Menguak Kelebihan Snapdragon 636

Xiaomi Redmi Note 5, ponsel pertama dengan Qualcomm Snapdragon 636 yang beredar resmi di Indonesia, besok (18/4) akan diluncurkan di Jakarta. Apakah kelebihan Snapdragon 636 dibandingkan pendahulunya? Banyak!

Kita mulai dengan mengamati ulang ponsel-ponsel yang beredar resmi di pasar Indonesia dulu. Pada 2016-2018 Snapdragon 625 menjadi prosesor seri 600 yang paling banyak digunakan oleh pabrikan. Bukan hanya Xiaomi. Asus, Lenovo, Motorola, dan Nubia juga memakainya.

Padahal, usai Snapdragon 625, Qualcomm sebenarnya sudah menghadirkan prosesor generasi berikutnya. Contohnya, Snapdragon 626, Snapdragon 630, lalu Snapdragon 636. Dari Snapdragon 625 ke Snapdragon 626 tentu terjadi peningkatan kinerja. Demikian halnya dari Snapdragon 626 ke Snapdragon 630. Puncaknya, yang saat ini kita bicarakan: Snapdragon 636.

Snapdragon 636 diperkenalkan Qualcomm pada 17 Oktober tahun lalu. Kendati sebenarnya diciptakan untuk ponsel kelas menengah, ia mengadopsi kemampuan mobile platform seri teratas Snapdragon 800.

Misalnya, Snapdragon 636 memanfaatkan Kryo 260 CPU yang biasanya hanya tersedia di Snapdragon seri 800. Alhasil performanya meningkat 40 persen dibandingkan Snapdragon 630. Kalau dikomparasikan dengan “prosesor sejuta umat” Snapdragon 625, persentase peningkatan kinerjanya tentu lebih besar lagi.

Membicarakan kamera berarti tak boleh melupakan Image Signal Processor (ISP). Snapdragon 636 menggunakan Qualcomm Spectra 160 ISP yang sebelumnya dijumpai di Snapdragon seri 800 saja. Implementasi tersebut menjanjikan zero shutter lag, pemfokusan yang lebih cepat dan akurat, serta kualitas gambar yang lebih prima.

Menggantang Harapan

Jadi, apakah yang bisa diharapkan dari Redmi Note 5? Seharusnya ponsel itu memiliki performa umum yang lebih mantap daripada pendahulunya. Kameranya pun relatif memuaskan. Karena Snapdragon 636 juga memakai teknologi pabrikasi 14nm, konsumsi daya mestinya tetap irit.

Spesifikasi Redmi Note 5 yang beredar resmi di Indonesia merujuk kepada Redmi Note 5 versi Tiongkok, bukan Redmi Note 5 Pro ala India. Di Tiongkok ponsel itu tersedia dalam tiga varian kapasitas memori.

  • RAM 3 GB + ROM 32 GB dengan harga RMB1.099 atau sekitar Rp2,4 juta.
  • RAM 4 GB + ROM 64 GB RMB1.399 atau sekitar Rp3,1 juta.
  • RAM 6 GB + ROM 64 GB RMB1.699 atau sekitar Rp3,7 juta.

Bagaimana dengan Indonesia? Kabarnya Redmi Note 5 akan tersedia dalam dua varian, yaitu RAM … @#$%^&*. Ah, papan ketik laptop saya mendadak tak mau mengetikkan angka-angka. ๐Ÿ˜›

73 thoughts to “Menguak Kelebihan Snapdragon 636”

  1. Sengaja nih im HSW… Pemasaran bagaimana om? Lepas langsung aja deh nda usah FS.. nyusahin yg bener2 pengin ganti HP nih.. #sepertisayaq

  2. Pak, mau minta saran mending oppo F5/oppo f3 plus atau samsung j7 pro?
    Oh iya sama saya tadi lihat di ig, kata pak herry jangan beli hp sampe tgl 25, emang kenapa ya pak? Soalnya saya mau beli hp, jadi bingung

    1. Pak Adil,

      He… he… sebab hingga 25 April 2018 ada aneka ponsel baru yang menarik. Silakan membeli Xiaomi Redmi Note 5 (kalau Anda mengutamakan kamera) atau Asus Zenfone Max Pro M1 (kalau Anda suka main game) saja deh.

  3. Kalau dilihat dari kebiasaannya sih sepertinya tidak akan membawa masuk kesini yang seri terbawah.

    BTW, masih banyak yang menunggu review dari daftar list review yang dulu sering disampaikan oom.

  4. Semoga ga mengecewakan koh… Kemarin sempet mau nyantol ke Honor 9lite abis liat redmi 5+ punya istri jadi nunggu Redmi note 5

  5. RAM 3 GB + ROM 32 GB dengan harga RMB1.099 atau sekitar Rp2,4 juta.
    RAM 4 GB + ROM 64 GB RMB1.399 atau sekitar Rp3,1 juta.

    Sepertinya itu yg masuk sini y koh???

  6. Dibandingkan dengan ponsel yang sedang beredar sekarang, apakah worth it membeli Redmi Note 5?
    Yang RAM #=%@ atau yang RAM (@$#: ? ?

  7. Ah, bisa saja koh Herry bikin penasaran di kalimat-kalimat akhir. Btw ditunggu review untuk produk ini koh. Sukses selalu

  8. Saya pikir Redmi 5 Plus itu Redmi Note 5, ternyata bukan ya. Tapi kalau di India, Redmi 5 Plus = Redmi Note 5 (bukan Pro)? Agak membingungkan buat saya. Mohon pencerahannya, Koh HSW. Semoga papan ketiknya sudah dikasih makan sehingga bisa berfungsi kembali.

    1. Pak Andy,

      Redmi Note 5 Indonesia berbeda dengan India. Di India, yang dinamakan Redmi Note 5 itu kalau di Indonesia bernama Redmi 5 Plus.

  9. Koreksi dikit ya Pak Herry
    CPU Kryo 260 itu ditarik dari Snapdragon 660.
    Klo seri Snapdragon 800 seperti Snapdragon 835 itu pakai Kryo 280.
    Sedangkan Snapdragon 845 menggunakan yang lebih baru lagi yaitu Kryo 385.
    Kryo 260 itu kastanya masih dibawah Kryo 280.

    untuk ISP Qualcomm spectra 160 juga ditarik dari Snapdragon 660.
    Snapdragon 835 memakai ISP Qualcomm spectra 180.

    1. Pak Jemmy,

      Terima kasih atas informasinya. Tulisan saya itu merujuk kepada penjelasan narasumber acara.

    1. Pak Arief,

      Sekarang sudah dijual offline kok. Kalau ingin mendapatkan harga sama dengan flash sale, berarti harus mencari di Mi Store yang saat ini baru beroperasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

      Kalau bersedia membayar lebih mahal daripada flash sale, silakan mencari di toko-toko ponsel terdekat dari lokasi Anda.

  10. Pak herry….saya membaca spek nubia Z17 lite menggunakan Snapdragon 653…apakah ini merupakan versi terkini dari seri 600? Gimana posisinya dibanding dg 636? Maaf oot barangkali pak herry tau. Terimakasih

  11. pak,saya mantan pengguna zenfone 3 ze552klyg menurut saya perekaman nya bagus, tp karna satu hal hp saya rusak dan sudah habis masa garansi, tolong rekomendasikan saya ponsel maksimal 4 jt yg hasil perekaman videonya bagus (tidak goyang).

    1. Pak Setya,

      Kalau perekaman video dilakukan tanpa alat bantu tambahan, rasanya tetap akan goyang deh. Saya tak berani memberikan rekomendasi atas kebutuhan spesifik Anda tersebut.

  12. Pak Herry, kemarin baca twit pak Herry Redmi Note 5 bisa dual 4G, nah yg redmi 5 sama redmi 5 Plus apakah juga bisa dual 4G atau 4G-3G? terus apakah redmi 5 dan redmi 5 Plus juga support native Volte buat smartfren juga?
    Terima Kasih

    1. Pak Chandra GTE,

      * Redmi 5: saya tidak pernah uji pakai.

      * Redmi 5 Plus: tidak bisa dual 4G-4G. Bisanya 4G-3G, 3G-3G, atau 3G-4G. Mendukung native VoLTE Smartfren.

  13. Pak Herry,

    Kalau disuruh milih, lebih baik mana Redmi Note 5 vs Asus Zenfone Zoom S ?
    atau ada saran smartphone untuk budget 3-5 juta ?

    1. Pak Ikhsan,

      Hmm… kalau Redmi Note 5 spesifik diadu dengan Zenfone Zoom S, saya baru berani menjawab setelah 14 Mei 2018. Perlu uji pakai lebih mendalam dulu.

      Asus Zenfone Zoom S. Harga terkini Rp3,999 juta.

  14. Bg herry, boleh gak sedekahin satu aja hp nya ke ane.. Terserah deh bg merk apa aja yg abg ikhlas aja.. Hp ane andromax ES bang.. Main game gak kuat, main medsos cm bs instal 2 biji dr segala mcm medsos yg ad di dunia ini karna ram nya cm 1 gb. Mau beli redmi biasa aja gak kesampaian bg.. Makasih bg herry ๐Ÿ˜€

  15. Minta saran hp anggaran 1 juta (lebih sedikit) untuk pemakaian orang tua. (Spesifikasi miripยฒ xiaomi redmi 5A), mudah digunakan orang tua. Di offline harganya jauh naik koh, flash sale g ada lagi.

    1. Pak Armen,

      Yang terpikir sih Xiaomi Redmi 5A itu. Harga pasar sekarang sudah turun menjadi sekitar Rp1,3 juta.

      Kalau mau yang lain, coba cek Motorola Moto E3 Power.

      1. Di tempat saya masih Rp 1,450 masalahnya koh. Hehehee…
        Baik koh, terima kasih sarannya. Saya coba nunggu flash sale dulu.

  16. waa……
    Terimakasih culikan reviewnya Om Ko HSw…. ??.. btw ko, saya kemaren sempet beli miA1 bulan januari kemaren…. kalau d compare dengan ini…. bagaimana ko ?? hehheee *semoga ada yang mau tukar tambah… hehehee

    1. Bu Mega D,

      Hmmm… kamera harus saya uji pakai dengan lebih mendalam dulu. Kalau daya tahan baterai, Redmi Note 5 jelas mengalahkan Mi A1.

  17. Kok lama sekali koh update artikelnya.hehe
    Pas banget ya itu papan ketiknya rusak pas di varian ram. Semoga bsk redmi note 5 pro jg direview disini. Saya tipe orang yang lebih suka baca review dari pada nonton video.

  18. Ditunggu tulisan towal towelnya koh Herry. Terutama komparasi dgn Mi A1 dari sisi daya tahan baterai & kamera ๐Ÿ˜€

    1. Pak Arie,

      Daya tahan baterai: Redmi Note 5 mengalahkan Mi A1.
      Kamera: harus saya uji pakai dengan lebih mendalam dulu deh.

  19. Maaf Pak, sedikit oot.
    Nasib saya agak kurang baik krn dapat Xiaomi Redmi 5 Plus yg di bagian casingnya, tepatnya di sekitar lubang speaker, berbunyi kriet-kriet saat tersentuh/ ditekan. Apakah bisa diperbaiki agar tidak bunyi-bunyi lagi? Kalau bisa apakah hal tersebut di-cover oleh garansi resmi? Terim kasih sebelumnya.

    1. Pak Fiqto,

      Saya dulu tidak memperhatikan Redmi 5 Plus yang saya coba kriet-kriet atau tidak. Coba cek ponsel tipe yang sama milik teman Anda deh. Kalau punya teman Anda tidak kriet-kriet, Anda boleh coba melakukan klaim garansi resmi.

    1. Pak Aulimai,

      Daya tahan baterai: lebih unggul Redmi Note 5.
      Kamera: harus saya uji pakai dengan lebih mendalam dulu.

  20. Selamat pagi pak Herry SW, mohon pencerahannya pak, kalau untuk Xiaomi Redmi Note 5 vs Asus Zenfone Max Pro M1 yang notabene sama-sama pakai Snapdragon 636 mana yang lebih baik menurut bapak?

    1. Pak Arif,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Saya lebih condong ke Redmi Note 5 karena memadukan baterai tahan lama dan kamera bagus. Zenfone Max Pro M1 tidak jelek. Daya tahan baterai 2-3 jam lebih lama daripada Redmi Note 5. Namun, kameranya kalah lumayan signifikan.

  21. Pak Herry,
    Kalo untuk rutinitas pekerjaan dan sesekali diajak motret untuk update di sosmed, apakah redmi note 5 ini worth to buy? Saat ini saya menggunakan redmi 4x 4/64.
    Kebetulan sedang cari cari referensi untuk upgrade. Ditunggu arahannya pak….

    Terimakasih.

  22. koh herry….mau nanya nih, di twitter blom pernah direspon, hehe
    1.apakah asus zenfone zoom s masih layak beli?hrg 3,7juta
    2.kira2 kapan penerus asus zenfone zoom s akan release?mengingat produk tersebut sdh lama beredar
    3.hp dgn fitur nfc, bisa berfungsi sebagai remote, baterai awet, kamera jelek tidak apa2, RAM minimal 3GB, budget dibawah 3juta, kalau ada yg dibawah 2 juta juga boleh

    1. Pak Jibur,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      1. Ya, masih layak beli.
      2. Belum tahu.
      3. Hmmm… ya paling Moto G5s Plus. Namun, baterainya tidak terlalu awet.

  23. Hai Om HSW, saya mau tanya nih. Saya kan pengguna baru samsung, di samsung galaxy itu kan ada fitur always on display nah pas saya aktifin klo buka lockscreen pake fingerprint emng layarnya harus diidupin dulu ya?

    1. Pak Bagoes,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Tidak harus begitu. Ada pengaturannya kok. Jadi, begitu Anda menyentuhkan jari ke sensor sidik jari, layar akan terbuka sekaligus menyala. Saya lupa detail pengaturannya ada di menu sebelah mana.

  24. Ko, xiaomi mi6/black shark bakalan masuk resmi ke indo gak?
    Rekomendasi buat game selaen max pro m1 apa aja?

    1. Pak Okii,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Tidak.

      Karena saya bukan penggemar game, saya tak berani memberikan saran yang spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *