Misteri 4G LTE di Ponsel Huawei

Dua hari lalu, penulis alias HSW iseng berkunjung ke akun Facebook Huawei Mobile Indonesia. Satu jawaban yang dikirimkan admin akun itu mengingatkan HSW dengan satu pertanyaan besar yang lama menggelayut di kepala. Ada apakah dengan Huawei? Produsen ponsel berkelas global asal Tiongkok itu seolah bermain teka-teki dengan fitur 4G LTE di ponselnya.

Cerita bermula pada 6 Desember 2015. Saat itu Huawei meluncurkan dua ponsel pintar terbarunya, Mate S dan G8, di Hotel Pullman Central Park Jakarta. Huawei menyatakan dua ponsel itu belum mendukung layanan 4G LTE. Keduanya masih berkutat di teknologi 3G.

Huawei Aneh-1

“Kami sedang berusaha mengejar tingkat kandungan lokal yang mulai diterapkan pemerintah. Huawei sudah bekerjasama dengan manufaktur lokal yang bisa membuat produk 4G sesuai standar yang ditetapkan perusahaan kami,” kata Johnson Ma, South Pacific GTM Director Huawei, sebagaimana dituliskan oleh Techno.id.

Mate S yang diperkenalkan di acara itu dibanderol Rp 9,399 juta. Mudahnya, bulatkan saja menjadi Rp 9,4 juta. Seperti yang dipaparkan petinggi Huawei dan tercetak di brosur Mate S, ponsel tersebut maksimal hanya mendukung layanan 3G.

Harga setinggi itu untuk ukuran sekarang tergolong “ajaib” untuk sebuah ponsel 3G. Apalagi, popularitas merek Huawei di Indonesia masih relatif belum tinggi. Biarpun telah berkelas global, merek Huawei masih diidentikkan dengan ponsel asal Tiongkok.

Keanehan berikutnya, Mate S yang dijual di luar Indonesia ternyata telah mendukung layanan 4G LTE. Harian Kompas pun sempat mempertanyakan hal itu lewat sebuah artikel yang dimuat di edisi 8 Desember 2015. Judulnya, seingat HSW, “Tanda Tanya Huawei Mate S”. HSW membacanya saat terbang dari Surabaya ke Jakarta memakai Garuda Indonesia.

Karena HSW belum pernah menjumpai penjual Mate S bergaransi resmi di pasar offline, cerita berakhir sampai di sini dulu. Sekarang saatnya beralih ke Huawei G8. Ponsel itu dibanderol Rp 5,4 juta–tepatnya Rp 5,399 juta sih–dan dinyatakan belum 4G LTE. Berikut posting di akun Facebook Huawei Mobile Indonesia yang membuat HSW tergelitik membuat tulisan ini.

Huawei Aneh-3

Di pusat penjualan ponsel sudah cukup banyak toko yang menawarkan G8. Brosur ponsel itu juga tersedia. Di halaman spesifikasi sama sekali tidak ada paparan tentang jaringan yang kompatibel dengan ponsel tersebut.

Huawei Aneh-4

Pihak Huawei jelas-jelas menyatakan G8 belum mendukung layanan 4G LTE. Uniknya, mengacu kepada survei yang dilakukan HSW di berbagai toko, semua penjual menyatakan ponsel itu kompatibel dengan 4G LTE. Ya, semua penjual. Sebagian penjual bahkan berani membuat perjanjian tak tertulis transaksi boleh dibatalkan sepihak kalau G8 gagal memperoleh sinyal 4G. G8 yang pura-pura akan HSW beli adalah G8 baru dan bergaransi resmi.

***

HSW tidak mengetahui detail persyaratan dan prosedur pengurusan sertifikat SDPPI atau yang sejak dulu sampai sekarang lebih sering disebut sertifikat Postel. Rangkaian pertanyaan yang saat ini menggelayut di benak HSW:

  1. Apakah pemohon sertifikasi ponsel harus mendeklarasikan produk yang diajukan sudah atau belum mendukung layanan 4G LTE?
  2. Bila pemohon menyatakan ponsel yang diajukan belum mendukung layanan 4G LTE, tetapi realitanya ponsel itu sudah kompatibel dengan layanan 4G LTE, adakah sanksi yang akan diberikan?
  3. Mirip dengan poin nomor 2, tetapi aktivasi harus dilakukan dengan cara-cara tertentu, entah dengan menekan suatu kombinasi angka atau menggunakan alat bantu laptop/PC.

Menurut HSW, peraturan sertifikasi idealnya terus diperbarui. Bukan untuk mempersulit, melainkan mengikuti perkembangan terkini dan memberikan kesetaraan perlakuan. Pengawasan mutlak dilakukan lebih ketat agar kasus sertifikat jadi-jadian ala Zuk Z1 tidak terulang lagi. Itu hanyalah puncak dari sebuah gunung es.

Sedikit berbagi cerita tambahan, Samsung Galaxy Note 4 yang dijual resmi di Indonesia disebutkan belum mendukung layanan 4G LTE. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardus, Galaxy Note 4 memang tak dapat dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE. Namun, dengan cara-cara tertentu yang membutuhkan kemampuan teknis cukup tinggi, fitur 4G LTE di ponsel itu dapat diaktifkan.

Contoh lain, tidak semua pembeli Huawei Y6 bisa langsung memakai ponsel itu untuk menikmati layanan 4G LTE. Ada ritual tertentu, biasanya penjual bersedia membantu melakukannya, yang harus dilakukan lebih dulu.

Kesimpulan dari tulisan ngalor ngidul ala HSW ini, regulator tak boleh kalah pintar. Celah yang ada harus ditutup. Bila dibiarkan, apalagi di kala layanan 4G LTE terus berkembang, bukan mustahil produsen ponsel sengaja “bermain cantik”.

Seperti apakah wujud nyatanya? Mereka menonaktifkan kemampuan 4G LTE di ponsel yang sebenarnya telah mendukung layanan 4G LTE. Tujuannya, ponsel itu boleh diimpor resmi ke Indonesia tanpa terkena aturan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Setelah ponsel berhasil masuk dan tersedia di pasar, tinggal mencari “pinjaman tangan” untuk mengaktifkan kembali kemampuan 4G LTE ponsel itu deh.

*** Update 1 Februari 2016 pukul 21.46:

Untuk mengetahui apakah tulisan saya di blog Ponselmu.com sampai ke pihak terkait, hari ini saya sengaja melakukan survei pasar lagi. Hasilnya, dalam hitungan jam terjadi perubahan kondisi yang detailnya saya paparkan dalam poin-poin di bawah ini.

1. Sekitar pukul 13.00 saya tiba di sebuah pusat penjualan ponsel dan langsung menuju ke salah satu tempat yang menawarkan ponsel Huawei. Sebut saja toko A. Saya menanyakan spesifikasi Huawei G8. Penjual menyatakan G8 pasti mendukung layanan 4G LTE.

Ponsel itu dibanderol Rp 5,399 juta dan mendapatkan bonus kartu microSD 16 GB. Penjual berusaha melakukan closing, tetapi saya masih bimbang mengeluarkan dana sebesar itu demi memperoleh bukti nyata.

2. Pukul 16.23 saya memutuskan nekat membeli satu unit G8. Saya menuju toko A lagi. Penjelasan penjual telah berubah. Menurutnya, G8 yang beredar di Indonesia hanya mendukung layanan 3G. Belum bisa 4G LTE.

3. Penasaran dengan jawaban yang berbeda 180 derajat dalam hitungan jam, saya berpindah ke tempat lain. Sebut saja toko B. Jawaban sama saya dapatkan: G8 belum mendukung 4G LTE.

4. Masih penasaran, saya beralih ke toko C. Di toko itu kebetulan tidak menjual G8. Yang tersedia tipe lain.

5. Selanjutnya, saya sekali lagi berpindah toko. Kali ini ke toko D. Penjual menyatakan G8 sudah mendukung layanan 4G LTE, tetapi perlu di-unlock

“Kalau saya beli sekarang dan meminta langsung di-unlock karena memerlukan 4G LTE, apakah bisa?” tanya saya. Penjual menyatakan bisa. Saya diminta menunggu dan penjual pergi mencari seseorang. Entah siapa. Beberapa menit kemudian, penjual datang dari arah yang berbeda. Kini dia menyatakan G8 tidak bisa di-unlock.

Menjumpai kondisi yang dirasakan lumayan aneh, saya semakin penasaran. Ketika matahari mulai terbenam, saya meluncur ke pusat penjualan ponsel yang berbeda. Saya masuk ke toko yang memajang aneka ponsel Huawei di gerainya. Sebut saja toko X.

Saat itu di gerai tersebut ada tiga penjaga. Saya dilayani orang pertama yang lokasinya paling dekat dengan pintu masuk. Orang kedua tampaknya mengenal wajah saya. Dengan suara pelan ia langsung berbicara dengan orang ketiga. “Eh, kamu tahu bapak itu nggak?” Kalimat selanjutnya tak dapat saya tangkap dengan jelas. Orang ketiga kemudian melihat saya. Di toko X itu saya mendapatkan penjelasan bahwa G8 kompatibel dengan 4G LTE Telkomsel. Namun, harus di-unlock dulu.

Saya kemudian berpindah ke satu toko lain. Kali ini saya mampir ke, anggaplah, toko Y. Penjual awalnya terlihat ragu apakah G8 sudah mendukung 4G LTE. “4G. Eh, G8 kayaknya belum. Bisa sih, cuma di-unlock di service center. Biar dibuka 4G-nya,” tuturnya.

Ketika saya memutuskan membeli satu unit G8 warna emas, penjual dua kali meninggalkan toko untuk memastikan permintaan saya: 4G LTE harus bisa berfungsi. Saya pun menanti dengan harap-harap cemas.

Ah, kisah lama terulang lagi. G8 dibilang belum siap pakai 4G LTE karena harus di-unlock dulu dan hari ini belum bisa dilakukan. Penjual lalu menawarkan Huawei Mate S yang disebutnya telah mendukung 4G LTE. Harganya Rp 9 juta. Saya lalu pamit. Saatnya makan malam. πŸ™‚

*** Update 1 Februari 2016 pukul 22.06:

Paparan saya di blog ini sampai ke regulator. Tanggapan yang saya dapatkan, berdasarkan temuan sementara, Huawei telah melakukan sertifikasi dua ponsel tersebut sebelum peraturan menteri terkait TKDN ditandatangani. Terkait mengapa Huawei justru tidak mengklaim kemampuan 4G LTE, hal itu masih ditelusuri.

*** Update 2 Februari 2016:

Saat kemarin petang berinteraksi dengan penjual Huawei, saya melakukan perekaman suara. Ada dua rekaman yang dapat Anda dengarkan.

Rekaman pertama berdurasi 2 menit 36 detik. Anda dapat memutarnya di https://goo.gl/j63MJH

Sedangkan rekaman kedua berdurasi 17 menit 2 detik. Di tengah-tengah rekaman, percakapan terhenti cukup lama sebanyak dua kali. Saat itu penjual Huawei sedang meninggalkan toko, tetapi saya tidak menghentikan proses perekaman. Silakan mendengarkannya di https://goo.gl/QCX5Us

215 thoughts on “Misteri 4G LTE di Ponsel Huawei

  1. kuq bisa seperti itu ya om..apa jangan-jangan dispostel tau tapi tutup tangan ya om? bisa dkatakan permainan ini berarti ya..mempertaruhkan nama baik loh ini padahal..coba dispostel di usut kpk atau sejenisnya..saya jadi sangsi..kemarin zuk whats next..

  2. Ulasan yang mantap Ko Herry.
    Saya pribadi tertarik dengan Huawei G8 melihat harga dan spesifikasi yang ditawarkan, tapi mundur mendadak karena tau belum support 4G di Indo.
    Tapi setelah baca ulasan Ko Herry ini, saya semakin galau. Hahaha

    1. Pak Himawan Anindyo,

      Tadi sekitar pukul 13.00 saya mampir ke sebuah gerai penjual Huawei lagi. Saya bertanya tentang Huawei G3 dan penjual dengan tegas menyatakan ponsel itu mendukung layanan 4G LTE.

  3. Hmm jadi caranya masuk indonesia tanpa kena charge TKDN gitu ya,
    Yakin yg main cantik hanya pihak huaweinya? Pihak pengurus sertifikasinya juga harusnya tanda tanya dong, dia masukin hp tanpa cek ke website luar dulu apa gimana? Aneh.

  4. Salam Pak HSW …
    Ulasan dalam artikel2 anda sangat menarik dan sering saya jadikan referensi,,
    Pak saya minta tolong, adakah saran untuk pembelian hape saat ini, dengan kriteria user yg tidak suka gonta ganti gadget, jadi pemakaian untuk waktu yg lama. Dengan budget maksimal 2,9 jt. Spek yg diharapkan sudah ram 1.5gb-2gb, berharap sudah octa core yg snapdragon,lolipop. Serta kualitas kamera yg baik, . Yg terakhir (namun tidak terlalu urgent *mnurut saya) sudah bisa jaringan 4G

    Dan berikut ini saya minta pendapat anda atas transaksi pembelian gadget yg saya lakukan di BCP (Bekasi Cyber Park)
    Kemarin saya belikan oppo mirror 5 utk ayahanda saya.. harga 2,999jt(dibulatkan 3jt),’encik’nya ngasih antigores, original softcase, dan V-Gen 8gb. Dan 9 kartu perdana im3 gratisan yg saya sikat dri encik nya.
    Kemudian ditoko yg sama, untuk ibunda saya belikan Samsung J5, harga 2,650 saya dapat softcase sama temper glass. Bagaimana pembelian saya menurut Bapak dari segi manapun.???
    Ditunggu responya ya pak HSW.
    Goodluck 4 U

    1. Pak Rizky Abey,

      1. Untuk Anda, saya menyarankan Hisense Pureshot. Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

      2. Waduh, sayang sekali Anda terlanjur membeli ponsel Oppo. Buat saya, Oppo adalah merek ponsel yang sebaiknya jangan dibeli. Ada banyak “kenakalan” yang perlu diketahui. Silakan membacanya di http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/

      3. Galaxy J5 lumayan. Namun, daripada ponsel itu, kalau saya lebih memilih Hisense Pureshot. Harga lebih murah daripada Galaxy J5, tetapi performanya justru lebih bagus.

      1. setuju… ngak nyesel beliin yg putih 5″ buat istri setelah baca referensi pak herry, plusnya masih ada promo internet 75rb/bln true unlimit berlaku sd april’16 pak.. minusnya pernak-perniknya masih susah/ngak umum di tempat saya…. yg jadi penasaran harga launcingnya kq mahal apa brand ini menganut over price kaya samsung y pak Herry…

        1. Pak Rudy,

          Iya, cari aksesorinya memang belum mudah. Jelly case sih di pusat perbaikan resmi Hisense sudah ada.

          Saya pribadi melihat Hisense ini baru tahap belajar. Pureshot dan Pureshot+ menjadi produk pertamanya di pasar terbuka (open market) Indonesia. Sebelumya mereka selalu menjadi “tukang jahitnya” Smartfren. Nah, karena baru masuk ke open market, Hisense terlihat masih gagap, termasuk dalam penetapan harga. Kalau anak sekolah, Hisense masih TK bahkan playgroup deh. Masih harus banyak belajar lagi.

    1. pak mungkin lebih tepatnya serem… atw prihatin… mungkin ini yg bikin harga jadi beda-2, harga ngak sebanding kualitas dll, jadi tambah bingung mau ganti gawai…

  5. Pak HSW, apakah dgn melakukan “pinjaman tangan” garansi tetap berlaku? Setau saya mulai Samsung Galaxy S4 itu sdh support LTE hanya yg garansi resmi Indonesia baru S6 yg sdh bisa LTE. Itu contoh aja,mungkin msh ada tipe2 dari merek lain yg jg begitu. Sebenarnya peraturan pemerintah soal TKDN agar ponsel ygmasuk Indonesia itu tdk full manufaktur luar negeri tp msh ada komponen dari dalam negeri. Mungkin ini yg bikin oneplus two gagal masuk Indonesia. ( Sorry agak panjang)

    Thx

    1. Pak Djunaedi,

      Normalnya “pinjam tangan” akan menghanguskan garansi ya. Kecuali, ada hal-hal yang bersifat khusus.

      1. share pengalaman waktu hunting xiaomi dulu spv/tehnisi tokonya bilang kalau “pinjam tangan” secara software selama ngak buka segel garansi masih aman (tdk ketahuan)… sebelum kirim ke SC diamankan dulu dgn di flash ulang atw dibuat brick sekalian, jadi pihak SC terpaksa flash ulang… tapi sya ngak jadi, pilih ambil pureshot di gallerynya langsung. nambah wawasan baru soal TKDN, istilah baru “pinjam tangan” “bermain cantik” aman/boleh asal ngak ketahuan… (ya, iyalah…), hati-2 pak Herry nelusurinya, wajah selfie anda sdh ada di gawai display toko-2…. wkwk.. maaf oot

  6. Yes banget.
    Pengalaman pribadi nih di note 4.
    Tapi saya setuju aja sih pak, biar makin banyak hp bagus yg bisa masuk resmi lah. Ga terbatas pada merk besar yg sudah punya pabrik disini. Hehehehe

  7. sepertinya akan menarik pembahasannya Ko.. ya semoga saja peraturan dibuat untuk di tegakkan.. bukan untuk dilanggar ataupun diakali..

  8. Wah, tampaknya misteri birokrasi selalu nyelip di mana saja, terutama yang menyangkut bisnis. Lihat saja permainan oknum anggota DPR yang “lihai” untuk “jual-beli” proyek pemerintah. Kucing-kucingan pun harus dilakukan, terakhir kasus proyek di Irian Jaya. Ah, kok ngelantur sampai proyek besar. Terbawa oleh cerita Om Herry SW. Moga-moga saja sangkaan ini tidak benar.

  9. Nah ini q juga bingung ko herry, kemarin beli Lenovo dikardus bagian depan tertulis Lenovo A7000, dikardus bagian belakang tertulis tipe Lenovo A7000-a, ku tanya via Twitter ke akun @LenovoMobileID apakah tipe A7000-a itu termasuk A7000plus atau A7000se, dijawab bahwa cuma A7000 biasa, bukannya A7000 biasa itu spesifikasi nya layar HD, cpu 1,5 ghz, kamera 8mp, internal memori 8gb, sedangkan A7000-a jelas tertulis spesifikasi nya d bagian belakang kardus layar full HD, cpu 1,7 ghz, kamera 13mp internal memori 16gb..dkardus bagian dalam ada tertulis A7000 plus ID, di screen protector hp saat pertama dibuka jg tertulis Lenovo A7000plus.. Jd bingung saya ??

    1. Pak Bana,

      Tak usah bingung. Panduannya sederhana saja. Perhatikan resolusi kamera belakang dan memori internalnya. Kalau 13 megapiksel dan 16 GB, berarti ponsel Anda Lenovo A7000 Special Edition alias A7000 Plus.

  10. Pak HSW, maaf diluar topik

    Seandainya meizu m2 sudah tanpa kutu2 yang disebut pada review bapak dulu, apakah meizu m2 layak dipinang?

    Makasih sebelumnya pak

  11. Galaxy Note 4 resmi blum bisa 4G, Om?? Gila juga ya dengan spesifikasi dan harga setinggi itu belum 4G. Untung saya jadinya ambil LG G3.

    1. Pak Anjar Fandrianto,

      Benar, standarnya Galaxy Note 4 bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia belum mendukung layanan 4G LTE.

  12. Everyone knows it kok ko herry.
    Saya importir (bukan hp) ,mereka mewajibkan Sni. Tp banyak celah yg bs dijalankan dengan uang tertentu.

    Yaa gt lah indonesia. Mentalnya memang belum berubah menyeluruh.

  13. bung HSW

    Harga smartphone huawei kok mahal ya?
    apakah style penjualan huawei mirip dengan oppo yakni si penjual dapat bagian Rp 1jt per-unit produk yang laku terjual?
    trima kasih

    1. Pak Yoobee,

      Huawei tipe apa nih? Saya lihat mereka berusaha masuk ke segala rentang harga, mulai dari Rp 799 ribu sampai Rp 9 jutaan. Gaya penjualannya beda dengan Oppo.

  14. Keren pak Investigasinya, melebihi ulasan media gawai mainstream yang bisanya cuma review produk tanpa menilisik lebih jauh. Pasar gawai di Indonesia memang gurih makanya banyak cara dan taktik sering digunakan oleh produsen untuk mengakali regulasi. Regulatornya sendiri sering tergagap-gagap mengikuti perkembangan teknologi…..Tuh contoh paling nyata kasus layanan di atas layanan yang diblok provider besar, contoh regulasi tidak bisa ‘keep-up’ dengan teknologi. Nulis terus pak biarpun resikonya tidak di undang lagi sama produsen pas launching produk baru πŸ˜€

  15. Salam HWS.

    Hisence bknnya merk AXIOO.
    itu bknnya producknya masih kurang baik dari segi perfome sampe kamera. Karena saya sudah lihat live demonya.
    Bagaimana menurut anda.

    1. Pak Adul,

      Tidak ada merek Hisence.

      Hisense dan Axioo adalah dua merek yang berbeda. Hisense adalah merek besar asal Tiongkok. Mereka bukan hanya memproduksi ponsel. Televisi, AC, hingga kulkas pun ada.

      Sementara itu, Axioo adalah merek asal Indonesia. Awalnya Axioo dikenal sebagai merek laptop. Mereka kemudian merambah ke ponsel.

      Kalau Anda sudah melihat live demo unit Hisense Pureshot dan merasa performa maupun kameranya kurang bagus, berarti standar bagus Anda adalah memakai ponsel high end berharga jual lebih dari Rp 5 juta.

  16. 1,9 jt pak?
    Hisense merk apa pak HSW… saya baru tau ini, awet ndak yah?

    Iya pak, utk yg review oppo itu sudah saya baca kemarin beberapa hari setelah saya beli. Agak gelo tapi, yasudahlaah..

    Oiya, itu bapak saya pilih oppo karena ada remote nya. Terus ada color os nya yg memberatkan saya juga untuk memilih mirror5.
    Awalnya saya juga pengin ngembari mirror 5 nya. Tapi setelah baca2 lagi, saya jadi penuh pertimbangan ini ‘-‘

    Hisense awet ndak pak? Hhe

    1. Pak Rizky Abey,

      Lha Hisense itu nama merek, Pak. Pureshot itu tipenya.

      Perilaku pemakaian tentu mempengaruhi tingkat keawetan juga. Satu hal yang pasti, Hisense bukan pemain kemarin sore. Saat saya menginap di sebuah hotel berbintang di Jakarta, televisi di kamar memakai merek Hisense lho.

      Oh Anda perlu remote control-nya tho. Ponsel LG dan Leagoo tipe tertentu juga ada kok.

  17. Oiya pak,
    Berikan saya opsi selain hisensse ya pak,, buat menimang dan berhitung.. hehe

    Sehat sejahtera selalu pak HSW

  18. Baru kali ini baca blog yg menginvestigasi kecurangn suatu produk,kita jdi semakin byk tahu sisi gelap bisnis gadget di ina.sehrusnya pihak2 dr postel membaca ulasan om,biar byk referensi utk menindak pihak2 yg melakukn cara2 kotor dlm bisnis ponsel.kebenaran hrus di tegakkn sampai kpn pun dan jgn prnh takut mngungkp kebenaran.

  19. Ini baru satu kasus awal. Menurut saya TKDN angat tidak mungkin direalisasi. Manufakture ponsel di dunia ada berapa sih? Merk yg banyak. Manufakturnya dikit om. Terus mengenai aturan TKDN yg krg jelas ya bakalan ndak ada dhe manufaktur yg mau bikin di indo…. Tunggu me dekati 2017 akan byk kasus kayak gini. Ponsel itu produk global ndak mungkin bisa nuruti kemauan 1 negara. Tunggu aja kematian 4g…. HSPA+ masih cukup koq utk org indonesia. Mmg mau download film 1 GB?

  20. mantap sekali pak henry untuk investigasinya, ini sebuah celah yang salah satunya menghambat industri dalam negeri.

  21. Jadi intinya karena ponsel ini belum memenuhi syarat TKDN ponsel 4G,
    jadi nggak berani mengklaim support 4G, padahal secara hardware sudah support ya ?

  22. Hahaha…bakal ada yg di pecat lagi d kementrian nih. Masak yg ngurusin hal kyk gini bloger. Orang kementrian kemana woy.
    Pak HSW mantab. Semoga sehat dan terus kritis.

  23. hmm.. gak heran sih pak. ini Indonesia.

    bahkan, proyek kereta cepat jakarta-bandung yg di tandatangani batu pertamanya oleh presiden saja bermasalah pak. PT yg sama bikin kereta cepat di Iran dg jarak yg lebih panjang justru lebih murah daripada harga proyek tsb di indonesia (padahal di Indonesia justru jarak lebih dekat). selisihnya mencapai 100 Trilyun Dollar pak.
    Di korupsi kemana tuh uang segunung?
    Masak pemerintah gak tahu selisih tsb?
    Padahal hutang Indonesia udah nambah ribuan trilyun dollar di era skarang, bikin miris.

    Jadi saya gak heran kalau masalah hp 4G “gak jelas” marak di indonesia

    1. Pak Eko,

      Soal kereta api, saya tak bisa berkomentar banyak karena tidak mengetahui detailnya dan itu sudah tergolong pembicaraan OOT banget. Pemikiran saya selama ini, mungkinkah hal itu terjadi karena perbedaan harga tanah dan kondisi geografis? Kalau saya tak salah ingat, perjalanan kereta api dari Jakarta ke Bandung yang selama ini ada harus melewati banyak jembatan. Nah, membangun jembatan kan tidak murah.

  24. Pak HSW …

    Beberapa minggu lalu kan gua beli G8 tuh, pas beli katanya cuma support 3G doank. Nah.. karena gua penasaran harga segini masa ga bisa 4G gua tanya-tanya deh ke service center-nya bisa ga di unlock biar jadi 4G gitu. Eh… SC malah di bilang kalau ini memang cuma bisa 4G. Nah loh kok… Kalau bisa 4G bisa kasih tahu cara unlock-nya ga?

    Makasih

    1. Bu Silvia,

      Jadi, kata service center Huawei, G8 malahan cuma bisa 4G? Nah, apakah Anda sudah berhasil menikmati 4G LTE via ponsel itu?

  25. Tp aneh jg kan om.. HP bagus bnyk yg ga jd masuk Indonesia Karna masalah perijinan. Contohnya oneplus 2. Ato zuk z1 yg gagal om review kemaren. Sementara HP tersebut yg bm ato dengan sebutan garansi distributor tetap beredar. Kan sama aja merugikan konsumen om. Sekali2 om kritik dirjen postelnya dong. Kali aja d dengar hehe

    1. Pak Wibi,

      Tidak aneh sih. Lha produsen memang gagal memenuhi peraturan yang berlaku.

      Yang garansi distributor itu biasanya “kreatif” dengan menggunakan perizinan ponsel lama bernama mirip. Regulator kini sudah mengetahui modus tersebut. Saya sendiri berharap dilakukan razia besar-besaran.

  26. Pak Herry, industri komponen hp di indonesia seperti battery, layar lcd, chipset, casing itu apa ada? kalau belum ada paling mentok tkdn palingan bisa rakit dan aftersales saja.

    1. Pak Yuwono,

      Baterai, layar, dan casing ada. Untuk casing, pada 1990-an malahan sudah ada yang memasok untuk produsen ponsel merek global. Kalau chipset, setahu saya, belum ada.

  27. Ko Herry. Sorry OOT mau nanya nih.
    Saya berencana membelikan HP untuk mama saya. Budget di kisaran 1,5-2,5juta. Saya bingung antara 3 gawai nih yaitu Xiaomi Redmi 2 Prime , Infinix Note 2 atau Hisense Pureshot. Penggunaan hanya untuk chat (Whatsapp & BBM) sama facebook sih paling juga dipake foto-foto dikit dan digunakan dalam jangka yang lama. Menurut Ko Herry mana nih yg paling worth? Kalo Hisense Pureshot dijual di gallery Smartfren gak sih Ko? Thx

    1. Pak Ivan,

      Ambil Pureshot saja.

      Pureshot tersedia di Galeri Smartfren. Namun, bila di kota Anda ada pusat perbaikan resmi Hisense, saran saya, mending beli di sana. Harga memang sama dengan dengan di Galeri Smartfren. Namun, Anda memperoleh dua bonus:
      * Jelly case orisinal. Gratis. Kalau beli terpisah, aksesori itu dijual Rp 99 ribu.
      * Mendapatkan perpanjangan masa garansi setengah tahun. Jadi, total Pureshot Anda digaransi resmi 1,5 tahun.

  28. Pernah suatu ketika berada di mall dunia gadget, sebut saja roxy :-p banyak toko-toko yang mendadak tutup padahal masih siang. Karna penasaran, ane nanya ama sama salah satu toko, “kok tutup mba? kan masih siang.” Jawabnya singkat, “mau ada razia dari dinas mas.” Jangan-jangan yang mereka takutkan gara-gara kasus beginian kali ya ? *masih penasaran*

  29. Waduh” semakin terkuak jg ni cara” licik vendor” gawai yg jualan di indonesia kedepannya apa lagi nih yg bakal masuk redaksi ponsel mu karena mengelak dr aturan TKDN… mnrt saya Sangat aneh huawei salah satu produsen ponsel terbesar di dunia sekaligus pemain besar jg di dunia jaringan wireless dan jg pencetus network generasi ke 5 yaitu 5G masa gawai seharga hampir 10jt blm support 4G… bnr” keterlaluan kalo tujuannya hanya mengeruk rupiah sbesar2nya di indonesia dg bermain “cantik” sperti ini… saya mendukung pak herry untuk menguak sisi gelap dr industri gawai di indonesia ini pak herry… biar kami para konsumen mendapat produk yg layak sesuai harganya.

  30. Koh herry, kenapa ya klo pake 4G malah boros kuota, padahal sama 3G kan cm beda speed. Misal, liat video youtube yg sama, klo pake 3G habis 30mb, lah klo pake 4G koq bisa lbh banyak makan kuota?

    1. Pak Roni Sanjaya,

      YouTube biasanya akan menyajikan video dengan memperhatikan resolusi layar dan kualitas koneksi. Kalau ingin video yang sama menghabiskan kuota yang sama di jalur 3G maupun 4G, di menu pengaturan Anda jangan memilih otomatis. Sebab, kalau dibiarkan otomatis, bukan mustahil saat berada di jalur 4G, YouTube akan otomatis memutar video beresolusi tinggi.

  31. Berdasarkan update 1 Februari, masalah produk Huawei ini sudah clear karena sertifikat disahkan sebelum TDKN ditandatangani. Kalau seandainya sertifikat Huawei ini disahkan setelah TDKN ditandatangani, saya justru melihat ini sebagai “kecerdikan” Huawei untuk mencari celah dari peraturan.
    Walaupun ponsel yang mereka jual secara hardware mendukung 4G, mereka mengunci ponsel agar hanya jalan di 3G alias tidak terkena aturan TDKN, semua promosi juga menyatakan produk 3G, spek kardus juga menyatakan 3G, bahkan admin fanspage juga menyatakan 3G, dalam artian perusahaan menggambarkan produknya memang murni ponsel 3G.
    Kalaupun akhirnya ada sebuah cara untuk mengunlock 4G (dan resep itu mungkin juga dari teknisi Huawei sendiri yang disebarkan ke penjual toko), itu adalah celah yang seharusnya menjadi PR bagi regulator untuk menutup celah ini jika memang hal ini ilegal, entah dengan mengubah peraturan ataupun melarang ponsel 4G yang fungsi 4G nya di lock.

    Kemudian maaf sedikit menyimpang pertanyaannya, untuk ponsel yang berharga dibawah 2 juta dan mendukung jaringan 4G di 850, 1800, 2300, ponsel apa saja yang tersedia selain Hisense Pureshot?

  32. Pak,bolehkah minta rekomendasi beberapa toko handphone di Surabaya yang terpercaya,terbaik pelayanannya,dan harga bersaing…?
    Makasih Pak…

    1. Pak Chandra,

      Harga bersaing yang Anda maksud adalah murah atau, bahasa Jawanya, gak nggepuk?

      Kalau murah, jawabannya tidak ada. Kalau gak nggepuk, boleh coba ke Garuda Teknik, Sentra, Peace Cell, dan G Shop. Semua ada di WTC. Kalau di Marina, boleh coba mampir ke Insight Technology dan Cititech.

  33. maaf pak mau tanya.. sony xperia z3v masih di jual di indonesia gak? minat banget nih sama spesifikasi dan harganya.. terus kenapa harga sony xperia z3v sama sony xperia z3 terpaut sangat jauh?

    1. Pak/Bu Eka Ria,

      Xperia Z3v tidak pernah dijual resmi di Indonesia deh. Di mana Anda pernah melihatnya? Berapakah harganya?

  34. Sory nih om oot.. Ada rencana review oppo ga? Kayanya seri 7 lg booming. Kemaren sempat nyobain r7s pas pameran d daerah saya. Sepertinya oke

    1. Pak Wibi,

      Oppo? He… he… saya takkan me-review-nya selama cara berjualan Oppo masih tidak jujur dan cenderung mengelabui konsumen.

    1. Pak/Bu Eka Ria,

      Lain kali sabar ya. Saya memang melayani konsultasi ponsel, tetapi saya bukan layanan hotline 24 jam. Saya perhatikan jarak antara pertanyaan pertama Anda dan yang kedua ini kurang dari empat jam.

  35. Pak herry, saya mau bertanya
    Manakah yg lbh baik diambil
    Zenfone 2 deluxe ram 4gb klo ga salah 3.1 jt
    Zenfone selfie ram 3gb klo ga salah 2.9 jt

    Jarang main game, main cm game2 kecil
    Butuh kamera yang bagus, depan belakang
    Sering buka dokumen office
    Baterai bisa untuk seharian sekitar 10-12 jam

    Thank you pak

    1. Pak Jem,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 Deluxe. Namun, intinya ponsel itu sama dengan Zenfone 2 kok. Silakan langsung dicoret. Jangan dibeli.

      Zenfone Selfie saya belum pernah coba. Jadi, belum bisa komentar.

  36. Pak Herry,
    Saya ada rencana mau beli Hp dgn ciri2:
    1. Harga 5jt kebawah
    2. Layar diatas 5.5 inc
    3. Kamera OK punya
    4. Body menarik / Metal
    Saat ini saya jatuh kepilihan Lenovo Vibe P1 Turbo, klo menurut Pak Henry bagaimana Hp tersebut, atau Bpk punya usul lain.
    Terima Kasih Pak sebelumnya.
    Daniel

    1. Pak Daniel,

      Ehmm… di atas Anda menuliskan Herry, sedangkan di tengah-tengah Henry. Anda sebenarnya mau bertanya kepada siapa ya? πŸ™‚

      Kalau Herry, saya coba jawab. Kalau ternyata Henry, kita nantikan jawaban dari Pak Henry. He… he… he….

      Dengan kriteria yang Anda sebutkan, untuk sementara tak ada yang memenuhi persyaratan. Yang memenuhi poin nomor 2, 3, dan 4, tetapi harga lebih dari Rp 5 juta adalah Huawei Ascend Mate7. Review-nya bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-huawei-ascend-mate7-laris-manis-andai-beda-satu-hal/

      Di poin nomor 2 Anda menuliskan “layar di atas 5,5 inci”. Saya menerjemahkannya sebagai “layar lebih besar dari 5,5 inci.” Bila benar demikian, berarti Vibe P1 Turbo tidak memenuhi syarat. Sebab, bentang layar ponsel itu tepat 5,5 inci.

  37. bang herry, jika kita selalu memakai smartphone hingga kehabisan daya, setelah itu baru di charge, adakah efek buruk nya bagi smartphone..?
    By the way.. makasih atas saran dr bg herry untuk kalibrasi baterai, sekarang indikator baterai infinix hot note saya udh normal..

    1. Pak Roni Pedisa,

      Sebaiknya jangan sampai kehabisan daya banget, Pak. Kalau low batt sih tak masalah. Bila sering kehabisan total, khawatirnya charger bawaan ponsel nggak kuat “ngangkat” daya baterai.

      He… he… saya malahan lupa pernah memberikan saran itu. Maklum, setiap hari ada banyak pertanyaan masuk. Dulu Anda tanya di mana ya?

  38. Pak Herry,
    Maap salah ketik namanya hahaha…, soalnya ga bisa di edit…
    Klo untuk layar diatas 5.4 inch (berarti 5.5in masuk dong :D) ada usul Pak harus ambil yg mana? Menurut Bpk gimana dgn Hp Lenovo bagus ga ya, khususnya Lenovo Vipe P1 Turbo.

    Tq Pak Herry

    1. Pak Daniel,

      Benar. Kalau Anda menuliskan “layar di atas 5,4 inci” atau “layar minimal 5,5 inci”, berarti ponsel dengan bentang layar 5,5 inci masuk dalam kriteria.

      Saya belum pernah mencoba Vibe P1 Turbo. Lha wong sekarang masih dalam tahap pre-order.

      Kalau Vipe P1 Turbo seperti yang Anda ketikkan, saya malahan tak pernah tahu. He… he… he….

  39. saya nanya nya di laman review infinix hot note X551, yg judul nya kalo ga salah “dua jempol untuk ketahanan baterai……” . Dan review itu salah satu alasan saya beli infinix X551… dan itu jg pengalaman pertama saya online shop…

  40. Maaf oot pak Herry. Saya ada hp Lenovo A2010, ponsel tersebut sudah mendukung 4G dan katanya sudah diproduksi di Indonesia (memenuhi TKDN). Namun ketika saya cek, ternyata bukan dibuat di Indonesia. Apa karena A2010 saya termasuk batch awal ya, sehingga masih impor ?

      1. Owh, gitu pak

        Terus waktu itu saya iseng cek jaringan 4G, ada operator terdeteksi dengan nama 51028 4G. Itu operator apa ya pak ?

  41. Hmm.. Ane jd paham kenapa pas ane beli Honor 6 Plus blm bs 4G padahal pas preorder disertakan SP XL 4G. Setelah ane coba update lollipop pake firmware luar, nongol dah 4Gnya.

    1. Pak Fandi, untuk firmware luar yg dipakai untuk honor 6 plusnya menggunakan region/negara mana ya pak?
      Sebab saya mengalami hal yang sama tidak bisa 4g.

      1. Ane pake region hongkong. Ada user yg udah pernah coba pake region macam2 negara. Agan coba aja gabung d grup FB Huawei Forum Indonesia. Agan seacrh berbagai postingan alex saputra, dia yg udh coba banyak. Innget, agan jangan malas search dan baca dlu, baru deh tanya.

  42. Maap pak melenceng dari produk huawei tapi masih kasus yang sama..

    Kejadian di HP OPPO F1, untuk bisa unlock harus memasukan kode dahulu yaitu *#3921234#..apakah kejadiaannya sama seperti huawei??

    1. Pak Yokko,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Oh, F1 juga harus memasukkan kode tertentu dulu ya. Berarti, kasusnya mirip-mirip deh.

  43. Salam Mas HSW,

    Berdasarkan contoh pengalaman Huawei ini, kira-kira bagaimana kemungkinan Xiaomi Mi5 4G masuk resmi ke Indonesia?

    Sukses terus buat Ponselmu.com

  44. Maaf pak, ini saya mau beliin adik cewek saya. Rencana awal mau bli huawei g8, trus trselamatkan oleh artikel bpk, gk jd bli deh. Trus alternatif lg skrg mau beli lenovo vibe p1 turbo, apa bagus? Pngnx saya beliin yg softwarex gk usah di oprek2 lg, n garansi bagus

  45. pa herry saya juga punya pengalaman memakai handset lg magna khusus indonesia, pas saya menginstal myxl saya melihat peringatan bahwa handset yang saya pakai sudah kompatibel 4g, apakah sepertinya ada trik khusus untuk mengaktifkanya?

    1. Pak Noah,

      Mestinya tak ada trik khusus. Lha hardware LG Magna yang beredar resmi di sini memang tidak mendukung 4G LTE kok.

  46. pa herry, bagaimana menurut anda Huawei Y8? sy lirik buat ponsel cdangan yg bisa 4g, garansi terjamin, buat browsing, chat, dan sosmed, klo urusan kamera sy percayakan Mi4i. layakkah? makasih sblmnya.

  47. pa herry, maksud saya huawei y6, pantaskah buat dibeli bagaimana menurut anda Huawei Y6, sy lirik buat ponsel cdangan yg bisa 4g, garansi terjamin, buat browsing, chat, dan sosmed, klo urusan kamera sy percayakan Mi4i. layakkah? makasih sblmnya.

  48. Saya sudah beli g8 dan sudah di unlock 4G pegawai toko nya…sayang software dan cara instalnya disembunyiin..belum dibagi datanya…

    1. Pak Nendra,

      Terima kasih atas informasinya. Boleh saya tanya beberapa hal?
      1. Kapan Anda membeli G8 itu? Di kota mana?
      2. Kira-kira berapa menit waktu yang dibutuhkan pegawai toko untuk meng-unlock 4G ponsel itu? Kalau kurang dari lima menit, berarti ada jurus baru yang perlu dicari tahu nih. πŸ™‚

    1. Pak Nendra,

      Terima kasih atas informasinya.

      Hmm… kalau sesingkat itu, saya menduga ada jurus unlock 4G LTE pakai kode nih. πŸ™‚

  49. Oh yah pak..saya mau menanyakan juga..tapi kenapa micro sd saya 64G selalu tergerus sampai saat ini tinggal 6G ??apa ada efek dari sistem 4g yg di instal??

    1. Pak Nendra,

      MicroSD 64 GB tersisa 6 GB saja? Mestinya tak ada hubungan dengan 4G-nya. Apakah Anda menyimpan banyak sekali file multimedia? Kalau tidak, coba microSD-nya diformat dulu deh.

  50. Salam kenal pak Herry SW.
    Saya baru “tertipu” beli huawei mate s 3hari lalu. Sebelumnya saya user mate7 yg waktu beli 2014 akhir belum ada layanan 4G di indonesia. Pada saat permulaan layanan 4G pun mate7 belum dapat digunakan di jaringan 4G operator indonesia.
    Pada saat ada update ke lollipop, baru 4G nya berfungsi. Makanya saat beli mate s 3hari lalu dgn penuh keyakinan tanpa check ini itu, sehari sehari ubek ubek, dan nyerah telpon customer service dapat penjelasan mate S belum support 4G.
    Luar biasa…handset 9jt kurang seribu belum 4G.

    Kalau pak Herry ada update terbaru atau tips unlock 4G mate S mohon di share..terima kasih

  51. Terimakasih sebelumnya untuk ponselmu.com atas artikelnya. saya baru baca hari ini sedangkan saya sudah membeli Huawei G8 desember tahun lalu hikz :'(
    saya baru tahu saat saya penasaran hingga saat ini kok G8 saya di notif sinyalnya masih 3G aja ya? kemudian saya pergi ke gerai center IM* untuk mengecek kartu SIM saya sudah mendukung 3G atau tidak, tapi setelah dicek kartu saya sudah mendukung 4G hingga pada akhirnya saya curiga dengan G8 saya ini.
    Jadi bagaimana caranya ya agar G8 saya ini bisa di-unlock ke 4G? :'(
    mohon bantuannya

  52. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas artikel yang membantu ini.
    Sedikit “curcol”. saya telah membeli Huawei G8 pada Desember tahun lalu, sampai saya mengecek kartu SIM IM* saya sudah mendukung 4G atau belum. setelah dicek kartu SIM saya sudah mendukung 4G, tapi kenapa notifikasi sinyalnya masih 3G ya? hingga saya baca artikel ini dan saya baru tahu sebab-akibatnya :'(
    Pak Herry, saya juga dari Surabaya. kira-kira bagaimana ya caranya untuk unlock G8 saya agar kompatibel dengan 4G? atau ke service center mana yang dapat membantu agar G8 saya ini bisa 4G? Marina atau WTC?
    Terimakasih pak Herry, mohon sarannya.

    1. Pak/Bu Nanda Fahrizal,

      Biasakan mengirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Jangan berulang.

      Sudah saya jawab di bawah pertanyaan terdahulu. Saya tak yakin service center Huawei saat ini berani terang-terangan melakukan unlock.

  53. Mohon maaf pak Herry karena saya kira pesan pertama saya tidak terkirim karena sambungan internet yang tiba-tiba putus.
    Saya ucapkan terimakasih kembali. Saya telah mengunduh update firmware yang anda sarankan. Kemudian saya mencoba membukanya dengan aplikasi seadanya yaitu pratinjau arsip, namun dengan waktu yang sangat lama. Kira-kira pakai aplikasi apa untuk membuka update nya agar lebih cepat ya pak? Terimakasih.

    1. Pak Nanda Fahrizal,

      Oh begitu tho ceritanya.

      Oh, cara bukanya tidak bisa sekadar klik begitu. Perlu tahapan yang agak panjang dan teknis. Kalau Anda akan melakukannya sendiri, coba tanya Om Google dengan kata kunci “how to flash Huawei G8”.

  54. mohon maaf pak Herry kalau banyak tanya, hehe.
    Saya sudah menyelesaikan update firmware nya. Namun ada sedikit masalah, kenapa kartu sim saya tidak bisa terbaca ya? Dan pilihan jaringan selularnya tetap tidak ada pilihan mode lte ?
    Trmksh.

  55. Sudah dan hasilnya tetap. Kalau boleh tau pak Herry menggunakan paket firmware yang mana ya?
    Apakah update 4.0 malaysia itu?

  56. Terima banyak pak Herry. Sekarang saya sedang download lumayan 1,5gb dan langsung sekalian update ke loliipop juga. Semoga berhasil. Dan kalau ada kesulitan masih boleh ya pak tanya tanya

  57. Mantap gan artikelnya…

    Gan saya terlanjur nihhh sudah beli hp huawei y6 nah saya lihat di pengaturannya dan buka lalu lintas data disini ada 4g dipakai maksudnya dari ini apa ya? mungkin menurut saya hp huawei y6 sudah 4g tapi harus di unlock dulu gituh? Apa betul gitu gan? Dan kalau harus di unlock supaya bisa 4g itu gmn ya gan caranya? Mohon pencerahannya gan? Plisss??

    1. Pak RikyF,

      Oh tanya kepada saya tho. πŸ™‚

      Jadi ceritanya begini:
      * Tahun lalu Huawei Y6 dengan RAM 2 GB sebenarnya memiliki spesifikasi yang mendukung 4G LTE. Namun, karena Huawei belum memenuhi regulasi yang berlaku, fitur itu disembunyikan dan baru akan diaktifkan diam-diam saat ada konsumen yang memintanya.
      * Tahun ini ponsel yang sama telah memenuhi regulasi yang berlaku. Jadi, fitur 4G LTE-nya sejak awal langsung aktif.

      Dikaitkan dengan cerita Anda, kapan Anda membeli ponsel itu? Kalau tahun ini, ya wajar. Kalau tahun lalu, berarti si penjual berbaik hati diam-diam mengaktifkannya tanpa diminta.

  58. Iyaa saya tahun ini pak hery beli ponselnya,
    Berarti ponsel saya memang tidak bisa memakai jaringan 4g ya pak? Terimakasih atas sarannya pak hery sw sukses terus ponselmu.com

    1. Pak RikyF,

      Kalau Anda belinya tahun ini, justru fitur 4G LTE-nya sudah siap pakai deh. Tak perlu unlock-unlock-an lagi. Apakah Anda sudah memakai kartu 4G LTE dan berada di area 4G LTE?

  59. Iya sudah pak hery sw saya sudah memakai kartu simpati dan indosat di area 4g lte tapi tetap saja pak tidak bisa, apa memang tidak bisa ya pa hp saya huawei y6 yg ram 1 gb tidak bisa 4g tapi saya lihat di laman resmi huawei sudah fdd lte

    1. Pak RikyF,

      Lah… kata kuncinya baru Anda informasikan sekarang. Kalau Huawei Y6 Anda yang RAM 1 GB, ya memang tidak bisa 4G LTE.

  60. Dan saya lihat di akun facebook resminya huawei memang tidak bisa 4g utk tipe saya tapi setelah saya menanyakan 4g dipakai di lalu lintas data pihak huawei pun tidak membalas pertanyaan saya mungkin saya mengira ada keganjilan sepertinya hehe

    Maaf pak hery sw ini lanjutannya

  61. Terima kasih sekali lagi kepada pak Herry SW atas info nya.
    Mate S saya sekarang sudah bisa 4G dan langsung upgrade marshmallow.
    Tapi memang agak sulit seperti bapak billing, tidak download klik selesai begitu saja.
    Harus download dari laptop atau tablet Windows.
    Pertama kali saya download langsung dari handset tidak ada menu untuk meng copy ke micro sd.
    Jadi diperlukan micro sd yg minimal class 10, lalu di format dulu, setelah itu file update harus di unzip baru di copy ke micro sd.
    Ada keterangan sih masuk ke *#*#2846579#*#* ally call, dan masuk ke software upgrade sd card.
    Proses upgrade nya sebentar cuma beberapa menit, tapi seremnya selesai upgrade ada notifikasi failed.
    Cuma ini yg aneh bin ajaib, setelah klik pencet tombol power sesuai petunjuk, handset akan reboot.
    Dan upgrade berhasil.
    Hanya memang pilihan region dalam setting Indonesia hilang, yg lain singapore malaysia ada.
    Sulit memang kalau dikerjakan sendiri. Saya coba tanya ke huawei service dan toko toko yg biasa terima upgrade software semua nggak mau resiko.
    Dan ada kelemahan di wifi+, sehingga waktu signal wifi tidak segera pindah ke data service network.
    Saya sempat factory reset 1 kali karena pertamanya google play nya nggak jalan.
    Segini dulu, semoga bisa membantu teman teman sesama pengguna mate S, dan terutama salam dan terima kasih kepada pak Herry SW.

  62. Sedikit tambahan bagi yg mau upgrade cari ini, sebaiknya di back up dulu, karena selesai upgrade jadi habis bersih tanpa data, seperti hape baru keluar dari kardus

  63. Haloo Pak Herry,
    Ikut gabung ya, saya juga sudah unlock 4G dengan firmware malaysia menggunakan cara pak Himawan, cukup memuaskan.
    aya mau tanya dong Pak Herry, setelah flash kok di about phone tulisan Custom Version sama Certificate tidak muncul ya, apa karena beda penggunaan negara firmwarenya ya?

  64. Dear Pak Herry,

    ikut bergabung, saya pengguna huawei G8 sekarang saya sudah menggunakan 4G dengan memakai cara Pak Himawan, dengan menggunakan firmware malaysia,
    Proses berhasil dan sekarang saya sudah bisa menggunakan jaringan data 4G.
    saya ingin tanya , kenapa setelah menggunakan firmware malaysia tulisan custom version dan certificate pada about phone menghilang ? apakah mungkin ini karena menggunakan bukan firmware resmi dari negara asalnya ya,

    1. Pak Dicky,

      Saat beli tidak minta diaktifkan sekalian oleh penjual?

      Kalau tidak, berarti Anda perlu mengganti ROM ponsel itu dengan ROM Malaysia. Bila Anda tak memahami detail caranya, saya menyarankan Anda menggunakan jasa teknisi ponsel.

  65. Tambahan Pak.Heri, Satu lagi, bagi bagi yang pegang huawei G8 jika mau 4G jangan menggunakan yang marshmallow ya, pakai yg versi lolipopnya aja yng punya malaysia,,namun walau sudah bisa di gunakan 4Gnya , ada tulisan customversionnya hilang di aboutphone sudah tidak terlihat lagi. Saya juga ga tahu fungsinya untuk apa customversion itu. Masih itu resiko yg didapat setelah pakai Rom.malaysia. 4Gnya lancar bgt kok, tergantung lokasi juga ya.

  66. Maaf numpang nanya pak herry. Sy beli hp huawei y6, sy browsing di internet katanya jaringannya sdh 4G, tp sy liat jaringannya msh 3G. Apa mesti di setting dl biar muncul 4G nya. Mohon petunjuknya pak herry. Makasih.

    1. Pak Taslim,

      Boleh tahu dulu Huawei Y6 yang Anda beli itu yang RAM 1 GB atau 2 GB? Sebab, jawabannya akan berbeda.

  67. Maaf mau Tanya pak hery HP saya huawei stream S Sudah mendukung 4g kuota 4g Dan dikota saya juga Sudah ada 4g tapi kok kuota 4g saya ga bisa digunakan ya?pas mau aktifkan data roaming diketerangan LTE only in Japan ITU bagaimana ya?

    1. Bu Astri Suhartinah,

      Coba periksa spesifikasi detail ponsel Anda. Saya curiga spesifikasi LTE-nya tidak sesuai dengan kondisi jaringan di sini.

      Asal tahu, meskipun tipenya sama, spesifikasi ponsel yang beredar di negara A belum tentu sama dengan yang dijual di negara B dan C.

  68. Pak herry udah pernah unlock dengan dcunlocker blm? Sepertinya ponsel huawei project locknya dengan dc unlocker deh, krn dc unlocker tahu project menu huawei seperti contoh masuk project menu huawei codenya *#*#2846579#*#* , unlock disini mksdnya untuk unlock 4G selain dengan install pakai rom malaysia

    1. Pak Fadil,

      Huawei Y6 yang beredar resmi di sini ada tiga macam.
      1. Y6 – RAM 1 GB.
      2. Y6 – RAM 2 GB yang tidak diakui bisa LTE.
      3. Y6 LTE.

      Nomor 1 memang tak bisa 4G LTE. Sedangkan yang nomor 2 dan 3 bisa 4G LTE.

  69. Maaf pak saya mau tanya gimana caranya huawei y6 saya ko g bisa dapat sinyal 4G ,saya pake kartu indosat ooredoo
    Sudah d kutak katik di pengaturan ttp g bisa, mohon bantuannya trims

  70. Pak Henry tolong tanya,saya pakai huawei p8 (bukan p8 lite),gimana caranya agar saya bisa memakai kartu smartfren d hp saya?terima kasih

  71. Maaf,salah nama Pak,Pak Herry tolong tanya,saya pakai huawei p8 (bukan p8 lite),bagaimana caranya agar kartu smartfren bisa digunakan untuk telepon dan internetan?soalnya waktu saya masukkan ke p8 tidak ada signal dan tidak bisa kebaca kartu smartfren,terima kasih sebelumnya Pak,maaf atas kesalahan namanya ?

    1. Pak Adi,

      Saat dulu menggunakan P8, saya tak pernah coba memadukannya dengan nomor Smartfren. Jadi, saya tidak tahu bisa atau tidak. Kalau mau coba, berikut langkah-langkahnya:
      1. Masukkan kartu 4G LTE Smartfren ke selot SIM1. Kartu Smartfren-nya harus yang sudah mendukung 4G ya. Tak boleh kartu Smartfren CDMA yang lama.

      2. Buat profil koneksi/network baru. Data yang perlu dimasukkan:
      * APN: Smartfren4G
      * Username: smartfren
      * Password: smartfren

      3. Lakukan pencarian jaringan secara manual dan arahkan ponsel untuk masuk ke jaringan 4G Smartfren.

  72. Assalamu alaikum..pak sya mau bertanya ,jadi sya beli hp huawei y3ii berapa hari yang lalu tipenya huawei lua u22..kata penjualnya jaringannya sudah 4g tpi kok sya pakai masih 3g..apa ada cara untuk merubah jaringannya menjadi 4g???

    1. Pak Kasmia,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Huawei Y3 II kan memang belum bisa 4G LTE. Jadi, biarpun diutak-atik, ya tetap takkan bisa dapat sinyal 4G LTE.

  73. Pak herry hp saya huawei Y6, saya pernah coba cek *#*#4636#*#* tapi ga keluar informasinya ya? Kira2 masalahnya apa ?

  74. Pak herry, bp pernah menyebutkan kalau huawei Y6 ada tiga variasi Y6 1G, Y6 ram 2G, dan Y6 LTE . sedangkan di situs resmi huawei ram 1 atau 2 sama2 bisa LTE. Sdangkan bp bilang Y6 1g tidak bisa 4G bp punya referensi darimana?

    1. Bu Ika Diah,

      Benar, ada tiga varian:
      1. Huawei Y6 dengan RAM 1 GB. Tidak bisa 4G LTE.
      2. Huawei Y6 dengan RAM 2 GB. Bisa 4G LTE dengan memasukkan kode tertentu.
      3. Huawei Y6 LTE. RAM 2 GB dan langsung siap dipakai 4G LTE.

      Referensi saya dari mana? Dari kondisi nyata di pasar.

    1. Pak Doniy,

      Terus terang saya lupa. Angkanya sih 5920, tetapi saya tak ingat kombinasi karakter di depan dan belakangnya.

  75. Punya saya awalnya 4Gnya keluar setelah di restart malah 4Gnya hilang, hpnya jadi ngelagan sekarang, itu kenapa ea gan kalo boleh tau.?

    1. Pak Mugi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Hmmm… kita coba nantikan kemunculan Gan ya. Setahu saya, di sini tidak ada Gan sih.

  76. Gan huawei y3 II tuh di luar sudah suport 4G tapi di indo di nonaktifkan,terus saya coba telvon marina sby tempat jual hp terbesar tuh katanya 40% di buat di indo,bisa di aktifkan 4Gx tapi xarax gimana??Soalx dari pihak marina tidak memberitahu carax??

    1. Pak Vian 12,

      Hmmm… kita nantikan kemunculan Gan ya.

      Btw, Anda berkali-kali menuliskan kata memakai huruf x. Misalnya, 4Gx, xarax, soalx, dan carax. Saya cari di Kamus Besar Bahasa Indonesia kok tidak ada ya.

  77. Selamat pagi pak..
    Mau tanya nih pak .. Kemarin saya beli hp HUAWEI SCL-U31 atau Y6 ya nyebutnya ..

    Di spek internet bisa 4G pak trus di dosbooknya juga mendukung 4G .
    Tapi setelah di buka dan di aktifkan 4G nya tidak jalan pak ??
    Seperti itu bagaimana pak ..
    Saya lagi mencari solusi ini pak ..
    Dan solusi terakhir jika tidak menemukan jawabannya saya akan datang ke gerai/galeri huawei malang untuk memperoleh penjelasan .

    Tolong ya pak

    Terimakasih.

  78. Saya membeli huawei y3 II, dulu ad yg blg bisa 4g ad yg blg gbs, dan ad yg blg kalo y3 II itu kalo di indo blm mendukung 4g,,
    dan waktu saya membeli ternyata gbs 4g, maks H+,, apa untuk huawei y3 II, ad proses unlock juga biar bs menikmati 4g?

    1. Bu Ririn,

      Huawei Y3 II yang beredar resmi di Indonesia ada dua macam:
      * LUA-U22. Ini cuma bisa 3G. Tak bisa di-4G-kan.
      * LUA-L22. Yang ini bisa 4G.

      Nah, punya Anda yang mana? Kalau yang pertama, takkan bisa 4G.

    1. Pak/Bu Ayas,

      Yang Anda maksud jaringan operator migrasi dari 3G ke 4G? Ya mungkin saja.

      Yang tidak mungkin itu ponsel yang komponennya hanya bisa 3G, kemudian suatu saat berubah jadi 4G. Itu mustahil.

  79. Salam kenal, HSW

    Begini sy beli huawei gr3 di erafone. sudah ada 4 bulanan dan belum ada kendala sampai sekarang. Sy penasaran kok beda edisi gr3 lokal dan import. Dan lebih bagus mana ?
    Pertanyaan yang lain apa keuntungan registrasi huawei ID

    Terima kasih
    Endra.

      1. Oke. Beda di design bodi belakang yg made in sidoarjo (sy pakai) ada fingerprint yang di web dijual dipasar luar negeri tanpa tambahan tsb.
        Tq pak hsw.

  80. y6 ii lte kenapa y gak bisa suport dg gsm smartfren ?
    padahal seri sebelumnya bisa suport.

    all: mohon pencerahannya.
    makasih

    1. Pak Pandi,

      Hmmm… ini mestinya ditanyakan ke petinggi Huawei. πŸ™‚

      Kalau spesifikasi hardware nggak cocok ya otomatis tidak support.

  81. Gan kok hape saya huawei T1 kok gak bisa buka kode *#*#4636#*#* masalahnya apayah di hp epercoos bisa aja tuh.soalnya saya mau coba ganti sinyal 3G KE 4G

  82. Selamat pagi Pak Herry
    Terima kasih atas review2 hp yang bapak tulis, sungguh sangat bermanfaat buat saya.
    Saya mau menyanyakan tentang aktifasi fitur 4G di Huawei G8. Saya baca salah satu posting dari Pak Herry di atas tentang bagaimana cara mengaktifkan fitur 4G waktu menjawab pertanyaan dari Sdr/Sdri Nanda Fahrizal, sebagai berikut :

    Herry SW
    July 22, 2016 at 13:25

    Pak/Bu Nanda Fahrizal,

    Silakan unduh ROM Huawei G8 Malaysia dari tautan berikut ini, kemudian pasangkan ke ponsel Anda.
    http://ponselmu.com/review-infinix-zero-3-serasa-ponsel-global-empat-jutaan/
    Dan… ponsel Anda akan bisa masuk ke jaringan 4G LTE.

    Waktu saya klik link tes ternyata masuknya ke review infinix zero 3. Mohon bantuanya untuk bisa memberikan link ROM Huawei G8 unutk aktifasi fitur 4G.
    Terima kasih Pak Herry….

  83. Terima kasih fast responnya Pak Herry,
    Kemaren saya coba upgrade huawei G8 dari lillopop ke marsmallow tetapi tidak berhasil, lalu saya tanyakan ke service center . Menurut petugas tsb Huawei G8 tidak bisa diupgrade ke marsmallow. Bukan tidak percaya sama petugas service center, tetapi saya mencari 2nd opinion kepada Pak Herry. Sekali lagi saya ucapkan terim kasih

    1. Pak Filfandra,

      Kebetulan saya belum pernah mencoba P8 Lite. Jadi, saya belum pernah menjajal cara mengunci 4G only di ponsel itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *