Menjejak Tiongkok (3): Lenovo Vibe Shot Dijual di Indonesia Mulai Agustus 2015

Lenovo Vibe Shot, ponsel pintar dengan tampilan fisik layaknya kamera saku digital, akan dijual di regional Asia mulai akhir Juli mendatang. Ponsel itu bakal hadir di India dan Filipina lebih dulu. Pada Agustus 2015, Vibe Shot baru dipasarkan di Indonesia dan Malaysia.

Harga jual spesifik Vibe Shot di Indonesia saat ini belum dapat dipastikan. Ancar-ancarnya berkisar USD 349. Ia merupakan ponsel pintar pertama di dunia yang dibekali lampu kilat tiga warna. Penggunaan lampu kilat tersebut diyakini dapat mengabadikan warna kulit dengan lebih realistis.

Vibe Shot-1

Ponsel berdimensi fisik 70 x 142,7 x 7,6 milimeter dan berat 145 gram itu memanfaatkan layar lima inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Karena telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3, permukaan layar tersebut relatif lebih tahan gores. Vibe Shot tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu abu-abu, merah, dan putih.

Prosesor 64-bit delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 615 1,7 GHz, RAM 3 GB, ROM 32 GB, selot microSD, bluetooth, Wi-Fi, dan GPS merupakan sebagian spesifikasi lain Vibe Shot. Dua nomor GSM, seluruhnya menggunakan kartu micro SIM, dapat siaga bersamaan.

Ponsel dengan baterai tanam 3.000 mAh itu mendukung layanan LTE di frekuensi 900 dan 1.800 MHz. Dengan demikian, ia siap dipakai untuk mencicipi layanan LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan kelak Tri.

Vibe Shot mempunyai kamera ganda. Kamera di sisi belakang ponsel beresolusi 16 megapiksel. Ia dibekali fokus otomatis inframerah yang diklaim lebih cepat daripada fokus otomatis konvensional. Kamera tersebut juga dilengkapi optical image stabilization (OIS), lampu kilat tiga warna, dan pengaturan manual. Sementara itu, kamera di sisi muka ponsel beresolusi delapan megapiksel.

***

Menjelang Lenovo Tech World di Beijing, penulis sempat beberapa menit mencoba Vibe Shot. Inilah hasilnya.

Tampak muka kardus Vibe Shot.

Vibe Shot-2

Bagian belakang kardus.

Vibe Shot-3

Vibe Shot warna abu-abu.

Vibe Shot-4

Vibe Shot-5

Vibe Shot merah.

Vibe Shot-6

Vibe Shot-7

Vibe Shot-8

Vibe Shot putih. Di dalam paket penjualan ponsel itu disertakan sebuah hard case transparan.

Vibe Shot-9

Kamera Vibe Shot dibekali fitur Smart Composition. Fungsinya memandu pengguna mengatur komposisi pemotretan. Ketika jarak antara objek dengan ponsel terlalu jauh, misalnya, di layar akan muncul notifikasi. Pengguna diminta lebih mendekatkan ponselnya.

Vibe Shot-10

Vibe Shot-11

Vibe Shot juga mempunyai fitur Panoramic Selfie yang memungkinkan pengguna melakukan selfie dengan sudut pemotretan yang lebih lebar. Bila ponsel dalam posisi portrait/vertikal, kamera dapat mengabaikan objek di area sejauh 128 derajat. Sedangkan bila ponsel dalam posisi horizontal/lansekap, sudut pemotretan bisa mencapai 140 derajat.

Ingin melakukan pengaturan manual? Bisa. Pengguna tinggal menggeser tombol ke arah Pro.

Vibe Shot-12

Aneka parameter pemotretan leluasa diubah oleh pengguna.

Vibe Shot-13

Kecepatan tombol rana alias shutter speed yang dapat dipilih pengguna terendah 1 detik dan tertinggi 1/30 detik. Alternatif lain, pilihlah otomatis.

Vibe Shot-14

Bagi penggemar selfie, aksesori ini pantas dilirik. Selfie Flash akan memberikan tambahan pencahayaan.

Vibe Shot-15

Vibe Shot-16

Cara penggunaannya mudah. Cukup tancapkan Selfie Flash ke konektor audio 3,5 milimeter alias konektor handsfree berkabel, lalu tekan tombol mungil di bagian belakang aksesori itu.

Vibe Shot-17

Vibe Shot-18

Selfie Flash direncanakan dijual USD 49. Kala daya baterai Selfie Flash melemah, tersedia dua pilihan cara isi ulang. Pertama, tancapkan Selfie Flash ke konektor handsfree berkabel di ponsel. Biarkan proses isi ulang berlangsung. Untuk sementara, jangan menekan tombol di sisi belakang Selfie Flash.

Kedua, hubungkan Selfie Flash ke adapter yang disertakan dalam paket penjualan. Kemudian, tancapkan adapter dan Selfie Flash itu ke port USB di laptop/PC atau kepala charger ponsel.

Vibe Shot-19

***

Seperti apa hasil jepretan Vibe Shot bila dibandingkan ponsel lain? Berikut ada satu contoh.

Ini hasil jepretan Vibe Shot.

Vibe Shot-20

Sedangkan ini hasil jepretan LG G4.

Vibe Shot-21

***

Vibe Shot-23

Vibe Shot-22

45 thoughts to “Menjejak Tiongkok (3): Lenovo Vibe Shot Dijual di Indonesia Mulai Agustus 2015”

  1. Bagus juga yah hasil foto dari kamera vibe shot yah pak Herry, sayang masih lama tersedia dipasar indonesia, padahal saya naksir sama hp ini.

    Thx atas sharingnya pak HSW.

  2. Kelihatannya lenovo sangat mengerti kebutuhan pasar yang sangat doyan selfie dengan menghadirkan selfie flash pak, saya jadi penasaran, bagaimana performa selfie flash jika di aplikasikan untuk selfie diruangan yg sangat minim pencahayaan… Dan sepertinya menurut analisa saya, selfie flash akan kompatibel dengan ponsel pintar lain karna memiliki tombol pengoperasian terpisah dari smartphone… Angin yg segar bagi pecinta selfie tapi memiliki kamera depan ponsel yg belum memiliki flash…hehehehe

    Sukses selalu pak Herry…

    1. Pak @Erwin7pratana,

      Performa di tempat yang sangat minim cahaya belum diketahui.

      Selfie Flash itu sempat iseng saya padukan dengan LG G4. Eh, bisa berfungsi lho.

  3. Pakai baterai tanam ya pak Herry? Sekilas baca kayanya ga ada keterangan di artikel.
    Lalu untuk perbandingan foto dengan G4, mana yang lebih mendekati warna asli selfie flash nya pak?

    1. Pak Izak,

      Ya, pakai baterai tanam. Karena bukan review, saya tidak sebutkan dengan detail.

      Soal hasil selfie flash, saya tidak sempat mencobanya dengan mendalam. Lha waktunya terbatas banget. Padahal, saya sudah termasuk salah satu orang terakhir yang meninggalkan ruangan tuh.

  4. Koh Herry, untuk perbandingan bagus mana dengan lenovo A7000 atau ADVAN Vanbook W100 atau lenovo A5000

    Terima kasih ya koh

    1. Pak Fajar,

      Saya belum pernah mencoba tiga gawai itu. Jadi, belum bisa jawab. Btw, sepertinya tadi saya sudah menjawab pertanyaan serupa deh. Anda kirim lebih dari satu kali ya? 🙂

  5. Pasar Indonesia sangat penting buat kami, jadi kami luncurkan dulu di India dan Philipina LOL

    Sepertinya produk yg sangat menarik nih Vibe Shot, mudah2an harga waras begitu masuk Indonesia…

    1. Pak Liat2aja,

      Sebenarnya penjualan di Indonesia akan dilakukan bersamaan dengan India dan Filipina. Namun, karena ada proses perizinan dan impor yang tidak sesingkat di dua negara lain, Indonesia baru kebagian pada Agustus deh.

    1. Bu Mayank,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Review P70 bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-lenovo-p70-siap-ponsel-suap-ponsel/

      Pusat perbaikan resmi Lenovo tergolong buruk. Kalau diadu dengan pusat perbaikan resmi Sony, saya masih lebih memilih berurusan dengan Sony deh.

  6. Seperti biasa dusnya jelek. Isinya jg kaya Murahan buat hp 4 jutaan hehe atau cuma saya yg merasa gitu?

    Sepertinya selfie flash lebih menarik drpd vibe shot

  7. Kenapa lebih terang gambar yang dihasilkan vibe shot ya Pak Herry? Apa settingan dg LG G4nya nggak sama? Atau sama2 pake otomatis?

  8. Pak herry…

    Maaf agak diluar topik, boleh minta rekomendasi hape android dibawah 1jt, untuk pemula? Saya paham mungkin agak susah… Tapi budged saya pas pasan.

    saya tidak butuh fitur macam macam, yang penting untuk bbm, whatsapp, dan ada kamera belakang aja

    Makasih sebelumnya

    1. Pak Andri,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Silakan melirik Acer Liquid Z205 atau AccessGo 4E. Review dua ponsel itu bisa Anda cari di blog ini.

  9. Pak hery slamat mlm…
    Klo boleh minta review lenovo A7000 sama alcatel one flash (yg kamera 13 MP)..bingung mw beli yg mana…spek mirip tp dua2ny msh pabrikan baru di indonesia utk ponsel…terimakasih

    1. Pak Aditya,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Saya belum bisa me-review dua ponsel itu karena belum pernah menguji pakai A7000 maupun One Touch Flash.

  10. Pak hery menurut anda apakah sony xperia m4 aqua layak beli apa gak ya dengan harga segitu
    Maaf Oot

    1. Pak/Bu Deka,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Saya belum bisa menjawabnya. Lha saya belum pernah mencoba Xperia M4 Aqua. Ponsel itu sepertinya juga masih di ambang pintu deh.

  11. Sepertinya anda dapat Smartphone ini deh (Lenovo Vibe Shot). Saya baca di kompas, Lenovo Vibe Shot di bagikan di acara tsb.
    Review nya yaa pak

    1. Pak Wandy,

      Saya tidak dapat Vibe Shot. Yang diberi Vibe Shot gratis adalah 720 orang fans Lenovo yang memang diundang untuk menghadiri Lenovo Tech World. Mereka mengenakan kaus seragam Lenovo dan duduk di deretan depan.

  12. Pak Herry SW, untuk logo baru Lenovo digunakan mulai kapan pak? Maaf agak OOT, apa ada informasi smartphone Lenovo A6000plus & Lenovo K3 Note akan dirilis di Indonesia? Trima Kasih Pak.

    1. Pak Adi DS,

      Tak ada keterangan mulai produk apa. Cuma dibilang “setelah ini”. Jadi, sudah efektif berlaku mulai produk-produk berikutnya.

      Belum ada info soal dua ponsel itu.

  13. dari perbandingan foto yang Pa Herry kasih di atas kayanya masih lebih baik LG G4 ya

    Pa Herry pernah mencoba Vivo XShot, secara sekilas menurut Pa Herry lebih baik mana di antara kedua Handpahone tersebut dari segi kamera?. Vivo XShot kah atau Lenovo Vibe Shot?

    1. Pak Arief,

      Saat di Beijing, kesempatan saya mencoba Vibe Shot sangat terbatas. Sepintas hasil fotonya memang kalah dibandingkan G4.

      Vivo Xshot versus Lenovo Vibe Shot ya? Dari towel-towel Vibe Shot sepintas, saya merasa hasil jepretan Vivo Xshot lebih bagus. Ini belum kesimpulan akhir ya. Lha saya coba Vibe Shot-nya singkat banget dan belum di berbagai lokasi atau kondisi pencahayaan.

  14. terima kasih atas jawabanya Pa

    semoga sukses terus dan juga tetap semangat memberikan review secara objektive.

    oh iya Pa, kenapa Pa Herry tidak bikin channel di youtube lalu membuat video review?
    kan lumayan dapet uang dari google adsense

    trims

    1. Pak Arief,

      Saya masih belum bisa merekam dan menyunting video nih. Soal Adsense, saya juga belum paham.

  15. Pak maaf apa bisa Vibe UI dr Lenovo dipake di hp Lenovo P770 sy, soalnya tampilan UI udh jadul dan standar.
    Apa bisa diupgrade ke OS Lollipop ?
    Mohon bantuan.terima kasih.

    1. Pak Eldar,

      Cara mengeceknya sederhana. Masuk ke menu system update di ponsel Anda, kemudian cobalah melakukan update. Kalau dibilang sudah paling update atau belum ada update, berarti jawabannya tidak bisa.

    1. Pak Arif,

      Saya urutkan dari yang paling mahal ke lebih murah ya: Vivo X3S, Xiaomi Mi 4i, dan Acer Liquid Jade.

  16. Om mau tanya kalau budget 2,5. Mencari hape yang kurang lebih 6inc. Batre awet dan tidak panas, beli hape apa yah? Kalo bisa beberapa jenis biar ada pilihan.
    Yang kira-kira tahan banting 🙂

    1. Bu Lis,

      Saya sebutkan beberapa, diurutkan mulai dari harga yang termurah ya.
      * Infinix Hot Note
      * Acer Liquid E700
      * Lenovo P70

      Kalau dikaitkan dengan kriteria Anda, Hot Note yang dibanderol Rp 1,599 juta sebenarnya sudah memenuhi syarat. Pesan saya, jangan beli ponsel Alcatel onetouch Flash Plus.

  17. Om kalau hot note merk nya?
    Kalau kriteria di atas (budget 2,5. Mencari hape. Batre awet dan tidak panas, beli hape apa yah? ) Untuk 6inch ke atas merk apa tipe apa?
    Kalau p70 sm yang p70i beda nya apa om? Td coba search.
    Mkasih om

    1. Bu Lis,

      Lha sebelumnya kan sudah saya sebutkan. Infinix Hot Note. Hot Note itu tipenya. Berarti, mereknya Infinix tho.

      Hmm… dengan kriteria seperti itu, tak ada yang dapat saya rekomendasikan.

      Lenovo P70i? Apakah ada? *bingung*

  18. dari segi RAM kurang lebih sama dengan lenovo a7000 ya pak? tapi ini lebih khusus untuk fotografi. bimbang deh pilih yang mana..

  19. Ko Herry
    Mohon pendapat ny nih
    Saya kepicut dgn lenovo P70 dan Vibe X2
    Kira” menurut ko Herry, manakah di antara 2 HP tersebut yg Bagus…
    Hasil kamera 2HP tsb gimana? Mana yg paling Unggul

    1. Pak Kmil,

      Maaf, saya tak tahu. Sebab, saya belum pernah menguji pakai Vibe X2. Cuma pernah towel-towel ponsel itu sebentar.

    1. Pak Kmil,

      Hmmm… tak ada yang memenuhi syarat deh. Dengan anggaran dan kriteria seperti itu, minimal ada satu poin yang tidak terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *