Menjejak Tiongkok (5): Magic View, Smartwatch Pertama Berlayar Ganda

Jam tangan pintar alias smartwatch amat berguna bagi pengguna yang aktif beraktivitas. Ia bukan sekadar menunjukkan waktu terkini. Namun, dalam kondisi tertentu, tampilan layar jam tangan pintar dinilai terlalu kecil. Misalnya, saat pengguna ingin melihat foto atau peta. Di Lenovo Tech World, minggu lalu, sebuah alternatif solusi ditawarkan lewat Magic View.

Magic View adalah arloji pintar pertama yang dibekali dua layar. Layar pertamanya sama dengan layar aneka jam tangan pintar yang saat ini beredar di pasar. Sementara itu, untuk melihat tampilan di layar kedua peranti tersebut, pengguna wajib mengintip lewat kotak mungil yang tersedia.

Magic View-1

Layar kedua berada di ujung wristband yang menghadap ke pengguna. Cara kerjanya sama dengan periskop. Pengguna harus mendekatkan salah satu matanya ke area kotak tersebut.

Magic View-2

Kalau bingung membayangkannya, penulis mengajak Anda bernostalgia dulu. Sebagian di antara Anda mungkin ingat dengan mainan ini. Mainan mewah ketika penulis masih berseragam putih merah. Sudah mulai terbayang?

Magic View-23

Beragam materi dapat dilihat melalui layar kedua Magic View yang oleh Lenovo diistilahkan sebagai layar virtual interaktif (virtual interactive display) tersebut.

Anggaplah layar utama jam tangan pintar itu sedang menyajikan foto Beijing National Stadium alias Bird’s Nest. Pengguna cukup menyapukan dua jari dari bagian atas layar utama ke bawah. Layar kedua spontan akan aktif. Foto panorama 360 derajat ala Photo Sphere leluasa dinikmati pengguna. Pengguna cukup menggerakkan kepala dan jam tangan ke kiri-kanan dan atas-bawah untuk mengubah pandangan.

Magic View-3

Ingin melihat foto lewat “lubang intip” di Magic View? Bisa juga. Lenovo mengklaim sensasi tampilannya hingga 20 kali lebih besar daripada kala langsung melihat di layar utama jam tangan.

Magic View-5

Magic View-6

Magic View-7

Untuk menonaktifkan layar kedua, pengguna cukup menyapukan dua jari dari bagian bawah layar utama ke tengah/atas.

Inilah sebagian tampilan menu Magic View.

Magic View-8

Magic View-9

My safe memungkinkan pengguna menyimpan informasi yang bersifat rahasia. Misalnya, nomor kartu kredit dan password email. Masa berlaku paspor dan STNK juga dapat dicatat di sana. Layar utama hanya akan menyajikan penggalan informasi. Informasi lengkap baru terlihat ketika pengguna mengintip lewat layar kedua.

Magic View-10

Magic View-11

Magic View-12

Magic View-13

Wajah penunjuk waktu atau watch face bebas diganti oleh pengguna. Tersedia beragam pilihan. Inilah contohnya.

Magic View-14

Magic View-15

Magic View-16

Magic View-17

Dengan mencermati satu per satu foto di atas, pilihan wrist band Magic View seharusnya telah diketahui. Tersedia empat pilihan tali jam tangan. Pertama, logam berwarna hitam.

Magic View-18

Kedua, logam berwarna perak.

Magic View-19

Lebih menyukai tali kulit? Tersedia leather wrist band berwarna hitam.

Magic View-20

Pilihan keempat adalah tali kulit berwarna cokelat.

Magic View-21

Magic View-22

Apa saja spesifikasi detail Magic View? Berapa harganya? Kapan mulai dijual? “Magic View yang hari ini diperkenalkan baru berupa prototipe. Kami masih terus mengembangkannya sehingga belum bisa menyebutkan spesifikasi rinci maupun estimasi penjualannya,” kata Liu Jun,  President of Mobile Business Group Lenovo, saat menjawab pertanyaan penulis dalam sesi wawancara (28/5).

4 thoughts to “Menjejak Tiongkok (5): Magic View, Smartwatch Pertama Berlayar Ganda”

    1. Pak Tuxlin,

      Iya. Di bagian bawahnya juga ada area kosong.

      Soal ketebalan, kebetulan saya belum pernah melihat Moto 360.

        1. Pak Tuxlin,

          Lebih tepatnya bundar, bukan bulat. 🙂

          Benar. Layarnya secara fisik bundar, tetapi tampilan LCD-nya tidak 100 persen bundar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *