Ngisengin Penipu via Telepon

Tadi siang ada panggilan masuk dari +62852 8974 4134 ke nomor kartuHalo yang saya gunakan. Penelepon mengaku bernama Alex Gunawan dan bekerja sebagai marketing RCTI. Dijelaskannya, untuk menyambut tahun baru, RCTI tadi malam mengundi 10.000.347 nomor Telkomsel. Nah, nomor saya kebetulan menjadi salah satu pemenang.

Sejak awal saya sebenarnya sudah mengetahui kalau telepon itu berujung pada percobaan penipuan. Karena kebetulan saya sedang ingin iseng, saya layani deh.

Saya mengaku bernama Fuad. Sesuai dugaan saya, Alex akan menanyakan apakah saya memiliki rekening bank dan kartu ATM. Saya sengaja tak menyebutkan nama bank nasional seperti BCA, BNI, atau BRI. Saya menyatakan bahwa memiliki rekening di dua bank: Standar Chartered Bank dan Citibank.

Mulailah terjadi kelucuan demi kelucuan. Silakan mendengarkan rekamannya diΒ  http://db.tt/HnA0Bzjx

Update: karena pengakses rekaman percakapan tampaknya cukup banyak, tautan di atas diblokir sementara oleh Dropbox. Melalui trial and error, rekaman berhasil saya unggah ke YouTube. Ini tautannyaΒ http://youtu.be/bK8CskJS3GU

Alex lantas meminta saya segera pergi ke ATM tanpa memutuskan sambungan telepon. Mungkin karena telepon sengaja saya hold selama bermenit-menit, ia memutuskan panggilan telepon.

“Wah, selesai deh keisengan saya,” gumam saya dalam hati.

Ternyata, dugaan saya salah. Mungkin menyangka saya mulai masuk ke jebakan betmen, ia kembali menghubungi saya. Dengarkan rekaman percakapan telepon kami di http://db.tt/tC9KeV36 deh.

Karena tak hafal menu ATM dalam bahasa Inggris plus saya sebenarnya tak fasih berbahasa Inggris, saya sempat belepotan dalam merekayasa tampilan layar ATM. Namun, percayalah, Anda tetap akan tersenyum saat mendengarkan rekaman itu.

Selamat menikmati! πŸ™‚

Update: beberapa rekan penasaran ponsel yang saya gunakan untuk merekam percakapan penipuan. Untuk memuaskan keingintahuan itu, berikut saya unggah foto ponsel yang saya gunakan. Nama lengkapnya, LG C375.

LG C375

231 thoughts on “Ngisengin Penipu via Telepon

  1. Om Herry sih, rekeningnya di bank lokal bernama Bank Sejahtera. Hangus deh hadiahnya….. Makanya buka rekening di Bank Rakyat Indonesia doongg… πŸ˜€

  2. Pak Rifqi,

    Bapak mencoba play di mana? Laptop? Saya tadi memindahkan file rekaman itu dari ponsel, lalu memutarnya di laptop. Berhasil.

    Tadi sebenarnya tebersit niat untuk mengubah formatnya ke MP3 dulu. Biar lebih umum. Tetapi, saya bingung dengan cara konversinya.

  3. Pak Ferry Kurniawan,

    He… he… malas ngetiknya, Pak.

    Tadi kebetulan iseng. Untuk relaksasi, diniatin dulu beberapa menit ngerjain orang deh.

  4. Pak Dito,

    Sebelum saya unggah ke Ponselmu.com, saya sudah mencoba mengunggahnya ke Youtube. Tetapi, Youtube ternyata tidak mengizinkan pengguna mengunggah file audio. Jadi, akhirnya saya masukkan ke blog ini.

  5. marketing RCTI tapi gak tau Standar Chartered itu apa…wkwkwk

    btw, diakhir percakapan di rekaman kedua katanya nanti mau dihubungi lagi? dia cek saldo dulu tuh…

  6. “Please call the police.. ada pilihannya 911..”

    Benernya tujuan ko hery keucap kata2 itu apa ko?
    Wkwkwkwkwkwkwk..
    Sumpah.. bs terkenal mendadak koo… dijauk di metro tv ko..

  7. Ga bisa download, mas πŸ™ πŸ™

    Error (509)
    This account’s public links are generating too much traffic and have been temporarily disabled!

    πŸ™ πŸ™

    Upload lg dong ke link mana gitu keq πŸ™‚
    Atau di attachmentnya group indocell yahh πŸ™‚

  8. Update:

    Karena pengakses file rekaman yang saya simpan di Dropbox itu sepertinya banyak banget, akun saya diblokir sementara oleh Dropbox.

    Sekarang saya sedang berusaha mengubah file rekaman itu supaya bisa di-upload ke YouTube.

    Mohon pencerahan:
    1. Saya memiliki dua file berformat AMR
    2. Saya ingin menggabungkan dua file itu, lalu mengonversinya menjadi file video.

    Bagaimana caranya? Aplikasi freeware apa yang dapat saya gunakan?

    Terima kasih.

  9. saya juga kemarin sempet denger tapi dropboxnya sekarang sudah di temporary suspend …. mau donk di share ke youtube/4shared gitu .. thanks. mohon kalo tidak keberatan diinfo ke davetrends-gmail.com apabila sudah ada updatenya lagi. mau di sharekan ke keluarga. kocak sekali.

  10. saya juga mau dong di share ke email saya atau klo ada link ke 4shared atau youtube. saya coba buka di dropbox udah temporary disable sangking banyaknya yang akses

  11. Gan tolong info dong ke email saya kalo udah di-up load ke youtube.
    sumpah.. lemak di perut agak berkurang.. pagi ini celana jadi agak longgar.. hehehe..

  12. This account’s public links are generating too much traffic and have been temporarily disabled!
    Ada alternative lain?

  13. Pak Alex, benar, saya anggota milis Jalansutra. Namun, saya anggota pasif kok. Jarang banget posting.

    Pak Hery Setiawan, apanya yang cakep? *bingung*

    Pak Rivan, saya bilang “please call the police” karena ingin mengakhiri percakapan. Saya pikir si penipu bakal sadar, marah-marah, lalu memutuskan telepon. Eh, ternyata nggak sadar. Saya teruskan deh. πŸ™‚ Ha? Di Metro TV ada apa?

    Pak Dodol, bukan Erlan saja ya?

    Bu Eva dan Pak Oxanno, iya nih. Karena banyak yang mengakses, oleh Dropbox diblokir sementara. Ini sedang saya coba konversi ke video supaya bisa diunggah ke YouTube.

  14. Waduh… gara-gara trial and error mengunduh aplikasi converter di internet, laptop saya terkena Spyware “Relevant Knowledge”.

  15. saya kemarin sudah mendownload dan mendengarkan, hahahahahaha… penipunya kuper. Terima kasih atas lawakannya,
    pak Herry, anda memakai laptop merk apa ? seri apa? (maaf ga ada kaitannyan dengan topik, hehehe..)
    di laptop anda ada antivirus apa? coba download avast(gratis) & malwarebytes anti-malware(juga gratis).

  16. wah mantap nih…
    saya jg pernah ada ngisengin penipu ini
    klo dr suara n gaya ngomongnya, sptnya org yg sama dgn yg dulu saya isengin…
    kejadian saya dulu mah taon 2011 awal…
    dr niat nipu saya malah saya tipu balik n ujung2nya mo ngirim lamaran ke kantor saya (saya pura2 ngaku bos perusahaan IT di Bandung πŸ™‚ )

  17. Saya pernah dengar suara dan gaya bicara persis seperti ini di hp saya sekitar tahun 2008, dia juga minta saya ke ATM dan meminta saya memberitahu saldo rekening saat itu. Kemudian dia minta saya memilih menu transfer antar rekening bca (dari sini saya langsung curiga), tapi saya ikuti terus kata2 nya lewat hp sampai dengan saat terakhir tinggal pencet satu tombol utk memindah seluruh isi saldo saya ke rekening org lain, saya pura2 ragu2 dan minta cara lain utk ambil hadiah kartu halo / telkomsel tsb, dia bilang cara lain susah, harus datang sendiri ke jakarta dll. Dia sepertinya nervous, sudah tinggal pencet satu tombol lagi, dia maksa terus, tapi saya nggak mau …akhirnya dia menyerah. Semoga pulsanya berkurang banyak. Tapi belum berhenti rupanya org itu…Trims sharingnya.

  18. saya pernah terima telpun kayak gini, telponnya hari minggu ngaku dari salah satu provider kasih tau kalo dapat hadiah. saya ngakunya tidak punya ATM, tapi dia maksa nyuruh ke ATM katanya nanti mau dibikinin ATM di mesih ATM. parah banget kalo mau nipu..

  19. Dari awalnya juga udah lucu dan mencurigakan. Masa nama perusahaannya RCTI itu “Perusahaan Kantor RCTI”? Ketauan belum pernah gugling itu =))

  20. Sumpahhhh kocakk ..penipu gak berkelas makanya kena tipu balik dia hahahaha ..itulah niat jahat pasti ada penghalang nya ..thenkyuu 4 d share

  21. tadi satu kantor ketawa ngedengar rekaman dari youtube. katrok puoll tuh penipunya. Anehnya tetangga kantor kami ada yg kena sampe ratusan juta. Ngakunya jenderal amrik, ada FB nya, mau ngelamar itu ibu tapi butuh biaya buat pengiriman barang2 persiapan married nya. Dikasih tau kalo itu pasti penipu tapi si ibu itu berkeras dia dalam keadaan sadar.
    ckckck orang berpendidikan aja bisa kena loh, hati2 gan.

  22. Pilihan yes atau no: yiessssss!!! Call the police: calllllll pak!!!!! please insert your number: ditekaaaaaaaaaan pak!

  23. Pak Yopie,

    Saya memakai laptop dengan sistem operasi Windows 7. Antivirus yang
    terinstalasi Avast. Tetapi, belum berhasil me-remove spyware Relevant
    Knowledge. Ok, saya coba Malwarebytes.

  24. Bu Liana,

    Tak ada tautan lain lagi. Coba YouTube-nya ditutup dulu sebentar, kemudian dibuka lagi. Asalkan internetnya stabil, mestinya bisa.

  25. saya malah kangen ngisengin orang yang mau nipu kayak gini..dendam saya, pernah bikin ibu saya nangis jam 2 malam dengan modus adik saya ketangkap polisi dan ditahan di POLDA JAKARTA PUSAT..hahaha…btw, itu terorganisisr ya..coba dengar suara di latar belakang rame bgt kayanya lg nipu2 gitu…

  26. jangan dilaporin ke polisi pak .. soalnya penipunya kena tipu, jd dlm kasus ini bapak yg ada di posisi penipu…. hahaha
    kocak…. hahaha .. makasih hiburannya …

  27. Pak Yopie,

    Terima kasih atas sarannya. Akan saya coba. Btw, safe mode yang dimaksud itu safe mode saat booting Windows kan?

  28. makasih sharingnya ya Pak Herry. saya barusan dengerin bareng ibu saya, eh ibu saya malah bilang “waaah ini suaranya ga asing lagi, kerjaannya masih begini aja dia, tipu sana-sini.” singkatnya ternyata ibu saya pernah jadi korban pak, tahun 2006an deh. disuruh ke ATM, trus kena 100ribu.. berapa tahun kemudian ibu saya ditelpon lagi, sm orang yg suaranya sama! tapi ibu saya udah tau, jadi diisengin aja, ibu saya pura2 udah di ATM padahal enggak. sayangnya ibu saya ga hapal menu2 di ATM & merekayasanya kayak bapak, jadi orang itu tau kalo ibu saya ga ada di ATM hahaha.
    bisa diusut tuh pak ya, kasih no rek-nya ke polisi; atau bisa juga diusut sm BNI-nya gitu, suruh aja si pemilik nomor rekening itu dateng, bilang aja menang undian juga wkwk πŸ˜€

  29. Bu Sarah,

    Wah, ternyata jam terbang si penipu sebenarnya sudah tinggi ya. Tapi, ternyata masih mudah diisengin.

    Menu ATM yang saya sebutkan itu sebenarnya juga ngawur dan penuh rekayasa. Lha saya nggak hafal menu ATM dalam bahasa Inggris kok. Makanya, terdengar jelas kalau saya sebenarnya belepotan dan pakai berpikir dulu. Untung, hal itu tak disadari oleh si penipu.

  30. kwkwkw
    pelakunya kurang ikut les bahasa inggris itu.
    om herry : disini menunya ada “call the police”
    pelaku : nahh ….call police di tekan ya!
    wkwkw
    kriikk krikk.. #semprul ini pelaku dalam hati saya kwkww

  31. thx udh sharing pak.
    tp pak,dia ngga sadar yah bahwa penipu sedang kadalin yah?hwhwhw
    soalnya pas bpk blg call the police spt dia ngga ngerti.dari bahasanya dia mau cek udh masuk transfernya.
    apa sduah dilaporkan ke pihak berwenang?

  32. Wkwkwk,,,lucu banget dech om,,sy dengerinnya b’2 suami,sampai ngakak, qta jg p’nah hampir tertipu, sdh di ATM, tp untungnya cpt sadar, ?G?????Γ₯??????? jd tertipu.

  33. Ngiahahahaha! Keterlaluan lol ngakam mpus saya mas
    Nah pak tekan please ya mas ya ngiahahaha
    Kabari om kalo ad kelanjutannya

  34. Pak Bboys,

    Iya, sepertinya dia nggak sadar kalau sedang diisengin.

    Informasi yang tersedia sepertinya cukup memadai kalau ada pihak berwenang yang ingin mengejar penipu tersebut. Saya pribadi terus terang tidak melapor karena enggan berhubungan dengan birokrasi dan prosedur yang tidak sederhana.

  35. Sangat disayangkan, mungkin hanya sebagian dr kita yg bisa tertawa, sedangkan sisanya mungkin sedang menangis karena telah tertipu. Karena sangat jelas terdengar kalau masih ada korban lain yg sedang ditipu, mungkin ada baiknya coba serahkan rekaman kekepolisian agar bisa diusut.

  36. sebenarnya dengan durasi percakapan selama itu polisi udah bisa melacak… namun ya seperti yg disebut tadi birokrasi yg tidak sederhana, plus persoalan yg melilit polisi spt KPK dsb mungkin bakal jadi ribet lah urusan.. jadi biar saja ini jadi bahan haha hihi sama lucu nya seperti penyelenggaraan negara ini…

  37. maaf pak posting lagi.. saya baru dengar lho dropbox bisa diposting… the idea ada dropbox kan supaya bisa diakses orang banyak.. kok malah diblokir ya? aneh2 saja πŸ™‚

  38. Pak Bowie,

    Nomor yang dipakai penelepon kan sudah ada. Nomor rekening juga sempat disebutkan. Berbekal dua itu, pihak berwajib sebenarnya sudah bisa memulai pelacakan. Nggak perlu sampai penelepon melakukan panggilan keluar. Asalkan ponsel siaga pun lumayan memadai.

    Soal Dropbox, sepertinya diblokir gara-gara terjadi lonjakan trafik pengakses dalam waktu singkat.

  39. Penipu berbekal pengetahuan yg pas”an.. Masa kerja sbg Marketing di RCTI gatau 2 nama bank asing ternama dan ga bisa bahasa inggris..

  40. hahaha…ane sampe tepingkel2 dlm hati…koq ga tau standard charter??yg tau cm bca doank…sepertinya ane pernah jg dan ampir ketipu..dl waktu dpt sms 70jt..tp untng pihak satpam bank buru2 nyamperin dan jgn diladeni..kayaknya penipu itu suaranya persis spt yg bapak tayangkan…logat2nya org batak gitu..

  41. Salam kenal, saya mau tanya apakah anda pengasuh rubrik “konsultasi selular di sebuah tabloid? Kalau mmg benar, saya adalah salah satu pembaca setia anda, baik mengenai info seputar hp selular maupun tanya-jawab.

  42. Wah mirip banget suraranya sama yang pernah nipu gw nih.
    Bilangnya dari indosat,
    Nominal Hadiah sama Pulsanya sama…
    Udah curiga klo ini nipu
    dan gw nanya Data diri gw yg gw register di Kartu IM3, (coz dia bilang dari Indosat).
    Dia bilang ada data, pas crosscheck tanggal lahir salah, gw bilang maaf salah orang.
    eh dia sewot marah2…

    Wkwkw

  43. Bu Jessica,

    Kalau yang dimaksud adalah tabloid berinisial N, yup benar. Saya pengasuh rubrik seluler di sana. Terima kasih telah menjadi pembaca setia.

  44. Pak Iwa,

    Saya juga heran kok, Pak. Mungkin karena sudah bingung gara-gara saya sodori menu ATM berbahasa Inggris ya. Biasanya penipu akan mengarahkan korban untuk cek saldo dulu. Nah, dari situlah si penipu lalu menetapkan jumlah yang harus ditransfer.

  45. Pak Yopie,

    Terima kasih. Kemarin malam laptop saya full scan memakai Avast dan Malwarebytes. Kini spyware telah lenyap.

  46. woooww…sudah jadi pegawai RCTI ternyata, 1,5 tahun yang lalu masih karyawan XL….mungkin habis ketipu pak Herry pindah lagi jadi Kumendan Paspampres bagian pengundian hadiah…wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk….

    Pak Herry, selamat yaaaa…..

    call the police dari bank sejahtera…hahahahahahahahaha…

    1000000000000000000 jempol deh !!!!!

  47. Selamat Pak Herry, bikin ketawa.
    Saya juga pernah mengalami hal yg hampir sama dan berniat ngerjain si penipu. Saya penasaran sebenarnya bagaimana penipu mengarahkan korbannya sehingga banyak orang yang tertipu ratusan ribu sampai jutaan rupiah hanya karena panduan via telepon, tapi gak jadi krn pas setengah jalan saya bingung sendiri gak hafalmenu di ATM Herannya kalau hanya dengan kemampuan seperti itu, kenapa bisa banyak orang yang jadi korban? bisa jadi harapan mendapat hadiah yang besar membuat kita kehilangan logika

  48. aku juga pernah tuh.. tapi ini penjualan tiket pesawat. yg promosinya lwt sms.. penipu 1.. q tanya harganya brp. dia masih jawab.. yg kedua q tanya. alamatnya dimana?? lgsg gak ada jwban.. . penipu 1. aku langsung minta booking jurusan bpn-sub.. harganya brp.. dia lgsg kasih harga murah bangeet.. (aku aja penjual tiket kok . dah tahu harganya). dia langsung kasih kodebooking palsu.. aku check sih.. trus dia langsung telp suruh transfer ke rek BRI.. q iyain aja.. trus q sms lagi salah tanggal gan.. trus dia bls.. maaf tgl itu gak ada promo.. ternyata aku lupa gak hapus tanda tangan di hp. yg tulisannya KAFABIHI TRAVEL.. lgsg dia tahu kalo di tipu tuuch..

  49. Bu Ida,

    Sengaja nggak saya omelin. Sebab, kalau saya mengomel, penipu langsung tahu kalau saya tak bisa ditipu. Jadi nggak seru lagi dong. πŸ™‚

  50. Pak Dyas,

    Benar. Begitu merasa dapat hadiah dan sudah membayangkan rezeki nomplok tersebut, korban mulai kehilangan akal sehat. Penipu pun lebih mudah “menggiring” mereka.

  51. Bu Farida,

    Kadang kode booking yang diberikan tidak palsu. Namun, booking kan ada time limit-nya. Begitu calon korban sudah mentransfer pembayaran atau setidaknya uang muka, bookingan itu dibiarkan melewati time limit. Hangus deh.

  52. Pak Herry, wah saya salut ama Bapak karena betul-betul mahir aktingnya. Saya dulu pernah juga di pertengahan tahun 2011 ditelpon dan dijanjikan mendapat hadiah motor karena simcard saya menang pada undian metrotv. Cuman saya waktu hanya bisa ya… ya… yaa… Penipu itu “mengindoktrinisasi” dengan nasehat macam-macam dulu. Saya nggak sabar karena hampir 15 menit dia bicara sendiri, Akhirnya saya katakan : CUKUP BICARA ANDA,…ANDA INI PENIPU,…. dan saya tutup hape saya hehehe…
    Sekali lagi Pak Herry saya acungin jempol…

  53. hahaha…lucu

    pak Herry, lain kali kalo mau coba software baru atau browsing berbahaya gitu, lebih baik laptop dilindungi dulu pake deepfreeze

  54. Maaf pak Herry, mungkin bisa dicoba pakai antivirus microsoft security essential, gratis… tinggal ketik http://www.microsoft.com kemudian dibawah tinggal klik microsoft security essential, cuma win nya harus ori. Selama ini comp. saya aman2 semua pakai itu.

  55. Si penipu denger “police” sbg “please” x he he, kan mirip. Sdh di ujung transaksi, ya sdh spanning jd bgt dengar “…please/police.”
    “Iya!!” jwb dia.
    Subuh begini ampe ngakak.com

  56. Pak Chandra,

    Windows 7 yang saya gunakan orisinal dan saya sudah menginstalasikan aplikasi itu. Tetapi, tetap sempat kena spyware.

  57. Wah kalau gitu saya simpan deh Avast dan malwarebytes sebagai referensi buat nanti. πŸ™‚ terima kasih pak Yopie atas masukannya.

  58. haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahaaaaaaa … saya sering dapat telp spt ini, saya kerjain sekitar setengah jaman, yg akhirnya dia marah dan sumpa serapah. logat bicaranya sepertinya dari daerah sumatra.

  59. dulu tahun 2000an hadiah mobil, mau dianterin, tp minta dulu 2jutaan untuk ongkos angkut. tapi saya kerjain juga ……. asyik kalo ngerjaiin penipu kelas teri deh.

  60. klo lwt sms puluhan sms hadiah, ato suruh transfer ke rekening tertentu, ada yg minta beliin pulsa 100 rp pentinga katang, macem2 deh, tp selalu hari jum’at ato sabtu. hati-hati deh kpd semuanya. nama selalu diawali Drs. H. ……

  61. Kalo via e mail wwaaaaaaah se abreg, dari beberapa negara, terutama Nigeria, malah sampe kerjasama dengan orang Indonesia, mau kirim uang lewat keduataan Inggris, cuma dia minta uang pajak 15 juta di Cengkareng katanya. saya disuruh ke Hotel tertentu di Jakarta, sambil bawa uang 15 juta, nanti akan diberikan paket yang isinya 4 M. Saya ladeni seolah saya di Jakarta, padahal diujung Jawa Barat.Akhirnya dia tertipu, kalo saya di Jakarta saya akan kerjasama dengan polisi, tapi gak tau polisinya kira-kira mau gak, atao mau tapi kita harus bayar ” wani piro”.

  62. Coba aplikasi Android rekam pembicaraan telpon “Call Recording “. Buat agan agan klo mau ngerjain penipu bego itu

  63. ak jg pernah ngerjain penipu….sampai penipunya marah2…..
    begini ceritanya…cuma maaf ak g ada rekamannya..
    kejadiannya sekitar 18 bulan yg lalu…..waktu itu saya habis sholat asar d masjid,rencana mau msk krj.krn ak shift 2.eh ada telepon panggilan yg sdh beberapa kali msk,cuma blm keangkat.krn tak tinggal sholat tadi.setelah tak angkat dari gaya bicaranya,ak sudah ngebaca ini adalah rencana penipuan.
    di mengatakan hal serupa yaitu undian berhadiah dari T***o***l,hadiahnya uang 10jt+pulsa 1jt.yg d undi semalam.gmana g menggiurkan…hehe…
    kalau g salah dia mengaku namanya pak robert dr operator yg domisili d jakarta selatan.dia menanyakan posisiku skrg d mana?punya atm g?bank apa?krn ak msh d kontrakan…dia menanyakan k atm kira2 brp menit,ak jwb aj kira15 – 30mnt(krn jarak atm-nya kira2 1km).p.robert minta tlp jangan d matikan(katanya biar dr pihak T***o***l merekam pembicaraan.mereka pingin denger suara ak bergembira dpt hadiah d dalam ATM),ya udah ak ikutin.krn takut ketahuan hp ak masukin sarung hp biar suaranya g kedengeran.krn tak tinggal bikin mie dulu(masalahnya mau berangkat krj,perutku laper)…hehehe
    tak tinggal mkn mie eh ternyata tlp dia putus.ya udah ak biarin,pas mau berangkat dia tlp lg..ak biarin dulu.
    krn ak ada keperluan sama temenku(namanya “mono”).makanya ak k tempatnya.krn ak kerjasama sama jualin accesories.jd temenku biasanya sebulan sekali setoran uang.
    waktu ak sampai d tempat temenku,kirain penipu tadi udah g tlp lg…ternyata salah.dia tlp lg…ya udah ak layanin.berhubung d tempat temenku mono ada temenku yg lain.mereka ak ksh isyarat supaya g bersuara.(temenku beranggapan ak d tlp bos)makanya mereka diam.

    dia menanyakan kok lama?ak jwb macet pak
    dia menanyakan lg,pak sdh sampai d ATM?ak jwb sudah..(ATM versi pemikiranku adalah Anjungan Tunai Mono,krn temenku namanya mono kan setoran hasil penjualan k ak,kan secara tunai makanya ak anggap ATM….xixixi)
    p.robert menanyakan ak sendiri pa sama temen?ak jwb sendiri
    dia menanyakan udah d dlm ATM?ak jwb aj sudah
    habis itu p.robert menanyakan menu ATM?ak jwb menu ATM 300rb,500rb,1jt dan lainnya.
    kok menunya gitu?ya ak jelasin 300rb u/pengambilan 300rb.500rb u/ pengambilan 500rb,lainnya u/ transfer dan pembelian/pembayaran.
    cuma hbs tanya itu p.robert mulai curiga?
    kok suara d dlm ATM berisik?ak jwb maklum pak ATM-nya dekat perusahaan jadinya berisik…
    cuma yg bikin kacau waktu itu,ada anaknya temenku teriak2.makannya pak robert lgsg curiga +marah2.(mungkin masalahnya udah abis pulsa byk buat tlp ak……kali….hehehe)
    km ngerjain saya ya?
    km jangan maen2 sama saya?bla..bla…bla…
    terus ak jwb aj pak kalau memang bpk dr operator otomatis g curiga sama pelanggan setia.g marah2……
    terus dia msh ngomel2 d tlp….ak jwb : maaf pak ak mau berangkat kerja dulu….krn udah waktunya msk krj…trus tak tutup tlp-nya

    itu cerita ku…..yg ngerjain penipu….semoga bermanfaat.

  64. udah nda asing lagi ne org….dulu pernah jg nipu seorang ibu untuk beli pulsa vocer 100rb sampai 20 bh sampai2 ibu tersebut jual kalung emas tuk bayar pulsa yg dibeli karna kehabisan uang kes,karna dijanjikan dapat motor baru dan motornya katanya dah dijaln a.yani,kta tau jln a.yani ada di tiap kota besar.

  65. Bu Alynfa,

    Terima kasih atas sharing-nya. Iya, nyaris selalu pakai gelar Drs dan H.

    Wah, saya baru dengar ada yang ngajak ketemuan di hotel untuk serah terima paket Rp 4 miliar.

  66. Pak/Bu Agit,

    Iya. Karena Dropbox diblokir, maka saya melakukan trial and error untuk mengunggahnya ke YouTube. Akhirnya berhasil.

  67. Hahhahahahahhaha wait for second di pencet ?ΒͺΓ€aΒͺ……wkwkkwkwkw penipu nya lom kursus bhs inggris dan waktu pelajaran standart chartered n city bank ga masuk ???……hahahahhahahahaha

  68. iya tuh, emang pantes banget untuk dikerjain,

    saya aja pernah tuh ditelponin, dengan gaya bicara yang sama persis dengan penipu yang di rekam,
    tapi yang nelpon aku tuh ngakunya sih dari indosat,,,, tapi karena saya dah curiga sama dia, maka langsung deh dia tutup telp nya…

    TOP abis… ^_^

  69. Saya juga pernah kena tipu dari orang yang logatnya sama seperti ini. Tapi kalau saya dibilangnya dari rumah sakit karena kakak saya kecelakaan dan sedang kritis. Dokternya bilang kalau mau kakak saya selamat harus transfer 70jt dulu. Saudara saya yang lain sudah histeris dan shock. Mencoba hubungi kakak saya tp tidak diangkat ponselnya. Ternyata dia sedang sidang skripsi jd mematikan ponselnya.

    Setelah sadar hal itu penipuan saya coba menelpon rumah sakitnya ternyata tdk ada nama korban seperti itu. Ternyata kata pihak rmh sakit sudah byk kejadian seperti itu. Setelah itu mereka sadar bahwa kami tidak tertipu dan memaki2 kami. Semoga tidak ada korban yg tertipu krn kejadian seperti ini. Biasakan tanya dulu nama korban siapa krn penipu akan bingung dan menunggu kita menyebut nama saudara kita.

  70. (Iya pak itu ditekan PLEASE nya) ::ngakaaks

    Sebetulnya dari gaya bahasanya saja bisa ditebak. Yang berbahaya itu, jika si penipu memiliki kemampuan menghipnosis dan melek teknologi. Tanpa mawas diri, mungkin orang terpelajarpun bisa menj

  71. (Iya pak itu ditekan PLEASE nya) ::ngakaaks

    Sebetulnya dari gaya bahasanya saja bisa ditebak. Yang berbahaya itu, jika si penipu memiliki kemampuan menghipnosis dan melek teknologi. Tanpa mawas diri, mungkin orang terpelajarpun bisa menjadi korban. Btw, izin share ya pak ke teman2 saya…

  72. wah pa herry sy telat dgr rekamannya …. bru saja sy kena tipu dpt hdiah mobil ,, dan stelah sy dengar rekaman bapak suaranya sama persis skrg dia bekerja di 3 ( three care)) ,, semoga penipunya cepat tertangkap

  73. Wakakakakak…sumpah lucu! Kayaknya kok gaya ngomongnya kayak orang2 yang di mall yang nawarin barang2 gitu… Jadi curiga… Itu nomor rekening dan namanya bisa dilaporin kah?

  74. Salut buat pak Hery bisa setenang itu ngisengin penipu πŸ™‚

    Saya juga pernah terima modus penipuan semacam ini, si penipu mengaku bernama Bram Sadewa berdomisili di Papua memang awalnya terlihat “lugu” banget seolah2 baru pertama kali belanja online, menawar, tanya spec barang, minta diskon dll… kebetulan waktu itu dia berminat untuk order 8 unit mesin fotocopy dengan nilai transaksi senilai hampir 200jutaan….

    Keanehan mulai terlihat saat dia ngotot minta nomer rek BCA pribadi bukan perusahaan tempat saya kerja πŸ™‚

    Saya ikuti saja dan memberikan 2 rekening atas nama pribadi dan perusahaan, tp saya salahkan satu huruf nama masing2 rekening yg saya berikan πŸ˜› selang beberapa waktu dia sms bukti m-transfer senilai 95jt dan dia bilang transfernya sukses ( terlihat bodohnya :D) ke rek perusahaan… saya iyakan saja dan diamkan karna saya tau ada “kebodohan yg terjdi disini πŸ˜€

    ujung2nya dia minta uang jaminan 5jt ke rek BRI dng alasan memastikan transaksinya pending atau tidak hahahahaaa….

    Karena saya merasa terganggu dan malas meladeni ahirnya saya block saja nomernya menggunakan aplikasi πŸ˜€ Singkat cerita dia menyerah dan lenyap bersama ketololannya…

    Saat dengar rekaman pak Hery di Youtube saya inget suaranya mirip dan nomor yg digunakan adalah area Jawa Timur ( 082336191525 )

    Maaf komennya kepanjangan πŸ™‚

  75. Pengalaman saya waktu ditelpon penipu, dia bilang saya dari provider. Ok, terus Bapak dapat hadiah 15 juta dan pulsa. Saya bilang, silahkan mas yang 15 juta ambil sendiri saya minta pulsanya saja. dia bilang nggak bisa, masa sih cuma ngasih pulsa 50 rebu nggak bisa, malah hadiah yang 15 juta bisa? Marah5 lah dia, habis itu ya udah dia tutup.

  76. Bu Fia,

    Kebetulan saya sempat diundang live di tvOne untuk menceritakan pengalaman merekam penipuan ini. Selain saya, ada narasumber dari Polda Metro Jaya. Jadi, pihak berwajib semestinya sudah mengetahui data awal kasus ini.

  77. Waaahh… mantap Ko Herry, dengan ada nya rekaman ini, banyak orang yg tadinya tidak tau, menjadi tau cara kerja penipu2 seperti mereka koh. Btw, di belakang suara penipu tadi terdengar suara teman nya juga sedang menelpon “korban” lain nya. seandainya aparat di indonesia mau berkerjasama dgn pihak bank, pihak operator telepon, pasti penipu2 macam ini sudah mendekam di bui semua pak.

    mudah2an rekaman pak herry bisa masuk berita tv ya, supaya orang2 yg di desa, org2 awam bisa tau dan gak ketipu. kebanyakan korban nya lansia dan orang2 desa yg gak ngerti, dan menurut saja disuruh transfer oleh mereka.

    sukses terus mas Herry πŸ™‚

  78. Pak/Bu Marsha,

    Kebetulan saya sempat diundang tampil live oleh tvOne. Selain saya, ada narasumber dari Polda Metrojaya dan kriminolog. Semoga saja tayangan itu bisa mengedukasi masyarakat.

  79. mantap.. Pak Herry.. biar kapok tu penipu.. sy tertawa terpingkal2 mendengarkannya.. huahahahaha.. jempol deh iseng-isengnya..

  80. itu nomor masih aktif tuh…. haha… padahal biasanya kalo gagal kan bakal ganti kartu… polos banget ya orangnya…

  81. wakakakakakak..
    yg paling lucu itu, ya,, ya,, call the police! trus pake ditanya lagi pake no.apa 911,111, kupret kupret.. (itu maksudnya apa juga.. pake ditanya dicall nya pake no.apa) harusnya tanya juga om sekalian, tinggalnya dimana.. lagi pake baju apa..
    wakakakakakak
    asli lucu banget,, tinggal diproses aja tu ama polisi.

  82. info tambahan buat para penipu biar otaknya keliatan ada ne ane tmbahan nama-nama bank yg belum ente tau biar begonya gak nampak di catet klo perlu 1.commonwealth bank 2.Maybank, itu aja cukup tapi kemungkinan untuk menipu para nasabah bank” tsb mustahil agaknya diliat dari sepakterjangnya buat penipu ini cocoknya nipu orang” pedaleman baru cocok.

  83. kalau saya lucu lagi,,tgl 20 Des 12,tngah mlm(23.55).pas posisi bru tdur, dpt tlfon dpet uang 50jt. awalny saya g tau itu penipuan, tp ujung2 saya sdar klo itu pnipuan. sya ikutin aj,,eh ternyata syarat dan ktentuannya unik bget,,, sy sruh mendesah2(spti org nfsu itu ……..). sy otomatis ga mau dong,,, eih dia nya marah2.. katanya saya melecehkan si penipu itu,,,hhhahaha:D

  84. tukang tipunya guoblok buanget…hahahaha……rasaiiinn…. penipu kena tipuu…. klo gk salah tuh suruh transfer ke ERLAN eaa??? bisa diusut tuh, bukti udah ada… lanjutin gan…

  85. Kalo mau convert video di youtube ke format mp3 kunjungi http://www.flvto.com aja… tinggal masukin url video di yutub di flvto.com kmudian pencet convert, stelah 100% work baru download file mp3 hasil konversi tadi…

    yang jelas saya ngakak banget dengernya… Wkwkwkwk..
    Yum redess…=))

  86. hehe penipu yang tertipu…
    ane juga pernah dapet telpon gituan tapi gak ane layanin andai ane berfikir untuk ngisengin juga dan ane rekam mungkin lucu juga kale…
    thaks share and tipsnya…udh ane denger via youtube..
    lucu bngetsdech..

  87. Pernah ngalami hal yang hampir sama (namun sayang ga saya rekam, namun iseng pengin ngerjain juga), terjadi sekitar tahun 2010. Waktu itu sekitar jam 15.00, saya dapat hadiah mobil Avansa, dan harus bayar administrasi/pajak lewat ATM sebelum jam 16.00, atau saya bisa datang langsung ke Kantor sebelum jam 16.00. Saya bilang kalau ke Kantor saya ga bisa, karena saya tinggal di luar kota. Trus dia kasih Opsi untuk melakukan pembayaran pajak lewat ATM sebelum jam 16.00 dan menyertakan voucher pulsa T***0***L sebanyak 5 buah @ 100.000.
    Saya bilang sama mereka.
    Saya bilang sama mereka ga bisa ke ATM sebelum jam 16.00, karena saya tinggal di sebuah desa di daerah pegunungan, butuh waktu 4 jam untuk sampai di Ibu Kota Kabupaten (padahal saya sedang di kota, dan hanya butuh waktu 5 menit ke ATM), itupun sudah ga ada angkutan lagi ke kota. Saya bilang juga kalau mau pake Ojek, saya harus jalan kaki sekitar 30 Menit, untuk sampai ke pangkalan ojek dan ga ada counter pulsa dekat tempat saya. Yang ada hanya di kota kecamatan yang harus saya tempuh sekitar 1 jam dari rumah. Ujungnya mereka bilang dalam nada tinggi/emosi, ya sudah kalau ga bisa ke ATM dan ga bisa kasih nomer voucher pulsa, ” Dengan terpaksa Hadiah di batalkan dan hangus”, saya bilang aja, ga apa-apa, mungkin belum rejeki saya, dan mereka yang langsung menutup pembicaraan. Lumayan lah, paling ga bisa sedikit menguras waktu dan pulsa mereka, dan bisa untuk hiburan saat menikmati kopi bersama keluarga di sore hari.
    Buat rekan semua, Waspadalah….waspadalah….waspadalah….
    Jangan hanya karena mimpi ingin dapat hadiah besar, malah kita yang terkuras saldo di rekening.
    Bang Hery, makasih ya untuk rekamannya. Saya sampai tertawa ngakak, saat “OPERATOR”nya yang ga bisa bahasa Inggris bilang ” Ya pak, tekan PLEASE CALL THE POLICE, tekan WAIT A SECOND, juga waktu menanyakan tampilan yang muncul di LAYAR ATM. 911/111 dia bilang :ya pak tekan yang 911
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  88. Kapan ya, pak Herry SW, kita bisa ngisengin lagi penipu model kayak gitu? Kayaknya, kalau sering kena kaya gitu, bakal bosen juga penipunya, dan balik haluan lagi jualan obat dipasar dan akhirnya ketangkap TIBUM/TRANTIB,gkgkgkgkgkgkgkgkgkgkgk…..

  89. Saking bodohnya, ngga tahu kalo Ada Bank yang bernama Standard Chartered, kasihan mau nipu malah ditipu, makan tu tipuannya, mudah-mudahan besok mereka sdh bisa dibekuk sama police

  90. Wah, wah. Di tayangkan sampai ke TV One lho hari ini.

    Salut buat Pak Herry. Kapan2 kalau ada penipu lagi di share lagi dong disini πŸ˜›

  91. Pak Samuel Semaya,

    He.. he.. iya, Pak. Tadi diundang live di tvOne.

    Ok, kalau ada rekaman baru, saya share lagi deh.

  92. setelah ini, syarat rekruitmentnya langsung di naekin…mesti tau menu ATM Bank Sejahtera….mesti tau please…IYYYYEEESSSS…..wkwkwkwkkw……

  93. wah bagus percakapannya … lucu… bagian “iiyessss…” mau nipu tidak tau mana yang harus ditekan hahaha…..
    sering dapat model begini baik via sms atau telepon langsung….
    pengalaman saya.. sewaktu di telepon “saya kata kan, kalau saya tidak punya rekening di bank mana pun”… dan akan saya coba transfer via kantor pos (untuk melihat alamat nya dimana plus ID KTP)…
    apa yang terjadi .. hehehe … yang telepon malah emosi! langsung tutup telepon… πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ …
    Terima kasih sharingnya

  94. haha tu orang udah nipu.. gak tau bank standar chartered..

    musti…. nonton liga inggris tu orang… sponsor liverpool kan standar chartered… hahah lucu..2… πŸ˜€

  95. hehehe,sukses pak bisa nipu penipu,..dari logatnya bukan orang jawa,.sipenipu ngomongnya kayak tukang obat kaki lima.mana ada humas RCTI ngomongnya blepotan

  96. whahahaha jadi pengen dapet telpon gituan~ , gimana kalo handphonenya 3G ya. pengen banget liat ekspresi penipu1 wkwkwk NICE JOKE om Herry!

  97. wah dolo gw pernah di tlp tapi lagi sibuk gk sempet angkat
    -.-
    padahal mw kerjain juga..
    pas di tlp balik malah d cuekin .. sial !!

    oh iya dulu nenek gw pernah kena juga..
    kata nya anak paman gw kecelakaan gitu..
    dan setelah di check di sekolahan ternyata gk napa2..
    biasa modus kek gini pelaku tau sikon korban..
    so hati2 terhadap tlp yang bnr2 meragukan..

    lucu nya dulu gw dapet tlp dari lyto. bilang gw menang bb bolt.. gw sempet gk percaya.. dan gw tanya2 trus dari game apa dll,,, tp aneh nya cuma nanya nama, alamat,id lyto. tp gk nanya atm/minta transaksi ke reg mreka..
    dan malam nya gw check web nya beneran gw menang~~ wkkwkwk

    inti nya.. musti curiga kalo penelepon meminta bayaran / no reg/ menanya atm dll

  98. Ha ha ha…..dasar penipu gemblllung gak pernah makan bangku sekolah sih….. emangnya ada menu di ATM yang bunyinya “call the police”……. ku acungi empat jempol untuk pak Herry mudahan bermanfaat dan di jadikan pelajaran utk masyarakat luas agar lebih waspada terhadap penipuan. Makasih pak Herry….

    1. Pak Khoirul,

      He.. he.. ternyata masih ada yang memantau posting lama saya. Terima kasih kembali, Pak. Semoga bisa menjadi hiburan sekaligus bahan edukasi.

  99. Pak herry, saya tertawa terguling2.. Saya gak bosen dengerinnya. Bahkan temen2 ane pda ktawa guling2 smua.. Yg plg lucu itu, bank standcart kok jadi pangkar sama bantar ya?hahahaha.. Good job pak..

    1. Pak Roky,

      Ternyata posting saya hampir setahun lalu masih ada yang memantau. Saya nyaris tak bisa menahan tawa saat si pelaku menyuruh saya memencet “call the police”. πŸ™‚

  100. selamat siang pa hery, sekarang tahun 2013,, sudah lama tapi cerita ini sangat fresh buat saya,,lucu…mungkin penipunya sedang lapaaaaar….wkwkwk… ga sekolah tuh penipu,

  101. wakakakaka #guling2…
    mampus tuh penipu tolol. harusnya si penipu lebih sering googling n surf , biar tau nama2 bank luar negri…hahahaha
    salut buat pak HSW.
    eniwei..
    seharusnya para komentator tidak SARA biar makin mantap.

    1. Pak Alfon Siahaan,

      Ternyata posting saya pada Desember dua tahun lalu masih ada yang menyimaknya ya. Selamat terhibur.

  102. Lucu pak, saya pernah mengalami kejadian mirip2… bedanya ini ngakunya kalo kartu kredit saya disetujui, setengah maksa via telpon disuruh ambil.. padahal seumur2 saya ga pernah ngajuin kartu kredit…. tru saya tanya: ” ada bukti fisik kalo saya pernah aplly? kalo tidak, berarti anda sudah melakukan tindak pidana penipuan… ini ada pasalnya lho”.. buru2 telpon langsung dia tutup.. hihi…

  103. Sepertinya ngerjain seperti ini sudah tidak bisa dilakukan, sebab saya lihat di youtube, mereka punya orang-orang yang bisa bahasa inggris dan ngerti menu-menu di bank bukan bank nasional.
    Mereka juga ngerti kalau kita tidak berada di depan mesin ATM, karena mereka tidak mendengar suara “beef” ketika tombol angka di mesin ATM di tekan…
    Mulai pinter mereka, kita harus lebih pinter…

  104. hahaha gokil pisan,saya sering dapat telepon begitu tapi ga saya lanjutin.ga kepikiran buat iseng kaya gitu,,, good job πŸ˜€

  105. hati2 sama nomer ini +6281370835654 karna saya pribadi hampir kena penipuan oleh nomor tsb.. dengan motif : mengaku kawan kita yang belum lama ketemu beliau menemukan tas berisikan uang yg isinya uang jutaan, foto dll di toilet SPBU dengan dalil beliau di tahan oleh petugas SPBU dan minta tolong sama kita buat kerjasama pura2 kalo itu tas kita dan ujung2nya minta sejumlah uang/pulsa untuk nyogok petugas tsb
    Ciri : suara medok jawa…
    Setelah saya menyadari kalo ini penipuan saya telfon berkali2 orang ini nomernya sibuk terus…

    #justinfo

  106. Koh, akhirnya “nyelam” juga kesini πŸ˜€ kira2 klo di hp android pake aplikasi apa ya buat merekam percakapan telepon?

    1. Pak You,

      Di Play Store sih ada banyak, tetapi saya tak tahu mana yang bagus. Nggak pernah coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *