Mengintip Isi Lengkap Kardus Xiaomi Redmi 2 Prime

Setelah lama dinantikan, Xiaomi Redmi 2 Prime akhirnya dijual resmi di Indonesia. Ponsel itu sekaligus hadir untuk memperingati ultah pertama Mi Indonesia. Pada 22 September lalu, Redmi 2 Prime telah dijual secara daring (online) di Mi.com/id. Peminat harus memiliki F-Code yang mutlak dimasukkan saat bertransaksi. Tanpa kode khusus itu, peminat takkan bisa menuntaskan transaksi.

Kalau Anda tidak mempunyai F-Code, tenang… Redmi 2 Prime akan dijual bebas kok. Pada 28 September 2015 ponsel tersebut bakal dipasarkan via Lazada.co.id/mi. Berikutnya, 6 Oktober 2015, ponsel yang sama siap dibeli di Mi.com/id. Sambil menunggu, apakah Anda ingin mengetahui isi kardus Redmi 2 Prime? Penulis kebetulan telah memilikinya. πŸ™‚

Unbox Redmi 2 Prime-1

Lho, bagian belakangnya kok berwarna abu-abu tua? Sabar. Kita mulai dari awal ya. Nanti pasti ketahuan jawabannya.

Inilah penampakan sisi muka kardus Redmi 2 Prime. Tak bisa dideteksi isinya ponsel Xiaomi tipe apa.

Unbox Redmi 2 Prime-2

Kalau ini bagian belakang kardus. Tipenya tertulis Redmi 2, bukan Redmi 2 Prime.

Unbox Redmi 2 Prime-3

Baru ketahuan Redmi 2 Prime saat spesifikasi yang tercetak dibaca dengan cermat. Tertulis RAM 2 GB dan eMMC 16 GB.

Sekadar mengingatkan, Redmi 2 non-Prime dibekali RAM 1 GB dan eMMC/ROM 8 GB. Spesifikasi lain dua ponsel itu persis sama.

Unbox Redmi 2 Prime-4

Distributor sekaligus importir resmi ponsel Xiaomi di Indonesia ada dua, Trikomsel dan Erajaya. Redmi 2 Prime yang penulis miliki kebetulan diimpor Erajaya.

Unbox Redmi 2 Prime-5

Isi lengkap kardus Redmi 2 Prime.

SONY DSC

Selembar plastik melapisi permukaan layar Redmi 2 Prime. Lepas dulu sebelum menggunakan. Itulah yang tertulis di baris paling atas.

Unbox Redmi 2 Prime-7

Pelapis layar dilepaskan, baterai dipasangkan, lalu ponsel dinyalakan.

Unbox Redmi 2 Prime-8

Tak perlu bingung kala melihat warna penutup baterai Redmi 2 Prime kepunyaan penulis. Yang dipasarkan resmi ke sini memang berwarna abu-abu tua.

Unbox Redmi 2 Prime-9

Ponsel itu dibekali RAM 2 GB.

Unbox Redmi 2 Prime-10

Unbox Redmi 2 Prime-11

Kapasitas ROM-nya 16 GB. Sebagian di antaranya digunakan untuk sistem operasi dan aplikasi bawaan. Sisanya 12,4 GB.

Unbox Redmi 2 Prime-12

Unbox Redmi 2 Prime-13

Jadi, Anda akan membeli berapa unit Redmi 2 Prime? πŸ˜€

Ponsel tersebut kompatibel dengan layanan LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan kelak Tri. Harga jual resminya dipatok Rp 1.799.000. Sekadar untuk memberikan gambaran umum, silakan membaca review Redmi 2 ala penulis di sini.

Kelak penulis juga akan menguji pakai dan mengulas Redmi 2 Prime. Namun, harap bersabar ya. Review ponsel itu baru diunggah setelah penulis tuntas menjajal Lenovo Vibe Shot, Infinix Zero 2, LG G4 Stylus, dan Samsung Galaxy Note 5.

182 thoughts to “Mengintip Isi Lengkap Kardus Xiaomi Redmi 2 Prime”

  1. Diantara waiting list ponsel-ponsel yang akan direview oleh Pak Herry, saya paling tertarik dengan infinix zero 2. Ditunggu dengan amat sangat segera sekali reviewnya Pak. Hahaha.
    Usul Pak Herry, bikin perbandingan ponsel2 terbaru lagi Pak. Bingung banyak sekali pilihan

  2. Malam ko herry, saya mau tanya untuk aksesorisnya sama persis dengan redmi 2 kan ya? Kayak tempered glass dan hardcase/softcasenya gitu. Saya juga baru hand on nih blm di pakai. Mungkin besok baru di coba.
    Dan 1 lagi koh gosipnya redmi 2 prime cuma kompatibel dengan lte 1800 yang katanya baru xl. Betul gak tuh koh? Apa itu hatersnya redmi 2 prime aja? Thanks ya koh

    1. Pak Mario Kornel,

      * Seharusnya sama. Saya sendiri belum sempat mencari jelly case-nya.
      * Spesifikasi LTE-nya mestinya sama dengan Redmi 2 kok. Saya belum coba dan buktikan sendiri sih.

  3. Maaf ya pak herry ini sekedar kebimbangan saya tentang gadget yang memiliki kualitas foto bagus. Kenapa ya oppo find 7 yang notabene memiliki kanera yang sangat baik tidak pernah masuk pengahrgaan smartphone kamera terbaik ? Padahal selain kamera ,find 7 memiliki ram 3gb, internal 32Gb. Makasih pak herry

    1. Pak Andry Sanjaya,

      Bisa saja berdasarkan penilaian juri acara penghargaan itu, Find 7 memang kalau bersaing dibandingkan ponsel lain.

    1. Pak Budi,

      Lha ponsel yang perlu dicoba memang banyak. Otomatis antreannya panjang.

      Review versi saya memang berupa tulisan dan foto. Saya biasanya jarang melakukan unboxing. Tadi saya iseng melakukan buka kardus karena Redmi 2 Prime kan sedang kekinian.

  4. Selamat malam Pak Herry…
    Itu Redmi 2 Prime beli dr mi.com/id ya Pak? Kapan Pak Herry melakukan pembelian dan kpn jg brgnya tiba Pak?
    Terima kasih Pak Her hehe…

    1. Pak Edwin,

      Kebetulan saya dapat tawaran jalur cepat. Jadi, pengiriman bisa lebih ngebut karena dikirimkan via FedEx/RPX.

  5. koh herry, xiaomi redmi 2 prime apakah sudah miui 7 atau masih miui 6 ?
    dan secara brand antara xiaomi dengan lenovo lebih tinggi mana ? terimakasih………..

    1. Pak Leo,

      Wah, belum sempat saya utak-atik, Pak. Usai difoto-foto langsung saya masukkan ke kardus lagi.

      Merek Lenovo “lebih mahal” daripada Xiaomi. Ini kalau kita bicara ekuitas mereknya ya, bukan kualitas produk.

  6. Tapi kalau menurut pak herry sendiri review tentang find 7 mengenai kamera nya gimana ya ? Saya jadi galau mau ganti handphone lainya. Mungkin ada saran pak yang sekitar 3-5 jt tapi kalau bisa minim setara find 7. Makasih pak herry maaf ya out of topic lagi di forum ini.

  7. Jujur awal memakai Redmi 2 saya kurang suka Back Cover Putihnya.. tp kini malah sangat suka sekali pak..
    lebih elegan & terlihat simpel tampilannya.

    Nah.. utk Redmi 2 Prime Ini Apa Kah Sama dgn Redmi 2, Back Cover Agak Licin ??
    karena saya beli back cover biasa, gak licin tp doff.

    Selain itu.. Berharap sih, perbaikan kamera yg ke kuningan udah fix alias gak kuning lg jika pakai Flash Saat Malam/Kurang Cahaya.

    1. Pak Balaq,

      Kalau Alcatel onetouch Flash, saya belum pernah coba. Kalau Flash Plus, saya sempat beli dan rencananya akan di-review. Namun, baru dipakai dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam, saya sudah kecewa berat. Langsung saya jual dan batal review deh.

      Kecewanya kenapa? Penerimaan sinyalnya lemah. Layar sentuhnya juga kurang enak. Boleh dibilang Flash Plus adalah ponsel Android terburuk yang pernah saya coba selama 2015.

  8. Kalau baca tulisan Pak Herry ini enak banget bahasanya. hehe.. tiap pagi di kantor pasti buka email dan ada notif new post dari ponselmu.com pasti langsung saya tengok.

  9. bintang 5 dah buat ponselmu.com, tema postingannya update dan sedang banyak dicari.
    review yang redmi 2 prime dulu dong bos, soalnya saya rada ragu sama ini xiaomi. masalahnya ikon notifikasi bbm, WA dsb tidak muncul di pojok layar. temen saya pakai redmi 2, sudah otak atik ini itu dsb tetep aja gak muncul. pesan yang dikirim sih masuk, hanya saja notifikasi dilayar tidak muncul.

    1. Pak Akbar Jember,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Oh, aplikasi BBM dan WA perlu “digembok” dulu. Trus, jangan lupa mengatur di permission-nya.

    1. Pak Akbar Jember,

      Untuk posting dan menjawab pertanyaan di blog, saya masih pakai jalur konvensional: pakai laptop. Sesekali saja pakai tablet berukuran minimal delapan inci. Nyaris tak pernah pakai ponsel.

  10. Pak tgl 6 Oktober info dari mana pak, dan sale biasa atau pake gimmick flash sale? Saya justru malas model flash sale maunya sale biasa saja apalagi ada diskon tambahan haha. Gara2 sering baca blog pak HSW sepertinya Redmi 2 Prime ini jadi hp saya berikutnya…

    1. Pak Darius,

      He… he… otak dan jari tangan saya tampaknya nggak sinkron. Waktu mengetik posting itu, saya merasa saat ini Oktober. Yang benar, penjualan Redmi 2 Prime di Lazada pada 28 September 2015.

  11. Pak Herry,
    Mmc untuk Redmi 2 ,saya mau pakai yang Sandisk 16gb class10, tapi bagus/cocok yang 30mb/s atau 48mb/s ya? Terima Kasih

    1. Pak Dennis,

      Terus terang saya tak terlalu memperhatikan microSD. Kalau Anda sudah punya keduanya, mending yang 48 sekalian deh.

    2. Microsd yg penting class 10 Ud cukup kenceng buar rata2 smartphone. Speed lebih tinggi biasanya cmn perlu buat kamera. Yg penting ambil aja microsdxc

      Untuk speed Microsd Samsung lebih kenceng download. Sandisk upload

  12. Pak Herry, saya kira xiaomi krg all out masuk ke pasar indonesia, pilihan hape terbatas, varian sedikit. moga ke depan ada pilihan memori dan warna untuk mi4i dll, atau takut merk ini menggilas merk merk yg sudah ada dan lebih mahal? soalnya hardware dan os nya lumayan dg harga tidak overprice….

  13. Mau nanya Pak, maksudnya dijual lewat mi.com/id pada tanggal 6 oktober, itu maksudnya gimana? Apa artinya sejak tgl 6 okt, redmi 2 prime tersedia lewat jalur tersebut?
    Tertarik dngn redmi 2 prime, tapi dana baru ada pada bulan nov, berarti saya tidak perlu khawatir karena bisa beli lewat mi.com, benar begitu?

    1. Bu Sarah,

      Setahu saya, penjualan masih pakai model flash sale. Jadi, kalau stok tanggal 6 Oktober 2015 habis, penjualan akan berakhir. Namun, pada periode berikutnya yang belum saya ketahui tanggal tepatnya, pasti akan ada penjualan lagi.

  14. Ko saya baru saja membeli xiaomi redmi note 2. Semuanya baik2 saja kecuali saat nonton video di youtube maupun video yang saya download terjadi lag apakah ko herry tau cara mengatasinya? Terima kasih

    1. Factory reset. Kalau masih lag Dan videonya Dr micro berarti micronya jelek. Skrg banyak mmc sandisk palsu

      Pilihan terakhir flash ke ROM stable. Rom bawaan redmi Note 2 custom ROM jadi masih bnyk bloatware.

      Xiaomi termasuk gampang dioprek. Kl udah ada romnnya tinggal flash 10 menitan

  15. Pak Herry SW, saya ingin membeli Redmi 2 Prime. Apa nanti akan dijual offline seperti di Eraf*ne dkk? Saya dengar ponsel ini hanya dijual terbatas atau hanya 1x di mi.com dan lazada tgl 22 dan 28 sept. Saya biasa beli ponsel pegang fisik dulu baru beli. Tks Pak.

    1. Pak Aditya DS,

      Kelak pasti akan dijual offline, tetapi saya belum tahu jadwal pastinya.

      Tidak terbatas kok. Namun, awalnya memang model flash sale dulu.
      * 22 September 2015 di Mi.com/id khusus buat pemilik F-Code.
      * 28 September 2015 di Lazada. Terbuka untuk umum.
      * 6 Oktober 2015 di Mi.com/id. Terbuka untuk umum.

    1. Pak Haris,

      Uji pakai versi saya diperkirakan selesai pada Selasa malam atau Rabu pagi. Setelah itu baru mulai ngetik naskah.

  16. apa bener ni… kalo redmi 2 prime nya bakal dijual lagi pada tanggal 8 oktober… denger denger malah cuma sekali itu doang pak?

  17. Selamat malam Pak Herry…
    “Oh, aplikasi BBM dan WA perlu β€œdigembok” dulu. Trus, jangan lupa mengatur di permission-nya.”
    Untuk gemboknya saya paham, cm utk permission itu mksdnya apa ya Pak?

    Saya juga mau tny soal Redmi 2 Pak, tp saya tanya di sini saja ya hehe… Utk Ponsel semacam Samsung atau LG, kan ada fitur “Clipboard” atau “Cliptray” itu saya lupa, pokoknya yg fungsinya utk menyimpan kata2 yg kita Copy dan ketika hendak Paste, kita bisa pilih kata mana yg hendak kita paste Pak, nah apakah di Redmi 2 tdk ada fitur itu? Krn saya sudah coba utak atik tp tdk menemukan fitur tsb… mgkn Pak Herry bisa membantu…
    Terima Kasih Pak Herry…

    1. Pak Edwin,

      * Silakan masuk ke settings, security, lalu permission. Aplikasi yang tadi sudah digembok silakan diberi permission untuk selalu siaga.

      * Kalau satu kali copy paste, Redmi 2 bisa. Kalau lebih dari satu kali, terus terang saya tak memperhatikannya.

  18. Dear Ko HSW

    di elevenia hari ini 28 Sept 2015 sudah di jual Ko, apa selain lazada juga di jual di elevenia?

    minta pendapat Ko HSW, mending beli Redmi 2 Prime dengan Mi4? Mi4 apa sudah terlalu jadul untuk update teknologinya?
    Penerus Mi4 apa sudah ada tanda-tanda mau launching?
    thanks Ko

    1. Pak Adank,

      Tadi sudah saya cek, yang di Elevenia bukan garansi resmi.

      Saya belum pernah uji pakai Mi4. Penerus ponsel itu rumornya diluncurkan awal tahun depan.

  19. wah saya menunggu2 sangat nih review bapak ttg infinix zero 2 dan xiaomi redmi 2 prime.
    Infinix hot note sdh tidak available di lazada. Ada info dimana mendapatkannyadi lain tempat ya pak?
    Sekilas saja, menurut bapak lebih baik infinix hot note atau xiaomi redmi 2 prime ya? matur suwun pak

    1. Bu Linda,

      Sabar dulu ya. Dua ponsel itu akan saya antre kok.

      Di aneka marketplace/toko online, masih ada yang jual Hot Note. Sepertinya mereka dulu kulakan dari Lazada.

      Tak tahu. Lha Redmi 2 Prime-nya belum saya uji pakai.

    1. Pak Rian,

      Detail syarat dan ketentuannya belum saya ketahui. Yang pasti nggak perlu F-Code lagi. Peminat tinggal masuk ke tautan itu, lalu beradu cepat melakukan pembelian.

  20. Wah cepet juga sudah keluar lagi, saya baru 1 bulan beli Redmi 2 yang ram 1 gb setelah baca bbrp review dari pak Herry.. Ditunggu pak reviewnya untuk Redmi 2 ram 2 gb ini, sekalian juga nunggu stoknya stabil, jadi pas review selesai dan hasilnya oke maka Redmi 2 ram 2 gb ini sudah bisa dibeli karena stok sudah stabil.. Terimakasih pak, selamat malam.

  21. Pak Herry

    Kemarin ikut hadir di acara launching Infinix Hot 2 apa tidak? Jika iya, tentunya sempat towel-towel ponselnya kan, bagaimana pengalaman pemakaian awalnya? Kalau kemarin tidak hadir, apakah nanti Pak Herry berminat melakukan Review?

    Dengan menyandang nama Android One untuk jaminan updatenya, serta pengalaman yang memuaskan memakai merk Infinix di produk Hot Note, saya sangat beminat meminang produk ini karena Hot Note ingin dipakai oleh saudara saya.

    1. Pak Daru Kartiko,

      Tidak hadir. Untuk sementara saya akan konsentrasi “menghabiskan” ponsel yang sudah antre di-review dulu. Setelah itu baru memikirkan akan mencoba ponsel apa lagi.

  22. Kira kira awet xiaomi redmi 2 prime atau samsung J5 Ko Herry? Dengan dana maximal 3 juta ,saran Ko Herry HP 4g lte dual simcard apa yang terbaik?

    1. Pak Gondo,

      Mestinya sama-sama awet ya. Keduanya bukan ponsel kelas teri.

      Yang dekat-dekat angka itu ada:
      * Xiaomi Mi 4i. Layar oke, kamera bagus, dan baterai agak boros. Bodi kadang juga hangat.
      * Wiko Ridge Fab 4G. Layar mantap, kamera biasa-biasa saja, baterai cukup irit, dan bodi cenderung adem.
      * Lenovo P70. Layar cukup bagus (tak sebagus dua ponsel yang lain), kamera lumayan, baterai awet, dan suhu bodi di tengah-tengah dua ponsel di atas.

  23. Klo gak pernah upload d youtube kyknya ko herry lupa deh. Waktu ngisengin penipu…eh maksudnya kena tipu hehehehe
    Maaf OOT ko herry. Klo ponsel dgn OS WP di adu dgn ponsel os android dgn ram 512mb nyaman mana. Secara ko herry kmaren review acer liq m220. Trimakasih

    1. Pak Sumantok,

      Oh yang itu tho. Btw, apakah Anda berkomentar memakai nama berbeda dengan sebelumnya? Komentar Anda sebelumnya saya cari kok nggak ketemu.

      Dengan asumsi sama-sama RAM 512 MB, ponsel Windows Phone biasanya lebih smooth daripada ponsel Android.

  24. Pak herry, maaf OOT mohon di urutkan sesuai pilihan terbaik anda : samsung s4, galaksi note2, xiaomi mi4i dan lg g2
    kebutuhan saya dari layar jernih, kamera bagus, batrei awet dan anti lag,,
    trima kasih sebelumnya atas respon anda
    salam.

  25. Pak saya sdh dpt xiaomi redmi 2 prime edisi flash sale Lazada kemarin. Barang telah saya dapatkan siang tadi. Mengenai harga; kenapa ketika pembayaran yang semula harganya 1.799 menjadi 1.899 ya? Keterangannya harga setelah pajak. Pajak apa? Jika ppn tentunya lebih dari nilai tsb. Entahlah..
    Mengenai hpnya, belum saya coba. Lah Wong ini baru setting aja sudah mandeg di setting an default keyboard; antara pilih swiftKey atau Google keyboard (maklum emak2 katro) :p Google pinyin sudah Pasti saya skip.
    Mengenai unboxingnya, baru sadar ternyt tdk menyertakan earphone ya pak. Apakah ini mutlak artinya tidak Ada FM radio atau radionya bisa diakses tanpa earphone (seperti halnya di lenovo S920 saya sblmnya). Sebenernya ga terlalu signifikan jg sih, saya sangat jarang menikmati fitur audionya, baik itu musik atau radio. Sesesekalili saja. Hehehee

    1. Bu Linda,

      Harga total yang seharusnya dibayarkan konsumen adalah Rp 1.799.000. Sempat terjadi bug di sistem Lazada sehingga transaksi pada menit-menit awal dikenakan harga total Rp 1.899.000. Kalau Anda terlanjur dikenakan harga Rp 1.899.000 dan telah membayarnya, silakan meminta refund Rp 100.000 kepada Lazada.

      Soal keyboard, kalau saya lebih suka pakai SwiftKey. Setelah beberapa hari dipakai, keyboard itu pintar mengamati kebiasaan kita. Jadi, ia bisa memberikan prediksi kata dengan lebih akurat.

      Ya, paket penjualan Redmi 2 Prima memang tidak menyertakan handsfree berkabel.

      Redmi 2 Prime dibekali radio. Untuk mendengarkan siaran radio, Anda perlu menancapkan handsfree berkabel. Silakan memanfaatkan handsfree berkabel ponsel lain.

  26. Pak Herry,

    Saya pembaca setia blog bapak dan selalu suka baca kiriman bapak di milist id-android.
    Kebetulan Acer E700 saya sudah tewas & garansi part sudah habis (sudah lewat 1 tahun, walaupun garansi jasa masih ada 2 tahun lagi) tapi karena harus ganti part ya sama aja bayarnya mahal hehehe.

    Mencari spek yang setara (dual sim, sim kedua harus bisa minimal 3G/HSDPA, bukan mentok di EDGE karena nomor utama saya Tri sedangkan sinyalnya susah tembus tempat kerja, jadi harus dibackup jaringan internet Telkomsel di sim 2. 4G jujur belum butuh), RAM minimal 2 GB, dan mendukung Micro SD.

    Sebenarnya puas dengan layanan SC Acer yang cukup prima dan sigap, tapi anekdot lama ACER = Agak CEpat Rusak yang terbukti di saya bikin males pake Acer lagi. Selama setahun ini udah 3x mondok di SC soalnya. Jadi ke depan saya akan menghindari produk Acer ini.

    Berdasarkan spek yang saya cari, pilihan utama ya Redmi 2 Prime ini, apalagi harganya sangat terjangkau. Namun kesediaanya masih lama ya. Kondisi saya tidak mungkin ikutan flash sale. Berarti baru tersedia di mi.com/id 6 oktober? Atau kapan ya kira-kira tersedia di gerai-gerai offline?

    Alternatif lainnya mungkin Mi4i, tapi masalah micro sd itu termasuk masalah utama saya. So far browsing spek yang sesuai justru jauh lebih mahal lagi (Xperia C4, C5, tapi masalah SC Sony yang busuk jadi bikin males, atau LG G4, namun dua alternatif ini masih terlalu mahal)

    Apakah ada alternatif lainnya ya pak Herry? Yang jelas merk Asus dan Lenovo sudah coret hehehe….

    1. Pak Nezzar,

      Boleh tahu terakhir E700 Anda rusak apanya?

      Membaca paparan Anda, Redmi 2 Prime mestinya memenuhi syarat. Dua hari lalu, saat ada penjualan di Lazada, saya pantau beberapa pedagang ikutan berbelanja. Saya yakin saat barang diterima, mereka akan menjualnya kembali. Tentu dengan harga lebih mahal. Jadi, kalau memang lebih memilih beli offline, minggu depan mestinya di pusat penjualan ponsel sudah ada toko yang menawarkannya. Entah dengan harga berapa.

      Kalau penjualan offline secara resmi sampai saat ini belum diketahui jadwalnya.

      1. Hahaha ternyata gak rusak pak, cuman malfungsi sistem aja. Jadi install ulang udah normal lagi. cuman ya itu, udah malas bertemu software instablilitynya.

        Kalo misalnya dengan yang diatasnya pak, budget kisaran 5-6 gimana ya? kriteria seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Kayaknya butuh beberapa pilihan lagi deh saya pak.

        1. Pak Nezzar,

          Oh ok.

          Bungkus LG G4 bekas deh. Masa edar ponsel itu masih singkat. Jadi, Anda dengan mudah dapat menemukan G4 bekas yang mulus, komplet, normal, dan bergaransi resmi panjang. Review G4 bisa Anda baca di blog ini.

  27. Selamat malam Pak Herry, mau sekedar curhat saja nih…
    Tgl 23 September kmrn saya beli Redmi 2 Prime via mi.com, pake F-Code teman saya. Pengiriman dilakukan menggunakan First Logistic.
    Saya pantau terus dan brg tiba di Gudang FL Surabaya pd hr Sabtu tgl 26 Sept kmrn Pak.
    Hari Senin (tgl 28 Sept) saya iseng2 telp FL menanyakan kabar pesanan saya, katanya brg masih di gudang dan diusahakan Selasa (tgl 29 Sept) akan dikirm.
    Kemarin hingga pukul 15, saya belum terima brgnya, akhirnya saya telp lg ke FL, mrk blg kurir sudah brgkt tetapi Redmi saya tertinggal. Saya minta utk tetap dikirim pd hr Selasa tp mrk blg tdk bisa krn nlm ada kurir yg kembali ke Gudang. Akhirnya saya berinisiatif utk ambil brgnya di gudang dan pihak kantor “mengijinkan”.
    Sesampainya di gudang, saya ceritakan dr awal, tp pihak gudang malah bilang kalo brg saya sudah dibawa kurir sjk pukul 15.
    Kemudian pihak gudang melakukan kroscek dgn para kurirnya tetapi para kurir merasa tdk ada yg membawa brg tsb. Saya sempet nunggu sejam lebih di gudang, sambil mereka cari brg saya tp mrk tdk bs menemukannya, saya dijanjikan pagi ini dikirim.
    Ternyata hingga siang brg tdk kunjung dtg, saya telp lg FLnya, katanya brg hilang, malah CS sempet bilang “Gimana kalo bapak pesan lagi saja”, sempet emosi sih…
    Singkat cerita, sore sepulang kantor, saya datangi lg gudang FL dan bertanya soal kejelasannya. Kebetulan ada managernya dan dia bilang “Saya sudah koordinasi dgn pihak Jkt agar dikirmkan unit baru Pak, sambil kami tetap mencari. Jd brg dtg duluan yg mana, akan lgsg segera kami konfirmasi ke Bapak”

    Itu sih curhat panjang saya hehehe…. Jengkel juga jadinya, beli di batch pertama pake FCode tp malah yg pembelian via Lazada uda trima duluan….

    1. Pak Edwin,

      Jurus berurusan dengan First Logistic (FL) Surabaya usai berbelanja online:
      1. Setelah mendapatkan nomor AWB/resi FL, hubungi kantor FL yang berada di Waru. Ini nomor teleponnya 031-8538396.

      2. Sampai kepada petugas yang melayani kalau kiriman dengan nomor AWB tersebut harap di-hold di kantor FL Hi Tech Mall alias THR. Anda akan mengambilnya sendiri di sana.

      3. Lakukan tracking via http://www.firstlogistics.co.id/trace/. Kalau status barang sudah tiba di lokasi tujuan, Anda tinggal mengambilnya di kantor FL Hi Tech Mall.

      Dengan jurus di atas, biasanya dalam tiga hari kiriman dari Jakarta sudah ada di tangan Anda. Bahkan, kadang hanya dua hari. Kalau Anda menunggu barang diantarkan oleh kurir, bisa-bisa Anda harus menunggu selama satu minggu.

      1. Saya juga termasuk pembeli redmi 2 prime yang dapat f-code, dan pengiriman melalui firstlogistic. Dan memang betul lama sekali dikirim sampai dirumah. Pesan tgl 22 September, sampai dirumah saya Surabaya tgl 1 Oktober. Kebetulan yang menerima paket adalah orang rumah saya, dan ketika ditanyakan ke kurir dia dari mana, kurir menjawab dari Hitechmal.
        Sebelumnya saya sudah coba telepon ke layanan pelanggan di mi.com, mereka menjawab dengan alasan bahwa lamanya waktu pengiriman karena memang sesuai ketentuan mereka, kalau di luar wilayah Jakarta adalah 9 hari. Saya coba telepon nomor firstlogistic waru tersebut tidak diangkat dan selalu nada sibuk terus. Yah akhirnya sabar menunggu saja sampai barang datang diantar oleh kurir kerumah dan membayarnya (pakai metode bayar COD). Dan anehnya lagi, status terkirim di web mi.com pun baru kemarin tgl 7 Oktober status pengiriman telah berubah menjadi terkirim.
        Sekarang saya pesan lagi via flash sale kemarin tgl 6 Oktober di mi.com, masih juga dapat jasa kurir firstlogistic. Saya pernah konfirmasi menanyakan ke layanan pelanggan mi.com, apakah bisa memilih jasa pengiriman, customer service menjawab tidak bisa karena otomatis secara sistem.

  28. Woh kesalahan sistem tho? Pantes koq ga jelas gitu penambahan 100rbnya. Berhubung kebutuhan mendesak, jadi langsung saya bayarkan saja. Ini lenovo S920nya seperti minta cepat2 pensiun.
    Mengenai batterai baru, maafkan kalau pertanyaan berulang. Idealnya brp jam dichargenya ya pak? Juga mengenai lampu led apakah memang selalu hijau ya? Saya sempat ngubek2 koq ya belum ketemu. Rasanya pernah baca jawaban Bapak mengenai 2 hal ini. Makasih bnyk pak Jerry.
    Oot pantes koq saya merasa familiar sangat dgn nama Bapak, ternyt di milis jalansutra toh. Kebetuan dulu pernah aktif (silent reader). Hehehee.. Pantes foto makanannya ga pernah luput πŸ™‚ hormat sesama food enthusiast

    1. Bu Linda,

      Sudah dapat refund dari Lazada? Kalau belum, mintalah. Itu hak Anda.

      Silakan di-charge sampai penuh dalam kondisi ponsel padam. Tidak ada patokan jam. Kalau penuh langsung cabut saja. Soal lampu, saya belum memperhatikan. Lha Redmi 2 Prime-nya belum saya uji pakai.

      He.. he.. saya juga silent reader di Jalansutra kok.

  29. *maafkan ada typo di kiriman sebelumnya. Berikut sdh saya koreksi.
    Woh kesalahan sistem tho? Pantes koq ga jelas gitu penambahan 100rbnya. Berhubung kebutuhan mendesak, jadi langsung saya bayarkan saja. Ini lenovo S920nya seperti minta cepat2 pensiun.
    Mengenai batterai baru, maafkan kalau pertanyaan berulang. Idealnya brp jam dichargenya ya pak? Juga mengenai lampu led apakah memang selalu hijau ya? Saya sempat ngubek2 koq ya belum ketemu. Rasanya pernah baca jawaban Bapak mengenai 2 hal ini. Makasih bnyk pak Herry.
    Oot; pantes koq saya merasa familiar sangat dgn nama Bapak, ternyt di milis jalansutra toh. Kebetuan dulu pernah aktif (silent reader). Hehehee.. Pantes foto makanannya ga pernah luput πŸ™‚ hormat sesama food enthusiast

  30. Ohhh… Pantas selama saya nunggu di gudang kmrn, saya berulang kali mendengar mrk ngmg “Hi Tech”, trnyt mrk ada kantor di sana toh…
    Brati kalo brg hilang spt kasus saya ini, saya cm bisa pasrah dan nunggu saja ya Pak?

    1. Pak Edwin,

      Berikan deadline kepada perusahaan jasa kurir. Misalnya, kalau dalam 3 x 24 jam tidak ada solusi, maka Anda akan mengirimkan surat pembaca ke Jawa Pos. Pada saat bersamaan, Anda sebaiknya juga melapor kepada penjual.

      Btw, saat bertransaksi, Anda sudah membayar atau belum?

  31. Pak Herry, menurut bapak, sebaiknya saya nunggu aja brg dr FL atau Senin besok saya beli ulang dr Mi.com ya Pak?
    Kemudian, cara beli dr Mi.com hrs daftar dulu atau gmn Pak?

    1. Pak Edwin,

      Kemarinnya itu Anda sudah bayar atau belum sih?

      Sebelumnya Anda beli via Mi.com dan sudah punya akun di sana kan? Kalau iya, tak perlu daftar lagi.

  32. Ko herry tlg tanya kalo xiaomi redmi 2 prime dan lenovo A6000 plus spesifikasi bagus mana ya? Juga pertimbangan service centre, cari aksesori, dll

    1. Pak Djunaedi,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba A6000 Plus.

      Service center Xiaomi saat ini masih lebih bagus daripada Lenovo. Kemudahan cari aksesori sama-sama gampang deh.

  33. Pak Herry, menurut bapak mending ambil mana ya? Oneplus one atau oppo find 7? Dari segi performa dan kameranya. Zenfone 4 saya udah mulai rewel kalo dipake main game berat pak hehe

    Terus bapak ada rencana buat review hp meizu? M2 atau m2 note gitu? Lagi kekinian juga loh pak

    1. Pak Hendrianto,

      Oppo sih langsung saya coret dulu. OnePlus One belum pernah uji pakai. Jadi, tak tahu.

      Meizu M2 atau M2 Note? Ya, saya berencana me-review-nya. Kemarin saya coba membeli via Blibli dan Lazada, tetapi gagal. Untungnya ada teman yang sudah pesan M2 di Blibli. Namun, dia berubah pikiran. Jadi, saya ambil alih deh pesanannya.

      1. Belum review oneplus one ya πŸ™ pak kalo nanti oneplus 2 udah masuk indonesia kalo bisa review ya pak. Soalnya kan banyak peminatnya gituh

        Nah bapak bisa saranin gak hp 5jt kebawah yang mirip speknya kayak oneplus one? No seken deh. Saya prefer yg baru

        Woalah mau review M2 nih pak? Ditunggu reviewnya πŸ™‚

        1. Pak Hendrianto,

          Lha menguji pakai OnePlus One pun belum pernah kok.

          Kalau yang jadi acuan harga OnePlus One dan Xiaomi, susah deh cari padanannya. Saya jawab tidak ada saja.

          Ya, akan review M2. Namun, masih antre ya. Setelah Infinix Zero 2, LG G4 Stylus, Redmi 2 Prime, dan Hisense Pureshot tuntas saya coba. Eh, sama satu lagi ponsel Sony Xperia.

  34. Belum Pak…. saya pilih pembayaran dgn cara COD, menghindari hal2 spt ini Pak… Ternyata beneran terjadi…. hehe

    1. Pak Edwin,

      Oh ok. Kalau COD, ya silakan pesan lagi saja. Tak ada tanggungan tho. Mana yang datang duluan, itu yang diterima. Yang datang belakangan ditolak atau dibayar, lalu dijual lagi.

  35. Pak Herry, mohon bantuannya… Kamera depan Redmi 2 saya hasilnya gambar terbalik (tercermin), gimana cara merubah settingan nya agar kembali normal? Saya sudah cari di menu Setting tapi pada tidak ketemu pengaturannya. Trim’s sebelumnya…

    1. Pak Dennis,

      Apakah tecermin yang dimaksud di sini kiri jadi kanan dan kanan jadi kiri? Kalau iya, saat kamera depan aktif, silakan masuk ke camera settings. Pilihlah mirror front camera. Anda tinggal pilih on atau off sesuai keinginan.

      Perhatikan, masuk ke kamera settings-nya harus saat kamera depan aktif ya. Kalau yang sedang aktif kamera belakang, pilihan mirror front camera takkan Anda temukan.

  36. Selamat malam Pak Herry, uodate terbaru, tgl 02 kmrn saya mendapat email dr mi.com, yg mengatakan bahwa pesanan saya telah dikirim.
    Saya cek di mi.com, tentang pesanan, saya lihat Pencatatan Pesanan s/d Proses Barang dilakukan pd tgl 01 Oktober, sekitar pukul 21.
    Kemudian pd tgl 02 Oktober, Persiapan Untuk Pengiriman telah dilakukan pukul 16.00.
    Saya telpon manajer FL, katanya pihak FL Jkt memang sudah menyediakan unit baru, kemungkinan besok pagi dikirim dr Jkt dan tiba di Sby sekitar siang hari.
    Semoga bisa nyampe besok deh Pak hehe…
    Terima kasih banyak utk info (terutama cara berurusan dengan FL) dan responnya ya Pak Herry….
    Sukses selalu!!

  37. Ya betul Pak, saat selfie hasilnya kiri jadi kanan dan kanan jadi kiri, hehe..
    Ok, setelah ikuti petunjuk Pak Herry, beres deh masalahnya. Memang saya keliru/salah, saya masuk ke camera settings nya saat kamera belakang yang sedang aktif, pantas tidak bakalan ketemu sama pilihan “mirror front camera” itu.. hehe..
    Ok terima kasih Pak Herry atas bantuannya.

  38. Redmi 2 prime nya menggiurkan nih pak. Saya mau beli di mi.com nanti tanggal 8. Itu bisa dibayar di indomaret kan pak? Buat gantiin acer z205 saya yang dimintain terus sama ponakan buat ngegame -_-

    1. Pak Aries,

      Tanggal 8? Redmi 2 Prime dijual di Mi.com/id pada hari ini alias 6 Oktober kok. Iya, bisa bayar di Indomaret.

    1. Bu Sarah,

      Kalau Anda merasa Redmi 2 sudah nyaman, tak perlu upgrade dulu. Nunggu yang spesifikasinya lebih tinggi sekalian saja.

      Namun, kalau selama ini Anda merasa memori internal Redmi 2 kurang besar atau ponsel kadang agak tersendat, silakan upgrade.

  39. Malam pak Herry πŸ™‚ saya user redmi 2 biasa dan mau upgrade ke MIUI 7. Kalo boleh tau MIUI 7 di redmi 2 masih berbasis kitkat atau sudah lollipop ya pak?

    1. coba baca2 di forum pak, saya pernah baca2, kalau tak salah MIUI 7 di Redmi 2 masih versi beta, dan masih kitkat.

  40. Lapor pak. Mengenai selisih lebih bayar 100rb Di pembelian redmi 2 prime edisi flash sale pertama lazada. Saya kirim email konfirmasi tgl 4 okt Dan baru direspon tgl 7 kmrn. Intinya mereka akan me refund lebih bayar tsb (tanpa memberi alternatif lain misal sebagai simpanan deposit) kebetulan saya ada rencana beli screen protector *sesuai saran bapak. Butuh waktu 3 hari utk reply email saya pdhal hanya sehari ketika memproses redmi 2 prime saya ya. Hehehe

  41. Pagi Pak Herry, numpang tanya kenapa indikator baterai redmi 2 pada waktu di charger warnanya hijau trus. Tidak ada perubahab misal dari merah ke hijau. Makasih

        1. Pak Susilo,

          Warna hijaunya apakah sama terus? Normalnya awalnya merah, lalu kuning (sering dianggap pula hijau muda), baru kemudian berubah menjadi hijau lebih tua setelah menyentuh 90-an persen.

          Kalau punya Anda selalu hijau lebih tua selama proses charging, hal itu tidak normal. Pilihan sekarang di tangan Anda:
          * Melakukan klaim ke pusat perbaikan resmi dan mungkin ponsel harus ditinggal, atau
          * membiarkannya seperti itu karena toh tidak mengganggu kinerja lain.

  42. Sedikit tambahan info pak. Mengenai lampu indikasi, jika kapasitas baterai mencapai 14% atau kurang warnanya merah. Jika diatas 80% warnanya hijau. Diantaranya kuning/hijau kekuningan.

    1. Bu Linda,

      Terima kasih atas informasinya. Berubah jadi hijau apakah bukan setelah menyentuh angka 90 persen ya? Saya tidak memperhatikannya dengan detail sih.

  43. Pak Herry SW, ada infokah kapan Redmi 2 Prime dijual resmi di toko2 offline? Saya enggan belanja di Lazada? Tks.

    1. Pak Jaya RS,

      Maaf, saya belum mendapatkan informasi mengenai hal itu.

      Kalau dicermati, sebenarnya lumayan banyak pembeli online Redmi 2 Prime yang kemudian menjual ponselnya dalam kondisi baru kok. Namun, harganya tentu lebih tinggi daripada Rp 1,799 juta.

  44. Wah iya pak, Maafkan kekurangakuratan data saya yang lalu. Benar lampu indikator dari Warna hijau kekuningan berubah menjadi hijau ketika mencapai kapasitas baterai 90%. Bukan di 80% seperti yg saya sampaikan sebelumnya.

    1. Pak Askar,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sebab, saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana aktivitas tergolong padat.

      Erafone.com aman kok. Usai Anda melakukan transaksi, biasanya memang tidak pernah ada update dari CS Erafone. Anda kontak CS juga tak ada respons. Namun, nyaris selalu 3-4 hari kerja kemudian ada kurir yang mengantarkan pesanan Anda.

    1. Bu Vi,

      Tak tahu. Saya belum berminat mencoba Redmi Note 3 karena saat ini yang beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi.

  45. Om Herry kemarin saya baru beli redmi 2 prime via erafone.com, cara tracking barang nya gmn ya om ? soalnya saya uda coba tracking di rpx yg merupakan kurir pengirimannya ga ada informasinya.. jadi was was, baru pertama kali transaksi online soalnya.. aman gak menurut om herry ? saya tunggu aja atau saya hubungi CS erafone apa rpxnya aja ?

    1. Pak Misba,

      Apakah pihak Erafone memberitahu Anda nomor resi RPX? Kalau Anda tak memiliki nomor resinya, ya Anda takkan bisa melakukan tracking.

      Mengacu kepada pengalaman selama ini, transaksi via Erafone.com itu urutannya pesan, bayar, dan tunggu. Tak ada nomor resi yang diinformasikan. Customer service juga sulit sekali dihubungi. Biasanya barang saya terima empat hari kerja terhitung sejak tanggal pelunasan.

  46. Uda dpt no resinya om Herry, dikirim via email trnyata.. barusan saya tracking tapi masih di sby om sejak jam 8 pagi.. dari sby ke lamongan pasti butuh 2 harian lagi itu.. makasih om herry..

  47. Mau nanya, di redmi 2 prime ini kana ada lampu notifikasi, akan hidup dan berkedip apabila ada pemberitahuan saja… ada cara gak agar lampu tersebut hidup terus?

  48. Om. Mau tanya. Redmi 2 prime saya smua sudah sama kyk pnya om. Tp kpala chargernya dia untuk 3 lubang bkn 2 lubang kyk pnya om. Itu mgkn ori/tdk?

  49. Saya beli dr erafone pas di hari nya redmi 2 prime keluar. Garansi resmi tam 1tahun. Smua isi lengkap sama smua spesifikasi dan ciri” ny sama. Hanya aja kepala charger nya. Apa itu ga masalah om?

    1. Bu Maria,

      Oh ok, begitu tho ceritanya. Kalau beli di Erafone sih pasti barang orisinal dan garansi resmi. Namun, kok charger-nya dapat yang kaki tiga ya. Charger itu sebelumnya berada di dalam kardus atau di luar kardus?

      Secara fungsi dan orisinalitas sih saya yakin tidak bermasalah. Walaupun demikian, kondisi itu membuat saya penasaran.

  50. Iya om. Saya jg kaget sih pas dibuka kardusnya. Di ksih liat chager nya kaki 3 hehe. Krna sy malas pke yg sperti itu saya jd pke charger lama sy yg kaki 2.

  51. Pak Heri, antara infinix note 2, hisense pureshot, vivo y31 dan xiaomi redmi 3 lebih bagus yang mana? Tolong penjelasan’y yah pak. Terima kasih.

    1. Bu Tia,

      Saya belum pernah mencoba Y31 dan Redmi 3.

      Kalau Note 2 vs Pureshot, cara memilihnya sederhana saja.
      * Pilih Note 2 bila Anda mengutamakan daya tahan baterai.
      * Pilih Pureshot bila Anda mengutamakan hasil jepretan kamera.

  52. Pak Herry, mau tanya.
    Saya barusan bli Redmi 2 Prime. Tulisannya sih garansi resmi TAM, ada stikernya tam jg.
    Tp kok chargernya colokannya kotak yah (ga bulat sperti lazimnya di Indonesia), dan ga ada user guide nya.
    Di balik kardusnya pake bhs. Inggris, bkn bhs Indonesia sperti yg P. Herry screenshot di atas.
    Apa memang bukan garansi resmi TAM yah?
    Hp nya sih normal, ada playstore jg, & ada pilihan bhs. Indonesia.
    Mohon pencerahan Pak. Trimakasih.

    1. Pak Dody H,

      Perhatikan nama importir yang tercetak di sisi belakang kardus. Kalau Erajaya, mestinya aman. Mungkin itu barang alokasi negara lain yang dibeli oleh Erajaya/TAM.

  53. Maaf Pak, user guide nya ada ternyata. Tp yg paling jd concern kok colokannya ujungnya kotak, bukan bulat.

  54. Isi dus: Redmi 2, batre.

    Duh penulisannya. Hehehe..

    Pak Herry, mau tanya

    Kalo budget di bawah 2 juta dgn “spek bagus”, antara Redmi 2 Prime sama Hisense Pureshot Recommended yang mana ya? Atau ada pilihan lain?

    Kalo layanan servicenya antara dua HP tersebut juga bagaimana? Apakah sudah baik?

    Terima kasih untuk jawabannya.

    1. Pak Dimas,

      Lebih baik Anda membeli Hisense Pureshot.

      Layanan pusat perbaikan resmi dua merek itu saat ini cukup baik.

  55. Maaf Pak, mau tanya:

    Saya baru beli Redmi 2 Prime kemarin lewat Toko*edia.

    1. Box-nya persis gambar di atas, tapi di label belakang (yang ada tulisan IMEI) tertulis “Redmi 2 4G 16GB Gray SG”, bukan “Redmi 2 4G 16GB Gray ID” seperti gambar di atas. Nama importir sama, tapi di label terpisah di bagian samping box, bukan menyatu dengan no. IMEI.

    2. Isi box lengkap (termasuk petunjuk penggunaan berbahasa Indonesia), hanya kepala chargernya berkaki 3 (seperti pada colokan yang biasa dipakai di AC/pendingin ruangan). Outputnya sih cocok: 5V 1A.

    3. Saya coba cek phone purchase di sini: http://www.mi.com/verify/#secur_en dengan IMEI (saya coba kedua IMEI) dan S/N dari box dan dari handset, hasilnya IMEI tidak dikenali: “Your IMEI doesn’t exist, please verify and enter again.” (Tidak bisa mengecek product authentication karena di box-nya tidak ada label otentikasinya.)

    4. Saya coba cek pakai app Mi Verification dan https://jd.mi.com/?lang=en_US (3 kali), hasilnya “Not a Mi device.”

    5. Saya coba AnTuTu v6.0 (2 kali), hasilnya 24.217 (mode power Balanced) dan 25.073 (mode Performance).

    6. Handset sudah dapat notifikasi update OTA MIUI V7.1.3.0.KHJMICK Stable (tapi belum saya update). Apakah aman kalau diupdate? (MIUI handset ini V6.5.2.0.KHJMICD Stable.) Apakah kalau ROM diupdate, aplikasi yang diinstal belakangan (bukan bawaan pabrik) akan hilang?

    7. Saya cek di About Phone, juga pakai app CPU X dan CPU-Z, informasinya (CPU, RAM, storage, dst.) sesuai dengan spek. Pakai app Sensor Box juga hasilnya sama dengan gambar di atas.

    Saya ragu-ragu, apakah handset saya asli atau tidak. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    1. Pak Abdul Manaf,

      Dugaan saya, Redmi 2 Prime yang Anda dapatkan benar asli dan bergaransi resmi. Namun, kebetulan si importir waktu itu dapat alokasi barang yang seharusnya diperuntukkan untuk negara lain (dalam hal ini Singapura).

      Kalau memang ada update-nya, silakan saja meng-update-nya. Aplikasi tambahan seharusnya tidak hilang, kecuali bila ada peringatan lain yang muncul di layar.

  56. xiaomi redmi 2 prime aslinya ada earphonenya dari pabrik apa nggak pak? kok sya beli gk ada earphonenya?
    tolong jawabannya ?

    1. Pak Wirabuana,

      Ada cukup banyak sih. Yang kompatibilitasnya komplet, antara lain, Hisense Pureshot, Hisense Pureshot Plus, dan Lenovo Vibe K5 Plus.

  57. pak herry, mohon infonya smartphone dengan harga 1 jutaan dengan spesifikasi kamera bagus, RAM cukup banyak, baterai cukup awet? lebih baik zenfone 2 laser, infinix Hot S, xiaomi redmi 2 prim?.Diantara option saya mana yang paling bagus? atau ada rekomendasi lain?
    Terima kasih πŸ™‚

    1. Bu Mia,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Saya belum menguji pakai Hot S. Di antara dua pilihan yang tersisa, mending ambil Zenfone 2 Laser ZE500KL deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *