Menguji Jaringan Telkomsel di Jalur Darat Banyuwangi-Denpasar

Kalau biasanya Telkomsel mengajak perwakilan media melakukan network drive test di jalur mudik, kali ini mereka melakukan langkah berbeda. Operator GSM yang identik dengan warna merah itu mengundang media mengikuti uji coba jaringan di kota yang padat pengunjung selama periode libur Lebaran. Jalur Banyuwangi-Denpasar dijadikan pilihan.

“Jalur Banyuwangi-Denpasar merupakan salah satu jalur sibuk. Banyak orang saat libur Lebaran memutuskan pergi ke Bali. Kalau menempuh perjalanan darat, mereka akan lewat Banyuwangi yang juga memiliki berbagai objek wisata menarik,” kata Sukardi Silalahi, Direktur Network Telkomsel, di sela-sela Telkomsel Network Drive Test 2015, 5-6 Juni 2015.

Tsel DT2015-2

Selama perjalanan Banyuwangi-Denpasar yang berjarak tempuh 147 kilometer itu, serangkaian pengujian terus dilakukan oleh tim Telkomsel. Parameter yang diamati, antara lain, kondisi sinyal, tingkat keberhasilan melakukan panggilan telepon, kecepatan melakukan panggilan, persentase drop call, dan kecepatan akses data.

Bagaimana hasilnya? Penerimaan sinyal di 75,79 persen jalur yang dilewati tergolong baik sekali; 14,44 persen baik; 7,27 persen cukup; dan 2,5 persen kurang baik. Sinyal 3G diperoleh di 93,63 persen perjalanan.

Selama perjalanan dilakukan 171 panggilan telepon keluar. Sebanyak 98,83 persen panggilan sukses dilakukan. Waktu yang dibutuhkan sejak tombol Yes/Call ditekan sampai terdengar nada sambung rata-rata 5,77 detik. Sementara itu, tingkat drop call tercatat 1,18 persen, sedangkan rata-rata kecepatan akses data menembus 2,876 Mbps.

Tsel DT2015-3

Menurut Sukardi, Telkomsel memprediksi selama periode Ramadan dan Lebaran tahun ini lonjakan tertinggi akan terjadi atas layanan data. Persentase kenaikannya 20 persen hingga 25 persen. Total trafik data per hari bisa mencapai 1,6 juta gigabyte. Pada saat bersamaan, trafik SMS naik 10-20 persen menjadi 1,15 miliar SMS per hari.

Tsel DT2015-#

“Mengantisipasi kondisi itu, kami melakukan program True Broadband Experience alias TrueBEx. Kami fokus melakukan perbaikan kualitas dan kapasitas di titik-titik keramaian. Sehingga, pelanggan bisa nyaman dalam mengakses layanan data,” tukas Sukardi yang sebelumnya telah menduduki beragam posisi di Telkom.

11 thoughts to “Menguji Jaringan Telkomsel di Jalur Darat Banyuwangi-Denpasar”

  1. Pak Herry. Mungkin daripada operator sibuk mengejar 4G, mereka membenahi dulu jaringan 3G. Agar lebih merata. Sekedar cerita hingga saat ini, jaringan 3G disekitar rumah saya benar2 sulit. Padahal kartu saya telkomsel. Tanda sinyal di HP saya memang “H” tp untuk brwsing, sosmed, dan bahkan untuk nitip komen di ponselmu.com saja susahnya minta ampun. Sudah komplain ke CSny tp belum ada solusi yg bikin saya senang. Hanya saran 2 yg tak berujung. Dan sekarang sy diminta tunggu 3×24 jam, kalau masih sama saja disuruh hub cs.nya lg. Yg bikin tambah gregetan jarak 100m dr rumah saya untuk berselancar di dunia maya lumayan stabil dan lancar. Hadehh…

    Makanya kadang sebel saja liat iklan operator tentang 4G. ????
    Maaf Pak Herry, kepanjangan ni komen.nya. Salam…

    1. Pak Lukman,

      Kadang kondisinya memang bertolak belakang dengan harapan ya.

      Sekadar berbagi pengalaman, di rumah saya, 4G LTE Telkomsel tergolong bagus. Namun, 3G-nya hancur lebur. Masih mending pakai GPRS/EDGE daripada 3G deh.

  2. Kebetulan saya pemakain jaringan telkomsel, sewaktu mudik tahun lalu ke pacitan naik bus kebanyakan sinyal 3G sepanjang jalur itu cukup bagus dan stabil cuma agak sedikit bermasalah sepanjang jalur wonogiri-pacitan yg kiri kanan isinya kebanyakan hutan dan juga naik turun gunung hehe. Semoga tahun ini lebih stabil lagi hehe

    1. Pak Harrys,

      Asalkan dapat sinyal 4G LTE, di Surabaya performa LTE Telkomsel masih relatif bagus kok. Dibandingkan sekitar sebulan lalu memang sudah menurun, tetapi masih tergolong jauh lebih bagus daripada XL.

  3. Saya pengguna setia TELKOMSEL. Saya tinggal di Dsn. Simbar Ds. Tampo Kecamatan Cluring Kab.Banyuqangi. Daerah yang menurut kami tidak jauh dari BTS tetapi kami tidak memperoleh layanan Telkomsel dengan baik. Signal di tempat kami timbul tenggelam. Mohon untuk segera di cek dan di perbaiki, Trimakasih

    1. Pak Budi Hermawan,

      1. Silakan langsung mengirimkan keluhan ke customer service Telkomsel. Kalau Anda mengetikkannya di sini, amat mungkin takkan sampai ke pihak Telkomsel. Lha blog ini bukan milik Telkomsel kok.

      2. Biasakan menuliskan seluruh keluhan dalam satu posting. Bukan dipisah-pisah menjadi tiga seperti yang kali ini terjadi.

      3. Hindari menuliskan seluruh kalimat dengan huruf besar. Dalam etika penulisan di dunia maya, hal itu kurang pantas lho.

      Terima kasih.

  4. Jalan raya Simbar Tampo sampai dengan Kradenan Purwoharjo Banyuwangi signal TELKOMSEL ajur dan sulit digunakan

  5. kalau bisa jalur jember banyuwangi jaringan 4G sudah nampak.
    karna d lihat dri pengguna telkomsel d jalur tersebut cukup dominan.
    bahkan di daerah plosok di kalibaru, glenmore kbanyakan pengguna telkomsel.
    trimakasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *