Mengetahui Asal Usul Oppo

Tak kenal maka tak sayang. Kalau sudah kenal, mungkin makin sayang, mungkin pula justru bosan dan kemudian selingkuh. Ups! Bila Anda telah mengetahui Nokia berasal dari Finlandia, Sony dari Jepang, dan Samsung dari Korea, kini saatnya mengenal Oppo, merek baru yang sedang naik daun di Indonesia.

Oppo Electronics Corp bermarkas di Dongguan, Guangdong, China. Lini produknya meliputi ponsel, pemutar MP3, televisi LCD, pemutar DVD/blu-ray, dan pembaca buku elektronik. Oppo mempunyai divisi bernama Oppo Digital Inc yang dikenal lewat produk pemutar DVD dan blu-ray. Perusahaan itu berada di Mountain View, California, AS.

Find Mirror-8

Berbincang tentang ponsel, Oppo baru terjun ke bisnis ponsel pada 2008. Ya, baru sekitar lima tahun. Namun, prestasinya tak bisa dipandang sebelah mata. Oppo Finder, ponsel setebal 6,65 mm yang diperkenalkan pada pertengahan tahun lalu, saat itu tampil sebagai smartphone paling tipis di dunia. Sekarang ponsel Oppo telah menembus pasar AS, Eropa, Rusia, China, dan Asia. Asal tahu, sebuah ponsel Oppo belum tentu dipasarkan ke seluruh area tersebut.

Ketika memasuki pasar Thailand pada 2010, Oppo menggunakan jasa 2PM, boyband terkenal asal Korea, untuk mempromosikan merek tersebut. Leonardo DiCaprio, aktor film Titanic, juga pernah dipercaya menjadi bintang iklan Oppo.

Tahun ini, saat mulai hadir di Indonesia, Oppo menggaet Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra sebagai brand ambassador. Pasangan artis itu meroket lewat Ada Apa dengan Cinta, film layar lebar yang sebelas tahun silam sangat populer di kalangan remaja.

Sebagai pemain baru, Oppo terlihat sangat serius menggarap pasar Indonesia. Mereka tak segan-segan mem-branding toko ponsel yang dianggap potensial atau berada di lokasi strategis. Iklannya rutin muncul di berbagai media, termasuk menjadi sponsor acara terkenal di sebuah stasiun televisi swasta. Selama setengah tahun pertama menyemarakkan pasar ponsel Indonesia, belanja iklan Oppo kabarnya telah menembus Rp 40 miliar.

Bila Anda melihat promotor dan pemilik toko bersemangat menawarkan Oppo, tak perlu heran. Sebab, kompensasi yang ditawarkan Oppo jauh di atas rata-rata. Penulis berikan sedikit bocoran. Keuntungan menjual satu unit ponsel Oppo bisa setara dengan menjual 20-30 unit ponsel Samsung lho. Jadi, dapat berapa rupiah? Hi… hi… hi… rahasia dong.

Penulis berikan sebuah clue deh. Anggaplah penulis adalah pemilik toko ponsel. Bila setiap hari penulis dapat menjualΒ sepuluh unit ponsel Oppo tipe termurah, maka dalam setahun penulis bisa membeli rumah baru berharga jual lebih dari Rp 1 miliar.

Β 

799 thoughts on “Mengetahui Asal Usul Oppo

    1. Pak Rudy,

      Dengan kondisi sama-sama terlalu mahal, kali ini saya harus berkata mending beli Samsung daripada Oppo. πŸ™‚

  1. Wah mnggiurkn sekali ya Pak. Jd hrg Oppo yg kurg value itu demi mberi insentif yg tgi ke toko ya…
    Klo toko banting hrg, ambil untg tipis, dblacklist ga Pak?

    1. Pak Punkky,

      Toko mestinya nggak berani menjual di bawah harga ritel yang disarankan. Sebab, sederet sanksi sudah menanti. Karena ponsel Oppo sedang jadi barang manis, pemilik toko tentu lebih memilih jadi anak yang baik, bukan?

  2. Daripada beresiko ga boleh jualan, toko lebih ambil cara aman. Mau jual tapi ga mau buy back, hehehe….. Harga jual oppo lumayan drastis khan pak harry? Cek d

    1. Pak Fris,

      Hmm… jangan-jangan pernah mengalaminya sendiri nih. πŸ™‚

      Iya, harga jual Oppo bekas sungguh menggetarkan jiwa.

  3. Saya silent reader sdh lm bang herry tp melihat artikel tentang oppo jd pngn ikut comment, soalnya geli aja setiap k pusat perbelanjaan handphone pasti langsung d dsarankan bli oppo padahal saya maunya lenovo…
    Saya wktu itu maunya bli p770 yg harganya 1.85jt eh langsung d paksa2 bli oppo aja dg harga 2jt… Dy blng oppo lbh bagus… Saya tanya SC gmn, jwbnya ada.. Saya tanya lg, ini sm2 mediatek ram lenovo lbh gede batre lbh gede ko oppo lbh mahal.. Selesnya jawab oppo jgn d samain ky lenovo mas, oppo tu Klasnya samsung mas, pngn muntah aja saja, mana ada samsung pake mediatek (prosesor untuk hp hemat harga)… Saya tanya lg, lah ini kan hp cina… Seles bilng lg ini bukan hp china mas, yg lenovo tu yg hp cina, oppo itu setra samsung, tambah pngn muntah lg saya…
    Duhh malah curhat… Hehehe
    Menurut saya lenovo terlalu berani pasang harga pdahal SC belum teruji,… Sony aja yg dah lm bnyak konsumen yg protes SC sony, sampe konsumen ada yg bikin petisi segala k sony…untuk yg mau beli hp hati2 sm seles oppo… Jgn sampe tergoda dah… Bnr om herry mendingan beli samsul sekaliah yg sdah jelas kulitas dan harga jualnya…

    1. Pak Kharis,

      Sepertinya kalimat yang ini “…Menurut saya lenovo terlalu berani pasang harga pdahal SC belum teruji,…” salah ketik ya. Mungkin yang dimaksud adalah Oppo.

      Beberapa kali saya sempat iseng pura-pura bertanya Oppo, promotornya malahan menyetarakan Oppo dengan iPhone.

  4. klo soal harga n spek teknis, iyes, oppo masuk kategori mahal.
    klo soal kinerja, tgt pas dpt brg “salah” ato ga. ya, namanya jg produksi massal. klo kebetulan dpt brg “salah” ya tep rugi deh.
    aku pernah punya samsung glx note 2 yg ternyata brg “salah”. jd ya bermasalah. aku punya oppo find 5 yg smp bulan ke 5 ini msh aman nyaman dipake. jd ya tnp masalah.

    klo soal cara jual, ya.. itu mmg masalah. aku jg ga s7 sama cara jual para penjual oppo. entah apa alasan-tujuannya, tp cenderung menutupi fakta. itu yg justru bs merusak pasarnya oppo. mestinya, dg kualitas produk yg menurutku bukan jelek ya mrk bs pede aja unjuk diri tnp berusaha nyantolin diri ke merk lain yg dikenal bagus-mahal.

    1. Pak Erfan,

      Sepanjang sejarah iPhone, saya baru satu kali menulis review-nya. Saya lupa waktu iPhone generasi pertama atau iPhone 3G. Review-nya tidak ada di blog ini karena saat itu saya memang belum aktif ngeblog.

      Mengapa saya jarang me-review iPhone (maupun iPad)? Sebab, mau beli kok rasanya ngeri. Harganya kan tinggi, apalagi bila versi garansi resminya belum muncul di sini. Mengharapkan pinjaman demo unit juga mustahil.

      Sebenarnya saya sempat punya atau mencoba iPhone (dan iPad) tipe tertentu. Namun, saya memang tidak me-review-nya karena acang tersebut baru bisa saya nikmati sekitar setahun setelah peluncurannya.

    1. Pak Budianto,

      He.. he.. itulah yang terjadi. Ada promotor Oppo yang menyamakan merek itu dengan Samsung, ada pula yang malahan menyetarakannya dengan iPhone. Kalau mereka tak mau dianggap sama dengan Evercoss (dulu Cross) atau Mito sih masih oke. Namun, dianggap setara dengan LG dan Sony pun kadang tak mau lho. πŸ™‚

  5. O y pak salah ketik saya… Maksudnya oppo terlalu berani pasang harga…
    Koreksi aja pak…
    Klo oppo d samain iPhone dah sangat kelawatan itu…

    Saya kira dl sewaktu isu oppo mau masuk indo, oppo bakal menyasar harga pasaran d posisi lenovo… Eh ternyata malah mau menpatkan dr d posisi samsung n sony…
    Anak baru langsung tancap gas… Kita lihat saja bsk..
    Tancap gas trus nyungsep atau atau jadi winner…
    Biar waktu yg membuktikan, dan konsumen yg memutuskan….

    1. Pak Kharis,

      He.. he.. berarti dugaan saya benar. Anda salah ketik ya.

      Iya, kita lihat saja seberapa panjang napas Oppo. Kalau bisa menjaga ritme seperti sekarang, 2-3 tahun lagi eksistensi Oppo bakal diakui.

  6. Hemph….
    Jadi ngerti sekarang, napa supplier ngebet bgt suruh jualin oppo. Untungnya ampe 300rebu/unit, sedangkan saya sbagai reseller cuman dipotong 5% dari harga retail #hadeh

    Yup, supplier mewanti-wanti agar jual ke konsumen HARUS HARGA RETAIL, gak boleh kurang karna ada sederet sanksi #ribet

  7. Ya , asalkan kuat aja oppo glontor dana marketing nya, menurut detikcom oppo dana marketing nya thn ini 40 M , coba diliat aja dah apa masih kuat tahun depan

    1. Pak Budianto,

      Info yang saya dapat, konon anggaran promosi Oppo selama setengah tahun pertama (bukan satu tahun) di Indonesia sebesar Rp 40 miliar.

  8. Iya sih kalo diliat dari speks nya beberapa ponsel Oppo, memang termasuk harga yang overpriced untuk level “newbie” dalam smartphone. Jika niat cari menurut saya sih banyak merk lain yang punya spek mirip dan pasti lebih murah (merk global ya bukan internasional).
    Pantas saja berani banget iklan besar-an beda sekali dengan promosi Lenovo yang pelit, tapi dibayar dengan harga ponsel yang cukup setara dengan yang didapat plus merk lebih terkenal daripada Oppo.

    Tapi yang tidak disukai itu meskipun promosi, kan gak boleh sampai bohong ke customer juga kan pernah katanya sampai ngomong Oppo merk dari USA.

    Btw, pak Herry dapet info nih dari mana aja “sumur” nya? :p

    1. Pak Rianto,

      Beda merek global dengan merek internasional yang Anda maksudkan seperti apa ya?

      Iya, hard selling boleh-boleh saja, tetapi nggak boleh menipu.

      “Sumur” apa nih, Pak? *bingung*

  9. Betul p.herry…mggu lalu sy ke wtc masuk ke salahsatu gerai hp dan tanya merk samsung langsung ditawari …”apa gak nyoba yg oppo mas?”….begitu salah satu mbak penjualnya…

  10. ini ada merk baru lagi yg akan masuk dgn sistim penjualan seperti Oppo yaitu GIONEE dan VIVO, dan ini ditakutkan sama Oppo , karena saya liat di mbah google brg nya sama seperti Oppo tp spec nya lebih tinggi dr Oppo, bakalan tambah seru lagi dunia acang ya

    1. Pak Budianto,

      Gionee dan Vivo apakah akan beredar resmi di sini? Vivo itu beda dengan Ivo kan? Asyik deh, pertempuran makin seru.

  11. pak herry, bs tolong direviewkan asus fonepad
    soalnya denger2 bnyak problem dibaterai? saya mau ambil, tp nunggu review dr master HSW dulu πŸ™‚

    1. Pak Sigit,

      Saya belum pernah mencoba Fonepad. Dulu, saat iklannya gencar, saya sempat tertarik mencobanya. Saya coba mencarinya di berbagai toko, tetapi tak ada yang punya stok. Barang sepertinya memang belum beredar. Akhirnya minat saya sudah lenyap.

      Saya pribadi melihat Asus Indonesia masih setengah hati dalam memasarkan ponsel dan tablet Android.

  12. Gionee itu punya produk yg namanya Elife yang katanya kameranya paling ciamik untuk ponsel Cina.
    Sedangkan Vivo, kemarin baru launching ponsel pertama di dunia dengan layar 6″ resolusinya luar biasa 2560×1440 pixel, procie snapdragon 800 dan RAM 3gb, dengan harga $600 saja.
    Kalau benar mereka mau masuk, saya tungguin deh πŸ™‚

    1. Pak Charles,

      Terima kasih atas sharing-nya. Dua tipe Gionee (saya lupa tipe lengkapnya) sebenarnya sempat diadopsi oleh sebuah merek lokal yang sebelumnya dikenal lewat beraneka produk elektronik.

  13. Itu cara jual nya seperti Oppo, maka nya mereka bikin perjanjian toko2 yg udah jual Oppo nggak boleh jualan 2 merk itu, kayak nya mereka takut dpt saingan dgn SPEC yg lebih bagus dr mereka

  14. Oppo disamakan dengan samsung πŸ˜€ ????
    Lucu ajh..
    Samsung mah slogannya SAMSUNG AJA
    Kalo oppo yang ada slogannya ORA OPPO (???)?

  15. Info dr dealer 2 Oppo skrg penjualan nya mulai drop, karena jurus spg nya ngomonbg HP merk amerika udah nggak mempan lg, karena user udah tau bahwa OPPO asli merk China

  16. hp vivo itu berkualitas bagus ya Pak Herry?apa sama dgn hp feature phone merk vivo yg sempat muncul kurun waktu 2011 2012 lalu? thanks Pak Herry πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Lho, Vivo sudah muncul di Banjarmasin? Tipe apa dan harga berapa? Saya belum pernah mencoba merek Vivo.

      Kalau yang dulu beredar itu merek Ivio, bukan Vivo.

  17. bukan ivio pak tapi vivo..seperti vivo v3 dan vivo v8..saya ga tahu apa vivo yg ini cuma sama namanya saja atau memang merupakan vivo yg mengeluarkan android tertipis itu..vivo v3 dan v8 ada gambarnya di google Pak

    1. Pak Rizal,

      Saya jawab dalam poin-poin saja ya.

      1. Yup, saya tahu kalau merek Ivio itu beda dengan Vivo. Merek Vivo, setahu saya, belum pernah beredar di sini. Kalau yang 2011 lalu sempat ada di pasar, itu Ivio.

      2. Sejak beberapa bulan lalu, saya mengetahui Vivo akan masuk ke sini. Namun, terus terang saya terkejut kala mengetahui Vivo sudah muncul di Banjarmasin. Padahal, di Surabaya sampai minggu lalu belum ada. Entah minggu ini. Saya belum jalan-jalan ke pusat penjualan ponsel.

      3. Harga Vivo-nya berapaan, Pak?

  18. Heuuumm…setelah baca ni…rada kecewa..udh beli oppo…
    Bru tau ternyata merk cina….

    Tpi smga gk da maslah…

  19. Say jadi sedih kalau baca artikel ini, kemaren baru aja beliin hp buat istri, pengenya LG L7, berhubung nggak ada stok, spgnya mengalihkan ke oppo, dengan seribu rayuan gombal. Akhornya terbeli juga oppo neo, begitu rumah, liat speknya dg cpuz, banyak boongnya tih spg, ram yg dibilang 1 gb ternyata cuma 512, int memory katanya 4gb, cuma 1gb…hadeuuh….

  20. Aku wurung tuku oppo
    beneran ae harganya mahal,ternyata gara2 strategi marketingnyo…
    Asli bukan karna kualitas barangnya..ckckck

  21. Dikit-dikit bilang hp cina.. emang indonesia sanggup buat hp.. saya sangsi barang elektronik di rumah kalian juga merek cina…g sah sok kali

    1. Pak Ari,

      Saya bisa saja sih membeli ponsel Oppo. Namun, selama promotor Oppo masih rutin berkata tidak jujur, saya takkan membeli ponsel Oppo.

  22. saya ini dahulu ya penguna samsung dan rata2 semua ponsel samsung gua sudah mengunakan dan semua merek hp lainya…mulai dari nokia,samsung,motorola,dll tapi bagi anda penguna samsung pastinya anda pernah galamin yang namanya lemot dan lag itu kalian yg bangain produk dari plastik dan semenjak tahun 2013 saya sudah tingalin semua hp dan kasih ke ortu saya dan saya move on ke hp oppo dan ipad air

    1. Pak Gustin Hartawan,

      Salut karena Anda sudah berhasil move on. Ada beberapa pertanyaan dan komentar dari saya:

      1. Saat membeli Oppo, apakah Anda pernah iseng menanyakan asal usul ponsel tersebut kepada promotor Oppo? Kalau pernah, apa jawaban mereka? Apakah mereka menjawab dengan jujur tanpa menutupi fakta tertentu?

      2. Kebetulan saya sudah pernah mencoba aneka tipe ponsel Oppo. Mulai yang harganya kurang dari Rp 2 juta sampai yang hampir Rp 7 juta.

      3. Anda menuliskan “dieropa kalo kalian pernah pergi banyakan orng pake hp oppo dan apple”. Boleh tahu di negara Eropa mana yang kebanyakan pengguna ponselnya memakai ponsel Oppo?

    2. Pak Gustin Hartawan,

      Salut karena Anda sudah berhasil move on. Ada beberapa pertanyaan dan komentar dari saya:

      1. Saat membeli Oppo, apakah Anda pernah iseng menanyakan asal usul ponsel tersebut kepada promotor Oppo? Kalau pernah, apa jawaban mereka? Apakah mereka menjawab dengan jujur tanpa menutupi fakta tertentu?

      2. Kebetulan saya sudah pernah mencoba aneka tipe ponsel Oppo. Mulai yang harganya kurang dari Rp 2 juta sampai yang hampir Rp 7 juta.

      3. Anda menuliskan “dieropa kalo kalian pernah pergi banyakan orng pake hp oppo dan apple”. Boleh tahu di negara Eropa mana yang kebanyakan pengguna ponselnya memakai ponsel Oppo?

  23. saya dari masuk ke sma saya sudah suka sama yg namanya apple dan begitu saya liad ada hp oppo saya beli karena saya buktikan sendiri kalo spek ya bagus dan kamera ya mantab tidak lag saya beli oppo r1 seharga 5 juta dan sudah saya gunakan 3 bulan sangat bagus dan lebih bagus dari hp yg lain

  24. oppo itu bagus dipake dulu baru dikomen,ini baru pake hp oppo level kebawah udah komen oppo ga bagus dicoba beli yg mahal ya seperti r1,n1,find7/a baru komen ga ada uang gosa berlagu biasanya aja ngomong ya!!!

  25. To pak gustin,
    Yups stuju…negara eropa sebelah mana yg pake OPPO? Bsa ksh buktinya ga? Stau saya, ada sodara saya yg kerja sbgai promotor OPPO katanya mereka diharamkan untk menyebutkan lisensi asli dri OPPO. The question is WHY? Klo emg jual barang berkualitas ga usah malu ma diri sndiri.
    Yg aq heran kenapa OPPO slalu boongin user? Kayanya user klo mau masuk toko hp en ada promotor OPPO kudu bikin sumpah dulu deh. Wwkkwkwkwkkwk….
    Kasian karywan OPPO ga ada yg barokah kerjanya soalnya ngibulin orang. Tapi emg aq akuin mereka tuh pinter bgt demonya, beda ama promotor2 lain. Kalo di OPPO cuma berani jelasin fitur gesture dan hp bantingan aja, promotor lain berani jelasin “otak” en kinerja ponselnya.
    Tapi salut ama OPPO yang berani jual diri… Body bintang 5 mesin bintang2 dilangit…. Harga ikutan premium. Kerreeennn…..yg aq akuin spek dikertasnya bagus tuh cuma find 7 en find 7a. Tapi klo mau beli OPPO pikir2lah N1 cuma laku dijual 4jt aja

  26. Oh 1 lagi… Drpd hbsin duit 5jt u/ beli R1 yg tnpa micro sd slot.. Dg spek yg sama udh bsa beli Grand 2 atau M2…. Hanya 3jtaan. Walopun msh 8mp…kualitas gambarnya podo wae ama oppo yg 13mp. Hahahaha…. Lbh hemat hampir 1,5-2jt. En klo dijual pun Samsung en Sony ga pernah terjun bebas lhooooo…

  27. terlanjur nasi uda jd bubur kmrn k konter bl s.xpria eee..sm spg nya dikomporin sm oppo ktnya buatan amerika tp pabriknya di sidoarjo stlh lama kelamaan panas kn kompor akirnya bl jg tp sang suami menolk tp kalah sm oppo….ternyata dr china

    1. Bu Ida,

      Ha, SPG Oppo bilang Oppo buatan Amerika, tetapi pabriknya di Sidoarjo? *pingsan mendadak deh saya*

  28. Ayooo pada cobain dulu pake OPPO,
    Baru pada komen. πŸ™‚
    Oppo memang made in china.
    Tp bukan barang china yang ecek2.
    Coba aja liat hape sekarang rata2 made china.
    Enggak nokia, enggak samsung.
    Kalo aku sih pake OPPO find 5 mini PUAS aja. πŸ˜€

    1. Pak Andy,

      Produk Tiongkok memang tidak selalu jelek. Namun, ketidakjujuran promotor Oppo yang menyatakan bahwa ponsel itu lisensi Amerika yang dibuat di pabrik Tiongkok tak boleh dibiarkan. Berapa banyak konsumen yang akhirnya membeli ponsel Oppo gara-gara terbujuk hal tersebut. Kita pantang tutup mata.

      Hal lain yang patut diketahui, harga jual Oppo bekas terjun bebas. Kondisi itu sejak awal harus dipahami.

  29. brarti oppo ngambil keuntungan bnyk dong, wkwk aturan dijual murah th hp. spek ga seberapa… tp harganya aw aw, si apel ketauan doi bergengsi dr jaman purba. wajar spek dikit tp hrganya dewa. ini? mending samsul dah

  30. Tewas, body baja otak kerupuk. sadar lah tentang ancaman bagi yg mengurangi timbangan (dlm berdagang) sebagaimana kaum tsamud yg d azab.

  31. Ia sih, emang promotor opponya ada sbagian yg salah. Dan itu dulu Tp udah Gk bisa diremehin lg skrng. masalah kualitas udah bagus, service center udah lengkap, fitur lebih banyak ketimbang brand lain, lebih enak dipake. Dripada bli sa*s*ng core mending oppo neo 3 . Hrg sama, spek sma, kualitas sama, hrg lbih murah, fitur lebih bnyak. Sip

    1. Pak Rahmat,

      Sampai sebelum Lebaran, masih banyak promotor Oppo yang mengaku produknya berlisensi Amerika dan dibuat di Tiongkok.

      Kualitas ponsel Oppo sejak dulu memang di atas rata-rata ponsel merek Tiongkok. Service center sudah lengkap dan fitur lebih banyak daripada merek lain? Hmm… terus terang saya meragukannya.

      Spek sama, kualitas sama, harga lebih murah? He… he… saya sangat menyangsikannya.

  32. Saya ketawa baca komen tuan2 ini…
    Tapi ya saya maklum lah, tuan2 ini kan mngk blm terlalu paham tentang system pasar hp.
    Mungkin tuan2 belum tau tentang distributor hp , service center hp dan jg blm tau tentang apakah processor yg bekualitas.
    Maap kalau blh saya sdkt informasikan tentang sepengalaman saya bekerja di dunia hp selama 10tahun teraqir ini.
    Sebelum mencela tentang oppo mungkin tuan2 perlu tahu dulu kenapa oppo memberikan bnyk hal untuk konsumen dan juga penjualnya,
    Prtma oppo itu perusahaan yg sahamnya besar, memiliki pabrik sndri memiliki service center yg resmi punya sndri dan hp di distribusi sndri, jd tdk heran dunk klo oppo bs memberikan keuntungan yg ckp besar unk penjual. Tp itu bkn yg utama krn yg lbh utama adl keuntungan lbh bagi penggunanya.
    Oke aq ambil contoh brand yg sering dibanggakan. Tahukah tuan2, samsung hrg 1jt diambil dari cina oleh distributor, kalian tau? Ditoko itu akan menjadi harga 1.850.000 .apakah itu berarti murah ? Apakah lbh murah dari oppo ??
    Itulah yg saya maksud tuan, mngkn tuan2 blm paham tentang ini ?? Pasti tidak dunk.
    Kalian tahu? Service center samsung atau brand lain selain oppo itu punya siapa ??? Itu punya distributor tuan ,bukan punya mereka sndri. Jd tdk heran klo lama prosesnya klo service, nunggu barang datang dulu sih, hahahahaahahaha…..
    Semua komponen yg digunakan di hp oppo itu kualitas tinggi, termasuk processor. Apakah tuan2 tahu tentang mediatex??
    Mediatex perusahaan besar pencetak processor. Teknologi dan ketahanan nya lbh tinggi. Tolong jangan samakan mediatex yg digunakan di oppo sama dgn yg digunakan di lenovo dll, beda bos.
    Selain mediatex nya ketahui jg tentang VGA dan GPU yg digunakan di processor ini. Kalian tahu powerVR sgx ?? Itu GPU yg digunakan di iphone 4. Kalian pst tdk tahu.
    Krn sebagian bsr org indonesia itu lbh suka mencela daripada mempelajari.
    Oiya OPPO itu artinya sahabat pak siapa td yg nanya.
    Klo ada yg pengen tahu lebih tentang hp all brand kecuali hp lokal (mito,advan,evercoss dll) bisa email ke saya. Saya di nokia dl dari prtma kali masuk indo. Dan pindah ke sony,samsung,LG, sbntr di htc dan sbntr di lenovo. Skrg baru saya vacum. Maaf klo ada yg tersinggung, saya pecinta hp jd g suka klo ada yg mencela hp, merk apapun hp nya.

    1. Pak Kusumajatiasmara,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Maaf, kalau boleh tahu, dulu di Nokia di bagian apa dan teman satu divisi/departemen siapa saja? Pertanyaan yang sama berlaku ketika Bapak sempat berkantor di Sony, Samsung, atau LG. Siapa tahu ternyata sebenarnya kita pernah berjumpa.

    2. pak mending ente hapus deh komen ente yang amazing ini sebelum kita bully abis abisan.
      kalau belum paham apa itu prosesor,gpu mediatek dll gak usah komen dah. malu maluin aja. asli saya ketawa baca komen ente.
      dan kalau ente gak tau samsung,lg sony itu seperti apa gak usah banding bandingin dengan oppo. memalukan sekali itu.
      kerja jadi apa dulu pernah di nokia,sony,lenovo,lg,htc dll?
      OB ya?

  33. sukanya kok njelek2in aja, mau di jual mahal kek, mau murah kek,
    mau di samain sm samsung kek, laptop kek, HT, INTERKOM,RADIO.
    hahhhh,,,suka2 yg punya. ribut amat, laki2 kok gosip tok kayak ibu2 arisan wae

  34. Sebagai customer….pikir2 deh kalo beli si ijo..jelas2 spesifikasi biasa poolll..apanya yg mau di banggain..temper glas nya? Ogah ah…2 juta camera non auto fokus..dual core sih tapi MTK sama ajha…gesture? Aplikasi mah bisa…hadeh gitu kok y pede yg jual….

  35. Buwat bapak nya yg di atas…mediatek sama snapdragon bagus mana ..pakek adreno apa brapa pak..mali..gpu..saya tertarik sharing sama ..setau saya cuma indonesia ajha tuh yg rame…cuma di indonesia saja permainan harga utk smua brand bisa maka dari itu…

  36. Sudah berhenti,tadi ada yg bahas spek prosesor,gpu
    Soal merk oppo memang bagus tapi ane setuju juga nih sama pendapat agan agan kalo strategi oppo emang buruk
    Kalo soal prosesor,mediatek jelas kalah di bidang gpu,dimana untuk seri mt6582 quadcore 1,3 yg make gpu mali400mp2 masih kalah kenceng dibanding snapdragon 400 (adreno 305) (mali400mp2 = 9,8gflops vs adreno 305=19 gflops)
    Itu berdasarkan pasar ya kalo rata rata spek hp mainstream pake prosesor itu dimana ada di budget 1-2 juta (seharusnya tapi oppo masang diatas itu) ini nih yg jadi masalah disini

    Tapi agan agan juga bisa liat seri high end mereka misal find 7a,dari harga sih memang mahal tapi kalo menurut ane cocok sih walau agak mahal sih hehe

    Pengalaman ane sih pake oppo mantap dengan build quality yg bagus juga (ane make find 5 (snapdragon s4 pro) dan nexus 5)

    Jadi kesimpulannya ga buruk juga merk oppo selama itu yg high end,dan untuk agan yg seorang developer,oppo juga berbaik hati ngelepas kernel source di semua perangkat high endnya
    Tapi memang untuk kelas pasar low end ga pantas sih harganya dikelas chipset mediatek
    So,jangan ada yg berdebat lagi entah itu pemegang oppo lah,anti oppo lah,developer oppo lah,kita lihat aja gimana strategi mereka nantinya

  37. tau gak kenapa toko yang menjual hp oppo banyak yg pake hp oppo, karena toko yg menjual hp oppo dapat memiliki oppo cuma bayar separuh harga. jadi kalau harga oppo tersebut 3 jt ya.. cukup bayar 1,5 jt aja. yang pasti harga jual oppo bakal hancur kedepannya. kalau anda tidak percaya coba aja anda pura pura jual kebali hp oppo anda ke counter hp terdekat. karena abg saya jual hp oppo. makanya saya tau.

    1. Pak Roy Prayoga,

      Benar. Bahkan, pada awal kehadiran Oppo di Indonesia, manajer Oppo rajin keliling ke toko-toko ponsel. Mereka menemui pemilik dan merayu mereka untuk berjualan Oppo. Pemilik toko langsung diberi satu unit ponsel Oppo gratis. Bukan yang tipe murahan, melainkan tipe termahal saat itu.

  38. yang parah nya oppo joy sekrng harga seken nya cuma 800rbu itu pun susah lakunya..mending ace 3 dijual lagi 1 juta jadi rebutan..buat yang punya dana dibawah 2 juta..beli aja asus zenfone 4s..ane udah make sktr 1bulan..kualitas di atas hp oppo joyyyyy…

    1. Pak Rozi,

      Lho harga bekas Oppo Joy-nya kok tinggi? Setahu saya maksimal Rp 700 ribu.

      Saya sih sampai sekarang masih merekomendasikan jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus. Kalau laptop Asus masih boleh dipertimbangkan.

      Tanpa melihat harga dan kejujuran promotor dalam berjualan, saya malahan lebih memilih Oppo daripada Asus. Namun, bila harga dan kejujuran diikutsertakan, Oppo juga termasuk dalam daftar coret ala saya.

  39. ya 800rbu kan berat gan..ujung2 nya ya 700 kebawah..ya bener kebnyakan konter yang jual oppo pada keblinger..masa oppo joy dibilang setara sama grand 2..dikira saya anak kemaren sore baru tau os android , tpi saya pura2pura culun aja biar sales oppo ngoceh sampe berbusa, udah puas ngoceh baru bilang gx tertarik.pilih asus aja..dalam hati kapok saya kerjain. saya pengen coba yang memakai prosesor intel gan..menurut saya zenfone 4s baik…inget lo yang 4s bukan zenfone 4. untuk baterai pemakaian nonstop bertahan skitr 6 jam baterai sisa 30%.untuk pemakaian wajar bisa sampe 13 jam baterai sisa 30%

  40. P.Herry SW..
    Mau tanya..
    kalau dilihat dari daya tahan atau keawetan hp, hasil kamera, dan daya tahan baterai mana yang lebih unggul dari Oppo Neo 3 dan Asus Zenfone 5?
    Sampai sekarang saya bingung mau ambil mana.
    Dari segi spek memang Asus lebih unggul, tp saya ingat dulu pernah coba hp apa gt lupa, kamera sama2 5MP hasilnya jauh beda.
    Kemarin waktu ke toko hp, penjualnya condong suruh milih Oppo, bahkan yg ada contoh Oppo Joy sama penjualnya ditonjok dg cukup keras dan katanya gak papa, tahan banget. Dia ngomong kalo asus semua zenfone panas bgt dan ada pembeli yg baru beli terus balik lagi karena layar pecah padahal cuma di taruh saku aja.
    Mohon informasinya Pak karena saya bukan orang yang suka gonta ganti hp dan tidak bisa semaunya ganti hp. Terimakasih..

    1. Bu Novia,

      Kalau saya sih tidak memilih dua ponsel itu.

      Mengapa jangan Oppo? Harganya terlalu mahal. Kalau Anda iseng mencoba seperti yang didemokan penjual, lalu ponsel Anda bermasalah, klaim garansi takkan dikabulkan. Silakan membaca tulisan ini http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/ untuk mendapatkan gambaran lebih jelas.

      Mengapa jangan Asus? Sebagian yang disebutkan penjual Oppo itu benar. Hal lain, distribusi, kontrol harga, dan layanan purna jual Asus masih jauh dari sempurna. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mengalami kejadian “unik”. Ponsel baru gres saat saya keluarkan dari kardus sudah geripis di tiga sisi.

      Mengacu kepada dua tipe ponsel yang Anda sebutkan, saya menduga anggaran Anda sekitar Rp 1,9 juta. Dengan anggaran segitu, lebih baik Anda membeli Acer Liquid Z500. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-acer-liquid-z500-suka-atau-tidak-harus-gunakan-flip-cover/

  41. Maaf ikut bertanya, tp bkn ttg oppo.. Be2rapa hr lalu sy beli hp Lenovo, awal y sh mw beli samsung krn kena rayuan sales y jd sy beli lenovo a319… Tp ko sy nyesel n kefikiran trz sm samsung,, yg ingin sy tanyakn apakh hp lenovo it bgus? Cz sales y blg skelas samsung, buatan cina tp premium.. Mhon pencerahan, sy msh menyesal smp skrg…

    1. Bu Irma,

      Lenovo A319 itu berarti Lenovo Muszik kan. Saya belum permah mencoba ponsel tersebut.

      Biarpun berasal dari Tiongkok, Lenovo sudah termasuk dalam jajaran merek global. Secara umum produknya lumayan bagus kok.

  42. Ane penjual toko gan, semua yang dibahas di comment ada yg benarnya dan ada yg salahnya.

    Klo oppo harus di akui emg produk china tpi menurut ane kualitas udah okeh. Klo masalah neo 3 mending ambil z200 klo sne pribadi sih enggak setuju. Karena ane penjual jadi tau mana yg lebih okeh dan mana yg enggak lebih okeh.

    Dan klo di bilang mahal oppo sekarang enggak terlalu mahal kali, contohnya samsung galaxy v dan oppo joy itu harga dan speknya beda beda tipis, menurut ane bukan oppo yang jual harga ikut samsung tpi samsung lah yang turunin harga ikutin oppo. Coba lihat saja contohnya hp samsung galaxy core2, berapa bulan yg laku keluarnya? Dan berapa turun harganya dari yg pertama keluar.
    Dan setau ane sekarang penjualan samsung lagi keok keoknya, coba baca detik omset 2024 samsung jatuh skitar 50% dibandingkan tahun 2013.

    Kalau masalah spek sepertinya di hp tidak terlalu berpengaruh saya melihat pedoman di iphone6 disaat semua brand ngeluarin udah ram 3gb iphone 6 masih nyaman dengan 1 gbnya dan kecepatan bisa di adu. Ohh iya ane sendiri pakek iphone5 dulu ane beli harga 7.750.000 tahun 2013 garansi resmi dan tertampang jelas di boxnya made in china, jadi begini seandainya ntar hp di produksi di indonesia siapa yang berani bilang kualitasnya lebih okeh di bandingkan produksi dichina?

    Yang ane tahu secara universala negara china jauh di atas indonesia dari ekonomi dan kepercayan perusahan besar. Jadi buat yang beli hp oppo dan itu produknya china jangan bersedih handphone yg kalian pilih udah okeh kok.

    Semua brand ada kelebihannya masing masing.
    Iphone : terkesan garang dan premium.
    Samsung : semua produknya okeh tpi modelnya terlalu menoton.
    Oppo : kehadirannya membuat sedikit pasar samsung terkuras.
    Lenovo: untuk brandingnya perlu ditingkatkan lagi dan modelnya dibikin lebih menarik.

    Klo mau bertanya lebih lanjut bisa di fb ane yomiel osgo

  43. Saya pernah bekerja di counter Hp yg ada promotor Opponya.. Jujur awalnya saya kagum melihat keunggulan dari Kamera Oppo.. Memang kalo diadu secara mata lebih bagus hp oppo ketimbang hp lain.. Tetapi setelah hasilnya dipergunakan sebagai DP BBM, Ternyata Hasil kamera Oppo sangat buruk.. Kualitas Pecah dan Warna sangat pucat.. Terlihat sekali murahnya..

    Untuk Promotor Oppo sendiri memang sering menipu dan menutupi spesifikasi hp lain.. Pernah ada konsumen ingin membeli Hp Asus Zenfone 5.. Kemudian promotor oppo bilang bahwa Oppo Miliknya (Oppo Yoyo), memiliki RAM sebesar 1.5GB.. Sungguh kebohongan yang luar biasa.. Sudah berganti-ganti promotor pun strategi jualannya tetap sama.. Memang dari kantornya diajarkan begitu rupanya

  44. Setiap ponsel saya kira mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing ya jd semua akhirnya tergantung pilihan konsumen juga.
    1. Mengenai soal hp buatan negara mana sy kira bukan masalah yg harus diperdebatkan. Toh sebagian samsung juga dibuat di china dan vietnam. Yg penting kan kualitas ya.
    2. Mengenai spesifikasi dasar ya misal kamera, ram , rom, gpu dll itu tentunya untuk kelas yg sama ya spec nya ga akan jauh beda. Contoh samsung core 2 ram 768 dan oppo neo 3 ram 1 GB
    3. Unique poin. Nah ini mungkin yg sedikit membedakan. Di posisi inilah oppo bermain. Satu contoh saja misalkan untuk semua tipe oppo itu sudah bisa video pop up misalkan. Sedangkan merk lainnya belum semua tipe bisa.
    4. Kalo menurut kita ada yg salah dengan promotor oppo ya tinggal tunjukin aja sama mereka mana yang bener. Siapa lebih pintar?
    5. Oppo nampaknya memang memberikan keuntungan yg besar buat toko. Lha ini kan bisnis coy. Apa yg penjual cari? Ya keuntungan sebesar2nya.
    6. Pada akhirnya keputusan untuk membeli suatu produk tergantung pada keputusan kita atau konsumen sendiri. Misal klo anda sukanya lenovo ya pasti anda akan tetap beli lenovo meskipun sudah digoda oleh oppo.

    1. Pak Ositus,

      1. Benar, ponsel mau buatan mana tak perlu dipermasalahkan. Yang selama ini rutin saya permasalahkan adalah ketidakjujuran banyak promotor Oppo saat memberikan penjelasan kepada konsumen. Mereka menyatakan Oppo dari Amerika. Padahal, jelas-jelas kalau ponsel Oppo adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok.

      2 dan 3. Setuju.

      4. Sudah saya lakukan dan praktiknya tetap saja kepada konsumen awam mereka rutin menyatakan kalau Oppo produk dari Amerika.

      5. Benar, cari untung sebanyak mungkin.

      6. Masalahnya, belum semua konsumen melek informasi dan bisa memilih dengan bijak. Tak sedikit konsumen kita yang membeli karena bujuk rayu promotor atau penjual.

  45. setelah baca komenan jd pengen tanya juga
    seminggu yg lalu saya niatnya meh beli xiaomi redmi 1s
    trus pas di konternya tanya 1s harga brp. si promotornya bilang 1s tidak ada trus malah saya ditawarin vivo y15
    yaudah mas nya bicara panjang lebar nawarin vivo sampe saya dikasih minum juga pdhal mas nya yg ngomong trus malah akunya yg dikasih minum πŸ˜€ tapi ga tak minum takut dikasi apa apa.
    trus mas nya banding”in si vivo sama produk i phone & samsung. katanya vivo jadi saingan i phone & samsung. trus si promotornya jg bandingin camera vivo sama xiaomi note yg bahkan lebih bagus dr 1s yg aku cari iya emanh bener pas itu saya di liatin kameranya vivo sm xiaomi note beda jauh. pdhl vivo hanya 5mp. trus stelah itu sya jd mikir” lagi budget cuma 1.5 ditawarin vivo harga 1.8 jt jd pengen beli vivo. pdhl harga lebih besar dr budget. si promotor cerdas sekali mengalihkan pilihan saya. tapi saya masih bingung tentang kualitas vivo. sedangkan saya juga baru tau merk vivo hari itu juga. takutnya 1.8 melayang tanpa kepastian. pertanyaan saya menurut mas/mbak nya di atas vivo itu seperti apa? layak apa tidak dgn harga sgtu? trus apabila dijual kembali hrga trun drastis apa tidak? mohon pencerahannya. saya awam kalo masalah spec hp terimakasih πŸ™‚

    1. Bu Naaa,

      Ya, Redmi 1S saat ini sedang kosong. Kalau pun ada yang punya stok, harganya sudah tembus kisaran Rp 1,6 juta.

      Soal Vivo:
      1. Mas yang ngajak omong Anda mengenakan baju berwarna merah atau biru?

      2. Vivo adalah ponsel merek Tiongkok yang membidik segmen menengah dan premium. Menurut saya, ia belum bisa diadu langsung dengan iPhone dan Samsung. Ia lebih cocok diadu melawan Oppo.

      3. Saya belum pernah menguji pakai Vivo. Di Surabaya, ponsel Vivo praktis baru mulai dijual awal Januari ini. Kalau di Jakarta sudah dipasarkan sejak Oktober atau November tahun lalu.

    2. : Rada nyesel juga beli hp oppo.. Memang sih kualitas memuaskan, tp stelah baca2 taktik penjualannya bnr2 nyesel, pecin harga usa ?

  46. biru kayak e mas. saya agak lupa.
    la trus bagaimana?
    pas masnya cerita ttg kelebihannya saya jadi tertarik
    soalnya kamera nya jernih banget
    aplikasi* nya juga oke.
    menurut mas gmn kalo 1.8 dpt vivo
    soalnya rencana nya februari mau beli hp itu
    ada gak dengan budget 1.8 dpt hp yg lebih dr vivo. kualitas nya lebih bagus dr itu.
    ?
    terimakasih mas atas jawaban nya sblumnya

    1. Bu Naaa,

      Kalau biru, berarti dia promotor Oppo, bukan karyawan Erafone.

      Karena saya belum pernah mencoba ponsel itu, saya tidak tahu bagus atau tidak.

  47. promotor oppo setahu saya bajunya warna hijau, Dan untuk promotor vivo adalah biru Dan memang kwalitas cameranya cukup bagus

  48. Brani di adu ko vivo ama temen temennya yang baru di harga 1,8 juga udah mantep, bukan bagus bagusin brand sendiri tapi ya bisa di buktiin. Vivo ga cuma menang di kamera, tapi vivo punya HI-FI banyak lagi, penasaran? Yo dateng ke toko saya atau ke showroom vivo di BCP, cari aja saya, aulia rahman promotor vivo, cerdas memilih smart phone, jangan mau di bodohi oleh brand πŸ™‚

    1. Pak/Bu Aulia,

      Boleh tahu BCP itu di mana ya?

      Saya belum pernah coba yang Rp 1,799 juta (tipenya Y15 ya?). Yang pernah saya coba Vivo Xshot. Mantap deh ponsel itu.

  49. yg jelas, strategi penjualan ala OPPO sangat tidak bagus. OPPO mengimingi-imingi penjual penjual ponsel dengan komisi yang jauh lebih besar daripada yg ditawarkan merk lain. lalu penjual ponsel mengelabui pembeli dgn berbagai cara karena tergiur komisi yang besar.

    ujung2nya pembeli yang terkibuli jadi menanggung semua, biaya iklan OPPO, komisi selangit utk penjual.. semoga OPPO cepat bertobat dan ponselnya tidak laku dan bangkrut.. hehehehe

    1. Pak Tommy Winata,

      Iming-iming komisi besar saat ini juga dilakukan Vivo. Bedanya, promotor dan penjual Vivo bertindak jujur. Mereka mengaku kalau Vivo adalah ponsel merek Tiongkok.

  50. posting pertama tahun 2012 sampai sekarang tahun 2015 oppo masih tetap bertahan dan saya pemakai oppo sejak oppo piano hadir.. kendala ringan wajar. sampe sekarang saya pakai oppo yoyo dan tetap puas… yg saya aneh dsini mengapa yg dewasa disini justru mengeluarkan komentar yg menjelekkan.. bukan malah menjadi contoh.. untuk harga saya rasa pas dengan kualitas dan memang benar oppo bisa bersaing dengan brand2 ternama lainnya. saya merasakannya sendiri

    1. Pak Rendy,

      Tahun 2012 Oppo belum muncul di Indonesia deh.

      Oppo memang pantas diberi komentar negatif karena cara berjualannya cenderung berusaha mengelabui konsumen.

  51. Pak Herry Sw yang terhormat.

    Sepertinya dr komen2 di atas, bapak bukan tidak suka sama smartphone OPPO, tapi promotor yg salah penyampaian, berarti itu adalah OKNUM, jadi bukan smartphone nya yang salah, tp SDM nya yg belum Terlatih, Soal Vivo yg Jujur dr tiongkok, malah sebagian promotor mereka ada yg bilang, kita saudara OPPO, satu pabrik dgn Oppo, karna brand Oppo uda bagus di Indonesia. buat viv* 4999rb saya sudah pegang dan test, bahan nya gak sesuai dgn harga. viv* juga selalu mengikuti semua sistem oppo, komisi, sistem pemasaran dan branding. karna dia selalu mengikuti OPPO dimanapun. jadi, Semua smartphone itu baik, cuma promotor saja yg salah menyampaikan. spek sesuai harga, layanan after sale dan ketersediaan acc original. Saya sebagai pecinta gadget selalu menantikan inovasi, dan inovasi itu hadir di OPPO Smartphone. bukan hanya ikut2an.

    1. Pak Isan Zhuang,

      Benar, saya bukan tidak suka dengan ponsel Oppo, melainkan tak suka dengan cara mereka berjualan yang seolah mengelabui konsumen awam. Awalnya saya berpikir tindakan yang tak mau mengakui kalau Oppo bukan merek Tiongkok dilakukan oknum promotor saja. Namun, pikiran awal saya itu ternyata kurang tepat. Banyak sekali (kalau dihitung saya yakin mencapai puluhan) promotor Oppo yang melakukan hal serupa. Itu berarti sistem pelatihan untuk promotor Oppo juga perlu ditinjau ulang.

      Vivo, Oppo, dan Opo kalau dirunut memang dimiliki perusahaan yang sama: BBK. Benar, strategi pemasaran Vivo dan Oppo memang sama. Jadi, benar-benar perang saudara sebenarnya. Yang menggunakan strategi berbeda adalah Opo.

      Saya sendiri sampai sekarang masih berhubungan baik dengan petinggi Oppo. Kalau bertemu dalam berbagai acara, kami sering bersenda gurau. Mereka juga tahu betapa “benci”-nya saya dengan Oppo. πŸ™‚

  52. Pak Herry Sw,

    Saya sebenarnya bukan salut marketing dan promo jor2an nya Oppo, tapi kepempinan CEO Jet Lee yang sangat kuat di balik sukses OPPO di Indonesia. Kerja keras, pantang menyerah dan punya sikap yg baik, cepat beradaptasi. Jiwa setia kawan. Jadi ketika suatu perusahaan mau sukses, lihat pimpinan nya siapa dulu. hehehe
    Target Oppo menjadi produk yang di sukai Konsumen nya, bukan hanya quantiti penjualan, jadi kedepannya semua akan berubah sesuai tuntutan zaman. mau SDM, produk, teknologi serta pengembangan usaha.
    jikalau promotor itu salah, hendaknya kita kasih masukan pak, mereka kadang kurang percaya produk tiongkok, sebenarnya tiongkok sudah mengusai produksi HP dunia, dan kemungkinan brand2 tiongkok akan menguasai pasar dunia ke depannya. Promotor kadang tidak berani mengatakan made in tiongkok. kalau saya gak ragu produk2 premium tiongkok. deda sekali dgn brand lokal. yang dari awal merusak brand tiongkok. so, mereka hanya Oknum jgn di samakan semua pak Herry. Salam Sukses buat pak Herry.

    1. Pak Isan Zhuang,

      Dulu, waktu kali pertama tahu kalau CEO Oppo di sini bernama Jet Lee, saya sempat menyangka Jet Lee yang aktor film itu bekerja di Oppo. Ternyata, namanya saja yang kebetulan sama. πŸ™‚

      Soal promotor, karena kesalahannya rombongan (bukan terjadi di 1-2 promotor saja), berarti sistem pelatihan dan pengawasan di Oppo yang perlu dipertanyakan plus dibenahi.

      Saya yakin, promotor cenderung tak berani mengakui kalau ponsel Oppo adalah merek Tiongkok karena mereka bakal sulit berjualan. Padahal, kalau gagal mencapai target penjualan, mereka berpotensi kehilangan pekerjaan.

  53. Sharing, saya jg kecewa dgn oppo, hp yg saya beli shrga 3jt hnya berthan 1thn.. Saya kira kulitasnya baik tp mmengecewakan sekali????

  54. Di toko Ane ada promotor nya *PPO
    dan udah berkali kali ganti orang.
    Ente tau knp pada ganti2?
    Karena pd ga nyampe target bos!
    Jd wajar aja kalo cara jualan mereka kaya gitu.
    Wong tekanan kerja nya aja tinggi.

  55. oppo neo pnya temen saya(promt oppo) pernah saya adu kameranya dgn punya saya lumia 520,pengambilan gbr pd malam hari di bwh lampu,hasil kameranya kalah jauh dgn punya saya,padahal punya saya gk ada lampu flashnya,
    harga lumia saya 1,050 jti
    oppo pnya tmn saya 1,9xx jt

    salam kenal pak herry πŸ™‚

  56. Jadi begitu ya..saya kena rayuan..hehe..tadi berencana mau beli asus zenfone 5..tapi sama yang jual di promosiin oppo..terpaksa kebeli deh itu oppo..harus menyesal atau gimana nih?

    1. Pak Shamy,

      Kalau sudah terlanjur beli Oppo, ya dinikmati saja. Secara umum ponsel Oppo sebenarnya tidak jelek. Namun, saya terus terang menentang cara pemasarannya yang tak mau mengaku merek Tiongkok.

  57. Smartphone Oppo itu biasa biasa aja, cuman harganya yang luar biasa.

    kemarin malam saya tanya tanya asus zenfone eh keukeuh di tawarinnya malah Oppo.
    saya bilang aja “Oppo itu mahalnya doang, bagusnya ngga ada. kalo di bandingin sama nama lokal kek smartfren aja jauh”
    langsung diem dia
    hahaha
    salam semua

  58. saya tdk comment mengenai hp ataupun cara jual. menurut saya pak herry sebagai penulis artikel sangat lucu, komplen cara jualan yang membohongi customer, tapi sebagai penulis artikel malah kasi komentar yang menyesatkan.
    apa tujuan anda menulis sebuah artikel? apakah untuk memberi pengetahuan atau untuk menjelekkan? penulis yg baik itu netral, biarkan yg lain berdebat ataupun berkomentar tp anda sebagai penulis malah lebih antusias.
    maaf saya bukan penggemar hp, jd gk ngerti ttg masalah di atas, saya hanyalah seorang kutu buku yg suka membaca sebuah artikel

    1. Pak Sentana,

      Tulisan yang saya buat bertujuan memandu dan membantu calon pembeli suatu ponsel.

      Praktik penjual Oppo mengklaim ponsel Oppo berasal dari Amerika berpotensi menipu konsumen. Karena itu, saya tak segan-segan mengkritik dan mengingatkan konsumen.

  59. Semua ponsel ada kurang dan lebihnya tergantung kebutuhan. Dan semua produck yg sebelum dipasarkan pasti diuji coba dulu kan
    Selera orang beda2 namanya juga gaya hidup
    Kecuali cm buat terima dan tlp saja ya cukup ponsel apapun jadi, kembali ke kebutuhan
    Saya baru beli oppo R5 minggu lalu di lippo mall karawaci ditemani kaka saya, padahal maunya samsung note 4 apadaya budget ga cukup
    Akhirnya ditawarkan oppo sama remaja umur 24th yg dengan detail dan sabar menjelaskan sampai 30 menit plus demo.
    Dan endingnya kami berteman dan sempat bersilaturahmi ke rumah.

    Bismillah saja semua merk ponsel yg kita pakai tdk bermasalah. Tergantung cara menggunakan πŸ™‚

  60. maap saya perhatiin di sini menyalahkan all brand heandphone
    inti dari coment agan2 semua adalah tergantung niat kita beli brand apa yah kita beli yang kita mau
    mau jelek mau mahal mau murah yah kita yg make
    klw kita mau membeli heandphone saya kasih saran yang enak adalah lihat fiturnya lihat ramnya lihat kamera dan lihat sistem penyimpanan aplikasi atau penyimpanan sd card
    klw untuk harga dan kualitas itu tergantung kita yg pakai
    percuma kita pakai hp mahal tapi masih lemot
    dan yang terakhir dari semua brand yg di pasarkan di indonesia untuk penyimpanan sistem ke external sd itu mrek apa,karna itu adalah kebutuhan untuk jaman sekarang…oke

  61. Smartphone Oppo bagus… Saya pengguna R5, dan semua smartphone bagus, merk apapun bagus asalkan asli, yang mengecewakan SDM dan mental orang indonesia mash kalah dengan mental orang china, itu saja…

    1. Pak Setiyawan,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Saya belum pernah memakai R5. Kebetulan ada teman yang sudah menggunakannya. Dia mengeluh kalau bodi R5 mudah panas (bukan cuma hangat) dan baterainya lumayan boros. Trus, kata dia, handsfree tidak bisa langsung ditancapkan ke ponsel. Harus pakai adapter dulu. Apakah Bapak juga mengalami hal serupa?

  62. ini cerita saya saat mau beli grand prime…
    sedari awal saya bilang mau beli gal gren prime tp si sales cantik itu terus2an nawarin oppo
    ngmongnya banyak bgt jujur gak saya dengerin..
    ada kali sampe 20 menitan akhirnya si sales pun mengambilkan grand prime untuk saya
    hohoho setelah berjuang vs sales oppo akhrinya dapet juga hp branded samsung yg harganya paling gak “oveprice” cuma modal duit 2.250 bisa dapet hp spek mantep snap410 a53 64bit lollipop ready dengan kamera dashyat dari si hot GALAXY GRAND PRIME

    1. Pak/Bu Arienda,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Waks… Anda harus bertahan dari bujuk rayu promotor Oppo selama sekitar 20 menit dulu? Kalau saya sih sudah meninggalkan toko itu dan berpindah ke toko lain. πŸ™‚

  63. Terima Kasih bapak dan ibu di sini atas sharingnya, saya sungguh benar2 mendapatkan banyak informasi. Dan kaget tentang strategi promo oppo, belum lama ini saya iseng2 mampir ke toko oppo, dan kejadiannya persis dengan apa yg udah dialami rekan2, saya jg cuma ngangguk2..
    hehe..saya sendiri skrg pake hape china, Xiaomi, “Redmi 1S”. Sudah 6 bulan pakai hape ini ga ada gangguan berarti, cm agak panas, itupun bs diatasi dgn pake beberapa trik. Lebih nyaman sm strategi promo dari xiaomi, meski online dia jujur bahwa hapenya adalah hape CHINA, dan tidak menggantungkan diri ke brand2 lain.

  64. ckckckckc mslahnya tooko laen grand prime nya mahal selisih harga terkecil aja 100 tp gpp lah hehe
    malah ane iseng2 minta no hp salesnya si sales cuma nyinyir kuda πŸ˜€

  65. wah,jd emang gt y pak gaya sales oppo. .
    Td sya jg niat mw bli hp sony experia e3,tp y gt sma sales oppo dibujuk untk bli oppo krn sdg ada promo cashback smpe 400rb tipe oppo yoyo.
    Tp sya g lgsung bli. Krn sya pkir bnyk bgt cashbacknya.
    Mnrt bpk bgmana oppo yoyo dbanding sony e3?

    1. Bu Bunda Daffa,

      Iya, seperti itulah gaya berjualan ponsel Oppo. Cashback ala Oppo itu biasanya kata lain dari turun harga.

      Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Jadi, saya tak mengetahui mana yang lebih bagus.

  66. menurut ku yoyo sama sony E3 bagus oppo yoyo
    dr spesifikasi oppo yoyo kmera dpn 2mp .
    bisa pake flashdisk..dan batre bisa di lepas
    sony batre tanem lo lg rusak pa butuh restar lepas batrenya gmn..???

    1. Pak Butsi,

      Apakah Anda sudah mencoba sendiri dua ponsel tersebut? Sebab, realita seringkali tidak seindah yang di atas kertas lho. Yang di atas kertas tampak bagus, kenyataannya belum tentu demikian. Begitu sebaliknya.

      Ponsel dengan baterai tanam biasanya memiliki kombinasi tombol untuk menggantikan tindakan melepas baterai.

  67. lo di oppo R5,sendiri memang cpt panas ya pak ..cm di dlm mesin nya itu ada cooling system nya yang bisa cepat mndinginkan suhu panas dr hp itu….dan bahan oppo menurutku lbh bgus dr pada samsung yang harga 10 juta …
    masa samsung harga 10 juta itu galaxy edge bahan plastik …jual hp pa jual EMBER …

    1. Pak Butsi,

      Informasi itu saya dapatkan dari teman yang menggunakan ponsel tersebut. Wah, kalau sudah ada cooling system-nya ternyata tetap panas, berarti aslinya lebih panas lagi dong.

  68. pak herry sw ko kyane ga seneng bgt ma oppo pak anda ada masalah pribadi ma oppo pa DI PECAT dr prusahaan oppo sampe bisa benci bgt ma oppo …
    heran deh …
    lo menurut saya hp semua bagus ..gda yang ga bgus ..tinggal mereka smua pnya kelebihan masing masing di produk yang mreka jual ..ga selamanya kelas lokal kalah sama kelas premium ..dan sebaliknya …

    1. Pak Butsi,

      Ya, Anda boleh menyebut saya sebagai pembenci kelas berat Oppo. Bukan karena saya dipecat dari sana, melainkan karena saya tidak respek dengan cara promotor mereka berjualan. Informasi yang disampaikan cenderung mengelabui konsumen.

  69. Kebetulan sya pengguna oppo dan mantan promotor oppo baru resign 3 minggu lalu.

    Utk masalah cara menjual utk kmi yg di kota medan tidak perbah berbohong soal asal produk bhwa memang dri china.
    Kami mnyamakan produk kmi seperti merek china lain nya sperti lenovo,huawei dan zte.

    Dan dri sy pribadi juga tidak pernah memaksa konsumen utk mmbeli oppo.
    Dan dri sya sendiri juga mengakui utk produk oppo seri low end memang bisa dibilang overprice.
    Tapi mmg konsumen yg mencari,krna popularitas oppo di kota medan memang tinggi.
    Tpi bukan berarti walaupun overprice tpi mlupakan kualitas,utk tipe joy dan neo ,sya rasa gk buruk2 amat,cocok buat pemakai pemula,

    Utk tipe seperti find7,sya rasa gk ada masalah sama sekali.

    Dan tdi diatas ada yg bilang promotor oppo tidak capai target,malah sya sejak sept 2013 di oppo hingga sya kluar,sya selalu capai target,

    Beda org beda cara beda kemampuan.

  70. Untuk pak herry sw.

    Mungkin yg bapak jumpai adalah org2 yg kemampuan mnjual nya dengan cara berbohong.

    Klo bpk di.medan mungkin tidak menjumpai hal seperti itu.

    Kmi di medan mlah sejak pertama oppo masuk di larang berbohong ttg asal produk.
    Bhkan ada sanksi jika ketahuan berbohong soal asa l produk.

  71. Bapak herry sw

    Untk tipe r5.
    Keluhan.panas sya rasa wajar smw smartphone juga panas.

    Apalagi r5 pakai bahai stainless steel dengan kerangka micro arc frame.
    Yang pasti bahan seperti itu pasti menghantarkan panas.

    Dan fungsi cooling system nya bukan berarti ada itu trus si hp tidak panas.
    Coolinh system di fungsi kan utk.meminimalisir panas yg di hantarkan dri stainless steel nya.
    Dan segera mendingin kan si hp bila memang panas.

    Jadi bisa di bilang walaupun panas ,tpi tidak berlebihan dan lumayan cepat kembali ke posisi dingin nya.

  72. kalau saya liat hp temen, Color Os Oppo tampilannya bagus, hahaha tapi ane gag tertarik buat beli Oppo hehe

  73. saya punya pengalaman yang hampir sama. kemarin saya cari hape sony eh malah ditawarin oppo. saya tanya oppo dan evercoss gimana eh si sales malah ngetawain saya, katanya jangan bandingin oppo sama evercoss, bandinginnya sama sony.. trus saya tanya (karena saya emang gatau) emang oppo dari mana asalnya? si sales jawab dari eropa lah,, anda pikir dari mana ? solo? saya merasa sangat direndahkan. tapi bodohnya saya masih termakan juga sama rayuan mereka dan saya dipaksa untuk membeli oppo neo 3. untungnya karena satu dan lain hal saya baru kasih dp 50 ribu. setelah membaca ini saya ga akan ke tempat itu lagi! bye oppo !

  74. Yang saya bingung ya pak..napa kalau jualan vivo, produk oppo langsung menarik diri dari toko tersebut..samsung, sony, iphone saingan tp mreka tidak pernah melarang produk saingannya di jual di toko yang sama..

    Kebetulan saya pemain pertama vivo di daerah cirebon..biasa oppo yang mengalihkan, gantian oppo yg di alihkan

    1. Pak Yokko,

      Kalau yang biasa terjadi di Surabaya:
      * Sejak awal Oppo melarang dilernya berjualan Vivo. Oppo menyodorkan surat pernyataan yang harus ditandatangani oleh diler.
      * Bila ada diler yang bandel, baik terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, lalu ketahuan oleh Oppo, status diler itu langsung dicabut.

  75. Dan anehnya ketika saya jualan vivo, smua sales oppo langsung memusuhi konter saya..

    Apakah salah kalau saya berpaling ke vivo?

  76. saya pake Vivo y28.kamera nya bagus dan ngak lemot.fiturnya mudah di mengerti untuk saya yg awam teknologi.beli dari januari belom pernah hang.lag atau panas .tipis dan ok .ngak boros battery dan tetep bisa telpon walau low bat.kameranya terang lebih bagus dari samsung core 2 harga bedA tipis. tapi samsung.sony.nokia.asus.lenovo semua pabrikan china kales.hp samsung dari korea tp di buat di china .hp samsung di korea pun buatan china atau vietnam.karena di china upah tenaganya lebih murah .mungkin semua brand punya teknologi masing masing untuk merk dagangnya .kekurang dan kelebihan pasti ada di setiap brand .kalo sempurna buat apa mereka bermanuver teknologi.semua tergantung kenyamanan dan kebutuhan pembeli .selama itu nyaman dan ok saya kira wajar memuji hp mereka .dan sekiranya ada yg kurang suka dengan hp oppo .mungkin merasa kecewa dengan apa yg seharusnya di harapkan dari spg oppo.selebihnya pilihan anda apa yg anda butuh kan .kebetulan saya beli hp kena butuh untuk di pakai bukan buat gonta ganti narsis merk .

  77. di cirebon, semua berlomba jualan oppo tiap hari..termasuk toko yang telah di branding oleh brand tertentu

    Cth samsung, samsung partner plaza dan winning zone..tiap orang tanpa terkecuali yang cari samsung pasti di alihkan..dan sampai saat ini tidak ada tindak lanjut dr pihak samsung..

    Semoga ada pihak dari samsung yang melihat keluhan ini dan bisa membuat peraturan yang tegas..bukan sekedar wacana

  78. Tingkatan toko partner samsung pak..
    -Winning zone
    Toko yang jual multibrand namun ada brandingan dari samsung

    -Spp ato samsung partner plaza
    Full brandingan samsung cuma bole jualan produk lain dngn komposisi 75:25

    -seis
    Toko full brandingan samsung cuma bole jualan samsung

    Diralat ya kalau salah

    1. Pak Yokko,

      Oh ok. Terima kasih atas informasinya. Kalau yang kedua dan ketiga saya pernah tahu. Kalau istilah “winning zone”, terus terang saya baru dengar.

  79. saya pengguna oppo neo 3, sebelumnya saya pakai galaxy core, mau samsung ataupun oppo, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nagapain debat, yahh, beli aja brand sesuai kantong anda.

  80. waduhhhh jangan jelek2in OPPO juga,,bandingin aja OPPO NEO 3 sama GALAXY CORE 2 masih bagusan OPPO kemana2,,fitur gesture2x keren,,kamera lebih bening kualitas pemutar videonya mantap serasa liat gambar hidup,,kebetulan aku suka download video2 kualitas 720p mantap abiss jauh sama galaxy core 2 atau lenovo a589

    1. Pak Aditya,

      Silakan cermati dulu komentar saya sejak awal. Yang sangat saya permasalahkan bukan fitur ponsel Oppo, tetapi kejujuran Oppo dalam berjualan. Mau ponsel sebagus apa pun, kalau cara berjualannya cenderung berusaha mengelabui konsumen, tetap takkan mendapatkan respek dari saya.

  81. yang jelek itu galaxy core series sama grand lama cepat banget panas dipakai game atau nnton video,,OPPO neo bagus koq ngecharge cepat lagi

  82. oke saya mau numpang curhat bolehkan ?
    begini, sekitar seminggu yang lalu ketika saya ke sebuah toko elektronik (madiun) saya berniat beli zenfone 5 16gb seharga 1.899.xxx, nah masalah muncul ketika saya masih ngecek tuh zenfone si sales oppo dateng nyamperin saya, dia bilang “mas ini ada produk unggulan dari oppo seri neo 3, ini layar nya uda tempare/temper glass (sy lupa nmanya), kamera depanya jg lebih bening mas ketimbang asus, dan gesture nya lebih modern mas….bla bla bla cuma 1.7juta aja kok” karena saya merasa jengkel seketika saya jawab “maaf dgn harga segitu bukannya udah dapet xiaomi redmi 1s dan zenfone 5 8gb ? apa yg buat oppo lebih unggul ketimbang kedua HH tersebut dgn harga hampir sama ? ” ,dan si mbak cuma senyum2 “yee si mas, ya nggak kelasnya lah oppo sama produk cina, oppo ini masih lebih murah mas ketimbang grand neo” *langsung saya tinggal pergi* dan saya akui daya juang para sales ini top !????

    1. Pak Tegar,

      Terima kasih atas curhat dan sharing-nya.

      He.. he… mbak-nya Oppo itu apa nggak sadar ya kalau Asus itu merek Taiwan. Oppo tuh yang dari Tiongkok. πŸ™‚

  83. Pak Herry,

    Setahu saya oppo dengan vivo ada hubungan erat karena induk perusahaan oppo yaitu bbk electronics adalah produsen vivo.
    Menurut saya merk oppo maupun vivo feature dan built-in quality nya bagus hanya kekurangannya di bagian software, untuk ini samsung termasuk yang paling bagus untuk urusan update operasi sistemnya terutama ponsel dan tablet flagship mereka (macam galaxy S series dan Note series).

  84. melihat tulisan di atas menggelikan juga ya ? He,he,he sampai separah itu strategi marketing oppo? Buatan eropalah, teknologi amerikalah, lebih bagus daripada sony, samsung dll dan juga ada tulisan mediatek buat oppo beda dengan buat lenovo ha.ha.ha, bener2 kacau, mudah2an konsumen di indonesia tidak sampai sebegitu “bodoh” bisa dengan mudahnya di kibulin

  85. Klo menurut saya kwalitas OPPO bagus dan sudah terbukti keunggulanya…saya pakai OPPO R5 kameranya bersih bgt dan ngecas cm setengah jam…sebelumnya sy pake find 5 mini dan samsung grand…klo menurut sy samsung grand di banding oppo find 5 jauh lbh asyik oppo walaupun dibuat dichina tp kwalitasnya mantap bgt…skrg suami juga udah pake oppo miror 3 yg sebelumya pake samsung core2…lbh bgus sih klo menurut sy…klo mslah promotor oppo namanya juga cr duit jd tergantung kita aja dan dihatinya mau pake smart phone apa….hehhe…OPPO is the best…

    1. Bu Madeline,

      Mau sebagus apa pun kinerjanya, kalau cara promotor Oppo berjualan kurang jujur, buat saya ponsel itu tetap tidak layak beli. Mencari duit bukan berarti harus menipu, bukan?

  86. Kata ny ‘tak kenal maka tak sayang’ tp ko blm pda kenal hp oppo ny udh di jelek2in,, lho smua kn cuma baru kenal sama SPG nya.. aneh
    ada yg bilang harga samsung kalo di jual kembali gak trun bgt kaya oppo,, ada bukti? Menurut ane mau jual hp merk apa aja ke konter tetep harga selalu sama rendah..
    .
    pak herry itu siapa sih??

    1. Pak B. Dwi Bastian,

      Saya sudah pernah mencoba aneka tipe ponsel Oppo kok. Yang saya permasalahkan itu adalah kejujuran promotor dalam menawarkan produk kepada konsumen. Lha jelas-jelas merek Tiongkok buatan Tiongkok kok diakui sebagai merek dari Amerika atau negara lain.

      Pak Herry itu siapa sih? Ah, saya cuma orang biasa.

  87. Pak hery

    Emg sih promotore bicara ny nipu, tp kalo udh lho beli. Lho gak bkalan tuh ngerasa ketipu…
    .
    Munafik

    1. Pak B. Dwi Bastian,

      Nah, Anda sendiri menuliskan “emg sih promotore bicara ny nipu”. Menurut saya, hal itu tidak bisa dibiarkan. Sudah jelas?

  88. Pak B. Dwi Bastian,

    Anda baru pakai 1 brand, koment…klo om herry semua brand d coba. Klo belum tau om herry ini pemakai, pengawat, komentator, bloger kondang sak kotapahlawan, semua yang bermain di dunia handphone pasti kenal atau seenggaknya lihat seperti saya hehehe,,. Betul begitu om herry SW?? Salam kenal….

  89. Bpk B. Dwi Bastian

    Ya klo uda beli dan liat blog ini uda pasti sadar kena tipu..

    Sudah pakai berbagai macam oppo?maksudnya tukar tambah terus karna ga puas gt pak?

    untuk harga samsung di jual kembali juga jatuh, ya semua hp pasti bgitu..tingkat jatuhnya sajah..buat yang beli oppo R5 harga jual balik itu 2,5 juta..untuk oppo find 7 kena 2 juta..

    Bukan jatuh tp terjun payung pak harga jualnya..

  90. salam kenal Pak Herry SW..
    saya suka dgn artikel2 yang bpk tulis selama ini, ulasannya mendalam dgn bahasa yg mudah dicerna bagi saya yg awam terhadap iptek sekalipun, dan yang saya suka dari artikel2 di blog ini, bpk menulis berdasarkan pengalaman menggunakan hp tersebut, bukan cuma baca spek diatas kertas.. pokoknya maju terus..
    oo iya saya mau ikutan tanya-tanya pak, kebetulan saya lagi mau nyari HP android..
    1. Dari artikel ini terbit sampai sekarang apakah masih sama cara berjualannya OPPO seperti yg Pak Herry sebutkan diatas? sehingga menjadi alasan utama Pak Herry utk tidak merekomendasikan membeli HP merk OPPO.
    2. Terlepas dari para oknum (karna gak semua) sales yang gak mau jujur terhadap konsumen, menurut pandangan bapak bagaimana kualitas (Built Quality) HP merk OPPO itu sendiri? terutama bila dibanding dgn HP merk global (Samsung, Sony dll)?

    1. Pak Wadi,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      1. Ya, masih saja. Kemarin (20 Mei 2015) kebetulan saya baru mampir ke Oppo Store di Senayan City, Jakarta. Penjaga gerai masih menyatakan Oppo adalah merek Amerika. Produksi dilakukan di Tiongkok.

      2. Built quality Oppo lebih cocok disetarakan dengan Lenovo, Huawei, dan Xiaomi.

  91. Oppo memang merk Tiongkok, tapi saya rasa qualitynya memang lebih bagus dari pada Samsung. Sy sudah mencobanya dengan membeli Oppo Find 5 dan Samsung Grand 2

    1. Pak/Bu Reinata,

      Wah, kalau Oppo Find 5 diadu dengan Samsung Galaxy Grand 2 ya jelas tidak sebanding. Find 5 itu tergolong tipe flagship alias high end, sedangkan Galaxy Grand 2 kelas menengah.

  92. untuk pak henry
    pak boleh di post untuk hp vivo yang skarang udah keluar yang katanya sudah ngalain apple dalam pnjualan thx

    1. Pak Yesaya,

      Kita nantikan tanggapan dari Pak Henry.

      Btw, Anda dapat info dari mana kalau penjualan Vivo sudah mengalahkan Apple?

  93. Pak Herry SW,

    1. Bisakah mengepos tentang Vivo?
    2. Saya menggunakan Sony seri e (nomer model e2115), istri menggunakan Vivo y15. Untuk ukuran kamera yang sama, mengapa hasil jepret menggunakan Vivo lebih terang? (Saya sampai berfikir Sony saya adalah produk gagal).
    3. Secara umum, apakah kedua perangkat itu dalam level sama (saya tidak begitu faham dengan spec).

    Terima kasih

    1. Pak Agus Surandi,

      1. Apakah maksudnya Anda akan berbagi pengalaman tentang ponsel Vivo? Silakan saja.

      2. Perbedaan komponen, perbedaan firmware, dll memang bisa membuat hasil akhirnya berbeda. Saya sendiri belum pernah menguji pakai Y15. Jadi, saya tak tahu kameranya sebagus atau sejelek apa.

      3. Di atas kertas, Xperia E4 alias E2115 mestinya sedikit di atas Y15.

  94. saya pengguna oppo …dulu saya pake samsung s4 zom yg katanya ram 2gb ternyata gak sampe 2gb tuh ram ..saya seneng pakai oppi find 5 saya gak pernah ngelag btraipun awet …gak sepanas samasung kalo di pakai nge game

  95. oppo it brasal dri kata oppotunity: kesempatan. oppo menurut bahasa yunani berarti teman dekat,. jadi jangan jelek”an oppo. sya menyukai oppo, sebab jaminan pelayanannya yg bagus, mski prnh mengalami mslah,mreka cpat dn tanggap,. mngkin cra pnjualanny yg slah, tp playananny sngt memuaskan sya, hrgany jga rata sma, jd gg prlu pusing cri” k toko lain buat prbandingan hrga, gg kayak brand lain, tiap toko beda .

    1. Pak Bagus,

      Bukan tanpa alasan kalau saya cenderung menjelek-jelekkan Oppo. Lha cara mereka berjualan kurang etis. Ponsel yang jelas-jelas merek Tiongkok kok diakui merek Amerika.

      Mau ponsel Oppo sebagus apa pun, kalau cara jualannya tetap berdusta seperti itu, saya tetap akan mencela Oppo.

  96. siang pak HERRY SW

    hahah dari atas saya lihat nampaknya ada udang di balik batu nih … setiap yg mengatakan oppo itu bagus ..anda pasti membalas komenya .. jangan” anda dari pihak kompetitor yang dengan sengaja menjatuhkan oppo dengan cara menjelekan sistem penjualan yang bisa merubah niat orang (customer) … udah pak sabar aja .. inget dosa hahahah jujur hampir putus leher saya mendengar bpak selalu mencela … hahah dari atas bapak bilang kalo cara promotor oppo itu tidak bagus ?? NAH .. Sekarang saya tanya apakah cara bapak bagus ( dengan mencelah oppo ) ??? AGAMA tidak menganjurkan mencelah pak ..

    klo boleh tau umur brpa pak .. saya baru 20th loh .. salam kenal “PAK”

    1. Pak Idham,

      He… he… saya bukan karyawan perusahaan ponsel pesaing Oppo. Saya juga tidak memiliki toko ponsel.

      Selama cara berjualan Oppo masih tidak jujur, saya tetap akan mencelanya. Saya merasa harus rutin mengungkapkan hal itu supaya konsumen tidak tertipu.

      Umur saya tak sampai dua kali lipat Anda kok. πŸ™‚

  97. hahah .. mantap sekali bapak ini ????

    hmm saya mau tanya pak HERY dari hasil mencela tersebut hal apakah yang bapak dapatkan ???
    atau mungkin bapak adalah salah 1 korban nya yg merasa tertipu dan bapak merasa dendam ? sehingga bapak terus menerus mencela produk yang terkait ??

    ????????????

    1. Pak Idham,

      Ada beberapa orang yang mengaku nyaris beli Oppo karena menyangka beneran merek Amerika. Setelah membaca paparan saya, mereka baru sadar bila Oppo sebenarnya dari Tiongkok. Ujung-ujungnya, mereka “terselamatkan”.

    1. Pak Idham,

      Ponsel yang bukan merek Tiongkok? Banyak deh. Ada Sony, Samsung, LG, Acer, HTC, BlackBerry, Micromax, Nexian, Apple, dan masih banyak lagi.

      Anda idealnya membedakan antara “merek asal Tiongkok” dan “dibuat di Tiongkok”. Kalau “dibuat di Tiongkok”, mayoritas ponsel memang diproduksi di sana.

      Yang saya permasalahkan dengan Oppo, promotor mereka seringkali menyatakan kalau ponsel Oppo dari Amerika. Padahal, Oppo jelas-jelas merek Tiongkok. Ponsel itu diproduksi di Tiongkok. Jadi, kalau sampai bilang Amerika, berarti itu berdusta.

  98. Pak Henry SW, pak saya mau tanya, apakah Bapak bisa rekomendasikan jenis hp baru untuk calon mahasiswa seperti saya? orang tua saya baru-baru ini memaksa saya untuk membeli hp oppo atau vivo di salah satu pusat perbelanjaan di Jambi karena saya menuntut hp baru karena yang lama rusak. saya langsung keras menolak karena ditawarkan oppo atau vivo.

    1. Bu Lisa Permata,

      Kita tunggu jawaban dari Pak Henry SW ya.

      Untuk sementara, saya (Herry SW), berkomentar begini:
      1. Oppo dicoret dulu deh. Saya masih tidak respek dengan cara jualan mereka yang cenderung berdusta. Promotor Oppo seringkali menyatakan Oppo dari Amerika. Padahal, Oppo jelas-jelas merek ponsel dari Tiongkok.

      2. Kalau Vivo masih boleh dilirik kok. Anggaran Anda berapa?

      3. Mau ponsel yang lain? Ada juga sih. Masalahnya, saya tak tahu anggaran Anda maksimal berapa. Sementara saya anggap Rp 2 juta dulu ya. Dengan dana segitu, silakan melirik Acer Liquid Jade atau Xiaomi Redmi 2. Review dua ponsel itu tersedia di blog ini.

  99. Pak herry

    Saya promotor OPPO di bekasi
    tetapi teman” saya ga pernah tuh bilang kalo OPPO buatan amerika
    OPPO emang buatan cina
    kalo masalah cara jualan yg salah
    biarin aja sih pake di ambil pusing segala
    yg berbohong itu dpt dosa masuk neraka
    kalo ada orang daru bekasi pgn beli OPPO trus melihat artikel ini menjelekan promotor OPPO
    cust jadi gamau karna kelakuan pak herry yg masih bocah πŸ˜€
    saya sih sebagai promotor OPPO di bekasi cukup tertawa saja dengan pak herry
    coba kalo pak herry tak percaya boleh lah main ke bekasi
    Storenya ERAFONE MS MM lt 3

    1. Pak Tri Dani Setiawan,

      Syukurlah kalau promotor Oppo di Bekasi tidak menyebutkan Oppo berasal dari Amerika (maksudnya merek Oppo dari Amerika, bukan buatan Amerika). Di Surabaya masih sering mengaku Amerika. Saat saya iseng masuk ke Oppo Store di Senayan City Jakarta, penjaga gerai juga menyatakan Oppo dari Amerika.

  100. Kalo ada dari bekasi
    kalo mau membeli OPPO silahkan saja
    tergantung niat kalian dari rmh
    gausah dengarkan bocah
    datanglah ke store kami
    ERAFONE MEGASTORE MM
    di situlah kalian akan kami layani dengan sepenuh hati
    karna promotor OPPO itu di ajarkan untuk menghargai custamer
    jadi anggep aja pak herry itu anjing yg sedang bergonggong karna sudah autis πŸ˜€

  101. Bung Herry, mewakili management Erafone, saya mau minta maaf atas perkataan atau tulisan yg tidak pantas, yang di sampaikan oleh salah satu promoter principal yg bekerja di toko kami.
    Tulisan tersebut, sangat tidak pantas, dan kami sangat menyesal hal tesebut di sampaikan kepada anda. Kami sudah koordinasikan dgn pihak principal yg memiliki promoter tersebut utk diambil tindakan sesuai dgn ketentuan mereka.
    Sekali lagi, kami mohon maaf sampai hal ini bisa terjadi, dan harap permohonan maaf ini bisa diterima oleh bung Herry.

    Andre Tan
    VP Retail Operation
    PT Erafone Artha Retailindo

  102. Ok pak herry sekali lagi saya minta maaf sebesar besarnya atas apa yg saya ucapkan
    Saya cuma promotor yg jujur
    memberitahu kalo ponsel OPPO buatan cina
    Sekali lagi saya minta maaf ya pak herry

  103. pak HERRY SW

    hahaha anda memang pendebat yang hebat pak saya salut .. ????

    tapi ngomong ngomong pertanyaan saya yang di atas blum di jawab ya ????
    (untung ny buat bapak setelah mencelah apa ) ???

    hahaha menurut saya ya pak .. biar bagaimanapun cara bapak mencela, itu gak bakal ngancurin tuh perusahaan jadi mending bapak hapus ni post BAHAYA pak ..
    lagi pula ini bisa masuk tindak pidana “pencemaran nama baik”

    hahahah tiap malem tidur jam berapa pak ?? mungkin tidurnya bapak kurang malem kalo untuk buat postingan seperti ini , haha sumpah bapak lucu pak kayak olga ????

    kalo cuma salahnya di beberapa promotor ya alangkah bagus nya jika bapak langsung memarahi promotor tersebut pak ..gak musti menjelekan /mencela sistem penjualan produk yang terkait
    ITUKAN KONYOLLL hahahah…..
    coba deh bapak masukin ke koran siapa tau bapak bisa jadi artis dan masuk tv hahah itukan seru ????

    1. Pak Idham,

      Untungnya apa? Seingat saya sudah pernah saya jawab deh. Intinya, saya merasa beruntung ketika orang awam akhirnya mendapatkan informasi yang benar tentang asal usul Oppo.

      Saya memang tidak bermaksud menghancurkan Oppo kok. Saya hanya ingin meluruskan informasi yang beredar.

      Ok, ini sekaligus balasan terakhir saya terhadap komentar Anda.

  104. Dear Pak Herry SW,

    Dengan segala hormat dan kerendahan hati,saya selaku SPV yang incharge di Erafone Megastore MM Bekasi juga ingin meminta maaf atas tata bahasa comment dari salah satu promotor princple yang bertugas di Outlet kami yang sangat tidak pantas di ucapkan ke Pak Herry SW.

    Dan tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap Pak Andre Tan saya mewakili team Erafone Megastore MM Bekasi juga ingin meminta maaf atas comment dari promotor salah satu principle yang bertugas di outlet kami.

    Sekali lagi kami meminta maaf atas kejadian ini dan semoga permohonan maaf ini bisa diterima oleh Pak Herry SW

    Atas kerendahan hati dan pengertiannya kami ucapkan terima kasih.

    1. Pak Khairul Akbar,

      Sama-sama, Pak. Kesalahan sebenarnya bukan terletak di pundak Bapak maupun Erafone. Kebetulan saja ada promotor Oppo yang tutur katanya kurang pas dan kebetulan promotor tersebut ditugaskan di Erafone tempat Anda incharge.

      Terima kasih.

  105. Pak Herry SW maaf Pak saya typo. Terima kasih atas jawabannya, anggaran saya mungkin sekitar 1,5jt – 3jt Pak. Ada saran yang lain Pak?

    Wah sampe manajemen erafone meminta maaf di sini. Sungguh memalukan saya rasa.
    Saya rasa sudah hak bapak untuk mengkritik ya walaupun banyak post dari yang lain yang tidak setuju baik sopan maupun tidak.

    1. Bu Lisa Permata,

      Oh, kalau anggaran sampai Rp 3 juta, pilihannya bisa lebih beragam.
      * Rp 1,499 juta ada Xiaomi Redmi 2.
      * Rp 1,799 juta ada LG G2 Mini.
      * Rp 1,999 juta ada Acer Liquid Jade.
      * Rp 2,799 juta ada Xiaomi Mi 4i.

      Review tiga ponsel pertama bisa Anda cari di blog ini. Sedangkan review Mi 4i masih dalam proses pengerjaan.

  106. Melihat komentar promotor2 oppo saya hanya tertawa saja, tidak heran..karna saya mengalami sendiri disini..

    Cara mainnya bar2 seperti tidak di didik..itu ciri khas promotor oppo alias SOK JAGOAN..berlaku juga kok di cirebon..pegetahuan pas2an terkesan bohong..

    Pengalaman nyata “oppo neo 5 dibilang spek ram 2GB prosesor Oktacore dan sudah LTE”

    beda sekali dengan promotor samsung, vivo atau huawei bahkan advan sekalipun lebih punya etika lebih baik!!!

    pesan untuk promotor oppo sombong, blog ini adalah open blog dilihat banyak orang..owner toko dsb bisa melihat..selama anda masih kerja dalam perusahaan dan etika anda seperti itu, apakah anda selamanya di sana?apakah anda tidak takut nama anda di blacklist di smua brand?dan anda selamanya hanya bs jd promotor oppo dengan gaji 2jtan?tolong di camkan

    1. pak herry sw, saya mau nanya kok vivo di jual k counter susah ya? kalo bisa pun meski vivo saya di jual barunya 1.999jt(vivo y28) tapi d counter mau belinya cm 1.5jt k bawah aja. padahal baru saya posisi di banjarmasin, apakah pak herry sw posisinya di banjarmasin? kalo mau jual vivo sebaiknya kemana? bukannya vivo saya jelek tapi mau coba ganti aja, naksir yg lain

      1. Pak Imam,

        Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

        Anda ingin menjual Y28 itu dengan harga berapa? Wajar kalau pedagang ponsel bekas menawar ponsel Anda kurang dari Rp 1,5 juta. Lha mereka biasanya menjual di kisaran Rp 1,5 juta.

        Saya di Surabaya, bukan di Banjarmasin. Kalau ingin mendapatkan harga lebih tinggi, silakan menjual Y28 itu langsung kepada calon pengguna, bukan pedagang.

  107. Kok OPPO yng mahal itu kualitas terjamin ngak tuhh .. Mending Xiaomi aja lahh gann .. Mantap dari segi harga . Performa . UI. Kamera Dan lain2 .. Oppo ma cuman menang iklan doank ,-__- mending Xiaomi atau beli iphone 4S

  108. Pak hery mau tanya nih, 1bln yang lalu mau ambil galaxy e5 trs sama yang jual disarabkab makai oppo mirror 3, yang saya mau tanyakan, kualitas dan spek masing masing hp ini gmna, sy terlanjur kena oppo, nih, trims

    1. Pak Candra,

      Saya belum pernah menguji pakai Oppo Find Mirror 3. Tadi saya mau langsung menjawab jangan beli Oppo. Eh, ternyata sudah terlanjur ya.

  109. Iya pak, terlanjur kemakan proc 64 bit, trs promotor kanyak njatuhin si samsul, jd ngerasa rugi nih kalau liat speknya kalah di ram nya pak oppo nya, trs ane bandingan dengab himax pure 3 main game samuri ii veagrnce kok ya ada rasa ngelag nya di oppo, kampret nih kalau uud coz nipu pelanggan, mungkin dsni ada yang pakai e5 gmna perbandingannya, makasih

  110. Kalo menurut saya, Oppo mahal karena mereka menjual smartphone dengan desain premium. Bisa dibilang desain nya mengalahkan brand” asal china lainnya seperti Lenovo. Dan juga mereka lebih berinovasi dari segi penggunaan, yaitu dengan memberikan gesture gesture unik. Namun dari segi performa mesin, ya masih sama aja dengan Lenovo, bahkan spec nya lebih rendah. Jika disetarakan dengan Samsung atau bahkan Iphone, nampaknya itu terlalu berlebihan.

    1. Pak Aly Marcoz,

      Anda bukan sedang kirim SMS lho. Lain kali harap tuliskan pertanyaan dengan kalimat yang utuh, jangan disingkat-singkat.

      Dana Rp 2 juta ke bawah berarti maksimal Rp 1,999 juta ya? Ada Xiaomi Redmi 2 dan Acer Liquid Jade yang boleh dilirik. Review dua ponsel itu dapat Anda cari di blog ini. Silakan ketikkan tipenya di baris pencarian yang terletak di kolom paling kanan.

  111. namanya orang jualan yang pasti mau laku, saya juga masuk showroom samsung pas saya nannya bagus mana sama oppo untuk ngetes mereka, mereka juga jelek jelekin oppo bro. sama aja. meskipun spek bermacem macem menurut ane semua hape kalo dah ditangan sama aja. tapi ane seneng sama oppo, sperti yg mbak mbak adan abang abang nya jelasin, fitur fitur di oppo yg gak ada di hape laen bener bener berguna banget bagi ane. ^^ bener bener smartphone banget! ada telpon tempel telinga aja langsung jawab, sms bisa keyboardnya ada tombol mic, ngidupinnya gak susah lagi ketuk dua kali layarnya aja, dan yang paling berguna menurut ane cas nya itu cepet bgt stengah jam langsung 75% jadi ane gk takut hape low, dan ane seneng sama 5 menit cas telponan 2 jam itu. bner bner bermanfaat bangey beda dr hape laen. kalo masalah spek sih menurut ane sama aja , mediatek atau snapdragon, kalo dah maen game gk ada bedanya tuh, ram 1gb dan 3gn kayanya samo bae wkwkwk, tapi pake oppo emang ngasih kesan yang berbeda dalam memakai hape. ane recomend banget oppo, bener bener canggih. kalo soal spek, ya kita sebagai konsumen harus pintar dong, masalah cara jual promotornya mah dimana mana orang jualan emang begitu. meskipun jujur pasti ad nipunya juga wkwk. terserah deh pilih oppo atau yang laen, tapi ane udaj terlanjur nyaman dengan oppo karena benar benar mempermudah aktivitas sehari hari ane hihihi

    1. Pak Hideyoshi,

      Benar. Sangat wajar kalau penjual ingin barangnya laku. Wajar pula kalau penjual mengunggulkan barang dagangannya. Namun, kalau sampai berdusta dengan mengatakan Oppo dari Amerika, padahal sebenarnya dari Tiongkok, hal itu sudah tidak wajar. Tindakan tersebut termasuk pembohongan.

      Selama cara jualan Oppo masih tidak etis, saya takkan me-review dan merekomendasikan Oppo.

  112. Skrg ngerasain lg nganter temen ke outlet oppo di supermall karawaci,penasaran lgsg buka google dan ktemulah forum ini.busettt gombal beutt spg ny,apalagi pas liat sy pake iphone 6 dy lgsg blg sm tmn sy klo oppo itu lebih bagus di banding iphone dan samsung,jleb!!! Yg bnr aje ni spg harganya aja gk da stgh dr samsung, greget jg siy getol bgt jualannya trnyata kejar setoran toh,????????

  113. Pak Herry sw…
    Saya mau share kemarin tgl 9 juli saya beli hp dimarina sby…saya ingin membeli samsung E5 , saya keliling di counter, ada satu counter yg menjual E5 dengan harga termurah( selisih 10 ribu dari apo*lo…awalnya lancar, lalu semuanya jadi gak nyaman ketika promotor Oppo menghampiri saya, dia berbicara panjang lebar ngalor ngidul soal Oppo yg lebih baik dari samsung…tapi saya tidak terpengaruh bahkan tetep kekeh samsung E 5…seketika sikap promotor itu berubah 100 %, dia jadi judes dan males melayani saya…bahkan screen guard yg saya dapat dari bonus penjualan tidak dipasang sama dia….ya ampun….kesan saya promotor Op*o kelakuannya PANCET dari mulai muncul sampe sekarang….

    1. Pak Nicky,

      Padahal, dalam pantauan saya, sikap promotor Oppo saat ini sudah jauh lebih sopan daripada zaman dulu lho. Kalau sekarang saja mereka sudah berhasil membuat Pak Nicky merasa tidak nyaman, apalagi zaman dulu.

  114. Hahahaha iya pak…apalagi jaman dulu ya…..tapi ya sudahlah…..saya yakin masyarakat surabaya sudah lebih pinter mencari hp…sebelum membeli hp ada baiknya melihat reviuw di blog2 seperti ini, dan juga bisa dilihat di unboxing hp di you tube, ….kalo kata orang surabaya been gak dibujuki karo sales….wkwkkwkwkw….salam

    1. Pak Nicky,

      He.. he.. iya. Namun, yang awam banget dan menyangka Oppo itu dari Amerika juga masih banyak sih.

  115. niatnya sih beli grand prime dtawarin vivo y28 awalnya kokoh tp kepincut juga πŸ™
    gara” samsung made in indonesia kata salesnya lebih baik cina betul ga sih gan mohon sharingnya πŸ™‚

    1. Pak/Bu Whynda,

      Maaf, mohon tidak menggunakan kata sapaan gan di blog ini.

      Saya belum pernah menguji pakai Y28. Cuma pernah towel-towel sebentar. He.. he.. tergantung pengendalian kualitas masing-masing merek sih. Kalau Samsung buatan Indonesia diadu dengan ponsel Mito buatan Tiongkok, saya sih pilih Samsung. πŸ™‚

  116. Pak..kalau xiaomi menurut anda gmna? Saya agak bingung..mau beli xiaomi mi4 atau galaxy A5 …galaxy A5 terlali mahal gak sih untuk ukuran spek nya di banding xiaomi mi4?

    1. Pak Tyan,

      Saya belum pernah menguji pakai Mi4 (bukan Mi 4i) dan Galaxy A5. He.. he.. kalau Samsung sih memang pede pasang harga mahal. Mumpung mereknya terkenal dan jadi market leader.

  117. Pak saya punya dana 4.5jt…lebih baik beli galaxy A5 atau Xiaomi Mi4 ? Galaxy A5 apakah gak terlalu mahal pak untuk tingkat speknya di banding xiaomi mi4 atau bahkan saudaranya?

    1. Pak Tyan,

      Samsung kan sedang di atas angin. Jadi, dia bisa jual mahal.

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy A5 maupun Mi4.

  118. Salam kenal pak herry,, pak herry menulis blog ini kurang lbh sdh 2thn, dan hp oppo makin booming sekrang, makin menyebar di seluruh indonesia, kalo mau buat blog lg jgan mengahsut dan mmbenci satu merk pak, berikan wawasan kpda para pmbaca, jgan merusak 1 brand, akhirnya lama” nama bapak yg rusak bkn brand nya.. Trm ksh

    1. Pak Zacky,

      Saya tidak berniat merusak merek kok. Namun, kalau ada merek tertentu yang melakukan praktik tidak benar dalam berjualan, saya akan mengkritisinya.

  119. Bila harus pilih mending xiaomi kekuatan 3GB atau samsung kekuatan 2GB yang harganya samsung lebih mahal 400rb dari pada xiaomi pak Harry?

    Terimakasih

  120. salam kenal pak herry,

    mau tanya, xiaomi redmi 2 selain dijual online,apa ada counter hp yg jual..?
    terima kasih

  121. Saya beli Oppo Find 5 Mini pada November 2014 di Marina Surabaya. Tapi waktu itu SPB nya kok gak mbujuk’i saya dengan bilang ini merk Amerika ya ? Dia jujur bilang kalo ini merk China. Itu membuktikan bahwa tidak semua promotor Oppo itu mbujuk’i calon pembeli. Yang pasti dengan gamblang dia demokan fitur2 yg ada di Oppo Find 5 mini itu, dan saya langsung tertarik utk membelinya saat itu juga (padahal awalnya dari rumah sudah niat mau beli Xperia C3).
    Tapi seandainya dia bohong dgn bilang ini merk Amerika pun, rasanya buat saya gak masalah, sebab menurut saya merk Amerika bukan berarti lebih baik daripada merk China. Atau sebaliknya, merk China bukan berarti lebih buruk dari merk Amerika.. Sampai saat ini (8 bulan sudah) saya belum berniat ganti merk lain.
    So what the problem ? Jangan karena ada nila setitik lalu susu sebelanga jadi rusak.

    1. Pak Hary Surya,

      Bagus deh. Berarti, Anda kebetulan berjumpa dengan promotor Oppo yang jujur. Termasuk langka tuh. Khusus di Surabaya, saya pribadi sudah sulit menyamar menjadi konsumen awam, lalu berpura-pura tanya ini-itu kepada konsumen Oppo. Sebab, wajah saya sepertinya telah dikenal oleh para promotor Oppo.

      Andaikan bohong pun, Anda bilang tak masalah. Sebab, mereka Amerika bukan berarti lebih baik daripada merek Tiongkok. Ya, untuk Anda tidak masalah. Namun, tahukah Anda kalau di luar sana masih banyak konsumen awam yang memiliki persepsi berbeda? Begitu dengar ponsel dari Amerika, mereka langsung tuing… dan berpikir wah ini barang bagus. Beli deh. Belakangan mereka baru sadar telah tertipu.

      1. Ya memang, jadi orang awam itu menyedihkan, gampang kena tipu..
        Orang bisnis pun bisa pilih-pilih mana yg bisa ditipu dan mana yang tidak.

  122. Memding bapak buat blog yg khusus buat oppo..
    Semoga bapak sdar tujuan bpak buat blog ini,
    Dimana2 saling mencela itu tidak baik..
    Salam kenal dri saya Faizal

    1. Pak Faizal,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      He.. he.. nggak deh kalau khusus membuat blog untuk Oppo. Saya lebih suka membuat blog ponsel yang bersifat umum. Alasan saya mencela Oppo adalah untuk menyadarkan pihak-pihak terkait, plus mengedukasi konsumen awam supaya mereka tidak sampai tertipu.

  123. Apa yg bapak buat ini saya kira telah mencemarkan nama baik pak,,boleh bapak bilang pembenci,ttapi masa harus dipublikasikan,,postingan yg bernada sarkastik mendingan dihapus aja pak,,
    Dan saya lihat di blog ini bapak selalu menganjurakan beli produk LG,,
    Nama.nya ganti wae pak,jgn ponselmu.com tp lg.com..
    Wekakaa

    1. Pak Faizal,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Kalau cara berjualan Oppo sudah berubah, saya takkan mencela Oppo lagi kok. Praktiknya, sampai saat ini, masih banyak promotor Oppo yang tak mau terang-terangan mengaku kalau ponsel Oppo adalah merek Tiongkok.

      LG.com? He.. he.. domain itu sudah ada yang punya.

  124. Pada ribut bahass brand.

    Sya selaku promotor (SPB ) oppo indonesia tentunya akan sya akan mengalakan pasaran samsung di area sya.

    Sya Udh setahun bergabung di oppo smarphone dan saya di tempatkan disuatu tokoh dimna bermacam2 merek hp di dlam yang siap untuk sya saigi tapi sya tidak pernah ragu sama oppo smarphone karena sya tau oppo lebih bagus dan sya membuktikan sendri.
    ..pertama2 samsung,sony, penjualannya tiap hari menonjak hingga 100lebih per yunit keluar tiap harinya
    Kini kehadiran oppo di tokoh tersebut penjualan selama berbulan2 ditokoh tsb,smsung turun draktisss ini membuktikan bahwa oppo smarphone siap untuk bersaing.

    1. Pak Elyakin,

      Kalau ada pengunjung datang dan menanyakan ponsel Oppo itu merek mana, biasanya Anda menjawab apa? Kalau Anda langsung menjawab Oppo itu merek Tiongkok, saya sangat salut dengan Anda. Dua jempol dari saya.

      Selamat bertugas!

  125. Yang nakal penjualnya, kok yg dicela merk-nya..
    Konsumen dan pengguna yang cinta OPPO seperti saya ini lak yoh gak trima toh ya kalo barang bagus di genggamannya itu dihina dina.. wong pada kenyataannya saya puas pakai OPPO ini..
    Lagian hari gini semua orang sudah pada tahu kalo OPPO ini produk/merk China, saya kok gak yakin kalo mereka (para penjual) masih getol ngomong ini produk Amerika!
    Sudahlah pak Hery, kelihatannya di blok ini pun banyak yang nggak setuju atas ‘kegigihan’ anda untuk ‘menghancurkan’ OPPO……

    1. Pak Hary Surya,

      Yang tidak mengungkapkan informasi dengan jujur adalah promotor Oppo yang bertugas di gerai penjualan Oppo. Mereka mendapatkan pelatihan dari Oppo Indonesia. Jadi, dalam hal ini, promotor Oppo merupakan ujung tombak resmi Oppo lho. Wajar kalau saya kemudian juga mengkritisi mereknya. Belum semua orang sadar kalau Oppo itu merek Tiongkok lho.

  126. Biasa yg komen sudah pakai oppo bla bla bla dan membela palingan promotor atau sales oppo..jngn terpancing ya pak herry..

    Bukan hanya soal asal muasal tp jg dr spesifikasi..jngn asal jeblak tp bohong terkesan bodoh..

    Daerah cirebon, menjual oppo neo 5 dengan spek sim 1 dan sim 2 sudah 4G LTE..wooowwwwww

  127. Siapa yg bilang neo 5 udah suport 4G LTE

    Nga mungkinlah ada SPB OPPO mengatakan demikian..

    Nga usa ngada2,,

    Klw nga suka sama produk oppo ya sudah.nga usa banyak bacot..

  128. Wuiihhh keren pak herry saya kagum, padahal permasalahannya dipromotornya,langsung menjatuhkan merk HPnya keren, wuiihh kerennn banget saya kagum. promotornya yang salah eh merk HPnya yang dinyungseppin

  129. Sama sama pak herry, mungkin permasalahanny dipromotornya, tapi jangan langsung menjatuhkan merk HPnya. Makasih.

    1. Pak Bagus,

      Karena melibatkan promotor resmi Oppo (dan jumlahnya lebih dari satu), maka pemegang merek sebagai pihak yang mempekerjakan promotor itu turut kena imbas deh.

  130. Itu bapak bapak yg melakukan penghinaan atas suatu brand/perusahaan , jiwa kesombongannya tinggi, denger pak , kalo anda bukan pengguna hp tersebut jangan SOK TAHU ! Sembarangan menghina, belaga tahu semua kualitas mobile elektronik, inget pak , par pembuat teknologi tersebut JAUH LEBIH CERDAS, dan JAUH LEBIH TAHU, daripada anda yg sekedar menghina dan bergaya layaknya Professor.

    Saya walaupun pengguna iphone 6 juga tidak belaga sok pinter seperti anda

    1. Pak Teuku Gerren,

      Silakan membaca thread ini dengan lengkap dulu. Yang dipermasalahkan bukan kualitas produk, melainkan etika berjualannya lho.

  131. yang saya herankan juga, anda bilang gak suka promotor oppo yang gak jujur, tapi setelah saya baca lagi, anda kenal ke petinggi” oppo dan anda bilang mereka tau betapa bencinya anda ke OPPO, sebenarnya yang anda gak suka ke Merk HPnya apa promotornya ?? …

    1. Pak Bagus,

      Benar, saya memang mengenal petinggi Oppo. Saya sudah berkali-kali mengungkapkan ketidaksukaan saya terhadap cara promotor Oppo dalam berjualan. Petinggi Oppo bilang, tak pernah ada instruksi untuk menyatakan Oppo merek Amerika. Sebagai orang Oppo, petinggi Oppo menyatakan mereka bangga bahwa Oppo adalah ponsel dari Tiongkok.

      Namun, kenyataan di lapangan membuktikan masih saja ada promotor Oppo yang enggan mengakui asal-usul Oppo. Mereka menyatakan Oppo itu dari Amerika.

  132. Tgl 23 juli 2015

    Grage mall, cirebon

    Konsumen nyasar nyari oppo di konter saya..cari oppo joy 3 karna tertarik penjelasan promotor oppo yg entah dari mana bilang oppo joy 3 support LTE..

    Setau saya joy 3 itu blum support LTE dan saya bertanya pada promotor oppo tsb, memang sudah support LTE?mreka bilang sudah, sim 1 dan sim 2 4G dan itu hasil training mreka..woow

    Semoga yg melihat postingan saya ini matanya bisa terbuka dan lebih teliti membeli ponsel

  133. iya, spg oppo rata2 tukang tipu2, saya jdi korban sekitar 1 bln yg lalu, beli oppo yoyo, bilangnya spik oppo yoyo udah bagus, kamera blakang 8mp, sma internal memory 8gb, eh pas nyampe rumah baru ngeh *karna slama di konter spg gag mau ngasih kotaknya ke kita* trnyata kamera blakang cma 5 mp dan im cma 4gb, langsung saya kontak spg nya, dan dya bilang smpe demi tuhan bilang gag pernah ngomong spik oppo kmera belakang 8mp dan im 8gb

  134. pembicaraan anda bolak balik gak jelas, benci promotor apa merk HPny , saya gak nanyak cara penjualannya tapi intinya . Makasih

    1. Pak Bagus,

      Saya sudah menjelaskan pemicu saya mengkritisi Oppo terus lho. Silakan dibaca lagi mulai atas.

  135. Padahal di judulnya asal usul oppo, eh malah komen”nya penghinaan, ckckkc . Ganti ajah judulnya, buruknya OPPO

      1. Pak herry maaf saya mau nanya dan mohon bimbingannya dong.
        Samsung made in indonesia itu bersaing dengan Oppo dan Asus apakah sama bagusnya atau tidak ? Terimakasih tolong jawabannya di kirim di email saya @rizkiputra688@gmail.com

        1. Pak Pepe,

          Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

          Ya, Samsung buatan Indonesia boleh Anda saingkan dengan Oppo dan Asus. Jangan membandingkan Samsung buatan Indonesia dengan Evercoss, Mito, atau Advan ya. Kasihan tiga merek yang terakhir saya sebutkan. Jelas kalah telak. πŸ™‚

          Maaf, saya tidak melayani permintaan jawaban via email.

  136. Saya baru saja membeli oppo siang tadi langsung menyesal sekarang. Tadinya mau beli xiaomi mi4 malah kena rayuan spg. Ditipu banyak soal spek. Baru dicoba malamnya sangat tidak sesuai harga

    1. Pak Adit,

      Terima kasih atas informasinya. Kalau boleh tahu, hal apa yang membuat Anda kecewa membeli Oppo?

  137. Pak Herry SW,

    Ada yang mau saya tanyakan, apakah benar bahwa karyawan (pabrik) Oppo adalah sebagian besar orang yang dulu menjadi karyawan Nokia yang dirumahkan?
    Terimakasih

    1. Pak Sadullah,

      Dari manakah Anda memperoleh informasi itu?

      Pabrik Nokia dulu ada di berbagai negara. Di antaranya, Finlandia, Brazil, India, Hungaria, Jerman, Rumania, Meksiko, dan Tiongkok.

      Saya kurang tahu yang di Tiongkok kemudian beralih menjadi karyawan Oppo atau tidak. Kalau pun iya, saya yakin hanya sebagian kecil.

      Kalau eks-karyawan pabrik Nokia di luar Tiongkok, saya yakin tidak berpindah ke Oppo.

  138. Pak Herry SW,

    Ada yang mau saya tanyakan, apakah benar bahwa karyawan (pabrik) Oppo adalah karyawan yang dulu bekerja di perusahaan Nokia yang dirumahkan????
    Terimakasih

    1. Pak Rayyan,

      Maaf, saya tidak bisa memenuhi permintaan Anda. Sebab, saya belum pernah menguji pakai Y15.

  139. Saya sudah bekerja hampir 4th kerja di dunia ponsel….
    Kemudian saya sekarang bekerja sebagai promotor vivo….
    Memang benar pernyataan pak herry. Vivo berasal dari tiongkok. Made in cina……kami menawar kan ponsel kami dan tidak menjelekkan produk lain….ketika ada user yg cari hp merek A saya memberikan demo live merek A.. kemudian saya menyaran kan hp vivo dan memberikan demo livenya.. biar kan user yg menentukannya………dan membandingkan langsung. Kebanyakan user saya membeli hp vivo. Ke esok harinya di membawa temanya dan langsung membeli hp vivo karna merasa puas……. bahkan sang user malah memprospek orang yg di sekeliling untuk membeli hp vivo… meskipun prospek user agak sedikit konyolllll

    1. Pak Danu,

      Oh ok. Berarti, Anda bertugas di sebuah toko ponsel yang menjual aneka merek ya?

      Wah, si user berarti bertugas jadi promotor gratisan dong. Mantap. Btw, Anda menyebutkan prospek user agak sedikit konyol. Boleh dijelaskan maksudnya seperti apa?

  140. 2 hari lalu sy beli oppo mirror 3” emang sih slesnya jago bgt..eh sy kerayu deh..akhrnya sy beli tuh hp oppo…sya mah gni aja ga mau ngejelkin brand ..asalkan teruji kualitas hp.ny lebih dr dua taun dst ..sya bakal acungi jmpol mau merek apapun..g ada kndala sy bakal acungi jempol dah…kalo manusia g ada puasnya udah beli hp a kerayu kehasut pgn hp b terus aja gtu..menyesal..mnding nikmati aja..kalo toh misal setaun kdepan oppo trbukti buruk…sya yg bakal comment lg dsni..

  141. Pak Herry SW

    Luar biasa, saya sependapat dengan Anda.
    Bagi para reader, bacalah artikelnya, simaklah komennya dan pahami tanggapan setiap komentarnya.
    Saya tidak kenal Anda pak Herry, saya juga tidak membela, bahkan memihak bapak. Namun benar apa yang disampaikan pak Herry ini.
    Sebuah perusahaan besar dengan brand andalannya mempunyai lingkaran managemen struktural dan semua hirarkinya tergantung atasan. Sedangkan promotor maupun spg hanya di tingkat bawah atau phartner.
    Mengapa promotor dan para spg (meski tak semua) berbuat demikian? Apakah mereka melakukannya atas inisyatif pribadi, atau dari outlet atau dari training management perusahaan? Rahasia apa yang sebenarnya terjadi di managemennya?
    OPPO
    Silahkan direnungkan dan tidak perlu dijawab.
    Saya juga punya OPPO smartphone, dan beberapa merk smartpphone lainya. Yang membuat saya heran adalah cara menawarkannya oleh spg, cara ngototnya mendemokan, cara memaksanya mempengaruhi pembeli, cara membandingkannya yang berlebihan dengan brand saingannya.

    Semoga OPPO bisa bertahan di pasar ponsel kelas menengah kebawah, dan memperbaiki sistem managemen marketingnya. Dan semoga juga para silent reader bisa menarik kesimpulan dari blog ini, sehingga menjadi informasi dan rekomendasi bagi kaum awam smartphone.

    Terima kasih pak Herry SW.

  142. Gw beli Oppo find7a bulan 9 1600ringgit , karena sales rayu gw, Dan terlanjur gw believe, waktu itu gw agak nyesel believe Oppo, tapi setelah gw pakai cocok, terutama ingat ya h, isi full cuma 45 menit, dan soalnya garansi oke, 100% ( tergantung daerah lu)
    Karena bulan lalu lcd gw eror mencet mencet sendiri karena jatuhjatuh, terus gw servis diganti baru lage ( 450 RINGGIT CUMA LCDNYA) ) UANG indo sekitar 1,8 jt, yeh jadi curhat
    ???????

  143. Yah, jadi nyesel nih pak
    Aku jg gitu, sekitar 4 hari lalu awalnya mau nyari samsung ace 4, tp dirayu mb2 spg nya mending opo joy aja speknya lbh bagus juga masih ada cashback 200rb,blablablabla, ya udah deh kebeli tuh opo, tp waktu nyampe rumah yg dijelasin mba nya gak semuanya sesuai, minta tolong review in 2 smartphone itu dong pak, nyesel emang sakitnya dimana mana

    1. Pak Rofiqi Alfiaan,

      Nggak sesuainya itu kemampuan ponsel di bawah yang sebelumnya dijelaskan oleh SPG atau di atasnya?

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy Ace 4 maupun Oppo Joy. Jadi, otomatis saya belum bisa me-review-nya.

    1. Pak Sayidina Usman,

      Hmm… rasanya kemarin sore saya sudah menjawab pertanyaan serupa. Entah dari Anda atau bukan.

      Jawabannya, sama saja. Kalau ditelusuri, pemilik dua merek itu sebenarnya sama kok. Pembeda di antara keduanya, Vivo lebih jujur dalam berjualan daripada Oppo. Saya sering menjumpai promotor Oppo yang tak mau mengakui kalau Oppo dari Tiongkok. Mereka biasanya menyatakan Oppo itu dari Amerika.

  144. Oppo itu hp ‘Pemberi Harapan Palsu’ katanya hp tahan banting ud gorila glass, kok masih nawarin asuransi, berarti gk PD dengan kualitasnya dong. Rata2 yg habis beli tuh merek pasti seminggu atau sebulan kemudian pasti ada aja yg komplain

  145. Salam sejahtera pak Herry SW
    Artikel lama tapi masih asyik untuk dibaca..
    Menurut saya produk dari OPPO memang harganya diatas rata2 produk dari Tiongkok lainnya, tp kualitas material&built qualitinya memang bagus, ibarat warung bakso, yang lain menawarkan porsi banyak tapi rasanya hambar, so oppo

    1. Pak/Bu Nur,

      Salam juga.

      Ya, kualitas memang di atas rata-rata ponsel merek Tiongkok. Namun, hal utama yang paling saya permasalahkan sebenarnya adalah caranya berjualan yang cenderung membohongi konsumen. Misalnya, mengaku dari Amerika.

  146. Salam sejahtera pak Herry SW
    Artikel lama tapi masih asyik untuk dibaca..
    Menurut saya produk dari OPPO memang harganya diatas rata2 produk dari Tiongkok lainnya, tp kualitas material&built qualitinya memang bagus, ibarat warung bakso, yang lain menawarkan porsi banyak tapi rasanya hambar, si oppo menawarkan dengan porsi sedikit tapi rasanya enak,
    Yang jelas menurutku beli smartphone jgn asal baca spek tinggi, tp alangkah baiknya langsung mencoba..
    Saya menggunakan oppo find 5 mini sangat puas,terutama built qualitinya, top deh..
    Sebagai pengguna, sy nggak mempermasalahkan para oknum promotor, dan itu produk dari mana, asal kualitasnya bagus, ambil aja..
    Oo iya, untuk harga bekas, kayaknya nggak setuju kalo dibilang terjun bebas, cek OLX aja..

    1. Pak/Bu Nur,

      Buat calon konsumen yang tidak gaptek, promotor memang mungkin tak bisa menggoyahkan hati. Namun, buat calon pembeli yang awam, mereka bisa terpukau dan akhirnya tertipu karena menyangka Oppo dari Amerika lho.

      Harga di OLX kan harga penawaran, bukan harga nyata transaksi. Harga nyata di pasar mengerikan lho.

  147. Sebagai konsumen biasa seperti saya, mungkin alangkah baiknya mencoba dulu hh yg akan di beli, dan setelah menggunakan beberapa merk (sony xperia mini, xperia e, lenovo a890, nokia lumia 630, samsung grand 2, xiaomi redmi 1s dan yang terakhir oppo find 5 mini) yg paling nyaman buat saya oppo find 5 mini.. sampai sekarang sudah 5bulan masih betah makainya..
    Harga bekas oppo terjun bebas? Cek olx aja.. hehe..

    1. Pak Wadi,

      Masalahnya, buat konsumen biasa, kalau belum beil biasanya kan tidak bisa mencoba dengan lumayan lama. Maksimal cuma bisa towel-towel live demo unit.

      Kalau melihat deretan ponsel yang Anda sebutkan, wajar kalau Anda jatuh hati dengan Find 5 Mini. Yang paling lumayan kan dua tipe terakhir.

      Harga di OLX adalah harga penawaran. Kalau melihat harga nyata transaksi di pasaran, harga ponsel Oppo bekas hancur lho.

  148. salam kenal semuanya

    untuk masalah merek smartphone apa yg bagus atau yg jelek dan masalah promotornya jujur atau tidak? intinya pembelilah yg harus cermat sebelum membeli. jangan menjelekan produk tertentu setelah produk tidak sesuai harapan dan anda kecewa. saya sarankan datang ke counter lalu coba semua merek yg ada di situ. di jamin gk akan ketipu sama spg or spb nya. sedikit2 pelajari juga spec hpnya dan perushannhya. saya begitu kalo beli hp

    1. Pak Juni,

      Tidak semua merek ada live demo unitnya. Konsumen memang harus cermat. Namun, promotor idealnya juga tidak memberikah informasi yang cenderung berdusta dong. Dengan alasan apa pun, tindakan sebagian promotor Oppo yang menyatakan Oppo adalah merek dari Amerika tidak bisa dibenarkan.

  149. pa herry sya sedang bingung ni.. klau pa herry akn bli yg mna dri samsung galaxy J5 dg oppo mirror 5… sya tdk mslah dg spg ny bohong atw gk krna sblm tnya k toko sya browsing dlu…terima kasih

    1. Bu Elsha,

      Lain kali biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      Galaxy J5 masih dalam antrean uji pakai saya. Sabar dulu ya.

  150. pa herry sya sedang bingung ni.. klau pa herry akn bli yg mna dri samsung galaxy J5 dg oppo mirror 5 dlihat dri spek dn kualitas… sya tdk mslah dg spg ny bohong atw gk krna sblm tnya k toko sya browsing dlu…terima kasih

    1. Bu Elsha,

      * Lain kali biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.
      * Lain kali pertanyaan yang sama cukup dikirimkan satu kali, kemudian tunggulah jawaban dengan sabar. Jangan dobel-dobel seperti sekarang.

      Seperti sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya, Galaxy J5 sedang dalam antrean uji pakai versi saya.

  151. Dear pak Herry
    anda itu seorang provokator yg mengadu domba seperti penjajah belanda….anda itu saya tau..anda adalah brand kompetitor yg sdh berpindah pindah kerja krna sering di pecat karna attitude anda kayak seorang munafik, mencari keuntungan dari masalah org lain…salam kenal dari pecinta laptop dan komputer….

  152. Saya mempunyai bajet 1,7 saya memakai hp oppo yoyo, yg saya tanyakan saya ingin beli hp model terbaru dgn spek lebih tinggi dari oppo Yoyo sarannya apa ya? Kalau bisa jaringan udah 4g, processor 1,3 kamera dpn min 2mp, kamera belakang min 5mp, ram min 1gb kalo bisa lebih dari itu semua spek nya πŸ™‚

  153. Saya mempunyai bajet 1,7 saya memakai hp oppo yoyo, yg saya tanyakan saya ingin beli hp model terbaru dgn spek lebih tinggi dari oppo Yoyo sarannya apa ya? Kalau bisa jaringan udah 4g, processor 1,3 kamera dpn min 2mp, kamera belakang min 5mp, ram min 1gb kalo bisa lebih dari itu semua spek nya πŸ™‚

    1. Pak/Bu Widy,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Silakan melirik Xiaomi Redmi 2. Pastikan membeli yang bergaransi resmi.

  154. maaf ikut komen,
    sy rasa ada yg keliru mengenai oppo.
    oppo mmg hape china, di buat d china d rakit d china. skrg oppo sdh mendirikan pabrik d indonesia. itu suport oppo unk indonesia menanggulangi masalah pengangguran.
    iphone, samsung semua di rakit d china. boleh cek liat hp anda skrg. pengguna iphone dan samsung.
    klo harga smartphone hanya kisaran 1jt-2jt itu kyk’y spesifikasi sama sj merek manapun. dmna ada harga smartphone murah dgn kualitas lbh bagus dari hrga hp yg lbh mahal.
    oppo mempunyai kelebihan dr smartphone lain, fitur Color OS, yg tdk d miliki hp mana pun. ada mungkin merek lain yg bisa menggunakan aplikasi gestur itu tp harus download. klo d oppo itu aplikasi bawaan. bukti’y Deddy Corbuzier mensuport oppo, dy mempunyaj oppo store jg. klo yg di katakan jual satu unit oppo sma dengan jualan hp samsung 20-30 unit. keliru skli. klo mmg bgtu, owner toko mending matikan samsung. org dagang cmn mau untung besar. oppo bkn brand asal2an, oppo d indonesia sdh bertahun2. klo oppo tdk bagus tdk mungkin bisa eksis smpe skrg. hp oppo bisa d blg smartphone highclass’y tiongkok.

    1. Bu Via,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Izinkan saya mengomentari paparan Anda.

      1. Benar. Oppo adalah ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok. Untuk pemasaran di Indonesia, Oppo mulai merintis perakitan di sini. Yang saya permasalahkan, promotor Oppo sering mengklaim ponsel Oppo berasal dari Amerika. Klaim itu jelas-jelas salah. Tak sedikit konsumen yang terlanjur membeli ponsel Oppo karena mereka menyangka Oppo adalah ponsel dari Amerika.

      2. Fitur Color OS tak dimiliki ponsel mana pun? Ah… masak iya sih. πŸ™‚

      3. Pak Deddy memang men-support Oppo? Ya wajar tho. Lha Pak Deddy kan ditunjuk sebagai brand ambassador Oppo.

      4. Soal keuntungan menjual ponsel Oppo, silakan cek ke pasar deh. Toko tetap mau berjualan Samsung yang untungnya kecil karena mereka mengandalkan volume penjualan.

      5. Saya tegaskan lagi, yang selama ini saya permasalahkan dengan Oppo bukanlah kualitasnya, melainkan etika bisnisnya.

  155. salam kenal semua

    sy rasa blog ini unik
    sudah 2 thun msih aktif

    sblum sy sharing
    sy mnyarankan mbak elsha utk ambil mirror5 sj
    krn sya juga baru pake
    sebab dr design sgt bagus sekali
    speknya juga trmsuk bagus
    dan yg trakhir bisa jadi remote tv,ac dll hahahaha

    tp mnurut sy apa yg d blank pak herry betul tdk seharusnya sales or promotor bhong kpd user
    krn klo sy pantau itu sprtinyatrik mereka buat2 sndri sih supaya bisa berjualan.

    krn sblumnya sy sudah byk gonta ganti hp ini ke3xnya sy mmbeli HP OPPO yaitu mirror5
    klo samsung mnurut sy designnya bgtu2 terus.. camera di tengah terus di kiri dan kanan di isi oleh speaker dan flashlight
    enek liatnya baru layarnya tampilannya jadi kaku bgt setelah sy bandingkan

    OPPO pertama yg sy beli itu di manado yaitu OPPO N1
    saat lagi holiday ke bunaken ane mampir dlu di itc manado sy trtarik krn ini hp camera berputar baru layar sentuh blakang unit bgtu
    tp tdk sprti yg d ceritakan pak herry mrka jujur tdk bhong atau apa gtu deh

    nah saat ke2x sy beli hp OPPO sy trtarik oleh fast chargingnya find7
    gile cpet bener.. gk bsa pindah ke hp lain tp
    saat itu ane beli d jakarta tau2 promotornya sprti yg d blank oleh pak herry
    di situ sy tegur mbak trsbt sy ngotot
    mbak ini di buat d cina.. mbak ngk usa malu jual brand cina.. krn sy bangga dgn produk ini, mbak trsbut cuman senyum2 sja
    tp sy ttp beli

    dan yg ketiga x nya sya beli OPPO itu mirror5
    saat itu aneh menjatuhkan find7 ane.. layarnya pecah.. tp msih bisa d pake
    cuman ngk enak d lihat retak2 bgtu
    jadi ane ke service centernya OPPO
    dsna sy d tawari OPPO mirror5 sy jadi trtarik sekali krn dr design dan spek plus kelebihanya

    pokoknye.. mnurut ane OPPO itu inovatif krn byk inovasi varu yg d buat OPPO dan tdk d ciptakan brand lain

    ane skrng penasaran dgn N3 kata kamera berputar otomatis
    tp juga pengen samsung edge(rakus bgt) hahaha

    tp smsung edge ada resiko tersendri, layarnya tdk terlindungi oleh frame jatuh sekali langsung pecah kyk ane punya ortu ckckxk

    klo vivo mnurut yg sy tinjau ane ngk suka
    krn caranya menawarkan menjatuhkan sekali brand OPPO, Samsung dan apple

    tp makin sakit hatinya OPPO milik sy d jelek2in, krn dia ngk tau ane punya 2 hp OPPO

    saat sy keluarin hp sy.. makin jadi ini promotornya
    ane terlanjur sakit hati..
    awal tertarik tpi akhirnya ogah

    sudha sy lihat design dan lainya semua hampir tiruan OPPO
    tp sp tau ad yg mau coba
    klo sy pass deh

    ini sekedar.sharing sy

    1. Pak Zeon Lim,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons komentar Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Tanggapan saya atas komentar Anda saya ketikkan di bawah setiap paragraf ya. Biar lebih mudah diikuti.

      >sy mnyarankan mbak elsha utk ambil mirror5 sj
      >krn sya juga baru pake

      Anda ambil Mirror 5 yang warna apa? Yang ungu lebih bagus daripada yang putih.

      >tp mnurut sy apa yg d blank pak herry betul tdk seharusnya sales or promotor bhong kpd user
      >krn klo sy pantau itu sprtinyatrik mereka buat2 sndri sih supaya bisa berjualan.

      Iya. Kalau mengaku dari Tiongkok, mereka pasti akan lebih susah dalam menjual ponsel Oppo.

      >klo samsung mnurut sy designnya bgtu2 terus.. camera di tengah terus di kiri dan kanan di isi oleh speaker dan >flashlight enek liatnya baru layarnya tampilannya jadi kaku bgt setelah sy bandingkan

      Benar. Begitu fisiknya berubah di S6 Edge, harga ponselnya mahal banget.

      >OPPO pertama yg sy beli itu di manado yaitu OPPO N1
      >saat lagi holiday ke bunaken ane mampir dlu di itc manado sy trtarik krn ini hp camera berputar baru layar sentuh >blakang unit bgtu
      >tp tdk sprti yg d ceritakan pak herry mrka jujur tdk bhong atau apa gtu deh

      Wah, bagus deh kalau mereka jujur.

      >saat itu ane beli d jakarta tau2 promotornya sprti yg d blank oleh pak herry
      >di situ sy tegur mbak trsbt sy ngotot
      >mbak ini di buat d cina.. mbak ngk usa malu jual brand cina.. krn sy bangga dgn produk ini, mbak trsbut cuman senyum2 >sja tp sy ttp beli

      He… he… si mbak kena batunya. Untung Anda tetap beli ya.

      >saat itu aneh menjatuhkan find7 ane.. layarnya pecah.. tp msih bisa d pake
      >cuman ngk enak d lihat retak2 bgtu
      >jadi ane ke service centernya OPPO

      Biaya perbaikan Find 7 kena berapa, Pak?

      >klo vivo mnurut yg sy tinjau ane ngk suka
      >krn caranya menawarkan menjatuhkan sekali brand OPPO, Samsung dan apple

      Boleh tahu Anda mengalami hal itu di kota mana, Pak?

  156. yg posting ginian.. hanya berani dimedia kayak bgni.. coba kita buktikan mana yg lebih unggul.. jngn membicarakan soal harga.. tapi lihat kwaliatas dong.. tai sapi buat yang buat mau jatuhin Oppo.. bilang sj klw takut kalah dengan penjualan Oppo..

    1. Pak Amran,

      Saya malahan sejak awal nggak memperdebatkan kualitas lho. Yang saya permasalahkan adalah kejujuran dalam berjualan.

  157. Saya 2 tahun pake OPPO smartphone dan masih bagus sampai sekarang. Memang hp cina tpi tidak semua hp cina jelek. Bukti nya OPPO hp cina yg kwalitas tinggi. Thanks OPPO SMARTPHONE jaya selalu. Biarkan anjing menggonggong.

    1. Pak Resa Prasetiyo,

      Buat saya, mau sebagus apa pun kualitas suatu ponsel, kalau cara berjualannya tidak jujur, ponsel itu tetap tidak menarik.

  158. Untuk bapak zeon saya sedikit penasaran nih..oppo pertama itu N1 naik peringkat ke Find 7..tp napa turun ke mirror 5?apa iya hanya soal bentuk?

    Kalau sudah pakai hp dengan spek bagus apa iya mau turun pangkat?kalau saya sih lebih ke R1X..

    Sebut2 mirror 5 berbau promo gmanaaa gt..soalnya mirror 5 memang di promosikan luar biasa

  159. Hary

    Saya berencana ingin mengeluarkan hp buat karyawan saya. tapi saya masih bingung untuk memilih hp. Soalnya banyak merk SMARTPHONE yang kuatlah

  160. Biaaa brand baru yang lagi meroket banyak yang menjudge sama komen2 ngehe doang ibarat pohon semakin tinggi semakin kenceng di tiup angin,emang lo lo pade pada bisa bikin hp?
    Ngaca woy sejelek apapun brandnya intinya lo lo pada pake kan? Dan lo lo pada yang belom pernah pake jangan asal ngomong jeplak petasan banting begono, lo pikir lo lo semua pinter gitu? Kalo masalah pemasaran mereka salah ya wajar lah boong boong dikit toh orang indonesia paling suka kan di boongin? Semua MERK semua PRODUK dalam pemasaranya mereka pasti berbohong jarang PENJUAL yang jujur, kalo jujur ya barang ga laku terbuat dari apa bla bla bla… Menurut gue sih seburuk apapun brandnya yang perlu lo lo orang tau itu,KALIAN EMANG MAMPU PRODUKSI BARANG SENDIRI DAN MEMASARKANYA DENGAN SEJUJUR JUJURNYA?? yang saya ketahui juga XIOMI dibilang harga murah spek tinggi begitu dk bongkar,hmmm bohong besar konspirasi media gedged!! Jadi di pikir dulu kalo mai berkoar

    Thanks buat tempatnya bapak HERRY SW yang ilmunya seolah melebihi TUHAN

    1. Pak Frans Ariyanto,

      Jadi, bohong-bohong sedikit Anda anggap wajar? Bagi saya, tidak jujur dalam menawarkan ponsel merupakan hal yang sangat tidak wajar.

  161. Kurasa selama ini oppo juga baik2 aja, memang ada beberapa yg banyak komplain, karena belom begitu sampoerna, tapi dari versi upgrade nya pun semakin membaik.

    1. Pak Andrew,

      Yang selama ini saya permasalahkan memang bukan kualitas produknya, melainkan cara berjualan ponsel Oppo yang saya anggap cenderung mengelabui konsumen awam.

  162. Pak herry yg bilang sendiri, jawaban dari tanggal

    September 13, 2015, @15:21

    Yg di permasalahkan itu hanya karna berjalan nya kan??
    Bukan kualitas, berarti emang terbukti kan kualitas oppo bagus…
    Maaf saya pemegang oppo sejak 2013, gak pernah ada masalah seperti brand lain yg semakin lama jadi lambat/lemot…

    Masalah bisnis, namanya juga sales, bagaimana ya mengunggulkan produk nya sendiri..

    Terimakasih

    1. Pak Andrew,

      Ya, Anda benar sekali. Yang saya permasalahkan buatan kualitas produk, tetapi etika bisnisnya. Mengunggulkan produk sendiri memang wajar. Namun, kalau sampai memberikan informasi palsu, itu tidak bisa dibenarkan. Dilihat dari sudut mana pun, ponsel Oppo tak bisa dibilang berasal dari Amerika lho.

  163. Kalo mnurut q sih oppo itu uda jd trendsetter nya smua brand HP skg, buktinya Skg uda bnyak bgt Hp yg ikut2an gesture kaya Os color, Emng sih bs pake launcher tp kn donlot lg kmakan sistem lg oiya lemot ga di HP???? ga cuma itu vooc charger nya jg, Si biru, ada si merah jg ikut2an Tapi tetep Uda nyobain charger oppo paling Cepet jg sih jd ga betah ngcas pake hp yg lelet, masa mo bawa aki kmna kmna demi cas cpet?? ga jg kan!! Hasil kamera nya jg TOP uda di adu jg sama demolive si biru si merah emang oppo kamera hauce kalo kata Koko gemes ??Kalo Asal muasal oppo Sih dr China sblum di smartphone oppo itu maen nya di Elektronik dkk.. Jd Bs bayangin kn bkn perusahaan abal2 lg!! Em.. Kalo masalah keuntungan sih Itu wajar ajah kalo oppo ngasi keuntungan lebih buat owner, itu namanya trick marketing yg bagus Dan berani mgkya oppo dimana mana harga nya sama kalo turun ya dari sabang sampai merauke turun semua itu baru namanya Prinsipal.. Kalo harga bekas Hp oppo terjun bebas di pasaran ya Mungkin masyarakat indonesia harus kerja lagi yg giat biar bs beli HP baru jangan yang bekas yayayaya.. hehehe becanda Ya emang dimana mana harga hp bekas pasti setengah dr harga hape baru nya kan kan kan..
    note
    Em.. Q seneng sih dengan adanya oppo Berati banyak brand kompetitor yg was was karena takut Kegeser and RIP bukan andi rif ya
    Buktinya oppo uda jalan di tahun ke 3, berati apa donk?? Om harry Banyakin mimik aqua yes biar fokus sampe di tahun ke 4 ke 5 ke 6 dan tahun tahub selanjut nya, duh gemessss

    1. Pak Lalalala,

      Aduh… saya pening membaca komentar Anda. Sebab, ada banyak banget singkatan.

      Buat saya sederhana saja: mau sebagus apa pun produknya, hasil survei di lapangan membuktikan kalau cara penjualan ponsel Oppo masih tidak jujur. Jadi, ponsel Oppo tetap tidak layak untuk direkomendasikan deh.

  164. Jual beraneka ragam jamu
    * Kuat2in elu scroll dr atas ampe bawah, yg ada pegel deh tuh jempol

    Jangan kemana mana karrna kroscek akan segera kembali

  165. mgkya elu kalo mo jd bloger tuh yg konsisten, katanya suda menembus pasar amerika, As, asia, china, eropa?? berati elu lebih tau donk di eropa belahan dada bagian mana????
    butuh aqua? apa butuh Fiesta?

    1. Bu Ivone,

      Maksudnya gimana ya? Biarpun Oppo sudah menembus pasar di negara-negara tersebut, ia tetap berasal dari Tiongkok, bukan? Oppo tetap tak bisa dibilang dari Amerika tho.

  166. Skrg OPPO sdh 2 tahun, tapi knp pak herry selalu menjatuhkan nama brandnya, harusnya klu bpk merasa benar harus menegur promotornya lgsg klu salah, jgn mencaci maki brand tersebut.

  167. Tapi saya pake oppo puas, kamera bagus, buat bisnis lancar, gaya udah mewah. Gajah depan mata ga kliatan semut sebrang lautan kliatan. Liat dah hp apa yg kalian pada pake sekarang, masih bagusan ama kerenan oppo

    1. Bu Eva,

      Silakan membaca lagi seluruh komentar mulai dari atas. Yang saya permasalahkan bukan kualitas ponsel Oppo, melainkan cara pramuniaga Oppo dalam berjualan lho.

    1. Bu Dian NH,

      Alasannya sederhana. Sebab, cara berjualan ponsel Oppo masih tidak jujur. Kalau sudah jujur, saya takkan mencelanya lagi. Saya juga akan mulai me-review kembali ponsel Oppo.

  168. Pak herry, yg anda permasalahan adalah spg/spb brand tersebu krna gk jujur? Klo anda tau dy gk jujur knp gk bpk tegur, sebagai konsumen. Itu bisa di blg penipuan asal produk. Anda tau knp gk negur dy trus blg klo asal produk dr china.
    Anda seharus’y komplen ke oppo langsung.

    1. Bu Via,

      Saya bukan karyawan Oppo sehingga tidak berhak menegur mereka. Keberatan saya terhadap cara berjualan Oppo sudah saya sampaikan ke pihak-pihak terkait kok.

      Kadang sambil bercanda saya bilang ke promotor Oppo, “Ah… masak sih Oppo dari Amerika.” Saya lalu menunjukkan aneka bukti. Mereka tetap bersikukuh Oppo dari Amerika. “Kata bosku begitu kok,” ujar mereka.

  169. pak herry
    utk pergantian Lcd find7 agak mahal mmng sekitaran 1jtan agak lupa

    bru pak herry itu mungkin sudah tdk ad lagi spg3 OPPO yg bermain bhong bgtu
    coba di cek ulang..
    krn kan blog ini sudah lama dr 2thun kmrin
    klo utk yg skrng sy rasa sudah tdk bgtu… mungkin sudah d basmi sama petinggi2 OPPO hahahaha

    baru utk mbak yokko atau pak yokko hahaha sory jgn mrh y
    alasan knp ane ganti ke mirror5
    pertama mmng sy suka ke gaya y
    kedua speknya trmsuk tdk rendah tdk tinggi sih..
    ane punya tmn pake asus zen2 sma sj
    hampir tdk ad perbedaan klo kita mau beli yg super spek atau spek standard
    contoh ram tinggi tdk mmbuktikan suatu HP bagus
    mnurut ane

    utk design mirror5 mnurut ane paling bagus utk smartphone skrng
    R1x bagus mmng tp kata stok terbatas susah d dapat skrng..

    1. Pak Zeon Lim,

      Untuk ponsel sekelas Find 7, biaya pergantian LCD yang dikenakan Rp 1 juta mestinya termasuk murah.

      Saya secara berkala iseng tanya-tanya ke gerai penjual Oppo. Hasil pengecekan terakhir pada minggu lalu, promotor Oppo masih bilang Oppo dari Amerika. Itu kejadian di WTC Surabaya. Bulan lalu, saya sempat ngecek ke promotor Oppo yang bertugas di sebuah gerai di Semarang. Eh… ngomongnya malahan kombinasi Amerika dan Jerman.

  170. Ribet ya bicara soal HP haha, 2 tahun note3 sm sy, akhir2 ini penyakitnya lalod dan restart sendiri, sy perhatikan wajar aplikasi kebanyakan dan mungkin ada aplikasi yg tdk sesuai. Seringnya jatuh tp tetep tahan banting, cm terakhir jatuh lecet dikit, jd niat deh mau tukar tambah hehe, tukar tambah sama note5 ajir nabungnya kelamaan, tiba2 liat OPPO r7 plus ngilerku smpe netes hehe. Kira2 kalau Herry jd sy si note3 Sy tetap pertahankan atau sy banting setir ke OPPO r7 plus aj. Ato ada usul ke HP lain? Tp soal psg yg jualnya kebanyakan bohong di hilangkan dulu hehe

    1. Bu Riskah,

      Saya belum pernah mencoba R7 Plus. Jadi, tak tahu bagus atau tidak.

      Ponsel lain? Silakan melirik beberapa ponsel berikut ini: Sony Xperia Z3 Compact, LG G4, dan (kalau Anda tetap menginginkan ketersediaan stylus) Samsung Galaxy Note 4.

  171. Waduh Pak Herry dibully sama sales OPPO nih…dari gaya bahasa dsb saya melihat semua yg membully Pak Herry ada satu orang tapi pakai beberapa nama deh. Saran saya ga usah diladenin Pak karena bagi pembaca yg cerdas pasti bisa menangkap maksud artikel yg Bapak tulis. Bukan soal kualitas tapi cara berjualannya. Hanya itu saja. Sangat jelas kok πŸ™‚

  172. Pembaca sekarang sudah pintar..kebanyakan yang komen kasar dan ga berbobot biasanya sales atau promotor..karna memang begitu mental mereka..BARBAR

    Sampai oppo berjualan jujur, saya akan terus jualan vivo dan menghambat penjualan oppo..karna vivo jualan secara jujur

    Bukan seperti pihak oppo yang selalu bilang “oppo joy 3 dan mirror 5 sudah 4G” dan nyatanya semua itu hanya omong kosong

  173. hahaha….saya setuju dengan pak herry,
    pengalaman saya,saya pernah berniat mau beli xiaomi mi41,nah pas dsitu saya dtawarin oppo miror 5,katanya lebih bagus lah,kamera juga lebis bagus lah,n bisa dikasih mmc kalau xiaomi enggak…pokoknya menjelekkan xiaomi mi4i,terus saya iya iya’in aja itu,tapi saya ttp milih xiaomi mi4i,terus salesnya oppo sampai bilang biasanya yg ngambil xiaomi mi4i kecewa setelah buka barangnya n dibandingin sama oppo mirror 5,tapi teyep saya ambil xiaomi nah disitu saya buka juga xiaominya…terus saya bandingin hasil jepretannya…hahaha…saya ketawa puas banget sambil bilang alhamdulillah saya ambil xiaomi,ternyata hasol gambarnya kalah jauh bgt…bahkan kamera selfeinya kalah jauh juga…hasil jepretan oppo terlihat pucat…lalu tingkah sales oppo tersebut jadi beda..jadi chuek & jutek banget
    itu sekilas pengalaman saya

  174. Wahh pak herry….anda sepertinya pebisnis handal ya pak….dan peneliti HP OPPO …klo beli kita musti tanya bapak dulu…tp klo rusak baru dipakai 1 minggu nanti bapak bantuin ya…supaya servisnya cepat pak….

  175. Ternyata bukan hanya ngaku dari USA pak.
    Tapi para promotor oppo ini tidak segan-segan menjelekkan hp lain. Contoh asus panas lah, samsung lemot lah dll. Dalam kasus ini saya ingin minta pendapat pak herry? Apakah hal tersebut boleh dilakukan?

    1. Bu Vina,

      Kalau kita bicara etika bisnis, seharusnya tak boleh dilakukan. Namun, praktik di lapangan seringkali memang seperti yang Anda sebutkan.

  176. Spg nya oppo kalo hombrek produk lain seperti samsung, asus, axioo dan lainnya kebngetan. gak tau etika. dijelasin yg jelek2nya saja lah, tp klo oppo pakek dibanting segala lah. punya hp masa buat dibanting2…. nggak kan? masa klo mau bli tv coba dibanting dulu itu tv nya. hahaha…
    tolong lebih menjaga etika berjualan dgn tidak menjelekkan produk lain.

    1. Pak Elyakin,

      Yang saya tahu, Oppo adalah merek ponsel yang cara berjualannya cenderung paling mengelabui konsumen.

  177. saya sebagai pengguna Oppo Neo 3, Sangat Kecewa dengan Kwalitas yg Terdapat pada Smartpone Oppo Neo 3 ini..?
    Terutama Pada Sistem Android yg Kurang Mumpuni, Dengan Spek” Smartpone Oppo Neo 3 yg Lumayan Bagus..!
    Sering kali Terdapat Aplikasi Berhenti Sendiri, dan Lemot Pada sistem” yg terdapat pada smartpone Oppo Neo 3 ini.
    Sudah 3 kali ini saya Flashing smartpone ini. tetapi Kendala yg sma yg sering terjadi pada smartpone ini..

  178. Untuk sekarang ini penjualan oppo mulai susah karna samsung tidak bodoh, mengeluarkan j1 ace dan j5 yg sulit di alihkan dengan spec yg lumayan

    Untuk oppo sendiri sudah mulai ingin naik level dengan menghilangkan produk di harga 1jutaan dmana joy+ (ram 1 yg lemoet bngt) dan joy 3 (keistimewaannya cuma bisa pke otg) sudah mulai langka stokannya..

    Mirror 5 sedang digenjot penjualannya tp user sudah pintar dan sudah tau produk itu belom 4G dan kamera msh 8MP..yg saya bingung promotor oppo selalu bilang walau kameranya 8/5 MP tp karna resolusi tinggi jadi setingkat 24MP

    Memang bisa ya pak Megapixel berubah karna resolusi layar?tolong pencerahannya pak..

    Terima kasih

    1. Pak Yokko,

      Menjawab pertanyaan Anda di dua baris terakhir, jawabannya: ya tidak bisa.

      Penjelasan promotor Oppo saya pantau memang seringkali ajaib.

  179. to pak herry..
    hombrek itu artinya mempengaruhi dan menekan pembeli agar mau beli oppo. kelewatan banget kok… caranya merendahkan brand lain gak punya etika.

    1. Pak Dandos,

      Oh ok. Saya baru kali ini mendengar istilah hombrek.

      Kalau berbicara etika bisnis, sikap promotor Oppo memang seringkali kelewatan.

  180. saya kemarin tergoda dan akhirnya membeli Oppo joy di salah satu konter hp di jakarta,awalnya sih mau beli samsung,eh sama mbak2 yang jual dibilang oppo lebih bagus specnya dibandingkan samsung dengan perbandingan harga yang sama,dan keunggulannya pada jangka waktu asuransi oppo lebih lama.sedangkan saat saya tanya oppo asanya darimana dijawab bahwa opo memang dari china,tetapi hp samsung pun juga dirakitnya di cina,jadi ya sama saja katanya.
    saya jadi ragu nih telah beli oppo ,setelah baca blog ini,..

    1. Pak Heriyanto,

      * Jangka waktu asuransi Oppo lebih lama? Asuransi apa ya?

      * Wah, bagus deh promotor tersebut. Anda kebetulan dapat promotor yang tergolong jujur.

      Saya memang tidak menyarankan konsumen membeli Oppo. Namun, karena sudah terlanjur, ya dinikmati saja, Pak. Sebab, kalau dijual, harga ponsel Oppo akan terjun bebas.

  181. Saya ingin bertanya pak herry, apa kelebihan dan kekurangan Oppo R7?

    Maslah nya selma saya pakai sekrang ga da maslah dan ga ada ngelag, mau game lancar kamera bgus

    1. Pak Elpas Saputra,

      Maaf, tak tahu. Saya belum pernah mencoba R7. Selama cara berjualan Oppo masih mengabaikan kejujuran, saya tidak tertarik mencoba ponsel Oppo.

  182. kli blum coba oppo jgn pda ngomong dlu lg, klo kere mh kere ja jgn suka ngebully. kya pnya otak pintar ja lu2 pda bisanya cma ngomongin. pepatah bilang org pintar itu tdk byak bcara, sma ja klian itu kya peribahada tong kosong nyaring bunyinya

  183. persmisi saya mau bertanya vivo y28, sepertinya camera bening bgt. untuk speknya kalo dipromoin di bbrp tmpat bagus jg, tp blm tau sebenarny bagus apa tidak. bingung banget mau beli hp asus zenfone 2 laser, xiaomi redmi 2, LG magna,apa vivo y28. tp kalo saya liat paling bening vivo. tapi blm tau yg lainnya bagiamana. masih banyak yg belum tau jg. tentang servisny juga berkala 6 bulan untuk assesoris, servis 1 tahun. kalau asus xiaomi menurut bbrp SPG servisny agak sulit walaupun resmi, bagaimanapun servis hp jg dipertimbangkan kalau ada apa2 dg hp ny. mohon pencerahannya ? tapi memang SPG-SPG ny selalu bandingin vivo dg hp lain, dibandingkan dg Samsung grand prime, Asus, xiaomi, LG

  184. Dear Bpk Hendry and haters oppo,

    Saya pengguna oppo loh cuma oppo yoyo yg murah. Bnyk yg blng prosesor mediatex jelek tp saya coba pke aj dan sudah 1 tahun saya pake ga pernh dpt mslh. Baterai ga bocor, dan ga pernah lemot. Ponsel sll update dgn semua aplikasi baru. Adik saya menggunakan samsung Grand 1. Kami mempunyai pixel yg sama utk camera. Belakang 5 dan depan 2. Utk camera dpn saya akui samsung lebih bagus tp camera belakang jauh lebih bagus punya saya oppo drpd dia. Dan mslh disamsung adlh hp na gampang lemot jika terlalu banyak aplikasi. Dan batre biar MAH bsr tp sgt boros. Keunggulan oppo lg klo di charge ga pke lama. Cepet bgt penuh na. Utk harga jual. Kaka saya kerja di gerai hp. Jd yah tergantung kondisi. Emang samsung hrga jual ga jatuh tp klo kondisi parah yah sama aj. Masalah promotor yg tukang bohong. Yah namana penjual bisa dpt komisi besar ya wajar” ajlah. Tergantung dr kita nya kan ya. Semua Spg pun ga pernh ad yg jujur. So, sblm komentar di coba dlu. Skr yg saya liat malah org lbh banyak menggunakan hp merk oppo & asus. Krna harga yg terjangkau dan kualitas bagus. Klo samsung. Punya uang 2jt cm dpt kamera yg vga. Dgn os yg sangat sederhana.

    1. Bu Nila,

      1. Prosesor MediaTek saat ini sudah jauh lebih baik daripada bertahun-tahun silam. Jadi, kalau masih ada yang menilai MediaTek pasti jelek, hal itu jelas kurang tepat.

      2. Anda menulis “…Utk harga jual. Kaka saya kerja di gerai hp. Jd yah tergantung kondisi. Emang samsung hrga jual ga jatuh tp klo kondisi parah yah sama aj.” Dengan asumsi kondisi sama-sama masih mulus dan bergaransi resmi, harga jual Oppo bekas jauh di bawah Samsung, bukan? πŸ™‚

      3. Anda menulis “…Masalah promotor yg tukang bohong. Yah namana penjual bisa dpt komisi besar ya wajar” ajlah.” Menurut saya, hal itu tidak bisa dibilang wajar. Berbohong demi memperoleh komisi besar tidak dapat dibenarkan.

      4. Anda menulis “…Skr yg saya liat malah org lbh banyak menggunakan hp merk oppo & asus.” Spesifik ke Oppo, saya yakin banyak yang membeli Oppo karena terkena bujukan promotor.

  185. Wow dah 2 tahun masih anget aja ya Pak Herry hehehe. Salam kenal Pak saya UD.DORANG (Usaha Dagang Dodol Sembarang) tapi hobinya ngoprek2 HP πŸ˜€

    Banyak komen emosi yg gagal paham maksud yg disampaikan post ini. Untuk di malang sih promotornya bilang brand cina lisensi amerika pak, itu maksudnya gmn ya? Trus kamera 8MP bisa dijadikan 24MP, ajaib sih tapi logika saya gak nyampe wkwkwkwkwk.

    Tapi gak semua promotor ya gitu, ada juga yg woles seperti yg pernah saya temuin di bangil pas lagi beli pulsa liat promotornya oppo ngelayanin aja orang yg mau beli asus, diliatkan deh spek didusbooknya setelah itu baru nyodorin demo livenya oppo disuruh dicoba sambil jelasin. Walopun tetep belinya asus tapi tetep dilayanin sampe dikasir. Saya lebih respect sama yg gini dari pada sama yg manis didepan sambil maksa kalo dah ditolak malah jutek gak karuan. Semoga promotor yg di bangil itu tembus target terus dah kerjanya fair gitu

    1. Pak Faery,

      Salam kenal juga.

      Soal merek Tiongkok lisensi Amerika, setahu saya, itu nggak benar. Cuma biar kelihatan keren dan promotor lebih mudah dalam berjualan.

      Kamera 8 MP bisa dijadikan 24 MP? Nah… sama. Saya juga bingung.

      Betul. Ada sebagian promotor Oppo (sayang jumlahnya minoritas) yang cenderung jujur dan memperhatikan etika (eh… etika atau etiket ya?) saat berjualan.

  186. Siang pak herry saya kerja dikounter hp didaerah arjawinangun cirebon walaupun saya kerja dikonter tapi setuju sama bapak yang tidak suka dengan spg oppo… Salam kenal ya pak

  187. Sy pengguna Oppo R 3001 sdh 1 tahun sy pakai gak ada mslh berarti,,sy juga menggunakan samsung grand 2 sdh 2 thn lebih sekarang yg samsung grand 2 jd cpet panas…
    Selama sy pakai Oppo dan samsung sy merasa puas,dan waktu sy membeli hp oppo salesnya jujur kok itu produk china..
    Dan malam ini sy membeli 2 HP Oppo R7 yg harganya 4jt an dan HP Samsung A8 5,9jtan..
    Kalo mnurut sy antara HP samsung dan Oppo hampir sm kualitasnya,,bahkan spesifikasi Oppo R7 yg hampir sm dgn A8 harganya lbh murah..
    Dua duanya berbahan metal…
    Hanya sekedar sharing pengalaman menggunakan samsung dan oppo,kalo yg lain sy tidak tertarik karena merasa nyaman dan coxok dengan 2 merk ini ( Samsung dan Oppo ),,dua merk ini bagus kok..
    Dan kalo trij penjualan mungkin tergantung orangnya mau jujur apa gak??

    1. Pak Rizky,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi saat survei di lapangan, jauh lebih banyak promotor Oppo yang cenderung menutup-nutupi fakta daripada berkata apa adanya.

  188. Tapi sy setuju dengan pendapat pa hery bahwa tidak seharusnya sales berbohong untuk menjual produk yg di tawarkan..
    Mudah2an dengan adanya diskusi ini ada perbaikan dr segi SDM dan Cara Penjualan untuk semua merk HP produk China agar tidak membohongi konsumen dengan menyebut produknya dr eropa atau amerika,dan gak menjelek jelekan produk merk lain..

    Salam kenal pa herry,,..

  189. salam kenal pak,,,
    just sharing and ask?

    kalau untuk oppo jujur saya sudah pernah menggunakan semua series mulai dari oppo find muse sampe yg terbaru…karena saya mempunyai bisnis jual beli handphone..
    dan yg mencengangkan selama saya jual beli handphone bekas untuk produk oppo lebih banyak di “dijual kembali” karena banyak yg mengeluh sering eror system dan sering kerusakan hardware,,,dan rata2 banyak service pinggiran gak mampu dan ujung2 nya buat “dendengan”

    dari semua merk hp yg paling saya suka pribadi hanya ada 4 brand yg menurut saya awet saya gunakan,saya menggunakan motorola,htc,huawei dan blackberry..
    pertanyaann saya buat pak harry apakah dr 4 brand yg saya gunaka apakah lebih baik dari oppo atau lebih buruk?? dari segi software dan hardware??

    kemudian klo masalah pembohongan publik untuk oppo sangat pembohongan publik,,kadang ada promotor yg bilang systemnya color nya punya nya oppo itu sama seperti systemnya iphone,,padhal 0 besar untuk pemakanam system juga sama seperti halnya android lain…

    kemudian pertanyaan saya yg terakhir,saya mohon riview sedikit tentang motorola nexus 6 yg harga 5,5 di bandingkan oppo yg seri terbaru sekarang,,

    terimakasih

    1. Pak Mandala,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Pak Harry? Pak Harry yang mana ya? *tolah-toleh kebingungan*

      Kalau buat saya, Herry, empat merek yang Anda sebutkan sama-sama relatif oke. Lebih baik atau lebih buruk dari Oppo, baik dari software maupun hardware? Mesti dilihat tipe per tipe sih. Khusus Motorola, menurut saya, merek itu berada satu tingkat di atas yang lain.

      Saya belum pernah menguji pakai Nexus 6 sehingga tak bisa memberikan review. Dulu saya sempat tertarik mencobanya. Namun, begitu mengetahui harga awalnya di Indonesia, saya langsung batal melirik. Sekarang harganya sudah lebih masuk akal, tetapi minat saya sudah lenyap.

      1. hehehehe maaf om herry…

        soalnya rata2 sekarang untuk oppo hanya mengandalkan fitur dan kamera,,tp klo untuk hardware kesuluruhan produk oppo 0 besar…

        saya pernah bongkar mirror 5 dengan huawei Honor 4c untuk komponen lebih yahut punya huawei..klo untuk masalah fitur klo opo oke lah…hehe

        coba coba lah om untuk yg seri nexus untuk motorola hehe
        soalnya saya penggemar berat dari motorola walaupun umur saya 24 thn dan seperti nya produk motorola mulai ditinggalkan ,saya malah jatuh cinta,,saat ini saya mengkoleksi series motorola droid jadi saya penasaran juga untuk yg series nexus hehe

        oh iya untuk motorola series moto G apa om pernah meriview??
        makasih
        next pengen pengen berbincang2 masalah handphone dengan om..
        sekali lagi terima kasih om

        1. Pak Mandala,

          Oh ok. Kebetulan saya nggak pernah bongkar-bongkar ponsel.

          Karena penerus Nexus 6 sudah di ambang mata, saya tak berminat lagi mencoba Nexus 6.

          Moto G pernah saya review. Ada di blog ini kok.

  190. Pak Herry, saya pemilik toko di Malang .. Menyinggung soal “permusuhan Oppo dan Vivo . Saya juga mengalami hal serupa .. Ketika saya menjual Vivo maka Oppo menarik diri dan melarang keras untuk saya menjual Vivo.. Menurut Bapak apakah hal ini bukan sebagai bentuk monopoli dagang .. Bagaimana tendensi dan etika bisnisnya ya ?

    1. Pak Tomy Liman,

      Sampai saat ini apakah di Malang Oppo masih bermusuhan dengan Vivo?

      Pemilik dua merek itu sebenarnya sama. Di awal kehadiran Vivo di Indonesia, Oppo dan Vivo memang terlihat sekali bermusuhan. Saling menjatuhkan. Suatu saat, petinggi Oppo dan Vivo di Indonesia dipanggil ke Tiongkok. Pulang dari sana, Oppo dan Vivo sudah berdamai.

  191. Memang oppo berbohong,tpi coba liad skrg!! sy sbnar.y suka samsung yg sudah besar dri dlu.tpi syg.y samsung skrg aplg merk grand,semua grand layar.y lucu kyk game tetris dipencet” sprti ada gelembung air dalem.y. Paling gk suka hp yg lyar.y ada gituan yg kebanyakan ada di semua merk samsung grand.hihi
    Sbnar.y sy suka hp iphone tpi hp skrg sy oppo. Alsan sy pke oppo krn mw beli iphone gk tebel kantong,mau beli samsung bosen dikit” ngeluarin produk yg hampir” sma dgn type” sebelum.y. Akhir.y coba” dioppo. Buat sy skrg merk apapun hp sma aja,klo mau yg bagus yaa..beli yg spec.y tinggi dgn hrga mahal.buat oppo ya jujur sj lebih baik πŸ™‚

    1. Pak Try,

      1. Biasakan menuliskan kalimat dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat karena membuat kepala pening saat coba membacanya.

      2. Kalau sudah berbohong, berarti titik. Habis perkara. Merek itu langsung dicoret. Tidak ada tapi-tapian lagi.

      3. Bila alasan Anda membeli Oppo karena tidak berkantong tebal, lain kali coba beli Xiaomi deh. Tahukah Anda kalau keuntungan berjualan Oppo itu sangat besar? Keuntungan untuk toko dan promotor itu menjadi tanggungan pembeli lho.

  192. Hp sy oppo skrg. Sy setiap mau gnti hp sllu cari tau asal usul.y merk trsebut dri mana?sblum pu.y oppo pass ketemu promotor.y bilang tdk sesuai dgn yg semesti.y sy lurusin aja dgn kata”mba sbelum mau beli oppo sy sudah pelajari asal usul & spec.y” yg perlu sy mau tau hp yg mau sy beli ini kondisi.y bagus ato tdk.itu prnyataanku sma promotor.y! Krn biasa hp dlam kondisi gk bagus wlwpun baru buka dos. Tks

  193. Alasan sy memakai hp oppo krn mau beli iphone gk mampu dompet sy. Mau beli samsung grand,ehh dipencet dikit doang layar.y muncul sprti gelembung air sprti di game tetris jaman dlu. Klo oppo memang sy gk prnah trtarik dgn type joy,neo 1-3,yoyo,joy+,muse,clover. Cuma type” di fin5 mini smpe find yg paling tinggi sy minati. Sy pernah uji kekuatan baterai oppo find5 mini dgn galaxy grand 2.posisi hp masih sma” jgka pemakaian 1bln lebih.tes main coc posisi baterai sama” 100%full dgn contras layar jg full.ehh si grand 2 malah lowbet dluan.payah.

  194. Yg paling menjengkelkan nih samsung mega yg I9200 sy pke pemakaian 6bln udah 3x gnti baterai gara” main coc.nah sy pke find5mini sdah hmpir setahun main coc trus gk dikantor gk di rumah klo mlam smpe skrg gk ada mslah di baterai.itu yg bikin kecewa sy di samsung.bahkan keluhan customer sy di GMT mslah baterai melulu yg ada.di cas lama low.y cepat. Pelanggan sy temen sendiri beli grand2 pmakaian 4bln udah minta gnti baterai krn hamil baterai.y.haha jdi malu sy krn sy sndiri yg nawarin beli smsung.tpi tetap markotop samsung yg udah jatuhin blackberry saat ini.hehe

    1. Pak DK,

      Sekali lagi, biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap.

      Ehmm… GMT yang dimaksud apa nih? Apakah Anda memakai ponsel Samsung bergaransi GMT?

  195. Skrg sy mau coba” lg dgn vivo apa bisa setara dgn oppo apa gk nih? Tpi syg.y jg vivo pasang hrga Y28 kemahalan banget tuh. Pdhal khan dia baru mau merintis.mau.y kan di mulai dari rendahin hrga dlu baru naikin.tpi lumayan berani vivo mau bersaing dgn samsung pdhal kompetitor baru tuh di indo. Sdh ada 2 lwan nya lg si samsung. User kebnyakan gk ngerti yg nma.y chipseet ato MTK tau.y mereka ha.y kendla yg ada saat memakai hp cina type kelas bawah.Klo hp china golongan oppo sma vivo jlek,tpi kok samsung makae baterai buatan made in china sih? Bingung

  196. Mohon maaf pak hery.
    Saya baru saja beli oppo 7. Tetapi saya down membaca artikel anda. Menurut saya pribadi bagus juga hp oppo ini terapi untuk jangka panjang saya kurang tau. Saya beralih ke oppo soalnya penasaran saja.menurut bapak bagaimana untuk jangka panjang nya.
    Dan kualitas hardware nya bagaimana pak.
    Gak mungkin kan hp saya ini dijual lg soalnya baru seminggu beli.

  197. Pak Herry

    Gini pak. Kemarin waktu saya masih di GMT kerja sebagai staff gudangnya kebanyakan komplain datang hp samsung yang selalu kendala di baterainya pak.kenyataannya pemakain baru sekitar 3bulanan belinya. Nah lalu saya masih salut sama samsung dikarenakan specnya bagus dan ternama di dunia. lama kelamaan mulai banyak jg keluhan di samsung apalagi samsung mega 6.3 inc”. Bahkan waktu udah ada promotor oppo masuk ke GMT (graha media telkom) yang terkenal di indonesia,saya masih tetap nyaranin anggota saya make samsung. Tapi selalu masalah dibaterai. Nah pas temen saya ganti oppo find5 mini di adu dengan grand 2 baterai grand lebih dulu lowbet dibanding oppo find5 mini. Nyatanya oppo kan hp cina kan pak..

    1. Pak DK,

      Oh, GMT di sini singkatan dari Graha Media Telkom tho. Saya pikir Global Mobile Technologie.

      Ya, Oppo adalah ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok.

  198. Pak Herry

    Di sini saya gak berpihak sama oppo ya pak saya cuman kebetulan aja sempat ngalamin kejadian rumit waktu masih make hp samsung. Saya selalu bangga dulu make hp samsung giliran banyak anggota saya ngeluh soal baterai cepat down dan bengkak saya jadi lirik si oppo buat coba coba aja..hehe
    Yang saya bangga liad dari merk samsung sekarang yang type A keluaran baru dengan layar amolednya.

    1. Pak DK,

      Ponsel Samsung memang tidak bagus-bagus amat kok. Dia cuma menang populer. Daripada Samsung, untuk sesama Korea, saya lebih memilih LG.

  199. Pak herry

    Kalau xiaomi ogah saya pak. Cara jualannya yg cenderung online itu saya gak suka pak. Saya kalau beli barang baru ataupun bekas mau lihat dulu supaya lebih puas. Apalagi soal hp saya harus liad dlu sisa storage nya krn samsung s4 saja yang 2gb internalnya kalau gak salah ingat ya pak..itu sisa 1GB saja sisanya setelah dimasukin aplikasi bawaan nya. Itu biasa yang bikin kesel pak. Sama juga oppo ada yang gitu modelnya. Gimana ya pak herry?

    1. Pak DK,

      Xiaomi memang memprioritas penjualan online. Namun, setelah melewati periode tertentu, penjualan offline juga digelar kok.

      Bloatware Samsung memang banyak. Kalau Xiaomi lebih minim.

  200. Mau minta usul nih!!
    Hp android smartphone apa yang bagus ya selain samsung?
    Hp cina juga gak apa asal jangan buatan tiongkok type class premium kebawah yah..tks

  201. Oppo new arrival, neo7 harga 2,499, spek nya rendah pake mediatek lagi, ram cuma 1gb, layar gak gorilla glass, jaringan masih 3g, batre cuma 2420mAh. Malesssiiinnnn !!!

  202. Semua brand bagus. Untuk penilaiannya Tergantung dari sudut pandang masing”. Kalau tidak bagus maka tidak akan ada yg mau beli dan gunakan. Vivo,oppo,samsung,lenovo,acer,asus,lg,huawei,dll semuanya bagus. Dan untuk strategi penjualan tetap yg paling hebat adalah ujung tombaknya yaitu promotor dilapangan. πŸ™‚ salam dari wiracell.com Makassar

  203. Pak herry

    Kalau LG dengan xiaomi saya agak ragu pak..di samping acecorisnya susah di dapat apa lagi baterai LG dengan xiaomi agak susah di daerah saya sulawesi tenggara. Itu yang jadi pertimbangan saya untuk kedua pensel yang lumayan terkenal itu.

  204. Baru saja tdi siang saya muter” nyari samsung j5 . Dan 90% toko “mempromosikan” OPPO … yang bikin saya sempat ingin tertawa adalah saat saya bertanya processor apa yg digunakan oppo mirror 5 … penjualnya bilang ” kalo mirror 5 udah pake snapdragon mas, gag kayak samsung. Masih pake MEDIATEK” … sejak kapan sasmung pake mtk?? :v :v

    1. pak saya mau tanya,,akhirnya saya putuskan untuk cancel beli motorola nexus 5,kemudian saya datang ke salah satu konter daerah saya,pertama saya mulai melirik huawei p8 lite,untuk performa nya sangat bagus,sampe2 promotor nya nunjukin klo huawei bukan sekedar brand cina lokal tp huawei sudah brand global sampe 170 negara di dunia,dan nunjukin klo huawei juga sudah pakai bintang alexis sancez dan mensponsori ac milan,arsenal,psg,atletico madrid dan ajax amsterdam,saya rasa udah cocok sama nih hp,lha pas mau deal ehalah diserobot promotornya oppo dan nawarin mirror 5 yg katanya dari segi kamera nya lebih bagus dari p8 lite,,,dan masalah SC huawei nya juga kalah sama oppo,kemudian saya tanya apakah oppo sudah membranding tim sepak bola kelas dunia?dan lebih mengejutkan lagi kata si promotor oppa bilang sudah membrending dan lebih banyak dari huawei…dan dari situ saya bingung…untuk khualitas dan dari segi Nama brand lebih bagus mana pak?huawei p8 lite/oppo mirror 5 ???

      1. Pak Mandala,

        Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

        Saya belum pernah mencoba dua tipe ponsel yang Anda sebutkan. Namun, kalau harus membeli buta, ya saya lebih memilih Huawei. Di Indonesia popularitas merek Huawei memang tidak setinggi Oppo. Namun, secara global, di dunia Huawei jelas lebih populer.

  205. Salam dari Banjarbaru

    Sekedar sharing pengalaman serupa…
    Seminggu yg lalu saya baru beli smartphone di salah satu toko hp yg cukup besar di Banjarbaru. Saya sediakan budget maksimal 3 jutaan. Dari rumah saya sudah punya target, kalau bukan Samsung J5, Asus Zenfone 6 atau 2, atau Lenovo A7000…

    Singkat cerita, sesampainya di toko tsb, saya bersama istri & putri kecil saya langsung di giring ke rak merk Oppo. Kami dikeroyok 3 spg yg semuanya seolah memaksa utk beli Oppo. Saya berkali2 tanya merk lain, jawabnya cuma “ada”, tp pembicaraan kembali diarahkan ke Oppo. Bahkan ketika saya memaksa mendekati rak Samsung, tetap saja disodori Oppo (lupa tipenya) di depan mata saya. Saya nekat mengambil contoh Samsung J5 yg memang sdh dihidupkan di atas rak, mereka langsung tampilkan kamera Oppo yg 8 mp & membandingkannya dgn kamera Samsung J5 yg 13 mp. Memang punya Oppo terlihat lebih bening. Tp saya curiga, jgn2 bening di awal selanjutnya kabur. Dan meraka hy menampilkan & gak berani motret. Terus katanya, Oppo lisensinya sudah dari Amerika sementara yg lain masih Cina, & servis resmi Oppo sdh ada di daerah saya, kl samsung or asus harus ke jakarta. Bener gak sih servis resmi Oppo sdh ada di Banjarbaru or Banjarmasin?

    Yg paling lucu, saat saya memutuskan beli J5, semua spg yg sekian lama “khutbah” di samping saya langsung lunglai & cemberut… πŸ™‚ Istri saya, dan bapak2 yg juga liat2 hp di samping saya langsung pada ketawa…

    Note:
    Saya tidak bermaksud menjelek2an satu produk, tapi kalau jualan tolong yang jujur. Dan terus terang setelah kejadian ini, saya jadi malas masuk toko yg ada jual Oppo.

    1. Pak Ibnu,

      Dengan memperhatikan anggaran awal Anda yang Rp 3 juta, saya menduga waktu itu Anda disodori Oppo Find Mirror 5 yang harganya Rp 2,999 juta.

      Untuk melihat kemampuan kamera, jangan berpatokan pada tampilan di layar ponsel. Sebab, hal itu bisa menipu. Hasil foto dari dua kamera ponsel yang berbeda idealnya dibuka di layar laptop/PC yang sama. Nah… baru ketahuan deh.

      Saya tak tahu di daerah Anda sudah ada service center Oppo atau tidak.

  206. salam hangat untuk semua
    satu hal yang perlu kalian tahu, walaupun oppo brand baru di dunia smartphone. tapi inget cuma oppo yang berani investasi besar di indonesia, pabrik ada dindonesia sevice center hampir merata di seluruh indonesia, coba kalian bandingkan dengan merek lain selain samsung, contoh lenovo, asus, iphone,blackberry dll…,
    sekarang ada beberapa tipe oppo atau samsung buatan indonesia, klo brand lain tetap bertahan buatan cina, sampe kapan

    1. Pak Irwandy,

      Buat saya sederhana saja. Mau investasi sebesar apa pun, kalau cara jualannya tidak jujur, ya percuma deh. πŸ™‚

  207. untuk mas irwandi,kan msh beberapa??dan yg lainya masih menyusul..tenang pemerintah kita enggak bodoh kok..

    untuk om herry SW , untuk huawei p8 lite dengan mirror 5,om rekomended yg mana?

  208. 4 bln yg lalu saya beli oppo r7 hrga 5 jt , awalnya sih mau beli samsung a5 tpi sama salesnya oppo kali ya pkek baju ijo di tawarin oppo . awalnya sih ragu soalnya dri rmh pengen merk samsung , trus ak nanya mb oppo ini cina an yaa?? Di jawab iya buatan cina
    Tpi buatan cina pun kualitas nya bagus trus ak tnya sama samsung lebih bagus mana di jwb sama sama bagus kualitasnya .. Trus di jelasin fitur2 nya oppo tpi dri situ tidak ada pemaksaan untuk beli oppo soale suamiku jg beli samsung s6 edge pertama kali keluar skitar 11 juta msih 2 bln kakakku beli baru malah harga nya turun jadi 8 jt haduhh .. Klo di jual lagi kan memang elektronik pasti rugi yaa . tpi sampai saat ini gak ada masalah dg hpku malah temen2 pengen ngikut beli oppo dripda samsung…

    1. Bu Tiara,

      Selamat. Berarti, Anda kebetulan dilayani promotor Oppo yang pantas diacungi jempol karena:
      * Mengaku Oppo dari Tiongkok.
      * Tidak memaksa dalam berjualan.

      Promotor Oppo seperti itu termasuk langka lho. Populasinya kurang dari sepuluh persen.

  209. salam,
    orang udik mau lewat. sharing saja kok

    kemarin saya baru berkunjung ke salah satu outlet paling ramai di samarinda. karena saya awam, mengarahlah tujuan ke oppo. lihat lihat sebentar, ada yang menemui (salah satu sales promotion) #cepat_respon.
    ini keunggulannya apa mas, bla bla bla bla hingga 5 menit.
    langsung saya tes itu kamera yang bilangnya bermegapixel lebih bagus dari merk lain..

    tanggapan saya sebagai orang udik :::
    1. setelah berfoto, lihat ukuran fotonya dan bandingkan dengan kamera merk hp lainnya. lalu upload ke komputer/laptop/dsb. kemudian zoom, pecah atau tidak.
    2. tiap ponsel memiliki ketajaman layar yang berbeda beda. jangan sampai dibodohi sales promotion. hasil kamera yg terlihat belum tentu sama dengan aslinya bila anda cetak.
    3. saat mengunjungi merk ponsel alcatel/huawei tidak ada yang mengunjungi saya satupun dari sekian banyak sales promotion.
    4. apabila anda mengetahui kelemahan kelemahan yang ada pada ponsel di pasaran alangkah baiknya memberitahu kepada calon pembeli agar mereka dapat memikirkannya secara bijak, dan jangan lupa kelebihan dari ponsel tersebut disertakan karena terkadang kita hanya melihat dari sudut pandang yang menurut kita baik.
    5. orang jujur memang banyak cobaan, bersabarlah entah itu mantan pembeli, mantan penjual, penjual maupun pembeli.
    6. sekian. kapan kapan orang udik share lagi.

  210. Mf sharing jg nih… saya termasuk pecinta hp yg sering penasaran dg apa yg baru… saat ini saya bawa oppo find 7a , samsung note 3 neo sama asus.. klu kamera jujur masih bagusan punya ny samsung . Begitupun dng suara di handset ny bagusan jg samsung… padahal samsung note 3 neo kamera belakangny 8mp, oppo find 7a 13mp.
    Knp sy bilang bagus samsung krn gambarny lebih nyata. Trms

  211. Salam dari pemalang..

    saya punya konter di pemalang.
    Dan saya yang pertama kali babat alase oppo di pemalang. 2 tahun sy bermain oppo, dan alhamdllah promotor saya selalu bilang oppo pure dr china.
    malah kebanyakan dr user saya yg erat hubungan nya malah dengan promotor oppo..
    Justru sudah bnyk yg merasa puas dg pelayanannya.
    so far sy pakai oppo 1tahun dengan R1 masih top aja nih hp.
    Intinya, tiddak semua promotor oppo berjualan dg tdk jujur.
    Di konter sy, saya akui kagum dg promotor oppo sy.

    1. Pak Rizky,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sebab, saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana aktivitas tergolong padat.

      Salut untuk promotor Oppo di toko Anda. Titip salam apresiasi dari saya dan mintalah ia mempertahankan sikap itu.

      Kalau boleh tahu, siapakah nama promotor itu? Apakah nama toko Anda di Pemalang? Saya akan coba sampaikan kepada petinggi Oppo. Biar mereka tahu ada promotor berprestasi yang layak diapresiasi.

  212. Bagai mana kalau anda berjualan barang dengan harga Rp. 1000
    Di dalam Rp. 1000 itu untuk biaya iklan sendiri 700
    Untuk pengembangan produk 300 untuk keuntungan toko cuma Rp. 50

    Dengan anda berjualan barang Rp 1050
    Untuk pengembangan produk 700 untuk iklan cuma 100
    Keuntungan toko 250

    Barang mana menurut anda yg lebih berkualitas dan mudah terjual?

    Itulah samsung dan oppo
    Samsung banyak iklannya kan
    Sampe bejibun
    Memang keuntungan toko di buat kecil
    Cuman samsung meraup keuntungan lebih untuk iklan sebenaranya
    Terbalik dengan oppo
    Oppo meraup keuntungan kecil saja untuk iklan
    Selebih nya keuntungan untuk toko, dan biarlah toko yang usaha iklan untuk oppo sendiri
    Cerdas kan

  213. Sederhana saja soal kualitas barang
    Mungkin dsni sdh banyak pemakai ponsel buatan kore SS itu

    Bahan kerangka SS ( bezel pinggiran )
    Pertama kali beli pasti berwarna silver/chrom
    Tp coba anda pakai 1 tahunan
    Lama lama akan mengelupas kan
    Jadi kehitaman
    Dan coba anda ampals bahan kerangga oppo
    Yg harga 3jtan
    Sampai dalam sama warna dan bahannya

    1. Pak Widja,

      Lha masak beli ponsel trus iseng diampelas. πŸ™‚

      Yang sampai sekarang masih saya permasalahan adalah kejujuran promotor Oppo dalam berjualan. Kemarin saya baru saja dapat testimoni dari seorang calon pembeli. Kepadanya, promotor Oppo menjelaskan kalau ponsel Oppo berasal dari Jerman.

      1. Kan untuk membuktikan kualitas bahan pak
        Di pakai aja deh setahun dua tahun
        Untuk masalah harga atau keuntungan
        Menurut saya seperti komen saya yang pertama
        Karyawan toko yang pake baju oppo bisa juga di anggap user promotor si pak

        1. Pak Widja,

          Nah… itu masalahnya. Karena harus sering mencoba ponsel baru, rasanya susah buat saya untuk bertahan dengan satu ponsel selama 1-2 tahun. Lagipula, selama cara berjualan Oppo masih mengelabui konsumen, saya tak mau me-review ponsel itu kok.

  214. oalah karena bohong toh…?, kalo aq sih suka semuanya, cuma bohongnya saja yang gak suka kalo memang bohong lho…
    jangan ikutan bohong ya…
    hehehehe…

    1. Pak Nardi W,

      Boleh tahu dulu Rp 5 jutaannya maksimal berapa? Sebab, Rp 5,999 juta pun masih termasuk Rp 5 jutaan.

      Fitur-fitur apa saja yang Anda utamakan?

  215. Boleh numpang tanya pak…hp saya samsung galaxy grand plus tpi di discbook nya tertulis di buat di indonesia…ini asli gk ya…apa ada perbedaanya sama samsung yg di buat di negara lainya…

    1. Pak Tar Kecil,

      Sebagian ponsel Samsung memang sudah dibuat di Indonesia. Asalkan garansi resmi, tak masalah sih.

  216. Hallo…Pak numpang tanyak

    -Kisaran 5.000.000-5.500.000
    -Fiktur :kamera jernih,baterai tahan lama.kinerja lancar ketika di buat membuka banyak aplikasi sekaligus,dan 4g
    -Sekalian mau tanyak.sebetulnya oppo r7s apakah hanya mengutamakan design,soalnya teman2 saya
    bilang jika procesore oppo jelek.
    Terimakasih

    1. Pak Nardi W,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Hmmm… susah nih. Kalau kamera bagus, tidak lemot, dan sudah 4G, baterainya tidak tahan lama. Kalau baterainya tahan lama, kameranya kurang mantap. Anda lebih mementingkan kamera atau baterai nih?

      Oppo? Waduh, jangan beli ponsel Oppo deh. Bacalah ini supaya Anda mendapatkan gambaran lebih nyata http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/

  217. Saya mau sharing pak..gi mana menurut anda tentang coolpad smartphone? Apa coolpad tergolong smartphone yang bagus atau gimana pak?
    To:pak Herry

    1. Pak Try,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Saya belum pernah mencoba aneka ponsel terbaru Coolpad yang saat ini tersedia di pasar. Jadi, saya belum tahu bagus tidaknya.

  218. Bu Dewi Rachma,

    Waduh… jangan sekali-kali berencana membeli ponsel Oppo deh.

    Wkwkwkwkkwk ……

    Says merasa sangat lucu Jawaban @Pak Heryy_Sw
    Jgn Fonis Brand gt….

    Seperti Pak Heryy blg di awal Des 2013 apa OPPO bs bertahan Buktinya???

    Point plg penting knp Pak Heryy Gk prh mau bahas insentif Dari Samsung??? Pelayanan Samsung?? Spec Samsung ato Asus????

    Kl Pak Herry kenal ama petinggi OPPO knp gk di bcrkan utk pembenah??? Apa karna pak heryy gk di ksh duit ama petinggi OPPO?? Ato Jgn” gk kenal petinggi OPPO hanya ngaku” kenal…..

    Hahahahahhahahaha LUCU ABIS BLOG INI

    1. Pak Samsinar,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Lucu ya? Ha… ha.. ha… saya ingat tertawa deh. Semoga Pak Heryy membawa komentar saya ini.

      Saya pribadi, Herry, tak peduli dengan insentif dll asalkan cara berjualannya jujur. Vivo, Lava, dan Coolpad saya ketahui menawarkan insentif besar. Namun, mereka tidak mengaku-aku dari Amerika atau negara lain. Beda banget dengan Oppo. Saya juga sudah pernah menyampaikan kritikan saya kepada petinggi Oppo. Masak saya harus selfie bersama mereka untuk membuktikan kalau beneran kenal.

  219. Bukan Sebagian lagi Pak Heryy sudah hampir Semua Made in indonesia…

    OPPO Jg Made Indonesia Knp Gk di blg OPPO Mau buatan apa yg penting garansi resmi???

    1. Pak Samsinar,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Garansi resmi, tetapi kalau cara jualannya tidak jujur, percuma deh Anda membela Oppo. Saya tetap akan merekomendasikan orang lain untuk jangan membeli ponsel Oppo.

  220. Bu Dewi Rachma,

    Waduh… jangan sekali-kali berencana membeli ponsel Oppo deh.

    Wkwkwkwkkwk ……

    Says merasa sangat lucu Jawaban @Pak Heryy_Sw
    Jgn Fonis Brand gt….

    Seperti Pak Heryy blg di awal Des 2013 apa OPPO bs bertahan Buktinya???

    Point plg penting knp Pak Heryy Gk prh mau bahas insentif Dari Samsung??? Pelayanan Samsung?? Spec Samsung ato Asus????

    Kl Pak Herry kenal ama petinggi OPPO knp gk di bcrkan utk pembenah??? Apa karna pak heryy gk di ksh duit ama petinggi OPPO?? Ato Jgn” gk kenal petinggi OPPO hanya ngaku” kenal…..

    Hahahahahhahahaha LUCU ABIS BLOG INI

  221. Buktinya slama saya pake samsung dan oppo banyak fitur oppo yg sangat memudahkan saya, soal untung toko tu terserah pihak toko. Toh smua org jualan buat untung kan! Samsung kl g bs bersaing spt itu g perlu mengatai org! sportif dunk… buat malu aja kan jdnya! ????? takut kalah bersaing dgn oppo kah? Prcuma brand lama… wkakaka lucu pak herry… memalukan, spt anak kecil buat blog spt ini.
    Kl g brni dikritik g usa buat blog deh. Maen hapus status… wkakaka

    1. Pak Louis,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Soal toko mendapatkan untung, benar… itu terserah toko. Namun, kalau cara berjualannya cenderung mengelabui konsumen, maaf, saya tidak bisa membiarkannya.\

      Main hapus status? Semua komentar, bahkan yang mencaci maki saya, tetap diloloskan kok.

    1. Pak Nardi W,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Ya, silakan. Anda mau tanya apa?

  222. Sederhana saja, saya sudah pernah memakai produk hp berbagai merk (tidak usah disebut yaa), saya malah lebih nyaman dengan oppo.
    Saya juga pakai oppo bukan karna spg nya, tapi teman saya pake oppo, saya seriing pinjem dan ngrasa seneng pakenya, akhirnya saya beli oppo.
    Oppo nggak lemot, dari bahannya juga berkualitas. Servis center banyak, pelayanan bagus.
    Justru mungkin brand lain yg takut kesaing sama oppo makanya njeleknjelekin oppo kaya gini. Hihi

  223. Oppo canggih seperti otak manusia
    lihat sekng oppo Lgi rame2 ribu oppo Tipisnya oke,,samsung cuman kamera nya aj yg di tambakan level nya,biar heboh pdahal yg lainnya gk di ganti..

    1. Pak Indra,

      Mau secanggih apa pun, kalau cara berjualannya cenderung mengelabui konsumen, buat saya ponsel Oppo tetap tidak layak beli.

      1. Kalo dari saya lihat
        Pak herry selalu membalas dengan bahasan oppo tidak layak dibeli karena selalu bilang mengelabuhi konsumen
        Kalo saya lihat konsumen sekarang pastilah sudah pintar
        Banyak reviwer di youtube menjelaskan kalo oppo memang buatan tiongkok
        Tapi saya rasa penjualan oppo tetap ramai dan bahkan banyak yang membukatikan kalo oppo memang layak di miliki

        Kalo masalah oppo di bikin di tiongkok orang pada umumnya sudah tau
        Saya rasa tidak semua HP bikinan tiongkok berkualitas baik
        bagaimana dengan HTC pak? Bikinan tetangganya china??
        Xiaomi?
        Asus?
        One plus??
        Bahkan Lava bikinan india??
        Banyak yang mereview bagus dan merekapin sadar kalk bikinan tiongkok
        Bahkan iphone yg beredar di indonesia secara legal apakah ada yg bikinan Amerika langsung?
        Masalah lisensei bapak mau jawab??
        Hello….itu cuman lisensi, dari chip, body, lensa semua bikon dari mentah sampe mateng di china
        Otomatis barang china kan

        Trus kenapa bapak gak sekalian kritik oppo yang bikinan tanggerang??
        Atau samsung yang bikinan tanggerang juga ada????

        Trus masalah harga yg over provit
        Itu mah taktik marketing
        Apa bedanya bikin barang yg mengurangi kualitas tp memperbesar biaya iklan
        Seakan akan mahal tp cost buat adv ternyata lebih besar dan keuntungan toko kecil
        Dibanding bikin barang yg bagus, tp biaua iklan kecil banget tp keuntungan di perbesar ke owner toko biar ownernha ngiklan sendiri
        Bapak paham kan?

        Soalnya bapak selalu menyudutkan oppo dengan bikinan china, soal promotor bohong, soal over provit melulu

        Kalo memang bikinan china tapi kenapa data penjualan naik??
        Kalo soal over provit kenapa user masi mau beli
        Dan bahkan banyak yg setia pake
        Berati yg bicara memang HP nya
        Bukan haters nya

        buka aja di youtube yang bahas soal pengecasan cepat
        Oppo vs samsung vs xiaomi
        Reviewnya pada oke
        Karena teknologi pengecasannya belum ada yang tandingi
        Teknologi itu yg pelopori sapa pak??
        Orang tiongkok lho

        Tapi trimakasih semua yg ada di sini
        Berkat komen anda disini yang rata rata “bully” oppo saya jadi penasaran dan beli oppo R7s

        Saya sampe mau kasi jempol lima
        Saya puas bangat…….
        Dari segi awetnya batrai
        Cas cepat
        gak panas
        Di kasi 4G you tube durasi 37 menit g buffering sama sekali
        Apa lagi kamera jernih
        Di banding hp tiiiiiiit….sung saya yang dulu

        1. Pak Widja,

          Saya sudah membaca komentar Anda dari atas sampai bawah. Tanggapan saya, berarti Anda belum paham mengapa saya selalu merekomendasikan jangan beli ponsel Oppo. Silakan baca lagi semua komentar saya.

          1. Saya paham sekali malah pak
            Intinya bapak selalu menjawab soal kebohongan promotor soal asal usul oppo dan over provit owner toko kan

            Toh nyatanya saya beli oppo tanya promotor oppo dr mana, mereka bilang gamblang dari china……
            Toh saya juga sudah menyaksikan buanyak sekali review di youtube dan mereka gamblang kalo oppo dari china

            Bapak selalu bilang kebohongan promotor
            Ni saya beli R7s tanya 10 toko semua promotor bilang oppo dari china
            Saya rasa pelayanan promotor oppo yg bagus
            kebetulan saya tinggal di semarang
            Toko yang saya tanyai
            Sinarmas simpanglima
            Sinarmas mall ciputra
            M2 selular simpanglima
            Guffy selular sarinah semarang
            Pameran java mall
            SMS shop plasa simpanglima
            SMS shop tlogosari semarang
            Fanuel phone and camera
            QoH OPPO Center
            Jala kencana selular crita mall
            Dan semua mengatakan oppk dari china

            Sampe saha catet nama tokonua thu pak

          2. Pak Widja,

            Nah, Anda sudah tahu tuh. Yang saya permasalahkan adalah kebohongan promotor. Survei terakhir saya lakukan pada Sabtu minggu lalu. Eh, promotornya masih bilang Oppo lisensi Amerika bla bla bla…

            Bagus deh kalau di Semarang promotor Oppo sudah langsung mengaku ponsel dari Tiongkok. Tahun lalu saya sempat ke gerai Oppo yang ada di Jl Ahmad Dahlan (sekitar 100 meter dari Hotel Horizon). Eh… si promotor lagi-lagi mencoba mengelabui lho.

          3. Wah bapak berbeda pengalaman berarti
            Kebetulan habis baca balasan bapak saya iseng ke toko OPPO yang katanya 100 meter dari hotel horizon itu
            Depan river view kan pak atau semarang residence itu
            Saya iseng nanya ngalor ngidul
            Dan di akhir saya tanya kejelasan asal HP OPPO dan promotornya gambalang bilang dari china
            Bapak yang beda pengalaman dengan saya atau memang promotornya ganti orang…..??
            Tapi saya nanya iseng lagi
            Katanya mbaknya yang jaga uda kerja sejak 8 bulan di situ

            Kalo menurutku si yg di maksud dari jerman amerika bla bla bla bukan HP nya pak

            HP, merek, dan teknologi paten itu memang dr china

            Tapi layar pelindung OPPO banyak yang menggunakan corning gorilla glass
            Nah perusahaan corning dari mana?
            Trus processornya ada yang pake Qualcomm
            Perusahaan Qualcomm dari mana
            Lensanya ada yapake schneider
            Perusahaan lensa schneider dari mana
            Mungkin bapak salah mengamini
            Kalo saya tangkap
            Merek dan HP oppo asalnya dari china
            Tapi beberapa komponen seperti layar pelindung, lensa, processor kan di import dari negara asal pembuat jadi ya promotornya bilang
            Kalo lensanya dari schneider jerman dan bla bla bla
            Dia menerangkan asal lensanya buakn asal HP dan mereknya….
            Kalo HP nya tetep dari china
            Kalo saya pahami seperti ituu….

          4. Pak Widja,

            Benar. Jadi, ancar-ancar lokasinya begini:
            * Dari Hotel Horizon jalan kaki ke arah RS Telogorejo. Toko Oppo ada di kanan jalan.
            * Di seberang jalan, tetapi seingat saya tidak persis berhadapan, ada Simpang Lima Residence.

            Yang melayani Anda pasti berbeda dengan saya. Sebab, saat itu yang melayani saya pria, bukan wanita. Waktu saya tanya Oppo itu dari mana, dia bilang Oppo itu dari China. Dalam hati saya sudah senang karena menemukan promotor yang jujur. Eh… ternyata jawaban si promotor masih koma, belum titik. Sebab, sang promotor kemudian berkata, “Biarpun dari China, semua komponennya Oppo berasal dari Jerman dan Amerika.” Ah… ternyata. Saya pun kecewa deh.

          5. Mungkin untuk berbohong dr promotor nya oppo selain bilang build up atau lisensi nya dr amerika,mereka(promotor oppo) sering lo membanting2 di depan customers padahal faktanya mereka bilang kuat untuk masalah desaun.toh ujung2 nya klo jatuh ya banyak yg pecah tuh…dan saya pernah nganterin temen saya ke service centernya oppo dan ternyata waaoww antri nya kayak orang antri beras gratis…klo emang produk mereka yg “katanya” berkhualitas kok Service centernya tiap hari rame ya????

  224. Semoga mata Pak Herry bisa cepat sembuh.mau tanyak Pak Herry.Saya jadina mau beli Sony m5 aqua.apa kelemahan dari Sony M5 aqua?
    Terimakasih

    1. Pak Nardi W,

      Terima kasih. Bengkak di mata telah mengempis. Masih ada sisa, tetapi tinggal sedikit.

      Xperia M5 Aqua? Setahu saya, tidak ada ponsel bernama tersebut.

  225. Pak herry,
    Saya ada usul supaya mereview tentang macam garansi yang belakangan cukup marak.
    Special request: b- c*ll, p*atinum, the *ne, n*t, s*p
    Trims

    1. Pak Budi,

      Terima kasih atas usulannya. Rasanya mustahil melakukan uji beli, uji komplain, dll satu per satu secara komprehensif. Mengacu kepada kondisi di lapangan, saran saya sederhana saja: belilah yang bergaransi resmi dan hindari membeli barang bergaransi tidak resmi (termasuk bergaransi distributor independen seperti itu).

      Dalam kondisi ekstrem, seandainya saya dihadapkan pada dua pilihan garansi: garansi toko (saya mengetahui reputasi penjual) dan garansi distributor, saya lebih memilih yang bergaransi toko kok.

  226. Izin ketawa dulu ah… Om herry ngebahas oppo, komentator malah bilang Samsung takut…

    Om herry cuma ngelarang karena teknik marketing sebagian promotor nya cenderung berbohong,

    Walau pernah pakai oppo karena desain hp ny menarik, aku ga menyukai teknik tipu2…

  227. Beberapa hari yang lalu nyoba jalan2 ke pusat penjualan ponsel di banjarbaru (kalsel), ada calon pembeli yg lagi nyari ponsel xiaomi entah seri apa, anehnya saat tanya2 malah dirayu oleh promotor oppo untuk ambil oppo neo 7, dibilangnya ponsel oppo sudah support usb otg dan xiaomi tidak, layar lebih jernih (padahal cuma qHD), RAM walaupun cuma 1 GB tapi tidak terpotong untuk aplikasi (apa iya?), ditanya apakah sudah bisa 4G dijawab bisa (apa benar begitu?).
    Sekedar sharing aja Om.. Hhee

    1. Pak Radi,

      Terima kasih atas sharing-nya. Promotor Oppo saya pantau sering menghalalkan segala cara supaya berhasil menjual ponsel Oppo.

  228. Pedagang ponsel bekas tak berani menghargai tinggi karena jarang sekali ada calon pembeli yang datang dan mencari ponsel Oppo bekas. Kulakan ponsel Oppo bekas berpotensi menjadi barang mati. Jadi, membeli ponsel Oppo bekas dengan harga serendah mungkin merupakan pilihan terbaik. Sebagian pedagang ponsel bekas bahkan sama sekali enggan kulakan ponsel Oppo bekas. Bila ada yang datang dan menawarkan ponsel Oppo, mereka langsung menolaknya.

    Pemilik toko ponsel yang berjualan ponsel Oppo baru pun seringkali menawar ponsel Oppo bekas dengan harga rendah. Alasan pertama, sama dengan alasan pedagang ponsel bekas. Alasan kedua, ya murni hitung-hitungan bisnis.

  229. wah padahal saya mau beli oppo yang seri terbaru ” R7 plus ” krna saya terpesona dg bentuk desainnya, dan layarnya besar.. hmm
    jadi bingung, pilih oppo apa huawei mate7

  230. Maksud saya Sony experia M5.tidak memakai Aqua di luncurkan setelah sony experia m4 aqua.apa kelemahan dari Sony experia M5 ?

    1. Pak Nardi W,

      Sony Experia M5 atau Sony Xperia M5 nih?

      Saya belum pernah mencoba Xperia M5 sehingga tak mengetahui plus minusnya.

  231. Maksud saya Sony experia M5.tidak memakai Aqua, yang di luncurkan setelah sony experia m4 aqua.apa kelemahan dari Sony experia M5 ?

    1. Pak Nardi W,

      Tolong biasakan mengirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Kali ini pertanyaan Anda terkirim dua kali.

  232. oppo emng kualitasnya bagus dia itu adalah salah satu saingan sambung, dimana samsung itu adalah buatan jepang bukan korea sedangkan oppo adalah buatan korea selatan bukan cina.
    yang bikin artikel salah yang komen pun salah.

  233. Sedikit menambahkan . Saya promotor LAVA jujur hampir 80 persen toko lebih condong ke oppo . cara kami berbeda untuk pemasaran . kita wajib bicara jujur mengenai spek . memang produk kami lisensi india dengan pembuatan di tiongkok . dan untuk prosesor sebenarnya semua hampir sama . hisilicon,snapdragon.mediatek,exynos sama2 mempunyai kelebihan dan kekurangan lain . untuk harga memang saya sempat heran untuk sekelas neo 7 dengan spek dibawah type x8 pro kami justru lebih mahal . dengan perbedaan produk kami mengunakan asahi dragon trail dan oppo soda lime biasa. layar resolusi 1280×720. Oppo dibawahnya . sama2 blm 4g ram lava 2 giga oppo 1 giga . dan memang untuk insentif oppo paling berani . owner toko dan pegawai ada reward yg lumayan besar per unitnya . memang oppo terkenal terlalu memaksa kepada customer untuk membeli produknya bahkan menjelek2an produk branch lain bahkan yg diatasnya .

    1. Pak Andre,

      Sekadar masukan, ponsel Lava lebih cocok disebut sebagai “merek India buatan Tiongkok” daripada “lisensi India buatan Tiongkok.”

    1. Pak Andre,

      Lebih tepatnya, Oppo merek Tiongkok, sedangkan Samsung merek Korea. Bedanya, Samsung tak pernah mengaku dari Amerika, sedangkan Oppo rutin menyatakan dari Amerika. πŸ™‚

  234. Gini loh mas oppo merek cina tapi dia memang mempunyai produk yang bagus soal.nya misal sekarang harganya lumayan mahal kan ada pelayanan lebih yang diberikan promotor dari oppo tiap anda membeli smartphone oppo di tempat anda beli, walaupun oppo ram kecil coba aja lah di bandingin yang speknya lebih tinggi bisa di cek kok kecepatannya, memang oppo yang tahun lalu belum sepurna coba deh semisal oppo joy semisal oppo neo 3 yang keluaran sekarang ada joy 3s sama neo 7 sama oppo F1

    1. Pak Fajar Harahap,

      Yang saya permasalahan bukan Oppo merek Tiongkok, melainkan cara menjual ponsel Oppo yang cenderung tidak mengakui kalau Oppo adalah merek Tiongkok. Promotor seringkali mencatut nama Amerika.

  235. Coba buktikan dan praktekan pasti akan tau bagaimama kualitas oppo… Karena sy sendiri yg pKe oppo. R7S RAM 4 GB, ROM 32, OCTACORE,,, CARGING VOOC 45 MNIT Btre fuul dr posisi nol persen… Bandingkan dgn samsung note 5 hrga 9 jtaan ram 3 Gb….

    1. Pak Zamzam,

      Tak ada yang perlu dipraktikkan. Selama cara berjualan Oppo masih cenderung mengelabui konsumen, Oppo tidak layak beli.

  236. Pak herry salam kenal

    Saya penguna oppo udh 2tahun,semenjak saya beli di mall. SPG balikpapan menjelaskan bahwa produk oppo dari cina,tiongkok.dan tidak memakai nama amerika.saya pun jalan2 di daerah balikpapan pun tidak pernah ada bilang kalau oppo mrek dr amerika,sekarang menurut saya…,memang di daerah lain ada oknum2 spg yg kurang pengetahuan tentang produk yg dia jualkan..jd asal ngmng alias spg jg orng awam.yg tidak tau spek2 hp tersebut,sebenarx ada betulx bapak herry ngomng cara penjualx yg curang.tp gak semua itu dari produk oppo,kita tidak tau apakah produk lain sperti lenovo,asus, pesaing2 tersebut…jujur semua.cara berjualnya. Sebenarx sih dari kounter2 dan sales2 perlu di kaji dl tentang asal usul dan spek produk yg di jual.dan yg penting…kejujuran dalam berjualan. Salam kenal pak herry.

    1. Pak Ijar Zavier,

      Salam kenal juga. Wah, bagus deh kalau di Balikpapan kondisinya begitu.

      Kalau di Surabaya, anggaplah saya bertanya ke 10 promotor Oppo, bisa-bisa 9 di antaranya akan mencatut nama Amerika.

  237. Ya rata2 yang ngebela tercium kaya promotor da petinggi oppo..jngn pura2 jd konsumen lah, main fair aja..grage mall cirebon tuh sarang oppo, penjelasan pletat pletot cenderung bohong..

    Sampe ada promotor bilang oppo itu mesinnya samsung..yg ga percaya buktiin sendiri

  238. Selamat atas comment artikel nya sudah berjalan selama 2tahun lebih ya om, alibi berbohong spg oppo tetap dipertahankan om herry sampai sekarang agar BULOG ini tetap rame dikunjungi berulang2. Kalau dulu mungkin benar spg oppo banyak yg bohong, tp sekarang mungkin cuma beberapa % aja lagi ada spg kayak gitu, atau mungkin mereka memang tidak tau, misalkan oppo Neo7 dia bilang 4G padahal tidak. Berpikir positif dong om herry, tambah Dosa aja, jangan DIPONIS semua SPG oppo itu bohong cuba anda baca ulang komentar sebelumnya, banyak juga yg ngatain SPG oppo itu jelaskan apa adanya. Kayanya om herry ini orang petinggi dari samsung yg mau jelek2n oppo, padahal dari segi pemasaran oppo lebih unggul, malah ada gosip samsung berencana meniru cara pemasaran oppo πŸ™‚
    Ini ada bocoran berita dari oppo om untuk disampaikan kepada para marketing SAMSUNG bahwa semua toko diseluruh INDONESIA yg menjual produk oppo akan dibranding dengan OPPO seri F1di akhir februari ini. itu trik dari OPPO untuk mencapai target penjualan 100ribu unit perbulan khusus seri F1. kalauSAMSUL kayanya g bakaln bisa branding seperti itu.buat pemakai samsung cuba anda perhatikan hologram yg ada dibatrai dg back kesing pasti ada hologram SEIN itu segel garansi mas bro !!! ARTINYA ITU BUKAN GARANSI RESMI tapi GARANSI DISTRIBUTOR SEIN, BUKAN GARANSI DARI SAMSUNG pemilik produk hp anda, makanya samsung itu pelit spekasi, pelit bahan metal tapi royal bahan pelastik yg di cat crom agar terlihat seperti metal/logam padahal dalamnya plastik, contoh galaxy E5 hrg 3juta body 100% plastik tapi dicat crom !! itu salah satu contoh samsung memangkas biaya produksi agar untung lebih banyak, dan mereka sudah terikat dgn pihak SIEN yg sudah memonopoli pendistribusian samsung ke indonesia
    sebaliknya cuba anda lihat produl seperti xiaomi atau oppo atau merek selain samsung kalau harganya sudah diatas 2jt itu bahan body sudah 75%METAL. contohnya lagi untuk garansi misalkan OPPO merek dari china OPPO, pendistribusian ke indonesia tetap PT OPPO INDONESIA, SEGEL/HOLOGRAM GARANSI tetap logo OPPO Servis Center OPPO. itu yg dinamakan garansi Resmi dan semua daerah di indonesia sudah ada servis centernya, cuba anda masuk keservis samsung anda harus mengambil nomor antrian sampai berjam2 baru sampai giliran, itupun yg melayani penerimaan servisnya lebih dari 5orang cuba anda bayangin berapa orang yg bermasalah terhadap hp samsung setiap hari. itu cuma di satu daerah masbro, artinya kualitas hp itu kurang lebihnya sama, tergantung bagai mana org memakainya.

    1. Pak Fauzan,

      Wow… komentar Anda panjang sekali. Saya juga perlu meresponsnya cukup panjang. Agar lebih mudah diikuti, saya tuliskan dalam poin-poin.

      1. Terima kasih atas ucapan selamatnya. Omong-omong “bulog” itu apa ya?
      2. Minggu lalu saya usai survei ke pasar lagi. Masih banyak kok promotor Oppo (SPG maupun SPB) yang tidak jujur dalam menawarkan produk. Kalau dipersentase, bisa-bisa mendekati 90%. Jadi, masih banyak dong. ?
      3. Saya petinggi Samsung? Ha… ha… ha… banyolan paling lucu malam ini deh.
      4. Wah, terima kasih atas bocorannya. Tampaknya Anda sangat update dengan Oppo.
      5. Soal stiker, saya tak mau komentar deh. Sebab, sudah terlihat Anda masih belum bisa membedakan antara garansi resmi dan garansi distributor.
      6. Samsung mahal? Benar. Namun, saya lebih menghormati yang jual mahal daripada tidak jujur dalam berjualan.
      7. Apakah Anda pernah melihat betapa banyaknya antrean di pusat perbaikan resmi Oppo? Sudah begitu, yang melayani cuma dua orang.

    2. Lucu2 ya argumen2nya promotor oppo.
      Body metal aja digede2in, kyk gak tau aj sekarang di pasaran jg udah banyak metal hardcase dijual dgn harga mulai 25ribu.

      Klo bicara gadget yg utama teknologi hardwarenya. Body emng penting, tp jeroan lebih penting. Sebagus apa bodynya, klo hardware sekelas sejuta dijual seharga 3 juta ya tetep aj kebangetan. Kecuali klo body nya dari emas, tuh baru laen ceritanya.

      *ane jg rela dah disebut oppo hater. Soalnya kebangetan jg sih cara penjualannya

  239. Apakah pak herry bisa..buktikan bahwa spg dari mrek lain jujur atw gak,semua itu tergantung dari orangx masing2 pak herry…gak bs langsung memvonis spg oppo aj..,

    1. Pak Ijar Zavier,

      Pakai cara gampang-gampangan saja. Kunjungi pusat penjualan ponsel dan cari masing-masing 10 promotor suatu merek ponsel. Berpura-puralah jadi konsumen yang lugu. Lihat-lihat ponsel, manggut-manggut saat dijelaskan, kemudian tanyakan ponsel yang dijelaskan itu merek dari negara mana. Saya yakin deh yang paling tidak akurat adalah promotor Oppo.

      1. Itu daerah bapak herry aja deh….di kaltim balikpapan gak begitu…dan saya dh buktikan.malah spg rekomendasikan di dana kita..dan gak mesti hp oppo di rekomendasi.mungkin aja di daerah bapak banyak orng yg tidak jujur jd spg.

        1. Pak Ijar Zavier,

          Wah, bagus deh kalau di Balikpapan promotor Oppo-nya jujur mengakui Oppo adalah ponsel merek Tiongkok.

  240. Sebelumnya saya minta maaf jika ada salah kata. Cuma share aja. Bagi tukang service HP seperti saya, harga overprice ada plusnya. User mau bayar lebih !!!
    Dalam hal ini, penjualan gak saya singgung. Bukan bidang saya.
    Waktu ada salah satu kasus, software !!! Memang pihak oppo menyediakan tuk bisa didownload. Gretong bos, gak bayar. Nilai plus buat oppo.
    Tapi tu jika HP tersebut bisa masuk recovery mode, berhubung HP user masuk cuma blank hitam. Pusing 7 lap. 2 minggu akhirnya kelar dengan nggak sengaja. Ketemu temen ditempat ngopi pakai HP yang sama, setelah bujuk rayu. Dipinjemin deh, dapet firmware seharga 2000 rupiah (bayarin kopi dia).
    Terus nih yang bikin ngakak, iya sebenarnya cuma senyum. Gak perlu sebutin tipe dah, cuma harga yang pernah saya tanya. 2.2jt harga yang user beli, CPU dan EMMC sama persis dengan HP lokal yang gak lebih dari 700rb.
    Mungkin beda lagi dengan yang super premium yang seharga 4.999 atau lebih. Mungkin setara dengan android yang saya pakai, yg gak lebih dari 1.500rb.
    Dalam hal inovasi, oppo dapat jempol ke atas tuk HP mid end. Tapi jeroan, jempol kebawah.
    Kalau kelas yang udah 4jt ke atas, saya belum bongkar karena saya rekomendasikan ke CS oppo sendiri !!! Soalnya user pasti mikir sama biaya !!!!

    1. Pak Ryuki-cell,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Terima kasih atas sharing-nya.

  241. Awalnya ingin beli sonny m2 dual tp sampai di mall terbujuk spg oppo yg begitu gigih merayu untuk beli oppo
    Kena dech akhirnya budget 3 jt untuk oppo yoyo setahun berlalu perfoma cukup bagus dan yg paling saya suka kecepatan isi batrai,tp akhirnya harus kecewa karena sdh 4 x masuk Sc oppo dgn kerusakan sama hp di nyalakan cuma mentok di loggo oppo dan entah kebetulan atau memang kekurangan oppo koq setiap yg duduk antri saya tanya kerusakan sama,sungguh walaupun gratis pdhl sdh g garansi tp ini sgt menjengkelkan hrs bolak balik instal ulang dan kehilangan data…saat saya tulis ini juga hp oppo yoyo dlm keaadaan rusak lg seperti biasa,entah harus berapa x saya bolak balik ke SC OPPO

  242. yg saya heran kenapa bapak herry benci bgt sma brand oppo wkwk.. ad masa lalu yg suram kya na… bapak blg yg jdi mslh adalah etika penjualan promotor oppo… jdi bapak ngerti yah sopan santun dan etika.. tapi apa bapak sadar bapak juga mencela perusahaan oppo, bilang jualan oppo untungnya banyak makanya org pada enak jualan oppo… itu semesti bapak ga usah membocorin… karena di satu sisi hal bgtu sama aja bapak bener2 menjelekin ini produk dr segi tdk kejujuran… keliatan jelas anda ini bner2 haters oppo… anda tdk konsisten dngn omongan anda… maaf skali lg sya jg bukan org siapa2 oppo.. cm sya sgt sygkan cara bapak membalas komennya lya begitu, kenapa ga sklian bilang org jualan vivo karena untg na gede kn sma tuh kya na..soalnya sistem jualan na jg begitu

    1. Pak Aldo,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Mengapa saya benci banget dengan Oppo? Ya karena cara penjualannya cenderung mengelabui konsumen. Saya tidak keberatan kok disebut sebagai hater Oppo.

      Vivo tidak saya caci maki karena saat berjualan, promotor Vivo jujur mengatakan Vivo adalah ponsel merek Tiongkok.

  243. saya pakai oppo yoyo, 2 minggu setellah masa garansi habis, software bermaslah, hp jadi bootloop, saya bawa ke service center, dia bilang ini masalah software, software akhirnya diinstal ulang, 3 minggu kemudian maslah bootloop iini keulang lagi, saya bawa lagi ke service center, install software lagi, lalu hari ini bootloop terjadi lagi, saya bawa llagi ke service center, dan!!! katanya mesin sudah lemah dan harus ganti mesin, biaya 1 juta !! garansi baru habis 28 desember 2015, 18 februari 2016 oppo yoyo saya sudah mati total! kecewa berat untuk harga oppo yoyo yang saat saya beli seharga 2.499.000, setahun pakai harus ganti mesin padahal pemakaian hp normal dengan aplikasi yang tidak berat, hanya sosial media, tidak ada game atau aplikasi edit edit photo.

    1. Bu Suci,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Lain kali jangan beli Oppo lagi deh. Ingatkan pula teman-teman di sekitar Anda.

  244. saya pakai oppo yoyo, 2 minggu setellah masa garansi habis, software bermaslah, hp jadi bootloop, saya bawa ke service center, dia bilang ini masalah software, software akhirnya diinstal ulang, 3 minggu kemudian maslah bootloop iini keulang lagi, saya bawa lagi ke service center, install software lagi, lalu hari ini bootloop terjadi lagi, saya bawa llagi ke service center, dan!!! katanya mesin sudah lemah dan harus ganti mesin, biaya 1 juta !! garansi baru habis 28 desember 2015, 18 februari 2016 oppo yoyo saya sudah mati total! kecewa berat untuk harga oppo yoyo yang saat saya beli seharga 2.499.000, setahun pakai harus ganti mesin padahal pemakaian hp normal dengan aplikasi yang tidak berat, hanya sosial media, tidak ada game atau aplikasi edit edit photo.

  245. Saya disini mau komen aja, anehnya blogger kok membenci/memihak salah satu brand
    Hahahaha
    Baper lu pak
    Dengan alasan yang ngeyel kalo promotor berbohong
    Padahal saya sendiripun punya HP merek Lenovo
    Waktu beli promotornya bilang juga kalo Lenovo dari Amerika dan sudah lama HP nya beredar
    Padahal kan yg beredar dulu Laptopnya
    Kenapa Lenovo gak di bahas yaaa
    Ngekkkkk ngoooookkk
    Agak aneh dan menggelitik
    Ati ati lho pak, kena Udang Undang IT

    1. Lenovo, kalaupun ada kejadian kyk agan ceritain besar kemungkinan sekedar kelakuan oknum penjual, bukan salah maker/perusahaan pembuat ataupun distributor resmi. Buktinya selain agan gak ada yg melapor pernah ngalamin kejadian yg sama.

      Beda sama oppo yg terjadi scr massive, laporan dr pembeli yg kena tipu/hampir kena tipu jg gak terhitung banyaknya. Makanya kasus oppo sudah pasti dibuat scr sistematis dan perlu ada penindakan.

      Btw, Ngomong soal lenovo, memang brand lenovo aslinya adalah IBM yg merupakan produsen laptop asli amerika, berpusat di amerika & dibuat di amerika. Namun thn 2000an merk laptop IBM di akuisisi oleh China dan dipindahkan pusatnya ke china.

      Jd meski ane gak bermaksud membenarkan, tp klo ada yg bilang asal lenovo dari amerika, ane jg gak bisa bilang itu salah.

      1. Pak Uday,

        Maaf, koreksi sedikit, Lenovo adalah merek asli Tiongkok. Mereka memang mengakuisisi divisi komputer IBM yang berasal dari Amerika. Meskipun demikian, status “kewarganegaraan” Lenovo tetaplah Tiongkok. Lenovo tak berhak menyatakan dari Amerika.

      2. Menanggapi komen
        Itu kan laptopnya gan
        Saya kan beli hpnya
        Yg posisinya sdh asal china
        Masa kalo emng bener2 dari amerika
        Sekelas amerika buat merek HP harga 750rb?
        Lenovo paling murah Harga 750rb gan
        Dan kata2 Lenovo asal Amerika masi banyak promotornya sounding
        Padahal waktu buat HP posisi uda jadi perusahaan China
        Dan juga kalo emng Lenovo dari Amerika
        Masa sekelas Amrik bikin HP harga di bawah sejutaan dan……contoh liat aja bahan slot sim nya
        Masa sama kaya smartfren……

      3. Ya maka dari itu, sedari awal ane bilang ane jg gak bermaksud membenarkan pedagang yg bilang klo lenovo itu dari amrik. Krn kenyataannya skrng sudah menjadi perusahaan china tulen. FYI aja gan.

  246. Ane jg ngalamin tuh gan, untung bkn ane yg beli. 3 bulan lalu ikut nganterin sepupu n tante beli hp d ITC BSD, dia sih nyari hape yg bagus buat selfie, langsung deh ditawarin oppo mirror5, harganya waktu itu nov 2015 Rp.2.999.999.

    Ane jg heran kok harga segitu harga masih 8MP n blm LTE?? Tp salesnya ngotot bilangnya 8MP nya oppo tuh lebih bagus drpd 8MP nya samsung.

    Sayangnya ane gak begitu nemenin cz ane tinggal sebentar mrk buat beli masker (gak kuat sama bau rokok gan), pas balik k counter td eh mereka udh deal beli oppo.

    Meskipun bukan ane yg beli, tp ane ikut nyesel gan knp tante ane itu belinya oppo, pdhl klo cari merk lain bisa dpt hape dgn spek n performa yg lebih bagus dgn harga lebih murah.

  247. Haha
    Nah lha iya
    Awal jg saya menanggapi pak Heri yang selalu ngeyel kalau promotor OPPO suka bohong
    Padahal lenovo jg banyak yg menjualnya suka bohong, kenapa gak dibahas sama pak Heri juga
    Dan ente membenarkan jg kan

    1. Pak Widja,

      Selama iseng keliling ke pusat penjualan ponsel, saya belum pernah sekali pun menemukan promotor Lenovo yang menyatakan kalau Lenovo dari Amerika.

  248. yaudah mending pada coba merk vivo aja untuk internal nya udah ga di partisi lg jdi ga perlu repot repot untuk rooting untuk sc juga jelas kamera juga ok ko cuma bedanya blom ada iklan aja dan untuk harga jual ga jatoh juga masih di atas oppo vobain aja buay perbandingan dari brand lain

  249. Buat pak Herry bapak taunya promotor oppo yang bapak bilang bohong itu di daerah mana? Jangan samakan semua promotor oppo seperti itu di daerah saya tidak ada yg berbohong, blog ini yg baca orang seluruh indonesia jangan sampai promotor yg jujur kena imbasnya juga

  250. bi sih saya paham betul orang yg ngebela oppo pasti salah satu karyawan oppo itu sndiri susah ya lau dari managemen sendiri udah di ajarin bohon pasti lah konsumen yg kna imbas krna kbohongan promotor oppo

  251. Saya di daerah kediri pak. Saya pernah kesebuah konter dan ditawari hp oppo dan saya iseng nanya apakah oppo hp china dan dijawab kalo oppo emang hp china tapi oppo serius dengan produknya jadi oppo gak cuma masuk di pasar asia oppo bisa masuk ke amerika padahal hp yg masuk ke amerika itu susah jadi kualitas oppo bisa dibilang lebih baik dari hp china yg biasa dan menurut saya itu benar. Promotor oppo di daerah kediri jujur dengan apa yg mereka katakan tentang hp oppo jadi saya sampai sekarang pakai oppo

    1. Pak deni bertaya k penjual dgn kalimat: “apakah oppo hp china?”, maka penjual yg ditanya seperti otomatis itu akan berfikir “si pembeli kemungkinan besar sudah tahu klo oppo hp china, tp dia sengaja ngetes atau sekedar minta penegasan”

      Coba klo bapak k counter yg lain & pura2 polos/gaptek, trus bertanya dgn kalimat: “oppo tuh merek negara mana yah??”, mungkin jawabannya akan lain.

      Ya, tp itu jg kemungkinan, krn mungkin jg mmng penjual d derah bpak itu jujur πŸ™‚

  252. Pak qory,

    Kok bapak bilang gitu? Gak semua kan karyawan oppo yg ngebela karna saya bukan karyawan tapi saya pemakai hp oppo dan saya puas dengan hp oppo. Terus bapak menawarkan hp vivo apakah bapak promotor vivo??????

    1. Pak Qory,

      Tak tahu. Belum pernah coba.

      Yang pasti, harganya tidak murah. Lava pakai strategi ala Oppo, memberikan keuntungan besar kepada penjual dan itu dibebankan kepada konsumen.

  253. hahaha, pnjang banget nih percakapnnya dari awal, pusing juga bacanya, kesimpulnnya saya tangkap, oppo lebih mmntingkan penjual dr pembeli ya, dari segi kualitas mmng baguskan? saya barusan soalnya dari toko oppo, dilihat memang seprti itu ‘oppo setara dg samsung; katanya.

    1. Pak Zeki,

      Dari sisi kualitas, ponsel Oppo di atas rata-rata merek Tiongkok dan merek lokal buatan Tiongkok. Kejujurannya saja yang parah banget.

    1. Pak Zeki,

      Kalau faktor kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja diperhitungkan, Asus lebih unggul daripada Samsung.

  254. Kalau gak suka oppo ya uda. Jangan beli. Gak usah panas2in. Banyak kok orang2 mengakui kalo oppo itu BAGUS. temen saya dan kluarga saya banyak yang pakai oppo.

    Saya ngaku kl sales oppo bohong kalo oppo itu buatan korea. Setau saya oppo dari tiongkok. Tapi itu hanya trik jualan aja buat kita dari mindnya kita uda catok barang cina murahan. Oppo memang mahal tapi walau mahal tp kinerjanya bagus. Oppo Sama dgn samsung mksdnya kinerjanya.

    Anda gak suka tapi banyak orang yang suka terutama buat kalangan muda dan cewek. Gak usa panas2in.

    1. Pak/Bu Suy,

      Saya tidak mempermasalahkan kualitas ponsel Oppo kok.

      Yang sangat saya permasalahkan itu kejujuran promotor Oppo dalam berjualan. Dengan alasan apa pun, termasuk trik jualan, tak bisa dibenarkan kalau mereka memberikan informasi palsu.

  255. Pak Hery, mohon sarannya saya mau beli hp 4 inch , dg budget 1,5 jt yg bagus merk apa ya, terutama utk internet. Tks

    1. Pak Aziz,

      Hmmm… sementara saya tak berani memberikan rekomendasi ponsel berlayar empat inci, Pak. Sebab, spesifikasinya pasti ala kadarnya.

  256. Numpang Tanya Pak.
    Saya mau Nyari Hp yg Kameranya Bagus,Gak Lag,Pokoknya Performa Hp Nya Bagus Dan Tahan la.
    Kalau di kasi pilihan Oppo R7 Lite,Samsung J7,Lenovo P70A,Huawei P8 Lite Bapak Rekomendasikan Ke Saya yg mana?

    1. Pak Ari Satria,

      Saya belum pernah mencoba seluruh tipe ponsel yang Anda sebutkan. Baru sebagian yang pernah saya uji pakai. Dengan kriteria seperti itu, menurut saya, semua tidak memenuhi syarat deh.

  257. Jika saya membeli R7Lite apakah akan bermasalah dengan ColorOs nya?
    Karena menurut pengalaman teman2 saya dan dari komen2 di blog Bapak ini setelah masa garansi nya habis akan bermasalah dengan OS nya dan harus di instal ulang terus.
    Apa Benar Pak?

    1. Pak Ari Satria,

      Buat saya sebenarnya ada jurus yang lebih simpel: ponsel Oppo silakan langsung dicoret. Jangan dibeli.

      1. Knp ya untuk merk huawei sering di pandang sebelah mata oleh masyarakat awam kebanyakan dan di bandingkan gak lebih bagus dari hp cina lainnya semisal oppo,padahal huawei termasuk jajaran handphone terlaris ke 3 di dunia dan dari segi garansi huawei berani untuk tukar baru…mungkin pak HSW bisa menjelaskan?

        1. Pak Mandala,

          Secara umum ada dua alasan:

          1. Citra bahwa Huawei adalah ponsel murah dengan fitur ala kadarnya, seperti ketika dulu mereka memasok ponsel Esia, sampai sekarang masih cukup melekat.

          2. Promotor Huawei jujur mengatakan Huawei adalah merek dari Tiongkok. Sedangkan promotor Oppo seringkali menyatakan Oppo berasal dari Amerika. Padahal, sampai saat ini tak sedikit konsumen yang memiliki persepsi negatif terhadap produk Tiongkok.

  258. Masalah dipromotornya kok ga dibolehin beli hpnya pa.? Intinya bapa ga suka hpnya atau promotornya.? Saya make oppo merasa nyaman dan promotor didaerah saya jujur, malah dengan pelayanannya saya merasa juga lebih diuntungkan, kalo saya liat sepertinya bapa mau menghalangi rezeki oppo, padahal kalo menurut saya dengan adanya oppo mengurangi angka penangguran diindonesia., kalo ada promotornya yg ngga jujur bukan brrti salah hpnya. Hanya mungkin promotornya kurang wawasan masa juga orang mau beli hp oppo dilarang bapa ANEHKAN.?Salam dari Kalsel

    1. Pak A Ilahm,

      Yang tidak saya suka bukan ponsel atau promotornya, melainkan cara berjualan yang diterapkan Oppo.

      Kalau pun Oppo di Indonesia bangkrut, saya yakin mantan promotor Oppo akan direkrut oleh produsen ponsel merek lain.

  259. Berarti kalau promotornya ditarik brand lain otomatis brand lain juga memakai jasa promotor abal-abal., jadi dapat kesimpulan menurut saya yg bapa benci hp oppo bukan promotornya, ini ad pertanyaan misalnya temen-temen disini juga ketemu promotor jujur oppo dari china dan masalah spek juga jujur disarankan ngga pa herry temen-temen beli oppo.?

    1. Pak A Ilahm,

      Belum tentu juga. Bergantung bagaimana kontrol merek lain itu terhadap perilaku promotornya.

      Kalau dalam pengamatan saya mayoritas promotor Oppo sudah jujur menyatakan ponsel Oppo berasal dari Tiongkok, saya takkan langsung melarang peminat membeli ponsel Oppo lagi.

      1. Untuk promotor nya oppo memang sudah sebagian besar sudah mengakui klo oppo itu merk china,tp klo dr segi produk saya gak rekomended,soalnya dlm 1 bulan rata2 setelah pembelian banyak user kembali dengan masalah yg kurang lebih sama,mulai dr bootlop,bbm sering eror,yg katanya tahan banting tp faktanya pas handphone nya tanpa sengaja jatuh layar pecah,dan yg peling sering memory penuh,di bandingkan produk lain oppo lebih banyak user kembali dengan keluhan yg sama,mungkin dr segi khualitas masih kalah jauh dr lenovo,xiaomi,dan huawei yg nota bene sama2 dr tiongkok

  260. Kata bapa tidak ada yang salah dengan cara jual tetapi penipuan yang dilakukan promotor seperi oppo dari amerika.?kan yang salah itu promotornya bukan cara jualnya, wajar lah cari untung., kita liat aja gimana kelanjutannya tentang kualitas oppo apa sesuai dengan harganya saya masih pake tanpa ada keluhan berarti., kalau merk lain ya udah coba jangka panjangnya lelet. Terimakasih

    1. Pak A Ilahm,

      Lha iya, cara promotor Oppo dalam berjualan.

      Cari untung memang wajar. Namun, kalau dengan mengelabui konsumen, hal itu sangat tidak wajar.

  261. Nah ini jugag saya mau tanya saya di tawar ii coolpad shine dengan harga 3 jt ada sensor finger print nya ram 2 gb pakek snapdragon menurut bapak bagus gag?

  262. Kemaren bbm saya sempat bermasalah, tapi udah diperbaikin sama promotornya saya suka dengan palayanan dia, menurut saya puas lah., untuk penyimpanan oppo neo7 saya udah 16gb belum lagi ditambah external, ga ada masalah itu., kalo sejenis xiaomi temen saya pas kerusakan susah perbaikannya terus ga ada yang kasih pelayanan sperti oppo, sama garansinya ga remsi jadi saya kurang yakin,

  263. Dear pak Herry dan yg laennya kalo komen soal oppo pda ngaku2 hp buatan amerika, saya waktu nemenin mama sy beli oppo d counter opponya pas saya tanya ini produk buatan mana? Mereka bilang ini dari china tp kualitas d atas hp cina pada umumnya
    Jadi sy rasa ga smua promotor atau yg jual oppo berbohong dan seburuk yg anda katakan dan nyatanya sampai 2016 saat ini oppo masih ada dan msih mengeluarkan produk terbaru
    Dan lagi yg saya lihat dr bbrapa blog mengenai review hp oppo mreka banyak menyimpulkan bahwa kualitas kamera bagus jg tidak mengecewakan (untuk hp high end) kalau yg sy pake low end jujur benar kalau kamera d minim cahaya agak kurang tp untuk siang hari dan cahaya ckup hasilnya memuaskan
    Soal spek sy krg paham krn sy lebih fokus k kamera
    Malah adik sy yg pake samsung hasil gbrnya agak kurang memuaskan dan ada noise mengganggu (grand 2) jd jgn judge hnya krn pengaruh branding
    Mgkn dl emg oppo krg baik tp skrg mgkn mereka lg berbenah diri
    Salam damai _v_

    1. Bu Nia,

      Boleh tahu Anda di kota mana? Bulan lalu, saya sempat mampir sekitar satu jam di ITC Roxy Mas Jakarta. Promotor Oppo mengaku ponsel itu dari Tiongkok. Namun, begitu pulang ke Surabaya, saya bertemu lagi dengan promotor yang menyatakan Oppo ponsel dari Amerika deh.

  264. Saya di tangerang pak
    Mungkin ada baiknya bapak beritahukan atau tegur promotor tersebut kalau dy salah hp tsb adalah dr china
    Tp sy rasa hampir smua uda pada tahu kalo oppo yah emang dari china
    Pas peluncuran hp f1 di berita saya baca, dalam artikel tersebut mengatakan kalau smartphone oppo merupakan ponsel dari negara tiongkok.
    Kalau semakin banyak yg mengaku dari amerika ada baiknya kita beritahu agar mereka tidak salah dan malah di anggap membodohi customer awam
    Btw setelah kepo d artikel ini sy dpt info2 mengenai hp yg membuat sy jd tahu informasi2 yg sbelumnya sy gtau
    Terima kasih.

    1. Bu Nia,

      Saya tidak menegurnya karena saya merasa tak berhak menegur promotor itu. Sebab, saya kan bukan atasan mereka.

      Sampai saat ini, masih banyak konsumen awam yang menyangka Oppo itu bukan dari Tiongkok.

      Terima kasih kembali.

  265. Mau minta pendapat nih pak herry sw, bgs mana oppo r7s atau sony xperia z3 (bkn compac)… Soalny lg galau mw beli yg mna bgsny dan klo boleh alasanny jg… Makasih sebelumny ^_^

  266. Alhamdulillah saya sudah beli coolpad shine dengan harga 3 jt ada sensor finger print ram 2 gb kamera 13 mp sama 5 mp sangat bagus dan hp nya sangat aman karena orang lain tidak bisa mengaktifasi kecuali saya sendiri harga nya jugag terjangkau 3 jt makasi coolpad smartphone hp china juga tp kualitas bagus

  267. Penjelasan aja biar lurus oppo itu berasal dari china tetapi dia kelas premium. Oppo dulu memang mahal setahu aku dan spec nya pun emang aga kurang kebanding yg sekarang spec lumayan dengan harga sudah murah. Untuk oppo sama samsung sama sama bagus kok cuman mungkin samsung aga sedikit mahal kalo menurut aku,aku sebelum nya pengguna samsung dan beralih ke oppo. Kalo ngomongin bagus atau tidak semua hape ada plus minus nya kok mau itu merek apapun dan itu pun tergantung pemakaian kita kalo pemakaian nya aga gasrak otomatis hape pun akan ada masalah selama kita ngegunain nya dengan baik hape juga gakan apa apa. bersikap adil aja jangan saling menjatuhkan dan kalo soal promotor mengelabui konsumen itu tergantung dapet promotor nya seperti apa. kita juga kan belum tau apakah promotor merek lain jujur atau bohong?itu tergantung orang kok. aku sebelumnya promotor oppo dan samsung aku udah ngejajal dua dua nya dan aku rasa ada +- nya di samsung ada +- nya di oppo. ada yg nanya kenapa kamera 8mp setara dengan 24mp itu karna ada fitur ULTRA HD dan engga semua type oppo ada fitur itu dia adanya di tipe mirror 5 keatas untuk jaman jaman nya sekarang ini yg ada joy3s neo5s neo7 mirror 5 r7.Yg aku baca di blog ini om gasuka dengan cara penjualan promotor tapi kenapa om bilang “yg namanya oppo itu di lupakan” om gaboleh gitu itu udah hak orang mau milih hape merek apa biarkan mereka yg milih jangan menghasut toh tetep aja percaya diri sendiri tau asli nya gimana jangan mendenger cerita orang. Samsung bagus om lenovo juga dia spec lumayan harga nya murah huawei juga bagus,kalo bicara hape tahan banting pas di jatuhin pecah?yah kalo kita nya niat buat ngerusakin mah pasti akan rusak juga om. intinya sih itu gimana diri kita pake hape,gimana kita ketemu promotor merek apapun. omongan orang belum tentu bener kalo bisa cobain dulu dan nanti compare jangan kita belum tau apa apa tapi udah komentar gaenak tau jadi ngajak hasut orang. Makasih

  268. Mba sarah
    Mau tanya skrg krja nya di brand samsung atau oppo ?
    Trs slma di oppo apkah emg ada aturan atau SOP yg mengharuskan promoter utk menjatuhkan brand lain ?
    R7s itu pke display amoled ya? Made in samsung ?
    Utk produk baru yg f1 itu apakah real 4g atau unlockan ?

    Mohon pencerahan nya

  269. Ya jelas amoled dr samsung lah mbak, orang yg bikin amoled itu samsung.. Kalo oppo f1 4G nya unlock.
    Saya promotor vivo, kalo mau buktikan 4G unlock silahkan hard reset wipe data clear cache.. Ketauan belangnya.

  270. Itu sepertinya sdh jadi wajib, kalau konsumen tdk beli oppo merk lain jg tidak boleh terjual ditoko tsb.
    Terkesan ” Sadis & Tragis ” yg pastinya merugikan pihak toko, krn konsumen toko lambat laun akan ogah ke toko tsb.
    Bagus tdknya suatu produk tergantung bagaimana sipemakai memperlakukan produk tsb, yg terpenting sdh sesuai kebutuhankan gadget tsb bagi pemakai.

  271. salam kenal pak . sy denger lava baru launching 3 varian type baru yg lumayan untuk harga segitu . kmren saya tertarik dengan iris 750 . harga 1.5 udh 4g layar ips 4.5 inch ram 1gb internal 8gb. kamera 8+5 dengan dual flash batrey 2000lipo apa termasuk mahal menurut pak hery ? trims

    1. Pak/Bu Okta,

      Terlalu mahal. Mending jangan deh. Informasi dari beberapa pemilik toko ponsel, lumayan banyak konsumennya yang tidak puas dengan ponsel Lava.

  272. sales oppo langsung nawarin hp oppo dan ngejelekin merk lain
    ada satu kalimat yg sampai sekarang masih terngiang ngiang di kepala
    katanya jeroan samsung itu buatan oppo
    apa itu benar apa cuma boongan ????

    pernah juga aku ke counter bareng saudara waktu itu mau lhat hp samsung tpi selalu di tawarin oppo , terus salesnya ngasih coba hp oppo katanya kamera nya lebih jerni lebih segalanya
    wktu itu saudaraq bawa core 2 malah di ajak banding ama oppo tpi lpa type apa , ternyata kurang oke tu kamera oppo trus sales blang ” maaf mas cba bandingin pakai oppo ini ”
    #oppo yg di bandingin ke dua lpa typenya tpi harga nya 3juta lbh hmpir 4 juta
    waktu itu pengen ketawa sekeras2 nya

  273. Assalamuallaikum, Intinya tohh semuanya tergantung anda dan selera anda mau brand apa kembali ke diri sendiri.
    Salam dri penggunan OPPO R7s

  274. OPPO itu kepanjangannya Opportunity yang berati tekhnologi ..yes memang dari china..tapi perlu di ingat,brand apapun di rakit dicina beserta sparepartnya.. πŸ™‚

    1. Pak Ariel Fahrully,

      Tapi, ya cara jualannya tetap harus jujur dong.

      Saya tidak mempermasalahkan ponsel Oppo dibuat di Tiongkok kok. Saya tahu banyak merek global lain juga melakukan produksi di Tiongkok.

      Yang saya permasalahkan, banyak promotor Oppo yang menyatakan bahwa Oppo adalah ponsel dari Amerika. Nah… itu kan jelas-jelas nggak benar. Lha wong Oppo adalah merek asal Tiongkok.

      Dalam pantauan saya, promotor Oppo sering memberikan informasi yang tidak akurat, semata-mata agar konsumen tertarik membeli ponsel Oppo. Terakhir, seorang calon konsumen cerita kepada saya kalau promotor Oppo mengatakan kepada dia bahwa jerohan ponsel Samsung sebenarnya dibuat oleh Oppo. Konyol banget kan itu.

  275. sob herry, setelah sy amati semua komen di status ini..
    sy simpulkan anda tdk menyukai merk oppo tsb oleh krn spg/promotor’nya yg sering berkata tidak jujur atau membohongi pembeli ..
    ok, klo cuma itu gmn klo sy tawarkan solusi..
    utk tdk membeli produk tsb dari promotor yg tidak berkata jujur, terkesan memaksa dan yg menjelekan merk lainnya.. klo mmng ingin sekali pengen beli, kita cari promotor yg jujur dari mrk dan kita beli dr orang tsb .. gmn.. ?

    1. Pak Mizhrael,

      Maaf, buat saya, usulan Anda bukanlah solusi. Sebab, hal itu tetap membuka peluang konsumen awam terkelabui membeli Oppo hanya karena menyangka ponsel itu benar berasal dari Amerika.

  276. budget 3jtan cocok buat beli apa.
    vivo,oppo,infinix,xiomi.
    tapi saya tu kepincut. xiomi mi4s,Vivo v3, Oppo f1, infinix zero 3

    1. Pak Usmano,

      Tidak ada ponsel bermerek Xiomi. Kalau Xiaomi memang ada.

      Dengan pilihan seperti itu, saya merekomendasikan Anda membeli Infinix Zero 3.

  277. Pak Herry

    Oke pak kalau memang promotor oppo ada yg salah atau berbohong dalam menerangkan produk tersebut bapak bisa kirim langsung bukti2 beserta foto promotor tersebut ke saya..
    Untuk area tangerang akan saya tindak,karna saya area tangerang

    Terimakasih

    1. Pak Ariel Fahrully,

      Wow… sip, Pak. Mantap. Bapak di Oppo Tangerang sebagai supervisor atau manajer?

      Kiriman dari saya pasti tak ada karena saya tidak pernah mengunjungi pusat penjualan ponsel di Tangerang. Namun, kalau ada laporan masuk dari pembaca blog ini, saya akan teruskan kepada Bapak.

  278. Pak Herry,
    Mau tanya kalau Polytron Zap 6 Posh bagus gak ya….?
    saya tertarik mau beli tp agak ragu, karena polytron ternyata termasuk pemain baru.
    Tks.

    1. Pak Ahmad Aziz,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Zap 6 Posh.

      Polytron pemain baru? Nggak salah nih? Polytron termasuk pemain lama lho. Namun, memang kurang populer.

  279. Gak recommend bgt HP oppo buat di pakai…. masak baru 1 tahun lebih saya pakai HP oppo R831K sudah mati total dan pas saya bawa ke customer service blg harus ganti mesin dengan biaya 800ribu.. ngaco bgt.. masak lebih mahal dari ganti mesin laptop

  280. oyaa sob, sy mau tanya nih, dr semua jenis hp lokal, cina atau taiwan seperti ;
    advan, lenovo, asus, infinix, oppo, one plus one, andromax, polytron, dll..
    mana yg kualitas mesinnya paling awet yg bisa tahan paling tdk hingga minimal 2 tahun pemakaian tanpa jatuh & kena air .. ?

    Trims .. .

    1. Pak Mizhrael,

      Wah, nggak bisa dipastikan dan digebyah uyah begitu. Perilaku pengguna juga berpengaruh. Di antara merek-merek yang Anda sebutkan sih merek Advan dan Oppo langsung saya coret dulu.

  281. Huaiiiiiiii….
    Akhirnya Beres jg bc komenannya.
    Dari 11 desember 2013 Ampe sekrang 13 April 2016 .ternyata oppo msh bertahan d diindonesia..
    Malahan brand yg d jadoin dah take out Duluan..
    Salam hangat untuk smua..

    Biar kan smua membicarakan..
    Biarkan smua mengatakan..
    Tp OPPO is the best buat saya..

    Pak herry..
    Saya merasa bangga kpada anda..
    Krn sudah memberikan saran yg sangat bijak sana.

    GBU buat pak herry..

  282. ga tau knapa saya jg ga suka ma oppo. harganya tu lho,spek hp biasa harga diatas HP China lainnya . Klo diliat global pnjualannya masih kalah ma Huawei,Lenovo,ma xiaomy.

  283. Hahahahahahhahahaha…
    Bapak sandy..
    Qt g bahas masalah grobal..
    Klo mau yg murah dan speknya bagus udah aja bli evercoos yg jlas2 udah ada servis centernya..
    Bapak psti udah tau kan klo barang elektronik yg masuk indonesia itu harus di dukung dgn segi keamanan buat castamer yg memakai barang itu..
    La xiomiii mang udah ada gitu servis centernya indonesia..
    Knp si oppo mahal harganya..
    Bapak jg harus baca asal muasal suatu produk yg bisa masuk k indonesia..
    Suatu barang elektronik itu bisa masuk indonesia harus melewati beberapa tahapan baru bisa masuk indonesia..
    dan tahapan itu memerlukan uang cukup banyak.
    Nah knp oppo lbh mahal mungkin bapak jg sudah mengerti…
    Itu sudah hukum perdagangan..
    Oppo kepengen balik modal dari semua biaya yg dia keluarkan..
    Masa dagang g untung..

    1. Pak Danu0090,

      Ikut nimbrung ya.

      Wajar kalau Xiomiii tidak punya service center di Indonesia. Sebab, belum ada ponsel merek tersebut yang beredar di sini.

      Kalau ponsel merek Xiaomi sudah beredar resmi di sini dan punya service center. Silakan cek daftarnya di mi.com/id.

      Oppo mahal karena memberikan keuntungan superbesar kepada pemilik toko dan promotor. Iklannya juga besar-besaran. Semua pengeluaran itu dibebankan kepada konsumen.

  284. pak herry.
    Ah mungkin bapak salah.
    kata siapa xiomi blm bredar dah banyak toeh..
    Tp dia beredarnya lewat pihak ketiga alias distributor..
    Coba dech bapak main k konter2 dan tanya ada g hp merek xiomi.
    Dan klo masalah keuntungan buat toko atau promotor bapak ada salahnya jg..
    Klo oppo mmberikan keuntungan buat toko mungkin itu ada bnrnya jg..
    Karena persaingan pasar ponsel sangat ketat apa lagi d negara berkembang seperti indonesia ini..
    jadi wajar kalo oppo memberikan keuntungan buat toko yg lumayan besar tp ada tapi nya juga klo oppo itu bisa terjual.
    percuma untungnya gede tp hp oppo itu sendiri g bisa kluar/laku,pasti orang toko itu pun akan mmpertimbangkan matang2 walau pun keuntungnya itu sangat menggiurkan.
    karena itu real bisnis pemutaran uang..
    Trus klo masalah promotor.
    Kata bapak herry promotor oppo itu dapat keuntungan yg luar biasa dari oppo..
    Memang ada benarnya kata bapak herry itu tp ada tapinya juga bapak.
    Seorang promotor oppo itu 2xlipat tekanannya dari pada promotor2 brand lain..
    1.pasar hp di asia tenggara khususnya indonesia lbh cnderung memilih nama brand besar ktimbang spec hp itu sendiri.
    Itu memang realita karena bapak sndiri atau sebagian dari yg komen d artikel ini merasakan atau mengakui dan mmbenarkan walau hanya dlm hati kecil..
    Promotor itu g seperti apa yg bapak pikirkan mendapatkan keuntungan yg superbesar..
    NOL besar kata2 bapak herry itu.
    Klo bapak kpngn tau gmn promotor oppo coba bapak tanya langsung ama promotornya..
    Coba bapak main dan coba bapak bercakap2 dgn mereka..
    Walau pun bapak tidak suka ma promotor oppo itu..
    Di awal artikel bapak ini klo g salah bapak menulis sebuah kalimmat..
    ( tak kenal makanya tak sayang )mengutip dari kalimat kayanya bapak harus knl dan tau dlu tntang hal yg mau bapak omongin jadi biar ngga kaya orang yg sok tau..
    Biar g sebelah pihak pihak juga.
    Mungkin menurut bapak promotor oppo itu mendapatkan keuntungan yg superbesar..
    Bapak itu namanya (wangsinawang).
    Sebernya mereka itu dah untung
    Oppo membuka lowongan kerja jg dan mreka bisa kerja..

    Saya lebih bangga dengan suatu produk atau barang yg bisa menyediakan lowongan pekerjaan..
    Udah brapa bnyak orang indonesia yg ikut kerja di oppo..
    Seharusnya bpak bisa berpikir kearah sana jg coba liat sesuatu itu jgn hanya dengan sebelah mata..
    Tolong hilangkan pemikiran kendil itu.
    Mungkin aja ada saudara jauh bapak kerja dioppo jg sapa yg tau kan…

    Maaf y kepanjangan..
    Pada intinya segala sesuatu itu pasti ada kekurangan dan kelebihan..
    Tp harus ingat jgn penah meliahat segala sesuatu dgn sebelah mata..
    Karena itu g bisa d benarkan..

    Salam hangat buat kita semua..

    1. Pak Danu0090,

      Di kota mana ada banyak penjual ponsel Xiomi? Di Surabaya saya belum pernah melihatnya sama sekali. Kalau ponsel merek Xiaomi sih banyak.

  285. sy pnguna oppo r5 dri sulawesi,knp smua pd ribut tntng brnd oppo,emang oppo salahx apa…? brand kalian bagus,makan aja ok. pilihan masing2 org,klo mau hp murah di loakan aja,ada harga ada kwalitas..dan klo anti pd spgx,cincang aja biar ga ad lg dendam krn mrsa trtipu… untuk heri,sini loh sy ketok pake r5…mau sundala…,!

    1. Pak Daeng Badik,

      Salahnya Oppo: cara berjualannya kurang jujur dan selama ini saya belum melihat adanya upaya dari manajemen Oppo untuk memberantas hal itu.

  286. Yang punya OPPO F1 tolong di pengaturan pabrik.
    apakah jaringan 4G’nya hilang?
    Saya udah 2x kasus 4G di F1 hilang setelah pengaturan pabrik.

  287. Sinyal 4G di pengaturan hilang Pak
    tinggal 3G dan 2G
    kemarin juga gtu saya bawa ke selesnya oppo bisa
    eh ini jo hilang lagi

    1. Bu Vina,

      Supaya bisa 4G lagi, silakan masuk ke menu telepon dan Anda berpura-pura akan menelepon. Ketikkan kode ini *#3921234#

      Tolong saya dikabari berhasil tidaknya ya.

  288. diah

    hm,,panjang juga ya komentar dari blog ini…
    sekrang saya juga lagi frustasi dengan hp oppo find 5 mini sya,,,mungkin udh 1 thun lbih sya pakai hp tersebut,,,dan sekarang hank,,pergi keconter semua bilang kalau hpnya udah termakan usia,,jadi walaupun diformat ulang ada 2 kmungkinan,,pertama kembali semula tapi hanya sementara dan yang kedua hanya akan berlayar hitam dan berlogo oppo…hampir 10 hari saya biarkan..
    dan sekarang saya mulai browsing permaslahan hp oppo,,dn banyak yang saya temukan…
    mungkin ini pelajaran dan pengalaman…selanjutnya mungkin cari hp dengan brand yang sudah lama dan terbukti kualitasnya…trimakasih

  289. misi numpang ikut nymapaikan cerita temnen kerja ane…
    katanya lg OPPO itu made in JAPAN.
    iya q sedikit ketawa…
    tq.

  290. Selamat pagi pak, sepagian ini saya baca blog bapak tentang oppo. Kebetulan saya baru beli ponsel oppo neo 5s di roxy mas, padahal saya awalnya mau beli redmi dgan harga yang tidak jauh berbeda.
    Ya tapi saya kena bujuk rayu abangnya sampai akhirnya oppo saya bawa pulang.
    Kira2 baiknya saya jual lagi saja apa ya? Kok saya ngsung tidak respek sama cara menjualnya.
    Ya biarpun ada kemungkinan turun, stidaknya saya ngga kebayang bayang kalau pakai ponsel ini, ponsel yang dijual dengan membual kesanasini. Terimakasih

    1. Bu Vidia,

      Kalau memang Anda dapat menjualnya dengan penurunan harga yang tidak terlalu banyak (misalnya, turun maksimal Rp 300 ribu), boleh saja dijual. Namun, kalau turun setengah harga, ya mending dipakai deh.

  291. Inimah blog orang kurang waras,tadi bilang “saya tidak pernah tertarik mencoba ponsel oppo” eh yg di bawah omongan nya beda lagi gini “saya sudah pernah mencoba semua type ponsel oppo” om nyari sensasi ya biar dikata nikita mirzani?atau mau ramein blog biar dapet duit?duh om kerja tuh yg halal. om yg punya blog ini islam atau bukan dah?kaya gapunya etika gitu abisnya.

    1. Bu Sarah,

      Saya yakin dua kalimat yang Anda kutip itu saya paparkan pada konteks yang berbeda. Saya tak ingat pada kondisi apa. Mungkin boleh Anda copy paste-kan lengkapnya.

      Dugaan saya:
      1. Kalimat “Saya tidak pernah tertarik mencoba ponsel Oppo” itu terjadi ketika ada yang bertanya mengapa saya tak pernah me-review ponsel Oppo lagi.

      2. Kalimat “Saya sudah pernah mencoba semua tipe ponsel Oppo” mungkin saya sebutkan saat ada yang bertanya apakah ponsel Oppo yang saya review benar-benar sudah saya coba dulu.

      Begitulah Bu Sarah. Btw, maaf, lain kali harap tidak melontarkan komentar yang mengandung SARA.

  292. Mau tanya pak herry
    Sy tertarik dengan OPPO F1 plus, itu gmn ya kualitasnya?
    Klo mau beli hp samsung dengan harga yg mirip, tipe apa ya?
    Tks sebelumnya

  293. Bapak herry tolong minta pendapatnya, kenapa brand oppo ini bersaing tidak secara sehat.

    Saya di tawari untuk bermain oppo lagi dikarenakan dulu pernah jualan tp ditarik karna saya jualan vivo..tapi dengan syarat harus berhenti jualan vivo..kenapa brand oppo ini bnyak aturan dan tidak fair yah??

    Menurut bapak saya harus bagaimana ya?soalnya melihat sekarang sudah banyak orang yg dibodohi mencari oppo di toko saya

    Tolong post saya ini di posting supaya orang makin kenal apa itu brand oppo dan bagaimana cara mematikan lawannya secara tidak sehat..

    1. Pak Yokko,

      Menurut saya, karena mereka memiliki target penjualan yang tinggi dan bakal “dihukum” bila gagal mencapai target.

      Kalau saya sih prinsipnya sederhana. Selama cara berjualan Oppo masih cenderung tidak jujur, saya takkan merekomendasikan merek itu.

  294. saya punya hp oppo kira* dah setahun lbh pemakaian . bru* ini gnti ic emmc nya kata service nya yg rusak emmc pas sya bwa d service ktnya akibat sya ska maen coc.

    lah tpi ini smsung sya yg udh 5 thun lbih d pkek maen coc smpe skrg ga ad rusak emmc.
    kta lain smsung lbih bgus dr oppo smpet nysel juga bli hp oppo

  295. Maaf pak Herry SW klau bapak di suruh pilih, bapak pilih Hp Oppo atau Sony???
    Saya punya hp S.xperia C3, tpi saya pingin ganti dgn Oppo F1.

    1. Bu Wulan,

      Kalau hanya berdasarkan merek, tanpa melihat tipe, ya jelas Sony dong. Buat saya Oppo itu langsung dicoret saja.

      1. bang herry, nanya dong, untuk review oppo F1 Plus, diluar dari permasalahan promotor yg gak jujur, kira2 hape ini worth it gak dibanderol 4,5 jt? atau bisa dicompare dengan hape apa? mohon sarannya. Thank you.

      1. Tks pak herry
        Berarti penilaian ttg oppo dari pak herry hanya terbatas pada cara penjualan yg tdk jujur ya…
        Soal kualitas blm tau ya…

        1. Pak Jamal,

          Ada beragam tipe ponsel Oppo (tipe-tipe lama sih) yang pernah saya coba. Secara umum kualitasnya di atas rata-rata ponsel merek Tiongkok.

  296. PAK herry
    GUA heran dengan anda tujuannya apa sih nge jelek*kin OPPO.
    Asal bapak tau yahh OPPP emang hp emang di buat di cina tapi bukan hp cina yg abal*lan, satu lagi ke unggulan OPPO dia selalu mengeluarkan produk yg beda dri brand*lain contohnya,N1 camera 13MP berputar,mirror3 smartphone pertama yg punya remot control,R1x,mirror 5 handphone pertama ber desaign kating berlian,.
    Bukan kyak brand * lain bandingin dong bahan nya ,wajar aja kan OPPO mahal.
    Jangan asal* koment* doang.
    MAkasih

    1. Pak Arya,

      Tujuan saya sederhana:
      1. Semakin sedikit konsumen awam yang tertipu.
      2. Oppo mau mengubah cara jualannya dan menindak tegas promotor yang nakal.

      Silakan Anda perhatikan komentar saya dari awal. Saya tidak mempermasalahkan kualitas Oppo. Yang saya permasalahkan adalah kejujurannya dalam berjualan.

  297. PAK HERRY
    Satu lagi pak saya pake ,2 HP merek OPPO . Yang pertama noe-k udah satu tahun sya pake aman*kok gak ada masalah.
    Trus sya pake lagi F1 PLUS.
    F1 plus finger print tercepat kecepatannya 0,2 detik sedangkan IPHONE 6s plus,, 1,45 detik jelas OPPO lbih cepat.
    Dan OPPO F1 PLUS menggunakan sistem vooc cass tercepat 45 mny sudah 75%.
    Di bandingkan SAMSUNG S7Edge 45 mnt hanya mencapai 65%.
    OPPO sekarang hadir dengan spesifikasi MONSTER bukan OPPO yg dlu lagi .
    Orang pintar pilih OPPO CAMERAPHONE.
    Tjiayouuu…
    Salam pak HERRR ??

    1. Pak Arya,

      Yang saya permasalahkan adalah kejujuran promotor Oppo dalam berjualan. Bukan fitur ponsel Oppo lho. Mau fitur Oppo secanggih apa pun, kalau cara jualannya seperti sekarang, ya tetap akan saya permasalahkan.

  298. Pak Herry
    Jujur yah gua sebbel lihat koment* busukmu itu,nge jelek*kin produk org klo gak tau soal OPPO jngan soktau yahh..

  299. Pak herry ini , memang wajar di bilang iblis. Buat block ini khusus untum menjelekan oppo, atau spgx,
    Jujur saya spg oppo selama saya jualan saya nga pernah maksain customer untuk membeli prodak kami,jika ada yg bertx oppo berasal dari mana, tentunya dari negara tiongkok, sejauh ini saya, perhatikan komen pak hery tentang oppo, tidak ada baikx,
    OPPO klw mw dibilang nga ada khualitasx OPPO sudah buktikan dengan masukx smartphone pintar di No 4 dunia.jadi tidak diragukan lagi.

    BUAT KALIAN YG BACA BLOCK INI JANGAN PERCAYA SAMA OMONGAN PAK HERY.

  300. maaf boleh komen kan , saya udh pernah pake hp iphone 5s ,samsung s5 ,oppo find7 .. tapi kalo saya nilai semua sama punya kelebihan dan kekuragan.. sekarang saya pake iphone 6 plus sama oppo f1 . . keduanya pun sama. jd menurut saya kalo hp kelas tinggi ya fasilitasnya bagus, begitu jg sebaliknya.jd tergantung kocek anda mau pake yg mana.. ga usah menjelek jelekan oppo atau lain nya

  301. Maaf pak hery saya promotor Oppo dan sudah membaca artikel ini dari atas sampai bawah dan kalo untuk masalah kalo kami para promotor Oppo di daerah saya tidak pernah menyatakan kalo Oppo buatan Amerika melainkan dari China tapi dengan kata lain bukan China esek esek atau kelas bawah,
    Kami menawarkan konsumen dan menjelaskan spesifikasi secara detail,untuk daerah saya kenyamanan konsumen nomor 1,kami menawarkan barang dengan desain elegan nan mewah dan mungkin yang bapak maksud adalah sebagian oknum atau promotor yang melayangkan kata kata tersebut kalo Oppo Made in Amerika,orang sekarang sudah pada pinter sudah tau dan nggak mudah ditipu dan sudah pasti tau mana kualitas kelas atas dan bawah Oppo di Indonesia juga sudah ada pabrik sendiri sama seperti Samsung!
    Saya punya pertanyaan buat bapak!
    Dari pertanyaan di atas kalo bapak kenal sama para petinggi Oppo Tetapi CEO Indonesia OPPO PAk jetle saja Anda tidak tau,Anda sangat membenci dengan Oppo,apakah pelayanannya kurang?apakah pelayanan brand lain sudah sangat baik tanpa menipu couns? Saya sudah baca comentya dari atas sampai bawah malah bapak cuman melecehkan dan menjatuhkan brand dan pelayanan
    Seharusnya bapak memberikan masukan agar pelayanan dan cara Tutur bahas kami di perbaiki,dan menjadi orang yang mengambil kesimpulan dan memberikan solusi yang baik bukanya malah menjatuhkan dan bapak menjatuhkan yang sangat jauh melenceng dari fakta yang ada,dari atas sampai bawah bapk menekankan kalo promotor Oppo menyebut kalo Oppo Made in Amerika padahal fakta yang ada sangat jauh dari apa yang bapak sebutkan,heloo pak 2013 Oppo masuk di tempat saya dan beberapa tahun itu kami melakukan innovasi dan perbaikan entah itu internal dan eksternal
    Silahkan bapak ke tempat saya apakah pelayanannya sama dengan apa yang bapak katakan
    Makasih:)

    1. Pak Rey,

      Boleh tahu Anda bertugas di kota mana?

      Anda boleh saja menyatakan orang sekarang sudah pintar. Namun, realita di lapangan masih banyak orang awam yang “tertipu” membeli Oppo karena meyakini ponsel itu dari Amerika lho.

      Jet Lee sekarang kan sudah bukan CEO Oppo Indonesia. Ia digantikan Ivan Lau.

  302. Iyah belum lama di ganti sama pak Ivan lau|tapi ada pertanyaan di atas kalau bapak tidak tau sama pak Jetlee
    Realita di tempat saya tidak seperti itu pak:)
    Orang orang juga sudah pada tau kalo kebanyakan handphone atau smartphone itu buatan China:)
    Dan lebih banyak mendominasi handphone China di pasar Smartphone dunia
    Jangan lah bapak menjatuhkan suatu brand bapak sebagai narasumber disini sebagai penengah bukannya yang memperburuk keadaan Anda buat blok agar ada referensi baru buat para pembaca bukannya mengajak pembaca blogger anda memusuhi suatu brand/saya sama promotor Oppo di daerah saya jauh dari perkataan bapak
    Makasih salam kenal yah pak:)

    1. Pak Rey,

      Pergantian sudah dilakukan setahun lalu. Jadi, ya sudah tergolong lama deh.

      Tahu dalam arti sekadar tahu Jet Lee, saya tahu. Namun, kalau tahu dalam arti kenal, saya tidak mengenalnya.

      Wah, bagus deh kalau di daerah Anda masyarakatnya lebih paham. Di Surabaya, masih banyak yang menyangka Oppo itu dari Tiongkok. Kemarin malam saya baru saja berhasil melarang seseorang membeli Oppo F1 Plus. Ngapain membeli ponsel yang cara jualannya tidak jujur. Padahal, calon pembeli itu manajer sebuah perusahaan terkemuka lho. Lha kalau konsumen seperti itu saja nggak paham, apalagi yang awam banget.

      Anda bertugas di kota mana?

      Tenanglah. Selama saya masih menjumpai promotor Oppo yang tak mau mengaku ponsel itu berasal dari Tiongkok, saya akan rutin melakukan kampanye negatif terhadap Oppo kok.

    1. Pak Rey,

      Sejauh ini, selain Oppo, saya belum menemukan promotor merek lain yang “memalsukan” tanah kelahirannya.

  303. Hahahaha pak Herry sudah mulai tersudut yah? Setahun saya jadi promotor belum pernah sedikitpun di daerah saya yang menyebutkan atau berkata kalo OPPO BUKAN DARI CHINA:)

    1. Pak Rey,

      Bukan masalah tersudut. Poin-poin masalahnya sudah jelas kok. Anda juga belum mau menjawab berada di kota mana kan?

  304. pak Herry
    mungkin anda sakit hati yah gara gara udah melamar ke perusahaan OPPO lalu di tolak mentah mentah.makannya anda pojokkan trus OPPO hahahahahha
    sakit hati yahhh?

    1. pak herry.
      pemikirannya pintar tp kpintarannya ngga dipake..
      cuma bisanya menjelk2an..
      klo bnr2 pak herry menganggap oppo itu jelek..
      coba pak herry bikin brand atau hp yg melebihi oppo ..bisa ngga…jgn bs nya cm ngemeng dan menjelek2an..

  305. Mending beli iphone aja sudah .. gak ribet … kalau di banjarmasin salles oppo nya bilang hp oppo gak bakalan ngadat ngadat … toh tau nya ngadat juga .. selama masih ponsel android ngadat ngadat itu biasa .. saya aja pakai yang ram 3 GB prosessor snapdragon 800 ke atas masih bisa ngadat hp nya….

    1. iya, karen OS Android makan source-nya gede, itu sebabnya butuh RAM gede-gede, tanya sama yang ngerti coding dan buat aplikasi OS Andorid.. tp namanya hp dengan OS sekali lag gpp, toh restart dibutuhkan, seperti komputer saja yang ada OS-nya.. kalo hp jadul/standart non OS lancar jaya

  306. sebenernya pak heri ini bener, logikanya kl jual apa pun itu dimulai dgn ketidak jujuran alias bohong sama aja dgn penipuan, penipuan masalah asal usul produk tp, kalo udah merembet ke masalah sharing keunggulan shofware n hardware itu udah keluar dr tema blok, n blok ini msh ada prosedur n aturan kan, atau bebas berbicara diblok ini? aku penyuka semua jenis hp, tp jujur disini masalah oppo kan, harga oppo ga’ mahal kok, hp laen yg speknya sama malah harga lebih sadis lg. malah kalo aku produk apapun itu kalo harga terjangkau dgn lidah org indonesia n spek nya oke, memang itu yg dicari oleh org kita, ya ga’. hp spek bagus n mumpuni cuma harga ga’ sesuai lidah org indonesia apa mau dikata. intinya buat pak heri, sekali lg maaf mungkin maksud n tujuan anda bagus, ga’ dukung dgn yg namanya kebohongan, tp pak heri jgn lupa tujuan yg kita niatkan baik terkadang malah buat kita membabi buta sehingga lupa dgn tujuan baik itu. yg fatal dr anda, kebencian terhadap spg, promotor oppo ug ngibul sehingga merambat ke hp oppo nya sendiri dan berlanjut dgn pernyataan tidak menganjurkan org mo beli hp oppo. itu salah fatal mas menurut aku.

  307. Aku org bodoh berharap dpt pengetahuan bersua ke blok ini e ternyata, tuan rmh bloknya msh kayak anak2, kenapa? kok bisa ngomong jgn beli produk oppo, weee bingung aku. padahal tujuannya bagus tidak seneng dagang kl ga’ jujur, tp kl menurut aku mencegah seseorg untuk membeli suatu produk dgn alasan pribadi itu sangat tidak rekomen. itu jg ga ‘ jauh beda dgn spg atau promotor tukang tipu seperti yg mas bicarakan berulang2 kali itu. Aku punya satu pertanyaan, opppo F 1 plus itu bagus n oke ga’ menurut anda?

    1. Pak Dandy,

      Saya belum pernah menguji pakai Oppo F1 Plus.

      Buat saya, ponsel Oppo lebih baik langsung dicoret deh. Jelas?

  308. posisi ku dipalembang sumatera selatan. dipalembang semua brand hp ga’ ada masalah baik spg promotor atau apa pun itu namanya. sbb sipalembang kalo beli hp spgnya nipu dgn embel2 speknya baguslah, produknya dr sono lah. ehhh pas nyampe rmh ga’ sesuai dgn yg diomongi aku jamin itu konter bakal didatangi lg n diombrak abrik, yg nipu alias tubong tukang boong bakal kena bogem mentah itu kl dipalembang. Yg jual harus jujur, itu harus loh n harga mati, terus berdiskusi masalah seler, spg, promotor yg ngeboong itu jg bagus gimana cari jln keluarnya, cumaaaaaa jgn berakhir dgn dilarangnya seseogrg untuk beli produk tertentu, itu salah besar menurut aku n kurang bijaksana sekali, kelihatan banget membencinya. ok salam manis aja buay semua, maju terus indonesia.

  309. hahahahaha…. oke mantap. kalo masalah coret mencoret nanti kita pertimbangkan lg n itu urusan org yg mo beli. n menurut aku yg patut dicoret itu semua promotor, spg yg memanipulasi data dgn cara mensosialisasikan produk apapun, yg penting barang abis duit kumpul. ?

  310. Idihh gilaa panjang emen nih… Hahhaa
    jujur tak jujurnya setiap promotor hp manapun itu urusan mereka sama tuhan, yang merasa di bodohi oleh pihak manapun sebaiknya lain kali anda tanya sama mbah google, mbah google kan sudah menyediakan, masalah asal usul ga usah d permasalahkan, toh sekarang NOKIA juga terpampang jlas MADE IN CHINA -,-

    1. Pak/Bu Dea N Efendi,

      Silakan dibaca dengan cermat lagi. Yang saya permasalahkan itu Oppo adalah merek Tiongkok, tetapi diakui sebagai dari Amerika.

      Perkara diproduksi di Tiongkok, ya hal itu wajar-wajar saja.

  311. Pada dasarnya yg mau beli hp tuh ya sesuaikan kebutuhan dan isi dompet ajh, mau hp semahal apapun kalo yang pakenya jorok tetep ajh cepet rusak hahaha
    Pinter pinter kita rawat barang kita sendiri mau dri cina ke dri mana ke, yg jorok ya jorok yg apik ya apik,.
    Selagi belum bisa membuat hp sendiri jangan suka mencela gak baik tau, yang ngeluh juga bukan dri oppo ajh dri merk lain juga bnyak ngeluh, itukan gmna orang nya juga,puas gak puas nya dirinya akan barang nya sendri.

  312. Yg jual oppo menipu masak aq mo beli sony disuruh beli oppo neo 7 yg katanya udh 4G ternyata sudah di buka gak ada 4Gnya ya udah mahal harganya, lebih suka produk LG & nokia aja…

  313. Salam sejahtera buat semua
    Singkat cerita saya dulu pernah menulis di blog ini tentang pelayanan Oppo yg sangat maksa dlm menawarkan hp nya, klo gak salah taon 2014….tapi saat ini saya ingin meminta maaf kepada Oppo
    ..tepatnya kemarin sy dan istri ke Marina plaza Surabaya, dan wow ternyata mereka sudah berubah tidak lagi mekso customernya untuk belii Oppo, tapi mereka tawarkan apa adanya, dan istri saya tertarik karena memang specknya bagus dan mumpuni…akhirnya istri saya membeli Oppo f1 plus…..
    Saya merupakan pemakai s7 edge tapi sy merasa Oppo f1 plus tidak berbeda jauh dari s7 edge….so kesimpulan saya jangan takut membeli Oppo f1 plus karena bagus di rentang harga segitu, ( tapi klo Oppo yg lain gak tau ya eheheh)

    1. Pak Nicky,

      Siapa tahu ingat. Nama tokonya apa, Pak?

      Setahu saya, beberapa pemilik toko di Surabaya memang memberikan “peringatan” kepada promotor Oppo. Mereka tak boleh terlalu agresif, apalagi terkesan memaksa dan merebut pembeli. Sebab, dampaknya terhadap penjualan keseluruhan toko malahan kurang bagus.

      Btw, F1 Plus kena harga berapa, Pak?

  314. F1 plus…..kena harga 5,499 pak Hery dapet banyak bonus n case ori juga dapat potongan 50%
    ..klo dulu di Apo#o lantai 2 sy inget tuh hp oppo sama spgnya dibanting di depan customernya cuma mau nunjukin bahwa hp Oppo tahan banting, padahal kita yg liat jadi risih (istri sampe kaget, lg ngobrol2 tau tau bruakkkk)…
    .klo toko kemarin Oppo di lantai 2 depan eskalator persis…spg nya ramah, dapat kopi pula, mereka bilang oppo ini dari China tapi sekarang buka pabrik di sini, dan ketika kita mau pergi mereka gak maksa…..istri saya lg cari secondary phone yg kameranya bagus buat nunjang dia kerja makanya milih oppo f1 plus…
    Tingkatkan terus good worknya dan inget konsumen sudah pada pinter sebelum mereka beli hp pasti mereka udah mempelajari semuanya (unboxing, hand on reviuw dll)

    1. Pak Nicky,

      Oh ok. Berarti, di gerai milik UMSL.

      Ya, saya sendiri berharap konsumen sudah mencermati spesifikasi dll sebelum beli ponsel. Praktiknya, saat ini belum banyak konsumen yang melakukan hal itu.

  315. kenapa klo jual vivo ga bisa jual oppo. padahal ke dua pruduk bagi saya bgs. khusus di aceh ga bisa jual oppo klo jual vivo. heran saya. slm knl dr abu wd

    1. Pak Abu WD,

      Lho… di Aceh masih ada aturan itu ya? Di Surabaya sempat ada aturan itu, tetapi sudah lama dicabut.

      Jadi, ceritanya begini:
      1. Oppo, Vivo, dan OnePlus itu sebenarnya sama-sama dimiliki oleh BBK.

      2. Entah mengapa, saat Vivo akan masuk ke Indonesia, Oppo langsung menunjukkan tanda-tanda bermusuhan. Diler Oppo harus menandatangani pernyataan takkan menjual Vivo. Kalau ketahuan menjual, maka Oppo akan memutuskan statusnya sebagai diler Oppo.

      Kondisi itu sempat berlangsung beberapa bulan. Suatu hari, petinggi Oppo dan Vivo di Indonesia dipanggil ke kantor pusat di Tiongkok. Pulang dari sana, Oppo dan Vivo di Indonesia langsung berdamai.

  316. Pak Herry,
    Saya cuma memberikan info bahwasannya Vivo bisa tembus jadi sponsor film Hollywood contohnya
    The Martian Box Office 2015 & Captain America Civil War 2016 setahu saya untuk bisa jadi sponsor film Hollywod prosesnya sangat ketat tidak bisa sembarangan…apa mungkin kejujuran jadi nilai point utama bisa masuk sebagai sponsor film yg saya sebut diatas..mengenai keterangan bapak yg saya baca dari pertama pointnya sudah saya tangkap yaitu kejujuran,kasihan orang tua yg sudah nabung berbulan-bulan atau mungkin dia pinjam kantor buat beli anaknya tetapi kena hasutan ternyata hpnya sering bermasalah…sekian informasi dan tanggapan dari saya pak Terimakasih Wassalam…

  317. di medan sudah bisa jual oppo sama vivo dlm satu toko. saya 2 toko. mau pisah2 jual aja ga bisa.alasan satu pemilik. ter paksa 2 toko jual vivo. rencana satu oppo satu vivo. di aceh udah lewat darurat militer.sekarang ber tambah dgn darurat jual hp. dari vivo gak masalah.cuman dari oppo nya byk peraturan.. klo petinggi oppo membacanya. tlg tuntaskan masalah ini. bersaing sama samsung atau merek lain aja. jgn satu produk bertengkar.

    1. Pak WD,

      Kalau pemilik sama, tetapi nama toko berbeda, apakah juga tidak bisa? Dulu waktu penjual Oppo dilarang berjualan Vivo, pemilik toko di Surabaya menyiasatinya dengan memakai bendera yang berbeda. Misalnya, toko Sentra Cell menjual Oppo, sedangkan Central Cell menjual Vivo. Dua toko itu dimiliki oleh orang yang sama.

  318. astaga baca dari awal sampai akhir hanya kejelekan oppo terus yg di bahas ya,dan mencekal semua orang yg niat beli oppo,ckck.. anda merasa anda paling benarkah pak hery ?? coba layangkan surat terbuka ke petinggi oppo,dengan semua komen anda dr atas sampai bawah,kita lihat apa balasan dr petinggi oppo melihat tulisan anda.

    sy yakin orang yg membaca tulisan dr awal sampai akhir komen ini juga merasa demikian,mana orang yg berpihak dan setuju atas komen anda?? rata2 semua bersikap sama seperti saya.

    1. Pak/Bu Audy,

      Saya yakin tautan ini, juga tautan lain terkait Oppo di blog ini, sudah sampai ke atas kok. Jadi, tak perlu repot-repot menulis surat terbuka lagi.

  319. Menurut saya pak Herry sw itu tidak menjelekkan atau menjatuhkan brand Oppo, pak Herry cuma kesal sama SPGnya yang tidak jujur dalam mengenalkan produk tersebut. Tapi aku punya pertanyaan , setiap produk hp apapun brandnya biasanya sudah tertera itu buatan apa. Jadi seandainya SPGnya bohong harusnya bapak2/ibu2 kasi baca liat biar dy tidak bicara seenaknya. Atau bapak2/ibu2 tidak pernah baca?

    Thanks pak Herry

    1. Bu Ratna Zega,

      Saat baru masuk ke toko dan ditawari barang, kan kardus belum diberikan. Hal lain, sangat jarang konsumen yang mencermati tulisan kecil-kecil di kardus.

  320. Pak Herry,,

    Kebetulan bgt baca blog ini,, saya lg bingung mw beli hape apaan, krna suka selfie, mw nya pilih oppo f1,,,semoga gk krna kemakan iklan di tv, tp SPG yg nawarin udh jujur kalo nie oppo dr cina, n dy tunjukkin kalo dy jg pake,,,abisnya bingung mw pake hape apa skrg, klo iphone 6 sndiri gimana mnurut bapak?kok aq kurang suka spesifikasinya ya?kyanya bysa aja

    Thanks pak

    1. Bu Ratih,

      Saya belum pernah menguji pakai iPhone 6. Umpama disuruh memilih tanpa mengeluarkan uang, saya sih pilih iPhone 6. πŸ™‚

  321. demi Allah SWT, ane bukan sales yak… pure user ajah, itukan strategi bisnis, ya biarin ajah.. asal diimbangi sama after salesnyaa, hp murah ya maklum iklan gak ada, scnya susah, gak perlu bayar pajak, teknisi, tkdn tdk terpenuhi, kalau mau bandingin ama samsung ya sah ajah sih oppo juga kan mainya kualitas bukan spek, contoh ya oppo pertama gue find piano gue bandingin dgn samsung galaxy fame scara langsung kamera maupun layar, oppo lebih jernih layarnya, lebih tajam kameranya, pdhl sama2 5mp harganya juga sama 1,9 waktu awal launcing,. udah gtu lbih smooth. kualitas hardwearenya juga gak kalah sama samsung , dan dari awal beli th 2012 klo gk salah, masih normal smpe skrg, skian sih dari ane. soalnya udah bolak balik ganti hp emang klo udh nyamanya di oppo denger omongan bgini bgitu ya bodo amat πŸ˜€ soalnya merek2 cina lain emang tinggi sih speknya tapi ya gtu deh kualitas layarnya ajah bisa diliat bnyk yg yellowish gak jernih kaya oppo, emang kalau mau spek tinggi di hh oppo ini ya musti yg 3-4juta keatas, dibawah sgitu ya dpt kualitas ajah bukan spek.. cmiiw

    1. Pak/Bu Conner,

      Maaf, terus terang saya tak tahan membaca komentar Anda sampai selesai. Sebab, terlalu banyak singkatan.

      Strategi bisnis ya silakan saja. Namun, kalau sudah bertindak tidak jujur (mengaku dari Amerika padahal dari Tiongkok), saya tak bisa membiarkannya. Kalau cara berjualan Oppo jujur, biarpun satu ponsel dijual Rp 10 juta saya bakal tutup mata kok.

  322. malam gan
    aku mau tanya
    kemarin baru beli oppo a37
    kenapa oppo a37 saya kok speker yang 1 berfungsi yang 1 nya kok gak berfungsi ya
    kenapa ni gan
    mohon infonya gan
    terima kasih

  323. Test..test….minta masukan pak Herry nich.coolpad seri A8 500 max dgn Xiaomi MI 5??? Ane baper dgn 2 produk tsb….mksh

    1. Pak Dede,

      Ini yang Anda maksud Coolpad Max ya? Saya cuma pernah towel-towel, belum pernah uji pakai. Cukup bagus sih.

      Kalau Mi 5, saya malahan belum pernah mencobanya karena belum ada yang bergaransi resmi.