Moto Z2 Play vs Moto Z Play, Apakah Bedanya?

Lewat sebuah acara yang dihelat di Bangkok, Thailand, pada 5 Juli lalu, Moto Z2 Play resmi diluncurkan untuk kawasan Asia Tenggara. Dibandingkan Moto Z Play, Motorola mengklaim Moto Z2 Play lebih ramping, lebih ringan, dan memiliki performa lebih cepat. Apa saja perbedaan di antara dua ponsel itu?

Ketebalan. Moto Z2 Play memiliki ketebalan hanya 5,99 milimeter. Lebih tipis daripada Moto Z Play yang 6,99 milimeter. Panjang dan lebar dua ponsel tersebut nyaris sama. Kalau Moto Z2 Play 156,2 x 76,2 milimeter, dimensi fisik Moto Z Play 156,4 x 76,4 milimeter.

Bobot. Bobot Moto Z2 Play 145 gram atau lebih ringan 20 gram ketimbang Moto Z Play.

Kapasitas baterai. Baterai yang dibenamkan ke Moto Z2 Play berkapasitas 3.000 mAh. Ya, lebih kecil daripada baterai tanam di Moto Z Play yang berkapasitas 3.510 mAh.

“Walaupun lebih kecil, daya tahan nyata baterai Moto Z2 Play akan setara dengan Moto Z Play. Sebab, prosesor yang digunakan di ponsel itu lebih efisien,” tegas Danny Adamopoulos, Senior Director, Portfolio and Product Operations of Asia Pacific, Lenovo Mobile Business Group & Motorola Mobility, seolah ingin menghapus keraguan konsumen.

Sayonara kaca. Permukaan sisi belakang Moto Z Play yang beredar resmi di Indonesia pada awal 2017 berbahan kaca. Agak licin dan membuat pengguna sering khawatir mudah tergores.

Kini saatnya berkata, “Selamat tinggal kaca!” Bagian belakang Moto Z2 Play dibuat dari logam. Sidik jari pengguna akan lebih sulit meninggalkan bekas. Ponsel juga lebih enak digenggam. Lebih kesat.

Prosesor. Moto Z Play menggunakan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 625 dengan kecepatan hingga 2 GHz. Sedangkan Moto Z2 Play memanfaatkan generasi yang lebih baru, prosesor delapan inti Snapdragon 626 2,2 GHz.

Memori. Moto Z Play dibekali RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Kapasitas memori bawaan Moto Z2 Play lebih besar. Ponsel itu dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Sensor sidik jari. Terletak di bawah layar, sensor sidik jari alias fingerprint scanner di Moto Z Play berbentuk kotak. Fungsinya untuk mengunci dan menonaktifkan pengunci layar.

Sensor sidik jari di Moto Z2 Play tampil lebih cantik dan multifungsi. Bentuknya agak melingkar. Selain untuk mengunci ponsel atau sebaliknya, ia dapat digunakan sebagai tombol home, back, dan recent apps. Motorola menyebutnya sebagai one button navigation.

Untuk kembali ke home, pengguna cukup satu kali menyentuh sensor sidik jari di Moto Z2 Play. Sapukan jari ke kiri untuk menggantikan tombol back. Sedangkan untuk mengakses recent apps, sapukan jari ke kanan.

Versi sistem operasi. Ketika mulai dipasarkan di Indonesia pada Januari 2017, Moto Z Play menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Moto Z2 Play yang mulai hari ini (10 Juli 2017) sudah bisa dipesan di beberapa situs terkemuka telah mengadopsi Android 7.1.1 Nougat.

Kamera. Kamera di sisi muka Moto Z Play maupun Moto Z2 Play sama-sama beresolusi lima megapiksel dan dilengkapi lampu kilat. Beralih ke kamera utama yang berada di sisi belakang. Kamera Moto Z Play beresolusi 16 megapiksel, sedangkan Moto Z2 Play 12 megapiksel.

Benar, di atas kertas resolusi kamera Moto Z2 Play memang menyusut. Namun, kemungkinan besar kinerja kamera Moto Z2 Play lebih bagus daripada Moto Z Play. Kamera Moto Z2 Play mengadopsi dual pixel autofocus, memiliki sensor lebih besar, dan menggunakan lensa dengan bukaan lebih lebar (f/1,7 vs f/2 di Moto Z Play). Kalau di Moto Z Play fokus otomatis lasernya sanggup bekerja hingga jarak tiga meter, di Moto Z2 Play fitur serupa mampu berfungsi sampai jarak lima meter.

Harga. Saat kali pertama datang ke Indonesia, harga ritel resmi Moto Z Play dipatok Rp 5,899 juta. Sekarang harga perdana Moto Z2 Play ditetapkan Rp 6,499 juta. Selisih harga yang mestinya cukup rasional, dengan memperhatikan aneka perbedaan yang ditemukan di antara keduanya.

48 thoughts to “Moto Z2 Play vs Moto Z Play, Apakah Bedanya?”

  1. Om HSW sorry mau tanya tapi menyimpang dari moto.

    Untuk kualitas foto hp lebih pilih mana ya antara P9 dengan G6? Atau ada pilihan lain dengan range harga max harga G6?

    Terima kasih

    1. Pak Donnie,

      Kalau hanya fokus ke kamera, lebih bagus P9. Namun, untuk fitur-fitur dan kenyamanan selain kamera, P9 kalah telak melawan G6.

    1. Pak Azzam,

      Belum tahu karena saya belum pernah menguji pakai Moto Z2 Play. Kalau Zenfone Zoom S sih layak beli.

  2. Pak, ada rencana review Wiko Harry? Karena jika lihat harganya sangat murah untuk ukuran RAM 3GB, dan bukan ponsel merk lokal.

  3. moto mods nya bisa dipakai juga ga di tipe ini?

    koh, ada rencana review motorola moto C ?, kemarin lihat di blibli.com udh jual.thanks

  4. Maaf pak HSW kalau pertanyaan saya tidak ada hubungannya dengan judul di atas,saya minta sarannya untuk hp yang cocok buat saya yang lebih fokus pada hasil kamera,internet yang cepat, dan baterai tahan lama. Kalau hp moto yang bagus selain moto z dan moto z2 play apa ya?

    1. Pak Taufiq,

      Karena ada kriteria kamera bagus dan baterai tahan lama, berarti Asus Zenfone Zoom S.

      Moto Z2 Play belum pernah saya uji pakai. Jadi, saya belum berani menyatakan bagus. Moto Z tergolong bagus. Hmm… Moto E3 Power tergolong bagus sih. Namun, dia nggak layak dibandingkan dengan Moto Z karena perbedaan kelasnya sangat jauh.

  5. Selamat malam pak hery, mohon maaf pertanyaan saya agak di luar topik. Apakah bapak memiliki info penjual touchscreen nokia lumia 520 ?

    Terima kasih kami tunggu jawabannya.

        1. Pak Lubbabul Azhar,

          Ha… ha… cuma iseng coba kok. Yang belum sukses itu bergaya ala alay. Saat mau mulai ngetik saja sudah bingung berat.

  6. Drpd desain tipis sy lebih suka desain lebih tebal tp ‘tumor’ dikamera dihilangkan.sangat mengganggu penampilan.

    1. Pak Barok,

      Belum pernah khusus mengadunya. Logikanya sih Snapdragon 835 lebih mantap. Kelasnya kan beda tuh dengan Snapdragon 626.

  7. build qualitynya gimana pak? soalnya saya pake moto g4 plus layarnya mulai bleeding di sisi kanan karena sering masuk kantong yg aga sempit jadi tertekan hpnya.

    1. Pak Alayhim,

      Sepintas sih baik-baik saja.

      Lah… terkait Moto G4 Plus, dengan perilaku pemakaian seperti itu, berarti kesalahan bukan murni pada ponselnya dong.

      1. iya,tapi kantongnya bukan di celana yg ketat sekali juga, hpnya juga kalo sudah duduk saya keluarkan. jadi kena tekanan pas dibawa berjalan saja. pengalaman pake phablet yg lebih gede layarnya (samsung dan Lenovo) ga pernah sampe bleeding..

        maaf pak, sampe curcol..

  8. Ko Herry,budget saya sekitar 5-7 juta.Kalau dibandingkan dengan Xiaomi mi 6 (6GB/64GB),Moto Z2 play dan LG V20.Mendingan pilih yang mana? Terimakasih 🙂

    1. Pak Rudy Chen,

      Mi 6 langsung saya coret karena tanpa garansi resmi. Moto Z2 Play belum pernah uji pakai.

      V20 layak beli. Masalahnya, harga ritel resmi ponsel itu kan masih Rp 7,999 juta.

  9. Maaf pak HSW mau nanya lagi nih,kalau direntang harga 3 jutaan hp dengan kualitas kamera oke dan baterai tahan lama apa ya?

  10. Pak HSW,

    Maaf oot.

    1. Bagus mana Pak antara Xiaomi Redmi 4a dan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL?

    2. Berapa harga masing-masing hp tersebut sekarang?

    Terima kasih.

    1. Pak Fredy,

      1. Secara umum lebih oke ZE500KL.

      2. Redmi 4A Rp 1,499 juta. ZE500KL sudah diskontinyu. Terakhir harganya Rp 1,699 juta.

  11. Harganya 6jtan ? nggak kuat pak belinya. Tapi keren juga ya bisa pake aksesoris lepas pasang gitu. Gak cepet rusak apa ya?

    Oya pak Herry, ini website saya tau dari temen saya. Katanya bahasan tekno disini bagus” ? saya minta rekomendasi hp dengan budget pas 2.5jt buat gantiin Galaxy Y yang udah gabisa dipake lagi saking leletnya. Kebutuhan ga macem” sih, paling cuma butuh layar gedean 5 inci keatas, buka sosmed, musik, baca materi kuliah di pdf, yaa keperluan santai lah pak. Terus yang penting 4G sama dualsim. Saya naksir LG K10 2017 sama Blackberry Android yang baru itu pak, lupa namanya. Kalo dibandingin lebih worth it yang mana ya?

    1. Pak/Bu Marsha,

      Sejauh ini saya belum pernah menerima keluhan Moto Mods rusak sih. Itu lepas pasangnya pakai magnet. Jadi, mestinya tahan lama.

      Dengan kriteria seperti itu, saya merekomendasikan Xiaomi Redmi Note 4. Pastikan membeli unit yang bergaransi resmi. Ini tautan ulasannya https://ponselmu.com/review-xiaomi-redmi-note-4-yang-hitam-lebih-keren-daripada-emas/

      Saya belum pernah me-review K10 2017, tetapi sempat memakainya beberapa hari. Menurut saya, kurang bisa diandalkan. Tidak sebagua Redmi Note 4.

      BlackBerry Android yang baru? Aurora ya? Ini tautan ulasannya https://ponselmu.com/review-blackberry-aurora-android-pertama-dual-sim-perdana/. Mending Xiaomi Redmi Note 4 deh.

  12. Salam pak Herry SW
    Ada yang mau saya tanyakan diluar topik, kenapa pak Herry sangat tidak merekomendasikan Samsung seri A dan J? Bukankah gadget tersebut speknya bisa dibilang bagus. Yg kedua, Samsung sudah mempertimbangkan tentang segmen yg di jual agar semua segmen bisa menikmati produk samsung, dan yg terakhir, salah satu produk seri A bisa dibilang sangat bersaing dengan produk Sony (anti debu dan anti air) yg dari harga sangat jauh ekonomis dari pihak samsung. Jujur saja saya sangat penasaran dg alasan pak Herry yang tidak merekomendasikan Seri A dan J.
    Mohon penjelasan dari pak Herry.
    Terima kasih

    1. Pak Andeket,

      Di atas kertas pun spesifikasi ponsel seri tersebut, terutama seri J, terasa kurang nendang. Demikian pula kinerja nyatanya. Seri A generasi terbaru memang tahan air sehingga terlihat menarik. Namun, kameranya kurang bagus lho.

      Dengan anggaran yang sama, mending dibelikan ponsel merek lain deh.

      1. Salam pak Herry SW

        Terima kasih atas penjelasannya, disini bisa saya simpulkan;
        1. Seri J memang saya akui bahwa seri tersebut sangat dibawah standar dan diperuntukan untuk segmen menengah kebawah, atau bisa dibilang spek gak masalah yg penting brand nya samsung
        2. Seri A termasuk kategori layak dilirik bagi pengguna yg tidak mementingkan kinerja kamera, hanya saja dari harga sangat tinggi dan saya sepakat dari pak Herry “Dengan anggaran yang sama, mending dibelikan ponsel merk lain deh.”
        Maaf pak Herry, maksud dari “Di atas kertas pun spesifikasi ponsel seri tersebut,” apa ya? Saya kurang mudeng….
        Terima kasih

        1. Pak Andeket,

          Maksudnya begini: kalau spesifikasi ponsel Samsung itu dibandingkan dengan spesifikasi ponsel lain berharga jual sama, spesifikasi ponsel Samsung terlihat lebih rendah. Kalah menggiurkan.

  13. Selamat malam pak Herry, terima kasih atas informasinya. Saya mau bertanya jika xiaomi redmi note 4 dibandingkan dengan asus zenfone zoom s dari sisi :
    1. Kegegasan
    2. Kualitas kamera untuk mengambil gambar dan video
    3. Daya Tahan Baterai
    Manakah yang bapak rekomendasikan. Terima kasih saya tunggu jawabannya

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Dua ponsel itu beda kelas, Pak. Kurang tepat diadu. Zenfone Zoom S jelas menang di nyaris semua lini.

  14. pak mau nanya
    minta rekomendasi ponsel layar 6 inchi harga maksimal 2 juta untuk dijadikan ponsel ke 2

        1. Pak Supartono,

          Hmmm… yang satu ponsel berlayar gede, satu lagi sudah tergolong tablet. Kurang pas diadu deh. Andai harus memilih, mending Note 2.

  15. om mau tanya nih..
    saya pake z play gen 1 yg resmi.
    kira kira apa yang menjadi pertimabangan untuk upgrade ke z2 play dan untuk tetep pake z play lama saya?

    1. Pak Dika,

      Saya belum pernah menguji pakai dua tipe Moto Z Play. Kalau bicara spesifikasi di atas kertas, sepertinya lebih baik Anda bertahan dulu.

    1. Pak Iwan,

      G5 SE masih layak beli kalau Anda menginginkan ponsel berkamera bagus dengan anggaran maksimal Rp 5 juta.

      Harga ritel resmi G5 SE sudah lama turun jadi Rp 4,999 juta lho. Harga pasar malahan di bawah itu. Jadi, kalau di Malang ada yang mematok harga Rp 5,8 juta, ya jelas terlalu mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *