Menjejak Tiongkok (4): Lenovo Kenalkan Aneka Produk Baru dan Konsep di Lenovo Tech World

Lenovo Tech World yang hari ini (28/5) digelar di Beijing, Tiongkok, dijadikan ajang perkenalan aneka produk baru Lenovo. Perusahaan berskala global asal Tiongkok itu juga memamerkan beberapa produk konsep yang kelak bakal diproduksi masal.

“Lenovo memiliki posisi yang unik di industri. Kami dapat menawarkan peranti, konektivitas, maupun infrastruktur yang ketiganya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” kata Yang Yuanqing, chairman dan CEO Lenovo, di hadapan sekitar 3.500 orang yang memadati plenary hall China National Convention Center.

Tiongkok4-1

Tiga produk konsep dipaparkan di acara eksklusif berskala global pertama yang digelar Lenovo tersebut. Yaitu, Magic View, Smart Cast, dan Smart Shoes. Magic View merupakan jam tangan pintar alias smartwatch pertama di dunia yang dibekali dua layar.

Tiongkok4-2

Tiongkok4-3

Sementara itu, Smart Cast mudahnya adalah ponsel pintar yang dilengkapi proyektor laser dan pendeteksi gerakan. Pengguna bisa “mencerminkan” layar ponsel ke bidang datar berukuran besar, misalnya, dinding. Pancaran dari ponsel itu juga memungkinkan pengguna memiliki keyboard virtual berukuran besar.

Tiongkok4-4

Bagaimana dengan Smart Shoes? Dari namanya, bisa ditebak kalau ia bukan sepatu biasa. Dengan mengenakan sepatu tersebut, tingkat kebugaran pengguna dapat dianalisa secara mudah. Uniknya, di sisi luar sepatu itu terdapat deretan lampu. Tampilan lampu leluasa diatur via ponsel yang terkoneksi ke sepatu. Informasi lebih rinci mengenai tiga produk konsep itu akan penulis jelaskan di tulisan terpisah.

Tiongkok4-6

Bukan hanya produk konsep. Di Lenovo Tech World, diumumkan pula kehadiran berbagai layanan dan produk baru yang siap jual. Mulai hari ini, Moto Maker resmi beroperasi di Tiongkok. Konsumen dapat memesan ponsel sesuai selera masing-masing. Mereka cukup masuk ke www.motorola.com.cn dan mulai bertransaksi.

Tiongkok4-7

Produk lain yang diluncurkan adalah tablet ThinkPad 10, perangkat penyimpanan Lenovo Storage S2200 dan S3200, serta tiga laptop yang terdiri atas Lenovo Z41, Lenovo Z51, dan Ideapad 100. Lenovo berkolaborasi dengan Microsoft juga mengumumkan sekaligus mendemonstrasikan Cortana dan REACHit. Cortana selama ini telah relatif dikenal oleh pengguna ponsel Windows Phone. Dengan kerja sama ini, Cortana akan tersedia di PC Windows 10, tablet, dan ponsel Lenovo.

Tiongkok4-8

15 thoughts to “Menjejak Tiongkok (4): Lenovo Kenalkan Aneka Produk Baru dan Konsep di Lenovo Tech World”

    1. Pak Okta Tjoa,

      Masih belum diketahui. Saya yakin masih lama banget karena terkait dengan manajemen pasokan, manajemen produksi, dan strategi pemasaran yang cukup kompleks.

    1. Pak Rudy,

      Ha… ha… ha… nggak deh. Targetnya paling lambat minggu depan cerita bersambung dari Tiongkok berakhir.

  1. Sayangnya saya 2 kali punya pengalaman buruk pakai lenovo yg satu tab a3000 rusak di lubang usb-nya yg satu p700 mayor.

  2. Sayangnya saya 2 kali punya pengalaman buruk pakai lenovo yg satu tab a3000 rusak di lubang usb-nya yg satu p700 matot.

    1. Pak Wibie,

      Tadi saya sempat bingung. Yang dimaksud “mayor” itu apa. Ternyata, “matot” tho.

  3. Pak Herry maaf melenceng. Saya ada samsung s4 kondisi lcd rusak. Dengan kisaran biaya perbaikan 1,5-2 jt menrut Bapak lebih worth diperbaiki atau membeli hp baru seperti xiaomi 2? Hp ini hanya backup saja karena sudah dapat g4 untuk kebutuhan utama. Terima kasih

    1. Pak Leo,

      Dengan kondisi seperti itu, lebih baik Anda membeli Xiaomi Redmi 2 baru dan bergaransi resmi daripada membayar biaya perbaikan Samsung Galaxy S4.

  4. Motorola masuk sini nggak ya pak… sejak Moto G dan Moto E gen pertama, udah nggak ada lagi produknya yang dirilis di sini 🙂

    1. Pak Tuxlin,

      Nggak yakin deh. Strategi yang sekarang dilakukan Lenovo (termasuk Motorola), di emerging market yang lebih banyak disodorkan adalah merek Lenovo. Sedangkan Motorola menyasar ke area yang dikategorikan mature market.

      Nah, Indonesia sendiri masih tergolong emerging market.

      1. Saya pernah membeli Moto E untuk bapak saya, build qualitynya bagus banget, berasa kayak hape mahal hehehe… Saya lumayan tertarik dengan Moto X gen 2… Tapi sepertinya memang begitu ya pak strateginya, tipis harapannya masuk sini 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *