Mengenang Masa Lalu lewat Aplikasi

Ada yang bilang, lupakan masa lalu. Namun, ada pula yang mengatakan, kenanglah masa lalu. Kalau Anda pengguna ponsel Android dan memilih mengenang masa lalu yang menyenangkan, silakan bergegas ke Play Store. Ketikkan kata kunci Gimbot Air. Unduh, instalasikan, dan jalankan.

Anda yang berada di bangku sekolah dasar pada tahun 80-an seharusnya pernah mengenal gimbot air. Penulis pun pernah memilikinya. Kalau tak silap ingatan, dulu gimbot air penulis bergambar kuda laut.

Gimbot Air-2

Mengapa disebut gimbot air? Kata “gimbot” diadaptasi dari peranti elektronik Game & Watch buatan Nintendo yang dulu sangat populer. Sedangkan “air” ya karena mainan tersebut berisi air.

Tugas pemain sebenarnya sederhana, tetapi tidak mudah. Pemain harus menekan tombol berkali-kali untuk menciptakan gelembung udara yang mengangkat gelang-gelang plastik. Saat melayang turun, gelang-gelang itu diharapkan tersangkut ke tiang yang tersedia.

Gimbot Air-1

Gimbot Air ala Android memiliki dua pilihan: berbatas waktu dan main bebas. Bila memilih berbatas waktu, pemain hanya diberi jatah 60 detik untuk memasukkan sebanyak mungkin gelang. Kalau memilih main bebas, pemain boleh bermain sepuas-puasnya tanpa batasan waktu. Mau sampai baterai ponsel lemah pun tidak dilarang.

Sementara itu, ada kabar buruk dan baik untuk Anda para pengguna ponsel Windows Phone. Kabar buruknya, Gimbot Air belum tersedia di Windows Phone Store. Kabar baiknya, ada aplikasi menarik yang siap menguji pengetahuan Anda seputar film, makanan ringan, dan artis yang ngehits pada tahun 90-an. Judulnya, Tebak 90an.

Tebak 90an-1

Tebak 90an bakal menyodorkan kumpulan soal yang dibagi dalam tiga kategori: gambar, video, dan suara. Saat ini baru kategori gambar yang bisa dimainkan. Ada tiga level permainan di kategori gambar, yaitu acara TV 90-an, snack 90-an, dan artis 90-an.

Tebak 90an-2

Total ada 30 pertanyaan yang harus dijawab dengan benar. Jawabannya mulai dari si Unyil, sinetron Tersanjung yang dulu penayangannya tidak kunjung selesai, cokelat Ayam Jago, permen karet Yosan, hingga Sahrul Gunawan dan Lulu Tobing. Bila pemain lima kali salah menjawab, permainan otomatis berakhir.

7 thoughts to “Mengenang Masa Lalu lewat Aplikasi”

  1. tebak 90 an di android belum ada ya pak?
    oh ya pak ada games semacam 90 an diandroid tapi pertanyaannya bukan hanya lokal, namanya raja quiz indonesia

    1. Pak Alfan,

      Tebak 90-an dengan muatan murni lokal zaman dulu belum ada. Iya, yang ada yang muatan campur-campur.

  2. Ko HSW, sorry mau tanya, tapi OOT.

    apakah flip case yang ada magnet-nya berbahaya buat smartphone?
    karena ada teman yang bilang, kalo air & magnet itu musuh utama smartphone.

    Terima Kasih

    1. Pak Rizzal,

      Kalau magnetnya kuat bisa berdampak negatif dalam jangka panjang. Lebih baik cari yang tanpa magnet. Kalau pun bermagnet, pilihlah yang magnetnya tidak terlalu kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *