Mobil hingga Kabel Bercorak

Kompetisi antarpelaku bisnis power bank bukan hanya bersaing menawarkan produk murah atau berkapasitas besar. Supaya lebih memikat konsumen, power bank berdesain unik sesekali dihadirkan. Salah satunya, Hi-Rice H-5400.

Berbeda dengan mayoritas power bank yang berbentuk segi empat, tampilan fisik H-5400 mirip mobil sport. Di bagian depan mobil berwarna putih tersebut seolah ada dua lampu berwarna merah. Padahal, itu cuma pemanis yang tidak bisa menyala. Di bawah bodi terdapat sebuah lampu mungil yang dapat difungsikan sebagai lampu senter.

Hi-Rice H-5400

Sayang, H-5400 tidak dilengkapi roda. Andaikan dibekali roda, power bank berwujud mobil itu akan lebih sempurna. Di kala iseng, pengguna bisa meluncurkan H-5400 layaknya mobil-mobilan.

Mengacu pada informasi yang tercetak di bodi, baterai yang dibenamkan ke H-5400 berkapasitas 5.400 mAh. Konektor input dan output peranti itu mampu melewatkan arus listrik sebesar 1.000 mAh atau 1 Ampere.

Selama berhari-hari, penulis memanfaatkan H-5400 untuk mengisi ulang ponsel yang penulis gunakan. Hasilnya, penulis menduga keras spesifikasi yang tertulis tidak sesuai dengan performa sebenarnya. Dengan perhitungan manual, bukan memakai alat ukur khusus berakurasi tinggi, penulis memperkirakan konektor USB pertama di H-5400 hanya memberikan output sekitar 340 mAh. Sedangkan konektor USB kedua memiliki output sekitar 400 mAh. Sementara itu, kapasitas nyata H-5400 sekitar 2.750 mAh atau 51 persen saja dari yang tertulis di bodi.

Paket penjualan H-5400 menyertakan kabel yang bisa ditarik ulur (retractable) dan aneka konektor. Kabel bawaan itu terkesan ringkih. Kesimpulan akhir versi penulis, power bank yang saat ini dijual Rp 185 ribu hingga Rp 200 ribu itu lebih tepat dibeli oleh seseorang yang ingin memiliki benda unik. Bila yang dicari adalah power bank berkualitas prima, melirik power bank lain tampaknya lebih bijak.

Kabel polkadot

Tak hanya power bank yang hadir dengan desain unik. Kabel data ponsel juga mulai terkena pengaruh dunia mode. Bukti nyatanya adalah sepasang kabel data tanpa merek yang belum lama ini penulis cicipi. Kabel pertama berwarna kuning dengan motif zebra. Sedangkan kabel kedua bercorak merah muda polkadot. Masing-masing dijual Rp 39 ribu.

Kabel dengan konektor micro USB itu dapat difungsikan untuk melakukan transfer data maupun mengisi ulang baterai ponsel. Daya tahannya untuk penggunaan jangka panjang belum diketahui. Penulis hanya sempat memakainya sekitar seminggu. Selama rentang waktu tersebut, kabel itu terbukti berfungsi normal.

19 thoughts to “Mobil hingga Kabel Bercorak”

  1. pak herry sekalian test sanyo probox line up dong, kayaknya menarik tuh hehehe…
    mengingat nama besar sanyo dan harganya yang relatif terjangkau..

  2. om herry mau tanya kalo batrai dobel power untuk nokia di pasaran kan ada beberapa merk seperti merk vizz, unisco, f1, dll recomend yang bagus apa ya? trims

  3. output daya nya diukur pake apa pak? kalau saya biasanya pake multimeter clamp yg bisa untuk arus DC ampere

  4. Pak Gede,

    Beberapa merek yang Bapak sebutkan belum pernah saya dengar. Yang pernah saya coba dan memuaskan ada merek Neosonic dan Delcell. Merek pertama sudah almarhum, sedangkan yang kedua masih eksis.

  5. Pak Amen,

    Saya tidak menggunakan alat ukur khusus, melainkan melakukan perhitungan manual dengan memperhatikan persentase kenaikan baterai dan jangka waktu charging. Adakah alat ukur yang murah meriah, andal, dan mudah dioperasikan oleh pengguna awam seperti saya, Pak? Saya terus terang nggak paham ilmu elektro.

  6. Ia pak, itu powerbank.
    Harga kisaran tercantum yang 7200MaH : 419.000..
    Klo cari di kaskus dan bukalapak masih 470.000..

    Penasaran, soalnya saya pakai yang sanyo eneloop keluaran lama 5400Mah udah 1 tahun lebih masih bagus kondisinya..

    Saya cari dari google, dapet kontak distributornya pak, mana tau bisa dapat lebih murah :
    PT Internasional Teknokom Ciptakreasi
    phone: +6221 7022 6548

    Klo info tautan penjual terpercayanya belum dapat pak.. Makanya nanya bapak.. Maaf ya, pak herry..

  7. Ini power bank Probox yg banyak pilihan warna?
    Sebenernya bukan punya sanyo, tapi memakai baterai (cell) sanyo.. seperti hal nya enerpad yg memakai sanyo sebagai cell nya..
    Sanyo sendiri punya power bank eneloop..
    Probox ada yg jual di hi-tech mall yg 7200mAh 400rb yg 5800mAh 300rb garansi 1thn service..

  8. Pak Ari,

    Oh, jadi Probox itu merek power bank tho. Bukan merek Sanyo dengan seri Probox?

    Terima kasih atas informasinya.

  9. betul pak, harus diambil salah satu saja yg positif atau negatif. kalau saya pakai kabel usb ekstension jadi gak mengganggu kabel aslinya

  10. aksesoris seperti ini apakah ketahanannya bisa dijamin pak herry? mengingat saya punya beberapa kabel seperti diatas, sayangnya hanya satu yg masih berfungsi. bisakah pak herry membuat recomendasi merk kabel apa saja yang worthed dan tahan lama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *