Mirip N8 tapi Lebih Mungil

Vendor ponsel merek lokal buatan Tiongkok gemar mengadaptasi desain BlackBerry dan Nokia. Ponsel qwerty Nokia E72, C3, dan E5 telah menjadi korban. Kini ponsel layar sentuh Nokia N8 juga di-ATM. Amati, tiru, dan modifikasi. Hasilnya, Elzio @Venture.

Tampilan fisik @Venture mirip dengan N8. Ikon menu yang tersaji di layar pun bak pinang dibelah dua. Namun, ukuran bodi @Venture lebih mungil daripada N8. Fitur-fitur yang ditanamkan di ponsel itu juga berbeda.

@Venture hadir dengan layar sentuh tiga inci yang mampu menyajikan hingga 262.144 warna. Layar sentuh itu mempunyai kemampuan berotasi otomatis. Bila layar diputar horizontal ke kiri atau kanan, maka tampilan layar spontan berubah menjadi lansekap.

Untuk menekan layar, pengguna bisa memanfaatkan jari atau stylus yang diselipkan di kiri bawah bodi. Alternatif lain, memakai stylus gantung yang disertakan dalam paket penjualan. Stylus gantung itu serupa dengan plectrum stylus milik Nokia 5800 XpressMusic.

Dual on GSM-GSM, Java, buku telepon seribu nama multiple entry, black list, dan video chat merupakan sebagian fitur @Venture. Ia dilengkapi pula dengan televisi dan radio FM. Penerimaan siaran televisi ponsel itu, menurut penulis, kurang prima. Kalau mau, pengguna bisa merekam tayangan televisi yang sedang dinikmati.

Untuk mendengarkan siaran radio FM, pengguna tak usah memasangkan handsfree berkabel. Antena televisi di @Venture sekaligus berfungsi sebagai antena radio. Siaran radio dapat direkam secara spontan maupun terjadwal.

Dua kamera beresolusi 1,3 megapiksel dibenamkan ke bodi @Venture. Kamera di sisi belakang dilengkapi lampu kilat yang juga dapat digunakan sebagai lampu senter. Sedangkan kamera di sisi muka tanpa lampu kilat. Apakah hasil fotonya sebagus N8? Hmm…. bagaikan bumi dan langit deh.

Spesifikasi lain @Venture, di antaranya, perekam video, perekam suara, bluetooth, memori internal 250,5 KB, dan slot microSD. Konektor micro USB tersedia untuk penghubung kabel data dan charger. Pengguna bisa pula memanfaatkan charger dua milimeter Nokia  untuk mengisi ulang baterai ponsel itu.

Paket penjualan @Venture termasuk sebuah leather case dengan qwerty keyboard terintegrasi. Bagi penulis, aksesori itu merupakan daya tarik utama ponsel tersebut. Selipkan ponsel sampai konektor ponsel bersentuhan dengan konektor leather case. Lalu, selamat menikmati papan ketik eksternal itu.

Performa papan ketik eksternal tersebut pantas diberi acungan dua jempol. Tombolnya amat nyaman ditekan. Responnya juga trengginas. Tanpa leather case berpapan ketik itu, @Venture bakal kehilangan setengah nyawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *