Murah, tapi Bukan Murahan

Sampai awal tahun lalu, harga yang relatif mahal masih menjadi salah satu entry barrier bagi seseorang yang ingin mencicipi android. Kini kendala tersebut mulai pupus. Sebab, para vendor makin rajin menawarkan peranti android yang dibanderol kurang dari Rp 2 juta.

Hal yang menggembirakan, peranti android murah meriah tak senantiasa buruk rupa. Respon menunya juga tidak selalu memberikan bonus latihan pengendalian emosi. CSL Blueberry Mi320 menjadi contoh nyata terbaru. Harga resminya Rp 999 ribu, belum termasuk PPN. Setelah ditambah pajak, harga total Mi320 berarti Rp 1.098.900 atau bulatkan saja menjadi Rp 1,1 juta.

Kendati dijual murah, praktiknya Mi320 bukan barang murahan. Pengerjaan bodinya terlihat cukup halus dan elegan. Penutup baterai peranti berdimensi fisik 116 x 60 x 11,95 gram dan berat 120 gram itu terbuat dari logam. Konektor micro USB di bagian bawah bodi berfungsi sebagai penghubung charger dan kabel data. Sedangkan di sisi atas, tersedia konektor audio 3,5 mm yang siap dipadukan dengan handsfree berkabel.

Layar sentuh kapasitif Mi320 berukuran 3,2 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel. Ia cukup responsif, mendukung multitouch, dan mampu menyajikan hingga 262 ribu warna. Tampilan huruf dan ikon terlihat lebih halus daripada layar AHA Touch dan Samsung Galaxy Mini yang lebih mahal sekitar Rp 400 ribu.

Mengikuti perkembangan pasar, Mi320 telah mengadopsi android 2.2 alias froyo. Ia menggunakan prosesor Qualcomm MSM7227 600 MHz dan dibekali baterai lithium ion 1.200 mAh. Bluetooth, GPS, wifi, dan telah mendukung layanan HSDPA adalah sebagian spesifikasi lain peranti itu. Dengan mengoptimalkan kemampuan wifi tethering, pengguna bisa memfungsikan Mi320 sebagai hotspot mini yang leluasa diajak berjalan-jalan.

Ada pula alarm pengingat jadwal salat, perekam video, dan radio FM. Memori Mi320 terdiri atas ROM berkapasitas 512 MB dan RAM 160 MB. Ketika usai diformat, ruang kosong penyimpanan yang dapat dimanfaatkan pengguna tercatat 92,37 MB. Sebuah slot microSD tersedia di samping slot kartu SIM.

Sementara itu, di sisi belakang terdapat sebuah kamera beresolusi dua megapiksel. Kamera fixed focus itu tidak dilengkapi lampu kilat. Performanya pantas memperoleh predikat cukup bagus. Kamera tersebut, salah satunya, penulis gunakan memotret kertas alas nampan sebuah restoran cepat saji. Foto yang diproduksi memang tidak sangat tajam, namun tulisan yang tercetak di kertas itu masih terbaca.

Dengan memperhatikan harga dan kinerjanya, Mi320 pantas diposisikan sebagai peranti android untuk pemula yang mempunyai anggaran berkisar Rp 1 juta. Kalau dana yang dimiliki lebih banyak, sebut saja Rp 2,25 juta, ada dua alternatif pilihan. Pertama, belilah Mi320 dan simpan sisanya. Kedua, habiskan uang itu untuk meminang LG Optimus One.

8 thoughts to “Murah, tapi Bukan Murahan”

  1. Siip, mas Hery.
    Tapi sepertinya harganya di atas itu. Tapi bolehlah kalau mau ngincipi Android. Kalo cocok, baru beli yg mahal. Hehehe.
    Btw,
    – GPSnya integrated atau cuma A-GPS?
    – Baterainya berapa lama?

  2. Harga normalnya benar Rp 1,1 juta, Pak. Kemarinnya sempat menembus Rp 1,25 juta karena pasokan tersendat. Kini seharusnya sudah mulai lancar lagi.

    GPS-nya terintegrasi. Baterai sama dengan aneka peranti Android lain. Sekitar sehari deh, bergantung perilaku pemakaian.

  3. Pak Herry, apa di surabaya ponsel csl blueberry mi410 sudah bisa didapatkan? konter resmi csl di sruabaya dimana ya?

    teruma kasih

  4. Mi410 sudah tersedia di Surabaya kok, Pak. Master dealer-nya di G-Shop, WTC lantai 1, Surabaya. Saya tidak mengetahui alamat kantor cabang CSL di Surabaya.

  5. wah sama, hehehe, di jakarta yang saya baca di kaskus juga 2.4jutaan

    di webnya yang 2.999juta ehhehe

    terima kasih pak herry infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *