Mengintip Proses Produksi Redmi Note 7 di Batam

Atas undangan Xiaomi Indonesia, dua hari lalu (20/5) penulis alias HSW berkesempatan melihat langsung proses produksi Redmi Note 7 di PT Sat Nusapersada Tbk, Batam. Di pabrik perakit ponsel itulah aneka ponsel Xiaomi dan keluarganya (baca: Pocophone plus Redmi) diproduksi.

Asal tahu, Sat Nusapersada juga dipercaya merakit berbagai ponsel merek lain, baik yang sampai saat ini masih eksis di pasar Indonesia maupun yang sudah sayonara. Contohnya, Asus, Gionee, Hisense, Huawei, Honor, Nokia, dan Nubia.

Tanpa berpanjang kata lagi, silakan langsung menyimak cerita foto berikut.

Beginilah penampakan luar pabrik Sat Nusapersada. Bagian dalamnya sangat luas. Di bagian kanan foto terlihat ada proses pembangunan. Aktivitas itu merupakan proses perluasan dan pembangunan gedung baru setinggi delapan lantai.

HSW sangat menyukai foto perbandingan 26 tahun di bawah ini. Foto bawah menunjukkan penampakan gedung Sat Nusapersada saat baru didirikan. Ketika itu jumlah karyawan hanya 22 orang.

Di tanah yang sama kini telah berdiri bangunan baru yang jauh lebih megah. Sekarang total karyawan tercatat 7.000 orang.

Kini saatnya melihat perakitan Redmi Note 7. Masing-masing klien Sat Nusapersada mendapatkan alokasi area yang berbeda. Jadi, jangan berharap ketika melihat perakitan ponsel Xiaomi, misalnya, bisa sekaligus mengintip proses produksi ponsel Nokia dan Asus. 🙂

Area produksi wajib dijaga kebersihannya. Setitik debu pun bisa menjadi masalah besar. Karena itu, sebelum memasuki area produksi, tamu wajib melapisi sepatu yang digunakan dengan pelindung tambahan.

Berikutnya, mengenakan topi dan jas yang sepintas mirip dengan jas laboratorium.

Mari masuk.

Steven Shi, Country Manager Xiaomi Indonesia, telah menanti para tamu undangan di area produksi.

Sibuk mengabadikan proses produksi dan menyimak penjelasan pemandu kunjungan pabrik. Anda bakal menemukan foto dan tulisan karya mereka di Medcom.id, Detik.com, Liputan6, Kompas, dan Kumparan. Plus, akun YouTube Gadgetin.

Berswafoto sejenak agar tidak serius terus.

Walaupun proses produksi ponsel merek apa pun di Indonesia belum dimulai dari nol, proses perakitan ponsel tetap cukup panjang, kompleks, dan membutuhkan ketelitian ekstra. Hal serupa berlaku pula untuk Redmi Note 7. Bahkan, proses perakitan Redmi Note 7 adalah yang paling panjang dibandingkan seluruh ponsel keluarga Xiaomi yang pernah diproduksi di Sat Nusapersada.

Aktivitas yang dilakukan, antara lain, pemasangan modul kamera belakang, kamera depan, baterai, dan battery cover yang lebih sering disebut bodi belakang. Ada pula pengujian sinyal seluler, Wi-Fi, audio, kamera, aneka konektor, dan kinerja baterai.

Semua Redmi Note 7 yang diproduksi juga menjalani proses yang dinamakan P2i agar ponsel lebih tahan terhadap percikan air. Proses instalasi sistem operasi tentu tak boleh dilewatkan.

Setelah melewati beragam tahapan itu dan ponsel dinyatakan lolos, barulah ponsel akan dikemas. Aksesori bawaan dimasukkan ke dalam kardus, kemudian kardus dibungkus rapi dengan segel plastik.

Ada yang tahu karyawati pabrik sedang melakukan apa?

Bodi belakang Redmi Note 7 dipasangkan kemudian ditekan menggunakan mesin. Ketika HSW berkunjung, pabrik sedang merakit Redmi Note 7 warna neptune blue.

Di ruangan ini proses P2i dilakukan. Ponsel yang sudah dikeringkan di lemari khusus disemprot dengan cairan tertentu. Berikutnya, dikeringkan lagi di dalam lemari khusus yang pada foto tertulis dry cabinet.

Secara acak Redmi Note 7 diambil lalu dimasukkan ke dalam mesin yang akan menyimulasikan kondisi hujan. Seandainya ada satu unit saja yang tidak lolos, satu kloter alias batch produksi langsung disingkirkan dulu untuk pemeriksaan dan pemrosesan ulang P2i.

Saatnya memasukkan aksesori bawaan Redmi Note 7 ke dalam kardus. Kemungkinan adanya item yang lupa dimasukkan boleh dibilang nol persen. Sebab, setiap aksesori dilengkapi kode batang (barcode) yang harus dipindai petugas. Kalau ada yang terlewat bakal terlihat di layar pemantau.

Kini membungkus kardus dengan plastik bening.

Keluar dari mesin, plastik telah membungkus kardus dengan rapi. Petugas memeriksa hasil pengelasan plastik di segala sisi.

Kalau benar sudah terbungkus rapi, stiker TAM ditempelkan di sisi kiri atas kardus.

Nah… komplet sudah proses perakitan Redmi Note 7. Mau?

Dua puluh kardus Redmi Note 7 selanjutnya dibungkus kantung plastik agar lebih terlindung dari lembab dan cairan saat proses pengiriman. Berikutnya, kumpulan kardus itu dimasukkan ke dalam kardus cokelat.

Ada yang ingin membeli Redmi Note 7, tetapi kesulitan mendapatkannya sesuai harga ritel resmi? Segini apakah cukup?

Sedikit informasi tambahan, area produksi ponsel Xiaomi, termasuk Pocophone dan Redmi, menempati tiga lantai di salah satu gedung Sat Nusapersada. Kapasitas produksinya 700 ribu unit per bulan. Untuk memenuhi tingginya permintaan pasar, produksi Redmi Note 7 dilakukan tanpa henti 24 jam per hari mulai Senin hingga Sabtu.

109 thoughts to “Mengintip Proses Produksi Redmi Note 7 di Batam”

    1. Pak Wardhana,

      Nggak perlu jalur khusus lagi deh. Lha Redmi Note 7 sesuai harga ritel resmi kini sudah mudah didapatkan.

      1. Maaf saya curhat om, saya nabung tp dilema di antara realmeX atau redmi k20 (versi biasa atau pro). Menurut om saya harus pilih mana sebagai acuan? Kesaharian untuk gaming dan kerja. Trimakasih om. *Maaf krg sopan om

        1. Pak Ridho,

          Ponsel yang Anda sebutkan belum beredar resmi di sini. Saya pun belum pernah mencobanya. Jadi, ya saat ini belum ada jawaban.

  1. Menyenangkan bisa membaca cerita bagaiman suatu ponsel diproduksi/dirakit. P2i penjelasan detailnya apa om?

  2. Salam sukses Pak Herry.
    Banyak bener kulakannya wkkk.
    Itu yg dikulak Pak Herry varian dan warna apa saja?
    Bagi yang berminat beli mekanismenya bagaimana Pak?

  3. apakah varian yang lebih diprioritaskan produksinya kebanyakan warna hitam ya ko ?
    ikutan flashsale dilazada dapat warna biru dari tanggal 14 mei hingga saat ini 23 mei
    status tracking produk akan segera restock.
    ada yang dapat warna hitam h+1 setelah pemesanan sudah langsung dikirim

    1. Pak Shinki,

      Soal prioritas produksi saya tidak tahu. Saat saya berkunjung ke pabrik, yang sedang diproduksi seluruhnya warna neptune blue.

  4. Kira2 apa yg bikin brand ini sering mendapat predikat ponsel gaib pak HSW? Padahal kapasitas produksinya sampe segitu banyaknya.

    1. Pak Roni,

      Jumlah permintaan lebih banyak daripada pasokan. Konsumen kesulitan mendapatkan sesuai harga ritel resmi. Akhirnya, muncul julukan ponsel gaib.

  5. Ngeliat post ini jadi sadar, jangan dikit-dikit ngeluh HP kemahalan, proses buatnya kan nggak segampang bikin telor gulung?

  6. Hisense, hape bagus tapi sayang sudah kalah sama merek lain (masih pake hisense pureshot plus saat penulisan ini).
    Pertanyaan Ko, proses penginstalan OS nya dimana?

  7. Salam sukses Pak Herry..
    Maaf sebelumnya, kira2 kapan Pak Herry bisa mengulas kinerja ponsel redmi note 7 ini ya?Saya pengen beli ponsel ini,tp menunggu ulasan dari Pak Herry dulu.
    Terima kasih.

    1. Pak Andi,

      Di blog memang belum, tetapi di Twitter sudah saya bahas. Intinya begini, kalau Anda mencari ponsel yang all rounder atau secara umum kinerjanya baik, Redmi Note 7 boleh dilirik.

  8. Pak Herry

    Kok sekarang review ponselnya sedikit sekali, tidak seperti dulu dulu. Kalau dulu sebulan bisa 2 atau 3 ponsel direview, sekarang 2 atau 3 bulan cuma 1 ponsel yang direview.

    1. Pak Tris,

      Semoga saat libur Lebaran ini bisa mulai mengetik naskah review lagi di blog ya, Pak.

    1. Pak Noname,

      Kegegasan: Realme 3 Pro.
      Kamera: belum bisa jawab karena kamera Realme 3 Pro belum saya kuliti.

  9. Selamat malam om, gimana kabarnya??
    Saya salah satu peserta yg dapat Redmi Note 7 lewat jalur khusus.
    Saya mau tanya om, saya mau beli hp lagi (karena istri minta dibelikan)
    Dengan kriteria :
    1. Hasil kameranya bagus (meskipun saat minim cahaya / saat malam)
    2. Kinerjanya gegas dan kapasitas baterai besar.
    Tapi istri minta yang bukan redmi note 7 (karena saya sudah punya). Dengan anggaran 3 juta, menurut om hp apa yang pantas dibeli??

  10. Klo boleh tau,waktu om Herry kesana pke hp ap buat potret? Trus kenapa bisa murah ya harga ponselnya pdhl pabrik perakitan sama dgn merk lain?

    1. Pak Gigih,

      Tadi ada satu rekan yang menanyakan hal sama. Saya sedang coba mengingat. Kalau bukan Vivo V15 Pro ya berarti Realme 3 Pro. Sepertinya yang kedua.

      Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Di antaranya, skala produksi, besaran keuntungan yang ingin didapatkan, supply chain, dll.

  11. Siang Pak Herry SW, punten pak sy habis lebaran akhir2 juni berminat membeli hp baru dengan alokasi budget sekitar 2,5-2,7jt Pak, minta rekomendasi tipe hp nya pak. Sy tertarik antara Redmi Note 7 atau Zefone Max Pro M2 (setelah turun harga). Suwun.

    1. Pak/Bu Dinar,

      Lebih baik Anda menanyakannya setelah Lebaran. Sebab, kondisi saat ini dengan setelah Lebaran mungkin berbeda.

  12. Om saya mau beli hp redmi note 7 warna nebula red versi apa saja buat saya pakai sendiri. Di Lampung, di mistore bandar Lampung mall Kartini selalu tidak ada stok dan harus ikut nulis waiting list yang saat ini sudah sampai 400 orang lebih waiting list. Kali aja om bisa bantu .

    1. Pak Imboy,

      Maaf, saya tak bisa bantu. Coba mampir ke Mi Store lagi. Sejak tiga hari lalu pasokan se-Indonesia lebih lancar daripada sebelumnya.

  13. Apapun Smartphone anda, rakitnya tetap di sat nusapersada 😀

    Koh, sorry out of topic, kira-kira dari smartphone dibawah 2 juta ini ada rekomendasi?, terutama di sektor kamera video yg dukung image stabilisasi:
    1. Nokia 5.1 Plus
    2. Asus Senfone 5Q
    3. Redmi Note 7 (meski ga yakin dapet dibawah 2 juta)
    4. Redmi Note 5
    5. Realme 2
    6. asus zenfone max M2

    Terima kasih

  14. Selamat malam Bapak Herry. Saya mohon izin bertanya, terkait HP Asus ZenMax Pro M2 (6/64GB). Beberapa waktu lalu, Bapak mencuitkan perubahan harga menjelang lebaran di kisaran 2999 (new price). Mengenai informasi tsb, di manakah saya bisa mendapatkan perangkat sesuai dengan kabar yang Bapak berikan?

    Nb: beberapa toko resmi ‘masih’ menjual dengan harga lama.

    Terima kasih, salam.

    YI, Medan, Sumut

    1. Pak YI,

      Rajin-rajinlah mencari di toko ponsel sekitar Anda. Kadang perubahan harga tidak langsung direaksi saat itu juga oleh pemilik toko. Perlu waktu beberapa hari.

      Alternatif lain, carilah di situs belanja daring seperti Tokopedia atau Bukalapak.

  15. Selamat malam Om herry, saya mau tanya…
    Dengan anggaran 3 juta, menurut om…hp apa yang pantas untuk dibeli??
    Dengan kriteria :
    1. Hasil Kameranya bagus
    2. Kinerjanya gegas
    3. Kapasitas Baterai besar
    Atas bantuannya terima kasih banyak om…

  16. Om saya di serang, banten.. Muter2 nyari xiaomi note7 abis semua bahkan di mi store cilegon center mall, bagaimana ini?

    1. Pak Andreas,

      Wajar Anda gagal menemukan Xiaomi Note 7. Sebab, setahu saya, belum ada ponsel dengan nama tersebut.

  17. Selamat siang pak, mau tanya, kalau dari segi kamera, antara redmi note 7 dengan realme 3 pro bagus yg mana pak ? Terima kasih

    1. Pak Mega Ramadhandi,

      Saya belum bisa menjawabnya. Sebab, kamera Realme 3 Pro belum saya kuliti.

      1. Dear pak Herry,

        Untuk menentukan kualitas kamera, kriteria apa saja yang bapak gunakan?

        Terima kasih.

        1. Pak Adi Siswadi,

          Ponsel itu saya pakai untuk memotret aneka objek dengan berbagai tingkat pencahayaan. Lalu hasilnya saya bandingkan dengan “memori di kepala” untuk ponsel di kelas setara.

  18. Pak Herry saya mau tanya, apa nama aplikasi untuk mengkompres foto yang biasa digunakan pak Herry? Itu untuk PC/Mobile? Apa ada penurunan kualitas setelah pengkompresan? Maaf untuk pertanyaan ini yang diluar topik artikelnya

    1. Pak Dhani,

      FastSone Image Viewer. Saya memakainya di laptop.

      Kalau dikompres ya pasti bakal ada penurunan kualitas, Pak. Saya biasanya melakukan kompresi menjadi 80% saja agar kualitas akhir tidak berbeda jauh dari aslinya.

  19. Ko, untuk varian 4/64gb semua jenis warna, apakah free case-nya didalam box-nya random Koh? Atau bisa ditengeri kalau yang warna Hitam pasti dapat free case warna gelap; warna Neptune Blue dapat free case warna bening, atau gimana Ko?

    1. Pak Rizqi Afrizal,

      Setahu saya, Redmi Note 7 nebula red dan neptune blue dapat jelly case bening. Sedangkan space black dapat jelly case hitam semitransparan.

      1. Ko, di salah satu komentar jawaban Koko diatas mengatakan bahwa kondisi saat ini dengan setelah Lebaran mungkin berbeda, itu maksudnya apakah harga dari Redmi Note 7 akan turun (saat ini sudah turun untuk salah satu warnanya), atau persaingan hp di harga 2,5 jutaan bakal balik memanas lagi, ataukah ada produk Xiaomi Redmi lagi yang akan keluar (rilis) di Indonesia Koh pasca lebaran?

        1. Pak Rizqy Afrizal,

          Pasar ponsel itu sangat dinamis. Setelah Lebaran mungkin ada koreksi harga dari ponsel tertentu yang membuatnya lebih seksi daripada Redmi Note 7. Mungkin pula hadir ponsel baru yang menggiurkan sekali.

      2. Koh Herry,

        Semangat buat review Realme 3 Pro nya. Tolong dicek jika Realme 3 Pro dicharge menggunakan charger QC3.0, berapa volt & ampere yang bisa masuk ke HP?

        *Kelihatannya Realme 3 Pro pesaing serius Redmi Note 7.

        1. Pak Tedi,

          Kebetulan saya tak punya “meteran” yang bisa mengukur tegangan lebih dari lima volt nih.

  20. Pak HSW, saya mohon arahan
    Apabila saya hendak ganti ponsel dari Asus Zenfone 3 ZE520KL
    Antara pilihan di bawah ini bapak lebih merekomendasikan yang mana:
    1. Asus Zenfone 5
    2. Redmi Note 7
    Atau mohon dijelaskan, dua pilihan di atas masing-masing unggul di sektor mana nya dibanding lainnya.
    Terimakasih atas perhatiannya pak HSW.

    1. Pak Danang Hadi Nugroho,

      Apakah Anda memerlukan NFC dan kamera dengan lensa sudut lebar? Kalau iya, ambillah Zenfone 5. Kalau tidak memerlukan dua fitur itu, lebih baik membeli Redmi Note 7.

        1. Pak Hanif,

          Dengan asumsi saat sama-sama terakhir memakai ponsel itu, lebih bagus hasil jepretan Redmi Note 7.

          Hal yang perlu diingat:
          * Sejak kali terakhir memakai Zenfone 5 sampai sekarang, amat mungkin telah muncul beberapa kali pembaruan firmware. Bukan mustahil pembaruan itu juga meningkatkan kinerja kamera.
          * Kamera Zenfone 5 dibekali lensa sudut lebar yang dalam kondisi tertentu sangat bermanfaat.

  21. Selamat pagi Pak Herry,
    Maaf pertanyaan saya keluar dari topik artikel bapak.
    Apakah Asus Zenfone 5q masih layak dibeli pak? Mengingat harganya kini 1,8 jutaan dan sudah ada fitur NFC. Atau Pak Herry punya saran ponsel lain dengan dana maksimal 2 juta.
    Terima kasih. Semoga Tuhan selalu memberkati Pak Herry dan keluarga.

    1. Pak Tito,

      Apakah Anda perlu NFC? Kalau perlu, silakan membelinya.

      Kalau tak perlu NFC, lupakan Zenfone 5Q dan belilah ponsel lain saja. Misalnya, Asus Zenfone Max Pro M1 4/64 Rp1,999 juta.

      Amin. Terima kasih.

  22. Ko Herry, bagaimana kalau ada pilihan Mi A2 dengan Redmi Note 7, mengingat harga dipasaran sekarang sudah sama, mending mana ko?

      1. Kenapa Mending Redmi Note 7 Ko? Kalau berkenan, tolong dijabarkan lebih jelas lagi. Saya sendiri sampai sekarang masih naksir Mi A2 Karena Pure Android, kalau masalah Design dan Headphone jack, mengingat saya sudah go wireless, saya tidak mempermasalahkannya

        1. Pak Hardian C,

          Daya tahan baterai Redmi Note 7 lebih awet. Bodi lebih enak digenggam. Saya juga tak peduli dengan ketersediaan konektor audio 3,5 mm.

  23. Maaf oot pak Herry
    Mau minta saran utk handphone 4G ram 2 gb dgn harga maksimal 1.100.000, kekuatan baterai lebih diutamakan
    Terimakasih sebelumnya

    1. Bu Retno,

      Hmmmm… nggak ada yang baterainya ekstratahan lama sih di kisaran segitu. Silakan cek Asus Zenfone Live, baik L1 atau L2.

  24. Tolong saran kepala pengisian yang tepat agar pengisian daya cepat berfungsi dg baik di redmi nlte 7 dong om. Jika berkenan sekalian link nya om

      1. Ko, Quick Charge merk Anker tersebut itu sudah yang paling murah dari Quick Charge-Quick Charge merk lainnya ya?
        Mending milih Redmi Note 7 yang warna Hitam atau Redmi Note 7 yang warna Biru ya Koh?
        Lalu apakah jika membeli Redmi Note 7 bergaransi resmi TAM, lalu misal saya Root hpnya, otomatis garansinya akan hilang dan kalau ada apa-apa terkait hpnya tidak bisa diklaimkan ke Customer Service gara-gara root Koh?

        1. Pak Rizqy Afrizal,

          * Membeli charger itu jangan mencari yang asal murah, Pak. Anker yang saya informasikan sudah tergolong murah untuk standar Anker. Kalau mau yang lebih murah lagi, carilah merek Tronsmart, Aukey, atau Xiaomi. Pesan saya, jangan asal cari yang murah ya.

          * Menurut saya, neptune blue lebih bagus daripada space black.

          * Normalnya garansi hangus. Namun, mengacu kepada pengalaman beberapa orang, ponsel yang sudah di-root pun ada yang lolos saat melakukan klaim garansi.

          1. Ko apakah sudah ada kepala charger yang sudah memfasilitasi Quick Charge 4.0? Kalau ada brand apa saja Ko yang recomended dibeli?
            Lalu saat memakai Redmi Note 7 dulu, Koko paling sreg / nyaman memakai case yang mana saja Ko?

          2. Pak Rizqy Afrizal,

            Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

            * Belum ada pengisi daya Quick Charge 4.0 yang beredar resmi di sini.
            * Untuk yang transparan, saya paling nyaman memakai sebuah jelly case tanpa merek yang saya beli dengan harga sekitar Rp24 ribu.

          3. Masih terkait Quick Charge Ko, apabila saya membeli kepala Quick Charge 3.0 yang tidak terbundle dengan kabel datanya / terbundle dengan kabel datanya namun tidak cocok dengan hp saya, maka apakah harus membeli kabel data yang semerek &/ tidak semerek dengan kepala Quick Chargernya agar Quick Charge dapat berjalan? Ataukah hanya dengan menggunakan kabel data bawaan dari hpnya / dusnya (tidak perlu beli kabel data) asalkan kepalanya sudah Quick Charge sudah bisa dikatakan akan berjalan berfungsi dengan baik Quick Charge nya Ko?

          4. Pak Rizqy Afrizal,

            Mohon maaf atas respons yang sangat lama.

            Tidak harus membeli kabel charger yang satu merek. Asalkan kabel bawaan telah mendukung Quick Charge, Anda tinggal memadukannya dengan kepala charger Quick Charge 3.0 yang baru Anda beli.

          5. Saya memakai kepala charger Anker yang sudah 3.0 Quick Charge (tanpa membeli kabel datanya Anker), sedangkan saya memakai kabel data bawaan dus Xiaomi Redmi Note 7, apakah itu sudah cukup Ko disebut performa Quick Charge? Atau saya harus ganti kabelnya yang kabelnya juga QC 3.0? Kalau iya ada kabel data QC 3.0 cirinya bagaimana dan yang recomended yang mana Koh?

          6. Pak Rizqy Afrizal,

            Cukup. Seingat saya, kabel charger bawaan Redmi Note 7 mendukung Quick Charge 3.0.

            Tidak ada ciri khusus kabel QC 3.0 sih. Mesti dicoba dulu baru ketahuan. Kalau anggaran tak masalah, silakan membeli kabel merek Anker atau Energea.

          7. Kalau kabel data yang peruntukannya bukan untuk men-support kepala charger Quick Charge 3.0, alias untuk HP Android non Quick Charge, kabel data merk apa Ko yang bagus / recomended? Karena banyak sekali entah itu kabel data sampai kepala charger yang banyak beredar dengan harga miring

          8. Pak Rizqy Afrizal,

            Menurut saya, mending sekaligus beli kabel charger yang bagus, yang mendukung Quick Charge 3.0. Kabel itu kan juga bisa digunakan di ponsel yang belum mendukung Quick Charge 3.0. Silakan membeli kabel merek Anker atau Energea.

  25. koh mi a2 vs realme 3 pro, kamera belakang, kamera depan bagusan mana? lebih gegas yang mana trims

    1. Pak Iskandar Zulkarnaen,

      * Kamera belakang: saya masih perlu eksplorasi lebih mendalam.
      * Kamera depan: Realme 3 Pro.
      * Kegegasan: Realme 3 Pro.

  26. Pa Herry, minta tolong saran untuk handphone ukuran 5 inci. Daya tahan baterai lebih diutamakan.
    Terima kasih.

    1. Pak Andri,

      Maaf, tak ada yang berani saya rekomendasikan. Sebab, ponsel keluaran terkini dengan layar lima inci memiliki spesifikasi sangat rendah.

  27. Pak Herry,
    dari performa kegegasan, kamera, daya tahan baterai, layar dan tampilan fisik, budget max 3 juta.
    HP apa rekomendasi dari pak Herry ?

    1. Pak Dwi,

      Ada dua ponsel yang boleh Anda lirik: Redmi Note 7 dan Realme 3 Pro.

      Dengan anggaran Rp3 juta, kalau Redmi Note 7 bisa mendapatkan varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan Realme 3 Pro memperoleh varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB, tetapi prosesornya lebih tinggi daripada Redmi Note 7.

  28. Pak Herry,

    1. Tanpa melihat kamera, secara keseluruhan, pilih mana antara Xiaomi redmi note 7 & realme 3 pro?

    2. HP terbaik yg ada fitur NFC nya dibawah 3 juta rekomendasi pak Herry apa ?

    Terim kasih

    1. Pak Dwi,

      1. Saya pilih Redmi Note 7 dengan pertimbangan ada remote control dan untuk varian memori yang sama, Redmi Note 7 lebih murah. Realme 3 Pro memang sedikit lebih gegas. Namun, Redmi Note 7 pun sudah cukup gegas kok.

      2. Asus Zenfone 5 Rp2,999 juta.

  29. Anggap saja harga keduanya sama, menurut bapak, mana yg lebih baik di antara redmi note 7 dan zenfone 5 (ZE620KL) berdasarkan kegegasan, kamera (foto & video), ketahanan baterai & update OS?

  30. Setelah memaki redmi note 7 beberapa bulan, saya mulai mengalami kendala, layar HP mati jika terkena getaran/ disaat dipakai tiba” Mati layarnya, tetapi notif masih bisa masuk. Padahal HP redmi note 7 saya yang satu lagi aman saja jika terkena getaran, Apa ada saran? *garansi tam

  31. Pak Herry, minta saran. Butuh android HP dengan NFC, masalah nya dana mepet. Yg paling murah apa ya? Yg penting ga lemot ya pak. ?

  32. Pak Herry, mohon saran untuk hp dengan budget sekitar Rp1,6 juta, Bapak boleh merekomendasikan merek apa?

    Terima kasih, Pak.
    Salam hormat.

  33. Pak HSW Kalau Redmi Note 7 dibandingkan Mi A2 dengan RAM sama yaitu 4 GB bagusan mana? Mohon pencerahannya tks

  34. Pak Herry,
    Status hubungan Xiaomi, redmi dan pocophone itu seperti apa sih?
    Apa sama seperti Oppo dan Realme?

    1. Pak Dzikri,

      Ibarat orang tua dan anak deh. Namun, implementasi strategi di lapangannya beda. Di Indonesia Xiaomi, Redmi, dan Pocophone memanfaatkan saluran penjualan yang sama. Sedangkan Oppo dengan Realme dibedakan. Beda tim, beda exclusive store. Pusat perbaikan resmi saja yang masih menyatu, walaupun kelak secara bertahap Realme akan membuka pusat perbaikan resmi sendiri.

  35. koh mau tanya dong,
    kenap warn layaar ( backlight lcd) nya beda sama hp demo ato produksi yg duluan
    aku dptnya yg agak kuning gak sejernih punya tmn ku yg dluan beli

    wajar gak koh?
    tp aku smpt complain dan dibuka lg yg bru sama aja warnanya ktnya sih beda bulan produksi penyebabnya

    1. Pak Candra,

      Kadang beda waktu (batch) produksi memang bisa berbeda kok. Mungkin karena berbeda pemasok, mungkin pula karena perbedaan batch di produsen layar. Asalkan perbedaannya tidak super-njomplang, hal itu wajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *