya, itu sudah bergaransi resmi. Kalau Redmi Note 2 kan pasti tanpa garansi resmi.

      2. Kalau ponsel itu hanya mendukung TDD, Anda takkan bisa menikmati 4G LTE Telkomsel dan Indosat.

      3. Seharusnya tetap tak bisa dipakai karena ada perbedaan spesifikasi hardware. Kecuali, suatu saat (yang sampai sekarang masih mustahil) ada operator LTE Indonesia yang berpindah frekuensi.

  58. Pak saya mau tanya kalau garansi b cell hp lenovo k 3 note saya beli online, nah sdh hampir 4 bulan ngk ada rusak, ini saya baru sadar kalau suara nya suka ilang sendiri itu gimana ya kalau bawa ke gnsi b cell nya bs ngk ya?

  59. Pagi Pak Herry,

    Saya mau tanya garansi resmi untuk hp blackberry apa ya?

    Apakah cuma TAM saja atau ada yg lain?
    Saya sempet tanya kalau garansi TAM juga sama harus tunggu parts ber bulan2 jika ada kerusakan.

  60. Gan saya mau nanya, sayang beli asus zenfone selfie baru 2 bulan, nah saya masukin kantong celana saya, nah waktu itu saya kecelakaan dari motor, nah pas saya lihat, hp saya retak dan lcd nya banyak garis garis, apakah garansi mau mengcover hp saya, garansi saya TAm, mohon jawaban nya gan

    1. Pak Hafizd Arrizki,

      Kita nantikan jawaban dari Pak Gan ya. Saya tak tahu Pak Gan sedang berada di mana.

  61. pak saya mau tanya, saya ada rencana mau beli hp xiaomi Mi4 4g LTE, karena memang dari segi model bagus dan juga spesifikasinya, cuman saya masih ragu karena seri tersebut belum resmi dan garansinya WII kira2 bagaimana menurut pendapat bapak untuk garansi WII tersebut?

    Salam

    Andhika

    1. Pak Andhika,

      Mi4 memang takkan beredar resmi di sini. Jangan beli. Kecuali, Anda siap membeli ponsel yang seolah tanpa garansi sama sekali.

        1. Pak Andhika,

          Masih boleh dibeli. Itu sebenarnya Mi 4i bergaransi Xiaomi Indonesia yang diimpor dan didistribusikan oleh Erajaya. Khusus di Jakarta bisa langsung dibawa ke pusat perbaikan resmi eksklusif Xiaomi yang layanannya dikenal bagus. Sedangkan di luar Jakarta, terpaksa berurusan dengan pusat perbaikan resmi multimerek TAM yang lumayan mengesalkan.

  62. Pak saya mau tanya
    Klaim garansi biasanya selesainya brp bulan ?
    Garansi distributor B-Sell hp xiaomi note 3

    1. Pak Habibie,

      Waks… B-Cell ya? Tak berani saya pastikan berapa lama deh. Bila selesai pun tidak menjamin benar-benar tuntas.

  63. Pak Harry
    Maaf saya curhat sedikit. Saya kan mau beli Infinix Not3 2 X600 4G LTE. Jadi, infinix itu garansi resminya PT. Bintang Cemerlang? Kalau saya beli nya online spt di lazada, bagaimana saya tau kalau itu adalah garansi resmi? Dan bagaimana cara pengurusn garansi nya jika ada masalah?
    Terimakasih Pak

    1. Pak Rada Pareza,

      Sejauh ini belum ditemukan ponsel Infinix tanpa garansi resmi di Indonesia sih. Jadi, mau beli di mana pun, pasti dapat yang bergaransi resmi. Kalau kelak ponsel yang dibeli bermasalah, ya silakan datang ke pusat perbaikan resmi.

  64. Pak herry, saya mau tanya
    kira2 hp yg ramnya 3gb , dan memory internalnya di atas 32gb dan cameranya jg bagus dengan budget 3,5 jt hp apa ya? Yg sekiranya mirip dengan spek xiaomi mi4s . Tadinya saya mau beli itu tp belum ada garansi resmi dan setelah saya baca comment2 di atas saya jd ragu . Thanks

    1. Bu Annisa Shafira D,

      Hmm… jawabannya tidak ada. Minimal anggaran harus dinaikkan sampai mendekati Rp 10 juta deh.

  65. Pak Herry, mohon dibantu ya?
    1. saya tertarik dengan xiomi resmi note 3 pro, tetapi saat ini hanya ada garansi distributor…apakah ada bocoran kapan yang garansi resmi akan masuk Indonesia?
    2. Adakah HP lain yg spesifikasinya mirip diatasi dan harganya bersaing?
    Terima kasih banyak atas masukannya

    Salam

    1. Pak Edo,

      1. Tidak ada ponsel bernama Xiomi Resmi Note 3 Pro. Kalau yang Anda maksud Xiaomi Redmi Note 3 Pro, belum jelas kapan ponsel itu akan beredar resmi di sini.

      2. Spesifikasi mirip harga setara sih tidak ada.

  66. Pak herry,

    menurut bapak sebaiknya saya pilih redmi note 3 pro ( spesifikasi cocok tapi garansi distributor ) atau asus zenfone 2 laser ze551 atau ze 601? atau bapak ada rekomendasi lain yang spesifikasinya sama/ lebih baik dari redmi note 3 pro. adakah informasi kalau redmi note 3 pro akan masuk indonesia resmi?

    terima kasih ya pak

    1. Pak Satria,

      Prinsip saya sederhana. Tanpa garansi resmi langsung coret. Jadi, Redmi Note 3 Pro dicoret dulu ya.

      Tersisa dua tipe ponsel. Itu yang Anda maksudnya Zenfone 2 Laser layar 5,5 inci dan 6 inci ya? Saya belum pernah mencoba keduanya. Yang pernah saya coba Zenfone 2 Laser dengan layar lima inci. Menurut saya, mending yang 5,5 inci. Enam inci terlalu besar lho.

      Tak ada informasi tentang jadwal edar resmi Redmi Note 3 Pro.

  67. mohon bantuannya pak herry mending xiaomi redmi note 3g garansi tam apa redmi 2 prime garansi distributor??

    dan rencana mau beli di toko online…kalau garansi kan hp nya harus kemana??

    1. Bu Pinna,

      Kalau pilihannya seperti itu, mengapa tidak membeli Redmi 2 Prime bergaransi resmi saja?

      Bila saya tetap harus memilih salah satu di antara dua pilihan Anda, saya memilih Redmi Note 3G bergaransi TAM.

      Umpama Anda membeli online, lokasi tempat servisnya tetap sama bila berbelanja offline kok.

  68. Pak Herry saya mau bertanya sekaligus minta pencerahan.
    Ayah saya mau beli HP baru dan ingin membeli Xiaomi Redmi Note 2.
    Saat saya baca spesifikasinya tergolong bagus.
    Namun saat saya mulai mencari HP tersebut saya jd ragu.
    Yg pertama krn xiaomi yg saya maksud rata-rata dijual dengan garansi distributor, yg pas kebetulan saya nemu garansinya GMT dan BCell. Saya khawatir misal saya beli ponsel tsb dan rusak akan mengalami banyak kendala karena service center yg tidak jelas.
    Yg kedua saya baca-baca review dan banyak yg mengeluh soal ponsel tsb. Entah mengenai ROM, kinerja, dsb.
    Trs saat saya mampir ke blog ini, saya menemukan ponsel merk infinix yg spesifikasinya juga tergolong oke.
    Tapi sejujurnya saya masih ragu mau beli merk-merk tersebut. Karena selama ini saya cenderung membeli ponsel yang “memiliki nama” sprti samsung dan sony. Dengan alasan sudah punya nama, jelas service center, dan lain sebagainya.
    Yang terakhir apa ada saran untuk tipe ponsel yg spesifikasinya sejenis dengan xiaomi redmi note 2? Seperti layar 5inch ke atas, RAM 2gb, kamera depan 5mp, support USB OTG, yg paling penting service center dan garansi resminya jelas. Saya masih awam ttg merk-merk dan spesifikasi yg dimiliki masing-masing ponsel.
    Mohon maaf atas panjangnya pertanyaan saya.
    Terimakasih.

    1. Bu Audri,

      Redmi Note 2 pasti tanpa garansi resmi. Saran saya, jangan dibeli.

      Merek-merek pendatang baru ada yang bagus, ada pula yang kurang bagus. Xiaomi dan Infinix adalah contoh pendatang baru yang secara umum bagus. Service center-nya memang belum sebagus LG, Samsung, dan Acer. Namun, dengan memperhatikan kesepadanan harga, menurut saya, Xiaomi dan Infinix justru lebih menggiurkan daripada Samsung.

      Dengan memperhatikan kriteria Anda, saya merekomendasikan Infinix Zero 3. Harga barunya Rp 2,599 juta. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-infinix-zero-3-serasa-ponsel-global-empat-jutaan/

  69. Assalamu Alaikum, Pak saya brniat mau beli xiaomi mi4 brni saya ambil resiko tapi minta saran lebih bgs beli di bukalpak, tokopdia, ato lazada, n lain2 ? untuk lbih megurngi resiko, lalu apkah hp yg sdh mnydiakan BI dan playstore bisa mnjamin klo hp orignal ? trma ksih untuk sarannya

    1. Pak Slamet Hinding,

      Mending di Bukalapak.

      BI itu apa ya? Adanya Playstore tidak menjamin ponsel itu orisinal.

  70. mksi atas sarannya pak πŸ™‚ BI itu bhsa Indonesia, kemungkinan mi4 orisinal brpa % ya pak ? teman bapak ada yg pake mi4 ? ad nama lapak hi-tec klo tda slah nama lapaknya, aktif di lazada dng buka lapak, sama2 bestseller ., recomded seller. minta sarannya pndpat tentng lapak tersebut, mksi sblumya πŸ™‚

    1. Pak Slamet Hinding,

      Oh maksudnya bahasa Indonesia. Lain kali jangan disingkat-singkat deh.

      Wah, kalau persentase saya tak tahu. Prinsip saya sederhana saja: tanpa garansi resmi langsung coret dulu.

      He… he… punya predikat best seller atau recommended seller di Lazada tak bisa dijadikan jaminan deh.

  71. Pa Herry…. mau tanya, kalau xiaomi note pro garansi internasional apakah recommended? Terimakasih.

    1. Pak Nikki,

      Tidak ada ponsel Xiaomi bergaransi internasional. Itu cuma akal-akalan pedagang untuk menyebut ponsel BM alias tanpa garansi. Jangan dibeli deh.

  72. Meizu mx4 pro garansi PT bintang cemerlang bagaimana kualitasnya bang? Apakah produk yang bagus untuk dibeli? Mohon sarannya. Thx

    1. Pak Syahril,

      Tak tahu. Saya tidak tertarik mencobanya karena ponsel itu cuma single SIM. Padahal, kini dual SIM sudah menjadi kebutuhan mutlak.

  73. Slamat pagii pak..
    Tolong di bantu pencerahan nya..
    Segelintir crita saya saya beli handphone android secara konsul dan brtanya penjual hp yg saya beli OS.nya KITKAT bahkan di lebel dus juga ada simbol KITKAT. tapi stelah saya baca tulisan panduan dan spesifikasi di situ di jelaskan OS.nya JELLY BEAN. Saat ini masih garansi toko. Pertanyaan saya apakah hp yg saya beli bisa di tukar dengan hp jenis yg lain di toko tersebut..
    ..trimakasih mastah

    1. Pak Ahmad Yusuf,

      Yang paling penting sih kenyataan di ponselnya sudah KitKat atau masih Jelly Bean?

      Apakah bisa tukar? Hal itu bergantung kebijakan pemilik toko. Saya tak berani memastikannya.

  74. Bagaimana misalnya kita membeli xiaomi redmi 2 prime dari lazada nnti kita mendapat garansi apa y mas????

  75. saran saya. jangan beli di distributor, karena temen saya membeli xiaomi yang jelas2 di spesifikasi 4G LTE, tetapi di hape nya masih 3G. kata temen saya, distributor tidak sampe ke 4G. thanks

  76. ko herry mau tanya dong
    lebih baik
    -sony xperia c3
    -sony xperia t2 ultra
    -asus zenfone 2 laser
    tolong jawab ya bagus mana

    1. Pak Edho,

      Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Saya belum pernah mencoba Xperia T2 Ultra. Di antara dua tipe yang tersisa, saya lebih condong ke Zenfone 2 Laser. Pastikan membeli yang bergaransi resmi dan sudah mendukung 4G LTE.

  77. sekedar berbagi pengalaman saja,
    sebenarnya Garansi Distributor itu juga gak jelek” amat.. selama kita sudah siap dengan konsekuensi nya dari awal. Jd ya mindset nya klo beli barang garansi distributor ya jangan manja kaya beli barang garansi resmi..
    pertimbangannya apa?
    1. Harga, kalo harga terpaut jauh ya why not?! (org kan punya kebutuhan & kemampuan masing”). Tp klo harga beda tipis,, ya mending ambil garansi resmi lah.
    2. Gak jarang ponsel resmi GAMPANG RUSAK, sy pernah alami di Xperia, Asus, Samsung, Lenovo yg semua nya resmi tp usia bbrp part nya pendek. BUKAN BERATI MERK TERSEBUT JELEK, hanya saja sy yg KURANG BERUNTUNG dapet cacat product. Ironisnya layanan service center jg gak bagus” amat.. sebulan lebih nginap jg blm jelas kabarnya.
    3. Short Time Evolution,, ini yg marak sekarang.. temen ane pengguna Galaxy S4 resmi hasil nabung nya berbulan-bulan. Tp gak jauh dari itu sdh sampai S6 bahkan sekarang S7, cepet banget untuk ukuran jerih payah nabung nebus ponsel resmi harga dewa.
    Lalu apa yg harus dipersiapkan klo budget rendah & cuma bisa dapet harga yang garansi distributor?
    1. Sesuaikan kebutuhan dan kemampuan, jangan sampai pengen punya Iphone 5s dg modal 1.5jt doang.. bisa” dapet nya replika!
    2. Lihat seller nya, konsultasi dan tanya jawab responya bagus GAK NGASAL KASI INFO ya layak beli.
    3. Saya terima unit dengan bahasa china, manual book jg china.. ya jangan komplain. Kita mesti ready knowledge untuk merubahnya sendiri. Namun jika kita test dengan BANYAK BENCHMARK performance beda dari yg resmi baru klaim! (HARUS BANYAK BENCHMARK jgn cuma satu doang). Intinya ponsel garansi distributo itu PERFORMANCE HARUS TETAP SAMA! KAN MEMANG ORI! klo beda,, ya berati REPLIKA.
    (walopun sering kali internal storage nya menyusut)
    3. Lihat syarat garansinya. KLO SYARAT GARANSI NYA DIPERLAKUKAN SAMA KETAT SEPERTI GARANSI RESMI SEBAIKNYA CARI YANG LAIN! Saya sendiri baru berani ambil garansi distributor kalo syarat garansinya LEBIH FLEKSIBEL DARI GARANSI RESMI. Bahkan punya sy sudah root saja mereka masih mau garansi 1 tahun.
    4. Setelah beli instal apk yg bnyak.. game yang berat.. record video panjang, test multitasking dan semua modulnya.. intinya HAJAR HABIS-HABISAN! rusak retur!!
    So, sebelum beli smartphone garansi distributor ya kita mesti smart dulu..
    Garansi resmi mahal layanan purna jual jg gak jamin memuaskan sedang ponsel terus evolusi setiap semester. Klo memang butuh ponsel resmi dan mampu beli ya syukur lah itu lebih nyaman di kita sendiri.
    Garansi distributor RIBET, ADVANCED USER ONLY! Klo masih newbie di dunia smatphone ane saranin JANGAN walopun murah! Ane gamer yg tiap hari bisa aktif 3 games sekaligus basis 3D di ponsel garansi distributor jg gak masalah, lancar” aja.. gak panas, gak hang, gak tersendat, gak ngedrop, gak tiba” mati jg.
    Mohon maaf bukan maskud promo ato apa ya,, tapi ini pengalaman ane pribadi. Dan ane gak akan sebutin di sini distributor mana, seller mana, merk hp apa, cz ane gak dalam rangka promosi. πŸ˜€

  78. ko herry
    kalo samsung j5 sama lg g4 stylus lebih bagus mana pak
    dan samsung s4 zoom itu kamera nya mudah rusak ya pak

    1. Pak Edho,

      Untuk ukuran saat ini, dua ponsel itu sebenarnya sudah sama-sama nggak menarik. Namun, bila tetap harus memilih, ambil Galaxy J5 saja dengan alasan sudah 4G LTE.

      Soal Galaxy S4 Zoom, maaf, saya belum pernah mencobanya.

  79. pak herry,

    berarti lebih baik asus zenfone 2 laser dari pada samsung j5 ya , soal internal ajj kalah ram juga , dengar-dengar samsung sekarang tidak sebaik samsung yg dulu ya pak, kirasaran harga asus zenfone 2 laser yang baru berapa ya pang dibanjarmasin masih ada ga ya yang baru nya

    1. Pak Edho,

      Zenfone 2 Laser ada beragam varian? Yang manakah yang Anda maksud?

      Asalkan Zenfone 2 Laser-nya yang varian 4G LTE, mending beli itu daripada Galaxy J5 deh.

      Samsung selain seri Galaxy S dan Note memang kurang sip. Cuma menang nama besar saja deh dia.

      Berikut harga ritel resmi Zenfone 2 Laser varian 4G LTE. Harga pasar bisa lebih murah daripada yang tercantum.
      * ZE500KL Rp 2.099.000
      * ZE550KL Rp 2.399.000
      * ZE601KL Rp 3.499.000

  80. Pak Herry,

    Mau nanya dong..

    Bulan kemarin hp saya (Advan) layarnya pecah, dan dibawa ke service centre mangga dua. Petugasnya bilang akan lama karena memesan spare part nya dulu.. setelah 3 minggu hp itu akhirnya digantikan dengan yang baru. dan sekarang hp saya layarnya pecah lagi, apakah saya akan mendapatkan hp baru? Garansi 1 tahun dari Agustus 2015- sekarang

    1. Pak Muhammad Rifky,

      Layar pecah seharusnya tidak termasuk dalam klausul garansi. Kalau bulan lalu Anda sempat mendapatkan penggantian baru, hal itu merupakan suatu keberuntungan. Coba saja ke service center lagi. Siapa tahu Anda beruntung lagi.

  81. ko herry

    saya sih lebih memilih zenfone 2 laser yang tipe nya ZE500KL/ZE550KL, dan batre nya cepat habis ga diantara dua tipe itu.
    mkasih sebelumnya bermamfaat banget.

  82. saya pengguna meizu m2 note garansi bintang cemerlang
    saya punya masalah dengan touchscreen saya yg unresponsive
    1 bulan 3 minggu hp saya mondok disana
    dan setelah saya ambil backdoor/case belakang saya congkel parah karena dibuka paksa saat anti lcd sepertinya
    mereka menjanjikan pengantian backdoor baru tetapi harus nginep lagi
    mau berapa tahun? orang ganti lcd saja udah hampir 2 bulan baru selesai
    padahal setahu saya sparepart backdoor lebih susah dicari daripada lcd
    akhirnya atas pertimbangan efisien waktu saya dikasih backdoor bekas sebagai gantinya
    yg jadi pikiran saya service center resmi kok ada barang bekas
    jangan2 lcd saya juga bekas/palsu
    menurut pak herry apakah barang sparepart di service center resmi pasti barang original?

    1. Pak Iy_Oox,

      Di pusat perbaikan resmi mestinya orisinal. Namun, untuk beberapa case tertentu, misalnya terkait Meizu dan Zuk, saya tak tahu pasti. Agak misterius.

  83. Numpang tanya pak… Saya mw beli infinix zero 3, garansi PT.bintang cerlang itu berarti garansi resmi ya?? D speknya cma d tulis 4G LTE tp tak da ket TDD or FDD.. klo hp INFINIX ZERO 3 itu udah bisa menikmati 4G nya Telkomsel n Indosat kah??
    N gimana menurut bapak soal hp itu??

  84. Numpang tanya pak… Saya mw beli infinix zero 3, garansi PT.bintang cemerlang itu garansi resmi kah?? D speknya cma d tulis 4G LTE tp tak da ket TDD or FDD.. klo hp INFINIX ZERO 3 itu udah bisa menikmati 4G nya Telkomsel n Indosat kah??
    N gimana menurut bapak soal spek hp itu?? Makasih pak

    1. Pak/Bu Gustya,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel seperti sekarang.

  85. Hp saia iphone 4 br bbrp bln saia pake dan garansi distributor,mslh nya hp saia skrg cpt abs batrei srg low batt apa bisa saia ganti batrei baru memakai garansi nya

    1. Bu Lia,

      Teorinya bisa. Praktiknya tak semudah itu. Lain kali jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi gitu deh.

      Anda menyebutkan iPhone 4 itu baru beberapa bulan Anda pakai. Berarti, logikanya, baru beberapa bulan juga Anda membelinya. Kemungkinan iPhone 4 tersebut bukan unit yang 100% baru.

  86. Permisi, pak kalau hp meizu yg resmi di indonesiat type apa aja? Terus meizu mx4 pro garansi bintang cemerlang resmi kah? Kisaran harga nya berapa ya pak.
    Makasih

    1. Pak Adi Septian,

      Terus terang resminya Meizu di Indonesia itu agak misterius, Pak. πŸ™‚

      Tipe apa saja? Yang saya ingat: M2, M2 Note, dan MX4 Pro. Yang garansi Bintang Cemerlang dianggap resmi.

      MX4 Pro ada dua varian, 16 GB dan 32 GB. Yang 16 GB rentang harganya Rp 2,5 juta sampai 3 juta. Kalau yang 32 GB Rp 2,8 juta sampai Rp 3,3 juta.

  87. Saya tertarik membeli alcatel di bukalapak, penjual bilang itu garansi PT bintang cemerlang, apakah itu garansi resmi/garansi toko ya? Masih ragu

  88. Pak, mau nanya nih, zuk z1 saya fingerprintnya rusak, kalau di bawa ke PT. Bintang Cemerlang berani ga ya? paling deket Jogja lagi dan katanya kurang bagus(denger” nginepnya lama dan lain sebagainya), kalau nyari part fingerprint sendiri apakah ada ya? enakan gmna di bawa ke bintang cemerlang atau cari sendiri?

    1. Pak Biyan,

      Mestinya mending dibawa ke sana dulu untuk klaim garansi. Namun, jangan berharap banyak dengan kualitas layanannya ya. Kebetulan saya sudah menerima testimoni dari pengguna Zuk Z1 yang melakukan klaim garansi. Wah, testimoninya negatif banget. Walaupun demikian, saya tidak menyarankan Anda servis sendiri di luaran. Sebab, tempat servis independen amat mungkin tak memiliki suku cadang ponsel Zuk.

  89. pak .. saya punya budget 1,8 jt an .. ini pertama kalinya saya mau beli smartphone harga segitu .. tolong kasih tau dong merk hp yang bagus speksifikasinya + kameranya .. saya takut salah beli hape ..
    niat saya beli xiami redmi 3 garansi B-cell .. menurut anda gimana ?

    1. Pak Muhammad Arif,

      Waks… jangan membeli ponsel bergaransi B-Cell. Itu bukan garansi resmi.

      Dengan anggaran Rp 1,8 jutaan, saya menyarankan Anda membeli Xiaomi Redmi 2 Prime atau Infinix Note 2.

  90. Yah , saya baru baca artikelnya bapak herry πŸ™
    Saya baru aja 3 hari yang lalu beli xiaomi mi4 di lazada eh dapat garansi dari B Cell. Dan apesnya sekarang hpnya cacat di LCDnya.
    Pantes saya mengunjungi service center xiaomi eh ditolak karena dari B Cell.
    Asli nyesel banget.
    Saran deh buat yg lain. Pastikan dulu itu garansi apa daripada nyesel belakangan.

    1. Pak Rama,

      Coba Anda klaimkan ke alamat yang tertera di kartu garansi B Cell deh. Namun, ya jangan berharap banyak.

  91. Pak saya mau beli Hp Meizu M2. Di barang tertulis Garansi PT BINTANG CEMERLANG. apakah itu garansi resminya Meizu / Distributor pak ??

    Mohon infonya

    1. Pak Rizkidwi,

      Redmi 3 belum ada yang bergaransi resmi.

      Paling mudah perhatikan nama importir di sisi belakang kardus. Yang resmi diimpor oleh Erajaya atau Trikomsel.

    1. Pak/Bu ND,

      Ponsel LG keluaran terbaru sudah dirakit di Indonesia. Jadi, tak perlu impor lagi.

      Infinix diimpor oleh Bintang Cemerlang.

      Oukitel kan belum beredar resmi di sini.

    1. Pak Risky,

      Garansinya ya garansi Lenovo Indonesia, Xiaomi Indonesia, dan LG Electronics Indonesia.

      Distributor Lenovo ada Trikomsel (tipe-tipe lama), SCM, TAM, dan Parastar.
      Distributor Xiaomi ada Trikomsel dan Erajaya.
      Distributor LG ada SUD dan TAM.

  92. Salam, om Herry. Mau tanya kalo handphone BM yg beli di Indonesia dengan claim garansi resmi di luar negeri (cont. Singapura) apakah sama dengan kalau kita pergi ke Singapura atau negara lain dan membeli handphone tersebut di sana? Lalu apakah bisa tetap service di service center resmi di Indonesia (dengan membayar biaya perbaikan)? Thanks in advance.

    1. Pak Kikay,

      Bisa sama, bisa pula tidak. Anggaplah yang dijadikan contoh adalah Singapura. Ponsel yang dibeli Singapura bergaransi resmi atau tidak? Kalau tidak bergaransi resmi, berarti beda.

      Bisakah ponsel bergaransi resmi Singapura diserviskan di Indonesia, dengan membayar biaya perbaikan? Bergantung merek ponselnya. Samsung pasti ditolak. HTC dan LG masih bisa, asalkan suku cadangnya sama.

  93. salam pak Herry, wah saya baru baca postingannya, dan saya lusa sudah pesan samsung s6 garansi distributor, kalo ada masalah gimana ya pak?
    dan kalo hpnya ada masalah, dibawa ke sc nya samsung, bisa enggak? meskipun bayar gpp

    1. Pak Arvin,

      Lusa sudah pesan? Kalau lusa, berarti hari ini kan belum pesan.

      Kalau nekat beli Galaxy S6 tanpa garansi resmi, lalu mengalami kerusakan, ya siap-siap sakit hati saja deh. Service center Samsung di sini takkan bersedia melayani, meskipun Anda tak keberatan membayar.

  94. Pak Herry,

    Saya saat ini tertarik untuk membeli Xiaomi Redmi Pro 3 karena spec nya yang menurut saya sangat bagus untuk harga yang lumayan miring.
    Sayangnya, dari toko2 online yang saya search, kebanyakan menjual dengan garansi distributor.
    Hanya ada 1 toko yang menyatakan bahwa garansinya garansi resmi. Apakah toko tersebut bisa dipercaya? karena ketika saya lihat di situs xiaomi, belum ada Xiaomi Redmi Pro 3 yang dijual scr resmi di indonesia.
    Atau saya lebih baik menunggu saja sampai Redmi Pro 3 ini dijual resmi di indonesia ya Pak?

    1. Pak Julio,

      Yang Anda maksud Redmi 3 Pro kan? Kalau iya, pernyataan dari satu toko itu sangat tidak bisa dipercaya. Lha Redmi 3 Pro belum beredar resmi di Indonesia kok.

      Saya sih menyarankan jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi.

  95. apa ada saran agar s6 yang sudah terlanjur pesan tidak cepat rusak pak? saya sekarang sangat was was, takut jika tiba2 hp rusak

  96. Halo, Pak.

    Saya berniat membeli handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro, namun yang bergaransi resmi hanya memiliki ROM 16 GB sedangkan saya ingin yang 32 GB. Saya memutuskan untuk membeli Xiaomi Mi Max, yang tentu saja hanya ada dengan garansi distributor. Sejujurnya, saya tidak masalah dengan tidak adanya garansi, yang ingin saya tanyakan adalah diantara banyaknya garansi distributor Xiaomi (WII, Bless, The One, dsb), manakah yang tidak “nakal”? Maksud saya tidak “nakal”, yaitu distributor yang jujur dengan tidak mengganti device yang palsu, charge diganti yang palsu, dan sebagainya.

    Terima kasih.

  97. Maaf mau nanya pak herry kalo garansi distributor itu biasanya berapa lamaya jadinya masalahnya untuk xiaomi saya yang saya garansikan di tgl 13 feb kemarin hingga agustus ini belum ada kabar

  98. Pak mau tanya klo xiaomi redmi note 3 32 gb itu sdh ada garansi resmi nya ngga? Klo garansi bless itu garansi apa ya?

    1. Bu Indah Fratiani,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Belum Redmi Note 3 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB yang bergaransi resmi.

      Bless itu bukan garansi resmi. Jangan dibeli.

  99. Maaf pak herry saya bertanya,
    Begini, tanggal 22agustus saya membeli xiaomu note 3 pro, pada tanggal 30agustus pas setelah saya bangun tdr paketan saya habis, lalu saya tanpa pikir panjang ambil jarum pentul untuk mentusuk lubang simcardnya, refleks bunyi klek, stelah itu saya coba lg pake besi aslinya ternyata udh tdk bisa kebuka,, ini kira2 garansi blessnya mau nerima tdk ya? Terus ini masuk garansi tidak?

    1. Bu Jessicajecy,

      Belum ada ponsel bermerek Xiaomu. Kalau ternyata yang Anda maksud Xiaomi, tidak ada ponsel Xiaomi dengan tipe Note 3 Pro. Lha Note 2 pun baru akan meluncur kok.

      Terlepas dari ponsel yang Anda beli sebenarnya merek dan tipe apa, siap-siap saja bersabar berurusan dengan Bless deh. Itu bukan bergaransi resmi. Lain kali jangan beli ponsel bergaransi Bless lagi ya.

  100. Saya mau tanya pak, hp saya xiaomi redmi note 3, nah di hp ada tempelan bbm, dan ada jg di chargeran, apakah itu garansi hp?

  101. Saya mau nanya saya beli xiaomi redmi note II garansi tellstar, bulan desember tahun 2015 kmrn pas bulan september ini 2016 tiba2 hape matot nah saya bawa ke tempat saya beli untuk klaim asuransi’nya tapi kok aneh udah 1 bulan belum bisa benar handphone’nya kata’na dari jakarta belum bisa benerin. Bingung ya allah πŸ™

    1. Bu Cindy,

      Ya begitulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi. Makanya, saya selalu menyarankan belilah ponsel yang bergaransi resmi.

  102. Pak, saya mau tanya kalo garansi distributor global maksudnya gimana, ya ?
    terus yang tersedia garansi resmi untuk xiaomi di Indonesia, apa saja, ya ?

    1. Pak Feby Ramdani,

      Terus terang saya juga bingung dengan istilah Anda itu. Mungkinkah itu sebenarnya garansi tidak resmi dan nama perusahaan yang menggaransi bernama Global?

      Xiaomi bergaransi resmi yang saat ini masih mudah dijumpai di pasar: Mi 4i, Redmi Note 3 (pedagang biasa menyebutnya Redmi Note 3 Pro), dan Redmi 3 Prime.

  103. apakah handpone dgn garansi blass paltinum,dll…..itu barang replika alias bukan ori….atau barang ori tapi tidak masuk lewat resmi..terima kasih

    1. Pak Julhardi,

      Soal replika atau tidak, mesti lihat barangnya dulu. Satu hal yang pasti, itu bukan bergaransi resmi.

  104. Pak kalau saya beli hp samsung di counter resmi samsung malaysia apa garansinya berlaku saat di indonesia? Terima kasih

    1. Bu Stephanie,

      Pasti tidak berlaku. Biarpun Anda bersedia membayar pun, pusat perbaikan resmi Samsung di Indonesia tetap takkan bersedia melayani.

  105. Apakah xiaomi redmi note 4 rom global official (stable) dikatakan oleh penjual sih asli dan nomor ime cocok, spesifikasi sesuai dengan yang asli dan dari segi harga antara di Tiongkok dan di Indonesia selisih 200ribuan (Tiongkok<Indonesia) namun bergaransi distributor wii bisa dikatakan barang yang ori?

    1. Pak Erlangga,

      Saya tak bisa memvonis asli atau palsu. Satu hal yang bisa saya sarankan, jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi. Garansi WII termasuk dalam kelompok tersebut.

  106. Pak herry, diantara handphone xiaomi redmi note 4 , oppo f1s,infinix hot s , dan samsung j5(2016) sebaiknya milih yg mana dan bagusan yg mana dari segi spesifikasi dan lain lainnya ? Terimakasih sebelumnya .

    1. Bu Afifah,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba tiga ponsel itu.

      Untuk Redmi Note 4, sebaiknya langsung dicoret karena tanpa garansi resmi. Untuk Hot S, saya akan segera mencobanya.

  107. Pak Herry selamat malam
    ingin bertanya
    1. Saya baru pesan di buk***pak xiaomi redmi note 3 pro (barang belom sampai). Apakah redmi note 3 pro sudah ada garansi resminya atau belom pak ? nama garansi resminya apa pak ?
    2. Xiaomi redmi note 3 pro kalau nama garansinya WII, The One apakah termasuk garansi resmi ?
    3. Saya punya xiaomi redmi 2 garansi sudah habis belinya di Kudus, sekarang saya di Bogor. Awal bulan Oktober lalu kameranya tidak bisa aktif sampai sekarang. Tertuliskan camera error, can’t connect to camera. Ada rekomendasi tempat servis xiaomi resmi yang bagus pak di Bogor / Jakarta ?
    4. Charger vivan double USB charger dengan input 0,3A. Output 2,4A. Apakah cocok buat xiaomi redmi 2 ?
    Terima Kasih Pak Herry

    1. Pak Indra Aditya,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      1. Yang beredar resmi di sini Xiaomi Redmi Note 3. Spesifikasi sama dengan yang lazim disebut sebagai Redmi Note 3 Pro oleh pedagang. Yang bergaransi resmi diimpor oleh Erajaya Swasembada.

      2. Bukan bergaransi resmi dan sangat saya sarankan jangan dibeli.

      3. Berarti bekas garansi resmi kan? Masukkan ke pusat perbaikan resmi saja deh. Alamatnya bisa dilihat di http://www.mi.com/id/service/repair/

  108. Pak Herry selamat malam
    ingin bertanya
    1. Saya baru pesan di buk***pak xiaomi redmi note 3 pro (barang belom sampai). Apakah redmi note 3 pro sudah ada garansi resminya atau belom pak ? nama garansi resminya apa pak ?
    2. Xiaomi redmi note 3 pro kalau nama garansinya WII, The One apakah termasuk garansi resmi ?
    3. Saya punya xiaomi redmi 2 garansi sudah habis belinya di Kudus, sekarang saya di Bogor. Awal bulan Oktober lalu kameranya tidak bisa aktif sampai sekarang. Tertuliskan camera error, can’t connect to camera. Ada rekomendasi tempat servis xiaomi resmi yang bagus pak di Bogor / Jakarta ?
    4. Charger vivan double USB charger dengan input 0,3A. Output 2,4A. Apakah cocok buat xiaomi redmi 2 ?
    Terima Kasih Pak Herry
    salam

    1. Pak Indra Aditya,

      Nomor 1, 2, dan 3 sudah saya jawab di pertanyaan Anda sebelumnya ya.

      4. Tanpa membicarakan kualitas, mestinya cocok.

      1. Nah Pak Herry kalau cocok apakah aman digunakan pada redmi 2 dan redmi note 3 pro ?
        double USB charger merk vivan dengan input : 100-240 v~, 50~60 Hz 0.3A.|output : 5v/2.4A.
        Terima Kasih Banyak Pak Herry

  109. Selamat pagi Pak Herry
    saya ingin tanya-tanya seputar xiaomi
    1. Saya kemarin pesan xiaomi redmi note 3 pro di buk***ak, apakah redmi note 3 pro sudah ada garansi resminya ?
    kalo sudah ada apa nama garansi resminya ?

    2. Apakah WII, The One nama garansi resmi xiaomi ?

    3. Saya punya xiaomi redmi 2 garansi TAM, tapi sudah selesai masa garansinya. Saya ada masalah kamera belakangnya rusak. Ketika di aktifkan menu kamera, tertuliskan
    camera error, can’t connect to camera. Pak Herry ada rekomendasi tempat servis yang terpercaya untuk xiaomi redmi 2 saya dengan masalah yang saya sebutkan tadi ?

    4. Saya beli double USB charger merk vivan dengan input : 100-240 v~, 50~60 Hz 0.3A.|output : 5v/2.4A.
    Apakah charger ini aman untuk digunakan pada xiaomi redmi 2 dan redmi note 3 pro ?

    5. Saya beli power bank 20.000 dengan merk veger. Apakah power bank ini aman untuk digunakan pada xiaomi redmi 2 dan redmi note 3 pro ?
    Kalo tidak aman, mohon rekomendasi power bank yang aman apa ?
    Terima kasih Pak Herry

    1. Pak Indra Aditya,

      Pertanyaan nomor 1, 2, 3, dan 4 tadi sudah saya jawab deh. Silakan dicek lagi.

      5. Tak tahu. Saya belum pernah mencoba power bank merek tersebut. Untuk merek lokal, saya merekomendasikan power bank merek Delcell.

  110. Pak saya mau tanyak saya beli iphone 5 garansi PT pelangimas Indonesia , baru sebulan pakai LCD nya berbayang padahal sama sekali gak pernah terbanting atau terjatuh apakah garansi bisa berlaku jika LCD rusak tanpa terjatuh? Mohon tanggapan nya Pak

    1. Bu Novitaayusra,

      Wah, itu berarti tanpa garansi resmi. Coba saja diklaimkan dulu. Namun, jangan lupa banyak berdoa ya.

  111. pak saya jg sependapat bhwa lebih baik beli garansi resmi drpd garansi distributor tp kecolongan ini itu…apalagi produk apple, cmn sayangnya yg resmi di indonesia utk ip 5s mostly 16gb nah mnrt bapak ip 5s 16 gb utk memenuhi kebutuhan sehari2 utk komunikasi mslh bisnis mumpuni tdk?sy beralih ke iphone krna performanya bagus,tdk ngelag krn profesi saya dituntut serba cepat tanggap/ fast respon

  112. Mlm pak herry
    Saya mau beli xiaomi redmi 4 prime. Penjual bilang, garansi mobile star.
    Apa pak herry pernah dengar?
    Boleh sarannya pak?
    Trims

  113. Pak herry, sy minat hp xiaomi mi4c tapi blom ada garansi resminya, klo mau beli garansi distributor mending mana garansi wii atau telstar? Mohon sarannya, makasih

    1. Bu Maya,

      Itu sih ibarat Anda disuruh memilih, mau dipatok ular atau diterkam harimau. Mending jangan beli deh.

  114. Pagi Pak Herry.

    saya mau nanya nih, saya terlanjur beli xiaomi redmi 4A garansi distibutor karena awalnya gatau perbedaan garansi distributor sama resmi itu apa. nah setiap saya nyalain handphone itu selalu timbul notifikasi : “Your security at risk, your software has been modified blablabla…” nah kan berarti itu rom nya gak official yah pak. download rom officialnya dimana yah pak? dan caranya bagaimana pak? mohon informasinya pak. terimakasih sebelumnya.

  115. Maaf selamat pagi
    Saya betmrencana membeli ponsel
    Tapi masih galau mau beli xiomi note 4 atau asus 3 max

    Mohon informasinya
    Agar saya jadikan pertimbangan

    1. Bu Sitilita,

      Hmm… tidak ada ponsel bermerek Xiomi deh.

      Asus 3 Max? Tak ada ponsel bernama lengkap itu.

  116. Pak herry

    Saya mw tanya..
    Saya punya infinix zero3. Baru beli bln 4 kmrn. Dan di bulang 07 ini g sengaja hp jatuh trs lcd retak..
    Apa ini termasuk free garansi y???

  117. Selamat siang, Pak Herry.

    Saya ingin meminta saran dari bapak karena saya ada rencana untuk membeli xiaomi redmi 4x di salah satu toko online di elevenia untuk ayah saya. Di keterangan barangnya, garansinya resmi tam dan dicatatan penjualnya ada keterangan seperti ini :
    “tidak terdapat kartu garansi dalam box,garansi berlaku berdasarkan imei(sudah otomatis teregistrasi pada service center),untuk klaim garansi hanya perlu membawa hp dan box ke service center resmi xiaomi indonesia”

    Kira-kira apakah benar itu garansi resmi pak? Dan jika ternyata suatu hari nanti ada kerusakan, apakah service center resminya mau memperbaikinya? Dan jika bukan garansi resmi, apakah bapak bisa memberikan saran mengenai hp dengan harga kurang dari 2 juta dengan spesifikasi yang mendekati/dibawah xiaomi redmi 4x tersebut?

    Soalnya saya agak ngeri juga dengan garansi distributor setelah baca-baca review orang dari situs bapak dan beberapa situs lainnya mengenai pelayan mereka, walaupun saya sendiri ada pernah membeli hp dari garansi distributor dan alhamdulillah belum ada masalah sejauh ini

    1. Pak Nicho RS,

      Penjelasan itu memang benar. Di dalam kardus Redmi 4X bergaransi resmi tak ada kartu garansi. Yang ada hanya lembaran pernyataan garansi yang menjelaskan klausul garansi dan daftar alamat pusat perbaikan resmi Xiaomi.

      Ketika konsumen kelak akan melakukan klaim garansi, dia tinggal datang ke pusat perbaikan resmi Xiaomi. Petugas di sana akan mencocokkan nomor IMEI dengan pangkalan data (database). Kalau sesuai, berikutnya langsung dilakukan perbaikan.

      Dengan asumsi penjual yang Anda maksud jujur, unit yang ditawarkannya memang bergaransi resmi.

  118. selamat malam pak Herry..
    saya kan berencana meminang mi 6 tapi… saya masih sedikit ragu dengan garansi distributor… terus ada yang nawarin untuk membeli xiaomi mi 6 di sebuah toko yang memiliki garansi toko 1 bulan service/replace.. mohon pencerahannya garansi Distributor/Toko mengingat rumah saya juga jauh sekali dari Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *