Note yang Diinspirasi Note

Hingga Maret lalu, penjualan Samsung Galaxy Note di seluruh dunia telah menembus lima juta unit. Angka pasti penjualan pada periode April 2012 sampai sekarang belum diketahui. Namun, mengacu pada pengamatan penulis di pusat penjualan ponsel di Surabaya, jelas terlihat kalau ponsel berlayar sentuh 5,3 inci itu masih sangat diminati. Apalagi, harga jualnya telah turun ratusan ribu rupiah.

Kesuksesan penjualan Galaxy Note itu mengilhami vendor ponsel merek lokal buatan Tiongkok untuk menghadirkan produk serupa. Salah satu hasilnya adalah Extreme Note. Harga jual resmi Note yang diinspirasi Note itu “hanya” Rp 1,599 juta.

Penampakan fisik Note bercita rasa lokal tersebut tampak elegan. Sama sekali tak tersirat kesan murahan. Kalau tidak tega membiarkan bodi Note “telanjang”, pengguna dapat memasangkan hardcase semitransparan yang disertakan dalam paket penjualan.

Note dibekali layar lima inci beresolusi 480 x 800 piksel. Layar sentuh kapasitif itu tergolong tajam dan responsif. Tak ada bonus “kursus pengendalian emosi” seperti yang acapkali terjadi kala bersentuhan dengan layar sentuh ponsel merek lokal buatan Tiongkok.

Karena menyandang status sebagai ponsel dual on GSM-GSM, dua nomor GSM bisa disiagakan bersamaan. Satu di antaranya dapat menikmati layanan 3G. Pengguna bebas menentukan nomor di slot SIM1 atau SIM2 yang diizinkan masuk ke jaringan 3G.

Ponsel yang dipadukan dengan baterai lithium ion 1.800 mAh itu menggunakan sistem operasi Android. Ketika melihat versi Android di menu about phone, sepintas ia terlihat mengadopsi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Padahal, Note sebenarnya memanfaatkan Android 2.3 Gingerbread.

Prosesor MTK6573 670 MHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 512 MB, dan slot microSD adalah sebagian spesifikasi lain Note. Saat ponsel usai diformat, sisa memori internal untuk menginstalasikan aplikasi tambahan sebanyak 144 MB.

Pengguna yang haus hiburan mestinya tak perlu khawatir bakal kesepian saat memakai Note. Sebab, selain pemutar musik, ponsel itu dibekali televisi analog dan radio FM. Siaran televisi yang sedang disaksikan dapat direkam maupun dijepret menjadi sebuah file gambar.

Tidak hanya itu. Dua judul permainan yang sangat populer, Angry Birds Rio dan Fruit Ninja, sudah dibenamkan. Pengguna bisa langsung memainkannya tanpa perlu mengunduhnya dulu dari Play Store.

Sepasang kamera tersedia di Note. Kamera utama berada di bagian belakang. Ia beresolusi delapan megapiksel, autofocus, dan dilengkapi lampu kilat. Tanpa diduga, kamera itu mampu menghasilkan foto yang relatif tajam. Di antara ratusan tipe ponsel merek lokal buatan Tiongkok yang pernah penulis uji pakai, kamera utama Note termasuk dalam jajaran terbaik.

Satu kamera lainnya berada di sisi muka. Kamera itu hanya beresolusi VGA dan tanpa autofocus maupun lampu kilat. Performanya tidak mengesankan. Maklum, kamera depan biasanya disiapkan untuk percakapan video yang tidak membutuhkan resolusi tinggi. Kalau mau, pengguna bisa memfungsikan dua kamera di Note sebagai perekam video.

Selama berhari-hari mencoba Note, menurut penulis, ponsel itu cukup menarik. Biarpun kecepatan prosesor yang digunakan hanya 670 MHz, ia tak sampai terasa lemot alias “lambat berpikir”.

Bagi penulis, sisi minus Note bukanlah di prosesor, melainkan di tiga hal lain. Pertama, televisi analog di ponsel itu layak disebut kurang prima. Tayangan televisi gagal disajikan dengan tajam dan cemerlang. Kedua, untuk mendengarkan siaran radio FM, pengguna harus menancapkan handsfree berkabel. Padahal, Note memiliki antena televisi yang sebenarnya dapat dirancang untuk sekaligus difungsikan sebagai antena radio.

Terakhir, sisa memori internal yang dapat dioptimalkan pengguna hanya 144 MB. Kapasitas sebesar itu membuat pengguna Note harus berpikir matang saat hendak menginstalasikan aplikasi tambahan. Kalau asal install aplikasi, sisa memori akan habis dalam waktu singkat.

43 thoughts to “Note yang Diinspirasi Note”

  1. Mirip2 treq A10 pak, sesama penganut ‘desain galaxy note’, hanya saja treq lebih besar processor dan memorynya

  2. Pak Redy,

    Harga Treq A10 berapa?

    Belakangan ini kayaknya Galaxy Note jadi-jadian mulai ramai memasuki pasar ya.

  3. harga kalau g salah 1.850ribu pak

    TREQ a10pocket2 pak tipe tepatnya, saya coba2 di pameran hitech mall sangat smooth (ics)

    memorynya 4gb, kalau ngga salah pas saya coba antenanya bisa buat fm jg

  4. Pak Chaled,

    Tidak tersedia aplikasi Office bawaan. Kalau cuma untuk viewer, bisa mengunduh aplikasi Office di Play Store secara gratis. Kalau perlu menyunting dan membuat file baru, berarti perlu beli.

  5. pak kalo ganti LCD EXTREME NOTE untuk daerah jatim dan bali dimanaya dan kira-kira berapa? soalnya LCD hp saya pecah . tolong di balas

    1. Bu Cintia,

      Posisi kamera dan lampu kilat di Extreme Note sama dengan Samsung Galaxy Note 1. Namun, saya tak ingat jaraknya persis sama atau tidak. Kalau tidak persis sama, berarti Anda tidak bisa menggunakan aksesori flip cover.

    1. Bu Via,

      Saya tak yakin tersedia update firmware untuk ponsel ini. Silakan mengeceknya langsung dari menu software update di ponsel.

    1. Bu Mila,

      Ya, seharusnya tidak bisa. BBM mensyaratkan sistem operasi Android minimal versi 4.0 ICS, sedangkan Note bersistem operasi Android 2.3 Gingerbread.

  6. mohon bantuan informasi tempat jual toucskreen untuk extreme note, karena rusak kesulitan suku cadangnya. terima kasih

    1. Pak Dwi Krisna,

      Saya tak tahu di Kediri tersedia di mana. Di kartu garansi ada nomor telepon service center Surabaya? Kalau ada, coba telepon ke nomor tersebut dulu.

  7. Terima kasih pak Herry SW, kebetulan kartu garansi dan dosbook nya dibuat mainan anak2 dan rusak.. sudah lama. mungkin bisa membantu mencarikan service center nya. saya buka2 web nggak nemu juga. Terima kasih

  8. mohon minta nmr telpn center resmi untuk wilayah jawa timur.saya dari jombang sedang membutuhkan lcd nya extreme note. pak .

    1. Pak Mario,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Maaf, saya tak tahu. Di kartu garansi apakah tak tercantum alamatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *